SMTOWN "I AM.": Review Saya!

Assalamualaikum, Apa kabar wahai para jamaah Ustad Bacon yang dirahmati Allah SWT? Semoga dalam keadaan yang baik-baik saja. Walaupun hari ini saya pribadi (kali ini sebagai Ustad Bacon) sedang berada dalam kondisi kritis karena belum sempat tidur sejak kemaren sore, tapi saya akan menunaikan janji saya kepada para jamaah sekalian untuk memberikan review film I AM. yang hari Sabtu, tanggal 19 Mei 2012 lalu saya tonton di Blitz Megaplex Central Park.

Sebenarnya, untuk ukuran seorang Ustad seperti saya, tidaklah bijak rasanya untuk menghambur-hamburkan uang sebesar 130 ribu rupiah untuk sebauh film yang bisa jadi akan mengecewakan karena siapa yang tahu akhir dari sebuah film dan siapa yang tahu apakah kita akan kecewa atau tidak setelah menontonnya sebelum menonton film itu, bukan? Atas dasar keyakinan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, saya pun berpositif thinking bahwa film I AM. ini akan sangat memuaskan saya dan uang 130 ribu itu tidak akan melayang dengan sia-sia. Walaupun pada awalnya saya berpikir bahwa saya terlalu boros dan sifat boros ini sangat dibenci Tuhan. Tapi saya yakin Tuhan tidak akan membenci saya kalau saya bertaubat setelah saya berbuat boros. Tuhan kan selain Maha Ganteng, Maha Pengampun juga dan Penerima Taubat. Akhirnya, setelah akhir bulan lalu menghabiskan dua juta rupiah lebih untuk menonton mas-mas-galau-jodoh di Super Show 4, sayapun membeli tiket menonton I AM. untuk tanggal 19 di Blitz Megaplex. Karena saya tidak bisa membeli tiket sendiri (lebih dikarenakan saya tidak pernah menonton di Blitz sebelumnya--sejauh ini baru satu kali, SS3-3D dan I AM. akan jadi kedua kalinya saya menonton disana), akhirnya saya menitip membeli tiket pada seorang kenalan saia via twitter yang dulu juga saya titipkan tiket SS3-3D. Nama teman saya ini adalah Qudsi. Tenang saja, Ustad Bacon tidak selingkuh, Ustad Bacon tetep sama Ustadzah IU sampai mati.

Karena biasanya teman saya tersebut selesai kuliah agak sore, akhirnya saya memutuskan untuk membeli tiket yang sama dengannya agar bisa menonton bersama. Alasannya sudah jelas, supaya saya tidak terlihat kampungan di Blitz Megaplex. Itu saja. Setelah menghabiskan satu jam di Mall Taman Anggrek menggerogoti Blueberry di MCD, saya ke Blitz setelah sholat Ashar karena kebetulan filmnya juga mulai setelah sholat ashar. Sebagai Ustad teladan, tidaklah baik kiranya meninggalkan sholat.

Saya sempat mengobrol dengan teman saya sebelum masuk ke ruang bioskop tentang durasi film I AM. ini. Menurut gosip yang di dengar teman saya itu (karena saya Ustad saya tidak bergosip kecuali kalau sama teman), durasi film ini aslinya adalah 130 menit yang karena terlalu panjang kemudian dipangkas menjadi 120 menit. Tapi menurutnya lagi, film yang tayang di Blitz ini tidak lebih dari satu jam. Saya agak bingung karena prediksi saya film ini akan berdurasi 90 menit. Tapi saya yakin pada ke-Maha Esa-an Tuhan, bahwa berapapun durasi film ini, saya berharap menonton film ini akan menjadi berkah buat saya dan keturunan saya. Mohon diabaikan kalimat terakhir ini.

Kami masuk setelah membeli berondong jagung dan ketika kami masuk, saya heran, kenapa tas kami tidak di cek oleh para petugas Blitz? Padahal waktu saya menonton SS3-3D, tas saya sampai di cek hingga tetes terakhir. Tapi hari itu sepertinya tidak. Yasudah saya juga tidak peduli ini. Akhirnya saya masuk dan... WOW... Hebat sekali teman saya ini. Dia bisa mendapatkan kursi paling strategis yang pernah saya duduki! Persis di depan layar dan tidak terlalu di puncak barisan kursi tapi lebih ke tengah-tengah. Mungkin buat jamaah yang besok-besok mau nonton film lain di Blitz Megaplex Central Park bisa memesan tiket dengan SEAT 21 di ROW E. Tempat duduk saya itu benar-benar tempat duduk terbaik! 

Dan ketika film dimulai... Saya mulai lebay.

Jantung saya entah kenapa rasanya seperti pertama kali melihat Ustadzah IU yang cantik jelita. Rasanya deg-degan ketika film sudah masuk ke bagian awal. Walaupun saya agak-agak bingung juga sebenarnya apa sih maksudnya itu?

*** tiba-tiba setan Ustad-nya keluar, kembali menjadi Ronzzy Kevin***

Well, film ini dimulai dengan adegan dimana sebuah kamera yang sedang merekam seorang anak yang bersembunyi di balik sebuah meja. Tebak siapa anak itu? Hahaha.. LEE SUNGMIN! Yak, itu adalah video rekaman ketika masing-masing dari trainee diharuskan untuk memperlihatkan hasil latihan mereka secara rutin. Dan video itu bukannya berjalan mulus tanpa halangan. Tapi Sungmin yang waktu itu kayaknya masih sekitar umur belasan masih malu-malu banget sama kamera. Nuna yang ngerekamin bahkan ngerayu Sungmin beberapa kali untuk memulai video rekamannya tapi Sungmin tetap menolak. Beberapa kali dia ngumpet di bawah meja, trus sekalinya muncul depan kamera dia nutupin mukanya pake tangan. Tipe-tipe adik-adik kecil minta diculik ke Mars gitu deh tampang Sungmin waktu itu. Dan pembukaan itu bener-bener epic banget menurut gue. Karena kemudian, sampai akhir film, Sungmin muda nggak memulai-mulai rekamannya. Walaupun bagian ini agak anti-klimaks sih karena AKHIRNYA ketika Sungmin mau direkam malah muncul pas credit title. Lucky gue masih duduk sampe credit title berakhir! :D

Oke, kalau misalnya sudah tahu I AM ini tentang apa, gapapa kali ya gue ulang sedikit. Ya, I AM ini adalah sebuah film dokumenter tentang perjalanan karir dari artis-artis SM. Nggak semu artis SM yang jelas, tapi mungkin secara spesifik bisa dikatakan ARTIS SM YANG MASIH PRODUKTIF. Produktif dalam hal ini yaitu menghasilkan album, dan juga menghasilkan uang untuk SM. Dan disela-sela semua masa lalu mereka itu, most of footage in this movie adalah dari konser SMTOWN di Madison Square Garden NY di tahun (agak lupa) 2010? Atau 2011? Hmmm... Amnesia. Jadi slowmotion. AAAAY LOST MAY MAAAYN.

Beberapa artis SM yang ada di film ini adalah BoA, Kangta, SJ, SNSD, SHINee, dan f(x).

Ketika menyebut nama SJ disini, jangan mengkhayal yang muluk-muluk bahwa akan ada 13+2 member yang dibahas habis-habisan dari masa trainee mereka. NGGAK ADA! Gue agak kecewa sebenarnya karena di film ini bahkan SIWON CHOI yang katanya mas-mas visual di SJ itu hanya tampil nggak lebih dari 2 menit, dan itupun cuma komentar sedikit tentang--errr agak lupa--dan satu lagi ngasih tahu warna kesukaan. Udah itu aja. Sisanya? NGGAK ADA! Dia nggak tampil di Madison Square waktu itu jadi pas fooftage konser SMTOWN-nya dia nggak ada. Pas perform Mr. Simple dia nggak ada. Paling muncul sesekali waktu jaman-jaman video masa lalu yang bareng-bareng SJ. Dan FYI aja, untuk yang satu ini SM sangat menyimpan dalem-dalem video masa lalu itu dikarenakan masih ada member lama yang ada disana dan mungkin aja (menurut gue sih) bisa menimbulkan masalah jika mereka secara gamblang tampil di sebuah film bertema "SMTOWN". Member yang gue maksud lo semua tahulah.

Member SJ yang dapet wawancara banyak diantaranya adalah Donghae, Eunhyuk, Ryeowook, Sungmin. Yang lain ada tapi nggak terlalu banyak ada Leeteuk, Shindong, Kyuhyun dan Yesung. Karena Heechul army jadi nggak ada, dan Siwon ada tapi ya itu tadi cuma dua menit doang munculnya.

Donghae, Eunhyuk, Ryeowook dan Sungmin yang dipilih untuk bercerita panjang lebar gue rasa karena dari masa lalu trainee mereka, banyak punya kisah-kisah yang lucu dan juga lumayan menarik untuk "dijual" sementara yang lain mungkin biasa-biasa aja. Siwon apa lagi... Hahaha... 

Gue sempat ngakak sampe mules waktu ngeliat muka Donghae pas masih umur belasan, dengan rambut di belah tengah, badan kurus kurang gizi, dan HELL YEAH waktu itu dia mirip Luhan. WAKTU ITU loh ya, sekarang nggak sama sekali. Dan suara Donghae masih cempreng banget disitu. Ada video latihan vokal dimana Donghae nyanyiin satu lagu berkali-kali tapi dengan suara yang goyang-goyang dombret nggak stabil gitu. Lucu deh suaranyaa... Jadi inget masa lalu gue... #hloh Anyway, video rekaman nyanyi Dongahe ini di take sampai 13 atau 14 kali. Lagu yang sama.

Eunhyuk menceritakan kisah-kisah dia semasa trainee dan karena dia emang dancing machine, ada adegan dimana Eunhyuk yang di video trainee sedang dance dengan Eunhyuk yang sekarang. Dengan teknik editing, seolah-olah mereka sedang dance bareng. Donghae juga demikian, bahkan ada adegan dimana Donghae merangkul dirinya pas masih kecil. Hehhee... Lucu...

Sungmin juga menceritakan kisah-kisah persahabatannya dengan Eunhyuk dan Xiah Junsu. Gue sempat kaget waktu nama Xiah Junsu disebut disini sementara Hangeng nggak disebut sama sekali. BAHKAN HENRY SAMA ZHOUMI DONG sama sekali nggak disebut walaupun muka mereka ada pas konser. Nama Xiah Junsu disebut disini jelas karena hubungan persahabatan waktu trainee Sungmin dan Junsu lumayan dekat jadi Sungmin lebih bercerita apa adanya. Dan karena memang inti dari I AM. ini ya bercerita apa adanya. Sungmin sempat ketawa waktu ngeliat video dia pas trainee dulu. Sementara Ryeowook waktu dikasih liat video trainee-nya dia malah nangis. Terharu. Menurut Ryeowook, masa-masa trainee itu adalah masa-masa yang akan sangat dirindukan.

Kyuhyun juga sempat cerita sedikit soal kecelakaan waktu dia hampir mati itu... Mayan terharu sih sebenarnya, kalo aja mbak-mbak di sebelah kanan gue nggak bilang, "Lah? Itu kapan kecelakaannya? Emang pernah ya? Oh pas itu ya? Ih kok kasian ya?" -___-

Beberapa potongan kamera staff juga masuk di film ini kayak misalnya apa yang dilakukan oleh anak-anak SJ ketika akan perform di NY waktu itu. Bagaimana cara mereka mengatasi nervous dan semacemnya. Karena memang sudah jiwa om-om-jablay-galau-jodoh kali ya, jadi masalah itu kamera yang syut mereka, hasilnya akan dijadikan film dokumenter, mereka malah menjadikan itu sebagai bahan becandaan. Bahkan setelah Eunhyuk melakukan sebuah gerakan yang terlihat bodoh, dia langsung bilang, "Jadi daritadi ini direkam dan gue udah begaya kayak orang bego dan itu akan masuk film?" JDGER!

Beberapa video pendek debut SJ juga ditampilkan walaupun nggak pas diatas panggung melainkan ketika mereka akan naik panggung. Inget dong jaman-jaman rambut alay menjijikkan di TWINS itu? Hahah... muka-muka itu yang muncul di layar lebar Blitz dan langsung bikin mules. Untung EXO debut 2012 jadi nggak ngalay...

NAH~ Karena Zhoumi dan Henry nggak dianggap SUPER JUNIOR dalam film ini, gue juga agak-agak kecewa. Kenapa mereka harus dianak-tirikan begini? Agak sedih.  #EAAAAAA Okelah mereka memang sub-grub, tapi toh mereka juga muncul sedetik dua detik di film kan? Bahkan ada satu adegan dimana Leeteuk, Sungmin, Donghae, Eunhyuk sedang kumpul bareng sebelum show, dibelakang Eunhyuk ada Zhoumi yang lalu-lalang sendiri.... Berasa nggak dianggep gitu... Ya gue ngerti karena emang dalem skrip-nya nggak ada Zhoumi-nya, tapi kalo orangnya ada tapi nggak dibahas kayak gitu tambah nyesek nggak sih... dudududu...

Sempat ada adegan dimana SJ disuruh komentar soal lagu Sorry Sorry dan ketika pertama kali lagu itu dikasi ke mereka. Beberapa dari mereka sempat nggak yakin kalau lagu itu bakalan nge hits, bahkan Sungmin sama Ryeowook (kalau nggak salah Siwon juga) sampe bilang, "Buset, lagu macem apa ini?!" Hahahah... Tapi toh akhirnya lagu itu yang membuat mereka terkenal :D

***
SONE pasti akan sangat PUAS menonton film ini karena dari sekitar 135 menit film ini tayang di layar bioskop, persentasi SNSD tampil di depan layar bisa dibilang sepertiga dari film ini dan sisanya dibagi-bagi ke yang lain. SNSD muncul di bagian awal, sebelum Super Junior. Profil Taeyeon muncul memperkenalkan diri dan memberikan sebuah gambaran perbedaan TAEYEON SNSD dan Kim Taeyeon di dunia nyata. Diikuti oleh member-member yang lainnya juga. Tiffany dan Yoona juga mendapatkan lumayan banyak part bicara disini. Yang lainnya hanya beberapa kali aja nggak sebanyak Taeyeon, Yoona dan Tiffany.

Tiffany di film ini menggambarkan siklus hidupnya sebagai siklus hidup seekor kupu-kupu mulai dari ulat sampai bisa terbang sebagai kupu-kupu. Dan Tiffany SNSD adalah kupu-kupu itu. Yoona memberitahukan kepada penonton tentang hubungan dekatnya dengan Lee Soo-Man. Quote dari LSM yang dikasih tahu Yoona yang paling gue inget adalah, "Jalan kamu masih panjang, nak..." kayak gitu... Trus berasa merinding gitu pas dengerin Yoona bilang gitu. Merinding juga liat Yoona cantiknya Masya Allah disitu.

Backstage debut SNSD juga ditampilkan. LEBIH LENGKAP DONG DARI SUJU! hahahaha... Walaupun sama-sama nggak menampilkan penampilan di atas panggung debut, tapi di belakang panggung ketika mereka bersiap naik panggung untuk debut lumayan lengkap. Bahkan juga video mereka turun dari panggung setelah perform dan nangis-nangisan sama orang tua mereka di sana... Seru banget ngeliatinnya. Dan jujur aja, Tiffany ternyata emang cantik dari dulu ya :p Beda sama Taeyeon, pas awal-awal mukanya gempal banget. Jessica apalagi -3- Masih keliatan giginya agak-agak maju gitu. Kkk~ Tapi kalau dibandingkan dengan SNSD yang sekarang, JAUHHHH lebih cantik sekarang. Walaupun nggak bisa dipungkiri juga kalau Yoona dari trainee udah cantik sih :p Dan melihat video-video lama itu membuat gue semakin yakin kalau mereka nggak oplas. Perlu di garis bawahi dan di cetak tebal: GAK OPLAS. Efek make-up bisa membuat wajah mereka terlihat lain akhir-akhir ini.

Agak disayangkan gue nggak bisa melihat video Jessica sebelum debut, padahal Sunny, Hyoyeon, Yuri, Tiffany, Taeyeon, dan Yoona ada. Yang paling kocak itu pas video latihan vokalnya Seohyun :p Gilaaaak yah itu anak kecil cantik banget minta di remes. Jadi di video itu Seohyun latihan buat ngebuka suara (?) gitu. Naik satu not dari yang rendah ke yang tinggi. Dan video itu lucu! Karena suaranya melengking tinggi khas anak baru puber gitu :p Trus di akhir ada pertanyaan dari salah seorang temennya di sekolah, "Lo latihan tiap hari nggak sakit tenggorokkan?" Dijawab Seohyun, "Sakit sih... tapi kan sering makan permen pelega tenggorokkan..."

Porsi SNSD banyaaak banget disini. Bahkan waktu backstage performance di NY aja lebih banyak dari SJ :p Lucu ngeliatin member SNSD waktu adegan ledakan-ledakan di atas panggung. Mereka semua shock heboh. Dan berasa banget deh buru-burunya gimana mereka naik panggung waktu panggung dalam keadaan gelap, harus atur posisi dalam kondisi gelap begitu dan setelah lampu nyala langsung dance. Wiiiiihhh~~~

***
SHINee juga lumayan mendapatkan porsi lebih disini. Karena SHINee ini anak-anaknya kocak juga, jadi nggak bosen waktu ngeliat mereka di wawancarai sama kru I AM. nya. Ada satu adegan dimana KEY lagi di wawancara di dorm mereka, di belakang KEY sedang ada Taemin sama Minho lagi main game. Perhatian jelas pecah nggak ke KEY tapi alah asik ngeliatin sepasang laki-laki di sofa belakang lagi maen bola itu. Dan lucunya lagi, waktu KEY di wawancara, Onew suka iseng lewat-lewat di belakang KEY dan akhirnya KEY marah dan bilang, "YA! Gue lagi di wawancara! Nggak bisa konsen!" Dan semua tertawa sementara KEY menggerutu sendiri. Hahahah... selalu lucu sih kalo SHINee :D

Yang bikin gue ngakak sendiri (like seriously sendiri) adalah waktu Onew memperlihatkan kepada kamera jadwal mereka di sebuah white-board di salah satu sudut dorm mereka. Setiap tanggal di beri keterangan jadwal apa apa apa dan dimana. Kemudian Onew bilang, "Yang gue heran kok nggak ada jadwal penerbangan pesawat ya?" (sementara di beberapa tanggal mereka harus ke Jepang, LA, dll). Trus dia lanjut lagi, "Apakah kita akan berangkat dengan TELEPORT?" INI YANG BIKIN NGAKAK! Hahahaha bahkan EXO nggak ada di film inipun KAI selalu di bawa-bawa. Kkk~~ Otak EXO gue langsung konek nih bagian ini :p

Taemin juga ada part video audisinya ditampilin dan disitu Taemin yang sekarang berdiri di samping Taemin yang dulu sambil kasih tepok tangan dan semangat gitu.

Beberapa kali juga ada video waktu debut REPLAY. Waktu jaman-jamannya mereka masih pake baju yang ribetnya setengah mampus itu dengan kalung bling-bling yang gue yakin nggak ringan itu juga. Dan yang lucu dari mereka pas masih rookie adalah selalu membungkuk dan memberi salam pada siapapun yang mereka temui di jalan. HAHAHA... Mukanya Jonghyun paling alay dong jaman dulu, kalo Key malah lebih keliatan seger di jaman dulunya dibandingkan yang sekarang. Taemin juga gitu. Jaman dulu masih keliatan seger. Sekarang rambut udah di cat sana cat sini. Dan nggak ketinggalan adalah adegan nangis Jonghyun setelah debut pertama mereka dan yang lain langsung meluk-in satu-satu. Si mas-mas ini udah alay, cengeng juga. hahaha #eaaaa #langsungkomendibawahbanyakshawol #dihinakayaksherlockwaktuitu

Oh iya, ada juga behind the scene GEE yang ada MINHO-nya. Dan ternyata adegan dimana MINHO siap-siap ngangkat YOONA itu emang beneran. Hahahah... Minho megangin pantat Yoona. Trus karena dia rookie, digodain gitu sama SNSD-nya. Bilang, "Lo pasti kangen ya sama SHINee?" nggak tau tujuannya apa. Padahal kelar syuting juga akan ketemu. Kenapa harus kangen berlebihan deh. Kkk~~~ Tapi disini, berkat I AM. gue jadi balik respek sama Minho dan berjanji nggak akan menghina Minho dengan ngatain dia rapper gabut lagi (Insya Allah deh). Karena ada video latihan dimana Minho diharuskan melafalkan kata-kata dalam bahasa Korea dengan lantang dan tegas. Langsung bisa  gue simpulkan bahwa itu latihan untuk menjadi rapper. Karena ketika ngerapp, orang-orang kan harus tahu lo ngomong apa, bukan ngedumel nggak jelas :D Minho bahkan berusaha keras untuk itu dan SM bahkan memang sudah menciptakan rapper dengan cara mereka sendiri.

***
f(x) !!!

 Demi TUHAN. Waktu pertama kali SULLI masuk sebagai trainee, dia kelas 5 SD dan suaranya masih imut-imut banget! Disitu kalo gak salah dia disuruh memperkenalkan diri di depan senior-senior di SM dan astagaaa minta dicubit banget. Kkk~ waktu Sulli dikasih liat video yang itu, dia ketawa abis-abisan. Sulli emang dapet porsi lebih banyak dibandingkan dengan member f(x) yang lain. Gue mengharapkan Krystal sih tapi jarang-jarang dia muncul.

Ada satu video latihan f(x) dimana tiba-tiba Krystal teriak, "LOH?! Kok ada bau kentut?! Ya! Siapa ini yang kentut!" Terus dia nyalah-nyalahin orang lain. Nunjuk member lain bahkan pelatih dance-nya juga ditunjuk sama dia. Trus yang lain langsung bilang, "Kayaknya baunya dari situ deh.." Nunjuk ke arah Krystal. Akhirnya saling salah-salahin dan nggak jadi latihan. Sampai pelatihnya memutuskan bilang gini, "Oke, anggep aja gue yang kentut ya, jadi bisa kita latihan sekarang?" Hahaha....
*
Ada juga behind the scene waktu Victoria syuting MV REPLAY-nya SHINee dan disuruh memperkenalkan diri dalam bahasa Korea. Karena dia asalnya dari Cina, pas ngomong bahasa Korea itu dia belepotan parah. Padahal cuma "Halo saya Victoria Song, saya sedang berada di lokasi syuting MV SHINee..." bahkan loh yah dia nyebut SHINee (baca: syaini) aja belepotan. Hahaha lucu banget deh Vic disitu... Mana dia dari dulu udah cantik parah juga dongsss :3

Gue nggak begitu inget dengan part-nya LUNA, tapi gue inget kalo AMBER disitu curhat tentang kebiasaan dia kalau lagi nerveous. Mulai dari nyanyi-nyanyi sendiri, popping-popping sendiri, sampai bisa lari-lari keliling backstage-bawah panggung-backstage sambil loncat-loncat buat ngilangin nervous. Honestly Amber lebih keliatan ganteng dibandingkan cantik. Dengan randomnya waktu nonton part wawancara Amber itu gue mikir, "Someday, kalo dia married, apakah dia akan menggunakan gaun pengantin? Pasti nggak cocok..."

After debut backstage video-nya f(x) juga ada disini. Semua keluarga dateng. Gue sih waktu itu nggak begitu merhatiin apakah ada orang tua Amber atau nggak, tapi gue cuma ngeliat ada cewek mirip dia yang gue curigai sebagai kakaknya. Bisa jadi sih...

***

Gue nggak begitu heboh sama DBSK entah kenapa. Mungkin karena mereka terlalu lama di showbiz dan gue belom selama itu mengenal K-Pop. Tapi gue suka sama lagu mereka yang WHY sama MAXIMUM. Dan di film ini, DBSK curhat tentang bagaimana mereka bisa akhirnya survive sebagai duo, bukan lagi quintet. Bagaimana Lee Soo-Man bilang ke mereka, "Nggak apa-apa kok kita lanjut dengan dua member... semua akan baik-baik saja.." Dan nggak tahu kenapa setiap kali artis-artis SMTOWN ini nyebut nama LSM, itu kayaknya mereka udah dekeeeeeet banget sama sih om-om itu. Kesannya udah kayak bapak-anak banget. Kayak nggak ada jarak. Dan semakin respek juga gue sama LSM :")

***

Bagian KANGTA juga nggak banyak. BoA juga nggak begitu banyak. Tapi karena senior di SM, BoA jadi bintang-nya semua artis SM termasuk SJ, SNSD, f(x) dan SHINee. Ketika ditanya artis idola mereka, semua langsung bilang BoA. Luna juga ngefans BoA dan kalau di SNSD itu Tiffany. Ada satu rekaman video ketika BoA merayakan anniversary-nya yang ke 7 dan disitu SNSD baru debut, Tiffany keliatan malu-malu banget waktu memperkenalkan diri ke BoA. Jadi inget waktu SHINee memperkenalkan diri mereka ke SJ untuk pertama kalinya secara formal. Selalu, muka Jonghyun alay. Hahahah.

Bagian yang paling membuat gue rasanya bangga sebagai fans BoA walaupun mungkin gue nggak begitu fanatik banget, adalah ketika BoA yang waktu itu masih belasan tahun, berdiri di depan Madison Square dan bilang ke kamera, "Sekarang gue lagi di depan Madison Square, ini adalah tempat konser artis-artis keren dunia kayak Michael Jackson! Suatu hari nanti gue pengen banget bisa konser disitu!" GILAAAA ini gue bahkan nulisnya sambil merinding. Pas nonton itu langsung yang terharu gitu. LIKE A DREAM COMES TRUE! Gak cuma buat BoA, tapi buat SMTOWN! Yang paling keren lagi adalah, ketika kamera berpindah dari BoA kecil ke bagian atas Madison Square, langsung dissolve ke muka BoA dan iklan SMTOWN Concert. Trus ada Lee Soo-Man ngeliatin di bawah. GILAAK! Pembuktian banget dari LSM kalau dia bisa membawa artis-artisnya ke puncak popularitas!

Jadi inget quote nya Yunho tentang Madison Square, "Waktu tampil, gue selalu ngeliat ke lantai panggung. Gila ini gue berdiri di lantai yang sama yang pernah diinjek Michael Jackson!"

***

Video-video footage masa lalu artis SM disini selalu dikasi caption: H-Berapa Ribu Hari Sebelum Debut. Dan itu semakin menggambarkan bahwa mereka itu bener-bener nggak instan. Mereka kerja keras. Bener kata Sungmin, "Sedih kalau misalnya pas trainee kita udah rekaman buat debut, eh tiba-tiba Junsu ditarik ke DBSK dan gue merasa ditelantarkan..." Jadi bener-bener persaingan banget. Trus waktu itu juga pas Ryeowook cerita, waktu SUJU debut dia sendiri yang nggak nangis (dan dia nangis sambil cerita ini). Dia bilang, "Waktu itu gue rasanya nggak berhak nangis. Yang lain sudah trainee lebih dari lima tahun, sementara gue hanya bergabung belakangan dengan mereka. Kalo gue nangis rasanya kok gue sok merasakan penderitaan dan kerja keras mereka selama itu ya? Kok rasanya nggak pantes... Makanya waktu itu gue nggak nangis..." Buseeet... Itu juga bagian yang bikin gue merinding banget :"

Diujung film, adegan "Memeluk Lee Soo-Man" itupun ada. Amber dong keliatan banget akrabnya. Henry juga walaupun sayang sekali dia nggak termasuk peran utama di film ini. Donghae juga! Hahaha semuanya! Semuanya sangat dekat dengan LSM! Semuanya sangat hormat dengan LSM! Apapun kata orang tentang LSM, tapi pada kenyataannya, tanpa LSM, nggak akan ada film ini. Nggak akan ada perjalanan panjang DBSK, SJ, SNSD, SHINee, f(x) bahkan EXO sekalipun! Gilaaak... VERY GREAT MOMENT banget deh waktu adegan itu.

Seiring dengan berakhirnya film, lagu "DEAR MY FAMILY" mulai keputer. Ketika credit title mulai muncul, semua artis SM disebut satu-satu... tanpa terkecuali... TERMASUK EXO!

Gue langsung teriak, tepok tangan bahagia banget! Walaupun EXO baru debut, dan belom ada di film ini, tapi footage 12 orang itu sedang latihan, nggak lebih dari 10 detik tapi lumayan, menunjukkan bahwa mereka sekarang adalah bagian dari SMTOWN yang nantinya di I AM, I AM berikutnya akan ikut serta. Bahagiaaaa banget rasanya... 

Dan ketika film selesai, gue duduk sampe selesai lagu Dear My Family itu. Gue nyanyi sendiri. Yang lain kayaknya nggak banyak yang hapal. Apalagi mbak-mbak yang di sebelah gue yang selalu jejeritan setiap kali Yesung atau Sungmin muncul (yang pada kenyataannya dia bilang dengan suara kenceng, "BAHKAN GUE BELOM BISA BEDAIN MANA SUNGMIN MANA YESUNG!") demi apapun itu fans jaman kapan sih idupnya? Di belakang gue mbak-mbak anti-SNSD yang minta video Taeyeon yang pertama muncul di film ini di skip aja. Agak bete sih awalnya tapi pas EXO muncul dia teriak, gue jadi nggak bete lagi. Hahahaha....

Dan disitulah, di credit title, setelah EXO 12 muncul, gue kembali berteriak dan bertepuk tangan ketika nama: CHEN, D.O.,LUHAN, muncul di credit title sebagai pengisi lagu Dear My Family. Dan nama-nama mereka tidak ditulis Hangul, melainkan huruf latin. Kecuali BAEKHYUN (yang belakangan gue tahu dari temen kalo dia juga ada di credit tapi gue gak perhatiin karena namanya ditulis pake Hangul). BAEKHYUN JUGA ADA!!!! xD

Ya, EXO moment disitu memang hampir nggak ada, tapi beberapa detik muncul dan beberapa nama tertulis itu sudah lumayan lah... Someday, they will make their own movie lah! :D

Mohon maaf kalau review kali ini kurang mendetail. Harusnya sepulang nonton gue langsung post, tapi karena gue lagi ada tugas editing film gue jadi menggila sendiri. Maaf yaa :D Semoga sehat selalu semuanya!!!

PS: Walaupun gue awalnya malu buat foto-foto di poster I AM. nya, toh akhirnya foto juga. LOL
Dan

muka

gue

kampungannya

keliatan

hahahahahaha

berasa

paling oke sedunia...

***kembali dirasuki Ustad Bacon***

Pada akhirnya saya sadar, bahwa ternyata mengeluarkan 130 ribu untuk film ini, walaupun agak terkesan  foya-foya, tapi hampir 135 menit menonton film ini benar-benar worthed sekali dan tidak membuat saya menyesal. Justru saya akan merasa menyesal kalau saya tidak bisa menyaksikan film ini kemarin... Maaf kalau membuat iri. Saya tidak bermaksud.

Semoga semua jamaah selalu dalam lindungan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa lagi Maha Ganteng. Salam perdamaian dan akhirul qalam, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...


@ronzzykevin

Related Post: | MY DEAR FAMILY LYRIC |

one click!
Tumblr | Facebook Fanpage | Kompasiana

Share:

50 komentar