Semester 7 [PART 8]: Konser Ekspresi Karya Gemilang

Mimpi semua fans pasti ketemu sama artis idolanya baik itu di tempat random secara nggak sengaja (sebut aja Mall, kamar mandi, lapangan bola, tempat makan, stasiun atau bandara) ataupun di tempat konser. Ya kalo misalnya artis idola kita itu adalah penyanyi pastilah kita bakalan pengen banget nonton konsernya atau paling nggak ngeliat dia langsung perform di atas panggung. Sama banget, gue juga gitu. Dari jaman ngefans sama siapa sih Maissy Pramaisshela (gue sampe googling namanya karena takut salah trus nemu akun twitternya trus gue heboh padahal gak tahu apa itu bener dia atau bukan), trus Sherina Munaf, trus siapa sih lagi idola gue pas jaman kecil banyak banget dan banyakan adalah artis Bollywood. Nah yang jelas dari jaman dulu pastinya pengen banget ketemu sama mereka-mereka yang namanya udah sering disebut sejak jaman dulu, lagunya udah seirng dihapal dan bahkan film-filmnya udah banyak ditonton ini. Namanya ngefans kan pastilah pada pengen.

Gue jadi inget dulu gue pernah kirim surat dong ke Maissy sama Sherina dan dua-duanya dibales gitu. Well, yeah, balesannya bukan surat tulisan tangan seperti halnya yang gue kirim ke mereka, tapi semacem surat buat semua orang yang sekali print bisa seratus lembar gitu. HAHAHAHA tapi ya waktu jaman SD itu udah heboh banget kan. Gue baru kenal sama teknologi bernama printer dan komputer itu pas kelas 4 apa 5 SD gitu dan gue dapet balesan surat dari Maissy dan Sherina itu kelas dua SD jadi ya mana gue tahu kalo itu ternyata surat untuk semua orang. Anak kecil antara bego sama polos itu emang beda-beda tipis. Gue jadi inget juga dulu surat ketiga gue buat Sherina gue salah posisi tulis alamat. Kan biasanya orang kalo nulis surat trus diamplop, alamat tujuan dibagian depan kan? Nah gue tulis alamat Sherina-nya justru dibelakang. Alhasil, itu surat balik lagi ke gue. BAHAHAHAHAHA bego.

Oke balik lagi ke topik, pertemuan antara fans dan idol-nya itu adalah satu hal yang bisa jadi mengharukan, bisa jadi membahagiakan, tapi juga bisa jadi lebay. Gue mungkin tipe yang kedua dan ketiga. Gue pernah nonton beberapa liputan konser apa gitu di TV trus orang-orang yang di wawancara bilang, "Aduh sumpah aku terharu banget pas liat mereka di panggung. Aku pasti deh nangis padahal udah beberapa kali nonton konser mereka!" Nah gue boro-boro nangis. Yang ada justru ngalay. Dan sejujurnya, itulah yang terjadi pas kemaren gue nonton Siti Nurhaliza dan Rossa di MEIS hari Senin (121211).

Jadi awalnya gini, Gilang, salah seorang temen gue di UI juga (aduh lo harus banget kenal dia soalnya orangnya keren gitu. Tanggal lahirnya aja sama kayak Siwon) (trus) menawarkan gue buat nonton konser ini, awalnya sih gue nggak tertarik buat nonton konser kalo bayar. Tapi... "Gratis loh Ron!" YA ALLAH LANGSUNG SEMANGAT. Dan setelah dia bilang list artisnya siapa aja gue langsung "YA ALLAH IYA GUE MAU!" apa sih yang nggak buat sesuatu yang gratis?! :3 Apalagi ada Siti Nurhaliza dan Rossa! OH YEAH BABY~~~ Gue ngefans banget sama dua penyanyi ini dari jaman dulu, dari jaman SMA. Dari jaman SD bahkan. Dan inilah pertama kalinya gue bisa ngeliat performance mereka langsung di sebuah konser gitu kan. Kasian banget gue kalah sama orang-orang yang sering nonton Inbox atau Dahsyat langsung OTL.

Konser kemarin itu dikasi judul "Konser Ekspresi Karya Gemilang", yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan pengolah kelapa sawit dari Malaysia gitu. Kata temennya Gilang sih sebenarnya konser ini sebagai ungkapan terima kasih perusahaan ini ke Indonesia karena sudah mau dikeruk sumber dayanya. Gue ketawa aja. Selama konser soalnya MC malem itu (Daniel Mananta & Ersamayori) membangga-banggakan perusahaan tersebut dengan memberitahu ke penonton seberapa banyak penghasilan mereka, seberapa banyak uang yang mereka habiskan untuk membangun tempat tinggal buat pekerja-pekerja mereka (yang adalah orang Indonesia) dll dll. Ya gue ketawa aja. Gue nggak ngurusin bagian itu, bagian gue cuma satu kok: FANBOYING. Enough.

Jadilah hari itu Senin, menerjang badai di Depok yang tiba-tiba menggila menjelang jam 2 siang hari itu, gue, Gilang, Nadya dan Deasy bersama dengan dua temen Gilang yang lain (yang salah satunya adalah junior gue di Komunikasi 2012) Nadia dan Sasa berangkat bareng ke MEIS. Seperti biasanya, kami ke Stasiun Kota dulu bayar tiket kereta 8000 rupiah kemudian lanjut naik angkot 15A kalo gak salah inget trus bayar 3000 (padahal Deasy bayar 2500! BETE DEH--HAHAHAH) Kami sampai di depan pintu masuk Ancol dengan selamat, semangat, dan foto-foto.
*
*
Gue pernah ke MEIS pas SUPER SHOW 4 INA trus pas kemaren ke MEIS lagi tuh rasanya kayak mengungkit luka lama gitu. Hagz hagz. Bersyukur deh soalnya tiket nonton konser ini sudah termasuk tiket masuk Ancol (means kita masuk Ancol-pun gratis) jadi nggak perlu ada biaya tambahan lagi hahahaha dan bus Wara Wiri di Ancol pun gratis jadi yah hidup memang nikmat kalo gratisan.

Nggak tahu kenapa hari itu Ancol rame banget sama orang-orang karyawisata padahal hari Senin (gak ada hubungannya juga sih orang mau wisata suka suka orang kapan aja) dan pas naik Wara Wiri pertama kita bareng sama ibu-ibu pengajian dari Bogor apa mana gitu ya trus sama anak-anak TK juga gitu. Buset dah heboh bener. Pas naik bus kedua, wihhh, baru deh kita gabung sama para fans ARMADA dan UNGU.

WHAT ARMADA?! Hahahaha gue inget pas pertama kali Gilang bilang kalo di konser ini ada Armada gue udah yang kayak, "Ah elah ngapa sih harus ada Armada juga. Ungu aja sih oke." Ah ternyata gue salah ngomong kayak gini. Nanti gue ceritain ini belom waktunya sampe situ.

Yah, namanya fans kalo nonton konser kan pasti bakalan heboh dengan atribut dong ya~ Dan begitulah waktu ketemu sama fans-fans Armada (fandomnya namanya PASUKAN, jadi PASUKAN ARMADA) mereka udah heboh banget tampilannya. Heboh sama atribut mereka. Ada yang pake t-shirt PASUKAN ARMADA gitu trus ada lambang Garuda kayak di Pancasila-nya, trus ada yang bawa banner gede banget juga. Kalo fans Ungu mereka pada pake baju Ungu gitu. Sementara kami....................... 

Kami merasa terasing, sahabat-sahabat sekalian. Terasing diantara pada fans heboh yang mau nonton konser artis favorit mereka. Kami semua nggak membawa atribut apapun karena jelas masing-masing dari ami bukanlah fans fanatik dari artis pendukung konser hari itu. Iya gue emang ngefans Rossa sama Siti Nurhaliza, tapi ngefans gue ke mereka nggak seperti ngefans gue sama K-Pop ini gitu loh. Jadi yaudah try to enjoy the show without any fanboard gitu. Ya walaupun sebenarnya kita prepare sih buku gambar buat ditulisin nama-nama mereka cuma ya apa daya lah, kita di tribun dan nggak keliatan juga sama mereka. But anyway, sebenarnya gue nggak se-tidak prepare itu kok, kemaren gue bawa lightstick juga kok. Bawa lightstick EXO sama lighstick SMTOWN. HAGZ HAGZ as always, salah masuk konser.
*
*
Jadi begitulah, siapa lagi yang nonton Armada tapi yang diangkat adalah lightstick SMTOWN? Apalah artinya hidup tanpa sedikit sensasi kan. Berkaca dari Dewi Persik aja sih gue. Hahahahaha.... Bisa dipastikan kalau konser ini pasti akan jadi menarik.

Oke, tadi kita udah ketemu sama fans-fans Armada (yang ternyata--dengan iri gue mengatakan ini--mereka semua berdiri di festival) dan selanjutnya adalah ketemu security. Gue heran aja nih ya, konser kayak gini juga NO CAMERA?! Ya Allah... gue nggak ngerti deh. Padahal nih secara teori Kak Suho, semakin banyak kamera yang masuk ke konser itu artinya semakin banyak publikasi. Ya paling nggak perusahaan ini akan lebih dikenal memasyarakat gitu karena udah bikin konser yang membolehkan kamera masuk. Gitu gak sih? Gatau menurut lo aja kali Ron. Nah pokoknya gitu deh. Gue bete aja kenapa harus gak boleh kamera. Padahal kan gue mau foto Siti sama Rossa. Kalo nggak boleh makanan sih gue wajar aja. Dan gue ya suka bete deh sama konser yang tidak memperbolehkan kami membawa minum ke dalam venue (apalagi kalo security trus minum minum dengan santai di depan kami yang udah dahaga teriak-teriak. Gak manusiawi serius deh).

Karena kami tahu nggak boleh bawa makanan sementara gue sama Gilang bawa nasi bungkus 4500an yang kami beli di warteg deket kosan gue yang rencananya akan kami makan di dalem sambil nonton Armada, harus kami makan sebelum masuk MEIS. Gue udah sarapan ketoprak paginya trus kayak masih kenyang gitu loh padahal udah jam 5. Tapi ya gue harus makan nasi bungkus ini karena kalo nggak dimakan kan mubazir. Trus semua orang pada langsung makan bekal mereka masing-masing. Air minum gue selipin di bagian pinggir tas dan kamera gue masukin ke bawah dan ditutupin pake jaket sendal jepit sejadah dan lighstick. Jadi nggak keliatan. 

Satpam menyita makanan kami (yang pada akhirnya mungkin entah dimakan juga kali sama mereka soalnya pas kita iseng nge-klaim makanan yang DISITA itu ternyata udah nggak ada, BAH!) dan tidak menyita yang lain, akhirnya kami lolos security check dan tinggal mengantri di dalam.

Oh yeah, di dalam semakin heboh saja sodara-sodara. Ya ini konser kan emang gratis ya, jadi pasti banyak yang nyempetin diri buat nonton. Tapi hello~~~~~~ segratis-gratisnya acara juga ya lo harus pake manner kan. Tetep aja masih aja ada yang nyelak-nyelak barisan. Kami sebenarnya dateng cukup awal karena barisan kami cukup depan dan kami sebenarnya nggak terlalu bermasalah dengan apakah kami akan duduk di depan atau dibelakang. Ya ini gratis gitu, whatever will be will be lah. Beda hal dengan tiket 1,4 juta trus berdiri belakang. Mati aja lo sama dosa dosa lo. Jadi ya gitu deh, masalah klasik orang Indonesia. Nyelak sana nyelak sini. Malu kali lo ya Allah. Ini acara yang bikin Malaysia, trus ya lo berebut masuk, nyerobot antrian di depan hidung mereka. Elah. Harga diri dimana (aja boleh) (bacanya harus nyambung). Karena banyak yang nyelak-nyelak antrian, yang belakang pada teriak-teriak lah. "OY YANG BAJU PUTIH OY ANTRI OY!" semacem gitu dan gue cuma ikut-ikutan dengan bahagia. "ADOOOH ANTRI DONG WOY SEMUT AJA ANTRI OH IYA LO BUKAN SEMUT YA YAUDAH GAK USAH ANTRI GAPAPA!"

Tiket kami tribun. Dan gue baru merasakan duduk di tribun MEIS. Alhamdulillah waktu itu pas Super Show bisa festival karena ternyata tribun di MEIS sejauh itu. Di tiket sendiri konser tulisannya jam 5 sore tapi Subhanallah yah Indonesia - Malaysia ini emang sahabat sejati banget. Ngaret aja sampe tiga jam. Makasi :") Acara baru mulai 8:20 malem dan kebayang gak tuh selesainya jam berapa? HAHAHAHA
*
View from Tribune B MEIS. Tribun ini ada depan panggung persis.
Kami sendiri berencana, kalo Siti Nurhaliza sama Rossa udah tampil kami akan segera pulang. Dan tebak siapa yang tampil terakhir? -___-" Penampilan pertama malam itu adalah Shila Amzah. Kalo lo gak tau dia siapa, tenang aja men, gue juga nggak tahu. Tapi menurut penjelasan dari Daniel Mananta, dia itu jebolan pencarian bakat gitu. Suaranya lumayan oke siih. Trus abis itu muncul-ah ARMADA. Wah hebohlah dunia ini. Ini pertama kalinya kan gue nonton Armada yak dan gue bahkan nggak tahu siapa itu nama vokalisnya. Tapi lagu-lagunya beberapa ada yang gue tahu dan kemudian kami semua fanchant dan gue kibas-kibas itu lightstick SMTOWN dengan bahagia. Aduh ternyata Armada itu keren loh ;_____; Abis Armada kalo nggak salah yang tampil berikutnya UNGU. Beberapa lagu yang dinyanyiin malem itu gue juga ada tahu tapi beberapa lagi nggak. Cuma tetep aja fanboying jalan. Gue suka dengerin UNGU walaupun nggak ngefans juga sama band ini. Yang gue inget dari perform mereka malem itu adalah gue teriak, "YA ALLAH PASHA GUE TOBAT LANGSUNG NIH PASHA!" waktu dia nyanyi Kupinang Engkau Dengan Bismillah feat Shila Amzah (ROSSA BELOMMMM MUNCUL~~~)

Next performance adalah Amy Search. Ya Ampun OTL ini keren banget serius waktu dia tampil ya semua langsung bergemuruh heboh tapi jujur aja dan maaf maaf kata gue nggak ngerti pas dia nyanyi solo, dia nyanyi lagu apa, dia ngomong apa. Yang gue denger waktu itu pas dia nyanyi ada lirik kayak, "DIINJEK SULEEEE~~~" kayak gitu. Trus karena gue sama Deasy dengernya kayak gitu, ya kita fanchant juga "DIINJEK SULEEEE~~~~" Tapi waktu performance dia sama Inka Christie nyanyi lagu "Cinta Kita" itu feelnya berasa banget kembali ke masa lalu :) Tau kan lagu itu? Bulan madu diawan biru tiada yang mengganggu? Pasti tahu dong. Walaupun lo pasti akan merasa aneh. Emang ada wan warnanya biru?

Salah banget gue heboh diawal tapi K.O di belakang. Pas Rossa tampil, tenaga udah 60% dan teriaknya udah kayak anak sapi kelindes Shindong. Serak serak basah gimana gitu. Pertama kalinya liat Rossa perform live dan suaranya beneran bagussssssss banget. Rossa nyanyi beberapa lagu kayak misalnya Tegar, Ku Menunggu sama apa lagi ya gue agak-agak lupa. Tapi malem itu emang berasa banget sih main performer-nya itu dia sama Situ Nurhaliza. Wuihhhh~~~~ Lebih heboh lagi pas Siti Nurhaliza tampil !! KYAA KYAAA~~~
*
*
Gue nggak tahu lagu pertama yang dinyanyiin Situ Nurhaliza itu judulnya apa (fans gagal) tapi yang jelas dia remix lagu itu dengan Gangnam Style dan Siti dance Gangnam Style hari itu ;__; aduh lo bayangin dia pake dress panjang ketat gitu dance Gangnam Style apa nggak heboh gue ngeliatnya? HAHAHAHA
*
*
Seru banget dan dia prepare banget pokoknya. Nggak cuma Gangnam Style, Siti Nurhaliza juga nyanyiin lagu Bukan Cinta Biasa yang di remix dan lagunya di mashed-up sama Nobody-nya Wonder Girls yang versi bahasa Inggris. Gue langsung loncat heboh sampe injek kaki Nadya yang sudah lemah tak berdaya kedinginan di sebelah gue HAHAHA Ya lo bayangin gimana rasanya lo suka Siti trus lo juga suka K-Pop trus ya gitu deh perasaannya tidak bisa dijelaskan sama seperti ketika Glee perform Gangnam Style in Korean juga. Seru banget serius sampe mau nangis saking capeknya Fanboying.
*
Gilang lagi fanboying pas Amy Search tampil. Itu yang dibawa Lightstick EXO dari EXONESIA. HAHAHAHAH
*
Dan ya.... Walaupun kita di tribun, dan kita sama sekali nggak dianggep sama mereka yang perform di panggung itu karena mereka mungkin nggak liat kita dan cuma liat yang di festival doang (karena nggak pernah disapa sama sekali sialan) tapi kita tetep heboh. Ya lo nggak akan bisa nggak heboh kalo nonton sama gue, serius deh. Setiap apa yang perform, gue sama sekali nggak tahu sekalipun, gue tetep heboh. Bahkan hari itu seperti biasanya, semua mata tertuju pada enam orang yang gila di tengah-tengah tribun B. Bahkan ibu-ibu yang duduk di depan gue sampe ngakak berkali-kali setiap kali gue teriak, "KAK ROOOSSS!!!" "ROSSA MICNYA BAGUSSSS!!!!" pas Rossa perform atau ketika gue teriak "AMY I WILL SEARCH YOU ON GOOGLE!" pas Amy Search tampil. Puncaknya adalah mereka merekam kita yang lagi heboh fanchant dan anak kecil yang kayaknya anak ibu-ibu itu juga nggak jadi nonton Amy Search tapi malah nontonin gue yang lagi heboh sendiri. HAHAHAHA Adoh... Walaupun malu-maluin tapi tetep bahagia. I mean, nonton konser adalah salah satu cara buat refreshing kan? Ya ini cara gue juga.

Konser selesai dengan penampilan Siti dan Rossa yang secara spontan memberikan Encore dengan menyanyikan lagu Widuri. Waktu itu udah jam 12 malem lebih dan sekarang pertanyaan besarnya, "BAGAIMANA KAMI AKAN PULANG KE DEPOK?!" Semua pada khawatir karena pilihan kami cuma satu kan: TAKSI. Dan kebayang gak berapa ongkos taksi dari ANCOL ke Depok? T_T Akhirnya kami punya ide buat minta tebengan dari siapapun yang berbaik hati buat ngasi tebengan. Sejak keluar dari MEIS, Deasy udah teriak, "Yang mau ngasi nebeng, Depok dong, nebeng Depok nebeng Depok." Sampe depan tangga masuk. Karena cara ini nggak berhasil, kita keluar arena ABC dan berdiri di pinggir jalan. Gue nyalain itu lightsick EXO dan lambai-lambai di pinggir jalan sambil teriak, "NEBENG DONG PLEASE NEBENG!" ke setiap mobil yang lewat. Semoga ada yang berenti....

Semoga....

Ada yang berenti....

ADA YANG BERENTI. ADA LOH ADA! Terus heboh.

"Mau pulang kemana dek?" kata ibu-ibu dari dalem mobil item sambil buka jendela mobilnya. Sumpah langsung heboh gue. 

"Depok, bu." gue jawab sambil heboh juga.

"Ibu mau ke Pamulang sih, tapi mau ke Pondok Cabe dulu. Kalo ibu anter sampe mana gitu trus kalian lanjut sendiri gapapa?"

"ADUH IYA GAPAPA BANGET BU KELUAR ANCOL JUGA GAPAPA SERIUS DEH BU!"

"Yaudah yuk naik~~~"

Subhanallah gue nggak nyangka di tengah tengah kealayan kami malam itu ada ibu-ibu baik bernama Ati Ganda yang mau mengantarkan kami pulang sampai Pasar Minggu. Lumayan kan bisa menghemat uang ongkos. LUMAYAN BANGET! Dan ternyata ibu-ibu ini pemilik EO gitu OTL orang kaya baik hati dimana lagi mau menemukan ini.

"Soalnya ibu juga punya anak cewek yang juga suka pulang malem. Ibu ngerti aja rasanya..." katanya gitu. Padahal gue sama Gilang kan cowok. #LOH #TRUS

Akhirnya kami sampai Depok dengan selamat dan gue sampe Depok dengan masuk angin. Gue jujur aja nggak biasa naik mobil mewah serius deh. Gue kalo naik mobil bagus suka mual gitu. Kalo naik bus atau angkot justru nggak. Dan malem itu gue duduk di bangku belakang kan trus guncangan hebat gitu dan gue tambah mual. Pas pulang naik taksi, mas mas taksinya lupa nyalain AC dan gue buka jendela biar angin masuk biar adem. Eh gue malah masuk angin HAHAHAHAHAHA Abis heboh nonton konser, sampe kosan muntah muntah. Kampungan.
*
*
Ditengah-tengah segala macam kehebohan di semester 7 yang gonjang ganjing ini, masih ada terselip kebahagiaan yang nggak pernah diduga :) Seperti biasanya, Tuhan nggak pernah lupa sama hamba-hambaNya. Merekalah yang sering lupa sama Tuhan :) Alhamdulillah gue bahagia banget hari ini karena bisa liat idola gue yang lain, bisa kenal sama temen baru, bisa dapet pengalaman baru, bisa nulis postingan ini :) Remark dari semua pengalaman hari ini sih sebenarnya bahwa di dunia ini masih ada orang baik yang mau ngasi tebengan buat enam orang perantauan yang jauh dari orang tua :)
*
Next time, kalo ada gratisan, Kak Suho akan ada disitu.



Share:

5 komentar