dara(h): A Short Movie for GOOD DAY Schoolicious Movie Competition 2011



IT'S DONE!



Akhirnya ini semester bisa juga produktif seperti semester sebelum-sebelumnya. Rasanya agak kurang aja gitu kalau misalnya balik ke kampus tapi nggak bikin proyek iseng tapi produktif kayak gini. Well oke, nggak usah panjang kali lebar kali tinggi lagi, this is it our new SHORT MOVIE: dara(h)

Sebelumnya sih udah pernah bikin film pendek juga dan gue selalu mendapat bagian menjadi editor kalau nggak penulis skenario. Di film ini nggak jauh-jauh dari editor juga sih, tapi kali ini gue mencoba untuk menjadi Sutradara. Songong banget ya rasanya? Hahaha... Tapi gue menikmati menjadi sutradara ternyata karena pada dasarnya gue sangat suka mengatur hidup orang dan selalu berkhayal untuk bisa bikin sebuah film panjang. Tapi kalau kata orang-orang dulu, semua harus dimulai dari bawah dan hal yang kecil-kecil dulu. Awalnya cerpen, trus jadi Novel *uhuk*. Awalnya film pendek, trus ntar jadi Film Panjang :D

Proses pembuatan film ini sebenarnya nggak makan waktu lama untuk produksinya. Pra-Produksi yang sebenarnya lumayan ribet dan Pasca-Produksi yang bener-bener bikin gue nggak tidur tiga hari karena ngedit video ini. 

Awalnya Necha ngajakin buat bikin proyek film untuk lomba Good Day yang di announce via twitter mereka. Trus gue kepikiran untuk membuat film dari cerpen gue karena selama ini selalu nggak pernah ada kesempatan. Akhirnya gue menawarkan cerpen berjudul "dara(h)" ke Necha. Cerpen ini gue tulis semester lalu waktu lagi suka banget bikin flashfiction. Kemaren gue ikutin LMCR 2011 tapi gak menang, yang dapet malah si Ikan Cengeng. But anyway, Necha akhirnya setuju dan kita mulai untuk pembuatan skrip dan pencarian pemain.

Sebenarnya yang paling susah sih pencarian pemain yah, soalnya gue pribadi nggak banyak kenal orang-orang apalagi kalau mau nyari sosok ALDI yang freak kayak gini. Sebenarnya ALDI itu penggambaran diri gue dan gue merasa diri gue EPIC dan nggak ada yang bisa nyamain. Jadinya susah deh :p Awalnya mau make Valdo, tapi Valdo kayaknya terlalu sibuk dengan skripsinya atau mungkin dia terlalu sibuk dengan Bahasa Korea nya yang sudah oke itu. Trus pas nyari-nyari orang lain, jatohlah ke Abim. Abim sih udah pengalaman jadi bintang utama di film pendek. Dua kali seinget gue. Walaupun karakter ALDI bukan ABIM banget karena gue tahu ABIM terlalu gaul buat jadi ALDI, tapi we have no choice. So do I. ABIM terlalu cerdas untuk tidak bisa memerankan ALDI dan ternyata dia berhasil. HE IS AN ACTOR!

Peran ceweknya lumayan complicated juga karena penggambaran DARA yang gue pengen adalah cewek gaul, cerewet, tapi disaat yang bersamaan dia juga supel dan baik hati banget. Sekali lagi gue nggak begitu  banyak kenal orang di kampus ini apalagi yang sepenggambaran (bahasanya kacau banget) DARA. Akhirnya kita nemu RISTI dan HELL YEAH! Dia bisa memberikan DARA yang sesuai dengan apa yang gue mau tapi tetep nggak ninggalin karakter dirinya sendiri :)

Akhirnya kita syuting setelah nemu pemain. Syuting total itu ada 5 hari. Suka duka? Pastilah ada... Mulai dari crowd yang nggak bisa diatur, trus batere yang tiba-tiba mati (?), memori yang korup padahal udah syuting hampir selesai dan harus syuting ulang, dan sebagainya. Tapi yang paling keinget adalah adegan ketangkep CCTV perpustakaan pusat UI trus disamperin satpam ke lantai 8 dan disuruh turun dan nggak boleh syuting. Untungnya sih syutingnya udah selesai yah pak Satpam... Makasi banget.

Pasca-Produksi adalah PR gue banget. Gue sangat suka mengedit video dan nggak akan menyesal untuk tidak tidur tiga hari karena ngedit karena menyenangkan sekali. Tapi kendalanya adalah gue selalu mengedit sesuai dengan interpretasi gue dan akhirnya dapet banyak kritik dari tim. Hahaha... Gue nggak profesional dan nggak bisa  terlalu memberikan feel yang berlebih pada apa yang gue edit. Jadi yaah gitu deh... But overall, film pendek berdurasi asli 9 menit 59 detik ini (setelah dipotong beberapa detik demi kepentingan persyaratan lomba) selesai di edit kemaren dan sekarang sudah bisa dinikmati di YouTube :)

I will not tell anything about the story. Jadi nonton aja :p

Masih ada banyak jalan yang harus dilewati menuju 20 besar. Semoga aja kepilih buat masuk 20 besar. Semangat!

@ronzzykevin
http://kaoskakibau.tumblr.com

Share:

0 komentar