Super Junior’s 6th Album ‘Sexy, Free & Single': EUNHYUK Teaser Photo!

*TEROTEROT* SUJU'S BACK! *TEROREROT* SUJU'S BACK! *TEROREROT* SUJU'S BACK! BACK! BACK! BACK! (Bikin suara annoying-nya Minho di Sherlock)

Gue baru bangun sekitar dua atau tiga jam yang lalu trus lanjut membersihkan kamar gue yang di rumah Mataram-Lombok yang kondisinya udah seperti kamar yang baru abis di kencingin tikus, trus dibakar Kris. Dan ketika sorenya gue menyalakan laptop, OH TUHAN YANG MAHA GANTENG. Hahaha... berita heboh di Facebook SMTOWN langsung bikin gue juga heboh. Teriak-teriak keliling kampung, lari-larian sambil bawa kentongan, "MALING! MALING!"

Kalau kemaren hebohnya karena EXO, sekarang karena EXO sudah Goodbye Stage (EXO-K), dan karena marketing-nya SUJU sukses dengan mengeluarkan euforia comeback tahun ini (dengan berbagai macam cara, you know? Misalnya bocoran track di SUKIRA, trus bocoran soal syuting MV, trus bahkan ada fans Amerika yang sedang sakit yang diajak untuk melihat langsung proses syuting MV. Menurut gue ini juga salah satu cara promosi 6Jib mereka. Menurut gue sih ini kayak pencitraan juga. Kalau memang mau berbuat baik, kenapa harus diumbar ke publik? Rasanya kok kayak ada maksud terselubung. Berasa reality show banget. Ya itu dia promosi. OKE END). Oke gue ulang, karena EXO-K udah Goodbye Stage dan SUJU comeback tahun ini, akhirnya gue memutuskan untuk kembali MENYUSU. AH. MENYUJU.

JULY! Oh astaga. Ini sebenarnya jauh dari perkiraan gue karena gue pikir mereka akan comeback lagi Agustus. Mengingat tahun lalu juga sekitaran Agustus gitu kalau nggak salah. Dan gue pernah baca di salah satu portal atau facebook SMTOWN gitu kalau yang pertama kali akan comeback adalah BoA, lalu TVXQ, lalu SJ dan kemudian GG. Ternyata kenyataan berkata lain dan setelah f(x), SUJU-lah yang akan menjadi deretan artis SMTOWN yang comeback tahun ini (padahal gue berharap BoA duluan-setelah f(x)-). Dan yeah.. Super Junior akan comeback di bulan Juli 2012. Full album akan dirilis pada tanggal 1 Juli 2012, akan dijual bebas tanggal 4 Juli 2012. Album terakhir gak nih? Kalo gak gue gak mau beli. Hahahaha

Judul album? Dari 5 album Super Junior yang pernah ada, album ke-6 ini kayaknya adalah judul album terpanjang mereka. Kalau biasanya mereka cuma pake 2 kata (Super Junior05, Don't Don, Sorry Sorry, Mr. Simple--minus Bonamana karena cuma 1 kata) sekarang mereka berkembang biak.  Dua kata itu sudah memiliki anak dan menjadi tiga kata. 

SM menggunakan 3 kata untuk album ke-6 ini: "SEXY, FREE & SINGLE".

Kesan pertama pas baca judul albumnya: WOW.
Kesan kedua: WHAT?
Kesan ketiga: SERIOUSLY?
Kesan keempat: FOREVER ALONE SUPER JUNIOR?

Coba dikulik, kenapa pada akhirnya SM memutuskan untuk memberikan image "Sexy, Free & Single" untuk Super Junior di album ke-6-nya ini.

*
#1 Sexy
. Sexy adalah sebuah istilah yang digunakan ketika seseorang dianggap memiliki daya tarik secara seksual, meskipun nggak selalu menjurus ke arah seksual, seringkali kata sexy juga digunakan untuk mengungkapkan sebuah keindahan secara fisik dari seseorang. Secara gampang kalo cewek itu cantik. Kalau cowok itu ganteng. Kata Sexy digunakan juga untuk membuat kecantikan dan kegantengannya lebih terkesan intim. Ketika sudah intim maka akan ada sebuah rasa ingin memiliki yang tumbuh di benak dan hati orang yang melihatnya. Nggak nyambung kan? Iya gue tau kok. Abaikan aja.
*
Nah, kenapa kemudian SEXY ini dijadikan salah satu dari 3 kata dalam album ke-6? Alasannya gampang aja. Kita semua tahu, dari konser-konser, dari teaser foto album sebelumnya juga sudah keliatan, kalau masing-masing dari member SJ ini berusaha untuk menampilkan keseksiannya. Maksudnya seksi adalah ya seksi dengan cara mereka sendiri.  Berusaha menjadi menarik dengan gaya mereka sendiri. Di album 5 misalnya, Donghae dengan muka mirip Ariel Peterpan-nya dan baju pink berlubang-lubang, Eunhyuk waktu itu dengan gaya pura-pura-buta-oleh-poninya, kemudian Ryeowook dengan kemoceng-kemocengnya. Terlebih lagi salah satu member yang suka buka-buka baju di stage, yang paling jablay, dan paling galau jodoh: Siwon. Percaya nggak percaya, banyak orang diluaran sana (yang gue temui) yang nggak tahu Suju secara keseluruhan, tapi tahu Siwon itu siapa. Ini membuktikan bahwa Siwon mempunyai pesona dan daya tarik tersendiri. Dengan kata lain SEXY. Terlepas dari memang ukuran dan bentuk tubuh dan kelakuan negatif diatas panggung (dan di foto teaser 5jib kemaren dengan kolor ijo ketat yang tidak pantas untuk anak-anak dibawah umur) tapi memang pesona Siwon inilah yang kemudian membuat orang-orang tahu Super Junior. Sepengalaman gue loh ya, gak tau sih pengalaman yang lain.
*
Berangkat dari Siwon yang dianggap sexy oleh sebagian besar orang (dan berangkat dari kenyataan bahwa kejablayan Siwon selama ini juga yang membuat banyak orang-orang baru jadi suka Suju--berasa Suju ini boygrup jual badan karena Siwon ya -_-) membuat SM mungkin merasa, "Wah kayaknya kalau semuanya dibuat image sexy bakalan oke nih. Bakalan lebih menjual nih. Kita punya member banyak, tapi yang visual nggak banyak, satu-satunya cara supaya member-member yang bukan visual ini bisa menjual adalah dengan membuat mereka terlihat sexy. Dengan mereka dijadikan sexy, mereka pasti laku! Oke kita kasi image sexy untuk album ke-6!" Kurang lebih seperti itu.
*
Kemudian lagi, seperti yang sudah gue bilang di paragraf pertama di poin ini, SM ingin dengan image sexy ini, orang-orang yang ngefans sama Suju jadi lebih intim dan tumbuhlah rasa ingin memiliki yang lebih dalam. Rasa ingin memiliki ini maksudnya karena SJ kemudian jadi keren, para fans kemudian jadi merasa satu dengan SJ. Dengan kata lain loyalitas sebagai seorang fans. Rasa memiliki bukan diartikan sebagai delusi-delusi yang kemudian muncul karena sexy (kemudian merasa memiliki jadi nganggep dia suami gue atau dia pacar gue). Bukan. Tapi lebih kepada loyalitas.

Jadi kesimpulannya: SEXY = INTIM = LOYALITAS.

Ini sebenarnya gue lagi ngomongin apa sih -_-

Sexy bukan berarti juga harus buka-bukaan, pamer badan, pamer paha dan segala bentuk membuka aurat. Kalau dilihat dari teaser foto yang keluar hari ini yaitu EUNHYUK (yang kayaknya selalu jadi teaser foto yang pertama ya, waktu Mr. Simple juga seinget gue dia yang pertama), Sexy yang digambarkan adalah sebuah aura dewasa dan kasual.
*
Teaser Images Eunhyuk for "Sexy, Free & Single"

Dari kostum, gaya rambut, make-up, tone warna dari fotonya, jelas sekali disini Super Junior (dari teaser foto Eunhyuk) ingin menampilkan sisi dewasa, tenang dan casual. Singkat kata simple. Kenapa gue jadi mikir konsep foto Mr. Simple harusnya kayak gini ya bukan yang kayak waktu itu.

Disini Hyukjae cuma pake kemeja, rambut ala-ala sapu-ijuk, trus pake penutup mata bunga-bunga seakan-akan di foto itu dia baru bangun tidur. Heran itu mau dibilang kaca mata juga bukan, nggak ada kaca-nya, nggak ada bolongannya. Jadi konsep Eunhyuk kali ini juga sama dengan konsep album lalu: Pura Pura Buta. Kalo di 5jib dia dibutakan oleh poni, sekarang dia dibutakan oleh bunga.

Lalu itu apa ya maksudnya ada bola bola sabun disitu? Ini teaser foto album atau iklan deterjen banjir busa? Bukan-bukan... Bubble bisa diartikan sebagai konsep yang ringan since bubble kan ringan tuh. Bubble yang ringan ini kemudian akan mudah diterbangkan oleh angin. Angin disini ya SM dan tim promosinya yang akan menerbangkan lagi Super Junior. Meskipun demikian, bubble ini juga rapuh, gampang pecah dan nggak tahan lama. Disinilah sisi manusiawi Super Junior. Bahwa suatu saat nanti mereka memang harus pensiun dan pecah. #EAAAAA #NGELABA #SUKASUKALO

Jadi apakah ini album terakhir? #PLETAK

Coba dibandingkan dengan teaser foto album sebelumnya:
*


Walaupun sekarang baru berasa kalau ternyata teaser foto Mr. Simple ini lebih WOW, EPIC, dan lebih spektakuler dari teaser foto yang sekarang (padahal dulu di caci maki hahaha). Warna di teaser 5jib juga lebih cerah, kontras, dan agak norak. Dan entah kenapa emang gue ngerasa ini konsep foto kebalik ya -_- Giliran judul albumnya Mr. Simple, teaser fotonya rebek-rempi-rempi setengah mampus, teaser fotonya menunjukkan keinginan untuk dijamah sekali alias jablay -_-. Giliran judul album "Sexy Free & Single" malah super simple dan nggak menye-menye. Oke gak ngerti lagi sama SM.

Tapi perlu diantisipasi juga nih, kalo kemaren teaser foto-nya rebek, MV-nya justru SIMPLE, sekarang teaser foto-nya SIMPLE, SEMOGA SAJA MV-NYA SEBAGUS MAMA. Walaupun nggak yakin juga SM bakalan mau mengeluarkan lebih banyak biaya untuk SUJU. Hihihi.... Anggaran konser SJ lebih besar dari anggaran albumnya. Jadi yah...

Anyway, itu bunga-bunga di-mata lagi-lagi mirip sama konsep di artis SM sebelumnya. Yap! Trio Tiger Sprong alias TTS. Fotonya Taeyeon. 



#2 Free. Free berarti bebas. Bebas bisa diartikan sebagai bebas dari kutukan idol yang katanya cuma bertahan 5 tahun. Bebas juga bisa diartikan sebagai keluarnya Kangin dari army. Bebas juga bisa berarti bahwa sekarang Super Junior (seperti apa yang ditulis di Facebook SMTOWN) adalah "The King of Global Korean Wave" (-- padahal tahun lalu yang disebut King itu TVXQ, labil emang SM --) jadi mereka bebas mau ngapain aja. Mereka mau pacaran, bebas. Mereka nggak mau pacaran, bebas. Mereka mau selamanya jomblo, bebas. Pokoknya suka-suka mereka. Jablay begitu singkatnya.

Kalau dari teaser foto, perasaan bebas atau free itu justru gue dapatkan dari konsep yang sederhana dan nggak menye-menye kayak di 5jib itu. Kayak orang baru bangun tidur trus menggeliat. Bebas dari segala atribut yang ribet-ribet, tapi jadi diri sendiri dan apa adanya. Bebas menentukan pilihan karena sudah menjadi idola yang semakin dewasa. Yang semacem itulah. Dan kalau balik ke judul album "Sexy, Free & Single" Ya itu tadi, suka suka mereka mau jadi seksi, atau mau forever alone. Pokoknya bebas deh. Udah dewasa ini juga. (Walaupun lagi-lagi gue ngerasa judul album ini kebalik sama Mr. Simple. Padahal di Mr. Simple, teaser fotonya lebih bebas berekspresi, yagasi...)

#3 Single. Yang ini yang menarik. SM pengen mencitrakan Super Junior sebagai idola yang selalu single. Dengan selalu single, pada akhirnya banyak orang yang senang bahwa laki-laki mereka tidak dijamah oleh wanita lain. Banyak dari fans labil yang seneng sama yang beginian. Yang seneng kalo misalnya idola mereka single dan nggak punya pacar jadi mereka bisa memiliki mereka seutuhnya. Hahahaha... Tapi yang ini bener-bener lucu buat gue karena di review Opera gue pernah bilang Super Junior sebagai om-om-jablay-galau-jodoh. Dan kata Single disini bener-bener menunjukkan kegalauan itu. Walaupun ada sedikit kesan bangga sih disini. Bangga karena mereka single. Bangga karena mereka forever alone. Bagus juga sih ini buat motivasi untuk orang-orang yang menjadikan Super Junior role model mereka, bahwa ternyata menjadi Single juga gak apa-apa. Jomblo juga gak apa-apa. SUJU aja jomblo, kenapa gue harus punya pacar? I'm single, and I'm happy!

Walaupun pada akhirnya ini membawa kita pada kesesatan. Tuhan, SUJU menyesatkan banyak orang! #EAAA #PLETAK #RADARATINFANSORANGLANGSUNGHIDUP

Single bisa juga berarti bahwa memang (balik lagi ke kalimat dari Facebook SMTOWN) satu-satunya (mungkin) "The King of Global Korean Wave". Tapi tetep ya, dalam otak gue, kata single disini berarti bahwa mereka menolak untuk kawin dan berketurunan. Kasian TT__TT padahal gue udah pengen ngeliat anak Donghae-Yoona, atau Taeyeon-Leeteuk begitu.

Terlepas dari judul album yang sangat menunjukkan ke-forever alone-an mereka ini, gue sangat menantikan Super Junior comeback tahun ini! Terlebih lagi Kangin bakalan join lagi dan menutupi kekurangan member karena Heechul sayang sekali nggak bisa ikutan. Walaupun walaupun walaupun tahun ini kayaknya Super Junior harus ditinggal beberapa member buat Wamil, gak apa-apa deh, 6Jib jadi hadiah sebelum mereka semua pada nyebar ke bidang lain.

Teaser Foto siapa yang akan muncul berikutnya? :D


PS: "Sexy, Free & Single" tiba-tiba jadi semacem label di sebuah produk. AYO AYO DI PILIH DIPILIH! SUJU SEXY! SUJU FREE! SUJU SINGLE! BOLEH AMBIL! DIJUAL MURAH MURAH! AYO...

*TELEPORT*


Related Post:

6Jib
Teaser Images:

DONGHAE | TEUK-WOOK-SHIN-YESUNG | KYUWON-KANGMIN |

6Jib
MV Review:


| TEASER |

Share:

27 komentar