TVXQ! "Catch Me" Music Video: Review Saya!

Hello :) Lama nggak review MV ya hahahaha (opening yang sama selalu ketika memulai sebuah postingan--harap dimaklumin aja. Kak Suho otaknya lagi pindah ke limpa) dan bener-bener kangen masa-masa dimana gue seneng banget merhatiin detik per detik perpindahan gambar di MV. Kali ini mau nyoba-nyoba buat review MV TVXQ! nih. Sebenarnya gue sendiri sih agak-agak ragu untuk review TVXQ dikarenakan boygrup SM Entertainment yang satu ini kan udah established banget. Fansnya udah paling banyak di seluruh dunia dan dicatet di Guinness World Record. Nah gue takut aja kalo ada beberapa orang yang baca review ini (kalo ada yang baca) jadi ngatain gue sok tahu gitu. 

To be honest sebenarnya sih gue gak peduli sama kata orang. Apalagi yang menjatuhkan. Em Em~ Tapi karena gue orangnya open--open house, open the door, openkap--jadi kalo ada yang nggak setuju dengan tulisan ini, please, email me formally or informally atau mention di twitter. Jangan gak setuju tapi ngatain gue anjing lah, apa lah. Ya Tuhan... Anjing pinter amat bisa nulis. Beli dimana?

So~ gue putuskan untuk membuat reviewnya aja. Daripada gue setengah-setengah jadi SMTOWN Biased, mending total kan. Nah untuk itu, kali ini gue akan membahas TVXQ! yang baru aja comeback dengan album terbaru mereka yang dikasi judul "Catch Me" atau dalam bahasa Indonesia bisa diterjemahkan menjadi "Tangkap Aku Dong, Please Banget"
*
*

Sebenernya TVXQ bukan boygrup yang rutin gue ikutin perkembangannya. Dibandingkan dengan boygrup atau girlgrup SM yang lain, TVXQ termasuk yang jarang gue jamah. Bukan karena gue nggak suka, bukan, tapi lebih dikarenakan gue nggak pernah terpapar TVXQ separah gue terpapar Suju. Sebenarnya gue udah kenal TVXQ dari lama sih, bahkan sebelum gue tahu itu ada makhluk bernama Super Junior, gue udah tahu TVXQ duluan.

Jadi ceritanya dulu pas SMA, gue lagi suka-sukanya sama mandarin-pop dan big fans of S.H.E sama Fahrenheit. Nah, waktu itu pure banget deh gue masih suci banget nggak kenal sama yang namanya Korea-Korea-an sedangkan beberapa temen di SMA gue udah lebih maju satu langkah daripada gue. Mereka sudah heboh sama yang namanya Korea dan ada salah satu diantara mereka yang ngefans banget sama TVXQ (waktu itu gue kenalnya namanya DBSK sih). Lagu DBSK yang pertama gue denger waktu SMA itu HUG dan lagu itu bagus banget menurut gue. Memberikan kesan mendalam gitu loh. Soalnya easy listening. Waktu itu masih lengkap membernya ada 5 orang. Secara pribadi gue belom tertarik sama mereka waktu itu. Hanya sebatas mendengarkan lagu mereka aja. Nah waktu mereka rilis album Mirotic, gue jadi semakin seneng karena lagu Mirotic itu kan bagus banget. Sampai sekarang, karena emang lagu DBSK formasi 5 orang yang gue denger cuma Mirotic, Hug sama Doushite..., gue paling suka Mirotic. Bahkan disetiap gue berangkat sekolah pas SMA (jalan kaki anyway, soalnya sekolah sama rumah deket banget. Sekitar 1 kilometerlah--ini serius) gue selalu pasang Mirotic di playlist music player di hape (waktu itu Nokia 5200) trus joget-joget sambil jalan.

Mulai dari Mirotic itu gue donlot juga MV-nya trus ya merasa mereka keren gitu. Nah adegan download-download MV ini sih udah mulai terpapar Korea nih, dimulai dengan SHINee kemudian ke semuanya. Sampai akhirnya baru mulai jadi SMTOWN Biased setelah tahun 2010. Nah, waktu TVXQ akhirnya jadi cuma ada Changmin sama Yunho, entah kenapa gue justru baru mulai jadi pengamat mereka walaupun nggak se-detail gue mengamati perkembangan SJ atau EXO. Cuma mulai tau yang mana Changmin yang mana Yunho yang mana Jaejoong yang mana Junsu yang mana Yuchun. Ya gitu deh. Gue suka banget sama Keep Your Head Down sejak pertama kali mendengarkan lagu itu. Pas gue baca liriknya, gue langsung ngerasa kenapa kayaknya nyindir banget ya. Nyindir JYJ maksudnya. Trus ya gue jadi suka aja sama lagu itu dan terkadang merasa lagu itu lagu sedih karena liriknya juga agak-agak sedih sih. Dari album WHY itu kemudian gue suka sama Maximum yang notabenenya adalah Kpop Dangdut banget :3 Gue suka bagaimana Yoo Youngjin membuat sebuah lagu menjadi nggak cuma sangat enak di dengar tapi juga bisa dinikmati. Jujur aja sih gue nggak mendengarkan lagu-lagu di album itu secara keseluruhan, tapi gue cuma dengerin 3 track yang kemudian gue favoritin: Why, Maximum, Before You Go. Yang Before You Go karena MV-nya ada Ara dan konsepnya kayak Athena waktu itu (cinta banget sama Athena soalnya) jadi gue suka dan nonton.

Gue udah pernah tulis di postingan SMTOWN kalo misalnya TVXQ itu, kalaupun lo nggak ngefans sama mereka, tapi lo akan bisa menikmati penampilan mereka di atas panggung. Dan pas liat Yunho & Changmin di SMTOWN JKT kemaren, gue jadi ngerti gimana perasaan fans mereka ketika menyaksikan mereka berlima. Hehehe... Kalo sama grup lain aja gini ya coba sama Suju mana ada... HAHAHAHA Gue nggak pernah menganut keyakinan Only 13 atau apalah itu namanya. Gue menghargai kehadiran Zhoumi dan Henry sebagai member Super Junior apapun yang orang lain bilang. Dan faktanya adalah bahwa Only 13 itu udah nggak bisa lagi kan (untuk saat ini--mereka masih di SM) karena Hangeng udah bukan member SJ lagi. Kecuali mereka udah nggak ada kontrak sama SM dan mereka balik bersatu lagi ya itu lain cerita. Tapi sekarang yang jelas (buat gue) Only 13 hanya omong kosong aja. Malah bahas Suju.... Move on!

Ada 11 Track di album CATCH ME ini dan YOO YOUNG JIN kembali menciptakan lagu andalan mereka! HAHAHA... Menurut gue pribadi ini adalah keputusan yang sangat tepat! To be honest, SPY sama SFS itu nggak nendang. Ya mungkin karena bukan YYJ yang nyiptain sih bisa aja kan. Kemudian manajemen SM untuk TVXQ berpikir, "Udah jangan minta orang luar buat ciptain lagu buat TVXQ takutnya nanti kejadian lagi kayak SFS dan SPY. Kurang nendang kayak kata Ronzzy Kevin itu. Nanti dia bawel di blognya..." Kurang lebih begitu. TVXQ yang sudah senior begini kalo di-handle sama yang udah senior juga pasti jadinya bakalan lebih oke kan daripada harus membeli lagu berbahasa Inggris yang kemudian diberi lirik Korea. Kecuali memang (kayak kata William Laseroms) "Lagu ini dibuat sesuai pesanan SM, jadi dibuat se-KPOP mungkin." bisa aja jadinya justru lebih bagus dari lagu YYJ. Electric Shock misalnya. Tapi ya, gue puas dengan lagu Catch Me ini.

Secara lagu, jelas sekali Yoo Youngjin berusaha untuk memadukan nuansa lagu-lagu khas dugem bercampur dengan K-Pop. Gue sendiri mendengar Catch Me ini seperti sedang mendengarkan lagu-lagu David Guetta. Banyak efek-efek yang ada di lagu ini mirip kayak lagu-lagu DJ oke itu. Yang paling nyata sih, lagu ini mirip sama "DJ Got Us Falling In Love" di beberapa bagian tapi yang paling berasa itu pas lirik "Kajimaaaaaaa haaaaa" di reff itu. Selain itu, musik setelah (setiap kali) Yunho bilang "Catch Me If You Wanna" yang kalo di bahasa Indonesiakan kurang lebih maksudnya jadi "Gue Yunho, dan please tangkep gue sekarang" itu mirip banget sama Gangnam Style-nya PSY. Bisa jadi (BISA JADI LOH YA) memang YYJ merasa bahwa musik Gangnam Style nya PSY yang sudah jadi fenomena YouTube dan fenomena dunia itu adalah sebuah inspirasi baginya dan akhirnya terciptalah musik seperti itu. Bisa jadi juga karena emang tujuannya bikin lagu mirip supaya orang-orang notice trus pada ngomongin trus ya gitu jadi banyak yang paling nggak dengerin Catch Me atau nonton MV-nya hahahahhaa. Oh iya, gue kemaren sempat edit lagunya dan bisa di-download disini untuk cut-to-cut Catch Me-Gangnam Style. Lebih lanjut lagi di menit 02:26 di lagu Catch Me ini, kalo sependengeran gue agak-agak mirip sama irama musik di Face & Action-nya NU'EST. Apa namanya? Dub Step. Ya itu. Musiknya kayak gitu.

GUE SUKA LAGU CATCH ME! Alasan utamanya karena lagu ini annoying di telinga dalam arti yang baik. Alasan kedua karena lagu ini K-Pop Dangdut banget deh pokoknya. Kalo misalnya Bonamana itu nuansa nuansa Bollywood, nah ini dangdut Hollywood. Semacem "We Found Love" nya Rihanna gitu. Musik-musik dugem. Semacem lagu-lagunya KARA. Musik-musik angkot. Ah yang jelas gue suka lagu ini dan tipe-tipe kayak gini.
*
*
Di Album Catch Me ini ada 11 lagu yang disuguhkan dengan bahagia oleh Yunho & Changmin. Masing-masing lagunya punya feel yang beda. Masing-masing lagunya punya style yang beda. Masing-masing lagunya punya nilai jual yang beda. Sama kayak SJ di SFS dan SPY pada akhirnya, lagu-lagu di album ini campur-campur.
  1. Catch Me
  2. 인생은 빛났다 (Viva)
  3. Destiny -- entahlah ya kenapa banyak banget lagu Korea judulnya Destiny.
  4. 비누처럼 (Like a Soap)
  5. I Don't Know
  6. 꿈 (Dream)
  7. How Are You
  8. Getaway
  9. I Swear
  10. Gorgeous
  11. Good Night
Lagu VIVA depannya sih pake efek-efek gitar gitu. Tapi pas lagunya mulai ngakak banget ini mah totally dangdut! Aduh nggak tahan gue pas pertama kali denger lagu ini langsung mengklaim lagu ini sebagai lagu favorit. Nggak cuma ada nuansa dangdut, tapi kalo lo dengerin lagi lagu ini semacem lagu-lagu bulan ramadhan gitu. Kayak lagu-lagu kasidah/nasyid/semacemnya. Kalo di album WHY ada MAXIMUM, nah di album ini ada VIVA. Coba dengarkan lagu ini sambil tutup mata trus bayangin Yunho sama Changmin lagi di panggung 17-an lagi dangdutan. Pasti pundak lo akan ikutan goyang goyang. Tadi barusan ini gue tutup mata tapi yang kebayang bukan panggung 17-an, tapi Yunho sama Changmin lagi di panggung kampanye capres 2014. Di hadapan ribuan orang. Dangdutan. Seru banget. Sampe nangis. Nangis mutiara. Panen.

Destiny lagunya dimulai dengan drum-drum ala band gitu. Semacem intro lagunya Peterpan yang Jauh Mimpiku. Destiny lagunya ballad dan konsepnya band. Sejalan dengan Destiny, Like A Soap juga gitu, konsepnya masih band banget. Suara drum sama gitarnya berasa banget. Tapi kalo tadi Destiny kayak dengerin Peterpan, Like A Soap ini kayak lagi dengerin RAN. Gue nggak ngerti, kenapa judulnya harus Like A Soap (Seperti Sabun)? Harus baca translationnya nih penting banget jadi PR banget. Nah kalo I Don't Know.... I Don't Know juga yah lagunya diawal agak-agak SNSD menurut gue HAHAHAHA centil centilnya cowok gitu (?) (YA ALLAH NGOMONG APA INI GUE) tapi kalo lo pernah denger The Top nya BoA, depan sampe menjelang Reff agak-agak sama gitu nuansanya. Tapi pas Reffnya udah beda banget dan balik ke band-band gitu. Aura SNSDnya cuma di awal doang. Centil di awal. Garang di tengah sampe akhir. Tipe-tipe penggoda.

Dream lebih ada nuansa orkestra dan agak-agak J-Pop. Yagasih. Iya di telinga gue kayak gitu. Lagunya lebih ceria dan hentakkan drumnya kayak lagu-lagu film kartun gitu. How Are You kembali ke ballad medium beat yang di kuping gue awal-awal lagu ini terdengar seperti Memories nya Super Junior versi gitar akustik dengan beat yang dicepetin sedikit. Recommended untuk di dengarkan siang-siang setelah mandi sebelum tidur siang. Getaway kembali ke konsep band dengan drum dan gitar effect. Kali ini lebih ada nuansa rock sedikit sedikit. Nah setelah high beat kembali lagi ke mellow (kenapa labil kamunya... gatau suka suka SMnya aja). I Swear ini lebih mellow dari How Are You. Kalo tadi How Are You bisa di dengerin abis mandi sebelum tidur siang, nah I Swear ini recommended banget buat di dengerin pas malam hujan yang dingin aku sendiri tiada yang menemani sampai kini kusadari dia telah pergi tinggalkan diriku. Walaupun mellow, I Swear tetep ada hentakan drumnya. Nah gue rasa sih emang konsep lagu di album ini didominasi oleh band sih ya. FYI, lirik I Swear ditulis oleh Changmin sendiri.

Gorgeous balik lagi ke musik-musik dugem tapi tetep asik buat didengerin juga kalo misalnya pengen bikin heboh orang sekampung. Nah yang terakhir Good Night. Di awal-awal lagu ini emang tipe-tipe Yoo Youngjin banget dengan vocalizing yang mirip kayak di depan Sorry Sorry Answer. Trus ada banyak part teriak-teriak pake cengkok gitu. Yoo Youngjin bangetlah pokoknya ya.

Nah kesimpulannya, lagu-lagu di album ini ada paling nggak 3 tipe: Dangdut Koplo, Band, Ballad. Silahkan dipilih mau suka yang mana.

MV REVIEW TIME! :)

Secara keseluruhan, MV nya nggak jauh berbeda dengan SJ di comeback mereka kemaren. Masih di dalam kotak indomie dan enggan untuk keluar dari sana. Cuma yang menarik dari MV Catch Me ini adalah kostum dan properti dance-nya. Dari kostum itu gue mengambil kesimpulan kalau MV ini sebenarnya berkonsep "MANUSIA JADI-JADIAN YANG DISULAP MENJADI SETENGAH ROBOT". Oke. Let's start kulik-kulik Yunho & Changmin.

#1 Perhatiin di awal MV ada visualisasi entah itu semacem otak otak atau sel-sel darah jaringan organ tubuh. Nah menurut gue disitulah awalnya kenapa kemudian di MV Changmin dan Yunho punya tangan-tangan robot itu. Jadi sebenarnya mereka itu semacem kelinci percobaan dari seseorang yang tidak disebutkan namanya tapi kita sebut saja Anggrek. Organ mereka semua di manipulasi sedemikian rupa akhirnya ya begitu mereka punya tangan besi yang bisa nyala-nyala. Lightstick. Oke. Kalo pernah nonton Spiderman 2, nah ini semacem Dr. Octopus tapi tangannya ada 2. Yang lain encok trus patah pas lagi latihan dance. Dan gue tetep bete sama SM kenapa harus meletakkan iklan di MV seperti biasanya. Kenapa mereka nggak naruh iklannya kayak di baju, lukisan di dinding, atau dimana gitu di MV yang orang-orang nggak akan sadar kalau itu iklan. Bukan malah di layar trus gede banget kayak gini. YouTube dengan iklan aja udah cukup annoying, ditambah lagi MV dengan iklan.
* 
 *
#2 Masuk ke set MV nya. WOAAAA ternyata bukan kardus indomie. Ini sih bunder bukan kotak. Temboknya kayak tembok Bonamana, trus atap studionya keliatan banget itu besi besi lampunya. Gak apa-apa sih jadi ornamen malah justru keliatan lebih oke aja. Tapi ada Baekhyun sendirian di tengah-tengah atap gitu kasian juga nggak ada temennya. Gue suka penempatan speaker-speaker di sekeliling set yang melingkar ini. Jadi nuansa musik dugem-nya lebih berasa gitu.
*
*
#3 Gue sempat kaget waktu liat Yunho di detik 00:21. Bukan kaget karena dia besar sekali disitu, tapi kaget karena mata gue mengira kalo alis Yunho disitu ada 3! HAHAHAHAHA Maaf kan udah dibilang otak lagi pindah ke Limpa. Itu yang di garisin putih gue kira Alisnya naik sebelah gitu. Gue agak serem sama ornamen baju yang ada di dada Yunho itu. Kesannya kayak Bang Haji Rhoma berbulu dada, tapi bulu dadanya blonde. Dan gondrong.
*
 *
#4 Detik 00:26 itu sebenarnya adalah penggambaran dari kelahiran kembali dua orang manusia yang jadi bahan eksperimen si Anggrek ini. Kebayang gak? Gak kebayang? Gampangnya gini aja. Itu yang hancur-hancur di sekitar Yunho anggep aja kayak pecahan kulit telur waktu anak ayam, anak uler, anak bebek, atau anak burung onta baru menetas. Nah. Liat kan mulai detik 00:25 itu juga si Yunho gerak-gerakin tangan kayak penari ular? Disitu ceritanya proses testing, apakah tangan hasil rekayasa genetik itu berhasil atau nggak. Sayangnya sih adegan itu nggak panjang-panjang jadi yang keliatan cuma pas dia gerak-gerakin tangan aja. Sebenarnya kalau misalnya ada durasi lebih dari adegan itu pasti dia menggeliat-geliat kayak penari ular dari ujung kepala sampai ujung kaki.
*
*
#5 Nah, di adegan selanjutnya Changmin muncul. Di adegan telur menetas kan Changmin ada tuh pas di awal-awal pas asep-asep ya kan, nah di adegan yang mereka berdua di belakang dancer di detik 00:36 itu adalah pertama kalinya mereka bertemu trus kayak semacem testing lebih lanjut atau body check. Apakah semua anggota tubuh mereka yang baru itu berguna atau tidak. Nah body check ini dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya:

A.  Cek Kemampuan Menggerakkan Kaki dan Betis dan Pantat dan Paha. Ditandai dengan gerakan dari duduk ke berdiri. Detik 00:29-00:31
*
 *
B. Cek Kemampuan Menggerakkan Lengan dan Jari. 00:32 - 00:34
*
*
C. Cek Kekuatan Lengan dengan saling tinju walaupun pada kenyataannya Yunho & Changmin nggak sampe ninju beneran. Kedua kepalan tangan mereka nggak menyentuh satu sama lain. Detik 00:36
*
*
D. Cek Kemampuan Menggerakkan Kedua Lengan dan Tangan Secara Bersamaan. Adegan ini ada di detik 00:38 - 00:39. Sebenarnya gerakan ini bisa diartikan bermacam-macam tergantung siapa yang melihatnya. Misalnya saya melihatnya sebagai gerakan memutar roda kemudi, kemudian kepribadian saya yang lain melihat gerakan ini seperti sedang memindahkan air dari satu gelas ke gelas lain (dari tangan kiri ke tangan kanan), dan tembok kamar saya melihat gerakan ini sebagai sebuah gerakan kurang kerjaan mereka berdua saja. Tapi saya rasa yang paling masuk akal adalah yang kedua, yaitu memindahkan air dari gelas yang satu ke gelas yang lain karena gerakan ini sinkron dengan gerakan di adegan berikutnya yang akan dijelaskan pada poin E. Minuman disini sebut saja Soju karena orang Korea sangat suka minum soju. Jadi kesimpulannya adegan ini adalah keterampilan menuang soju. Oke.
*
*
E. Adegan selanjutnya adalah gerakan mengecek Kemampuan Pencernaan dengan meminum air atau Soju yang tadi secara iseng mereka oper dari kanan ke kiri dan kiri ke kanan. Perhatikan gambar di bawah ini (00:39 - 00:42):
*
*
F. Gerakan selanjutnya adalah menunjuk ke atas tanda syukur pada Tuhan Yang Maha Esa karena cek tubuh tahap satu sudah berhasil dengan baik dan akan dilanjutnkan dengan cek tubuh tahap dua.
*
*
#6 Cek tubuh tahap dua adalah menggerak-gerakkan badan dari kiri ke kanan untuk memastikan bahwa mereka benar-benar bisa menggerakkan tubuh mereka secara sempurna tidak hanya kaki dan lengan dan jari-jari saja. Cek tubuh tahap dua ini terjadi di detik 00:43-00:50.
*
*
#7 Terakhir adalah proses transfer kekuatan dan roh agar kedua manusia jadi-jadian ini bisa semakin kuat dan lebih kuat dari Rambo atau Hulk atau Choi Siwon.
*
*
#8 Nah karena mereka sudah di transfer roh tadi itulah di detik selanjutnya mereka jadi kerasukan dan akhirnya dance. Tapi permulaan dancenya beneran kayak lagi kerasukan roh jahat ya itu. KERA-sukan. Tapi di bagian gerakan ini sih keliatan mereka robotnya karena gerakan tangan sama kakinya sama gitu.
*
#
#9 Dari jarak terjauh kamera di 00:58 bisa terlihat ada 13 buah loudspeaker di lokasi kerasukan itu. 13 ini angka familiar sih sebenarnya #BATUK #SUJU #BATUKLAGI #SERATUSHARIKEMUDIANMASIHBATUK
*
*
#10 Speaker-speaker yang daunnya besar di set itu bergetar-getar seolah-olah sedang diputar musik. Getarannya sesuai dengan beat lagu sih sebenernya. Gue suka nih sutradaranya memerhatikan hal details kayak gini. Ada kemajuan. #sok

#11 Di lengan kiri Yunho ada lencana berbentuk burung yang membentangkan sayap & Changmin menggunakan lencana  yang ada sayap sayapnya juga tapi bentuknya beda sama punya Yunho. Punya Changmin lebih ada buletan gitu. Nah ini ngomongin apa gue jadi ambigu sendiri. Di adegan dance awal dengan kostum emas-emas dangdut itu loh maksudnya.

#12 Banyak adegan dance yang oke di MV ini. Hmmm... iya sih ini TVXQ ya dance-nya kata orang susah dan rempong gitu. Gue suka adegan dance yang waktu Changmin tengkurep trus tiba-tiba berdiri kaku kayak batang kayu. Tapi yang jadi highlight di MV ini tentu saja adegan dance tangan-tangan robot yang menyala-nyala kayak lampion imlek dengan barongsai itu. Perhatiin ekspresi Yunho sama Changmin pas angkat tangan besi itu kayak besok pagi kiamat kubro.
*
*
#13 Mas-mas yang paling depan kasian banget sih :( Matanya kelilipan air.... :( Harusnya mereka pake kacamata renang.
*
*
#14 Waktu adegan dance yang pake baju putih-putih, perhatiin deh dancernya. Ada kalanya keringet mereka membasahi pakaian yang mereka gunakan, tapi pas kamera berubah angle keringetnya kering, dan ketika kamera kembali ke angle yang tadi keringetnya ada lagi :p Gambar di bawah ini diambil dari adegan yang berurutan. Gak percaya? Cek aja sendiri. Gak mau ngasi tau ah detik berapanya biar pada usaha cek sendiri. HAHAHAHAHA
*

*
#15 Ngomong-ngomong soal dancer, pada sadar gak sih itu dancer yang berkumis adalah salah satu wartawan yang ada di MV Twinkle? :D :D :D Dia juga dancer pas di Keep Your Head Down sih... Jadi kayak dancer universal sepertinya karena beberapa dancer di MV ini juga ada di MV-nya BoA yang Hurricane Venus.
*
*
#16 Lagi. SM kembali menggunakan efek klasik-nya yaitu kamera muter muter bikin pusing itu. Hahahaha setelah SM.ART Exhibition kemaren rupanya itu kamera jadi kepikir buat dipake lagi. Efek yang sama ini juga muncul di MV BoA, Perfection, No Other, dan beberapa MV lain juga.
*
*
#17 Pukulan di adegan terakhir sebelum mereka musnah dari muka bumi itu juga nggak kena kok. Jadi jangan khawatir tangan Yunho & Changmin akan retak tulang dan sebagainya. Dan overall, gue masih lebih suka MV Keep Your Head Down karena ada efek cahaya sama api-nya. Di MV ini main aman banget lah. Minimal banget kesalahan yang terlihat oleh mata gue tapi mungkin mata kalian lebih tajam? Boleh boleh. Sila cari aja terus kesalahan orang. HAHAHAHAHAHAHA (kalo kata pembaca gue yang sensian "NGGAK ADA ORANG YANG SEMPURNA! KALO MAU BIKIN AJA MV SENDIRI!" <-- ciri-ciri orang udah putus harapan)

Nah! Refreshing banget ini review buat gue karena jeda dari The Shadow sama MV ini lumayan lama juga :) Semoga semua pada puas ya sama reviewnya HAHAHA kalau ada salah-salah kata dan salah-salah perbuatan, sesungguhnya itu salah Jongin yang tidak bisa menggunakan pakaian dengan baik dan benar.

Kalo misalnya bingung baca review tanpa nonton, silahkan nonton dulu MV-nya disini jadi bisa sekalian diperhatiin dan siapa tahu justru kalian yang dapet poin review lebih banyak XD
*


Kak Suho pamit undur diri dulu, Wasalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh~ Salam Sejahtera dan kecup mesra buat papa dan mama kamu :3 CHU~~~~~



Share:

32 komentar

  1. Akhirnya keluar juga n.n

    BalasHapus
  2. well, OM SUHO MAKASI BANGET >.< *cipokin om suho*

    Udah ditunggu dr kemaren2 ini..
    Oke, ikutan koment ya..

    Om, menurut ku salah satu lagu di album ini ada yg mirip2 kyk lagu disko indonesia tahun 80an deh, aku lupa judulnya apa..

    Trus di awal lagunya kyknya musiknya hampir mirip2 kyk gangnam style jg, ane setuju ma lu om..

    @ingar1403

    BalasHapus
  3. wahahahahaha
    akhirnyaaaaa
    udah sih ron. itu aja.
    xD

    BalasHapus
  4. buset dah... ada kiamat kubro digeret2. XD
    gak pernah gak ngakak kalau baca tulisan dik Yusron Ronzykevin Kak Suho, masih ada nama lain gak????
    intinya, tulisan2 kamu itu menggigit, persis baekhyun kalo lagi marah, suka gigit jempol kaki kai yang berotot.

    jujur aja, MV before you go yg paling asik. ky athena, q juga suka drama itu. XD

    dan entah kenapa, SM monoton banget kalo bikin MV. aku pengen SM bikin mv kayak mv2 artisnya YG. modalnya gede. hmm... kayak mv monster-nya big bang, keren tuh. atau mv-nya MBLAQ-this is war. mirip film wanted-nya angelina jolie.
    ya intinya SM monoton lah.

    smoga mv exo yg baru lbh variatif, kan ksian alien2 jauh2 nyasar ke bumi, masa mvnya gitu2 aja, mana baju2nya saling mix and match gitu. kentara bgt niat SM bikin grup 12 org, jd belinya lusinan di tanah abang, biar lbh murah. XD
    (dr dbsk ke tanah abang. maaf ya ron, maklum udh mo kepala 3 *gantungdiridipohontoge*)

    jd pokok permasalahn disini adalah..

    I LIKE YOUR WRITING

    last but not least

    WE ARE ONE!!!
    *jejeritan ama baekhyun dan sekutunya

    wa billahittaufiq wal hidayah
    wassalamu alaikum warohmatullahi wa barokatuh

    *salute

    BalasHapus
  5. ok… 1st of all… mgkn saya termasuk 1 dari ntah brp org yg justru nunggu2 Ron review MV & album Catch Me-TVXQ ini.

    sebagai org yg ngaku fans TVXQ eike ngerasa wajib bc review Kak Suho ttg TVXQ krn…umm…yah…pgn tau aja :P well,krn stlh bc reviewnya sukses bgt dibikin ngakak2 tgh malem smbil gigit guling biar ga ganggu tetangga yg udah tidur XD


    mgkn cm mo nambahin aja… itu koreografernya Tony Testa,yg bikin Sherlocknya SHINee jg. jd klo ada yg ngrasa familiar sama gerakan connecting-hands d sini wajar aja krn koreografernya sama. & klo mnurut crita si empunya koreografi sih,most of it emg konsepnya mirror movements,yaitu Yunho&Changmin adl bayangan cermin satu sama lain… makanya byk gerakan yg sama tp dg arah yg beda,krn mksdnya gtu. tp aq suka ma interpretasimu Ron yg ngecek2 kemampuan tubuh itu,hahaha…

    oya trus yg soal baju dancersnya di 1 scene kyk udah bersimbah keringat trus di scene lain msh bersih itu emg bener bgt!! well as we all know lah,yg namanya syuting MV ga mgkn 1x take kelar.biar kata mrk udah senior jg pasti perlu bbrp kali take kan… wong wkt syuting MV B.U.T (album jepang) aja mrk hrs ngulang take smp 20x…dan yg dipake d MV adalah cuts dr take yg skian byknya itu dcari yg anglenya paling bagus,gerakannya plg bagus,dll.jd akibatnya klo ada perbedaan antar scene jd kliatan.
    nah,kesalahan pd kasus ini obviously adalah pemilihan warna kaosnya yg bs kliatan bgt bgtu keringetan OTL.cb warnanya yg lebih gelap ato justru skalian putih jg mgkn g akan kliatan.

    umm trus apa lg yah? oya yg utk scene awal,yg Yunho di reruntuhan itu mnurut aq drpd asesoris lehernya yg lbh ggu bnrnya justru asesoris d tangannya (skali lg ini personal opinion yah) krn rada geje ini mksdnya apa,kyk sarung tinju ato apa =__=; but well berhubung Yunho ganteng so I'll let it go ;p

    & in my personal opinion jg,mgkn klo dibandingin ma koreografi lagu2 TVXQ yg lain (misal: KYHD) yg ini arahnya lbh k stage act bgt,teatrikal..makanya gerakannya mgkn ga serumit yg lain2,melainkan lbh byk k sinkronisasi gerakannya…

    dan tetep yah si belatung imut kesayangan ga ketinggalan disebut (baca: Baekhyun) kekekeke…

    utk album reviewnya,setuju bgt klo Viva tu emg 'dangdut' bgt LOL bollywood bgt malah hahaha…

    ok spertinya komen saia udah pjg bgt jgn muntah ya Ron bacanya…so finally,thanks for the review,seru bgt! ntar klo ada album repackage trus ada MV baru direview lg ya Ron :D

    ~@yuu3187~

    BalasHapus
  6. rooooon aku salah komen pake akun adekku *tunjuk RANIM yg diatas itu* maklum serumah ini. XD

    oke q cm mo laporan itu aja, biar g salah paham. *entah si ron baca ini ato gak. pokoknya yg komen atas nama ranim itu aku. maaf ya sebelumnya

    kunanti FANFTIC mu.

    :P

    berantem!
    fighting maksude hehe

    BalasHapus
  7. "Udah jangan minta orang luar buat ciptain lagu buat TVXQ takutnya nanti kejadian lagi kayak SFS dan SPY. Kurang nendang kayak kata Ronzzy Kevin itu. Nanti dia bawel di blognya..." Berasa orang sM bakalan baca reviewan lu ya Om ya...haha. Canggih banget mereka bisa ngartiin bahasa Om di sini.

    Gue juga setuju banget Om, lagu ini emang SM banget, dalam arti lagu SM yang gue mau ya kayak gini. :-P Klo SPY sama SFS kan gue mikirnya ya "oke mreka mencoba buat beda dari biasanya jadi marilah kita dengarkan dulu lagu ini baik-baik". Kalo Catch Me ini yang ada di otak gue adalah "LAGU KAYAK GINI NIH YANG GUE MAUUU!!!"

    Ke MV, nih MV sebenernya simpel sih Om, ya standar SM jelas gak bisa dibandingin sama MVnya T-Ara ato YG artist kan ya. Yang bikin MV ini jadi keliatan wah bagi gue sih dancenya yang GILEEEEE!!!! sama lagunya yang keterima kuping gue banget banget. Tapi setelah baca ini..iya juga. Tapi gue tetep gak ngerti deh sama otak lu Om. Itu poin 5 A-F, kok imajinasi lu bisa sampe situ sih???

    Dan mata lu OM, dahsyat banget ya buat mengenali orang. Sampe ngepoin wartawan yang di MV Twinkle. Terus bisa tau kalo mukanya sama kaya dancernya Catch Me. *big applause* Gue sih gak akan ngeliat sampe segitunya, terlena sama si artis sih, haha. Oiya gue lupa. Lu kan "antis" SMtown yak *apahubungannya*

    Yang berkesan bagi gue sih, dance yang di depan itu di mata gue adalah mirrored dance karena pas ngeliat Homin hadap-hadapan itu gue ingetnya malah EXO pas perform MAMA. Ah EXO lagi EXO lagi kan. Galau nunggu mereka comeback sih. Ah, lama.

    Udahlah Om segini aja. Keep reviewing Om! Dan ga usah dihiraukan lah itu antis-antis Om yang bertebaran di mana-mana. Antis itu berkah Om. :-P Semangat skripsweetnya Om Ron, gue doain lu cepet lulus!! :-)

    @niara2112

    BalasHapus
  8. kirain bakal bahas musik awal yang mirip eldorado om :p
    Apa cuma gue aja yang ngrasa sama?

    BalasHapus
  9. Waahhh...sumkah ngakak badai baca neyh Review. Kalo kata oppa ini seakan kelahiran kembali dua orang manusia, buat aq mah kayak semacam orang baru di cuci otak terus kejang2 g jelas. Aq jga g terlalu ngikutin TVXQ krn bias utama masih SHINee sejak jaman baheuullaa...tp ternyata mas-mas jual jamu ini gg mengecewakaan juga. Eomma.q aja seneng bnget lyadh perform TVXQ di SM Town kemaren...mas Changmin cukup memikat hati emak2 rupanya. sampek acara masak di dapur pke neyh lagu sebagai backsong, ibarat drakor getohh..astajimmm deh emak gua neyh !
    Cuman GUA agak sedikit kecewa, dan sebernya ini masalah kecil aja. Gua penginnya tuh MV SM dibuat semacam outdooorrrr getoee...(ato SM gg punya ckup dana buat travelling cari tempat bgus bwt Mv ?#dILMPAR TABUNG GAS MA sOO man)rasa2nya SM selalu aja dalem ruangan. Atau alih2 Si Pakde Soo Man takut artisnya kpanasan, trus item, terus g laku lagi (#Hellooo..._)
    Yaaa...ini mah bisa dibilang ciri khas SM yakk...lagu TVXQ ini juga nuansanya SM banget...
    OVER ALL, LAGU INI SUDAH MENGHIPNOTIS EMAK GUA.
    HEY MAS CHANGMIN,,LOE APAKAN EMAK GUE AMPEK JOGET G JELAS DI DAPUR GARA-GARA NEYH LAGU ?

    BalasHapus
  10. Haha, gara2 dimention di twitter jadi main ke sini, baca review nya TVXQ, *scara fans TVXQ bgt aku* hahah.. oya sebelum komen, *di EXO juga aku suka baekhyun :p*

    Reviewnya ok.. setuju ama cek2 gerakan tubuh n keluar dari telur gitu
    sukses bikin ngakak pagi pagi nih review..
    oya mau nambahin dikit, "I Don't Know" itu aslinya lagu Jepang TOHOSHINKI yang MV nya keluar sebelum pertengahan tahun 2011, n masuk dalam single TOHOSHINKI yang judulnya "Superstar" masuk juga di Album ke-5 Jepangnya 'TONE', jadi sebenarnyaaku lebih familiar ama lyric jepangnya *udah lama ditelinga soalnya*
    makanya kurang gimana gitu waktu dibilang lagu ini ngikutin gaya artisnya sooman yg lain, karna yang buat crew jepang..
    Lagu ini gak pernah di-perform di acara musik jepang, entah kenapa juga gak tau, tapi waktu 5th TOHOSHINKI Japanese tour 'TONE' lagu ini dibawain keren banget dan dipanggung, apa lagi efeknya, mantab ---> kudu nonton ya, cari aja di utub
    mungkin itu juga salah satu alasan kenapa lagu IDK dikorea-in biar diperform di acara2 musik korea hahaha... adeh
    berarti 'Love In The Ice' ama 'IDK' yang uda sukses dikoreain dari lagu jepang

    Ini grup outstanding bgt dah.. dan mereka stabil dari semua segi, MV, Koreo, Even Vocal.. MR REMOVE TVXQ Selalu dapat pujian saking stabilnya..

    yang bgt dipuji untuk perform dengan koreo yg begitu sekang tu : mereka kan nyanyi cuma ber2, gerakannya ribet gitu, harus cepat2 saling ganti vocal, belum lagi karena mereka notabene penyanyi accapela jadi suka nyanyi samaan dengan suara terbagi, harus ngedance gitu pula, IMO mungkin menurut aku disini spesialnya ketabilan mereka teruji, kalo yang lain dengan personil yg banyak walo dance ribet, mungkin punya waktu yg banyak untuk istirahat vocal karena salaing ganti2an ama banyak member, ini mereka cuma berdua, vocal harus jalan terus ber2, koreo ribet, vocal stabil bgt di panggung.. Kebayang gak maksud ku???

    kok bisa?? Jawabannya karena mereka TVXQ!

    *hahaha, datang promo*
    anyway thanks bgt admin uda ngeriview panjang lebar ini album n MV...

    BalasHapus
  11. MV nya main aman.
    reviewnya juga lebih aman drpd suju atau exo.
    Berasa kasih surat ke Nelson Mandela *jauh banget*

    BalasHapus
  12. gua suka postingan nomer 9 whaahahahah

    BalasHapus
  13. kak,,lo punya lirik let out th bis yang demo vers itu ga??aku kepoin fb mu malah nemu angel yang b.ing soalnya,,kalo ada mbok di share..thx

    belatung nangka,,

    BalasHapus
  14. Menurut gw, TVXQ di MV & lagu ini agak kurang greget, lebih manteb Mirotic atau KYHD, Maximum juga masih lebih oke lagunya
    Sumpah di MV ini terkesan biasa padahal di KYHD mereka lebih bikin mangap karena oke banget

    BalasHapus
  15. aku udah berusaha ngerti dari kemaren-kemaren sama sekali gak ngerti maksud MV ini apaan.. tapi semua jadi jelas karena review mu om~ terutama gambar sel-sel yang pertama itu,aku ga bisa ngerti sama sekali apa hubungannya sama MV-nya.tapi keren lah!bisa kepikiran sampe kesitu..
    sampai dancernya pun kelirik,jjang!
    kajimaaa~ haa~

    BalasHapus
  16. setuju sama reviewnya!yang gak kepikiran sama sekali itu hubungan sel-sel di awal sama MV di detik-detik awal*ribet amat*,yang kepikiran emang robot-robot gitu tapi gak kepikiran sampe hasil kelinci percobaan..
    itu juga dancernya,aku gak inget sama sekali sama dancernya..

    BalasHapus
  17. kak suho, review mv yang lain dong, misalnya mv snsd yg all my love is for you sama oh japan yayayaya
    review-in jg dong mv btob yg wow ya.... thanks

    ditunggu review-an mv selanjutnya! 'ㅂ' ㅋㅋㅋ

    @Imasnur

    BalasHapus
  18. Lho Kok Jong In Lagi Yang Disalahin ???

    BalasHapus
  19. itu dancer yang kumisan emang selalu jadi dancernya TVXQ kok , semuanya juga

    kalo buat MV di jepang pun selalu ada mereka semua itu XD

    Mungkin kak suho baru liat waktu jadi salah satu orang di MV twinkle karena gk ngikutin TVXQ XD

    aku masi suka baca ini review XD

    BalasHapus
  20. berhubung gw blm liat mvnya jd gw manggut2 aja deh ^^

    wlopun bnyak yg ngira lo antis suju -kdg gw jg ngiyain- tp ga bsa dpungkiri lo emang "antis sejati"nya suju,buktinya dsetiap reviewan lo sllu mention nma suju..dan heyy tumben ga 'ngejelekin' om2 galau jodoh itu dah tobatkah?kkk sxpun lo BBBB (bias baekhyun belatung banget) tp klo jodoh lo ma siwon mau gmna lgi bwakwak

    -salam SFS-

    BalasHapus
  21. Suka, Suka :D
    Ngakak baca ini

    Salam kenal :)

    BalasHapus
  22. wakakakak analisis body check ala om suho bikin ngakak sampe batuk #BATUKLAGI #SERATUSHARIKEMUDIANMASIHBATUK #ehhh

    BalasHapus
  23. berasa baca paper biologi. haha
    tapi satujuh saya.. berhubung TVXQ adalah grup korea pertama yang saya suka,,jadi saya ga bosen baca paparnya.. #APAAPULAINI #GANYAMBUNG #ABAIKAN
    tapi emang berasa beda dance-nya.. mereka udah jago parah sih.. meskipun agak2 aneh dengan gerakan ular naga, tapi tetep jawara kerennya..
    hohoho
    dinantikan review selanjutnya. haha

    BalasHapus
  24. Rada random sih om yang robot-robot itu, tapi masuk akal juga XD
    Nice post om, oh iya yang dancernya TVXQ itu untungnya udah nyadar duluan pas pertama kali MV Twinkle keluar :D *terus?

    Oh iya om belum sempet review MV-MV baru SNSD tuuh, ayo dong XD

    BalasHapus
  25. Om Suho.. makasih review-annya bikin ngakak... keren deh... :)
    lanjutkan, jangan peduliin apa kata orang... :)

    BalasHapus
  26. Review-annya om Suho selalu keren dan sealu aku nanti.. apalagi review-an about SUJu... Ne, karena aku ELF... :)
    lanjutkan!!!

    BalasHapus
  27. om suho, review MV nya SNSD yg Paparazzi dongs ah

    BalasHapus
  28. Ngakak sumpah baca review-an nyaaa hahahaha
    Thnks kak suho, kak baekhyun, kak d.o, kak sehun, kak chanyeol *loh?* kaya ada yg kurang. Siapa?. Kai? Halah kai doangggg #plakk!! (Bercanda ya kak kai(?))
    Wkwwkkwkwk
    Kerenlah buat kak ron :)

    BalasHapus
  29. :)
    Jongin dimention juga.

    @kaura95

    BalasHapus
  30. nungguin kpan kak suho review tntang TVXQ, akhirnya....
    ya ampun, ngakak gw pas body check, senam jasmani gitu lol

    d tunggu reveiw yg lain kakak suho haha

    BalasHapus
  31. om denger denger Yuri nyumbang suara loh disini... tapi gatau dimananya. Macam suara cewe (siapa itu, sohee kalo gasalah) yang ada di lagu put your hands up nya 2PM yang "oppa...... ok"

    BalasHapus
  32. aduh om knapa d akhir review jadi nyalahin mas jongin sih? sekali" yg lain kek. kasian tau ntar dia sembunyi d dlam bulu keteknya luhan ga brani keluarkeluar lagi ==
    eniwey, riviewnya keren deh om. habis nelen piso ya sampe mata bisa setajam itu? *sotoy* ditunggu review om yg lain ya.. gidariggae *tebarkembang* *masukkepelukankai*

    BalasHapus