Wednesday, July 4, 2012

'Sexy, Free & Single' Music Video: Review Saya!

*
Sebagai Ustad Bacon, saya kembali memenuhi kewajiban sebagai seorang yang dikata antifans ganteng yang iseng banget sampe nontonin MV idol yang di-anti-in berjuta kali demi memberikan sebuah hiburan bagi anda-anda sekalian. Oh ternyata saya sekarang adalah seorang penghibur. Katanya ustad, gimana sih. Tapi hari ini akhirnya penantian panjang kita terjawab sudah.

Apa kabar saudara-saudara sekalian? Semoga dalam keadaan sehat walafiat. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kita kehadirat Tuhan yang Maha Kuasa, karena berkat-Nya lah kenyataan berkata bahwa MV Super Junior terbaru yang berjudul 'Sexy Free & Single' ini jauh dari harapan saya pribadi dan mungkin beberapa dari jamaah sekalian. Tiadalah daya upaya kita, kami, saya, sebagai manusia, kecuali atas pertolongan Tuhan yang membolak-balikkan hati konseptor MV tersebut. Walaupun sesak rasanya di dada, tapi yasudahlah... Dunia memang selalu tidak pernah adil untuk Super Junior (#PLETAKDONG). Disaat mereka banting tulang mengais rejeki menjadi tenaga kerja dari panggung ke panggung, mereka harus puas dengan MV yang begitu-begitu aja. Yang tembok-tembok aja. Yang item putih aja. Yang biasa-biasa aja.
*
Walaupun kemarin saya sempat heboh di review Teaser MV karena sepertinya lagu dan MV-nya akan lebih bagus dari Mr. Simple dan Bonamana (atau paling tidak sepantaran dengan Bonamana dan Don't Don), tapi sayang sekali saya harus menelan pil pahit kekecewaan itu. Maaf. Maaf sekali, Siwon, Donghae. Walaupun banyak yang bilang saya antifans, tapi ini bukan karena saya benci kalian, tapi karena saya sudah terlanjur diceburkan ke sumur curiga itu, jadi sebaiknya saya buka saja aib diantara kita ini.

Waktu pertama kali lagunya keluar, ekspektasi saya adalah K-Pop Dangdut. Kalau bisa Dangdut Koplo. Saya menyukai bagaimana telinga saya berkedut, bagaimana kaki saya bergetar, bagaimana rambut saya mengeriting, dan bagaimana jiwa saya memberontak ketika mendengarkan Electric Shock. Buat saya, setelah hati dan perasaan ini kering dan tandus akan lagu-lagu K-Pop Dangdut dari SM, Electric Shock membuat semuanya menjadi basah dan subur lagi. Dan saya mengharapkan hal yang sama terjadi pada telinga saya, pada kaki saya, pada rambut saya dan pada jiwa saya, ketika saya mendengarkan lagi 'Semok, Bebas & Jomblo' atau lebih di kenal dengan 'Sexy, Free & Single' untuk pertama kalinya. Tapi gagal. Saya tidak merasakan apa-apa. Saya tahu f(x) dan Super Junior adalah dua grup yang berbeda, dari segi musik dan jenis kelamin juga beda. Tapi harapan saya tidak lain adalah sebuah lagu yang membuat pinggul bergoyang. Itu saya.

Saya mencoba untuk meyakinkan diri saya bahwa perasaan seperti itu hanyalah sementara saja. Mungkin ketika saya mendengarkan kedua kali akan terdengar lebih baik di telinga dan lebih menyentuh kalbu. Tetapi saat saya mendengarkan untuk kedua kali, ketiga kali, keempat kali, kelima kali, keenam kali, dan batas minimal kali mendengarkan lagu agar menjadi adiktif untuk pertama kalinya buat saya pun sudah habis yaitu tujuh kali, saya masih tidak merasakan apa-apa. Saya masih hampa. Rasanya seperti ketika saya ulang tahun dan berharap ayah saya akan datang memberikan hadiah, tapi dia hanya datang membawa hutang. Rasanya seperti FPI yang merusak tempat-tempat ibadah orang-orang dengan tidak berperasaan. Berdosa sekali. Rasanya seperti itu.

Saya kecewa sekali. Mungkin beberapa dari saudara-saudara sekalian yang sudah mem-follow twitter saya (OH MY GOD GUE UDAH TEMBUS 2000 FOLLOWERS! ALHAMDULILLAH!!! <-- NORAK.) dan membaca beberapa kicauan saya di malam lagu itu rilis pada 1 juli 2012, sedikit mengerti bagaimana rasanya kecewa seperti itu. Walaupun banyak orang yang menyukai lagu ini karena 'beda' dari Mr. Simple dan Bonamana, karena 'menghilangkan' unsur bollywood-nya, karena sudah bukan K-Pop Dangdut lagi, tapi saya berbeda. Saya tidak menyukai itu. Saya merasa aneh. Saya merasa betek. Saya merasa ingin menyapu seluruh sudut dorm EXO dengan sepenuh jiwa dan raga.

Saya punya sedikit cerita. Saya akui dulu saya tidak menyukai Mr. Simple pada awalnya, karena menurut saya lagunya tidak terlalu menarik. Tapi belakangan malah lagu itu menjadi enak di dengar dan adiktif. Dari keseluruhan lagu high beat di album ke-5, yang saya sukai hanya Mr. Simple. Meskipun tetap saja, Bonamana adalah lagu favorit saya sepanjang sejarah. Diikuti oleh Sorry, Sorry. Dan dari ketiga lagu yang legendaris itu, jika dibandingkan dengan lagu untuk promo album ke-6 ini, tiga lagu sebelumnya jauh berada di atas lagu ini. Jauh. Menurut saya.

Super Junior kehilangan lirik adiktifnya di lagu ini. Sudah tidak ada lagi lirik yang diulang-ulang dan menurut saya itu patut di sayangkan. Sejujurnya ku katakan, sebuah lagu walaupun masuk dalam kategori tidak bagus (apapun genrenya) dapat dikatakan sukses ketika orang-orang yang bukan fans ataupun penikmat jenis musik itu, menyanyikan satu bait liriknya yang meskipun aneh dan tidak jelas, tapi melekat kuat di otak. Coba saya tanya jamaah sekalian, siapa yang tidak hapal lirik awal lagu Alamat Palsu Ayu Ting Ting?

"Bonche-manche bonche-manche"
, "bwara mr simple simple keteken keteken keteken moncor", "sorry sorry sorry sorry nuni busyo busyo busyo". Beberapa dari potongan lirik itulah yang tidak bisa dipungkiri lagi menjadi daya tarik dan daya jual lagu-lagu hits Super Junior. Itu yang terjadi pada Bonamana dan orang-orang di kampung saya, itu yang terjadi pada Mr. Simple dan alay-alay yang bermunculan, itu juga yang terjadi pada saya ketika Super Junior comeback dengan album Sorry Sorry. Dan di lagu terbaru ini, Super Junior kehilangan hal itu.

Tapi ya... itulah gunanya fans. Itulah gunanya perjalanan karir yang panjang. Meskipun pada akhirnya saya harus kecewa, tapi kembali lagi bahwa ini adalah Super Junior dan saya tidak akan bisa lepas dari manusia-manusia ini (dengan sangat menyesal). Dan pernyataan itu berujung seperti yang lalu-lalu. Bahwa, mungkin, sejelek apapun lagunya, sejauh apapun dari harapan, akan tetap saya dengarkan dan akan tetap coba saya sukai (karena tak ada yang bisa saya lakukan juga kan). Sejatinya fans adalah yang begitu. Menurut saya. Kalo jelek ya bilang jelek. Kalo nggak bagus ya bilang nggak bagus. Tapi ya tetep mendukung. Pada akhirnya kan baik juga. Walaupun mungkin sebenarnya di dalam lubuk hari saya lagu ini nggak jelek, cuma diluar ekspektasi saya saja. Itu yang membuatnya menjadi agak tidak menarik. Saya labil banget sih. Iya emang Ron baru sadar ya. Bahkan lo lupa kalo lo lagi jadi Ustad Bacon. Ya.... Demikianlah....

Buat saudara-saudara jamaah sekalian yang belom menonton MV-nya, silahkan bisa dilihat di bawah ini:

Super Junior 'Sexy, Free & Single' Music Video
*

*
Apakah kalian sudah pernah melihat cover albumnya? Kalau kemaren ada gosip cover albumnya juga akan dibuat individual seperti halnya pada Mr. Simple (yang sempat membuat galau juga) tapi toh akhirnya tidak jadi. Dan kalau misalnya kalian belom liat cover-nya, istigfarlah banyak-banyak. Karena kali ini cover album-nya sangat miskin ide. Kesannya jadi kayak album tahun 70-an. Lagu-lagu nostalgia gitu. Aduh gue nggak ngerti deh. Pas awal-awal ngeliat cover album ini langsung ngambil kesimpulan, "Covernya biasa aja, gimana isinya..." gitu. Parah banget kan otak gue. Jahat banget sama om om itu. #PLETAK #HUAKCIH
*
*
Gue nggak ngerti kenapa jadi kosong gini kesannya. Dari segi warna, okelah itu biru ya, tapi setahu gue warna fandom SJ nggak biru begitu deh. Kenapa kalo mau pake biru sekalian aja pake biru-nya fandom gitu kan. Trus dari segi font, astaga, bagusan font EXO kemana-mana yah #WAHAHAHAHAHAH ini mudah  banget ditiru makcoy. Sial. Nih, gue kasi liat tiruan yang gue bikin, walaupun nggak 100% sama, tapi paling nggak KW SUPER JUNIOR deh.

*
Lumayanlah itu buat penyegaran rohani ya gais, daripada lo pada heboh baca postingan detoktok.com (yang sejujurnya memang benar) trus lo pada nge-Bangsat-in orang, mendingan lo santai aja, dengerin lagu EXO, dan menggila bersama gue disini... Dan gue lupa kalau ini bukan lagi ngomongin EXO. ASSA~ Kembali fokus ke SUJU yuk! -------- (ceritanya napas bentar) -------- nah, gue pernah nge-tweet juga kalau misalnya lagu-lagu upbeat di album ke-6 ini nggak banyak yang bagus, mending lagunya ballad semua deh! Seperti biasa, di album 5jib juga gitu, lagu-lagu ballad-nya bagus-bagus. Banyak yang gue suka dan banyak yang pas pertama kali denger langsung jatuh cinta. Itu yang nggak terjadi sama lagu 'Sexy, Free & Single' ini. Ya kayak yang gue bilang di atas tadi. Nah, ini dia track yang ada di album ke-6 Super Junior. Yang warna merah adalah yang gue rekomendasikan untuk di sukai, yang warna biru berarti lumayan, yang warna item berarti biasa aja:
*
  • Sexy, Free & Single
  • 너로부터 (From U)
  • 걸리버 (Gulliver)
  • 언젠가는 (Someday)
  • NOW
  • Rockstar
  • 달콤씁쓸 (Bittersweet)
  • 빠삐용 (Butterfly)
  • 머문다 (Daydream)
  • 헤어지는 날 (A 'Good' bye)
Entah kenapa kayaknya gue lebih milih Papillon (Butterfly) itu sebagai lagu comeback. Lebih asik dan lebih seru ngedengerinnya dibandingkan track pertama. Hmmm... Dan lagu From U itu bukannya nggak bagus sih, cuma nggak fresh aja karena itu kan track lama tapi nggak pernah masuk album. Harusnya spot nomor dua itu diganti sama track baru, dan From U itu dijadikan bonus track kayak pas Perfection dulu. Selanjutnya masalah lagu mungkin akan gue bikin di postingan terpisah yaaa.... Biar disini fokus ke MV aja :D LETS START!

#1 Kita mulai dari detik pertama ya. Kalau kemaren gue merasa aneh dengan kondisi set jalan raya yang amburadul dengan gundukkan di sana sini, sekarang gue ngerti mau-nya MV ini kayak gimana.

Oke. Jadi, masih inget dengan adegan yang di awal teaser? Yap. Gue sempat bilang itu adegan kaca pecah tapi ternyata itu sama sekali bukan kaca melainkan rangkaian dari hmmm batang-batang besi (atau magnet batangan bisa jadi--hedeh magnet besi juga sih). Nah, kalau mau dikaitkan dengan kondisi jalan raya yang amburadul itu, semacem telah terjadi gempa gitu loh. Gempa ini menghancurkan semuanya. Menghancurkan sendi-sendi kehidupan. Tapi trus ada juga gambar dimana si batang-batang besi itu bersatu kembali. Kalau dikaitin sama lirik yang, "It’s just something everyone would experience once. We fail, We lose, To win. Don’t be afraid." Itu semacem pengen bilang, "Kalopun sekarang lo hancur, ya udah, jadiin pengalaman aja, karena suatu saat nanti lo akan kuat dan menang lagi. Yang hancur akan menyatu lagi dan menjadikan lo lebih tegar." Gitu. Jadi bisa disimpulkan kalau gundukkan-gundukkan jalan itu semacam cobaan hidup gitu karena hidup nggak selamanya mulus-mulus aja kan. Trus juga kadang jalannua jadi gajelas dan malah ribet. Coba deh perhatiin, ternyata yang di belakang tower itu sebenarnya adalah set jalan juga :)
*
*
Karena lagunya juga setipe Mr. Simple yang ngasi semangat, jadi makna-nya lumayan ngena :) Seneng deh gimana SM membuat set yang kayak gitu walaupun kesannya kok berantakan tapi ada meaning-nya juga. Walaupun itu analisa bego gue sih. Kkk~ Mungkin itu tiang yang ada di belakang konotasinya bisa tujuan hidup lo sih. Harus lurus. Sebengkok apapun jalannya, lo harus fokus di jalan lurus itu. Gitu.

#2 Kalau kalian perhatin baik-baik, di baju Leeteuk pas di set jalanan-abis-gempa, itu ada gambar cewek naked. Iya. Leeteuk emang udah dewasa, mau pake baju gambar cewek tanpa busana sih terserah dia, tapi kan di luar sana banyak fans labil yang labil. Hahahahah... Harusnya Leeteuk mempertimbangkan fans anak-anak disini dan fans wanita. Kamu jahat, kak. Kamu jahat!
*

#2 Ada nama-nama band asal Inggris yang ada di MV ini. Yang pertama itu "The Sex Pistols" dan yang kedua "Iron Maiden". Yang pertama itu alirannya punk, kalau yang kedua alirannya heavy metal. Sungmin & Yesung make baju bertuliskan "The Sex Pistols" dan Yesung sendiri make baju bertuliskan "Iron Maiden". Cek 00:27 sama 02:59. Pemilihan ini pun nggak asal-asalan sih kayaknya. Karena biasanya aliran-aliran punk-rock-metal itu kan deket sama Illuminati. Mungkin dari situ SM mau nyebarin illuminatinya. Mungkin. Who knows? And who cares?
*
*
#3 Menit 01:30, ini cepet banget nih, kalo gak perhatian nggak akan keliatan, beneran deh. Itu kan gerakannya semua member harusnya sama. Giliran dari barisan depan, terus tengah, terus belakang. Barisan pertama sih nggak ada masalah ya. Eunhyuk, Sungmin, Donghae gitu. EunHae kan main dancer pastinya gak ada masalah sama dance. Untungnya sih Sungmin bisa mengimbangi. Tapi coba liat yang di barisan tengah. Gerakannya sih maksudnya sama, tapi entah kenapa, bagian tangan yang agak-agak beda bentuknya. Coba liat gerakan EunHaeMin yang ini (gak sampe sedetik sebelum menit yang gue maksud) dan jadikan patokan (karena dua diantara mereka dalan main dancer, jadi kalo dijadiin patokan kayaknya bagus gitu). Tangannya kan lurus kesamping kayak gini.
*

*
Sekarang coba liat barisan tengah, Siwon, Ryeowook, Shindong, Leeteuk. Oke, mungkin disitu ada Shindong, tapi kenapa ya justru dia juga kayaknya beda gitu bentuk tangannya. Hahahaha Ini adalah gerakan selanjutnya dari gambar diatas ketika barisan depan persiapan memutar badan (dan dilanjutkan oleh barisan belakang)
*
*
Bentuk tangannya nggak lurus kayak Siwon dan EunHaeMin yang di gerakan sebelumnya. Ciyeee Siwon tumben-tumbenan melakukan hal benar. Ahem. Ryeowook juga lumayan sih oke tapi Shindong sama Teukities kenapa bentuk tangannya jadi kayak nggak sinkron sama yang lain gitu sih. Hahahah Awalnya gue pikir ini karena efek di pause kali jadi keliatan beda. Tapi setelah di ulang-ulang ternyata nggak loh beneran itu emang beda bentuk tangannya. Trus nggak cuma tangan, kakinya juga beda. Ada yang niat banget loncat, ada yang niat banget ngangkang, ada yang sekedarnya, ada yang karena udah terlanjur ngambil langkah lebar jadi ngikutin langkah yang sebelumnya dan lain lain dan lain lain.

Padahal kalau misalnya dilihat secara nggak serius, dance di MV ini sinkronisasinya bagus banget loh! :p Jadi jangan nonton terlalu serius ya supaya MV nya tetep bagus.

#4 God Bless Kangin karena ini adalah MV pertamanya setelah dia kembali dari wamil. Mungkin karena terlalu sering berhadapan dengan laki-laki lain yang tak berkemampuan dance, dia jadi awkward gitu nih dance-nya. Keliatan di beberapa gerakan dia entah bingung mau menyamakan gerakan dengan yang lain, atau memang sebenarnya dia nggak paham gimana seharusnya bergerak, atau memang karena ini Kangin jadi dia nggak peduli mau ngapain aja terserah dia? Hahahah... Coba liat bagian yang dia angkat kaki dan nepok lutut disini:
*

*
Keliatan banget kan coy ragu-ragunya. Yang lain kayaknya udah oke gitu tapi Kangin malah, "Oh sekarang tepok lutut. Oke tepok!" kayak gitu. Mana member yang ada di depannya itu Shindong lagi. Hahahahahah Jomplangnya berasa men. Trus liat lagi bagian yang pas setelah reff, perhatiin kepalanya Shindong yang udah kayak Sunny di Paparazzi (cek MV-nya, gifnya gak ada nih kegedean :p) kalo nggak liat kepalanya Sungmin sama Ryeowook deh, walaupun nggak kayak Shindong tapi paling nggak kita berkeyakinan itu kepala memang bergerak, trus liat gimana Kangin menggerakkan kepalanya:

*
Kalo dipikir-pikir sih emang mungkin karena persiapannya yang agak kurang ya. Itu kalau misalnya mau positif thinking, kalau mau jahat, ya emang Kangin males gerak. Udah gitu aja. #JDAAAR Another awkward dance-nya Kangin di 01:30 - 01:32.

#4 Ada yang perhatiin gak kesamaan dance Sherlock, Electric Shock sama Sexy Free & Single? Gak ada? Pasti gak ada kan. Iya emang cuma gue doang yang selama ini perhatian sama mereka. Kurang antifans apa lagi gue tuh. #PLETAKDONG Ahem. Kalau diperhatiin, Sherlock, Electric Shock dan MV Suju yang baru ini dance-nya sama-sama makan tempat banget. Formasinya nggak lagi cuma berbaris, segitiga, berbaris, segitiga. Nah pasti semua pada tahu dong sama dance Sherlock-nya SHINee yang pas part "I'm so curious yeah!" itu? Lihat kan gimana formasi mereka harus lompat kodok ke pojokan dengan langkah besar-besar? Nah itu dia yang maksud gue makan tempat. Bagus sih, jadi lebih ada penguasaan panggung (hayah bahasa lo sampah Ron, Ron... lo pikir ini artis mana  yang kurang nguasain panggung....) Dan gerakan disini:

*
Sedikit mengingatkan gue sama gerakan awal di Electric Shock yang mereka juga membentuk formasi lingkaran walaupun gerakannya jelas beda. Cuma formasi lingkarannya aja yang gue bilang sejenis. Sama sama melingkar. Soalnya kan kalau yang dulu-dulu mereka selalu memulai dance dengan satu garis lurus, segitiga, dan semacemnya.
*
*
#5 Masih inget dengan adegan celana kebesaran dan melorot Lee Donghae? Kkk~ Banyak yang bilang itu memang style-nya dia sih. Entahlah ya gue gak pernah bener-bener merhatiin Donghae di MV sebelum-sebelumnya (bohong). Mas-mas yang katanya main dancer ini juga bergeraknya suka beda loh sama yang lain. Di detik 00:36 sampai 00:38, ada gerakan di mana formasinya Kyuhyun jadi center, trus di belakang Kyuhyun ada Siwon & Sungmin, di samping Siwon ada Yesung dan di samping Sungmin ada Donghae (please lihat MV nya juga biar jelas. Nyuruh nyuruh.) Nah coba deh perhatiin gerakan itu dari awal shot mereka dengan formasi itu. Perhatiin tangan Yesung dan tangan Donghae. Tangan Yesung dari awal udah ada di bahu Siwon sementara tangan Donghae baru naik belakangan ke bahu Sungmin. Trus itu orang udah naiknya udah belakangan, turunnya paling cepet lagi gara-gara udah ganti formasi. Padahal gerakan yang dilakukan Yesung juga sama, tapi tangan Yesung tetep ada di bahu Siwon sampai ganti formasi dan posisi kamera berubah. .___. annoying gak sih mas mas itu.
*

*
Kemungkinannya sih ada dua: Yesung emang keasikan megang bahu Siwon. Atau Donghae yang keasikan megang paha-nya sendiri. Tangan Yesung masih ada disitu sampai formasi berubah.
*
*
#6 Masih ada lagi nih gerakan yang Donghae-nya fly, mabok, beda sendiri sama yang lain. Di menit 02:10. Nggak sampe sedetik pas liriknya, "Sexy sexy sexy..." dan mereka memaju-mundurkan dan menaik-turunkan pinggul mereka ke depan. Liat dong posisi member lain tangannya gerak kayak lagi mau mompa sesuatu, tapi Donghae malah naruh tangannya di antara anunya. Yah anu itu loh. Anu. Terserah Donghae. Kalo gak jelas klik aja gambarnya untuk memperbesar atau nonton MVnya lagi. Sok atuh.


#7 Kalau pas di teaser ternyata Kangin gak muncul di adegan terbang-terbang, akhirnya dia ada juga di situ :D Kangin muncul dari perut bumi dengan perut besarnya yuhuuuu. Sayang banget sih pas kemaren di teaser dia-nya nggak ada karena terlalu cepat di cut-nya. Soalnya timing munculnya juga paling terakhir jadi mungkin untuk efisiensi waktu akhirnya bagian itu di cut.
*

*
#8 Gak tau kenapa ya kok sekarang jadi keliatan banget ini di mata gerakan dance yang beda-beda gitu? Kalau tadi Kangin dan Donghae (dan Yesung--coba baca review teaser), sekarang Ryeowook nih. Posisinya emang paling belakang, mungkin mikirnya nggak keliatan kali ya. Hah. Dia nggak tau apa mata gue setajem silet. #kemudianhening Entah itu dia lagi perbaikin retsleting yang kebuka atau gimana entahlah. Coba cek 02:18 - 02:19.
*
*
#9 00.28. Donghae kayaknya butuh gaya yang lain deh. Ini gaya berulang terus dari kapan tau yak. Ini sama halnya dengan SHINee di Ring Ding Dong pake gaya ngelap-ngelap iler yang diulang-ulang. Nggak ngerti deh apakah mereka emang ileran atau gimana. YA! DONGHAE-YA! CARI GAYA LAIN! Ini gue jadi inget Suho di History sama MAMA. Nanti kalau ada MV baru Suho masih nonjok-nonjok kamera, gue tonjok juga dia kakak itu. #hloh Itu caps dari MV ini, Mr. Simple sama Opera Japan.
*

*
#10 Perasaan ya di TV banyak banget produk Home Shopping dari Korea yang bisa membersihkan noda sebandel apapun. Lah ini kenapa orang Korea yang bikin MV membiarkan lantai sekotor itu sih. Mending kotor trus nggak keliatan, lah ini keliatannya jelas banget loh ya .___. Sedih. Suju dikotori. Suju dinodai. Suju sudah tak suci lagi. Oh Tuhan.... Ampun. Tuh keliatan banget di detik 00:40 coy. Hedeh. Sini gue aja apa  yang ngelamar kerja jadi cleaning service? Rela deh asal setiap syuting MV gue ada. WAKWAKW
*
*
#11 Pada perhatiin kaki Baekhyun gak? Gak? Duh kenapa sih nggak ada yang nyadar kalo disini ada banyak sekali Baekhyun :( Coba deh perhatiin tiang-tiang lampu jalan yang ada di setting gempa-bumi. Itu semua tiangnya nggak ada yang mulus lurus loh. Tapi patah-patah gitu :) Jadi ceritanya karena gempar, tiangnya patah. Aneh juga sih. Harusnya kan tumbang. Terserahlah. Kan FREE. BEBAS. ---- hening --- oh jadi Baekhyun = Lampu jalan? Iya. Yang fans EXO pasti ngerti maksudnya apa. Kalo bukan fans EXO, yaudah, ngefans gih. Seru loh fandomnya. #kalem
*

*
#12 Ada tangga gaib di 01:38. Lantai di atas tempat member berdiri menuju langit-langit ada tangga, tapi dari tempat member berdiri menuju lantai di atasnya tangganya malah nggak ada. Hihihi... Kecuali mereka bisa terbang kayak member---ah udah ah nanti ada yang ngamuk lagi SUJU dikait-kaitin sama member EXO. Nah kesebut juga kan. Pffftttt... Itu tangga gaib juga ada di MV Sherlock. Trus kalo set dengan menggunakan tangga di MV yang lain ada di MV Opera Jepang.
*
*
#13 Kalo kemaren gue bilang hanya Eunhyuk yang pake tali sepatu warna hitam, dengan sangat menyesal gue katakan kalau gue salah. Ternyata Kangin juga pake tali sepatu warna hitam. Hihihihi Coba cek shot dance yang background-nya logo EXO. *Yang mana tuh? Kayaknya semuanya ada EXO-nya Ron* *Iya Ron* *Aduh jangan ngaitin EXO sama SUJU dong! Bagusan SUJU kemana-mana* *Iya Ron* *Udah diem aja*
*
#14
Kyuhyun, aku gak ngerti Kyuhyun, aku bener-bener nggak ngerti sama kamu. Itu solo shoot kamu di detik 00:40 kenapa sih kamu harus make Bunga Rafflessia Arlodi gitu di leher kamu, Kyu? Apa kamu sudah gila? Apa kamu tidak tahu bahwa ada bunga yang lebih wangi daripada bunga itu di dunia ini? Apakah kamu tidak tahu kalau bunga melati itu baunya enak? Atau kamu takut dibilang Titisan Susana makanya nggak pake bunga melati? HAH? JAWAB KYU JAWAB! *drama*

*
Aku ngerti kamu mungkin pengen ngikutin gaya-gaya Big Bang di MV Monster ya Kyu? IYA KAN?! JAWAB AKU KYUHYUN JAWAB! KENAPA SIH KAMU MEMBISU?! KAMU GAK PUNYA MULUT APA?! HAH?! -______- "Capek Ron bacanya..." "Iya... Maaf ya..." "Jadi itu sebenarnya Kyuhyun lagi kedinginan Ron. Atau abis di cupang siapa gitu makanya lehernya ditutupin bunga rafflesia gitu. Atau jangan-jangan.... emang mau ngikutin Big Bang Ron?" "Gak tau gue. Jangan bandingin sama Big Bang deh. Sama EXO yang satu perusahaan banyak yang ngamuk, apalagi sama Big Bang." "Tapi kan EXO rookie Ron, masa dibandingin sama EXO!" "Ya Tapi kan Big Bang sama SuJu genre nya juga beda musiknya. Nggak bisa juga dong dibandingin sama Big Bang." Aduh jadi ini sebenarnya percakapan siapa sama siapa sih. Udah bubar bubar!
*
*
#15 Coba lihat ending pose mereka di detik terakhir sebelum fade-to-black. Posisi kakinya beda lagi tuh. Ada yang napak bumi, ada yang kakinya satu napak satu posisi jinjit.

*
#16 Ada 34 zebra cross yang ada di sekitar posisi dance mereka di setting gempa bumi. Masing-masing sembilan ada di depan, sembilan ada di belakang, delapan di kiri dan delapan di kanan. Kalau kalian iseng, itung aja sendiri. Sekalian titip itungin ada berapa banyak logo segi enam-nya EXO disitu ya. Makasih loh.*
*

#17
Ada yang butuh sikat kawat buat bersihin pantat penggorengan? Silahkan itu dipinjem coba asesoris di kepala Sungmin. Berguna banget kayaknya. Bisa juga digunakan untuk mengupas kelapa dan membersihkan serabut kelapanya. Memecahkan telur. Menggaruk bagian tubuh yang tak terjangkau ketika gatal. FREE kok. FREE.

*
#18 Donghae sedang nggak pengen dipeluk ya kayaknya di MV ini. Lagi un-peluk-able gitu. Coba siapa yang berani meluk Donghae dengan landak-landak berduri bertebaran di depannya? Kalo masokis sih pasti mau. Apalagi kalau kalian terobsesi dengan hubungan percintaan yang penuh warna. Berdarah maksud gue. Warna merah. Bocor dari badan lo sendiri.
*

*
#19
Ada yang merhatiin gambar ini gak sih?
**
*
Bukan Kyuhyun-nya yang mangap kayak abis nonton film Ringu, bukan. Tapi itu, kancing baju yang putih diantara lautan nestapa hitam. Entah kenapa waktu nonton adegan ini perhatian gue selalu ke kancing baju itu. Kkk~ hilang fokus. Tapi mencolok sih. Ada yang juga merhatiin kancing bajunya? Gue yakin nggak ada. Kalian semua kan dibutakan oleh mas mas galau jodoh itu. Cih.
*

#20 Ketika gue melihat kalung yang di pakai Ryeowook di menit 01:00, gue jadi kembali inget sama si Baphomet itu. Kalungnya bentuknya tanduk sih. Salah satu simbol iluminati juga katanya. Kalau misalnya kalian liat MV nya 2NE1 yang I Am The Best, disitu tanduknya lebih besar lagi tuh yang dipake sama mbak CL. Kalian ngerti kan kenapa tanduk ini jadi bermasalah? Kalau nggak ngerti, abaikan saja ya chingu. #CIYEEEEH #CHINGU

#21 Kalau gue bilang MV ini agak-agak ke Don't Don, mungkin karena model rambut Sungmin. Hmmm... gue suka rambutnya dia di Don't Don (dan suka rambut Key di Lucifer) dan mungkin suasana rambut pirang itu yang membawa gue ke suasana Don't Don ketika nonton MV ini. Dan kalau dibilang MV ini mirip Bonamana... Hmmm... mungkin karena kostum hitamnya (sekali lagi seperti yang udah gue bilang di review Teaser). Tapi kalau dari Background yang ini:
*
*
Kalau dibilang ini mirip sama Bonamana... Hmmm... mirip sih. Sama-sama miskin. Tapi kalo dibilang sama nggak sama sama juga. Bonamana itu banyakan maenan lampu. Disini lampunya nggak maen, cuma flat biasa gitu doang. Kemaren gue sempat bilang kan akan kayak Bonamana dan Don't Don. Itu sih sebenarnya harapan gue ke lagunya. Tapi karena lagunya nggak begitu oke. Jadi harapan gue pupus deh ah.

Untuk membandingkan dengan Bonamana:

*
#22 Lirik yang jadi andelan di lagu ini adalah, "Sexy Free & Single I'm ready too, Bingo!" Gue awalnya nggak ngerti, tapi sekarang udah ngerti. Hehehe... Awalnya akan gue pikir liriknya itu, "Sexy Free & Single I'm ready to mingle." yang kurang lebih kalau di Indonesiakan jadi, "Gue semok, gue bebas, gue jomblo, gue siap gaul." Gitu. Nah kalau lirik aslinya yang BINGO ini, nggak bisa diartikan secara satu kalimat itu aja tapi harus dilihat secara keseluruhan lirik lagunya. Kurang lebih kan lagunya tentang move on, memberikan semangat, siap-siap buat berubah gitu. Nah ada lirik awal yang,
*
Every single day I try, I really am almost there
We get closer to a good time, Say goodbye to all the hardships.
Sexy, Free & Single now the preparation is complete.
Sexy, Free & Single I’m ready too, Bingo

*
Lirik preparation is complete itu yang kemudian nyambung ke lirik Bingo-nya. Jadi gue udah semok, udah bebas, mana jomblo pula. Yes, Bingo! Gue siap buat move on. Bingo! Gitu... (Seriusan ini adalah cara yang oke buat menyukai sebuah lagu dan dalam proses menulis review ini gue sudah hapal lagunya. Hahahaha) Dan ternyata TO dan TOO itu maknanya sangat berbeda. Emang.

#23 Lagi-lagi ada Inggrisnya, kalau tadi itu ada grup asal Inggris, di MV juga ada bendera Inggris. Yesung ini sebenarnya nationality-nya apa sih.

#24 Cuma Leeteuk yang pakai kalung di setting gempa-bumi. Sama halnya dengan cuma Eunhyuk yang pake kacamata item. Untungnya sih dia masih bisa dance dengan baik ya dan nggak nabrak-nabrak. Dan hey! Gerakan tangannya Leeteuk juga beda sendiri. Yang lain Huruf A dia huruf V. Alias Segitiga dan segitiga terbalik. NAH LOH HAHAHA kalo digabungin jadi simbol yahudi tuh.
*
*
#25 Detik 01:03 keliatan disitu rambut Eunhyuk ada rona rona warna biru dan di detik yang sama rambut Shindong ada warna pink-nya. Shindong SONE banget sih ih :3

*
#26 Gerakan loncat di 01:29 sampe 01:30 itu mengingatkan gue pada gerakan Soto Haji Aneulka-nya MAMA. Entahlah.

#27 Ada 15 kali kata SEXY di ucapkan dalam lirik lagu, 10 kali kata FREE, dan 9 kali kata SINGLE.

#28 Ada 64 batang besi yang ada di gambar ini. 6+4 = 10 member. Wow. Pinter ya gue. #CUIH Semoga kali ini matematika gue gak salah.
*
*
#29 Bisakah kalian percaya ini? Eunhyuk dan Shindong nggak punya shot pake jas item dan kemeja putih itu :O Padahal yang lainnya ada. Ini detik dimana member lain muncul dengan jas item dan kemeja putih (ada juga member yang muncul lebih dari sekali):
**
*
#30 Ada 4 jentikkan jari di sepanjang lagu dalam MV. Di menit 01:39 dua kali dan 02:15 dua kali.

#31 Adegan dance yang paling gue suka adalah waktu member berbaris kemudian menyebar dan berujung di Siwon dan Kangin di 02:22. Kesannya kayak cheerleaders gitu. Om-om galau jodoh pun ber-cheerleaders ria :D

Gimana-gimana? Apa kalian menemukan sesuatu yang menarik lagi? Just leave comments yaaa!! :D Hopefully gue bisa mengadakan kuis berhadiah 6Jib nanti. Coba doakan gitu biar dapat rejeki melimpah. Kan sama-sama bahagia jadinya. Hehehe...

Keliatan banget kelabilan gue di postingan kali ini. Dan memang, pada akhirnya gue akan menyukai lagu ini, gue udah bilang kan? Ya gimana nggak suka coba ini gue nonton dari jam dua siang kemaren sampai jam setengah sepuluh hari ini di potong waktu itu dari jam 12 malem sampai jam 5:30 pagi. Kalo di total itu bisa berapa jam ya? Hmmm... sekitar delapan atau sembilan jam lah. Bagi deh tuh sama durasi MV yang 3 menit 47 detik. Hahahah Sebanyak itulah gue menonton. Bahkan gue sendiri nggak percaya.

Dan kalau ada yang komentar soal, "Kok Kangin munculnya sedikit sih di MV?" yah tolonglah mengerti keadaan dunia ini. 10 member itu kan satu grup yah, jadi ya tampil dan munculnya harus di bagi-bagilah. Sesuka suka sutradara dan editor. Kalau misalnya Kangin tiba-tiba muncul 3 menit full, bosen juga kali ngeliatnya coy. Ini SUJU atau solo MV nya Kangin? Kan jadinya kayak gitu.... :p

Okelah. Semoga kita bisa bertemu di MV selanjutnya yaaaah :D Have a good day guys! Mari mendukung Super Junior dan 6Jib-nya! Uyeeee :D

"Loh Ron bukannya lo antifans SUJU?"

"Iya. Gue lupa."

#TELEPORT





Credit for English Lyric www.kpoplyrics.net


Related Post:
6Jib Teaser Images
*
| EUNHYUK | DONGHAE | WOOK, DONG, YESUNG, TEUK | MIN, IN, WON, KYU |

6Jib Teaser REVIEW

SPY MV REVIEW



"GRAB YOUR CHANCE TO GET EXO MERCHANDISE ! JOIN EXO GIVEAWAY ! CLICK HERE FOR DETAILS!
"

211 comments:

  1. detail sedetainya ron..
    gue juga agak kecewa dg konsep yg biasa2 aja kayak gini.. *yaudah sih*
    gue ngarepnya dg genre musik yg ajeb2, SM bisa ngasih duit dikit buat mereka, bikin dg setting club ato party gt lah, yaa semacem MV 'ehm' High High nya GD TOP.. yaelaah, ngumpuling orang tanpa dibayar jg gampang siih.. noh kumpulin aja ELF sekampung, gampang kaan.. *terserah gue deh*

    yaudin, meskipun kecewa, mending gue denger mp3nya aja lah.. jujur sih gue lebih suka SFS drpd bonamana..

    dan kenpa hrus ada lagu dg judul A Good Bye,, kesannya mereka nyanyi sambil mewek dan lambai2 saputangan deh.. T^T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suka tuh idenya :D Jadi inget HOT SUMMER sama PAPARAZZI gitu banyak banget cameo nya :D

      Aku ngerasa ini tracklist di album ke-6 emang semacem perpisahan banget tauk.

      Delete
    2. Lagu ini lebih mengarah ke don't don, Bonamana, bahkan Acha,... Karena...
      Spt nya suju ngajak kita ber nostalgia Saat masa masa mereka duluuuu banget, dari awal Karena rencana nya, Yesung Akan WAMIL. Lead vocal kebanggaan elf, clouds Dan terutama kebanggaan suju ini Akan vacuum Selama 2 Taun. Coba aja dulu semenjak debut, yesung iTu gak Ada, sekarang suju mungkin Bukan apa apa.
      Dan Aku agak emm..gimana ya, agak kaget juga ketika writer membandingkan suju dengan exo. Emang sih, Exo iTu bb rookie yang sedang naik Daun, secara dia artis smtown juga lah yaw.. Tapi ngeliat suju yang udh ber usaha dari 8 Taun lalu (Taun ini bakal 8 anniv),... Taun dimana segalanya gak secanggih sekarang. Dan,.. Exo Belom sampe 8 tahun,..apalagi mereka masih muda. Suju bahkan gak ada yang di bawah 25. So, jangan membandingkan suju dengan exo,.. ITu bisa menimbulkan fan war kan? Ini Indonesia, Negara dimana rakyatnya mempunyai emotional yang tinggi. Dan elf kebanyakan abg Perempuan yang LABIL. Gak semua bisa Nahan emosinya ketika idolanya, orang yang membuat dia semangat, membuat dia memiliki Dan meyakini Bhw hidup nya berharga...........
      KETIKA IDOLANYA DIBANDINGKAN DENGAN IDOL LAIN.

      Delete
  2. ininih, yang aku tungguin dr kemaren2 haha, aku kira kamu bakal kapok nyangkutin mv ini sama exo, ehh ternyata exo tetep ngikut aja wkwkwk. aku pikir jg ni review bkal jd beberapa episod. ehh ternyata jd satu juga hehehe. aku mikir, pas liat mv ne, kyaknya Sm lg seneng bget godain elf elf diluaran sana yg lg sensi sama anak2 exo, mulai dr logo2 yg bertebaran, bajunya sehun yg kepake ma eunhyuk, trus baekhyun2 yg hobi bget nongkrong di mv orang (padahal biasanya si kai).
    pas kamu bahas soal dance dance yg beda tu, sumpah aku g nangkep sma sekali, kamu pke ilmu apaseh bsa sejeli itu? ada bukunya ga? kalo ada beli dimana? hehehe.
    trus aku agak kecewa, kamu kenapa gak bahas soal kelambu anti nyamuk yg msh ngikut aja di mv. trus sama kemurahan badan2 siwon n teuk.
    oh ya kira2 kamu bakal beli albumnya ga? kalo beli sekalian ya beliin aku juga hahaha, males kluarin duit buat om2 yg sudah kaya ini, mending bersedekah buat anak2 exo yg msh cr ceperan dr korea ke china.

    ReplyDelete
  3. MOHON DIPERHATIKAN DI MENIT 01.39 DIPOJOK KIRI TERDAPAT PENAMPAKAN PINTU!!!!! *exited nemu yg janggal* :p

    ReplyDelete
  4. kasian ya so man miskin ide

    ReplyDelete
  5. Yeyeyeye ~ :)
    Dari awal udah setuju dengan kata-kata "Dunia memang selalu tidak adil buat Suju" -_-

    Keren ka~ :) Keep writing ^-^

    ReplyDelete
  6. Dunia memang selalu tidak pernah adil untuk Super Junior (#PLETAKDONG). Disaat mereka banting tulang mengais rejeki menjadi tenaga kerja dari panggung ke panggung, mereka harus puas dengan MV yang begitu-begitu aja. Yang tembok-tembok aja. Yang item putih aja. Yang biasa-biasa aja.

    Maygad, ngena banget...
    poin #8 #25 #29 keren bnget bisa nemuin hahaha
    matalo pasti bisa dipake buat mutilasi sangking tajemnya

    ReplyDelete
  7. Ada 28 lubang di kalung ryeowook Di menit 00:55,2+8=10!10 member...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu kok lebih jeli sih dari aku TT___TT kamu jangan ambil lapak aku TT__TT

      Delete
  8. Pertamax gan ! Hikikik..

    ReplyDelete
  9. setuju2..kok kurang nendang gini ya SFS ini. Tapi sebagai elf, saya harus tetap mendukung.ceileh.kekeke

    ReplyDelete
  10. detail bange bang. aku juga agak kecewa sih sama hasil nih MV.
    kirain aku bakal bagus bange.ternyata biasa aja. aku harep kedepannya exo gak kaya gini. hwaiting

    ReplyDelete
    Replies
    1. "aku harap exo kedepannya gak kayak gini..." aduh kamu jangan gitu. nanti dikira antifans.

      Delete
  11. review mv snsd_paparazzi ada gag???
    review.in mvnya t-ara day by day donkk....:)
    makasih:)

    ReplyDelete
  12. Gue setuju sama lo om! Kecewa berat sama mv ini yang bahkan lebih flat dari yang paling flat #apadeh haha tapi lumayan laah kameranya pake apa tuh matrix ya kalo ga salah baca gue kemaren. Cuma gue agak sedikit gimana gitu pas kangin nyanyi. Gerakan dan ekspresinya dia itu looooooh sumpah gak banget. Menurut gue juga 6jib ini kok kesannya buru-buru banget ya? Kesian loh si kangin belom ngurusin badan, belom banyak latihan dance hahah

    Pas gue denger ini lagu full apalagi pas bagian sexy free and single, kok kedengerannya mereka pasrah putus asa gitu ya? apa kuping gue doang yang dengernya begitu?

    anywaaaaaaaayyy baru sekali ini gue baca lo ngebandingin sama BIGBANG haha thanks udah membawa BIGBANG dalam review lo! haha

    ReplyDelete
  13. Ktika ngliat kicauan kakak di twitter tdi , sy lngsung mmnjatkan puji dan syukur ke Tuhan YME krn ats berkat-Nya sehingga (skali lg) masterpiece Kak Ronzzy Kevin alias Om Choi alias Kak Suho alias Ustad Bacon yg budiman dapat ditelurkan kmbali :D

    Sy salut bnget deh sm matanya kk yg "setajam silet" itu. Dapet dari mana sih kak? Merknya Gilette bukan ? "Silet itu Woyyy !!! Silet!""Suka suka gue dong, toh ini komen gue :p"
    *abaikanygini*

    Sebenarnya sy bingung mau komen apa nih kak, soalnya kualitas review kk udah jelas bnget (sking sy bingung komen yg diats anonymous bnget kesannya, jd gak papa diabaikan aj). Intinya : Bagus! Keren! Aktual ! Tajam ! Terpercaya ! Kak Ronzzy Kevin Manse \(^0^)/
    Keep writing ya kak, semangat jg buat kuliahnya :D

    @GheaPC

    ReplyDelete
    Replies
    1. ending komen kamu bikin aku nangis kejer.

      Delete
  14. Hehehehheh,,, semua pendapatmu tentang bagian2 MV ini hampir sama seperti aq Bang (?) kecuali yg bagian kecewa, kalo saya g kecewa, tapi seneng2 aja hahahh (pokoknya seneng #abaikan)
    Jujur aq kurang merhatiin soal kaos-nya TeukPPa yang rated M banget,,, huuuuuffffttt,,, hmmm,,, ehhhmmm, uhuk *adik kandung g perhatian ma oppanya sendiri* tp emang g terlalu keliatan,,, hahahah
    Iya, emang sekilas banyak dance yg g kompak, g tahu emang apa dibikin gitu apa emang "kesalahan" atau kurang latihan, secara tb2 gada angin gada ujan, seminggu sebelum comeback baru ada pengumuman hehehe.
    Satu hal lagi spt yg udah Admin uraikan d teaser kalo kaos Eunhyuk SAMA kaosnya Thehunie di History, kagak tahu thu, thu kaus yg sama atau emang mereka iuran biar hemat, atau Eunhyuk maling kausnya Sehun pas maen di dorm *statement terakhir abaikan*
    tenang Admin tersayang (?) aq juga merhatiin kok kancing baju "nyasar"-nya Kyu di sana, kebetulan pas aq capture gambar2 jadi keliatan banget, bener thu, thu kancing ngganggu iman banget #apadeh
    Soal Hyuk ma Shindong oppa yg g pake jas n hem putih bak eksekutif muda itu aq jg nyadar, soalnya mau capture gambar cm bagian itu yg ga dapat T__T,, sebel banget, jd g lengkap, mungkin emang kelupaan g dimasukin yg part mereka berdua hmmmm, pdhl yg pake baju gangster ama mafia dadakan itu ada semua hahah.
    kemudian yg paling aq perhatiin : Sungmin yeoboku makin gendut aja,,, hahaha LOL #abaikan
    terus Heechul Oppa juga gada *PLAKKK< YAEYALLLAAAAAAAHH***
    udah deh, sekian saja,,, ^^
    thanks banget reviewnya ya Bang *ditendank manggil Bang*

    ReplyDelete
  15. pertama liat udah ngerasa banget kalo kangin itu BINGUNG dancenya ..
    keliatan banget XD

    dan om,selain ada baekhyun di situ. gempa itu kabarnya di akibatkan oleh D.O ..
    ckckckck EXO lagi lu

    #fai

    ReplyDelete
  16. mau ikutan komen ahh..

    baru 2 kali liat MVnya dan saya merasa kesian dengan shindong yang sepenglihatan saya sama sekali gak dapet lirik nyanyi solo dan gambar mukanya sendirian barang sedikitpun. Kesian om soman, dese kan udah mati-matian dihet supaya kurusan, kasih kek kesempatan tampil sedetik dua detik solo disini. Kangin aja mayan sering deh dapet shot sendiri. Kesian deh ama bang shindong *puk-puk*

    ReplyDelete
  17. Seperti biasanya Om, review yang dipost keren abizzz :P

    ReplyDelete
  18. knapa FPI selalu nyangkut di postingan om? jangan2 om diem2 ngefans ya sama FPI #pletakdong

    daripada ngomongin dunia yang katanya selelu gak adil buat suju aku lebih demen ngomong itu emang 'IMAGE' suju dari awal, konsep dance kotak udah dari dont dont, jadi yahh mo digimanain lagi,

    Tapi asik yang ini, baru paham maksudnya background acak2an disono, oh ternyata abis gempa, mereka abis bikin marah D.O kali #eaaa #EXOisBACK

    keren keren kereennn 1000 jempol deh buat om
    #pinjemjempolparaexotic

    pyur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jempol di seluruh tubuh cuma 4, 996 jempol lag mau pinjem siape?

      Delete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Gerakan menit 01:29 sampe 01:30 ga kayak Soto Haji Aneulka bang, lebih ke I need you and you want me-nya History..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu siapa sih? aku betek sama kamu. kamu kok lebih jeli. ah.

      Delete
  21. waktu shoot pake baju putih-putih..kyuhyun mulai galau..ganti jas panjang jadi pendek..cepet banget macam kestria baja hitam..

    ReplyDelete
  22. Ahaha~~ selamat ya Om. Masih rame kah thread Mr. Simple pemuja setannya itu?? Sabar ya Om yah~~ Hidup sebagai ustadz emang gak gampang Om.

    Setuju Om... yang Om bilang Lagu 6jib ini lebih yahud-yahud yang balladnya. Rada lupa sih judul-judulnya, tapi yang ballad-ballad emang lumayan nagih sih. Tapi kalo dibilang title tracknya rada mengecewakan~~~ yah pendapat orang beda ya Om, kalo buat Dew sih ini cukup nagih. SOalnya kali ini SJ kayak out of the box gitu. Keluar dari zona amannya SJ selama ini. Menurut Dew lho Om.

    Dan masalah MV yang (lagi-lagi) biasa... Yah kalo Dew mah udah memasrahkan diri pada SM sih Om. Berhubung Semenjak Sorry,Sorry MV mereka emang udah gak ada yang menjanjikan, jadi sejak awal emang gak ada ekspektasi ke MV. Ke lagu, iya. Tapi ke MV, enggak. Toh buat Dew, muka mereka udah cukup membayar kekecewaan :-p

    Mukanya Siwon demi Luhan~~~~ minta dijamah!!!
    Bodinya Leeteuk juga ajib bener, Siwon kalah!!! kalah!!!! Won lu jangan kebanyakan menjablay benerin lagi tuh badan!! Masa kalah sama Om Leeteuk??

    Eh ngeliat openingnya, banyak segienam-segienam itu... entah kenapa Om. Langsung keinget EXO!!!! Jangan-jangan SM mau promosiin EXO, bikin fans terus inget EXO walopun gak lagi comeback lewat SJ??? Ini jangan-jangan MV-MV SM berikutnya bakalan ada segienam-segienamnya juga Om. Yah liat aja deh MV DBSK buat comeback Korea yang wallahualam kapan itu ada segienamnya apa enggak. Ato jangan-jangan segienam itu adalah~~~ --Udah ah Om Ron udah cukup panjang lebar ngejelasin--

    Wah~~ Om. Disimpen aja sih Om kalo kebetulan liat ada gambar cwe naked di kaosnya Teuk. Kemurnian saya jadi ilang kan. Padahal kalo Om gak ngasih tau kan saya gak akan sadar kalo itu ada gambar orang naked. Makasih Om, telah menodai kesucian saya *apaan sih*

    Tapi rada mencelos juga liat tracklist 6jib ini. MANA DESTINY KOREAN VERSION?? MANA WAY KOREAN VERSION??? Om Sumannnn~~~~~ lagu bagus gitu kenapa gak di6jib-in????

    Udah ah Om. Makasih udah bikin review yang (seperti biasa) detail gini. Semoga EXO cepet comeback dengan Baby Don't Cry~~nya. Semoga DBSK cepet comeback Korea.

    @niara2112

    ReplyDelete
  23. Hahaha, setuju banget Ron... Aku sih jujur apa adanya soal lagu SFS yang sama sekali ga ngena, bahkan bikin pusing dan mual :/
    Musik itu kaya makanan, kalo enak ya enak, kalo ga enak ya ga enak, hahaha. Dan subjektif juga sih.. ini masalah selera men~

    Tapi, kembali lagi, sebagai seorang fans, mau ga mau tetep dukung Idol-nya lah yaa... dan tetep berusaha menyukai lagu-lagu mereka. Lagu ballad di 6jib emang lebih bagus dari pada tittle song-nya,hahaha.

    Pikiran kita sama Ron soal gaya menari Donghae dan kesalahan yang dia buat! Hahaha. Ada juga loh dimana member pada tiduran di lantai pas bagian Kangin nyanyi.. plis deh ituuuu, kasian kan mereka punya baju bagus-bagus tapi malah tiduran di lantai?? hahaha

    Oh ya, karena aku tau Om Ron suka Donghae sama Siwon, ini aku punya GIF Donghae yang sexy abis XD --> http://yimezonekyu13.files.wordpress.com/2012/07/sexy-hae.gif ga tau kenapa, sukaa ajaa

    Dan ini bang Siwon yang bikin..... pffftt! XD --> http://yimezonekyu13.files.wordpress.com/2012/07/siwonaa.gif liukannya itu loooh XD

    Oh ya, satu lagi, dance mereka mirip tarian daerah gitu --> http://yimezonekyu13.files.wordpress.com/2012/07/dance4.gif

    Nice review Ron! Sukses bikin ngakak :D
    Ditunggu banget review lagu-lagu 6jib-nya :)

    ReplyDelete
  24. Aku masih heran sama matamu deh, Om. Kok gitu banget sih bisa sedetail itu?
    Aku juga kecewa sama fullsongnya, Om. pas liat dan denger Teasernya aku pikir lagunya bisa buat loncat sana sini kaya Kai gitu. eh tapi ya lumayan deh ya...
    Eh, Om. di detik 00:18 itu semua member tangannya membentuk kaya segitiga gitu ke atas kecuali si Leeteuk, dia ke bawah segitiganya wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Illuminati kan emang gitu. Segitiga keatas sama kebawah. Nah loh.

      Delete
  25. setelah lama penantian akhirnya selesai juga reviewnya.
    parah, super detail banget.
    nice job ron!!
    gw selalu suka dengan review lo. bikin ngakak sendiri

    ReplyDelete
  26. Oia , sebagai tmbhan komen sy yg trdahulu kak. Itu dance di detik 02:41-02:42 bikin sy nostalgia ke jaman tk dulu : " kepala ... pundak, lutut kaki lutut kaki".... sayang gak ada bagian yg mgang daung telinga, mata , mulut, dan pipi :D

    ReplyDelete
  27. di menit 02.56... dikiri lagi... ada colokan kabel loh... :*

    http://www4.picturepush.com/photo/a/8643877/img/8643877.jpg

    ReplyDelete
  28. kak suho lo emg antifans SUJU nomer satu!! gw suka gaya lo kak haha :D
    keren2 ini review SFS nya.:D

    ReplyDelete
  29. keren om analisis nya.. tu mata tajem juga yak bisa ngeliat ampe detail begitu .. hhihiih...

    ReplyDelete
  30. ternyata enggak cuma aku yang ngerasa kalau gerakannya kangin agak aneh. mungkin karena waktu wamil hobinya perang, bukan ngedance jadi lupa caranya ngedance.. -,-

    apakah kaos tanpa lengannya eunhyuk terlihat familiar? atau hanya aku yang merasakannya??

    keep writing ya kak ron, seneng banget kalo baca blognya kak ron, yang semula galau, jadi tambah galau (kasian sekali daku :()

    @malaijahhat

    ReplyDelete
  31. "Dunia memang selalu tidak adil buat Suju"
    Setuju, setuju... Setuju sama yang ini

    Dan.. Kenapa harus ada lagu A 'Good' Bye?! KENAPA?!
    Mana jadi track terakhir, kesannya kayak lagu perpisahan, KESANNYA KAYAK ALBUM TERAKHIR!! Huweee... #nangisdarah

    ReplyDelete
  32. entah penting, entah nggak
    tapi kalo saya perhatiin MV, jaket Kyu sering berubah2 walau cuma beberapa detik di scene yang baju putih ron. kadang pake jaket, kadang jas. gantian trus, beberapa detik. coba liat dari detik 01.37 deh.
    trus syalnya sungmin. detik 02.08 ada, tapi ilang di detik 02.11.
    sekian tambahan dari saya.
    selebihnya, postingan kamu yang selalu keren ron.
    salam olahraga!

    ReplyDelete
    Replies
    1. NUNA! HAHAHA UNTUNG GUE GAK BAHAS ITU LOH YA TERNYATA SEMUA ORANG MEMPERHATIKAN ITU WAHAHAHAHA GUE TETEP KECE DONG

      Delete
  33. bahahahahahahaha, ini detail abis deh ka suho *exo lagi* jujur emg gue jga ngrasa gmana gitu sama single mereka SFS begitu keluar audionya gue nyoba dengerin dan kok rasanya ga dapet feelnya gitu loh tiba-tiba udahan aja lagunya dan nyoba diputar lagi lagi lagi dan lagi kok rasanya euuuuuuuuh gitu T..T. Sama seperti lu ka gue brusaha buat suka aja lagunya. Walaupun ga beli albumnya wkekekekekekek.
    Kerenlah ka cara nulisnya menghibur, anak komunikasi yah? Hohohoho *out of topic*
    @triawfn

    ReplyDelete
  34. di menit ke 0:21 donghae yang ngangkat celananya ko ga ada????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada di mana nih? Di review saya atau di MV? Kalo yang itu udah saya bahas di teaser :)

      Delete
  35. belom baca ampe abis, tapi "Disaat mereka banting tulang mengais rejeki menjadi tenaga kerja dari panggung ke panggung, mereka harus puas dengan MV yang begitu-begitu aja. Yang tembok-tembok aja. Yang item putih aja. Yang biasa-biasa aja" => KACIIIAAAAANNNN ANAK MAMA!!!

    bakalan memicu fanwar ga nih review Om? ga seru ah kalo ga ada fanwar disini #eyyaaak, lemparKAI..

    entar ah gue spamming lagi yak..

    ReplyDelete
  36. @leaderzack1

    entah kenapa saya pengen nangis liat effek2 suju pada ngambang2 diudara yang di akhir2 MV SFS... mengingat effek EXO-MAMA bengitu keren.
    POOR SUJU #cry

    "Sejatinya fans adalah yang begitu. Menurut saya. Kalo jelek ya bilang jelek. Kalo nggak bagus ya bilang nggak bagus. Tapi ya tetep mendukung. Pada akhirnya kan baik juga"

    SETUJU BANGET OM! RT 1000x!

    kebanyakan kalo fans udah ngefans(?)dan berlebihan semua yang dilakuin artisnya, semua MV dan Lagu yang dikeluarinnya dianggap BAGUS SEMUA. dan nggak mau denger kritikan dari yang laen, ujung2nya yang ngeritik dikira ANTIS. halah, hidup jadi K-pop lovers itu emang sulit (soktau)

    ReplyDelete
  37. spamming ke dua :

    #Kalau kalian perhatin baik-baik, di baju Leeteuk pas di set jalanan-abis-gempa, itu ada gambar cewek naked => astaga Luhan, itu gambar sangat tidak senonoh sekali!!! gue sebagai cewe rasanya askhfriedfahuvwe #terjun bebas rasa empati gue sama mereka, zzzzz!!

    (dan 1 pertanyaa gue, gile yah lo jadiin point cewe naked jadi point pertama!! beneran cowo lo Ron ternyata)

    ReplyDelete
  38. spamming terakhir :

    sumpah gue pusing gara-gara baca review lo gue mesti ngulang berkali-kali. sekali aja udah maleesss nontonnya (gaada KAI sih), dan lo membuat gue mengulang ini berkali-kali =="

    Kangin ga banyak muncul mungkin gara-gara dia yang paling less prepared lah. wajarin aja. entah deh, gue udah males sama musiknya, MV nya sih lumayan rame lah dibanding sebelum-sebelumnya #LUMAYAN, tapi yaa gitu, ga racun sih jadi males..

    dan fix gue udah kehilangan rasa bangett ngeettt ngeettt sama Suju. di 5jib masih banyak lagu yang gue masukin ke Ipod, tapi untuk 6jib, cuma satu, From U, dan itupun Engrish nya Teuki gue cut gara-gara jadi aneh banget artinya!! this song is dedicated to the WORST biggest fandom (di kuping gue sih gitu), makanya gue cut! udah, dari 10 lagu, cuma gue masukin 1 lagu doang!! jujur kecewa sih. iya ngerti mereka mau ganti genre lagu, mungkin mau terlihat berbeda, ga bosenin orang, lebih dewasa, lebih variatif dari segi musikalitas, tapi FAILED buat gue gimana doong?? gue sudah 'menyabarkan' kuping dan memberikan sugesti kalo lagu mereka bagus, TAPI GA BISA!!! FIX benget lah udah abis rasa FANS gue ke Om-om ini. berharap mereka cepet nikah aja deh.
    dan plis, balikin lagu racun itu di repackaged mereka, SM!! kalo masih tetep aneh-aneh, i'm sorry goodbye for Suju and welcome to my life for EXO deh.

    tapi apapun lagunya, sesederhana apapun MV nya, FANS loyal suju di luar sana pasti bisa buat lagu dan album ini meledak lah!! namanya Super Junior, King of Hallyu Wave, iya iya aja deeehhh gue mah (meskipun personally gue masih anggep kualitas dan musikalitas DBSK yang lebih pantes diberi gelar King of Hallyu Wave).

    gue bukan antifans loh, duuh. plis ini udah 2012 gitu tolong di upgrade sedikit program positive thinking nya =="

    ReplyDelete
    Replies
    1. 'WORST biggest fandom'
      'berharap mereka cepat nikah aja'
      'personally gue masih anggep kualitas dan musikalitas DBSK yg lebih pantes diberi gelar King of Hallyu Wave'

      seriously, I love this anonymous.. jalan pikiran kita sama ternyata :')

      tapi walo pun SJ segini ngecewainnya, dan gue sempat ilang interest ke mereka gara2 EXO, so far sih belum berniat say goodbye ke mereka. tepatnya sih, masih berusaha menyabarkan diri -_______-

      @ekyology

      Delete
  39. ahhh udah ditunggu-tunggu reviewnya~ pasti bikin ngakak deh XD
    aku juga agak kecewa sama MV-nya SFS, tapi kalau lagu sih aku lumayan sukalah, tapi emang kurang adiktif kaya lagu2nya suju yang sebelumnya:/

    sebenernya dancenya bagus tapi sayangnya kurang kompak, entah kesannya buru-buru amat ya Suju comebacknya, padahal ga usah buru2 juga deh ya... ELF sabar menunggu haha #naon

    bajunya si teuk ternyata ga bener ya, ckck mentang2 udah 30 tahun #plak

    setuju cover albumnya sangat amat kurang ide-_- kayaknya walau ga suka album 5jib tapi lebih modal deh ya haha... padahal foto teasernya bagus2, ga ngerti deh sama SM-,-

    haha seperti biasa ada EXO dimana-mana, sekalian aja yang bikin gempa itu si dio XP

    ReplyDelete
  40. om aq ksh tambahan y hampir semua celana siwon di situ cingkrang (kependekan) kecuali pas dia pakek jas. aq bilang gitu krn kyknya tuh celan kepanjangan klo di bilang 3/4 tp jlas kependakan untuk celana panjang #wajahsoktau
    @jerry_cantona

    ReplyDelete
  41. sekarang jadi agak sensitf gitu ya kalo ngomongin EXO #uhuk #piss #damai

    ReplyDelete
  42. KAK ITU NOMER #4 NYA KOK ADA DUAAAAA??????

    ReplyDelete
  43. Ustad bacon yg blg lo antis SUJU bodoh bgt lah.
    Mana ada antis yg mau ngereview mv ampe sedetail ini. Dimulai dari hal hal yg terbutakan oleh kehadiran baekhyun :D kaya kaos teukities , kancing kyuhyun, tangan donghae , lantai kotor --" Aku aja baru sadar HAHAHA
    Ada lg di dtk brapa lupa syal item yg d pake sungmin tiba tiba ngilang.

    ReplyDelete
  44. pertama kalinya aku komen di kaoskakibau nih :) #truskenapa?
    aku menemukan sesuatu yang menarik kak Suho/Kak Ron :D
    itu di menit ke 02:29, tiang lampu yang di sebelah Siwon bagian tengahny mnghilang (atau mungkin transparan) tpi anehny tiang gak tumbang (mungkin ad Luhan di situ :D ) #EXOlagi
    di menit ke 02:39, tiang di deket ryeowook juga bagian tengahny hilang tpi tiangny ttp brdiri #Luhanlagi .. d detik yg sma, tiang di deket Kangin juga melayang #mungkinkarenaLuhan(lagi)
    kayakny semua yg aku temukan brhubungan dg EXO deh :D

    tapi, nice job :) aku selalu menunggu review MV kakak yg lain ..
    KRROOOOONGGGG ~ #nirugayaKai

    ReplyDelete
  45. sekali lagi lo bikin gue ngakak, Hyung.... :P

    nah nah nah... detail pake banget ni review bahkan mantenginnya ampe 9 jaman gitu. hebat lah.... b(^_^)d


    oke... pertama, gue jg kaya lo hyung. musti dengerin beberapa kali dulu baru mencelup masuk ke lagu Semok, Bebas & Jomblo ini. Mungkin gue dengerinnya juga sambil romanization-in liriknya kali ya. jadi gak konsen ke lagunya. *gak nanya* *gak papa, gue ngasih tau aja, pengumuman*

    astaga gue bahkan engga ngeh bajunya leeteuk itu 'siswanto' banget ya. bang, banyak anak-anak... *uhuk*

    *uhuk* iluminati-nya tetep di bawa2 ya....

    berhubung di sini EXO di sebut-sebut...
    pas baca kata2 akibat 'gempa'. *uhuk* gue tiba2 mikir, jangan2 ini sebelum syuting MV, ada D.O lewat. makanya kaya abis kena gempa.
    selanjutnya, di yang pas bagian dance version yang tembok-tembok ala bonamana itu, entah kenapa gue inget sama teaser ke-21 EXO. fine, tempat atau settingnya aja yang di bikin MIRIP atau mungkin SM melakukan penghematan lagi *uhuk*


    oke Hyung, di tunggu ya next review nya... sama give away 6jib nya pasti. wakakaka~
    *menghilang*

    ReplyDelete
  46. Gue cuma mau bilang gue setuju nih. Lagunya ngga sesuai sama perkiraan gue dan gue kira SFS bakalan jadi lebih nge-beat dan catchy (nyatanya sih emang catchy). Dan gue juga perlu mengulang-ulang MV ini beberapa kali tapi mata gue ngga setajem mata lo, om. Mata lo kayak mata elang deh. Sepanjang MV gue cuma merhatiin Yesung doang #PLAK kalo soal set jalanan yang ngga mulus itu juga gue ngga tau wkwk Bener, om. Gue juga seneng lagu dan set MVnya sarat makna walaupun SJ termasuk boyband dewasa, liriknya ngga pernah dewasa...walaupun leadernya pake baju yang harusnya di rate M...

    Maksudnya kaki Baekhyun sama tiang lampu jalan itu apa sih? Suer gue Exo stan dan bias gue Baekhyun tapi gue bener-bener clueless disini. Sampe gue harus baca ulang-ulang dan merhatiin gambarnya sampe mata gue sakit, tetep aja gue bengong.

    Nah menurut gue juga Kangin kayak agak cacu lagi gitu setelah berhadapan dengan orang2 ngga bisa nge-dance. Btw, tau cacu itu apa ngga? Kata temen gue sih cacu itu sama dengan kaku.

    Soal cover, yang pertama muncul di pikiran gue adalah: Undangan. Demi Tuhan, covernya terasa kosong, hampa, dan lain-lain. Font-nya pun sangat mengarah seperti font undangan. Kali aja pernikahan antara Kyuhyun dan Sungmin gitu. Dan kosong banget. Ugh. Gue udah bilang itu ya, om? wkwk yahhh pokoknya gue kecewa sama covernya lah. Tapi sama lagu dan MVnya ngga kok :D

    Overall sih bagus. Udah gue duga itu set yang dominan warna putih ada lambang EXO-nya...Sebenernya itu MV siapa sih?!?!? /DITABOK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketauan gk liat video2 predebutnya baekhyun ya haha

      Delete
    2. Loooh, exotic bukan? Hayo, apa hubungannya Baekhyun sama tiang lampu?

      Delete
  47. teteeeeeeeeeeeeeeepppppppppp juara detailnya!! *iyalah waktunya abis buat mantengin MV LOL* ,, sip!! soal yg donge sm sungmin itu gw jg nangkep itu sama hahahaahah, gw bingung awalny ko g kompak sih yesung sm donge kkkk, yg rompi The Sex Pistols sama Iron Maiden itu jg gw ngeh, yg kangin jadiny malah ky geleng2 jg gw ngeh! ngeh bgt malah itu LOL nangkep dy gerakannya absurd gt malah pas pertama kali liat MV! secara dia baru nongol lagi jd gw penasaran sm kemampuan dance ny *halah! kyk gw dancer hebat aj merhatiin dance org*

    dan gw udah ngikutin saran lu bgt om, eh kak, eh tat, eh ya itulah kau pokonya, merhatiin beberapa kali kanan dulu, kiri dulu, atas dulu, trs bawah dulu, tapi tetep master of reviewers jago bangettttt detailnya. gw sma sekali g ngeh lah itu baju ny iteuk! wardrobe-nya sape sih! g senonoh itu woy!!

    thanks ron, skrg gw bisa ujian dengan lega krn ud g mati penasaran sm reviewan lu *lebay*

    dan bener kata lu, mending nonton ny santai dan jgn terlalu serius, jadi g keliatan 'cacat'nya kkkkkk, dan tetep jejeritan sendiri liat2 abang2 joget2 berasa mereka udah yg paling keren.

    btw.. justru yg paling gw demen skrg ini adalah krn apapun yg lu kaji, mv kek, twitan lu kek, semuanya ada hubungannya sm EXO wkwkwkwkwkwkwk,, jd gw g ketinggalan berita EXO! LOL

    ReplyDelete
  48. finally kelar baca reviewnya SFS jugaa..ternyata banyak yang kecewa ya sama mv suju yang ini..berarti gw banyak temennya..hahaha
    Pas liat teasernya, sumpah gw excited banget, tapi kok begitu liat full mv ini kok berasa flat ya? Kesan wow nya ilang gitu aja. Padahal biasanya gw kalo liat mv suju yang lain betah nonton sampe 3x minimal, lah ini baru nonton sekali udah bosen. Berasa kaya suju kehilangan gregetnya..

    ReplyDelete
  49. waktu di foto teaser sungmin kelihatan kayak kembarannya Ren,secara rambutnya dibikin gondrong blonde gitu kan.naah di MV ini Sungmin nyrempet2 lg sama style nya Ren.lihat itu sikat kawat yg nangkring di kepala sungmin mirip sama bando yg pernah dipake Ren waktu fansign coba cek >>> tmblr.co/ZirXdvOcX3R0 mirip ga?mirip ga?

    ReplyDelete
  50. loh iya ya bajunya kyu di menit ke 01:37 kayaknya beda sama yang menit ke 01:38, awalnya jas terus jadi kemeja doang. tapi di menit 01:40 ganti lagi jadi jas lol. atau emang sengaja... atau gue salah liat...

    ReplyDelete
  51. slogan SM buat SUJU : NGIRITTTTTT ,,,yang penting jadi bikin heboh ,bikin alay baru *oke ignore this -_-

    menurut keterangan dari temen w yang demam banget sama fandom 3 huruf *ya sodara-sodara taulah fandom yang ane maksud* saat dia melihat MV MAMA by EXO kesan yang pertama adalah "SERAM" O.O #belo D.O mode onnn,,,APAAAA???? KENAPA SERAM? LO KATA tuh MV dibikin banyak penampakan ,,orang isinya makhluk fresh yang sengaja dikeluarkan oleh SM dari kandangnya untuk mencuci mata gue ,,dan bikin hari gue berwarna <----- nah dari sini udah ketauan om ,,kalo ntar suju dibikin MV nya yang terlalu banyak efek yang WAW ,dan terlalu megah (?) ,,banyak para ababil sana yang bakal agak keheranan ama MVnya ,,,kayak misalnya sorry-sorry ,,ini lagu udah easy listening banget ,,dan gue yakin semua kpopers yang bukan ELF aja pasti apal awal reff bin punya lagunya di hp,,,dan cukup ringan dimata dengan kesan BLACK and WHITE banget #kalah MJ --"


    dengan tata ruang buat bikin MV yang seadanya yang penting orangnya cakep *ehem ,,dan satu lagi ,,punya nama SUPE JUNI OEO ,,yah SM gak usah putar otak buat bikin yang rada ajegile ,,keren gichu . . . u.u

    jujur gue adalah PETALS ,tapi PURE petals ,,dan sekarang merambah dunia baru menjadi EXOTIC ,,dan menemplokan pilihan w pada Kim Jong In (kgk ada yang nanya buuu) sumpah pesona exo gak bisa ketahan ,,KERENNN

    tp anyway ,,sekali lagi sebagai Kpopers yang cinta damai ,,gue berharap semoga SUJU bisa berjaya dgn 6jibnya ,,bagemana pun ni BB mau kita ngomong apa juga tetap BERPENGARUH BESAR untuk dunia permusikan korea ,,jujur dulu kenal korea ,pertama w kenalitu SJ ,,

    untuk semua reviwew lu di MV ini ,,sumpah ngakak banget ,,dan masyaallah itu mata lu ada mikroskopnya ape gimana ,,yang tak terlihat jadi terlihat ,,banyak yang gue sadar kesalahan di MV ini ,,jadi sadar gara2 review dari lu Ustad Bacon ,,

    makasih untuk luangin waktunya bikin review beginian ,,yang menjadikan lu ANTI FANS yang daebak ,,hahahahaha

    sukses selalu .....

    ReplyDelete
  52. astaga kak ron lu emang pengamat MV yang baik,,kenapa kagak bekerja aja jadi pengamat MV tuh,ckckck detail banget heran gue ama lu kak ron. kok betah ya mantengin detik demi detik untuk mencari2 hal2 yang diangap patut di perbincangkan. kalaupun mereka gerakannya pada nga bisa serentak kan ya no body perfect lah maklum juga udah senior jadi ke enerjikannya udah kalah ama yang muda

    ReplyDelete
  53. oiya kak Ron,, tadi tiang2 ada baekhyun gitu maksudnya apa ya???aku emang fans EXO banget tapi kok baru kali ini nga ngeh maksudnya yak??? #ngook sory

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuuh, demi Luhan, kok pada nggak ngeh sih? Gini deh, apa hubungannya Baekhyun sama lampu? Silakan dijawab ^^

      Delete
  54. adohhh... ngakak ini asli.... xDDDDD
    saya gak tau mau ngomong apa deh....
    #teleportsambilngakak

    @zahrataem

    ReplyDelete
  55. emang tuh pas pertama liat ni MV...kok aneh ngeliat gerakan dancenya Kang In, kayak gak pede sama gerakannya gitu...kayak masih kaku gara2 pulang wamil... #ngefek :D

    ReplyDelete
  56. apa mungkin gara2 konsep?#sotoy#posting#terserahlodeh

    Sorry sorry :Sorry MVnya begini aje yak!
    Bonamana :BOdoh aMAt sederhaNa Aje kagak nape.
    mr.simple :yang simple aje neng
    sexy,free and single : iya,ini kan free makenye gini aje.

    HOOOOOO peace2 #minggat

    yup,sebagai fans ya harus setia ma idolnya ^^ #kembaliwaras

    @ustadbacon,kak suho,siapalah hahahahhaa peace ma man :D nice review

    ReplyDelete
  57. Huwahahaha~ #inianakkenapa
    .
    Ngakak pas baca review-an om Choi... Lumayan buat ngobatin kekecewaan...
    Sebenerna pas ngeliat Teasernya. udah optimis gitu MV-nya bakal keren. Tapi... Ah, sudahlah. Yang penting saya udah bisa kembali ke asal mula saya menjadi kpopers: galau Suju.
    .
    Saya sempet berspekulasi beneran SM ngiklanin EXO di MV Suju. Ini spekulasi saya:
    1. yang nerbangin anak-anak Suju bukan cuma Luhan (karena Luhan terlalu kerempeng buat nerbangin om-om kayak Kangin dan Shindong). Ada Sehun dengan anginnya yang siap menerbangkan kesepuluh om-om galau itu... #ketauangueHunhanshipper
    2. Kalo menurut aye, ye Bang. Jalan bergelombang (?) di awal MV kok di mata saya bukan kayak gempa. Tau efek gurun pasir yang panas? Ya. kira-kira seperti itu. Dan spekulasi saya, yang bikin asep2(?) di jalan itu kerjaannya Chanyeol sama Kris. Berhubung Kris gak bisa nerbangin orang, paling nggak dia bisa manasin jalan... #plak
    3. Ada reruntuhan di setting mereka awal dance. Reruntuhan itu baru ulahnya si Dio.
    4. Baekhyun nyamar jadi lampu jalan~ wkwkwkwkwk~ XD
    .
    Oke, curcol EXO cukup sampai di sini. Mari kita kembali ke Suju.
    .
    1. Iya, tuh! lantainya kotor gitu. SM kekurangan cleaning service kayaknya~ *dilempar*
    2. Baju Hyukkie~ #basi
    3. Dance yang Donghae narik celananya belum ilang... XD
    4. Mata anda jeli banget, Bang... Kalo Aye mah kalo ngeliatin 5 kali MV aja, rumus Kimia ilang semua... #curcol
    .
    Oke, Bang! (ini anak gak konsisten amat. Tadi Om, sekarang bang... -.-) Keep on great review~ ^_^

    ReplyDelete
  58. Ckckck.. gangerti ada fanboy yang bisa sampe merhatiin se-detail ini. Curiga lo Kolerik-melan *teruus??

    Jujur setiap kali baca postingan lo, gue pasti langsung mikir 'emang iya,ya?ini yang ini kayanya gaada deh' dan 'kok bisa sampe detail gini sih?'. Tapi tiba-tiba langsung gumam 'pantesaaaaan' pas lo bilang sampe sembilan jam-an gitu. Emang anti fans paling keren lo kak, iseng sampe segitunya.. haha

    Hal pertama yang gue ngehin dari MV ini malah Background di #21 itu kayak background teasernya Kai, yang baby don't keraai~ itu looh. Ya kan? iya nggak sih? *Lo fans berat kai, pasti tau!*, cuma beda angel aja. Lengkungnya kayak dibalik, dan cahayanya juga beda warna jadi nuansanya juga beda.

    akhir kata semoga orang2 yang bilang lo antifans suju itu nyadar kalo ucapan dan mungkin twit2-an lo yang agak gimana dimata mereka itu adalah cara lo menyukai suju. Gue ELF aja nggak segononya *meski mungkin udah terEXOnisasi dan terRonzzykevin-isasi sampe hal pertama yang di ngehin masih seputar EXO -_-*
    Yang gue tau ELF itu nggak nge judge sembarangan, yang follow fandom2 besar SJ -yang sudah sangat amat 'wise' banget- di twitter pasti ngerti maksud gue ^^

    Tinggal nunggu review MV EXO yang baru niih :P *uups *masihkapan *inipostinganSJwoy!! @elinlee94

    ReplyDelete
  59. sejak pertama nonton nih mv, well pencahayaan minim tp bagus saat ada efek2 berwarna merah itu..

    Menurut ku mv ini tdk lebih bagus dari electric shock, MAMA, maupun history.. (bagusan history)

    Sempet ngerasa, 'yah nih mv knp cuma gini doang' lalu abaikan..

    Eitz, om mungkin tuh gempa (yg kemudian membuat studio berantakan) gara2 do kyung soo lg pms wkwk :D
    Well, aku gak mau berkomentar macem2 ttng video om-om-galau-jodoh yg ini..
    Karna ya memang kurang menarik MVnya..

    @ingar1403

    ReplyDelete
  60. muahaha!! gokil seperti biasa...
    dan juga kerennn (entah orangnya iya ato kgk)

    ekh!! itu masa' gk sadar sma pakaian kyumin yg gonta ganti??
    yg paling kontras pas 2:42 - 2:43
    kyu d'situ pertama pake baju lengan pendek, trus ganti semacam blezer (ato apalah itu namanya) lengan panjang...
    trus, klo ming dy pake semacam syal warna item!
    dan itu d'setiap berapa detik, tuh dua orang pasti gonta ganti!!
    masa' gk nyadar sih?? katany matany kyk silet!!
    yg bisa liat kepalanya shindong yg geraknya kyk gitu!!
    sama gerakan kangin yg nepok paha, hah?!
    masa' liat sih???

    ngomong2 soal kangin..
    kasih pengertian k'dy napa??
    kasiani dy kenapa??
    baru juga keluar dri militer udah d'suruh latihan vokal, d'suruh latihan nari!!
    siapa yg kagok, hah?!
    siapa?! *tipe ngajak kelai org*

    ReplyDelete
  61. Memang, mencela,mengritik itu memang mudah . Anda mengomentari bagaimana ide,pakaian,segala nya dari mv ini, tapi anda tidak pernah berfikir bagaimana perjuangan mereka untuk sampai dititik ini. Jika anda merasa manusia sempurna yg tidak pernah melakukan kesalahan atau anda merasa lebih baik tunjukanlah dengan ide dan kegiatan yang POSITIF DAN BERMANFAAT . Bukan dengan mengomentari dn mencaci karya orang lain. Jika maksud anda untuk membuat lebih baik, langsung saja anda kirim tulisan anda ke situs resmi super junior yaitu SM TOWN. Bukan di ruang public seperti ini.
    Jika ada yang bilang lucu atau apa saya bingung, dimana hal dn tulisan yg bisa membuat ketawa.
    Jika anda ingin mengeritik,mencaci tolong berkacalah dulu dgn diri sendiri. Perjuangan super junior itu sangatlah patut diacungi jempol dr pada bb cere baru debut kemarin. Jika ada kesalahan, setidaknya itu bisa dimaklumi dgn prestasi yg sudah mereka raih.
    Pikirkan, untuk anda yg mengoment dn menulis ini. Apa anda sudah lebih baik dr pada mereka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. calm yo' tits.

      Delete
    2. Halo Kiftia :) Nice to know you and thanks udah komen di blog ya :)

      Saya cuma mau bilang beberapa hal aja nih, buat klarifikasi biar gak salah paham aja.

      1. Saya membuat tulisan ini tidak pernah bermaksud mencela siapapun, termasuk Super Junior sendiri. Kenapa? Karena saya sendiri adalah fans Super Junior.

      2. Apakah dengan saya mengkomentari ide, pakaian, dan semuanya di MV ini kemudian Super Junior menjadi jelek? Nggak.

      3. Apakah saya merasa sempurna dan tidak pernah melakukan kesalahan? Jelas tidak. Nggak ada yang sempurna di dunia ini. Semua tahu itu.

      4. Saya tidak pernah merasa lebih baik dari siapapun. Dan saya menulis di blog ini (yang notabenenya adalah blog pribadi saya) karena dalam sudut pandang saya menulis itu positif dan bermanfaat. Mungkin nggak buat orang lain, tapi paling nggak buat saya.

      5. Saya tidak pernah membuat postingan ini dengan tujuan mencaci apalagi menjatuhkan. Ngapain saya repot repot nyaci maki orang tapi saya nggak tidur semaleman cuma buat review MV?

      6. Anda menyarankan saya menulis di fanboard? Bukannya itu juga ruang publik ya? Lebih parah mana kalo kayak gitu?

      7. Saya menghargai anda sebagai pembaca saya :) Tertawa atau tidak, itu kembali lagi ke anda sih. Saya juga bukan badut atau pelawak.

      8. Mungkin saya bukan PURE ELF tapi saya juga bukan orang yang baru kenal KPOP kemarin sore. Jadi saya tahu seberapa panjang perjalanan Super Junior dari awal debut mereka. Dan artis artis lain, FYI.

      9. Sekali lagi, saya nggak pernah merasa lebih baik dari siapapun. Lagipula kalau membandingkan diri saya dengan Idol, itu sih sama aja bunuh diri. Mana bisa orang biasa dibandingin sama Idol :)

      Oke, sekian dari saya. Dan terima kasih.

      Bamratatata....

      Delete
    3. #pokerface

      Om ron ditunggu ya Review berikutnya...daebakkkkk,jjanggggggg!!!

      slow down baby..take it easy and just let it flow...#cling #teleportbarengKai

      Delete
    4. bukannya yang namanya review emang kaya gini? ._.

      Delete
    5. Dia hanya belum mengenal Om Rozzy...

      Delete
    6. Ahahaha~~ ketauan nubitol ini mah Om~~ ato kalo gak gitu ya paling gak baca keseluruhan. Sabar yah Om~~~ *pukpuk Suho oppa --bukan Kak Suho*

      Delete
    7. Sy bersyukur hidup sy gak kyk mbak ini :') *trharu*
      dan sy brsyukur kenal kak ronzzy so well *sok akrab*

      Delete
  62. ngakak -___- ini gue elf apa bukan sih--" tapi emang tulisannya ngena banget wkwkwk
    dan ternyata ada 3 review yg sama dengan yg udah gue teliti :D #halah
    keep posting om ^^

    ReplyDelete
  63. menghbungkan antara #28 ada 64 btangan 6+4=10->member yg aktif skrang
    di 02.28 ada 1 batangan yg keluar ato misahin diri jadi kaya melambangkan leeteuk yg mau wamil trus di 02.57-02.58 1 btangan nya lepas & ngerobohin smuanya melambngkan suju yg d tinggal leadernya.trus d 03.12 nyatu lagi deh batangan kerangkannya jdi stleh leader ny balik lgi suju bru nyatu lagi.
    *cuma berasumsi loh*

    trus adegan terbang sndiri2 nya kayanya melambangkan personil nya yg bkalan solo karir abis debut album ke 6 ini.*sok tau lu*

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku berharao itu bukan kenyataan,,
      aku gk pengen album ke 6 ini jd penutup Super Junior
      mentang2 di album nya ada lagu a good bye
      gak mau juga kan suju harus bubar dan bersolo karir mau ngikut hangeng semua..
      jujur kalo sampai suju bubar pasti elf bener2 ngamuk,gmana gk buat nyatuin super junior aja elf harus ngikut beli saham
      jadi aku mohon jangan sampai hal tersebut terjadi

      Delete
  64. Ada lagi..
    menit 02.09 sungmin make kain warna item, menit 02.11 itu kain udah gak ada..
    MAGIC,, shiganigamyeon, thesiseun deushi, dasi jaesengdwae #tiba2nyanyi #EXOisBack

    ReplyDelete
  65. tiba-tiba langsung mimisan pas baca REVIEW ini seriusan ampe harus dongak dah bacanya #entah kebetulan atau tanda sial

    halo kak suhonya.. aku datang nih si nimcee #sokakrab #sokiye
    cuman mau komeng dan tanya dikit2 aja ya kakaknya

    1.detoktok.com itu beneran ada ga? aku udah search kok ga nemu ya?

    2.saya sesuju banget sama tiap huruf yg anda ketik kak. sperti setiap tweet yang anda kirim. bagiku sperti helaan nafashh #okelebay

    3.sbg bloger amatiran, mau tanya dongs gimana cara naro video ukuran sgede dan sampe segi panjang gitu?? soalnya punyaku cuman kotak kecil doang yg muncul #maapmaap miskin ilmu kak

    4.saya setuju tuh om leeteuk kayak MUCIKARI bhs halusnya... tega banget pake baju cewe naked :'( baru tau juga ada julukan Teukities :P

    5. warna kamera SF&S MV ini mirip paparazi nya SNSD yah. trus fix banget comeback besok pake panggung supergede soale makan tempat bet.

    6. si KIFTIA AMELIA keknya orangnya imut dan polos deh. keliatan dari namanya :)

    btw bingung kapan mesti manggil kak suho atau om Ron kalo disini -___-
    tapi tetap satu kata buat blog om Ron. LANJUTKANN!!!

    nb : maaf ya pake di numberring. soksokan asyik. soale ribet kalo paragraf om :D

    akhir kata.. tetap LANJUTKAN !!!

    ReplyDelete
  66. oh iya lupa..om nya bisa di cekidot ya bagian dance EXO pas lirik
    "Bakkul su itdago bakkumyeon doendago malhaeyo...."itu mirip banget sama "neorago"nya SUJU. #kaliajaisengmauliat #apaudahtau? #garuktanah

    trus ya ini MV bagian yang loncat trus slow motion gitu kerasa banget ga pengen kalah sama monsternya Big Bang gatau kenapa

    om nya makasih juga ya udah doain saya masuk UI ehm ehm :) padahal pengen juga didoain babah aji.yaudin sekian ajedin. big MAKASIH kalo komeng saya ampe dibales :D

    ReplyDelete
  67. pertama liat MV taunya ya si Kyuhyun ganti baju dadakan pertama di menit 1:38 dan berubah jadi blazer menit 1:40 sama di menit 2:33 & 2:34
    Sungmin pakai kain tile yang dipakai siwon total 5 kali tayang 2:09, 2:20 (sungmin dibelakang kyuhyun jadi gak terlalu keliatan kain hitamnya), 2:26, 2:41, 2:51
    Dan sampai sekarang binggung sama pose tiduran *siap ditindihin*. .
    Oh ya soal cover album, menurutku bagus banget! tipe cover yang gampang banget di inget, di cari, bahkan kalau ditumpukan album yang lain & bakal jadi trend setter diantara artis kpop yang lain). Kan dijadiin photobook yang ekslusif juga. .
    Toh juga jadi pencerminan sama SuJu yang semakin dewasa dan lebih MANLY *OMO*

    ReplyDelete
  68. Hahaha...emang jempol abis buat lu ron...gue udah ngetwit ke kaoskakibau klo gue kecewa. .and i know that i'm not alone. .gue elf. .menurut gue SJ harusnya diberi feedback yg sesuai oleh SM, seengak2nya ada nilai disana, prestige, gue???sepanjang perjalanan gue jadi elf, baru kali ini gue rasa mv mereka flat, dan wae??wae???mereka harus selalu terjebak sama yg namanya Indoor
    Dan di nih MV gue cukup tergoda sama YeWook karena telah terjadi penistaan umur..oh my KYUUUU...Itu bocah b2 #udaagakbocahkali super imut, dan gue merasa dinistakan sebagai seorang SparKYU #habisiniguedigantung karena Kyuhyun yg gue puja2 seakan2 bicara "Hello, they are my little brother" God, tolong teleport gue habis ini ke dorm SJ, gue mau jadi apa aja disana #melayangbarengLuhan


    tapi ya sudahlah, MV dah keluar, Sebagai ELF yg mulai melirik EXO #TeleportbarengKai gue selalu dukung yg namanya SJ sampai gue jenggotan #Apadehhhh

    Dan buat lu ron *anggap kita kenal* #ditonjokSUHO keep writing, dan keliatannya udah muncul fanwar *lagi* di blog lu....mengingat gue sering kesini buat ngintipin isinya rumah lo yg sudah terEXOnistasi ini #terserahGuedehRON *ini gue ngajak berantem*

    Dan parahnya, gue baru bisa ngomen sekarang #annoyingbarengminho

    Udah ah, salam kenal ron

    -ChoKyuQhielf-

    ReplyDelete
  69. kkk~~~ sesuju Om, emg biasa bgt MVnya, pas teaser keluar jg uda bisa ditebak klo MVnya bakal dlm box lagi. padahal waktu itu, gw smpet berharap meskipun dlm box, MVnya bakal sekeren EXO.. kkkk~~~~ #ngayal tingkat dewa

    Tapi yahh.. yg namanya super junior, sebiasa apapun mereka, ttp aja ditunggu2 :))
    ada sedikit cerita nihh..
    kemarin gw sm temen2 mengunjungi tempat PKL kita dlu (lokasinya disebuah dusun di Jawa Timur), niatnya pengen bernostalgila dan silaturahim. Tapi FENOMENA apa yg kami temukan, SATU DUSUN PADA GALAU NUNGGUIN MV terbarunya SUPER JUNIOR!! #WHAAAATTT??? apa yg terjadi dg mereka??? dari embah2 smpe anak2, pada pengen liat muka terbarunya Siwon

    "kalian semua uda jadi ELF yah?", tanya gw ke slh satu anak.
    "ELF itu apa mbak?", jwb anak tsb dg ingusnya. #JEDDDUUAAARRRR...disembur KRIS!! jadi selama ini mereka tidak tau apa itu Elf.. Tapi mereka uda sgt klepek2 sm Om-Om itu. Waaahhh Suju emg daebak lahh (pikir gw), karna dg muka SELERA RAKYAT-nya, mereka bisa merebut hati rakyat yg dulunya PECINTA ASELOLE

    akhirnya, acara silaturahim pun berujung pada Nobar MV terbaru Suju dirumah Pak Kasun (Kepala Dusun). dan ababil sebelah gw bilang, "seandainya mas Siwon tiba2 bisa keluar dari Tipi-nya" AMIIIIIIINNNN~~~~

    ReplyDelete
  70. Annyeong Haseyo Bang Ron a.k.a Kang Suho ^^

    Sebenernya aku udah baca reviewan bang ron dari semenjak exo
    Dan semenjak itu langsung follow twitter bang ron dan selalu baca riviewan setelah itu.
    Maaf baru komen sekarang .___.v

    Satu kalimat dari saya : Lo keren bang!
    Aku selalu suka sama tulisan babang (ini aku manggil bang ga apa apa? Kalau engga panggil apa dong? Qaqa? /diinjek)

    Aku SMTOWN Biased sama kaya babang. Esp. ELF
    Tapi aku juga suka EXO wkwk. Masih SM juga, lagian ga masalah ah buat aku. Banyak ELF yang suka EXO juga diluar sana. Walaupun suka BB lain, tp tetep SJ prioritas. Itu beda lagi.

    Nah, cukup perkenalan dari aku yang sebenernya ga penting juga /dezig
    kembali pada reviewan diatas kekeke~

    Wkwk reviewan babang kali ini saya ga cengo kayak yang dulu dooong /ditabok
    Soalnya beberapa udah ada yang aku ngeh (terinspirasi dari babang gara2 sering liat reviewannya jadi merhatiin MVnya sambil dipelototin)
    Walaupun banyak pendapat aku yang berbeda, tapi tetep aku suka riviewan babang.
    Lagian pendapat beda itu wajar ah... Wong kuping, wajah jenis kelamin, bapak, ibu, adek, kakak, nenek, kakek, paman, keponakan dan berbagai halnya juga beda satu sama lain. /slapped
    Kalau buat aku, justru lagu album 6JIB sama 5JIB aku lebih suka 6JIB. Yang 5JIB kemaren ga terlalu nyantol pas pertama kali denger, walau akhirnya nyantol juga.. tapi harus didengerin beberapa kali dulu baru suka. Kalau 6JIB baru denger 1x juga udah langsung suka.
    Aku setuju. Lagu yang belum tergantikan itu Bonamana, sorry sorry, sama don't don! Bhuahahaha XD itu lagu legendaris banget.
    Sekali lagi seSUJU aku sama babang!!! Menurut aku, lagu A ‘Good’ bye harusnya dibikin ballad ajaaaaaa TT___TT kenapa malah ada nada nada kayak hula hula gitu, kasian gigi yeol ntar nari2 /plak. Kalau dijadiin ballad yakin bagus deh 3

    Aku emang ga cengo pas liat reviewan ini. Tapi bingung. Aku kan bacanya lewat hp, pas kalimat “Oh iya, gue lupa.” Itu langsung blank warna putih! Wkwkwk pas banget bagian akhir. Soalnya koneksi internetnya ga terlalu bagus, jadi loadnya ga full. Tapi keren, bener bener pas selesai pbaca kalimat terakhir.
    Dan seperti biasa, mata elang babang bagus banget yak. Sampe gambar di baju eeteuk yang kalau ga diperhatiin detail ga keliatan. lol
    Dan lagi! Aku paling suka sama cerita konsep yang babang baca di setiap MV.
    Demi. Itu jarang kepikiran! Kayak gempa sampe jalan yang kayak tiang2 gitu. Aku sama sekali ga ngeh kalau itu jalan yang abis kena gempa justru itu bikin aku (sbg ELF) jadi lebih dalem tau arti konsep MV ini. Bener kan apa kata aku. Babang keren! Selain itu aku juga suka ngakak baca reviewan babang yang tiba tiba jadi ustad bacon dan hal konyol lainnya. Lololol XD

    Yowes, untuk mengakhiri komen aku yang sksd bin sebenernya kebanyakan ga penting, aku cuma mau bilang makasih atas reviewannya dan teruslah meriview Bang Ron!! Fighting!

    @hyearaulia

    ReplyDelete
  71. hai om, gue ngomen lagi nih.. padahal kemaren udah komen (beneran komen, bukan cuma bales komen si anon ituuu)

    pertama-tama, marilah kita mengucapkan puji syukur ke hadirat TYME karna atas rahmatNya gue bisa menyempurnakan ibadah sebagai fangirl ini. mulai dari deg2an nungguin teaser, nungguin album, donlot album (ilegal sih :p), nungguin MV, nonton MV hingga akhirnya membaca review ini.. kalo beli album mah itu sunnah doang,apalagi kalo albumnya kaya gini.. teaser+cover+title song kurang menarik, jadilah ia sebagai mubah :P

    pertama, kayanya ini review dengan mukadimah paling panjang! cape duluan bacanya.. tapi plaing ga itu membuktikan kalo lo berbakat jadi Ustad, beneran deh ustad Bacon, solmednya Ustad Chen. secara kan Ustadz yg baik itu mukadimahnya panjang tapi ceramahnya pendek #eh #aliransesat

    kalo soal reviewnya, gue ga ada masalah. mau nambahin atau ngoreksi juga gabisa secara mata gue ga setajam silet kaya lo dan rada ga minat untuk nonton MVnya lagi -___-
    tapi kalo lo sempat sekali mikir Shindong mirip Sunny, gue malah tiap Sungmin dishoot ngucap dalam hati "ITU KENAPA SUNNY ADA DI MV SUJU? PAKE JAS PULA!" sumpah mereka mirip banget, apalagi rambut Sungmin diblonde dan potongannya kaya gitu -.-' hehe, sugen shipper kumat :3
    kalo rambut Shindong yg lo bilang ada efek2 pink itu, kayanya emang rambut barunya Shindong ada berkas2 pink gitu deh kalo gasalah :p

    ehm, gue kok ngerasa review yg itu 'kurang-elo-banget' ya om? pemilihan katanya agak lebih hati2, kurang kocak dan mneghina-dina. iya sih emang ga tiap saat lo harus ngelucu tapi ini tuh lo bikin separo trus separonya lagi dibikin sama kepribadian lo yg lain itu, (siapa namanya, Bongki? Dooki?)gatau deh apa emang lo lagi ngubah gaya nulis, atau ada hubungannya sama keterkenalan lo di kalangan sebuah fandom akhir2 ini, atau pas lagi nulis ini lagi kurang mood, ga ngerti deh.. tapi sebagai pembaca yg baik, yg sudah terRONZZYnisasi sih gue menerima setiap karya lo dengan senang hati

    btw, itu poin 4-nya ada 2 loh om..
    oiya, gue dukung kalo lo jadi mau ngereview lagu2 6jib !

    @ekyology
    *ternyata nulis ulang komen itu susah, gue lupa apa yg gue bilang kemaren

    ReplyDelete
  72. hihi,, nengok lagi ni gw, semalem ud ngomen c, kkkkk gabung disini semoga tingkat ketelitian saya bertambah beberapa point /wink/ yg ngomen ny jg daebak bro~

    ReplyDelete
  73. lo ngga ngereview body SIWON yang YUMMY bgt ,,, Perut nya !!!!

    ReplyDelete
  74. Awalnya pas q lyat cover albumnya...
    KYK UNDANGAN BUAT KONDANGAN SUMPAH! XD
    tp gpp sih. Bgus juga. :-D
    klasik gtu jadinya.
    Dan ini menandakan suju ngundang kita ke acara kawinan mrk.:-P
    cover albumnya mirip sih -_-

    ReplyDelete
  75. asalamualaikum ustad bacon #ngga dijawab dosa#

    haha daebak bener review ini, apalagi poin 6 yang review bagian tangan donghae ada disamping anunya. sumpah saya yang habis sholat dan mengaji #hloh# langsung kembali berdosa. ya tuhan yang maha ganteng maafkan saya.
    Saya juga ketipu dengan kaki-kaki Baekhyun yang ternyata adalah tiang lampu. ckck -.-

    Kece bener emang yang nulis blog ini!
    Salam buat anak anak penjaga pohon kehidupan.
    Jjang-eyo Jjang!

    ReplyDelete
  76. nama fontnya snell roundhand om :)

    ReplyDelete
  77. curiganya yang bikin set jalan raya (yang kaya abis kena gempa) malah si KW morgan (re:dio) -_-v

    ReplyDelete
  78. Revewnya Semok, Bebas & jomlo *Sexy, Free & Single* bagus banget om ron *plakkk, manggil om, udah tua amat*
    om ron belajar revew dari mana? hebat banget yah? *pujian, jangan klepek-klepek ya om?*
    Daebak lah om revewnya.
    Keep Writing ya om? :)
    Good luck

    ReplyDelete
  79. Hallo bang!^^ gue suka banget tulisan lo dan hampir semua tulisan lo disini gue baca tapi belum pernah ada yang gue sangkutin komen gue *ditendang* wkwkwk satu alasan sih: males ngetik wokwok tapi yang jelas blog lo selalu tertanam dipikiran gue dan selalu gue promosiin ke tementemen gue ^^v fufufu

    sempet degdegan liat teaser mv ini. dan pas gue liat *jengjeng* gue udah malah prediksi kalo ini mv bakal datardatar aja dan bener kaaaaaaaaaaan?! sangat flat. pas gue liat full mv, gue malah takut sama komen lo bang...beneran deh.-. dan ketakutan gue real kan?! gue tau lo bakal kecewa kayak gue *abaikan* ha-ha-ha dan gue masih penasaran kenapa mata lo bisa nangkep halhal kecil begitu? gue udah liat berulang ulang tapi tetep aja agak susah nangkep hal ganjil kayak lo. kayaknya kalo lo bikin les buat nangkep ya begituan *mata silet* gue yakin banyak banget deh yang bakal daftar wokwokwok

    oh ya bang, lo ga suka dbsk ya? padahal gue pengen liat review lo buat mv mereka lho hehehehehe ^^v

    ReplyDelete
  80. saya mencoba tenang + positif #teruus???!!
    reviewnya bagus *memang* #prokprok
    menurutku kak suho a ka a @ronzzykevin fans yang patut dicontoh -yang baik baik- deh.. duh bingug mau ngomong apa?!
    ya dari tulisan tulisannya banyak yang bener, masuk akal juga..
    ya aku si -mencoba- biasa saja sama isi review review sj #aku ELF loh *plak maksudnya "biasa saja sama isi review review sj" ADALAH gak di masukin hati gitu.. kalo reviewnya si DAEBAK *,* ini kan sekedar hiburan.. buktinya banyak yang ngakak ngakak bacanya... termasuk saya :D
    ya jadi intinya si cuma jangan dimasukin ke hati, ke saku aja #abaikan

    ayo yang EXOtic *benergaktuh* atau SMbiased bisa follow kak suho di @ronzzykevin yaaa.. gokil kak suho nya..
    contoh nih http://twitter.com/#!/ronzzykevin/media/slideshow?url=pic.twitter.com%2Fb9RGuLln
    trims :)

    ReplyDelete
  81. Om, keren ih review nya!
    Btw itu cover album nya suju gak asik bgt. Setuju! Kayak cover undangan pernikahan gitu kkk

    ReplyDelete
  82. Om! Kira2 ada repackagenya kagak? Kalo ada beli yang repackage aja dah...
    Jujur lagu2nya aku lebih suka yang Album A-cha (bukan Mr. Simple)
    Dan MVnya... Seperti SM yang biasanya...
    Pengen banget SM buat MV yang something different dikit dari biasanya kayak MV-MVnya... *ehem* Big Bang, T-ara, atau apalah gitu...
    Lama-lama makin ke sini MVnya makin membosankan...
    Waktu MV ini dirilis kan bareng yang T-ara 'Day By Day'... Aku lebih excited nonton T-ara karena MVnya lebih Gaul dibanding MV ini *sigh*
    Udah deh sekian aja
    *naik naga* *menghilang*

    ReplyDelete
  83. Hai Kak Suho. ^^ Aku nambahin Koment ya.. Biar Jadi 100 ^^
    Review Lagu selain SM ada nggak?? pengen liat O_O

    AmiXIAHtic

    ReplyDelete
  84. om choi, kak suho, ah bingung manggilny nie org plin plan sih, kdang om choi, kdang kak suho,,,

    it knp point #4ny ad 2???
    brarti fakta.ny ad 32 donk?
    #Plakk, nggak pnting bgt sih,,,,

    ReplyDelete
  85. Boleh gak gue minta review dari MV/PV BoA? Hehe

    ReplyDelete
  86. Satu lagi, kayaknya SM lagi seneng banget nih bikin formasi dance lingkaran. Yang pertama tuh EXo, trus f(x), trus paparazzi-nya snsd juga ada tuh, nah di MV ini juga ada tuh ron..

    ReplyDelete
  87. Ah gilaaak! Om Ron suka makan wortel ya? Jeli banget matanya,kkk....sampe sedetail itu nge-reviewnya. Oh ya itu kalo nggak salah kaosnya si Eunhyuk perasaan mirip kek punyanya Sehun yang pas di History,bener nggak? *mikir

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaos itu jg pernah di pake sama Key & Minho.

      @ImasNQ

      Delete
  88. wezzz...sorry om baru komen*joget sorry2nya sj*lupakan...-.-'

    seperti biasa om...*gapape kan gue panggil om? ..gue slalu tekjub ama elu om,soalnya apa?kenapa?matalu itu loh om...jeli bgt...salut deh gue ama elu om..

    pertama,soal baju teukie yg ada gmbr yeoja full naked itu om,,astajim lahaula wala kuwata illa billah...*ceh ilah malah bedoa gue ..knp gue bru sadar ya?secara gue kan yeoja...pas ngliat posting gtuan bkin gue askgaslufiyra!!XD*lupakan

    jujur ye,gue ini ELF loh*gaada yg nanya tp knp gue ga terbebani ama llo ya om?knp?because i'm exotics too!XD*yg ini lupakan yha

    kdua,awalnya gue gasadar ama kancing baju yg nyasar di baju/jasnya kyuhyun,pas bru liat gambarnya tp blom bca pnjelasannya,udah nebak gue'pasti kancing bajunya...'XD

    ktiga,jujur ye om...gue cape baca ni postingan...wae?why?kenapa?soalnya ini postingan panjangnya bagaikan tembok raksasa yg di china itu!astajim gue aja pegel bacanya...*digaplok ka suho*tdi om skrg ka?*lupakan

    keempat,bisa2nye ya lu om ngitungin zebra cross ntu,ama yg kata besi2 ato apalah itu namanye...gue aja kaga ngeh sumpah dunia akherat dah...*-.-'

    kelima,jujur ye,pas ngeh ky ada bekas gempa itu,pikiran gue langsung ke D.O,mungkin sbelum pembuatan mv si D.O ngamuk2 gajelas ama soo man ajjushi jadinya gempa gitu...dan bukannya kai yg dimasukin,lah etdah si baekhyun muncul disitu...-.-'

    keenem,gue jujur kecewa ama postingan yg satu ini*digorok ka suho*PLETAKDONG!
    kenapa?soalnya...udah panjang,trus katanya berbelit2 pula...(gapapa ye om...maklumin aje...kita ini manusia,bner kagak?^^v)
    tpi itulah ciri khasnya om satu ini..tp anehnya ni postingan kaga bikin gue ngakak tujuh turunan muterin bandara halim lagi ky pas postingan kemaren...*nah loh O.o

    but it's okelah om...gue tetep penggemar blog ini...XD*akhirnya ngaku juga ya gue

    okeh sekian bacotan saya...tapi teteplah...gue(td saya,sekarang gue)tetep salut ama elu...om,tukeran mata yuk,kyanya matalu ajaib bner dah...XD
    okeh...terimakasih!!jjang-eyo jjang!!XD

    ReplyDelete
  89. gw bingung napa postingan lo selalu buat ge ketawa. tapi aduh.... jangan bawa' illu dong.... lagi baca asik' tiba' illu nongol. jadi gak asik deh ._. tapi gw coba mengabaikannya meskipun di pikiran gw terus berkutat apa suju memang sengaja ngasih simbol gak jelas atau arena di paksa perusahaan. galau gw. tapi bahasa lu yg -keliatannya- ceplas-ceplos itu entah kenapa bikin ngakak. salut bwt lu. thx udh bawa bigbang ya. kadang gw suka sedih bigbang dikaitin sama illu meski nyata banget sih buktinya. tapi bodo ah, gw kesini buat ngomong suju buan boiben paporit gw yg pertama(suju ke2)*maap ELF*.
    serius gw mulai kawatir liat perkembangan kpop yg mulai disangkut'in sama hal mistis begituan. sekali lagi makasih udah buat postingan ini.

    salam,

    seorang VIP numpang lewat :D

    ReplyDelete
  90. sebagai fans yg baik kita memang harus realistis, objektif dan – apalah, salah memang harus dikatakan salah. Kecuali pakaian yang dipakai Teuki, secara keseluruhan saya menyukainya. Baju Teukie memang sempat bikin saya down, benar-benar down. sebelum saya membaca review anda ini saya tidak menyadari kejanggalan itu, dan mudah-mudahan diluar sana tak ada anak-anak yang membaca artikel anda ini sehingga mereka tak pernah menyadarinya sampai akhir… dan jika memang tak ada anak-anak yang menyadarinya saya akan memaafkn mereka #apasih…?
    Seperti yang saya bilang tadi saya menyukainya meskipun anda menyebutkan segala kekurangan(lho? berarti saya tak realistis dong?) segala kekurangan dlm MV yang anda sebutkn sedetil-detilnya itu, kok malah bikin tambah cinta sama suju ya? Karena saya tipikal orang yang tidak menyukai sesuatu yang terlalu sempurna, kesempurnaan mutlak biarlah milik Tuhan saja – segala kekurangan mereka malah bikin mereka rasanya dekat dihati, mereka merakyat, secara saya kan rakyat jelata dan secara, tidak ada manusia yang sempurna. seperti halnya jika anda bandingkan SUJU dengan EXO kok malah saya makin tak tertarik untuk mengenal EXO ya (aneh ya saya? dan benar tak ada seujung kuku pun saya mengenal EXO), seperti yang anda sebut2, EXO sepertinya terlalu sempurna bagi saya, saya takut tak bisa menggapai mereka. Dalam bayangan saya, EXO itu seperti para dewa yang terlalu sempurna, yang menetap dilangit dan sulit didekati. Huwaaa, sedih banget, biarlah saya harus berpuas diri dengan SUJU yang ‘buruk rupa’. Kecuali Teukie, dia harus minta ampun dulu pada saya atas pakaian tak senonohnya (Oke! siapa sih saya?)
    Klo masalah donghae, itu sudah ciri khas dia kali ya… dan itu pula lah yang bikin saya suka sama SUJU mereka punya ciri khas masing-masing dan karakter suara yang juga berbeda-beda (Benar tidak mas bro? MIANHE, saya masih awam).
    Nah klo masalah Illuminati saya angkat tangan! saya mengerti dan percaya itu semua, tapi kalo untuk SUJU saya pilih menutup mata khekhe, saya ini tipikal yang semuanya digampang2in aja, take easy (betul tdk b. ing nya) gitu, asal liriknya gak nyeleneh aja seperti lagu dangdut *cinta satu malam* yang begitu itu tuh yg bikin pikiran kotor ini tambah kotor, howekssss #pengen muntah! atw sperti ‘belah durennya jupe?!!!’ ow no! no! no! dan saya suka lagu seperti laskar pelanginya niji, sang pemimpinya gigi, ya sudahlahnya bondan prakoso (ya?), dll, saya rasa lagu2 suju masih setaraf itulah… kecuali kalo SUJU nya secara terang2an betul make logo2 atau simbol2 Yahudi atau apalah… dan jika itu terjadi saya pasti langsung cabut…(kemana?). jadi solusinya? misal kalo saya masih saja asik menonton MV SUJU saat azan berkumandang berarti benar dong saya menuhankan SUJU? MAKA DARI ITU kok rasanya saya jd rajin beribadah ya, karena setiap kali azan berkumandang pd saat saya sedang nonton MV atau apalah yg berbau SUJU saya harus menghentikan kegiatan saya itu, krna sya tak ingin Illuminati itu nyata di SUJU, saya tak ingin menyukai apa pun melebihi Tuhan yg telah menciptakan cowok2 keren yg bernama SUJU itu…
    Hadeeeh ribet bener jadi fans, satu idola saja sudah bikin saya kelabakan…saya bersukur saya bukan pencinta KPOP tapi saya pencinta SUJU, kalo nambah lagi idola saya, saya tak bisa jamin saya bakal selamat dunia akhirat, nambah idola lagi, nambah dosa lagi dong? biarlah saya cukup dengn SUJU saja…cie cie fans setia…

    ReplyDelete
  91. g sk bgt bc blog ini..^^
    Daebak om. hehehee

    ReplyDelete
  92. ulasan tentang mvnya bener2 keren deh...
    oh iya saya baru pertama kali lo baca blog ini*dikasih tau temen kemaren* dan langsung suka dengan ulasan-ulasanya..
    saya juga mau ikutan nambahin coment,boleh
    -yg saya lihat sepertinya sepatu yang eunhyuk pake pas settingan putih-putih itu sama kayak sepatunya siwon di settingan jalan yg ancur pertama-tama
    -trus kyuhyun juga jas tangan panjangnya ganti jadi tangan pendek(yg latarnya putih-putih itu juga)
    -dan di settingan yg sama dengan yg diatas, sungmin ada yg kena shot pake semacem syal item dan ada yg di shot kyk pake kaos polos doang
    -trus kyknya duri2 yg sungmin pake di kepala itu seperti kalung yg eunhyuk pake juga pas di settingan dengan latar item
    dan jatah untuk ganti kostumnya kurang adil*jah?* soalnya ada member yg ganti baju setiap latar yg beda, ada juga yg gk...

    sebelunya maaf ya kalau ada yg salah dan sok tahu..

    ReplyDelete
  93. Gilaaa keren banget gan review loe kocak abis!! yang comment juga banyak banget gue jadi males comment (tapi comment juga)

    Sebelumnya entah loe udah tau apa nggak, Sorry-sorry, bonamana, Mr simple itu satu konsep, yaitu SJ funky nah sekarang tuh konsep udah gak dipake lagi. jadi jangan heran kalau 3 lagu itu rada-rada mirip karena begitulah konsep mereka. masih mending mirip sama lagu sendiri daripada mirip sama lagu orang lain berabe jadinya kan? gue mesti pake alasan apa untuk membela idola gue ini dari hinaan para anti yang terkutuk itu *okey abaikan

    sebenarnya gue lebih suka denger lagu teasernya, lebih menggoyang(?)
    dan pertama denger lagunya yah rada-rada kecewa, gitu doang? tapi setelah dengar berulang kali, tanpa disadari, gue mulai bersenandung "Sexy free and single Im ready too bingo" nih lagu udah dicerna kayaknya sama otak gue

    pas Mvnya keluar, lagi-lagi, gitu doang? tapi gak apa-apalah ketampanan mereka menutupi segalanya apalagi koreo dancenya yang menurut gue keren gileee. setuju banget dah disitu kangin bener-bener canggung, tapi suara dia masih berkesan buat gue, gue suka suara dia (gak ada yang nanya)

    coba perhatiin di menit 1:24 kangin sama yesung rada-rada irit ngedancenya mungkin karena mereka dibelakang kali ya? trus liat di menit 1:36 sebenarnya gak ada apa-apa sih cuman gue aja yang ngerasa kurang aja gitu, kyuhyun di pasangin sama donghae, hasilnya donghae keliatan pendek banget disitu, (digebukin fishy)

    oh yah yang bikin gue super kecewa adalah bias kesayangan gueee kenapa gak ditonjolin lagi! kenapa dia di taruh dibelakang mulu! abaaang siwoooon *nangis gaje

    dan gue setuju berat kalau SM itu gak adiiil!! gue kira dengan lepasnya konsep SJ funky ini MV suju juga bakal lepas dari yang namanya tembok dan lain-lain, tapi nyatanya nggakkk!! make masukin unsur illuminati lagi, tapi gak apa-apalah asal illuminatinya nggak segawat EXO yang Mama *digampar fansnya EXO

    oke segitu ajalah sebelumnya gue minta maaf apabila ada salah-salah kata,
    -Love Suju-

    ReplyDelete
  94. reviewnya detail :) nice. mungkin masukin beberapa tambahan.. kayaknya emang anak SJ tidak pernah memperkirakan akan ada 6jib dan saya berhipotesa bahwa SM agak kurang rela dengan keputusan hiatus SJ *karena otomatis pemasukan mereka berkurang* sehingga 6jib ini kayaknya emang album asal ada nya SM -_-

    inget gak waktu di 5jib itu, hae *kalau ga salah* udh ada ngomong kalau mereka bakal hiatus and told us (ELF) to wait for them. see? dengan persiapan yang sangat minim... setelah tour ss4 mereka langsung sibuk persiapan album.. me as ELF berharap semoga ini bner" album terakhir mereka sblum hiatus.

    ReplyDelete
  95. No comment #plak

    Saya setuju kalau Mv full tidak memuaskan, pada kenyataannya saya lebih heboh liat teaser di banding MV-nya -___-
    Untuk yang lainnya, terutama yang menyangkut ehmm EXO *uhuk saya mau no comment aja n,n

    Soal baju yang di pake bias, dengan gambar yang tidak layak diliat anak kecil, jujur saya baru sadar ternyata dia memakai baju semenarik itu (?). -___-" dan kayaknya saya bakal liatin tuh baju leeteuk oppa mulu tiap liat MV SFS #abaikan

    Sebenarnya secara keseluruhan suka review-nya cuma, cuma ya kak, om, oppa, mas, abang (?) keliatan sedikit menyilet (?) hati saat ya... Ya... Ya... saya baca beberapa hal yang menjurus ke arah EXO *maap maap nih* u,u Kayaknya saya salah masuk kandang ya? -___-

    karena menurut saya pada dasarnya, sekali lagi ini kalimat klise tolong jangan diperhatikan "EXO dan SJ berbeda" tapi saya tidak ingin mengetik perbedaannya karena ini buka tempat yang tepat hehehehe n,n

    Soal illuminati, ini menarik tapi saya ga bakal tau kalau SFS ada unsur illuminatinya sampe oppa yang matanya begitu detail ini menulis review dan kemudian saya membacanya setelah teman saya malam-malan sms tentang blog ini *napas dulu*
    Jadi, yang menyadarkan tentang illuminati di MV SFS ini adalah oppa, mungkin SM "ada niat" untuk menyebarkan illuminati, tapi kalau yang ga sadar mana tau. Dan setelah membaca Review ini saya jadi tau, hayoooloh saya jadi tau, hayooloh tanggung jaenab (sekali lagi tolong abaikan)

    Seperti yang kakeknya spongebob pernah bilang "Manusia melihat apa yang ingin dia lihat,"

    Atau menurut bahasa Psikologi " Semua tergantung pada persepsi orang yang melihatnya,"

    Saya sangat menghargai Review ini karena terlahir dari persepsi oppa mata detail yang hebat. Tapi sebagai manusia yang juga mempunyai pandangan (ceileh) ada beberapa yang tidak bisa saya terima. Tapi bukankah di situ letaknya keindahan dunia? diperbedaannya.

    Akhir kata, MERDEKA salam DAMAI semoga amal ibadahnya diterima di sisi Tuhan YME Amien

    n,n

    ReplyDelete
  96. .. detail banget..
    . klo menurutnku mv + lagu bagusan 5jib
    . tapi aku suka 6jib.....

    ReplyDelete
  97. keren abis nih review-_- harusnya gue tidur krn besok sekolah tp malah baca nih review dan comment yg segunung /ceritapenting/ /duniaharustau/
    SFS... klo kita baca judulnya menarik bgt. Judulnya unik dan keren but lagu dan mv. Gue rasa biasa aja, tetep lagu kaporit gue Bonamana-_-
    Tracknya semua gue belum download-_- sibuk sebagai pelajar-_-
    Gue baca di TL semua elf pada heboh-_- entahlah mereka ini setengah buta dan tuli atau bgmn-_- gue kesel sm mereka kadang alaynya berlebihan-_- entah itu muja bias, ngeship-_- semuanya alay-_- /nobash/ mereka harusnya kasih kritik yg membangun tp tdk menjatuhkan-_- jd SJ bisa lebih maju ke depannya-_-

    waks gue juga ngerasa menjauh dr SJ, ini apalagi coba kalau bukan karena makhluk kampret bernama wu yi fan-_- kekasih gue yg dirahasiakan.
    umur mereka udah senior, meski dbsk debut lebih dulu tp member SJ banyakan lebih tua-_- ya terima kasih lah sudah membuat hidupku lebih berwarna meski akhir-akhir ini exo lah yg hadir menemaniku-_- gapenting ya? oke

    ngomong ngomong om choi, kak suho, ustad baekhyun..... kris ganteng abis. suho sm chen juga. bias guelah pokoknya. gue mau ngasih ultimatum jan sekali-kali pegang ato nyentuh tiga org yg gue sebutin okesip-_- salam cipok
    @babiewon

    ReplyDelete
  98. Lo antisuju tapi merhatiin nye detail banget
    Lo perhatiin deh pas bagian Donghae di detik 28 kepalanya si Donghae dimiringin trus gabalik2 lagi
    Trus ada bagian yang nyaris sama dari SHINee,SJ,f(x)
    http://25.media.tumblr.com/tumblr_m5hrc5qbZD1rxm7gmo19_1280.jpg , http://4.bp.blogspot.com/-WnKaiB3BcTg/T_OOvgsgSSI/AAAAAAAADMQ/mgPJ8HEnSGI/s1600/edit+25.jpg , http://asianmusicinvasion.files.wordpress.com/2012/03/shinee-sherlock-jonghyun-faceshot.jpg?w=1200
    Mirip ga? ..--..
    Lee Kyung Woo

    ReplyDelete
  99. Bisa kan lebih bagus lagi dlm pemilihan kata-kata untuk membuat sebuah review, bukannya dg kata-kata yg jauh dari kata SOPAN.
    Mengkoreksi org lain memang sangat mudah...seharusnya anda koreksi dulu diri anda sebelum mengoreksi org lain. Mereka jauh berbeda dg BB lain yg banyak betebaran di KOREA. Jadi gak ada haknya bagi anda untuk membanding-bandingkan dg BB lain, setiap org itu punya perbedaan kali...
    Harusnya anda juga berpikir perjuangan mereka itu lebih sulit ketimbang BB yg BARU SAJA DEBUT.
    Gak ada manusia yg SEMPURNA. Semua org juga pasti pernah ngelakuin kesalahan...jadi bukan hal yg aneh juga kan mereka melakukan kesalahan...toh bukan hanya MV mereka aja yg memiliki kesalahan...banyak BB bahkan GB KOREA lain yg memiliki hal janggal dlm MV.
    Pd intinya, sebelum mengkritik / mengoreksi seseorang...ada baiknya anda MENGOREKSI DIRI ANDA SENDIRI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Park Ri Gi, I appreciate your comment tanpa anonymous dan saya yang jarang membalas komen jadi sangat ingin membalas...

      Hmmm...

      Mungkin perlu diingatkan lagi kalau saya menulis di blog saya sendiri dengan gaya saya sendiri (cetak tebal dan garis bawah). Jadi kalau terasa agak TIDAK SOPAN, itu hanya persepsi saudari Park Ri Gi saja. Bashing is Loving. Itulah yang sedang coba saya beritahukan disini. Kalau saudari adalah fans SUJU, maka saya juga adalah fans SUJU.

      Mereka jauh berbeda dengan BB lain di Korea dan setiap orang punya perbedaan. Yah, saya juga tahu. Perjalanan karir suju saya tahu betul. Semua orang puya perbedaan saya tahu betul. Dan pada saat yang sama mungkin saudari Park Ri Gi juga bisa mencoba untuk mengerti bahwa saya menulis dengan gaya saya maka saya berbeda. See? Semua orang punya perbedaan dan disitulah letak perbedaan saya.

      GAK ADA HAK MEMBANDING-BANDINGKAN DENGAN BB LAIN? Oh nggak bisa. SUJU itu senior di SM dan satu-satunya boyband Senior yang saya suka. Saya nggak bisa diem kalo mereka dapat perlakuan yang berbeda dari boyband lain bahkan yang satu perusahaan-pun. DAN SAYA PUNYA HAK UNTUK ITU. Saya fans suju juga, loh. Artinya saya berhak menuntut yang lebih baik untuk idola saya.

      Jangan men-judge saya sebagai orang yang TIDAK TAHU PERJUANGAN MEREKA ketimbang BB yang baru debut. DAN TOLONG mungkin saudari Park Ri GI juga harus mengerti perjuangan BB YANG BARU DEBUT dengan cara yang sama dengan ketika saudari Park Ri Gi mengerti perjuangan SUJU. NGGAK ADA SATUPUN IDOL DI KOREA YANG DEBUT DENGAN INSTAN MAU ITU SUJU ATAU BOYBAND BARU. Semua punya perjuangan sendiri-sendiri. Dan nggak cuma saudari saja yang tahu soal itu. SEMUA FANS IDOL TAHU. Kalau anda masih merasa BOYBAND BARU ITU NGGAK ADA PERJUANGANNYA, berarti anda fans kemaren sore. Sorry to say.

      Saya setuju banget tentang NGGAK ADA MANUSIA YANG SEMPURNA dan BANYAK BB LAIN YANG MEMILIKI KESALAHAN DAN KEJANGGALAN DI MV. Karena itulah saya me-review, right? Kalo nggak ada yang dibahas, ngapain saya review?

      Terakhir, poin, MENGOREKSI DIRI ANDA SENDIRI ini saya kembalikan pada anda juga. Sebelum anda menulis komen ini, sudahkah anda MENGERTI DENGAN JELAS APA TUJUAN SAYA MENULIS REVIEW INI?

      Te. Ri. Ma. Ka. Sih.

      Delete
    2. Maaf ikut nimbrung.
      Tapi kalau bang Ron disebut fans suju sudah terlalu jauh melangkah. Mungkin lebih tepatnya kritikus suju -___-"
      Sedangkan Park Ri Gi adalah contoh Fans Suju.
      Itu menurut pehaman saya kalau dilihat dari Review ini.

      Kalau kata pembelaan yang sering terucap "sebagai Fans yang baik kita harus bisa dong liat atau mengakui kalau idolanya salah," Saya juga sering kok mengakui kalau SJ banyak kekurangan. Tapi apa yang telah bang Ron lakukan lebih dari apa yang biasanya fans lakukan. Maksudnya Mereview/mengkritik secara mendetail sampai ke hal yang fans anggap "itu biasa aja kali", contohnya sampe gerakan kaki, gerakan kepala kepala, baju, setting, posisi, dll, yang menurut banyak orang ga masalah tapi bagi abang itu bermasalah.

      Dan jujur saya jadi bingung sendiri kenapa masalah baju, gerakan kepala beda, dll dipermasalahkan? Kalau mau 100% sempurna ini tidak akan pernah terjadi, tidak akan pernah terjadi o,o Karena saemuanya hanya manusia biasa yang tak sempurna dan kadang salah namun dihatiku hanya satu cinta untukmu luar biasa (?) #abaikan

      Nah untuk itu saya lebih setuju memasukkan Bang Ron ke jajaran kritikus dari pada fans n,n (tingkat kritikus lebih tinggi lho bang posisinya)

      Dan kalau ada beda pendapat antara kritikus sama fans itu sangat wajar.
      Fans liat lebih liat semuanya kearah positif sedangkan kritikus ya ya saya rasa bang ron pun tahu n,n

      ada usul, sekali-kali review bola ya bang, penasaran -___-"

      Danke n,n

      Delete
  100. sexy free n single im ready to bingo
    we fail we loses too win lalalala#ketauan bnget ngat apalnya
    yeh emang kesnnya biasa aja sih, tpi smakin lma di dnger mkin bgus#menurt q loh
    dan q suka bnget gerakn nepok nyamuk mreka plus senam skj nya
    hahaha gila keren bnget#menurt q lgi loh
    dan qt harus inshaf breng2 klo SM bkin MV ya cma main ruangan aja, jrang yg ku liat di luar ruangn kecuali don don't, full of happynes, i am ost, hot sumer, what is love, amigo, apa lagi yah?? lupa saia
    yah berharap aja moga2 saya bisa jadi pimpinannya SM kpan2 biar mimpi abang bsa terwjud hohoho

    ReplyDelete
  101. super junior punya kesalahan itu lumrah sebagai manusia
    sebaiknya ron instropeksi diri sendiri dulu
    dan sebaiknya jg km liat-liat dulu, km bisa gak tiruin dance/kepopulerannya suju kaya sekarang
    kalo km emg pure fans suju, km pasti gak akan buka aib idola dimuka umum begini dong
    pikirkan ini!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa yang buka aib deh? Ini review hai kak Zahwa :) Kamu pernah baca Cinemags gak? Ada loh review tentang kesalahan film. Berarti buka aib dong... #DOR!

      Selamat puasa ya Zahwa! Jadi fans jangan terlalu sensitif. Have a sense of humor biar hidup gak flat. Suju bukan dewa yang harus selalu di puja puja (bahkan gue sendiri gak muja dewa). Kan itu kamu bilang sendiri, mereka manusia, lumrah kalo salah. Nah.

      Aku memang bukan dancer, jadi gak ada niat juga tiruin dance mereka. Aku bukan idol, jadi gak ada niat juga buat populer kayak mereka.

      Dan kalo kamu bilang aku bukan fans pure suju, gak apa-apa lah. Yang penting aku dukung suju tanpa identitas pure atau bukan pure. Gak ada juga peraturan jadi elf harus pure.

      Selamat puasa sekali lagi! Cheers!

      Delete
  102. hahaaha nggak nyangka matanya kakak jeli juga ya.. goo joob aja deh

    ReplyDelete
  103. ini pertama kalinya gue mengunjungi blog lo.. bangapta, gue biasa dipanggil beky n_n
    gue kpopers, fandom gue daridulu cuman satu; ELF. Tapi gue gasuka sama temen2 sefandom gue yg suka menamai diri mereka pure ELF, karena menurut gue, ELF itu satu, walopun dia fandomnya bukan cuman ELF, i think its okay~ ELF are one:)
    kalo ada yg bilang ELF itu suka banget fanwar, gue kira itu benar, maklumlah fandom besar yg membernya bermacam2 orang dgn sifat yg berbeda2 apalagi kebanyakan anak abg labil.. tapi ga semua ELF kayak gitu, banyak juga ELF yg cinta damai dan gamau ada fanwar, mereka sedih banget liat fandom mereka mencaci maki fandom lain, mereka sakit hati liat fandom mereka dibenci fandom lain, lo semua harus ingat itu n_n

    gue udah baca sampe habis, sampe komentar2nya gue baca semua, jujur, gue nyesek u_u
    gue setuju banget sama komentar yg bilang lo tuh bukan fans suju tapi kritikus suju..
    sumpah gue salut sama ke-jeli-an lo, sampe hal kecil aja lo permasalahkan, kalo cuman itu sih gapapa, tapi gue gasuka cara lo menyampaikan 'review' lo ini, kesannya kayak bilang "Udah, SuJu udah tua, dance ga becus, MVnya jelek, fandomnya lebay, mending EXO deh kemana-mana!" gitu.. gue kan jelas ga terima, sorry before.

    hmm banyak sih yg gue setuju, dasar SM jahat banget sama SuJu o(T^T)o
    masalah baju, itu bukan salah yg make yee, yg nentuin baju itu kan staffnya bukan artisnya-_- MV dan lagu itu juga bukan SuJu yg bikin masbroh mbabroh u_u
    curhat dikit(dikiit??!) yee, pertama kali gue liat mv SFS gue ga kecewa tuh, seneng malah gue ulang2 mulu gapernah bosen n_n lagunya juga jujur gue lbh suka SFS daripada Bonamana dan Mr. Simple entah kenapa, selera orang beda2 kan;)

    tentang kesalahan waktu dance, ah udah basi lah bb/gb lain juga banyaaaaak banget yg kayak gitu, seperti yg kita tau, manusia gada yg sempurna n_n
    soal illuminati gue angkat tangan, gue suka SuJu sebagai idola gue bukan Tuhan atau agama gue n_n

    disini banyak banget exo stan yak~ gue lumayan suka exo loh membernya aja hapal luar kepala.. bahkan gue ngerti tentang bacon dan lampu jalan muehehe tapi fandom gue tetep cuman ELF:)

    Apalagi ya? entahlah.. sebenernya tujuan gue ninggalin jejak disini cuman pengen bilang "TOLONG HARGAI SUPER JUNIOR" ^_^

    Yasalam. Sekian dari saya dan terimakasih lmao. peace yaw~

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya...saya setuju awalnya saya biasa ja dengan blog ini saya kira cuma mau nge bahas mv boyband tercinta Elf tapi semakin lama baca kata katanya terlalu menghina...ya memang sih Suju tidak sekeren Exo tapi bukan Suju yang menentukan. Jika mempermasalhkan musik yang menurut anda tidak menarik tidak bis membuat pinggul bergoyang? Kenapa tidak mendengarkan musik dangdut saja sekalian? Sebagai Elf saya sakit hati...anda sebagai Exotic juga pasti tidak akan suka jika idola anda dihina seperti itu...Exo masih baru wajar jika mv mereka sangatlah bagus karena untuk menarik perhatian banyak orang....Anda selalu mengomentari kejelekan Suju apa anda tidak punya kejelekan? Coba mengoreksi diri anda. Untuk kostum Kyuhyun kenapa dipermasalkan? Sudah banyak artis yang memakai kostum seperti itu. Bukan hanya Big Bang. Dan untuk kesalahan dance hargai itu karen Suju sudah bekerja keras dalam dance..

      Jadi tolong hargai Suju...kecuali jika anda memang bisa menandingi Suju jangan hanya menulis di blog sendiri

      By: Elf

      Delete
  104. gua heran napa orang-orang komentarin blok ini dengan hal negatif -_-
    jarang-jarang ada org mau perhatiin MV ampe sedetail ini. fakta itu ga harus ditutupin, jadi kalo mereka ada salah kasih tau aja. ga ada manusia yg perfect. mana tau ntar ada org tertarik sama fakta MV abis itu di translate, trus di baca anak SJ/ pihak SM, jadi mereka bisa belajar dari kesalahan dan menjadi lebih mendekati perfect(karena gw ga yakin ada manusia perfect).

    btw, mata om keren, bagi ilmu dong wakkaakk

    ReplyDelete
  105. om jangan mengarah ke exo terus dong om.
    gatel nih kuping denger kata exo mulu-.-

    maaf sebelumnya om, cuma.. kayaknya om terlalu mendewakan (yah bukan mendewakan juga namanya.. apa ya?) EXO, dimana-mana EXO.

    Suju ya Suju aja om, jangan bawa-bawa EXO. Semakin om bawa semakin gak tertarik sama EXO. malah kayak jadi sebel sama EXO nampang dimana-mana. Sorry om, mencoba jujur :/

    ReplyDelete
  106. KK Ron yang selalu bikin sy ketawa
    makasi uda di review smua, aku jadi tambah semangat nonton MVnya
    oh ya kenapa MV paparazzi gak di review?
    Maaf sebelumnya

    Wassalam
    And salamin aku sama Sehunnie juga Luhan

    ReplyDelete
  107. Jujur aja nih ya.. .-.
    Aku sih , ga masalah aja bawa2 EXO,toh .. itu haknya oppa dan aku exotic..asal,oppa tidak menjelek2an exo
    Tapi,kok pada protes yah,, kalo bawa2 exo?.-. Siapa tau aja kan,dalam suatu MV(SMent) kebetulan mirip ama MV nya EXO?Secara gituh mereka satu manajemen -.-" Dan gapapa dong kalo oppa nya bawa2 EXO?Itu juga FYI kok,,
    TErus ada jg yg protes dengan review oppa yg make bahasa (katanya) kasar..bagiku biasa2 aja tuh .. lagian..web ini kan punya oppa...bukan punya siapa2..

    ReplyDelete
  108. Bang Ron !!!!!!!! #apaseh
    yeahhhhhhhhhhh... akhirnyaaaaa....
    gue suka review yang ini.... bang Ron emang bijaksana... gak nyambung2in ame dongsaengnya SUJU lageeee...
    review teaser SPY mane nihh... ditunggu yeeee....

    Paiting bang Ron....^^

    ReplyDelete
  109. NGOMONG APPA SIH LOE,,HAHAHA LOE TUH IRI KAN DGN SUPER JUNIOR,,,,BLG AJA GITU,,GAK USAH MALU,,,,PGN YA MUKANYA KYK OPPAdeul,,,,HAHHAHA KASSIAN BANGETTTTT

    ReplyDelete
    Replies
    1. alay deh lo sitii

      Delete
    2. Setuju deh, toh ini blog siapa, punya siapa, so suka-suka yang punya dong! #belain , dan memangnya gampang ngelihatin mv sampai beratus kali dan merhatiin detilnya? Aku lihat sepuluh kali berturut-turut aja bosen. Thanks. From : ELF

      Delete
  110. di menit 02:09 dileher sungmin ada kayak jala2 item gajelas gitu yg dipake shindong juga pas 01:32 eh pas 2 detik kmudian gaada.

    ReplyDelete
  111. Replies
    1. lalala~ itu mah adanya di wc gan, omongan tolong dijaga yaa di blog orang~~~ gapernah disekolahin apa. ini review gan. suka2 yang buat lah. namanya juga review.

      Delete
  112. Kerennn tetep semangat nulis reviewnya ........ :) , sebenernyapengen tahu review papparazi SNSD bakal kayak gmn ? heheh ,,, lanjut

    ReplyDelete
  113. kita sama2 pny idola

    ReplyDelete
  114. YA ALLAH YANG NAMANYA RREVIEW YA EMANG KAYA GINI. ITU MAH BUKAN MENGKRITIK TAPI TULIS APA ADANYA

    SABAR OM RON :)

    ReplyDelete
  115. *mianhae sebelumnya karena udah baca sejak ini review ada, tapi baru komen sekarang*

    hehehe.. khasnya Ron banget ya nulis reviewnya. tetep semangat untuk review ya Ron.. ane tau ente bukan antis kok... :)
    terserah orang mau bilang apa, tapi tetep nulis sesuai dengan gaya ente aja ya.. ^^
    Keep Writing.. dan sabar ya.. :)

    ReplyDelete
  116. APAAN SIH TULISAN LO??? ENGGAK SUKA GUE !!!!
    KAMPRET LO!! MAKSUD LO APA NULIS KAYAK GITU????
    WTF !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. EH KALO SITU NGGAK SUKA YA JANGAN BACA
      SUKA SUKA ORANG LHA MAU NULIS APA
      GITU AJA KOK REPOT

      Delete
    2. gak usah baca loe bilang??? hello....
      ini menyangkut idola kita masalahnya....
      mungkin loe gak punya idola kali ya... makanya loe bisa bilang kayak gitu..tapi jangan samain kita,yaitu para ELF
      DAN BUAT YANG NULIS REVIEW INI...KATANYA DI AWAL..LOE ITU ANTIFANS SUJU
      TAPI KENAPA WAKTU ADA YNG GAK TERIMA SUJU DI GITUIN,,KOK KAMU TERUS BILANG *KENAPA???KARENA AKU SENDIRI ADALAH FANS SUJU*
      NAH.........JADI ORANG YG KONSISTEN DONK....
      YA GUE SICH SETUJU BGET TENTANG REVIEW INI,,TAPI MOHON KATA2NYA AGAK DI PERHATIKAN,....
      OK DECH SEGITU AJA

      Delete
    3. GK USAH BACA LOE BILANG..??? HELLO
      NIE MENYANGKUT IDOLA KAMI MAN.....
      MUNGKIN LOE GK PUNYA IDOLA KALI YA..JADI LOE BISA BILANG KAYAK GITU
      BUAT YANG NULIS REVIEW INI..SEBENERNYA KAMU TUCH ANTIFANS SUJU GAK SICH????
      DI AWAL NULIS REVIEW INI ANDA BILANG KALO ANDA INI ANTIFANS SUJU..TAPI WAKTU ADA YANG NGOMENT TENTANG REVIEW INI ANDA JAWAB *KENAPA??KARENA SAYA ADALAH FANS SUJU JUGA*
      JADI ORANG YANG KONSISTEN DONK.....
      GUE SICH SETUJU2 AJA SOAL REVIEW INI..TAPI
      MOHON KATA2NYA AGAK DIPERHATIIN LAGI
      TAPI REVIEW INI BENER2 DAEBAK....!!!!!!!! I LIKE IT

      Delete
  117. oh why i laughed so hard after I read those stupid non-sense PURE FANS comments. Can you please stop being so idiot? I'm gonna cry.

    Gini aja kali ya, ini blog kan blognya Ronzzy, suka-suka Ronzzy dong mau ngomong apa. Ini juga bukan blog berita yang resmi atau apapun, jadi jangan sekali-kali dibilang buka aib deh. Lagian aib itu apa sih? Karena yang dikomentarin disini keseluruhan MV-nya, mulai dari ada gerakan yang beda dll itu wajar dong, atau lo sendiri yang menganggap MV-nya sebagai aib.

    Please, SMTown INA tuh bentar lagi dan fans fans labil masih nampakin dirinya kaya gini. Emang ga ada larangannya sih ya.. Tapi bikin malu tau. Jujur aja gue juga fans Suju tapi gue malah jadi malu dan malah mau pindah ke fandom lain gara2 kalian yang ga suka Suju dikomenlah, ga suka Suju deket sama cewe lain lah, ga suka Suju dikait-kaitin sama EXO lah (yang bikin ketawa adalah kalo ada yg bilang MV sebel karena MV suju ga semewah MV EXO. Intinya adalah, lo sirik dong). Capek dan bosen gue kalo udah mulai fanwar begitu. Tolong diingat kalau ini tuh cuma kpop, bukan sesuatu yang akan terus kita gandrungin sampe tua. Think realistic aja lah, ga usah lebay. Hidup tuh yang normal normal aja.

    Mungkin malah jadi melenceng dari judul "komen" tapi ini karena gue kesel aja.

    Lanjut, untuk reviewnya gue suka karena ini panjang (?) dan jadi bisa ngabisin waktu sambil nungguin cucian (?). Semuanya detil banget dan agak kaget tapi agak ngakak waktu liat bajunya teukities /wanita mesum/
    Terus juga bener kata kak Suho, ini lagu ujung-ujungnya nge-racun banget di kuping, padahal sekarang udah terpanggil oleh 12 bocah nista penjaga pohon itu /ngek. Terus juga bagian cheers nya itu yang kayanya jadi nilai lebih ya? Cuma itu? Entahlah juga deh. Tapi pas bagian Eunhyuk agak dance solo itu gue juga demen kok, kakinya keren. Walaupun bajunya... ehem agak mengingatkan gue dengan Sehun /dor. Dan sekarang mungkin cuma segini aja yang gue perhatiin dari MV-nya, karena gue akui gue bukan ELF lagi.. yaps. Segitu aja deh T^T Hidup kak Suho!

    ReplyDelete
  118. Hahaha.. seru nih baru tau ada yg beginian. Aku fans suju, tapi bukan ELF *lhoh* *bingung*

    Emang album 6 agak kecewa ya.. Agak..

    Hidup Suju!!

    ReplyDelete
  119. sekedar mau koment aja
    super junior itu bukan bb yng bru debut kemarin jadi jangan di lihat dari kesalahan nya aja di balik ke salahan yg anda jabarkan pasti jauh lebih banyak kelebihannya.
    kalo anda beropini bahwa mv suju itu miskin
    kalo menurut saya sendiri ngapain mahal mahal kyk EXO
    kalo mv sexy free & single aja lebih dari 10 juta yang lihat
    jadi gk bsa bayangin kalo suju mv nya lebh mahal
    pasti lebih super super super lagi

    dan anda bilang anda antis atau not pure elf
    tapi ketika saya baca salah satu coment anda bilabg saya gk mungkin mencaci mereka karena saya fans nya



    udah segitu aja dari pada emosi saya ini semakin berkobar
    maav bila ada kata2 yang kurang berkenan

    yang penting Super Junior tetep daebak#ELF

    ReplyDelete
  120. PURE ELFS ARE STUPID. SORRY TO SAY.

    ReplyDelete
  121. hhmm udah dari dulu sih pengen ngasih taw, tapi basi dech kyk nya kalo ngasih taw nya sekarang,,
    hhmm kasih taw gag yah??? kyaknya kak ronzzy udah taw dech.
    ya udah kasih taw ajh dech yah,

    pas ngedance di tangga GAIB ntu, sungmin kok pake2 selendang emak2 warna item yah? truz detik berikutnya tuh selendangnya gag ada, trus ada lagy,,
    yah kyk donghae yang warna bajunya berubah2 di mr.simple tuh, kuning-ijo.

    ReplyDelete
  122. WAW. GOKIL. gue yg ktinggalan zaman kyaknya ya bru tw ad blog yg ngbahas hal kecil bnaget beud begini. Nih orng yang punya blog kayaknya matanya sring di asah bisa tajem gtu ngliatnya. Apalgi noh ... yg ryewook pas dia dance bagian blkang.
    ckckck ... gue sring jg ngliat MV ny suju, tp ga prnah nemu tuh yg ganjal kyak lo. yah .. fokus gw sih ke eunhyuk mulu. wkwkw

    ReplyDelete
  123. Kak Ronny setelah sekian lama stalking blognya kk.. baru pertama kali ini akhirnya sy komen kekeke. Asik baca blog abang bener2 refreshing dan hiburan banget. Menarik juga baca komen2 di atas wkwk, sabar ya kaka Suho XD.

    Salut deh sama reviewnya detail banget wkwk. Saya ampe bener2 ngakak di kantor pas ngeliat foto teukie yang dibandingin sama ST12 wkwkwk..

    Btw numpang nyampein pendapat juga ya :). Kalo saya menurut saya sih (emang selera kali ya :p), saya lebih suka lagu, dance, dan MV SFS dari pada Mr Simple. Kalo Mr. Simple jujur sy kurang begitu suka sih :|.. Dance-nya 'kurang' (tapi dimaklumi mungkin gara2 Heechul lagi cedera jadi dance-nya ga bisa yg bahaya2 >.<) dan lagunya juga nadanya terlalu mengulang2. Tapi pas SFS ini sy jadi suka lagi sama lagunya, karena menurut saya lebih artistik dan modern hoho B-), walaupun masih pindah2 nada memusingkan @_@. Dan koreografinya jelas lebih ribet dan lebih bagus daripada Mr. Simple. Dan seneng banget deh liat KangIn balik kyaa XD.

    Dan mengenai kritik albumnya SFS, kalau di mata saya bukannya malah jadi terlihat miskin dan kurang ide, bahkan kalau menurut saya itu terkesan elegan, klasik, dan dewasa *_*. Kayak desain logo brand2 mahal macem Gucci, Louis Vuitton, dll.. mereka hanya make font serif (font yg ada tonjolan2 lucunya cem Times New Roman, dkk) dan background hitam, simple yet strong and elegant. I think that's the design approach they tried to use in this album. Karena sekarang para member suju udah pada dewasa jadi mereka ingin menggunakan konsep yang dewasa pula.. sepertinya sih gtu.. Saya juga bukan elf lho sbnrnya (sy malah fans berat EXO haha, kalo materi2 buat fangirling suju saya tinggal minta dari ade sy yg ELF wkwk), tapi emang suka merhatiin artis2 kpop (terutama smtown), dan kalo saya pribadi sih saya ga terlalu kecewa sama album ini B-).

    Dan juga ikut menyampaikan pendapat hehe. Kalo dari sudut pandang saya, saya lebih suka review yang sangat jujur mengenai idol yang dikagumi daripada terlalu memuja2 dan mengabaikan/menutup mata segala kekurangan yang ada. Memang manusia tidak sempurna, tapi kalau mereka ingin diakui sebagai idol yang terbaik, mereka juga harus bisa memberikan yang terbaik pula. Kalau ingin menilai seorang idol, sebaiknya jangan dilihat dari mata fans, tapi dilihat dari mata orang biasa. Dengan kritik yang jujur tsb, si perusahaan manajemen/idol harapannya akan menyadari kekurangannya dan memperbaikinya, dan bisa ngasih peformance yg lebih baik lagi. Kita seneng juga kan kalo idol kesenengan kita jadi yang terbaik :).

    Sebenernya saya salut lho sama mas Ronny yg berani jujur, saya aja mungkin ga seberani itu haha. Dan kalo saya baca Mas Ronny juga ngga ngehina2 kok. (Tapi kalo di belakang sy juga pernah sih sebel banget sama suatu artis trus ngehina2 :p *plak). Kalo yang ngehina2 ga jelas yang memang dengan maksud menghina/bikin down (tanpa harapan perbaikan) itu baru yang menurut saya jangan ditulis di tempat umum.

    Tapi kalau masalah album suju karena segalanya diatur oleh SM saya juga pasrah sih, kasian juga om2 SuJu kita udah berjuang susah payah tapi SMnya masih.. ya you know lah. Dulu padahal saya jatuh cinta banget sama sorry-sorry sampe no other, udah lumayan ngikutin suju juga dari awal-awal. Bahkan awalnya sy yg promosiin suju ke ade saya, eh malah dia yang jadi ELF (yg kocak ade sy yg pertama promosiin EXO ke saya, eh sy yg jadi exotic lols XD). Cuman jujur skrg SJ lagi semakin menurun. Ya mudah2an aja SM mau membuka mata dan Suju bisa lagi bikin album sekeren jaman Sorry2 :).

    Maap kalo jadi kepanjangan :p. Salam damai semuanya XD

    ReplyDelete
  124. sy jd ingat filem yg dibintangi super junior attack pin...apa ya, sy lupa...disana kan bercerita tentang bintang yang awalnya biasa aja malah semakin populer gara2 dilempar kotoran, jd jangan terlalu membenci kotoran..upss mianhe...maksud sy, jgn terlalu membenci ssuatu yg dianggap buruk, karena terkadang keburukan itu mendatangkan keuntungan bagi kita... karena segala yg diciptakan Tuhan tidak ada yg sia2 #okebukUstazah. SJ memang membutuhkan hal-hal semacam ini, seperti filem itu..semoga saja kepopuleran SJ semakin melambung. Amiiin....wuahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. tutup aja nii blog nggak bagus ..

      Delete
    2. Ini blog punya lo? Suka-suka yang punya dongo...

      Delete
  125. yaelah namanya juga manusia nggak luput dari masalah..emangnya kalo tariannya nggak sama dosa apa..emang masalah apa buat llo..tapi akhirnya video ini sukseskan banyak yang sukain..semoga aja suju semakin populer lagi lebih dari ini..amiin

    ReplyDelete
  126. Mungkin karena Super Junior lebih top alias lebih keren dan paling diminati banyak fans, sampe2 banyak yang iri.
    haha:P Ya ampun kasian banget yah kalian..
    yang sabar yah ... (y)

    ReplyDelete
  127. Gw ELF tapi gw gasuka ama tingkah beberapa ELF yg terlalu berlebihan. Oke, ga semuanya sih, tpi risih juga klo baca komen lu yg selalu nangkep nya negatif. Selow aja kali? Jujur sih, gw pengen org2 macem itu mending keluar aja dari ELF klo cuma bisa menjelek-jelekan nama baik ELF. *ups Sorry* Sekali lagi ya, ini blog ga bermaksud jelek-jelekin SUJU atau apa, kan semuanya direview itu detil bgd & fakta. Ko' kalian gitu bgt sih? lama-lama gw gerah ama tingkah ELF yg begitu.. plis ya, gw ampe' berani bilang kaya' gini cz gw gamau nama idola gw tercemar ama anak-anak yg gampang emosian & gabisa berpikir panjang.. lain kali jgn bawa emosi, gw ngmong gini cz gw mau kalian semua berubah. terserah mau ngebash gw silahkan, semoga byk yg lebih ngerti maksud komen gw ini.. gamsa (:

    ReplyDelete
  128. wahhh
    detail banget yah infonya,,,
    seru juga sih klo merhatiin hal2 yang kaya itu, oia ada yang perhatiin baju kyuhyun gak?waktu pake baju putih2 di setting tempat yang ada tangganya tuh, bajunya kyuhyun kan berubah ubah gitu dari tangan panjang terus ganti tangan pendek.

    bagus juga infonya untuk kenang kenangan, yang pasti sieh bukan untuk mencela....

    ReplyDelete
  129. Demi Tuhan, saya merasa menemukan belahan jiwa saya dengan membaca postinganmu *agresif.
    Pertama, saya adalah fangirl SUPER JUNIOR yang paling neurotic sedunia, karena gak mau dibilang frustrasi. Kedua, saya bahagia setiap melihat mereka sehingga ketika mereka tampil kurang mahadaya hati saya kecut.

    Semua yang kamu posting benar adanya.
    Sebenernya, over all 6JIB seakan kehilangan arah dan tujuan.
    Aku gak menemukan apa yang ingin mereka sampaikan, apakah sebuah perubahan, apakah sebuah pertunjukan labilnya konsep bermusik mereka, atau bagaimana.
    Kalau mereka ingin meninggalkan keceriaan musik K-Pop yang mereka usung sebelumnya, saya akan bersedih. Karena lagu Mr.Simple, Bonamana, and let's say .. The Greatest Hits : Sorry- sorry, adalah K-Pop Statements.
    The choreography is very clever, I admit this from deeps within. Cuma lagunya, kurang menghentak. Mungkin akan ada beberapa orang yang bilang 'lagu SJ gak harus menghentak agar mereka tetap keliatan awesome'. Oke fine, tapi ini kan pendapat gueeee *mendadak takut dibashing. Tapi untuk ukuran comeback, SJ nampak gak seperti comeback tahun ini dan saya patah hati untuk kesekian kalinya ..


    Perkara MV mereka sudah kamu bahas dengan detail dan saya mengamini kamu perkara gerakan mereka yang kurang selaras waktu lagi ngedance. Dan hal tersebut terjadi kembali di MV Spy. Sayang sekali, karena ingin buruan comeback (before our leader-man, Teukkie pergi wamil atau apalah) - penggarapan album 6 dan MV-nya jadi begini.

    SJ should learn that their awesomeness and sex appeal doesn't counted this time. Meskipun Siwon dan Teukkie menunjukkan sixpack mereka yang aduhai menggelikan, saya sebagai fans SJ gak ingin menjadikannya sebagai excuse.

    Dan Kyuhyun, karena sebenernya saya adalah member utama dari fandom khusus saya sendiri yang bernama 'SpanKyu' .. astaga, rasa-rasanya melilitikan colar seperti itu di lehernya adalah HUGE MISTAKE. Bisa-bisanya .. ya ampun, teganya.

    Dan sebenarnya, yang terjadi ini bukan sebuah kesalahan, ini hanya proses SJ dan SM Entertainment (selaku dalang di balik semua yang telah terjadi) untuk menjadi lebih baik dan tertata kan? I appreciate them so much, I adore them as always.

    Over all semua sudah kamu bahas dengan baik dan benar. Kamu netral, tidak judgmental *meskipun iya, saya setuju kok

    Terus mereview ya hey kamu ;)

    ReplyDelete
  130. Itu kaos putih tanpa lengan yg dipakai Eunhyuk, yg ada gambar segi empat itu, kayaknya pernah dipakai Sehun di History deh? Iya nggak sih? *malah EXO lagi*

    ReplyDelete
  131. Ini Elf pa Anti Sj c? dsbut Anti kx mau denger n merhatiin mv nd lgu se detail2 nya? klo dsbt Elf kata katanya nyindir bgt.... nd tlng jgn dikaitin ma Exo y? kya Exo ja yg pling bgus

    ReplyDelete
  132. Om liat detik 01:19-01:20 gak om? dimana si Donghae satu-satunya yang neikin celananya yang melorot. cuma ngasih tau aja sih, mana tau belom ada yang ngasih tau ._. nic review om

    ReplyDelete
  133. kalo gasuka sm sj ga usah begini2 amat ya. elf tersinggung nih. jaga tulisannya dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul...kata katanya ngeselin...ujungnya Exo terus...ya jls beda Exo n Suju Exo ya Exo Suju ttp Suju

      Delete
  134. bang, ini post kontroversial banget ya? yang komen banyak banget. gua ampe ikut ikutan komen gini. etapi seru juga baca komennya bang. #eh #HAHA

    ReplyDelete
  135. gak usah ALAY ta kalau komen itu (khusus para ELF yg menghina ustad bacon)
    kalau gak suka tinggal close,
    kalian itu siapanya ustad bacon se... sampe nyuruh2 nutup ini blog,.
    BENCI AKU MA ELF SOK KAYAK GINI.... SUJU punya kekurangan makanya disini ustad bacon mereview tapi kalian malah MENGHINANYA..
    hak kalian di blog ini apaaaa????

    untuk elf yg gak suka EXO dibahas disini, kalian salah tempat bilang kayak gitu,, kalau liat keseluruhan ustad bacon emang fansnya EXO..

    hiiiii ALAY BANGET KALIAN

    by : kpopers 7 tahun + kdrama 11 tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, setuju!
      Apa gak liat kalau blognya aja dari EXO planet, jelas lah, dikit-dikit EXO, nyerempet EXO, oke bahkan ketika ustad bacon dibilang exotic masih sempet-sempetnya mengkritik Kai dengan teriakan gak jelas itu. Kalau ELF sama exotic perang lah aku melawan diriku sendiri dong. Dan itu gak lucu.
      Please don't alay because ini negara Indonesia bukan Alaynesia. Thanks.

      Delete
    2. ga gitu.. ga stiap ELF itu alay (:
      ELF marah kalo ustad bacon ngereviewnya kaya gitu (:
      yaa mulai dari kita deh.. jangan alay dan tengkar ato saling ngejek/menghina (:
      kalo ga suka ya udah.. mungkin ada ELF yg alay,km bisa bilangin baik2 (:

      Delete
    3. Cuih :/
      7 tahun aja bangga? Pake ditulis segala?
      Niatnya mau pamer, eoh?

      Kamu lucu banget.
      Eh? ELF lebay?
      Itu bukan lebay, nek.
      Itu karena mereka sayang sama SJ.
      Mana ada orang yang gak marah kalo orang yang disayang dibash?
      PIKIIR~!

      Daripada bb alien planet 3 huruf itu, apaan?
      Ikut2 promote sama Senior senior nya.
      Cuih. Apa banget dah.

      Gak bisa berusaha sendiri, eoh?
      Bisanya numpang aja.

      Delete
    4. Kamu ini anak kpop kmaren sore ya :)
      Promote sama senior? Gak boleh? Itu hak SM.
      Kenapa aku bilang kamu anak kmaren sore? soalnya gatau gimana dulu pas SJ debut, promotenya sama siapa. sama siapa? sama DBSK.
      And so does SNSD, SHINee, F(x) and EXO. semua pasti pernah numpang di sunbaenya. Itu cara SM. kamu gak bisa apa2.
      Emangnya Ronzzy cuma ngereview yang jelek2? Bandingin yang reviewnya EXO. Disana juga jelek2 reviewnya. Namanya 'REVIEW' pasti ngomongin tentang kesalahan, keunikan, dan lainnya.
      Kalo kamu emang kpop-ers, atau ELF, atau pure ELF, mestinya bisa tetep adem ayem dan berusaha 'mendinginkan' fans yang lain.
      Bukannya malah manas2in yang lain bilang EXO gak bisa berusaha sendiri. JANGAN NUTUP MATA KARENA MUJA IDOLMU, JANGAN NUTUP MATA MASA LALU.
      Bahkan DBSK pun, yang overall the best kpop group pas as 5, juga numpang nama seniornya, BoA. Itu gak bisa dipungkiri.
      Makasih.
      Ronzzy, please keep up your good work!

      Delete
  136. Biasalah :D Konsep WOW dari SMent itu cuma buat anak emas mereka-gaktau?kebangetan-
    Kan tau sendiri, SM yang suka MENGANAK EMASKAN itupun akan selalu berpihak pada tante-tante girang XP Tersinggung? Terserah loe, gue aja ketawa-ketiwi baca blog ini.. Positif thinking aja ya bray.. Selama ini MV suju selalu sederhana untuk penghematan biaya, but?? Anak perunggu SM pun pake biaya yang sumpehguegakbisabayangin untuk pembuatan MV aja..
    Btw, nasihatin EXO loe tuk berhenti promote diri di suju. Udah promote di SS4, nambah di Album SJ-M lagi.. .-.

    ReplyDelete
  137. kyknya ada lagi deh, di menit 02.09, sungmin pake selempangan hitam gitu, pas menit 02.11 udah gak pake selempangan lagi

    ReplyDelete
  138. eh, kalo ga suka Super Junior gpp kok.. tp tolong jgn saling nge bash gini dong.. sorry ya,kalian yg penggemar EXO itu pada iri ato gmn nih? #mjb
    yaa sorry2 abis aku kesel sih baca kata2 dr kalian.. tp,authornya teliti bgt ya =))

    ReplyDelete
  139. Min / Thor, yg ke #19 itu emg bibirnya Kyuhyun yg pucet atau aku yg salah liat?

    ReplyDelete
  140. Begitulah SM, gak pernah adil sama SJ.
    ELF aja ngerasa kalo sooman jelek itu gak adil sama SJ.
    Apalagi SJ nya ya?

    Tapi, jangan pernah banding-bandingin SJ sama bb alien planet 3 huruf itu!
    Nyebelin banget.

    Kalo SJ ya SJ, kalo alien ya alien.
    Hargain ELF.

    Heuh. -______-"

    ReplyDelete
  141. asal elf tau.. dulu waktu suju pertama debut mereka juga sering ikut promote bareng DBSK. mirip sama EXO yang ikut promote sama SJ. see? sama ajakan. elf kemarin sore aja belagu. ga tau kan kalo dulu itu SJ suka ngikut senior juga? cihh sama aja dong HAHA

    ReplyDelete
    Replies
    1. LOOOOL. Ini bener banget.
      namanya aja 1 manajemen, ya pasti kl ada yg baru debut pasti ikut promote sama seniornya lah.

      Delete
  142. jangan bandingin exo itu sma SUPER JUNIOR,, smua org pasti ada salahnya,,, yg buat ini pasti jga ngk sempurna kan,, & pasti ngk bisa niruin SFS ini,,,
    exo itu jga bnyak kurangnya,,
    mereka jga nyebarin illuminatinya secar terang terangan kan,,, -_-
    haduh,, ini ada demdam ya sma suju,,, knpa smpai sperti ini,, -_-
    kmu tu yg jahat tau ngk

    ReplyDelete
  143. itu kan menurut pikiran lo yg ngk bersih itu lgi -_-
    jdi pikirannya yah yg jelek tentang suju aja,,
    exoitu jga bnyak kekurangan ingat itu

    ReplyDelete
  144. Haduuuuh kalo ELF pada gak bisa berpikiran panjang kayak gini lama2 gerah juga nih jd ELF. Males sm ELF yg gak bisa nerima kekurangan para oppadeul, dan cuma mentingin lebay2nya aja. Hey gue juga gak peduli kali sama kesalahan2 suju di review ini, gue tetep suka suju dan ga berkurang sama sekali rasa suka gue. Tapi gue tetep nerima kok apa yang di review sm om Ron, ya faktanya mau sekecil apapun mereka juga punya kesalahan, terima aja. Kalo gak kuat nerima kenyataan bahwa suju juga punya kesalahan berenti aja jadi ELF *gue gak niat ngatur2 orang*
    Ya judulnya emang review berarti isisnya ya review, udah. Dan gak ada yg menjelek2an sm sekali kok. Walalupun jujur kadang gue sendiri suka rada nyesek kalo lagi dikaitin sama EXO, tp kembali lagi ke pemikiran semua orang gaada yang sempurna. Jadi ga menutup kemungkinan kalo suju punya beberapa kelemahan yg gaada di EXO, begitupun sebaliknya. Apalagi si om Ron ini EXOtic, yakan? Kalo gakuat gausah mampir kesini, apalagi ngebash.
    Pffft, kalo ngeliat ELF yang dikit2 emosi dan gak bisa mikir panjang, cuma mikir bagus2nya suju dan gak mau meng-iya-kan kesalahan suju.... pengen ninggalin fandom ini. Huffft. Tapi gak mau ninggalin suju nya :'3
    Coba deh, kalo suju tau para ELF kayak gini, ngebash ngebash orang, apa mereka seneng? Kalo oppadeul tau kalo ada ELF yang ngebash dongsaeng nya sendiri? Gimana rasanya? Sementara mereka sendiri aja gak ada apa2 cenderung akrab sama dongsaeng2 mereka itu. Camkan yaah

    Mianhae om Ron jadi curhat gini-,-

    ReplyDelete
  145. Whatever they say , still dukung Kak Ron !!!! \(^0^)/
    Kak Ron, yang bela2in beli tiket SS4 (yg mahal, padahal dia sendiri anak rantau di Jakarta, butuh duit buat menyambung hidup #yaelahbahasague)dan ngantri dari subuh buat masuk ke MEIS demi nonton Super Junior, yang rela buat review MV segini detail (yg mungkin aja bisa buat dia ganti lensa kacamata lebih tebal), yang saking cinta sama K-Pop sampe dipercaya buat jadi ketua Hangugo , masih diragukan ke-fans-korea-an-nya??? Come on, orang yang cerdas dan gak labil/alay (terserah mau pke yang mana) pasti ngerti kenapa dia nulis review kayak gini :)

    Bukankah kritik itu salah satu bentuk kasih sayang? Orang tua kita juga suka mengkritik kita , agar kita bisa jadi orang yang lebih baik kan ^_^

    Maju terus kak, masih banyak yang dukung kakak kok ^^b

    ReplyDelete
  146. Widiiiih~ baru nemu nih BLOGnya... Mantab!!
    Aku ga yakin Ron Antis-Suju... Aku yg ngaku ELF aja ga sedetail itu merhatiin, bahkan terkesan acuh di MV ini.
    Yeah~ Setuju, Album ini miskin semiskin2nya ide... Kurang asyik juga lagunya. serba kurangnya deh. Terkesan asal buat, asal laku, dan asal2an...
    Tapi aku tetap suka sih. Wkwkwk~ Bonamana msh menduduki nomor 1 lagu kesukaanku, terlebih SFS tuh sepertinya paling jarang aku dengerin di antara lagu SUJU lainnya.
    Album ini terkesan mereka mau pisah kemanaaaa gtu. terkesan mellow dan ada kekecewaan gtu. entahlah perasaan aku aja!
    KEREN BANGET DEH ULASANNYA!
    Tetap berkarya aja! Semangat ya!
    Hehehe

    ReplyDelete
  147. Gue doain lu pada fans exo arogan kualat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue doain yang doa kaya gini masuk surga yang paling tinggi... Kalau bisa masuk surganya sekarang :)

      Delete
  148. Udah lamuaaaa baget ngikutin postingan bang Ronz, tap baru kali ini komen, hehe :D
    Ehm.. buat para Elf sama fans Exo kenapa ribut amat sih?
    Suju, sama Exo masih satu agensi loh, seonbae sama hoobae. buktinya anak suju sama anak Exo baik2 aja kok.
    Jujur, saya Elf, tapi sekarang udah mulai ngefans sama Exo. Dan saya akuin, banyak Elf yang entah mengpa menurut saya menyebalkan, suju bagus. cuma fansnya aja yang agak.. -.-

    Okeh! Ehm,
    Menurut saya, Sooman ngeluarin Exo itu jaga-jaga kalo Suju pensiun nanti. Sama ajalah si Exo itu penerus ketenaran Suju, cuma pake konsep yang berbeda.
    Saya juga eamng merhatiin akhir-akhir ini Suju kurang JRENG gimana gitu, sudah mulai tertutupi oleh Exo.

    Dan menurut saya, kenapa kok EXO kayaknya nge JRENG bner, smentara Suju gaada heboh-hebohnya. Well, mungkin dia memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dia coba ke Suju (?) makanya dari kesalahan-kesalahan itu dia ciptain EXO, yang lebih Well-Presented gitu.

    Intinya, terima ajalah -.-
    SFS ini juga kurang nendang, sementara lagu suju yang lama juga monoton, repitisi semua.

    Baibai~

    ReplyDelete
  149. Sabar ya Bang Ron, orang jujur emang banyak cobaannya :D

    ReplyDelete
  150. Iron Maiden dan illuminati berkait??? fuck off blogger, you are drunk

    ReplyDelete
  151. Hmm~
    jadi menurut situ EXO perfect bangettt ya, sampe segitu banget kayaknya sama Super Juniorr .-. OH

    ReplyDelete
  152. Oke gue akuin bagus blog nya bikin ketawa.
    Hmm~ Tapi tolong gak usah sensitive juga kali ya sama Suju nya, ya emang lo suka Exo sama kayak gue tapi baru. Oya, cover CD album SFS nya itu kan Big like a book. From: ELF!

    ReplyDelete
  153. bang, gua bingung. Lu ELF ato antifans? Dulu diawal kau bilang ELF, sekarang kau bilang antifans.. (annoyingkoproltengahjalan)

    ReplyDelete
  154. Maaf, tpi saya sm sekli gak ber maksud jdi ustadz untuk nyadarin anda. :)



    Kid si pencuri

    ReplyDelete
  155. yang gambar 11 sama 1 gundukan 5+4 tiang = 9
    detik 00:10 Donghae udah pegangin celananya dari awal, detik ke 00:32 juga megangin celana, detik 00:37 juga
    detik 00:43 - 00:44 Kangin kaya bingung juga deh :/
    01:04 Hyuk megangin "anu"nya jadi inget MV MAMA yang pas, "saranghaji anheulka.."
    Liat 01:55 deh, yang dibelakangnya Hae posenya bikin gue ngakak xD
    02:15 abang Siwon ngeliat apaan nengok2 itu -_-v
    03:06 celananya Leeteuk ngegantung sendiri, yang lain celananya ampe bawah, celana Leeteuk kurang bahan kah? hahaha xD
    03:20 - 03:21 Kanginnya munculnya cepet banget, yang laen lama, kasian -_,-
    03:22 Donghae, lagi2 tangan itu -_-

    sori kalo salah, kan gue masih amatir -_-

    ReplyDelete
  156. AHJUSSI..
    #GAYA BANGET GUE PAKE BHS KOREA SEGALA
    SEBERNERNYA AHJUSSI INI ANTIFANS SUJU GK SICH...?????
    KATANYA TADI DI AWAL2 AHJUSSI INI BILANG ANTIFANS SUJU TPI NYAMPE DI TENGAH2 AHJUSSI BILANG #KENAPA? KARENA SAYA ADALAH FANS SUJU JUGA
    JADI BINGUNG DECH....
    SBG ELF GUE SIH GAK MASALAH TENTANG REVIEW INI...
    YAH....SEMOGA AJA REVIEW INI BISA MEMBUAT MV SUJU LEBIH BAIK LAGI
    YA NGGAK...???? YA NGGAK...????
    YA AJA DAH..............................HEHEHEHE

    ReplyDelete
  157. BETUL BGET TUCH YANG 01.55

    ReplyDelete