SHINee SHERLOCK MV: Review Saya! [PART 2]

Selaamat malam! :) Berhubung tadi sore sudah menyelesaikan PART 1 dari review MV SHINee yang terbaru, Sherlock dan kayaknya kalau misalnya ditunda-tunda lagi akan sangat tidak enak rasanya. Makanya malam ini dikebut saja untuk langsung membuat review PART 2. Sebenarnya nggak ada niat membagi seperti ini karena di review sebelumnya kayak misalnya Mr. Simple, Acha, The Boys, What Is Love ataupun History, semuanya hanya 1 PART doang. Tapi berhubung tadi postingan sebelumnya sudah terlalu panjang dan kalau misalnya fakta-fakta versi gue dari MV Sherlock digabung kesitu rasanya akan sangat membosankan. Jadi gue putusin untuk membagi review Sherlock ini menjadi dua bagian. Bukan berarti pilih kasih sama SHINee seperti SM pilih kasih ke SNSD loh yah... #eaaaaa Tapi karena emang untuk kenyamanan pembaca aja :") 

Oke, beberapa fakta versi gue sudah di beberkan di Teaser MV Sherlock yang gue posting beberapa hari lalu. Tapi ternyata teaser doang emang nggak cukup. Manalagi di MV ada banyak sekali detail cerita yang nggak bisa kebaca kalau cuma nonton teaser doang. Walaupun nggak banyak, ada beberapa kesalahan yang dilakukan oleh editor dan sutradara dalam pembuatan MV ini. Kkk~ nggak terlalu bermasalah sih, soalnya seperti biasa kan kalau MV cut-to-cut adegannya cepet, sekali kedip udah berubah aja. Tapi mayan nih, mata gue bisa menangkap beberapa keanehan-keanehan yang ada di MV ini.... 

Sebelum baca 23 point di bawah ini, gue saranin untuk baca dulu Review Teaser yang kemaren gue buat. dan PART 1 dari review MV ini Karena yang udah ada disitu nggak diulang lagi disini.


#1 Di awal MV, mulai dari detik 00:04, disitu ada Minho yang lagi baca koran sambil berdiri. Ada Jonghyun yang lagi sibuk sendiri trus ada Onew yang lagi ngetik di mesin ketik. Yang aneh adalah bahwa di ruangan itu ada laptop, tapi kenapa Onew harus ngetik di mesin ketik sementara jelas-jelas lebih efisien dan enak pake laptop. Hehehe... Di review teaser juga udah gue tulis sih kejomplangan ini. Tapi gue bisa mengerti sih kenapa Onew lebih milih pake mesin ketik, karena emang di ruangan itu nggak ada printer. Oke.
*

#2 Masih di detik yang sama, 00:04, terlihat Key baru turun dari sebuah ruangan palsu di lantai 2 dan berdiri di atas tangga. Sebenarnya sudah ada satu gambar yang kurang dari sedetik yang nunjukkin Key terus menuruni tangga di 00:10 dan gambar berikutnya Key sudah ada di bawah dan mengambil sebuah buku dari rak buku. Tapi di detik 00:15, Key balik lagi ke atas tangga (ke adegan sebelum dia turun dan ngambil buku dari rak buku). Walaupun keliatannya nggak terlalu bermasalah, tapi agak aneh aja. Buat gue sih.


#3 Coba perhatiin Taemin yang lagi tiduran di sofa. Di detik 00:05, dia nggak tidur sama Biola di atas dadanya. Tapi ketika shot kamera berubah, tiba-tiba dia lagi tidur sama biola di detik 00:09. Posisi kakinya juga berubah. Detik 00:05 kaki kanannya diangkat dan ada di atas kaki kiri, detik 09:00 kaki kirinya yang posisinya agak keatas sedikit.


#4 Ada poster segi-empat disebelah kanan Key waktu turun dari tangga. Poster itu gambar tangga juga. Ada sekitar 7 tangga di poster itu. 1 tangganya panjang tapi berjarak sedikit sebelum nyambung ke tangga berikutnya (yang disebelah kiri).
*

#5 Ada 18 kotak kaca jendela di belakang Onew di detik 00:04. Ada 8 buku di atas meja tempat Onew ngetik. Ada 5 buku diatas meja yang ada laptopnya, 1 diantara 5 buku itu terbuka dan 4 tertutup dan menumpuk. Nggak percaya? Itung aja sendiri. Sekalian itungin banyak buku yang ada di rak buku  dong. Ituloh rak tempat Key ngambil buku, yang ada 42 kotak-kotak raknya. Hahahaha

#6 Awalnya gue mengira kakinya Key memang sangat putih sekali tanpa bulu waktu dia dance dengan celana pendek bintang-bintang itu. Tapi setelah memperhatikan dengan lebih dekat--dan kayaknya memang terlalu bodoh kalo gue percaya kakinya seputih itu--dia pake stocking. Awalnya nggak kentara karena pencahayaannya juga agak-agak bikin silau. Tapi pas di detik 00:22 stocking-nya mengkerut. Jadi nampak deh dia pake. Taemin juga pake sih. Tapi Taemin lebih keliatan di mata gue.
*


#7 Detik 00:42, walaupun dalam versi yang berbeda, tapi Jonghyun dan yang lain melakukan gerakan yang hampir sama seperti gerakan tangan di Lucifer. Masih hampir sama juga dengan tangan si Lucifer alias Baphomet sendiri yaitu mengacungkan telunjuk tangan kanan ke atas dan telunjuk tangan kiri ke bawah.  Bedanya adalah, kalo di Lucifer tangan yang ngacung keatas itu tangan kiri dan yang ngacung kebawah itu tangan kanan. Nah di Sherlock ini sebenarnya lebih pas sama Baphomet-nya. Karena yang ngacung keatasnya tangan kanan dan kebawahnya tangan kiri. Yang nggak tau siapa Baphomet, googling ajah yah.


#9 Setelah nonton Sherlock dan ngebandingin sama Lucifer, gue lebih suka warna videonya Lucifer. Walaupun agak gelap dan high contrast, tapi lebih keliatan futuristik. Emang sih beda konsep karena konsep Sherlock sepertinya emang jadul gitu. Tapi warnanya bikin gue nggak nyaman. Tata lampunya juga terlalu silau. Ada banyak bagian yang terlalu dominan cahaya dan bikin nggak nyaman di mata.

#10 Cap logo hurup "J" yang sudah bisa ketebak maksudnya adalah Jessica :p muncul kurang lebih 8 kali di MV ini. 00:40, 00:47, 00:48, 01:30, 01:55, 03:24, 03:28, 03:30. Pemilihan model MV kali ini lagi-lagi member SNSD. Waktu Replay versi Jepang itu pake Yoona, sekarang pake Jessica. Bisa dibilang sih karena emang SNSD lagi meraih popularitas tertinggi di SM untuk saat ini. Terbukti dari pemasukan yang diperoleh SNSD yang ada di peringkat 1 dari semua artis SM. Jadi mungkin yang diharapkan dari adanya Jessica di MV ini adalah biar menarik perhatian Sone. Hahahaha.... #fanwar #ladenin

#11 Kalau harus membandingkan dengan Lucifer, hmmm... gue lebih suka sama Lucifer. Dari segi musik, dance dan juga teknik pencahayaan dan efek yang digunakan di MV. Dance Lucifer kayak punya ciri khas sendiri gitu loh dengan gaya Baphomet-nya. Kalo dari segi lagu mungkin sekali lagi karena gue terlalu bias ke Yoo Youngjin yang udah terkenal banget lagunya racun. Oh iya, sekedar info aja kalo Koreografi Sherlock ini dibuat sama Tony Testa yang juga jadi co-koreografer untuk film This Is It-nya Michael Jackson. Beberapa film dimana Tony Testa juga berkontribusi adalah Move dan juga Dream Girls.

#12 Di detik 00:54-00:56, Onew dan Minho sedang melihat foto bergambar sama. Entah apakah memang di dalam amplop itu ada dua foto bergambar sama atau ini kesalahan juga gak tahu. Hehehe DAN MASIH TETEP BETE KENAPA HARUS ADA IKLAN EVERYSING DISITU! -___- 


#13 Walaupun sama-sama hasil sambungan rambut orang (semoga Taemin tidak dihantui oleh orang itu kalo orang itu sudah mati), tapi rambut Taemin yang di Lucifer terlihat lebih bagus daripada Sherlock. Meskipun di gambar ini kayaknya yang di Lucifer lebih berantakan, tapi berantakannya rapi. Kalo yang di gambar sebelahnya, keliatan banget ada yang panjang ada yang pendek. Kkk~


#14 Waktu SHINee baru masuk ke museum, batu hitam yang ada di leher patung cewek yang di depan masih ada. Tapi waktu shot kamera berubah, jadi nggak ada.


#15 Tidak termasuk gambar di foto atau di koran, kemunculan Jessica di MV ini hanya sekitar 15 detik saja. Kemunculan paling lama adalah 3 detik di 02:30 - 02:33. Selain itu hanya sedetik dan dua detik.

#16 Ada adegan dance yang karena kamera tidak berpindah dan curiganya gue syuting dilakukan dua kali dan dua adegan yang berbeda dipaksakan untuk diedit bersambung, terlihat jadi patah banget alias jumping. Gue sih ngeliatnya gitu. Coba deh perhatiin dan ulang terus di detik 01:34 menuju ke 01:35. Agak mengganggu sih.

#17 Keanehan lain di MV ini adalah bahwa lokasi tempat para detektif ini mencari clue hanya di satu tempat saja dan nggak di tempat lain: Lobby Museum. Hahahahhh... Buang-buang SDM banget. Kkkk~ Coba aja perhatiin waktu SHINee menemukan masing-masing clue dari Jessica. Tempatnya disitu lagi disitu lagi. Aneh aja kalau misalnya ketika Jessica muncul di depan Taemin, tapi Jonghyun dan yang lain nggak liat. Padahal tempatnya sama. 

#18 Foto yang diliat Minho di-ending MV itu sepertinya adalah foto yang dijepret dia waktu di museum. 


#19 Siapa yang bisa nemuin patung mbak-mbak lagi buang-buang aer? LOL cek 01:40.

#20 Perlu gue kasi tau nggak kalo jumlah atap kaca kotak-kotak yang ada di menit 02:25 itu jumlahnya 60 buah? Nggak perlu deh ya kayaknya... *trus kenapa di tulis?* *terserah*


#21 Entah kenapa gue lebih suka sama gaya nge-rap nya KEY daripada MINHO. Lebih ear-catching gimana gitu. Part rap dan dance favorit gue adalah 03:05. Adegan dance lwaktu Key oncat-loncat sambil ngeringin kutek hitemnya itu :D 

#22 Alih-alih memperlihatkan logo apple di laptop, SM menutupnya dengan stiker yang bertuliskan iWatson.

#23 Patung yang sebenarnya adalah replika dari Jessica di MV ini (yang ada di koran di akhir MV), sama sekali nggak mirip sama Jessica. Hahah Tapi tulisan The World's Most Beautiful Girl ini boleh lah ya... Yihaaa~~~


Mungkin cukup 23 dari gue. Kalau ada yang mau nambahin, boleh komen di bawah loh! :D Ini bahkan lebih banyak dari yang gue pikirkan tadi sore. Hahaha walaupun beberapa ada yang agak-agak nggak penting juga sih, tapi nggak apalah. Daripada nggak ditulis sama sekali kan :)

Oh yes, maybe akan ada lanjutan dari MV ini? Karena gue rasa endingnya masih agak misterius. Entahlah~


@ronzzykevin

Related Post:  | SHERLOCK Teaser Review | SHERLOCK MV Review PART 1 |

one click! Tumblr | Facebook Fanpage | Kompasiana

Share:

23 komentar

  1. eh,
    manaaa ada patung mbak-mbak lagi buang-buang aer di 01:40??
    *uda replay bolak-balik*
    -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yakin gak ada? Perhatiin maksud buang buang aer itu deh... kkkk~

      Delete
    2. gue setuju, itu mac bener2 ganggu dah, jadi bingung ini setingan taun berapa, kamera jadul, ada mesin ketik, dan dengan jayusnya mac itu ditempeli setiker iwatson.

      setuju lagi kalo SHINee buang2 SDM, nyari museum sempit gitu berlima, udh kayak lokakarya aja wkwkwk, tapi kalo setingannya selain dalam museum pasti lebih mahal. halo SM?

      kepincut liat Sica disini, maksudnya dia itu The Most Beautiful Girl pas taun 1910, itu gue nanggepinnya dia mati taun segitu, jadi hantunya masih muda pas dia mati bro..

      Delete
    3. ad kuq,..... mksud d detik 01:41 agak mju dkit,...^^
      check ulang yaaahh,.. patungx buang aer kendi warna coklat,..
      kwkwkwkw bener kan kak,...^^???

      Delete
  2. setuju deh ma kak ronz, dilihat dari segi mana pun lebih bagusan MV Lucifer..trus soal rambutnya taemin harusnya gag usah pake sambungan ( well, hanya berpendapat)..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju!
      gantengan taemin yang rmbut pndek,
      klo d mv, pas dy prgi sma anjingnya truss

      Delete
  3. gue udah komen ga ditampilin, padahal jelas-jelas apa yang gue 'liat' sama yang lo 'liat' beda. gue kan hafal cara lo nge review makanya gue komentar pendapat doang ga pake detik-detikan, ngitung-ngitung dll. gue maless sih kalo kaya begitu, jadi yang jelas keliatan di mata aja, hahaha.
    gue terganggu banget sama pencahayaannya. walaupun klasik, tp ga biasa aja pencahayaan begitu, gue pikir pas awal player gue bermasalah.
    gue juga bermasalah (BANGET) sama rambutnya emak Key dan anaknya. oke sih gue tau Key ga pernah afdol kalo ga sensasional, tapi poninya itu lho! lucu kali ya (buat gue) kalo lagi turun tangga jatoh gelinding gara-gara ketutupan poni. kalo anaknya? gue tetep berpendapat SM contek gaya androgini nya REN tapi sayangnya ERROR!! kalo dance nya biasa aja sih gpp, ini dance heboh begitu, apalagi pas mereka tampil di acara musik, geregetan liat si Taem rambutnya berkibar (?) mulu.
    terganggu juga tuh liat Minho ngos-ngosan pas dance mendekati dia rap di terakhir. wajar sih, tapi Jonghyun yang paling depan aja biasa aja. dan katanya rajin nge-gym mas? kok gampang cape?
    "Foto yang diliat Minho di-ending MV itu sepertinya adalah foto yang dijepret dia waktu di museum", gue juga awalnya mikir gitu, tapi kok beda ya hasilnya? kan gue bilang, ada gitu hantu ngeksis banget di foto jadi nge freeze, pas selesai baru ilang. pas Jess difoto, full ngadep depan kok, tapi foto yang diambil Minho di akhir, jadi nyamping gitu. Trus kalo dari jarak, kayanya kalo Minho foto dari jarak segitu, bisa keliatan sampe pinggang deh, tapi hasil fotonya cuma sampe dada (kayanya kamera begitu belum ada tombol zoom nya kan ya?). lagian si Minho mau nyetak foto dimana? orang ga ada printer =="
    trus bajunya juga jomplang. ANGGAP lah SM merencanakan bikin latar klasik, oke mereka masuk ke museum pake vest gitu, bajunya lumayan mendukung, tapi pas nge dance, eh buset!!! klasik macam apa yang bajunya ada rumbai-rumbai pink seheboh Key dan jaket jeans yang dipake Jjong?
    gue suka dance pas Minho nge rap trus lompat diatas Key! kalo lagi apes, bahaya itu! lumayan lah lucu kalo di panggung.
    ada yang aneh ga sih sama foto manik-manik tanah abang yang dipegang Onew sama Minho? kok mereka ngeliatnya terbalik ya? fotonya ngadep kamera, bukan ngadep mereka. apa fotonya side by side? #bisa begitu.
    trus gue baru tau manusia-manusia angkatan 1910 bisa cantik dan elegan banget gaunnya! bukannya masa-masa begitu pas lagi booming baju-baju kurungan ayam yaa yang negbelendung (?) gitu bawahnya.
    "Tapi kalo misalnya Jessica umurnya udah lebih dari 100 tahun, mungkin plastik-plastiknya udah harus diganti, Jess" => manciiing, hahaha. Jess nya udah mati om!

    ReplyDelete
  4. Rapnya Key emng bagus disini, jingkraknya bikin pengen jingkrak2 jga... hahaha

    Rapnya Minho better dibanding yg sudah sudah..

    kalo dibandingin Lucifer sich emang lbh menggebrak Lucifer..

    tapi sebagai shawol tetep saya suka SHERLOCK apalagi pas give it up for SHINee nya kekekekee...

    btw, masih g ngerti deh sama konsep Taemin, kenapa hrus rambut panjang sich?!!?

    @gagokimmi

    ReplyDelete
  5. #24, terdengar 10x suara pecahan kaca dari awal hingga akhir mv.
    #1, yang detik 15 itu single-shotnya mereka masing2. bukan key nya balik lagi.
    #20, ada 60 kaca di atap, bukan 52.. dikorupsi 8 nih.. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. #1 Saya kan melihat kontinuitas. Jadi kalo udah di bawah harusnya tetep di bawah jangan lagi menampilkan shot di atas. Itu aja sih.

      #20 Yang saya lihat hanya 52 :p versi saya 52 aja deh.

      Delete
  6. om om, aku balik lagi lho :3

    lagu ini tuh mungkin tipe grower ya, yang harus didenger berulang ulang baru bisa suka, beda sama Lucifer yang sekali denger langsung suka, tapi emang cepet bosen juga -.-

    oh ya om, kog tumben gag nyinggung segitiga segitiga ? kan ada noh jelas beudh :3 udah move on yaa (??) :3 hahaha.

    kalo aku liat, si Key ini adalah Male Version of Sadako, setelah Leeteuk (liat di cover Mr. Simple), Ryeowook (liat di MV No Others), Eunhyuk (Liat di cover Mr. Simple juga). Semua poninya nutupin mata.
    Aku sendiri bingung, segitu kuatnya kah pengaruh Sadako di dunia ? -.-

    terus terus, perhatiin kalungnya si Key di 01:11, ampun, aku sendiri merinding, kirain iya ular -.-
    pas liat celana Key, langsung mikir : "bendera Amerika ?" huahaha. LOL :3

    bagian patung "buang air" itu aku langsung otomatis mikir kalo patungnya lagi jongkok. Seriously, ambigu banget kata katanya -.-

    masalah rambut Taemin sih, aku gag gitu komplain, soalnya emang lagi ngetren rambut panjang pendek begitu. Rebondingannya malah yang aku kagum, bisa sehalu ituh. :D

    aku kemaren sempet bikin analisa, kenapa Jessica yang dipake di MV ini, bukan artis dari agensi lain, atau artis lain meski dari agensi yang sama :p
    gini :
    kenapa gag pake artis lain dari agensi lain ?
    ama Jessica kan fee nya bisa lebih murah, kan keluarga, lagian itung" dia bantuin SHINee soalnya si Minho pernah bantuin SNSD pas di Gee. #tsaahh

    kenapa harus Jess, padahal kan artis SM banyak ?
    1. kalo pake BoA, jomplangnya kebangetan, BoA udah senior banget sih, 12 taun berkarir, kalo SNSD ama SHINee kan ya terpaut gag jauh lah debutnya.
    2. kalo pake Sooyoung apa Hyoyeon apa Sunny, yang ada bukan misterius, tapi lawak, secara tiga orang itu semacam orang gila -,-
    3. kalo pake Amber, ntar dikira anggota SHINee ke 6. -,-
    4. Yoona udah pernah muncul di MV SHINee lainnya.
    5. kalo pake salah satu member SuJu apa TVXQ, gag lucu ah, masa' iya oppadeul suruh pake kalung yang cantik begitu. :D
    6. kalo pake Taeyeon apa Sunny, entar dikira tuyul, bukan hantu (eh ya tuyul kan ya hantu, tapi intinya, tuyul kan pendek). huahaha. duo danshin <3
    7. dari sekian banyak artis SM, cuma Jessica doank yang punya tatapan kayak gitu <3.
    sekian analisa dari saya. Lanjuut.

    dancenya di sini ada lebih unik, buat ombak lah, sundul"an kepala lah. Cek 0:28 sama 02:56.
    aku suka dancenya yang "buka ketekmu" keren. :D

    mereka tambah ganteng yah, apalagi Jonghyun :3

    kata kata yang aku suka : "give it up for SHINee", cool banget :3

    overall, SHINee menawarkan sesuatu yang baru, dan aku bilang gag gagal kog :D tetep keren as always.
    Ditunggu review selanjutnya bang :D
    Kalo bisa sih ya Time Machine nya mbak GG donk :3 *request*

    Regards,
    -@cleverbyotch

    ReplyDelete
  7. tim detektif itu harus beli printer deh supaya mesin tik bisa dijual, lumayan

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya: tim detektif itu harus jual mesin tik deh, biar bisa beli printer.

      gitu.

      Delete
  8. Helo kak! Ayem bek! :D (sapa juga yang nyariin)

    Setuju banget sama iklan everysing yang mengganggu.Aku ngiranya bisa di close, eh ternyata enggak -____-a

    Oiya, itu ada segitiganya lho. Di jendela samping atas. (ragu) tapi ya terserah kakak aja sih, mau ditampilin sisi segitiganya atau enggak, tapi yang penting ini reviewnya bagus. Hohoho.
    Dan kayaknya sistem pencahayaannya SM kok jelek, ya. The Boys, Mr Simple, Sherlock... kok kurang. Perasaan MV-MV mereka yang dulu pencahayaannya bagus, tapi kok bureng. Ini yang salah sebenarnya laptop saya atau emang dari sananya, ya?

    Oke, ditungu review Mv yang lainnya. Semangat jalani hari-hari! :D

    ReplyDelete
  9. ho ho ho,...sy balik kak,......
    btw and btw,.....
    iklan everysing it ad d mna2,.......
    versi GomTV versi 1080p, Melon 1080p, and versi youtube 780p,....
    asli gregetann,..ak udh download smua versi pie ttp ajh ad tuh iklan,....
    bete bner,... low iklanx suju and snsd sh mah bs d toleransi,...kwkwkw *low d gnti iklan suju and snsd bkln jd SMTOWN tuh* kwkwkwk,..^^ gilee,..^^

    ReplyDelete
  10. setuju banget Taemin oppa rmbutnya gag bgus,,
    mending liat di live performnya dech,,
    eh tapi gag juga sich
    d sherlock thu yang plng kece menurut aku tuh ya minho,
    liat dech onew oppa rambutnya belah tengah gthu pas ngedance, gag asyik banget kan???
    truz topi si taemin itu, kyk orang mau sulap ajah
    but,, tetep CINTA SHINee dech...
    oyah, model yang pling cocok itu kyk.a aku dech *mimpi+ngarep* :")

    ReplyDelete
  11. cermat kali XD
    mau nambahin 1. pas key lg ngotak-ngatik laptop n muncul gmbr koran ntu (04:13), key'a kaget di saat brsamaan dgn baru muncul gmbr koran. pdhl biasa'a muncul dlu bru bbrp saat kmudian kaget. jd dia kyk udh tau isi beritanya sblm baca isinya haha

    ReplyDelete
  12. yayayya.. mv nya bagus lah :D

    ReplyDelete
  13. yg paling ga banget itu bajunya Taemin -_- udah kek pemanggil ujan-ujan gitu apalah namanya -_- poin yg ke 13 itu kak ronz pasti nonton filn hantu rambut indah ya? kekekke

    ReplyDelete
  14. kak ronz,menurut akk di point yg ke 13 itu kyanya taemin di sherlock lg mau bikin ngetrend model rambut yg emg ga ngetrend di masyarakat/emg taemin lg di model segi oval.. hehehe..

    ReplyDelete
  15. loh #8 kok ngilang kak ron.

    ReplyDelete
  16. ini udah lamaaaa bgt, tp gpp, deh q g komen reviewnya, mmpung nyadar nih, di gambar baphomet mejeng itu, ada gambar bulan sabit di atas tangan kanannya, en bulan sabit di bawah tangan kirinya, TWO MOONS?????

    sekian

    ReplyDelete
  17. Sekedar komen deh, saya baca di beberapa forum internasional kalo comeback shinee waktu sherlock ngga maksimal, soalnya sm juga debutin exo kan ? jadi ya gitu gitu aja,

    ReplyDelete