Super Junior’s 6th Album ‘Sexy, Free & Single': EUNHYUK Teaser Photo!

*TEROTEROT* SUJU'S BACK! *TEROREROT* SUJU'S BACK! *TEROREROT* SUJU'S BACK! BACK! BACK! BACK! (Bikin suara annoying-nya Minho di Sherlock)

Gue baru bangun sekitar dua atau tiga jam yang lalu trus lanjut membersihkan kamar gue yang di rumah Mataram-Lombok yang kondisinya udah seperti kamar yang baru abis di kencingin tikus, trus dibakar Kris. Dan ketika sorenya gue menyalakan laptop, OH TUHAN YANG MAHA GANTENG. Hahaha... berita heboh di Facebook SMTOWN langsung bikin gue juga heboh. Teriak-teriak keliling kampung, lari-larian sambil bawa kentongan, "MALING! MALING!"

Kalau kemaren hebohnya karena EXO, sekarang karena EXO sudah Goodbye Stage (EXO-K), dan karena marketing-nya SUJU sukses dengan mengeluarkan euforia comeback tahun ini (dengan berbagai macam cara, you know? Misalnya bocoran track di SUKIRA, trus bocoran soal syuting MV, trus bahkan ada fans Amerika yang sedang sakit yang diajak untuk melihat langsung proses syuting MV. Menurut gue ini juga salah satu cara promosi 6Jib mereka. Menurut gue sih ini kayak pencitraan juga. Kalau memang mau berbuat baik, kenapa harus diumbar ke publik? Rasanya kok kayak ada maksud terselubung. Berasa reality show banget. Ya itu dia promosi. OKE END). Oke gue ulang, karena EXO-K udah Goodbye Stage dan SUJU comeback tahun ini, akhirnya gue memutuskan untuk kembali MENYUSU. AH. MENYUJU.

JULY! Oh astaga. Ini sebenarnya jauh dari perkiraan gue karena gue pikir mereka akan comeback lagi Agustus. Mengingat tahun lalu juga sekitaran Agustus gitu kalau nggak salah. Dan gue pernah baca di salah satu portal atau facebook SMTOWN gitu kalau yang pertama kali akan comeback adalah BoA, lalu TVXQ, lalu SJ dan kemudian GG. Ternyata kenyataan berkata lain dan setelah f(x), SUJU-lah yang akan menjadi deretan artis SMTOWN yang comeback tahun ini (padahal gue berharap BoA duluan-setelah f(x)-). Dan yeah.. Super Junior akan comeback di bulan Juli 2012. Full album akan dirilis pada tanggal 1 Juli 2012, akan dijual bebas tanggal 4 Juli 2012. Album terakhir gak nih? Kalo gak gue gak mau beli. Hahahaha

Judul album? Dari 5 album Super Junior yang pernah ada, album ke-6 ini kayaknya adalah judul album terpanjang mereka. Kalau biasanya mereka cuma pake 2 kata (Super Junior05, Don't Don, Sorry Sorry, Mr. Simple--minus Bonamana karena cuma 1 kata) sekarang mereka berkembang biak.  Dua kata itu sudah memiliki anak dan menjadi tiga kata. 

SM menggunakan 3 kata untuk album ke-6 ini: "SEXY, FREE & SINGLE".

Kesan pertama pas baca judul albumnya: WOW.
Kesan kedua: WHAT?
Kesan ketiga: SERIOUSLY?
Kesan keempat: FOREVER ALONE SUPER JUNIOR?

Coba dikulik, kenapa pada akhirnya SM memutuskan untuk memberikan image "Sexy, Free & Single" untuk Super Junior di album ke-6-nya ini.

*
#1 Sexy
. Sexy adalah sebuah istilah yang digunakan ketika seseorang dianggap memiliki daya tarik secara seksual, meskipun nggak selalu menjurus ke arah seksual, seringkali kata sexy juga digunakan untuk mengungkapkan sebuah keindahan secara fisik dari seseorang. Secara gampang kalo cewek itu cantik. Kalau cowok itu ganteng. Kata Sexy digunakan juga untuk membuat kecantikan dan kegantengannya lebih terkesan intim. Ketika sudah intim maka akan ada sebuah rasa ingin memiliki yang tumbuh di benak dan hati orang yang melihatnya. Nggak nyambung kan? Iya gue tau kok. Abaikan aja.
*
Nah, kenapa kemudian SEXY ini dijadikan salah satu dari 3 kata dalam album ke-6? Alasannya gampang aja. Kita semua tahu, dari konser-konser, dari teaser foto album sebelumnya juga sudah keliatan, kalau masing-masing dari member SJ ini berusaha untuk menampilkan keseksiannya. Maksudnya seksi adalah ya seksi dengan cara mereka sendiri.  Berusaha menjadi menarik dengan gaya mereka sendiri. Di album 5 misalnya, Donghae dengan muka mirip Ariel Peterpan-nya dan baju pink berlubang-lubang, Eunhyuk waktu itu dengan gaya pura-pura-buta-oleh-poninya, kemudian Ryeowook dengan kemoceng-kemocengnya. Terlebih lagi salah satu member yang suka buka-buka baju di stage, yang paling jablay, dan paling galau jodoh: Siwon. Percaya nggak percaya, banyak orang diluaran sana (yang gue temui) yang nggak tahu Suju secara keseluruhan, tapi tahu Siwon itu siapa. Ini membuktikan bahwa Siwon mempunyai pesona dan daya tarik tersendiri. Dengan kata lain SEXY. Terlepas dari memang ukuran dan bentuk tubuh dan kelakuan negatif diatas panggung (dan di foto teaser 5jib kemaren dengan kolor ijo ketat yang tidak pantas untuk anak-anak dibawah umur) tapi memang pesona Siwon inilah yang kemudian membuat orang-orang tahu Super Junior. Sepengalaman gue loh ya, gak tau sih pengalaman yang lain.
*
Berangkat dari Siwon yang dianggap sexy oleh sebagian besar orang (dan berangkat dari kenyataan bahwa kejablayan Siwon selama ini juga yang membuat banyak orang-orang baru jadi suka Suju--berasa Suju ini boygrup jual badan karena Siwon ya -_-) membuat SM mungkin merasa, "Wah kayaknya kalau semuanya dibuat image sexy bakalan oke nih. Bakalan lebih menjual nih. Kita punya member banyak, tapi yang visual nggak banyak, satu-satunya cara supaya member-member yang bukan visual ini bisa menjual adalah dengan membuat mereka terlihat sexy. Dengan mereka dijadikan sexy, mereka pasti laku! Oke kita kasi image sexy untuk album ke-6!" Kurang lebih seperti itu.
*
Kemudian lagi, seperti yang sudah gue bilang di paragraf pertama di poin ini, SM ingin dengan image sexy ini, orang-orang yang ngefans sama Suju jadi lebih intim dan tumbuhlah rasa ingin memiliki yang lebih dalam. Rasa ingin memiliki ini maksudnya karena SJ kemudian jadi keren, para fans kemudian jadi merasa satu dengan SJ. Dengan kata lain loyalitas sebagai seorang fans. Rasa memiliki bukan diartikan sebagai delusi-delusi yang kemudian muncul karena sexy (kemudian merasa memiliki jadi nganggep dia suami gue atau dia pacar gue). Bukan. Tapi lebih kepada loyalitas.

Jadi kesimpulannya: SEXY = INTIM = LOYALITAS.

Ini sebenarnya gue lagi ngomongin apa sih -_-

Sexy bukan berarti juga harus buka-bukaan, pamer badan, pamer paha dan segala bentuk membuka aurat. Kalau dilihat dari teaser foto yang keluar hari ini yaitu EUNHYUK (yang kayaknya selalu jadi teaser foto yang pertama ya, waktu Mr. Simple juga seinget gue dia yang pertama), Sexy yang digambarkan adalah sebuah aura dewasa dan kasual.
*
Teaser Images Eunhyuk for "Sexy, Free & Single"

Dari kostum, gaya rambut, make-up, tone warna dari fotonya, jelas sekali disini Super Junior (dari teaser foto Eunhyuk) ingin menampilkan sisi dewasa, tenang dan casual. Singkat kata simple. Kenapa gue jadi mikir konsep foto Mr. Simple harusnya kayak gini ya bukan yang kayak waktu itu.

Disini Hyukjae cuma pake kemeja, rambut ala-ala sapu-ijuk, trus pake penutup mata bunga-bunga seakan-akan di foto itu dia baru bangun tidur. Heran itu mau dibilang kaca mata juga bukan, nggak ada kaca-nya, nggak ada bolongannya. Jadi konsep Eunhyuk kali ini juga sama dengan konsep album lalu: Pura Pura Buta. Kalo di 5jib dia dibutakan oleh poni, sekarang dia dibutakan oleh bunga.

Lalu itu apa ya maksudnya ada bola bola sabun disitu? Ini teaser foto album atau iklan deterjen banjir busa? Bukan-bukan... Bubble bisa diartikan sebagai konsep yang ringan since bubble kan ringan tuh. Bubble yang ringan ini kemudian akan mudah diterbangkan oleh angin. Angin disini ya SM dan tim promosinya yang akan menerbangkan lagi Super Junior. Meskipun demikian, bubble ini juga rapuh, gampang pecah dan nggak tahan lama. Disinilah sisi manusiawi Super Junior. Bahwa suatu saat nanti mereka memang harus pensiun dan pecah. #EAAAAA #NGELABA #SUKASUKALO

Jadi apakah ini album terakhir? #PLETAK

Coba dibandingkan dengan teaser foto album sebelumnya:
*


Walaupun sekarang baru berasa kalau ternyata teaser foto Mr. Simple ini lebih WOW, EPIC, dan lebih spektakuler dari teaser foto yang sekarang (padahal dulu di caci maki hahaha). Warna di teaser 5jib juga lebih cerah, kontras, dan agak norak. Dan entah kenapa emang gue ngerasa ini konsep foto kebalik ya -_- Giliran judul albumnya Mr. Simple, teaser fotonya rebek-rempi-rempi setengah mampus, teaser fotonya menunjukkan keinginan untuk dijamah sekali alias jablay -_-. Giliran judul album "Sexy Free & Single" malah super simple dan nggak menye-menye. Oke gak ngerti lagi sama SM.

Tapi perlu diantisipasi juga nih, kalo kemaren teaser foto-nya rebek, MV-nya justru SIMPLE, sekarang teaser foto-nya SIMPLE, SEMOGA SAJA MV-NYA SEBAGUS MAMA. Walaupun nggak yakin juga SM bakalan mau mengeluarkan lebih banyak biaya untuk SUJU. Hihihi.... Anggaran konser SJ lebih besar dari anggaran albumnya. Jadi yah...

Anyway, itu bunga-bunga di-mata lagi-lagi mirip sama konsep di artis SM sebelumnya. Yap! Trio Tiger Sprong alias TTS. Fotonya Taeyeon. 



#2 Free. Free berarti bebas. Bebas bisa diartikan sebagai bebas dari kutukan idol yang katanya cuma bertahan 5 tahun. Bebas juga bisa diartikan sebagai keluarnya Kangin dari army. Bebas juga bisa berarti bahwa sekarang Super Junior (seperti apa yang ditulis di Facebook SMTOWN) adalah "The King of Global Korean Wave" (-- padahal tahun lalu yang disebut King itu TVXQ, labil emang SM --) jadi mereka bebas mau ngapain aja. Mereka mau pacaran, bebas. Mereka nggak mau pacaran, bebas. Mereka mau selamanya jomblo, bebas. Pokoknya suka-suka mereka. Jablay begitu singkatnya.

Kalau dari teaser foto, perasaan bebas atau free itu justru gue dapatkan dari konsep yang sederhana dan nggak menye-menye kayak di 5jib itu. Kayak orang baru bangun tidur trus menggeliat. Bebas dari segala atribut yang ribet-ribet, tapi jadi diri sendiri dan apa adanya. Bebas menentukan pilihan karena sudah menjadi idola yang semakin dewasa. Yang semacem itulah. Dan kalau balik ke judul album "Sexy, Free & Single" Ya itu tadi, suka suka mereka mau jadi seksi, atau mau forever alone. Pokoknya bebas deh. Udah dewasa ini juga. (Walaupun lagi-lagi gue ngerasa judul album ini kebalik sama Mr. Simple. Padahal di Mr. Simple, teaser fotonya lebih bebas berekspresi, yagasi...)

#3 Single. Yang ini yang menarik. SM pengen mencitrakan Super Junior sebagai idola yang selalu single. Dengan selalu single, pada akhirnya banyak orang yang senang bahwa laki-laki mereka tidak dijamah oleh wanita lain. Banyak dari fans labil yang seneng sama yang beginian. Yang seneng kalo misalnya idola mereka single dan nggak punya pacar jadi mereka bisa memiliki mereka seutuhnya. Hahahaha... Tapi yang ini bener-bener lucu buat gue karena di review Opera gue pernah bilang Super Junior sebagai om-om-jablay-galau-jodoh. Dan kata Single disini bener-bener menunjukkan kegalauan itu. Walaupun ada sedikit kesan bangga sih disini. Bangga karena mereka single. Bangga karena mereka forever alone. Bagus juga sih ini buat motivasi untuk orang-orang yang menjadikan Super Junior role model mereka, bahwa ternyata menjadi Single juga gak apa-apa. Jomblo juga gak apa-apa. SUJU aja jomblo, kenapa gue harus punya pacar? I'm single, and I'm happy!

Walaupun pada akhirnya ini membawa kita pada kesesatan. Tuhan, SUJU menyesatkan banyak orang! #EAAA #PLETAK #RADARATINFANSORANGLANGSUNGHIDUP

Single bisa juga berarti bahwa memang (balik lagi ke kalimat dari Facebook SMTOWN) satu-satunya (mungkin) "The King of Global Korean Wave". Tapi tetep ya, dalam otak gue, kata single disini berarti bahwa mereka menolak untuk kawin dan berketurunan. Kasian TT__TT padahal gue udah pengen ngeliat anak Donghae-Yoona, atau Taeyeon-Leeteuk begitu.

Terlepas dari judul album yang sangat menunjukkan ke-forever alone-an mereka ini, gue sangat menantikan Super Junior comeback tahun ini! Terlebih lagi Kangin bakalan join lagi dan menutupi kekurangan member karena Heechul sayang sekali nggak bisa ikutan. Walaupun walaupun walaupun tahun ini kayaknya Super Junior harus ditinggal beberapa member buat Wamil, gak apa-apa deh, 6Jib jadi hadiah sebelum mereka semua pada nyebar ke bidang lain.

Teaser Foto siapa yang akan muncul berikutnya? :D


PS: "Sexy, Free & Single" tiba-tiba jadi semacem label di sebuah produk. AYO AYO DI PILIH DIPILIH! SUJU SEXY! SUJU FREE! SUJU SINGLE! BOLEH AMBIL! DIJUAL MURAH MURAH! AYO...

*TELEPORT*


Related Post:

6Jib
Teaser Images:

DONGHAE | TEUK-WOOK-SHIN-YESUNG | KYUWON-KANGMIN |

6Jib
MV Review:


| TEASER |

Share:

27 komentar

  1. jiah...sexy,free,single..dan imajinasi gue berhamburan kemana2 ckckckck

    BalasHapus
  2. Dari pertama liat poto HyukJae yang ada bunga-bunga fikiran aku udah langsung ke teaser poto Taeyon. jadi kepikiran Siwon yang muncul di teaser selanjutnya sambil gigit papan yang tulisannya "Free"
    kekeke~

    Aku nyasar ke blog ini setelah nyari foto EXO, dan baru tau kalo om juga dari Lombok :D

    BalasHapus
  3. err=.=

    siwon bukan jablay !! kekekeke

    emang dari sana nya siwon itu mempesona..kekekekXD

    ati ati .. nanti dikira anti siwon loh..wakakakXD

    BalasHapus
  4. siwon di mr.simple aja jablay bgt apalg dsini kali ya. Scr judul nya 'sexy free and single'

    BalasHapus
  5. haha, agak lebih sopan gitu bahasanya
    yap setuju banget ama kata bang ronzzy konsepnya emang kebalik ama mr. simple
    @shupiange

    BalasHapus
  6. judulnya kan udah "Sexy, Free & Single" tuh, mau nya gue SM beneran ngasih free Album ke elf, kapan lagi kan? dengan ngasih free album itung-itung sebagai zakatnya SM ke Elf, bentar lagi kan puasa.. abaikan
    @elta1503

    BalasHapus
  7. buahahahaha~
    LOOOLLLLINGGG #guling2 bareng Naga, Unicorn dkk

    sumpah ya, yang pertama kali kepikiran liat album ini tuh beneran review om kapan hari, Om om galau Jodoh, sampe segitunya kak Suho (dulu om sekarang kak, labil --) ngeramalin, bakat jadi cenayang nih kayaknya #ditendang

    terus Sexy ini kenapa gue keinget sama SS4 ya? kan mereka pada buka-bukaan tuh, pada umbar2 kesexyannya, harusnya pas SS5 aja kan ya, sesuai gitu sama judul albumnya -3-

    terus yang pertama, maling kok teriak maling #eaaaa

    Om keknya otaklu kelebihan dosis deh, masa iya foto gini aja bisa dibikin review segini panjangnya, mana komen gue juga loncat-loncat gak karuan

    terus itu juga gak ngerti sama konsep unyuk pake bunga2an gitu, tapi perasaan yang TTS kemaren konsepnya bunga, F(x) konsepnya Fauna, emang2 mo bikin penangkaran flora fauna ya mbah? ato jangan2 mbah sooman diem-diem pemilik saham majalah 'TRUBUS' #eaaaaaa

    KEEP CALM AND WAIT FOR 6JIB
    @pure_luhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga sempet mikir gitu, pak de soo man pemilik saham majalah "TRUBUS" hahaha..
      @elta1503

      Hapus
  8. huaahahahah ~~
    ngakak ngakak serius gimana gitu bacanya XD hihihi
    suka kata-kata sesat ini : "Jomblo juga gak apa-apa. SUJU aja jomblo, kenapa gue harus punya pacar? I'm single, and I'm happy! " -.-
    greaat ^-^

    BalasHapus
  9. sedenk jg y lma2...
    klewatan imajinasi na...mpe ngedetail gto pnjabaran n penjamahan loe d stiap kata om...
    tp ju2r tiep gw mmpir k blok ne sllu j skses bkin gw ngakak..
    n ngbca postingan na bkin gw brasa jg PRESENTER GOSIP taw g..*lirikpenitibros*

    hidup lh mas2 GALAU jodoh ne..
    gw jg seSUJU klo suju aja jomblo, knpa gw hrus pnya pacar?
    haha

    BalasHapus
  10. kayak nha artis sm semua loe kasih nama aneh bin unik deh om,exo dengan `bocah2 nista`, TTS `trio tiger spronh, trus suju dengan `om-om-galau-jodoh`,*lol

    @emhactator

    BalasHapus
  11. okelah..setelah sebelumnya dengan penistaan pda EXO
    lalu munculnya Kuntilanak Ekstention *bener g se tlisannya? aux ah gelap lupa*
    sekarang ada om2 galau jodoh nan jablay bermunculan
    dan gue agak kurang nyaman dgn style rmbut gndrong hyuk
    wkkkkkkk
    Semacam...agak2 "NYLENEH" gimana gtu

    BalasHapus
  12. foto teaser selanjutnya udah ada tuh.. :)

    BalasHapus
  13. baru baca review albumnya aja udah ngakak. besok kalo baca review MVnya gimana coba jadinya saya.
    saya memang bukan penggemar SuJu, tapi karena beritanya heboh, ikut nimbrung.
    saya mau muji om ronzzykevin aja deh yang selalu sukses membuat saya ketawa bareng banci-banci yang mangkal setiap baca tulisannya. dan saya mungkin akan jadi stalkernya om ronzzykevin, bukan stalkernya EXO. -_-
    oke om, udah gitu aja. makasih ya. *kriiik* *makan LAY's KRISpy*

    BalasHapus
  14. Om, gue ngefans sama lo, eh salah, sama EXO maksudnya. Ummmm... sama lo nya juga ga ngape deh. -_-

    BalasHapus
  15. #ngakak bacanya
    om-om-galau-jodoh dan siwon jablay ya??
    yah okelah... Siwon emang selalu tampil seksi dimanapun ia berada, terutama di stage.. :D

    tapi beneran, ini review bikin ngakak...
    dan om ronzzy (?) kenapa ga buat review paparazzi.. :(

    BalasHapus
  16. "Bagus juga sih ini buat motivasi untuk orang-orang yang menjadikan Super Junior role model mereka, bahwa ternyata menjadi Single juga gak apa-apa. Jomblo juga gak apa-apa. SUJU aja jomblo, kenapa gue harus punya pacar? I'm single, and I'm happy!"

    curhat XD LOL

    BalasHapus
  17. om gue baru ngeh kalo suju udah ngeluarin foto teasernya dari sini loh. Makasih infonya yaw.
    Daaaaan kenapa itu foto eunhyuk ganteng banget? Gak salah foto kan ya?

    BalasHapus
  18. eng~ Tuan /terpaksa manggil tuan/ -_-v cuma mau bilang itu rambut Tuan Eunhyuk kayak rambut Duta SHEILA On 7 ._.v
    oiya...yg komen jadi pada pake acc Twitter yaw :3

    @_Heebum_

    BalasHapus
  19. lebay bangt yahh yang ngereview ini...(menurutku qm lebih lebay dibanding siwon...)

    BalasHapus
  20. kak ronzzy..!
    yang harusnya (eh) bakar rumah kakak tu chanyeol bukan kris, yeee

    setuju sama kak ronzzy moga2 mv nya se-oke MAMA, harus ada effort dong dari SM buat artis yang meminpin hallyu

    BalasHapus
  21. kak ronzzy..! maaf sok kenal >.< panggil apa dong?

    kak, yang harusnya (eh?) bakar rumah kakak tu chanyeol, bukan kris, hehehe..

    setuju sama kakak mudah2an mv suju kali ini se-oke mv exo MAMA, harus ada effort dari SM lah buat suju yang katanya artis yang memimpin hallyu ini..

    BalasHapus
  22. Bhuahahahah,,, sangat suka dengan istilahnya om-om-jablay-galau-jodoh
    hahahhahah
    pengen ngakak aja bawaannyaa,,,
    reveiew mantappp,,, lanjuutttt

    BalasHapus
  23. om, GG yang PAPARAZZI DONG... ITUKAN JUGA BAGUS BUAT DIREVIEW, GOMAWO....

    BalasHapus
  24. fixed, mereka forever alone.. jomblo hepi.. om om kegirangan..

    what? exo udah goodbye stage? wah.. gua sepertinya terlalu lama melenceng dari peradaban.. efek snmptn nih.. (doakan saya lulus ya bang!)
    berarti sementara suju sunbaenim nya comeback, exo ada kemungkinan muncul di variety show dong ya?! wah wah wah.. diberkatilah om sooman kalau hal itu benar benar terjadi..

    BalasHapus
  25. iih bonamana tu 2 kata julooo masnya bahahaha
    kan bonamana (minnah)bahahaha

    BalasHapus
  26. haduuh --" si hyukjae nya kecakepan
    foto bang wookie nya ga dikeluarin?

    BalasHapus