TVXQ! "Catch Me" Music Video: Review Saya!

Hello :) Lama nggak review MV ya hahahaha (opening yang sama selalu ketika memulai sebuah postingan--harap dimaklumin aja. Kak Suho otaknya lagi pindah ke limpa) dan bener-bener kangen masa-masa dimana gue seneng banget merhatiin detik per detik perpindahan gambar di MV. Kali ini mau nyoba-nyoba buat review MV TVXQ! nih. Sebenarnya gue sendiri sih agak-agak ragu untuk review TVXQ dikarenakan boygrup SM Entertainment yang satu ini kan udah established banget. Fansnya udah paling banyak di seluruh dunia dan dicatet di Guinness World Record. Nah gue takut aja kalo ada beberapa orang yang baca review ini (kalo ada yang baca) jadi ngatain gue sok tahu gitu. 

To be honest sebenarnya sih gue gak peduli sama kata orang. Apalagi yang menjatuhkan. Em Em~ Tapi karena gue orangnya open--open house, open the door, openkap--jadi kalo ada yang nggak setuju dengan tulisan ini, please, email me formally or informally atau mention di twitter. Jangan gak setuju tapi ngatain gue anjing lah, apa lah. Ya Tuhan... Anjing pinter amat bisa nulis. Beli dimana?

So~ gue putuskan untuk membuat reviewnya aja. Daripada gue setengah-setengah jadi SMTOWN Biased, mending total kan. Nah untuk itu, kali ini gue akan membahas TVXQ! yang baru aja comeback dengan album terbaru mereka yang dikasi judul "Catch Me" atau dalam bahasa Indonesia bisa diterjemahkan menjadi "Tangkap Aku Dong, Please Banget"
*
*

Sebenernya TVXQ bukan boygrup yang rutin gue ikutin perkembangannya. Dibandingkan dengan boygrup atau girlgrup SM yang lain, TVXQ termasuk yang jarang gue jamah. Bukan karena gue nggak suka, bukan, tapi lebih dikarenakan gue nggak pernah terpapar TVXQ separah gue terpapar Suju. Sebenarnya gue udah kenal TVXQ dari lama sih, bahkan sebelum gue tahu itu ada makhluk bernama Super Junior, gue udah tahu TVXQ duluan.

Jadi ceritanya dulu pas SMA, gue lagi suka-sukanya sama mandarin-pop dan big fans of S.H.E sama Fahrenheit. Nah, waktu itu pure banget deh gue masih suci banget nggak kenal sama yang namanya Korea-Korea-an sedangkan beberapa temen di SMA gue udah lebih maju satu langkah daripada gue. Mereka sudah heboh sama yang namanya Korea dan ada salah satu diantara mereka yang ngefans banget sama TVXQ (waktu itu gue kenalnya namanya DBSK sih). Lagu DBSK yang pertama gue denger waktu SMA itu HUG dan lagu itu bagus banget menurut gue. Memberikan kesan mendalam gitu loh. Soalnya easy listening. Waktu itu masih lengkap membernya ada 5 orang. Secara pribadi gue belom tertarik sama mereka waktu itu. Hanya sebatas mendengarkan lagu mereka aja. Nah waktu mereka rilis album Mirotic, gue jadi semakin seneng karena lagu Mirotic itu kan bagus banget. Sampai sekarang, karena emang lagu DBSK formasi 5 orang yang gue denger cuma Mirotic, Hug sama Doushite..., gue paling suka Mirotic. Bahkan disetiap gue berangkat sekolah pas SMA (jalan kaki anyway, soalnya sekolah sama rumah deket banget. Sekitar 1 kilometerlah--ini serius) gue selalu pasang Mirotic di playlist music player di hape (waktu itu Nokia 5200) trus joget-joget sambil jalan.

Mulai dari Mirotic itu gue donlot juga MV-nya trus ya merasa mereka keren gitu. Nah adegan download-download MV ini sih udah mulai terpapar Korea nih, dimulai dengan SHINee kemudian ke semuanya. Sampai akhirnya baru mulai jadi SMTOWN Biased setelah tahun 2010. Nah, waktu TVXQ akhirnya jadi cuma ada Changmin sama Yunho, entah kenapa gue justru baru mulai jadi pengamat mereka walaupun nggak se-detail gue mengamati perkembangan SJ atau EXO. Cuma mulai tau yang mana Changmin yang mana Yunho yang mana Jaejoong yang mana Junsu yang mana Yuchun. Ya gitu deh. Gue suka banget sama Keep Your Head Down sejak pertama kali mendengarkan lagu itu. Pas gue baca liriknya, gue langsung ngerasa kenapa kayaknya nyindir banget ya. Nyindir JYJ maksudnya. Trus ya gue jadi suka aja sama lagu itu dan terkadang merasa lagu itu lagu sedih karena liriknya juga agak-agak sedih sih. Dari album WHY itu kemudian gue suka sama Maximum yang notabenenya adalah Kpop Dangdut banget :3 Gue suka bagaimana Yoo Youngjin membuat sebuah lagu menjadi nggak cuma sangat enak di dengar tapi juga bisa dinikmati. Jujur aja sih gue nggak mendengarkan lagu-lagu di album itu secara keseluruhan, tapi gue cuma dengerin 3 track yang kemudian gue favoritin: Why, Maximum, Before You Go. Yang Before You Go karena MV-nya ada Ara dan konsepnya kayak Athena waktu itu (cinta banget sama Athena soalnya) jadi gue suka dan nonton.

Gue udah pernah tulis di postingan SMTOWN kalo misalnya TVXQ itu, kalaupun lo nggak ngefans sama mereka, tapi lo akan bisa menikmati penampilan mereka di atas panggung. Dan pas liat Yunho & Changmin di SMTOWN JKT kemaren, gue jadi ngerti gimana perasaan fans mereka ketika menyaksikan mereka berlima. Hehehe... Kalo sama grup lain aja gini ya coba sama Suju mana ada... HAHAHAHA Gue nggak pernah menganut keyakinan Only 13 atau apalah itu namanya. Gue menghargai kehadiran Zhoumi dan Henry sebagai member Super Junior apapun yang orang lain bilang. Dan faktanya adalah bahwa Only 13 itu udah nggak bisa lagi kan (untuk saat ini--mereka masih di SM) karena Hangeng udah bukan member SJ lagi. Kecuali mereka udah nggak ada kontrak sama SM dan mereka balik bersatu lagi ya itu lain cerita. Tapi sekarang yang jelas (buat gue) Only 13 hanya omong kosong aja. Malah bahas Suju.... Move on!

Ada 11 Track di album CATCH ME ini dan YOO YOUNG JIN kembali menciptakan lagu andalan mereka! HAHAHA... Menurut gue pribadi ini adalah keputusan yang sangat tepat! To be honest, SPY sama SFS itu nggak nendang. Ya mungkin karena bukan YYJ yang nyiptain sih bisa aja kan. Kemudian manajemen SM untuk TVXQ berpikir, "Udah jangan minta orang luar buat ciptain lagu buat TVXQ takutnya nanti kejadian lagi kayak SFS dan SPY. Kurang nendang kayak kata Ronzzy Kevin itu. Nanti dia bawel di blognya..." Kurang lebih begitu. TVXQ yang sudah senior begini kalo di-handle sama yang udah senior juga pasti jadinya bakalan lebih oke kan daripada harus membeli lagu berbahasa Inggris yang kemudian diberi lirik Korea. Kecuali memang (kayak kata William Laseroms) "Lagu ini dibuat sesuai pesanan SM, jadi dibuat se-KPOP mungkin." bisa aja jadinya justru lebih bagus dari lagu YYJ. Electric Shock misalnya. Tapi ya, gue puas dengan lagu Catch Me ini.

Secara lagu, jelas sekali Yoo Youngjin berusaha untuk memadukan nuansa lagu-lagu khas dugem bercampur dengan K-Pop. Gue sendiri mendengar Catch Me ini seperti sedang mendengarkan lagu-lagu David Guetta. Banyak efek-efek yang ada di lagu ini mirip kayak lagu-lagu DJ oke itu. Yang paling nyata sih, lagu ini mirip sama "DJ Got Us Falling In Love" di beberapa bagian tapi yang paling berasa itu pas lirik "Kajimaaaaaaa haaaaa" di reff itu. Selain itu, musik setelah (setiap kali) Yunho bilang "Catch Me If You Wanna" yang kalo di bahasa Indonesiakan kurang lebih maksudnya jadi "Gue Yunho, dan please tangkep gue sekarang" itu mirip banget sama Gangnam Style-nya PSY. Bisa jadi (BISA JADI LOH YA) memang YYJ merasa bahwa musik Gangnam Style nya PSY yang sudah jadi fenomena YouTube dan fenomena dunia itu adalah sebuah inspirasi baginya dan akhirnya terciptalah musik seperti itu. Bisa jadi juga karena emang tujuannya bikin lagu mirip supaya orang-orang notice trus pada ngomongin trus ya gitu jadi banyak yang paling nggak dengerin Catch Me atau nonton MV-nya hahahahhaa. Oh iya, gue kemaren sempat edit lagunya dan bisa di-download disini untuk cut-to-cut Catch Me-Gangnam Style. Lebih lanjut lagi di menit 02:26 di lagu Catch Me ini, kalo sependengeran gue agak-agak mirip sama irama musik di Face & Action-nya NU'EST. Apa namanya? Dub Step. Ya itu. Musiknya kayak gitu.

GUE SUKA LAGU CATCH ME! Alasan utamanya karena lagu ini annoying di telinga dalam arti yang baik. Alasan kedua karena lagu ini K-Pop Dangdut banget deh pokoknya. Kalo misalnya Bonamana itu nuansa nuansa Bollywood, nah ini dangdut Hollywood. Semacem "We Found Love" nya Rihanna gitu. Musik-musik dugem. Semacem lagu-lagunya KARA. Musik-musik angkot. Ah yang jelas gue suka lagu ini dan tipe-tipe kayak gini.
*
*
Di Album Catch Me ini ada 11 lagu yang disuguhkan dengan bahagia oleh Yunho & Changmin. Masing-masing lagunya punya feel yang beda. Masing-masing lagunya punya style yang beda. Masing-masing lagunya punya nilai jual yang beda. Sama kayak SJ di SFS dan SPY pada akhirnya, lagu-lagu di album ini campur-campur.
  1. Catch Me
  2. 인생은 빛났다 (Viva)
  3. Destiny -- entahlah ya kenapa banyak banget lagu Korea judulnya Destiny.
  4. 비누처럼 (Like a Soap)
  5. I Don't Know
  6. 꿈 (Dream)
  7. How Are You
  8. Getaway
  9. I Swear
  10. Gorgeous
  11. Good Night
Lagu VIVA depannya sih pake efek-efek gitar gitu. Tapi pas lagunya mulai ngakak banget ini mah totally dangdut! Aduh nggak tahan gue pas pertama kali denger lagu ini langsung mengklaim lagu ini sebagai lagu favorit. Nggak cuma ada nuansa dangdut, tapi kalo lo dengerin lagi lagu ini semacem lagu-lagu bulan ramadhan gitu. Kayak lagu-lagu kasidah/nasyid/semacemnya. Kalo di album WHY ada MAXIMUM, nah di album ini ada VIVA. Coba dengarkan lagu ini sambil tutup mata trus bayangin Yunho sama Changmin lagi di panggung 17-an lagi dangdutan. Pasti pundak lo akan ikutan goyang goyang. Tadi barusan ini gue tutup mata tapi yang kebayang bukan panggung 17-an, tapi Yunho sama Changmin lagi di panggung kampanye capres 2014. Di hadapan ribuan orang. Dangdutan. Seru banget. Sampe nangis. Nangis mutiara. Panen.

Destiny lagunya dimulai dengan drum-drum ala band gitu. Semacem intro lagunya Peterpan yang Jauh Mimpiku. Destiny lagunya ballad dan konsepnya band. Sejalan dengan Destiny, Like A Soap juga gitu, konsepnya masih band banget. Suara drum sama gitarnya berasa banget. Tapi kalo tadi Destiny kayak dengerin Peterpan, Like A Soap ini kayak lagi dengerin RAN. Gue nggak ngerti, kenapa judulnya harus Like A Soap (Seperti Sabun)? Harus baca translationnya nih penting banget jadi PR banget. Nah kalo I Don't Know.... I Don't Know juga yah lagunya diawal agak-agak SNSD menurut gue HAHAHAHA centil centilnya cowok gitu (?) (YA ALLAH NGOMONG APA INI GUE) tapi kalo lo pernah denger The Top nya BoA, depan sampe menjelang Reff agak-agak sama gitu nuansanya. Tapi pas Reffnya udah beda banget dan balik ke band-band gitu. Aura SNSDnya cuma di awal doang. Centil di awal. Garang di tengah sampe akhir. Tipe-tipe penggoda.

Dream lebih ada nuansa orkestra dan agak-agak J-Pop. Yagasih. Iya di telinga gue kayak gitu. Lagunya lebih ceria dan hentakkan drumnya kayak lagu-lagu film kartun gitu. How Are You kembali ke ballad medium beat yang di kuping gue awal-awal lagu ini terdengar seperti Memories nya Super Junior versi gitar akustik dengan beat yang dicepetin sedikit. Recommended untuk di dengarkan siang-siang setelah mandi sebelum tidur siang. Getaway kembali ke konsep band dengan drum dan gitar effect. Kali ini lebih ada nuansa rock sedikit sedikit. Nah setelah high beat kembali lagi ke mellow (kenapa labil kamunya... gatau suka suka SMnya aja). I Swear ini lebih mellow dari How Are You. Kalo tadi How Are You bisa di dengerin abis mandi sebelum tidur siang, nah I Swear ini recommended banget buat di dengerin pas malam hujan yang dingin aku sendiri tiada yang menemani sampai kini kusadari dia telah pergi tinggalkan diriku. Walaupun mellow, I Swear tetep ada hentakan drumnya. Nah gue rasa sih emang konsep lagu di album ini didominasi oleh band sih ya. FYI, lirik I Swear ditulis oleh Changmin sendiri.

Gorgeous balik lagi ke musik-musik dugem tapi tetep asik buat didengerin juga kalo misalnya pengen bikin heboh orang sekampung. Nah yang terakhir Good Night. Di awal-awal lagu ini emang tipe-tipe Yoo Youngjin banget dengan vocalizing yang mirip kayak di depan Sorry Sorry Answer. Trus ada banyak part teriak-teriak pake cengkok gitu. Yoo Youngjin bangetlah pokoknya ya.

Nah kesimpulannya, lagu-lagu di album ini ada paling nggak 3 tipe: Dangdut Koplo, Band, Ballad. Silahkan dipilih mau suka yang mana.

MV REVIEW TIME! :)

Secara keseluruhan, MV nya nggak jauh berbeda dengan SJ di comeback mereka kemaren. Masih di dalam kotak indomie dan enggan untuk keluar dari sana. Cuma yang menarik dari MV Catch Me ini adalah kostum dan properti dance-nya. Dari kostum itu gue mengambil kesimpulan kalau MV ini sebenarnya berkonsep "MANUSIA JADI-JADIAN YANG DISULAP MENJADI SETENGAH ROBOT". Oke. Let's start kulik-kulik Yunho & Changmin.

#1 Perhatiin di awal MV ada visualisasi entah itu semacem otak otak atau sel-sel darah jaringan organ tubuh. Nah menurut gue disitulah awalnya kenapa kemudian di MV Changmin dan Yunho punya tangan-tangan robot itu. Jadi sebenarnya mereka itu semacem kelinci percobaan dari seseorang yang tidak disebutkan namanya tapi kita sebut saja Anggrek. Organ mereka semua di manipulasi sedemikian rupa akhirnya ya begitu mereka punya tangan besi yang bisa nyala-nyala. Lightstick. Oke. Kalo pernah nonton Spiderman 2, nah ini semacem Dr. Octopus tapi tangannya ada 2. Yang lain encok trus patah pas lagi latihan dance. Dan gue tetep bete sama SM kenapa harus meletakkan iklan di MV seperti biasanya. Kenapa mereka nggak naruh iklannya kayak di baju, lukisan di dinding, atau dimana gitu di MV yang orang-orang nggak akan sadar kalau itu iklan. Bukan malah di layar trus gede banget kayak gini. YouTube dengan iklan aja udah cukup annoying, ditambah lagi MV dengan iklan.
* 
 *
#2 Masuk ke set MV nya. WOAAAA ternyata bukan kardus indomie. Ini sih bunder bukan kotak. Temboknya kayak tembok Bonamana, trus atap studionya keliatan banget itu besi besi lampunya. Gak apa-apa sih jadi ornamen malah justru keliatan lebih oke aja. Tapi ada Baekhyun sendirian di tengah-tengah atap gitu kasian juga nggak ada temennya. Gue suka penempatan speaker-speaker di sekeliling set yang melingkar ini. Jadi nuansa musik dugem-nya lebih berasa gitu.
*
*
#3 Gue sempat kaget waktu liat Yunho di detik 00:21. Bukan kaget karena dia besar sekali disitu, tapi kaget karena mata gue mengira kalo alis Yunho disitu ada 3! HAHAHAHAHA Maaf kan udah dibilang otak lagi pindah ke Limpa. Itu yang di garisin putih gue kira Alisnya naik sebelah gitu. Gue agak serem sama ornamen baju yang ada di dada Yunho itu. Kesannya kayak Bang Haji Rhoma berbulu dada, tapi bulu dadanya blonde. Dan gondrong.
*
 *
#4 Detik 00:26 itu sebenarnya adalah penggambaran dari kelahiran kembali dua orang manusia yang jadi bahan eksperimen si Anggrek ini. Kebayang gak? Gak kebayang? Gampangnya gini aja. Itu yang hancur-hancur di sekitar Yunho anggep aja kayak pecahan kulit telur waktu anak ayam, anak uler, anak bebek, atau anak burung onta baru menetas. Nah. Liat kan mulai detik 00:25 itu juga si Yunho gerak-gerakin tangan kayak penari ular? Disitu ceritanya proses testing, apakah tangan hasil rekayasa genetik itu berhasil atau nggak. Sayangnya sih adegan itu nggak panjang-panjang jadi yang keliatan cuma pas dia gerak-gerakin tangan aja. Sebenarnya kalau misalnya ada durasi lebih dari adegan itu pasti dia menggeliat-geliat kayak penari ular dari ujung kepala sampai ujung kaki.
*
*
#5 Nah, di adegan selanjutnya Changmin muncul. Di adegan telur menetas kan Changmin ada tuh pas di awal-awal pas asep-asep ya kan, nah di adegan yang mereka berdua di belakang dancer di detik 00:36 itu adalah pertama kalinya mereka bertemu trus kayak semacem testing lebih lanjut atau body check. Apakah semua anggota tubuh mereka yang baru itu berguna atau tidak. Nah body check ini dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya:

A.  Cek Kemampuan Menggerakkan Kaki dan Betis dan Pantat dan Paha. Ditandai dengan gerakan dari duduk ke berdiri. Detik 00:29-00:31
*
 *
B. Cek Kemampuan Menggerakkan Lengan dan Jari. 00:32 - 00:34
*
*
C. Cek Kekuatan Lengan dengan saling tinju walaupun pada kenyataannya Yunho & Changmin nggak sampe ninju beneran. Kedua kepalan tangan mereka nggak menyentuh satu sama lain. Detik 00:36
*
*
D. Cek Kemampuan Menggerakkan Kedua Lengan dan Tangan Secara Bersamaan. Adegan ini ada di detik 00:38 - 00:39. Sebenarnya gerakan ini bisa diartikan bermacam-macam tergantung siapa yang melihatnya. Misalnya saya melihatnya sebagai gerakan memutar roda kemudi, kemudian kepribadian saya yang lain melihat gerakan ini seperti sedang memindahkan air dari satu gelas ke gelas lain (dari tangan kiri ke tangan kanan), dan tembok kamar saya melihat gerakan ini sebagai sebuah gerakan kurang kerjaan mereka berdua saja. Tapi saya rasa yang paling masuk akal adalah yang kedua, yaitu memindahkan air dari gelas yang satu ke gelas yang lain karena gerakan ini sinkron dengan gerakan di adegan berikutnya yang akan dijelaskan pada poin E. Minuman disini sebut saja Soju karena orang Korea sangat suka minum soju. Jadi kesimpulannya adegan ini adalah keterampilan menuang soju. Oke.
*
*
E. Adegan selanjutnya adalah gerakan mengecek Kemampuan Pencernaan dengan meminum air atau Soju yang tadi secara iseng mereka oper dari kanan ke kiri dan kiri ke kanan. Perhatikan gambar di bawah ini (00:39 - 00:42):
*
*
F. Gerakan selanjutnya adalah menunjuk ke atas tanda syukur pada Tuhan Yang Maha Esa karena cek tubuh tahap satu sudah berhasil dengan baik dan akan dilanjutnkan dengan cek tubuh tahap dua.
*
*
#6 Cek tubuh tahap dua adalah menggerak-gerakkan badan dari kiri ke kanan untuk memastikan bahwa mereka benar-benar bisa menggerakkan tubuh mereka secara sempurna tidak hanya kaki dan lengan dan jari-jari saja. Cek tubuh tahap dua ini terjadi di detik 00:43-00:50.
*
*
#7 Terakhir adalah proses transfer kekuatan dan roh agar kedua manusia jadi-jadian ini bisa semakin kuat dan lebih kuat dari Rambo atau Hulk atau Choi Siwon.
*
*
#8 Nah karena mereka sudah di transfer roh tadi itulah di detik selanjutnya mereka jadi kerasukan dan akhirnya dance. Tapi permulaan dancenya beneran kayak lagi kerasukan roh jahat ya itu. KERA-sukan. Tapi di bagian gerakan ini sih keliatan mereka robotnya karena gerakan tangan sama kakinya sama gitu.
*
#
#9 Dari jarak terjauh kamera di 00:58 bisa terlihat ada 13 buah loudspeaker di lokasi kerasukan itu. 13 ini angka familiar sih sebenarnya #BATUK #SUJU #BATUKLAGI #SERATUSHARIKEMUDIANMASIHBATUK
*
*
#10 Speaker-speaker yang daunnya besar di set itu bergetar-getar seolah-olah sedang diputar musik. Getarannya sesuai dengan beat lagu sih sebenernya. Gue suka nih sutradaranya memerhatikan hal details kayak gini. Ada kemajuan. #sok

#11 Di lengan kiri Yunho ada lencana berbentuk burung yang membentangkan sayap & Changmin menggunakan lencana  yang ada sayap sayapnya juga tapi bentuknya beda sama punya Yunho. Punya Changmin lebih ada buletan gitu. Nah ini ngomongin apa gue jadi ambigu sendiri. Di adegan dance awal dengan kostum emas-emas dangdut itu loh maksudnya.

#12 Banyak adegan dance yang oke di MV ini. Hmmm... iya sih ini TVXQ ya dance-nya kata orang susah dan rempong gitu. Gue suka adegan dance yang waktu Changmin tengkurep trus tiba-tiba berdiri kaku kayak batang kayu. Tapi yang jadi highlight di MV ini tentu saja adegan dance tangan-tangan robot yang menyala-nyala kayak lampion imlek dengan barongsai itu. Perhatiin ekspresi Yunho sama Changmin pas angkat tangan besi itu kayak besok pagi kiamat kubro.
*
*
#13 Mas-mas yang paling depan kasian banget sih :( Matanya kelilipan air.... :( Harusnya mereka pake kacamata renang.
*
*
#14 Waktu adegan dance yang pake baju putih-putih, perhatiin deh dancernya. Ada kalanya keringet mereka membasahi pakaian yang mereka gunakan, tapi pas kamera berubah angle keringetnya kering, dan ketika kamera kembali ke angle yang tadi keringetnya ada lagi :p Gambar di bawah ini diambil dari adegan yang berurutan. Gak percaya? Cek aja sendiri. Gak mau ngasi tau ah detik berapanya biar pada usaha cek sendiri. HAHAHAHAHA
*

*
#15 Ngomong-ngomong soal dancer, pada sadar gak sih itu dancer yang berkumis adalah salah satu wartawan yang ada di MV Twinkle? :D :D :D Dia juga dancer pas di Keep Your Head Down sih... Jadi kayak dancer universal sepertinya karena beberapa dancer di MV ini juga ada di MV-nya BoA yang Hurricane Venus.
*
*
#16 Lagi. SM kembali menggunakan efek klasik-nya yaitu kamera muter muter bikin pusing itu. Hahahaha setelah SM.ART Exhibition kemaren rupanya itu kamera jadi kepikir buat dipake lagi. Efek yang sama ini juga muncul di MV BoA, Perfection, No Other, dan beberapa MV lain juga.
*
*
#17 Pukulan di adegan terakhir sebelum mereka musnah dari muka bumi itu juga nggak kena kok. Jadi jangan khawatir tangan Yunho & Changmin akan retak tulang dan sebagainya. Dan overall, gue masih lebih suka MV Keep Your Head Down karena ada efek cahaya sama api-nya. Di MV ini main aman banget lah. Minimal banget kesalahan yang terlihat oleh mata gue tapi mungkin mata kalian lebih tajam? Boleh boleh. Sila cari aja terus kesalahan orang. HAHAHAHAHAHAHA (kalo kata pembaca gue yang sensian "NGGAK ADA ORANG YANG SEMPURNA! KALO MAU BIKIN AJA MV SENDIRI!" <-- ciri-ciri orang udah putus harapan)

Nah! Refreshing banget ini review buat gue karena jeda dari The Shadow sama MV ini lumayan lama juga :) Semoga semua pada puas ya sama reviewnya HAHAHA kalau ada salah-salah kata dan salah-salah perbuatan, sesungguhnya itu salah Jongin yang tidak bisa menggunakan pakaian dengan baik dan benar.

Kalo misalnya bingung baca review tanpa nonton, silahkan nonton dulu MV-nya disini jadi bisa sekalian diperhatiin dan siapa tahu justru kalian yang dapet poin review lebih banyak XD
*


Kak Suho pamit undur diri dulu, Wasalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh~ Salam Sejahtera dan kecup mesra buat papa dan mama kamu :3 CHU~~~~~



Share:

33 komentar