Super Junior S.P.Y Music Video: Review Saya!

WARNING: YANG BACA RAWAN SAKIT HATI. CHU~ :3

Hahaha maafin kalau misalnya postingan kali ini dimulai dengan kalimat berwarna merah dan ditulis dengan huruf kapital tapi tidak menghilangkan kesan kece-mece-bleketepe gue ya. Fufufu~ Semalem sempat heboh sih waktu baca tweet-tweet dari beberapa anak peri yang kayaknya gatel banget pengen ngebakar blog gue (itupun kalo mereka bisa bakar blog nggak tau dengan cara apa, keren gak sih bakar blog) karena ngebaca postingan Semok, Bebas & Jomblo yang bisa dibilang udah lumayan basi sih karena sekarang sudah jaman BoA gitu loh ya. Ah tapi nggak akan basi sih kalo menurut gue, sampai kiamat juga yang namanya fans labil pasti akan ada. Kan day by day orang semakin dewasa, yang labil jadi stabil, dan generasi labil baru bermunculan. Tapi semoga saja mata mereka cepat terbuka. Hahaha... Nggak becanda kok gue. Nggak ada yang berhak ngelarang mereka buat ngomong juga kan. Gue menulis pendapat gue tentang MV Sexy Free & Single di kaoskakibau.com dan mereka menulis pendapat mereka tentang tulisan gue ini di twitter. Sah-sah aja. Orang gue aja bebas komentarin idola mereka, masa mereka gak boleh komentarin orang yang berkomentar soal idola mereka? Anggap aja itu pembenaran dan pembelaan mereka. Dan inilah pembelaan gue: GUE BUKAN ANTIFANS, GUE BUKAN HATERS SUJU, GUE NULIS APA YANG GUE LIAT DAN APA YANG PENGEN GUE TULIS, GUE TAKUT TOKEK. PAKE PINK LAGI OKE. Sip :) Jadi mulai sekarang, yuk kita peluk-pelukan sama haters yuk :) Secara nggak sadar haters lah yang membuat SNSD juga lebih terkenal dari SUJU #DOR #PLETAK Tapi tetep dong SONE selalu ada di depan haters itu :p
*

*
Oh belom nyapa ya? HALO APA KABAR?! Semoga semuanya baik-baik saja. Sejak SM menggelar SM.ART Exhibition di COEX ini kayaknya semua orang jadi pada fokus kesana ya? Jadi pada lupa kalau SPY belom di upload ke YouTube. Bahkan SUJU-nya udah perform tiga atau empat kali gitu di acara musik. Hmmm... Sempat berhembus kabar burung, nggak tau burungnya siapa yang ngasi kabar, kalo MV SPY ini batal dirilis karena nggak lulus sensor. Yang bikin gue bingung, KOK BISA? 1. MV ini dirilis di YouTube yang Hell-to-the-O video porno banyak disitu, 2. Nggak lulus sensor bagian mananya? Pistol? HOOT apa kabar? Drama-drama yang berdarah-darah macem Athena, Poseidon, Iris apa kabar? 3. Terlalu vulgar? Aduh bagian mananya sih... Kalo mau ngomong vulgar harusnya Siwon dibekep dari dulu.

Nah kan gue juga bingung itu sebenarnya kabar nggak lulus sensor dari mana. Kalopun misalnya nih MV itu bakalan tayang di TV, ya paling nggak kan YouTube udah naik dulu lah, masalah mau dilarang ditayangin di TV itu masalah nanti. Toh fans Korea juga bisa nonton kan via YouTube gak mesti lewat TV gitu loh. Tapi ya mungkin pemerintah Korea juga menyensor semua konten yang naik ke YouTube kali ya... Mungkin ada peraturan kayak gitu... Entahlah...

Tapi seperti yang udah gue tweet beberapa jam sebelum MV itu dirilis, gue sih curiganya kenapa kemaren itu di-pending rilisnya bisa jadi karena: satu, SM.ART Exhibition itu. Orang-orang (staff SM dan segala pegawai) sibuk fokus kesitu. Itu adalah sebuah acara yang berskala nasional dan bener-bener spektakuler (kalo liat dari foto-foto yang dipamerin dan juga fancam sih keliatan gitu) jadi jelas butuh banyak sekali orang disana. Abaikanlah masalah kekurangan staff untuk upload video ya, sambil tidur juga bisa sebenarnya. Lebih kepada supaya perhatian nggak terpecah aja sih. Jadi orang-orang bisa fokus-nya ke satu hal dulu. Di SM.ART Exhibition itu kan banyak banget pada akhirnya MV yang dibocorin dengan versi berbeda (MAMA & History misalnya). Berapa banyak perhatian akan tersedot kesitu dan takutnya nanti malah nggak ada yang perhatiin si SPY ini. 

Alasan kedua karena SUJU terlalu cepet comeback lagi dengan album repackaged sehingga harus tumpang tindih dengan BoA. Beda hal sama SHINee dan EXO kemaren kan. Ketika EXO yang notabene-nya rookie, SHINee harus ngalah dan beruntung mereka memang sedang mempersiapkan promo Jepang mereka dan EXO debut, mereka cabut ke Jepang. Nah yang kasus SUJU dan BoA ini salah tingkah juga kayaknya SM. Leeteuk akan wamil di bulan Oktober (kalo gue gak salah inget info dari Icha), Sexy, Free & Single promo lumayan cepet kelarnya dan BoA comeback segera setelah SFS kelar. Tapi belom kelar BoA promo 1 single, SJ udah balik lagi. Jelas alasannya karena ngejer target. Disaat yang sama BoA juga nggak bisa nunggu lama-lama karena mungkin nanti akan ada promo film hollywood-nya itu dan dia harus cabut ke Amrik lagi. Akhirnya DOR! harus sepanggung. Nggak apa-apa sih sebenarnya, karena itu artinya nanti SNSD nggak akan bentrok sama siapapun pas comeback hehe cuma ya tetep aja agak kejer-kejeran dan kesannya buru-buru banget sih. Dan sampai sekarang gue masih kecewa dengan lagu-lagu di album BoA yang jauh lebih sedikit ketimbang SUJU dan repackaged-nya!

Alasan ketiga masih berkaitan sama BoA. Kalo misalnya SPY dirilis sementara BoA baru aja rilis MV dua versi, BoA akan kehilangan view di YouTube. Sekali lagi ini bukan masalah besar sih, karena satu orang bisa view beberapa kali video yang sama dan terhitung sebagai berkali-kali juga di counter YouTube-nya. Tapi kalau dibandingkan dengan SFS, Only One nya BoA termasuk miskin viewer. 10 juta berbanding 800 ribu. Kasian kan.... Bisa jadi karena SM pengen orang yang ngecek YouTube mereka ini mikir, "Oh SUJU belom, eh ada BoA, yaudah liat BoA dulu aja deh..." Paling nggak gitu.

Kalau gue ngomong asal, yaudah diabaikan aja. Sip sip sip.

NAH! SPY akhirnya rilis dan TERERET~TER~~~ CROOOT~~~ itulah yang terdengar di telinga gue pertama kali denger intro-nya. Ini sebenarnya SUJU lagi krisis identitas atau gimana sih? Selain galau jodoh sekarang berkembang ke krisis identitas juga, gitu? Teaser MV SPY waktu keluar, beuh, seperti biasa, HIGH EXPECTATION dengan MV-nya. Terlebih lagi dengan konsep SPY dan musik ala-ala James Bond begitu. Dalem otak gue, "Wah pasti Siwon bakalan keren nih megang pistol. Pasti ada efek meledak-ledak eksotis! Pasti bakalan oke banget nih!" 

Itu pikiran pas liat Teaser. Pas nonton MVnya....

Kemudian close tab.

WHAT IS THAT?! WHAT WHAT WHAT?! Bahkan singkatan SPY buatan gue lebih heboh daripada MV itu. HAHAHAHA jujur saja beneran terlalu biasa. Kalo kemaren ngeliat SFS dan bilang SFS biasa aja, sekarang SPY DOUBLE BIASA. Kalo kemaren bilang Bonamana hanya tembok polos, SPY lebih polos lagi. Kasian banget sama SUJU beneran deh kasian :( Kenapa sih... Kenapa?!

Jadi sebenarnya MV-nya itu kayak gini loh:
*

*
Buat gue, versi B dan repackaged sebenarnya bukan hanya sebuah trik untuk mendapatkan uang hasil penjualan CD lebih banyak setelah album versi A keluar. Khususnya untuk repackaged, ini sebenarnya juga sebuah cara untuk memperbaiki kualitas yang kurang di promo single versi A. Walaupun bisa dikatakan sukses, tapi Sexy Free & Single jauh diluar ekspektasi banyak orang (bukan yang fanatik Suju karena biasanya kalo fanatik akan jadi bias--orang-orang ini sebut saja pemerhati K-Pop). Boleh bilang gue juga lumayan kecewa dengan SFS. Dan waktu itu gue sempat bilang di twitter kalo gue akan sangat menunggu-nunggu repackaged karena kembali lagi ke kalimat gue di awal paragraf ini, "Semoga bisa memperbaiki apa yang kurang di SFS."

It's You adalah repackaged yang paling sukses di kepala gue sepanjang gue ngefans sama SUJU. Disusul dengan No Other semakin hebohlah dunia. Tapi A-Cha membuat semuanya jadi krik krik. A-Cha sama sekali nggak ngena di hati. Oke, cukuplah mungkin satu repackaged aja yang terkesan "biasa aja" atau "gagal diterima hati" jangan sampai nanti di album berikutnya jadi kecewa juga. Dan ketika SPY keluar, gue jadi dilema sih jujur aja. Antara mau suka atau nggak. Tapi akhirnya suka sih. Walaupun awalnya mungkin gue mikir ini lagu sebenarnya maunya apa sih? Kenapa kesannya malah jadi kayak parodi dan lucu-lucuan begini?

And that's it.... Itulah jawabannya... 

Secara keseluruhan sih lagunya bercerita tentang cowok yang suka sama seorang cewek--di lagu ini mereka sebut sebagai S.P.Y bukan spy yang berarti mata-mata, singkat kata S.P.Y juga memiliki singkatan sendiri. Si cewek ini semacem susah di dapetin tapi si cowok yakin "Pokoknya lo gak akan bisa lari dari kejaran dan jebakan gue. I will chase you! Gue akan dapetin lo!" Semacem gitu. Bisa dikatakan ini adalah lagu cinta gitu ya singkatnya. Hampir sama lah sama A-Cha dan No Other. Kalo A-Cha juga menceritakan bagaimana seorang cowok yang nggak mau ditinggal sama ceweknya karena takut sakit. Nah kalo SPY lebih ke rasa sakit belom bisa dapetin si cewek tapi masih pede-pede aja kalo si cewek bakalan gue dapetin. Muter muter banget sih. Intinya ya lagu cinta. Kalo diliat ritmenya sama kayak Mr. Simple. Mr. Simple kan lagu yang isinya ngasi semangat dan sarat pesan moral banget sama kayak SFS. Nah repackaged-nya juga lagu cinta sama kayak repackaged-nya SFS juga.

Trus 'that's it' dan 'itulah jawabannya' itu maksudnya apa?

Jadi begini... Gue mendengar SPY ini sebagai sebuah lagu parodi dan lucu-lucuan. Maksudnya bukan dirilisnya lagu ini untuk bikin ketawa, bukan. Tapi gimana ya ngejelasinnya, irama-iramanya yang jadi bikin lucu. Udah kebaca (kalo gue) waktu suara terompet di awal itu. Jelas sekali kali ini lagunya nuansa-nya memang agak lucu. Nah gue jadi kepikiran kalo ternyata lagu ini 'mengimitasi' Oops! Bukan mengimitasi nada-nada nya karena nggak ada mirip-miripnya sama sekali, tapi konsep 'parodi' dan 'lucu-lucuan'-nya. Oops! adalah lagu yang bagus menurut gue dan agak kecewa kenapa itu nggak jadi main-title hits untuk repackaged tahun lalu. Dan sekarang SPY muncul dengan konsep lucu juga seperti Oops!. Oops! walaupun bukan main-title tapi lumayan sukses juga kan karena memang lagunya asik. Nah mungkin aura-aura Oops! itu yang coba dihadirkan kembali di SPY. Coba deh baca liriknya disini dan bisa diliat kalo ini liriknya juga bercerita, persis kayak Oops!. Tapi tetep sih Oops! lebih juara daripada yang ini. But anyway, liriknya emang khas Kenzie sih. *BATUK DENGAN SOK*

Awalnya gue juga gak begitu suka lagunya, tapi semakin di dengerin ternyata lagunya cukup unik dan menarik untuk di dengarkan. Kesan lucu dan parodinya dapet (semakin berasa parodi karena ada musik James Bond-nya kan) dan di beberapa part memang lumayan khas Super Junior kalo nyanyiin lagu lucu gitu. Oh iya, SPY ini penciptanya mas Troelsen sama mas Remee dan liriknya dibuat sama mas Kenzie. (Untuk tahu lagu-lagu yang juga diciptain sama Troelsen dan Remee bisa baca disini)

Di SFS gue agak nggak suka sama beberapa part Ryeowook dan Sungmin yang memaksa mereka untuk nyanyi pake falseto. Suara bagusnya Ryeowook jadi nggak kedengeran bagus. Tapi di SPY ini ada part-part dimana Kyuhyun dan Ryeowook harus nyanyi dengan suara rendah dan berat. Walaupun awalnya agak annoying sama bagian yang ini, kemudian mikir lagi, gila ini bener-bener tantangan banget buat mereka berdua. Jarang kan mereka nyanyi di nada serendah itu. Biasanya kalo gak tinggi ya sesuai sama range mereka biasanya. Tapi kali ini harus neken suara rendah dan, yes, they sounds great! 

Ada 4 lagu tambahan di album repackaged ini: Outsider, Haru, Only U dan SPY tentunya. Outsider lagunya santai. Dibandingkan track lain di SFS, Outsider ini lumayan ringan buat didengerin. Nuansanya mirip-mirip sama track di album Sorry Sorry kayak misalnya Monster dan Angela gitu. Ringan dengerinnya jadi enak juga. Only U lebih ballad dan medium beat walaupun nggak ada yang terlalu spesial sih, terkesan biasa aja. Haru juga bernada sama kayak Only U. Kalo misalnya dibandingkan dengan A Day dan Andante, dua hits itu masih juara sih menurut gue untuk track di album repackaged (dan A Short Journey + All My Heart--the best di Bonamana!). Tapi Only U dan Haru ini likeable kok. Give me a little more time buat dengerin mungkin gue akan suka. Kkk~

Konsep cover yang kali ini lumayan unik sih dan masih mengesankan klasik seperti juga SFS. Mungkin karena menyambut olimpiade? Jadi bajunya baju olahraga? Kayak baju anak SD sih. Warnanya juga klasik banget. Seru seru. Kayak album jaman batu.*
*
Move-On ke MV. Mau bahas apa lagi ya? MV-nya serius deh biasa aja... Nggak ada yang istimewa. Beneran. HAHAHAHA tapi marilah kita coba untuk kulik sedikit demi sedikit...

#1 Opening MV ini mengingatkan gue pada 2 MV yang sudah ada sebelumnya. Yang pertama adalah Hoot, dimana di awal MV Hoot, Siwon juga memegang pistol sambil berjalan mengendap-endap sok keren. Yang kedua adalah MV Mr. Simpe versi LG 3D Smart TV yang juga menggunakan efek lensa kamera dan gesture memegang pistol (walaupun di MV Mr. Simple itu yang nembak pistol Kyuhyun bukan Siwon--tapi yang gue pengen bilang adalah efeknya bukan pemain-nya) Dan yes, di awal Hoot juga ada instrumen James Bond yang kemudian menjadi inti dari lagu SPY ini (walaupun di Hoot versi instrumen-nya nggak bener-bener sama kayak James Bond yang di SPY tapi entah itu suara terompet atau apa ya yang jelas sama)
*
*
#2 Di detik 00:07, mungkin ada yang perhatiin bendera Indonesia? :p Oke mungkin beberapa nggak menangkap secara jelas karena perpindahan gambarnya cepet banget. Let me explain sedikit ya. MV SPY yang gue donlot dari YouTube ini frame rate nya 23 frames/second yang artinya dalam 1 detik tampil 23 gambar yang berbeda yang kemudian kalo disatukan jadi sebuah gerakan dalam 1 detik. Itulah kenapa banyak kejadian gambar yang gue caps dan gue post di blog ini bisa jadi berbeda saat kalian pause dan cari di MV. Ketika gue bilang detik 00:07 dan kalian mencari ke detik yang sama sangat bisa itu MV ter-pause di frame yang berbeda. Bisa jadi gue detik 00:07 frame ke 15 dan kalian dapet frame ke-20 misalnya. Di beberapa adegan, gambar yang didapatkan di satu detik yang sama bisa persis sama (kalaupun beda nggak berasa karena perbedaannya satu frame sangat tipis) tapi bisa jadi juga berbeda. Nah itu tadi detik 00:07 yang ada bendera Indonesia-nya, kalo gue gak salah hitung ada di frame ke 3 (karena di frame ke 4 masih detik 00:07 udah adegan baris berbaris). Jadi lumayan menjelaskan kan? Kenapa kemaren pas giveaway kalian ngeliat Xiumin di MV berbeda dengan yang gue caps di pertanyaan? :)
*
*
#3 Kita semua sudah sama-sama tahu kalau SM nggak akan mau repot-repot mengeluarkan banyak biaya untuk MV artis-artis lama-nya, kecuali EXO di MAMA dan itu bisa dianggap wajar karena EXO baru debut dan butuh penarik perhatian untuk populer. Nah, selain miskin properti seperti hal-nya MV Mr. Simple dan A-cha dan Bonamana, SPY ini juga menggunakan efek yang membuat gue deja vu dan langsung inget sama A-cha banget. Efek yang paling nyata adalah efek kloning. Ngeh gak? Ituloh Donghae ada dua, Leeteuk ada dua, dll dll.
*
*
#4 Kalo kita mau bilang "Apaan MV A-cha biasa aja gak ada yang istimewa. Miskin!" LAH INI LEBIH MISKIN LAGI HAHAHAHAHA Di A-cha masih mending ya ganti set dance masih punya background yang 3 dimensi. Istilahnya temboknya masih ada ornamen di setiap perubahan adegan. Di MV ini yang ber-ornamen cuma satu dan itupun ala ala timur tengah gitu ada pintu-pintu dan jendela-jendela yang itupun nggak bisa dipake juga. Hahahaha Yang lain? POLOS KAYAK LANGIT DI MINGGU PAGI TANPA AWAN POLOS~~~~~ Bahkan Langit Minggu Pagi di depan rumah gue aja masih ada awan, burung, layangan, ini POLOS~~~ Kayak lapangan terbang. Prinsip SM adalah, "Ngapain gue bikin MV mahal-mahal toh juga pasti ELF bakalan nonton MV gue dan mereka jarang ada yang komentar. Pasti mereka bilang bagus-bagus aja... Secara ini SUJU gitu kan..." Agak mengecewakan sih kalo begitu. Coba liat MV yang dibuat sama Metaoloz. Oke itu mungkin kakak-nya BoA yang punya jadi BoA bisa aja nggak bayar sepeserpun buat bikin MV. Tapi kualitas bisa di pertanggung jawabkan. Tapi ujung-ujungnya? Miskin hit YouTube. Haduh~ Ini kalo di Indonesia sama halnya dengan di bioskop, film TALI BEHA POCONG lebih banyak penonton dan balik modal daripada film sekelas MERAH PUTIH dan semacemnya.

Selain itu selain itu... hahaha, yang membuat SM semakin kaya adalah iklan Everysing dan Genie yang selalu muncul tanpa bisa dihapus. 10 juta orang ngeliat iklan itu dan bisa dibayangkan berapa banyak submit yang masuk ke Everysing dan berapa klik di Genie? Berapa uang tuh... Menurut SM ini adalah cara beriklan paling efektif dan memang benar.
*
*
#5 Di MV ini ada satu model perempuan yang muncul tapi cuma siluet doang. Nice concept sih menurut gue karena jarang di MV SuJu ada model perempuan yang cuma 2 dimensi begini. TEPOK TANGAN! :D Kalo mau nebak, gue sih curiganya itu Tiffany. Nggak tau kenapa gue pas pertama kali liat langsung kepikiran sama Tiff. Kalo Sooyoung, kakinya terlalu pendek sih dan badan Sooyoung nggak seberisi itu. Tiffany lah itu gue yakin. Kkk~
*
*
Awalnya sih nggak ada yang aneh sama si cewek sampai akhirnya oh astaga apa-apaan... ini sebenarnya cewek manusia atau bukan sih? GUE CURIGA YA INI CEWEK RAKSASA TAU SEBENARNYA. KENAPA GUE PAKE HURUF BESAR? GATAU JUGA. COBA DEH LIAT:
*
*
Pertanyaan gue: kenapa Kyuhyun bisa lebih kecil dari kaki seorang wanita? Yang salah siapa? Kyuhyun yang cebol atau wanitanya yang raksasa? Dan itu Kyuhyun agak kurang ajar sih. Jalan-jalan di bawah rok cewek. Kalo dia dongak kan malu si cewek keliatan semua. #tutupmata #matakyuhyun #pakebantalberacun

Yang lain adalah ini:
*
*
Kenapa sih itu harus ada adegan cewek tidur posisi begitu dan harus ada cowok berdiri di pinggulnya? KENAPA?! KENAPA KOK INI KESANNYA JAHAT SEKALI SIH MENGINJAK-INJAK WANITA?! #DOR #PLETAK Semakin yakin kan itu sebenarnya raksasa. Kalo dia bukan raksasa nggak mungkin itu cewek kuat diinjek begitu dan jelas badan ceweknya lebih besar dari cowoknya. Dan adegan menginjak-injak gak cuma ini doang ya, ada banyak. Ada Sungmin berdiri di atas sepatu raksasa, ada Kangin juga yang kurang lebih posisinya sama kayak Leeteuk diatas itu berdiri di badan wanita. Padahal fans Suju kan kebanyakan wanita kenapa jadi wanita yang mereka injak di MV ini sih. Jahat ih... #tenggangrasa

Dan lo nangkep gak sih apa maksud si cewek? Berasa gak si cewek masokis? Dari awal nih dia udah goyang-goyang erotis ya, oke emang gak keliatan mukanya tapi tetep aja pamer bentuk badan. Udah goyang erotis, udah gitu diinjek lagi. Kurang kasian apa coba. :(

DAN SEKARANG GUE JADI BERHARAP, "SEMOGA ITU BUKAN TIFFANY..."

Dan OH JADI BAGIAN INI YANG DIBILANG VULGAR? MASA SIH. BIASA AJA. GAK ADA MUKANYA JUGA.

#6 Posisi kaki si cewek kalo lagi berdiri jadi mengingatkan gue sama cover albumnya Miss A. HAHAHAHAHA ITU KAKI SUZY SIH KAYAKNYA.
*
*
#7 Well, yeah, gak jauh-jauh.
*
*
Ngomong-ngomong soal gak jauh-jauh, adegan sebelum itu juga ada adegan ngeloncatin member lain kan? Mirip Sherlock. Iya gak jauh-jauh.

#8 Ada satu adegan di 00:51 - 00:52 yang menurut gue sebenarnya kalo dibuat lebih dramatis lagi akan sangat keren. Walaupun sih sebenarnya itu konsepnya juga keren cuma agak kasar gitu loh. Jadi kan di detik 00:51 itu Kyuhyun di tengah lingkaran para member trus dia angkat sebelah jas-nya buat nutupin muka dan di detik berikutnya Kyuhyun berubah jadi Ryeowook. Nah kalo aja misalnya itu nggak diselingi dengan shot punggung yang deket baru ke shot Ryeowook, pasti kesan WAH nya lebih dapet. Cuma ya sayang aja, kenapa harus ada punggung itu di tengah-tengah shot padahal kalo di eksekusi dengan cara lain jadi lebih seru tuh! Punggung siapa sih? PASTI EUNHYUK DEH! HAH! (Anyway, tinggi Ryeowook sama Kyuhyun juga beda sih ya, kalo gue juga tadi mikir gimana caranya itu mereka bisa pindah posisi kalo misalnya gak pake diselipin shot punggung. Ya tapi harusnya kan kreatif! #hebohsendiri) (punggung yang gue maksud adalah gambar yang keempat dari atas kiri-kanan-kiri-kanan)
*
*
Kalau aja adegan ini pake gerakan kamera muter-muter yang kayak di The Boys pas mawar-mawar berjatuhan pasti jauh lebih keren :(

#9 Menit 01:27, perhatiin posisi tangan kiri Shindong. Itu masih di detik yang sama dan kamera berubah posisi tangannya juga berubah.
*
*
#10 Detik 00:11, keliatan gak apa yang aneh dari situ? HAHAHAHA Sabuk Kyuhyun jelas-jelas miring dan tidak terpasang dengan benar... Kalo lurus kan harusnya sejurus sama kancing baju :p
*
*
#11 Percaya gak kalo gue bilang di setiap adegan dengan outfit yang ini, Sungmin nggak pake dasi kupu-kupu, Shindong nggak pake dasi kupu-kupu juga tapi cuma semacem kain gelantungan di kiri dan kanan lehernya, dan bentuk dasi kupu-kupu member ada 2 jenis (pita lancip sama pita rata)? Silahkan boleh dicek bentuk dasi Kyuhyun, Ryeowook, Kangin dan bandingkan dengan bentuk dari Donghae.
*
*
#12 Perhatiin detik 00:42, waktu adegan Kyuhyun melewati tangan Leeteuk dan Sungmin, di adegan sebelumnya tangan mereka mepet sekali bahkan saling tindih, tapi di shot selanjutnya jarak tangan mereka menjadi sangat lebar dan agak aneh karena tidak ada pergerakan dari Leeteuk dan Sungmin baik ke kiri maupun ke kanan. #ciye
*
*
#13 Dance di MV ini sangat rapi sekali sih sebenarnya walaupun tetep makan tempat ya. Cuma sinkronisasi masing-masing member bagus :) Kangin udah gak ragu-ragu lagi buat bergerak. DAN APA SIH MAKSUDNYA SIWON? Kalo dia memang masih niat jadi member SUJU kenapa gak syuting aja ini MV? Oh jadwal bentrok ya... Oh yaudah keluar aja sekalian dari SUJU. Padahal kemaren ada jarak yang lumayan jauh ya buat syuting MV ulang pas perilisannya dipending. Kkkk~ Itu 9 orang berasa SNSD banget sih. Ah... Dan ngomong-ngomong soal Siwon, udah pada baca kan bio twitternya? Kenapa di nomor 1 'actor' bukan 'suju'? Nah itu deh bukti nyata.
*
#14 Detik 00:09 pas adegan baris berbaris Donghae doang yang sendirian. WonHae harusnya ada disitu ya HAHAHAHA #DOR

#15 Cuma Leeteuk yang dasinya nggak HITAM disini (dan Eunhyuk yang ada manik manik-nya):*
*
*
Percaya gak? Nggak? Oh yaudah.

#16 Menurut kalian, lantai di MV itu benar-benar mengkilat sampai-sampai bisa memantulkan bayangan atau sebenarnya itu teknik editing? Kalau menurut gue, mengingat di SFS lantainya jelek dan nggak mengkilap, itu adalah teknik editing. Menurut gue loh ya.

#17 Siwon muncul di 00:02-00:06, 01:02-01:05, ujung 02:06-sedikit 02:07, 02:46 gak sampe sedetik. Nah jadi kalo di total berapa tuh? 9 detik? WOW. SIWON CHOI MENDAPAT GAJI YANG SAMA PADAHAL CUMA TAMPIL 9 DETIK. DAEBAK!

#18 Gue gak ngerti ya sama efek darah-darah yang netes-netes itu. Maksudnya apa? Trus kenapa harus jatuh dari langit? Emang itu hujan? Emang ada hujan darah? Ada sih pernah di mana itu di India apa mana gitu. Tapi ini masa ujan darah di studio? Lagi ujan kok ya tetesan air nya segede kepala Baekhyun begitu. Lagi kalo misalnya memang itu darah, kenapa waktu netes di depan member gak ada yang kecipratan? AH GAK TOTAL NIH YANG BIKIN MV GAK TOTAL! #DOR #DOR #DIBAKAR -___- Beneran loh kalo misalnya itu memang efek dari darah yang mengalir karena tembakan, siapa yang tahu? Siapa sih yang ditembak? Si raksasa? Oke kalo si cewek beneran raksasa berarti masuk akal darahnya segede kepala Baekhyun setetes. Dan masuk akal jatuh dari langit karena raksasanya kan tinggi. Tapi siapa yang tahu? Sutradara? Editor? HAHAH. Songong banget sih di nomor ini. Kkk~ Tapi jujur itu gak ngerti beneran. Padahal sebenarnya keren loh kayak di teaser Mr. Simple versi 2. Tapi ya tetep aja gak masuk di kepala gue. Trus ya abis itu darah netes-netes selain gak keciprat ke member gak ada bekas juga di lantai. WAH DARAH GAIB.

#19 Ada 15 kali suara tembakan sepanjang MV. Gak percaya? Iya percaya kok Ron. Bagus.

#20 Sejauh ini bagian yang racun adalah "durururududu durururududu" di 01:50. Sama suara terompet centil di awal dan di akhir. Lumayan daripada gak ada yang racun kan.

#21 Leeteuk ceritanya lagi cosplay 2 vokalis Band Fenomenal Indonesia di MV ini. Siapa aja? Silahkan...
*
*
*
#22 Detik 00:33, posisi telapak tangan kiri masing-masing member yang terlihat beda-beda. Posisi telapak tangan kiri Shindong, Ryeowook, Sungmin dan Kyuhyun menghadap ke atas dan memegang bagian antara lengan kiri sampai siku. Posisi telapak tangan Leeteuk dan Yesung justru terbalik (menghadap ke bawah) dan posisi telapak tangan kiri Eunhyuk & Donghae menghadap ke atas cuma yang dipegang bukan bagian lengan sampai siku tapi telapak tangan yang satunya.
*
*
#23 00:55 di detik yang sama, perubahan angle kamera, perhatiin posisi tangan Kangin yang sebelumnya di lutut trus tiba-tiba di shot berikutnya pindah ke depan atas mata kayak lagi ngeker sesuatu. Anyway, posisi Donghae juga keliatan berbeda sih di gambar yang atas keliatannya dia nggak 'menarik' badannya secara ekstrim tapi di perubahan shot kayaknya posisinya beda. Tapi kalo diperhatiin (bisa jadi) karena perubahan angle kamera sih.
*
*
#24 00:57 juga agak keliatan sih ini aneh ya. Hahahaha Jadi di shot sebelumnya yang posisi kameranya agak deket, perhatiin posisi Kangin, Donghae dan Leeteuk. Kangin yang awalnya menghadap ke kanan (dari kamera) tiba-tiba di shot berikutnya udah balik lagi menghadap ke kiri (dari kamera) dan posisi tangannya juga berbeda. Posisi kaki Donghae berubah drastis dari 90 derajat jadi agak lebar dan posisi duduk Leeteuk dong semakin hari semakin jauh saja dari peradaban. Aigoo... Ini padahal masih di detik yang sama.
*
*
#25 01:06-01:07 perhatiin gerakan Leeteuk yang keliatan kayaknya kecepetan pas ngebuka tangan kirinya. Hmmm... Agak terburu-buru sepertinya saudara-saudara.... Dan di 01:05 sebelum gerakan tangan kanan menyentuh dada itu, Shindong (Leeteuk juga tapi nggak kentara) terlihat memulai gerakan dengan cara yang berbeda dengan yang lain (aduh ini bahasa gue kenapa). Kalo yang lain gerakannya tangan kanan dari bawah langsung ke dada, kalo Shindong gerakannya dari bawah, ke dibuka ke samping dulu baru ke dada. Perhatiin juga sih posisi kaki yang agak beda, trus posisi badan ada yang lurus ada yang menyamping. Di menit 01:07 kaki Leeteuk juga menyilang sendiri.
*
*
Gimana? 25 poin kurang banyak? Nah kalo misalnya ada yang kurang, berarti tugas kalian sekarang adalah (NGASI TUGAS EMANGNYA SEKOLAHAN) ngisi komen dan kasi kekurangan gue apa jadi bisa melengkapi kan :D Tadi banyak yang udah share sama gue di twitter dan waaah keren-keren juga kan jadi yuk boleh lah isi komen. Hahaha

Anyway, kalo mau share ini postingan (KALO MAU LOH YA GUE GAK MAKSA) sebisa mungkinlah kasi credit. Kalo nggak mau kasi credit kasi duit juga boleh kok ya.... CMIW~~~ :3 Have a nice day everyone! Bentar lagi lebaran! YAAAY~~~~~!!!!

Gue tau dan gue mengerti ada banyak orang yang nggak suka dan mungkin nggak sepaham sama apa yang gue tulis. Tapi ya balik lagi ke masalah pendapat pribadi dan karena ini blog pribadi, jadi ya sama sama menghargai aja :) Gue mungkin bukan PURE ELF seperti apa yang sedang heboh sekarang. Tapi siapa peduli? Gak dapet jaminan surga juga jadi PURE ELF. Dan kalopun ada yang nyangka gue ANTIFANS, siapa peduli? Kalo dengan menjadi ANTIFANS gue lebih bisa banyak berkarya mending jadi antifans dari pada ngefans tapi labil. #DAH~

Related Post:
6Jib Teaser Images
*
| EUNHYUK | DONGHAE | WOOK, DONG, YESUNG, TEUK | MIN, IN, WON, KYU |

6Jib Teaser REVIEW

Sexy Free & Single REVIEW
*

Share:

169 komentar

  1. yaelah...padahal aku berharap lee teuk mengcosplay jambul syahrini.
    kak suho, kalau sempat mampir ke blogq ya...aku juga buat review MV S.P.Y
    http://dyah-rulita.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ngecosplay jambul syahrini mah banyak, jambul2nya anak exo kan syahrini semua. sesuatu

      Delete
  2. bang inget gua gak?! ah pasti gak inget, abang kan antis nya banyak #eh. yasudahlahya

    EH GILA SUMPAH! BANG, LU KECE BADAI DAH!
    waktu pertama kali liat mv ini yang ada di otak gua adalah "apanya yang bisa direview ama bang onzikepin nih kalo sepi begini, yah, gak ada bahan bacaan deh"
    EH TERNYATA MASIH ADA YANG BISA DI RIPIUW! ih abang emang, apa tuh namanya? kece mecebleketepe!
    kalo menurut gua, walaupun lu gak nanya, repackaged paling sukses itu no other. entahlah kenapa, mungkin karena unyu.
    HAH! TUHKAN ITEK KAYAK ST 12!!
    eh bang, gua pikir lu bakal ngomentarian koreo 'cium ketek' nya mereka. gua curiga ini mv kerjasama dengan rex*na. tau gak yang iklan agen rahasia di kejar kejar terus dia tidak ragu untuk bergerak karena dia pake deodorant yang membuat ketiak nya tetap kering? NAH! persis nih kayak suju, mereka bentar bentar pose nyium ketek sih, judul nya spy pula. ck ck ck..

    udah ah, abang ini terlalu kece.
    cemungudh eah abang! semoga tahun ini lulus dan taun depan wisuda terus kerja di garuda dan tetep rajin review! AMIN!

    ReplyDelete
  3. Gak tau kenapa selama baca gue agak ketawa, agak senyum-senyum. Tp gak tau sebelah mana yg lucu dan apa yg gue ketawain. Gue cuma berdoa: ALLAH mudah mudahan antis kak Ron gak nambah. Kalo nambah kuatkan kak Ron ya ALLAH. Kabulkan doa baim ya ALLAH.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga usah bohong, ga suka bilang aja ga suka sama hater ini, bebas koq hak kamu, dia aja yg mulai ngebash boleh kenapa kamu nggak

      Delete
  4. *kepeleset ngebaca peringatan di awal postingan*
    *udah ah lanjut baca dulu*

    ReplyDelete
    Replies
    1. postingannya lucu tau ga lo, dia bilang bukan hater tapi nyatanya ngebash mulu, dia bilang bukan antis tapi merhatiin banget mv2 nya suju wkwkwk labil banget yah adminnya dan fix sudah dia ini, ELF labil yg suka ama exo dan berpura2 hina suju tapi sebetulnya dia itu suka beut ma suju.
      mengenaskan yah si admin ini.. suka ama suju tapi harus berpura2 jelekin suju di depan exotic, sungguh terlaaluu

      Delete
  5. nomer 12 itu yang tangannya LeeTeuk ama sungmin tindihan trus gambar kedua itu kan ngangkat tangannya..,mungkni itu yng bikin keliatan Jarak ron #SotoyBgtGw

    ReplyDelete
  6. setuju kak ron! gue waktu pertama kali liat mv ini biasa aja tuh gak ada yang WOOOWW gimana gitu, tapi dance nya gue suka, rapih. gak kaya mr. simple berantakan (menurut gue)

    ReplyDelete
  7. jujur gue ngakak wkwkwkw. Dan anyway, mv SPY itu lebih mirip sarana promosi Y-Style nya Yesung

    ReplyDelete
  8. Wah..akhirnya SPY di review juga sama si Om :D
    Salut om sama reviewnya,teliti sekali! Dan Om sangat kritis dalam mengkomentari MV ini,huehehehe..

    Kalau boleh jujur sih,nggak tega juga kalau seumpanya siluet cewek itu adalah si Tiffany,akunya lebih berharap itu adalah Yuri,dan kalaupun itu bukan Yuri,mustinya pakai Yuri aja,keknya jauh lebih menarik dan jauh lebih seksi! #plaak

    Keep writing Om! :D

    ReplyDelete
  9. sebelumnya salam kenal dulu lah atau gak perlu ya?? hehehehe.

    klo boleh dibilang, aku juga berpendapat sama apa yang ditulis di atas. mulai dari lagu yg lucu sampai MV yang kelewat biasa. jujur aja aku malah lebih suka comeback stage mereka..hahay
    masalah bendera Indonesia itu mungkin krn inikan dirgahayu RI jadi ya dikasih dikitlah promo *ngomong apa??

    klo tambahan fakta yg "cuma" 21 nomor di atas, aku blm tahu lebih jauh krn aku baru nonton MV-nya 5 kali..hehehe. cuma ada 1 fakta yg sepertinya bergeser di sini, sepertinya *sepertinya lho ya* visual SJ udah bergeser, bukan siwon lagi. di mataku eunhyuk, donghae, dan sungmin lebih menusuk mata daripada biasanya. bagian penutup yg shoot adl sungmin bukan siwon ataupun kyuhyun yg notabene adl visual. kenapa? aku juga gak tahu. leeteuk dan shindong dapat banyak part dari biasanya. aku suka itu apalagi part rap akhirnya muncul lagi. biasanya kan gitu deh?? meski akhirnya di telingaku hanya terdengar suara eunhyuk...wkwkwkwkwk. di MV aku lihat Kyuhyun blm melakukan kesalahan gerakan dance, seperti yang dia lakukan di It's You sampai SFS. pernah lihat kyuhyun lagi nungguin orang ngedance di MV Opera?? dia kompakan tuh sama Yesung nungguin eunhyuk, donghae, dan shindong dance dengan wajah orang bosan, sayangnya aku lupa itu di detik berapa.

    segitu dululah dan aku minta ijin buat munculin tulisan di atas di blogku, yeah, itu pun klo jadi sih,..hehehehe.
    terima kasih sebelumnya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaaaa iya, mana siwon?mana? visual kesayanganku sibuk kali ya. jujur aja aku lebih seneng liat siwon sebagai visualnya.walaupun ini gara2 jadwalnya siwon sendiri tp berasa aneh deh klo bukan siwon yg sering nongol :D #belasuami

      Delete
  10. well, aku nonton videonya gak ada yang salah, udah lumayan bagus lah mv kali ini walopun bener kata elu om "miskin"

    tapi, rambutnya teukkie itu loch, segitunya banget pake di belah tengah -__-"

    ada 2hal yang menurut ku lumayan keren om, pertama topi yang di pake sama eunhyuk, trus shootgun yang dipake sama shindong juga keren.

    tapi si donghae ada kemajuan dikit lah, dia gak lagi pake gaya tangan yang di arahin ke kamera lagi.

    see, point ke tujuh, tetep ya ada :)
    gw seneng loch om, beneran..
    ternyata anak2 penjaga pohon itu tetep eksis, entah itu baju, gaya, kekuatan mereka, atopun logo mereka.
    berasa seneng mereka bisa mensejajarkan diri dengan sunbae2 mereka dengan cepat :)

    FIGHTING OM!!!!

    @ingar1403

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang banget lagu2nya SUJU yang bagus nggak didukung dengan MV yang keren.... makin lama bukannya tambah oke...justru malah makin polos...entah mungkin di album slanjtnya MV nya cuma background putih gt aja kali ya...

      lebih suka mv nya SUJU jaman dulu2...jaman nya Dancing out sama Don't Don ..

      Delete
    2. iya, yang gitu malah lebih bagus, lebih 'warna'
      tau deh kapan SM sadar

      Delete
    3. Kalian itu ga tau kebebasan dan arti kesenian dari fashion itu gimana, suju terlihat elegan koq, kece alias keren, gagah dan terlihat mapan, pokonya full stars buat mereka

      Delete
  11. ih kakak reviewnya keren badai! mantap deh kakak. sip sip.

    @silver_shfly

    ReplyDelete
  12. udah di tunggu nih reviewnya,..
    ya emang SM SEDIKIT PILIH KASIH ama SuJu,mungkin SuJu udah pada tua tapi tetep kece,..
    soal kaki di detik 0.46 itu kakinya wook, bru baca tdi di pesbuk. kaget juga karena betisnya PENDEK.
    detik 0.26 hyuk hbat banget bisa jalan di atas pistol.#beritepuktangan
    rada bingung ama detik 0.56 sungmin kq kyak nyari kucing ya..?? #garukkepalasungmin
    sungmin sekarang di posisi depan mulu, bareng ama hae and hyuk. Apa dia akan menggantikan posisi Hankyung?. mungkin. abaikan.

    komentar gw bru 1 pdhl baca blog lu dah lama mulai review mamanya EXO yg pertama. klo leat komen2 yg rada menyimpang gw ngebacanya smbl geleng2. mnrut gw bagus sih ngereview MV, bisa mencari kelemahan MV #DOR. Kaget gak? gak. o.
    reviewnya banyakkin, gw sbg pembaca kurang puas karna kesedikitan review di SPY ini. #sudahdiam

    oke, teruskan mereview,jgn lupa terEXOtic oleh pesona SuJu. Whehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. "ya emang SM SEDIKIT PILIH KASIH ama SuJu,mungkin SuJu udah pada tua tapi tetep kece,.. "

      Lho, bukannya SM itu pilih kasih pd exo dan itu kalian sendiri yg bilang? jangan labil lah exotic jangan ikut2an kaya ELF gini, ikut2an aja lo norak! #mengenaskan

      SUJU TETEP KECE DARI SONONYA, MAU MV JELEKNYA SEGIMANA, SUJU GA BAKAL JATUH, GUA DOAIN ITU

      Delete
    2. Lucuu bgt ini si muklis nyolootnya,lucuuu kaya belahan rambut leeteuk

      Delete
  13. 1. "Apaan MV A-cha biasa aja gak ada yang istimewa. Miskin!" LAH INI LEBIH MISKIN LAGI HAHAHAHAHA setuju banget hahaha

    2. "gue sih curiganya itu Tiffany. Nggak tau kenapa gue pas pertama kali liat langsung kepikiran sama Tiff. Kalo Sooyoung, kakinya terlalu pendek sih dan badan Sooyoung nggak seberisi itu." gue juga setuju dan bahkan di tumblr ada yang ngepost itu yoona malah tambah ngawur itu hahaha secara yoona badannya kurus dan kurang tinggi lah yaa kalo itu yoona ataupun sooyoung

    3. disitu yang ganteng cumak sungmin apalagi kyuhyun rambutnya kayak celemek hahaha.donge juga kenapa gak kece gitu sih kenapa saya kecewa

    4. awas ada yang komenn kayak gini lagi "om jangan mengarah ke exo terus dong om. gatel nih kuping denger kata exo mulu" "Suju ya Suju aja om, jangan bawa-bawa EXO. Semakin om bawa semakin gak tertarik sama EXO. malah kayak jadi sebel sama EXO nampang dimana-mana"

    hahaha tp gue suka sih karna gue juga suka sama exo sama bacon juga lanjutkan bahas EXO #eh hahaha

    terakhir GUE JUGA BUKAN ANTIFANS, GUE BUKAN HATERS SUJU HANYA SAJA BUKAN PURE ELF seperti kak Suho eh om ronzzy

    ReplyDelete
    Replies
    1. sungguh admin ini sangat munawaroh eh munafik dan labil (lebih labil dari ELF pure). bukan antis tapi bisanya cuma ngehina ga pernah nilai bagus, bukan fans tapi ya fanatik banget ama suju sampe segitu perhatiannya liat mv nya. jadi sangat fix admin ini sebenarnya ELF yg LABIL. OMG ngenas sekali

      Delete
  14. Kak ron nyadar juga ya masalah siwon itu. Brarti bukan cuma saya yg parno. Emang bener sih, dari 5jib siwon rada-rada ga produktif lagi. Syutng drama lah, CF lah, kencan sama tipany lah *ups* Awalnya sih masih lapang dada, tapi pas absennya siwon kebangetan, mulai deh galau. Takutnya sih jadi kayak kibum, keasikan syuting malah minta cuti.
    Terus ya kak, liatin ga sih ekspresi siwon tiap perform SFS? Ekspresi kosong gitu, bukan siwon lah pokoknya. Intinya, menurut saya, siwon berubah. Jadi avatar, membela negara udara. Melawan negara api! Oke, lupakan.
    Malah sempet kepikiran, kenapa siwon itu ga cepet nikah aja ya? Biar ga jadi galau kayak gitu.
    Masalah repackage itu juga setuju banget. Tahun belakangan ini SUJU kehilangan sentuhan magicnya. Adiksinya hilang, byar, dimakan shindong kali ya. Waktu 4jib repackagenya kan no other, jadinya beda sama bonamana, istilahnya menetralkan deh. Nah pas 5jib, repackagenya a-cha, nuansa musiknya sama, jatuhnya malah ngebosenin. Apalagi pas 6jib ini, sumpah deh, saya sudah nyoba untuk suka, suka, dan suka. Tapi ga tau kenapa ya, rasanya gimana gitu. Rasanya hati saya udah ga di SUJU lagi, dicuri sama EXO. Andai saja From U itu dibikin jadi repackage dan dibikin MV, pasti unyu banget. Malah saya udah kebayang gimana MV-nya nanti.
    Entah ini gara-gara EXO terlalu kece, atau emang saya aja yang ga kuat menahan cobaan sebagai ELF.
    Intinya, saya kangen SUJU yang dulu. Zaman happiness, zaman marry you, zaman miracle, zaman no other, zaman unyu-unyu lah.
    Sekian deh komennya. Maaf ya ka jadi curhat. Semoga kaka terus berkarya, tambah lucu, tambah cakep, wisuda segera, cepet kerja, dan tahan sama aksi haters di luar sana.
    *terbang pake naga kris*

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran nangis waktu baca komen ini bagian 'Rasanya hati saya udah ga di SUJU lagi, dicuri sama EXO'

      Delete
    2. Sama...aku juga begitu...tp, kalo yg soal EXO, msh belom terlalu lah...msh mencoba bersabar sebagai ELF :P.

      Delete
    3. basi lo pada, emang labil (kaya adminnya), udah dari ELF trus liat yg ngebash suju trus beralih gitu ke yg lain, sama aja labil2 juga kalian itu ga pada nyadar aja hey.

      Delete
  15. setuju Ron.. :D
    pertama kali liat MVnya sih, ga bisa bilang WOW..
    untuk latar MVnya malah mending SFS daripada SPY.. :(
    dan aku suka banget paragraf paling akhir.. :D
    keep writing ya.. ditunggu lagi reviewnya..

    ReplyDelete
  16. ya ampun, kak suho kece bleketepe banget! salut deh kak, itu mata tajem banget. oh ya soal MV, emang bener biasa banget. mau gimana yah, rules of SM semakin tua artis semakin biasa MVnya #kibasponi
    Semoga gak ada lagi ya kak elf *batuk* kemarin sore yg cuap2 gak jelas kyk di artikel SFS, wkwkwk. klo udah jd fans fanatik kadang emang bikin mereka tutup mata (?)
    Well, apapun itu pokokny KAK SUHO JJANG *thumbs up bareng Kris*

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan mata yg tajem, dia (ELF) yg kerajinan melototin, ngulang2in mv suju buat nyari2 kesalahannya, sungguh elf yg munawaroh eh muanfiq

      Delete
  17. niat saya baca review MV SPY supaya dapat hiburan
    lah kok jadi terharu beginih sih?
    emang bener dah ... ini MV miskin yah
    duit SM udah habis buat bikin SM.ART Exhibition kali yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga mungkin mereka miskin, liat panggung megah suju kalo show, liat member suju udah punya lapak dimana2. kalo tanpa suju juga, SM gak bakal bisa mungut anak exo dan buat mahal mv mereka itu pasti duitnya dari artis2 lama mereka dan pasti salah satunya dari SUPER JUNIOR

      Delete
  18. Hai ooom! (lupa dulu manggil kak atau om yak?)

    Udah lama sih nggak ngomentarin reviewnya, maaf lagi sibuk sibuk murid baru.

    Soal MV SPY sih aku cuma komentar tentang cewek yang diduga-duga Tiffany itu. Menurut aku juga bukan, tapi kalau emang mirip Tiffany tapi kenapa model rambutnya cuma sekedar sebahu leih sedikit dan lurus? Seingatku Tiffany rambutnya panjang ikal. Kalo rambut sebahu lebih sedikit lurus itu waktu jamannya Run Devil Run deh ya. Atau mungkin mereka nge-shoot bagian Tiffany geal geol pas jaman nyuruh setan lari?

    Satu bagian yang mungkin kata aku mengesankan waktu Kangin nembak sambil berdiri di atas badan si cewek bayang-bayang itu, terus nembak ke pojok kiri bawah dan akhirnya semacam layar nutup ke kanan dan muncul SJ nge-dance.

    Dan gaya rambut Kyuhyun -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah di potong kali mbak. atau gak rambutnya dilurusin. apa susahnya dah-_-

      Delete
  19. saya suka nih postingan! kenapa baru posting sekarang bang? saya nunggu-nunggu lohh.. ^^ hehehe.. kok beberapa hari ini sepi tanpa postingan.. >.< LIKE THIS!

    ReplyDelete
  20. Annyong Om ron....

    setuju ma om,ini MV double biasa -_-" padahal gue udah ngayal2 badai, tuh siwon bakal kerennn pakal pistol trs tembakan2,guling sana guling sini ala james bond. tapi nyatanya??? kecewa badai om, *terus gue harus bilang waw gitu? . kecewa jg ma laki ane yg atu ini, kenapa dia suka ngilang pas bikin MV cz jadwal bentrok :( sedihnya TT_TT . tp gak ape2 dah walaupun cuma 9 detik,gajinya same aje :D ahhahahahahahhaaa hidup siwon, DAEBAKKK!!!

    ReplyDelete
  21. Wew, lu jadi orang bener2 teliti banget yaa om kaos, hahaha :D
    but, jangan lupain kak Suho dkk yaa.
    Kasian om, abis ini bakal comeback ;)
    wkwkwkwk ^^

    ReplyDelete
  22. bwahahaha, kocak amir bang. keren banget
    makasih MVnya, gue penasaran banget sih. kalo bisa bahasanya lebih WAW gitu bang okeh-okeh ?

    ReplyDelete
  23. Kak Ron, gue bingung mau komen apa yah. #abaikan

    eh tapi gue mau nanya kak, semenjak review MV jd hobi, minus mata udh nambah belom? Abisnya ga kebayang aja setiap kali nge review kan bisa nonton puluhan kali.

    Dah ah, gitu aja komennya *perasaan gue malah nanya deh, bukan ngomen*

    Keep writing ya, Kak Ron!! ^^
    @xianzpurple

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaah biasa, demi ketenaran dia mengumbar2 kebenciannya (dengan mengakui bukan hater atau antis) nyari2 buruknya doank di mv suju. tapi ya jelas sekali sebetulnya dia itu ELF munawaroh

      Delete
  24. emang udah cocok SuJu harus di beri kritikan utk MVnya..biar ada perubahan yg lebih baik kedepannya..#MacamKAmpanye
    kalo soal konser, SuJu gak perlu dintanyain lagi..tanpa promosi yg berlebihan pun konser mereka tetap padat.. soal nama besar yg gak paham K-Pop pun saat ditanyaain tahu boyband dr Korea jawabannya Super Junior...
    emang sih cuma duduk2 aja pun mereka di MV ini videonya tetap banyak yg nontonin, tetap di puja2 tp kegantengannya bukan ttg MVnya..jd ELF2 diluar sana yg masih labil coba lha utk lbh kritis dlm menilai biar SUjunya jd a big legend of K-Pop yaa gak ROn

    ReplyDelete
    Replies
    1. halah lo jangan munawaroh eh munafik donk,,,wkwkwk terlihat sekali kau jg labil

      Delete
  25. yeaaayyyy #hebohsndiri

    akhirnya berkali2 saya buka ni blog yg superrrrr bauuuu ... kkk ~
    dn bru kali ni jga saya bercoret2 mnuhin n ngbalain (?) ni blog .. hehe ^.~

    akhirnya kak ron yg katanya kece badai,, ^^V keluarin jurus pamungkasnya untuk ngreview om2 aq ni ... ^^
    lahh ko cman dikit ??? ya iyaa mv.nya jga biasa aja .. heuheu ^^V
    buttttt totally itu sdah mmcahkn pnsaran gw ma review kak ron ... kkkk #apadeh =.=

    Suksess selalu buat kak ron .. ^^
    @Rrann ^^

    ReplyDelete
  26. awas om, antis dimana2 kkk~
    doa saya sih moga2 antisnya om pada cepet sada dan kembali ke jalan yang benar dan lurus #apaini?

    aku belom liat MV meskipun dah dunlut dari kemaren, dan gegara kepo sama TLmu akhirnya mampir lagi kesini. rencananya ntar malem mo nonton, eh tapi gegara komennya om biasa aja jadi rada2 males nih, aku kan bukan Pure ELF ya, aku kan pure_luhan wakakak~

    jadi nyesel nih beli SFS repackaged, soalnya kan aku bukan pure elf, masa pake beli album segala :p

    KEEP WRITING OM!!! TETEP TEREXONISASI DAN TEREXONIAYA YAAAA!!!
    SALAM SEMOK, BEBAS & JOMBLO #KIBARBENDERASUJU

    ReplyDelete
  27. komennya dylandia gue banget tuh :D

    ReplyDelete
  28. wess wess saya setuju sama point nya Ryeowook sama Kyuhyun itu nyanyi rendah ada tantangannya :D
    Tapi kalo Ryeowook nyanyi rendah itu juga ada kak yg dia duet sama Beige :O hohoo...
    Ah, SM sekaraang lagi demen koreo yg makan tempat ya kak? -_- azz kita tunggu EXO ntar :D haha

    Yoi kak! Apan sih Pure ELF Pure ELF -_- ckckck.. Geli kak bacanya hahaha

    Keep writing !!!!! ^^ KEREN! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang geli itu liat komen lo cuy...ryeowook sama kyuhyun pasti terbukti berbakat, suara rendah gt mah gampang buat mereka. lo bisanya cuman nyangka2 ga jelas gitu. sok2an kaya adminnya

      Delete
  29. As always reviewnya bagus kak :D
    Buat MV-nya No Comment deh... emang selepas Bonamana & No Other... Suju... *silent*
    Ga jadi deh, ga jadi ngomong ._.

    ReplyDelete
  30. Om Ronzy selalu ku andalkan kalau review, Udah teliti bikin ketawa pula. plusplus tuh hahahahaha.

    Kalau baca review perutku nyampek sakit sendiri kebanyakan tertawa, tapi Good Job loh om :D

    ReplyDelete
  31. I Love Your Blog So Much.. blognya yah,, bukan orangnya. hehe.
    Yah, well. Gue bukan ELF sih bang, tapi gue entah kenapa excited banget nungguin ini MV gegara liat teasernya. Dan emang pas pertama gue denger lagu SPY ini, dan pas denger TERERETnya di awal gue langsung ngakak, soalnya mengingatkan gue sama lagu odong-odong di time zone, dan lagu odong-odong yang sering lewat didepan rumah gue. timpang tindih banget MVnya sama Teaser,, gue kira bakalan beneran keren lagunya, ternyata gitu. haha. Tapi iya sih, semakin didengar semakin enak. ohoho, . kwaaakwaaa..

    keep writing ya om, jangan pernah berhenti untuk menghibur saya. :D

    ReplyDelete
  32. oke. oke. dalam hal MV yang biasa aku setuju banget!
    udah donlot dan nonton malah jauh dari tebakan, mana belom denger lagunya -,-"
    aku ELF lho bang, tapi kecewa.,..
    by the way, salut sama abang yang gileeeeeee bisa sedetail itu merhatiin nih MV? terus apa tadi? bukan PURE ELF? aku aja yang ELF *nggak tau PURE apa nggak yang jelas bukan ababil deh* nggak ampe segitunya...

    tapi makin lama makin suka lagunya *kalo MV masih rada gimana ya? nggak ngerti cewek itu lagi ngapain, erotis gila...*

    ReplyDelete
    Replies
    1. yakin lo kecewa? jangan gara2 admin sok iye ini ya

      Delete
  33. wah, akhirnya bisa juga komen di blog si om suho~~ kkk~ habisnya selalu baca di hape, jadi rada2 males gimana gitu buat ngomen panjang2, palingan juga gagal, secara koneksi internet........ *duagh!*
    pas gw baca ini, gw cuma ketawa-ketawa sambil mikir, ada ya orang yang mikir segininya tapi sering dibilang antis. wah, kalo antis mah, ini antis tingkat tinggi *warning:dilarang geer*
    soal si abang suju yang galau jodoh tinggal nunggu kawin aja ini, gw juga setuju kalo sekarang MVnya MENYEDIHKAN!!! miskin, udah gitu ga menghargai cewek lagi T____T aih, saya jadi sedih, hati saya sakiiiittt melihatnya, hiks hiks.... oke, back to topic! tpi ya paling nggak ni MV mendingan lah, ada racunnya. A-Cha mah, sama sekali kaga ada racunnya, udah gitu PUTIH gitu doang! leeteuk pasti seneng banget, meski yang cuma tau kpop aja bete. hhh~ udah, bagusan Happiness kata gw mah! paling nggak itu menghargai cewek, peluk pelukan. ga kayak ini, nginjek cewek! aduuuhh... nyesek!
    tapi ya, seperti yang lo bilang di SFS, namanya fans, apalagi yang udah bias-biasan mah pasti bilang ini bagus. dan emang kalo kata gw. secara disini Kyu keliatan aslinya, EVIL! udah shindong dilompatin (dan gw selalu berdoa kalo suatu perform dia kepleset gitu, kan WOW banget tuh, ELECTRIC SHOCK!<<< jahat banget ya gw? ELF apa ini gw? *berdoa bias ga disangka antis juga)
    after all, abis gw liat semua MV SJ, gw malah ngerasa ini kaya nilai rapot gw, nostalgila dikit rapot gw biasa, trus bagus, trus oke trus turun, trus jeblok deh *napa gw curhat gini coba?* jadi bentuknya segitiga deh. dan segitiga adalah.... hahaha...
    oke, ini udah panjang banget dan gw yakin pasti udah ganggu banget. tapi paling ga pe-er gw dari om ron udah done, kelar! jadi gw bisa tidur nyenyak malem ini. dan saran nih om, review juga dong MV-MV SMent yang jaman baheula juga! kayak TVXQ yang mirotic, SNSD yang Oh! dan tentunya SJ!!! huahahahaha... ayolah om, buangin waktu libur lah. mumpung lo baru masuk september ntar *sotoy, tapi bener ga?* ya? oke om? oke laaaahhh... *muter, ngilang kayak di U*

    ReplyDelete
  34. oh ya, nambahin sedikit: katanya galau jodoh, tapi di sini ga ngehargai cewek. gimana bisa dapet cewek coba, hah??? yang ada begitu calon ceweknya liat ini MV, langsung digaplok satu-satu hahahaha XD seneng, seneng gw bayanginnya *jaaat* oke, cukup

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha lo aja bego liat fans dunia semua cinta suju. mana ada yg rela gaplokin mereka, ada juga gaplokin lo kali wahaihai

      Delete
  35. katanya sih cewe di MV itu namanya Son yeon jae, katanyaa looh:D

    Haha gue kasih jempol 10 buat loe om. gue percaya kalo loe bukan antifans SUJU, mereka yang ngira loe antifans SUJU karena belum dibaca baik2 review loe walopun gue juga ELF, guee salutt banget sama loe yang udah review MV SPY, God JOB ya om:D

    ReplyDelete
  36. Bang yang point #18 kayaknya bukan darah deh, orang bening gitu. Warnanya juga gak merah amat, agak keungu-unguan gitu. Itu wine bang. Usul aja sih. Makasi review abang tetep uhuy cihuy makucuy kok :D *thumbsUp*

    ReplyDelete
    Replies
    1. maklum, adminnya rada2 bego. merhatiin suju (fans berat) dicari2 yg jeleknya akhirnya kepeleset

      Delete
  37. eh.. kapan kira2 SNSD comeback single terbaru gara2 suju terus ngluarin comeback jadi ga sabar nunggu terutama single koreanya ... yoona yoona yoona :D

    ReplyDelete
  38. wohooo.. akhirnya kak suho bikin review lagi~
    matanya dibikin dari apa sih kak? tajem gitu. muehehehe

    oh ya. entah kenapa gue rasa direview ini kak suho kayak mau nunjukin "WOI.. GUE BUKAN ANTI SUJU" ke para fans kemaren sore anak peri itu. kata2nya kurang tajem kalo ukuran kak suho. atau mungkin gue nya yg sotoy. tapi kyknya emang kali ini kak suho banyak mujinya. kalo gak bener ya udah ya, anggep aja gue gak komen kyk gini. makasih :3

    ReplyDelete
  39. Ya Allah baru sadar gue... pas liat address bar gue buat ini laman SiwonPacarnyaYoonaMVReview.html :D bahagia banget :D makasih om ron...

    ReplyDelete
    Replies
    1. DOH yang ini kak ron gue juga baru baca ya allah...kenapa gak sekalian aja siwon pacarnya yusron

      Delete
    2. itukan singkatan S.P.Y sebenrnya...
      hahahaha...#ngarep #abaikan

      Delete
  40. siapapun elo yg udah nulis ini, elo bener2 jahat.. jahat cz udah bikin aku ngakak malem2. aku ganyangka om bakal ngereview ni mv, soalnya udh basi banget.. mending nongkrong diatas gedung sama kris sambil nungguin exo kambek.. mv nya emng sedikit krik seh dibanding sama mv2 artis lainnya *senggol poon kehidupan*. aku setuju banget sama kata om, yg bilang kayak gimanapun mvnya, elf jg bkal oke oke aja, bilang bagus bagus aja. jadi SM nyantai aja gitu buat mvnya sj ini. belom lagi anggaran yg keluar buat anak2 exo n smart exhibition. dompet sm lagi seret, jd buat sj yaa seadanya aja deh ya.. prihatin sama keuangan perusahaan. menurut aku sj ini harus dikasih penghargaan sebagai boygrup tersabar dengan fasislitas seadanya hakhak. dan juga mereka udah saatnya break ya,, gantian boo sama rookie yg pengen eksis, bosen mereka mulu yg eksis. peri2 juga saatnya reinkarnasi jd bidadari ato apalah yg bisa berguna bagi bangsa dan negara. ato senggaknya gak berisik gitu. sekian komen gaje dari saya, minal aidzin walfaidzin, semoga exo comeback secepatnya dan kai bisa seputih sehun, wassalam @sindyffa

    ReplyDelete
  41. setuju banget sama kak Ron.
    waktu download ini MV kemarin aku antusias banget pengen cepet-cepet nonton. Ternyata pas nonton dapetnya kaya gini :(
    emang sih lagunya bagus, lucu gitu, tapi MVnyaa... mending nonton perform-nya deh :(
    waktu pertama kali nonton MVnya, kecewa. ngga jauh dari A-Cha menurutku. Trus aku putar-ulang, siapa tau ada bagian yg aku suka, ternyata gak ada :( *tambah kecewa*

    Oya, tambahan nih, di detik ke 02:52 Shindong lagi baikin kacamatanya :)
    cuma ketemu itu aja sih, hehe.

    tetap nulis ya kak, aku sdh jadi penggemar blog ini loh ^^

    ReplyDelete
  42. terhibur bacanya.
    terus menulis. dan ditunggu review2 lainnya :)
    *komen apaan nih dah XD*
    daebak aja lah kak!!!!
    ganbateee :D

    ReplyDelete
  43. KOK DIKIT SIH KAK?? G IKHLAS NG-REVIEW YA??!! KAKAK PASTI ANTIFANS SUJU !!! *bakar blog kaoskakibau* #EEEAAAA #NGOMONGAPASIH #CERITANYAPERIKECILKEMARENSORE #DOR #DOR

    wew bener bgt kak dari semua MV suju (ntah mengapa di mata sy) sejak jaman sy smp dulu, spy ini terkesan polos bnget -_- malah sy hrus akuin klo sy lebih tertarik sm MV "U" (yg notabene gaya ke-13 om om itu masih err ...) ketimbang mv ini (yg helloo~~ dibuat taun 2012 men gilak kurang canggih apa coba)

    ya anggap aja om sooman lg kkurangan duit gara2 sm exibition kmaren jd daripada bangkrut beliau hanya bisa ngluarin dikit uang biar mv spy ini paling nggak bisa selese dan diupload #prayforsoomanahjussi'sbusiness

    udahan ah ntar kalo komen sy panjang2 dikirain nge-bash suju lagi -,-
    This is just for fun guys :DD

    oia ini kak sebelum kabur sy mo kasi 6 jempol buat kak Suho *jambret jempol kaki bau si Byun Baek* keep writing ya kak (҂'̀⌣'́)9 matta ne~~ whooosh *kabur naik ojek naga kris*

    @GheaPC

    ReplyDelete
  44. Review-an kak suho bagus dan sedikit kecewa soalnya ini termasuk review-an mv yang paling dikit ya menurut saya tapi mau ngereview apaan lagi coba dari mv putih, polos, miskin dan abstrak ini? duh kak suho, aku tuh sebenernya suka super junior dan jadi elf udah hampir 4 tahun tapi akhir-akhir ini kehilangan rasa gara-gara ke duabelas anak nganggur gak guna penjaga pohon kehidupan itu. :( aku gak salah kan ya kak suho? :(
    HAHAHAHAHAHAHAHAHAHA TUMBEN KAK SUHO GAK SERING-SERING NYEBUT BOYGROUP ROOKIE 12 ORANG ITU DI REVIEW-AN INI? HAHAHAHA TAKUT DI MARAHIN SAMA "FANS PURE" ITU YA KAK? U_U
    To be honest, saya lumayan suka SPY daripada SFS gatau kenapa tapi di SPY ini tuh SuJu udah punya hal adiktif lagi gak kayak di SFS yang lagunya bener-bener flat dan notabene low-class.
    jadi kangen masa-masa SuJu waktu Don't Don & Sorry Sorry T___T di sana mereka lebih berwarna dan lebih punya "jati diri".
    oh siwon ya? well, dia mungkin mikir penghasilan dari boygroup itu gak seberapa di bandingkan penghasilan dari drama toh dia emang laku banget di tawarin main drama apa pun. mungkin aja sih siwon kayak gitu gara-gara pengen cepet nikah. HAHAHAHAHAHAHA. KALI AJA YA KAK SUHO. KALI AJA.
    At least, Keep writing bro! Baekhyun always loves Chanyeol not Tao HAHAHAHAHAH. sorry to say bro.

    ReplyDelete
  45. Salam kenal kak! anak baru hehe,,
    kelupaan tuh,, seeing eye-nya Eunhyuk waktu dia jalan pake topi setengah bagian topinya nutupin matanya,,
    over all bagus kak! #good Job!

    ReplyDelete
  46. langsung aja deh, warningnya gue suka. xP

    biasanya kalo maen ke blog dirimu gue selalu komen panjang-panjang ya. tapi entah kenapa ini gue males komen panjang-panjang. efek review nya yang kurang panjang juga kali ya. -ditampar, di tendang ke EXO Planet-

    Kak Suho, kamu nyambit-nyambit EXO itu ada yang ngenes lho pasti. Awas lho, Kak.. yang PURE nanti ada yang marah lho... hahahaha

    gue pengennya MV SJ balik lagi kayak dulu. Engga 'hemat' konsep kaya begini.
    kalo emang butuh konseptor MV, gue siap qo. -ngimpi yang kejauhan- #geplak
    gue kangen MV kaya Happiness, It's you, No Other, Don't Don gitu... gue kangen MV SJ yang ada dramanya. Yang ada ceritanya gitu. Bikin 2 kaya MV It's You atau MV BoA kemaren itu.

    Entah kenapa gegara ini MV gue kepikiran dan inget waktu MV Sorry Sorry dulu. Di sana kan Kibum munculnya juga cuma beberapa detik. Ehem... gak mau lanjutin komen. -___-

    buat Kak Suho, BASHING MEANS LOVING ya, Kak... *uhuk uhuk*

    *TELEPORT*

    ReplyDelete
    Replies
    1. TELEPAR TELEPOR...NGayyal lo pada, illuminati realistis woy..norak ah

      Delete
  47. BANTING AJA RON yang gak suka sama lo. gue bantuin deh nanti!(SETIAP REVIEW-an LO ITU KAN FAKTA!)
    anyway...gue selalu mengandalkan review lo. jelas, padat, dan tepat.
    memang mengecewakan sih mv SPY ini. kurang WOW rasanya. mv nya gak ada efek blink-bilnk*memangnya syahrini?#abaikan. mv suju kebanyakan di studio, tapi tetap aja membludak. coba kalo tempat pembutan MV nya di new york gitu atau di luar studio, kyk mvnya bigbang yang bad boy? tapi ya, kembali sama yang lo bilang tadi, SM gak mau keluar duit banyak!. mungkin juga waktunya mepet


    tapi sih gue berharap lo bisa me-review MV MV lain selain suju (kyk b2st,2pm atau bigbang gitu :P). apa banyak kesalahan juga? ato memang di MV suju aja yang banyak kesalahan-kesalahn yang mencolok?

    keep writing ya ron. DAEBAKKKKKKK!!!!!!!

    ReplyDelete
  48. Oke, ini gue perlu kenalan ga? Gue kayaknya udah pernah komen di sini tapi entah deh gue juga lupa udah pernah komen atau belum... /pletak/
    Gue lumayan sering mampir dan baca postingan2 lo... kkk... sorry ga ngomenin...bangapta, chingu... (jieeehh chingu -__-")

    oke ini review lo yang kayaknya paling bikin emosi gue tetiba membara(?). Lo tau ron gue pengen nangis pas liat ini MV akhirnya nongol dan pas gue liat wujudnya kayak begini sumpah gue pengen nangis... dosa apa anak2 suju sampe dibikinin MV model begini ama SM, Ya Tuhan????
    Ini sumpah ya gue ga ngerti... pertama liat teaser MV nya okelah gue nikmatin dan lumayan excited ama tuh teaser, dengan harapan akanada MV yang lebih bikin gue bahagia dibanding sfs. Dan yah, bagian durururu...dudu... itu emang racun! yeah racun! nemplok banget di otak... orz
    denger full mp3 nya, gue semacam... err... jauh dari apa yang gue bayangin. gue udah terlanjur ngira itu lagunya bakal super cool, kayak judul. dan yah di teaser itu kan mereka pake jas dan formal banget kan yaaa, khas james bond kan yaaa, spy itu cool kan yaaaa... trus trus gue denger nada TET TERET TEREEEEETTTT... di awal lagu itu, ditambahin part dongek sama kunyuk gue semacam hopless... dan, yah, gue anggep aja lagunya... lucuk -___-"
    temen gue yang non kpopers ngomen gini, "lagunya spy itu lucu ya, semacam rokkugo gitu kali ya..." okay!! terserah!! *nyemplung sumur*
    yah walaupun pada akhirnya toh gue dengerin juga, unik kok lagunya kalo didengerin lama-lama. terutama part durururu itu.
    tapi semacam belum cukup kekecewaan gue, ini MV bikin gue seriusan pengen nangis di depan staff SM biar mereka bikinin MV yang layak buat SJ T___T
    Bukan ruangan kotak2 lagi, dengan efek2 yang ga jelas banget. dan gue benci banget liat efek darah2 itu apa banget Allahu Rabbi... :((( itu annoying banget ada darah2 netes ga jelas gitu...

    ah udahlah, ini niatnya gue emang mau curhat kok ya... sekesel2nya gue ama ini MV, gue tetep liat MV-nya, tetep dengerin lagunya, tetep ngeliatin mereka satu2 di MV, dance mereka keren dan mereka pada ganteng2 pisan... gue semacam pingsan bahagia kalo ditembakin ama mereka /abaikan aja ini abaikan/
    okelah, have a nice day, wassalam!!!

    -trililiii-


    ReplyDelete
  49. Om Om itu set 'polos' ada alesannya lho^^
    Om Suho lihat teaser lagi deh, ada 2 scene yang pake filter merah kan? Itu, yang detik 00.07 sama 00.17

    Terus lihat full MV lagi deh. Gak ada scene yang pake filter merah kan?
    Makanya aku pikir set polos itu buat yang difilterin merah tapi kayaknya sih ditolak sama badan sensor sana

    Gara-gara ditolak badan sensor di korea sono, yaudah MVnya diedit dan dihilangin filter merahnya (kayaknya sih filter merahnya masalah banget ya-_-)

    Jadi deh! Set polos tanpa ornamen~ karena emang niatan dari awal dikasih filter merah darah, jadi harus dibikin polos. Jelek jadinya kalo pake filter terus dikasih set rame, nabrak :P

    Kayaknya gara-gara filter bermasalah ini MVnya diedit lagi jadinya tanggal rilisnya diundur. Kalo mau bikin yang baru lagi udah gak sempet, netizen udah pada ngedumel di internet, yaudah diedit ya jadinya polos,los,los,losss.

    Tapi nih MV JAUUUUHH min diatas A-CHa. A-CHa nggak ngena sama sekali, nah MV SPY ini baru 2 kali nonton langsung gak bisa berhenti nonton. AAAAA~

    Hai-Lai-Terr-nya Kyuhyun juga racun kok bang. lirik tendang pantatnya juga racun asdfghjklkjhgfdsa~

    Tapi bang tapi nih yaa, KENAPA ADDRESSNYA HARUS SIWONPACARNYAYOONAMVREVIEW OMMM??!! aku lebih suka MaSiwon sama Sulli aja. Kalau bisa sih saya Om._.

    Udah om segitu aja dulu^^

    ReplyDelete
  50. bacaan yang menarik om, ane demen ma kinerja otak ente. Om Ronzzy kece badai dah

    ReplyDelete
  51. Aduh Om, caps yang warna PINK beneran ga nahan,,,
    ne ne,,,, aq percaya sepenuh hati kok ama Om Ron, terserah deh Om mau komen apa itu semua hak Om, dan hak saya juga buat mendukung hehehe, tapi ga sepenuhnya mendukung deng, yang baik2 aja yang didukung hehehe *teleportasi*
    eh Om, yang kaya bendera Indonesia, Monako, Polandia kebalik, entah apa itu yg mesti merah putih, di mataku kok malah kaya darah mengalir ya??? entah deh, tapi jangan ngomongin darah deh *lha ini malah ngomong sendiri???*
    iya, Wonppa jatahnya dikit, maklum lah Om, dia kan kebanyakan izin, mungkin dia syuting setengah jalan terus pamit buat syuting *emang syuting apaan?*. Eunhyuk banyak di center.
    Oh, ya itu lho yang pas scene mau finish, ada siluet cewek nembak terus keluar lambang "hati" eeeooooy,,, terus fungsi darah2 itu apa dong???
    Oya, menurutku si siluet cewek itu bukan siap2 deh, mungkin cuma animasi, hmmm. Tapi mendingan pake cewek nyata aja deh, malah bener thu, kesannya jadi ehemmm sedikit "vulgar" kalo dibikin siluet polos gitu. Just my opinion
    Lanjut OOOOOOm,,,, tungguin EXO comeback ya,,, kapan nih??? ga sabar!!!

    ReplyDelete
  52. hei, hei, salam kenal *anak baru*
    emang sih, kok SM tega bener ama SUJU, sebagai E.L.F gw saranin SUJU pindah aja deh dari SM daripada didzalimin terus, biar SUJU sendiri juga maju *eh *ditimpukin orang satu kantor SM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, daripada didzalimi mulu, kasihan juga nanti SM kebanyakan dosa tuh di akherat *eh

      Delete
  53. om... gua follower baru... annyeong... oke bang gua juga sependapat, ini miskin parah mv nya..... SM pelit dah kalo udah ngomongin suju... gua ngeliat mv ini kayaknya biasa banget, gak kayak dulu, liat mv MAMA sampe 6 apa 7 kali dalam sehari aja gaada bosen nya. eh ini nonton sekali aja gua udah eteb abis. terlalu ngirit MVnya om. udah deh, makasih ya om review nya, keceasoybadai deh :D

    ReplyDelete
  54. Leeteuk kan udah dewasa, makanya tuh cewe diinjek2 -_-
    ngomong2, review MV ini ga bikin gue ngakak kayak review yang kemaren2. ._. tapi good job om (y)

    ReplyDelete
  55. Pertama masuk blog ini nahan napas, takut ada kalimat-kalimat yang nyesek. Baca dikit" ya ternyata normal. o.o
    Gak kayak ngeReview sfs kekekeke. Cuma itu bias saya jadi korban wkwkwk. untungnya saya suka ian kaselek XD

    Good Job kak! TAPI Di review kali ini sifat "kritikusnya" agak hilang, gak se-kritis sfs gitu. Emang sih jujur dulu saya benci, tapi kok sekarang malah rindu ya -.-v emang jarak cinta dan benci itu tipis banget #eh

    Oh ya, kayaknya MV SPY lebih bagus di outdoor macamnya MV badboy-nya bigbang (╥﹏╥) Kapan SM bisa ngeluarin modal kayak gitu hhwwwwwrrrrr -.-

    Ya meski saya Fans suju eh ELF *sigh agak kecewa juga dengan MV yang begini lagi begini lagi. Tapi emang cinta itu membutakan segalanya jadi bagus-bagus aja meski kecewa (´▽`ʃƪ) bukan kecewa sama SuJu kecewa sama SM-nya o.o
    Harusnya anak SJ patungan itu sekali-kali buat bikin MV yang beda *malah curhat*

    Sekian salam perubahan -.-

    #eheh -.-

    ReplyDelete
  56. hallo om.bentar bentar tepok tangan dulu *prok prok prok*. seperti biasa review nya selalu detail & pastinya bikin ngakak.

    yah lagi lagi tembok putih nan membosankan itu muncul di mv suju.tanyain pak sooman dong om,kapan bikinin mv suju keluar studio lagi.soalnya ahir2 ini ada bbrpa mv yg asik bgt,kaya beast(beautiful night), infinite(she's back japan ver) & nuest(not over you).jujur aja sih,kmaren itu lebih girang nonton not over you dibanding spy *ups

    oh ya om bikin review Not Over You dong ya ya ya oke :D

    ReplyDelete
  57. akhirnya yang gue tungguin dateng juga, haha .. iya bang, itu masa cewe lagi "tiduran" gitu diinjek injek, maksudnya apa gitu-_-

    ReplyDelete
  58. Udah Syuju-ssi keluar aja dari SM, bikin agensi sendiri kayak Shinhwa! Gabungin duit dari ayah-ayah kaya Siwon, Sungmin, Kyuhyun, sama ambil dari honornya Leeteuk, Kangin, Heechul buat bayar keluar dari SM (Keluar dari SM katanya harus bayar) terus bikin agensi baru! ATAU BELI SEKALIAN TUH SM

    ReplyDelete
  59. okeh om,saya sekarang bingung mo komen apa gara gara pake acara peer segala... ._.
    okeh yang pertama,cuma sekedar ngasih tau aja,model cewek di mv itu namanya son yeon jae,di TL ada yg bilang yoona,ada yg bilang juga itu tiffany,astajim kasian amat member snsd diinjek injek ama sj gitu... -.- *digampar elf*
    yang kedua,gue setuju ama lu om,kalo mv ini tuh biasa bgt,tapi ya mendingan mv ini daripada sfs ama acha,kalo acha sumpah deh!demi apapun itu mv polos bgt,kalo sfs,musiknya rada nyinggung dikuping,maksudnya kurang enak dicocokin buat didengerin gitu ama mvnya...*halah blepotan bgt*
    trus ya,kangennn pake banget mv mv suju kaya masa masa happiness,no other,it's you,yg kaya di outdoor gitu mvnya,lagipula disitu sungmin masih unyu unyu bgt,kalo di mv spy ini sih coolnya si sungmin itu terpancar bgt,meskipun unyu'nya belum ilang... ._.
    yg terakhir deh,alias yg ketiga...jujur ya,pertama liat teasernya kayaknya WAH bgt gitu,okelah kita pantau mvnya nanti,pas mvnya keluar,TERETEETETETTT~~~
    beda 360derajat sama apa yg gue bayangin om!astajim itu apaan cewek main diinjek injek trus segala pake ditembak tembak gitu,mana pake tarian erotis begitu,lahaulawallakuataillabillah...dulu mah mv happines meluk2 cewe,maksudnya free hug gitu,dari anak2 ampe ibu2 dipeluk peluk,sekarang?cewe diinjek injek...maksudnya apa ya?gak ngerti saya... ._.
    tapi ya,mv ini mendingan lah daripada acha...
    oke segitu aja ya om komen saya,takut dibash sama sesama elf,maklum gini gini saya juga elf,tapi saya gak bermaksud ngebash siapa siapa kok,just comment,okay...peace all...^^v
    makasih om atas review mvnya,keep writing ya om,masih nunggu nih om ngeriview mv snsd lagi...oke om...saya pergi dulu...=D
    *ngilang bareng kai* BLUSH~~

    ReplyDelete
  60. akhirnya posting juga...,
    review mu bgs bgt.., sumpah..,
    pas pertama liat langsung kepikiran : pasti byk elf yang gak suka ma ni website.., secara agak frontal ngritiknya..,
    good job ron..,#nih nama asli pa bukan sih???

    ReplyDelete
  61. sy setuju ama reviewnya, wlopun ada beberapa poin yg sy kurang setuju. sy ELF dan mengakui klo mv ini miskin kreatifitas, apalagi part para member megang2 pistol ga jelas(megang pistol bwt apaan coba? emang siapa yg mw ditembak???), mendingan ditambahin story supaya penonton ga bosen liatnya kayak mv don don't yg ceritanya oppadeul lagi dikejar2 ama seseorang/siapalah. VCR di SS malah lebih keren drpd mv sendiri dan sy paling sgt sgt sesuju pd poin ttg siwon, sy jg berpikiran seperti itu, dan mulai heran oppa ini member suju ato aktor?? kesannya lebih utamain karir pribadi dibanding kegiatan bareng member lain padahal dasarnya emang member suju. mv no other menurutq biasa, tp setelah liat acha dan SPY, sy br nyadar ternyata no other yg biasa aja msih lebih2 baik hmmmmmm
    sebenernya ELF udah pernah ngirimin saran2 ke SM ttg album suju dan mv.nya tp kayaknya SM ga peduli...
    padahal lagunya bagus bgt ama dancenya keren abis, tp tetep suka mv ini krn suka lagu ma dancenya. :)

    ReplyDelete
  62. Hello kak ron!! *alagoodbye,helloTTS*
    Iy nih. Aku jg kecewa sma mv Suju yg ini. Dan lagunya...masya Allah ya sesuatu banget!! Pas baru dengerin lagunya di bagian TERERERETTEREET-nya itu, kaget abis. Mikirnya gini, "Lah, judul udh keren2 kenapa openingnya gini?" JDER~ Parah abis...
    Ngomong2 soal cewek joget gaje itu...*tariknafas* ITU SM GAK MIKIR BAKAL ADA ANAK KECIL UMUR 10 TAHUN YANG MERANGKAP SEBAGAI ELF NGELIAT MV INI!?!? <---tunjuk diri sendiri & temen2 aye yang notabene ELF.
    Bener deh, kangen se kangen2nya sama mv suju yg dulu2. Ato paling gg kasih storiline ato gimana gitu kek. Menurutku nih kak, mv yg paling mahal itu SEOUL SONG dan itu adalah mv yg paling kusuka. Walo di mv itu bukan PURE milik Suju tapi paling nggak bok ya SM bikin yg sekelas gitu lah...ngirit amat SM ini.

    Ps : Buat para PURE ELF yang baca komen ini, aku bukan ANTIFANS, CATAT, BUKAN ANTIFANS. AKU CUMA KECEWA SAMA SM ENTERTAINMENT KENAPA SEGITU KEJAMNYA SAMA SUJU. SEKIAN TERIMA KASIH.

    ReplyDelete
  63. benerrr jugaaa.. aku dr awal rilis teasernya aja ngebet bgt pgen donlot, begitu udh donlot yang paling bikin aku kecewa adalah knp hrs ada siluet wanita goyang2 gtu, hmm.. review om nyadarin saya, klo emg ga cuma saya aja yg ngerasa aneh -___- makannya klo saya dikasih pilihan antara dapet tiket gratis smtown ato ss5? jelas milih SMTOWN aja deh, mau liat snsd jg soalnya,hahahaaha

    ReplyDelete
  64. kkk, saya penghuni baru nih ..
    gk sengaja dpt postingan mas nya, sumpah saya NGAKAK baca nya. tau deh knp :D
    semangat yaa buat ripiu ripiu nya ^^

    ReplyDelete
  65. min, ntah kenapa mata gue ikutan jeli kya admin, ga sengaja gue merhatiin link pas review MV SPY yg ini http://www.kaoskakibau.com/2012/08/SiwonPacarnyaYoonaMVReview.html "Siwon Pacarnya Yoona ?" maksudnya ape min ? ato jgn2 admin Yoonwonited ? uyeeee !!! :D

    ReplyDelete
  66. kalo menurutku, si cewek itu lebih mirip sama Hyoyeon
    Hal pertama yang kulihat pas nge-klik review ini (nunggu buffering)adalah
    SIWON PACARNYA YOONA????
    apa maksutnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada juga MV yang sama miskinnya dengan ini yaitu....
      Sorry Sorry, entah kenapa SM pelit banget sama SJ

      Delete
  67. satu kata buat artikkel ini :speechels , kk jeli bnget pengamatanya smpe yg iklan itu jga mng bner bnget gk bisa ke hapus2, trus emng bner bnget yg bikin racun itu di bagian dururu gitu lah pokonya hehehe,aku sebagai ELF jga memang agk menyadari hal itu .tpi smoga hal ini bisa dijadikan pembaharuan supaya lebih baik lagi.tpi ada di bagian detik ke 00.56 klu gk salah terlihat sepertinya leetek kyk mau jatuh.

    ReplyDelete
  68. kalem, nunggu komentar para pure elf aja. ntar dibaca sambil makan popcorn :3

    ReplyDelete
  69. hayay...maksih banget om dah meluangkan waktu buat bkin review tentang ni MV..tapi kadang kurang setuju ma beberapa pemilihan kata..bukannya berharap om bakal muji muji suju ato artis SM yang lain sih..kritik itu bagus..tapi ya tu tadi,beberapa kata bakal menyinggung ELF,palagi yang masih labil gila gto..aku yang dah fans tua aja kadang juga tersinggung,tp gua pikir tersinggung toh gak ada gunanya,om kan nggak bermaksud menyinggung ya?hehe
    tapi yang lain-lain dah bagus banget,gokil abis..palagi waktu pertama baca postingan tentang EXO..ngakak..tapi balik lagi,waktu baca suju,ada campur marahya dikit..
    trus bingungnya lagi kenapa ya banyak orang selalu nyalahain SM..padahal mereka dah kerja keras juga kan membesarkan anaknya yang segudang itu..
    humm..komen yang gak penting juga si..muter aja kayak gasing,okelah kalo gitu..sekian dan terimakasih..^_^ pyoong...

    ReplyDelete
  70. selau suka review2 nya nih om ron /sok kenal/ jeli bener tuh mata... pasti kalo lagi ngerjain soal kalo udah selesai diperiksa lebih dari 5x kayanya /urus amat gue ampun dah/

    emang ada beberapa kata yang agak ga enak buat di dengerin tapi ya.... itu mah pan menurut om aja kkkk~

    emang bener mv nya kurang menarik /bukannya mv nya oppadeul emang kabeh agak kurang menarik karena hampir mainannya tembok?/ /doooorrr/ yang menarik disini adalah wajah wajah member nya yang pada kece kece ya jadi eulpeu kaya aku bilang ya bagus tapi hanya di segi fisik member

    wkwkwk maaf ya om nyampah :D

    ReplyDelete
  71. wah.. review yang ini gak sepedes review SF&S ya om, mbak, bang, mas, bu, pak.. atau apalah.. #gaje

    ohya,, kaki perempuan yang pakai hak itu katanya kaki Ryeowook...

    bagus bang, mas, mbak, reviewnya.. bahasanya ringan dan.. bikin ngakak..

    1.000.000.000.000.001 thumbs up.. #hitung ndiri lah itu angka berapa..

    ReplyDelete
  72. /buka kaca mata hitam/ GILAA!!! TULISAN YANG DI OPENING WARNA MERAH CAPSLOCK SHINING BERKILAUAN KAYAK GIGI CHANYEOL!! hahaw

    haiiii ooooom. reader baru niiih :3 kasi hadiah dong!! :3 haha. kayaknya kecanduan baca postinganmu om. haduuh. berbekal rasa penasaran grgr follow twittermu, akhirnya sy g nahan juga buat baca -___-

    *GUE BUKAN ANTIFANS, GUE BUKAN HATERS SUJU, GUE NULIS APA YANG GUE LIAT DAN APA YANG PENGEN GUE TULIS, GUE TAKUT TOKEK. «« tokek ini agak err... sensitip. bahkan lebih sensitip dari agama, harta, bahkan super junior /apasih/

    *saya SPEECHLESS sama ketelitianmu, om. gimana caranya sih biar bisa teliti gitu?? saya juga minus+pake kacamata tapi g gitu2 amat kalo nonton mv /so?/gak sih/ INI PUJIAN YA, OM! PUJIAN!!

    g tau mau ngomen apa lagi.... setuju sama semua yg kamu bilang di sini. haduh. SPY emang keliatan miskin (paling miskin) dari mv suju yang lain. dan yah, SAYA MAU MEREKA BALIK BER13 LAGI!! /galau/

    om, kamu cocok jadi produser MV. itu aja.

    udah ah, om. sy udah terlalu banyak ngoceh yang g penting. ntar sy dibakar "pure elf" lagi. kan kasian suho yg repot matiin apinya « apaan

    1 lagi, JANGAN2 SELAMA INI YG JADI VOCALIS ST12 ADALAH LEETEUK YANG MENYAMAR??!! ATAU YANG JADI LEADER SUJU ADALAH CHARLY ST12 YANG MENYAMAR??!! AIGOOO /heboh sendiri/

    keep writing, oom!!!

    @najyuma :3

    ReplyDelete
  73. hahahaha
    mangstap deh skarang ron. sepi haters. xD
    selebihnya, biasa, saya selalu sependapat[?]
    salam olahraga

    ReplyDelete
  74. Om.. siwon itu pacarnya tiffany, bukan Yoona #trus? hahaha

    Reviewnya kurang cadas ni.. kurang tajem kaya SFS.. jangan2 om ronzy melunak karna peri-peri kecil yang ceriwis itu yaaa #dibakar LOL
    Untung gue udah pernah di kasih SM MV super minim kreatifitas yang bikin meringgis dan nangis darah --> A-Cha, jadi pas liat MV ini yasudahlah yaaaa... paling nggak dance-nya keren, lagunya juga bikin ngakak, haha. Tetep It's You lagu repackaged yang paling SUPER!

    Efek darah2 itu ga penting dan bikin mual..... =..=
    Yah.. kita berharap saja suju hiatus dulu 2 tahun la ya.. trus fokus bikin lagu2 sendiri kaya BoA, toh lagu2 mereka bahkan lebih bagus daripada lagu tittle-nya,hahaha. Semoga SM mengasihi ELF yang selalu disuguhkan MV miskin dan bikin nangis darah ini.. amiinn~

    Selamat Lebaran om!

    @imley

    ReplyDelete
  75. kyknya gue nemu keanehan lagi deh bang. menit 01:08 tuh ungu2 nya jatoh duluan sebelum pistolnya nembak. didetik 30 malah leeteuk udah keluar duluan tangannya dari kantong, yang lain masih nyangkuu~t lalalala~

    ReplyDelete
  76. Nyasar deh di blog ini...=___=a
    jujur pas liat pertama kali...gue bengong sebengong bengongnya sampe anak ayam tetangga sakaratul maut...
    Hyartttggggg kenapa editannya kurang nyeni kayak gituuuu!!!terus sorot kameranya engga banget...hyartggg TT...poor banget abang syuju ku....
    efek di sensor juga kali yaa...tau deh...


    Masih wondering liriknya....go kick in the butt..maksudnya apa ya..? (org yg males baca translatean..malah tmbah ga ngerti)
    disuruh mukul pantat ceweknya gitu??
    pervert amat..udah mah diinjek-injek sama diintipin secara terang-terangan..==a kasiaannnn....

    ReplyDelete
  77. Entah kenapa klo baca review MV suju si om satu ini bener2 detail & semangat komentarnya, ga kaya MV artis yg lain
    Yakin deh si om ini antis suju, soalnya biasanya seseorang bakal cari2 kesalahan sampai sedetail mungkin orang yg disebelin contohnya ya komentarin MV2 suju sedetail2nya dengan kata2 yg terkadang ga enak
    Tapi penulis sangat pintar menutupi kalo dia ini antis dengan cara memberi komentar yg lucu2 supaya ga terlalu serius/supaya ga terlalu terlihat kalo antis

    Hayooo bener kan?
    Kalo ada yg komentarin komentar saya berarti bener

    ReplyDelete
    Replies
    1. uhm... gue boleh ngomen elo ngga, anon?
      ada ngga antis yang saking bencinya sampe bikin novel?
      gue juga elf, dan gue sering ngebash bias gue sendiri, ngata-ngatain, emang salah?
      huft. kapan ya orang kaya kalian bisa open mind.

      Delete
    2. To : lemonthiy

      Sekarang gw balikin ke lo biasanya klo orang yg lo benci apa yg lo cari dr dia? Pasti kesalahan2 tuh orang sampe sekecil apapun? Bener g?
      G usah munafiklah

      Ohya ngebash bias sendiri? Biar apa? Ga ada yg namanya fans ngebash idola sendiri kalo pun bias salah ga mungkin sampe ngebash *yg namanya kata2 "ngebash" tuh udah kasar banget*
      Kalo pun ngata2in itu juga dalam konteks bercanda, klo yg ini bukan kategori bercanda lagi *pernah baca review buku/musik/film di koran/di internet? Ga separah ini loh*

      Dan maaf saya bukan ELF cuma kasian aja sama SJ dikomentarin paling parah disini
      Klo yg lain reviewnya standar ga sampe gerakan beda dikit aja dikomentarin sedangkan SJ sampe kaki beda gerak dikit komentarnya waduh pake kata2 aneh nan ajaib buatan authornya *sadar ga situ soal ini?*

      Buat author tolong kata2nya jangan terlalu kasarlah, apalagi anda dari fandom EXO yg kita tau terkadang EXO fans & ELF suka g akur *sering banget liat fanwar di twitter gara2 nih 2 fandom. Darimana saya tau? Karena temen saya ada yg ELF ada yg EXO Fans juga*
      Klo ada yg komentar "Gw bae2 aja sama EXO" itu karena anda suka EXO lah gimana ELF yg nyebut dirinya PURE ELF? Klo baca pasti mencak2

      Ini pendapat saya diterima sukur kalo ga juga alhamdullilah paling ga udah kasih tau tanpa pake bahasa kotor. Betul???

      Delete
    3. Well gue sebenernya gak ngerti poin apa yang mbak/mas anon ini ribetin. Tapi kalo menurut gue sih, kata-kata di review ini gak ada kasar-kasarnya. Bahkan gue setuju sama beberapa komen di atas, si author (Om Ron) ini rada kurang bebas nyampeinnya, dalam arti ini udah agak kurang cadas gitu bahasanya. Lu mau baca yang lebih cadas? Buka deh reviewannya yang lain.

      Gaya ngefans tiap orang itu beda-beda bro. Ada yang makin ngefans makin muja-muja, ada yang makin lama ngefans malah makin ngata-ngatain, makin NGEBASH. Itu style masing-masing orang, dan gak ada yang salah karena itu emang terkait sama kepribadian masing-masing. Jadi lu gak bisa pukul rata setiap yang ngata-ngatain ato ngebash berarti antis. Dan gak setiap orang yang lebih muja-muja berarti dia lebih ngefans.

      Begitupun dengan style nulis orang. Kalo yang gue liat dari postingan-postingan si Om yang lain, emang si Om Ron ini gaya nulisnya yang nyablak tanpa ampun gini, dan gue selama jadi readernya gak pernah ada masalah tuh dengan bahasanya, justru gaya bahasa nyablaknya itu yang bikin gue betah baca nih blog. Silakan baca reviewan Om Ron soal artis lain deh. Sama kok bahasanya. Nyablak.

      Yah, sekali lagi ini juga pendapat gue, dan dari sudut pandang gue. Mau diterima syukur, ga diterima ya hak masing-masing. Yang jelas gak pernah ada yang salah sih dalam perbedaan sudut pandang dan pendapat. Manusia kan beda-beda dan seleranya pun beda-beda. Ada hal yang entertain bagi satu orang, tapi annoying buat orang lain. Yah itu manusiawi lah ^^

      Chu... salam damai ^^ We are ONE!

      Delete
  78. Ommmmm~~~~!!!! Sujud syukur dah gue setelah buka internet dengan susah payah akhirnya ada bahan bacaan juga. Beneran loh Om, perjuangan banget nih gue konek ke internetnya *siapa yang nanya neng*
    Gue kasih tau ya Om, gue bisa liat nih MV setelah perjuangan donlod di pucuk gunung selama sekian jam dan setelah dapet...
    Mencelos dah. Dalemmm banget.
    Ini MV apa-apaan??????
    *maksud hati banting laptop tapi inget gak punya duit buat beli yang baru*
    Gue abis puja-puja si Om Sooman gara-gara bersedia SMTOWN World Tour in Jakarta, langsung balik maki-maki si Om gara-gara ahjussi-ahjussi gue yang tercintah *ecie tercintah* dikasih MV miskin alakadarnya gini. Males sih males, tapi gak usah ditunjukin banget-banget juga kali Om. (Pure ELF kan jadi sediiih...)
    Padahal pasti bukan si Om juga yang bikin nih MV. Tapi krunya. Dan si Om juga pasti punya alasan yang masuk akal kan kenapa MV "tambang batu sapphire" mereka sesederhana ini. (Ya maksudnya bukan karena sekedar "muka lu-lu pade gak seganteng EXO jadi udah MVnya biasa aja EXO kan ganteng makanya MVnya dibikin bagus" ato alasan labil lainnya yang suka tersirat di otak para pure ELF gitu <= oops kayanya ni kalimat sensitip. Bomat ah) Tapi tetep aja. Mutung. Ngambek. Kecewa Om Sooman! Kecewaaaa!!!!!!
    Mana Kyuhyun kaya gitu lagi rambutnya...
    Mana Leeteuk kaya gitu juga tampangnya...
    Tapi karena gue adalah PURE ELF (yang dengan BANGGA selingkuh sama DBSK, SHINee, EXO, Nu'est, MBLAQ, BEAST sampe BoA+SNSD+f(x) juga jadi selingkuhan gue *delusional mode*) jadi gue sabar-sabarin nih telinga dan mata buat nontonin nih MV. (Lu bilang diri lu pure ELF Dew? Ya whatever. Mau pure mau gak yang jelas saya tau saya demen Suju *dan SNSD dan EXO dan sodarasodaranya*. Titik.)
    Hasilnya...yah... lama-lama ngena juga di kuping. Rada suka yang part-part akhirnya :-p Walopun sampe sekarang masih sreg-an dengerin SFS. Lebih sreg lagi Mr. Simple. Lebih sreg lagi Bonamana. Ya intinya masih acceptable lah walopun rada maksa*ceilah bahasanya* Faktor Kyuhyun juga kayanya sih yang lumayan signifikan. Kyuhyunnya jelek, ya nontonnya jadi gak sreg. Kyuhyunnya ganteng, nontonnya betah. *ehem* *Bonamana Kyuhyun ganteng* *ehem*

    Udah udah. Kembali ke mode normal.
    Mengenai reviewan lu... Udahlah om gak usah gue komenin lagi. Pas baca udah ga ada keinginan buat kroscek ke MVnya langsung Om, males. Percaya ajadah gue mah sama omongan lu. (Lu bilang itu darah darah Kris juga gue percaya aja kali) (Kenapa harus Kris) (yasudahlah) Berhubung gue juga gak bisa bikin review sedetail dan seniat lu, yaa gak ada yang bisa gue tambahin lagi. Toh mau dibilang kurang panjang juga emang gaada yang bisa direview toh? Polos gitu. Udah daebak ajalah!! Jjangeyojjang!!! :-p
    Dan seperti biasa, ada aja yang bikin gue cengar-cengir sendiri baca nih review. Meskipun gue juga gak tau apaan.
    Anyway no 21, gue speechless banget Om. Kok bisa-bisanya kepikiran sampe sana?? *ngakak*
    Last but not least, itu papan peringatannya yang di atas kurang panjang Om, jadi kaga nampol. Bikin tulisan pure ELF dilarang baca ato gimana gitu kek *oops, just sayin*
    Oiya, sekalian mau ngucapin minal aidin walfaizin... Mohon maap lahir batin!! Semoga komen sama mentionan gue gak ada yang pernah nyakitin lu Om. Semoga skripsi/tugas akhir/sidang/wisuda lu lancar (doain gue juga ya Om *sungkem*). Dan semoga lu diberi kesabaran buat menghadapi antis-antis lu yang suka sensitip dan darah tinggi baca reviewan-reviewan lu yang emang kadang suka ajaib itu. Gapapalah Om. Antis menggonggong, Om Ron tetep bikin review. LANJUTKAN!!
    Dan FYI Om, lu gak rugi apapun kok dikira antis Suju. Kalo menurut gue sih, kalo kita udah deket sama seseorang, kita justru bakalan lebih bebas ngata-ngatain dan ngehinadina orang tersebut. Bukannya malah harus memuja-muja menye-menye lebay setiap saat. Pendapat gue loh ya. Sebagai orang yang emang gak biasa menye-menye. *pukpuk* Hwaiting!!
    *liat atas* waduh ni komen panjang amat udah kaya postingan. *gayakin ini sebenernya komen apa curhat* Maapin ya Om, udah bikin minus lu nambah baca komen gue. ^^v

    @niara2112

    ReplyDelete
  79. Menurut saya sih, konsep MVnya hampir sama dg pembukaan film James Bond, Quantum of solace. Di mana Daniel Graig jalan-jalan sambil bawa pistol di atas siluet cewek. Terus terang saja, aku bukan penggemar Korea2an cuma penikmat musik. Dan setelah tertarik sama yang namanya Kyuhyun, langsung penasaran sama ini group.

    ReplyDelete
  80. i personally prefer this video than SFS. usia mereka yg akhir 20an video simple lbh cocok. seeing them wearing suits in less colorful background is better than seeing them wearing some tattered shirts (+ blingblings). sy ga merhatiin scr detil videonya, but i kinda enjoy this video. dan ngebandingin mereka sm EXO kyknya.... mrk kan beda generasi, klo SJ msh maksain pake gaya ABG bknnya malah aneh? (their style in SFS is so weird). sy ga ngikutin SJ dr awal, tp kl mereka msh bs b'tahan 5 (or 10) thn ke depan, bagusnya mereka mulai nerapin gaya yg lbh dewasa. gaya dr album 1 smp 5 yg colorful kyknya hrs mulai ditinggalin. they obviously can't compete w/ EXO in gaining newer and younger audiences. so pertahanin fans yg ud ada, yg usianya jg pasti ud ikut nambah n selera ABGnya jg ud mulai kurang. bringing a more manly and mature image might be good for them.

    ReplyDelete
  81. Hahaha gue gak peduli kesalahan2 detail yang mereka buat di MV ini.. tapi FYI yah Ron ( eh lo baca gak sih koment2 ini), MV SPY ini sangat terinspirasi sekali dengan The Spy Who Loves Me salah satu film James Bond keluaran 70-an. Coba cek di Youtube aja.. Sekalian kalo gitu, nonton MV versi action yang gue buat untuk SPY di : http://www.youtube.com/watch?v=kBNhVeyJfUc&feature=plcp gue edit sendiri dan masukin beberapa clips pendukung lainnya supaya seru.

    Tapi gue setuju ama lo soal Siwon. Coba yaah kalo Kibum langsung di keluarin aja gitu dengan alasan sibuk syuting padahal sudah jelas nyata2 Siwon yang lebih ribet jadwal syutingnya sampe di sindir sama PD M Countdown. Eh jangan pada protes ya soal Kibum. Saya gak tahu kenapa kalian masih gak bisa menerima kenyataan kalo Kibum itu di keluarin diam-diam supaya gak heboh ke Hangeng kemarin. Coba kalo dia masih jadi member SJ, pas dia ultah bulan ini emang ada yang ngasih dia ucapan selamat di twitter kek Siwon dan other members ngetwit HBD ke Yesung? Gak kan.. so ya sudahlah keknya emang Siwon sebagai "The Figure" yang bertanggung jawab masalah ke kecakepan di SUJU harus tetap di maklumi dan gak bakal di keluarin sepadat apapun jadwal syutingnya..

    eniwiei basway.. mampir ke http://www.youtube.com/watch?v=kBNhVeyJfUc&feature=plcp yaa teman-teman.. tq

    ReplyDelete
  82. woww njirrr wkwkwkwk XD

    ReplyDelete
  83. reviewnya mantap abiesss bang :D
    setuju semua dah ama yg abang bilang dan abang jlaskan di review... :D
    tpi untk rmbut belah teukie, dia mah dari dulu emg gtu kan bang rmbutnya... gaya H.O.T bnget tuh bang... jd g heran klo *mungkin* abang teukie make lagi.. ^^ (tp bukn brarti abang teukie ngikut gayax charly ama vokalisnya radja) :D

    ReplyDelete
  84. mampir2 ke blogq yya oppa *plakkk

    http://feverkpop.blogspot.com

    follback twittq yya bang :D *plakkk narsis ngarep

    @shwlelf941802

    ReplyDelete
  85. Kak Suho,di review yg loncatin member laen tu MAMA loh bukan Sherlock #agakheran :D

    ReplyDelete
  86. Lho? Itu tiffany gitu ceweknya? Aku sih ngiranya Yuri :p
    Aku setuju tuh ya bagian tentang si 'raksasa'. Agak aneh keliatannya dan rada bikin risih. Apalagi aku rada ilfil pas liat anak suju sama raksasa itu nembak HATI! Huaaaahh... apaan itu???? ANEH BANGET Q_______Q

    ReplyDelete
  87. hadeuh nih Blog udah terkenal bgt di seluruh planet, ngomong2 tentang Charly + Leeteuk pas bgt ane ngefans dua2nya maksih bang udah mempersatukan 2 bersaudara ini.

    ReplyDelete
  88. gue sih lebih suka lagu nya di banding MV, di MV yg pengen gue liat cuma dance nya eunhyuk.
    2 jempol deh buat postingan nya, orang bisa bangkit karena kritikan, semoga aja semakin sering kita kritik SJ, si SJ makin bangkit aja deh.

    ReplyDelete
  89. qaqa, qaqa. Keknya qaqa sensi beud sama siwon ._. Kenapa sih qa? *kepo *atajim alay

    ReplyDelete
  90. jd inget filem attack pin...(lupa lanjutannya) yg dibintangi super junior, filem itu kan bercerita tentang bintang yang awalnya biasa2 aja mendadak tambah populer setelah dilempari kotoran...sebenarnya udah komen jg sih di review SFS, saya hanya ingin bilang jangan terlalu membenci dan sakit hati pd kotoran krna Tuhan menciptakan segala2nya tidak dg sia-sia. jangan lupa, seorang bintang terkadang membutuhkan antis, hater, kritikus atau apalah untuk melejitkan popularitasnya...mudah2an setelah ini super junior semakin berjaya...amiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. " attack on the pin up boys " ^^

      beneeerr bangedd chingu XD


      sesuuujuuu

      tooss ._.

      Delete
  91. Sebenernya, gue sama kak suho ada pemikiran yang sama. Dimana gue dan kak suho sama-sama berfikiran kalo MV ini itu "nglawak". Emang udah kebaca jelas sih ya dari pembukaan MV nya. Okesip.

    ReplyDelete
  92. BUAHAHAHAHAHA ngakak pas bagian leeteuk yang nge-cosplay si abang ian kasela sama mas charly st12 XD
    daebak banget deh ye Kak Suho

    ReplyDelete
  93. gue harus komen apa yaa '-')? istilah sepikriknya gue setujuu~
    baru liat ni web perdana weks gue bakal stalkerin lebih lanjut, nice posting m0ah

    ReplyDelete
  94. entah knp ya mas males bgt bacanya *gakdaygmaksajgkok* bukan krena takut hati ini tercabik2...males aja, sy cuman pengen curhat, membagi rasa ini *janganlebeydeh* jujur, saya jatuh cinta pd suju bukan krena MVnya,lagunya, koreografernya, atau apalah…jd rasanya terserah saja MV suju mau diapain SME, yaa meski saya jg menginginkn yg tbaik utk suju, tp yg penting saya tak pernah kecewa…*lagunyamnurutsayabgus* yahh meski tak bisa dipungkiri, pertama mengenal SUJU memang lewat MVnya, It’s You, tapi yang membuat saya semakin betah mengidolakan SUJU justru malah realty show ataupun variety shownya, disana saya bisa liat langsung bgmn kepribadian mereka yg ‘unik dan menggemaskan’ itu *meskiadarekayasanyajgsih,namanyajgshow2*. Itu saja sudah cukup membuat saya jatuh cinta sama mereka, apa lagi ditambah dengan yg lain-lain, seperti; ketampanan mereka mungkin? *sopasti* lagu2nya yg keren-keren, koreo, MV, Fesen (?), dll OHH makin tambah tergila-gila lah saya.
    Di dunia ini…~siuuung~ *suaraanginberembus* mas tahu sendiri ‘kan tak ada yg abadi? Ketampanan, kekerenan, keindahan dan segala macamnya akan luput ditelan zaman. Dan apa bila segala itu telah memudar, lalu apa lagi yg tersisa? Segala yg berbentuk materi itu, (ketampanan dan segala macamnya) tidak akan bertahan lama. Lalu, pabila semuanya telah memudar, apakah rasa ini juga memudar, tentu tidak, asal yesung masih konyol, aneh, unik dan penyayang keluarga, rasa itu pasti akan tetap bertahan untuk selamanya. *asalsaya takpernah mendengar berita ‘seorang yesungsuju menzinaiseorang wanita’, rasa itu akan tetap setia,’
    Saya rasa banyak Elf diluar sana yang mengidolakan suju sama dengan cara saya mengidolakan suju, bahkan ELF seprti ini adalah elf yg setia. Tdk akan mudah brpindah kelain hati, meski ada yg jauh lebih keren atau mungkin suju tak keren lagi dan menua ditelan usia, elf sprit ini akan tetap setia….
    Bagaimana bahasanya mencerminkan bagamna kpribadian seseorangbukan mas…jd bahasa hati saya hancur begini berarti mencerminkan saya yg juga lagi korslet…oke abaikan


    ReplyDelete
    Replies
    1. KYAAAA ~~~ seSUJU bangeeed chingu ,,. ( ^ -^9)
      aku juga gituuu XD
      ga peduli mau SUJU bikin MV di empang kek *tapi kterlaluan amad SM klo beneran begitu* , aku cinta SUJU bukan karena ini itu ..

      tapi pure karena bakat mereka yang emang luar biasaaaaa XD hohohooo *lebaydeeh ,, tapi beneran ._.

      tooosss ._.

      Delete
    2. setuju deh masalah mau mv nya gimana kek, miskin kek, ya emang udah suka gitu yah wkwkwk
      tapi gue gak berarti ga benci review juga kok. ya namanya juga review, ya artinya review, mau dikritik macem apa juga hahaha. toh om om suju juga pasti udah ngereview duluan sebelum kite kite wkwk
      tp lanjutkan om reviewnya, soalnya gue suka suju dari kelebihan dan kekurangannya :D

      Delete
  95. kak roooooon:* duh gatel bgt pen ke depok ini peyuktium kak ron aaaah /abaikan
    pens berat nih kan roooon:3 sayang jarak memisahkan cintaku yg agung ini padamu /sekalilagiabaikan/
    reviewnya keren aaaah /bbuing bbuing/ ngakak guling kek kebo waktu kak ron blg leeteuk cosplay, gue kira cosplay tokoh manga ato anime gitu taunya...tukang jual kerupuk. okesip.
    lanjut ye kakak ron '-')9 gapeduli lah lo dibilang antis, ex-fans, bukan pure, ato anak walikota, pokoknya lo tetep kece! woooh \m/
    udah ye kak ron. salam cipokzz :-*

    @taylorswift13, eh typo. @viaknst

    ReplyDelete
  96. >> me: Meera moonligt

    beneran deh.. kaka Ron ini smart.. dan teliti bgt.. salut ^.^
    dan DAEBAK juga buat wawasannya kaka Ron mengenai musik... really nice :)
    sama.... kesanku sama MV ini: polos.
    yah.. terlalu polos bhkan...
    dan mengenai koreo, iyaa... sering bgt ya ajussi suju ini kurang kompak..
    jujur ya, pertama x liat MV ini wktu nonton tyngan ulang SMTOWN in Jkrt di RCTI,
    klo gak diputerin di rcti, mungkin saya gak pernah nyari mv ini di yutub, kekekekke XD
    bhkan SFS, aja saya gak pernah tuntas nontonnya, ga ada semenit, udah close tab.

    ReplyDelete
  97. RON!!! Lu MANTAP Abiiiiissssss!!!!!!*smbl lempar kaos kaki bau Eunhyuk* Kereeeeen beuuddd hahahah (lgsg ketauan stresnya) gw setujuuuu ama yg lu ketiikk.. gw ELF, n gw sama KECEWAnya kya lo pas liat MV SPY tuk pertama kalinya. Pas liat MV SPY pertama kali tuh rasanya kayak dgr kabar kalo gw kepilih dinner bareng Kibum di dorm SJ tp boro2 ke dorm tp udh bangun duluan kena semprotan air dr eomma yg artinya gw mimpi *inimahcurcol**anggaplugakbaca* … kyak gtu tuh yg gw rasa.. lu ngerti mksd.y kn? Apa yg diharakan alias dibayangin banding terbalik ama yg dibuat ama pihak SM.. kasian bgt kesannya... coba ni MV dibuat versi drama kya It’s You ato apalah yg jlas pliss deh jgn disitu2 mulu syuting.y, coba ada adegan siwon ato donghae lg naik mobil kya James Bond gtu smbil nguntit org ato apalah yahh secara mrk lagi jd SPY (yah itu yg ada dlm bayangan gw pas tau kabar album repackaged mrk jdl,y SPY) kn udah bawa2 pistol segala tambahin dikit kek adegan kejar2an pke mobil ato syuting di outdoor gituu..
    Gw kangen bgt ama model MV mrka yg kya Happiness (soalnya gw jatuh cinta pandangan pertama ama SJ gara2Happiness n itu yg jd alasan gw jd ELF dr jaman bahaeulaaa mrk msih ber13), Dancing Out, Don’t Don, It’s You,Sorry Sorry, Bonamana, No Other, Mr.Simple,Opera,Perfection . Yah ngga ngikutin ke alay-an mrk yg loncat2 girang gk jelas pke baju warna warni kayak di Happiness ato di Dancing Out tp dikemas dgn konsep yg dewasa sesuai umur2 oppa2 ini yg sdikit lg pada cocok dipanggil ahjussi.. cool, dewasa tp berkonsep gk mgkn jg dibuat kya MV2.y EXO ato SHINee secara mrk beda usianya, EXO ma SHINee cocok.y yh model MV kayak gtu secara umur2 mereka masih pada belia2 jg. Konsep pakaian berjas2 rapi kyak di Sorry Sorry ma SPY ini yg paling cocok ama umur mrk, tp di SPY ngga sekeren Sorry Sorry. Sorry Sorry Answer aja pas jd VT SS2 bs buat gw berdecak kagum pdhl cuman Eunhyuk ma Shindong aja yg ngedance itupun solo tp krn mrk pake konsep jd keren. Di SPY ini gw bingung konsepnya apaan sih?? Mana ada agen yg nginjek2 badan cewek kayak gtu. SFS keren bgt mnurut gw, yhh krn Donghae n Kyu yg terlihat keren bgt, tp masih lebih keren Mr. Simple, Bonamana n lbih keren lg It’s You. Oh iya…di MV ini jg nangkep sinyal2 promosi Y-Style.. pasti kacamata mrk dr Y-Style smua.. keren badai dah cara promosi Yesung.. kalo dibagi gw mau dah,, haha

    ReplyDelete
  98. gua ELF ,tapi gua ga seSUJU sama judul postingan awal yang " YANG BACA RAWAN SAKIT HATI " XD

    apaan ??? gua ngakaaak baca postingan lu XD

    gimanaa ya .. hati gua kayaknya udah kepatri sama SUJU :3
    jadi klo ada kata2 yang ga ngenakin atau lucu gua cuman bisa ketawa ajah

    lagian semuanya yang lu bilang emang bener :3

    walau gua ELF, gua ga mau dibilang labil cuma karena mencak2 gaje di blog orang
    jujur ajh , gua hobi mampir ke blog lu ini , n sengaja cari2 berita2 SUJU .. gua malah ketawa2 ngakak gaje tiap baca postingan lu XD
    gua anggap ini sekedar hiburan ajh :3

    tankiuuuh Roonn .. keep typing :3 *klo writing kan berarti nulis ,sedangkan ini kan lu ngetik bukan nulis* XP
    buakaakkakaak XD

    ReplyDelete
  99. kok, g da review mv snsd yg jepang sie, padahal ditunggu lho, truz review tvxq yg ctach me juga pinging ada dunk

    ReplyDelete
  100. halo... salam kenal ^_^
    cuma mau ngasih info, siluet cewek yang ada di MV SPY bukan tiffany. Kayaknya itu cewek atlet tapi aku lupa namanya .-.
    trus kaki yang ada di partnya kyuhyun itu bukan kakinya suzy miss A.
    malah banyak yang bilang itu kakinya ryeowook :O
    wkwkwkwk

    ReplyDelete
  101. EH LO NGOMONG2 SUJU MISKIN, EMANG LOE UDH BISA BUAT VIDEO CLIP KYK GITU..KATROK LO PADA !!! DASAARR.. JANGAN2 LO PADA YANG MISKIN,,,HAHAHHA GUE TAU KOK... EMG LO PANDAI APAAN? TAU NGGAKK SIHH MEREKA PERGI KE SINI KE SONO PAKE UANG TAU.. EMG LO KIRA PKE DAUN ATAU KERTAS origamiiiii GITU? DOUBLE wooooooooooooooowww..... wkkwkw... emg lo prnah KELILILNG DUNIA? mimpppii kalii lo !! hahah njirrrr.

    #yang ngaku ELF munafik bgt,,, TERNYATA ADA ELF YANG MUNAFIK YA DSNI PAKE WOW AJA. palingan mah orang yang MUNAFIK itu loh langsung di masukin KE NERAKA JAHANAM.. WUAHHAHAHAAHAH .. wkkwkk .

    KENAPA snsd slalu di bndingin sma suju? padahal kan mereka sering BERKOMBINASI. hahhaha emg kkalo misalnya lo punya BOYBAND/GIRLBAND MAU GAK SIH LO DI KRITIK ??? (nggak doongs yaa) wkwk GAK KREATIFE LUU... !!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, ini kayaknya komennya keterlaluan deh.. sebenernya para artis itu diberi kritik supaya mereka bisa menjadi lebih baik lagi buat kedepannya, seandainya MV suju yang kedepannya jadi lebih baik lagi? kan yang seneng kita juga kan? makanya kalo emang ada beberapa yang kurang berkenan di hati para fans artis tersebut, mendingan diungkapin deh.. daripada ngedumel sendiri :p
      elo aja yang ngomen pasti pernah diomelin sama ortu gara-gara berbuat salah kan? itu cuma supaya lo bisa jadi lebih baik lagi buat kedepannya.. makanya kalo kritik tuh dihargai, bukan malah dicecar!!

      Delete
  102. lo pada gak punya modall.. !!! wkkwk lo gak bisa ya bedain mana yang leeteuk mana yg charly and iyan ??? suka2 mereka dong , mau style mereka apa??? kok kalian pada yg heboh? kwkwk... tau gak sih?? mereka itu kan konser pake uang bukan pake kertas origami atau daun gitu..gilllaakk LOO PADA! malahan konser gtu uang mereka tambah bnyak . bukanya tmbah MISKIN. dasaar lo... emg lo semua pandai buat video klip gtu . HEYY MAS2 MBA'2 ngaca dulu dah. emh lo semua pernah pergi ke sono sini keliling dunia kayak mereka ??? gak kan? hahah *MIMPI KALI YE* udh pstinya mereka udah TERKENAL . nggak sama kayak lo pada RAKYAT JELATA

    emang lo semua kira mereka itu gak punya uang??? untuk membeli aksesoris gitu?? punya kalii !! lo ?? gakk kan?? wkwk ciaaaaaaaaan... emg mreka gak mungkin kan memakai aksesoris nya YESUNG??? kan gak enak... gak mungkin mereka gak mampu mmbeli aksesoris.. mungkin lo kali ya gak mampu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyantai kali nulisnya . Gila sakit mata gua liat comment lu

      Delete
    2. hahaha....
      gw setuju tu ama indah...

      emg loe semua PADA KATROK/KAMSEUPAY

      Delete
  103. Omm :D *sok kenal

    Ada yg kurang loh ripiuw nya :D
    Itu yg poin 7 itu Yesung juga aslinya tangannya beda loh :o
    Lalu detik ke sekitar 01.31 itu kenapa kaki Shindong mbuka gedee kyak goa bolong (?)
    Lalu, menit ke 01.08 itu tembaknya keluar darah nah knapa pas menit ke 03.10 itu yang keluar tanda Lope? -____- bingung saya ._.

    Pas menit ke 03.14 keliatannya si Shindong ama Leeteuk telat tutup jas deh (?)

    Itu aja deh ._.
    mian klo salah ._.

    ReplyDelete
  104. kadang suka mikir sih kalo lg baca review tuh "ya wajar ngedance kan emang susah" "ya wajar masalah konsep dll kan cuma tuntutan, bukan mereka juga yg minta, kalo masalah krisis identitas dll juga wajar buat tiap artis, apalagi suju udah bisa dibilang senior" tapi setiap gue mikir gitu pasti selalu dibarengin sm pikiran "ya namanya juga review, lagian gak sepenuhnya maki maki juga"
    dan yang di bilang disini juga cuma pendapat orang doang, jadi yaaa walaupun agak gigit jari bacanya tapi ya emang bener juga sih yaa hahaha
    dan buat yg maki2 review ini, tolong yaaa inikan cuma review, ga berarti ga suka juga. Kalo suju ngeliat review gini juga pasti mereka akan sadar dan terima2 aja, mungkin malah mereka lebih cepet sadar dgn kesalahan mereka sebelum om om ini review hahaha :D
    ohiya, masalah siwon setuju bangeet deh. Kalo ngeliat siwon jd ga berasa anak suju, sampe kakak kls gue aja bilang gini pas liat MV SNSD yang Hoot "Itu siapa yg jadi model cowok di MV Hoot? Anak suju juga ya? Kok gak kaya anak suju sih? Lebih cocok jadi aktor"oke gue gatau ini ada hubungannya apa enggak tapi ngenes aja dengernya yahhh. Pokoknya pendapat ttg siwon itu setuju banget deh
    Oke udahan deh komen ngoceh nya
    gomawo ^^

    ReplyDelete
  105. bang, gimana caranya sih ngereview MV yang bisa 20fps keatas? itukan susah begetebegete -_-' aku aja yang nyoba berkali-kali kadang suka nggak ketemu sama yang abang tulis... apa abang punya ilmu memperlambat waktu atau sejenisnya? hahaha, ohiya jujur aja sama reviewnya cukup puas.. kasih lima jempol dah *pinjem.jempol.temen* review yang lain ya bang..

    ReplyDelete
  106. Just laughing see this blog, Just patient :')

    ReplyDelete
  107. Mau kata ente gimana gak ngaruh, keliatan banget si lo munawaroh

    ReplyDelete
  108. Merhatiin banget ya, udah gak ragu lagi admin blog ini adalah fanatik suju, fix bgt wkwkwk

    ReplyDelete
  109. pokoknya tetep sayang sama Kak Ron :"") mana ada antis yg mau buang berjam jam cuma buat merhatiin mvnya, ye gak kak? 3

    biarlah para antis bilang apa, pokoknya aku tetep sama Kak Ron <3

    ReplyDelete
  110. asli gue suka sama comment2 lo ttg artis2 ini hahahaha.....
    gue suka benget kpop terutama suju ,, tp gegara baca artikel ini (dan yg lain) bikin gue punya pandangan lain ttg korea, yg sering dipuji ttg 'kesempurnaannya'

    gue bukan hater lo ato blog ini ,, gue justru suka sebel sama korea yg berhasil meracuni otak gue dan bikin laptop dan HD ext gue penuh dengan korea (drama, film, MV, dsb)

    tp yah...balik lagi, hater ato bukan itu relatip karena semua ada plus minusnya. Salut deh sama usaha lo yg sebenernya bisa dibilang kurang kerjaan hahahahaha....semangat bro!

    ReplyDelete
  111. dasar orang gila ! yang punya blog ini orang sinting!

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasain aja kaleee.. kenyataannya gitu, kalo situ ga terima, trus marah, emosi, jambak2 rambut, ntar situ yg sinting.

      Delete
  112. tolong ya jangan jelek jelekin SIWON tentang gaji 9 detik emang kak ron tau klo gajinya saama ?? ,, masalahnya SM lebih seneng kalau SIWON itu akting cz penghasilannya lebih banyak and SM ENT kecipratan bnyk pula,, bukan masalah SIWON nggk niat di SUJU tpi dia udh terlanjur dikontrak sama produser drama'' n SM udh sangat sangat mengizinkan SIWON untuk berkegiatan di luar suju,, pasti pada tau kan kesayangan sooman itu SIWON cz dia berpenghasilan terbesar di SM n kecipratan banyak
    udahlah gak usa dijelaskan dgn rmus persegi panjang intinya SIWON udah berkerja seprofesional mungkin sampai dia berkali kali cidera pas konser tpi dia tetep bertahan n dia juga ngatain "walaupun hanya ada 1 penonton aku akan tetap tampil seenerjik mungkin"

    jadi aku mohon hapus katakata APA SIH MAKSUDNYA SIWON? Kalo dia memang masih niat jadi member SUJU kenapa gak syuting aja ini MV? Oh jadwal bentrok ya... Oh yaudah keluar aja sekalian dari SUJU.WOW. SIWON CHOI MENDAPAT GAJI YANG SAMA PADAHAL CUMA TAMPIL 9 DETIK. DAEBAK!

    hargai kerja keras dia,, kasihan udh cidera gitu fansnya msh gak puas sama dia
    #mian antifans ya ??

    ReplyDelete
  113. heyyy anti fans ya?

    ReplyDelete
  114. pas shooting mv mereka kan ngulangnya berkali-kali, gak sekali shoot, jadi wajar kalau ada gerakan yang berbeda-beda... tapi jujur aku ketawa baca blog ini.. dan untuk mv aku juga heran,, dekorasinya biasa aja,, apalagi untuk this is love dan evanesce,, shootingnya ditempat yang sama dengan fill yang berbeda,, tapi aku tetap suka super junior,, maka na galau ni, kalau mereka jadi ngadain SS6 dijakarta

    ReplyDelete
  115. Kebanyakan yang ngomen disini pada SONGONG YE. APALAGI SI @MUKLIS_ALWI. DOHH MBK / MAS LU MAH KAGAK USAH SOTOY. PAKE BILANG ORANG LAEN LABIL LAGI -_- LU PURE ELF?? YAKIN?? SERIUSAN?? KALO EMANG IYA LABIL BANGET SIH. LU TUH BANYAK BACOT. KAGAK BISA NGEHARGAIN PENDAPAT ORANG LAEN. BISA BEDAIN YANG MANA NGEHINA YANG MANA MENGKRITIK KAN?? PLEASE LAH OTAK LU ITU PAKE. MATA LU JUGA MASIH BAIK KAN. ATAU UDAH PICEK SEBELAH @MUKLIS_ALWI -_- PENGEN BERAK GUE LIAT KOMENTAR ELU

    ReplyDelete
  116. @muklis woy klis itu bacot gk pernah disekolahin apa,situ gk tau bedanya nge-bash ama ngomen. Sekolah dulu sono.

    ReplyDelete