Fresh From The Oven: C-Clown!

Pernah merasakan terpaan band-band melayu Indonesia yang sangat intens beberapa tahun yang lalu? Yes. Disaat musik Indonesia udah bangkit pas jaman-jaman ST12 masih belom bubar, ada banyak sekali kemudian band-band yang mengusung musik melayu juga ikut tumbuh kayak jamur di musim hujan. Walaupun sekarang entahlah mereka kemana gue juga nggak tahu. Tapi bersyukur juga sih, paling nggak musik pop Indonesia nggak krisis identitas. Menurut gue kalo emang lo mau jadi band dangdut, kenapa gak dangdut aja sekalian sih kayak Ridho Rhoma? Kenapa harus setengah pop setengah dangdut? Justru itu lebih annoying. Since I love dangdut dan gue merasa pop-melayu itu agak mengganggu.

Kenapa pembukaannya begini? Hehe karena sama hal-nya dengan kejadian di Indonesia beberapa waktu lalu, sekarang juga di Korea lagi banyak banget jamur-jamur musim hujan yang menjelma menjadi boygrup dan girlgrup. Nah sekarang kenapa postingannya bukan SMTOWN? Hmm... Sebut saja karena gue akan memulai untuk mencoba memerhatikan rookie dan juga grup dari manajemen lain. Hehehe sekalian ini gue kemaren berencana buat magang di sebuah majalah dan gue dikasi tugas buat bikin artikel tentang idol yang belom ke-ekspose akhirnya gue bikin aja C-Clown (walaupun kemudian malah disuruh bikin profile Suju. Kurang terekspose apa lagi coba Suju? Dan gue belom kerjain. ASTAGA LUPA!)

Mungkin banyak juga yang bertanya, kenapa harus C-Clown? Kenapa gak BAP aja yang udah beneran keren atau BTOB yang kemaren ke Indonesia? Kenapa harus C-Clown?

Jawabannya: Gak tahu. Gue juga nggak tahu kenapa pilihan gue kemaren jatuh ke C-Clown. Tapi kalo kalian memahami konsep Tuhan Maha Tahu dan Tuhan Akan Menunjukkan Jalan Terbaik, nah menurut gue inilah jalan terbaik. Kkk~

Nah, C-Clown ini sebenarnya apa sih? Badut yang jualan vitamin C atau apa? Hmmm... Kalau misalnya kalian liat teaser foto mereka mungkin yang akan kebayang adalah "Ah sama aja paling sama boygrup kebanyakan... Gaya-gaya nya maen kotor kayak di Warrior-nya BAP kemaren." Gue juga mikir gitu pada awalnya. FYI aja gue termasuk orang yang setia (atau bisa dibilang males buat berpindah ke lain hati--sama aja monyong) sama satu entertainment. Ketika gue udah suka SM, maka gue akan mencari tahu banyak tentang SM. Walaupun kemarin sempat heboh NU'EST juga (DAN GUE BARU LIAT PERFORM MEREKA DI INKIGAYO DAN ITU KEREN YA ALLAH REN CANTIK--LUPA DIRI) tapi jiwa raga gue tetep buat SM. Tapi ada yang pernah bilang kalo misalnya berkutat di SM doang jadi nggak berkembang. Nggak memperhatikan bibit bibit yang baru tumbuh. Nah akhirnya gue coba kulik-kulik deh ini si badut-badut C-Clown. Dan pas gue dengerin lagu mereka, lumayan bagus dan kalo dibilang sama kayak yang lain, iya, tapi ada beda. Sedikit.
*
*

C-Clown ini adalah boygrup dari Yedang Entertainment. Gue awalnya suka salah malah bacanya jadi Yadong Entertainment. Kebayang gak sih lo kalo ada perusahaan namanya Yadong Entertainment trus artisnya mau kayak gimana? Yang kebayang di otak gue adalah Jonghyun sama Taemin yang semalem beradegan ciuman dan disaksikan oleh Yoogeun BAHAHAHAH. Poor Yoogeun. Yedang Entertainment ini bukan perusahaan yang baru muncul kemaren. Di tahun 60-70an, perusahaan ini termasuk perusahaan sukses di Korea. Bisnisnya di industri entertainment ini lumayan banyak mulai dari distributor CD & DVD K-Pop (sebaca gue di situs resminya dia pernah jadi distributor Rania sama Jay Park), trus juga ternyata perusahaan ini adalah co-produser dari drama "Winter Sonata", promotor konser di Korea (kayak Rain) dan dia juga yang punya perusahaan TV Kabel ETN. 

Keputusan YE (Yedang Ent.) untuk mengorbitksn C-Clown dibawah nama mereka jelas dengan tujuan komersil. Ya iyalah... Kayak yang gue bilang tadi. Jamur di musim ujan. Ladang subur. Nggak  mau kalah dengan 3 perusahaan besar lainnya, mereka juga punya konsep sendiri melalui C-Clown ini.

C-Clown adalah singkatan dari Crown Clown gais. Mungkin ini filosofinya dari cerita The King and The Clown. King kan biasanya pake Crown tuh. Lalu Clown-nya dari mana? Gak pernah nonton sih gue maapin. Mungkin... Tapi kalo dari informasi yang gue dapetin sih nih ya, Crown Clown ini berarti adalah bahwa mereka sekarang mungkin baru debut dan hanya berkasta badut. Tapi nanti, dikemudian hari, mereka siap untuk menyandang mahkota raja dan meraih kesuksesan diblantika  musik K-Pop ini. Gitu loh...

Debut mereka juga baru kemaren kok, tanggal 19 kemaren di Mnet! Countdown juga. Gue sih belom liat live performance mereka kayak gimana ya, soalnya emang update-nya kalo music show gitu cuma yang prioritas aja (SM maksudnya--sama NU'EST--semalem T-ARA juga sih... labil) Cuma mereka juga debut melalui showcase nih. Tangal 18 Juli 2012 kemaren mereka menggelar showcase di satu hari yang sama di 3 tempat yang berbeda dan 3 waktu yang berbeda pula.  Masing-masing showcase mereka yang pertama digelar di Eulji Hanbit Street jam 12 siang waktu Korea, trus di Myeongdong jam 7 malem waktu Korea dan yang terakhir di Hongdae jam 11 malem waktu Korea.

Untuk ukuran rookie yang baru debut, lumayan banyak nih lagu yang mereka masukin di mini-album pertama mereka. Berbeda dengan NU'EST kemaren yang pas Face cuma ada 2 lagu tapi disini mereka ada 4 lagu (padahal gak banyak juga sih Ron. yaudah sih lo bawel banget): I’m Not Alone, SOLO, 안에서 (In The Car), dan 우연이야 (Destiny) dan dua lainnya adalah instrumental. Yang dijadiin hits promo adalah SOLO. Mungkin keinget sama lagunya SJ-M ya? Iya gue juga gitu kok. Gue aja sempat mikir kenapa sih nggak mau nyari aja gitu judul yang lain? Kenapa harus SOLO? Kenapa nggak MATARAM atau SURABAYA? Abaikan please. Dan pas gue nonton MV-nya, hmmm... bedalah konsepnya dari SM :p MV-nya kebanyakan outdoor dengan konsep mereka sebagai anak-anak gaul jalanan yang suka nge-geng maen skateboard. Hahaha... Tapi lagunya bagus loh! MV-nya juga walaupun terkesan biasa aja, lumayan kreatif. Dan hey! Settingnya ada yang sama kayak Hurricane Venus-nya BoA :p

SOLO ini lagunya bukan tipe lagu yang ceria karena kayaknya menceritakan tentang kesendirian (atau entahlah yang jelas ada aura kehampaan kayak disedot Dementor gitu). Lagunya pas banget buat OST drama menurut gue karena kedengerannya kayak lagu-lagunya A&T di OST BBF gitu :p Tapi sebenarnya tipe-tipe lagu begini adalah yang like-able loh. Beneran beneran bukan bermaksud meracuni. Tapi lagunya emang lumayan bagus.
*


*
Move on ke member! Sama kayak EXO, ini C-Clown juga punya 6 member dan karena ini boygrup, jadi semuanya cowok (hadoh penting banget). Kemaren gue sempat ngetweet juga soal salah satu member-nya yang kelahiran 1997 :O Gila gak tuh ya... Kenapa gak sekolah yang bener dulu aja siiihhh... but anyway terserah mereka. BEBAS!
*
*
Ini leadernya. Namanya Yu Barom tapi nama dangdutnya ROME. Dia dulu adalah artis YouTube walaupun gue nggak kenal tapi kayaknya dia memang terkenal banget. Rome besar di Sydney, Australia waktu masih jadi artis YouTube dan kemungkinan juga dia di casting di sana. Kenapa namanya ROME? Menurut dia sih, dia pengen memberikan kesan kayak raja-raja romawi gitu. Biar sejalan gitu kan sama konsep C-Clown-nya. ROME lahir 6 September 1990. Dan seperti kebanyakan leader dia bergolongan darah A juga. Perlu gue kasi tahu tinggi dia berapa? Tapi gue kalo nyebutin tinggi orang gue agak gak enak sama Kak Suho (dan sama diri gue sendiri) tapi karena gue hanyalah seonggok batu, baiklah gak apa-apa tinggi ROME biasa aja kok cuma 174 cm dan berat 60 kilogram kalo dia lagi gak bawa ransel berisi batu granit dari gunung. Anyway dulu dia punya nama panggung bboybyu di YouTube yang setahu gue isinya adalah video-video dance ala bboy gitu. Nah kalo lo emang berniat pengen ngefans sama dia bisa banget lo follow @RoME_Cclown. Gue udah bilang belom kalau ROME ini LEADER-nya? (UDAH RON PIKUN) Selain LEADER dia juga RAPPER.
*
*
RAY adalah member yang paling gampang dikenalin kalo di MV. Dia yang rambutnya kayak jamur dan berdiri dengan begonya di depan sebuah ledakan tanpa terluka sedikitpun. Menurut gue sih dia yang jadi visual di grup ini karena maknae-nya nggak menjual sama sekali mukanya. Maafin gue ya Maru, tapi beneran mukanya masih terlalu polos buat dimacem-macemin apalagi dijual ke pasaran. Hahahaha... RAY ini nama aslinya Kim Hyun Il dan dia seumuran KAI juga, lahir di 19 April 1994. Katanya nama RAY itu muncul karena dia suka banget sama film yang menceritakan hidup seorang RAY CHARLES yang pernah dia tonton di 2004. RAY beruntung punya suara bagus dan muka menjual karena itu artinya dia nggak akan sekedar nampang doang. Dia termasuk vocal di grup ini gais. Silahkan mensyen @soccer4065 kalo berniat ngefans. KALO BERNIAT. Kalo gak cuekin aja sms ini dan cari idola lain. *SMS APA?*
*
*
Pertama kali ngeliat Kangjun dalam otak gue, "Dia cocok banget nih jadi pemain drama!" Mukanya kayak mas-mas di drama banget sih ya... Sangat terlihat dewasa di gambar ini dan juga di MV. Padahal dia lahirnya cuma beda dua hari sama RAY. Yes, dia kelahiran 1994 juga tepatnya 21 April. Di C-Clown cuma Kangjun yang menggunakan nama aslinya dan nggak pake nama dangdut. Nah, serunya lagi, dua mas-mas yang bisa jadi visual ini adalah vocal juga di C-Clown (RAY sama Kangjun maksudnya) jadi bisa lumayan sering ngeliat dia tampil. Someday, kalo misalnya C-Clown lagi rehat bisalah si Kangjun diajak main drama ya.... :) Gue belom follow (dan gak ada niat follow sih) tapi kalo mau boleh difollow di @kangjun_CclowN.
*
*
Ini dia maknae-nya, namanya MARU dan dia adalah rapper di grup ini. Mukanya polos banget kan kayak anak kebanyakan maen layangan di lapangan terbang yang kalo ada layangan putus dia langsung heboh ngejer-ngejer. MARU lahir 1997 di 25 September. Nama aslinya Lee Jae Jun. Nama MARU berarti to be at the top yang artinya dia sangat ingin berada di atas. Di atap. Di puncak pohon. Di atas bukit. Di puncak gunung. Ngapain? Nggak tau. Ngerap kali. Atau jadi kuncen bisa aja. Tapi lebih lanjut lagi nama MARU itu digunakan supaya dia bisa menjadi wakil Korea di puncak industri musik. Gitu... Yang suka sama berondong (1997 LOH ASTAGA) silahkan bisa godain dia tapi jangan diajakin jalan kata nenek itu berbahaya. @Maru_Cclown.
*
*
Kemaren ada satu temen twitter yang mensyen sebelah-sebelahin Luhan sama Siwoo yang terlihat mirip padahal mereka gak mirip sama sekali :p Luhan is forever ZYGOT HYONG lah pokoknya yaa... Dan ini Siwoo, nama dangdut dari Kim Taemin. TAEMIN? Wah banyak juga orang namanya Taemin. Siwoo katanya berarti "hujan yang dinanti-nanti". Hmmm.. baru tahu kalo Siwoo ini ternyata pawang hujan juga... OKE! Katanya sih dia pengen banget bisa jadi bagian dari "hujan" yang dinantikan oleh banyak orang di industri musk ini. Gitu... Nah, Siwoo ini juga vokal nih. Jadi bisa lah dia menghujani kita dengan performa nyanyi-nya suatu saat nanti yaaa... Siwoo lahir 5 Mei 1993. deket-deket sama Baekhyun ulang tahunnya (trus kenapa. Nggak ada. Suka suka dong). Boleh digodain @Siwoo_CclowN .
*
*
Pas pertama ngeliatnya "Kok mirip-mirip member BEAST sih? Siapa itu yang mirip rangga? Hyunseung?" Hahahaha Ternyata memang bener. Apanya? Nggak... Gue memang orang yang suka bilang si A mirip sama si B dan semua orang mungkin akan punya pandangan yang berbeda. Maklumin aja karena mata gue memang suke kece mece bleketepe gitu kalo ngeliat orang. Selalu out of the box. Dan kenapa ini gue bilang mirip member BEAST? Ternyata dia katanya adalah mantan trainee CUBE Entertainment yang dulu sempat mau debut bareng BTOB (since pas pertama kali gue ngeliat BTOB gue sangat merasakan aura BEAST jadi yah begitulah...) Lalu siapa sih laki-laku berambut pirang dan minta di gampar mukanya ini? Namanya adalah T.K. Taman Kanak-kanak? Tukang Kompor? Tali Kutang? Nonono... T.K adalah nama dangdut dari Lee MinWoo. Singkatannya bukanlah Tali Kutang tapi Top Kid. Yang lucu dari Minwoo kenapa dia akhirnya menggunakan nama T.K adalah bahwa dia mengakui kalo nama Minwoo udah banyak dipake seniornya yaitu Shinhwa dan juga ZE:A jadi dia nggak mau sama. Gitu katanya. Hahahaha... Makanya, nama tuh Sukirman, Satiyem, Supriadi gitu kek jadi nggak akan ada  yang sama di Korea mah... terserah lo Ron. Nah katanya dulu dia nggak jadi debut sama BTOB karena masalah kesehatan menjelang debut. Eh malah sekarang keluar dari Cube. Beruntung keluar masih ada yang mau mungut dia. Langsung debut pula kan... T.K. Lahir di 20 Desember 1995. Masih kecil juga ternyata ih. Mukanya udah nyebelin. #HLOH

Akhirul Kalam. Selamat puasa! Semoga setan setan jahanam EXO tidak mengganggu lagi hari ini. Dan kalo misalnya ada yang nemu artikel ini di majalah berarti punya gue dimuat. Bahahahah *PEDE* *SIAPA ELO* *NAMA GUE RON* *TRUS*
*TELEPORT*

*



Reference:

allkpop.com (http://www.allkpop.com/2012/07/c-clown-releases-mv-for-solo)
koreaboo.com (http://www.koreaboo.com/index.html/_/debuts/c-clown-releases-new-image-teaser-showcase-ti-r16386)
yedang.co.kr
kpopconcerts.com (http://kpopconcerts.com/kpop-news/what-is-the-meaning-behing-c-clowns-unique-stage-names/)

Share:

41 komentar