EXO MAMA MV: Review Saya! [PART 2]


"Careless... Careless.... Shoot anonymous... Anonymous... Heartless... Mindless... No one, who care about me?"

Hehe... Apa kabar semua? Semoga masih hidup dengan layak dan tidak berkeliaran di jalan dengan jubah berkerudung Gregorian-Monk style atau mungkin face-painting kayak Xiumin yang gue rasa itu dibuatnya dari bekas gosong di pantat panci yang sering dipake masak nasi diatas tungku kayu bakar. Kalau kemaren gue membuat postingan PART 1 dengan Bacon alias Baekhyun (yang lebih tepat dibaca Baekhyeon--penting sekali nih penyebutan nama. Soalnya pernah ketemu dan kenalan sama orang Korea yang namanya Hyeok. Pas gue tulis HYUK di kertas, dia langsung bilang, "Bukan begitu... bukan Hyuk. Tapi Hyeok." Nah, jadi mulai sekarang mari menyebut nama orang-orang tak terjamah raganya itu dengan benar. Harus dibiasakan. Kayak misalnya Eunhyuk--Eunhyeok. Sungmin--Seongmin. Kyuhyun--Kyuhyeon). Oke, jadi kalau kemaren gue membuka postingan dengan editan Baekhyun, sekarang ada Leader Suho, si manusia dengan seribu wajah :)

Kalau misalnya PART 1 kemaren masih pembahasan umum soal MV MAMA dan beberapa kesamaan ide dan konsep dari MV-MV SM sebelumnya, nah PART 2 kali ini gue akan lebih mengulik MV MAMA secara (semoga) detail ditambah beberapa penjelasan sotoy tentang beberapa hal yang mungkin bisa bermanfaat bagi kehidupan dan kemaslahatan umat.

***

Music Video EXO K berdurasi total 6 menit 12 detik--yang bisa jadi kebetulan yang menyenangkan karena 6 adalah jumlah masing-masing member EXO K dan EXO M, dan 12 adalah total keseluruhan member EXO XD--ini diawali dengan sebuah narasi prolog cerita bergaya kayak dongeng  klasik anak-anak kecil gitu. Kalo di postingan sebelumnya gue bilang berasa nonton opening Kung Fu Panda, setelah beberapa kali nonton dan juga mendengarkan background musiknya, malah berasa kayak lagi nonton visualisasi The Tales of Three Brothers dari Harry Potter and the Deathly Hallows Part 1. Tapi narasi di depan ini backsound-nya terlalu kenceng. Suara naratornya kadang-kadang jadi kalah sama suara musik. Agak bete juga sih karena harusnya SM memerhatikan hal ini lebih serius. Kalau emang mereka berniat menjadikan EXO itu idola dunia, jadi kalo menggunakan narasi bahasa Inggris, harusnya ya usahakan biar terdengar jelas supaya orang-orang yang nggak familiar banget telinganya dengan bahasa Inggris nggak salah tangkep kata-kata si narator. Saran aja sih. Toh dibaca juga nggak sama SM.

Nah, berkat bantuan beberapa temen dari tumblr dan tentunya bantuan dari spammer sepanjang masa: Fitri, akhirnya gue bisa menangkap narasi di awal itu. Kurang lebih begini bunyinya... *uhuk* *atur suara biar berat dua ton ngalahin suara Chanyeol*

"When the skies and the ground were one of legends, through their twelve forces, nurtured the tree of life. An eye of red forces created the evil which covered the heart of tree of life and the heart slowly grew dry. To attend to an embrace the heart of tree of life, the legends hereby divide the tree in half and hide each side. Hence, time is overturned and space turns askew. The twelve forces divide into two  and create two suns that look alike. Into two world that seem alike, the legends travel apart. The legends shall now see the same sky but will stand on different ground. Shall stand on the same ground  but shall see different sky. The day the ground beget a single file before one sky in two worlds that seem alike, the legends will greet each other. The day the red forces purify and the twelve forces reunite into one perfect root, a new world shall open up!"
Awalnya gue juga agak sukar untuk mengerti bagaimana cerita ini. Jadi mungkin akan gue alih-bahasakan ke bahasa kaoskaki ya...

Jaman dahulu kala, menurut sebuah legenda, langit dan bumi hidup berdampingan satu sama lain dengan baik, aman, sentosa dan sejahtera. Pada masa itu, hiduplah para Legends. Langit dan bumi ini punya sumber-sumber kekuatan yang jumlahnya dua belas. Nah dua belas sumber kekuatan ini diperintahkan untuk merawat sebuah Pohon Kehidupan. Sayangnya, karena banyak yang iri dengki dan  berhati penuh kejahatan, sebuah kekuatan dari negera api merah mengirim setan-setan jahanam yang menyelimuti hati Pohon Kehidupan. Karena setan-setan jahanam ini, perlahan-lahan hati dari Pohon Kehidupan mengering :( Nggak tinggal diam, menurut legenda, para Legends akhirnya memutuskan untuk membagi Pohon Kehidupan menjadi dua. Kedua bagiannya itu disembunyikan dengan aman. Entah di dalam brankas bawah tanah atau di bawah bantal, bisa jadi. Karena dibagi menjadi dua bagian itu, tiba-tiba saja waktu dan dunia jadi kacau, terbalik, miring, parah, galau, gila, begajulan. Dua belas kekuatan itu terbagi dua dan terciptalah dua matahari yang serupa. Menuju dua dunia yang serupa tapi tak sama, para Legends ngaso-ngaso secara terpisah. Masing-masing dari mereka bisa berdiri di tanah yang sama, tetapi akan melihat langit yang berbeda. Mereka bisa melihat langit yang sama tetapi pada saat yang sama mereka berdiri di tanah yang berbeda.  Suatu hari nanti, bumi akan melahirkan "sesuatu" dibawah langit dua dunia yang terlihat sama itu. Saat itulah para Legends yang terpisah ini akan bertemu satu sama lainnya. Dan pada saat itu, kekuatan jahanam dari negara api merah akan dimurnikan, dan dua belas sumber-sumber kekuatan yang ada di bumi itu akan kembali bersatu dalam sebuah akar yang kuat Pohon Kehidupan. Dan pada saat itu, sebuah dunia baru yang diharapkan lebih baik akan tercipta!
Visualisasi dari opening MV MAMA ini juga menarik. Nggak heran-heran juga sih kalo misalnya yang buat ya orang-orang Korea juga. Toh mereka udah bisa bikin animasi sekelas Pororo ataupun Ragnarok. Patut diacungi jempol usaha SM kali ini untuk membuat konsep yang berbeda dari MV-MV sebelumnya. Kayak yang udah gue bahas di Part 1 Review MAMA kemaren juga, SM benar-benar mengkonsep secara utuh dan menyeluruh EXO mulai dari identitas, karakter, bahkan punya logo sendiri dan font sendiri. Dan seperti yang udah gue tulis kemaren juga (maap jadi ngulang-ngulang masa lalu T_T) bahwa meletakkan sebuah animasi yang universal seperti ini bisa menarik perhatian semua kalangan.


Nah, MV yang asli (tapi bukan berarti yang narasi itu palsu. Abaikan tolong) dimulai sejak menit ke 1:25 dan dengan anggunnya, MV ini dibuka oleh 12 member yang bergaya monk/biarawan berjubah dan berkerudung. Pada awalnya memang mengesankan bahwa sedang terjadi sebuah ritual pemujaan "sesuatu" disitu. Dengan kostum mereka yang demikian, ditambah lagi pencahayaan yang redup dan formasi yang teratur, dan yang paling mengesankan pemujaan dan ritual adalah nada dari lirik yang mereka nyanyikan yang kesannya kayak mantera, padahal artinya nggak sedemikian menakutkannya.


Sebenarnya ini bukan kali pertama kok, MV K-Pop ada jubah-jubah begini. 2NE1 I Am The Best juga di bagian opening, CL pake jubah juga walaupun keliatannya jadi kayak jubah petinju sih, cuma ya, mirip-mirip juga. Karena konsep MV-nya juga rada-rada iluminati, jadi walaupun dikemas dalam jubah petinju, kesannya ya kayak jubah monk juga. Selain 2NE1, coba cek MV-nya Narsha BEG. Tapi dia lebih ke biarawati karena warnanya lebih beragam, nggak item-item polos atau kalo di MV MAMA itu kayak karung goni. Trus MV-nya BoA yang Hurricane Venus juga. Hanya saja lagi-lagi warna disesuaikan dengan kebutuhan. Dancer-nya BoA make warna merah mencolok agak-agak oranye gitu.


Gue sih pas awal ngeliat MV MAMA setelah narasi, langsung kebayang Priory of Sion yang ada di film The Da Vinci Code. Langsung inget Silas yang juga pake jubah gitu, trus ritual kakeknya Sophie yang dikelilingi oleh orang-orang berjubah dan bertopeng kemudian di tengah-tengahnya si kakek melakukan adegan sensor.
*

Kayak yang udah kita semua tahu, masing-masing member punya simbol sebagai identitas kekuatan mereka. Nah kurang lebih kayak digambar ini:

source: Tumblr
Penjelasan singkat? Oke. Here they are:

  1. Kai - Teleportation. Kalo baca review What Is Love gue, Chanyeol pernah nemu buku dan di buku itu ada tulisan Teleportation. Ternyata itu merujuk pada kekuatan yang dimiliki Kai. Menurut gue, di jaman sulit BBM seperti ini, kekuatan Kai adalah yang sangat dibutuhkan oleh semua orang. Dengan demikian kita nggak perlu lagi make BBM dan boros-boros bayar tiket pesawat, kereta, angkot dll. Kalo lagi mager ke toilet bisa langsung masuk ke dalem toilet tanpa harus bangun dari tempat tidur (gak ngerti lagi deh itu kalo misalnya masuk toilet yang lagi ada orangnya).
  2. Chanyeol - Phoenix (Flame - Api). Mungkin kekuatan ini nggak terlalu berguna dikehidupan sehari-hari kali ya. Cuma punya temen yang memiliki kekuatan ini akan sangat berguna kalau kita sedang mendaki gunung. Nggak perlu susah-susah bikin api unggun. Tinggal jentikkan jari, maka Chanyeol akan berapi-api.
  3. Suho - Air. Air adalah sumber kehidupan. Kalaupun Kai bisa teleport, kalau dia nggak minum toh dia akan meninggal juga. Jadi Suho disini berperan sebagai sumber kehidupan. Mungkin kekuatan ini bisa dia gunakan untuk membantu orang-orang yang kekeringan di Afrika. Orang-orang yang kekurangan air di daerah-daerah timur Indonesia. Atau kalau misalnya mau usaha sampingan, bisa memanfaatkan Suho untuk usaha cuci mobil, motor dan segala perabotan rumah tangga.
  4. D.O - Earth (Bumi). Kekuatan D.O mungkin agak-agak serem karena setiap kali dia melangkah akan terjadi gempa. Tapi suatu saat berguna kalau misalnya ada sebuah gedung yang sudah tua dan mau dihancurkan trus butuh waktu cepet, suruh aja D.O menciptakan gempa bumi lokal. Tapi harap hati-hati karena dia suka nggak kira-kira kalo pamer kekuatan. Benda-benda berharga seperti mobil yang terparkir dalam radius 10 meter harus segera diamankan kalau nggak mau rusak dengan sia-sia.
  5. Baekhyun - Light (Cahaya). Selain Air, Cahaya juga sumber kehidupan. Nggak ada cahaya kita nggak bisa ngeliat apa-apa. Kai nggak akan bisa ngeliat jalan waktu lagi atraksi barongsai dan sebagainya. Punya temen yang bercahaya seperti Baekhyun jelas menguntungkan mengingat kondisi negara kita yang rentan terhadap pemadaman bergilir. Jadi Baekhyun bisa membantu memberikan penerangan. Mungkin suatu hari nanti Baekhyun akan menjadi sumber cahaya bagi desa-desa terpencil...
  6. Sehun - Wind (Angin). Oke, mungkin Sehun perlu diwaspadai karena kalo dia lagi marah, dia bisa buang-buang angin. Atau justru dia buang angin karena iseng? Kalau keadaan dunia sudah panas dan AC rumah rusak, boleh telepon Sehun. Dia akan membuatkan anda angin lokal yang menyejukkan jiwa dan raga. 
  7. Luhan - Telekinetik/Telepathy. Kekuatan pikiran yang dimiliki Luhan membuat dia berkemampuan bisa menggerakkan benda tanpa harus disentuh. Serunya jadi Luhan adalah bisa SMS-an, twitter-an, Facebook-an, ngerjain tugas, nggak perlu megang device tapi bisa diperintah sendiri oleh otak, bisa gerak sendiri. Wah betapa bahagianya hidup kayak gitu. Walaupun pada akhirnya anggota badan nggak bergerak. Ujung-ujungnya lumpuh layuh. 
  8. Kris - Dragon (Flight - Terbang). Selain bisa mengeluarkan Api seperti Chanyeol, Kris sejak What Is Love memang sudah digambarkan memiliki kekuatan terbang itu. Sebelas dua belas sama Kai, Kris juga memiliki misi hemat bahan bakar. 
  9. Tao - Time Controller. Tao bisa menghentikan waktu. Kekuatan ini sangat dibutuhkan kalau tinggal di Depok, apalagi di seputaran jalan Margonda. Fix banget, gue akan suruh Tao buat memberhentikan mobil-mobil yang selalu nggak pernah memberikan kesempatan kepada penyebrang jalan untuk melintas setiap hari Senin-Jumat kalau gue berangkat ke kampus. Entahlah sebenarnya Tao ini punya kekuatan supranatural atau polisi lalu lintas...
  10. Chen - Lightning (Petir). Gue curiga aja kalau selama ini ternyata Chen tinggal di Depok -_- Petir mulu tiap kali ujan. Udah gitu petirnya nggak nyantai lagi... Mungkin Chen kalo PMS gitu kali ya. Nebar petir. Sambar sana sambar sini.
  11. Lay - Unicorn (Healing Power/Life). Seperti halnya Unicorn dalam kisah Harry Potter, kekuatan Lay juga hampir sama yaitu memberikan kehidupan dan memiliki kekuatan penyembuh. Unicorn memberikan kehidupan untuk Voldemort dan di MV MAMA ini Lay menghidupkan kembali bunga anggrek yang sudah layu. Berguna sekali untuk Posyandu ya Lay ya, mungkin setiap tanggal 17 setiap bulannya Lay harus ikut Posyandu jadi kalo ada anak-anak kecil yang sakit bisa langsung sembuh... Entah ini Lay atau bu bidan atau justru dukun.
  12. Xiumin - Frost (Es/Pembeku). Kalo gue jadi Xiumin, gue akan bikin tempat Ice Skating di kampung halaman. Jadi orang-orang yang nggak pernah Ice Skating bisa menikmati serunya meluncur di atas Es. Xiumin juga bisa dimanfaatkan untuk jualan pop ice atau es serut ya teman-teman terutama kalau musim panas. Instan. Langsung seger.
Karena di MV MAMA kita nggak bisa hanya menonton K saja atau M saja, karena keduanya berhubungan, jadi review kali ini, akan membahas MV K dan M :) Soalnya Kai tuh ngebetein. Mentang-mentang bisa pindah sana pindah sini, trus seenaknya gitu merepotkan gue harus mereview dua MV ini karena dia muncul di MV EXO K dan M -__- Emang Kai ini biang masalah dari dulu. *apa apa nyalahin Kai* *dikira anti-Kai* *suka suka lo* Mari kita bahas Fakta-fakta MV MAMA dari EXO K dan EXO M :)

#1 Ada 12 tiang (?) atau semacam tower (???) di detik 01:35. Masing-masing tiang mewakili member EXO secara keseluruhan karena di bagian awal MV ditunjukkan bahwa di tiang itu ada simbol kekuatan dari masing-masing member. Walaupun yang keliatan hanya simbol Kai (SELALU), D.O dan Lay, tapi paling nggak sudah memberikan gambaran bahwa tiang-tiang yang ada 12 itu adalah representasi dari kekuatan yang dimiliki oleh masing-masing member.

Anyway, mumpung ngebahas tentang tiang. Lagi-lagi, SM kayaknya memang suka banget menggunakan ide yang sama dengan kemasan yang berbeda di setiap MV-nya. Kalau kemaren kita bahas background putih, sekarang kita bahas tentang dekorasi yang berdiri tegak lurus. Nah dekorasi yang berdiri tegak lurus yang kayak gini (maksudnya nggak identik, tapi tetep berdiri di belakang gitu) juga pernah digunakan SM (konsep dan idenya bukan dekorasi yang sama digunakan dua kali di MV yang sama) dalam MV The Boys.


Kemudian ada juga di MV Perfection:



#2 Coba deh cek MAMA EXO K menit 01:40, 01:44, 01:45, 05:58, 05:58 menuju ke 05:59 (bedanya dikit banget soalnya, beberapa frame gitu--MV ini 1 detiknya ada 30 frame karena HD). Walaupun sebenarnya shot-shot ini berkesinambungan, tapi kalo misalnya diperhatiin, kesannya kayak nggak kontinyu :) Liat deh gambar di bawah ini:



Di menit 01:40, Posisinya adalah (dari kiri) Chen, Xiumin, Luhan, kemudian di tengah ada Kai dan di belakang Kai agak ke kanan (dari arah kamera) ada Lay). Tapi pas shot cut ke yang lain dan kembali ke shot berjubah, posisinya jadi berubah juga. Tiba-tiba jadi ada Chanyeol di sebelah Xiumin dan Lay mendongak dan berada di posisi yang berbeda dari sebelumnya.



Dan lagi, nggak sampe 1 detik dari detik dimana ada Chanyeol dan Lay yang berpindah posisi, di detik berikutnya di 01:45 Chanyeol ilang dan Lay kembali ke posisi awal di belakang Kai.

*
Kejadian yang sama juga berulang di detik terakhir yaitu 05:58, 05:58 menuju ke 05:59. Lay kembali berada di posisi yang ada Chanyeol di detik 01:44, tapi nggak sampe sedetik, Lay pindah lagi ke sebelah kanan, agak belakang D.O sedikit.



Kesannya gambarnya nggak kontinyu dan Lay pindah-pindah. Padahal sebenarnya itu beda angle kamera aja. Awalnya gue juga ketipu. Udah bahas panjang lebar pas di perhatiin ternyata cuma beda angle kamera. Perhatiin deh di gambar dibawah ini, Chanyeol nggak keliatan karena ketutupan Kai. Pantesan pas kamera dari samping dia keliatan ya? Hahaha Disini cuma kakinya doang yang nampak. Ketutupan Barongsai. Atau jangan-jangan dia pengen jadi kaki barongsainya? Pffftttt~~~~
*
>>>>
#3 (MAMA EXO K) Ada 6 lilin di menit 01:51, 7 mangkok lampu di 1 lampu gantung (ada 3 yang keliatan di menit itu tapi di menit 02:02 muncul lagi dan lampunya jadi ada 3) dan 6 diantaranya kecil yang ditengah-tengah besar. Nggak ngerti Suho dateng dari mana, soalnya pas di 01:51 yang jalan ke lorong itu cuma Bacon.
*
#4 (MAMA EXO K) Ada 19 tiang bendera yang terlihat di belakang D.O. di menit 01:55. Berikut 2 logo EXO yang secara aneh menempel di dinding, dan Kai menggunakan celana pendek EXO yang juga pernah digunakan oleh Lay waktu di Showcase. Bukan berarti celana yang sama, tapi motifnya sama.



#5 (MAMA EXO K) Kalau Suho pernah random nyeret meja belajar ke tengah padang ilalang dan rawa-rawa, sekarang astaga.... Please banget Sehun, kalau galau nggak usah serandom itu juga duduk sendirian di atas kursi di tengah-tengah tanah kosong. Kesambet loh ntar -__- 02:01

#6 (MAMA EXO K) Bahaya juga ya Chanyeol kalo jalan. Ninggalin jejak api. Tapi di menit 02:04 dia menunjukkan kalau dirinya warga negara yang baik dengan mengikuti rambu-rambu lalu lintas. Tidak boleh belok kanan, akhirnya dia jalan ke kiri. YAY!



#7 (MAMA EXO K) Gimana mungkin KAI nggak ganti baju di dua MV yang berbeda ini? Astaganaga Barongsai...~~~ Celananya sih beda, tapi bajunya tuh mirip. Hahah~~~
*

#8 (MAMA EXO K) + (MAMA EXO M) Dibandingkan dengan yang lain, seperti biasa, visual selalu menjadi pusat perhatian. Oke, Kai selain mendapat gelar Dancing Machine dan Barongsai, dia juga mendapat gelar sebagai member yang paling sering ganti kostum.



#9 (MAMA EXO K) + (MAMA EXO M) Walaupun Kai bisa berpindah-pindah tempat sesuka hati dia (dan secara kebetulan dia juga punya kemampuan mengganti pakaian secara instan semau dia), tapi pada kenyataannya di MV ini, Kai nggak nyamperin Kris, Xiumin, Lay, dan Tao. Ada alasannya:
  1. Kenapa dia nggak berteleport ke Kris? Karena Kris punya kekuatan naga. Kai kan barongsai. Barongsai kan naga jadi-jadian. Sedangkan Kris itu naga beneran. Bisa ngeluarin Api. Takut lah Kai sama naga asli. Takut disembur api, dicakar naga. Dan berhubung Kris juga bertampang kayak vampir, bisa jadi Kai takut digigit.
  2. Kenapa dia nggak berteleport ke Tao? Karena Tao bisa menghentikan waktu. Kai nggak akan bisa bergerak ketika memasuki daerah kekuasaan Tao.
  3. Kenapa dia nggak berteleport ke Xiumin? Karena Xiumin kekuatannya adalah Es, membekukan. Jadi Kai nggak berani. Karena dia nggak punya stok baju tebel. Punyanya kalo gak berlengan, telanjang dada, ya nggak pake baju. Takut kedinginan.
  4. Kenapa dia nggak berteleport ke Lay? Soalnya dia bukan Voldemort yang suka  minum darah unicorn. Karena Lay adalah jelmaan Unicorn. Jadi bingung gue sebenarnya yang vampir disini siapa sih? Kris atau Kai?
#10 (MAMA EXO K) Ada gerakan dance di mana gue pikir Kai telat bergerak di menit 02:34. Karena waktu merhatiin dance-nya Suho sama D.O, mereka berdua udah angkat satu kaki duluan sementara Kai terlambat. Hmmm... Masa sih Dancing Machine bisa salah gerakan? Eh ternyata pas cek live perform-nya, emang gerakannya seperti itu. Gilir-giliran. Hehehe.. Cuma kalo misalnya dilihat sekilas, kesannya Kai salah gerak gitu =3= Baru kali ini ngebelain Kai.

*
#11 (MAMA EXO K) + (MAMA EXO M) Selain di dinding tempat D.O. iseng menggetarkan bumi dan secara tidak bertanggung jawab menggetarkan mobil orang yang sedang parkir dengan sengaja, logo EXO dan tulisan EXO ada di cincin yang dipakai Kai, ornamen dinding waktu dance EXO M, celana Kai (yang di point ke 4), Lukisan Unicorn yang diraba-raba Lay, sabuk yang dipakai Kai, baju Baekhyun, tattoo nggak pentingnya Kai, baju Xiumin. Ada lagi yang nemu? XD


#12 (MAMA EXO K) Inget di postingan-postingan terdahulu gue sempat bilang kalau muka Suho berubah-ubah dan gue memberinya predikat The Man with 1000 Faces? Hehe... Kayaknya sekarang Suho udah tobat. Dia udah menentukan muka yang fix dan nggak berubah-ubah lagi pas di MV MAMA ini. Di MV ini bahkan Suho terlihat lebih tenang dan mukanya nggak setegang pas di History. Keliatan banget disitu mah tegangnya... Dan di MV MAMA ini Suho masih tetep dengan gaya Andalannya, pamer kepalan tangan dan cincin.


#13 (MAMA EXO K) Well oke, mungkin konseptor MV ini bener-bener kebawa-bawa sama MV lama... Bahkan tali jemuran itu masih dibikin kalung setelah Donghae, Yesung, Ryeowook, sekarang Suho jadi korban...


#14 (MAMA EXO M) Ada bagian yang gue nggak ngerti motivasinya apa. Yaitu waktu Kris yang emang hobi banget nongkrong diatas gedung terus kalo udah bosen, show-off loncat dari atas gedung, free style, pamer kalo bisa terbang. Cuma ya okelah kalo pamer dia bisa terbang, yang gue nggak ngerti itu, kenapa tiba-tiba dia kerasukan roket dan meluncur mencoba menembus langit tapi gagal dan akhirnya kepental? Kenapa?! Salah minum obat kayaknya -_-


#15 (MAMA EXO K) + (MAMA EXO M) Face-painting orang-orang ini mengingatkan kalian pada Kuburan Band nggak sih? Hahaha... Kalo nggak suka sama Kuburan Band, yaudah, band aslinya aja: Kiss. Walaupun Kiss ini seluruh wajah yah, kalo EXO cuma beberapa bagian aja. Ada yang keren banget dan menimbulkan kesan misterius-unyu-munyu-pecahkan-saja-gelasnya-biar-ramai gitu, ada juga yang kesannya kayak abis manjat pinang pas 17-an alias cemong sama oli.


#16 (MAMA EXO M) Lagi liat apa Kris? Posisi dance biar gak tabrakan yah? Hahah

*
#17 (MAMA EXO M) Waktu Luhan pamer kekuatannya, dia menerbangkan 19 bola-bola kristal. 10 di kanan (kamera) dan 9 di kiri (kamera). Dan waktu dia angkat satu bola di depannya, tampak seluruh member EXO yang sedang berdiri berbaris kayak di Teaser 8 (Sehun)

#18 (MAMA EXO K) + (MAMA EXO M) Suho bener-bener contoh Leader yang bertanggung jawab. Setelah membasahi kaca dengan kekuatan airnya, kacanya di lap lagi sama dia pake tangan (05:39). Kenapa disini Suho dipasangkan dengan Xiumin? Karena Es dan Air itu adalah dua elemen yang nggak bisa terpisah satu sama lain. Hehe... Karena Kristal Es yang jadi simbolnya Xiumin kan berasal dari air yang dibekukan... Dan kalau diperhatiin, emang itu Suho agak jahat sih sama Xiumin. Waktu Suho maen-maen Air di dunia atas, air yang dimaenin Suho malah netes-netes ke Xiumin. Ekspresi Xiumin lagi polos amat rumahnya bocor -_- heboh kek gitu. Marah-marah kek gitu. Kkk~ 


#19 (MAMA EXO K) + (MAMA EXO M) Narasi yang ada di awal MV kemudian muncul juga visualisasinya di dalem MV. Yang paling jelas keliatan sih bagian yang "...shall now see the same sky but will stand on different ground. Shall stand on the same ground  but shall see different sky." Pasti semua udah bisa nebak bagian yang mana... yap! Pas ending... Tapi ada juga tuh visualnya waktu Kai teleport ke tempat Baekhyun dan Suho :)

*

Nah dari dua gambar teratas sebenarnya bisa juga disimpulkan kalau sebenarnya dunia atas dan dunia bawah itu saling berkaitan satu sama lain. Kayak misalnya ada adegan dimana Chen megang tanah terus tanahnya nyetrum, kalo gue pikir itu adalah saat yang sama ketika D.O menginjakkan kakinya dan bumi bergetar. Kalo Chanyeol sama Kris kan udah keliatan hubungannya sama-sama Api (di China Naga itu Emperor-nya, Phoenix itu Empress-nya, jadi kayak Yin-Yang gitu--from tumblr). Trus Suho sama Xiumin juga udah. Nah Baekhyun sama Lay nih yang gue bingung hubungannya dimana waktu mereka berdua saling tatap di kaca. Sebenarnya kekuatan Baekhyun itu selain mengeluarkan cahaya, bisa mengubah kaca sebagai media ngintip rumah orang juga ya? Hmmm... Padahal Lay kekuatannya adalah healing. Nggak berhubungan langsung sih sama cahaya. Kecuali kalo mau dihubung-hubungin maksa kayak misalnya tanpa cahaya matahari nggak akan ada kehidupan dan kesehatan sih iya (kenyataan kali bukan maksa... alalalalala).

Lalu di cerita narasi kan dibilang "The day the ground beget a single file before one sky in two worlds that seem alike, the legends will greet each other." cuma kok ya kesannya Kai bisa ketemu dan greet each other kapan aja yaa...

#20 (MAMA EXO M) Rambut Chen waktu dance part yang setting-nya di Planet EXO, poninya warna ijo. Hmmm... warna fandom ya? Kkk~ (02:26, dst)

#21 (MAMA EXO M) 02:02 ada 12 cermin di atap, di atas Lay dan Xiumin.

#22 (MAMA EXO K) Ada part dimana Sehun dance pake baju putih kemeja yang kesannya simple banget (02:51). Kayaknya memang mereka lebih keren deh kalo style nya nggak macem-macem. Sama hal-nya dengan Baekhyun yang akan tampak lebih baik kalau nggak pake eyeliner.

#23 (MAMA EXO K) 05:44 Baekhyun berasa Power Ranger banget gak sih itu... Kkkk~

#24 Idealnya, masing-masing member ada simbol yang melekat di tubuh mereka. Kayak misalnya cincin-nya Chen, trus jaket-nya Lay ada gambar Unicorn-nya, trus juga Suho ada simbol elemen Air yang dulu pernah ditemukan Chanyeol di sebuah batu dan sebuah buku di MV What Is Love, Kris juga ada di gelangnya, trus Chanyeol di kalungnya, Xiumin ada di jas-nya juga. Yang lain? Coba deh perhatiin baik-baik ada di sebelah mana :p

#25 Kesannya dua dunia yang berbeda ini sudah sangat modern sekali ya? Kkk~ Bahkan Kris terbang-terbang dan loncat-loncat di skyscraper.

#26 Gambar ini mirip deh sama simbol-nya Kai.. #eaaaa #menjurus #gakmaudibahas #capek #bosen #basi


#27 MAMA di lagu ini berarti "Yang Mulia". Kalau mau ambil dari sudut pandang positif, karena emang lagunya juga menggambarkan kritik sosial yang ingin mencapai kehidupan yang positif, MAMA disini bisa berarti Tuhan. Tapi ya kalo di kait-kaitkan sama Tuhan lalu konsep MV yang kayak gitu (apalagi di bagian awalnya) kesannya kok ya kayak gimanaaaa gitu ya... Oke bagian ini kita pending dan dibahas di Postingan selanjutnya. hehehe udah kepanjangan nih ntar pada bosen lagi :)

Jujur saja ini lebih panjang dari bayangan gue dan seharusnya jadinya nggak sepanjang ini... Yaudah berarti fix banget ada part 3 ya... Hahaha semacem SS4INA gitu mau nambah hari... Okelah. Selamat Malam dan salam EXOTIC~ #cipok
Kalo ada yang salah boleh kritik dan komen. Oke?! 


***

@ronzzykevin

Thanks to: anyone who posted on tumblr any picture that I use here. Wikipedia. Google. Teman-teman di twitterland dan facebook. SM Entertainment.

Related Post:  KAI | KAI 2 | LUHAN | TAO |
                        CHEN | SEHUN 1 | SEHUN 2 | LAY | XIUMIN |

                        WHAT IS LOVE REVIEW | WHAT IS LOVE LYRIC | SEHUN & KAI |
                        SUHO, KRIS, DO, CHEN | CHANYEOL | EXO PROFILE | TEASER 22 & 23 |
                        HISTORY REVIEW | HISTORY KOREAN LYRIC |

Share:

126 komentar