BoA "The Shadow" Music Video: Review Saya!

*
BoA kembali dengan MV baru. Ya, walaupun nggak begitu mengejutkan karena kayaknya beda sama konsep comeback dia tahun lalu (yaitu repackaged-comeback dengan hits Copy & Paste dan MV juga) tapi di tahun ini lagu The Shadow dipromosikan pada saat yang bersamaan dengan Only One. Nggak masalah sih sebenarnya apakah The Shadow dipromosikan pada saat yang sama dengan main-title di album Only One atau nggak. Karena seperti pendapat gue di review Only One, BoA lagi ngejer waktu, jadi ya nggak perlu comeback dengan repackaged nggak apa-apa, tapi MV tetep jalan. 


Nepotisme BoA dengan memutuskan untuk menyerahkan proses pembuatan MV pada Metaoloz yang notabene-nya adalah Production House milik kakak laki-lakinya sendiri (detail untuk Metaoloz bisa dilihat disini) adalah keputusan yang sangat tepat sekali. Daripada harus menyerahkan MV ini ke in-house production punya SM, pasti hasilnya nggak akan sebagus MV produksi Metaoloz ini. Dalam bayangan gue kalo misalnya MV ini dibuat sama SM sendiri, pasti cuma cut to cut adegan dance doang yang sama dengan membosankan. Nah, di MV ini Metaoloz menawarkan efek-efek sederhana yang bisa juga terlihat mewah dan yang jelas berbeda dengan MV yang dibuat sendiri oleh SM. Walaupun mungkin kalau misalnya kita membandingkan MV ini dengan MV-MV T-Ara jauh lebih mahal T-Ara, tapi menurut gue karena ini SM dan standar SM adalah MV Murah, jadi marilah bandingkan dengan MV dari SM juga. Karena BoA kan dapet uangnya juga dari SM. Cuma yang bikin MV Metaoloz ini oke adalah, dengan (kemungkinan) budget yang nggak jauh beda dengan MV SM yang lain, mereka bisa mengemasnya dengan lebih baik dan terlihat "mahal" walau bisa jadi sebenarnya nggak terlalu jauh dengan harga MV Electric Shock misalnya. Paling nggak Metaoloz nggak miskin ide buat mikirin efek visual.
*
Mr. Joe Belmaati
Sekilas tentang lagu The Shadow, lagu ini diciptakan dan diaransemen oleh Joseph Belmaati atau yang lebih dikenal dengan Joe Belmaati. Mr. Belmaati adalah pria kelahiran 6 Maret 1969 di Tårnby, Copenhagen, Denmark. Dulunya Mr. Belmaati adalah seorang DJ yang sering mainin lagu-lagu hip hop di kelab-kelab dan dia juga punya acara radio sendiri yang bersiaran selama 2 jam di stasiun radio lokal "The Voice". Nggak cuma menggeluti bidang musik saja, Mr. Belmaati juga pernah membentuk grup dance bernama Wizdom-N-Motion bersama dengan temannya yang juga DJ bernama Jørgen 'TNT' Møller yang pada akhirnya dapat menciptakan beberapa rekor. Pada tahun 1993 dia bersama dengan Cutfather membentuk sebuah label produksi dengan nama Cutfather & Joe tapi sayangnya harus bubar di 2006. Nah, mungkin semua masih pada ngawang-ngawang nih soal Mr. Joe. Oke buat bayangan aja, jadi beliau ini sudah sering berkolaborasi ataupun juga menciptakan lagu-lagu terkenal artis-artis yang sudah familiar namanya di telinga kita. Sebut saja Jamelia (Superstar), Brandy (Full Moon), Shayne Ward (No Promises), Santana (Maria Maria), Blue (Too Close), Kylie Minogue (Good Like That), Christina Aguilera (I Turn To You), Deal With It (Corbin Bleu--yang ini jadi Juliette nya SHINee), Westlife (My Private Movie) dan beberapa nama lain seperti Five, Lee Ryan, dan Peter Andre (kalo pernah nonton film The Little Mermaid, dia yang nyanyi Kiss The Girl pas adegan Ariel sama Erik lagi naik sampan di laguna. Versi studionya bukan versi soundtrack-nya). Anyway, kemaren sempat cek-cek official website-nya juga trus meninggalkan email dan dibales sama dia. Hahahaha :)
*

*
Agak gak penting sih tapi yaudah gapapa namanya juga blog gue kan kata beberapa orang juga nggak penting isinya. Tapi ini jadi mengingatkan gue pas mention-mentionan sama om William Laseroms (Electric Shock--baca disini) dan kemudian dapet sesuatu dari dia. HAHAHAHAHAHA Well, semoga nanti bisa email-emailan sama Yoo YoungJin. Aigoo... Ngefans banget sama dia. Mengingat ini jodohnya kayaknya sama komposer, mungkn nanti kalo iseng email ke Yoo YoungJin dibales kali ya... Kkk~

Secara keseluruhan lagunya tentang persahabatan dengan bayangan. Bahwa bayangan lo nggak pernah lepas dari lo, bahwa bayangan lo akan selalu ada buat lo. Bahwa setiap perkembangan hidup lo dia adalah saksinya, dan setiap perubahan hidup lo dia yang paling setia bareng sama lo. Gitu sih gue nangkepnya. Semacem membicarakan soal kesetiaan dan kesendirian, ketika lo berpikir nggak ada yang setia menemani lo dan lo selalu sendiri, padahal sebenarnya lo salah, selama ini ada loh yang selalu setia dan menemani: bayangan lo sendiri. Aigoo... HAHAHAHA... Nah mari masuk ke MV Trivia...

#1 MV ini dimulai dengan sebuah scene dimana BoA sedang duduk di atas batang sebuah pohon yang kayaknya baru kesamber petir trus bagian atasnya kebakar, gosong, kebawa angin. Beberapa dari temen-temen di twitter bilang, "BOA LAGI DI PLANET EXO!" dan ya, masuk akal sekali. Kondisi awan-awan, petir, atmosfer, langit, dan semuanya kayak di planet EXO banget. Kayak gitu gue pernah kesana ya... HAHAHAHA... Jadi sebenarnya kalau mau disambung-sambungin juga bisa. Jadi kan di cerita awal MV MAMA itu dibilang kalau 12 kekuatan itu berkelana meninggalkan the tree of life dan suatu saat akan bersatu. Nah jadi itu si MAMA sedang nunggu mereka balik lagi ke pohon kehidupan. Siapa sih MAMA-nya? Itu si BoA yang lagi duduk di atas batang pohon ceritanya lagi nungguin mereka gitu. Aigoo... HAHAHAHA Masuk akal juga sih BoA jadi MAMA secara gitu kan di SMTOWN artis cewek yang paling lama debut dan masih eksis ya emang dia. :p
*
*
Hmmm... Ngerasa ada yang aneh gak sih sama setting tempat BoA duduk itu? Hmmm.... Mari kita berpikir sebagai orang awam. Yang pertama, bagaimana BoA bisa duduk di atas batang pohon yang akarnya nggak keliatan itu? Bagaimana dia bisa manjat naik ke atas sana tanpa mengotori gaunnya sedikitpun? Bagaimana juga bisa cewek pake gaun gitu manjat pohon? Yang kedua, kenapa kesannya itu planet kok kotak gitu ya? Hahaha di setiap ujung awan ada sudut-sudut langitnya gitu. Yang ketiga, masa iya di planet cuma ada satu pohon. Haha

Masih di shot adegan yang sama, disinilah gue bisa bilang kalo Metaoloz kerjanya rapi kalo masalah visual efek. Kalo kalian perhatiin di detik-detik dimana bayangan BoA mulai muncul dari bawah rok-nya dan memantul ke cabang pohon yang ada di depan BoA, kalian bisa liat disitu perubahan kamera dan pergerakan bayangannya rapi. Di detik 00:08-00:09 itu bayangannya mulai keluar dan di 00:10 bayangannya sudah menjauh dari arah datangnya. Memang sih di 00:09 ke 00:10 itu waktu kamera berubah jarak, kesannya memang bayangan di 00:10 jadi tiba-tiba jauh dari 00:09, tapi kalo dipikir-pikir ya memang karena bayangan itu tujuannya menjauh dari BoA-nya jadi ya gak masalah. Beda hal sama dance SPY yang di shot A Leeteuk mepet sama member di shot B kok tiba-tiba menjauh. Perbandingan aja sih. Agak membingungkan juga tapi yaudah gapapa.
*
#2 Detik 00:15-00:16 ada adegan dimana BoA lagi ngelirik ke Matahari yang ada di belakangnya trus silau dan berusaha nutupin cahaya matahari yang jatuh ke matanya pake tangan. Ngapain juga ngelirik matahari kalo harus nutupin mata karena silau. Tapi poin-nya bukan disitu. Di 00:15, shot kamera deket posisi tangan dan kepala BoA berbeda dengan 00:16 waktu shot kamera jauh. Di 00:15, memang terlihat BoA agak menoleh ke belakang karena Matahari ada di belakang tapi di 00:16 kesannya matahari ada di sebelah kanan atas BoA (sebelah kiri atas kamera).
*
*
#3 Masih di shot yang sama di awal MV, posisi kain penutup mata BoA di detik 00:06 yang ada di pangkuannya berubah posisi di detik 00:16.
*
*
#4 Di 00:28 dan beberapa detik setelahnya, ada scene dimana BoA baru saja turun dari sebuah tangga dan berjalan ke tengah-tengah set dan disitu sudah menunggu BoA yang lain dan kemudian BoA yang turun dari tangga itu perlahan-lahan wujudnya berubah transparan dan hilang menyatu dengan tubuh BoA yang berdiri menunggu di tengah-tengah set. Sekilas memang nggak ada yang aneh dari adegan ini tapi kalo di perhatiin, ekspresi kerasukan BoA yang berdiri menunggu di tengah set bereaksi lebih cepat daripada BoA yang merasukinya. Gampangnya, sebelum BoA yang menjadi transparan masuk ke tubuh BoA yang satunya, BoA yang satunya sudah mengeluarkan ekspresi kerasukan terlebih dahulu. Tambah bingung? Sama. Tapi di endingnya, ketika BoA yang transparan masuk ke tubuh BoA yang satunya terlihat pas timingnya. Nah kan jadi labil. Yaudah biarin aja.
*
*
#5 Adegan dance dimulai dengan beberapa dancer ada di tengah bersama BoA dan beberapa lainnya menunggu di pinggir-pinggir (?) Jadi inget MV IU yang You and I juga kayak gini. Nggak mirip sih, tapi adegan nunggu di pinggir-pinggir nya agak agak sama.
*
*
#6 Detik 00:39 semakin memperjelas kalau lokasinya di Planet EXO. Coba tebak kira-kira apa? YAK! BETUL! Padahal siapa yang jawab nggak ada. Itu mataharinya ada dua. Hmmm.... Bisa nyebutnya matahari gak sih? Langitnya biru gelap gitu. Yaudah kalo pun bulan ada dua tetep aja konsepnya Planet EXO juga sih.
*
*
#7 Waktu adegan BoA bangun dari tidurnya dengan mata tertutup penutup mata (?) dan kemudian dia membuka penutup matanya di detik 00:42 itu, awalnya gue melihat penutup matanya itu agak aneh. Yang jelas penutup mata itu tidak terikat di bagian belakang kepala BoA karena ketika BoA menarik penutup mata itu, benda itu terlepas dengan mudahnya. Nah pas pertama kali liat gue pikir itu cuma dipasang di sebelah matanya doang karena posisi BoA juga hanya menunjukkan sebelah badan. Yang membuat gue yakin waktu itu kalau penutup matanya hanya dipasang di sebelah mata adalah gambar ini:
*
*
Kedua ujung kain itu ada di sebelah kanan BoA yang artinya kain panjang itu terlipat nah karena kedua ujungnya ada di sebelah kanan, artinya di sebelah kiri gak ada dong? Ya gak? Kan kalo misalnya kita menutup mata dengan kain harusnya ujungnya satu di sebelah kiri dan satu lagi di sebelah kanan kan? Nah iya awalnya gue juga bingung itu kenapa bisa gitu. Tapi di shot berikutnya ada gambar ini:
*
*
Waktu BoA menarik kain penutup matanya, ternyata ujung kain lain jatuh dari sebelah kiri. Jadi? Ya begitulah. Terkecoh oleh kain. Dibodoh-bodohi kain. Aigoo.... Sampai gue menulis bagian ini gue juga masih bingung.
*
#8 Trademark gerakan di MV ini adalah gerakan jari-jari BoA di detik 00:58. Ada 11 gerakan tangan yang berbeda di sini. Silahkan dicoba peragakan kalo perlu:
*
*
Gerakan yang lain yang paling gue inget sejauh ini sih gerakan angkat angkat bahu sambil ngangkang itu. Gerakan ala ala senam SKJ 1997.
 
#9 Topi polisi di 01:02 mirip mirip sama Tell Me Your Wish nya Girls' Generation.
*
*
#10 Di menit 01:42 ada efek yang menggabungkan 2 shot yang berbeda dengan pergantian warna gitu. Yang lucu adalah posisi BoA nya bisa dipertahankan nggak berubah tapi posisi dancernya yang sebelah kiri kamera jelas-jelas berubah :)
*
*
#11 Adegan yang menarik lainnya adalah adegan waktu BoA terkesan bangun dari tidur diatas bantal kemudian berjalan beberapa langkah lalu kembali rebahan di kasur dan bantal. Awalnya mikir juga itu gimana caranya BoA jalan sambil tidur -_- Padahal di shot pertama (01:43) itu sebenarnya BoA posisinya nggak berbaring tapi berdiri dan di belakangnya entah apakah ada orang yang megang bantalnya trus BoA agak bersandar ke bantal jadi seolah-olah dia sedang berbaring nah kamera-nya yang posisinya dibuat miring 90 derajat berlawanan arah jarum jam untuk menimbulkan kesan berbaring. Dan ketika BoA kembali ke tempat tidur, kamera berputar 90 derajat lagi dari sebelumnya (jadi total 180 derajat) sehingga bantal dan kasur jadi terbalik (up-side down). Seneng sama efek yang ini jadi bikin mikir. Sama kayak efek dance teaser EXO yang waktu Lay sama Sehun dance di box yang berputar-putar itu. Oh iya, yang bikin ngerti di adegan itu sebenarnya jendela yang ada di belakang BoA. Kalo perhatian sama shot BoA lagi nutup-nutup jendela di kamar pasti ngeh.
*
*
#12 Total 8 kali BoA mengganti pakaiannya di MV ini. 
*
*
#13 Di menit 02:24, adegan BoA bersandar di dinding dan bayangan dibelakangnya bergerak dari dinding dan berubah menjadi butiran-butiran cahaya (aigoo ada gitu butiran cahaya... butiran debu ada sih...) Nah ketika bayangan sudah pergi, di shot selanjutnya kan seharusnya bayangan BoA udah nggak ada lagi tuh, tapi di 02:33, ketika BoA mulai mengejar bayangannya, di tembok bayangan BoA ada lagi. 
*
*
#14 Di menit 01:22 ada adegan dimana BoA menutup satu jendela (yang diawali dengan menutup beberapa jendela yang lain) dan ketika jendela terakhir di tutup kamera langsung berpindah ke adegan dance di tengah-tengah set. Kalau diperhatiin, ruangan yang jendelanya baru saja di tutup BoA itu dari bawah terlihat terlalu kecil untuk ukuran kamar dengan berbagai macam isi. Bahkan kalau misalnya dipikir lebih jauh lagi, adegan sebelum jendela terakhir di tutup kan BoA menutup banyak jendela lainnya sementara bangunan itu dari luar hanya tampak satu jendela saja. Makanya mending jangan dipikirin daripada bingung dan heboh sendiri. Biar gue aja yang mikir.
*
*
Ini adalah isi kamar yang jendelanya ditutup BoA tadi:
*
*
Di sebelah kanan kamera juga ada banyak jendela kaaan tapi kalo dari luar malah keliatannya kayak satu jendela gitu. Ada lagi adegan selanjutnya yaitu lanjutan dari adegan nomor #11 setelah BoA bangun dari tidur-tiduran gajenya, dia duduk diatas tempat tidur yang secara tiba-tiba juga entah kenapa itu tempat tidur jadi ada di depan set utama (lokasi dance) padahal tadi waktu jendela ketutup mbak BoA kamarnya kan di atas. Nah gue juga jadi bingung ini imajinasinya sama eksekusi MV nya jadi keren begini. Nah, adegan BoA bangun tidur itu kemudian dilanjutkan dengan dia menonton dirinya secara aneh sedang ngedance-ngedance gitu.
*
*
Karena tadi dia tidur dan bangun di kamar, berarti kamar yang dimaksud adalah kamar yang sama dengan kamar yang tadi jendelanya dia tutup kan. Nah coba diperhatiin gambar sebelum gambar di atas (gambar shot kamar) trus dibandingkan dengan gambar BoA lagi nonton dirinya sedang dance di atas. Apa yang berbeda? Satu, posisi meja bundernya. Di gambar shot kamar, meja bunder posisinya lumayan jauh dari kasur dan di dekatnya ada sofa sedangkan di shot nonton diri sendiri sofanya nggak ada dan mejanya juga jadi deket banget sama kasur. Dua, di atas meja bunder yang digambar shot kamar tumpukkan buku lebih sedikit dan ada satu gulungan kertas sementara di gambar nonton diri sendiri bukunya lebih banyak dan nggak ada gulungan kertas. Pertanyaan selanjutnya, kapan kamarnya pindah? (kayaknya tadi udah nanya yang ini ya... lupa... yaudah biarin).

#15 Masih ngebahas soal jendela yang ditutup BoA tadi, di beberapa shot warna jendelanya berubah ubah loh. Kadang-kadang sewarna sama awan, kadang-kadang putih sewarna matahari. Lah jadinya itu ruangan diatas sebenarnya gak ada ya? HAHAHAHA BOLONG HAHAHAHA. Padahal gak lucu. Jadi kalo bolong dan nggak ada apa apa, di awal BoA turun dari situ dia ngapain dong disitu? Ngumpet? Dari siapa? Siwon? Eunhyuk? #abaikanplease
*
*
#16 Percaya deh sama gue, dari awal sampai akhir MV kuku-nya BoA warnanya ijo terus gak berubah-ubah. Beda banget sama TTS di MV Twinkle.

#17 Permainan lampu yang dipake di setiap BoA pake topi polisi itu (misalnya 01:18) mengingatkan gue pada permainan lampu yang ada di MV Bonamana. Inget kan shot close up member yang lampunya pindah ke kiri ke kanan ke kiri ke kanan? Trus bayangannya juga pindah ke kiri trus ke kanan trus ke kiri lagi? Nah... waktu dulu pas kuliah Tata Cahaya pernah tanya sama dosen, itu sebenarnya cara bikinnya gimana, kalo kata dosen gue ya tinggal geser aja bohlam dari atas kepala ke kiri trus ke kanan. Oooh ternyata se simple itu ya? Hmmm... Tapi efek simple itu jadi artistik sih gue suka aja. Iya, MV SUJU yang gue suka emang Bonamana sih. Haha :) Cuma tetep, kemasan perpindahan bayangan di MV The Shadow ini lebih berasa daripada Bonamana.
*
*
#18 Pertanyaan gue selanjutnya, kenapa kesan background habis gempa di Semok Bebas Jomblo juga dipake disini? Kenapa bangunan-bangunan itu harus miring-miring juga? Kenapa harus berasap-asap? Kenapa?

#19 Paling suka adegan waktu BoA berhadapan dengan dua bayangannya yang lain. Nggak tahu kenapa gue sih ngebayanginnya gue yang sedang berhadapan dengan beberapa kepribadian gue yang lain. Jadi ada temen gosip. HAHAHAHA

#20 Adegan ketika BoA berjalan ke depan cermin di 03:28 juga sebenarnya lucu loh. Perhatiin aja baik-baik kalo gerakan BoA yang ada di depan cermin dengan bayangannya yang ada di dalam cermin itu nggak berbarengan. Memang sih ketika kaki BoA yang di depan cermin gerak yang kanan, yang di dalem cermin juga mirrornya sama gerakannya cuma seringkali bayangannya telat bergerak. Yang paling keliatan waktu BoA menjulurkan tangannya untuk menyentuh cermin itu. Jelas sekali bayangannya terlambat bergerak di sana.
*
*
#21 Adegan lain yang paling gue suka adalah ketika BoA dan dancer-nya dance di atas batang kayu raksasa trus background-nya petir-petir gitu :) Aigoo... Kesan misterius-nya ada, kesan planet EXO-nya ada (biarin gak nyambung biarin) dan kerja sama yang baik dengan Chen HAHAHAHA... Awalnya tadi gue mau ngitungin petir-petir itu tapi kok ya agak kurang kerjaan rasanya. Mungkin ada yang bisa hitung ada berapa kali sambaran petir yang terjadi di sana? 

#22 Karena adegan dibuka dengan BoA menutup matanya dengan kain maka adegan ditutup dengan BoA membuka kain penutup matanya. Jadi kesimpulannya semua yang terjadi, yang kita bahas panjang lebar diatas cuma ilusi semata. Cuma ada di pikiran BoA saja. Aigoo Aigoo... Persis kayak di MV Only One, semuanya hanya khayalan. Mungkin bahkan BoA masih mikir gimana caranya bisa turun dari pohon itu. HAHAHAHA Di awal MV kan tadi bayangannya keluar dari bawah rok BoA ya, nah di akhir MV ini si bayangan masuk lagi ke BoA tapi bukan ke rok-nya tapi ke dadanya. Aigoo... bayangannya mesum. Dari rok ke dada itu mesum parah loh. #DOR Sebenarnya itu adalah visualisasi dari makna lagunya tadi, "Bahwa aku dan bayanganku tidak pernah bisa terpisahkan." gitu.... Oh iya, di adegan terakhir ada juga yang seru buat diperhatiin nih: Posisi tangan BoA di dada-nya pas bayangan masuk ke dada-nya itu berubah di menit 04:13 dan 04:14. Perhatiin juga BoA-nya senyum di 04:14. Ya emang kenapa kalo dia senyum. Gapapa sih. Lucu aja senyum senyum sendiri di atas pohon padahal gak tahu cara turun kan lucu aja.
*
*
Gimana? Gimana? Sudah cukup menguras energi dan rasa penasaran kah? (Menguras energi emang lo nyuruh orang baca sambil aerobik atau gimana) Belakangan ini kisaran reviewnya 20-21-22 ya. Gak tahu kenapa nih nggak tahu. Kena kutuk kali gue. HAHAHAHA... Maafin kalo misalnya reviewnya agak-agak telat juga maklum lah, gue lagi jet lag nih nggak tahu kok ya bisa jet lag juga. Masih kacau dengan jadwal tidur. Padahal gue berniat memperbaiki jadwal tidur gue supaya nggak bangun malem tidur pagi tapi masih nggak bisa :( Aigoo... Butuh kecupan hangat di dahi dari seseorang. Ayo siapa yang mau kecap kecup kirim aja via SMS.
Big thanks buat semua pembaca yang sampai saat ini belom juga nemu namanya hehehe tetap support! Karena perjalanan kita nggak berhenti sampai disini saja! SEMANGAT! Sekali lagi selamat lebaran mohon maaf lahir dan bathin! Chu~~~~


Reference: joebelmaati.com, Joe Belmaati Discography @ http://www.discogs.com, http://colorcodedlyrics.com, @AdunIsMe (for tweeting about EXO and BoA as their MAMA)

PS: gue kebanyakan ngomong Aigoo gak sih. iya Ron. oh yaudah.



Share:

14 komentar