Semester Tujuh....! [PART 1]

*
Liburan berakhir. Walaupun rasanya sangat gabut sekali di liburan kemaren tapi tetep aja berkesan. Selain banyak sekali pelajaran yang di dapatkan dari kehidupan yang terkesan biasa-biasa aja ini--pelajaran tentang keluarga, persahabatan, kerja keras, sakit hati dan sebagainya--liburan kemarin adalah (Insya Allah) liburan panjang terakhir untuk masa kuliah kali ini. Well, yeah, sekarang gue sudah masuk semester terakhir gue di UI dan semoga aja semester ini jadi berkesan. Pengennya sih gitu... Tapi berkesan atau tidaknya sebuah kehidupan kan tetap kita juga yang menentukan. Semuanya tergantung bagaimana cara kita menjalaninya, apakah mengesankan atau biasa-biasa aja. Harapan gue sih semoga berkesan.


Nggak.

Jelas semua ini berkesan. Depok udah jadi semacam kota dengan segala macam ujian dan cobaan. Kuliah adalah surganya pelajaran hidup. Mulai dari dapet temen sampai kehilangan temen, mulai dari nggak punya musuh sampai punya musuh (tapi semoga yang ini cuma perasaan gue aja) dan mulai dari nggak tahu jalan sampai tahu jalan. Semuanya mulai berubah belakangan ini. Perubahan yang baik sih semoga aja. Karena ini semester terakhir gue sih berharap akan ada banyak kejadian kejadian yang paling nggak tanpa kontroversi lah. Jujur aja ya gue udah capek sama masalah masalah yang dicari-cari. Makanya kuliah ini gue lebih mikirin diri sendiri, lebih egois, gak peduli apa kata orang. 

Di semester 7 ini pertama kalinya dalam sejarah kuliah di Komunikasi UI, IRS gue belom di approve sama Pembimbing Akademis. Separo salah gue, separo bisa dibilang salah seseorang yang menolak gue sebutkan namanya (seseorang yang di message gak pernah bales, yang dimintain saran tapi nggak tanggap) dan beginilah jadinya. Karena IRS gue belom di approve, jadi nama gue nggak akan ada di absen sampai setelah ujian. Sedih... Semester terakhir kesannya numpang kelas doang. Ya tapi salah gue juga sih galau di awal semester ini milih mata kuliah belanja. Gue pengen banget bisa belanja ke FIB kan kelas Bahasa Korea tapi yahhh... karena gue nggak bisa ngurus surat langsung jadi ya gitu deh. Bermasalah.... Cuma ya... Mungkin next time departemen harus lebih bisa memilih dosen Pembimbing Akademis yang lebih perhatian ke mahasiswanya bukan yang kayak gini. Kesannya malah jadi nggak guna. Maafin saya pak. Saya sedih aja gitu :(

Ada beberapa niat baik yang pengen gue jalanin di bulan-bulan terakhir gue di Depok ini. Ya itunglah kayak gitu karena sampai sekarang walaupun gue masih pengen kerja di Garuda Indonesia, jauh di lubuk hati gue, gue pengen pulang kampung dan mendulang rejeki di sana saja. Jauh dari keluarga membuat gue jadi nggak terkontrol (BAHAHAHAHAHAH KESANNYA GUE MABOK MABOKAN TIAP MALEM GITU) maksudnya nggak terkontrol emosinya. Gue kalo kangen sama orang suka heboh loh. Dan kalo gue udah heboh, matahari kadang-kadang suka males bersinar. Nah, jadi harapan gue sih di semester akhir ini gue bisa memanfaatkan waktu gue dengan bersosialisasi dengan banyak orang. Itu yang pertama. Yang lain mungkin gue akan membalas kekecewaan orang-orang yang pernah gue kecewakan dengan sebuah hal yang bisa mencuci semua dosa dosa gue ke mereka. Yang ketiga adalah banyak baca buku. 

Nggak tahu kenapa ya sekarang gue jadi bener-bener suka ketiduran parah. Kalo udah di kamar, kepala nempel bantal sebentar pasti langsung tidur dan meskipun suara Jonghyun yang annoying di Ring Ding Dong membahana (sudah hampir 3 tahon ringtone alarmnya ini gak berubah berubah) paling cuma bangun, sumpel mulut Jonghyun, trus tidur lagi. Gue curiga kamar gue ada sesuatu yang memaksa gue untuk tidur gitu. Semacem kutukan Sleeping Beauty gitu ceritanya. HAHAHAH Dan sepertinya ini yang harus segera dirubah sih :| Karena jujur aja, satu semester lalu, kuliah dimulai jam 8, gue baru bangun dan masuk kamar mandi jam 8. Nggak pernah bisa lebih awal :| Semacem dimana lah semangat kuliah gue kalo misalnya nggak diubah gitu kan.

Makanya itu, karena sekarang kuliah juga cuma 3 kali seminggu kesannya jadi banyak jam kosong dan kalo gue di kosan pasti akan gue habiskan untuk tidur-tiduran. Satu-satunya cara adalah keluar dari kamar biadab ini dan ke kampus. Harusnya sih bisa dimanfaatkan dengan baca baca di perpus. Yah. Niat baik ini semoga terlaksana deh.... Kalo misalnya gue nggak memanfaatkan waktu gue dengan membaca, otak gue bisa bisa beneran nggak ngerti lagi mana huruf A dan mana huruf B. Kalo bingung, jangan dipikirin banget banget orang gue aja nulis nggak pake mikir.

Beberapa mata kuliah produksi harus lagi dijalankan di semester 7. Agak males sebenernya karena produksi itu melelahkan... Tapi yah kalo udah nyerah di awal kan jadi nggak seru ya hidup, semacem nggak ada optimisme gitu. Jadi untuk dua mata kuliah produksi gue harapkan akan berjalan dengan lancar. Bismillah aja deh :") Ah iya, ini pertama kalinya gue akan produksi sebuah program K-Pop. Setelah sekian lama gue terjajah oleh K-Pop dan seringkali ide gue cuma tersimpan dikepala saja, sekarang bisa disalurkan. Nggak muluk-muluk sih, gue pengennya skenario yang ditulis bisa divisualisasikan sesuai dengan apa yang dibayangkan. Walaupun memang akan sangat sulit secara teknik gue nggak terlalu bisa ngedit dengan bagus dan kurang bisa improvisasi dalam hal editing, tapi gue bisa berusaha untuk jadi bagus. Hahah... Mata kuliah yang akhirnya mewujudkan keinginan gue untuk membuat acara K-Pop ini adalah "Distribusi Program TV Melalui Web" dan "Distribusi Program TV Melalui Mobile". Sebenarnya yang Mobile (atau Web ya?) sudah harus diambil semester 6 lalu, tapi karena (sekali lagi) masalah dosen yang belom fix dan segala macem, akhirnya diundur jadi semester ini. Separo seneng separo sedih. Senengnya karena ternyata dua matkul itu ada di hari yang sama dan dengan pengajar yang sama (dari Mivo TV!) yang akhirnya diputuskan untuk digabung saja. Sedihnya, semester ini jadi banyak matkul. HAHAH nggak deng, bahagia kok. Karena project-nya kan K-Pop dan sebagai K-Poppers harusnya gue lebih bisa tanggung jawab nih :| Kkk~ Kita lihat nanti!

Anyway, gue mau bilang terima kasih sebesar-besarnya buat semua temen-temen yang masih setia meng-klik kaoskakibau dot kom. Banyak pelajaran yang bisa gue dapatkan dari semua komentar yang masuk (dan nggak satupun gue delete loh yah kecuali emang ada yang double atau gimana) di setiap postingan yang ada. Makasi banget udah mau sempat-sempatin komentar. Terlepas dari apakah itu komentar negatif yang ngatain gue macem-macem ataupun komentar positif, gue sangat mengapresiasi semua itu :) Dari situ gue pada akhirnya sadar bahwa di dunia ini ada 3 hal yang memang sensitif dan nggak usah dipertanyakan lagi tingkat sensitivitasnya: 1. Agama, 2. Cinta, 3. Super Junior. Well, walaupun kadang-kadang topik soal Super Junior lebih sensitif sih daripada Agama yah. Kadang-kadang. Tapi ya gitu deh, gue jadi belajar bahwa masih banyak orang-orang di luar sana yang belum menumbuhkan sense of humor dan belum mau mencoba untuk memiliki rasa humor yang lebih baik. Sebenarnya gue adalah orang yang gampang tersinggung kok, sama kayak kalian ketika misalnya kalian baca postingan gue yang judulnya "Mr. Simple Yang Katanya Pemuja Setan" itu. Gue itu kalo disindir dikit suka heboh. Sama kayak kalian. Tapi balik lagi ke masalah bahwa kalian seharusnya baca dengan baik postingannya sebelum ngata-ngatain gue. Itu aja sih sebenarnya :p

Gue nggak pernah bermimpi punya fans. Gilak ya gue bukan artis gitu. Nah punya fans aja nggak pernah mimpi gimana punya antifans? Gue sempat ketawa aja kalo misalnya ada orang yang maki-maki gue, bilang gue antifans-nya SUJU atau gimana. Secara teknis memang gue bukan ELF. Gue ngaku kok. Tapi bukan berarti gue nggak suka ya sama Super Junior. Sebelum akhirnya gue kenal SNSD, EXO, 2PM, Wonder Girls, Miss A dan semua K-Pop yang ada di playlist hape gue sekarang, gue lebih dulu mengenal SUJU. In fact SHINee sih, tapi ya nggak heboh juga gue sama SHINee tapi hebohnya sama SUJU. Jadi kalo misalnya, ada yang baca postingan gue, ada bagian bagian yang agak nggak ngenakin, di SPY, SFS atau dimanapun, itu bukan berarti karena gue Antifans Super Junior. Bukan sama sekali bukan. Kalo misalnya lo baca blog gue dari dulu, gue pernah loh pake header Siwon-Donghae saking ngefansnya sama mereka :p
*
*
Nah, gue juga heran kenapa bisa pas jaman Mr. Simple rilis dan postingan itu dibuat, orang-orang yang baca postingan itu kok nggak ngeliat header blog gue? Namanya aja HEADER. HEAD. KEPALA. Sebelum lo liat badannya, kan pastinya kepala dulu kan? Nah kenapa ya orang-orang kesannya kayak benci banget sama gue sampe ngatain gue antis gara-gara satu postingan yang gue mencoba untuk jujur dan padahal juga pas awal gue gak pengen post? HAHAHAHA... Belom lagi jelas-jelas di bagian BIO blognya gue tulis "Super Junior Fans" Trus belom lagi waktu itu gue pasang banner ini:
*
Nah kan gue juga bingung sebenarnya gue antis darimana sih? Dari Planet EXO? Iya sekarang sih gitu. Hahaha... Nggak deng becanda. 

Tapi yah namanya juga pendapat orang kan bisa beda-beda, kalo misalnya gue bisa bilang di sebuah postingan kalo "Suju MV nya jelek!" atau "Suju Pemuja Setan! Illuminati semua di MV nya!" ya kenapa orang nggak bisa ngatain gue "ANTIS LO! PERGI AJA!" atau "LO IRI KAN SAMA SUJU?! NGACA DONG!" atau semacem binatang bernama anjing dan sebagainya. Terserah mereka kan? Gue aja bisa ngomong kenapa mereka nggak? Gue sih mikirnya kayak gitu.

Tapi, yaudahlah, gue juga nggak terlalu peduli sama yang begituan. Kembali lagi ke masing-masing orang dan cara orang itu mendefinisikan "ngefans" seperti apa.

Ada yang ngefans banget sama Gamaliel waktu itu dan sampe-sampe dia mengukir lengannya (pake silet or something) dengan nama artis idolanya disana.

Ada yang ngefans sama seorang Obama dengan membuat sebuah video yang akhirnya ditonton banyak orang.

Ada yang ngefans sama Super Junior dengan memuja-muja mereka dan membela mereka habis-habisan kalo ada yang ngebash.

Dan ada juga orang yang ngefans sama Super Junior atau siapapun itu tapi dia menunjukkannya tidak selalu dengan puja dan puji tapi dengan beberapa kata-kata yang emang sih agak kasar tapi paling nggak jujur. Misalnya ketika Siwon nyium-nyium member lain di atas panggung kemudian dikatai Jablay. Itu memang kasar. Tapi jujur kan? Ya kurang lebih seperti itulah. Dan cara ngefans yang terakhir inilah yang belum bisa diterima oleh mereka mereka yang sangat mencintai idolanya. Gue sih gak masalah ya selama itu nggak merugikan gue. Mau lo puja puji dan segala macem nggak masalah. Tapi yang jadi masalah adalah ketika lo, yang entah siapa gue nggak tahu, ngatain gue atau siapapun yang "perilakunya" sama kayak gue, dengan sebutan-sebutan antifans, atau nama nama binatang, itu yang jadi masalah. Lo nggak tahu gue, lo nggak kenal gue, jadi kenapa lo harus ribut? Kenapa harus heboh? Tak kenal maka tak sayang. Kalo nggak kenal kata-kata kasar jangan asal melayang. Itu aja sih :)

Coba kenali dulu kita, kami, mereka, liat konteksnya, baru deh komentar. Gue ngakuin kok kadang-kadang gue emang berlebihan. Tapi ya setelah itu gue balik lagi ke posisi awal bahwa gue adalah fans mereka. Mau berkali-kali mereka gue bash, yang penting gue tetap fans mereka. Intinya kan disitu. TETEP NGEFANS. Jadi nggak perlulah bilang gue ini anti SUJU atau misalnya kemaren Kak Cel dikatain anti Yunho. Gue tau dia fans Yunho karena gue kenal dia. Dan sebelum lo ngatain di anti Yunho apakah lo kenal dia? DOR!

Sebenarnya gue nggak pengen sih ya ngomong beginian di sini karena kesannya menggurui banget sementara gue akan jadi sarjana komunikasi bukan sarjana pendidikan. Tapi yah... gak apa-apa lah sekali-sekali. Alasan kenapa kemaren-kemaren gue nggak nulis beginian karena gue tahu temen-temen gue di twitter yang selama ini ngobrol sama gue dan follow gue orang-orangnya asik dan sudah bisa membedakan mana dunia mana mimpi. HAHAHAH kesannya.... Tapi gue seneng banget sama orang yang bisa diajak diskusi ketimbang orang yang cuma bisa komentar jelek tanpa tahu sebenarnya maksud gue nulis itu apa sih. Gitu loh....

Anyway, Sabtu tanggal 8 September 2012 kemaren para fans EXO disekitar JABODETABEK bikin acara kumpul-kumpul lagi loh! :) Sabtu kemaren kita kumpul di Pacific Place tepatnya di Urban Kitchen. Lumayan rame tapi nggak lebih rame dari pas gathering kedua yang kita adain di fx. Cuma tetep seru karena ketemu lagi sama orang-orang baru :) Kita rutin ngadain acara kumpul-kumpul kayak gini, jadi kalo misalnya next gath ada yang mau ikutan boleh banget loh ya! Nggak pake bayar kok karena kita kan bukan fanbase :) Istilahnya Halal Bi Halal aja. Walaupun kalo udah ngomongin EXO bawaannya pasti jadi HARAM BI HARAM. But anyway, gath kemaren lucu, seru, rame, dan yang pastinya WE ARE ONE! Hahah walaupun nggak bisa total ngobrol dengan semua yang dateng tapi paling nggak bisa saling kenal :)
*
*
Seharusnya di foto ini ada Nelson, fanboy SNSD gitu tapi karena mas-mas yang fotoin agak agak gitu jadi kepotong. Trus harusnya 2 fanboy SNSD lagi: Gilang & Afif, temen gue juga ada disitu. Tapi karena mereka kesasar jadi telat dateng dan nggak ada sesi foto. But yeah, everybody is fun. YAY!

Banyak harapan yang harus dicapai jadi semoga semester 7 ini akan jadi semester terakhir!

FIGHTING!!! :)
Oh iya, kita ada giveaway lagi September ini tanggal 23 :) Cek disini yah buat detail :) Kalo mau tanya tanya tinggal mention di twitter aja. Sip!


Share:

17 komentar