Kedelai, Si Kacangan yang Bikin Sehat PART 3



Sesuai dengan janji gue di postingan sebelumnya (baca disini), sekarang gue akan memberitahukan kepada seluruh dunia akhirat jagat raya jasmani rohani neraka surga tentang apa itu yang disebut dengan GI atau Glikemik Indeks! Buat yang sering nonton TV dan suka banget sama iklan yang ada Disney Princess melanglangbuana nonton DVD sambil ngomong dengan nada menjijikkan itu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini... Yak! Benar! Anda dapat nilai 100! #apabanget

Glikemik Indeks  atau disingkat GI ini adalah istilah buat tingkatan pangan yang berada dalam skala 0 (nol) sampai dengan 100 (seratus) menurut efeknya terhadap kadar gula darah di tubuh kita. Simpelnya adalah, bahwa makanan yang nilai GI nya tinggi (HIGH GI!--tereak kayak di iklan) akan bisa menaikkan kadar gula darah kita dengan cepat. Nah hal ini berlaku sebaliknya, makanan dengan GI yang rendah akan lambat menaikkan kadar gula darah dalam tubuh kita :) Kesimpulannya tentu saja, kalau kita kebanyakan makan makanan yang High GI, maka kita akan sangat mudah terkena diabetes. Maka dari itu, kita sebaiknya mengurangi porsinya. Bukan menghindari loh ya, tapi menjaga asupannya supaya terkontrol. Nah, apa aja sih makanan-makanan yang High GI itu? Ini dia:

Kebanyakan memang makanan-makanan enak ya? Hehehe... Apalagi Donat sama Kurma. Nyam nyam nyam... Tapi kalau lo emang nggak mau gemuk, mending menghindari makanan-makanan itu untuk dikonsumsi secara berlebih :)

Ada yang High, tentu saja ada juga yang tingkatannya Medium GI :) Yang satu ini berada dalam kategori average. Tingkat GI nya juga rata-rata dan kebanyakan makanannya sering banget kita konsumsi. Apa aja? Cekdisot:

Kalau diliat-liat, dominan makanan yang warnanya kuning-oranye yah? Hehehe...

Untuk makanan-makanan yang Low GI yaitu makanan yang sangat dianjurkan buat kamu yang emang berniat menjaga berat badan dan postur tubuh ideal kamu, yuk nikmati makanan-makanan dibawah ini karena terjamin banget untuk dinikmati tanpa harus takut gemuk. Tapi tetap dalam batas normal dong ya :)

Gimana? Gimana? Sudah tahu kan sekarang mana makanan yang bikin gemuk, yang average dan yang aman?
Pengenalan karbohidrat berdasarkan nilai GI ini penting loh guys sebagai acuan kamu dalam menentukan jumlah dan jenis makanan sebagai sumber karbo yang tepat untuk menjadi sehat dan tentu saja menjaga berat badan kamu. Semakin cepat karbohidrat yang kamu makan diserap oleh tubuh, maka GI nya akan semakin tinggi (oh makanya itu Semangka termasuk High GI karena 90% nya kan air xD), penyerapan yang cepat inilah yang pada akhirnya menimbulkan rasa lapar yang cepat yang pada akhirnya membuat kita malah cenderung mengkonsumsi pangan secara berlebihan :) Kalau karbo yang kamu makan diserap perlahan, glukosa yang dilepaskan juga secara bertahap ke aliran darah dalam tubuh, maka dari itu makanan-makanan ini dikategorikan sebagai Low GI. Pelepasan karbohidrat yang bertahap inilah yang membuat glukosa mampu memberikan tenaga sebatas yang diperlukan sehingga nggak akan disimpan sebagai lemak dalam tubuh kamu! Makanya itu, makanan-makanan Low GI akan sangat membantu menjaga berat badan kamu.

Cumaaaa... kalau makan buah-buahan biasa kan rasanya BASI banget gitu yaaa? Maka dari itulah diciptakan makanan ENAK, LEZAT, dan LOW GI TERJAMIN yang bernama:


SOYJOY ini termasuk dalam kategori makanan LOW GI dengan nilai Indeks 23 - 28 dari skala 0 - 100 jadi kamu nggak perlu kuatir gemuk deh kalau makan Soyjoy!

Nah, sekarang udah ngerti kan? Mana makanan yang bikin gemuk, mana makanan yang nggak bikin gemuk? Makanya, kalau kamu emang mau hidup sehat dan menjaga berat badan kamu, rajin-rajinlah mengkonsumsi makanan Low GI yang berkarbo rendah :) Kalau emang kamu males buat nyari makanan-makanan tadi, simple aja, tinggal ke supermarket terdekat dan beli SOYJOY! Karena Soyjoy terbuat dari tepung kedelai rendah lemak dan tentunya juga sehat dipadu dengan buat-buahan keirng yang LOW GI! Kamu bisa pilih lima rasa sesuai selera kamu: Hawthorn Berry yang ASIK, Raisin Peanut yang CIAMIK, Apple yang FANTASTIK, Mango-Coconut yang extraordinary UNIK, dan Strawberry yang MAGIC!

Gue sudah pernah nyoba semua rasanya dan yang paling TOP itu adalah Strawberry dong :) Tapi nggak nyesel deh nyoba semua rasa karena semuanya ASIK, CIAMIK, FANTASTIK, UNIK dan MAGIC! :)

This is Soy, this is Joy and THIS IS SOYJOY! Fruit Soy Bar xD





@ronzzykevin
http://kaoskakibau.tumblr.com

--sumber
   http://www.soyjoy.co.id/about-soy/benefits/glycemic-index-gi/
   Video buat sendiri berdasarkan data dari http://www.soyjoy.co.id :)
   Foto dokumentasi pribadi, gambar notes juga dokumentasi pribadi loh! xDDDDD
   Logo Soyjoy dari Google :)
   Header Healthylicious 2 pada postingan ini dan 2 postingan sebelumnya dari http://www.soyjoy.co.id :)


Share:

0 komentar