Super Junior S.P.Y Music Video: Review Saya!

WARNING: YANG BACA RAWAN SAKIT HATI. CHU~ :3

Hahaha maafin kalau misalnya postingan kali ini dimulai dengan kalimat berwarna merah dan ditulis dengan huruf kapital tapi tidak menghilangkan kesan kece-mece-bleketepe gue ya. Fufufu~ Semalem sempat heboh sih waktu baca tweet-tweet dari beberapa anak peri yang kayaknya gatel banget pengen ngebakar blog gue (itupun kalo mereka bisa bakar blog nggak tau dengan cara apa, keren gak sih bakar blog) karena ngebaca postingan Semok, Bebas & Jomblo yang bisa dibilang udah lumayan basi sih karena sekarang sudah jaman BoA gitu loh ya. Ah tapi nggak akan basi sih kalo menurut gue, sampai kiamat juga yang namanya fans labil pasti akan ada. Kan day by day orang semakin dewasa, yang labil jadi stabil, dan generasi labil baru bermunculan. Tapi semoga saja mata mereka cepat terbuka. Hahaha... Nggak becanda kok gue. Nggak ada yang berhak ngelarang mereka buat ngomong juga kan. Gue menulis pendapat gue tentang MV Sexy Free & Single di kaoskakibau.com dan mereka menulis pendapat mereka tentang tulisan gue ini di twitter. Sah-sah aja. Orang gue aja bebas komentarin idola mereka, masa mereka gak boleh komentarin orang yang berkomentar soal idola mereka? Anggap aja itu pembenaran dan pembelaan mereka. Dan inilah pembelaan gue: GUE BUKAN ANTIFANS, GUE BUKAN HATERS SUJU, GUE NULIS APA YANG GUE LIAT DAN APA YANG PENGEN GUE TULIS, GUE TAKUT TOKEK. PAKE PINK LAGI OKE. Sip :) Jadi mulai sekarang, yuk kita peluk-pelukan sama haters yuk :) Secara nggak sadar haters lah yang membuat SNSD juga lebih terkenal dari SUJU #DOR #PLETAK Tapi tetep dong SONE selalu ada di depan haters itu :p
*

*
Oh belom nyapa ya? HALO APA KABAR?! Semoga semuanya baik-baik saja. Sejak SM menggelar SM.ART Exhibition di COEX ini kayaknya semua orang jadi pada fokus kesana ya? Jadi pada lupa kalau SPY belom di upload ke YouTube. Bahkan SUJU-nya udah perform tiga atau empat kali gitu di acara musik. Hmmm... Sempat berhembus kabar burung, nggak tau burungnya siapa yang ngasi kabar, kalo MV SPY ini batal dirilis karena nggak lulus sensor. Yang bikin gue bingung, KOK BISA? 1. MV ini dirilis di YouTube yang Hell-to-the-O video porno banyak disitu, 2. Nggak lulus sensor bagian mananya? Pistol? HOOT apa kabar? Drama-drama yang berdarah-darah macem Athena, Poseidon, Iris apa kabar? 3. Terlalu vulgar? Aduh bagian mananya sih... Kalo mau ngomong vulgar harusnya Siwon dibekep dari dulu.

Nah kan gue juga bingung itu sebenarnya kabar nggak lulus sensor dari mana. Kalopun misalnya nih MV itu bakalan tayang di TV, ya paling nggak kan YouTube udah naik dulu lah, masalah mau dilarang ditayangin di TV itu masalah nanti. Toh fans Korea juga bisa nonton kan via YouTube gak mesti lewat TV gitu loh. Tapi ya mungkin pemerintah Korea juga menyensor semua konten yang naik ke YouTube kali ya... Mungkin ada peraturan kayak gitu... Entahlah...

Tapi seperti yang udah gue tweet beberapa jam sebelum MV itu dirilis, gue sih curiganya kenapa kemaren itu di-pending rilisnya bisa jadi karena: satu, SM.ART Exhibition itu. Orang-orang (staff SM dan segala pegawai) sibuk fokus kesitu. Itu adalah sebuah acara yang berskala nasional dan bener-bener spektakuler (kalo liat dari foto-foto yang dipamerin dan juga fancam sih keliatan gitu) jadi jelas butuh banyak sekali orang disana. Abaikanlah masalah kekurangan staff untuk upload video ya, sambil tidur juga bisa sebenarnya. Lebih kepada supaya perhatian nggak terpecah aja sih. Jadi orang-orang bisa fokus-nya ke satu hal dulu. Di SM.ART Exhibition itu kan banyak banget pada akhirnya MV yang dibocorin dengan versi berbeda (MAMA & History misalnya). Berapa banyak perhatian akan tersedot kesitu dan takutnya nanti malah nggak ada yang perhatiin si SPY ini. 

Alasan kedua karena SUJU terlalu cepet comeback lagi dengan album repackaged sehingga harus tumpang tindih dengan BoA. Beda hal sama SHINee dan EXO kemaren kan. Ketika EXO yang notabene-nya rookie, SHINee harus ngalah dan beruntung mereka memang sedang mempersiapkan promo Jepang mereka dan EXO debut, mereka cabut ke Jepang. Nah yang kasus SUJU dan BoA ini salah tingkah juga kayaknya SM. Leeteuk akan wamil di bulan Oktober (kalo gue gak salah inget info dari Icha), Sexy, Free & Single promo lumayan cepet kelarnya dan BoA comeback segera setelah SFS kelar. Tapi belom kelar BoA promo 1 single, SJ udah balik lagi. Jelas alasannya karena ngejer target. Disaat yang sama BoA juga nggak bisa nunggu lama-lama karena mungkin nanti akan ada promo film hollywood-nya itu dan dia harus cabut ke Amrik lagi. Akhirnya DOR! harus sepanggung. Nggak apa-apa sih sebenarnya, karena itu artinya nanti SNSD nggak akan bentrok sama siapapun pas comeback hehe cuma ya tetep aja agak kejer-kejeran dan kesannya buru-buru banget sih. Dan sampai sekarang gue masih kecewa dengan lagu-lagu di album BoA yang jauh lebih sedikit ketimbang SUJU dan repackaged-nya!

Alasan ketiga masih berkaitan sama BoA. Kalo misalnya SPY dirilis sementara BoA baru aja rilis MV dua versi, BoA akan kehilangan view di YouTube. Sekali lagi ini bukan masalah besar sih, karena satu orang bisa view beberapa kali video yang sama dan terhitung sebagai berkali-kali juga di counter YouTube-nya. Tapi kalau dibandingkan dengan SFS, Only One nya BoA termasuk miskin viewer. 10 juta berbanding 800 ribu. Kasian kan.... Bisa jadi karena SM pengen orang yang ngecek YouTube mereka ini mikir, "Oh SUJU belom, eh ada BoA, yaudah liat BoA dulu aja deh..." Paling nggak gitu.

Kalau gue ngomong asal, yaudah diabaikan aja. Sip sip sip.

NAH! SPY akhirnya rilis dan TERERET~TER~~~ CROOOT~~~ itulah yang terdengar di telinga gue pertama kali denger intro-nya. Ini sebenarnya SUJU lagi krisis identitas atau gimana sih? Selain galau jodoh sekarang berkembang ke krisis identitas juga, gitu? Teaser MV SPY waktu keluar, beuh, seperti biasa, HIGH EXPECTATION dengan MV-nya. Terlebih lagi dengan konsep SPY dan musik ala-ala James Bond begitu. Dalem otak gue, "Wah pasti Siwon bakalan keren nih megang pistol. Pasti ada efek meledak-ledak eksotis! Pasti bakalan oke banget nih!" 

Itu pikiran pas liat Teaser. Pas nonton MVnya....

Kemudian close tab.

WHAT IS THAT?! WHAT WHAT WHAT?! Bahkan singkatan SPY buatan gue lebih heboh daripada MV itu. HAHAHAHA jujur saja beneran terlalu biasa. Kalo kemaren ngeliat SFS dan bilang SFS biasa aja, sekarang SPY DOUBLE BIASA. Kalo kemaren bilang Bonamana hanya tembok polos, SPY lebih polos lagi. Kasian banget sama SUJU beneran deh kasian :( Kenapa sih... Kenapa?!

Jadi sebenarnya MV-nya itu kayak gini loh:
*

*
Buat gue, versi B dan repackaged sebenarnya bukan hanya sebuah trik untuk mendapatkan uang hasil penjualan CD lebih banyak setelah album versi A keluar. Khususnya untuk repackaged, ini sebenarnya juga sebuah cara untuk memperbaiki kualitas yang kurang di promo single versi A. Walaupun bisa dikatakan sukses, tapi Sexy Free & Single jauh diluar ekspektasi banyak orang (bukan yang fanatik Suju karena biasanya kalo fanatik akan jadi bias--orang-orang ini sebut saja pemerhati K-Pop). Boleh bilang gue juga lumayan kecewa dengan SFS. Dan waktu itu gue sempat bilang di twitter kalo gue akan sangat menunggu-nunggu repackaged karena kembali lagi ke kalimat gue di awal paragraf ini, "Semoga bisa memperbaiki apa yang kurang di SFS."

It's You adalah repackaged yang paling sukses di kepala gue sepanjang gue ngefans sama SUJU. Disusul dengan No Other semakin hebohlah dunia. Tapi A-Cha membuat semuanya jadi krik krik. A-Cha sama sekali nggak ngena di hati. Oke, cukuplah mungkin satu repackaged aja yang terkesan "biasa aja" atau "gagal diterima hati" jangan sampai nanti di album berikutnya jadi kecewa juga. Dan ketika SPY keluar, gue jadi dilema sih jujur aja. Antara mau suka atau nggak. Tapi akhirnya suka sih. Walaupun awalnya mungkin gue mikir ini lagu sebenarnya maunya apa sih? Kenapa kesannya malah jadi kayak parodi dan lucu-lucuan begini?

And that's it.... Itulah jawabannya... 

Secara keseluruhan sih lagunya bercerita tentang cowok yang suka sama seorang cewek--di lagu ini mereka sebut sebagai S.P.Y bukan spy yang berarti mata-mata, singkat kata S.P.Y juga memiliki singkatan sendiri. Si cewek ini semacem susah di dapetin tapi si cowok yakin "Pokoknya lo gak akan bisa lari dari kejaran dan jebakan gue. I will chase you! Gue akan dapetin lo!" Semacem gitu. Bisa dikatakan ini adalah lagu cinta gitu ya singkatnya. Hampir sama lah sama A-Cha dan No Other. Kalo A-Cha juga menceritakan bagaimana seorang cowok yang nggak mau ditinggal sama ceweknya karena takut sakit. Nah kalo SPY lebih ke rasa sakit belom bisa dapetin si cewek tapi masih pede-pede aja kalo si cewek bakalan gue dapetin. Muter muter banget sih. Intinya ya lagu cinta. Kalo diliat ritmenya sama kayak Mr. Simple. Mr. Simple kan lagu yang isinya ngasi semangat dan sarat pesan moral banget sama kayak SFS. Nah repackaged-nya juga lagu cinta sama kayak repackaged-nya SFS juga.

Trus 'that's it' dan 'itulah jawabannya' itu maksudnya apa?

Jadi begini... Gue mendengar SPY ini sebagai sebuah lagu parodi dan lucu-lucuan. Maksudnya bukan dirilisnya lagu ini untuk bikin ketawa, bukan. Tapi gimana ya ngejelasinnya, irama-iramanya yang jadi bikin lucu. Udah kebaca (kalo gue) waktu suara terompet di awal itu. Jelas sekali kali ini lagunya nuansa-nya memang agak lucu. Nah gue jadi kepikiran kalo ternyata lagu ini 'mengimitasi' Oops! Bukan mengimitasi nada-nada nya karena nggak ada mirip-miripnya sama sekali, tapi konsep 'parodi' dan 'lucu-lucuan'-nya. Oops! adalah lagu yang bagus menurut gue dan agak kecewa kenapa itu nggak jadi main-title hits untuk repackaged tahun lalu. Dan sekarang SPY muncul dengan konsep lucu juga seperti Oops!. Oops! walaupun bukan main-title tapi lumayan sukses juga kan karena memang lagunya asik. Nah mungkin aura-aura Oops! itu yang coba dihadirkan kembali di SPY. Coba deh baca liriknya disini dan bisa diliat kalo ini liriknya juga bercerita, persis kayak Oops!. Tapi tetep sih Oops! lebih juara daripada yang ini. But anyway, liriknya emang khas Kenzie sih. *BATUK DENGAN SOK*

Awalnya gue juga gak begitu suka lagunya, tapi semakin di dengerin ternyata lagunya cukup unik dan menarik untuk di dengarkan. Kesan lucu dan parodinya dapet (semakin berasa parodi karena ada musik James Bond-nya kan) dan di beberapa part memang lumayan khas Super Junior kalo nyanyiin lagu lucu gitu. Oh iya, SPY ini penciptanya mas Troelsen sama mas Remee dan liriknya dibuat sama mas Kenzie. (Untuk tahu lagu-lagu yang juga diciptain sama Troelsen dan Remee bisa baca disini)

Di SFS gue agak nggak suka sama beberapa part Ryeowook dan Sungmin yang memaksa mereka untuk nyanyi pake falseto. Suara bagusnya Ryeowook jadi nggak kedengeran bagus. Tapi di SPY ini ada part-part dimana Kyuhyun dan Ryeowook harus nyanyi dengan suara rendah dan berat. Walaupun awalnya agak annoying sama bagian yang ini, kemudian mikir lagi, gila ini bener-bener tantangan banget buat mereka berdua. Jarang kan mereka nyanyi di nada serendah itu. Biasanya kalo gak tinggi ya sesuai sama range mereka biasanya. Tapi kali ini harus neken suara rendah dan, yes, they sounds great! 

Ada 4 lagu tambahan di album repackaged ini: Outsider, Haru, Only U dan SPY tentunya. Outsider lagunya santai. Dibandingkan track lain di SFS, Outsider ini lumayan ringan buat didengerin. Nuansanya mirip-mirip sama track di album Sorry Sorry kayak misalnya Monster dan Angela gitu. Ringan dengerinnya jadi enak juga. Only U lebih ballad dan medium beat walaupun nggak ada yang terlalu spesial sih, terkesan biasa aja. Haru juga bernada sama kayak Only U. Kalo misalnya dibandingkan dengan A Day dan Andante, dua hits itu masih juara sih menurut gue untuk track di album repackaged (dan A Short Journey + All My Heart--the best di Bonamana!). Tapi Only U dan Haru ini likeable kok. Give me a little more time buat dengerin mungkin gue akan suka. Kkk~

Konsep cover yang kali ini lumayan unik sih dan masih mengesankan klasik seperti juga SFS. Mungkin karena menyambut olimpiade? Jadi bajunya baju olahraga? Kayak baju anak SD sih. Warnanya juga klasik banget. Seru seru. Kayak album jaman batu.*
*
Move-On ke MV. Mau bahas apa lagi ya? MV-nya serius deh biasa aja... Nggak ada yang istimewa. Beneran. HAHAHAHA tapi marilah kita coba untuk kulik sedikit demi sedikit...

#1 Opening MV ini mengingatkan gue pada 2 MV yang sudah ada sebelumnya. Yang pertama adalah Hoot, dimana di awal MV Hoot, Siwon juga memegang pistol sambil berjalan mengendap-endap sok keren. Yang kedua adalah MV Mr. Simpe versi LG 3D Smart TV yang juga menggunakan efek lensa kamera dan gesture memegang pistol (walaupun di MV Mr. Simple itu yang nembak pistol Kyuhyun bukan Siwon--tapi yang gue pengen bilang adalah efeknya bukan pemain-nya) Dan yes, di awal Hoot juga ada instrumen James Bond yang kemudian menjadi inti dari lagu SPY ini (walaupun di Hoot versi instrumen-nya nggak bener-bener sama kayak James Bond yang di SPY tapi entah itu suara terompet atau apa ya yang jelas sama)
*
*
#2 Di detik 00:07, mungkin ada yang perhatiin bendera Indonesia? :p Oke mungkin beberapa nggak menangkap secara jelas karena perpindahan gambarnya cepet banget. Let me explain sedikit ya. MV SPY yang gue donlot dari YouTube ini frame rate nya 23 frames/second yang artinya dalam 1 detik tampil 23 gambar yang berbeda yang kemudian kalo disatukan jadi sebuah gerakan dalam 1 detik. Itulah kenapa banyak kejadian gambar yang gue caps dan gue post di blog ini bisa jadi berbeda saat kalian pause dan cari di MV. Ketika gue bilang detik 00:07 dan kalian mencari ke detik yang sama sangat bisa itu MV ter-pause di frame yang berbeda. Bisa jadi gue detik 00:07 frame ke 15 dan kalian dapet frame ke-20 misalnya. Di beberapa adegan, gambar yang didapatkan di satu detik yang sama bisa persis sama (kalaupun beda nggak berasa karena perbedaannya satu frame sangat tipis) tapi bisa jadi juga berbeda. Nah itu tadi detik 00:07 yang ada bendera Indonesia-nya, kalo gue gak salah hitung ada di frame ke 3 (karena di frame ke 4 masih detik 00:07 udah adegan baris berbaris). Jadi lumayan menjelaskan kan? Kenapa kemaren pas giveaway kalian ngeliat Xiumin di MV berbeda dengan yang gue caps di pertanyaan? :)
*
*
#3 Kita semua sudah sama-sama tahu kalau SM nggak akan mau repot-repot mengeluarkan banyak biaya untuk MV artis-artis lama-nya, kecuali EXO di MAMA dan itu bisa dianggap wajar karena EXO baru debut dan butuh penarik perhatian untuk populer. Nah, selain miskin properti seperti hal-nya MV Mr. Simple dan A-cha dan Bonamana, SPY ini juga menggunakan efek yang membuat gue deja vu dan langsung inget sama A-cha banget. Efek yang paling nyata adalah efek kloning. Ngeh gak? Ituloh Donghae ada dua, Leeteuk ada dua, dll dll.
*
*
#4 Kalo kita mau bilang "Apaan MV A-cha biasa aja gak ada yang istimewa. Miskin!" LAH INI LEBIH MISKIN LAGI HAHAHAHAHA Di A-cha masih mending ya ganti set dance masih punya background yang 3 dimensi. Istilahnya temboknya masih ada ornamen di setiap perubahan adegan. Di MV ini yang ber-ornamen cuma satu dan itupun ala ala timur tengah gitu ada pintu-pintu dan jendela-jendela yang itupun nggak bisa dipake juga. Hahahaha Yang lain? POLOS KAYAK LANGIT DI MINGGU PAGI TANPA AWAN POLOS~~~~~ Bahkan Langit Minggu Pagi di depan rumah gue aja masih ada awan, burung, layangan, ini POLOS~~~ Kayak lapangan terbang. Prinsip SM adalah, "Ngapain gue bikin MV mahal-mahal toh juga pasti ELF bakalan nonton MV gue dan mereka jarang ada yang komentar. Pasti mereka bilang bagus-bagus aja... Secara ini SUJU gitu kan..." Agak mengecewakan sih kalo begitu. Coba liat MV yang dibuat sama Metaoloz. Oke itu mungkin kakak-nya BoA yang punya jadi BoA bisa aja nggak bayar sepeserpun buat bikin MV. Tapi kualitas bisa di pertanggung jawabkan. Tapi ujung-ujungnya? Miskin hit YouTube. Haduh~ Ini kalo di Indonesia sama halnya dengan di bioskop, film TALI BEHA POCONG lebih banyak penonton dan balik modal daripada film sekelas MERAH PUTIH dan semacemnya.

Selain itu selain itu... hahaha, yang membuat SM semakin kaya adalah iklan Everysing dan Genie yang selalu muncul tanpa bisa dihapus. 10 juta orang ngeliat iklan itu dan bisa dibayangkan berapa banyak submit yang masuk ke Everysing dan berapa klik di Genie? Berapa uang tuh... Menurut SM ini adalah cara beriklan paling efektif dan memang benar.
*
*
#5 Di MV ini ada satu model perempuan yang muncul tapi cuma siluet doang. Nice concept sih menurut gue karena jarang di MV SuJu ada model perempuan yang cuma 2 dimensi begini. TEPOK TANGAN! :D Kalo mau nebak, gue sih curiganya itu Tiffany. Nggak tau kenapa gue pas pertama kali liat langsung kepikiran sama Tiff. Kalo Sooyoung, kakinya terlalu pendek sih dan badan Sooyoung nggak seberisi itu. Tiffany lah itu gue yakin. Kkk~
*
*
Awalnya sih nggak ada yang aneh sama si cewek sampai akhirnya oh astaga apa-apaan... ini sebenarnya cewek manusia atau bukan sih? GUE CURIGA YA INI CEWEK RAKSASA TAU SEBENARNYA. KENAPA GUE PAKE HURUF BESAR? GATAU JUGA. COBA DEH LIAT:
*
*
Pertanyaan gue: kenapa Kyuhyun bisa lebih kecil dari kaki seorang wanita? Yang salah siapa? Kyuhyun yang cebol atau wanitanya yang raksasa? Dan itu Kyuhyun agak kurang ajar sih. Jalan-jalan di bawah rok cewek. Kalo dia dongak kan malu si cewek keliatan semua. #tutupmata #matakyuhyun #pakebantalberacun

Yang lain adalah ini:
*
*
Kenapa sih itu harus ada adegan cewek tidur posisi begitu dan harus ada cowok berdiri di pinggulnya? KENAPA?! KENAPA KOK INI KESANNYA JAHAT SEKALI SIH MENGINJAK-INJAK WANITA?! #DOR #PLETAK Semakin yakin kan itu sebenarnya raksasa. Kalo dia bukan raksasa nggak mungkin itu cewek kuat diinjek begitu dan jelas badan ceweknya lebih besar dari cowoknya. Dan adegan menginjak-injak gak cuma ini doang ya, ada banyak. Ada Sungmin berdiri di atas sepatu raksasa, ada Kangin juga yang kurang lebih posisinya sama kayak Leeteuk diatas itu berdiri di badan wanita. Padahal fans Suju kan kebanyakan wanita kenapa jadi wanita yang mereka injak di MV ini sih. Jahat ih... #tenggangrasa

Dan lo nangkep gak sih apa maksud si cewek? Berasa gak si cewek masokis? Dari awal nih dia udah goyang-goyang erotis ya, oke emang gak keliatan mukanya tapi tetep aja pamer bentuk badan. Udah goyang erotis, udah gitu diinjek lagi. Kurang kasian apa coba. :(

DAN SEKARANG GUE JADI BERHARAP, "SEMOGA ITU BUKAN TIFFANY..."

Dan OH JADI BAGIAN INI YANG DIBILANG VULGAR? MASA SIH. BIASA AJA. GAK ADA MUKANYA JUGA.

#6 Posisi kaki si cewek kalo lagi berdiri jadi mengingatkan gue sama cover albumnya Miss A. HAHAHAHAHA ITU KAKI SUZY SIH KAYAKNYA.
*
*
#7 Well, yeah, gak jauh-jauh.
*
*
Ngomong-ngomong soal gak jauh-jauh, adegan sebelum itu juga ada adegan ngeloncatin member lain kan? Mirip Sherlock. Iya gak jauh-jauh.

#8 Ada satu adegan di 00:51 - 00:52 yang menurut gue sebenarnya kalo dibuat lebih dramatis lagi akan sangat keren. Walaupun sih sebenarnya itu konsepnya juga keren cuma agak kasar gitu loh. Jadi kan di detik 00:51 itu Kyuhyun di tengah lingkaran para member trus dia angkat sebelah jas-nya buat nutupin muka dan di detik berikutnya Kyuhyun berubah jadi Ryeowook. Nah kalo aja misalnya itu nggak diselingi dengan shot punggung yang deket baru ke shot Ryeowook, pasti kesan WAH nya lebih dapet. Cuma ya sayang aja, kenapa harus ada punggung itu di tengah-tengah shot padahal kalo di eksekusi dengan cara lain jadi lebih seru tuh! Punggung siapa sih? PASTI EUNHYUK DEH! HAH! (Anyway, tinggi Ryeowook sama Kyuhyun juga beda sih ya, kalo gue juga tadi mikir gimana caranya itu mereka bisa pindah posisi kalo misalnya gak pake diselipin shot punggung. Ya tapi harusnya kan kreatif! #hebohsendiri) (punggung yang gue maksud adalah gambar yang keempat dari atas kiri-kanan-kiri-kanan)
*
*
Kalau aja adegan ini pake gerakan kamera muter-muter yang kayak di The Boys pas mawar-mawar berjatuhan pasti jauh lebih keren :(

#9 Menit 01:27, perhatiin posisi tangan kiri Shindong. Itu masih di detik yang sama dan kamera berubah posisi tangannya juga berubah.
*
*
#10 Detik 00:11, keliatan gak apa yang aneh dari situ? HAHAHAHA Sabuk Kyuhyun jelas-jelas miring dan tidak terpasang dengan benar... Kalo lurus kan harusnya sejurus sama kancing baju :p
*
*
#11 Percaya gak kalo gue bilang di setiap adegan dengan outfit yang ini, Sungmin nggak pake dasi kupu-kupu, Shindong nggak pake dasi kupu-kupu juga tapi cuma semacem kain gelantungan di kiri dan kanan lehernya, dan bentuk dasi kupu-kupu member ada 2 jenis (pita lancip sama pita rata)? Silahkan boleh dicek bentuk dasi Kyuhyun, Ryeowook, Kangin dan bandingkan dengan bentuk dari Donghae.
*
*
#12 Perhatiin detik 00:42, waktu adegan Kyuhyun melewati tangan Leeteuk dan Sungmin, di adegan sebelumnya tangan mereka mepet sekali bahkan saling tindih, tapi di shot selanjutnya jarak tangan mereka menjadi sangat lebar dan agak aneh karena tidak ada pergerakan dari Leeteuk dan Sungmin baik ke kiri maupun ke kanan. #ciye
*
*
#13 Dance di MV ini sangat rapi sekali sih sebenarnya walaupun tetep makan tempat ya. Cuma sinkronisasi masing-masing member bagus :) Kangin udah gak ragu-ragu lagi buat bergerak. DAN APA SIH MAKSUDNYA SIWON? Kalo dia memang masih niat jadi member SUJU kenapa gak syuting aja ini MV? Oh jadwal bentrok ya... Oh yaudah keluar aja sekalian dari SUJU. Padahal kemaren ada jarak yang lumayan jauh ya buat syuting MV ulang pas perilisannya dipending. Kkkk~ Itu 9 orang berasa SNSD banget sih. Ah... Dan ngomong-ngomong soal Siwon, udah pada baca kan bio twitternya? Kenapa di nomor 1 'actor' bukan 'suju'? Nah itu deh bukti nyata.
*
#14 Detik 00:09 pas adegan baris berbaris Donghae doang yang sendirian. WonHae harusnya ada disitu ya HAHAHAHA #DOR

#15 Cuma Leeteuk yang dasinya nggak HITAM disini (dan Eunhyuk yang ada manik manik-nya):*
*
*
Percaya gak? Nggak? Oh yaudah.

#16 Menurut kalian, lantai di MV itu benar-benar mengkilat sampai-sampai bisa memantulkan bayangan atau sebenarnya itu teknik editing? Kalau menurut gue, mengingat di SFS lantainya jelek dan nggak mengkilap, itu adalah teknik editing. Menurut gue loh ya.

#17 Siwon muncul di 00:02-00:06, 01:02-01:05, ujung 02:06-sedikit 02:07, 02:46 gak sampe sedetik. Nah jadi kalo di total berapa tuh? 9 detik? WOW. SIWON CHOI MENDAPAT GAJI YANG SAMA PADAHAL CUMA TAMPIL 9 DETIK. DAEBAK!

#18 Gue gak ngerti ya sama efek darah-darah yang netes-netes itu. Maksudnya apa? Trus kenapa harus jatuh dari langit? Emang itu hujan? Emang ada hujan darah? Ada sih pernah di mana itu di India apa mana gitu. Tapi ini masa ujan darah di studio? Lagi ujan kok ya tetesan air nya segede kepala Baekhyun begitu. Lagi kalo misalnya memang itu darah, kenapa waktu netes di depan member gak ada yang kecipratan? AH GAK TOTAL NIH YANG BIKIN MV GAK TOTAL! #DOR #DOR #DIBAKAR -___- Beneran loh kalo misalnya itu memang efek dari darah yang mengalir karena tembakan, siapa yang tahu? Siapa sih yang ditembak? Si raksasa? Oke kalo si cewek beneran raksasa berarti masuk akal darahnya segede kepala Baekhyun setetes. Dan masuk akal jatuh dari langit karena raksasanya kan tinggi. Tapi siapa yang tahu? Sutradara? Editor? HAHAH. Songong banget sih di nomor ini. Kkk~ Tapi jujur itu gak ngerti beneran. Padahal sebenarnya keren loh kayak di teaser Mr. Simple versi 2. Tapi ya tetep aja gak masuk di kepala gue. Trus ya abis itu darah netes-netes selain gak keciprat ke member gak ada bekas juga di lantai. WAH DARAH GAIB.

#19 Ada 15 kali suara tembakan sepanjang MV. Gak percaya? Iya percaya kok Ron. Bagus.

#20 Sejauh ini bagian yang racun adalah "durururududu durururududu" di 01:50. Sama suara terompet centil di awal dan di akhir. Lumayan daripada gak ada yang racun kan.

#21 Leeteuk ceritanya lagi cosplay 2 vokalis Band Fenomenal Indonesia di MV ini. Siapa aja? Silahkan...
*
*
*
#22 Detik 00:33, posisi telapak tangan kiri masing-masing member yang terlihat beda-beda. Posisi telapak tangan kiri Shindong, Ryeowook, Sungmin dan Kyuhyun menghadap ke atas dan memegang bagian antara lengan kiri sampai siku. Posisi telapak tangan Leeteuk dan Yesung justru terbalik (menghadap ke bawah) dan posisi telapak tangan kiri Eunhyuk & Donghae menghadap ke atas cuma yang dipegang bukan bagian lengan sampai siku tapi telapak tangan yang satunya.
*
*
#23 00:55 di detik yang sama, perubahan angle kamera, perhatiin posisi tangan Kangin yang sebelumnya di lutut trus tiba-tiba di shot berikutnya pindah ke depan atas mata kayak lagi ngeker sesuatu. Anyway, posisi Donghae juga keliatan berbeda sih di gambar yang atas keliatannya dia nggak 'menarik' badannya secara ekstrim tapi di perubahan shot kayaknya posisinya beda. Tapi kalo diperhatiin (bisa jadi) karena perubahan angle kamera sih.
*
*
#24 00:57 juga agak keliatan sih ini aneh ya. Hahahaha Jadi di shot sebelumnya yang posisi kameranya agak deket, perhatiin posisi Kangin, Donghae dan Leeteuk. Kangin yang awalnya menghadap ke kanan (dari kamera) tiba-tiba di shot berikutnya udah balik lagi menghadap ke kiri (dari kamera) dan posisi tangannya juga berbeda. Posisi kaki Donghae berubah drastis dari 90 derajat jadi agak lebar dan posisi duduk Leeteuk dong semakin hari semakin jauh saja dari peradaban. Aigoo... Ini padahal masih di detik yang sama.
*
*
#25 01:06-01:07 perhatiin gerakan Leeteuk yang keliatan kayaknya kecepetan pas ngebuka tangan kirinya. Hmmm... Agak terburu-buru sepertinya saudara-saudara.... Dan di 01:05 sebelum gerakan tangan kanan menyentuh dada itu, Shindong (Leeteuk juga tapi nggak kentara) terlihat memulai gerakan dengan cara yang berbeda dengan yang lain (aduh ini bahasa gue kenapa). Kalo yang lain gerakannya tangan kanan dari bawah langsung ke dada, kalo Shindong gerakannya dari bawah, ke dibuka ke samping dulu baru ke dada. Perhatiin juga sih posisi kaki yang agak beda, trus posisi badan ada yang lurus ada yang menyamping. Di menit 01:07 kaki Leeteuk juga menyilang sendiri.
*
*
Gimana? 25 poin kurang banyak? Nah kalo misalnya ada yang kurang, berarti tugas kalian sekarang adalah (NGASI TUGAS EMANGNYA SEKOLAHAN) ngisi komen dan kasi kekurangan gue apa jadi bisa melengkapi kan :D Tadi banyak yang udah share sama gue di twitter dan waaah keren-keren juga kan jadi yuk boleh lah isi komen. Hahaha

Anyway, kalo mau share ini postingan (KALO MAU LOH YA GUE GAK MAKSA) sebisa mungkinlah kasi credit. Kalo nggak mau kasi credit kasi duit juga boleh kok ya.... CMIW~~~ :3 Have a nice day everyone! Bentar lagi lebaran! YAAAY~~~~~!!!!

Gue tau dan gue mengerti ada banyak orang yang nggak suka dan mungkin nggak sepaham sama apa yang gue tulis. Tapi ya balik lagi ke masalah pendapat pribadi dan karena ini blog pribadi, jadi ya sama sama menghargai aja :) Gue mungkin bukan PURE ELF seperti apa yang sedang heboh sekarang. Tapi siapa peduli? Gak dapet jaminan surga juga jadi PURE ELF. Dan kalopun ada yang nyangka gue ANTIFANS, siapa peduli? Kalo dengan menjadi ANTIFANS gue lebih bisa banyak berkarya mending jadi antifans dari pada ngefans tapi labil. #DAH~

Related Post:
6Jib Teaser Images
*
| EUNHYUK | DONGHAE | WOOK, DONG, YESUNG, TEUK | MIN, IN, WON, KYU |

6Jib Teaser REVIEW

Sexy Free & Single REVIEW
*

Share:

169 komentar