Sir Naksir... Ta Cinta...

Hmmm... sudah lama banget nunggu-nunggu kapan ya gue nulis soal cinta? Hahahaha... selama ini nggak pernah kepikiran sama makhluk yang satu itu. Terlintas sedikit, tetapi kemudian pergi entah kemana. Yang satu ini, seperti kata orang-orang, memang sedikit susah untuk dideskripsikan. Selain bentuknya yang abstrak, datangnya juga tidak pernah rutin. Sekali. Tetapi kuat. Sedetik. Tetapi hebat.

Kalau ngomongin cinta, mungkin kejauhan kali ya? Sekarang bagaimana kalau kita ambil satu hal kecil sebelum cinta itu ada: Naksir.

Yakin banget kalau semua orang pasti mengalami hal ini sebelum akhirnya dia jatuh cinta dan menjalani cinta. Ya... Naksir itu adalah reaksi yang wajar antara pria ketika melihat wanita, wanita ketika melihat pria, pria ketika melihat pria ataupun wanita ketika melihat wanita yang menarik hati mereka. Naksir adalah fase awal dari cinta. Naksir-lah yang memaksa kita untuk mencintai, walaupun mungkin tidak untuk dicintai.

Gue punya cerita soal naksir-naksiran sama orang. Dan ini terjadi sudah sejak lama. Ya... sejak gue masih kecil. Tapi itu... kata orang sih nggak penting ya, cinta babi atau apa gitu namanya. Tapi pengalaman yang paling gue inget adalah waktu SMP, SMA, dan sekarang pas kuliah.

Selain naksir Emma Watson, waktu SMP dulu gue sempat naksir sama salah seorang temen sekelas gue. Orang ini dulunya sombong, kayaknya nggak mau banget kenal sama orang yang nggak satu level sama dia. Misterius dan suka menyendiri. Tapi sebenarnya dia itu orangnya lucu, ribut dan suka ngebanyol. Awalnya gue nggak kenal sama dia karena kita nggak pernah komunikasi sebelumnya. Gue cuma tahu namanya dia dari anak-anak yang sering obrolin dia karena dia berasal dari suatu tempat yang jauh. Tapi waktu ngeliat dia... orang itu lucu sekali. Mukanya beda sama yang lain. Dia dia bikin gue naksir. Mulailah... gue beraksi dan menjalankan acara kenalan kecil-kecilan. Waktu kelas satu SMP kita belum kenal sama sekali. Tapi kita mulai deket pas kelas dua SMP. Uhuy... Hari-hari itu berasa berharga banget kala diinget-inget sekarang. Tapi sekaligus juga bodoh. Waktu kelas dua SMP kita sering menghabiskan waktu bersama, kemana-mana bareng dia, udah deket dan nempel banget. Jarang ada konflik atau apapun. Dan sejak itu kita menjalani yang namanya HTS. Kekeke... Apaan tuh? Hubungan Tanpa Sex? Waakakakak Hubungan Tanpa Status. Ahem. Nggak enak emang kayak gitu, berasa digantungin ya? Dia ngerasa digantungin, saya merasa tidak berdosa menggantung dia. Kidding. Yah... pokoknya yang namanya deket-deket gajelas gitu nggak enak sama sekali. Gue mencoba untuk memberikan kepastian hubungan kita, tapi saat itu gue terlambat, dia sudah jadi milik orang lain. Jadilah waktu itu gue menderita sendiri dan merasa bahwa gue adalah orang paling bodoh se United States.

SMA dulu gue naksir Kristen Stewart, tapi berhubung Robert Pattinson lebih cakep dan lebih tinggi dari gue (padahal cuma menang vampir doang lu, Bert) dia milih cowok itu. Gak apa-apa deh, gue ikhlas kok. Lagian di SMA ini gue punya inceran baru (selain mungkin anak SMP yang gue taksir itu karena dia juga masuk SMA yang sama). Inceran gue ini--aduh nggak enak banget nyebutnya inceran--aaah. Mangsa gue berikutnya *loh? sama ajaaa* Ahem... Target *nah!* gue berikutnya ini adalah temen sekelas gue. Pertama kali gue liat dia, dia itu beda dari yang lain. Paling imut deh gitu. Karena emang badannya juga kecil dan mukanya itu anak kecil banget. Lucu deh ngeliatnya. Orangnya kurus dan pemalu. Bisa dibilang gitu deh. Waktu itu gue kenalan sama dia pas pelajaran bahasa Inggris. Thanks buat Pak Wahid yang udah ngasi tugas saling bertanya cita-cita ke semua anak satu kelas dan itu yang buat gue berani ngomong dan kenalan sama dia. Awalnya memang malu-malu, tapi lama kelamaan jadi biasa. Apalagi waktu masuk semester dua gue memutuskan untuk pindah duduk dari sisi Selatan ke sisi Utara dan gue duduk persis di belakang dia. Haha... lucu rasanya kalau jaid penguntit. Tapi gue berhasil memenuhi hasrat untuk melihat dia waktu itu. Dan... hmmmm... gue rasa taksiran gue yang ini agak lain deh. Dia orangnya baik banget dan sejak gue pindah duduk itu entah kenapa kita jadi deket dan sering ngegosip. Saling tuker-tukeran catetan, saling tuker-tukeran MP3 lewat bluetooth, ketawa-ketiwi bareng, semua yang biasanya teman sebangku lakukan deh. Dan sejak saat itu gue merasa dia lebih baik jadi temen gue aja, bukan pacar gue. Sedikit cemen, karena tidak berani mengambil resiko untuk menghancurkan hubungan setelah putus, tapi yah... mungkin waktu itu memang keputusan yang tepat untuk tidak menjadi pacar dia karena dia juga sudah punya pacar. :p Semester dua kelas satu itu bener-bener asik banget deh pokoknya. Hal yang paling gue inget adalah gue sering banget nulis kata-kata SOULMATE di buku tulis gue, buku pelajaran gue, bahkan buku pelajaran orang. Dan buku itu masih ada sampai sekarang. Harusnya gue posting fotonya ya biar jelas, tapi gue lupa naruh bukunya di mana :) Yeah, geng SOULMATE SMALA X.1 2006/2007, apa kabar kalian sekarang, eh? Rani, Putri, Ririn, Najah, Alwan :p kapan kita contek-contekan lagi? Ahahaha... salah satu dari kalian saya suka loh! Tapi jelas bukan Alwan ya... maaf-maaf aja. ahahahaha

Kuliah... Hedeh... inilah masa labil yang bener-bener labil. Selain mengaku-ngaku jadi dongsaeng dari banyak hyung (ahahahaha), di masa kuliah yang baru beberapa semester ini adalah masa-masa paling berat dan banyak banget cobaan. Mulai dari cobaan di kuliah sendiri, sampai cobaan keluarga. Tapi yang paling nggak tahan adalah cobaan naksir sama temen sendiri yang sudah punya pacar (lagi). Hmmmphhh.... masalah ini sebenarnya sama aja sama naksir-naksiran SMA itu. Cuma yang ini lebih complicated. Gue kenal sama orang ini sejak pertama masuk kuliah. Orangnya baik banget, dan perhatian sama orang. Terkadang dia bisa jadi orang yang nyebelin yang selalu bikin gue mikir ulang buat deket sama dia. Tapi lama kelamaan, seiring dengan waktu yang berjalan, intensitas ketemu dan lain-lain yang bikin kita semakin deket, gue jadi suka sama dia. Awalnya gue menikmati perasaan suka itu sendiri karena gue mulai terbiasa mencintai diam-diam. Tapi lama-kelamaan kok malah mengganggu ya? Pengen rasanya gue bilang ke dia kalau gue suka sama dia dan tanya ke dia apakah dia mau jadi pacar gue. Tapi... semua itu rasanya tak mungkin ketika gue tahu dari mulut dia sendiri, secara nggak sengaja di suatu sesi curhat, dia sudah punya pacar. JDGER! Hancurlah gue... sekali lagi cinta gue tak terbalas sebelum gue sempat mengungkapkannya. Haah... nasib lo, Ron. Kasian banget. But, perasaan gue ke dia tetep sama. Rasa yang muncul setiap kali dia dateng, berdiri, duduk di deket gue tetep sama. Gue tetep suka sama dia. Gue tetep mau jadi pacar dia kalau dia mau. Gue tetep bersedia bantu dia apapun yang dia nggak bisa lakuin (tapi keseringan sih gue yang minta bantuan :p ciri-ciri anak manja), dan gue mau ngelakuin apapun buat dia kalau dia mau jadi pacar gue. Tapi... sekali lagi itu nggak mungkin. Seiring dengan berjalannya waktu, dia jadi sering curhat sama gue dan dari situ gue tahu kalau dia sama pacarnya itu serius. Hedeh... mati aja kau Ron! Ya udah, jadinya gue hanya sebatas men-taksir dia saja. Naksir sama orang itu nggak apa-apa dong... Walaupun dia punya pacar, walaupun dia sudah serius sama pacarnya, walaupun dia gila atau apa, tapi naksir itu nggak boleh di larang. Sekali lagi... andalan gue, mencintai diam-diam. Bikin males sebenarnya, tapi gue menikmatinya.

Terakhir, semalem. Gue merasa bener-bener bego dan bener-bener gila. Gue ketemu sama temen lama yang dulunya gue anggep biasa aja, nggak ada perasaan apa-apa. Tapi sekarang, bukan, kemaren pas gue ketemu dia lagi. Oh Tuhaann... entah kenapa gue ngerasa deg-degan dan sangat ingin memiliki orang itu. Bener-benar aneh deh, gue naksir seketika sama dia. Menurut gue dia itu lucu banget dan menggemaskan. Ahahahaha... tapi yang gue heran, kenapa mesti dia ya? Kenapa bukan yang lain? Kenapa mesti sekarang gue ngerasa hal ini? Kenapa nggak dari dulu aja?

Pada akhirnya kita mengerti, bahwa terkadang cinta itu akan datang jika memang sudah waktunya datang. Tapi akan segera pergi jika tidak cepat ditaklukan. Temen SMP gue itu misalnya, karena kita sudah nyaman jadi temen akhirnya niat pacaran jadi punah, begitu juga dengan temen SMA gue itu. Kalau yang kuliah... karena kondisi. Gue nggak mungkin jadian sama orang yang sudah punya pacar. Dan buat yang semalem... entahlah. Apakah gue akan bertindak cepat atau tidak. Apakah ini benar-benar cinta atau cuma naksir. Gue nggak ngerti dan gue nggak mau berharap. Hanya saja... selama naksir itu masih diperbolehkan dan belum diharamkan oleh MUI, gue akan tetap menyimpan perasaan ini. Naksir ke semua orang... walaupun terkadang perasaan ini butuh kepastian.

Buat semua orang yang gue cintai dan gue taksir, maaf yaa kalau kalian tidak diberikan kepastian. Maaf juga kalau saya jadi kepedean gini. Maklum lagi labil. Terima kasih.

Wasalam!

Share:

0 komentar