Boleh Benci Chen, Tapi Seenggaknya Biarin Dia Bahagia


Jujur aja sebenarnya agak males mengomentari apapun yang terjadi di dalam fandom belakangan ini. HAHAHAHAHAHA! Udah lama rasanya nggak berkutat dengan urusan fandom dan sekalinya mencoba buat melihat lagi apa yang terjadi kayak kaget banget. Bukan kaget karena fandomnya kepecah dua, tapi kaget karena ini terjadi lagi dengan fandom yang gue anut.

WKWKKWKW FANDOMQ AGAMAQ.


Waktu dulu masih jadi ELF, Sungmin yang memutuskan buat punya pacar terus menikah tuh sangat-sangat ramai sekali. Ada di dalam fandom meski terlambat beberapa tahun cukup untuk membuat gue tahu bagaimana budaya ELF pada saat itu. Hihihi... mungkin kalau mau dibandingkan, ELF zaman itu sama seperti fans salah satu grup terkenal di zaman ini. WKWKWKKWKWKW Disenggol dikit, nyerangnya banyak.

Yes. Kalau ada di antara kalian yang merasa kok fandom ini gini banget sih, kok fandom itu gitu banget sih. Itu bukan cuma sekarang-sekarang ini kok. Gue pernah jadi ELF dan dulu ELF emang sebegitunya WKWKWKWKWK. Gue nggak mau bilang kalau gue selalu berada di jalan kebenaran. Di satu titik ketika gue jadi ELF mungkin juga gue pernah tersulut emosi dan kemudian nyerang juga. Apalagi kalau udah berurusan sama SM*SH pada saat itu.

WOW AKU BISA JADI SANGAT ALAY! MASA MORGAN DISAMA-SAMAIN SAMA SIWON! MANA BISA GITU?!?!?!?!?!?!


Ya intinya nggak ada yang suka idolanya dibanding-bandingkan dengan siapapun di dunia ini. Tapi sekarang sih gue udah woles ya. WKWKKWKWKWKWKWKW UDAH BUKAN UMURNYA MAU MARAH-MARAH SOAL SIAPA DIBANDINGIN SAMA SIAPA. Kecuali emang mereka menghina secara terang-terangan kayak "WAH ANJIR PLASTIK MENINGGAL AJA LU TANGISIN" nah kayak gitu sih wah gabisa dibiarin. Orang itu harus di-block akunnya sampai dia nggak bisa bikin akun baru lagi.

(LHA INI GUE NGAJAK RIBUT APA GIMANA NIH?)

Ada ELF yang nggak suka banget Sungmin pacaran dan akhirnya menikah. Ada ELF yang yaudah nggak apa-apa. Sebagai fans yang mengidolakan Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu di Cinta Fitri, seneng banget kalo idola gue beneran jadian terus menikah. EH BENERAN JADIAN TERUS NIKAH YA KAN MANA SUDAH HIJRAH LAGI WOW AKU HARUS JENGGOTAN JUGA ABIS INI. Jadi konsep siapa pacaran sama siapa itu nggak pernah jadi sebuah masalah buat gue.

Sungmin adalah bias gue di Super Junior dan ketika dia mutusin buat nikah gue seneng banget akhirnya dia menemukan orang yang memberikan kenyamanan dan kasih sayang dalam hidupnya. Itulah yang bikin gue nggak abis pikir sama budaya ngefans K-Pop di mana idola lo seperti nggak boleh punya kehidupan pribadi, image adalah segalanya, punya pacar adalah skandal, dan lain sebagainya.

Dan ketika itu terjadi sama Chen, gue kaget. KAGET BANGET! Dibandingkan dengan member lain, gue lebih kaget Chen yang tiba-tiba punya pacar. Nggak cuma itu tapi juga mau nikah. NGGAK CUMA ITU TAPI SUDAH MAU PUNYA ANAK.


Buat gue, ini adalah sesuatu yang harus dirayakan. Gue sudah bersama Chen sejak debutnya di EXO walaupun mungkin dulu nggak terlalu fokus ke EXO-M tapi gue adalah salah satu orang yang bisa dibilang mengikuti perjalanan kariernya sejak lama. Mendengar berita dia mau nikah dan punya anak itu nggak justru bikin gue merasa terkhianati, tapi bikin gue bahagia.

Dan gue rasa seharusnya kayak gitu. Kita sebagai fans harus ikut bahagia kalau idola kita bahagia.

Tapi gue hanya bisa berpendapat karena sekali lagi, mengutip kata-kata seorang senior di kantor lama bahwa setiap orang mengantongi kebenarannya masing-masing.

Buat fans-fans yang nggak suka sama keputusan Chen, ya mungkin karena itu yang menurut mereka benar. Buat fans yang ingin Chen keluar dari EXO itu ya mungkin itu yang menurut mereka benar.

Kabar gembiranya adalah bahwa kebenaran yang mereka yakini bertolak belakang dengan kebenaran yang diyakini EXO. Buat gue, bagaimana mereka sebagai grup menanggapi hal ini adalah sesuatu yang amat membahagiakan, dewasa, bijak, dan menghangatkan hati. Gue nggak tahu apakah ini adalah bagian dari pencitraan atau apa, tapi apa yang mereka lakukan terhadap Chen membuat gue merasa bahwa itu adalah keputusan yang paling tepat yang mereka buat untuk membela saudara mereka.

Pendapat gue tentang Chen dan perpecahan EXO-L gue utarakan dalam sebuah video di bawah ini. Silakan ditonton, di-like kalau suka, di-dislike kalau nggak suka, di-share ke teman-teman yang lain dan didiskusikan di kolom komentar YouTube-nya. Subscribe juga kalau berkenan.


Pesan gue sih cuma satu: boleh aja kalau mau benci sama Chen, tapi setidaknya biarkan dia bahagia dengan kehidupannya. Di akhir hari, kebahagiaan idola lo adalah yang lo harapkan dan inginkan. Jadi apapun pilihan dia yang menurut dia benar, itu adalah yang akan membuat dia bahagia.

We are one!

(meski pun gue gak ACE dan lo EXO-L ACE WKWKWKWK)


 

Share:

0 komentar