Direct Message


Sebenarnya gue tuh takut banget deh buka DM belakangan ini. Hihihi... Sejak posting-an soal satu fandom di blog gue beberapa bulan yang lalu, gue jadi suka ngeri kalau lihat notifikasi ada DM masuk. Di saat yang sama gue tuh juga orangnya nggak bisa kalo liat notifikasi numpuk. Harus dibuka dan harus dihilangkan supaya nggak bikin gagal fokus. Tapi setelah ramai posting-an “toksik” waktu itu, udah, gue nggak berani lagi liat DM. 

Agak malas sebenarnya bikin tulisan lagi terkait tulisan itu. Semacam... apa namanya? Klarifikasi? Wkwkwkwk. Kalau ada selebgram atau selebtweet yang sedang kena bash biasanya kan langsung bikin video klarifikasi gitu. Gue nggak bikin karena emang nggak ada yang harus diklarifikasi. Posting-an itu isinya juga sebenarnya klarifikasi kan. Klarifikasi perasaan dan dendam-dendam kesumat. Gue pas nulis itu udah tahu pasti, pasti bakal ada yang tersinggung. Tapi kejujuran kadang menyakitkan jadi yaudah. Kejujuran dari orang-orang itu juga yang kayaknya mampir ke DM gue. Gak berani gue buka, maaf, hihihi... 

Ada tuh gue sempat ngerasa bersalah karena tulisan itu. Tapi setelah gue baca ulang dan gue kasih temen gue baca, kami pun sepakat kalau tulisan itu dibaca dengan kepala dingin dan penuh pengertian (cailah minta banget dingertiin) sebenarnya isinya hanyalah ungkapan hati seorang istri, nggak, maksud gue fanboy, yang tersakiti, nggak maksud gue yang jujur apa adanya aja wkwkwkwkwwk. Biasanya gue sangat menantikan respons kalau abis nulis di blog, tapi untuk yang satu itu gue nggak mau lihat respons siapapun sama sekali. Apalagi respons yang masuk ke DM. Ngeri cuy. 

Butuh dua atau tiga hari buat gue bisa terbiasa dengan Twitter lagi. Gue pun mikir, “Oh jadi gini rasanya anxiety karena media sosial, tuh?” 

Sempat kepikiran buat deactive dan segala macam tapi urung gue lakukan. Sudah bikin akun baru buat spazzing pun akhirnya nggak digunakan. Gue baru berani ramai-ramai lagi di Twitter setelah beberapa kejadian serupa menyusul tapi menimpa orang lain dan melibatkan fandom yang sama. Dalam hati gue berteriak. Kayak... kesel aja gitu. Tadinya gue kayak sempat yakin apa yang gue tulis itu sebenarnya hanyalah sebuah fase, mungkin nanti akan lewat dan nggak akan ada lagi orang-orang yang kayak gitu menanggapi sebuah tweet dan sebagainya. Eh ternyata masih tetap aja ada. Hihihihi... 

Jadi yaudah. Sebuah pelajaran aja sebenarnya sih buat gue bahwa semakin besar sebuah fandom semakin mengerikan konsekuensi buat mereka yang punya pendapat berbeda dengan mayoritas dan disuarakan dalam sebuah tulisan yang bisa diartikan berbeda-beda oleh setiap orang. 

Sebenarnya ada juga sih yang DM-nya tuh sopan, baik-baik gitu. Tapi karena gue keburu ngeri ngeliat DM-DM yang sebelum itu, DM yang sopan akhirnya gue cuekin juga. Bahkan DM-DM lain pun gue biarin nggak gue buka. Sekarang gue uninstall Twitter di handphone dan gue merasa sangat damai meski curi-curi buka lewat web tapi setidaknya nggak seimpulsif itu. 

Pas Disie aka topkrisus mengalami kejadian yang sama setelah dia komentar soal Chen, dia langsung hapus tweet dan masih buka DM lalu posting screenshot DM-DM yang masuk ke dia. Mostly isinya marah-marah. Sementara gue pas kemaren di-bash, boro-boro delete tweet. WKWKWKKWKW OGAH BANGET. Kalau semua kemauan dikit-dikit harus diikutin kan lelah juga. Ya tapi setiap orang mengantongi kebenarannya masing-masing. Cukuplah beban di hati dan anxiety jadi hukuman buat gue karena posting-an itu. Hihihih. 

Sekarang-sekarang ini isi DM sudah lebih kalem. Sudah nggak terlalu mengerikan karena orang-orang yang marah waktu itu juga mungkin sudah nge-block gue. Jadi kalau pun gue balas DM mereka juga nggak bakal liat kan. 

Sejujurnya gue tuh orangnya dulu suka banget bacain DM dan balasin DM orang. Di Instagram apalagi kalau ada yang DM nanya rekomendasi film atau series, atau lagu yang sedang gue dengerin sekarang, atau sekedar ngasih tahu kalau mereka dengerin podcast gue dan setuju dengan apa yang gue bilang di podcast, gue akan dengan senang hati ngobrol dan balas-balasin DM-nya. Gue tuh walaupun pemalu anaknya tapi senang banget ngobrol. Gue rasa orang yang nemu Instagram atau Twitter gue juga pasti kurang lebih punya kesenangan yang sama, kalau nggak k-pop ya EXO, kalau nggak EXO ya WayV, kalau nggak WayV yang SM Entertainment. Jadi pasti ada hal yang beririsan dan menarik buat dibahas dan gue akan senang banget ngebahas itu. 

Walaupun belakangan ini agak lelah sama sosmed dan karena gue lagi keranjingan main Genshin Impact, tapi ada kalanya gue juga ingin bicara dengan umat manusia lalu gue menyambangi media sosial buat sekedar bilang “HAH LAGU INI BAGUS BANGET” atau “ANJIR GUE NGE-GACHA GAK PERNAH BENER DAH” gitu. Seneng banget terus gue kalo ada yang nanggepin tweet-nya. Hihihihi... diem-diem gue tuh suka ketawa-ketawa sendiri kalo ada yang balesin tweet. Orang-orang ada aja waktu ya buat balesin tweet gak jelas gue. Untuk itu kayaknya emang gue harus mengucapkan terima kasih. Wkwkwkwkkw. 

Hari ini ada yang DM gue di Twitter. Namanya Debby. DM-nya baik banget dan ramah. Makanya gue tulis di sini karena baik, kalo nggak baik nggak mau ah ngapain nyebarin hal-hal tidak baik MUAHAHAHAHAHHAH (PADAHAL SENDIRINYA NGATAIN FANDOM SENDIRI TOKSIK) (EH RALAT MANTAN FANDOM) (KAN SEKARANG AKU FANS NICHOLAS SAPUTRA). 

Debby DM gue dan bilang terima kasih karena gue sudah memberikan sedikit hiburan buat dia lewat tulisan-tulisan gue di blog ini. Dia juga sudah baca blog gue sejak 2012 dan sekarang 2020 dan itu berarti udah delapan tahun dia terdoktrin dengan kebegoan gue. WOW GUE KAGET. Tapi beneran DM Debby bikin senyum banget. Dia juga nulis nama gue di blog dia lewat sebuah tulisan dan dia bilang kalau tulisan gue menarik dan menghibur. 

“I love the way he expresses his feelings,” katanya di tulisan itu. 

Walaupun gue sendiri sangat tidak jago dalam mengekspresikan perasaan gue ke orang yang gue suka misalnya, tapi topik-topik soal galau dan k-pop cukup jagolah gue. Debby nge-DM-nya terlalu baik sampai-sampai gue besar kepala. Tapi DM itu cukup memberikan kehangatan di hari hujan yang cukup dingin di penghujung 2020 ini. 

Di Instagram gue juga nerima DM dari seseorang dengan display name Bola pingpong. Dia adalah follower baru di Instagram gue dan mulai nge-follow karena mendengarkan Podcast ngedrakor! Di Spotify. 

“Tadi pagi dengerin episode 1 podcast ngedrakor! sampai udah di Mr. Queen,” katanya. FYI, episode Mr. Queen adalah episode terbaru. 

I’m flattered. 

Dia menyempatkan waktu buat dengerin 44 episode podcast gue aja udah sangat membuat gue senang. Dan dia reaching out dengan kirim DM ke gue memberikan semangat lalu bilang makasih karena sudah bikin podcast itu bikin gue jadi kayak... wow... masih banyak orang-orang yang bener-bener meluangkan waktunya untuk melakukan hal-hal baik dengan mengirim DM yang berisi kata-kata baik buat gue kok. 

Okey, bukan berarti mereka yang kemaren DM gue nge-bash karena tulisan itu bukan orang baik. Ya kan salah sendiri kenapa lu bikin tulisan yang nge-trigger orang buat marah-marah sih @/ronzzykevin. 

WHWHWWKWKWKWKWKWKKWKWKW 

YAK MULAI MENYALAHKAN DIRI SENDIRI. 

GASEHAT. 

GABOLEH. 

Tapi gue seneng sama DM-DM itu, yang baik dan yang tidak baik. Karena yang baik membuat gue merasa lebih baik, yang tidak baik membuat gue merasa mereka masih memikirkan mental gue in a way. Ya kan? Alih-alih nulis hujatan di timeline yang bisa dibaca orang-orang, mending menghujat di DM aja yang baca orang yang ingin dan minta dihujat langsung. 

:p



Share:

0 komentar