EXO MAMA MV: Review Saya! [PART 2]


"Careless... Careless.... Shoot anonymous... Anonymous... Heartless... Mindless... No one, who care about me?"

Hehe... Apa kabar semua? Semoga masih hidup dengan layak dan tidak berkeliaran di jalan dengan jubah berkerudung Gregorian-Monk style atau mungkin face-painting kayak Xiumin yang gue rasa itu dibuatnya dari bekas gosong di pantat panci yang sering dipake masak nasi diatas tungku kayu bakar. Kalau kemaren gue membuat postingan PART 1 dengan Bacon alias Baekhyun (yang lebih tepat dibaca Baekhyeon--penting sekali nih penyebutan nama. Soalnya pernah ketemu dan kenalan sama orang Korea yang namanya Hyeok. Pas gue tulis HYUK di kertas, dia langsung bilang, "Bukan begitu... bukan Hyuk. Tapi Hyeok." Nah, jadi mulai sekarang mari menyebut nama orang-orang tak terjamah raganya itu dengan benar. Harus dibiasakan. Kayak misalnya Eunhyuk--Eunhyeok. Sungmin--Seongmin. Kyuhyun--Kyuhyeon). Oke, jadi kalau kemaren gue membuka postingan dengan editan Baekhyun, sekarang ada Leader Suho, si manusia dengan seribu wajah :)

Kalau misalnya PART 1 kemaren masih pembahasan umum soal MV MAMA dan beberapa kesamaan ide dan konsep dari MV-MV SM sebelumnya, nah PART 2 kali ini gue akan lebih mengulik MV MAMA secara (semoga) detail ditambah beberapa penjelasan sotoy tentang beberapa hal yang mungkin bisa bermanfaat bagi kehidupan dan kemaslahatan umat.

***

Music Video EXO K berdurasi total 6 menit 12 detik--yang bisa jadi kebetulan yang menyenangkan karena 6 adalah jumlah masing-masing member EXO K dan EXO M, dan 12 adalah total keseluruhan member EXO XD--ini diawali dengan sebuah narasi prolog cerita bergaya kayak dongeng  klasik anak-anak kecil gitu. Kalo di postingan sebelumnya gue bilang berasa nonton opening Kung Fu Panda, setelah beberapa kali nonton dan juga mendengarkan background musiknya, malah berasa kayak lagi nonton visualisasi The Tales of Three Brothers dari Harry Potter and the Deathly Hallows Part 1. Tapi narasi di depan ini backsound-nya terlalu kenceng. Suara naratornya kadang-kadang jadi kalah sama suara musik. Agak bete juga sih karena harusnya SM memerhatikan hal ini lebih serius. Kalau emang mereka berniat menjadikan EXO itu idola dunia, jadi kalo menggunakan narasi bahasa Inggris, harusnya ya usahakan biar terdengar jelas supaya orang-orang yang nggak familiar banget telinganya dengan bahasa Inggris nggak salah tangkep kata-kata si narator. Saran aja sih. Toh dibaca juga nggak sama SM.

Nah, berkat bantuan beberapa temen dari tumblr dan tentunya bantuan dari spammer sepanjang masa: Fitri, akhirnya gue bisa menangkap narasi di awal itu. Kurang lebih begini bunyinya... *uhuk* *atur suara biar berat dua ton ngalahin suara Chanyeol*

"When the skies and the ground were one of legends, through their twelve forces, nurtured the tree of life. An eye of red forces created the evil which covered the heart of tree of life and the heart slowly grew dry. To attend to an embrace the heart of tree of life, the legends hereby divide the tree in half and hide each side. Hence, time is overturned and space turns askew. The twelve forces divide into two  and create two suns that look alike. Into two world that seem alike, the legends travel apart. The legends shall now see the same sky but will stand on different ground. Shall stand on the same ground  but shall see different sky. The day the ground beget a single file before one sky in two worlds that seem alike, the legends will greet each other. The day the red forces purify and the twelve forces reunite into one perfect root, a new world shall open up!"
Awalnya gue juga agak sukar untuk mengerti bagaimana cerita ini. Jadi mungkin akan gue alih-bahasakan ke bahasa kaoskaki ya...

Jaman dahulu kala, menurut sebuah legenda, langit dan bumi hidup berdampingan satu sama lain dengan baik, aman, sentosa dan sejahtera. Pada masa itu, hiduplah para Legends. Langit dan bumi ini punya sumber-sumber kekuatan yang jumlahnya dua belas. Nah dua belas sumber kekuatan ini diperintahkan untuk merawat sebuah Pohon Kehidupan. Sayangnya, karena banyak yang iri dengki dan  berhati penuh kejahatan, sebuah kekuatan dari negera api merah mengirim setan-setan jahanam yang menyelimuti hati Pohon Kehidupan. Karena setan-setan jahanam ini, perlahan-lahan hati dari Pohon Kehidupan mengering :( Nggak tinggal diam, menurut legenda, para Legends akhirnya memutuskan untuk membagi Pohon Kehidupan menjadi dua. Kedua bagiannya itu disembunyikan dengan aman. Entah di dalam brankas bawah tanah atau di bawah bantal, bisa jadi. Karena dibagi menjadi dua bagian itu, tiba-tiba saja waktu dan dunia jadi kacau, terbalik, miring, parah, galau, gila, begajulan. Dua belas kekuatan itu terbagi dua dan terciptalah dua matahari yang serupa. Menuju dua dunia yang serupa tapi tak sama, para Legends ngaso-ngaso secara terpisah. Masing-masing dari mereka bisa berdiri di tanah yang sama, tetapi akan melihat langit yang berbeda. Mereka bisa melihat langit yang sama tetapi pada saat yang sama mereka berdiri di tanah yang berbeda.  Suatu hari nanti, bumi akan melahirkan "sesuatu" dibawah langit dua dunia yang terlihat sama itu. Saat itulah para Legends yang terpisah ini akan bertemu satu sama lainnya. Dan pada saat itu, kekuatan jahanam dari negara api merah akan dimurnikan, dan dua belas sumber-sumber kekuatan yang ada di bumi itu akan kembali bersatu dalam sebuah akar yang kuat Pohon Kehidupan. Dan pada saat itu, sebuah dunia baru yang diharapkan lebih baik akan tercipta!
Visualisasi dari opening MV MAMA ini juga menarik. Nggak heran-heran juga sih kalo misalnya yang buat ya orang-orang Korea juga. Toh mereka udah bisa bikin animasi sekelas Pororo ataupun Ragnarok. Patut diacungi jempol usaha SM kali ini untuk membuat konsep yang berbeda dari MV-MV sebelumnya. Kayak yang udah gue bahas di Part 1 Review MAMA kemaren juga, SM benar-benar mengkonsep secara utuh dan menyeluruh EXO mulai dari identitas, karakter, bahkan punya logo sendiri dan font sendiri. Dan seperti yang udah gue tulis kemaren juga (maap jadi ngulang-ngulang masa lalu T_T) bahwa meletakkan sebuah animasi yang universal seperti ini bisa menarik perhatian semua kalangan.


Nah, MV yang asli (tapi bukan berarti yang narasi itu palsu. Abaikan tolong) dimulai sejak menit ke 1:25 dan dengan anggunnya, MV ini dibuka oleh 12 member yang bergaya monk/biarawan berjubah dan berkerudung. Pada awalnya memang mengesankan bahwa sedang terjadi sebuah ritual pemujaan "sesuatu" disitu. Dengan kostum mereka yang demikian, ditambah lagi pencahayaan yang redup dan formasi yang teratur, dan yang paling mengesankan pemujaan dan ritual adalah nada dari lirik yang mereka nyanyikan yang kesannya kayak mantera, padahal artinya nggak sedemikian menakutkannya.


Sebenarnya ini bukan kali pertama kok, MV K-Pop ada jubah-jubah begini. 2NE1 I Am The Best juga di bagian opening, CL pake jubah juga walaupun keliatannya jadi kayak jubah petinju sih, cuma ya, mirip-mirip juga. Karena konsep MV-nya juga rada-rada iluminati, jadi walaupun dikemas dalam jubah petinju, kesannya ya kayak jubah monk juga. Selain 2NE1, coba cek MV-nya Narsha BEG. Tapi dia lebih ke biarawati karena warnanya lebih beragam, nggak item-item polos atau kalo di MV MAMA itu kayak karung goni. Trus MV-nya BoA yang Hurricane Venus juga. Hanya saja lagi-lagi warna disesuaikan dengan kebutuhan. Dancer-nya BoA make warna merah mencolok agak-agak oranye gitu.


Gue sih pas awal ngeliat MV MAMA setelah narasi, langsung kebayang Priory of Sion yang ada di film The Da Vinci Code. Langsung inget Silas yang juga pake jubah gitu, trus ritual kakeknya Sophie yang dikelilingi oleh orang-orang berjubah dan bertopeng kemudian di tengah-tengahnya si kakek melakukan adegan sensor.
*

Kayak yang udah kita semua tahu, masing-masing member punya simbol sebagai identitas kekuatan mereka. Nah kurang lebih kayak digambar ini:

source: Tumblr
Penjelasan singkat? Oke. Here they are:

  1. Kai - Teleportation. Kalo baca review What Is Love gue, Chanyeol pernah nemu buku dan di buku itu ada tulisan Teleportation. Ternyata itu merujuk pada kekuatan yang dimiliki Kai. Menurut gue, di jaman sulit BBM seperti ini, kekuatan Kai adalah yang sangat dibutuhkan oleh semua orang. Dengan demikian kita nggak perlu lagi make BBM dan boros-boros bayar tiket pesawat, kereta, angkot dll. Kalo lagi mager ke toilet bisa langsung masuk ke dalem toilet tanpa harus bangun dari tempat tidur (gak ngerti lagi deh itu kalo misalnya masuk toilet yang lagi ada orangnya).
  2. Chanyeol - Phoenix (Flame - Api). Mungkin kekuatan ini nggak terlalu berguna dikehidupan sehari-hari kali ya. Cuma punya temen yang memiliki kekuatan ini akan sangat berguna kalau kita sedang mendaki gunung. Nggak perlu susah-susah bikin api unggun. Tinggal jentikkan jari, maka Chanyeol akan berapi-api.
  3. Suho - Air. Air adalah sumber kehidupan. Kalaupun Kai bisa teleport, kalau dia nggak minum toh dia akan meninggal juga. Jadi Suho disini berperan sebagai sumber kehidupan. Mungkin kekuatan ini bisa dia gunakan untuk membantu orang-orang yang kekeringan di Afrika. Orang-orang yang kekurangan air di daerah-daerah timur Indonesia. Atau kalau misalnya mau usaha sampingan, bisa memanfaatkan Suho untuk usaha cuci mobil, motor dan segala perabotan rumah tangga.
  4. D.O - Earth (Bumi). Kekuatan D.O mungkin agak-agak serem karena setiap kali dia melangkah akan terjadi gempa. Tapi suatu saat berguna kalau misalnya ada sebuah gedung yang sudah tua dan mau dihancurkan trus butuh waktu cepet, suruh aja D.O menciptakan gempa bumi lokal. Tapi harap hati-hati karena dia suka nggak kira-kira kalo pamer kekuatan. Benda-benda berharga seperti mobil yang terparkir dalam radius 10 meter harus segera diamankan kalau nggak mau rusak dengan sia-sia.
  5. Baekhyun - Light (Cahaya). Selain Air, Cahaya juga sumber kehidupan. Nggak ada cahaya kita nggak bisa ngeliat apa-apa. Kai nggak akan bisa ngeliat jalan waktu lagi atraksi barongsai dan sebagainya. Punya temen yang bercahaya seperti Baekhyun jelas menguntungkan mengingat kondisi negara kita yang rentan terhadap pemadaman bergilir. Jadi Baekhyun bisa membantu memberikan penerangan. Mungkin suatu hari nanti Baekhyun akan menjadi sumber cahaya bagi desa-desa terpencil...
  6. Sehun - Wind (Angin). Oke, mungkin Sehun perlu diwaspadai karena kalo dia lagi marah, dia bisa buang-buang angin. Atau justru dia buang angin karena iseng? Kalau keadaan dunia sudah panas dan AC rumah rusak, boleh telepon Sehun. Dia akan membuatkan anda angin lokal yang menyejukkan jiwa dan raga. 
  7. Luhan - Telekinetik/Telepathy. Kekuatan pikiran yang dimiliki Luhan membuat dia berkemampuan bisa menggerakkan benda tanpa harus disentuh. Serunya jadi Luhan adalah bisa SMS-an, twitter-an, Facebook-an, ngerjain tugas, nggak perlu megang device tapi bisa diperintah sendiri oleh otak, bisa gerak sendiri. Wah betapa bahagianya hidup kayak gitu. Walaupun pada akhirnya anggota badan nggak bergerak. Ujung-ujungnya lumpuh layuh. 
  8. Kris - Dragon (Flight - Terbang). Selain bisa mengeluarkan Api seperti Chanyeol, Kris sejak What Is Love memang sudah digambarkan memiliki kekuatan terbang itu. Sebelas dua belas sama Kai, Kris juga memiliki misi hemat bahan bakar. 
  9. Tao - Time Controller. Tao bisa menghentikan waktu. Kekuatan ini sangat dibutuhkan kalau tinggal di Depok, apalagi di seputaran jalan Margonda. Fix banget, gue akan suruh Tao buat memberhentikan mobil-mobil yang selalu nggak pernah memberikan kesempatan kepada penyebrang jalan untuk melintas setiap hari Senin-Jumat kalau gue berangkat ke kampus. Entahlah sebenarnya Tao ini punya kekuatan supranatural atau polisi lalu lintas...
  10. Chen - Lightning (Petir). Gue curiga aja kalau selama ini ternyata Chen tinggal di Depok -_- Petir mulu tiap kali ujan. Udah gitu petirnya nggak nyantai lagi... Mungkin Chen kalo PMS gitu kali ya. Nebar petir. Sambar sana sambar sini.
  11. Lay - Unicorn (Healing Power/Life). Seperti halnya Unicorn dalam kisah Harry Potter, kekuatan Lay juga hampir sama yaitu memberikan kehidupan dan memiliki kekuatan penyembuh. Unicorn memberikan kehidupan untuk Voldemort dan di MV MAMA ini Lay menghidupkan kembali bunga anggrek yang sudah layu. Berguna sekali untuk Posyandu ya Lay ya, mungkin setiap tanggal 17 setiap bulannya Lay harus ikut Posyandu jadi kalo ada anak-anak kecil yang sakit bisa langsung sembuh... Entah ini Lay atau bu bidan atau justru dukun.
  12. Xiumin - Frost (Es/Pembeku). Kalo gue jadi Xiumin, gue akan bikin tempat Ice Skating di kampung halaman. Jadi orang-orang yang nggak pernah Ice Skating bisa menikmati serunya meluncur di atas Es. Xiumin juga bisa dimanfaatkan untuk jualan pop ice atau es serut ya teman-teman terutama kalau musim panas. Instan. Langsung seger.
Karena di MV MAMA kita nggak bisa hanya menonton K saja atau M saja, karena keduanya berhubungan, jadi review kali ini, akan membahas MV K dan M :) Soalnya Kai tuh ngebetein. Mentang-mentang bisa pindah sana pindah sini, trus seenaknya gitu merepotkan gue harus mereview dua MV ini karena dia muncul di MV EXO K dan M -__- Emang Kai ini biang masalah dari dulu. *apa apa nyalahin Kai* *dikira anti-Kai* *suka suka lo* Mari kita bahas Fakta-fakta MV MAMA dari EXO K dan EXO M :)

#1 Ada 12 tiang (?) atau semacam tower (???) di detik 01:35. Masing-masing tiang mewakili member EXO secara keseluruhan karena di bagian awal MV ditunjukkan bahwa di tiang itu ada simbol kekuatan dari masing-masing member. Walaupun yang keliatan hanya simbol Kai (SELALU), D.O dan Lay, tapi paling nggak sudah memberikan gambaran bahwa tiang-tiang yang ada 12 itu adalah representasi dari kekuatan yang dimiliki oleh masing-masing member.

Anyway, mumpung ngebahas tentang tiang. Lagi-lagi, SM kayaknya memang suka banget menggunakan ide yang sama dengan kemasan yang berbeda di setiap MV-nya. Kalau kemaren kita bahas background putih, sekarang kita bahas tentang dekorasi yang berdiri tegak lurus. Nah dekorasi yang berdiri tegak lurus yang kayak gini (maksudnya nggak identik, tapi tetep berdiri di belakang gitu) juga pernah digunakan SM (konsep dan idenya bukan dekorasi yang sama digunakan dua kali di MV yang sama) dalam MV The Boys.


Kemudian ada juga di MV Perfection:



#2 Coba deh cek MAMA EXO K menit 01:40, 01:44, 01:45, 05:58, 05:58 menuju ke 05:59 (bedanya dikit banget soalnya, beberapa frame gitu--MV ini 1 detiknya ada 30 frame karena HD). Walaupun sebenarnya shot-shot ini berkesinambungan, tapi kalo misalnya diperhatiin, kesannya kayak nggak kontinyu :) Liat deh gambar di bawah ini:



Di menit 01:40, Posisinya adalah (dari kiri) Chen, Xiumin, Luhan, kemudian di tengah ada Kai dan di belakang Kai agak ke kanan (dari arah kamera) ada Lay). Tapi pas shot cut ke yang lain dan kembali ke shot berjubah, posisinya jadi berubah juga. Tiba-tiba jadi ada Chanyeol di sebelah Xiumin dan Lay mendongak dan berada di posisi yang berbeda dari sebelumnya.



Dan lagi, nggak sampe 1 detik dari detik dimana ada Chanyeol dan Lay yang berpindah posisi, di detik berikutnya di 01:45 Chanyeol ilang dan Lay kembali ke posisi awal di belakang Kai.

*
Kejadian yang sama juga berulang di detik terakhir yaitu 05:58, 05:58 menuju ke 05:59. Lay kembali berada di posisi yang ada Chanyeol di detik 01:44, tapi nggak sampe sedetik, Lay pindah lagi ke sebelah kanan, agak belakang D.O sedikit.



Kesannya gambarnya nggak kontinyu dan Lay pindah-pindah. Padahal sebenarnya itu beda angle kamera aja. Awalnya gue juga ketipu. Udah bahas panjang lebar pas di perhatiin ternyata cuma beda angle kamera. Perhatiin deh di gambar dibawah ini, Chanyeol nggak keliatan karena ketutupan Kai. Pantesan pas kamera dari samping dia keliatan ya? Hahaha Disini cuma kakinya doang yang nampak. Ketutupan Barongsai. Atau jangan-jangan dia pengen jadi kaki barongsainya? Pffftttt~~~~
*
>>>>
#3 (MAMA EXO K) Ada 6 lilin di menit 01:51, 7 mangkok lampu di 1 lampu gantung (ada 3 yang keliatan di menit itu tapi di menit 02:02 muncul lagi dan lampunya jadi ada 3) dan 6 diantaranya kecil yang ditengah-tengah besar. Nggak ngerti Suho dateng dari mana, soalnya pas di 01:51 yang jalan ke lorong itu cuma Bacon.
*
#4 (MAMA EXO K) Ada 19 tiang bendera yang terlihat di belakang D.O. di menit 01:55. Berikut 2 logo EXO yang secara aneh menempel di dinding, dan Kai menggunakan celana pendek EXO yang juga pernah digunakan oleh Lay waktu di Showcase. Bukan berarti celana yang sama, tapi motifnya sama.



#5 (MAMA EXO K) Kalau Suho pernah random nyeret meja belajar ke tengah padang ilalang dan rawa-rawa, sekarang astaga.... Please banget Sehun, kalau galau nggak usah serandom itu juga duduk sendirian di atas kursi di tengah-tengah tanah kosong. Kesambet loh ntar -__- 02:01

#6 (MAMA EXO K) Bahaya juga ya Chanyeol kalo jalan. Ninggalin jejak api. Tapi di menit 02:04 dia menunjukkan kalau dirinya warga negara yang baik dengan mengikuti rambu-rambu lalu lintas. Tidak boleh belok kanan, akhirnya dia jalan ke kiri. YAY!



#7 (MAMA EXO K) Gimana mungkin KAI nggak ganti baju di dua MV yang berbeda ini? Astaganaga Barongsai...~~~ Celananya sih beda, tapi bajunya tuh mirip. Hahah~~~
*

#8 (MAMA EXO K) + (MAMA EXO M) Dibandingkan dengan yang lain, seperti biasa, visual selalu menjadi pusat perhatian. Oke, Kai selain mendapat gelar Dancing Machine dan Barongsai, dia juga mendapat gelar sebagai member yang paling sering ganti kostum.



#9 (MAMA EXO K) + (MAMA EXO M) Walaupun Kai bisa berpindah-pindah tempat sesuka hati dia (dan secara kebetulan dia juga punya kemampuan mengganti pakaian secara instan semau dia), tapi pada kenyataannya di MV ini, Kai nggak nyamperin Kris, Xiumin, Lay, dan Tao. Ada alasannya:
  1. Kenapa dia nggak berteleport ke Kris? Karena Kris punya kekuatan naga. Kai kan barongsai. Barongsai kan naga jadi-jadian. Sedangkan Kris itu naga beneran. Bisa ngeluarin Api. Takut lah Kai sama naga asli. Takut disembur api, dicakar naga. Dan berhubung Kris juga bertampang kayak vampir, bisa jadi Kai takut digigit.
  2. Kenapa dia nggak berteleport ke Tao? Karena Tao bisa menghentikan waktu. Kai nggak akan bisa bergerak ketika memasuki daerah kekuasaan Tao.
  3. Kenapa dia nggak berteleport ke Xiumin? Karena Xiumin kekuatannya adalah Es, membekukan. Jadi Kai nggak berani. Karena dia nggak punya stok baju tebel. Punyanya kalo gak berlengan, telanjang dada, ya nggak pake baju. Takut kedinginan.
  4. Kenapa dia nggak berteleport ke Lay? Soalnya dia bukan Voldemort yang suka  minum darah unicorn. Karena Lay adalah jelmaan Unicorn. Jadi bingung gue sebenarnya yang vampir disini siapa sih? Kris atau Kai?
#10 (MAMA EXO K) Ada gerakan dance di mana gue pikir Kai telat bergerak di menit 02:34. Karena waktu merhatiin dance-nya Suho sama D.O, mereka berdua udah angkat satu kaki duluan sementara Kai terlambat. Hmmm... Masa sih Dancing Machine bisa salah gerakan? Eh ternyata pas cek live perform-nya, emang gerakannya seperti itu. Gilir-giliran. Hehehe.. Cuma kalo misalnya dilihat sekilas, kesannya Kai salah gerak gitu =3= Baru kali ini ngebelain Kai.

*
#11 (MAMA EXO K) + (MAMA EXO M) Selain di dinding tempat D.O. iseng menggetarkan bumi dan secara tidak bertanggung jawab menggetarkan mobil orang yang sedang parkir dengan sengaja, logo EXO dan tulisan EXO ada di cincin yang dipakai Kai, ornamen dinding waktu dance EXO M, celana Kai (yang di point ke 4), Lukisan Unicorn yang diraba-raba Lay, sabuk yang dipakai Kai, baju Baekhyun, tattoo nggak pentingnya Kai, baju Xiumin. Ada lagi yang nemu? XD


#12 (MAMA EXO K) Inget di postingan-postingan terdahulu gue sempat bilang kalau muka Suho berubah-ubah dan gue memberinya predikat The Man with 1000 Faces? Hehe... Kayaknya sekarang Suho udah tobat. Dia udah menentukan muka yang fix dan nggak berubah-ubah lagi pas di MV MAMA ini. Di MV ini bahkan Suho terlihat lebih tenang dan mukanya nggak setegang pas di History. Keliatan banget disitu mah tegangnya... Dan di MV MAMA ini Suho masih tetep dengan gaya Andalannya, pamer kepalan tangan dan cincin.


#13 (MAMA EXO K) Well oke, mungkin konseptor MV ini bener-bener kebawa-bawa sama MV lama... Bahkan tali jemuran itu masih dibikin kalung setelah Donghae, Yesung, Ryeowook, sekarang Suho jadi korban...


#14 (MAMA EXO M) Ada bagian yang gue nggak ngerti motivasinya apa. Yaitu waktu Kris yang emang hobi banget nongkrong diatas gedung terus kalo udah bosen, show-off loncat dari atas gedung, free style, pamer kalo bisa terbang. Cuma ya okelah kalo pamer dia bisa terbang, yang gue nggak ngerti itu, kenapa tiba-tiba dia kerasukan roket dan meluncur mencoba menembus langit tapi gagal dan akhirnya kepental? Kenapa?! Salah minum obat kayaknya -_-


#15 (MAMA EXO K) + (MAMA EXO M) Face-painting orang-orang ini mengingatkan kalian pada Kuburan Band nggak sih? Hahaha... Kalo nggak suka sama Kuburan Band, yaudah, band aslinya aja: Kiss. Walaupun Kiss ini seluruh wajah yah, kalo EXO cuma beberapa bagian aja. Ada yang keren banget dan menimbulkan kesan misterius-unyu-munyu-pecahkan-saja-gelasnya-biar-ramai gitu, ada juga yang kesannya kayak abis manjat pinang pas 17-an alias cemong sama oli.


#16 (MAMA EXO M) Lagi liat apa Kris? Posisi dance biar gak tabrakan yah? Hahah

*
#17 (MAMA EXO M) Waktu Luhan pamer kekuatannya, dia menerbangkan 19 bola-bola kristal. 10 di kanan (kamera) dan 9 di kiri (kamera). Dan waktu dia angkat satu bola di depannya, tampak seluruh member EXO yang sedang berdiri berbaris kayak di Teaser 8 (Sehun)

#18 (MAMA EXO K) + (MAMA EXO M) Suho bener-bener contoh Leader yang bertanggung jawab. Setelah membasahi kaca dengan kekuatan airnya, kacanya di lap lagi sama dia pake tangan (05:39). Kenapa disini Suho dipasangkan dengan Xiumin? Karena Es dan Air itu adalah dua elemen yang nggak bisa terpisah satu sama lain. Hehe... Karena Kristal Es yang jadi simbolnya Xiumin kan berasal dari air yang dibekukan... Dan kalau diperhatiin, emang itu Suho agak jahat sih sama Xiumin. Waktu Suho maen-maen Air di dunia atas, air yang dimaenin Suho malah netes-netes ke Xiumin. Ekspresi Xiumin lagi polos amat rumahnya bocor -_- heboh kek gitu. Marah-marah kek gitu. Kkk~ 


#19 (MAMA EXO K) + (MAMA EXO M) Narasi yang ada di awal MV kemudian muncul juga visualisasinya di dalem MV. Yang paling jelas keliatan sih bagian yang "...shall now see the same sky but will stand on different ground. Shall stand on the same ground  but shall see different sky." Pasti semua udah bisa nebak bagian yang mana... yap! Pas ending... Tapi ada juga tuh visualnya waktu Kai teleport ke tempat Baekhyun dan Suho :)

*

Nah dari dua gambar teratas sebenarnya bisa juga disimpulkan kalau sebenarnya dunia atas dan dunia bawah itu saling berkaitan satu sama lain. Kayak misalnya ada adegan dimana Chen megang tanah terus tanahnya nyetrum, kalo gue pikir itu adalah saat yang sama ketika D.O menginjakkan kakinya dan bumi bergetar. Kalo Chanyeol sama Kris kan udah keliatan hubungannya sama-sama Api (di China Naga itu Emperor-nya, Phoenix itu Empress-nya, jadi kayak Yin-Yang gitu--from tumblr). Trus Suho sama Xiumin juga udah. Nah Baekhyun sama Lay nih yang gue bingung hubungannya dimana waktu mereka berdua saling tatap di kaca. Sebenarnya kekuatan Baekhyun itu selain mengeluarkan cahaya, bisa mengubah kaca sebagai media ngintip rumah orang juga ya? Hmmm... Padahal Lay kekuatannya adalah healing. Nggak berhubungan langsung sih sama cahaya. Kecuali kalo mau dihubung-hubungin maksa kayak misalnya tanpa cahaya matahari nggak akan ada kehidupan dan kesehatan sih iya (kenyataan kali bukan maksa... alalalalala).

Lalu di cerita narasi kan dibilang "The day the ground beget a single file before one sky in two worlds that seem alike, the legends will greet each other." cuma kok ya kesannya Kai bisa ketemu dan greet each other kapan aja yaa...

#20 (MAMA EXO M) Rambut Chen waktu dance part yang setting-nya di Planet EXO, poninya warna ijo. Hmmm... warna fandom ya? Kkk~ (02:26, dst)

#21 (MAMA EXO M) 02:02 ada 12 cermin di atap, di atas Lay dan Xiumin.

#22 (MAMA EXO K) Ada part dimana Sehun dance pake baju putih kemeja yang kesannya simple banget (02:51). Kayaknya memang mereka lebih keren deh kalo style nya nggak macem-macem. Sama hal-nya dengan Baekhyun yang akan tampak lebih baik kalau nggak pake eyeliner.

#23 (MAMA EXO K) 05:44 Baekhyun berasa Power Ranger banget gak sih itu... Kkkk~

#24 Idealnya, masing-masing member ada simbol yang melekat di tubuh mereka. Kayak misalnya cincin-nya Chen, trus jaket-nya Lay ada gambar Unicorn-nya, trus juga Suho ada simbol elemen Air yang dulu pernah ditemukan Chanyeol di sebuah batu dan sebuah buku di MV What Is Love, Kris juga ada di gelangnya, trus Chanyeol di kalungnya, Xiumin ada di jas-nya juga. Yang lain? Coba deh perhatiin baik-baik ada di sebelah mana :p

#25 Kesannya dua dunia yang berbeda ini sudah sangat modern sekali ya? Kkk~ Bahkan Kris terbang-terbang dan loncat-loncat di skyscraper.

#26 Gambar ini mirip deh sama simbol-nya Kai.. #eaaaa #menjurus #gakmaudibahas #capek #bosen #basi


#27 MAMA di lagu ini berarti "Yang Mulia". Kalau mau ambil dari sudut pandang positif, karena emang lagunya juga menggambarkan kritik sosial yang ingin mencapai kehidupan yang positif, MAMA disini bisa berarti Tuhan. Tapi ya kalo di kait-kaitkan sama Tuhan lalu konsep MV yang kayak gitu (apalagi di bagian awalnya) kesannya kok ya kayak gimanaaaa gitu ya... Oke bagian ini kita pending dan dibahas di Postingan selanjutnya. hehehe udah kepanjangan nih ntar pada bosen lagi :)

Jujur saja ini lebih panjang dari bayangan gue dan seharusnya jadinya nggak sepanjang ini... Yaudah berarti fix banget ada part 3 ya... Hahaha semacem SS4INA gitu mau nambah hari... Okelah. Selamat Malam dan salam EXOTIC~ #cipok
Kalo ada yang salah boleh kritik dan komen. Oke?! 


***

@ronzzykevin

Thanks to: anyone who posted on tumblr any picture that I use here. Wikipedia. Google. Teman-teman di twitterland dan facebook. SM Entertainment.

Related Post:  KAI | KAI 2 | LUHAN | TAO |
                        CHEN | SEHUN 1 | SEHUN 2 | LAY | XIUMIN |

                        WHAT IS LOVE REVIEW | WHAT IS LOVE LYRIC | SEHUN & KAI |
                        SUHO, KRIS, DO, CHEN | CHANYEOL | EXO PROFILE | TEASER 22 & 23 |
                        HISTORY REVIEW | HISTORY KOREAN LYRIC |

Share:

126 komentar

  1. Pertamax-kah?? Haha.. *ga penting banget*

    Btw, tadinya ga pengen baca review ini, soalnya yang part 1 belom baca n kayanya panjang banget postingannyua.. Tapi tiba-tiba tertarik gara-gara setelah di-roll ke bawah ada segitiga n mata.. Jadi pengen tau lambangnya Kai.. Haha

    Anyway, emang rada mirip ya. Tapi bukannya gue mau nyamain juga si.
    Btw, Kayanya EXO ni bener-bener.. -Bener-bener apa ya istilahnya..- Kayanya bener-bener diistimewain n diseriusin (?) *emang yang laen ga serius?? xp* sama SMEnt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, pada intinya adalah bahwa SM juga belajar banyak dari pengalamannya dengan BB dan GB terdahulu yang juga sukses. Jadi sebenarnya nggak bisa menyalahkan EXO karena mereka terkesan diseriusin atau diistimewain. Kan masing2 BB/GB punya image sendiri. Kalo tiba2 ganti konsep di tengah2 begini kan repot. hahaha just pray for EXO!

      Delete
    2. mungkin ada benernya exo diistimewaiin... tapi pasti ada alasannya... bisa jadi karna mereka kan baru,, dibandingkan dengan senior" mereka di SM... jadi mereka masih dibantu gitu sama SM,, tpi bukan berarti yang lainnya gak di bantu,, cuma y balik lagi ke tadii,,, EXO kan masih baru perhatiannya mungkin lebih besar ke mereka... kalo menurut aku sich gitu....

      Delete
  2. berharap lebih ngebahas simbol segitiga2 itu. hahaha. kenapa? karena jujur aja, setiap orang yang pertama kali liat MV ini (MAMA EXO-K & MAMA EXO-M) bakal secara otomatis-alamiah berpikir ke arah illuminati, hehehe. baik orang yang belum pernah ngebaca suatu postingan berbau kPop yg disangkut2in illuminati-freemason sampe anak2 kPopers yang udah hafal tentang beginian. dan kenapa lagi? karena akan semakin seru kalo kalimat hasil review Om Choi bisa mematahkan semua argumen yg pertama kali muncul di pikiran dan benak stiap orang yang nonton MV ini :D
    aku pribadi, berharap menemukan suatu point logis dan realistis dari sini yang bisa ngilangin pikiran illuminati di MV MAMA ini. :|

    kalo buat kekocakkannya, gausa dikomentarin. emang asli ngocol ni review! kekeke

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya balik lagi ke pikiran sendiri :p Semakin ke sini seharusnya simbol-simbol menjadi semakin sepele sih menurut gue. Dan kenapa gue nggak bahas banyak soal simbol iluminatinya, yang pertama, belajar dari pengalaman Mr. Simple, gue agak-agak takut banyak yang ngebash. LOL #drama Tapi sebenarnya karena kekurangtahuan soal itu juga jadi nggak berani ngomong banyak. Jadi mending cari sisi fun dari MV nya aja yang bisa di kulik. Lebih baik daripada ngebahas yang berat tapi kesannya sotoy. #sotoybeneran.

      mungkin kalo misalnya kamu pengen tau banyak soal iluminatinya, besok-besok search aja EXO Iluminati. wkwkwkwk

      Delete
    2. ah , cari sisi positifnya aja lah !!!
      ga usah nyangkut pautkan ama iluminati lah/ apa lah. tak apa kalo pun MV Mama ada sangkut pautnya ama iluminati itu hak mereka itu urusan mereka, asalkan kita tidak terpengaruh ,,,

      Delete
  3. Good! Ga perlu bahas apa kaitan mv ini, lagu ini sama hal-hal iluminati bla bla bla. Semua tergantung darimana liatnya. Yah walopun disini emang ga bisa dipungkiri bgt gt yah.
    Sesungguhnya pas bagian pembahasan kekuatan masing2 member udah nunggu aja gitu pembahasan yg serius eh malah jadi gini -___-"
    dan berasa banget ini elo sirik sm kai -_- huahahahaha ~
    Wew udah sepanjang ini tapi belum juga kelar yah....Sabar deh sabar ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. MV ini too obvious... hahaha GUE GAK SIRIK SAMA KAI. Ya Tuhan.. buat apa juga sirik sama Kai gitu? Jelas jelas dia Idol dan gue anak gembala =3= Gimana bisa sirik... Ish.

      Delete
  4. karena ngitungin tiang bendera yg kau bilang ada 19 itu Ron, gue malah nemu kalo ternyata ada org yg nun jauh di belakang sana yg lewat dan ketangkep kamera pas part 01:55 itu.
    penjelasan simbol sama kekuatan bikin ngakak. hahahaha

    beneran berasa kalo EXO ini istimewa bgt. identitasnya kuat. penulisan nama khusus. font pun khusus. aksesoris-baju2-blablabla pake identitas EXO. anak emas emang! o ya, tadi gue nemu poto+komenan di tumblr http://twitter.com/#!/chi2chokyulate/status/190141978648903680/photo/1 ngakaks xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada orang lewat? Wkwkwk ternyata lo selain suka Kyuhyun, suka merhatiin kuman dan bakteri yang sukar di pandang....

      Itu gambarnya lawak abis. Tapi kesannya kok kayak logo EXO malah jadi nyontek punya orang ... kecuali kalo desain jaket itu SM yang bikin sendiri. wkwkwk

      Delete
    2. sekarang kau cari lah baju si Onyu itu 'terbitan' mana.. biar jelas logo exo itu emg murni ide SM ato terinspirasi baju onyu. hahahaha

      Delete
  5. komen saya :
    buahahahahaha~ xDD
    review kamu ini loh ron. ngakak. xD
    jadi bukan lambang2 iluminati ya? kirain iya.
    oke, lanjut part 3. :D

    ReplyDelete
  6. tadinya udah menetapkan hati ga mau komen. males ah sa,ma om mah, komen gue ga pernah ditampilin. tapi penasaran juga!
    1. OOOOHHHHH, ADA YANG NAMANYA BARONGSAI DI EXO??? LUAR BIASA GUE BARU TAU!!
    2. kenapa harus ada butterfly-terbanglah-tinggi-setinggi-anganku (lagu Melly Goeslaw) di scene 2 maknae itu? mereka saling menyampaikan pesan pake kupu-kupu? gimana bawa pesannya? kenapa ga minjem burung hantu sama big bang yang dipake di fantastic baby? Jiyoung sama Yunho kan deket tuh! minta tolong aja Yunho minjem sama GD (serasa ga punya manajer). trus apa pula hubungannya wind bender sama time controller? butterfly nya apa sama kaya yang dipake di MV ring ding dong SHINee? yang scene Key di dalam mobil?
    3. kalo Baek-Lay gue malah mikir Lay dapet kekuatan Healing nya itu dari cahayanya Bacon.
    4. trus pas Suho-Xiumin, itu dia marah tau! makanya semuanya dibekuin kaya kulkas biar ga ada air netes lagi. awkward banget si Lay sama Xiumin itu, 1 ruangan tapi kaya ga saling kenal =="
    5. itu adegannya si 'cullen' Kris, dia flip backward 100x lho! ga patah itu pinggang? ah lupa, immortal!!
    6. BARONGSAI NYA 11X GANTI BAJU? 'SESUATU' banget. SuJu aja paling banyak/MV ganti baju paling 3x. hahaha.. ngalahin keponakannya Lee Soo Man ah jadi ga enak..
    7. gue setuju uraian lo kenapa si BARONGSAI ga apperate ke tempat XiuMin, tapi kenapa lo masih nanya kenapa dia ga nyamperin Lay. jawaban paling gampang, ya karena Lay satu ruangan sama XiuMin =="

    ReplyDelete
  7. KAI NYAMPERIN KRIS KOK!! DI TEASER MV NYA ADA!!!
    BERARTI KAI BUKAN BARONGSAI!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi di MV nya gak ada kaan... berarti dia tetep barongsai...

      Delete
  8. aku balik lagi om Choi xD
    ini kenapa pada ngira si om Choi ini sebel ama Kai sih ?
    Sabar ya om ~ orang sabar marganya Choi kog xD

    Well, aku bilang ini boybang bener-bener mateng konsepnya. SM bener bener belajar dari BB/GB debutan terdahulu.
    Kenapa aku bilang mateng ? coba aja liat itu jendela yang kepisah (yang dianggap 2 suns). Itu kan hal kecil, tapi dipikirin juga ama SM. Kewren.

    Om Choi, ngerasa lagi nonton Heroes TV Series (yang pernah ditayangin di Trans TV, sempet booming tahun 2008 an kalo gag salah) gag ?
    Apalagi pas bagian Kris lompat terus ngilang gitu, mirip banget ama Peter Petrelli (bener gag sih, udah lupa karakter di Heroes).

    Udah ah komennya segini aja, mo mandangin si ganteng Kris xD
    om Choi jjang xP

    -@cleverbyotch

    ReplyDelete
  9. ngakak baca reviewnya...
    trus lanjutkan,,,,

    ReplyDelete
  10. "bahasa kaoskakibau"
    kkkk~ bener-bener bahasanya om.. gilaaa xD

    ooh.. kekuatannya Tao time controlling, toh~
    kirain cuma bisa ngirim kupu-kupu ke Sehun kkkk..

    ReplyDelete
  11. Oke, ini terbitnya tgl 11, dan aku komentar tanggal 12. Ketinggalan banyak.

    Dan herannya saat mereka pakai jubah-jubah karung goni, kenapa harus pakai sepatu sih, bagusan telanjang kaki, gak pakai kaos kaki maupun sepatu. Atau dua-duanya.

    Sumpah di MAMA EXO-M inilah yang paling lucu. Soalnya semua member udah hafal mukanya, tinggal ngafalin EXO K aja. Selalu ngakak setiap lihat wajah Xiumin... mungkin rumahnya emang bolong, atau ketika rumahnya bocor kan jadi akuarium. Mungkin ada mesin penyedot air jadi langsung bahagia liat air gitu,ya.

    Ragu kalau yang teriak-teriak macam orang hilang kendali itu Kai. Dan Kris keliatan kayak raja di film-film gitu mukanya... oke lukisan di mata kirinya Kris emang keren kayak kaca pecah bentuknya.
    Mendelik lihat gambar merah itu, lhoo.

    Btw di MV History pas Chen pakai kaos hitam itu kan lambangnya ada dua yah. Hihihi <- memancing.

    Ditunggu part 3.

    ReplyDelete
  12. gomawo kaoskakibau oppa udah mau naruh poto SUHO di awal postingan :D muehehehe :) Postingannya daebak sumpah! <3

    oiya, cuma mau nanya. Bias oppa di EXO siapa? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm... sebenarnya, di EXO ini semuanya keren-keren :) Karena WE ARE ONE WE ARE EXO, jadi suka semua aja deh biar adil... #sokdemokratis

      Delete
  13. huaaa kak hae (donghae mksdx cz udh bnyak yg blng kak choi sh,... krna aku skax donghae so kk donghae ajh kwkwkwk biar bd ajh,..)^^
    BTW sy blik agy mski agak tlat gra2 jaga page SNSD d FB,..TT_TT
    huahaahha gillaaaaa beneerr,.... pling ska pas postingn power per member,...
    ngkak tngkt tinggi,..^^ ak kr tuh smbol2 ilumti,.. pie untung dch bkaaaann,...
    jiahahaha happy tingkat dewaaa,..^^ skrng ak bnyak ngerti ad ap ajh dlm MV in,.. thanks kak haeee,.. nh post bner2 siiipppp,...^^
    sklian tnya dch,.. " kak yg d dunia atas it EXO K ap EXO M ya???"
    trus d review 19 it mksdx gmna yah???
    mksdx "Masing-masing dari mereka bisa berdiri di tanah yang sama, tetapi akan melihat langit yang berbeda. Mereka bisa melihat langit yang sama tetapi pada saat yang sama mereka berdiri di tanah yang berbeda" jelasin dunk kak,... langit yng berbeda it ap gr2 langitx ad dbawah trus bumix d atas gtu yaa??? pleace help,.. bner2 gg ngertiee,....TT_TT
    ak sh ngertinya mski mreka ad d bumi yg sm pie langitx berbda bgtu ugha sblikx,...pie pas liat foto review 19 ak heng and mlah jd gg ngerti,...TT_TT
    ap ak ajh yg loading yaa,..???^^ help pleaceee,..^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Hae -__- kalo Om Choi berarti harusnya jadi Om Lee dong. Wkwkwk... Tau aja kamu aku ngefans WonHae. LOL

      Thanks atas komentar kamu yang memuji saya padahal saya ini sebenarnya orangnya garing. Hahahhhhh

      Oke karena kamu minta saya jawab pertanyaan, jadi saya akan jawab:

      1. Dunia atas dan dunia bawah itu sebenarnya nggak jelas juga siapa yang tinggal disana. karena sesuai ceritanya, terdapat kekacauan waktu dan ruang di planet itu. jadinya kondisi berdiri di tanah yang sama tapi melihat langit yang berbeda atau berdiri di tanah yang berbeda dan melihat langit yang sama itu bisa terjadi kapan saja. Itu menurut saya sih, karena di gambar kan ada kalanya M di atas dan K dibawah. Biar adil.

      2. Statement di nomor 19 itu ya jawabannya sama aja di jawaban nomor 1 :)

      Udah kan? hahaha

      Delete
    2. owwhh gtuu,.^^'gomawo kak lee dong,..(kwkwkwkw) mnding kak hae ajh dch^^
      mian udh ngrpotin,..^^
      skrng udh ngrtie daahh,..^^ ok trims so much,...^^
      low mslah tau k2k sk WonHae cz d postingan suju mr simple k2k prnh blng gtu,..^^ mski akhrx bnyak yg slah sangka,.. ^^
      k2k ugha sk yoona kann,...^^ ak ugha fans dia,..^^

      Delete
  14. jelas2 ada unsur zionisme gan…
    Hati2 viewers, aliran ini menyuguhkan nilai seni & keindahan untuk menutup mata hati kalian ” Walaupun saya juga EXO Fanatic …
    bagi yg bilang “gw gak peduli, yg penting lagu’y bagus, yg nyanyi keren, konsep’y gw suka, dll”, pertanda anda telah terbuai dgn keindahan ala zionisme tsb ….
    Ingat, zionisme bertentangan dgn agama … #tdk bermaksud sara#

    ttpi. .Yang aku curigai Sekarang Yaitu ANONYMOUS. .merupakan Organisasi Besarr. teman”. .Bahkan itu musuh Besar Iluminati.. . lihat Opening Lyric EXO – MAMA >> ” Careless, careless. Shoot anonymous, anonymous.
    Heartless, mindless. No one. who care about me?
    ” Bukan kah itu Menyindir Anonymous. ..Di terjemahkan saja artinya >> Ceroboh. ..cerobohh. .Tembak Anonymous. ..Anonymous dan EXO-nya beranggapan ” Tidak ada. yang peduli tentang aku? ”
    Maka dari ituu. MAMA yg bisa di katakan RATU. .itu EXO-nya Mengadu sama RATU. .atas ulah Anoynymous itu. ..
    #hanya pendapat saya. .no bash. .cinta damaii.. .
    Cari Saja. ..Apa yg dimaksud Kenapa sekarang pernah ada Theard kayak gini Anonymous VS Iluminati.. . :D
    EXOtic Sejatii.. .Udah Cover Dance-nya EXO teaser 2,teaser 7.sama 12. ..Wkwokwowkow. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. bntar bntar so SANG RATU yg d kata EXO it sie ILLUMINATI gtu yaa???
      huaaa,...TT_TT parah dch,....

      low ktq sh ambil psitive nya ajh yaahh,....
      mgha ajh EXO gg gtu,....
      n mnding udh lahh gg ush sngkut pautkan agy,...
      dr pd mkir yg gg2 agy ntr,..

      (nrutq sh yaaa,..^^ soalx ak ugha cnta damai,..^^ and salam knal^^)

      Delete
  15. hufff capek bacanya, tapi seru (y) ketawa2 sendiri bacanya -_-
    makasih udah ngebahas MV nya :)
    kai? iya ya dia tuh yang selalu jadi yang paling banyak muncul, banyak peran gitu gue aja bosen haha
    ditunggu part 3 nya ya

    ReplyDelete
  16. ini review terkocak deh beneran -__-
    aku setuju banget sama panggilan 'barongsai' buat Kai..
    entah kenapa SM paling banyak ngeluarin teaser doi -_- tapi lama kelamaan diliat dia makin kece ya ^^
    buat soal pemujaan itu kayanya sengaja deh dibikin gitu sama SM biar mv nya sendiri bikin penasaran terus jadi laku deh, ya ngga sih? bisa aja om soo man nih
    ditunggu part ke 3nya ;)

    ReplyDelete
  17. gw kok malah ketawa mulu ya baca nih review? Asli ngakak abis nulisnya kocak banget.
    Perkenalkan, orang baru.

    ReplyDelete
  18. kwkwkw...jadi ini toh yang gua butuhin sampe rela kagak belajar fisika..ya Allah..akhirnya penasaran gua terbayarkan sudah #tipi ngak jadi di sita tukang kredit....awalnya ini apaan coba kaya Zionisan..tapi akhirnya...yah mitologian ya..mitologi mah gua jg suka..keke *cuma suka..
    and last,,,makasi bgtt buat nyang empunya Tumblr nii..muga2 selalu pny yg gua btuhin..kekeke
    akhir kata,,wassallam...thankiu..ai loph yuu

    ReplyDelete
  19. kak ronzzy kevin tulisannya keren banget, sampai ngakak bacanya. oh ya soal yang kekuatannya Baekhyun kayannya sih cermin itukan bisa mantulin cahaya jadi si baekhyun itu mantulin gambar wajahnya lewat cahaya dari tu cermin ke cermin yang di rumahnya lay "mungkin"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks :")

      Penting banget Lay harus liat Baekhyun lewat kaca ya? :p

      Delete
  20. kenapa lo ribet banget hah? dasar rempong!yang penting mv mama itu keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang bilang MV MAMA itu nggak keren kayaknya juga gak ada deh :/

      Delete
  21. Berhubung saya masi belum hafal sama wajahnya member EXO jadi kaga bisa bedain antara Kai, Suho, atopun Sehun dan lainnya juga..
    kalo menurutku sih CL di I'm The Best bukan kyk petinju kakak.. Inget sama WWF gag?! nah menurut ku si CL lebih mirip pemenang WWF itu..
    Tetep keren nih MV kalo menurut ku, meskipun gag ngerti konsepnya secara keseluruhan.

    @ingar1403

    ReplyDelete
    Replies
    1. WWF, iya soalnya di jubahnya juga ada tulisannya kok. Gue bilang petinju karena gak yakin dengan WWF. *bingung* Apalah ya yang penting mereka bertarung di atas ring. :p

      Delete
  22. Ngomongin dunia atas-dunia bawah lagi donk.... aku masih penasaran....
    Ntu pan waktu di animenya kek ada gambar dua bohlam ya.... apa bukan itu yang di maksud dua dunianya? karna ujung2 ntu bohlam *??* kan saling tempel-tempelan.. *apabanget bahasaku!*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanya nya jangan sama guee Ran, tanya sama SM sonoh :p gue cuma bisa membahas apa yang ada di MV sepengetahuan gue yang gak tahu apa apa ini. wkwkwkwk

      Delete
    2. itu bukan bohlam yang nyatu kakak.. itu mah pasir waktu :D kekekekkekk

      Delete
  23. mau tanya dong, diatas tadi kan di jelasin kenapa kai ga berteleport ke kris.
    tapi gue nemuin ini foto (http://29.media.tumblr.com/tumblr_m213lmZDRV1rt7tryo3_1280.jpg)
    digambar pertama, kai teleport ke kris tapi gue perhatiin di MV MAMA Korea/Mandarin, ga ada.
    gue jadi bingung-_-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes i know that. Itu kayaknya di teaser pas showcase :) Di MV emang gak ada... hehehe

      Delete
    2. oh jadi sebenernya kai emang ga berteleport ke kris?

      Delete
    3. kalo di MV nggak :) Maksudnya nggak ada gambarnya. Tapi kalau di script aslinya, bisa jadi emang iya. Since aku gak pernah liat video showcase yang itu XD

      Delete
    4. okeoke makasih yaa:D

      Delete
  24. Oke. Saya telat bgt ngoment ni post... Pokoknya MV MAMA keren dah.. Trus mksih bwt om Choi (sok akrab deh) yg undah translate itu dongeng di awal MV ke bhsa yang gampang saya pahami..

    Satu lagi, itu pembahasan mengenai simbol2 tiap member itu bner2 bikin ngakak, seriusan deh.. LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Ichi.. Hahaha sering sering komen biar rame... cuit cuit~~~~

      Delete
  25. Hahahahaha .. seru bgt, walau telat, ga masalah ..
    nie yang nulis jeli banget matanya, ada aja yang dibahas. Saya suka kalo lagi ngebahas Kai, kesannya gimannnaaaa gitu.Saya juga baru nyadar kalo airnya xiumin itu dari hasil main-mainnya Suho XD. Parah!!!

    ReplyDelete
  26. sumpah gua ngakak banget! lanjut terus! gokil abis wkwkwkw

    ReplyDelete
  27. setau ane klo hangul ㅎ ketemu ㅓ/ㅕ dibaca jd u/yu e.g seohyun yg hangulnya 서현

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? T_T tapi waktu itu kata Hyuk-ssi bukan Hyuk, tapi "Hyeok" T_T

      Delete
    2. Lebih bener Hyeok kok Om! Aku denger lagu Oppa oppa yg Eunhyuk bilang gini-> I say Eunhyeok, you say oppa. Eunhyeok oppa. -fyi-

      Delete
  28. keren nih, kepanjangan sih tapi fresh.. nambah pengetahuan gue buat hidup kelak sebagai exotic.. ^^ lanjutin deh biar rame 1 salma EXOTIC kawan mwah mwah mwah ^^

    ReplyDelete
  29. baca yg ini sukses bikin ngakak guling2 XD
    biasanya ga betah baca blog yg tulisannya panjang x lebar macam ini,
    tp ni beda, ga ngbosenin. jjang!
    kaoskakibau Fighting! ^^
    thanks for share.

    ReplyDelete
  30. Paling suka sama panggilan Barongsai = Kai. Q jd ketularan panggil si Kai dengan sebutan Barongsai. Hahahahhah

    ReplyDelete
  31. sekedar info, kupu2 di mv ini identik bgt sama monarch programming nya illuminati
    trus kalo diinget lagi,banyak mv bikinan pemujasetanentertainment smacam SM ini yang pake kupu2, salah satunya di ringdingdong shinee
    trs dance ring ding dong kan ada yg pose kupu2 juga, kayak dance di twinkle yg kata kakak kayak ayam gali tanah XD

    baca ini deh temen2: kpopinfiltrated.wordpress.com sama kpopilluminati.blogspot.ca
    bener2 dikupas tuntas dsana illuminatinya kpop

    ReplyDelete
  32. sumpah! KEREN ABISS KAKAAAAAKKKK!!
    good JOB!!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaaaaaaa gw suka gaya lo kak..
      jarang2 gw tahan ngebaca blog yg postingannya puanjaaang bener
      lumayan bikin gw ngakak bacanya
      terus terang si gw ga suka ni BB. Coz tampangnya pada songong2, truz gw rasa single pertama mereka yg Hystory tu buat SHINee, bukan buat EXO
      *hihiiii so tau banget si
      kyaaaaaaaa pisss!! XD

      Delete
  33. uwaaaaa reviewnya sangat detail dan menghibuuuur
    nice XDDD

    ReplyDelete
  34. annyeong^^
    pembaca baru nih
    sumpah bkin ngkak bacanya
    btw, mw nmbahin 1 review (soalnya cm ktemu 1 doang)
    itu pas bgian mreka pke jubah item(ato apalah nmanya)
    pak ketua dri exo M alias kris ngak ada =.=
    padahal pasti seru klo liatin gege menjulang tinggi sendri dngan member laen yg rta2 nympe telingnya daong (kcuali chanyeol kyaknya)
    kira2 wktu itu kris kmana yak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada paling depan sebelah kanan kalo kita di monitor atau di sebelah kirinya barongsai..
      paling tinggi dia disana...

      Delete
  35. waaahhh... terxata da banyak misteri dibalik MVnya EXO niy... ckckckck jujur sy gak pernah merhatiin sedetail ini #plaaaaak *makanya punya mata tu dipake*

    kalo diliat dari segi positifnya sih, pesan yang pengen disampein sama SM tentang kehidupan tu bagus loo.. jadi kita lebih bisa menghargai alam. tapi disampein dengan konsep yang kalo diliat sekilas sih nyeremin juga...

    ReplyDelete
  36. Chingu kok Yang kena apesnya Kai Mulu :(
    Gantian dong chingu kasian biasku kekekekkekek

    ReplyDelete
  37. chingu, salam kenal. aku baru nemu ini blog, pas nyari lirik MAMA. hehe, sebenernya dulu juga udah nemu pas nyari I Am, tapi ga komen soalnya buru-buru mau beli tiket... #curcol

    eh ya, sumpah nih aku ngakak banget baca postingan chingu tentang Kai+Sehun+Suho. sampe dimarahin sama ortu... ckckck.

    terus, chingu, ini blog kece badai sumpahhh! :D
    jadi ngomongnya tuh aneh gitu, yah, bukan aneh sih, cuma beda sama blog lain yang pernah aku baca. ^^ jadi KEREN banget. :DDD

    oh iya. namaku Lulu, 13 y.o.
    kalau chingu berapa umurnya???

    ya udah deh chingu, segini aja ya. maaf kalau terkesan SKSD atau apa.^^
    aku mau baca dulu postingan gokil chingu yang lainnn!! ^^
    salam. ntar aku cari tau dulu, di sini salam apa namanya.. ^^

    ReplyDelete
  38. misi, numpang lewat. oh iya, gue punya fakta di MV MAMA - EXO-K (sedikit lucu sih menurut gue. tp gatau kalian.) Di menit ke 04.03, perhatiin deh si D.O gerakannya beda dari yang lain. Agak lucu sih ngeliatnya. haha boleh di cek :D

    ReplyDelete
  39. Hola! Gue balik lg. haha
    salut bener dahh ama ketelitian lo. manteppp!

    wah wah si face-of-the-group nya EXO dibahas mulu ni. ckckck kaciaaan
    tp emang sih, Kai banyak banget nampilnya. kayaknya emang disengajain dy dpt teleportation power deh. dy cakep sih (tp gak secakep SeHun) tp lama2 bosen liat dy mulu. gomen ne~

    Gue suka nih
    "Kalau keadaan dunia sudah panas dan AC rumah rusak, boleh telepon Sehun. Dia akan membuatkan anda angin lokal yang menyejukkan jiwa dan raga." SeHun emang slalu nyejukin jiwa raga aku kok. #eaaaaaaaa

    kok gue gak nemu lambang SeHun sih? -___- atau karna kurang jeli ya lihatnya.. abis fokusnya ke mukanya SeHun sih haha

    gue lanjut ke review yg lain deh. chao~

    _adfa

    ReplyDelete
  40. kkkk~ parah gokil gila nih postingan.
    teliti banget, gw mau ngitungin lambang EXO aja udah males. kkk~
    gw kocak pas review kekuatan, gw kira bakal serius ternyata lawak. ckckck-
    ketawan nih yg nulis mahasiswa depok gitu. (segala mention margonda gitu).
    bener chingu! margonda mobilnya kenceng2. #curcol
    gw jd kepikiran untuk nebeng Kai kalo mw pergi kuliah. #hematbeb.
    gw kira yang nulis fangirl loh ternyata fanboy.
    hahahaha... keren!! (Y)

    ReplyDelete
  41. bruKaAkakakkakakak............
    parah,, gila, bener gila ni postingan, heheh... ngakak sendiri deh bacanya,,

    ReplyDelete
  42. iniiiii bacanyaaa sampai ngakak2 dikamar sendirian.. :D

    ReplyDelete
  43. Gue rasaa.. si soman tuh pengen banget artis2nya terkenal ke seluruh dunia.., nah lo tau ga yea? zionis itu yang nguasain dunia (dari berbagai segala bidang termasuk seni)Karena mereka yang punya modal dan saham terbesar, otomatis kalo pengen terkenal mesti nurut sama mereka. Jadi deh dia adalah boneka illuminati. Yang bergerak untuk menghipnotis dunia dan tunduk sama zionis si penyembah satan / setan. Lewat lirik lagu, simbol2.. hih!!
    Kalo misalkan lo tetep kekeuh dan keras kepala "itu mah paling kebetulan doang.. udah deh jangan terlalu ke illuminati2an" haha.. serah lo ya.. orang kaya gini ni yang jadi inceran mereka. gampang di begoin.
    so be careful

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue rasa sotoy lo brasa paling tau sedunia deh.
      orang kayak gini nih bego teriak bego.
      kita semua udah pada tau neng...
      kita ga tunduk sama simbol ato sama ilumitai ato apalah itu namanya ya. kita semua juga udah tau dan ga gampang dibegoin kyak elo yang gampang bego begoin orang. jadi kalo misalnya elo masih kekeuh ngebego begoin orang maka elo adalah orang yang paling bego sedunia.

      minum tolak angin dulu ya neng biar pinter...

      Delete
    2. yaa kita semua juga punya iman masing2.. *ehm *gayaulama
      toh gue udah lama jadi k-pop tp iman gue tetep aja n ga ikut kepengaruh sm yg namanya bgituan..
      so, tinggal gimana kita nanggepin hal gtu aja..
      yang penting buat gue sih lagunya enak didenger, keren, seger(??), manteb(???) :P

      EXO..EXO..EXO.. XDD

      Delete
  44. hal pertama yang bikin saya ngakak baca review ini adalah saat KAI disebut Barongsai. KENAPA? saya juga ga tau, kenapa sih disebut barongsai, aduuhh ini review, demi apanya bahasanya konyol tapi disajikan secara lempeng =.=" udah ah ga bisa ngomong apa-apa... Btw mengenai iluminati, itu mah gimana orangnya, yang penting kita tau iluminati itu sesuatu, yo wess gausah diikuti #malahikutnimbrung #halah oya, saya pembaca baru, reviewnya keren.... kapan-kapan mampir kesini lagi ahhh... XD

    ReplyDelete
  45. yaoloh ini kenapa kai terus yang di bully!kan kasian... (ToT) *mewek*

    ReplyDelete
  46. BUAKAKAK! meski makin kebawah makin ga penting ulasannya. gua suka! kocak banget dah ampe yang mesti mincingin mata dulu baru keliatan aja dibahas disini hwehwe.
    BARONGSAI=KAI... hmm.. lucu.. lucuu.. asal KAI jangan dipanggil Abang ajah, tar jadinya BANG-KAI.. hahaha
    soal illuminati2an itu sih udah jelas banget, gua yakin pasti banyak antek2nya dibalik SM. udah keliatan congor2nya dikit pas SHINEE Lucifer tuh. pas mo ada BB baru, ya mereka bener2 tampilkan dengan penuh kalo mereka pake konsep satanims.
    sedih :( tapi gimana caranya ga suka coba? mereka terlalu keren apalagi Chanel(TV?)

    ReplyDelete
  47. WAKAKAK! meskipun makin kebawah makin ga penting ulasannya tapi saya suka! kocak! ampe yang mesti mincingin mata baru keliatan dibahas juga? ampun dah, wakakak. KAI=BARONGSAI hm.. boleh, boleh.. asal jangan panggil Abang aja, ntar jadi BANGKAI.. wakakak
    soal SM dan kesatanismeannya itu, oh jelas sekali itu. gua mulai sadar pas SHINEE Lucifer. mungkin awal2 SM masih setengah2 nunjukinnya. dan sekarang (EXO) FULL Concept-nya maigaaat...satanis abis.
    tapi Holy Crap! EXO tampil dengan sangat perfect! kemampuan vokal, dance, talent, konsep video, atribute2 yg sangat MODAL(sampai saya bertanya2 apakah Soman sekarang dapat hidayah dan menjadi sedikit dermawan?) ituh, DAN MUKA2 MEREKA YANG BENAR-BENAR IH WAW! MOST WOMAN CANT DENY IT! (lebe dah guah)
    K-pop Lovers pasti susah buat nggak suka kaaann?!

    ReplyDelete
  48. kak kalo dirumah gue posyandu itu setiap tanggal 24 haha

    ReplyDelete
  49. om gue baru inget gerakan kris yang roket meluncur itu mirip eminem di video not afraid pas menit menit terakhir

    ReplyDelete
  50. untung suju ga gitu ya :)

    ReplyDelete
  51. mas ronzzy.. ada 1 lagi lambang exo.. saya nemu di ikat pinggang KAI pas lagi macine dance reff... hhe

    ReplyDelete
  52. kalo menurut gue sih member EXO pake kudung lebih mirip jadoo koi mil gaya. itu loh... alien yang ketinggalan pesawat difilm india. dibintangi sama Khritik Roshan & Pretty Zinta

    PS :: cie... yang dibales sama composer electric shock :)

    @snowbellfleur

    ReplyDelete
  53. Mian min, tp itu salam nya "annyeong haseyong" seh -_- ada juga annyeong haseyo min ._.v mohon diperbaiki demi harga diri admin sendiri~

    ReplyDelete
  54. kok xiumin dibilang dibuatnya dari bekas gosong di pantat panci yang sering dipake masak nasi diatas tungku kayu bakar.

    ReplyDelete
  55. trus..truss.. masa' bajunya sehun di history sama kaya bajunya eunhyuk di sfs. mama ya? bukan history ya. muup ya.

    ReplyDelete
  56. Sebagai masukan saja: Kai itu ADA mengunjungi Kris. Jadi Kai ga takut kok ama Kris.
    Coba lihat video di bawah ini. Ini Mama short version yg isinya cuma EXO (gabung K dan M) nunjukin kekuatannya dan lumayan ada part2 unseen yg ga ditayangkan di MV Mama yg official.

    http://www.youtube.com/watch?v=J__uDhh_TjU

    ReplyDelete
  57. mau nambahin nih.. untuk fakta no 7.. kaos dalem yg dipake kai di MV MAMA juga mirip sama kaos dalem yang dipake LAY di treaser two moons..
    terimakasih ^^

    ReplyDelete
  58. bisa minta video exo mama yang new ver.

    ReplyDelete
  59. Katanya sihh MV EXO MAMA ini emang berunsur ke-illuminati . Soalnya katanya si mbah Soo Man ntu Yahudi
    katanya aja siihhh

    ReplyDelete
  60. BT deh gw sama penulis blog ini, hobinya ngejelekin Kai mulu. ngatain barongasai lah, ini lah, itu lah.. emosi gw bacanya. gak usah segitunya juga kali ngehinanya..

    ReplyDelete
  61. hahaha...ternyata exo-k gk slamanya oke ya?!..

    ReplyDelete
  62. Njir, ngakak parah gw baca ni review!! Gaya bahasanya ituloh!!
    Alhasil bbrp orang yg ga deket sama gw jadi ilfil liatin gw ngakak ngikik dewekan dan semakin ga deket sama gw ni jadinyaTT_TT
    Mana apa apa kai mulu lagi *laki saya tuh* !!!
    Tapi gpp, yg penting ngakak xD

    ReplyDelete
  63. berfikiran positif aje nape !!!!! ga usah nyangkut pautkan sesuatu ama iluminati lah/ apa lah, ga penting bgt itu, kenapa ga penting ???? karena itu hak + urusan mereka, toh kalo pun ada sangkut pautnya ama iluminati itu yg jadi urusan mereka, kita kan cuma sekedar tau/menyukai MV itu, asal jangan terpengaruh !!!
    kesimpulannya have fun aje ama apa yg ada di dunia hiburan !!!! !!!

    ReplyDelete
  64. 1 kata untuk postingan ini....
    DAEBAKKKK. . . . ^0^

    ReplyDelete
  65. mau suho pake tali jemuran , atau tali kapal . masalah buat loee ???????
    suho juga manusia cooy :D
    #peace

    ReplyDelete
  66. exo.. exo...
    pengen banget disamain dengan mutan-mutan x-men
    hekxxxx

    ReplyDelete
  67. lu kata parade pake barongsai -.-
    wkwkwk ._.v
    kok niat banget sih memperhatikannya sedetail detail gitu ._.

    ReplyDelete
  68. setuju nih sama blog ini,iluminati gak usah dibahas ye,udah bosen

    ReplyDelete
  69. baru lihat reviewnya, asli kocak! saya ketawa ampe akhir tulisan(?)
    ngomong2 yg soal kris kepental, menurut saya itu gak kepental kok XD malah itu kayak caranya dia biar terbang makin cepet, ngumpulin tenaga dulu kali ya(?)

    ReplyDelete
  70. hahaha. baru nemu web ini sumpah langsung jatuh hati :*

    ReplyDelete
  71. hahaha,, baru nemu web ini udah langsung jatuh hati kaka :*
    kereeeen badai euy :D

    ReplyDelete
  72. ngakak asli... bacanya kesannya gimanceee gituh(?) aduh cyin, eke beneran ketawa loh bukan ketawa ketawaan(?) saran yaps... kainya jangan dimarahin mulu.. kasihan... suamikuh(?) aokaok

    ReplyDelete
  73. Kai kok dipanggil Barongsai ya? Alasannya kenapa?
    aku hanya baru tau julukan buat dia itu, Mr. Destiny :3 CMIIW

    #waiting your answer

    ReplyDelete
  74. bener bener gila nih sumpah kern banget reviewnya :D

    ReplyDelete
  75. kan cuma lagu, jd suka2lah orang yg bikin lagu, lady gaga pun jg, kan cuma lagu biar tuh lagu nge-trand dimana2. ya bgtulah persaingan, hrus bikin sensasi, kyak lgu lucifer shinee, klo d konser sm aja lagu lucifer di istimewahin, soalnya ngetrand dimana2
    pokoknya intinya, ambil positifnya aja -_-

    ReplyDelete
  76. reviewnya keren tapi gila juga, sampe ngakak gak jelas bacanya xD
    btw kenapa kai dipanggil barongsai?
    apa karena kai itu dancing machine tiap ada musik suka joged-joged gak bisa diem, sama kaya barongsai kan? #IThink *kepo banget yah gw? hahaha XD

    ReplyDelete
  77. ini keren reviewnya hahah XD
    oiya, aku nemu logo EXO lg nih..
    EXO-M MAMA, 02:56 di bajunya Luhan XD

    ReplyDelete
  78. Mimin kok kyak nya sebel bgt ya sama kai oppa , emg nya knpa sih??

    ReplyDelete
  79. kenapa ini kok kayaknya gaksuka bgt sama kai oppa??? kalah ganteng hah?

    ReplyDelete
  80. Ni gasuka kai tapi Backgroundnya muka kai cakep :p alibi lu min!
    di tunggu postnya lagi! as fast as possible!

    ReplyDelete
  81. keren review nya,,kok bsaa mikir segitunya bang??
    btw, lagu t-ara number 9 uda di review in blm nih?
    kyanya lagu itu seru juga di reviewkan,,hehe
    usul sih...

    ReplyDelete
  82. maaf yah! ada kesalahan
    1.alasan kai ga ketempat lay itu bkn karena itu tapi kai ga ke tpt lay karena ia 1 tpt sama xiumin
    2.kai itu ke tempat kris juga kalo ga percaya aja di video mama mv teaser!

    ReplyDelete
  83. Kalo yg terbang muter horisontal 180 derajat itu sapa ya?

    ReplyDelete
  84. seruu,,ngakak bacanya juga
    miminnya lucu

    ReplyDelete
  85. Annyeong!! Ini postingan kapan, aku baru dan baca sekarang, wk -_-
    Reviewnya keren dan ngga ngebosenin. Dan aku baru tahu apa yang diomongin sama narator di awal MV, hahahha.

    Nambahin yang simbol indivi*dual member EXO. D.O. juga adal lho, cincinnya itu lambang dia *yaiyalah.

    ReplyDelete
  86. Lambangnya Baekhyun ada di tangannya....

    ReplyDelete
  87. itu chaneol ada di belakang kgk keliatan

    ReplyDelete