EXO: 'Miracles in December' MV Review Saya!

*
Walaupun gue tidak merayakan Natal, tapi biasanya Natal kan dirayakan dengan penuh suka cita. Hehe sotoy ya? Tapi kalo nonton film-film kartun Natal biasanya gue bahagia walaupun nggak merayakannya. Cuma gue sepertinya benar-benar harus mempertanyakan, kenapa lagu spesial kayak gini harus segalau ini?

Iya pertanyaan itu buat EXO karena lagu 'Miracles in December'-nya terlalu galau untuk sebuah lagu di hari raya gitu. Ahahaha... 

Kali ini penantian nggak terlalu lama ya. Nggak kayak pas jaman-jaman nunggu 'Wolf' sama 'Growl' yang kayaknya setiap kali setiap hari ngeluh terus. Kali ini SM bener-bener on-time ngerilis MV-nya. Sesuai sama apa yang mereka katakan di media bahwa perilisan akan dilakukan jam 20:00 KST.

Bulan 12 Tanggal 4 Jam 8 Malem. Hasek. 8 April 2012.

Kemaren itu bener-bener gue tungguin dan seperti biasanya me-refresh SMTOWN's YouTube setiap lima menit sekali sejak 17:30 WIB. Tapi gue kalah cepet sama SMTOWNENGSUB. Hahahaha Gue ngeliat update-an mereka barulah meluncur kembali ke YouTube dan status upload-nya baru '1 minutes ago' sama '59 seconds ago'. Rekor. Kebanggaan tersendiri.

Pertama-tama harus gue katakan bahwa lagu ini bagus banget! Dibandingkan dengan lagu-lagu EXO yang ballad dan galau sebelumnya, lagu ini menurut gue yang paling juara. Lagu ini bicara soal kesakitan karena cinta dan berasa banget waktu dengerinnya. Berasa sakit karena nggak punya cinta? Iya kayaknya sih gitu.

Awalnya gue pikir lagu paling galau sedunia dari EXO adalah 'Baby, Don't Cry', tapi ternyata lagu ini lebih galau dari 'Baby Don't Cry'. Walaupun feel-nya ada yang berbeda sih di kedua lagu. Tapi 'Miracles in December' ini lebih meraung-raung.

Menurut pengalaman mendengarkan lagu galau gue (halah), ada lagu-lagu KPop mellow yang bener-bener bisa menyentuh ke dasar hati ketika pertama kali mendengarkannya walaupun ngerti liriknya juga nggak gitu kan. Tapi ada juga lagu-lagu mellow yang hanya sekedar lewat doang (tapi biasanya kebelakangnya malah suka). (Belakangan ini gue lagi suka banget sama 'Gone'-nya JIN. Tapi sepertinya dia punya saingan berat kali ini....)

Ada juga lagu yang harus mikir dulu, ini sebenarnya sedih atau nggak sih? Kayak lagu-lagunya T-Ara misalnya ada yang beat-nya kenceng tapi ternyata sedih. Dan ada lagu yang sekalinya di denger langsung memaksa kita untuk mencari-cari kenangan-kenangan masa lalu yang kira-kira cocok sama lagunya. Semacem OST buat kejadian-kejadian masa lalu gitu ceritanya.

'Miracles in December' ini memberikan beberapa perasaan yang berbeda buat gue ketika pertama kali mendengarkannya. (HAHAHAH YA AMPUN TOLONG INI KENAPA JADI BEGINI BAHASA-NYA)

Pertama, merinding karena vokal-vokalnya pas banget. Nggak ada yang berlebihan dan nggak ada yang 'memaksa' untuk jadi sedih. Iya yang terakhir yang gue maksud adalah Suho di 'Baby, Don't Cry' yang pas bagian "Ojik seororeul hyanghaeinneun unmyeongeul jugo bada. Eotgallil su bakke eomneun geu mankeum deo saranghaesseumeul nan ara," yang sayangnya jadi part favorit gue.

Kedua, iya lagu ini bener-bener langsung jleb gitu pas ngedengerinnya. Sekali lagi makasih buat Baekhyun, Chen, D.O dan Luhan karena penghayatannya bagus. Iya ini emang kesannya biased banget tapi emang gitu kok (ngerasanya). 

(eh tapi gue kok ngerasa Baekhyun sama lebih bagus ya pengucapan bahasa Mandarin-nya ketimbang Chen?)

Ketiga, iya lagu ini bener-bener memaksa untuk mengingat momen-momen yang sudah-sudah terus dibuat related dan kemudian "Duh lagu ini pas banget sama momen yang waktu itu. Yang pas kita anu sama anu kan terus anu, duh anu banget deh," iya kayak gitu.

Yang jelas lagu ini feel-nya beda sama semua lagu ballad yang pernah dinyanyikan EXO (udah berapa kali coba ini diulang-ulang). Bahkan kalo ngebedain sama lagu-lagu ballad-nya SJ dan SHINee, ini juga beda. Jadi kayak sekali lagi mau ngasi identitas ke EXO-nya gitu. Lagu ini maksudnya.

Kalau nggak ngerti abaikan aja. Gue juga sebenarnya nggak ngerti. Tapi memang, perasaan kan terkadang susah dimengerti.
*
*
Gue kepo-kepo dikit soal komposer lagu ini dan nemu deh hehehe makasih buat Chinese version yang selalu mencantumkan nama komposer di awal MV.

Jadi Mr. Andreas Stone Johansson ini adalah seorang yang berasal dari Swedia. Nama perusahaan yang membawahinya (kayak semacem manajemen komposernya gitu lah ya) Roasting House. Roasting House sendiri bukan pertama kali terjun ke dunia KPop. Ternyata sebelumnya udah pernah nyiptain lagu buat artis Korea dan juga Jepang.

'Bounce'-nya Cho Young Pil ternyata diciptain juga sama tim dari Roaster House. Dan ini gue baru tahu. Hahahaha lagu itu kan juara kemaren di MAMA 2013. Dari sini udah keliatan kan, bagaimana SM selalu mencari yang terbaik untuk artis-artisnya. Hahahaha Bias lagi sih ini tapi nggak apa-apa emang bias.

Pas kapan, gue pernah baca artikel soal Heechul yang cerita sedikit soal Lee Soo Man dan artis-artis SM yang nyiptain lagu. Quote-nya Lee Soo Man (agak songong dikit) kayak gini, "Kalo lo nggak bisa bikin lagu yang bener-bener bagus, mending gausah dipaksain biarin orang yang ahli yang bikin," kurang lebih sih begitu kata Lee Soo Man.

Bukan berarti sih Lee Soo Man menutup kemungkinan untuk para artisnya menciptakan lagu sendiri. Toh di album-album Super Junior ada juga lagu yang ditulis sama Donghae kan. Mungkin maksudnya disini lebih ke title track kali ya (karena lagu-lagunya Donghae nggak jadi title track). Karena kenyataannya kebanyakan title track lagu-lagu artis SM itu beli lagu orang. Nggak semua tapi kebanyakan. 'Only One'-nya BoA misalnya itu asli buatan BoA walaupun rencana awal yang akan dijadikan title track itu 'The Shadow'.

Selain 'Bounce'-nya Cho Young Pil, Roasting House juga nyiptain lagu buat Cross Gene, Kat Tun, Arashi, DAN 'SCREAM'-nya TVXQ ternyata dari Roasting House juga. Oke hahahah jadi udah langganan SM toh. 'Scream' itu bagus banget soalnya lagunya ya. Gue suka sih. Selain TVXQ, J-Min dari SM juga (yang nyanyiin lagu OST To The Beautiful You yang judulnya Stand Up) ternyata juga pernah nyanyiin lagu dari mereka, mereka juga yang nyiptain 'Feels Good'-nya SJ.

Emang langganan....

Dan satu lagi, Mr. Johansson nggak sendirian tapi menciptakan lagu ini bersama dengan Ricky Hanley. Well, gue nemu twitter-nya nih @RickyHanley dan silahkan di-follow dan tadi gue sempat mention dan dibales sama dia (padahal terakhir dia ngetweet itu September) AHAHAHAHAH MONANGESSHHHHHH Tapi next dia bales-balesin lagi kok tweet yang mention dia soal EXO. 

Dibandingkan dengan Mr. Johansson, Ricky Hanley karyanya di bidang KPop lebih sedikit.

Masih ada Don Spike yang bertugas mengaransemen lagu ini. Nah di tracklist-nya kan ada 'Orkestra' version tuh. Yang ini yang orkestra version bukan sih? Atau beda lagi? Kalau misalnya beda lagi gue bakalan seneng banget soalnya pasti bakalan lebih mendayu-dayu merayu sedih gitu.

Yoon Sarah yang menulis lirik untuk lagu ini dan.... AHHHH.... lirik Korea-nya bagus banget.
*


*
Video musiknya dibuat dengan konsep drama. Iya, soalnya kan lagu ini bercerita soal kesedihan dan nggak bisa move on. Seperti yang udah gue tulis di review teaser kemaren.

Memang, kalo lagu ballad paling pas dibuat drama memang. Bersyukur gue SM nggak sedang berada dalam fase malas yang tiba-tiba ngerilis MV cuma nyanyi-nyanyi berdiri doang (cuma Baekhyun Chen D.O/Luhan) doang.

Nah jadi inti ceritanya sih sebenarnya, para lelaki ini sedang mencoba untuk mengajak kekasihnya balikan karena sebuah perpisahan yang menurutnya sangat bodoh. Oke ini fanfiction banget. Tapi begitulah kenyataannya. Mereka sedang dalam proses mau ngajak balik nih ceritanya.

Karena itulah mereka mempersiapkan hadiah untuk si cewek. Sogokan. Hadiahnya juga beda-beda sesuai sama kesukaan ceweknya.

Misalnya, Kai ngasi anak anjing ke si cewek mungkin karena ceweknya emang suka binatang atau Kai yang ternyata fans berat 'Reply 1997' dan pengen sok-sok niru adegan Yoonjae ngasi anjing ke Shiwon.

Kai lama-lama jadi kayak Paris Hilton. Suka pamer anjing.
*
*
Kris, karena selama ini dia suka melukis dan menjuluki dirinya sebagai Kriscasso, memberikan lukisan ke si cewek. Gue nggak tahu apa yang membuat dia sangat percaya diri dengan kemampuan melukisnya. Menurut gue keputusan dia buat ngasih lukisan ini salah besar. 

Ya lo pikir aja, lo mau ngajak cewek lo baikan, terus misal, lo ngasih lukisan muka si cewek sebagai hadiah kan, dengan kemampuan melukis Kris ujung-ujung muka cewek yang dilukisnya malah berubah jadi sejumput eceng gondok. Tambah gak mau balikan si cewek.
*
*
Tapi emang endingnya si cewek nggak balik sih. Gue nggak heran, Kris, lukisan lo sih... bikin takut. (Padahal dia nggak ngelukis apa-apa, itu pas adegan nenteng lukisan masih putih polos gitu. Lagian, mana ada tinta berceceran disekitarnya. Emang ada gitu pelukis bersih tangannya nggak bekas tinta? Kecuali ngelukisnya dalam hati).

Ih kan siapa tau dia ngelukisnya pake pensil 2B.... Ron!

Ngelukis apa ujian nasional?
*
*
Gue berani sumpah gue gak liat gambar apa-apa di kanvas itu. Masa iya dia gambarnya cuma di bagian bawah kanvas sementara pas di adegan awal tangannya menggerayangi bagian atas kanvas pas beradegan melukis? HAHAHAHHA

Tapi bisa jadi sih kanvas kosong itu menggambarkan ketulusan cintanya yang putih bersih untuk si cewek.

Bisa... bisa...

Kemudian Xiumin menyiapkan dua kado. Satu pohon natal (mungkin niatnya nanti kalo balikan diajak kerumah terus ngopi-ngopi cantik depan pohon natal) dan satu lagi kotak berisi kosmetik yang disponsori oleh 'Nature Republic'.

Plislah SM.... Plis.... Product placement-nya ini loh ya yang bikin zonk. MV udah bagus-bagus tiba-tiba ada ginian. Sama halnya nonton film berlatar tahun sembilan belas berapaaa terus tiba-tiba ada cokolatos. Sama halnya dengan nonton lomba cover dance tiba-tiba ada botol teh walini. Kan bete. 

Cukuplah iklan SMTOWN Week itu ya cukup. 
*
*
Dan.... tunggu deh, Luhan juga memberikan kado yang sama untuk pacarnya. Jangan-jangan sebenarnya pacar Luhan itu................................

Orang yang sama dengan pacar Xiumin....?

Hahaha ini bukan fanfiction ya bukan, okay. Tapi ya gitu sih kalo di Korea yak produk kecantikan itu kan banyak dan bisa jadi emang salah satu bentuk hadiah yang prestis gitu. Untung mereka nggak ngasih pacarnya voucher operasi plastik.
*

*
Kemudian Chanyeol mempersiapkan apa itu sepasang cincin. Couple ring. Yang kemudian dia pake juga dua-duanya sendiri. Test drive.
*

*
Suho juga ngasih kado kecil dengan kotak warna merah terus ada suratnya. Di surat itu tertulis, "To: My Angel. Bogosipda. Saranghae,". Entah kenapa ini gue jadi inget sama fanfiction yang gue tulis kemaren. Ahahahaha.... ujung-ujungnya sakit hati karena ternyata cewek yang disukai Suho malah suka sama Kris.

Iya iya.
*
*
Lay menunjukkan usaha yang paling besar di antara semuanya. Dia menciptakan lagu buat sang kekasih yang mana butuh ide dan usaha dan kerja keras daripada cuma sekedar bungkusan kosmetik. Keliatan mana yang niat mana yang nggak.

Tapi toh akhirnya ditolak juga. Kasian.
*
*
Yang paling gue suka dari semuanya sih sebenarnya adegannya Sehun. Dari cuma sekedar buket bunga. Dari dia mengendarai sepeda. Itu kan kayak kisah cinta anak muda banget ya. Kayak FTV-FTV romantis SCTV gitu. Jiwa mudanya berasa gitu. Backsound lagu Yovie-Nuno "Aku memang manusia biasa...."

Sehun sendiri kemudian jadi sosok pemeran utama di akhir MV. Sehun mewakilkan yang lain dengan menampilkan sosok wanita yang diharapkan semuanya buat hadir tapi hanya sekedar bayangan belaka. (hasek) (belaka) (itu bukannya yang di peribahasa ya karena nila setitik rusak susu sebelaka) (nggak lucu)
*
*
D.O yang suka masak menunjukkan hobinya yang suka masak. Sama kayak Lay yang suka bikin lagu menunjukkan hobinya suka bikin lagu. Lalu bagaimana yang lainnya? Apakah yang mereka lakukan di MV ini juga sesuai dengan kepribadian masing-masing?

Kai suka anjing kan karena dia punya dua anjing dan anjing yang muncul di MV ini. Terus, Kris suka ngelukis? Iya bisa jadi. Gimana dengan Luhan dan Xiumin, mereka ngasih kosmetik apa karena mereka suka dandan? Atau mereka suka jualan dan selama ini ternyata mas-mas MLM? Terus Suho apa, Sehun apa, apa? Chanyeol ngasi cincin berarti dia pandai besi dong selama ini yak.

Kenapa juga dipikirin.

Balik lagi ke D.O, kado yang disiapkan D.O itu sepertinya sih kue buatan sendiri. Seru ya? Kalo ada cowok bikin kue buat cewek gitu? Kan jarang-jarang. Bikin dong fanfictionnya.

Tapi untuk ukuran orang yang baru selesai bikin kue sih bersih banget. Iya dapurnya. Iya badannya. Mandi dulu? Iya kayaknya. Rajin kan si D.O udah kayak pembantu.
*

Sementara semua orang mempersiapkan kado spesial buat sang kekasih, apa yang dipersiapkan Tao?

Nggak ada, dia mempersiapkan dirinya sendiri. Menurut Tao, dirinya sendiri adalah kado itu. Menurutnya dirinya sendiri adalah hadiah spesial itu. Nggak ada yang lebih beruntung dari mendapatkan seorang Tao. Begitu pikirnya.

Ada positif ada negatifnya sih positifnya, ya dia percaya diri bahwa nggak ada kado terindah selain keberadaanmu. Kalo di undangan tulisannya, "Tiada kesan tanpa kehadiranmu,". Tapi ada kok dia ada bawa kado.
*
*
Lantas bagaimana dengan Chen dan Baekhyun? Di dua MV mereka bahkan nggak masuk dalam storyline tapi cuma singing in the background. Sedih sih sebenarnya. Tapi, ini cukup beralasan.

Baekhyun bukan tipe cowok yang kalo dibikinin storyline drama jadi seru dan dramatis berdarah-darah galau. Tapi malah jadi komedik. Demikian juga dengan Chen. Menurut gue sih ya ahahaha Tim Penggembira will always be Tim Penggembira. Karena ini 'Miracles in December' lagi ngomongin soal cinta, bukan gag concert, pantaslah mereka nggak dibikinin storyline di MV.

Scene-nya kalo ada Chen sama Baekhyun mungkin kekhawatirannya adalah karena takut akan jadi lucu bukannya sedih. Mereka berdua terlalu lawak. Kecuali, kalau sedang bernyanyi, mereka berdua bagus penghayatannya. 

Ini sih suka suka gue.

Tapi kalo dipikir-pikir, Chanyeol juga sih sebenernya lawak tapi karena dia pengalaman di MV K.Will jadi pemeran utama jadi kalo dia nggak pemeran utama di MV ini pasti bakalan aneh justru. Demikian halnya dengan Xiumin. Sementara yang lain memang punya aura dramatis sendiri-sendiri. Even Tao yang mungkin memang hidupnya sudah penuh dengan drama dan air mata.

Akting masing-masing member gue rasa juga cukuplah untuk ukuran lagu galau. Nggak menuntut yang terlalu berlebihan juga sih sebenarnya. Kecuali kalau misalnya Tao harus nangis disitu, mungkin karena emang penyesalannya yang paling berasa di dia. Karena dia kan yang mencoba memutarbalikkan waktu. Jadi dia punya masalah yang sangat kompleks menurut dirinya sendiri.

Akting nangisnya Tao bahkan lebih bagus dari Chanyeol di K.Will. Karena disini Chanyeol cuma nampak sedikit menangis jadi yaudah abaikan saja.

Ada shot Kris yang juga kayak merajuk-rajuk gitu mukanya. Malah jadi aneh. Yang paling gue suka sih karena natural itu Luhan sama Suho (mostly karena Suho memang lebih terlihat bersahaja kalau dia lagi nggak ngomong sih). Lay juga not bad walaupun gak terlalu banyak adegannya.

Tapi, menurut gue ya, untung Baekhyun dan Chen nggak ada di storyline MV. Soalnya kalau ada, bayangin, harus dipendekin lagi kan porsi shot setiap member. Kalau misalnya memang durasi MV-nya dari awal direncanakan sepanjang 4 menit 33 detik.

Semakin banyak member yang diekspos, semakin singkat waktu yang mereka dapatkan untuk muncul di sebuah adegan. Inilah resikonya punya banyak member jika semuanya harus diekspos. Itulah kenapa di 'Wolf' akhirnya dipilih pemeran utamanya cuma 3: Kai, Luhan sama Kris. Karena kalo misalnya 12-12-nya jadi pemeran utama, pasti nggak jelas dan durasi juga nggak cukup.

Jadi berterima-kasihlah pada Baekhyun dan Chen yang merelakan spot mereka diambil oleh yang lain di drama. Toh dibandingkan yang lain, durasi muncul mereka pas nyanyi juga terhitung lebih banyak dari semuanya.

Walaupun..... pengen juga liat Baekhyun beradegan layaknya oppa-oppa pemeran utama pria kedua di drama yang selalu patah hati karena pemeran utama wanitanya selalu memilih pemeran utama pria pertama.
*
*
Gue bertanya-tanya apakah Baekhyun bener-bener main piano? Apakah nanti di comeback special Baekhyun akan ada performance dengan piano? HAHAHA IYA DONG PLEASE SEMOGA.

Kemudian set tempat BDC dan BCL nyanyi itu emang mirip banget sama 'The Boys' sih. Jangan-jangan saljunya juga bekas 'The Boys' lagi. Yang paling gue inget sih pola awan di langitnya.

Kenapa set-nya dibuat ada batang es gitu ceritanya, terus lantainya hancur berantakan, itu sebenarnya menggambarkan kondisi hati para member. Kan disini ceritanya lagi patah hati dan minta baikan, jadi hatinya lagi hancur dan berusaha diperbaiki lagi. Itu makanya kenapa set-nya dibuat hancur-hancur lantainya. 

Sementara untuk batang es itu, ya karena musim dingin juga terus juga karena dari lirik lagunya, si cowok kan ngerasa bersalah sama ceweknya. Karena salah cowoknya makanya mereka sempat putus. Es itu menggambarkan dinginnya hati si cowok. Gitu.

Semacem, "Hatimu dingin bagai batang es. Menghancurkan dinding-dindingnya. Merusak lantai-lantainya,"

Adegan lipsync-nya pun menurut gue nggak berlebihan walaupun gue tetap pengen ada full drama version gitu. Ngelunjak ya. Iya. Tapi gue suka deh shot yang pas BDC/BCL berdiri saling punggung-punggungan terus kameranya berputar 360 derajat terus di sekeliling mereka muncul adegan-adegan para member.

Kayak OST film gitu kan.
*
*
Yang bikin gue seneng lagi dari MV ini adalah mereka kembali dengan superpower yang mereka punya. Ahahaha gue jadi inget ada yang nanya di ask.fm kemaren "Mereka sebenarnya emang konsepnya punya superpower atau berubah-ubah sih setiap comeback?" dan ini cukup menjawab kalau EXO kembali konsisten (?)

Walaupun nggak semua menampilkan superpower-nya, tapi Xiumin dan Tao cukup mewakili. Xiumin tahu kalau salju itu romantis, makanya ketika dia menunggu si cewek dia nurunin salju biar suasana semakin romantis.

Modus lainnya, dia tahu si cewek nggak suka dingin jadi ceritanya kalo salju turun dia udah siap sedia memberikan kehangatan dengan pelukan.

Bisa.
*
 *
Terus pas Tao memutar balikan waktu itu gue juga kayak yang "WAAAAAAA AKHIRNYA ADA LAGI ADEGAN KAYAK GINI!!!!" Seneng banget... berasa kangen banget sama konsep ini soalnya. Walaupun sih penempatannya agak gak cocok.

Maksudnya, ini kan drama kehidupan ya yang terlihat sangat natural di awal bukan gaib-gaib. Eh tiba-tiba ada yang punya keuatan gaib. Kan jadi kayak sinetron TV sebelah banget. Kayak sinetron Bidadari.

Sementara pas 'Wolf' yang emang udah fiksi malah nggak ada gini-giniannya.
*
*
Tapi.... yang gue suka tuuh.....

Kita mengenal yang namanya pawang hujan mungkin juga ada yang namanya pawang salju. Di kehidupan nyata maksudnya bukan Xiumin. Kalo ada orang yang bisa menangkal supaya hujan bisa turun pasti ada juga orang yang bisa memanggil hujan, begitu juga dengan salju.

Realistisnya di adegan superpower yang singkat di MV ini adalah, ya Xiumin memang menurunkan salju dan terjadi (karena tadi ada pawang hujan ada pawang salju). Tapi ketika Tao mencoba memutarbalikkan waktu, dia gagal. Idealnya kan kalo misalnya memutarbalikkan waktu, si cewek pasti bakalan ada dong disitu dan akhirnya happy ending. Tapi kenyataannya nggak.

Karena memang, memutarbalikkan waktu itu hanya fiksi. Yang terjadi memang sudah begitu akan terjadi. Kita manusia bukan Tuhan. Kita menerima apa yang ditulis Tuhan bukan mengubahnya semau kita.

(EGILAK)

Jadi, kesimpulannya, Tao nggak bener-bener memutarbalikkan waktu di MV ini tapi DIA BERHARAP dia bisa memutar balikkan waktu. 

Siapa yang nggak? Ketika kita berbuat kesalahan, kita pasti mikir, "Harusnya gue gak begitu, duh ulang dong biar gue bisa memperbaiki kesalahan gue..." itu manusiawi. Tapi bijaksananya, kalau kita berbuat kesalahan, kita belajar dari situ, jadi nanti kalo ada kondisi yang sama di kemudian hari kita gak terjebak dalam kesalahan yang sama.

(EGILAK DUA KALI)

Kemudian adegan bulan purnama kembali tampil di MV ini. Duh! Kangen nostalgia lagi deh sama masa-masa teaser debut. Makasih SM karena sudah membuat gue merasa bahwa EXO kembali ke jalan yang benar. Konsisten. Istikomah. 

Untung pas purnama mereka gak muncul moncong panjang di depan hidung dan mulut kemudian berteriak AUUU A SARANGHAEYO. Yang nggak muncul moncong aja ceweknya nggak balik gimana yang muncul moncong.

Adegan bulan purnama yang kemudian tertutup awan (atau gerhana? nggak ya?) itu juga sebuah perumpamaan. Kan ceritanya si cowok dateng buat nemuin ceweknya. Terus dia ngeliat bulan terus bulannya tertutup awan hitam dan ada shot dimana muka member juga menggelap.

Itu semacem, "Udah... mereka nggak akan datang... kalian harus patah hati,"

Metafora kekecewaan. Lihat ekspresi Kris, Xiumin, Luhan juga pas adegan bulan kan kayak kecewa.
*



*
Oh iya, waktu adegan Xiumin nurunin salju, di set BDC/BCL juga saljunya turun. Kemudian ketika Tao menghentikan waktu kemudian memutarbaliknya, salju-nya juga melayang ke atas (kearah sebaliknya). Itu menjelaskan kan apa yang muncul ketika teaser keluar? 

"Kok saljunya terbang ke atas?"

Makanya kita gak bisa nilai apa-apa dari teaser. MV itu yang paling jelas memberikan informasinya. 

Walaupun tetep heran kenapa BDC/BCL baju sama rambutnya tetep bersih padahal saljunya cukup heboh.
*
*
Nah sedikit kesalahan waktu adegan putar balik waktu nih, orang-orang kan pada jalan mundur. Ada shot dimana cowok-cewek berjalan mundur di depan Tao waktu shot-nya deket. Tapi pas shot-nya jauh, pasangan itu hilang dan nggak ada di deket Tao lagi.

Jangan terkecoh dengan dua orang lainnya yang jalan di depan air mancur. Syal-nya sama-sama warna merah tapi cowoknya orang yang beda.
*

*
Dan pas adegan putar balik waktu itu juga, dibuat pas sama liriknya, "Stopping the time, I go back to you," ah.... 

Overall, MV ini nggak sempurna sih, maksudnya ada kekurangan di beberapa hal kayak ya terlalu pendek durasi dramanya dan lain-lain. Tapi, bagus. Gue suka. Hehehe. Lagunya juga bagus gue suka hehehehehe

***

EXO
'Miracles in December'
(English Translation Lyrics from kpoplyrics.net // rainydays @ codeexo.com)

I’m struggling to find you who I cannot see
I’m struggling to find you who I cannot hear
I see things that I couldn’t see before
I hear things that I couldn’t hear before
After you left me, I have grown a power that I didn’t have before
(Gue agak nggak ngerti deh bagian ini. Jadi setelah si cewek pergi, anak-anak EXO-nya jadi punya kekuatan gaib itu? Apa disini power maksudnya hal lain bukan gaib tapi kayak semacem keuatan untuk hidup mandiri tanpa dirimu disisi gitu? Sampai akhirnya si cowoknya bisa hidup tanpa si cewek dan menyebutnya sebagai Miracle?)

The selfish me who has only thought about myself
The me who didn’t know your feelings and ignored it
I couldn’t believe myself that I have changed this much
Your love can still move me like this

If I just think of you, I can fill this world with you
Because each snowdrop is one tear drop that belongs to you
But theres just one thing that I can’t do and it’s to make you come to me
I hope I don’t have this miserable power
(Makin gak ngerti what kind of miserable power? Jadi selama ini cowoknya punya kekuatan gaib yang pada akhirnya membuat si cewek ilfeel? AHAHAHAHAHA)

The selfish me who has only thought about myself
The me who didn’t know your feelings and ignored it
I couldn’t believe myself that I have changed this much
Your love can still move me like this

Stopping the time, (I) go back to you
I open this book of memories and I open up your page
And in the book I’m in there, in there with you

The small and weak person, because of your love
Just like this for everything (my whole existence)
I changed the whole world

The me who didn’t know how to be thankful for love
The me who thought that the end was the end
To the image of you who wanted me to be, I fixed myself everyday
I think my love will continue on forever

Stopping the time, (I) go back to you
I open this book of memories and I open up your page
And in the book I’m in there, in there with you
The things that I met that winter

I’m struggling to find you who I cannot see
I’m struggling to find you who I cannot hear
***

Liriknya juga bagus gue suka hehehe gue nggak tahu harus komentar apa lagi gue suka hehehehehehehehe


Share:

54 komentar

  1. Bentar, mau ketawa dulu di >> "nonton lomba cover dance tiba-tiba ada botol teh walini"..
    SUMPAAAH.. HAHAHAHA.. gue dapet 2 botol teh walini gara2 dateng sendirian dan telat dong kemaren *oke abaikan*..

    Lagunya mantep banget, terutama liriknya.
    untung lagunya ballad, jadi wajar kalo pake adegan2 drama mellow gitu.
    emang dasarnya SM itu gamau rugi dan selalu manfaatin apa yg ada, jadi kalo latarnya mirip2 MV The Boys sih udah ga aneh. dan malah gedung yg ada air mancurnya itu juga kan pernah jd tempat syutingnya Super Junior Full House yg pas Anya sm Eva diajakin becandaan bikin2 MV.

    Dan gue seneng banget KEKUATAN MAMA IS BAAAAACCCK..!! biarpun cuma kak Xiu sm Zitao. yg penting identitas awal EXO tuh kembali, emang dr awal konsep mereka pake kekuatan2 gitu, eh pas Wolf sm Growl ngilang, berasa 'kok gini? kekuatan aliennya mana?'.. :')

    balik ke bias,, biarpun Yixing cm keshoot tangannya doang, sama pas lagi bikin lagunya ngeblur, terus close up bbrp detik di chinese vers, gpp lah.. :') ada saatnya suatu hari dia jadi model MV.. juga.. *ngarep*

    BalasHapus
    Balasan
    1. iye kenapa ya si Yixing selalu dikit :< ga demen gw nih :3

      Hapus
  2. pertama sy agak gak paham dgn singkatan yg km buat >> BDC BCL

    dan ternyata...
    oh Baek DO Chen / Baek Chen Luhan
    sy kira BCL Bunga Citra Lestari ahahaha

    btw, yg jadi p emeran cewek yg menghampiri Sehun siapa ya?

    BalasHapus
  3. kakkk, setuju sama review nya..mv bagus, lirik juga, suka banget pas tao mundurin waktu..

    BalasHapus
  4. "After you left me, I have grown a power that I didn’t have before."

    power disini mungkin maksud nya "power" buat ngertiin cewek nya kali yaa kak..
    kalo aku lebih ngartiin power ini kaya kesadaran..
    duh knp gw ga nyadar sih kalo ternyata gw sayang ama lo..
    kekuatan sayang gw buat lo ternyata ada..
    tapi kenapa gw ga nyadar?? kenapa telat banget nyadar nya??
    kenapa pas lo ga ada baru gw nyadar kalo gw sayang ama lo??
    knp gw gabisa ngerasain sayang lo waktu itu?? KENAPA??
    gitu kali yaa mksd nya..
    hahahhaha XD

    "kita ga bakal nyadar kalo kita punya sesuatu yg berharga sebelum kita kehilangan sesuatu itu."

    BalasHapus
  5. Oh...seriously, aq lbh nunggu review-an ini drpd MV mereka :p LOL
    Akhirnya rilis jg, dan akhirnya aq ngakak jg...Thx Ron :D
    Setuju2 aja sch ama semua review-an nya, so I think that's all, thank you -_-'

    BalasHapus
  6. HAHAHAHA!!! SUKSES BUAT NGAKAK KAK XDDD
    Terima kasih jga udah kasih info ttg komposer lagunya dll sangat membantu kakak :*
    Memang pas baru liat tuh MV ngakaknya pas bagian Kris ngelukis, dan terperangah gaje pas bagian si Tao unjuk jari/? memutar waktu -_-
    wkwkwk BENER KAK! DIA PD AMAT YAK CUMA BAWA DIRI WKWKWKW
    Sementara si Kris yaahh meskipun kemampuan melukisnya dipertanyakan, dia pede2 aja tuh bawa lukisannya :3
    Dan waw sepertinya kakak ini suka lagu2nya Yovie huahahahaha...
    Setelah kemarin di review teaser "Dan ku beruntung sempat memilikimu"
    Sekarang "Aku memang manusia biasa"
    wkwkwkwk....

    BUT REVIEW KAKAK KALI INI SUKSES!!!!

    BalasHapus
  7. Wah.. Trus maksudnya pas ada cewenya sehun senyum, pas cewenya ilang sehun jutek itu maksudnya apa? Apa mereka berharap buat si cewenya datang, jadi senyum-senyum sehunnya dan ketika cewenya pergi, mereka kecewa?
    Gue suka bgt lagunya apalagi pas bagian 'shiganeul meomchwo' kaya yg apa gitu.. Grup vokal superduper keren yg lagi nyanyi dengan kompaknya.. Merinding pula denger lagunya, apalagi malem-malem.. Bisa jadi lagu ninabobo juga sih ini lagu.. Buktinya, tadi malem gue ditemenin lagu ini ga berhenti dan karmanya, pagi-pagi hp gue abis batre..

    Eh, klo diliat, jam yg diputerbalikin sama tao kan jam 8, sama kaya perilisan MV ini..

    Dan serius itu promosi skrg tambah bnyk.. Ga cuma SMTown week tpi Nature Republic juga.. Mungkin dulunya Luhan sama Xiumin punya cewe yg ganjen dan hobby dandan menor.. Atau mungkin luhan beliin buat skincare si cewenya?

    Overall, MV nya keren.. And this is the best EXO song I ever have.. Reviewnya jga keren kok.. I like it c:

    BalasHapus
  8. pas banget ya kak, EXO ngerilis lagu galau waktu lo lagi galau parah gini.. *nyekrol(?) tumblr*

    BalasHapus
  9. seneng sama MV dan review nya, semangat kak :D

    BalasHapus
  10. kalo menurutku sih kak kan chen sama baekhyun udah nyanyi trus kayak-nya mereka capek trus terjadi lah percakapan berikut sama lee so man
    Baek : Ahjusii kita capek gimana kalo kita g usah ada story-nya
    Lee soman : tapi kalian kan we are one
    Chen : tapi bayaran kita sama kayak kai ahjussi
    Lee soman: oke kalian cukup berdiri sama main piano aja~

    BalasHapus
    Balasan
    1. mampus deh, kepikiraaan gitu ya :v

      Hapus
  11. kak, makasih banget review'y. overall aku suka banget mv ini, kesan dramanya dapet banget. tapi yang bikin greget tu, nature republic'y. sempet-sempet'y ya SM masukin tu iklan, apa boleh buat, kan butuh uang. Yup, Era MaMa diselipin juga.
    menurutku sih, EXO identik sama Gerhana dan super power'y, kalau ga ada itu kayak ada yang kurang gitu. thank's

    BalasHapus
  12. thanksyou ka ron as usually a great review *wink

    BalasHapus
  13. IYA IYA BENAR!!! SUKA BANGET SAMA SEHUN AAAAAAA
    Tapi ekspresinya tetep agak kurang dapet gak sih. Tapi apapun itu kalo Sehun aku suka aja kok. HAHA

    Iya deh iya, MAKASIH YAAA BAEK CHEN yg udah mau merelakan scene dramanya utk yg lain. Suka banget sama penghayatan mereka. Pokoknya sukasukaSUKASUKASUKAAAAA

    As usual lah, reviewan kakak selalu elegan~

    @irvaadfa

    BalasHapus
  14. UWAAAAHHH... puas banget baca review lo Om.
    Oke, nanti aku buatkan FF yg Kyungsoo masak buat pasangannya. Tapi pasangannya Kyungsoo, Jongin. ahahaha XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue gaplok lo -_- ga ada gitu yang bikin itu orang2 boyband berselera normal? kan sayang gitu..kainya macho tapi akhirnya kekurangan vitamin c (maho). bikin ajah cewenya dari indonesia, tepatnya di surabaya. imut2 lucu tembem berkulit item gituloh. biar beda *kan ngarep*

      Hapus
  15. akhirnya keluar juga review kakak, dan tetap ngehibur seperti biasanya. tapi kayanya kali ini lebih banyak nasehat yang diberikan, apa karena ini mv ballad kak? wkwkwk

    btw, aku setuju soal chenbaek gak ikut shot drama, mereka kalau lagi gak nyanyi, muka trol selalu, kekeke dan kayaknya di korean vers, suara chen terlalu melengking dibanding baekdo, agak kerasa aneh di awal, tapi lama2 biasa sih, kekeke

    sukses reviewnya kak :DDD

    BalasHapus
  16. Hahaha....review loe lucu banget, sukses buat gw ngakak..emang suai sama nama web loe,,sering sering ya bikin review.. ;)

    BalasHapus
  17. dan Tao bawa kado kok kak Ron :p

    entahlah itu ngajak balikan cewek ato mau dateng ulang tahun, pada bawa kado...

    BalasHapus
  18. Diantara semua lagu EXO, ini favorit! Sreset sreset gitu dengernya >< dan udah ketebak pasti bahas lukisannya Kris hahaha, keliatan banget lukisannya kosong gitu xD btw, tadi baca baca di comment Youtube lagu ini yang nulis Baekhyun? Kalo beneran iya, he did a great job. Sukses bikin orang-orang galau :3

    BalasHapus
  19. G nyangka klo kak ron bkal nyelipin kata2 Mutiara disini ~kekeke
    Jadi tao kedua loh kak xD (?), sbnernya pas bgian tuh superpower kluar keren sih cuma rada ngefreak krna g pas ama dtiming-nya *jiahh
    Tpi thanks a lot and overall bgt siapa lgi klo bukan kak ron yg ngereview ini..

    BalasHapus
  20. gue suka banget lagu ini. setuju banget lebih galao. acting member exo juga total dan dalem banget. sumpah, gue juga ikut merasakan kisah itu ✽Haha ☞ ✽(y)
    ehh itu kata-kata cokolatos, teh walini, cucok abis wkwk2

    BalasHapus
  21. kak ron itu orangnya bukan ngilang tapi ketutup sama badannya Tao....dan yang aneh lagi itu sebenernya waktu Tao putar balik waktunya. itu jarum menit kan yang berputar. ada gitu orang jalan 1 langkah aja butuh waktu 5 menit. hahahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue baru sadar masyarakat indonesia itu tliti banget. kepikiran gituloh buat ngeliatin satu langkah muternya berapa derajat terus dikonversiin ke menitan. uh..

      Hapus
  22. padahal aku ngerasa aneh banget pas tiba tiba tao "wuss" mau muter balik waktu, ngerusak feel, wakaka
    ya tapi emang ada hubungannya sih sama liriknya :v

    BalasHapus
  23. heei...heii... udah pada denger dan tau gak ??? katanya cewek di mv ini sepupu nya yuri snsd. banyak yg bilang sih namanya vivian. tapi setauku trainee SM yg sepupu yuri itu kwon sojeon bukan vivian.

    BalasHapus
  24. setuju setuju, kai kece banget, akting tao kayaknya lebih bagus dari chanyeol (pas nangis)
    lay dari hati banget (mungkin inget mantan)
    kris aktingnya agak maksa #peace menurut pribadi
    xiumin suho luhan sehun d.o no coment
    keren banget m/v nyaaa , sampek nangis pertama liat

    BalasHapus
  25. Hm, sebenernya, saya cukup mengerti kak kenapa ya Baekyun sama Chen ini ngga dimasukin kedalam clip MVnya, sedangkan Luhan dan D.O iya?

    Masalahnya menurut saya 'sih, cukup gampang.

    Kenapa?

    Yap. Chen, Baekhyun, D.O, dan Luhan itu secara ngganya, posisi mereka di EXO itu main vocal dan lead vocal 'kan. Jadi, yang sebenernya utamanya di MV itu cuma mereka berempat.

    Tapi kok, di MV Chinese ada D.O, di MV Korea ada Luhan?

    Kenapa Baekhyun dan Chen ngga ada di dalam klip MVnya?

    Jawabannya saya sih gampang kak. Karena, vocal EXO yang paling utama itu Baekhyun, Chen, D.O, dan Luhan. Dalam MV Korea ver, kita pasti tau dong, yang nyanyi ya pasti mestinya EXO-K lah. Makanya ada Luhan di dalam MV Korea ver. nya.

    Nah, pas di Chinese ver, Luhan bernyanyi bersama duo lawak (Baekhyun-Chen). Ketara karena kalau Chinese ver, mesti ada salah satu member EXO-M dong.

    Masa yang nongol cuma EXO-K. Kan SM ga pilih kasih juga kali doong.

    Karena D.O diganti sama Luhan di MV Chinese vernya, dialah yang dimasukkin kedalam clip MV, dan makanya di Chinese ver, ga ada clip Luhan di sana kan ya? Soalnya yang saya inget, pas di Korea vernya, ada di pas akhir-akhirnya, si Luhan itu mukanya melaaaassss banget. (YAILAH)

    Intinya, main vocalnya EXO itu Baekhyun, Chen, Luhan, dan D.O.

    Ngerti ga kak? Aku jelasinnya juga susah. WKWK

    Tapi afterall, reviewnya kak Ron bagus. Selalu bikin ngakak gebrak CPU. (HALAH)

    BalasHapus
  26. Lho, aku malah mikir kalo, meskipun Tao memundurkan waktu, ceweknya ttep gak dateng. jadi ya... sama aja sih (ini apaan -_-)

    Good review, Kak Suho!

    BalasHapus
  27. Hihi mau ikut koment akhh. Aku badriyah1807 (acc twitter) haha. Aku baru akhir" ini nih baca" blog ini. N skrng mu komen. KAK SUHO tadi bilang miracle in december lebih bgus dri pda baby don't cry. Ak di sini (apa sih aku" segala) okay ! Gue di sini langsung putar ulang tuh 2 lagu. Kita berbeda pendapat hahah. Gue biasanya dngerin lgu di suara n musiknya. Masuk k ati ato gak haha. Gue gak tau itu 2lagu liriknya apaan artinya ! Haha pas gue denger yg miracle itu *maap kok gue gak berasa apa" yah ? Haha menurut gue "baby don't cry" tetep juara. (Itu hak masing") wlwpun gak ngerti liriknya juga, tapi bikin air mata jatuh. Gue udah denger berulang" itu 2 lagu ! Baby don't cry and miracle in december. Tapi entah mngapa. Miracle itu gak nyangkut di hati gue haha. Okelah itu hak masing" mu milih yg mana, kkkk

    BalasHapus
  28. plis kak, yang bagian kris, jadi inget waktu dia nge-gambar defcon di weekly idol, lol :D
    btw xiumin ganteng~ #plakk
    pas chanyeol senyum2 liat cincin couple itu tuh, entah kenapa ikutan senyum, berasa jadi ceweknya chanyeol hahaha
    pokoknya sip deh reviewnya, gilak!

    BalasHapus
  29. sebenernya sayang chen sama baekhyun gak nongol di drama, tapi overall oke lah... aku suka yang adegan Tao nangis di akhir MV... gak tau kenapa tapi feelnya lebih dapet daripada yang lain... mungkin karena Tao kebiasaan nangis menganak sungai kali ya aslinya.... jadi ekspresinya dapet....

    BalasHapus
  30. hahaha, sukses ngakak baca MV Review ini kak. yang paling aneh waktu pertama lihat MVnya itu pas adegan Kris ngelukis, orang ngegambar membernya aja kaya gambar anak TK trus tiba2 uda selesai dan kanvasnya kosong, kasian cewenya Kris..
    mungkin nanti di akhir tahun (halah tinggal hitung hari) bakal keluar MV drama lanjutan Wolf + Growl, kan itu ceritanya nangguuuuung banget pake pollll. mungkin yaaa, mungkiiiiiin saja, aamiin ..

    BalasHapus
  31. Kak aku suka review kakak dan jujur aja ngakak banget bacanya dan juga review mengenai lagu2 ballad dan mv exo terbaru ini :)
    Tapi maaf ya kak sebelumnya. aku baca dari translate dari lagu Miracles in December ini tuh ceritanya mereka tuh mengenang cewe yang belum sempet mereka tembak karena si cewe keburu meninggal dan mereka tuh kaya nostalgia gitu ke musim salju tahun lalu. jadi bukan di tolak atau minta balikan gitu. Dan Tao disini kaya muter balik waktu ke tahun lalu waktu mereka ketemu sama cewenya. mohon koreksi juga kalo ada yang salah :)

    BalasHapus
  32. kak,,, aku juga gak bisa komentar apa-apa lagi,,, AKU SUKA juga...
    review nya juga suka.
    udah cuma mw bilang itu aja.

    BalasHapus
  33. gue curiga yang dimaksud "miserable power" itu kekuatan berubah jadi serigala gitu....??

    duh om, sumpah deh ya nyingkat nama-nama nya ngak enak banget -___-.

    nanti EXOFans cari siapa cewek yang ketemu sehun di mv, kalau dah ketemu kita benci, eh ya ngak juga sih ya, kan ngak ada adekan "kai-sohee" .. otidaa

    emang bener sih om, ByunChen ngak dimasukin karena durasi.. ngak mungkin nanti MV-nya jadi 5 menit cuma gara-gara ByunChen... salah sendiri member kebanyakan *loh

    aaa flashback lagi... paling enggak mereka sadar kalau mereka itu manusia buka serigala lagi

    BalasHapus
  34. MVnya keren,gue suka banget lagu ini.
    Waktu pertama denger ,ini lagu galau amat,karena gue gak suka galau,dan ajaibnya (mungkin gue kena sihir kata2 "Miracle" Haha) gue bisa aja gitu netesin air hujan /eh air mata,walau masih nyangkut dimata dan gak netes2 (ceritanya gue menghayati)

    Waktu gue liat Kris ngelukis,eh dia bawa itu kanvas masih kosong,jahaha...kena sihir apa lu kris?kok dari basket ke kanvas? Peace..

    Gue tetep suka liatin muka Chanyeol yang adegan nangisnya ngakak *menurutgue* karna Yeol memang suka lawak juga jadi pas nangis eh dianya mingkem dulu,makin unyu.Hahaa

    Terus Kai,he's perfect as always...
    Gue agak envy sama anjingnya..*yailahnyamainguguk*
    Disitu anjingnya digendong,dielus diCIUM,mending dia nyium gue (mimisan)

    Seneng banget pas liat lulu (luhan) nyanyi ,yeojanya keliatan! HAHAHA *ketawalicik* siapa suruh mukanya cantik?sampe envy dikatain kawan lebih cantik luhan...whateverlah
    Yang jelas Luhan nyentuh banget mukanya..

    Hmmm,waktu adegan Tao milih jas ato apalah itu ya ,Mukanya udh leiatan bener sedihnya wkwkw,kasian juga om panda kita gaberhasil mundurin waktu..

    Okedeh,reviewnya membantu banget!sukses terus ya sama review yg akan datang..


    Salam Yeol..

    BalasHapus
  35. nyahahahaha. jujur ye, ni rewiew sukses bikin gw ngakak. jarang gue comment ke gini. dan good job buat @ronzzykevin yang uda buat gue ketawa smpe 3x ke kamar mandi kebelet pipis.

    Dan yang paling buat gue ngakak nih, yang ni ~> "nonton lomba cover dance tiba-tiba ada botol teh walini".
    nyahahahahaha. sumpah tawa gue langsung meledak sampe mak gue tanya gue ngapain *oke, abaikan*

    good job!!! dan kalo EXO ada MV baru, teruskan reviewmu. gue akan selalu baca. karena buat gue sehat (3x ke kamar mandi dlm 1 jam) *karna ngakak apa anyang-anyangen*
    :)

    BalasHapus
  36. beneran, ketawa parah pas bahas kenapa baek sama chen nggakada storyline nya! xD dan aku beneran bayangin kalau mereka ada storyline, yang ada malah jadi banyolan.......
    bukan karena aku suka, no, cinta sama chanyeol oppa trus aku bilang actingnya keren, tapi seriously he is adorable in this MV!
    overall, good job! its a good review, no, daebak review! luvit!
    annyeonghigaseyo~

    BalasHapus
  37. kaaakkk..buruan review still you nya eunhaee..*tereak pake toa..gue tungguu...yaelah mv ini bikin meleleh sampe gue niat banget bikin fanficnya..

    salam kenal XD

    BalasHapus
  38. sedih ternyata ceweknya cuman hayalan, ternyata exo tukang menghayal ya -_-
    huaaa aku suka banget reviewenya hehehe sukses buat kakak yang udah bikin aku kayak orang gila ketawa-ketawa sendiri.... :D

    BalasHapus
  39. Postingan barunya mana???? Kakaakkkkkkk....

    BalasHapus
  40. dan postingan lu selalu bikin ngakak kak xD
    masalah kris ngelukis itu gue cuma pasang tampang O.o
    pas chanyeol nangis di bagian agak akhir entah kenapa gue ngikik
    oh ya entah kebetulan atau gimana main vocalnya exo itu tingginya relatif sama ya. bagus dah, pas adegan muter-muter jadi gak ada yg terlalu terdiskriminasi. dan gue malah bingung sebenernya gue ngomong paan -_-a

    BalasHapus
  41. kak, menurut aku, superpower yang dimaksud itu mirip2 kaya' ilmu hitam di Indonesia kali ya. mereka sibuk bikin ritual gitu sampai ngecuekkin si ceweknya trus ditinggalin gara2 mereka terobsesi supernatural power-nya itu XD
    opsi ke-2...
    mereka ngejadiin ceweknya tumbal buat dapet itu miserable power (APAAN)
    hehe

    BalasHapus
  42. Review EXO MID nya hampir sama dengan apa yang gue pikirkan, kak Ron! Hahaha, two thumbs up lah buat kak Ron! Penjabarannya mantab banget! XD

    Tapi gue agak terganggu dengan apa itu? "Nonton lomba cover dance tiba-tiba ada botol teh walini"
    Gue : "SIAPA YANG NARO TEH WALINI DI SITU? SIAPAAAA?" Lalu membelasut gaje (abaikan)
    SUMVAH! Gue ngakak sampe pen ngompol rasanya hahaha XD

    BalasHapus
  43. Lucu... bisa sedetail itu ngreviewnya. Apalagi yang lukisan itu. Hahaha.. ngeh aja lagi bagian ngelukisnya.

    Tadinya pengen bikin review juga. Karna gue juga suka banget nge-review MV Drama. Tapi gue yakin bang ROn udah duluan ngereview. Eh gue check beneran udah ada. Yaudah akhirnya gue ngereview EXO RunningMan aja deh.

    maen keblog gue y bang

    http://nonoyyongie.blogspot.com/2014/01/aksi-exo-in-running-man.html

    BalasHapus
  44. telat coment.,.? tp sumpah ini postingan bikin ngakak :D realistis juga kalo di jabarin lewat story....

    BalasHapus
  45. BTW, tao bawa kado kok kak!
    coba aja perhatiin, waktu di depan concert hall itu, tao pegang kotak warna putih.

    BalasHapus
  46. ternyata kanvasnya kris bener2 ada gambarnya kak, pake pensil 2B beneran. ada di BTS exo first box..

    BalasHapus
  47. Ngakak omg. Part baek yang " oohh ohh " ganahan omg *pingsan*

    BalasHapus
  48. kepanjangan BDC ama BCL apa sih ?

    BalasHapus
  49. Agista Saraswati16 Juli 2015 pukul 19.07

    Baekhyun D.O Chen / Baekhyun Chen Luhan

    BalasHapus