SNSD The Boys: TEASER REVIEW

Hello again. Entah apakah gue berani bilang Oktober adalah bulan paling produktif gue dalam mengisi blog ini? Atau cuma perasaan gue aja? Okey, Oktober ini bisa dibilang bulan yang sangat spesial. Apa karena Donghae ulang tahun? Nggak juga. Nggak kenal ini sama dia jadi kenapa harus ikut bahagia? Bukankah dia harusnya sedih? Umur segini belum nikah? *BARU JUGA DUA PULUH ENAM RON!*

Beberapa minggu yang lalu gue pernah ngetweet begini,
"KATANYA SOWON, TAPI PAS THE BOYS TEASERNYA RILIS KOK NGGAK DIBAHAS DI BLOG!"

Juga tweet ini,

"KATANYA BUKAN ELF, TAPI PAS MR. SIMPLE KELUAR DIBAHAS HABIS-HABISAN DI BLOG!"

Oke gue agak terganggu dengan statement gue sendiri karena memang gue bukan ELF dan bukan SONE to be honest. Kenapa? Karena kalau gue bilang gue ELF, gue nggak punya album original SUJU dari album pertama. Kalau gue bilang gue SONE gue cuma punya MP3 SNSD hasil download bukan beli legal. Jadi gue ini sebenarnya apa? Gue sedang ada di mana? Gue sedang sama siapa? Adakah yang menunggu gue dengan terluka dan bertanya tanya? Yolanda?

Jadi untuk itu, supaya kesannya adil gitu, karena gue bukan ELF dan bukan SONE, jadi sekarang gue mau bahas THE BOYS karena Oktober ini SNSD akan comeback! Wohoo~~~~~ Yoona akan kembali membuat gue drooling semalaman, Sooyoung akan kembali dengan kaki panjangnya, Tiffany akan kembali dengan muka cantik berplastiknya dan Jessica akan kembali dengan suara yang mengganggu itu dan tampang bodohnya. Oh God. I cannot wait for it any longer! Haha... Dibandingkan dengan girlband lain, SNSD adalah satu-satu Girlband yang selalu gue ikuti perkembangannya dari album dan MV. Tapi sampai sekarang gue nggak pernah berani menyebut diri gue SONE karena itu tadi, gue nggak punya satu album mereka pun. Agak malu juga. Jadi biarkan saja gue hanya menikmati tanpa benar-benar menjadi fans.


Teaser The Boys ada tiga versi, gue share versi pertama dulu, yang sudah dapet lebih dari empat juta hit di YouTube.



Versi kedua dari teaser ini nggak jauh beda juga nih populernya. Lebih dari tiga juta hit untuk satu minggu pertama diunggah ke YouTube. Check this out:



Dan yang paling oke dari semuanya adalah versi tiga ini. "GIRLS, BRING THE BOYS OUT!" Wohooo~ Gue yakin seyakin-yakinnya kalau MV ini akan sangat berbeda dari MV SNSD yang terdahulu. Kayak misalnya GENIE atau RUN DEVIL RUN. Kalau diliat dari teaser sih kayaknya mahal yah... Hehe, tapi oke Teaser bisa menipu. Mr. Simple misalnya, Teasernya terlihat sangat WOW tapi pas liat MV nya ternyata biasa aja. Tapi gue menaruh harapan besar untuk MV THE BOYS ini. Liat Teaser ketiga ini deh... Ini versi Koreanya, ada versi English nya tapi yang beda cuma potongan liriknya doang.



Oke, seperti yang juga gue lakukan pada teaser dan MV Mr. Simple, sekarang mari kita bedah semua teaser SNSD dari yang pertama sampai yang ketiga...

Sebenarnya Teaser MV yang pertama dan yang kedua ini sama, cuma yang kedua lebih panjang aja, disertai dengan muka-muka pada member yang udah lama banget kayaknya gue nggak liat sejak mereka debut di Jepang. Hahaha... Let's see the trivia:
  1. Ada delapan bongkahan diamond di opening Teaser ini termasuk yang diambil sama Yoona,
  2. Backsound teaser MV 1 dan 2 SAMA kayak musik opening di MV Keep Your Head Down nya TVXQ pas adegan Yunho sama Changmin solo dance di awal MV,
  3. Yoona mungut diamond pake tangan kiri, 
  4. Yoona melangkah 9 kali sejak permulaan Teaser sampai dia mungutin diamond item itu,
  5. Anehnya, Yoona kenapa pake baju terbuka atasnya dan rok pendek gitu ya di setting yang seharusnya membuat dia menggigil kedinginan? Begitu juga dengan delapan member lain. Konsep kutub nya jadi agak gak masuk akal. Masa iya ada orang di atas es bajunya begitu. Kan jadi aneh... Harusnya SNSD nggak perlu buka-bukaan badan, udah cantik juga sih. Kalo mereka pake baju yang kayak jaman MV debut Girls' Generation itu baru oke dan pas di setting dingin :p
  6. Diamond item besar yang jadi main background pas sembilan member berbaris mengingatkan lo sama MV nya 2NE1 yang I Am The Best nggak sih? :p Gue pas pertama ngeliat mikirnya malah gitu. Keliatan banget pengen melakukan sebuah persaingan. Menurut gue loh yah... Nggak ngebahas segitiga-segitiga setan ah, bosen...
  7. Pertama kalinya Sunny muncul dengan rambut pendek,
  8. Di akhir MV waktu 9 member berbaris, ada 5 member yang menyilangkan kaki: Sunny, Yoona, Sooyoung, Taeyeon, Jessica,
  9. Mawar-mawar yang jatoh, mirip kayak mawar-mawar di MV Hurricane Venus. Itu sebenarnya posisi jatuhnya di mana sih? Di depan SNSD nya atau di atas SNSD nya? Soalnya nggak ada mawar yang nyangkut di SNSD nya. Berarti di depan ya? Trus kok mawarnya gak ada pantulan di diamond item? Ah... OB nya belom ngilapin diamond nya nih...
  10. Teaser ketiga adalah yang paling REAL karena potongan dari MV nya ada disitu. Liat kan yang gue maksud? Teaser 1 dan 2 sebenarnya hanya promosi doang karena belum tentu kostum itu ada di MV nya. Liat aja rambut Taeyeon yang masih pendek di Teaser 2 dan kemudian panjang ombak-ombak di teaser ketiga. Sama hal nya kayak Mr. Simple waktu itu...
I see nothing special yang bener-bener bisa gue bahas abis-abisan. Beda banget sama Mr. Simple yang kayaknya beneran maenannya simbol banget. Ada banyak hal-hal yang bisa diliat tapi nggak secara langsung. Mungkin karena teaser The Boys agak lebih sederhana kali ya potongan-potongannya. Berbeda dengan teaser Versi 2 nya Mr. Simple yang DAEBAK! dan menurut gue salah banget SM nggak membuat MV Mr. Simple se DAEBAK! teaser keduanya.

Well, overall gue sangat menunggu-nunggu MV ini termasuk sangat menikmati juga komentar para ELF soal kenapa SM terkesan sangat pilih kasih pada SNSD dengan membuatkan mereka MV yang MAHAL sementara Mr. Simple dan ACHA looks so damn CHEAP?!

Oke. Harus diakui memang SM sedang menganakemaskan SNSD. Kalau menurut gue karena (mungkin) jumlah cowok di dunia ini semakin bertambah dan di Indonesia aja sekarang lebih banyak cowok daripada cewek, jadinya... secara  teknis lebih banyak cowok yang akan suka melihat SNSD dan pada kenyataannya seperti itu (kalo gue salah tolong dikoreksi dengan hasil survey terakhir dan gue akan berterima kasih untuk itu). Gue nggak tahu kenapa cewek kebanyakan menjadi anti-fans nya SNSD. Mungkin pertanyaan yang sama akan gue utarakan untuk para cowok, kenapa banyak yang nggak suka sama Super Junior. 

Gue nggak begitu mengikuti hal-hal terkait SNSD (kecuali lagu baru dan MV baru) dan bagaimana sebenarnya SM memperlakukan mereka. Berbeda dengan ketika gue mengikuti perkembangan Super Junior. Tapi nih ya, kalo masalah anak emas dan pilih kasih, gue rasa masing-masing punya porsinya sendiri-sendiri. Dari sudut pandang para fans mungkin memang SNSD kali ini terasa mendapat lebih banyak perhatian dari SM sementara Super Junior tidak. Padahal kalau mau dibahas panjang lebar, hal itu kemudian menjadi sangat wajar.

Kalau gue ada dipihak SM, gue akan merasa sudah cukup Super Junior sampai sini saja karena kalau Super Junior dan SNSD perform di satu panggung yang sama untuk comeback stage, jadinya kayak mubazir gitu loh. SM punya keputusan yang sangat tepat untuk menyudahi promo ACHA dan memulai promo SNSD karena setiap artis mereka tentu punya giliran masing-masing kan? Sebut saja sekarang giliran SNSD dan Super Junior sudah selesai. Dengan berakhirnya masa promo ACHA, bukankah itu bagus? Kenapa harus pada bilang, "NGGAK ADIL! MASA PROMO ACHA CEPET KELARNYA! PASTI KARENA 9 CEWEK ITU!" Padahal kalau dipikir-pikir, dengan berakhirnya promo ACHA, paling nggak Super Junior bisa istirahat men, buat persiapan untuk World Tour. Bukankah selama ini ELF yang paling ribut soal waktu istirahat SJ yang kayaknya NOL? Sekarang kalau misalnya mereka terus promo ACHA, ya itu kan artinya waktu istirahat mereka jadi tambah NOL. Oke, mungkin emang setelah promo ACHA ini mereka nggak akan pure untuk beristirahat karena akan ada banyak teaser video untuk SS4 yang harus dibuat. Tapi paling nggak mereka fokus kan? Gue sih mikirnya gitu.

Gue nggak begitu ngikutin perkembangan Girlband yang sedang comeback karena nggak banyak yang gue suka. Gue merasa bulan ini adalah bulan yang baik untuk comeback SNSD karena memang saingan mereka sedikit. Well, mungkin itu nggak akan mempengaruhi sih yah karena katanya justru pada manajemen menunda comeback artis mereka dan tidak mau bareng-bareng sama SNSD karena SNSD memang sedang sangat menjual dan laris sekali di Asia, Korea dan Jepang pada khususnya. Cuma sekali lagi, SM memilih waktu yang sangat tepat karena saingannya nyaris nggak ada. Beda sama boyband. Kenapa SUJU kemudian nggak menang di setiap minggu comeback ACHA? Gue rasa bukan karena ELF nggak mau berusaha beli CD lebih banyak, nge search di situs musik Korea lebih sering. Tapi memang karena saingannya banyak, ketat dan gue rasa lagu saingannya lebih bagus daripada ACHA. Like what I said di postingan tentang Mr. Simple, SUJU kehilangan touch nya dan lihat kan? Bahkan ACHA pun gue rasa adalah salah pilih lagu untuk repakcaged album

Gue mungkin bisa dibilang sok tahu yah, tapi gue hanya mengatakan pendapat gue. Mana yang menurut gue bagus gue bilang bagus, yang jelek ya jelek aja.

NAH! Balik lagi ke masalah SNSD... tentu saja gak jauh-jauh dari yang namanya ANTIFANS. Karena sebagaimana kita tahu, SNSD sangat banyak antifans nya sebanyak fans nya tapi tentu saja lebih banyak fans nya karena kalo lebih banyak ANTIFANS nya girlband ini nggak bakalan bertahan lama (walaupun gue yakin terkadang antifans berperan besar dalam kesuksesan sebuah girlband boyband ataupun artis).

Kebanyakan ELF nggak suka sama SNSD dan kemudian menyebut diri mereka SAFER. (kepanjangannya apa sih?) Entah dengan alasan apapun, nggak tahu. Sekali lagi gue merasa ini wajar. Pro kontra itu biasa. Mungkin ada hubungannya sama SNSD yang terlalu deket sama SJ? Atau apa? Atau apa? Atau apa? Banyak sekali. Tapi yang bikin gue nggak habis pikir adalah, kenapa sampai seperti ini:

-ANTISIPASI SNSD's COMEBACK-

Yeah, seperti yang kita tahu, SNSD akan comeback dalam waktu dekat ini dan di awal saja kita semua sudah sama sama melihat dan memerhatikan betapa SM Entertainment sangat bersikap tidak adil!
    1. Teaser SNSD dirilis dengan jarak yang cukup jauh dengan perilisan MV-nya, jadi jumlah viewers teaser mereka bisa mencapai jumlah yang jauh lebih besar daripada viewers teaser SUJU,
    2. Album SNSD selain di rilis di Korea, juga dirilis versi Amerika (Internationalnya) padahal Super Junior memiliki fans yang jauh lebih banyak dari mereka (terbukti dari member FB resmi SJ),
    3. Bersamaan dengan album barunya, SNSD membuat akun YouTube pribadi seolah mereka adalah main artist nya SMent, padahal SJ dan TVXQ jauh lebih senior,
Dari beberapa bukti diatas, tidakkah sudah sangat jelas apa yang harus kita lakukan? Yap! Tentu saja kita harus balas dendam. Bukan dalam arti negatif, tapi seballiknya. Bukankah akan sangat membahagiakan jika kita, ELF dapat memberikan hadiah istimewa untuk SJ yaitu berupa kemenangan di GDA? Maka dari itu, sebagai langkah awal, kita harus melakukan antsipasi comeback SNSD dengan cara:
    1. Tidak mencoba menonton teaser mereka,
    2. Tidak mencoba membuka (terlebih menonton/mendownload) MV mereka nantinya,
    3. Search Mr. Simple & A-CHA lebih dari sebelumnya,
    4. Tonton MV Mr. Simple & A-CHA lebih sering.
Semoga sharing aku ini nggak diabaikan ya ELF karena ini amat sangat penting. SMent sudah sangat keterlaluan karena persiapan comeback SNSD, SJ pun tidak diberi waktu yang cukup untuk promosi ACHA. Bahkan sempat terjadi insiden NO FANCHANTS karena Goodbye Stage SJ yang tidak diberitahu. Nah, tidakkan kalian pikir berapa lama waktu yang SMent sediakan untuk promo album SNSD terbaru ini melihat beberapa bukti yang telah diulas diatas?
Mohon disebarkan jika kamu peduli.
(diambil dari FB fans SJ dengan bahasa yang disempurnakan dan tidak di kopas secara langsung)

Kesan pertama gue ketika membaca pengumuman salah seorang member grup di FB ini adalah: SERIOUSLY?! APAKAH SEMUA ELF MEMBENCI SNSD? KENAPA SAMPAI SEPERTI INI?! And, yeah, gue merasa sangat sangat sangat sangat terganggu dengan ini. Gue mengerti, betapa sebagai seorang fans mereka sangat setia pada idola mereka, tapi hey! Tidak adakah RESPEK disini? Oke, mungkin beberapa dari ELF ada yang sangat fanatik dan membenci SNSD tapi ada juga yang nggak dan ada juga yang biasa aja. Oke, gue mengerti mereka juga RESPEK karena BALAS DENDAM yang mereka lakukan adalah dengan cara yang baik (menurut mereka) dan mungkin juga gue akan dianggap tidak RESPEK pada ELF karena tulisan gue ini. Tapi wah... ini adalah alasan kenapa banyak orang menganggap ELF senang fanwar. 

Sekedar sharing, temen gue fans TVXQ--Cassie--agak nggak suka dengan ELF karena menurut mereka ELF itu suka cari masalah. ELF suka jelek-jelekin TVXQ. ada saat yang bersamaan, ELF selalu merasa benar dengan mengira justru Cassie lah yang mencari-cari perkara dan pada akhirnya cari ribut. 

Mungkin postingan di grup FB di atas sangat private dan terbatas hanya untuk ELF, dan SONE tidak berhak untuk tahu. Tapi kalau SONE baca, tidakkah ELF akan semakin dikira tukang cari masalah? Well, thats just my opinion. Oke, harus di CLEAR kan disini bahwa ELF yang gue maksud adalah ELF yang OVER. Nggak semua ELF juga benci SNSD dan mungkin melakukan pemboikotan. Bahkan penggunaan kata ELF sendiri rasanya sudah memukul rata semua fans SUJU tapi sekali lagi: ELF YANG GUE MAKSUD DI SINI ADALAH MEREKA YANG SUKA CARI RIBUT. Kalo gak merasa ELF yang begitu, so, goodbye baby katanya Miss A.


Pertanyaan selanjutnya, Apakah jumlah viewers YouTube itu sangat membuat kalian tidak bisa tidur sampai-sampai kalian mempermasalahkan jumlah penonton YouTube nya SNSD akan jauh lebih besar daripada SJ karena jarak MV dan teaser SJ terlalu dekat dan jarak MV dan teaser SNSD terlalu jauh? Oh please... Ada nggak sih masalah yang lebih KRONIS yang harus dipikirkan daripada mikirin jumlah viewers YouTube? Lalu ada apa dengan akun YouTube pribadi? Akun YouTube itu gratis... SJ bisa aja bikin kapanpun mereka mau. Kenapa harus dibahas lebih lanjut gitu...


Gue nggak tahu apakah Nielsen pernah melakukan survey tentang berapa banyak fans Super Junior di seluruh dunia. Lalu masalah SNSD mau bikin album international dan itu sangat dipermasalahkan oleh para fans SuJu--errr... Here is my opinion: Super Junior Show 4 sekarang bukan lagi ASIAN TOUR tapi WORLD TOUR. See whats my point here? Tanpa album internasional pun, SUPER JUNIOR sudah GO INTERNATIONAL. Jadi kenapa harus mempermasalahkan masalah album internasional SNSD ada dan SUJU nggak ada? Kenapa dipermasalahkan kalau SNSD mau debut di Amerika dan SUJU nggak? 


Salah satu PR besar SM kalau jadi SNSD debut di Amerika adalah membuat MV yang nggak sekedar berkonsep "in front of camera dancing". ACHA, Mr. Simple, Gee, Genie, dan lumayan banyak MV lainnya SM selalu mengandalkan hal itu. Agak kurang mengeksplore aja gitu menurut gue. Kalo dibandingkan dengan MV Mahal nya YG kayak misalnya UGLY atau LONELY atau I AM THE BEST, SM jelas kalah jauh. YG lebih berani menggunakan konsep yang nggak cuma dance buat 2NE1 di beberapa MV terbaru mereka bahkan gebrakan MV pake Kartun. Sementara SM belum keluar dari konsep "in front of the camera dancing" nya. SNSD paling nggak bisa melebihi WG sebelum debut di Amerika karena BOA juga makan waktu lama dan gue rasa kalau SNSD instan, hasilnya nggak akan sama atau lebih bagus dari BOA dan WG.

*inhale* *exhale*

Mungkin ada banyak kata-kata gue yang menyinggung, gue minta maaf. 

Gue pada awalnya menyangka diri gue ELF, tapi ternyata bukan. Gue bukan ELF tapi gue sangat sangat sangat mengidolakan Super Junior. Gue menyangka gue SONE tapi ternyata nggak. Tapi sekali lagi, dibandingkan dengan semua girlband yang ada di dunia ini, lagu-lagunya SNSD adalah lagu-lagu girlband yang paling banyak gue hapal. Gue nggak berniat nge-BASH atau menjelek-jelekkan siapapun. Gue hanya memberikan pendapat gue. Ada pasalnya bukan? Semua orang bebas berpendapat? Ada kan di Undang Undang kita? 


Gue nggak mau ngelarang kalian buat nge BASH gue atau tiba-tiba nanti tulisan gue ini masuk ke sebuah forum dan gue dianggap antifans dan banyak orang akhirnya memblock twitter dan facebook gue atau di report as spam. Mereka berhak buat itu. Jadi kalo lo nggak suka sama postingan kali ini, leave your comment and tell me what must I do and what must I change from my sentences. Facebook gue ada di bagian tab atas kalo mau ngebash, block atau report spam. Twitter gue ada di akhir postingan ini.


Good night! Selamat malam minggu!


GIRLS, BRING THE BOYS OUT!




@ronzzykevin
http://kaoskakibau.tumblr.com

Share:

17 komentar

  1. Kalo gue sih nganggap wajar kalo snsd dianakemaskan. secara suju kan lebih dulu debut, udah banyak geluarin album, dan udah lebih dahulu ng'rasain pengalaman "emas" seperti ini. sementara snsd itu baru, jadi lebih difokuskan..gausah iri deh..

    ReplyDelete
  2. weks gw bru bca nih.. #inipendapatgw
    kan lo blang kalo SONE tw pasti ngamuk,, lah~ napa lo ksih tw?? o.O? aneh bgt... buat yg komen diatas ^^^^^^^ saya,, suju emg pernah ngrasakan pengalaman "emas" nmun g prnah di "anak emaskan" asal kamu tau,, suju hanya mendapatkan barang sisa dari MV-MV sebelumny baik dri Suju sndiri atau TVXQ, SNSD, dll... mereka sring dpat brag sisa? menurut kamu? menurut kutipan salah satu surat kabar korea,, Suju awalnya hanya dijdkan Project Group yg berasal dri BB korea lain yg sudah bubar n tdk mndapatkan bgian lgi dlam entertainment korea,, SM yg ksihan memasukkan mereka ke Suju.. jadi intinya "SUJU G BAKALAN IRI, TAPI ELF YANG IRI!! KENAPA IDOL MEREKA G DIPERLAKUKAN SAMA!!"
    ak menytujui ELF trlalu brsemangat, tapi apa salah kalo mereka selalu mendukung IDOL.a,,, g kan??

    ReplyDelete
  3. wow! artikel nya cukup membuat sya terperangah.
    sya prilen (pria tulen). jujur, sya baru 4 bln menyukai & hapal k-pop (telat). Dulu sya anti skali sma yg namanya boy/girlband, smpai akhirnya sya pnasaran sndiri krena ada slah seorang teman sya yg suka k-pop & dgn terpaksa sya sering mndengar lagu2 yg dia putar. Dan MV k-pop yg prtama sya lihat adalah Gee (snsd). Krena masih pnasaran, sya search MV lain dan di dapatlah MV Mr.Simple (SJ). Entah knapa sya mnjadi pnggemar berat SNSD & SJ smpai saat ini.
    Sampai akhirnya sya mengetahui, trnyata antara sone & elf itu tdk akur. Sya sempat bingung, kenapa? Apa yg diperdebatkan, pdahal artis yg kalian gadang2kan itu adem ayem saja. Jujur, sampai saat ini sya masih sedih krena sya sendiri menyukai SNSD & SJ.
    (maaf curhat sdikit, krena sya masih sangat bingung dgn hal ini)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Prilen! hahaha... agak aneh waktu anda menuliskan singkatan itu sebelum menuliskan komen yang sebenarnya :p Yah tapi wajar sih, banyak manusia di luaran sana yang masih memandang kesukaan akan Kpop ini sebagai sebuah hal yang bisa jadi membuat mereka kehilangan prediket prilen itu :p No offense.

      Bersyukurlah kalau kenal Kpop dari 2 boyband/girlband yang memang sudah jadi icon kpop itu mas! Hehe... walaupun pesan saya jangan terlibat terlalu jauh dengan fandom. Pengalaman pribadi sih... jadi sekedar menjadi penikmat saja mungkin lebih baik.

      Nggak semua SOne dan ELF itu nggak akur kok. Ada banyak diantara mereka yang hidup berdampingan dengan damai :p Walaupun mungkin presentase mereka yang ELF dan juga SONE itu sedikit dan presentase yang akur juga sedikit.

      Kalau mas yang baru 4 bulan aja bingung kenapa artis nya adem ayem (dan memang seharusnya begitu bukan? mereka kan satu manajemen) kok ya fans nya pada ribut, gimana saya yang sudah masuk tahun ke 4? Hahahaha

      Jangan dibawa pusing sih mas. santai aja masalah fandom ini mah. kkk~

      Delete
  4. Hem sebelumnya saya ingin memberitahukan bahwa saya adalah Elf dan Sone. Jujur saya baru tahu kalau Elf dan Sone sebegitu tidak akur. Memang kebanyakan teman saya yang menyukai Elf tidak menyukai Sone tapi banyak juga teman saya yang menyukai Elf dan Sone. For to be honest, I cry when I read your article. Sedikit kecewa sama ungkapan para antis SNSD. Kalau menurut saya, memamng anti fans adalah wajar tapi kalau bisa kita harus menjadi antifans yang setidaknya bisa menjaga nama baik kita dan nama baik bias kita. Seperti contoh diatas, Elf yang anti SNSD. Untuk orang lain yang tidak begitu suka korea mereka akan menganggap bahwa kita terlalu lebay dan itu akan membuat nama baik Elf tercoreng. Bukan hanya itu Elf Indonesia saat ini sudah benar-benar tercemar dimata para Elf dunia (kalau tidak percaya cari saja di google) Yang jelas jangan sampai hanya gara-gara ini Suju tidak jadi konser di Indonesia. Semoga kita bisa mengontrol emosi untuk masalah ini. Thanks for the great article ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Raras :) Seneng deh kamu komen nggak anonim :) Sebenarnya saya juga suka SNSD dan SUJU walaupun belum pantes disebut SONE dan ELF. Dan pada kenyataannya beberapa temen saya yang elf juga anti-SNSD walaupun yang Sone belum tentu anti-Suju. Tapi yah... masalah ini sudah lama sih yah, jadi nggak usah terlalu dipikirin juga. Seiring berjalannya waktu akan membaik sih. Semoga aja :D

      Saya juga setuju dengan masalah konser SuJu di Indonesia apakah akan jadi atau tidak jadi karena masalah anti-fans ini. Tapi semoga aja jadi sih yah... :D Sama-sama berdoa saja...

      Delete
  5. jalan2 ke blog orang,eh nemu blog ini^^ salam kenal sebelumnya.

    pastinya saya ketinggalan banget baru baca postingan author yang ini. setelah baca 2 review author, pertama saya baca review teaser sherlock. eh tulisan author enak dibaca dan mudah dipahami kkk~. abis itu nyari tag snsd. ada. klik deh (?) baca review tentang teaser the boys. wah ternyata tulisan author jujur banget. sempet bikin saya ketawa dan bilang emang bener nih author.

    jujur saya itu sone. dan tentu saya sangat amat tersinggung dengan perkataan elf itu. bisa-bisanya mereka mempermasalahkan hal seperti itu? mungkin fans fanatik dan ababil jadi satu.

    dan tidak semua cewek itu benci snsd. saya aja sebagai cewek bangga bisa jadi sone. tapi saya juga gak benci sama suju. saya biasa aja dan dengan senang hati membantu para elf menaikan viewers di YT yang mereka permasalahkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kkk~~~ yang viewers YT itu loh yang gue agak lucu... somplak semua. hahahah

      Delete
  6. Soal ELF, udah ga asing lagi sih kalo mereka lebih dikenal sebagai tukang cari masalah. Temen saya yang doyan banget sama suju, ogah ikutan fandom elf itu. Katanya alay. Saya juga kaget pas ngeliat ada seratus fakta elf yang lebih merujuk kepada obsesi, om udah baca? :) saya saranin sih jangan.

    no offense sih,,, tapi saya udah ga ada respek lagi sama elf *elf yang over loh ya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga kadang-kadang tidak menyebut diri saya elf walaupun saya termasuk penikmat suju... well yeah, kadang-kadang membawa-bawa fandom itu beban juga ya? hahahaha

      Delete
  7. sumpah bacanya kek di tampar-tampar gitu #eaaaa
    beneran deh bang, gw jg pernah ngerasain jadi ELF labil soalnya, huahahahaha

    kalo sekarang sih gak, ngapain juga labil gitu, gak ada manfaatnya sih, cinta ya cinta aja, ngapain harus jadi haters bagi yg lain?
    jadi gak fun lagi hidup klo udah penuh dengan kebencian, nyantai aja deh~

    toh SJ juga gak jatoh gegara SNSD, SJ pan tetep jd the number 1 di masing2 hatinya ELF

    telat banget yak komenx, baru tau sih nih blog, asik bahasanya ngallir gitu aja #emangsungai?
    cm kadang2 aja rada garing, piss bang #ditendangkesungaihan

    yosh, cm numpang meninggalkan jejak aja, se-engganya kan udah pamitan ama mbah penunggu blognya, wkwkwkwk
    #kaboooooooooorrrrrrrrrrr

    ReplyDelete
  8. thumbs up om buat artikelnya ^*^
    saya stalker setia blog ini loh :)
    LOLs

    setuju banget ama statement om, sebenarnya ngapainsi ELF ama SONE berantem?
    toh artisnya juga hidup tentram ..
    ELF juga, kenapa yang disalahin SNSDnya? kan yang punya kebijakan buat masalah budget MV para LELUHUR SM
    bukan SNSD kan?

    kalo di cerna(?)
    SNSD juga gg cuma duduk manis trus tba" comeback stage ..
    mereka juga latian berbulan bulan
    sampe dance mereka kompak dan keren abis d--b

    kalo emang ELF sejati
    dukunng SJ , beli albumnya, download di official websitenya
    gg perlu lah kurang kerjaan bashing fandom lain

    salam
    Oh Min Mi
    BBCEXOTICSELF :)
    om, confirm fb ku ya :)thumbs up om buat artikelnya ^*^
    saya stalker setia blog ini loh :)
    LOLs

    setuju banget ama statement om, sebenarnya ngapainsi ELF ama SONE berantem?
    toh artisnya juga hidup tentram ..
    ELF juga, kenapa yang disalahin SNSDnya? kan yang punya kebijakan buat masalah budget MV para LELUHUR SM
    bukan SNSD kan?

    kalo di cerna(?)
    SNSD juga gg cuma duduk manis trus tba" comeback stage ..
    mereka juga latian berbulan bulan
    sampe dance mereka kompak dan keren abis d--b

    kalo emang ELF sejati
    dukunng SJ , beli albumnya, download di official websitenya
    gg perlu lah kurang kerjaan bashing fandom lain

    salam
    Oh Min Mi
    BBCEXOTICSELF :)
    om, confirm fb ku ya :)http://www.facebook.com/amiroh.lahdji

    ReplyDelete
  9. well.... i really like this post.

    Ehehe aku ELF yaa.
    but, menurut aku yaa wajar sih sebenernya elf envy sama mv gb/bb lain apalagi yg satu management sama suju, kaya exo sama snsd. Soalnya aku jelajahin semua mv suju dari yang jadul sampe yang baru secara garis besar gaada kemajuan. Kaya yang kamu bilang, "in front of the camera dancing". aku setuju banget. dari segi teaser juga suju cuman gitu-gitu aja. But snsd sama exo? teaser mereka lebih keren, sampe ada cerita gitu pokoknya daebak deh. Terus juga mv exo yang mama itu demi apapun kece maksimal, efeknya keren, di mv nya kaya ada ceritanya gitu. Sempet mikir sih, kok gb/bb yang lain bisa dibuatin mv yang sebegitu modalnya tapi suju gak "out of line". Aku juga sempet ngebandingin mv opera sama mama. Emang sih ada kemajuan di mv opera yaa itu karena setting nya dibuat agak modal, tapi gak sebagus mama nya exo.

    ReplyDelete
  10. bukan anti SJ tapi anti ELF.nya (aku)

    ReplyDelete
  11. Sebenernya elf yang over itu ga bisa disalahin juga sihh..Wajar aja SJ udah lama banget debutnya tapi comebacknya *ga mewah dan terkesan biasa aja* bikin orang kesel(ELF.over)...Yaa..Menurut aku sih mereka peduli sama SUJU,peduli banget malah.. dan kurasa ga ada niat buar nyari masalah..Menurut aku sih penggambaran kepedulian mereka aja yang salah(ELFover)..Maklum..rata2 ELF itu kan remaja labil..
    Dan jangan salahin mereka yang over(ELFover)..
    Coba aja..Misalkan MV Suju itu kece abis bertolak belakang dari MV SNSD yang terkesan *biasa*...pasti beberapa SONE akan berbuat seperti *ELF.over* yang katanya "suka nyari masalah"
    Menurutku hal2 yang dilakukan ELF.over itu sih masih dalam garis normal dan WAJAR.

    Selalu stay positive!! Ga usah deh anti sama ELF.over..Karena roda itu selalu berputar,bisa jadi "anak emasnya SM"(BACA:snsd) suatu saat MV and promosinya kaya' SJ sekarang..and banyak SONE.over yang katanya "nyari masalah" ..
    Bener ga,kak suho???

    Aku tak membela Super Junior..Aku hanya membela kebenaran #CIEEGAYA .. aku bukan ELF dan SONE..but I like all SMTOWNartist^^

    ReplyDelete
  12. sayang bgt elf ma sone jarang akur tp mnurut q itu cma beberapa oknum,lagian snsd ma suju kan couple,harusnya elf ma sone dukung mreka,toh beberapa oknum sone & elf yg slng bermusuhan g ada gunanya,toh snsd ma suju tetep adem ayem tentrem

    ReplyDelete