'Sexy, Free & Single' Music Video: Review Saya!

*
Sebagai Ustad Bacon, saya kembali memenuhi kewajiban sebagai seorang yang dikata antifans ganteng yang iseng banget sampe nontonin MV idol yang di-anti-in berjuta kali demi memberikan sebuah hiburan bagi anda-anda sekalian. Oh ternyata saya sekarang adalah seorang penghibur. Katanya ustad, gimana sih. Tapi hari ini akhirnya penantian panjang kita terjawab sudah.

Apa kabar saudara-saudara sekalian? Semoga dalam keadaan sehat walafiat. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kita kehadirat Tuhan yang Maha Kuasa, karena berkat-Nya lah kenyataan berkata bahwa MV Super Junior terbaru yang berjudul 'Sexy Free & Single' ini jauh dari harapan saya pribadi dan mungkin beberapa dari jamaah sekalian. Tiadalah daya upaya kita, kami, saya, sebagai manusia, kecuali atas pertolongan Tuhan yang membolak-balikkan hati konseptor MV tersebut. Walaupun sesak rasanya di dada, tapi yasudahlah... Dunia memang selalu tidak pernah adil untuk Super Junior (#PLETAKDONG). Disaat mereka banting tulang mengais rejeki menjadi tenaga kerja dari panggung ke panggung, mereka harus puas dengan MV yang begitu-begitu aja. Yang tembok-tembok aja. Yang item putih aja. Yang biasa-biasa aja.
*
Walaupun kemarin saya sempat heboh di review Teaser MV karena sepertinya lagu dan MV-nya akan lebih bagus dari Mr. Simple dan Bonamana (atau paling tidak sepantaran dengan Bonamana dan Don't Don), tapi sayang sekali saya harus menelan pil pahit kekecewaan itu. Maaf. Maaf sekali, Siwon, Donghae. Walaupun banyak yang bilang saya antifans, tapi ini bukan karena saya benci kalian, tapi karena saya sudah terlanjur diceburkan ke sumur curiga itu, jadi sebaiknya saya buka saja aib diantara kita ini.

Waktu pertama kali lagunya keluar, ekspektasi saya adalah K-Pop Dangdut. Kalau bisa Dangdut Koplo. Saya menyukai bagaimana telinga saya berkedut, bagaimana kaki saya bergetar, bagaimana rambut saya mengeriting, dan bagaimana jiwa saya memberontak ketika mendengarkan Electric Shock. Buat saya, setelah hati dan perasaan ini kering dan tandus akan lagu-lagu K-Pop Dangdut dari SM, Electric Shock membuat semuanya menjadi basah dan subur lagi. Dan saya mengharapkan hal yang sama terjadi pada telinga saya, pada kaki saya, pada rambut saya dan pada jiwa saya, ketika saya mendengarkan lagi 'Semok, Bebas & Jomblo' atau lebih di kenal dengan 'Sexy, Free & Single' untuk pertama kalinya. Tapi gagal. Saya tidak merasakan apa-apa. Saya tahu f(x) dan Super Junior adalah dua grup yang berbeda, dari segi musik dan jenis kelamin juga beda. Tapi harapan saya tidak lain adalah sebuah lagu yang membuat pinggul bergoyang. Itu saya.

Saya mencoba untuk meyakinkan diri saya bahwa perasaan seperti itu hanyalah sementara saja. Mungkin ketika saya mendengarkan kedua kali akan terdengar lebih baik di telinga dan lebih menyentuh kalbu. Tetapi saat saya mendengarkan untuk kedua kali, ketiga kali, keempat kali, kelima kali, keenam kali, dan batas minimal kali mendengarkan lagu agar menjadi adiktif untuk pertama kalinya buat saya pun sudah habis yaitu tujuh kali, saya masih tidak merasakan apa-apa. Saya masih hampa. Rasanya seperti ketika saya ulang tahun dan berharap ayah saya akan datang memberikan hadiah, tapi dia hanya datang membawa hutang. Rasanya seperti FPI yang merusak tempat-tempat ibadah orang-orang dengan tidak berperasaan. Berdosa sekali. Rasanya seperti itu.

Saya kecewa sekali. Mungkin beberapa dari saudara-saudara sekalian yang sudah mem-follow twitter saya (OH MY GOD GUE UDAH TEMBUS 2000 FOLLOWERS! ALHAMDULILLAH!!! <-- NORAK.) dan membaca beberapa kicauan saya di malam lagu itu rilis pada 1 juli 2012, sedikit mengerti bagaimana rasanya kecewa seperti itu. Walaupun banyak orang yang menyukai lagu ini karena 'beda' dari Mr. Simple dan Bonamana, karena 'menghilangkan' unsur bollywood-nya, karena sudah bukan K-Pop Dangdut lagi, tapi saya berbeda. Saya tidak menyukai itu. Saya merasa aneh. Saya merasa betek. Saya merasa ingin menyapu seluruh sudut dorm EXO dengan sepenuh jiwa dan raga.

Saya punya sedikit cerita. Saya akui dulu saya tidak menyukai Mr. Simple pada awalnya, karena menurut saya lagunya tidak terlalu menarik. Tapi belakangan malah lagu itu menjadi enak di dengar dan adiktif. Dari keseluruhan lagu high beat di album ke-5, yang saya sukai hanya Mr. Simple. Meskipun tetap saja, Bonamana adalah lagu favorit saya sepanjang sejarah. Diikuti oleh Sorry, Sorry. Dan dari ketiga lagu yang legendaris itu, jika dibandingkan dengan lagu untuk promo album ke-6 ini, tiga lagu sebelumnya jauh berada di atas lagu ini. Jauh. Menurut saya.

Super Junior kehilangan lirik adiktifnya di lagu ini. Sudah tidak ada lagi lirik yang diulang-ulang dan menurut saya itu patut di sayangkan. Sejujurnya ku katakan, sebuah lagu walaupun masuk dalam kategori tidak bagus (apapun genrenya) dapat dikatakan sukses ketika orang-orang yang bukan fans ataupun penikmat jenis musik itu, menyanyikan satu bait liriknya yang meskipun aneh dan tidak jelas, tapi melekat kuat di otak. Coba saya tanya jamaah sekalian, siapa yang tidak hapal lirik awal lagu Alamat Palsu Ayu Ting Ting?

"Bonche-manche bonche-manche"
, "bwara mr simple simple keteken keteken keteken moncor", "sorry sorry sorry sorry nuni busyo busyo busyo". Beberapa dari potongan lirik itulah yang tidak bisa dipungkiri lagi menjadi daya tarik dan daya jual lagu-lagu hits Super Junior. Itu yang terjadi pada Bonamana dan orang-orang di kampung saya, itu yang terjadi pada Mr. Simple dan alay-alay yang bermunculan, itu juga yang terjadi pada saya ketika Super Junior comeback dengan album Sorry Sorry. Dan di lagu terbaru ini, Super Junior kehilangan hal itu.

Tapi ya... itulah gunanya fans. Itulah gunanya perjalanan karir yang panjang. Meskipun pada akhirnya saya harus kecewa, tapi kembali lagi bahwa ini adalah Super Junior dan saya tidak akan bisa lepas dari manusia-manusia ini (dengan sangat menyesal). Dan pernyataan itu berujung seperti yang lalu-lalu. Bahwa, mungkin, sejelek apapun lagunya, sejauh apapun dari harapan, akan tetap saya dengarkan dan akan tetap coba saya sukai (karena tak ada yang bisa saya lakukan juga kan). Sejatinya fans adalah yang begitu. Menurut saya. Kalo jelek ya bilang jelek. Kalo nggak bagus ya bilang nggak bagus. Tapi ya tetep mendukung. Pada akhirnya kan baik juga. Walaupun mungkin sebenarnya di dalam lubuk hari saya lagu ini nggak jelek, cuma diluar ekspektasi saya saja. Itu yang membuatnya menjadi agak tidak menarik. Saya labil banget sih. Iya emang Ron baru sadar ya. Bahkan lo lupa kalo lo lagi jadi Ustad Bacon. Ya.... Demikianlah....

Buat saudara-saudara jamaah sekalian yang belom menonton MV-nya, silahkan bisa dilihat di bawah ini:

Super Junior 'Sexy, Free & Single' Music Video
*

*
Apakah kalian sudah pernah melihat cover albumnya? Kalau kemaren ada gosip cover albumnya juga akan dibuat individual seperti halnya pada Mr. Simple (yang sempat membuat galau juga) tapi toh akhirnya tidak jadi. Dan kalau misalnya kalian belom liat cover-nya, istigfarlah banyak-banyak. Karena kali ini cover album-nya sangat miskin ide. Kesannya jadi kayak album tahun 70-an. Lagu-lagu nostalgia gitu. Aduh gue nggak ngerti deh. Pas awal-awal ngeliat cover album ini langsung ngambil kesimpulan, "Covernya biasa aja, gimana isinya..." gitu. Parah banget kan otak gue. Jahat banget sama om om itu. #PLETAK #HUAKCIH
*
*
Gue nggak ngerti kenapa jadi kosong gini kesannya. Dari segi warna, okelah itu biru ya, tapi setahu gue warna fandom SJ nggak biru begitu deh. Kenapa kalo mau pake biru sekalian aja pake biru-nya fandom gitu kan. Trus dari segi font, astaga, bagusan font EXO kemana-mana yah #WAHAHAHAHAHAH ini mudah  banget ditiru makcoy. Sial. Nih, gue kasi liat tiruan yang gue bikin, walaupun nggak 100% sama, tapi paling nggak KW SUPER JUNIOR deh.

*
Lumayanlah itu buat penyegaran rohani ya gais, daripada lo pada heboh baca postingan detoktok.com (yang sejujurnya memang benar) trus lo pada nge-Bangsat-in orang, mendingan lo santai aja, dengerin lagu EXO, dan menggila bersama gue disini... Dan gue lupa kalau ini bukan lagi ngomongin EXO. ASSA~ Kembali fokus ke SUJU yuk! -------- (ceritanya napas bentar) -------- nah, gue pernah nge-tweet juga kalau misalnya lagu-lagu upbeat di album ke-6 ini nggak banyak yang bagus, mending lagunya ballad semua deh! Seperti biasa, di album 5jib juga gitu, lagu-lagu ballad-nya bagus-bagus. Banyak yang gue suka dan banyak yang pas pertama kali denger langsung jatuh cinta. Itu yang nggak terjadi sama lagu 'Sexy, Free & Single' ini. Ya kayak yang gue bilang di atas tadi. Nah, ini dia track yang ada di album ke-6 Super Junior. Yang warna merah adalah yang gue rekomendasikan untuk di sukai, yang warna biru berarti lumayan, yang warna item berarti biasa aja:
*
  • Sexy, Free & Single
  • 너로부터 (From U)
  • 걸리버 (Gulliver)
  • 언젠가는 (Someday)
  • NOW
  • Rockstar
  • 달콤씁쓸 (Bittersweet)
  • 빠삐용 (Butterfly)
  • 머문다 (Daydream)
  • 헤어지는 날 (A 'Good' bye)
Entah kenapa kayaknya gue lebih milih Papillon (Butterfly) itu sebagai lagu comeback. Lebih asik dan lebih seru ngedengerinnya dibandingkan track pertama. Hmmm... Dan lagu From U itu bukannya nggak bagus sih, cuma nggak fresh aja karena itu kan track lama tapi nggak pernah masuk album. Harusnya spot nomor dua itu diganti sama track baru, dan From U itu dijadikan bonus track kayak pas Perfection dulu. Selanjutnya masalah lagu mungkin akan gue bikin di postingan terpisah yaaa.... Biar disini fokus ke MV aja :D LETS START!

#1 Kita mulai dari detik pertama ya. Kalau kemaren gue merasa aneh dengan kondisi set jalan raya yang amburadul dengan gundukkan di sana sini, sekarang gue ngerti mau-nya MV ini kayak gimana.

Oke. Jadi, masih inget dengan adegan yang di awal teaser? Yap. Gue sempat bilang itu adegan kaca pecah tapi ternyata itu sama sekali bukan kaca melainkan rangkaian dari hmmm batang-batang besi (atau magnet batangan bisa jadi--hedeh magnet besi juga sih). Nah, kalau mau dikaitkan dengan kondisi jalan raya yang amburadul itu, semacem telah terjadi gempa gitu loh. Gempa ini menghancurkan semuanya. Menghancurkan sendi-sendi kehidupan. Tapi trus ada juga gambar dimana si batang-batang besi itu bersatu kembali. Kalau dikaitin sama lirik yang, "It’s just something everyone would experience once. We fail, We lose, To win. Don’t be afraid." Itu semacem pengen bilang, "Kalopun sekarang lo hancur, ya udah, jadiin pengalaman aja, karena suatu saat nanti lo akan kuat dan menang lagi. Yang hancur akan menyatu lagi dan menjadikan lo lebih tegar." Gitu. Jadi bisa disimpulkan kalau gundukkan-gundukkan jalan itu semacam cobaan hidup gitu karena hidup nggak selamanya mulus-mulus aja kan. Trus juga kadang jalannua jadi gajelas dan malah ribet. Coba deh perhatiin, ternyata yang di belakang tower itu sebenarnya adalah set jalan juga :)
*
*
Karena lagunya juga setipe Mr. Simple yang ngasi semangat, jadi makna-nya lumayan ngena :) Seneng deh gimana SM membuat set yang kayak gitu walaupun kesannya kok berantakan tapi ada meaning-nya juga. Walaupun itu analisa bego gue sih. Kkk~ Mungkin itu tiang yang ada di belakang konotasinya bisa tujuan hidup lo sih. Harus lurus. Sebengkok apapun jalannya, lo harus fokus di jalan lurus itu. Gitu.

#2 Kalau kalian perhatin baik-baik, di baju Leeteuk pas di set jalanan-abis-gempa, itu ada gambar cewek naked. Iya. Leeteuk emang udah dewasa, mau pake baju gambar cewek tanpa busana sih terserah dia, tapi kan di luar sana banyak fans labil yang labil. Hahahahah... Harusnya Leeteuk mempertimbangkan fans anak-anak disini dan fans wanita. Kamu jahat, kak. Kamu jahat!
*

#2 Ada nama-nama band asal Inggris yang ada di MV ini. Yang pertama itu "The Sex Pistols" dan yang kedua "Iron Maiden". Yang pertama itu alirannya punk, kalau yang kedua alirannya heavy metal. Sungmin & Yesung make baju bertuliskan "The Sex Pistols" dan Yesung sendiri make baju bertuliskan "Iron Maiden". Cek 00:27 sama 02:59. Pemilihan ini pun nggak asal-asalan sih kayaknya. Karena biasanya aliran-aliran punk-rock-metal itu kan deket sama Illuminati. Mungkin dari situ SM mau nyebarin illuminatinya. Mungkin. Who knows? And who cares?
*
*
#3 Menit 01:30, ini cepet banget nih, kalo gak perhatian nggak akan keliatan, beneran deh. Itu kan gerakannya semua member harusnya sama. Giliran dari barisan depan, terus tengah, terus belakang. Barisan pertama sih nggak ada masalah ya. Eunhyuk, Sungmin, Donghae gitu. EunHae kan main dancer pastinya gak ada masalah sama dance. Untungnya sih Sungmin bisa mengimbangi. Tapi coba liat yang di barisan tengah. Gerakannya sih maksudnya sama, tapi entah kenapa, bagian tangan yang agak-agak beda bentuknya. Coba liat gerakan EunHaeMin yang ini (gak sampe sedetik sebelum menit yang gue maksud) dan jadikan patokan (karena dua diantara mereka dalan main dancer, jadi kalo dijadiin patokan kayaknya bagus gitu). Tangannya kan lurus kesamping kayak gini.
*

*
Sekarang coba liat barisan tengah, Siwon, Ryeowook, Shindong, Leeteuk. Oke, mungkin disitu ada Shindong, tapi kenapa ya justru dia juga kayaknya beda gitu bentuk tangannya. Hahahaha Ini adalah gerakan selanjutnya dari gambar diatas ketika barisan depan persiapan memutar badan (dan dilanjutkan oleh barisan belakang)
*
*
Bentuk tangannya nggak lurus kayak Siwon dan EunHaeMin yang di gerakan sebelumnya. Ciyeee Siwon tumben-tumbenan melakukan hal benar. Ahem. Ryeowook juga lumayan sih oke tapi Shindong sama Teukities kenapa bentuk tangannya jadi kayak nggak sinkron sama yang lain gitu sih. Hahahah Awalnya gue pikir ini karena efek di pause kali jadi keliatan beda. Tapi setelah di ulang-ulang ternyata nggak loh beneran itu emang beda bentuk tangannya. Trus nggak cuma tangan, kakinya juga beda. Ada yang niat banget loncat, ada yang niat banget ngangkang, ada yang sekedarnya, ada yang karena udah terlanjur ngambil langkah lebar jadi ngikutin langkah yang sebelumnya dan lain lain dan lain lain.

Padahal kalau misalnya dilihat secara nggak serius, dance di MV ini sinkronisasinya bagus banget loh! :p Jadi jangan nonton terlalu serius ya supaya MV nya tetep bagus.

#4 God Bless Kangin karena ini adalah MV pertamanya setelah dia kembali dari wamil. Mungkin karena terlalu sering berhadapan dengan laki-laki lain yang tak berkemampuan dance, dia jadi awkward gitu nih dance-nya. Keliatan di beberapa gerakan dia entah bingung mau menyamakan gerakan dengan yang lain, atau memang sebenarnya dia nggak paham gimana seharusnya bergerak, atau memang karena ini Kangin jadi dia nggak peduli mau ngapain aja terserah dia? Hahahah... Coba liat bagian yang dia angkat kaki dan nepok lutut disini:
*

*
Keliatan banget kan coy ragu-ragunya. Yang lain kayaknya udah oke gitu tapi Kangin malah, "Oh sekarang tepok lutut. Oke tepok!" kayak gitu. Mana member yang ada di depannya itu Shindong lagi. Hahahahahah Jomplangnya berasa men. Trus liat lagi bagian yang pas setelah reff, perhatiin kepalanya Shindong yang udah kayak Sunny di Paparazzi (cek MV-nya, gifnya gak ada nih kegedean :p) kalo nggak liat kepalanya Sungmin sama Ryeowook deh, walaupun nggak kayak Shindong tapi paling nggak kita berkeyakinan itu kepala memang bergerak, trus liat gimana Kangin menggerakkan kepalanya:

*
Kalo dipikir-pikir sih emang mungkin karena persiapannya yang agak kurang ya. Itu kalau misalnya mau positif thinking, kalau mau jahat, ya emang Kangin males gerak. Udah gitu aja. #JDAAAR Another awkward dance-nya Kangin di 01:30 - 01:32.

#4 Ada yang perhatiin gak kesamaan dance Sherlock, Electric Shock sama Sexy Free & Single? Gak ada? Pasti gak ada kan. Iya emang cuma gue doang yang selama ini perhatian sama mereka. Kurang antifans apa lagi gue tuh. #PLETAKDONG Ahem. Kalau diperhatiin, Sherlock, Electric Shock dan MV Suju yang baru ini dance-nya sama-sama makan tempat banget. Formasinya nggak lagi cuma berbaris, segitiga, berbaris, segitiga. Nah pasti semua pada tahu dong sama dance Sherlock-nya SHINee yang pas part "I'm so curious yeah!" itu? Lihat kan gimana formasi mereka harus lompat kodok ke pojokan dengan langkah besar-besar? Nah itu dia yang maksud gue makan tempat. Bagus sih, jadi lebih ada penguasaan panggung (hayah bahasa lo sampah Ron, Ron... lo pikir ini artis mana  yang kurang nguasain panggung....) Dan gerakan disini:

*
Sedikit mengingatkan gue sama gerakan awal di Electric Shock yang mereka juga membentuk formasi lingkaran walaupun gerakannya jelas beda. Cuma formasi lingkarannya aja yang gue bilang sejenis. Sama sama melingkar. Soalnya kan kalau yang dulu-dulu mereka selalu memulai dance dengan satu garis lurus, segitiga, dan semacemnya.
*
*
#5 Masih inget dengan adegan celana kebesaran dan melorot Lee Donghae? Kkk~ Banyak yang bilang itu memang style-nya dia sih. Entahlah ya gue gak pernah bener-bener merhatiin Donghae di MV sebelum-sebelumnya (bohong). Mas-mas yang katanya main dancer ini juga bergeraknya suka beda loh sama yang lain. Di detik 00:36 sampai 00:38, ada gerakan di mana formasinya Kyuhyun jadi center, trus di belakang Kyuhyun ada Siwon & Sungmin, di samping Siwon ada Yesung dan di samping Sungmin ada Donghae (please lihat MV nya juga biar jelas. Nyuruh nyuruh.) Nah coba deh perhatiin gerakan itu dari awal shot mereka dengan formasi itu. Perhatiin tangan Yesung dan tangan Donghae. Tangan Yesung dari awal udah ada di bahu Siwon sementara tangan Donghae baru naik belakangan ke bahu Sungmin. Trus itu orang udah naiknya udah belakangan, turunnya paling cepet lagi gara-gara udah ganti formasi. Padahal gerakan yang dilakukan Yesung juga sama, tapi tangan Yesung tetep ada di bahu Siwon sampai ganti formasi dan posisi kamera berubah. .___. annoying gak sih mas mas itu.
*

*
Kemungkinannya sih ada dua: Yesung emang keasikan megang bahu Siwon. Atau Donghae yang keasikan megang paha-nya sendiri. Tangan Yesung masih ada disitu sampai formasi berubah.
*
*
#6 Masih ada lagi nih gerakan yang Donghae-nya fly, mabok, beda sendiri sama yang lain. Di menit 02:10. Nggak sampe sedetik pas liriknya, "Sexy sexy sexy..." dan mereka memaju-mundurkan dan menaik-turunkan pinggul mereka ke depan. Liat dong posisi member lain tangannya gerak kayak lagi mau mompa sesuatu, tapi Donghae malah naruh tangannya di antara anunya. Yah anu itu loh. Anu. Terserah Donghae. Kalo gak jelas klik aja gambarnya untuk memperbesar atau nonton MVnya lagi. Sok atuh.


#7 Kalau pas di teaser ternyata Kangin gak muncul di adegan terbang-terbang, akhirnya dia ada juga di situ :D Kangin muncul dari perut bumi dengan perut besarnya yuhuuuu. Sayang banget sih pas kemaren di teaser dia-nya nggak ada karena terlalu cepat di cut-nya. Soalnya timing munculnya juga paling terakhir jadi mungkin untuk efisiensi waktu akhirnya bagian itu di cut.
*

*
#8 Gak tau kenapa ya kok sekarang jadi keliatan banget ini di mata gerakan dance yang beda-beda gitu? Kalau tadi Kangin dan Donghae (dan Yesung--coba baca review teaser), sekarang Ryeowook nih. Posisinya emang paling belakang, mungkin mikirnya nggak keliatan kali ya. Hah. Dia nggak tau apa mata gue setajem silet. #kemudianhening Entah itu dia lagi perbaikin retsleting yang kebuka atau gimana entahlah. Coba cek 02:18 - 02:19.
*
*
#9 00.28. Donghae kayaknya butuh gaya yang lain deh. Ini gaya berulang terus dari kapan tau yak. Ini sama halnya dengan SHINee di Ring Ding Dong pake gaya ngelap-ngelap iler yang diulang-ulang. Nggak ngerti deh apakah mereka emang ileran atau gimana. YA! DONGHAE-YA! CARI GAYA LAIN! Ini gue jadi inget Suho di History sama MAMA. Nanti kalau ada MV baru Suho masih nonjok-nonjok kamera, gue tonjok juga dia kakak itu. #hloh Itu caps dari MV ini, Mr. Simple sama Opera Japan.
*

*
#10 Perasaan ya di TV banyak banget produk Home Shopping dari Korea yang bisa membersihkan noda sebandel apapun. Lah ini kenapa orang Korea yang bikin MV membiarkan lantai sekotor itu sih. Mending kotor trus nggak keliatan, lah ini keliatannya jelas banget loh ya .___. Sedih. Suju dikotori. Suju dinodai. Suju sudah tak suci lagi. Oh Tuhan.... Ampun. Tuh keliatan banget di detik 00:40 coy. Hedeh. Sini gue aja apa  yang ngelamar kerja jadi cleaning service? Rela deh asal setiap syuting MV gue ada. WAKWAKW
*
*
#11 Pada perhatiin kaki Baekhyun gak? Gak? Duh kenapa sih nggak ada yang nyadar kalo disini ada banyak sekali Baekhyun :( Coba deh perhatiin tiang-tiang lampu jalan yang ada di setting gempa-bumi. Itu semua tiangnya nggak ada yang mulus lurus loh. Tapi patah-patah gitu :) Jadi ceritanya karena gempar, tiangnya patah. Aneh juga sih. Harusnya kan tumbang. Terserahlah. Kan FREE. BEBAS. ---- hening --- oh jadi Baekhyun = Lampu jalan? Iya. Yang fans EXO pasti ngerti maksudnya apa. Kalo bukan fans EXO, yaudah, ngefans gih. Seru loh fandomnya. #kalem
*

*
#12 Ada tangga gaib di 01:38. Lantai di atas tempat member berdiri menuju langit-langit ada tangga, tapi dari tempat member berdiri menuju lantai di atasnya tangganya malah nggak ada. Hihihi... Kecuali mereka bisa terbang kayak member---ah udah ah nanti ada yang ngamuk lagi SUJU dikait-kaitin sama member EXO. Nah kesebut juga kan. Pffftttt... Itu tangga gaib juga ada di MV Sherlock. Trus kalo set dengan menggunakan tangga di MV yang lain ada di MV Opera Jepang.
*
*
#13 Kalo kemaren gue bilang hanya Eunhyuk yang pake tali sepatu warna hitam, dengan sangat menyesal gue katakan kalau gue salah. Ternyata Kangin juga pake tali sepatu warna hitam. Hihihihi Coba cek shot dance yang background-nya logo EXO. *Yang mana tuh? Kayaknya semuanya ada EXO-nya Ron* *Iya Ron* *Aduh jangan ngaitin EXO sama SUJU dong! Bagusan SUJU kemana-mana* *Iya Ron* *Udah diem aja*
*
#14
Kyuhyun, aku gak ngerti Kyuhyun, aku bener-bener nggak ngerti sama kamu. Itu solo shoot kamu di detik 00:40 kenapa sih kamu harus make Bunga Rafflessia Arlodi gitu di leher kamu, Kyu? Apa kamu sudah gila? Apa kamu tidak tahu bahwa ada bunga yang lebih wangi daripada bunga itu di dunia ini? Apakah kamu tidak tahu kalau bunga melati itu baunya enak? Atau kamu takut dibilang Titisan Susana makanya nggak pake bunga melati? HAH? JAWAB KYU JAWAB! *drama*

*
Aku ngerti kamu mungkin pengen ngikutin gaya-gaya Big Bang di MV Monster ya Kyu? IYA KAN?! JAWAB AKU KYUHYUN JAWAB! KENAPA SIH KAMU MEMBISU?! KAMU GAK PUNYA MULUT APA?! HAH?! -______- "Capek Ron bacanya..." "Iya... Maaf ya..." "Jadi itu sebenarnya Kyuhyun lagi kedinginan Ron. Atau abis di cupang siapa gitu makanya lehernya ditutupin bunga rafflesia gitu. Atau jangan-jangan.... emang mau ngikutin Big Bang Ron?" "Gak tau gue. Jangan bandingin sama Big Bang deh. Sama EXO yang satu perusahaan banyak yang ngamuk, apalagi sama Big Bang." "Tapi kan EXO rookie Ron, masa dibandingin sama EXO!" "Ya Tapi kan Big Bang sama SuJu genre nya juga beda musiknya. Nggak bisa juga dong dibandingin sama Big Bang." Aduh jadi ini sebenarnya percakapan siapa sama siapa sih. Udah bubar bubar!
*
*
#15 Coba lihat ending pose mereka di detik terakhir sebelum fade-to-black. Posisi kakinya beda lagi tuh. Ada yang napak bumi, ada yang kakinya satu napak satu posisi jinjit.

*
#16 Ada 34 zebra cross yang ada di sekitar posisi dance mereka di setting gempa bumi. Masing-masing sembilan ada di depan, sembilan ada di belakang, delapan di kiri dan delapan di kanan. Kalau kalian iseng, itung aja sendiri. Sekalian titip itungin ada berapa banyak logo segi enam-nya EXO disitu ya. Makasih loh.*
*

#17
Ada yang butuh sikat kawat buat bersihin pantat penggorengan? Silahkan itu dipinjem coba asesoris di kepala Sungmin. Berguna banget kayaknya. Bisa juga digunakan untuk mengupas kelapa dan membersihkan serabut kelapanya. Memecahkan telur. Menggaruk bagian tubuh yang tak terjangkau ketika gatal. FREE kok. FREE.

*
#18 Donghae sedang nggak pengen dipeluk ya kayaknya di MV ini. Lagi un-peluk-able gitu. Coba siapa yang berani meluk Donghae dengan landak-landak berduri bertebaran di depannya? Kalo masokis sih pasti mau. Apalagi kalau kalian terobsesi dengan hubungan percintaan yang penuh warna. Berdarah maksud gue. Warna merah. Bocor dari badan lo sendiri.
*

*
#19
Ada yang merhatiin gambar ini gak sih?
**
*
Bukan Kyuhyun-nya yang mangap kayak abis nonton film Ringu, bukan. Tapi itu, kancing baju yang putih diantara lautan nestapa hitam. Entah kenapa waktu nonton adegan ini perhatian gue selalu ke kancing baju itu. Kkk~ hilang fokus. Tapi mencolok sih. Ada yang juga merhatiin kancing bajunya? Gue yakin nggak ada. Kalian semua kan dibutakan oleh mas mas galau jodoh itu. Cih.
*

#20 Ketika gue melihat kalung yang di pakai Ryeowook di menit 01:00, gue jadi kembali inget sama si Baphomet itu. Kalungnya bentuknya tanduk sih. Salah satu simbol iluminati juga katanya. Kalau misalnya kalian liat MV nya 2NE1 yang I Am The Best, disitu tanduknya lebih besar lagi tuh yang dipake sama mbak CL. Kalian ngerti kan kenapa tanduk ini jadi bermasalah? Kalau nggak ngerti, abaikan saja ya chingu. #CIYEEEEH #CHINGU

#21 Kalau gue bilang MV ini agak-agak ke Don't Don, mungkin karena model rambut Sungmin. Hmmm... gue suka rambutnya dia di Don't Don (dan suka rambut Key di Lucifer) dan mungkin suasana rambut pirang itu yang membawa gue ke suasana Don't Don ketika nonton MV ini. Dan kalau dibilang MV ini mirip Bonamana... Hmmm... mungkin karena kostum hitamnya (sekali lagi seperti yang udah gue bilang di review Teaser). Tapi kalau dari Background yang ini:
*
*
Kalau dibilang ini mirip sama Bonamana... Hmmm... mirip sih. Sama-sama miskin. Tapi kalo dibilang sama nggak sama sama juga. Bonamana itu banyakan maenan lampu. Disini lampunya nggak maen, cuma flat biasa gitu doang. Kemaren gue sempat bilang kan akan kayak Bonamana dan Don't Don. Itu sih sebenarnya harapan gue ke lagunya. Tapi karena lagunya nggak begitu oke. Jadi harapan gue pupus deh ah.

Untuk membandingkan dengan Bonamana:

*
#22 Lirik yang jadi andelan di lagu ini adalah, "Sexy Free & Single I'm ready too, Bingo!" Gue awalnya nggak ngerti, tapi sekarang udah ngerti. Hehehe... Awalnya akan gue pikir liriknya itu, "Sexy Free & Single I'm ready to mingle." yang kurang lebih kalau di Indonesiakan jadi, "Gue semok, gue bebas, gue jomblo, gue siap gaul." Gitu. Nah kalau lirik aslinya yang BINGO ini, nggak bisa diartikan secara satu kalimat itu aja tapi harus dilihat secara keseluruhan lirik lagunya. Kurang lebih kan lagunya tentang move on, memberikan semangat, siap-siap buat berubah gitu. Nah ada lirik awal yang,
*
Every single day I try, I really am almost there
We get closer to a good time, Say goodbye to all the hardships.
Sexy, Free & Single now the preparation is complete.
Sexy, Free & Single I’m ready too, Bingo

*
Lirik preparation is complete itu yang kemudian nyambung ke lirik Bingo-nya. Jadi gue udah semok, udah bebas, mana jomblo pula. Yes, Bingo! Gue siap buat move on. Bingo! Gitu... (Seriusan ini adalah cara yang oke buat menyukai sebuah lagu dan dalam proses menulis review ini gue sudah hapal lagunya. Hahahaha) Dan ternyata TO dan TOO itu maknanya sangat berbeda. Emang.

#23 Lagi-lagi ada Inggrisnya, kalau tadi itu ada grup asal Inggris, di MV juga ada bendera Inggris. Yesung ini sebenarnya nationality-nya apa sih.

#24 Cuma Leeteuk yang pakai kalung di setting gempa-bumi. Sama halnya dengan cuma Eunhyuk yang pake kacamata item. Untungnya sih dia masih bisa dance dengan baik ya dan nggak nabrak-nabrak. Dan hey! Gerakan tangannya Leeteuk juga beda sendiri. Yang lain Huruf A dia huruf V. Alias Segitiga dan segitiga terbalik. NAH LOH HAHAHA kalo digabungin jadi simbol yahudi tuh.
*
*
#25 Detik 01:03 keliatan disitu rambut Eunhyuk ada rona rona warna biru dan di detik yang sama rambut Shindong ada warna pink-nya. Shindong SONE banget sih ih :3

*
#26 Gerakan loncat di 01:29 sampe 01:30 itu mengingatkan gue pada gerakan Soto Haji Aneulka-nya MAMA. Entahlah.

#27 Ada 15 kali kata SEXY di ucapkan dalam lirik lagu, 10 kali kata FREE, dan 9 kali kata SINGLE.

#28 Ada 64 batang besi yang ada di gambar ini. 6+4 = 10 member. Wow. Pinter ya gue. #CUIH Semoga kali ini matematika gue gak salah.
*
*
#29 Bisakah kalian percaya ini? Eunhyuk dan Shindong nggak punya shot pake jas item dan kemeja putih itu :O Padahal yang lainnya ada. Ini detik dimana member lain muncul dengan jas item dan kemeja putih (ada juga member yang muncul lebih dari sekali):
**
*
#30 Ada 4 jentikkan jari di sepanjang lagu dalam MV. Di menit 01:39 dua kali dan 02:15 dua kali.

#31 Adegan dance yang paling gue suka adalah waktu member berbaris kemudian menyebar dan berujung di Siwon dan Kangin di 02:22. Kesannya kayak cheerleaders gitu. Om-om galau jodoh pun ber-cheerleaders ria :D

Gimana-gimana? Apa kalian menemukan sesuatu yang menarik lagi? Just leave comments yaaa!! :D Hopefully gue bisa mengadakan kuis berhadiah 6Jib nanti. Coba doakan gitu biar dapat rejeki melimpah. Kan sama-sama bahagia jadinya. Hehehe...

Keliatan banget kelabilan gue di postingan kali ini. Dan memang, pada akhirnya gue akan menyukai lagu ini, gue udah bilang kan? Ya gimana nggak suka coba ini gue nonton dari jam dua siang kemaren sampai jam setengah sepuluh hari ini di potong waktu itu dari jam 12 malem sampai jam 5:30 pagi. Kalo di total itu bisa berapa jam ya? Hmmm... sekitar delapan atau sembilan jam lah. Bagi deh tuh sama durasi MV yang 3 menit 47 detik. Hahahah Sebanyak itulah gue menonton. Bahkan gue sendiri nggak percaya.

Dan kalau ada yang komentar soal, "Kok Kangin munculnya sedikit sih di MV?" yah tolonglah mengerti keadaan dunia ini. 10 member itu kan satu grup yah, jadi ya tampil dan munculnya harus di bagi-bagilah. Sesuka suka sutradara dan editor. Kalau misalnya Kangin tiba-tiba muncul 3 menit full, bosen juga kali ngeliatnya coy. Ini SUJU atau solo MV nya Kangin? Kan jadinya kayak gitu.... :p

Okelah. Semoga kita bisa bertemu di MV selanjutnya yaaaah :D Have a good day guys! Mari mendukung Super Junior dan 6Jib-nya! Uyeeee :D

"Loh Ron bukannya lo antifans SUJU?"

"Iya. Gue lupa."

#TELEPORT





Credit for English Lyric www.kpoplyrics.net


Related Post:
6Jib Teaser Images
*
| EUNHYUK | DONGHAE | WOOK, DONG, YESUNG, TEUK | MIN, IN, WON, KYU |

6Jib Teaser REVIEW

SPY MV REVIEW



"GRAB YOUR CHANCE TO GET EXO MERCHANDISE ! JOIN EXO GIVEAWAY ! CLICK HERE FOR DETAILS!
"

Share:

211 komentar