30 Menit Bersama drg. Chandra [PART 2]


Selamat datang bulan Maret! Masih ada dua bulan (terhitung hari postingan ini dibuat) lagi sampai Super Show 4 Indonesia (dengan percaya diri dan tetap percaya promotor) di bulan April nanti! Siapa yang sudah mulai nabung? Hehehe... gue sih nabung sebenarnya buat beli Kamera DSLR sama Samsung Galaxy S II tapi karena Super Show yah tabungannya di relokasi ke niat yang lain. Semoga aja jadi ya ELFs! #penuhharap

Anyway, dua minggu lalu gue pernah nulis soal pengalaman gue yang ternyata punya gigi kronis :) Nah sekarang gue mau lanjutin cerita gue itu... Buat yang belom baca, sebelum baca postingan ini mungkin perlu baca dulu yang minggu lalu.

Jadi, setelah hari Jumat itu gue diminta buat datang lagi minggu depan oleh drg. Chandra, dokter OKE yang bertugas di Pusat Kesehatan Mahasiswa Universitas Indonesia Depok, dan melakukan perawatan lanjutan. Entah apakah selain gigi gue yang kronis, mungkin telinga gue juga kronis kali ya? Soalnya waktu hari Jumat itu sepertinya beliau menyebutkan nama hari di mana gue bisa datang untuk perawatan lagi tapi entah apa yang membuat gue ter-distract akhirnya gue nggak perhatiin sama sekali. Miskomunikasi-lah...

Berangkat dari keyakinan bahwa semakin sering kembali ke PKM dan ketemu drg. Chandra maka semakin cepat proses perawatan dan juga penyembuhan gigi gue, jadi sebisa mungkin setelah hari Jumat gue mencoba datang ke PKM lagi. Awalnya gue pengen dateng hari Senin tapi ternyata nggak jadi karena kalau nggak salah inget ada acara mengerjakan tugas gitu, akhirnya gue dateng hari Selasa.

Hari Selasa itu kalau dihitung-hitung adalah kali ketiga gue dateng ke ruang praktik drg. Chandra. Dan entah kenapa gue masih belum terbiasa juga. Kaki gue tetep dingin, tangan gue ikutan dingin, rasanya kok pengen pipis gitu. Dan ketika nama gue dipanggil gue setengah mengantuk, dan pas masuk muka gue kayaknya udah kucel banget. Dokter Chandra agak-agak geli ngeliat gue hari itu, bukan karena muka gue yang sedang kacau karena mengantuk ternyata, tapi karena berpikir, "Kenapa sekarang kamu jadi rajin dateng kesini?"

Gue bengong sebentar waktu dia nanya keluhan gue apa.
"Nggak ada apa-apa sih dok," Jelas. Karena minggu lalu beliau bilang gue harus dateng minggu depan, dan kebetulan hari Selasa ini gue sempat ya gue dateng. Pikir gue.

"Memangnya minggu lalu saya bilang apa ya?" drg. Chandra tersenyum. Kalau kakak cewek gue lihat mungkin bisa naksir kali. Hahaha

"Minggu lalu sih dokter bilang saya harus dateng lagi minggu depan... Jadi karena saya bisanya hari Selasa ini ya saya dateng sekarang,"

"Oh gitu... Jadi saya bilangnya minggu depan ya? Nggak spesifik harinya apa?"

Gue geleng-geleng kepala. drg. Chandra kayaknya nahan ketawa deh.

"Yaudah sekarang mau gimana?"

"Ya gimana ya?"

"Baringan dulu deh, saya coba cek, sudah terlanjur dateng juga..."

Yah... Sudahlah, daripada gue gabut kesitu cuma setor muka dan memastikan kalau dia masih praktik disitu, jadi gue ikut saja perintahnya untuk berbaring di kursi panas warna biru itu. Abis itu gigi gue di cek dan dia menanyakan apakah gue mau ditambahkan tambalan gigi lagi karena yang kemarin sudah hampir habis ketelen.

"Terserah gimana baiknya aja deh,"

Walaupun akhirnya nggak jadi ditambal dan gue keluar dengan kondisi yang tidak membaik di gigi, tapi memburuk di otak dan perasaan.

Malu banget. Hahahaha... Kesannya kok ya gue agresif banget pengen cepet sembuh. Nyolot banget jadi rajin ke dokter gigi. Padahal, siapa yang sebulan yang lalu bersumpah nggak akan ke dokter gigi seumur hidup? -3- Gue.

Dokter Chandra minta gue buat balik lagi hari Kamis. Masih dua hari dari sekarang dan semoga saja di hari Kamis perawatan si gigi Kronis ini bisa naik satu step.

Perjalanan menuju hari Kamis ini entah kenapa rasanya kok agak aneh... Gue kadang-kadang suka random nyium bau ruang praktek dokter gigi di manapun gue berada -__- Kenapa gue jadi hapal gini sama bau obat-obat dan peralatan gigi itu... Semoga aja sih pertanda baik.

Di hari Rabu-nya tiba-tiba gigi gue sakit banget... Entah karena apa gue nggak tahu. Tapi sakitnya sampe bikin pusing :(

Dan Kamis-pun datang... di sela-sela kebetean gue sama kelompok-kelompok gak jelas di kampus, gue menyempatkan diri untuk menyetor muka lagi ke dokter Chandra. Hari itu ujan deres banget. Bahkan payung seksi warna ungu gue nggak bisa melindungi gue dari air. Untungnya nggak basah-basah banget...

Hari Kamis itu lumayan lama gue berbaring di kursi panas warna biru itu. Lumayan lama juga gue harus membuka mulut dan menahan rahang gue yang rasanya pegel banget. Tapi sebenarnya bukan masalah menahan mulut terbuka dan menahan rahang yang bermasalah. Yang lebih menjadi masalah adalah menahan rasa eneg karena buntelan kapas yang ada di bawah lidah gue itu. Bener-bener nggak bisa deh nahen pengen huwek huwek gitu... Tapi hari itu gue mencoba mensugesti diri gue sambil menyanyikan Goodbye Baby-nya Miss A dalem hati dan menatap lurus ke arah lampu sorot. Dan lumayan berhasil bikin nggak eneg ternyata. Suzy emang yah...

Proses perawatan hari itu lumayan gue perhatiin banget-banget. Kayak misalnya berapa kali drg. Chandra masukin sesuatu seperti kawat panjang ke gigi gue (terasa seperti itu loh yah kenyataan atau bukan entahlah), terasa juga kayak dia sedang muter-muterin itu kawat di gigi gue yang berlubang itu (semacem gerakan muter obeng di atas baut) dan waktu kawatnya ditarik gue beneran melihat bentuknya. Kawat beneran :O Horor...

Hari itu juga di bor lagi buat membersihkan bekas tambalan lama. Masih nggak sakit juga sih.... Cuma ada yang lumayan bikin malu hari itu...

Gue termasuk orang yang produksi saliva atau bahasa gampangnya liur sangat kaya sekali. Bahkan dalam kondisi mulut tertutup pun gue bisa berkali-kali menelan ludah dan merasa ludah di dalam mulut gue membanjir. Mungkin ini agak menjijikkan, tapi coba deh bayangin kalau misalnya jadi drg. Chandra, kayaknya ini lebih menjijikkan lagi. Secara dia yang langsung berhadapan dengan si liur-liur membanjir di rongga mulut gue.

Jadi waktu itu gue dalam posisi mulut terbuka dan memang si gigi sedang diperkosa alat-alat itu (gue rasa) kondisinya nggak boleh basah dan harus selalu kering. Tangan pak dokter sedang sibuk dengan alat-alatnya sementara gue sibuk nyanyi Goodbye Baby dalem hati. Tiba-tiba, pak dokternya ngomong sama perawatnya.

"Tolong suction-nya dong..."

Entah kenapa dalam otak gue dokter Chandra tadi bilang SUCKER -__- Mbak-mbak perawat akhirnya nyodok-nyodok bagian dalem mulut gue dengan si alat penghisap itu.

Nggak lebih dari dua menit tiba-tiba dokter Chandra nyeletuk.

"Waaah... ini produksi saliva-nya cepet juga ya, Ron?"

Gue mau senyum susah, orang posisinya lagi nganga gitu. Akhirnya gue hanya bicara melalui mata saja. *halah* Dan mbak-mbak perawat langsung sigap dengan alat penghisapnya lagi.

"Disebelah situ juga tuh..." Dokter Chandra nunjukkin bagian mulut gue yang banyak liurnya.

"Disebelah mana sih dok?"

"Itu disebelah situ tuh..."

Etdah mereka malah ngerumpi gara-gara liur gue yang membanjir. Saking betenya karena kebanyakan, dokter Chandra sampe megang sendiri alat sedotnya. Hahahahaha... Berasa anjing rabies aja gue yak, ileran begitu... Akhirnya proses penyedotan dilakukan terus sampai akhir pemerkosaan si gigi dan sampai gue merasa mulut gue benar-benar kering.

Sayang sekali hari itu gue nggak bisa melanjutkan ke step berikutnya karena masih sakit pas hari Rabu-nya. Dokter Chandra bilang kalau harus ditunggu biar nggak sakit lagi, supaya prosesnya jadi lebih baik. Akhirnya gue hanya dikasi tambalan sementara lagi dan harus kembali lagi di hari Rabu.

Walaupun sebenarnya gue nggak pernah berniat untuk menyukai menjadi sakit atau mempunyai penyakit, tapi perawatan gigi ini berusaha gue nikmatin aja. Karena gue nggak punya pilihan... Kalau misalnya gue nggak punya gigi kan lebih parah. Jadi mending bersakit-sakit di Bor dahulu, bersenang-senang pake mahkota kemudian nanti...

But yeah, nggak bisa dipungkiri juga kalau misalnya perawatan gigi ini membuat gue menjadi sangat familiar dengan ruangan praktek dokter gigi dan semakin kesini semakin bisa lebih dewasa menghadapi rasa takut dan deg-degannya. Kata Dokter Chandra, kunjungan gue yang hari Kamis kemaren gue lebih santai dan udah nggak setegang waktu hari pertama. Ada perkembangan lah ya... Alhamdulilah... Ternyata selain gigi yang dirawat, gue terapi mental juga... Sekali lempar granat, sedunia mati.

Gue harap minggu ini gigi gue nggak sakit-sakit lagi jadi minggu depan, hari Rabu-nya gue bisa melanjutkan perawatan ke step berikutnya...

Gue juga belom sempat minta foto sama dokter Chandra-nya :O Entah kenapa kok rasanya malu. Hahaha... Padahal biasanya gue nggak tahu malu. Ntar deh kalo misalnya udah deket-deket akhir perawatan gue minta. Sekalian biar kalian tahu dokter-nya yang mana, jadi pas ntar sakit gigi bisa milih dokter yang ini. Soalnya emang daebak parah sih.

Minggu ini banyak kejadian buruk di kampus. Bersamaan dengan banyaknya mimpi-mimpi buruk juga. Sedang ada perpecahan parah diantara kami. Hahahaha... Ritme hidup. Semoga saja bisa lebih baik...

Happy Weekend! Salam dari si Gigi Kronis dan Dokter Chandra!


@ronzzykevin

Episode Lalu:  

| drg. Chandra PART 1 |

Episode Selanjutnya:  

| drg. Chandra PART 2 | drg. Chandra PART 3 | drg. Chandra PART 4 | drg. Chandra PART 5 |

Share:

0 komentar