It's OK, Daddy's Girl [KOREAN DRAMA]. After Watching Review.

Gue kembali dengan review singkat drama Korea yang baru aja selesai gue tonton. Haha... Agak telat sih kalau ngasi review drama yang satu ini karena dramanya juga udah lama banget tayang dan tamat di SBS. Tapi emang gue baru sempat nonton aja. Maklum, mahasiswa sok sibuk.

Sekali lagi, gue kayaknya memang harus mengubah pola pikir menonton drama gue. Awalnya, sama seperti Athena, gue nonton drama pasti karena ada artis yang gue kenal dan gue idolakan. Athena waktu itu pengen nonton karena ada Siwon. Nah kalau IODG ini, gue nonton karena ada Donghae nya. Soalnya kalau nonton drama baru yang gue pilih secara random, suka takut kecewa. Maka dari itu, bahan pertimbangan pertama pastinya siapa yang main. Kalau nggak, denger cerita dari temen-temen kira-kira bagus atau nggak. Kayak misalnya waktu nonton He's Beautiful, gue nggak kenal itu Park Shin-Hye, Lee Hongki, Jung YongHwa, tapi setelah nonton baru tahu dan akhirnya suka sama akting mereka.

Jangan liat drama ini dari poster promosinya, karena lo pasti bakalan mikir, ini drama apa sih? Semacem Cruel Temptation kah? Soalnya posternya emang tua gitu keliatannya. Kayak bukan drama yang isinya artis terkenal. Semacam drama biasa yang di produksi cuma buat ngisi slot kosong di TV. Waktu itu gue sempat mikir gitu. Paling cuma Donghae yang pengen dilihat. Awalnya gue mikir malah Donghae paling cuma sekedar lewat, nggak banyak peran. Soalnya pas gue ngeliat daftar pemainnya di Wikipedia, banyak banget... dan gue yakin Donghae cuma sekedar sekedar muncul. Tapi ternyata salah... Hehehe. Dia jadi bagian penting dalam drama ini karena konflik pemeran utama berhubungan langsung sama Donghae dan sodara-sodaranya.

Kalau dipikir-pikir, ide ceritanya standar. Hampir sama kayak sinetron kita yang bercabang-cabang. Drama ini juga gitu. Mungkin pas awal-awal nonton akan sangat bingung karena belum nemu sebenarnya benang merah ceritanya ada dimana. Ada banyak sekali pemain yang muncul di episode-episode awal yang bakalan bikin kita komentar, "Lah ini siapa lagi nih?" Pas ganti scene lagi, "Nah loh, ini siapa pula?" Semacem gitu. Karena memang Drama ini menceritakan kisah hubungan rumit dan ribet empat keluarga yang masing-masing punya empat sampai lima anggota keluarga. Masing-masing dari mereka punya temen yang punya temen lagi yang juga adalah bagian penting dari cerita walaupun cuma sekedar muncul beberapa detik dalam setiap scene.

Episode-episode awal ngebosenin... cengeng... tapi kalau diperhatikan sebenarnya straight to the point. Bagian-bagian cerita di episode-episode awal ternyata sangat berkaitan dengan penyelesaian konflik di dua episode terakhir. Bahkan bagian-bagian bapak-bapak lagi ngobrol di bar pun adalah bagian yang penting. Jadi emang nggak ada sesuatu yang terlalu menyampah lah walaupun mungkin alurnya boring banget. Cuma karakter masing-masing tokohnya kuat dan konsisten. Kalau udah adorable, bakalan adorable terus. Kalau udah kasian bakalan kasian terus. Kalau udah ngebetein bakalan ngebetin terus. Tapi jelas, di endingnya semuanya akan jadi satu dan akan membaik khas drama deh pokoknya.

Gue nggak bakalan bahas soal cerita deh, soalnya panjang lebar dan nggak bakalan selesai. Cuma yang gue suka dari drama ini selain Donghae nya (hahahaha) adalah pesan moralnya. Jarang-jarang gue nonton drama yang ber genre keluarga dan penuh dengan pesan moral kayak gini. Bikin terharu... Beneran deh, episode dua atau tiga aja Donghae udah nangis-nangis mewek... Hehehe...

Drama ini mengajarkan bagaimana lo harus mencintai keluarga lo, berkorban apapun demi keluarga lo terutama bokap lo. Entah karena memang gue lagi dalam kondisi tidak ber ayah kali ya jadinya kalau liat drama yang banyak adegan Bapak-bapak sama anak-anak nya gue jadi suka terharu dan iri. Pada intinya sih itu... Bagaimana lo mencintai keluarga...

Keluarganya dapet, persahabatannya dapet, yaoinya dapet lah dikit, sinetronnya dapet, dramanya dapet, lucunya dapet, cerdasnya dapet soalnya ada beberapa dialog yang sangat-mahasiswa-hukum-sekali, dan cinta-cintaannya juga dapet.

Dan nonton drama ini juga bikin gue tahu kalau di Korea bisnis Hostess itu ternyata oke juga... (bahasanya nggak enak, bisnis Hostess...)

Seru buat ditonton sendiri dan rame-rame bareng keluarga kalau emang sekeluarga suka drama Korea. Tapi kalau lo lebih suka drama yang porsi artis favorit lo lebih banyak, mending cari yang lain aja. Hahahaha...

Here they are the cast:

Moon Chae Won as Eun Chae Ryung. Ini pemeran utama ceweknya. Awalnya gue pikir dia tua tua gimana gitu yak. Tapi di umurnya  yang 25, dia cukup imut buat meranin karakter ini. Chae-Ryung itu karakternya anak manja kesayangan bokapnya. Selalu diturutin apapun kemauannya. Nggak terbiasa dengan hidup miskin karena orang kaya banget pada awalnya. Tapi waktu bokapnya kena kasus dan lumpuh sementara, dia berusaha untuk berubah dan mandiri. Disukain banget sama Park Jong-Suk, tapi dia gak suka sama cowok itu. Endingnya pacaran sama Choi Hyuk-Ki. Gue suka chemistry dia sama Hyuk-Ki. Berasa lagi nonton fanfiction bikinan sendiri yang difilmin. Hahahaha... Aktingnya bagus... Pantes pernah dapet award pas maen bareng Moon Geun-Young. 

Lee Hee Jin as Eun Ae Ryung. Ae-Ryung ini kakaknya Chae-Ryung. Pemeran utama juga. Dia adalah mahasiswi doktor dari sebuah universitas seni di Busan. Pacaran sama yang punya universitas. Dijanjiin nikah malah cowoknya nggak pernah berani ngajak nikah sementara ibunya si Ae-Ryung ini agak psiko menurut gue. Dia melakukan apapun supaya Ae-Ryung cepet nikah dan dia nemu satu ahjumma dari biro jodoh yang akhirnya mempertemukan Ae-Ryung sama Jung Jin-Goo. Jin-Goo adalah anak pemilik rumah sakit terkenal. Waktu bokapnya sakit, koma dan lumpuh, Ae-Ryung memutuskan untuk mau menikah dengan Jin-Goo demi pengobatan bokapnya. Beruntung Ae-Ryung disayang sama ayah mertuanya. Meskipun sempat ada konflik dan Ae-Ryung disiksa ibu mertua, tapi endingnya oke. Bahkan Ae-Ryung yang sebelumnya nggak suka banget sama Jin-Goo jadi jatuh cinta beneran karena cowok itu ternyata punya sisi yang bener-bener bisa bikin Ae-Ryung nggak bisa berhenti nangis dan nggak bisa menolak setiap apa yang dikatakan Jin-Goo.


Choi Jin Hyuk as Choi Hyuk Gi. Hyuk-Ki adalah kakak Choi Duk-Ki yang jadi kunci dan benang merah konflik utama di drama ini. Waktu awal-awal drama, Hyuk-Ki nggak banyak muncul karena masih WaMil. Tapi setelah keluar dari Army, dia berusaha bareng sama Wook-Ki buat mengungkap kebenaran soal kematian Duk-Ki, adiknya. Dia juga berusaha supaya bokapnya si Chae-Ryung nggak jadi dipenjara karena pada awalnya, bokapnya Chae-Ryung lah yang dikira membunuh Duk-Ki padahal itu semua kejadian yang diatur sama si Jong-Suk. Hyuk-Ki ini sosok kakak cowok yang the best banget di drama ini. Dia sayang banget sama dua adiknya, Duk-Ki dan Wook-Ki. Bahkan mereka melakukan banyak pekerjaan untuk saling memenuhi kebutuhan satu sama lain. Gue selalu suka kalau di drama ada adegan hyung-dongsaeng (kakak laki-laki dan adik laki-laki). Jin-Hyuk dan Donghae dapet banget chemistry nya. Soalnya di drama juga di ceritain kalau tiga bersaudara ini sangat dekat dan bener-bener sodara banget. Hyuk-Ki suka sama Chae-Ryung dan baru jadian di akhir film. Kenapa dia memutuskan untuk mencari kebenaran soal kematian adiknya, karena dia adalah mahasiswa Hukum yang kemudian jadi seorang ahli hukum terkenal di akhir drama. Sempat mikir Hyuk-Ki bakalan sama Ae-Ryung dan Wook-Ki yang bakalan sama Chae-Ryung, tapi ternyata salah.




Lee Dong Hae as Choi Wook Gi. Donghae berperan sebagai adiknya Hyuk-Ki yang juga ikut membantu Hyuk-Ki mengungkap kebenaran kematian kakaknya. Donghae disini perannya suka nangis, tapi pekerja keras banget. Aktingnya juga natural. Dan setiap ada adegan lari, dia keliatan kayak lagi dance. Hahahaha... Hyuk-Ki dan Wook-Ki punya hutang sama keluarga Chae-Ryung 500 juta dolar karena uang itu awalnya sebagai kompensasi atas kematian Duk-Ki dari keluarga Chae-Ryung, tapi dibawa kabur sama orang tua Hyuk-Ki dan Wook-Ki karena mereka kelamaan miskin, ngeliat uang jadi gila begitu. Dua bersaudara ini nggak berniat sama sekali buat bikin keluarga Chae-Ryung menderita, akhirnya mereka berdua memutuskan buat bekerja apa aja yang penting di gaji buat ngeganti semua uang yang dibawa kabur sama orang tua mereka itu. Mulai dari cuci piring, ngepel, sampai jadi penyanyi di sebuah Bar dan kemudian settle di sana. Sayangnya Donghae nggak ada penampilan live nyanyi di drama tapi dia ngisi soundtracknya. Eh, Si Jin-Hyuk ada nyanyi loh! Suaranya keren juga...



Kang Sung as Jung Jin Goo. Jin-Goo adalah anak pemilik rumah sakit terbesar di Seoul. Ugal-ugalan, nggak kerja, serabutan, dan suka banget gaul sama Marco dan Ricardo, temen-temen yang dia kenal di Argentina waktu dia diasingkan kesana karena pernah menghamili seorang hostess pas dia masih SMA. Bokapnya nggak pernah suka sama dia karena dia trouble-maker banget. Bokap sama nyokapnya sibuk banget nyariin dia istri dan akhirnya ketemu sama Ae-Ryung. Awalnya dia cuma mau sama Ae-Ryung karena Ae-Ryung sepertinya bakalan bikin bokapnya luluh dan bisa sayang lagi sama dia, dan memang seperti itu. Akhirnya Ae-Ryung dan Jin-Goo menikah juga dengan perjanjian bahwa pengobatan ayah Ae-Ryung akan terus dilakukan walaupun Ae-Ryung nggak punya uang buat bayar. Tapi belakangan, Jin-Goo menemukan jati dirinya dan dia pelan-pelan jadi anak yang baik-baik. Dia juga sayang banget sama Ae-Ryung karena bagaimanapun terpaksanya Ae-Ryung menikahi Jin-Goo, ternyata Ae-Ryung punya perasaan yang tulus juga. Awalnya gue pikir peran ini nggak penting, tapi ternyata jadi penting juga... Jin-Goo menurut gue karakter yang paling menarik perhatian karena dia suka bikin gaya-gaya norak.

Jun Tae Soo as Park Jong Suk. Jong-Suk suka sama Chae-Ryung sejak mereka sekolah. Tapi Chae-Ryung selalu nolak dia karena nggak suka. Ini yang bikin cowok ini jadi agak psiko. Karena obsesinya buat dapetin Chae-Ryung, akhirnya dia ngebayar Duk-Ki (adiknya Hyuk-Ki) buat godain Chae-Ryung di episode pertama yang jadi adegan kunci dari drama ini.  Chae-Ryung berhasil selamat, tapi Duk-Ki malah dibunuh sama Jong-Suk. Perutnya di tusuk-tusuk pake tongkat golf terus ditabrak mobil. Untung ada saksi mata yang ngeliat, sahabatnya Duk-Ki. Walaupun akhirnya saksi mata ini dibayar sama keluarga Jong-Suk berhubung keluarga Jong-Suk adalah pengacara terkenal di Korea tapi selalu melakukan hal-hal kotor dan korupsi. Menurut gue peran ini nggak cocok dikasi ke Tae-Soo, soalnya kurang bisa menunjukkan sisi kegilaan seorang cowok karena cewek yang nolak dia. Beberapa kali adegan marah dan gila, Tae-Soo malah keliatan datar banget. Kayaknya faktor muka mirip KimBum dikit yang bikin dia dapet peran. Hahahaha...


Kang Min Hyuk as Hwang Yeon Do. Awalnya gue nggak begitu ngeh sama Min-Hyuk di drama ini dan nggak tahu sama sekali kalau dia adalah drummernya CN BLUE. Tapi ada satu scene dimana dia lagi jalan bareng Donghae dan becanda-becandaannya khas Hyong-Dongsaeng. Haha... Favorit gue banget adegan begituan. Trus aktingnya juga natural. Di satu sisi ngeliat Donghae yang cengeng dalam posisi sebagai adik, tapi setiap bareng Yeon-Do, dia selalu bisa menjadi Hyong yang baik dan kemudian diidolakan sama Yeon-Do. Yeon-Do adalah salah satu pemain band yang akhirnya manggung di bar bareng Hyuk-Ki. Dia sahabat baik dari sahabatnya Hyuk-Ki dan jadi salah satu saksi mata kejadian Duk-Ki waktu lagi godain Chae-Ryung di episode pertama. Karakter ini walaupun cuma penggembira, tapi menurut gue cukup membuat drama ini jadi bewarna. Peran-peran dan karakter-karakter macem Yeon-Do ini selalu jadi favorit gue di drama ataupun fanfiction manapun.


Nam Ji Hyun as Shin Sun Hae. Bahkan guebaru tahu kalau dia leadernya 4Minute. Hahahaha... Peran Sun-Hae sama kayak Yeon-Do, penggembira. Tapi disini jujur aja, kalau nggak ada peran-peran kayak mereka ini, drama ini jadi terlalu serius. Gue suka sama gayanya Sun-Hae yang lucu dan suka ngegodain Hyuk-Ki. Bahkan dia sudah mengklaim bahwa Hyuk-Ki yang biasa dia panggil Popeye adalah suaminya. Sun-Hae adalah adiknya Sun-Do yang diperankan oleh Park Sang-Hoon. Dia juga kuliah di jurusan hukum, ngikutin jejak ayahnya yang sekarang menjabat sebagai kepala Polisi se Seoul. Tipe cewek lucu, tapi cerdas adalah karakternya Sun-Hae. Doohhh~ So fanfiction gue deh. Seriously, Ji-Hyun sangat bisa akting dan nggak dibuat-buat.



Jin Se Yun as Jung Se Yeon. Dia sebenarnya adalah anaknya Jin-Goo dari hasil kenakalannya waktu sekolah. Tapi keluarga menyembunyikan identitas Se-Yun sebagai adik Jin-Goo. Menjelang akhir identitas yang sebenarnya terungkap dan dia sempat ngambek dan kabur ke tempat Wook-Ki. Dia naksir sama Wook-Ki sejak pertama kali ngeliat Wook-Ki dan dia juga tipe-tipe anak manja orang kaya yang nggak bisa hidup miskin. Pas kabur ke tempat Wook-Ki, dia banyak belajar bagaimana Wook-Ki hidup ditengah kemiskinannya dan sejak saat itu dia berubah... Yah, tipe happy ending serial Korea lah ya...




Choi Ja Hye as Seo Hee Jae. Gue nggak begitu merhatiin dia di awal-awal drama, tapi yang jelas dia adalah dokter di rumah sakit bokapnya Jin-Goo yang berniat bales dendam sama Jin-Goo dan nyokapnya. Dari dokter, dia beralih jadi hostess demi menarik perhatian Jin-Goo. Dibantu sama temennya yang namanya Anna, dia berusaha buat menghancurkan Jin-Goo melalui Ae-Ryung. Tapi kemudian dia tahu kalau ternyata selama ini semuanya cuma salah paham dan ada permainan kotor dibalik semuanya (etdah...). Ternyata Hee-Jae adalah sodara tirinya Jin-Goo dari istri pertama bokapnya. Dan dia dendam sama keluarga Jong-Suk karena kalau gue nggak salah inget antara pemalsuan identitas atau apaaa gitu... Akhirnya dia jadi peran penting karena di belakang-belakang, dia juga bantuin Hyuk-Ki sama Wook-Ki buat mengungkap kebenaran dan kejahatan Jong-Suk.

Semua itu pemain-pemain inti walaupun ada beberapa yang nggak gue masukin karena nggak nemu fotonya. Hahahaha...

Overall, drama ini bagus dan menghibur dan pastinya bikin penasaran. Tapi sekali lagi kalau lo lebih suka drama yang banyak idol nya, yang ini kayaknya nggak gue rekomendasikan... Nikmatin aja alur dan jalan ceritanya, kalau masalah cast yang nggak begitu familiar, jangan terlalu dipikirin.

Selamat menonton!

It's Okay, Daddy's Girl

  • Title: 괜찮아, 아빠 딸 / Gwaenchanha, Appa Ttal
  • Genre: Drama
  • Episodes: 17
  • Broadcast network: SBS
  • Broadcast period: 2010-Nov-22 to 2011-Jan-18
  • Air time: Monday & Tuesday 20:55 

Cast

Eun family
Choi family
Jung family
Park family
Other people

Production Credits

(Source: DramaWiki)



@siron407
http://kaoskakibau.tumblr.com

Share:

1 komentar