Mr. Simple Yang Katanya Pemuja Setan


*
Oke, walaupun agak telat dan sangat telat sekali karena Music Video ini sudah ditonton lebih dari 4 juta orang sampai hari ini, tapi gak apa-apa deh ya. Kalo kata pepatah, jangan lihat buku dari kulitnya, jadi ya udah gue share juga deh. Nggak lengkap soalnya rasanya kalau nggak di share, secara dari kemaren udah ada postingan teaser foto, bocoran lirik, sampe gosip bubar. Sekarang yuk yang belom nonton, nonton lah biar kalian nggak jadi pada katrok kayak Firaun yang sudah membusuk.

Nggak ada yang begitu istimewa sih di MV nya bahkan menurut gue terkesan biasa aja. Nggak seperti teaser foto yang mungkin agak out of the box dan my mind karena konsep sirkus gaje itu, dan teaser MV nya juga agak-agak serem dan--ah kita bahas nanti. Yah paling-paling sih di MV ini cuma pengen bikin talit jemuran jadi trend aja. Ada banyak adegan pengen bunuh diri disini, liat aja itu Donghae, Yesung, Ryeowook pada ngalungin tambang gitu. Udah tinggal di gantung di pohon tomat aja. Agak absurd ya? Konsep tali jemuran itu maksud gue... Kenapa nggak pake tali yang lebih oke gitu, tali rafia misalnya?
*

Yang lain, yah paling itu gerakan dance yang kayak orang abis menikur. Ngeringin kuku yang abis di kutekin. Yang lainnya sih biasa aja. Tetep gue lebih suka Bonamana selain musiknya juga agak-agak berbeda, tapi sangat Super Junior. Kalau yang ini, gue nggak tahu ini kayak bukan Super Junior... Ini orang lain... Kkkkkk~

Berkaitan dengan munculnya Music Video ini dan merujuk pada Teaser MV kedua yang dirilis satu hari sebelum MV ini keluar, gue baru saja menyadari bahwa ternyata ada sesuatu di MV ini dan juga MV-MV kpop yang lain yang membuat beberapa orang agak nggak nyaman. Entah karena mereka memang sangat kuat terhadap agama mereka atau memang mereka sudah berada di titik jenuh pada dunia kpop yang bisa dibilang lima tahun belakangan ini memang WOW banget. Sebenarnya ini sih udah lama banget ya dan bisa dibilang basi, tapi jujur aja karena gue emang nggak pernah gaul sama manusia tapi gaulnya sama semut rangrang dan armadilo, jadi gue baru tahu kalau ternyata ada tuh yang namanya ILUMINATI di setiap MV Kpop yang akhir-akhir ini muncul. Awalnya mungkin gue agak nggak mau peduli sama yang ginian ya, karena yah sudahlah cukup menikmati saja para boyband dan girlband ini apa adanya, tapi lama-lama, entah ini karena di Timeline twitter gue selalu ada yang membicarakan soal itu ataupun sebenarnya karena rasa penasaran pribadi akhirnya gue juga mencari-cari soal itu. Sial... harusnya sih nggak usah, karena gue adalah tipe orang yang suka benci sama satu hal kalau udah tahu hal itu sebenarnya buruk... Tapi masalah kpop ini... Oh come on... Haruskah?

Iluminati adalah sebuah sejarah panjang mengenai masyarakat yang menentang gereja pada masanya. Sebut aja gampangnya sebuah persekutuan, grup, geng, atau fandom lah ya, yang menginginkan adanya sebuah dunia baru yang terbentuk di dunia ini dengan menghapuskan semua tatanan kehidupan yang lama. Semacem pencucian otak juga sih karena misi dari Iluminati sendiri adalah menciptakan dunia tanpa pemerintahan, tanpa agama, tanpa kepemilikan pribadi, dan semacam hal-hal yang lo baca kalau lo lagi membahas soal komunisme tapi ini lebih parah. Ya kalau lo pernah baca Angels and Demons atau ngikutin Dan Brown, lo akan sangat familiar dengan hal-hal ini deh... selengkapnya lo bisa baca disini. Simplenya sekali lagi kalau gue bilang ini iluminati semacem secret society--Orde Phoenix kalo di Harry Potter, cuma Orde Phoenix misinya melawan kejahatan--yang punya misi membentuk dunia baru gitu. Nah, misi ini bisa dijalankan lewat apa saja dan salah satunya yang sekarang kita lagi bahas adalah kpop.

Walaupun mungkin sudah sangat lama sekali dibahas dan diperbincangkan, tapi gue baru tahu, jujur aja baru tahu kalau sebenarnya ada banyak sekali MV Kpop yang memang terlihat dan memberi kesan bahwa mereka adalah bagian dari Iluminati, Pemuja Setan, ataupun apa yang disebut dengan Freemason. Nah kesan ini ditunjukkan dari berbagai simbol yang kerap muncul di MV ataupun ketika mereka sedang live perform. Contoh gampang adalah yang sudah ada diatas kita itu, Mr. Simple. Teaser kedua yang keluar menunjukkan sekali bahwa disitu ada sebuah kehidupan baru yang diharapkan. Terus juga simbol-simbol iluminati yang sangat kental sekali terasa dari adegan satu mata atau yang dikenal dengan Seeing Eye yang sering muncul. Sebut aja deh adegan Donghae nutupin satu matanya (atau lebih tepatnya sebelah wajahnya) pake tangan dan kalau lo ada ngeliat adegan kangen band (adegan sebelah mata tertutup dan sebelah lagi tidak), berarti itulah dia iluminati.

Banyak yang bilang kalau sekarang kpop memang sedang dipengaruhi oleh dunia sesat ini. Kalau mau dibahas lebih lanjut, yang paling gampang adalah Lucifer nya SHINee. Dari judul aja udah sesat kalau mau disangkut pautkan. Trus gaya dance nya juga pas ending lagu, tangan kanan menunjuk ke atas dan tangan kiri menunjuk ke bawah itu adalah gaya si Baphomet, yang katanya adalah Dajjal. Di MV lain misalnya, 2NE1 I Am The Best, beberapa kali terlihat simbol-simbol yang diduga (atau sebenarnya memang ya?) memberi kesan bahwa mereka adalah penyebar Iluminati ini. Mulai dari lirik I Am The Best, tulisan The World Is Mine yang katanya sangat menggambarkan bahwa orang-orang itu ingin sekali menguasai dunia (astaga, Voldemort juga kali), trus gerakan dance yang keliatan kayak upacara persembahan gitu. Ada sih emang di salah satu scene di mana Minzy make topi yang ada logo pentagram nya. Kalau yang lain, yah, pokoknya nih apapun yang lo liat di MV manapun yang menunjukkan gambar segitiga, piramid, mata satu, matahari, ya mereka semua katanya adalah simbol dari iluminati ini.

Gosipnya sih di Indonesia juga ada ya, gue gak pernah lihat sih videonya gimana yang dibuat sama para haters atau entah fans atau entah siapa itu. Trus juga pokoknya hal-hal ini sangat identik dengan warna hitam putih seperti yang ada di papan catur karena itu simbol penyembahan pada setan atau Satanisme. Wah wah wah... rumit sekali hidup ini kalau dipikir-pikir.

Hal yang lucu yang gue temukan di sebuah fanpage yang khusus membahas tentang kpop dan "kesetanan" mereka adalah bahwa banyak dari gambar-gambar yang diupload oleh admin, penjelasannya terlalu mengada-ada. Hahaha ya gak sih? Semua yang ada kotak-kotak putih dibilang pemujaan setan, semua yang pake motif piramida dibilang yahudi, semua yang angkat tangan bentuk metal anarki dan sebagainya dibilang pemuja setan. Bahkan yang paling lucu, ekspresi Taemin di salah satu screencaps Lucifer dibilang wajah napsuan yang--ahhh--annoying deh. Yah gue sih percaya gak percaya ya... Cuma ya itu, awalnya sih gue sempat mempercayai beberapa gambar yang menjelaskan sesuatu itu tapi lama-lama mengada-ada juga. Siwon pake eyeliner di MV Perfection aja dibilang pemujaan setan. Ah kasian nyokap gue yang pake celak, dia juga muja setan dong kalo gitu? -___-" Innalilahi... Naudzubillah...
Tapi eh tapi nih ya, balik lagi ke topik Mr. Simple itu, kayak yang tadi udah gue jelasin dikit bahwa Iluminati semacam sekte pencucian otak oleh Yahudi. Nah trus tadi gue juga sempat bilang kalau mereka bisa menginfiltrasi apapun, termasuk kpop. Percaya gak percaya nih, sekali lagi, coba deh lo perhatiin lirik Mr. Simple yang di translate ke bahasa Indonesia ini, walaupun mungkin ini bukan translatean sempurna, tapi cuma sekedar sekedar, cuma kalau diperhatiin, beneran loh, ini liriknya semacem mantra pencucian otak gitu (ahem, katanya):

Karena Anda nakal Hei, Nakal! Mr Simple
Karena Anda nakal, nakal akan Suju!
(Well, lirik di lagunya sebenarnya Because I naughty, tapi yang kesebar banyakan You naughty. Nangkep sesuatu? Yang gue tangkap adalah bahwa SuJu sedang mengajak lo menjadi anak yang nakal... Yuk pecahin kaca rumah lo pake batu, lemparin semua rumah tetangga lo... buktikan kalau lo nakal...)
Anda tidak bisa marah bahwa dunia tidak berjalan sesuai keinginan Anda, Anda tidak perlu marah. 
Pikiran urusan Anda sendiri. Jangan terlalu melekat pada hal-hal sepele, itu tidak baik untuk Anda.
(Gue kopas ini dari email salah seorang temen twitter yang pertama kali menjelaskan gue tentang hal ini. Lihat yang ditebelin? Apa yang lo pikirin waktu baca itu? Apakah lo sedang berpikir bahwa ketika dunia tidak sejalan dengan keinginan lo maka lo harus masuk ke sebuah sekte dimana lo bisa melakukan apa saja dan membuat dunia berjalan sesuai dengan apa yang lo mau? Bisa jadi... Tapi kok gue malah bacanya itu lirik justru memberikan semangat ya? Kalau memang apa yang terjadi nggak sejalan sama kemauan lo, ya nggak usah disesalkan, nggak baik. Jangan mikirin hal-hal sepela lah... Gitu sih kalau gue. Entahlah ya kalo ini dikaitkan (dan memang selalu akan bisa) dengan pencucian otak, bisa jadi juga. Kalimat "Jangan terlalu melekat pada hal-hal sepele" misalnya, kalau pengertian jahatnya kan bisa jadi, "Bahwa lo adalah orang yang penting dan hebat, bukan orang biasa, jadi ngapain lo harus mikirin orang-orang nggak penting di sekitar lo? Orang-orang yang sepele...?" Bisa aja kan?)

Hanya karena kepribadian saya kadang baik kadang buruk, lalu kenapa!?
Harus ada saat ketika performa saya naik kemudian turun
Tidak apa-apa, itu juga baik untuk istirahat kemudian terus,
karena segala sesuatu mempunyai waktunya sendiri-sendiri

Jika Anda seorang pria, menemui teman-teman Anda dan berilah dia dengan minuman (Alright!) Baiklah
Jika Anda seorang wanita, menemui teman, ngobrol dan membuangnya (Alright!) Baiklah, Baiklah 
(Nah hal lain yang gue temukan dari satanisme dan juga iluminati ini adalah bahwa prosesi pemujaannya selalu berkaitan dengan sesuatu yang megah seperti pesta, minuman, mabuk-mabukan, sex dan sebagainya. Inget The Da Vinci Code kan? Ada adegan dimana Sofie ngeliat kakeknya sedang melakukan ritual pemujaan setan dan ada dua orang yang sedang berhubugan seks di sana? Nah itu dia... Kalau lo baca lirik itu, dan sekali lagi kalau mau dikaitkan, lo bisa aja bilang lirik itu sesat, karena ngajak-ngajak minum, ngajak-ngajak buang cewek--hahaha sori bukan itu maksud gue. Tapi lirik "membuangnya" lebih bisa gue artikan kepada, "Kalau lo punya masalah, datengin temen-temen lo dan ceritakan semuanya, dengan begitu lo bisa mengurangi masalah lo dan membuangnya jauh dari pikiran lo..." See?)


Lihatlah Mr Simple, Simple
Anda Anda keren seperti itu
Lihat Nona Simple, Simple
Anda cukup hanya dengan menjadi seperti itu

Ayo pergi, ayo pergi, ayo bergegas dan pergi, mari kita kembali ketika kita diblokir.
Saat anda merasa seperti sekarat, hanya untuk hari ini mari kita bermain dulu 
Saat dunia yang keras berjalan seperti neraka, aku satu-satunya yang sudah aus.
Tunggu saja, simpan saja, karena hari Anda akan segera datang 
(Selalu mengajak bersenang-senang, yah, identik sekali katanya dengan pemujaan setan. Dan liat gak itu kalimat Hari Anda Akan Segera Datang? Katanya itu diidentikkan dengan sebuah hari di mana dunia akan berada di bawah kekuasaan si sekte ini dan seluruh dunia akan menjadi sebuah dunia baru... Sekali lagi, gue melihatnya sebagai, "Well yeah, kalau misalnya sekarang lo sedang ada di kondisi yang down, keluarlah dari kondisi itu sebelum hidup lo mati dan ke blokir kayak kartu SIM hape, main-mainlah dulu buat menghilangkan sejenak penat dan apa yang ada dipikiran lo karena HARI LO AKAN SEGERA DATANG, ya hari dimana lo akan merasakan semuanya lebih baik. Bukankah hidup seperti roda? Kadang di bawah kadang di atas? Itulah hari lo, ketika lo ada di atas... Adil."

Tiup Pikiran Anda Mr Simple
Tiup Pikiran Anda
Waktunya telah datang, jangan takut
Tiup Pikiran Anda Mr Simple
Tiup Pikiran Anda
Waktunya telah datang

(Yang ini menarik... BLOW YOUR MIND. Orang-orang akan menyangka ini adalah sebuah mantra dimana PIKIRAN LO AKAN DICUCI. DI BLOW. DI CREAMBATH. DI SANGGUL. DI EXTENSION... Tapi jangan takut, yeah, karena waktunya telah datang... Waktu dimana dunia baru akan menjemput lo dan lo akan menjadi orang yang berkuasa di dunia... Yeah itu dia. Tapi lagi lagi lagi dan lagi menurut gue, ini hanyalah sebuah kalimat dimana sebenarnya ketika lo sedang bermasalah dengan sesuatu, mikir simple aja, BLOW YOUR MIND bisa gue artikan sebagai HAPUS PIKIRAN JELEK LO SOAL MASALAH DAN HIDUP LO, trus kalau WAKTUNYA TELAH DATANG ya karena memang WAKTU UNTUK MENDERITA SUDAH SELESAI, DAN LO HARUS BERPIKIR BAGAIMANA CARANYA SUPAYA BISA BAHAGIA. Simple right?)
Kita hidup di dunia ini di mana hal-hal yang mengganggu tidak hanya satu atau dua.
Apa yang begitu keras tentang hal ini? Kita hanya harus makan dengan baik, tidur nyenyak dan melakukannya dengan baik juga.
(Jelas ini bermakna positif. Atau ada yang bisa liat negatifnya disebelah mana? Memang kan hidup nggak cuma satu dan dua masalah tapi banyak? Tapi kalau kita sudah bisa terbiasa dan menjalani dengan baik, apa yang begitu keras? Yang penting makan lancar, tidur nyenyak, everything is fine kan? :D)

Jika Anda gila, pergi temui teman Anda dan melepaskannya dengan berbicara di belakang punggung mereka
(Alright!) Baiklah
Jika Anda tertekan, nyanyikan sebuah lagu, berteriak keras dan meniupnya pergi
(Alright!) Baiklah, Baiklah

Dance!
Apakah ada masalah besar tentang hal yang disebut kebebasan? Just Get It
Sedikit gembira karena sebuah kesalahan kecil
Apakah Anda ingin merasa diri Anda hidup?
Bicara tentang mimpi bahwa jantung saya berjalan ke ...
(Tuhan bahkan menganugerahkan banyak kebebasan buat banyak budak di jaman Nabi... Kenapa KEBEBASAN disini harus diartikan sebagai suatu hal yang negatif? Duh... berlebihan. KEBEBASAN--oke mungkin maksudnya BEBAS membunuh siapa saja seperti pada Yahudi, BEBAS untuk mengambil hak milik orang lain. Tapi sekali lagi ya, positif aja... BEBAS disini ya bisa diartikan ketika lo sedang jenuh, ya lo tinggal keluar dari kejenuhan lo dan mencoba untuk bebas. JUST GET IT. GET YOUR FREEDOM!)
Jangan khawatir sekarang, hari baik akan datang berikutnya. Tinggalkan cerita serius di balik senyum cerah untuk hari ini, dengan senyum cerah Anda, setiap orang akan lebih santa.
(Yeah, nggak perlu khawatir HARI BAIK disini konotasinya buruk. Semua suka hari baik. Siapa sih yang mau harinya buruk? Bahkan setiap hari kita bakalan bilang, WHAT A VERY GOOD DAY! Bukankah itu juga berarti hari baik? Kalau semuanya di kait-kaitkan dengan Yahudi dan HARI BAIK berarti hari sabat dan segala macam itu, yah... dah ah... gue bunuh diri aja...)
Pada intinya kan semua itu tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya kan? Oke mungkin gue bakalan dikira pendukung Freemason, Yahudi, atau Iluminati karena kebanyakan orang bilang ini salah dan gue mencoba memberikan pandangan lain yang ternyata juga dianggap salah dan nggak bisa jadi benar. Gue nggak mendukung apapun yang namanya pembunuhan, pengrusakan, pencucian otak untuk suatu hal yang buruk. Jelas. Siapa sih yang mau hidup di dunia yang penuh pembunuhan? Kekejaman? Zionisme? Bahkan FPI sekalipun? Gue nggak mau... Gue nggak suka... Tapi kalau misalnya gue mengartikan lirik lagu tadi ataupun juga beberapa hal yang orang anggap salah sebagai sesuatu yang setidaknya benar jika diartikan dari sudut pandang lain, apakah juga akan berarti salah? Nah...

Gue bilang sama temen gue itu, pendapat dimana-mana nggak ada yang salah. Ada yang bilang ini pemujaan setan, ada yang bilang ini bukan. Ya masing-masing punya pendapat sendiri-sendiri soal itu. Dan kalau menurut gue, bukankah terlalu dini menilai seseorang hanya dari kesukaannya doang? Maksudnya, apakah dengan dia menyukai Kpop yang katanya sarat dengan simbol pemujaan setan kemudian dia juga menjadi seorang pemuja setan sementara tujuh hari dalam seminggu, tiga puluh hari dalam sebulan dan tiga ratus enam puluh lima hari dalam setahun dia selalu melakukan ibadah sesuai dengan ajaran agamanya tanpa cela sedikitpun? Lalu apakah semua ibadahnya percuma hanya karena dia mendengarkan kpop yang katanya memuja setan padahal dia nggak pernah muja setan sama sekali dan bahkan kenal si setan aja nggak? Apakah itu dosa? Apakah kita berdosa?

Hmmmm....

Menurut gue, manusia itu nggak pantes ngitung seberapa banyak dosa dan seberapa banyak pahala yang mereka dapatkan. Kenapa? Karena manusia itu pasti akan egois dan akan menambahkan banyak pahala diperhitungannya dan menghilangkan banyak dosa juga. Tuhan itu MahaAdil, bukan? Masa sih Tuhan akan menghanguskan semua ibadah manusia yang sudah dilakukan selama berhari-hari dalam setahun hanya karena dia suka sama kpop yang sekali lagi katanya mengandung unsur satanisme padahal nggak sama sekali tahu apa itu satanisme? Apakah suka dengan kpop berarti memuja setan dan akhirnya melupakan Tuhan? Ada berapa orang yang lupa Sholat setelah nonton Lucifer? Ada berapa orang yang lupa sholat setelah nonton Mr. Simple? Huff... Gue sok suci banget ya kedengerannya? Iya sih gue emang suka lupa solat pas adzan, tapi kemudian solat sebelum waktunya berakhir. Siapa yang berhak menentukan pahalanya sebesar apa? Lo? Gue? Temen-temen gue?

Semua itu sudah diatur sama Tuhan... Semua tergantung bagaimana lo menyikapinya dan bagaimana lo menjalani hidup lo. Kpop boleh aja sarat sama pemujaan setan, tapi selama lo gak ikut-ikutan memuja setan juga, ya sudah. Selesai... Ada yang bilang musik itu haram. Seharam itukah sampai sampai lo gak boleh sama sekali mendengarkannya? Kan nggak juga... Haram, kalau misalnya dengan itu lo jadi lupa ibadah, lo jadi lupa sama Tuhan lo, lo terlalu terlena sama musik itu...

Gue nggak suka bahas topik ini sebenarnya (karena pengetahuan agama gue masih nol  banget). Beberapa hal ini memang agak susah gue jelaskan tapi sangat bisa gue mengerti... Semua kembali ke diri masing-masing. Kemampuan dan pengetahuan agama gue mungkin memang nggak sejauh apa yang orang-orang diluar sana bisa. Tapi gue yakin Tuhan itu Adil dan dia akan menunjukkan jalannya... (ecie.... JAMAAAAAH OOOO JAMAAAH...)

Kayaknya memang gue harus tanya sama Ustad Maulana nih =3=

Semua yang ada akan jadi positif kalau kita menanggapi dengan positif. Bukankah Allah bilang bahwa "Aku adalah apa yang di sangkakan umatKu?" Kurang lebih begitu lah. Kalau kita berpikir Allah itu Maha Baik, maka kita akan diberikan kebaikan. Kalau kita berpikir Dia itu buruk, maka buruklah jadinya. POSITIF aja sih... Like what SUJU said, just think SIMPLE. Dunia dan Akhirat harus seimbang. Gue yakin, Ibadah lo gak akan sia-sia karena nggak ada di dunia ini yang sia-sia... Bahkan bulu mata lo, bulu idung lo, bulu ketek lo, semuanya ada gunanya... Jadi, masa iya ibadah seumur hidup akan sia-sia cuma karena kpop? Setahu gue sia-sia kalo MENDUAKAN TUHAN. Kita gak memperTUHANkan KPOP kan? Ah setidaknya gue nggak... Yang lain, itu urusan mereka. 

Selamat puasa hari SNSD! (HARI 9. 9 = SNSD)

PS: Parah-parahnya pikiran gue, hahaha gak berenti ngakak kalo mikirin ini, pantesan itu Siwon males-malesan pas perform hari pertama. Dia kan kristennya kuat banget. Kalo disuruh nyanyiin lagi yang ada unsur iluminatinya kan sama aja mengkhianati agama sendiri. Perhatiin deh pas itu comeback pertama di Music Bank, mukanya Siwon kayak nggak kuat lagi pengen keluar dari band ini. Kkkkk~ Trus belom lagi komen komen di Facebook yang bilang, "MEREKA CUMA ANAK ANAK! MEREKA GAK TAU APA APA SOAL INI!" di bawah fotonya Taemin yang dibilang napsuan dan menggambarkan orang kesetanan. Belum lagi fans yang komen, "Kasian Siwon sama Donghae, mereka korban SM dan lagu-lagu setannya..." Hihihihihi~ Semua suka Lady Gaga kan? Lady Gaga sudah jadi tren dunia sekarang. Kalau kpop mau nyontek dikit cara Gaga boleh dong, ya kan ya kan? XDDDDDDDD

PS LAGI: Mungkin perlu juga baca ini supaya nggak salah paham soal apakah gue antis atau bahkan pemuja setan: Klarifikasi & Lagi-Lagi. Bukan maksud apa-apa sih, soalnya udah banyak yang komen di postingan ini dan bilang kalau gue antis-lah, apa-lah xD Nggak masalah sih sebenernya dengan itu, cuma ya prihatin aja. Padahal niat awal gue membuat postingan ini bukan buat ngejelekin pihak manapun, terlebih lagi Super Junior sendiri. Anyway, semua komentar yang masuk ke postingan ini, mau itu menghina ataupun nggak, udah gue publish semua. Boleh di baca satu per satu :)

@ronzzykevin
http://kaoskakibau.tumblr.com

Share:

206 komentar

  1. like this!
    well, sebenernya saya juga ga begitu denger soal iluminati2an masalah KPOP sih. ato bisa dibilang ga urus? yang penting enjoy denger lagunya. Udah.
    btw, suka skali sama deskripsi2mu antara lirik dan pikiran simple itu ron..
    harusnya emang think simple ya..
    ga usah mikir ribet2 sampe iluminati gitu.
    kalo emang mau ribet sih, tu orang2 ga usah pake kpop segala. Di yutub aja udah kesebar iluminati ala a*ma* d**i..

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa bodo dech sama maknanya..
      yang jelas aku suka Kai Exo_K.. Love Kai..
      Love Kyuhyun...

      Delete
  2. kamu dah ngaku ndiri klo pengetahuan agamax nol..gimana sich..lucu buanget!!

    kkkkk,..nggak seru ah!! ohh yah,..makasih yah buat penjelasan kmu mngenai costum our Super Junior d mr.simple...ckckckkc..sumpah bikin gw ketawa..oh yah,..kmu nggak bahas my lovely Heechulyg pake kacamata???itu illuminati juga???hahhahahahaha

    ReplyDelete
  3. eh eh.. Kenalan dong sama yg posting ini! Sk bgd sama artikel lu, bikin mod gw naek turun. Emosi labil, udah kyk bca novel. Hehehe.. Tp gw sk sama bahasa yg lu pk, cara penyampaian yg berat tp mudah dimengerti, jngn2 lu penulis beneran ya?? Hehe.. *firasat*. Yah gw sih org awam yg cuma bs melihat & mendengar aja ttg KPOP tp gw ga bs nganalisis'a & mncari makna. Jd hal2 kyk gini cukup gw tau & ttp besi kekeh menjadi org yg ga tau apa2. Hanya jd penikmat aja, *egois bgd sih gw* hahaha ^^ thnx yaa udh bikin gw bljr bnyak,,! Banyak hal2 yg gw ga tau, jd tau dg gw bca di artikel ini. Ga kyk artikel fanbase kpop, itu mah bikin gw ngakak. Bner yg lu blg, apa2 di blg setan.. MasyaALLAH :D
    saranghae writer,, :*ing ini! Sk bgd sama artikel lu, bikin mod gw naek turun. Emosi labil, udah kyk bca novel. Hehehe.. Tp gw sk sama bahasa yg lu pk, cara penyampaian yg berat tp mudah dimengerti, jngn2 lu penulis beneran ya?? Hehe.. *firasat*. Yah gw sih org awam yg cuma bs melihat & mendengar aja ttg KPOP tp gw ga bs nganalisis'a & mncari makna. Jd hal2 kyk gini cukup gw tau & ttp besi kekeh menjadi org yg ga tau apa2. Hanya jd penikmat aja, *egois bgd sih gw* hahaha ^^ thnx yaa udh bikin gw bljr bnyak,,! Banyak hal2 yg gw ga tau, jd tau dg gw bca di artikel ini. Ga kyk artikel fanbase kpop, itu mah bikin gw ngakak. Bner yg lu blg, apa2 di blg setan.. MasyaALLAH :D
    saranghae writer,, :*

    ReplyDelete
  4. this is my first time gue koment blog lo.
    JUJUR gue beneran merinding baca artikel ini.
    gue ga nyangka ternyata lagu Mr.Simple bisa sampe sejauh itu.
    ahh pokoknya beneran speechless...
    makasih banget udh mau ngejabarin ini, karena gue beneran ga tau sama sekali -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. haa? loe bnran prcya gituan?!

      Delete
  5. daebakk banget ni artikel...aku suka banget,,,smpat galau juga sama SUJU pas liat teaser 2nya..yah tapi m gmna??cintaku sam eunhyuk oppa udah nggak bsa di lupain..(cinta itu anugrah ALLAH ) sama yg kyak hadist "TUHAN menciptakan bumi beserta isinya",so kita sebagai manusia di wajibkan untuk mncintai sesama manusia selain keluarga,teman2(co:eunhyuk,minho oppa),bukan untuk menyembah.tetap kita sebagai manisia jangan terlena sama dunia.yg utama itu TUHAN .aku sering berdoa aja semoga aku ma eunhyuk oppa bahagia di surga tanpa illumintae hahaha *di bakar jewels sejagad raya* XD

    ReplyDelete
  6. aneh..

    yg paling simple ne y, adegan Donghae tutp sebelah mata itu mah emang kebiasaan Hae kaliii... hahaha.. artikel lucuu..

    gw juga pernah baca artikal aneh kaya gini.. katanya Ahmad Dhani itu ilu*gak inget namanya, n males balik lagi baca keatas* n pnyebar muja2 setan ituu... n kasusnya sama, d blang kaya gitu karna ada bndara ato semacamnya.. hadoowhhh... koq kaya nyaa yg nyebar berita yg malah jadiin pembaca berpikiran negatif ya???

    ReplyDelete
  7. sumpah! Postingannya keren banget!
    Bener , suka K-Pop bukan berarti kita menduakan Tuhan ..
    Karna aku ga pernah menTUHANkan K-Pop!
    Aku suka K-Pop ya sebatas suka aja , ga sampe buat aku lupa ibadah ..
    Yang ada makin rajin ibadah buat berdoa di beri kesempatan ketemu sama bias!hahaha XD #plak
    oke , artikelnya keren! ;)

    ReplyDelete
  8. eh om onji..
    kamu fotonya juga sebelah mata tuh...
    ilumination juga jangan-jangan..
    LOL

    ReplyDelete
  9. Ia3..q setuju..Apalagi yg mslh hitam putih itu..Apa brti kita gak boleh maen catur lagi?Aneh..kq lebai se..

    Lagu korea mank melodiE enak2 oq..Q g ngerti arti laguE..slma mank kita gak menuhankan K-POP y g mslh lah..wong cm dBwt fun aja to?

    Q kq g urus mau lagu setan ato bukan..Aku Kristen yang taat oq..Slama q msh dmai sejahtera y g mslh..haha

    ReplyDelete
  10. adduuuuuuh.. ada artikel baru lg ni ya? kmren blg bawahn SM zionis smua, skrg pas bgt SUJU yg d.kupas habis dan mendalam.ckckck
    salut jg yg nulis ni atrikel yak? sampe sgitu antisny nulis klo Suju ikut aliran apa tadi lupa :D
    tp mbak/mas yg nulis :) itu sebuah karya dan stiap org berhak mengeksplorasi karyany supaya trlihat unik dan menarik. bukan berarti yg aneh dan jarang dlihat itu brunsur gaib, hal itu d,kait2kn sm yg berunsur gaib karena kamu trlalu percaya sm yg berbau gaib :D coba klo g percya mungkin g bakal bahas beginian deh ckckck
    trs lg ya? semua mmber SUJU punya agama dan kepercayaan masing2! mreka taat sm agamany, bknny bhasan ini uh mnyangkut agama dan itu udh masuk kruang yg sgt pribadi dmana it g boleh dlakuin.
    satu lagi, kita g ikut aliran apapun selama kita g mendalami itu, kita hanya menyukai music bukan simbol2 yg ada d.MV atau apapun. itu jg kmbali k.orgny masing2 yg trlalu paranoid sama hal2 yg blum tentu bener :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwwk nih rara bego ya..=="
      yng punya blog ini bukan antis..=="

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. mbak Rara yang baik, artikelnya boleh dibaca lagi deh..
    baca baik2 ya..
    saya baca berulang kali, ga ketemu kata2 yang menjurus masalah ANTIFANS..
    menurut saya, artikel ini malah meluruskan isu2 freemason perihal MV-nya Mr. Simple..
    skali lagi, saya sarankan dibaca baik2 lagi deh.

    ReplyDelete
  13. Sebenarnya agak melenceng dri post ataupun topik cuma pengen memberi sedikit ilmu yg baru saya dapat. bukan berarti saya adalah Antifans . justru saya adalah Fans. ini mengenai Lucifer. mungkin menonton MV mereka tidak masalah. tpi bagaimana dengan Menyanyikan atau mendengarkan?


    Examle Lyrics Lucifer 1 :
    Even if I try to avoid you, I can't find a place to hide
    I'm trapped by you, who I can't even deny
    If it was love, if you really loved me, don't do this to me
    Her whisper is the Lucifer

    Maksud:

    Bahkan jika aku cuba untuk mengelakkan kau, aku tidak dapat bersembunyi
    Aku terperangkap oleh kau, dimana tidak boleh aku nafikan
    Jika itu cinta, jika kau benar-benar mencintaiku, jangan lakukan ini padaku
    Bisikannya adalah Lucifer

    Jika diterjemahkan ke dalam erti kata lebih mendalam lagi, lagu ini memang akan menampakkan kepada penyerahan dan penyembahan kepada Iblis. Masakan lagu seperti ini boleh didengari oleh umat Islam? Dan mereka perlu ingat lagu itu juga boleh menjadi dendangan dan nyanyian oleh masyarakat Islam yang mungkin tidak mengerti dan memahami lirik lagu tersebut. Ayat "her whisper is the Lucifer" bila ditukarkan kepada Iblis boleh menjadi ayat yang sebegini - "Bisikannya adalah Iblis". Perhatikan maksud ayat itu lagi terang dan nyata bahawa lirik lagu ini boleh membawa kepada syirik. Syirik adalah tergolong dalam perbuatan yang berdosa besar. Bolehkah lagu ini diterima?

    Lyrics 2 :
    Your undeniable spell is the Lucifer
    Your undeniable magic is the Lucifer
    When I approach you
    With your angelic face
    Say the reason you live is for me
    Say it

    Maksud:

    Mantra kau yang tidak boleh disangkal adalah Lucifer
    Sihir kau yang tidak boleh dinafikan adalah Lucifer
    Ketika aku mendekati kau
    Dengan wajah malaikat
    Katakanlah alasan kau hidup adalah untukku
    Katakan

    Jadi siapakah yang dimaksudkan dalam ayat ini? Anda pasti tahu maksudnya. Cuba perhatikan ayat "Katakanlah alasan kau hidup adalah untukku" dan bila kita baca kembali sejarah pengusiran Iblis dari syurga, ia telah bersumpah untuk bersama berdamping dengan bani Adam dan hidup untuk memusnahkan dan menghancurkan mereka supaya menjadi pengikut-pengikut Iblis dalam neraka Jahanam.

    Saya mengutipnya dri : http://www.youropportunityplace.net/konspirasi-dajjal/557-lagu-lucifer-oleh-shinee-adalah-agenda-yahudi.html .

    Saya setuju dengan anggapan ini..
    Jika kalian mendengarkan apalagi menyanyikan bukankah sama dengan melafalkan ayat yg memuja syetan?
    Maaf Jika terlalu panjang..
    Salam Kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo nerjemahin lagu yg bener dong yah, bukan sekedar nerjemahin tapi dingertiin. Her wishper is the lucifer tuh maksudnya godaan sang wanita dalam cerita di lagu ini. Wanita yg keliatannya innocent tapi rayuannya maut alias memasang perangkap cinta. Jadi ya diimplementasikan seperti manusia yg digoda lucifer utk berbuat dosa.
      Bukan artinya lagu ini memuja setan . Dangkal sekali yg berpikiran seperti itu.
      Lagian apaan juga sih apa2 dikaitkan sama pemujaan setan. Bagi gue, ga pake lagu atau MV juga banyak manusia yg tanpa sadar memuja setan. Contohnya aja bikin rusuh atau saling menghina dan menghujat entah itu karena perbedaan agama, suku, ras, atau status. Mulut kotor manusia tuh uda jadi pemujaan buat setan. Bikin setan2 kegirangan.

      Delete
    2. maaf yh,, sy seSUJU dech sama anonymous,,
      liat lirik lagunya yang sesuai dg jalan cerita donk, ok mungkin ada kata yang terang2an nyebut "lucifer" tapi it artinya bukan nyembah2 setan. tapi di lagu ini si cewe di anggap kyk lucifer gthu.
      jadi intinya ini lagu objeknya cewek bukan setan.
      rugi amat cowo ganteng2 nyanyiin lagu buat setan yang entah dimana berada :D, mending nyanyiin bwt gw :) hehehehe

      Delete
    3. gini lho, ini ceritanya kan soal cewek yang bermuka dua dan lagi CEWEK bukan syaiton. dan sudah diterangkan dengan jelas sama anymous diatas. lagi pula ga ada hubungannya tu ama setan. yang ada Key hubungannya pacaran ama saya #plakk wkwkwk anggep positif aja lah ya. berpikirlah simple (:

      Delete
    4. BUAT YANG PUNYA BLOG : buka nih..blog UDH KELIATAN KLO LO dukung banget gerakan satanisme..( mulai dari background blog luh ) nih iseng pasang atau sok simple
      kadang orang bilang mereka ga suka untuk menutupi perasaanya yg sebenernnya mereka suka dan mendukung..
      AKHIR KATA aja BUAT LOH ( pemilik blog )
      semoga ALLAH MENUNJUKKAN JALAN TAUBAT BUAT LOH

      oya satu saran buat pembaca
      THINK AGAIN and TRY AGAIN..

      ASSALAMMU'ALAIKKUM wrwb...
      R.DYPRA

      Delete
    5. hey-heey, setuju buat sma si anonymous pertama yg nge-reply d coment sni..!
      buat klian yg g ngerti artinya sbnrnya lgunya "Lucifer" baca tuh tdi pnjlsannya si anonymous..!
      salam SHAWOL ONTAE

      Delete
  14. wah ckckckck jahat ya kamu nyebar aib.. nama blog mu aja kaos kaki bau ow jelas saja semua beritamu bau semua hahahaha aneh2x wae to mbak2x opo ano zionisme di suju??? aneh2x kamu buat orang benci seseorang ni udah dosa lhooo ga boleh la yang nyebar kejahatan embak ya yg jahat ya mbak yg illuminate jaat kyk pemuja setan ya mbakk ==' aduduh daripada kayak dektektif gto urus diri sendiri dulu aja mbak udah bner d hadapan Tuhan ato lum? baru kalo udah bener2x suci mbak boleh ngritik apa aja bahkan yang lebih bau dari ketek juga boleh terserah okeyy??/ tankyou ^^ ngakune suka k-pop mbak? nyebar aib tau!!! ntuh accsesories yg milih juga bukan mereka tu dari sm you know... jadi artis tu ga gampang man!! emang ada sebagian yang iluminate tp tu yg bagian hollywood karena mereka lelah dengan kehidupan agama yang serba penuh aturan makanya mereka gila free sex have fun.. tp kalo k-pop ga lah mbak2x mungkin adapun suju ngga kaleee siwon tuh agamanya kuat banget pa lg d korea negara ber agama pasti aturan beragama lumayan kuat dong... hah =='

    ReplyDelete
    Replies
    1. ni orang uda sempet baca postingan belum seeeh???

      Delete
    2. nih orang komen tapi rupa2nya belom baca isi postingan dengan baik dan benar. koreksi dikit ya, korea negara beragama? korean banyak yang atheis kali mbak. mbaknya jangan sotoy dulu, mau komen itu diresapi dulu isinya apa, jangan asal ngejudge gini bikin sampah aja. ente kamseupay tau gak? ckck

      Delete
    3. Bego yach....baca dulu baru komen, ketahuan kalo cm baca judul nya doank

      Delete
    4. mbk/mas nya blum dibca ya postingnya?????

      Delete
    5. udaa, pling bner ktanya mbak/mas tdi, cman bgian beragamanya aja kli yg agak kluar jlur...
      tpi yaa, d bnding negara barat, korea jga kan bgian dri negara timur yg bnyak adat-istiadatnya...
      jdi blom tntu jahat~~!

      Delete
    6. melu-melu ah. nggo rame2. intinya aku setuju seratus persen sama PEMILIK BLOG YANG KEREN UNYUH UNYUH INIII. biarin para manajemen2 itu mau ngapain aja, toh artis2nya hanya nurut aja, kalo g nurut kan nanti dipecat. jd nurut2 ae wis, pasrah. jujur aja, sejak pertama EXO keluar, aku langsung nyadar dengan logo grup yg hexagonal itu, lalu di video what is love ada satu mata yg disorot, matanya LAAAAY bias akuuuh.
      tapi aku sukaaaa banget sama exoooo... *tos ama PEMILIK BLOG ini.*
      buat yg gak suka sama postingan blog ini, gak usah geger. baca, renungkan, kl gak suka, silakan masuk WC. *mo ngapaeeeen?*
      akhirul kalam...

      WE ARE ONE.
      dukung si pemilik KAOS KAKI BAU ini. ciao~

      Delete
  15. bner ug tu isi postnya,,,
    member suju ada ug yg atheis lho...
    Jd mgkin aja itu bner,,

    skrg freemasons udh 'blow our mind' dri sgl pnjuru !! Trutama yg lg trend sm anx2 muda.... Sperti k-pop ini !bner ug tu isi postnya,,,
    member suju ada ug yg atheis lho...
    Jd mgkin aja itu bner,,

    skrg freemasons udh 'blow our mind' dri sgl pnjuru !! Trutama yg lg trend sm anx2 muda.... Sperti k-pop ini !

    ReplyDelete
    Replies
    1. hee, loe ngmngnya "anx2" mda, kayak loe uda tua aja!

      Delete
  16. salut sama postingan ini. terus terang gue dari dulu jjuga udah paham masalah beginian. dan grup favorit gue pun kayaknya ngelakuin hal sama. makanya gue suka tp gue tetep jaga hati pikiran biar gak kemana2. jangan ngebelain idola kalo emang salah blg aja salah toh gue jg nganggep idola gue udah mulai ngelakuin hal beginian. biar dikata kebiasaan si donghae nutup mata sebelah. sebelom baca artikel ini mendingan cek dulu deh google. yg menentang ini cuma orang yg gak ngerti.

    ReplyDelete
  17. Ya ampuun..aneh deh buat yg nyangka ini blog ANTIS... Sebelum comment, postingannya dibaca dulu yang bener...^^

    ReplyDelete
  18. seseorang akan bersama dengan orang yang disukainya, jangan terlalu cinta pada makhluk tapi cintai lah si Pencipta Makhluk.

    ReplyDelete
  19. teman2 coba kunjungi www.vigilantcitizen.com
    situsnya pake bahasa inggris.

    tapi jangan khawatir,yg kurang mahir bhs inggris-kayak sayah-jg masih bisa mengerti sedikit demi sedikit betapa banyaknya SIMBOL lluminati/freemason dalam budaya populer (contonya film dan musik)

    selain itu, kalo mau paham ttg iluminati/freemason, ga ribet ko..tinggal sempetin waktu luang untuk MENCARI INFO DAN MEMBACA dari sumber2 yg terpercaya

    ReplyDelete
  20. bener ini bukannya membuka aib tapi memberikan pengetahuan berdasarkan fakta nanti kalau gak pakai fakta katanya mengada-ada sekarang malah dibilang buka aib ckckckck sabar buk....

    ReplyDelete
  21. Insomnia malem-malem, eh nemu ini.

    Jujur aku baru tau lho kalo Mr. Simple dikait-kaitin sama Illuminati.

    Dan liat alasan-alasannya.... sejenak berpikir : iya juga ya.

    Tapi

    kok

    ya

    maksa banget nyambung-nyambunginnya... Emang dasar orang gak suka kali ya, apa-apa dibilang pemujaan setan, apa-apa yang seharusnya bisa diliat dari segi positif jatohnya jadi jelek.

    Ngomong-ngomong aku baca ini sambil nahan ngakak lho. Habis konyol banget sih alasannya (selain dari bahasamu yang emang ringan sih :D), paling konyol yang nutup mata-nutup mata itu. Aigoo... sumpah itu maksa banget.

    Jujur aku gak mikir apa-apa lho pas liat MV-MV Kpop, jangankan Mr. Simple ato I'm the Best, Lucifer yang dari judulnya aja udah "kontroversial" (ya you know lah Lucifer tuh apa) aja aku gak mikir macem-macem, orang aku tau Lucifer itu cuma perumpamaan. Emangnya mereka pada gak belajar tentang konotasi bahasa ya waktu SD? -____-a

    *ngakak lagi*

    ReplyDelete
  22. itulah illuminati..itulah yahudi
    karena kepintarannya yang luar biasa kita tak tahu lagi mana yang benar n mana yg tidak
    mana yg ajaran agama kita n mana yg tidak
    karena yahudi telah menanamkan kuku2 yg tajam kedalam kehidupan sehari hari kta,,hingga perbuatan yg melanggar agama n berbuah dosa pun kita tak menyadarinya

    "semoga kita selalu menjadi hamba yang dibawah perlindungan ALLAH"

    ReplyDelete
  23. percaya ngk percaya diterima aja tergatung sama orangnya dia kuat kagak kalau denger lagu nih jangan terlalu dihayati nanti beneran jadi pengikut pemuja setan biarin lah mereka so....meski gtu gue masih tetap cinta elf

    ehh bukanya lamang2 pemuja setan itu juga ada di film anime yu gi oh!!
    iyakan

    ReplyDelete
  24. Ngakak baca'y..
    Kq kea'y mksa bgt ea nymbung" k Illuminate..
    Super Junior BUKAN pemuja setan..
    So,no comment about that..
    *ngakak again
    Lucu Sumpah..

    ReplyDelete
  25. Agak kaget waktu baca judulnya dan tambah kaget lagi waktu baca artikelnya
    Dapet banyak pengetahuan nih..
    Makasih yaaa

    ReplyDelete
  26. setuju banget sama postingan ini,
    kalo mau diusut sebenernya lagu untuk pemuja setan banyak kali bukan kpop aja, di indonesia juga banyak,
    tergantung orangnya kritis negatif atau selow positif.
    kalo gue sih jelas selow positif. hahaha
    moso sih nikmatin apa yg ada jd dosa?
    kalo apa2 jd dosa, ya gak nikmat bgd dong idup, mokat aja dehh.
    balik lagi ke diri masing2,
    ambil positifnya aja.
    'cause every single thing in this universe has its own good and bad side.
    PS : Siwon itu ganteng banged ya? (jiaaahh nenek-nenek yg rambutnya putih semua juga tau)

    ReplyDelete
  27. ngacoo !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Saya setuju sama artikel ini.. Artikelnya sangat bagus dan menarik :3
    Saya juga awalnya cuma pikir pendek bahwa Suju itu termasuk golongan yang you know lah.. Tapi setelah baca artikel ini jadi ngerti maksudnya, dan alasan-alasannya pun masuk akal..

    Di artikel ini banyak pelajaran yang bisa diambil, pertama2 untuk melihat sesuatu dari berbagai prespektif, khususnya yang positifnya. Dan juga bahwa kita suka gak berarti muja.. XD

    Sebenernya males baca komentar2 orang yang ngebacanya dari sudut pandang yang negatif (negatif ke si writernya maksudnya). Tapi writer tuh bukan maksud untuk bikin artikel antis, dia cuma berusaha ngejelasin kok.. Itupun gak seburuk yang kalian kira.. Jadi ambil semua dari sisi positifnya aja.. :)

    Thx~

    ReplyDelete
  30. hahahha artikel ini bagus..tpi sayangnya q g suka. soalnya q kan fansx suju..ckckkc
    palgi yg mbahas soal donghae yg nutup mata sebelah.itu kan emang gayanya donghae.berarti klo semua elf ikut2tan gayanya donghae yang menutup mata sebelahnya dianggap pemuja setan kah??
    liric lagu mr.simple menurut bagus bahkan menimbulkan motivasi yang baik bagi yng mendengarkan. katanya kita hidup hrus dengan positif thinking,llu knp kta hrus memandngnya dgn negatif. emm tak peduli apa yg orang tulis tentang syair2 lagu2 di dunia ini, knpa tak membiarkan setiap orng untuk menilainya sendiri, itu baik atau buruk.soo hajima. bisa jd fitnah entar. ara?

    ReplyDelete
  31. aku kpopers, dan jujur udah mulai ngerasa ga nyaman sama isu2 ini.
    Aku nyadar uda mulai banyak 'sesuatu yg mencurigakan' di dunia kpop. Tapi sekarang aku lagi berusaha mempertebal iman (apa sih)
    menurutku, suka bole aja tapi jangan terpengaruh. Asal kita melihat lirik2 lagu itu dgn sudut pandang yg lebih positif (kayak kasus mr.simple itu). Ya intinya, jangan terjerumus, kalo ga yakin ya hindari saja.. Gitu aja kok repot
    kalo pemikiranku sih, aku lbh curiga sama yg bikin lagu ato manajemennya. Artisnya cuma media aja yg,mungkin,gatau apa apa #nooffense

    ReplyDelete
  32. postingan bagus nih, gue suka positive thinking lo. yang komen diatas banyak yg gak baca, jadinya malah marah2. hahaha.

    ReplyDelete
  33. eh sorry ya, gue SIH GA SUKA BACA YANG DI ATAS . JUJUR, gue setuju sama blog lo yg bilang smash ato sj blablabla . tp klai ini ? GA ,
    SUPER JUNIOR itu KUAT BANGET AGAMANYA . gue sih saranin aja, kalo emang lo dapet brita2 kaya gitu, ANTEPIN !!! DIEMIN !!
    trus skrg lo share disini? itu cuma bikin org jadi antis kpop sama SJ . gimana sih ?!
    ORANG YG NGOMONG GT TUH CUMA SENSI DOANG ! BUKTINYA ELF DARI LUAR GA ADA YG PROTES ! KENAPA ? KARENA DI INDONESIA, PARA FANS BB/GB GEMBELAN PLAGIAT ITU GA SUKA SAMA KPOP, MAKANYA DI JELEK2IN . DONGHAE NUTUP SEBELAH MUKA, BUKAN SEBELAH MATA . ITU SENI? CAN;T YOU SEE ? tolong ya buat masukan, blog ini cuma bikin bnyk org yg jadi kesel sama SJ . sedangkan SJ slalu nyanyiin lagu Kristen pas konser, dan mreka taat sama Agama .
    sorry kalo gue pake CAPS, gue ESMOSI BERAT BACA NI BLOG . bisa2 nya ELF malah ngeblog kaya gini, ELF yg pinter mah diantepin. KALO LO NGESHARE GINI TRUS KETAUAN ELF LUAR, MALU KITA

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah di baca belum artikel di atas ?
      jangan cuma di lirik judulnya dong :)
      si writer di atas terkesan mendukung suju lho..
      dia mengklarifikasi tentang unsur illuminati di MV mr simple..
      coba baca lagi..
      writer,nya bukan antis lho.
      nb : jangan kenceng" neken capslocknya ntr malah jebol lagi =p

      Delete
    2. aduh mba Anonymous *gatau cewe atau cowo, tapi dari kata katanya kayanya cewe*
      bener tuh kata mba shelly, dibaca dulu dan dimengerti maksudnya artikel ini. penulisnya sama sekali ngga bermaksud untuk menjelek-jelekkan suju ko :D
      gausah segitunya kali, gue juga ELF ko dan ga gitu-gitu banget, dan kayanya yang lain yang baca artikel ini juga ngerti dan paham ko, setuju ga setuju ya kita juga antepin aja kali *kan mba Anonymous sendiri yang bilang "antepin" aja* hehehe, jadi gausah sebegitunya.. ga enak banget tuh dibacanya :D

      Delete
    3. ko banyak yang ga mudeng ya sama isinya? wkwk saya sekali baca langsung ngeh tu.

      Delete
    4. read the whole thing first, and please do comment after you finished.

      Delete
    5. Jangan sampai ke-illuminati-an mrk, menutup mata kita untuk memandang kelebihan n bakat mereka.

      Jangan sampai, ke-fans-an kita menutup mata kita untuk melihat bahwa mereka dijadikan ‘alat’ oleh “brainwasher”

      Delete
    6. iya tuh dibaca dulu -_- kaga kuat baca yang panjang2 yah? belajar baca yang panjang2 dulu QaQa

      -Yippie-

      Delete
    7. kalo orang jadi gak seneng sama sama suju setelah baca artikel ini mah relatif. itu hak mereka kali. gak seneng banget kalo ELF gak suka lagi sama suju ya? kasiannnn n_n

      eh satu lagi. kalo belom bisa mencermati kalimat artikel ini dengan baik kayaknya mending gak usah komen ya ^^ hahaha

      Delete
  34. Jangan negatif thinking & mencoba menyangkut pautkan mv suju dgn persetanan donk. coba ambil positif thinkingnya :)

    ''Anda tidak bisa marah bahwa dunia tidak berjalan sesuai keinginan Anda, Anda tidak perlu marah. ''
    dr lirik di atas kan kita bisa melihat, bahwa kita dimotivasi untuk jangan marah jika hidup tidak sesuai dgn keinginan kita..

    ''Hanya karena kepribadian saya kadang baik kadang buruk, lalu kenapa!?
    Harus ada saat ketika performa saya naik kemudian turun
    Tidak apa-apa, itu juga baik untuk istirahat kemudian terus,
    karena segala sesuatu mempunyai waktunya sendiri-sendiri

    Jika Anda seorang pria, menemui teman-teman Anda dan berilah dia dengan minuman (Alright!) Baiklah
    Jika Anda seorang wanita, menemui teman, ngobrol dan membuangnya (Alright!) Baiklah, Baiklah ''
    dri lirik diatas, mereka minum2 itu sudah menjadi kebiasaan mereka jika mereka mendapat suatu masalah. jadi, mksudnya bukan malah mereka mengajak kita untuk minum2
    ''
    Lihatlah Mr Simple, Simple
    Anda Anda keren seperti itu
    Lihat Nona Simple, Simple
    Anda cukup hanya dengan menjadi seperti itu

    Ayo pergi, ayo pergi, ayo bergegas dan pergi, mari kita kembali ketika kita diblokir.
    Saat anda merasa seperti sekarat, hanya untuk hari ini mari kita bermain dulu
    Saat dunia yang keras berjalan seperti neraka, aku satu-satunya yang sudah aus.
    Tunggu saja, simpan saja, karena hari Anda akan segera datang ''
    dr lirik diatas tunggu saja, bahwa hari istirahat akan segera datang

    ''Tiup Pikiran Anda Mr Simple
    Tiup Pikiran Anda
    Waktunya telah datang, jangan takut
    Tiup Pikiran Anda Mr Simple
    Tiup Pikiran Anda
    Waktunya telah datang''
    apa pulak lirik tersebut sebuah mantra. aneh2 aja ckck

    DLL. jadi jangan disangkut pautkan dgn persetanan2. lihat dr segi positifnya.
    haha :D aneh2 aja deh .. ANTIS kah yg writer nih ? ntahlaa. sukasuka dia :D
    bahkan d arab pun banyak fans suju..
    (panjang amat comentnya .udah bisa buat blog nih gw :D )
    apapun itu, tetap positif thinking ! dan jangan mengatakan org lain dgn persetanan2.. bahkan penulis blog ini sepertinya sangat mengerti tentang zionisme -__-V

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh, sebenernya lo baca ga sih apa yang writer tulis di atas? ga baca ya? udah keburu empet liat judulnya? makanya, jangan langsung nyimpulin gitu aja. baca pake kaca mata yang gede sekalian. lo ga nyadar ya, si writer ini tuh ga seperti yang lo bilang diatas? dia antis? jelas bukan. malahan dia ngebelain suju denan menentang kabar kabar yang kayak beginian tentang suju. lo ga tau ya? oh iya, gue lupa! lo kan cuma baca judulnya ya, kalo gitu maaf aja deh

      Delete
    2. satu lagi manusia buta yang ga mbaca sampe selesai

      Delete
  35. ya ampun malah jadi miris baca komentar2 di sini... jelas-jelas si penulis bilang kalau Super Junior NGGAK ada sangkut pautnya sama sekali sama zionisme atau apalah...

    coba dibaca kembali deh bagi yg masih berpikiran negatif tentang tulisan ini..

    saya malah seneng banget bacanya :) ternyata lagu Mr. Simple bisa punya makna POSITIF sedalem itu yah :)

    ReplyDelete
  36. Ehmm.. soal SuJu aku g' setuju... mbak! klo g; suka g' usah nulis yg bgnian. di SJ emg ad yg atheis, tpi juga yg kristen jga lbh banyak lgi. soal tata panggung lirik ato konsep itu cm tuntutat kerja doang!! soal koreo itu jga emg udah dirancang!

    soal lagu shinee yg lucifer itu aku emg setuju...!!


    tapi,, yg Mr. Simple itu aku g' bsa terima!
    Siwon pernah berkata "AKU HIDUP MENURUT PERKATAAN ALKITAB"!!! Kibum juga berkata seperti ini,"HIDUP HANYA DENGAN PERKATAAN TUHAN!!"

    musik indonesia juga banyak kok yg kyk gtu...! yah, tpi penilaian org berbeda2
    SuJu hanyalah korban dari POPULARITAS MEREKA!!! mrka jga hrs bekerja sprti apa yg TUHAN sudah berikan. Tuhan mmbrikan mereka berkat dan pekerjaan sbg artis dan penyanyi! jadi mereka harus menjalaninya. mungkin konsep mereka terlalu "berlebihan" tapi itu smw bukan maunya mereka!! itu semua sudah jadi keputusan Management mereka masing2. kan yg ngatur semuanya jga bkn mereka!

    saya sangat kecewa dgn artikel ini!

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah di baca ato cuma ngelirik judul nih ?
      coba di baca lagi..
      kalo aku sih MALU coment kalo belum baca artikelnya..
      think smart oke :)

      Delete
    2. aduh ni orang, bisa kali dibaca dulu artikelnya baru comment
      capcay deyh, jadi saya yang kesel
      hahaha

      Delete
  37. aku gak setuju kalau lagu mr.simple ini dikaitin sm masalah iluminati atau apalah. karena pada dasarnya, ELF atau SUJU sekalipun pasti tau makna dari lagu ini. lagu ini menceritakan kalau kita itu harus simple saja dalam menghadapi segala sesuatu. Kalau Lucifer sih aku agak setuju, karena dari judulnya aja udah Lucifer. meski itu cuma perumpamaan aja, bukan beneran. kalo diliat member SUJU itu mereka kristen semua, heechul dulu emang atheis tapi dia udah masuk kristen. dan lagi gak mungkinlah yang nyiptain lagu itu ngehubungin sm unsur2 kayak gitu.

    ReplyDelete
  38. setuju banget, nggak semua hal tentang kebebasan, melupakan, hari menang, dll itu iluminati. ini lagu setau saya sih ngajak kita untuk ngelepas penat, maksudnya sehari saja ayo seneng dulu. kalo mo mikir negatif mulu kapan majunya? xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagian hari kemenangan kan idul fitri. wkwkwk

      Delete
  39. btw arti lgu 2NE1 yg i am the best itu apaan yah? letak pemuja setan nya itu pada lirik bgian mana nya?

    ReplyDelete
  40. hahaha,,,
    gilaa,,,paraahhh nee yg koment negatif ama penulis nya,,,
    kaya x nee yg koment negatif udahhh keduluann emosi pas liat judul x,,,
    nyampe baca artikel x juga gk conect2,,,
    coba mandi dulu gihh,,,biar seger tuhh fikiran nya,,,
    trus baca skali lagi nee artikel,,,,
    heiii,,, udah jelas2 nee yaa si penuliss tuhh bilangg klo SUJU tuhh gk ada sangkut paut nya ma yg nama x illuminati,,,
    perspektif yg negatif tntng SUJU tuhh,,yg kata x zionis dkk,,,ituu tuhh bukann pendapat si penulis,,,tp kbar yg beredar di luar,,,
    si penulis tuhhh jelas2 spt menyangkal gitu lewat perspektif positif x,,,
    di bawa simple z,,,
    udahh ngerti kann sekarangg,,,???
    belom,,,???
    masha allah,,,sesuatu bgt lahh klo yg belom ngerti,,,

    ReplyDelete
  41. dear Afifah

    kalo nerjemahin lagu yg bener dong yah, bukan sekedar nerjemahin tapi dingertiin. Her wishper is the lucifer tuh maksudnya godaan sang wanita dalam cerita di lagu ini. Wanita yg keliatannya innocent tapi rayuannya maut alias memasang perangkap cinta. Jadi ya diimplementasikan seperti manusia yg digoda lucifer utk berbuat dosa.
    Bukan artinya lagu ini memuja setan . Dangkal sekali yg berpikiran seperti itu.

    Lagian apaan juga sih apa2 dikaitkan sama pemujaan setan. Bagi gue, ga pake lagu atau MV juga banyak manusia yg tanpa sadar memuja setan. Contohnya aja bikin rusuh atau saling menghina dan menghujat entah itu karena perbedaan agama, suku, ras, atau status. Mulut kotor manusia tuh uda jadi pemujaan buat setan.

    ReplyDelete
  42. aku.. aku... aku suka banget sama artikel ini!!! :DD aku ELF, aku pecinta K-pop tp aku tau author disini tuh bukan antis! heran deh sama komen2 yang bilang mas author ini antis-_- pokoknya kita harus pikir positif aja tentang lagu mr. simple sm i'm the best, kalo aku liat itu liriknya kyk mau memotivasi kita buat makin The best! aaaaaaa sukaaa banget ini <3

    ReplyDelete
  43. boleh numpang komen kan yak ?
    ini yang pada komen negatif emang gapada baca berulangulang ya ? pahamin dong makanya jangan kemakan emosi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Park MinChan ssi, kadang emosi membutakan kita. Bahkan judul pun bisa menipu. Hahahaha :D

      Delete
  44. well, benar2 tergelitik buat comment disini .. haha :DD
    setuju banget sama authornya nih, semua tergantung mindset kita masing2 lah ..
    btw, ini beberapa temen yang comment disini ada yang kurang teliti bacanya deh kayaknya .. jadinya yang kebawa sisi negatifnya aja nih .. :DD

    ReplyDelete
  45. SAYA HERAN! pada komen2 negatif diatas, yang menyebut Author sebagai ANTIS SUJU atau JELEK JELEKIN SUJU ( loh member SUJU kan ganteng2,, hehehe)
    Padahal Author secara Blak2an meREVIEW postingan2 negatif dari luar ( luar angkasa, XD ) kemudian 'meluruskan' dengan sudut pandang dia yg Positif dan Simple..

    HEY PARA ELF, gue jg fans SUJU
    KALAU MAU KOMENT, BACA DULU dengan TELITI yah :D
    bacanya JANGAN Loncat-loncat apalagi Pake EMOSI.. ^^

    btw, artikel ini keren :)

    ReplyDelete
  46. saya setuju tentang banyak lagu2 kpop atau barat mengandung satanisme, it's true!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  47. setuju sama artikel ini. kadang orang jadi ribet sendiri mengartikan segala sesuatu yang sebenernya tuh simpel-simpel aja, bahkan endingnya justru jadi su'udzon sendiri...
    ckckck, heran.

    btw, maaf agak melenceng dari artikel, ini yang nulis 'Choi Won-Hae, Saranghaeyo Hyong,,' siapa ya? sepertinya menarik.. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo dhinipriska, makasi sudah komen nggak anonim :D Mau komentarin komen yang melenceng aja yaaah :p Yang nulis Saranghaeyo Hyong itu adalah saya... hahahahh :D Ayo beli!

      Delete
  48. aku suka cara kamu ngartiin mr. simple.
    aku juga ngartiinnya kaya' gitu. lagu itu bawa semangat baru waktu aku masih terpuruk gara-gara suatu masalah.
    aku malah nggak nyangka kalau mr. simple di kaitin sama satanisme atau apalah itu.

    gak nyangka banyak yang comment negatif. mungkin mereka comment habis baca cepat artikelnya atau mungkin comment habis baca judulnya doang. sabar ya buat penulisnya. ambil positifnya aja.

    over all, nice artikel. aku suka gaya bahasa kamu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks a lot yaaah anonim yang baik XD Sebenarnya aku juga nggak secara langsung mengaitkan satanisme dengan mr simple dan sebagainya. Ini cuma sekedar pendapat beberapa temen yang aku tulis jadi postingan yang ini. malah banyak yang ngira aku iluminati juga. hahahaha...

      Kemungkinan besar yang komen negatif karena baca judulnya xD Makasi yaah!

      Delete
    2. waaah... aku dibilang anonim yang baik... amiiiin... :D

      jujur, aku malah nggak tahu kalau mr.simple di kaitin sama satanisme. (sepertinya saya yang terlalu kuper)

      lhooo??!? yang bener kamu dikira iluminati???
      mungkin karena mereka lihat tulisan kamu yang membahas tentang iluminati. ambil positifnya aja. aku yakin, kamu punya keyakinan. kamu bukan iluminati. :)

      iya. aku juga tertarik baca artikel ini waktu baca judulnya. sempet ngrasa aneh. tapi, aku tipe orang yang penasaran, jadinya aku baca dulu artikelnya.
      iya... sama-sama... :)

      Delete
    3. Yah dia demen dipuji lol

      awalnya juga biasa aja sama isu iluminati itu. postingan ini gue buat juga awalnya karena kesel aja, soalnya beberapa orang mengait-ngaitkan semua hal dengan itu dan kesannya berlebihan dan dicari-cari...

      Ya iyalah ya gue bukan iluminatus -__- kalo iya mungkin udah hidup sengsara kali. hahahahhhh

      Delete
    4. hoho... itu kan doa yang baik... mungkin suatu saat saya beneran jadi orang baik... karena aku belum merasa jadi orang baik... :D

      betul. banyak orang yang terlalu berlebihan nanggapin masalah ini. yang dilakuin ini, disangkutpautin sama yang itu. bikin pusing. -_-

      hahaha... alhamdulillah deh kalo gitu... :D

      Delete
  49. yang mikir ni postingan ngatin suju pemuja setan, seriuuuus deeeh...
    kalian pasti cuma baca judulnya doaaang, baca dulu dund, kalo ga ngerti di ulang bacanya, baru cuap cuaaap..
    heraan..

    ReplyDelete
  50. satu kata buat ni artikel : SALUT!!

    bukan cuma ngebahas isi MVnya aja, tpi yg bkin salut adalah cara author buat mendeskripsikan pngertian lirik lagu dari beberapa sudut pandang, jadi ga bkin salah kaprah...

    buat yang seSUJU ama ni artikel, emang udah sewajarnya bgi kita utk ga langsung nge-judge sesuatu cuma dari luarnya.. jdi bner2 harus dikupas sedalam2nya (yg kayak gni) supaya tau isi yang sbnarnya...

    nah, buat yang protes ama ni artikel, BACA YANG BENER!! komentar asal ngomong aja, apa ga dibaca artikel di atas? ni artikel justru dibuat utk mluruskan apa yang dulunya bengkok, menjelaskan apa yang dlunya ga jelas.. buat urusan malu ama fans luar, yah semua fans juga pada tau kali soal yg ginian.. ni justru buat orang2 yg ga tau sma skali ama k-pop, yang bisanya cuma asbun doank...

    tmbahan buat orang yg msih nganggep k-pop itu sesat, coba bndingin ama penyanyi luar (Barat) yang JELAS2 banget nunjukin klo mreka anti.. gue ga mau ngebahas soal MV2 korea yang ktanya ada il*******, buat gue cukuplah pendapat dari2 pribadi masing2.. tapi yang jelas, k-pop ga separah itu..

    harapan gue cuma satu, yg komen ga stuju, baca lagi dlu deh.. klo blum tau isi, ga usah komen... cuma pengen eksis apa ngejer ISO nih critanya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ria Karina Puteri! Gue juga salut sama lo yang mau komen dan pake nama lengkap :D Cihuuyyyy!!!! Banyak dari mereka emang nggak sepenuhnya membaca tapi hanya melihat judul :D Lagian, iluminati udah mayan basi yah :p

      Thanks a lot!

      Delete
  51. dari judulnya aj ud sangat2 menarik...menarik hati jd kesel...ngmgin oppa q c...hehhehhe....

    pas baca artikel dpt pengetahuan baru...emg cm buat sekedar tau...

    iseng baca comment...jd emosi...org2 ini warga negara indonesia bukan c...kynya artikel ni ud dtulis pake bhs IND yg mudah dimengerti...tp kq y msh ad yg g bs nangkep inti nya...
    hmmm...

    lmyn ok buat bacaan tengah mlm....

    elf_elikyu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal jangan mimpiin setan aja tengah malem, Eli :p Thanks a lot! Aku pake bahasa Indonesia ya? Mungkin tidak baik dan benar makanya banyak yang nggak mengerti. Kkk~

      Delete
  52. Apapun yang ditulis di atas, itu kembali ke kita masing2. Kan masing2 dari kita dianugerahi lengkap selain fisik juga punya kepribadian, punya pikiran, hati. Jadi ini semua kan review dari writer. Kembali lagi ke diri kita mau percaya silakan, kalo tidak yang buat intermezzo aja.

    ReplyDelete
  53. baru baca ni, postingan keren!!! baca baik baik dan jangan asla komen dan ngebash :d sudut pandang kyk gini ni yg diperluin..

    ReplyDelete
  54. benar atau salah hanya Tuhan yg tau,,
    hanya prlu berpegang teguh pada keyakinan masing"
    terpengaruh atau tidak itukan pilihan,,
    dari pada ngomong g jelas kiri kanan abcd mending apa adanya saja,,
    kesalahan bukan keinginan kita melakukannya,,
    tetapi bagai mana menghadainya dg cerdas,,,


    terlepas dr suju abcd ato apalah itu yg penting,,
    qt punya agama & kita menaatin agama kita sendiri,, cukup...
    g prtlu memaksakan pendapat kita sama orang lain
    toh postingan di atas hanya menginformasikan saja,,
    terima atau tidak kan itu hak masing" & g usah maksa setuju ato g,,,
    yg penting percaya sama Tuhan Dan Kehendak Kuasa Tuhan,,,

    nb :: sebenernya kalo diitung" di indonesia bnyaaak jg kok..
    dan jelas sekali malah,, cm kalo nyadar aja tau kalo g yaa cuekin saja

    ReplyDelete
  55. bacanya cukup merinding, saya seorang ELF. dan saya percaya gak percaya tentang hal ini... tapi aku hrs ambil yg positive'a aja deh... :) thanks atas posting'a :) I like it! :D

    ReplyDelete
  56. ngakak bac komen2nya, ada yang sampe nge-jelek-jelekin si author, padahal UDAH JELAS JELAS ADMINNYA SENDIRI GA PERCAYA.. Emang kalo nutup muka sebelah kenapa? Ada yang bilang itu aliran aneh2 *lupa namanya*.. Tapi mungkin aja kan.. misalnya, ada orang yang mukanya kesiram air panas sebelah, dan dia pasti juga akan nutup mukanya sebelah kan? trus kalo ada orang yang main ci-luk-ba, tu malah ditutupin semua *just kidding..*
    *satu aja komennya: YANG KOMENNYA NEGATIF, COBA BACA SAMPE 10 KALI. AKU AJA YANG BACA SEKILAS UDAH NGERTI KOK =P

    ReplyDelete
  57. Haha.. Mau ikutan ngoment juga deh... saya lagi amnesia-eh insomnia jadi jam segini belom tidur2 jga, trus nemu dah ni artikel..

    Duh.. boleh ngakak ga ni? XD

    saya ngakak karna baca koment2 parah dari orang2 yang ga paham apa sebenarnya maksud author nulis artikel-atau apalah namanya- ini.. orang2 yg asal koment itu sebenarnya baca ni artikel sampe abis kaga? atau bacanya sambil tutup mata? #eh

    udah jelas2 si authornya mencoba mengomentari apa yg orang2 lain katakan mengenai apalah itu namanya yg sesat2 itu, eh malah dikira authornya yg nyebarin negatif2 soal kpop.. sejauh yg saya baca di blog ini mah perasaan authornya ketua pecinta kpop atau sejenisnya gtu.. #berasaudahlamakenalaja masa iya sih dia ndiri yg jelek2in kpop.. =="

    trus jga dibaca donk apa koment author'a di bawah koment orang lain itu dengan baik..

    ckckck susah lah ngomong ama orang2 yg belum apa2 pikirannya udah negatif aja =="
    untung saya orangnya ga asal tuduh2an gtu, kalo engga pastinya saya jadi bagian dari mereka yg ngutuk2 dirimu thor..

    okelah.. tanpa banyak bacot lagi saya sudahi komentar saya dengan mengatakan kalo ni artikel KEREN dah.. saya baru tw soal ilu-apalah itu- pas baca ni artikel.. tapi ya, saya ga mw ambil pusing soal itu :3

    ReplyDelete
  58. DASAR YANG NGOMEN SUJU LOVERZ BANGET . . MPE BUTA HATI GITU. .
    HEYYY NYADAR, BRFIKIR KRITIS DONK . .
    SI PENULIS KAN CUMA SHARE PENDAPATNYA DOANK . . SYAPA TAU BSA NAMBAH2 PENGETAHUAN . .
    INGAT BRO SIS , , ILLUMINATI TU ADA DIMANA2.
    KHUSUSNYA DI BIDANG MUSIK . .

    ReplyDelete
  59. artikel'a bagus bgt ko,,napa yg koment pd ngotot2 ya??
    pada dasar'a baik buruk sesuatu dpt dliat dr mana cara pandang kita,,haruz'a qt lebih bijak nanggepin'a,,dan aneh aja jika qt mencaci hasil karya seseorang,,gmn klo xan b'ada d posisi mrk??pdhal xan menciptakn dg sepenuh hati untuk menyemangati org pi dianggap illuminati/freemason,,bkankah tu sangat menyakitkan??
    jika b'musik tu dosa,,knp xan mendengarkan musik???bkankah musik menambah semangat qt??so jgn muna deh...bkankah agama jg mengajarkan 'sesuatu jika kurang tdk baik,,dan jk b'lebih jg tdk baik' jgn t'lalu fanatik,,dunia dan akhirat jg harus seimbang,,saat senang qt harus senang,,saat susah qt ruz bangkit dr kesusahan itu,,bknkah tu arti lirik mr simple sbnar'a??
    enjoy your live guys...

    ReplyDelete
  60. bagus banget artikelnya d^-^b
    ya ini kan cuma sekedar info atau pengetahuan aja,terserahlah pendapat orang gimana tentang penulisnya,pro dan kontra pasti ada:D/sokbijak/

    selama ini gue kalo liat mv nya SUPER JUNIOR fokus sama wajahnya mereka yang gantengya menurut gue gak manusiawi,gak liat kalo ada benda yang aneh-aneh disekitar mereka:p
    soal yang liriknyanya SUPER JUNIOR mr.simple yang berbau tentang iluminati atau apalah gue baru tau dari artikel ini, tapi ya di ambil dari segi positifnya saja

    lah kalau masalah lagunya shinee yang lucifer itu,gue awalnya menepis pikiran kalau itu memang tentang iluminati,anggap perumpaan aja:D

    yang koment jelek di atas mungkin kurang teliti bacanya,jadinya emosi,atau mungkin kirang tidur dan belum makan,gue biasanya bawaannya uring-urungan kalau maslah itu/gak nyambung-____-'/

    ReplyDelete
  61. BAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA #ngakakguling" baca komen negatif
    hei, aku juga fans suju kok. tapi alhamdulillah aku masih bisa ibadah, masih bisa tidak menganggap mereka sebagai tuhan. they're humans, sama seperti kita kok.
    buka mata aja, liat kenyataannya. ngapain juga menuhankan mereka kalau kita masih punya agama?
    dan thanks banget buat penulis ini post.. aku naksir ama postingannya #loh
    ini menguatkan aku kalau aku tetep bisa kok hidup tanpa suju hehe, lha wong mereka juga manusia, bukan Tuhan Yang Maha Esa.
    yang komen ngotot abis... ngotot aja terus, klopun bener ntar pada berlomba" buat kembali kok hahaha pis ah :Dv

    ReplyDelete
  62. Ga perlu benci sama SJ, bencilah sama SM. SM yang adain Konsep.. Lagu.. Kostum.. Backgroud panggung dll. kalo memang dari salah satu personil SJ ada yang illuminati, itu bisa dilihat dari perilaku sehari2. dan selama saya liat variety show SJ di youtube. blom ada kok yang berhubungan sama illuminati. mereka hanya "Budak SMent"

    ReplyDelete
  63. gue SETUJU banget sama artikel ini...elo-elo aja yang ga mau membuka pikiran elo..kemakan sama jaman Kpop tanpa tau maksud dari satiap konsep, lirik, tujuan dll. ya ya ya yang jelas gue suka sama artikel ini,,,,

    ReplyDelete
  64. overall gue tulisan di blog ini bagus ya. penasaran yg nulis anak sastra ya? jago banget analisanya. heheh btw gue kesini gr2 gue cari exo freemason. eh muncul postingan suju freemason. well emang bener sih bisa diliat ko freemason itu udh menjalar ke sluruh dunia ga cm KPOP yaah. FYI yg freemason tuh bukan sujunya ya, tapi MVnya, masalah anak suju itu kuat agamanya mah ga ngaruh. soalnya yg bikin konsep freemason bukan anak sujunya tapiii org2 dibelakang sujunya,bahkan suju belom tentu ngerti apa itu freemason. nahh mungkin lee soo man dibelakangnya hahahha justsaying.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha saya bukan anak sastra kebetulan :) Dan jago analisa itu kayaknya cuma kebetulan. Wkakakakakkk :D Betul. Sekarang ini mah apa apa freemason yah.... apa sih yang gak di kaitin sama freemason...

      Jangan salahin om Sooman juga :p salahin trend di industri nya. wkwkkw

      Delete
  65. Ron, asek lah postingannya keren banget! Dapet banyak ilmu nih gue :D Eh tapi gue juga liatnya dari sudut pandang yang sama kayak elo loh :D Tapi gue bingung sama orang-orang yang mencemooh postingan ini duluan ._. entah gak baca sampe selese atau otaknya yang *ekhem* dangkal sampe gak ngerti artinya ._. Kalo simbol iluminati sih udah biasa ya, apalagi di SM -_- selow aja~

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul! sudah basi... hahaha you shouldn't be anonymous... gue shoot nih shoot~ wkwkwkwk

      Delete
  66. apakah orang yg ikut2an alay yg poto2 monyongin bibir sambil nutup matanya sebelah itu pemuja setan? lope banget 'lah sama blog ini.. kekeke ~^^v

    ReplyDelete
  67. keren emang bener semua tergantung pada cara pandang kit,awalnya aku juga ragu ragu.Apakah suju termasuk dalam iluminati dll??? tapi setelah baca ini aku yakin bahwa semuanya itu tergantung cara pandang kita,kita ga tau bahwa member suju mengerti atau tahu tentang iluminati dll kan.keren banget blog ini!!!

    ReplyDelete
  68. postingannya keren nih. positif thinking aja haha XD ngapain pada ribet" mikirin arti dari lirik lagu sampe disangkut'in ke arti negatif, maksa banget. coba deh liat ini http://en.wikipedia.org/wiki/Mr._Simple liat deh siapa yg bikin lirik Mr.Simple. di album Mr.Simple cuma Hae doang kok yg nge nyiptain lirik, itu juga lirik lagu "Y". itu aja gak sepenuhnya dia yg ngebuat liriknya, jadi buat org' yg main ASAL BILANG super junior itu illuminati karena lirik mr.simple-nya, coba cari tau dulu deh siapa yg nge-nyiptain liriknya ^^! jangan cuma bisanya main asal nyembur doang! Btw, cara berpikir positifmu keren haha. Sekian. Terima Kasih. m(_ _)m

    ReplyDelete
  69. Srius, selesai baca ni post, gua ngerasa jleb..tapi keren! dan pgetahuan gua ttg sesuatu yg ga prnah trpkir oleh gua trnyata bkin gua tercengang :(
    Gua kpopers, gua suka suju, gua suka shinee :)
    Tpi Jujur..gua baca ni postingan ga ngerasa klo ini sbuah tamparan, justru ini tuh ngebuka mata gua ttg sisi lain/dbalik 'maha karya' kpop..
    Ini tuh beneran ga bermaksud buat ngejelek2in ato blaga jdi antis, dri atas juga dia blg, itu pndapat dia, itu pndapat dri ilmu yg emng pernah dia baca sblmnya..jdi ga ada yg salah sama postingan dia..tolong diBACA yg bener artikel ini jangan pake emosi :)
    buat yg ngerasa trsinggung klo idolanya dijelek2in, itu brarti kmu blm dewasa dlm mnyikapi hal kaya gini..
    Kuat atau enggaknya agama yg dianut seseorang, siapa yg tau?cuma Allah :) kalian punya agama, pnya Tuhan..cinta sama kpop boleh, tp jangan mlebihi cinta kalian ke Tuhan :) bener kta yg diatas, jangan terlalu cinta
    pada makhluk tapi cintai lah si
    Pencipta Makhluk :)
    Intinya ambil sisi positif dr bacaan ini, jangan tersinggung, apalagi nimbulin rasa marah dan benci :)

    ReplyDelete
  70. karena yang ingin saya omongin sudah di sebutkan semua dengan komen di atas-atas saya jadi cukup ngomong gini doang
    suka banget sama artikel ini ^^b

    ReplyDelete
  71. sebenernya kalo di liat2 masih banyak lo MV ataw pun live perform aris2 kpop yang sengaja ataw nggk (gw jg kagakk tauuww) yg ad hubungannya sama setanisme gitu.
    misalnya:

    *dance suju (superman) yg bikin bintang dari jari2 member itu, kan bintangnya kebalik jd kyk "pentagram" alias simbol2 setanisme gthu.

    *d mv im the best nya 2ne1 si minji matanya ketutup rambut sebelah, kwangmin di i'll be there & dont touch my girl juga, mr.simple.nya suju ada eunhyuk, monalisanya MBLAQ, jo kwon 2am juga pernah tuh matanya ketutup sebelah sm rambut. "itu sih kalo mau di kait2kan sm setanisme, bisa jadi it cma style kan???"

    *pakaian juga, wktu live perform junho 2pm pernah pake baju yang ad ambar pentagramnya, park boom 2ne1 pake baju yang ad mata satunya CL pake kalung yg ad mata satunya juga, di MV im the best dara pake tanduk2 gthu, di good bye baby nya miss A suzy juga pake tanduk2an.. di mv OK B1A4 baju kaos baro gambar mata satu juga. (pokoknya banyak dech)

    jadi itu tergantung kita menyikapinya ajjah, jangan di lebay2in lah. ambil sisi positifnya ajjh OnKEY !! (y)

    ReplyDelete
  72. WKKWKWKKW!!! Kocak, gw baru bacaa!!! Ngakak ngeliat ini sumpah ._. ~ Indonesia juga ada, boyband apa yak?! Lupa gw namanya !! XD Yang pasti dia nyanyi lagu Aserehe atau Aresehe (pokoknya ada -he nya!!) Katanya itu salah satu pemujaan dajjal dan cara buat manggil dajjal?! Well, back to this topic :P

    Iluminati itu gambar segitiga yang katanya dikaitin sama yang namanya DAJJAL! Gw pernah tuh dijelasin sama guru agama gw, katanya suatu hari (entah kapan, cuma allah yang tahu!) bakal ada dajjal yang dateng, badannya gede terus dijidatnya ada lambang segitiga. Begitulah pokoknya, itu msih terbilang rahasia allah. Tapi menurut gw karena didunia ini kita masih orang awam dan baru lahir diabad ke 20 ini (belom abad 21 kalee, ini kan masih tahun 2012). Gw ga percaya tuh, kalau SEBUAH LAGU bisa manggil dajjal !!! WKKWKWK *ngakak bentar* . Mungkin inilah yang biasa dipikirkan oleh orang2 atheisme, PEMUJAAN SETAN !!!!! *jreng jreng*
    Tapi SAY NO buat kita yang beragama, entah itu islam, hindu ,kristen,buddha,etc. Yang harus kita PUJA itu sebenernya tuhan kita sendiri bukan SETAN! Karena Tuhan yang menciptakan Setan :) Gapapalah, karena kita masih awam, kita bahkan belum menempati dunia 'ketiga' :D ga mungkin orang orang menciptakan lagu untuk memuja setan ,bukan tuhannya, ih amit amit dah -_- yahudi detected amat kayak gitu mah

    ReplyDelete
  73. Annyeonghaseyo ^^
    Well abis baca postingan yang sangat panjang ini(terutama comment2nya xD)gue bisa nyimpulin beberapa hal.
    Tapi pertama2 makasih dulu buat authornya, karena dengan ngepost ini bisa ngelurusin tentang lyric Mr.Simple ^^.
    Sebenernya agak kesel juga ngeliat beberapa komen diatas yg langsung menjudge author sembarangan, blom baca ini post dengan bener ._. entah yg bilang authornya antis lah, dll. Padahal tujuan author baik dan authornya bukan antis *please deh* -_-.
    Semuanya tergantung dari diri kita masing2 aja sih nanggepin sesuatu kayak gimana.
    Tapi yg pasti harus selalu berfikiran positive dan open minded. Dunia ini kan emang ditempati banyak orang dengan berbagai fikiran berbeda, tapi kita harus cermat dan beriman kuat buat nyeleksi yg baik dan yg bener.
    Sebagai salah satu kpopers terutama Shawol, ELF, sone, gue sih nanggepin positif aja.
    Mungkin aja lirik mereka atau MVnya hanya sebuah kebetulan aja mirip dengan iluminati, tp postingan ini bagus kok, jd nambah pengetahuan kpopers semuanya.
    Bener, gue suka kpopers tapi bukan berarti gue menTUHANkan kpop, karena hanya sekedar fans atau penikmat musik dunia aja hahaha.
    Satu hal yg penting sih kuat agama aja, percaya sama Tuhan ^^.
    Kita hidup didunia juga nyampur sama banyak orang dari berbagai negara, suku, ras, agama, dan bermacam2 jalan fikiran. tp jangan sampe karena perbedaan itu ngebuat saling bermusuhan atau apalah, justru perbedaan itu harus kita buat indah dan buat kita semua bersatu.
    *bow bareng eunhyuk, minho, seohyun*

    ReplyDelete
  74. kalo mau dibilang siapa yang salah dalam MV artis SM yg banyak mengandung unsur zionism adalah SM staff itu sendiri. aku rasa mereka memang sengaja "menjual" hal yg berbau zionism kpda pnikmat musik dunia. apalagi skrg kpop sdang digandrungi. kita jg gabisa nutup mata kalo artis dgn pncmpuran unsur zionis yg kental, justru sngat digemari. artis2 SMENT bnyak yg menganut agama kristiani dan tentu tidak menutup mata dengan seberapa besar unsur zionism yg masuk dalam lirik lagu, dance, dan bhkan setting MV mereka. tapi aku rasa sejauh para artis dan fansnya memegang tameng keimanan pada Tuhan, seberapa besarpun unsur zionism yg masuk ga akan berpengaruh buat kita. justru kita bakal melihat mereka sbg orang2 yg diberkati karena punya skills untuk menghibur orang lain dan musik kpop yg emg catchy di telinga para penikmat musik

    ReplyDelete
  75. wahh telat banget komennya, jadi ini toh maksudnya mr.simple ngikutin setan ._.

    kalo lucifer sih yah aku juga udah ga tau mau belain gimana, atau mv-mvnya exo yang ada simbol2 geje itu (pffft sm hobi amat sih masang simbol kaya gitu) tapi kalo mr.simple, rasanya cara ngenyambungin soal illuminatinya maksa banget deh. Kayak misalnya kata "hari yang lebih baik" please deh, guru gue juga sering ngomong kayak gitu dan kebutulan gue sekolah di sekolah islam. jadi dia ngajak kita buat bikin dunia baru juga kaya yahudi2 gitu? kataku sih ngartiinnya jangan gitu2 amat deh...yah hidup sekarang mah emang banyak disangkut pautin sama setan dajjal blablabla, padahal ujung2nya masih tetep nonton Spongebob walaupun katanya itu kartun buatan yahudi, pret. yang penting iman kita yang kuat dan tetep percaya sama Allah (dan yang beragama lain sama tuhannya masing2 ;)), dan tetap positive thinking

    salut sama yang bikin artikel ini!

    ReplyDelete
  76. gue sih bacanya ga d ambil serius amat, gue bukan fans yg lebay, paling cuman heboh kalo suju dateng ke indo-_- gue malah buat lawakan ini mah. koplak aja bacanya. bodo amat sih, yg penting kita udah tau arti positifnya. buat fans yg rada lebay gitu, ya ga usah segitunya kalee. idup ga ada lawakan itu ga enak, hambar banget!

    sorry kalo gaje banget

    ReplyDelete
  77. ngapain kaya gini dimasalahin -_- sekarang tinggal kita agamanya udah bener atau belum? buat yg anggepnya ni pemujaan setan atau apalah, kalo agamanya udah bener ga bakal terpengaruh, lagian juga yg ngefans ya cuma denger lagu kan? ga sampe ikut aliran sesat.. XD sama satu lagi, cara berpikir kita positif atau ga?kalo kita mikirnya negatif, nanti lama2 orang cuma bisa liat pake 1 mata gegara mata satunya kelilipan juga dibilang pemuja setan donk -_______-" ambil positifnya ajalah, buat yg merasa sok suci, intropeksi dulu *^^* kalo merasa ga punya dosa bolehlah bacot yg sok suci...

    ReplyDelete
  78. aku tambah nih biar komentarnya 100! LOL eit, gpp kok si author nge-share opini tentang ilumination atau apalah, tapi yang terpenting jangan mancing emosi alias fanwar! gue ELF plus KPOPERS. so, kalo banyak MV KPop yang banyak unsur pemujaan setan atau dll, biarin, toh yang buat kan AGENSI nya BUKAN ARTISNYA! yang PENTING KEMBALI SAMA TUHAN SAMA DIRI KITA SENDIRI. THINK POSITIVE.

    ReplyDelete
  79. ya kalau sekedar fans tapi ga memuja sih bisa aja kan?? lagipula sekarang lagi jaman"nya kpop di indonesia
    jadi mau gimanajuga, simpang siurr pasti terjadi..
    intinya sesuai ke diri masing" lagi, mau percaya atau ngga

    ReplyDelete
  80. thanks ya udah mau bagi2 opini ^^
    menurut gua sih sebenernya artisna mah ngga tau apa2..
    mereka hanya diperalat..
    yah,apapun yang terjadi,kita harus rajin2 doakan indonesia,supaya bisa ngga kalah keren sama korea,tapi bukan berarti copas juga kea cherrybelle yak..hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak setuju. Artisnya tau soal ini. Tapi mereka nggak heboh. K-Pop pengen mendunia. Dan salah satu caranya adalah dengan ini. Mereka mau menyasar pasar dunia dengan cara yang memang dikenal sama dunia.

      Delete
  81. wow bgt....haha
    Dilingkunganku dipenuhi dgn banyak opini tentang Illuminati, zionis,dkk.
    Jd waktu denger Kpop yg memuja setan dan sbgnya aku udah biasa..
    Dan setuju bgt sama si kakak ini... LOL xD
    Walaupun ada beberapa hal yang sedikit berbeda dengan apa yang aku yakini :D

    ReplyDelete
  82. setuju ni sama tulisannya author. saya baca sambil nutupin muka tuh, iluminasi dong? wkwk ad ada aja nih yang bilang ini iluminasi itu muja setan. haduh haduh. lagian ustad Siwon aja kuat banget tuh agamanya. ampe dikasi titel ustad. ngalahin ustad maulana.! piss yaw wkwkwkwkw

    ReplyDelete
  83. Hmm gue malah ga nangkep illuminati sama sekali di videonya. tp emg teasernya rada2 ngeri gitu ya. eh tapi pas liat mvnya toh ga ada jadi yah syukurlah.
    emg teasernya ngeri abis ya yg cewek diiket sm cewek berkerak itu! hiii.
    overall, video mr.simple emg simple ga neko2.
    masalah illuminati, ini ga illuminati sama sekali, ya kan. ga kyk EXO... (gue EXOtic loh. tp emg takut bgt nonton video mama-_-)
    gue sih pokoknya ga pernah nangkep video2 suju tuh illuminati karena gue tau bgt member suju tuh taat agama walaupun kangin heechul itu ktnya atheis.
    ATHEIS loh BUKAN ILLUMINATI.
    yg gue ga ngerti sebetulnya om nih suka kpop atau anti kpop?-_- abis kadang kl ngebahas suka ngina ya.
    seperti contohnya siwon suka disebut jablay, kai disebut barongsai, EXO disebut bocah random... ga ngerti deh-_-
    intinya mr.simple ga illuminati.
    tp opini ttp opini. terserah om aja sih ya jalannya ke arah sebelah mana. gue sih jalan ke arah kyuhyun oppa berada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. suka kpop belum tentu juga harus memuja muja artisnya kayak dewa kan?
      mreka kan tetep manusia yg punya kenistaan juga walaupun gantengnya kayak ustad maulana (?).

      justru ini menunjukkan kalo si om choi ini mengidolakan idolanya dengan logika. Secara dia cowok gitu, masa iya dia harus memuja muja kayak fangirl lainnya... "Oppa Oppa Saranghae...." Gitu maksudnya??

      Yasalammm biarpun fanboy dia masih normal kali.. ga perlu harus mengaku-ngaku, saya istrinya siwon, saya pembantunya hyukjae, saya gukguk piaraannya kai..

      jadi intinya stiap fans itu mengekspresikan kecintaan nya pada idola dengan cara yang berbeda. ga perlu harus memuji-muji. mencela juga sah sah aja selama masih dalam batas wajar. dan selama idola ga berdarah darah kesakitan..

      sekian sih dari ane, maap yee kalo rada kesinggung....
      piss men, ane juga kpopers yg mengidolakan idola dengan logika.
      wassalam....

      Delete
    2. First of ALL gue bukan ANTI-FANS. Kalau ada boyband atau girlband yang gue nggak suka, itu cuma NGGAK SUKA. NGGAK SUKA sama ANTIFANS itu adalah dua hal yang berbeda.

      Kedua, "siwon suka disebut jablay, kai disebut barongsai, EXO disebut bocah random..." <-- ada masalah? everyone has their own ways to do their fangirling/fanboying. Siwon gue bilang jablay karena pada kenyataannya di stage dia emang kayak gitu. Kai gue bilang barongsai itu bukan sebuah hinaan loh ya, tapi sebuah pujian atas kemampuan dance-nya dia. kalo lo baca postingan gue dari awal EXO lo akan tau. dan EXO bocah random, oke mungkin ini cuma di otak gue doang. tapi sebuah boygrup dengan ide penjaga pohon kehidupan itu random buat gue. mungkin nggak buat orang lain. tapi ini gue dan ini pendapat gue. #peace #keepsmile

      gue gak masalah sama agamanya heechul atau apa. gue menghargai mereka seperti apa adanya mereka. dan konsep MV nggak ada hubungannya sama AGAMA. itu seharusnya yang perlu dimengerti.

      Kenapa lo takut nonton MAMA? hahahaha lo bukan fans EXO kalo gak nonton MAMA. fix banget. wakakakak

      Delete
    3. halah kayak yang iya aja lo. ketidaksukaan lo terhadap super junior gak akan menghentikan karya terbaik mereka. gak ngaruh buat mereka ngerti ga lo? postingan sampah

      Delete
  84. Ya ampun yang koment ribut amat yak -_-
    pahami dulu kali, si writer cuma menjelaskan tentang lagunya, bukan mengatakan kalo DIA YAKIN 100% SUJU ITU ILUMINATI! Arraseo? Oke, buat yang Elf, aku tau perasaannya. tapi Ini bukan masalah Suju atau anggotanya, yah walaupun nyangkut-nyangkut dikit .__.

    Ini cuma penjelasan, sekali lagi CUMA PENJELASAN! -_- So, please jangan Bash kak Writer nya dulu. bukan maksudnya ngebelain yaa.. tapi juga pengen ngebelain sih sebenernya :3 ah yaudah ah~

    buat Kak Writer, makasih infonyaa~ sumpah dari dulu aku tertarik bgt sama beginian XD EH TAPI BUKAN BERARTI AKU ANTIS YAAA~ *caps kelindes truk gandeng*
    Ah udah ah, mau pamit dulu. Nyeong~ XD

    ReplyDelete
  85. hahaha ELF gampang emosi ya?
    Maap nih sblmnya gw pribadi sbg kpoper udah ngerasa dunia kpop pelan-pelan udah mulai disusupi il*mnati *gw rasa sejak thn 2008/2009, (artinya tahun sebelum itu gw anggap belum)*

    kita bisa liat sendiri dari lagu2 SHINee, SuJu belakangan ini seperti yg udah dibahas author terdapat simbol2 & pesan2 il*mnati secara tersirat

    *entah penyanyinya, SME & fans nya sendiri nyadar apa ngak tapi klo utk artis2 YG, 2NE1 or Big bang, gw yakin mereka udah nyadar, artis2 JYP/CUBE jg udh terlihat simbol2 kayak gini*

    So buat teman2 *termasuk gw pribadi* harus lebih hati-hati & lebih pandai memilih lagu mana yang harus didengar & dijauhi, coz zeonis menyusupkannya secara tersirat, perlahan-lahan sehingga menjadi kebiasaan/budaya yang mungkin kita anggap itu keren lah, seni lah, dll

    Wallahu'alam

    NB: bagi gw sendiri lagu2 yg tidak ada unsur il*mnatinya adalah lagu KPOP yg sebenarnya, ngak tau kenapa lagu2 KPOP yg sekarang kyk Mr. Simple, Lucifer, The Boys,dll itu lebih terdengar seperti musik western versi korea, maksudnya musik khas korea nya makin berkurang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue pribadi setuju sama lo. gue sendiri lebih suka kpop era 2008 kebawah dan puncak di 2009. setelah itu kpop udah menyasar internasional dan lagu-lagu mereka udah nggak kayak kpop yg dulu lagi.

      tapi kalau menurut gue sih, ya kalau cuma sekedar denger, its ok. selama itu nggak membawa pengaruh buruk buat diri sendiri dan orang lain. dosa atau nggak itu urusan Tuhan. biar Dia yang ngatur. Tapi ya ini pendapat gue juga sih.

      Sekarang dunia ngomong lewat simbol. mau gak mau kita juga akan terpapar. tapi ya asal kita tahu dan mengerti gue rasa akan fine fine aja.

      Thanks for your ideas :D

      Delete
  86. Hadeeehhhhhh....jdi merinding gw denger kyk ginian.....well....gw suka suju operea,klo mr simple dah agak bosen...suer...bulu kuduk gw berdiri...!! >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. rt bgt, .... sukanya opera tapi ada yg ngeganjel... aish.... T.T

      Delete
  87. sumpeh bulu kuduk gw merinding, tangan gw keringet dingin and setuju banget sama artikel ini!
    gw juga nemu unsur i*uminati di beberapa mv kpop kyk misalnya mv snsd yg the boys.

    btw, gomawo infonya oppa

    ReplyDelete
  88. gua setuju ama artikrl ini
    AMAL kita ngak bakalan ngak di hitung selama kita hidup ^^
    SALUT deh gua ama pemikiran loh
    thanks udah mau nyadarin gua

    ReplyDelete
  89. Qu salah satu ELF merasa tersinggung...........................
    ..................................,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    V mksh atas Infonya..............

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu ELF? FYI, saya juga fans SUJU (yang beli CD original, yang nonton konser dan atri berjam-jam--apakah saya terlihat seperti anti-fans?) walaupun saya punya alasan kenapa nggak menyebut diri saya ELF (alasan pribadi). Dan kalau kamu tersinggung, artinya kamu nggak paham sama tulisan saya. Itu aja sih.

      Delete
  90. sebagai free thinker gue juga berpendapat yang sama kaya lo. yah, mungkin yang bilang Mr.Simple itu iluminati ato apalah mungkin dia terlalu berpikir kejauhan.

    sebenernya kaya yang udah jelas aja, Lad* g*ga, gue tetep suka lagunya tanpa harus ngorbanin ibadah2 gue. sebagai homo sapiens atau manusia yang memiliki kepandaian dan otak yang cerdas,kita harus bisa memilih (mau lagu yang iluminati ato bukan) mana yang baik dan buruk, mana lagu yang mengajak kita berbuat buruk ato berbuat baik. dan yang terakhir, santai lah ngadepin sesuatu, ga perlu kita jadi labil karena opini-opini yang beredar.

    Buat writer thankyou banget infonya, artikel yang bagus dan menarik. *dua jempol*

    ReplyDelete
  91. yaah...
    gimana dong SHINee biasku
    lucifer udah masuk list lagu kesukaanku # semua lagu SHINee masuk list kesukaan
    ah... asal kita natnya buat bukan buat agama tapi niatnya buat bersenang-senang karena mendengar suara merdu bias kita....

    ReplyDelete
    Replies
    1. I love SHINee karena musik mereka bagus bagus. Daripada SUJU gue lebih suka sama lagu-lagu SHINee semua track dalam 1 album itu bagus bagus... Lagu kesukaan gue bahkan Lucifer. hahaha

      Delete
  92. maaf, karena gue pake anonymous^^ hehe. blog ini keren, siapalagi kalo bukan karena si penulisnya, benarkan? ehm, menurut gue si, lucu banget yang tentang arti dari lrik mr.simple itu. sumpah, kocak! tapi, seperti yang telah di tulis oleh sang penulis yang sepertinya sangat asik jika diajak untuk berbicang, masa iya artinya yang seperti itu termasuk pemujaan setan? ya, ga gitu juga kali. berfikir positif aja kali, ya gak thor?

    ya... walaupun gue juga curiga sama simbol simbol yang beredar di mv kpop belakangan ini termasuk di mv mr.simple. kalo bisa dibilang mereka pemuja setan, ehmm... bisa juga. aku denger denger kalo yang muja setan itu bisa sukses dan makin berjaya. bukankah dengan keluarnya mr. simple suju makin keren? makin oke? makin sukses tentunya? iya, iya bukan? bagaimana dengan i'm the best(yang juga dibilang mvnya ada begituannya juga)? mereka makin sukses? mereka makin keren? iya? gue disini bukan buat ngejek loh! ingat! bukan seperti itu. tapi, yang gue bilang ini, bukan berarti gue percaya ya mereka pemuja setan. kalo soal kayak gini, gue juga percaya ga percaya si. maaf kepanjangan^^

    ReplyDelete
  93. baru baca postingan yang ini.. O.O
    waaaa.... suka banget deh sama postingannya.. (jadi makin rajin kemari gw).
    bener banget, ga usah peduliin simbol2 atau apapun yang ada di MV, Kostum, Stage, dll. Bikin kepala pusing doang jadinya karena banyak gosip yang aneh2..
    bagi gw itu yang penting kualitas nyanyi mereka, performnya mereka.. bukan masalahin simbolnya.
    toh gua tetep suka KPop,, tapi gua ga lupa sama Tuhan..
    suka KPop kan belom tentu jadi pemuja setan..

    ngakak pas baca soal Siwon yang dibilang pemuja setan cuma karena pake eyeliner, lha? terus gw apa kabarnya? masa dibilang pemuja setan juga gw karena pake eyeliner??
    astaga... positive thinking aja kali..
    toh kalo mau dipahami bener2 liriknya, bagi gw sih ga ada tuh kayak pemujaan setannya. bikin semangat malah iya..

    pokoknya suka banget sama atikel ini.. XD

    ReplyDelete
  94. .aku takuutt :'(
    .aku sayang sujuu... :(

    ReplyDelete
  95. emang ini beneran???
    ah jgn percaya....dulu jg lagu aserehe dibilang pemuja setan.... -_-''
    lagu itukan hanya itu senang''
    dimana kita jgn memikirkan hal yg sepele itu gx baik...
    #ceramah? -_-''

    ReplyDelete
  96. uhm, hi Author-sshi. :)
    mungkin telat banget gue nemu artikel ini, tapi I'm just gonna say,
    I agree, dude. I agree. I 100% agree with your opinion towards this Kpop-Illuminati thing. Jujur aku nggak nyangka kenapa Mr. Simple bisa dikait2kan sama Illuminati, *ehm* saya dulu juga rajin menyelidiki illuminati but I keep it all to myself. I didn't found anything 'odd' in Mr. Simple, and I seriously facepalmed about that "Siwon using eyeliner lalu dibilang satanist" part.
    People, please deh. Anyways, thanks for the interesting article. C:
    Keep on writing! <3

    ReplyDelete
  97. annyeong..
    mungkin gue telat bgt kalo baru comment sekarang
    tapi gue mau bilang kalo gue suka banget sama postingan lo
    entah kenapa jalan pikiran kita sama :D
    hue juga mikir gitu waktu ada isu isu beginian
    Good Job author :D

    ReplyDelete
  98. gue suka tulisan lo c:

    ReplyDelete
  99. mungkin gue telat comment, tapi gada salahnya gue ikut masukin apa yang ada di fikiran gue kan ^^
    menurut gue lebay baget orang'' yang selalu mengkait''an semua hal itu dengan yahudi, bener kata lo, kalau kita selalu mengkait''kan semua hal dengan yahudi, ea semuanya akan berkaitan, maka'y orang'' thu harusnya tetep anggap semuanya positif, qlo g' suka sama KPOP iyaudah NO COMMENT , NO BACOT , lo diem aja qlo memang gak suka, gausah menganggap semuanya berkaitan dengan hal yang tidak baik :) thx sama artikelnya, gue suka ^^

    ReplyDelete
  100. mgkin klo aku comment skarang ud basi kali ya.ya krna aku bru nemu ni artikel.hihi.pertama aku mau ngucapin trimakasih untuk writer yang udah bkn ni artikel.nambah ilmu nih.^^
    trus comment aku buat maslah ini,sebenernya itu tergantung sma diri kita sendiri ttg bagaimana kita mau menanggapi ini semua.sebaiknya diambil sisi positifnya saja lah.kalo pun seandainya memang ada yang salah dan gak baik,yang penting jangan sampe kita ikut2an terjerumus ke hal yg gabaik.menikmati lagu,menikmati Mv dan ngefans sama sebuah grup itu kan ga dosa.yg pnting kita msh bs menjaga diri(?).dan jangan lupa selalu beribadah dan berdoa *apadeh*
    over all ni artikel keren.acungin semua jempol yang kupunya.hehe

    ReplyDelete
  101. Klw mnrut gw pemuja gtu2an sih..enggak kali ya...
    mnrt gw(sorri banget nih,sob)lu terlalu berlebihan gtu...bikin yg lain aja keq...awal2 gw baca sih gk apa2 yg gaya ngeringin kuteks gtu,tpi gw agak krg seetuju ama yg pemuja2 setan itu..

    salam damai

    ReplyDelete
  102. memang semuanya terlihat normal2 saja ya sekedar hiburan lah, awalnya gw pikir begitu, tapi semuanya jadi aneh dan ini bukan kebetulan, mereka (illuminati) tlh menyusup salah satunya dlm musik, sehingga kita ga sadar ga nanggepin, gw suka k-pop tapi soal yg ini gw kecewa berat knapa harus menjurus kesana? maaf itu pendapat gw, dan sekali lagi itu bukan kebetulan,
    damai bro and sis,

    ReplyDelete
  103. Wah keknya telat bgt ya comentnya hahaha
    Cmn ad sdikit coment ne ^^
    Coba jgn slalu melihat dr satu sisi aj, karena dalam hidup ene slalu ad yg namanya 2 sisi seperti koin
    smua yg baik kalo di lihat buruk pasti akan buruk dan sebaliknya
    dan di sini gw lbh seneng pake yang namanya Feeling (kalau pake logika pasti gk ad abisnya =P)
    dan jujur gw seneng ama writternya hahaha
    sdikit saran untuk para ELF ato fans" lainnya jgn terlalu muja idola sampai terlalu gmn, suka-lah dalam konteks "WAJAR" jgn sampai terlalu gmn gtu, mereka kan manusia jangan di puja" terlalu berlebihan kek apaan aj ==a
    dan kalau sampai ad berita buruk atau gmn pasti dalam hati ad yg namanya ragu tp ms belain (tapi pasti dalam hatinya nanya : Bener gk ya ??) dan ujung"nya malah jd ANTI-FANS karena kecewa LOL~ (coba aj liat rata" anti fans itu dolonya pasti fans :D )
    dan mslh iluminati tersebut justru gw baru dnger soal mr simple ene (gw tw illuminati tp baru tw di MV ini ad unsur" illuminatinya)
    dan jujur gw gk terlalu ambil pusing, gw denger apa yg gw pengen denger, dan gw gk denger apa yg gw gk pengen denger (simple, right ?)
    kalau emg ngerasa lagunya ngejerumusin atau gmn ya gk usa di dnger gmpg kan ?
    Jadi intinya jgn terlalu "Annoying" dengan mencari kesalahan atau apalah (Buat orang lain ya bkn bwt writter :D)
    Kalau gk suka MV nya ya gk usa nonton MVnya denger aj lagunya , kalo gk suka ya lagunya ya gk usa di dnger gampang kan ? wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju... kali bwt aku sih.. urusan illuminati ato ga itu kn nntnya akan jd urusan mereka sama Tuhan... ak sih hny fans dan penikmat...

      Dan apa yg kita pikirkan itu kadang muncul dr kita ndiri...
      kadang kita aja yg mikirnya terlalu negatif jadinya semuanya yg berhubungan sama itu jadi salah...

      Delete
  104. Postingannya DAEBAK... Aku ELF.. dan jujur aja aku suka banget sama postingan ini.. Sebenernya semuanya kan tergantung dari sisi mana kita liat masalah itu... sisi positif ato negatif.. Sejauh ini sih aku udah baca banyak bgt postingan ttg hal" kyk gini...
    Awalnya sempet kecewa... kok bisa ya mereka kayak gitu... Tapi aku pikir" lagi sih... Kalo emang mereka kyk gtu.. itukan urusan mreka ma TUHAN.. aku disini cuma sebagai penikmat musik mereka dan fans mereka...
    Dan aku mau kasi tau nih.. ada untungnya lho kita jadi orang yang ga bisa bahasa korea.. karena untuk mengerti lirik lagu mereka yg kata orang menyesatkan itu ga gampang.. kalo kita cari terjemahannya pun pasti ada yg beda dari maksud aslinya... Get it??
    Jadi aku sih tetep suka ma mereka apapun yg terjadi.. *ccciieee* jadi urusan mereka illuminati ato ga ya itu urusan mereka...

    ReplyDelete
  105. Isu musisi yg Indo yg terkait hal ini adalah Ahmad dani dan RCM.. ISUNYA juga , aku ada ntn video tentang ahmad dani yg bersangkutan dgn ini. cari aja di youtube

    ReplyDelete
  106. maaf bru nmuin postingan ini waktu lgi jelajah web.....
    aq sependapat sma kak writer nya ini
    masak smw lgu Kpop diblang iluminati

    mungkin maksudnya itu ngajak refreshing dan bersenang2 sejenak melupakan masalah

    postingannya bgus kak
    salam kenal Gomawo

    ReplyDelete
  107. jujur ya? gue malah lebih tertarik baca postingan postingan komentar di di sini. emang ni topik menurut gue kontroversial sih, pasti ada pro kontranya. dan buat dapet tanggepan yang kita inginkan tergantung deh lo menyampaikannya di "kalangan" orang orang seperti apa. lo ngeshare di ruang publik kayak blog dan yang baca tentunya dari berbagai kalangan pasti pro kontra juga lah..
    lucu sih gue baca mengenai postingan postingan komentar serta postingan lo sendiri.

    well, gue juga bukan orang yang begitu ngerti agama, tapi gue muslim dan sampai saat ini gue selalu berusaha buat mempelajari agama gue sendiri.
    gue tipe yang gak suka banyak berdebat. jujur topik ini udah lama banget, dan jadi hot ketika hallyu wave makin hot juga termasuk di indonesia.


    yah.. satu pesen aja deh buat siapapun yang baca. baik yang anti, atau yang enggak. baik yang setuju ataupun yang enggak sama topik diatas.
    emang semua semuanya tergantung dari sudut pandang yang mana. dan tentunya menyikapi juga sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki.

    tentunya mau nyampein suatu kebenaranpun kalo lo nyampein ke orang orang yang emang udah sengaja 'tutup mata atau telinga' juga tetep aja gak ada guna disampein,karena bakalan disanggah abis abisan baik dengan bukti, argumen ngotot atau argumen pake bukti.
    eitts.. gue gak nyindir atau mojokin siapapun di sini.

    buat gue siapapun berhak buat ngefans sama siapa, bahkan karena ngefans bisa ngebelain habis habisan apapun yang dituduhkan sama idola mereka. well, itu fitrah sih,(mencari hiburan maksud gue)
    tapi jangan sampe lah NGEFANS BUTA! termasuk didalamnya jadi orang yang terlalu fanatik dan punya prinsip 'RITE OR WRONG, HE/SHE/ THEY ARE ALWAYS MY IDOL"
    JANGAN SAMPE RASA CINTA YANG BERLEBIHAN JADI MEMBUTAKAN YANG HAK DAN YANG BATHIL.

    sukalah dengan wajar gak berlebih, sekedar buat hiburan, karena kan emang mereka ada buat menghibur.
    jadi ketika lo tau fakta sebenarnya (entah itu benar atau gak) lo gak bakal terlalu membuang waktu buat berpikir berlebihan dan menanggapi berlebihan.

    well, maaf ya komen gue panjang banget. maaf kalo ada salah kata dan bikin tersinggung.
    salam kenal.

    ReplyDelete
  108. terlepas dri komen2 sebelumnya,, thumbsup bnget deh buat writers,, salute abis, jd fans itu ga skedar ikut2an doank,ikut2an nyanyi tp bahkan ga tw apa yg d ucapkannya,atau trlalu fanatik smpai2 setiap yg d lakukan idolanya selalu d anggap benar pdahal jelas2 salah(bkn brarti sya blng SJ slah)..tp skedar saran,,jd pnggemar kita jga harus bisa mngambil plajaran2 positif dan mnghindari ngatifnya,, nobash,, iam an elf .. key :)

    ReplyDelete
  109. klo diliat sebagian besar tanda yg seperti itu emg msk ke daftar mv"nya SMENT mulai dr suju, shinee, bahkan exo, gue fans sejati suju, gue elf, bahkan gue punya fanbase nya, gue bikin dengan harapan bias gue tau fanbase itu dan suka fanbase itu, sekali lg gua bkn anti fans, tp walau gue tergila" dgn suju, bukan berarti gue mengikuti mengiyakan apa yang bias lakuin,,, klo kyk gitu sekalian aja lo masuk dftr sasaeng fans,,, menurut gue itu well well aja, bukan berarti gue gk cinta bias gue, tp utk penyembahan, agama, atau yg mengenai SARA mereka... emg kita yg cuma sebagai fans bisa gitu bilang "EH LO! LO GAK BOLEH KYK GITU!!!" walau fans fans mereka udh bilang ampe keluar darah jg mereka gk peduli, itu kepercayaan mereka, itu apa yg mereka harapkan, dan bahkan mungkin mereka sama sekali gk peduli,,, haha, gue ngaku kok klo gue rasa suju penyembah setan,,, dan itu bukan berarti gue antifans kan? gue yakin dr beberapa mv mereka, apalagi mr.simple, udh awal"nya ada mata satu gitu yg bikin gue merinding, trus ada bagian cwe ngeliatin bagian sexy mereka dan juga bagian" lyric mereka.. gk ada yg bisa gue bantah, toh itu pilihan mereka, dan kita gk berhak utk ikut campur...

    ReplyDelete
  110. demi , merinding
    baru tau artinya -_-
    apa gue harus berhnti jadi k-popers ?!!
    ya ALLAH
    dan KYU MIN jadi korbannya, istigfar istigfar
    suju come on , thinking about that -_-"

    ReplyDelete
  111. wah bru tw nh w, prcya gk prcya c..
    w liat dri komen2 dsne bnyk jg y yg gk suka sma artikel pnulis, klo mnrut w c jgn trlalu ngfans sma suju atw siapapun smpe gk mw trima pndapat nagatif dri org lain, toh klian gk dpt apa2 klo klian smpe ngfans brat kyk gtu, g ada untungny..

    ReplyDelete
  112. cuma buat nambahin doang, sebelum mereka ngeluarin lagu ini di salahsatu interview mereka jg udah bilang, sebenernya lagu yg mereka buat ini didedikasikan untuk org2 Korea yang lagi jamannya suka bunuh diri. makanya ditulis blow your mind, buang jauh2 pikiran untuk bunuh diri itu jangan terlalu dipusingin suatu masalah soalnya bsk pasti ttp akan ada hari yg menunggu (ya kecuali kiamat ya.)

    ReplyDelete
  113. telat comment? pastinya..^^
    tp gpp lah, dr pada saya nyesek ga ikutan kasih uneg".. wahahahhaha..

    pertama kali baca tulisan ini kesan saya.. "AKHIRNYA!!"
    ya, akhirnya ada juga tulisan yg mampu memberi paparan kalo semua di dunia ini jangan terlalu dikait'kan dengan iluminashit..^^ muakkk lho dengan segala tulisan iluminashit ntu.. apa" ilu, semua semua ilu".. capcaii deuhhh..

    tapi untunglah melalui tulisan ini, sepertinya merasa ada pembela :D.. bahwa semuanya tergantung kita menyikapinya dan tergantung pola pikir kita.. masalah iman, maupun pemujaan setan, menurut saya ada Tuhan yang lebih tahu segalanya daripada kita..

    dan saya sangat berterimakasih dengan tulisan ini.. sekedar curhat, saya ini seorang pns muda dan suka ama Kpop maupun drama korea.. dan karena Korea dikatain alat iluminati (dan semua penghuni kantor mengamini Korea itu iluminati), saya sampai dicap tidak nasionalis, pemuja setan dan penganut iluminati di kantor.. T_T namun saya tetap bertahaannnn >o<! jadi kebayang kan gimana rasa bersyukur saya ketika menemukan tulisan ini.. dan bagaimana saya bersyukurnya bahwa saya tidak sendiri.. ada teman" lain jg.. terlihat dr komen" positif atas tulisan ini.. sungguh tulisan yang sangat berguna :)

    ReplyDelete
  114. saya gk baca sampai abis Males baca nya...
    kalau boleh beropini ,,,
    kalian hanya menggambil dari lirik lagu sebagian aja
    kalian menggambil lirik MR,SIMPLE Yang menggarah ke ILUMINATI ..
    Jika kita cermati
    lirik lagu "Jika Anda gila, pergi temui teman Anda dan melepaskannya dengan berbicara di belakang punggung mereka"
    Kata Gila >>> bisa di artikan Jika Anda Lelah Bosan dengan kehidupan yang menderai anda,anda bisa temuii teman dan melepaskan masalah itu dengan teman anda ....
    kalau kita cermati lagi makna dri lagu MR.SIMPLE
    Lagu ini menjelaskan pada yang mendengarkan nya
    bahwa kita harus Hidup dengan bahagia walaupun diri kita di derai begitu banyak masalah jangan jadikan masalah itu sebagai hambatan untuk menghalangi kesenangan kita ...
    dan jika kita bosan dengan masalah itu coba lah berbagi dengan teman teman kita...
    "lirik lagu MR SIMPLE Ayo pergi, ayo pergi, ayo bergegas dan pergi, mari kita kembali ketika kita diblokir.
    Saat anda merasa seperti sekarat, hanya untuk hari ini mari kita bermain dulu
    Saat dunia yang keras berjalan seperti neraka, aku satu-satunya yang sudah aus.
    Tunggu saja, simpan saja, karena hari Anda akan segera datang"
    OPINI saya: lirik itu menceritakan walaupun diri ini merasa letih kalau hanya ada waktu hri ini kita bermain
    tunggu saja kalau hari baik pasti akan datang kepada kita "
    dan Jika orang yang mendengarkan lagu ini berpikir POSITIF
    mereka tdk akan menggatakan Jika lagu ini mengarah ke ILUMINATI.
    Makasih

    ReplyDelete
  115. Ya sudah lah. Toh kenyataannya Yahudi nggak bakal hilang sampai kiamat. Jadi sampai kapan pun juga pasti ada mau kita semarah apa pun sama iluminati. Ngebahas iluminati di kpop tuh nggak bakal abis-abis. Asalkan kita tetap taat sama agama dan nggak terpengaruh ya nggak masalah =)

    ReplyDelete
  116. Pertama kali denger soal hal ini, jujur gw sangat terpukul banget. I can't believe this. My pure baby doing something this? My baby Lulu?(Lu han exo, I'm exo fans)

    I'm asking to my self, what I should do??!! I really love them but in other hands I believe illuminati is exist.

    yang gw lakukan akhirnya tetap dekat dengan Tuhan, berhati-hati dan masih ngikutin mereka sih..

    ReplyDelete
  117. orang punya pendapat yang beda-beda, tapi jujur saja ketika aku melihat Taeser Mr.simple bersama temanku, aku bertanya-tanya apa MV mr.simple ini da unsur yahudinya, cuma aku diam" aja takutnya ada temanku yg marah. jujur saja aku juga penggemar suju cuma ak yg gk mau berlebihan sampai" menduakan tuhan dan sebagainya.
    sepertinya suju tidak tahu tentang ini mereka hanya mengikuti apa yang di suruh dari pihak SM, dan menerutku pihak SM yang mengikuti ajaran yahudi dan seluruh artis yang ada di tanagan SM tidak mengetahui tentang ajaran yahudi

    ReplyDelete
  118. Pasti-pasti dan pasti kalau seseorang (artis) lagi dipuncak karirnya suka ada yg sirik, ada yg bilang memuja setan lah apalah, anjingg lo.... SIRIK TANDA TAK MAMPU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adoooh, cpe ndri gwe bcain koment" bashing diatas[bodo, ga ada yg sruh jga]...
      tpi q yg prtma bca skiLas z Lngsung ngrti apa mksudnya si om Ron,, tpi knpa bnyak bgt yg sLang tngkap ya ??

      Pasti-pasti dan pasti kalau seseorang (artis) lagi dipuncak karirnya suka ada yg sirik, ada yg bilang memuja setan lah apalah, anjingg lo.... SIRIK TANDA TAK MAMPU

      dan untuk om/mba Anonymous yg nLis ne,, Lo ank sd ya... Gwe yg ank sma z ngrti arti ni tLisan, kLo smpe ue seorg mhasiswa...
      gwe cma bsa bLang mendingan Lo ulng skoLah dri tk Lgi n bLaja yg rjin biar kaga begoo !!

      Delete
  119. gue suka gayya lu, bang :D ...
    asik banget^^

    ReplyDelete
  120. Gw pecinta K-pop, tp Percaya g percaya, pada kenyataanya bkan cm suju yg MVx kyak bgtu,,, hmpir smua K-pop,,! Gw liat dngn telitinya d MV kpop yg gw pux, ternyata baxk lmbang" setan/pmujaan yg d masukan,, entah mereka mengrti ap g mngenai lmbang tsb, stau gw sih, produser mrka yg nyruh bkan mrka yg mw,, jd NggAk sbagian bsar mrka tw. dan ap mreka mnyanyi skedar mnyanyi, ato dgn pemujaan

    ReplyDelete
  121. q suka artikel ini, dy gx nunjukin dr sisi dy memihak agama mana. N yg q tgkap dr artikel ini, sbnrny Tuhan gx nglarang untk brtalenta mlah hrus dkmbgkan... Tp jgn smpe talenta qt itu mmbuat porsi ibdah qt lbh sdkt drpda pgembgan talenta itu sndri, jika kblik itulah iluminasi. Knapa kpop dll itu ada yg blg iluminasi? Karena stiap manusia trbius, trus yg nyantel d pikiran lagu sama gerakan mreka. Nha lho! Skrg bndingn kalo udah kbyang2 lagu2 itu, yg kristen lbh sering nyanyi lgu dunia apa pujian pnymbhan? Kalo yg muslim lbh sneng sholawatan apa nyanyi lagu dunia? Agama lain jg gx? Jika porsi dunia lbh bsar mka jerat iluminasi itu nyata. Iblis bs mggunakan alat apapun untk mnjrat manusia untk jauh dr Tuhanny. Brdoa n brjaga2lah supaya jgn jth dlm pncbaan. Iblis sdg brjalan mgaum2 kelaparan, jgn sampe qt jd santapanny. GOD BLESS YOU

    ReplyDelete
  122. Kenapa sih ad dikit" ad lagu dblang pmuja setan lah apalah ... positif thinking cba ... mna mngkin mrka muja setan orng personil super junior tuh alim"... gue jga ga menTUHANkan mereka cma skedar fans... ngertilah cba..

    ReplyDelete
  123. Nyesel gw,,,,,
    Knp gw gx dgr'in ortu gw dri awal???
    Ortu gw dh blng jgn suka dgr lgu" yg gx jls ehh bkn'a gw ngedengerin mlh makin bnyk tuh lgu di BB gw -_-
    Astajimmmm tobat" deh gw -_-
    Sma aja gw dh menduakan Tuhan demi beginian???
    Emg iya sih sejak gw kenal sma yg nama'a K-POP gw jdi susah di atur,mls belajar,gx mau ibadah delel
    Tpi syukurlah skarang gw dh gx ngederin lgu itu lgi gw dh bisa kya dlu :)
    Gw mau belajar,mau ibadah lgi ;)
    Oh ya thx y postingan lo berharga bngt buat gw ;)
    Post yg lain lgi y ;)
    Ini dh cukup bngt buat nyadarin gw ;)

    ReplyDelete
  124. min, mv-nya miss a yang touch, di detik 21, kan dance mereka membentuk huruf A, (yang menyimbolkan tentang mereka)
    tapi koq ada malah membentuk segitiga dan terdapat lingkaran agak lonjong ditengahnya, kayak simbol dajja kan?, trus di detik ke3, 5, 10 dan 13, membentuk mawar, kayak habis digepengin gitu, mirip simbol matahari, tolong dijelasin yah?

    ReplyDelete
  125. woi woi woi...jamaahhh... kok malah pada ribut sih??
    gni yahh,,gue ntu ELF n juga Shawol.. jd gue mau bela bias gue dikitlah...hehe
    klo mnrut aku ya..klo mau ngartiin lagu itu jgan stngh2, tp scra ksluruhan.. mislnya nih ya, lgu LUCIFER.. klo cma dlihat dr liriknya yang Her Wishper is the lucifer, emang kyak pmujaan setan sih, tpi coba deh lu maknain secara ksluruhan, d.lgu itu kan maksudnya ad cwek yang awlnya baek, innocent , tp akhirnya bkin tuh cwok kprangkap n g bsa kluar dri jratan tuh cwek yang maksudnya tuh cwok udah cinta mati ma ceweknya...itu kan udah biasa,.jd jngan cma ngartiin yang setan2nya doang..
    dan klo msalah hae pke tali d.lhernya n nutupin muknya sbelah apa slahnya coba?? tuh tali kan cuma property mv doang,,trus klo mislnya nih ya, mtahri tuh ad d.sblah kiri kita, kan kita ntupin wajah cuma sbelah tuh,,lah, itu juga namanya,,,apa tuh tadi lupa..aish pemikiran apa itu??
    authornya bener, trgntung kita bgmana mnanggapinya kan? klo org x pkrnnya dangkal mah slahkan berfkir itu pmujaan setan apa bukan. lgi pula nih ya itu kan cuma konsep MV or MUSIC mreka biar beda dr yang laenn..itu juga bukan kmauan SHINee ato SUJU kan??? itu kmauan pihak prooduksi,tuh lagu jg bkan cptaan mreka,, mreka cma jalanin tugas doang buat nyanyi n dance..

    yesungminlahae,,,ngapain dibesar2in?? yang mau percya silahkn, yang nggak mau jg silahkan,, pndpt org kn berbed2 yahhh,,heheh
    buat authro 100 dahhh...haha

    curcol gua banyak amat yaaakk??

    ReplyDelete
  126. maaf, saya nambahin sedikit. buat yang menganggap blog ini terkesan menghina K-Pop baik itu MV atau apalah, tolong dibaca baik2 tulisan di blog ini. pertama baca saya juga berpikir klo admin blog ini punya persepsi jelek sama MV2 K-Pop. tapi setelah saya baca sampai tuntas, baru deh saya paham. intinya adalah admin hanya menjabarkan persepsi2 buruk orang lain yang berhubungan dengan satanisme, setelah itu admin mengklarifikasi dari sisi positifnya. jadi, bukan admin blog ini yang bilang MV Mr. Simple berhubungan dgn satanisme atau apalah itu. tolong dicerna baik2 dulu spy gk slh pham.

    ini cuma pendapat saya. jd bs diterima, bisa jg tdk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kan ada benernya juga gimana kalo kita cuma ambil positifnya doang selamanya hayoh.??? Ya makin banyak dong yang menyembahnya setan atau iritual ya hal semacamnya lah Gimana yang lain .... coba aja lu , bisa gak kasih tau sisi positifnya ?

      Delete
    2. sebelumnya trma ksh buat yg reply. berarti anda merespon komen sy. anda bnr kok, kita gk bs selamanya ngambil positifnya. kita jg hrs slktif, scra di jaman kya gni bedain yg bnr sm yg gk jg udh susah kn?! tapi, komen sy itu bkn utk mengajak org trs2n ngmbil positifnya, sy cuma mjlskn ttg mksd tulisn di blog ini, itu aj. klo anda tya apa sisi positif dr dunia K-Pop, ada kok. contoh: utk mjdi seorg seleb, prjuangn mrka gk gmpg. ada yg hrs brthn2 nunggu bru bs debut. dan di antara mrka jg ada yg ttp taat dgn Tuhan. sy bkn seorg fans fanatik yg hrus membela idola mati2an baik mereka bner/slh. saya kn juga punya agama dan saya gk boleh menduakan Tuhan. Gmn mnurut anda?

      Delete
  127. Oiya juga sih dari dulu gue juga udah pernah denger kata"iluminatii" tapi gak gue sangak kaloartinya bakal seburuk ini ....... coba sih elu elu pikirin kata orang orang korea utara kan komunis brarti gak menyembah tuhan kan , ya anggep ajah lah ga beragama , tapi gimana kalo korea selatanya beragama tapi menyembahnya setan lebih parah mana coba ???? Gue sebenernya juga heran ...........

    ReplyDelete
  128. yang paling gua suka dari blog ini adalah ::

    KOMENTARNYA hahahahaha xD

    ReplyDelete
  129. gue suka artikel yang loe buat..
    jujur gue Kpopers,,
    gue baru tau ternyata lagu Mr. Simple itu kayak gitu ya,,

    ReplyDelete
  130. Tinggal gimana kita meresapi lagu itu, gak usha jauh-jauhlah ampe di bawa ke agama :) Kesannya lebeh gitu..
    Gue suka postingan videonya, tapi kalo ini sorry.. Setahu gue, Member suju semuanya beragama kec. Heechul-ssi..
    Pemahaman pembuat lagu ama elu kan beda, bro..
    Hidup di bawa simple aja, asalkan kita ttep inget ama yang di atas :)

    ReplyDelete
  131. Make the right post brother or sister admin ... though probably worship the devil, but it makes the ELF Indonesia and the world really offended ... but kak admin, salute the very same posting manufacture ... Nice understandable ... ELF but I also feel offended ...

    Continue creation for this blog post, okay?
    Goodbye Brother Admin ..

    By: Abel Abraham

    ReplyDelete
  132. Min, klo SHINee yang LUCIFER itu ada temenku takut dengernya... ktanya takut tu lagu artinya berhubungan dengan setan" gitu.... aku tnya emg knp? dia bilang liat aja dr judulnya... gitu min... Aku pengen tau dh rahasia" lucifer nya SHINee min... gamsa :)

    ReplyDelete
  133. Entah apa tuh Lucifer Artinya yang penting gue suka ma lagunya,, jika dihayatin pun kalo lagunya ada setan-setannya tuh cuma buat cewek yang kelakuannya kaya setan(bermuka dua gituh)

    jadi lagu ini menyampaikan tentang cewek lucifer itu..
    jangan suka salah paham deh,,,
    buat yang kira kak ron ituh ANTIZZZ... sekali lagi Gak!!

    Thanks yah postingannya
    aslinya sih udah lama banget baca artikelnya,,
    tapi gatel banget ama yang posting tentang antiz...

    Kak Ron Fighting!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi.... dari pengamatan saya, kebanyakan lagu-lagu yang berbau iluminati itu memang bermakna ganda (ambigu), jadi bisa diartikan untuk lawan jenis (dari cowok ke cewek atau dari cewek ke cowok), bisa juga diartikan untuk "makhluk yang dipuja". jadi mungkin tergantung yang mengartikannya juga...

      Delete
  134. assalamu'alaikum . .
    Aku mau sdkt menyampaikan isi pemikiran aku stlh baca blog ini.

    awalnya kaget bed pas baca postingan nie dan lbh kaget lagi pas baca komen2nya ( walau gak semua)

    Dari yang aku baca sebenarny sang penulis mencoba tuk menceritakan kegalauan hatinya di satu si2 dia ska sma yg nmanya kpop v di si2 lain beliau gak mau smpai di judge sbgai orang yg menyekutukan Alloh SWT.

    Dan subhanallah, , , para reader bnr2 peduli dgn kondisi beliau (penulis)walaupun dgn cara yg berbeda2 dlm mengungkapkannya

    Yuk . . Mari qta sma2 berdoa agar Allah SWT selalui meridhoi qtq tuk selalu berada di jlan yg lurus sebagai mana yang telah disampaikan kepada kita melalui alquran n al hadits . . . Amin ya rabbal alamin

    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  135. hm... seru . sebelumnya ada pikiran sih kalo K-Pop bisa aja jadi sasaran illuminati untuk nyebarin konsep satanisme (dari lagu lucifer juga) secara k-POP kan lagi booming banget akhir2 ini...
    Berhubung saya bukan penggemar SUJU, jadi saya baru tahu, kalo SUJU pernah dikabarin mau bubar. tapi baguslah kalo Siwon & Donghae menyadari ada keganjilan di perusahaan yang menaunginya (SM) dan berusaha mau keluar. kalo artis lain (Lady Gaga, dll) kan gak peduli mau dinaungi sama pemuja setan atau dinaungi siapapun, mereka berprinsip yang penting terkenal dan sukses dalam karirnya. Siwon & Donghae (mungkin) juga berprinsip "Surga nya Dajjal adalah neraka dan nerakanya Dajjal adalah surga).

    ReplyDelete
  136. halah kayak yang iya aja lo. ketidaksukaan lo terhadap super junior gak akan menghentikan karya terbaik mereka. gak ngaruh buat mereka ngerti ga lo? postingan sampah.

    ocehan lo ga bisa buat suju mjd tidak bertalenta. ocot rakyat exo aja yg sirik ama suju. kebanyakan begini nih, lama2 juga kualat buat exo and fans2nya.
    Mr. Simple MV nya keren, lagunya juga keren sering banget diputer di pusat perbelanjaan dan mall2 ternama. gak kaya exo SEREM ABIS lagunya dan gue belom pernah dengerin lagu mereka di tempat2 kayak mall gitu.
    LAGU EXO ITU ANEH2, throw it to the garbage aja deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kog ada EXO sih?..
      mereka kan satu Entertain, ngapain sih mesti fanwar?.
      .
      kalimat elu yang terakhir bikin gua pengen nyeburin elu ke kali.
      .
      Belum tentu jga elu bisa buat postingan 'berbobot' kayak gini. Dan lagunya EXO?. serem kata elo?. Baca artinya deh... cowok unyu2 munyu2 gitu koq serem
      Iam ELF and EXOtic (belum official).

      Delete
    2. aduuhh.... sumpah deh,
      . jangan liat apapun dari sampulnya. Mereka itu (SJ n EXO) satu Ent!. ELF labil yang doyan Fanwar.
      lagunya EXO gag serem koq kalau MAU ngartiin,,,
      . Jadi QaQa.
      jangan asal nyablak...
      aq ELF dan EXOtic (belum official sih). dan aq ga suka fanwar, enjoy aja sih...
      Multi fandom bikin hidup tambah berwarna.
      Jangan terlalu mencintai sesuatu secara berebihan. ;)

      ELF <3 EXOtic <3 ShaWol <3 Sone <3 Cassiopeia <3

      Delete
  137. propokator memang bisa dalam bentuk apa saja asal mereka saling berselisih pendapat, perang mulut dsb, kalu saya amati baik2 mungkin ada sedikit unsur pencemaran nama baik di sini, lagu mr. simple itu menyuruh kita yang memiliki aktivitas berat seperti bekerja atau kuliah untuk beristirahat sejenak melupakan dulu segala permasalahan dengan bergaul bersama teman baru kalau di cermati baik2 emang begitu pemahamannya, saya orang yang bekerja tentu saja merasakan kepenatan atau kejenuhan saat bekerja, istirahat juga kurang, makanya lagu ini bertujuan seperti itu simple kan sama kaya judulnya, kamu tau arti dajal yang sebenarnya, bukankah dajal juga memiliki arti pembohong bukan cuma manusia bermata satu aja, so aku sedikit pun gag ngerti sama nie blog, kkkkk jadi propokator aja bisanya, di tempat kerja aku kemaren ada cek up kesehatan sama tes darah,di sana ada 6, tahap di tahap 4 ada semacam tes kemampuan melihat dengan menutup sebelah mata dari jarak 1 meter, berarti aku ama sluruh karyawan yang ngelakuin itu semua lagi pada muja setan juga dong, benar-benar aneh, kalau pihak SM Ent. tau berita kaya begini tersebar, emang situ mau di tuduh mencemarkan nama baik suju atau shinee, kamu siap di tuntut?, maaf2 aja nie tapi gag usah jadi propokator pliisss.

    ReplyDelete
  138. saya mau coment juga nih, baru tau & baru baca, sekalian lihat coment para readers, banyak yang salah mengartikan satu sama lain, di sini saya tidak membela siapa2, mungkin maksud admin bukan seperti itu dia cuma menyampaikan pendapatnya saja tergantung dari kitanya, tapi terlalu berlebihan juga jika ada yang sampai bilang yang membela suju inilah itulah, begitupun juga sebaliknya, sebenarnya author dalam mengartikan lrik mr.simple juga sedikit banyaknya ada perbedaan, saya sudah lihat lirik yang di sini dengan yang sebenarnya, nah di situlah yang jadi pemicu kesalahpahamannya, saya tidak menganggap admin di sini ANTIS atau apalah cuma saya ingin menyampaikan pendaat saya saja , tapi saya lumayan salut, walaupun rada aneh juga masa sih menutup mata harus di bilang memuja setan, saya kan waktu ada tes kesehatan di tempat kerja, pernah di suruh nutup sebelah mata buat baca huruf dari jarak jauh, apa itu termasuk illuminati?

    ReplyDelete