Kedelai, Si Kacangan yang Bikin Sehat PART 2


Heyho~ balik lagi dong gue dengan segala ilmu pengetahuan yang gue punya (sebenarnya nyontek om Google) buat kalian semua tentang Kedelai :) Di Part 1 tadi sore gue udah bahas beberapa kehebatan kacang kedelai mulai dari bisa meningkatkan metabolisme tubuh, menguatkan sistem imun tubuh, melindungi jantung, mengontrol kolesterol dan lain sebagainya (yang bisa lo baca disini), sekarang gue punya 7 Fakta menarik seputar kedelai. Yihaaa~ udah kayak Cinta Fitri yeee pake 7 season. Tapi sayangnya sekarang ceritanya jadi agak *sensor* hihihihi....

Kedelai kan kaya banget tuh ya sama yang namanya protein. Protein yang ada dalam kedelai ini tingkat nutrisinya sangat tinggi loh! FYI juga, protein adalah senyawa organik kompleks yang sangat mengandung gizi. Nah, molekul protein yang ada di dalam kedelai ini mengandung senyawa seperti karbon, hidrogen, nitrogen dan kadang juga ada fosfor dan sulfur yang amat sangat dibutuhkan tubuh. Eits, ini bukan gue yang ngomong loh ya! Tapi Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS yang adalah Dosen Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB :D Menurut om Made Astawan (sok kenal, boleh lah...), protein kedelai itu adalah lebih baik karena kadarnya hampir mendekati protein hewani walau mungkin tidak sama persis. Kemudian menurut om Made Astawan, protein sangat baik bagi tubuh kita yang adalah manusia karena daya cerna dan daya serapnya lebih bagus!

Nah ini dia 7 Fakta seputar kedelai yang udah gue janjikan tadi:

  1. Dibandingkan dengan susu nonfat, kandungan protein kedelai dua kali lebih banyak. Jadi pas banget kan buat kita-kita yang mau menjaga proporsi tubuh, nggak mau gemuk ataupun menjaga berat badan! Bisa banget nih kedelai yang sudah dalam bentuk cair alias susu dijadikan alternatif buat menghilangkan kejenuhan kita sama yang namanya susu nonfat!
  2. Jika dibandingkan dengan satu cangkir brokoli segar, setengah cangkir kedelai memiliki kalsium lebih banyak. Kalau brokoli satu cangkir itu kalsiumnya 62 mg, nah kedelai bisa 88 mg. Banyak kan dari kita yang emang nggak suka makan sayuran hijau, brokoli terutama. Mungkin karena rasanya agak-agak aneh gitu dilidah, apalagi kalau makannya harus sesuai sama kebutuhan kalsium perhari. Wuih~ penyiksaan kayaknya :p Daripada merasa tersiksa, mending makanin kedelai aja. Bisa lebih banyak dapet kalsium dan bisa lebih kuat gigi dan tulang lo! Yihaaa~
  3. Kedelai juga ternyata memiliki serat, zat besi dan potasium lebih banyak dibandingkan ayam. Wah... Gue jadi inget sama temen gue yang alergi sama ayam. Ternyata ada juga ya makanan yang bisa menggantikan gizi yang terkandung di dalam ayam. Tuhan memang adil, selalu memberikan alternatif makanan bergizi sama buat yang nggak bisa makan satu jenis makanan xD #alim
  4. Serat, priteu dan vitamin K dalam kedelai utuh lebih banyak dibandingkan oatmeal atau sejenis sereal. Nah, ini penting banget nih! Jangan cuma kemakan iklan yang banyak melanglang buana di TV kita xD Ternyata oatmeal nggak lebih bagus tuh dari kedelai kalau dilihat dari kadar Serat dan Vitamin K nya xD Emang nih kedelai jagoan deh!
  5. Walaupun jumlah serat kedelai dan roti gandum itu sama, tapi sekali lagi, kedelai itu satu pake dengan lebih banyak zat besi, antioksidan dan potasium :)
  6. Buat yang hobi makan pisang, ternyata potasium dalam kedelai sama loh jumlahnya sama pisang. Hanya saja, dalam kedelai potasium tidak sendiri masuk ke dalam tubuh melainkan bersamaan dengan protein, serat dan juga zat besi.
  7. Yang terakhir tapi tetap bermanfaat, ternyata serat, kalsium, zat besi dan magnesium yang terkandung dalam kedelai utuh lebih besar jumlahnya daripada yang terkandung dalam ikan salmon! Nah kan... yang mahal belum tentu sehat, yang murah meriah belum tentu juga nggak banyak gizinya. Jadi pilih mana makan salmon atau makan kedelai? Sebagai anak kosan, pilih kedelai aja deh... lebih murah. Hahahaha...
Selain banyak banget manfaat dari segi kesehatan dalam tubuh, tepung kedelai juga mengandung banyak zat Isoflavon loh! Isoflavon adalah salah satu senyawa nabati yang disebut fitoestrogen yang memiliki aktivitas sama seperti estrogen tetapi sangat berbeda dengan estrogen manusia. Fitoestrogen sendiri kan berarti estrogen yang berasal dari tanaman. Nah isoflavon ini positif banget pengaruhnya dalam kesehatan nggak cuma buat cewek tapi juga buat cowok! Dalam kedelai sendiri, kandungan isoflavon sekitar 2-4 mg/g kedelai.

Semua yang ada di kedelai tentunya sangat bermanfaat apalagi isoflavon ini. Manfaat jangka panjang kalau kita mau rutin mengkonsumsi sekitar 30-50 mg/sajian kedelai adalah dapat membantu menjaga kesehatan jantung, buat ibu-ibu nih bisa banget menyeimbangkan hormon saat menopause, bisa membangun tulang yang kuat karena meningkatkan kepadatan mineral tulang, mengatur kadar kolesterol darah dan juga zat ini bisa banget membantu mengurangi keriput-keriput di kulit kamu dan bisa merangsang pertumbuhan kalogen. Selain itu, khasiat buat kulit karena isoflavon ini serupa hormon estrogen yaitu bisa menjaga kekenyalan kulit dan menghambat laju penuaan dini. Keren banget kan! Makanya, buat yang pengen tetep terlihat mulus kulitnya, banyak-banyaklah makan makanan dari tepung kedelai karena kandungan isoflavon di tepung kedelai itu ternyata lebih baik sampai 6-7 kali lipat dibandingkan susu kedelainya sendiri. Mungkin karena kalau susu kedelai, banyak bagian ampas yang kebuang kali ya?

Dimana sih nyari makanan dengan tepung kedelai? Hmmm... kalau menurut gue, kalau emang mau terjadi kesehatannya, mending memang diolah sendiri. Kayak misalnya bikin muffin tapi tepungnya pake tepung kedelai gitu... bisa aja kan? Cuma kalau mau gampang, mending contoh cara gue nih:


Yak! MAKAN SOYJOY! Gilaaa... gue suka banget sama ini produk. Walaupun kata temen-temen gue rasanya nggak enak dan aneh, tapi buat gue tetep aja Soyjoy itu enak dan unik! Coba deh lo cari makanan dari tepung kedelai yang ada rasa buahnya, pasti nggak ada! Kalaupun ada, cuma Soyjoy yang ada dalam hati gue :p (Baca postingan lama gue soal Soyjoy disini dan disini)

Nah, kenapa lo semua harus makan Soyjoy? Yang pertama karena memang praktis. Lo nggak harus bikin muffin dari tepung kedelai sendiri buat makan makanan sehat, tapi cukup dateng ke supermarket terdekat dan bisa beli deh. Gampang kan?

Alasan lain karena selain terbat dari tepung kedelai yang bergizi itu, Soyjoy juga mengandung buah-buahan kering yang juga mengandung nutrisi penting kayak misalnya protein, serat, vitamin dan mineral. Tepung kedelai dan buah-buahan ini bukankah perpaudan klop yang sangat sehat? Udah sehat, enak pula! Perfect sudah xD

Selain itu, Soyjoy juga sehat bukan hanya karena nutrisinya tetapi juga cara Om Otsuka mengolahnya :) Pengolahan Soyjoy melalui proses oven bake dengan suhu tinggi untuk mempertahankan rasa dan kandungan nutrisi secara alami. Karena itulah Soyjoy tahan banget disimpan sampai 10 bulan TANPA BAHAN PENGAWET! Haseek... daripada makan cemilan yang dikasi pengawet, MSG, nggak sehat, bumbu-bumbu yang berlebihan, ribet dan bikin zat kimia numpuk di badan, mending makan Soyjoy aja... praktis, enak dan pastinya bikin lo jadi lebih kurus :p Itu dia kan yang penting? Nyemil Soyjoy ini nggak menggemukkan! Karena Soyjoy adalah makanan dengan Glikemik Index/GI yang rendah!

Apa pula itu Glikemik Index? Apa manfaatnya buat tubuh? Kenapa bisa nggak bikin kita gemuk? Yuk tunggu Part 3 xD

@ronzzykevin

- sumber:
  http://www.soyjoy.co.id
  http://www.kliknatoya.com/isi_fakta-unik-tentang-kedelai-yang-terlupakan_0.html
  http://today.co.id/read/2011/04/13/24547/fakta_unik_tentang_kedelai_yang_terlupakan


Share:

1 komentar

  1. ya allah kaaaak,, sekalian iklan nih ceritanya?? =D XD

    ReplyDelete