Apalah Arti Menunggu (EXO)

*
Maret 2013 adalah bulan tergalau dalam hidup gue. Bukan karena bulan ini adalah 22 tahun kurang 2 bulan gue jomblo, bukan juga karena gue baru putus sama pacar yang sedang menempuh pendidikan S2 di Amerika. Tapi Maret 2013 ini menjadi bulan tergalau karena persis sebulan lagi, satu tahun EXO debut dan belum ada tanda-tanda comeback sampai sekarang. Sedih.

Sebenarnya gue mencoba untuk nggak memikirkan hal ini. Maksudnya, nggak yang terlalu merajuk pada Tuhan, ‘Ya Tuhan kapan EXO comeback? Kalau EXO nggak comeback, bagaimana bisa saya hidup Ya Tuhan... Please Tuhan, kembalikan EXO ke jalan yang benar Tuhan. Saya janji tidak akan nakal lagi...’ nggak sampai selebay itu. Gue berusaha yang kasual aja. Ya... kasual. Bisa bertahan satu atau dua hari tapi setelah itu, ketika pikiran sedang melayang dan melanglang buana ke dunia lain, balik lagi galau lagi.
*
Semua orang pengen EXO comeback, tentu saja karena rookie-rookie seangkatannya udah comeback duluan bahkan ada yang comeback single-nya lebih dari tiga. Inilah salah satu faktor yang membuat para fans EXO (yang teramat sangat kasian bahkan selain idola mereka nggak comeback, mereka belom punya nama fandom dan warna official fandom—kasian sekali kayak gembel teraniaya) meradang. Kenapa meradang? Karena kerap kali beberapa orang iseng membanding-bandingkan EXO dengan rival terkuatnya ini. Selalu disandingkan dan selalu dibandingkan. Padahal jelas-jelas dua grup ini punya genre yang berbeda dan aliran musik yang nggak sama. Dan bagaimana bisa lo membanding-bandingkan belatung dengan kelinci? Please.

Karena terlalu banyak tekanan dari fandom sebelah inilah akhirnya fandom EXO yang belum ada namanya ini jadi meraung-raung minta jatah. Kalau ibarat kata EXO itu Bang Toyib yang tiga kali puasa tiga kali lebaran nggak pulang-pulang, sementara fans EXO adalah istri Bang Toyib yang nyanyi-nyanyi tiga kali puasa tiga kali lebaran suaminya nggak pulang-pulang. Saking lamanya jablay, tidak dikasi jatah dan tidak dijamah EXO, banyak dari mereka yang beralih ke fandom sebelah. Mereka butuh asupan.

Gue pribadi adalah orang yang setia. Gue nggak pernah kepikiran untuk melirik grup lain selain yang sudah gue kenal dan ikuti perjalanannya sejak awal ini. Ada banyak faktor sih. Pertama, males menghapal nama dan wajah member grup baru. Kedua, males men-download segala sesuatu yang berkaitan dengan grup lain itu kalau-kalau gue tiba-tiba ngefans sama mereka. Hardisk External sekarang lumayan mahal dan punya gue nggak cukup persediaan space kosong di laptop untuk menampung lebih. Ketiga, karena Super Junior masih aktif. Gue juga nggak tahu kenapa alasan ketiga-nya Super Junior. Mungkin karena jauh di lubuk hati gue, gue masih ngefans sama mereka. #EA

Nah karena ketiga alasan itulah akhirnya gue memutuskan untuk stay aja ditempat. Diem. Meyakinkan diri sendiri bahwa EXO pasti akan comeback, walaupun entah kapan, walaupun tidak ada ketidakpastian. Gue selalu meyakinkan diri gue sendiri, ‘Ron, jangan kepancing sama kelinci. Jangan. Kamu bukan orang yang suka makan kelinci, cukup belatung aja.’ Bersyukurlah fans kelinci, gak satupun idola kalian gue nistakan. Dan gue selalu bicara dengan bayangan gue setiap kali gue bercermin, “Percayalah pada diri dengan harapan dan keyakinan WO WO WO Menuju puncak gemilang cahaya!”

Sejak EXO debut dan baru memperkenalkan satu member bernama Kai, gue seneng membuat prediksi-prediksi. Waktu itu gue sempat memprediksi juga nama-nama Member EXO dan yang hampir tepat cuma satu, Lai. Gue jadi inget Januari 2013 kemaren gue sempat bikin prediksi/ramalan comeback-nya EXO. Gue waktu itu pernah nulis di fanpage kaoskakibau begini:

Baru tadi pagi pas lagi mandi, gue tiba-tiba mikir 'Kapan sih EXO comeback?! Kesel.' Emang rasanya sih udah lama banget sejak debut dan sekarang coba itung udah hampir setahun (tepatnya sih sekarang udah 9 bulan). Lama juga ya nunggunya.... Sempat ada gosip yang beredar sejalan dengan beredarnya jadwal tidak resmi tentang comeback artis-artis SM dan 'katanya' Februari 2013 ini EXO comeback.

Kemudian mikir lagi.... Kira-kira tanggal berapa ya?

Coba inget-inget. EXO debut resmi di Inkigayo tanggal 8 April 2012 (8/4/12).

8-4-12. Trus gue iseng menjumlahkan tanggal dan bulan hasilnya lucu: (8+4) = 12-12

Apakah ini sebuah kebetulan? YA KAYAKNYA. Trus mengikuti pola yang sama. Kita bisa mengira-ngira kapan EXO akan comeback nih. Ide gue, sekarang kan 2013, jadi kemungkinan tanggal comeback adalah kombinasi angka tanggal dan bulan berjumlah 13. Jadi:

Februari (bulan 2) tanggal 11 = 13
Maret (bulan 3) tanggal 10 = 13
PARAH PARAHNYA April (bulan 4) tanggal 9 = 13

Jadi prediksi comeback gue:

11/2/13 ATAU 10/3/13 ATAU 9/4/13

HMMM Soalnya 11+2 = 13, 10+3=13, 9+4=13.

Jadi balik ke kombinasi 12-12 di awal, kali ini jadi 13-13.

(Seharusnya di bagian setelah PARAH PARAHNYA APRIL itu ditambahkan PARAH PARAHNYA GRUP INI BUBAR JALAN)
Februari udah lewat dan Februari bukan EXO yang comeback tapi SHINee. Kemudian Maret datang dan tanggal 10 pun berlalu dengan bijaksana sementara EXO nggak ada kabar comeback sama sekali. Yang ada mereka wara-wiri gedung SM pamer rambut baru, atau paling nggak kewajiban sponsor buat pamer pakaian sponsor. Dan ketika April akan datang, muncul lagi rumor lain bahwa EXO akan comeback tanggal 31 Maret 2013. Countdown untuk comeback ini ada di sebuah situs yang cukup terpercaya di Korea (gue sih percayanya sama Tuhan bukan sama situs internet, sorry). Walaupun gue nggak percaya sepenuhnya, banyak dari fans EXO yang jadi bersemangat mendengar kabar ini. Pada saat yang sama banyak juga yang tambah galau. Beberapa yang lain (kayak gue misalnya--#EA) mungkin yang udah mati rasa dan biasa aja gitu. Lo mau comeback atau nggak itu urusan lo sama temen-temen lo dan keluarga besar lo. Nggak ada urusannya sama gue. (Tapi tetep aja kalo ada apa-apa, pasti ngetweet, ‘KAMPRET LO KAPAN COMEBACK SIH!?’ EXO membuat tingkat kelabilan gue naik turun.)

Prediksi lain gue selain tanggal-tanggal yang tertera di atas adalah perhitungan berdasarkan kalender bulan/kalender hijriyah. Gue inget, pas kapan EXO ada performance di mana gitu bertepatan dengan bulan purnama gitu (dan info bulan purnama-nya katanya dari NASA. Karena gue masih polos unyu banget waktu itu gue percaya aja terus heboh di twitter memuja-muja Lee Sooman, padahal siapa yang tahu itu kebetulan atau nggak kan? Siapa yang tahu Lee Sooman cuma itung kancing nentuin tanggal). Nah karena kesannya kok kayak, ‘keren banget sih konseptor EXO bisa pas gini sama bulan purnama!’ trus karena mereka juga punya lagu ‘Two Moons’ dan konsep dari EXO sendiri adalah 6 orang yang berasal dari dunia A dan 6 orang yang berasal dari dunia B (tapi dua-duanya ada di planet yang sama yaitu planet EXO) yang ternyata berhubungan dan masing-masing punya bulan dan matahari, gue jadi mikir, pasti semuanya akan sangat berhubungan dengan tanggal-tanggal di kalender bulan (Korea juga merayakan Lunar New Year, right?).

Oleh karena itu, muncul lagi prediksi bahwa comeback EXO berikutnya pastilah di suatu malam, bulan purnama. Akan sangat menyenangkan lagi kalau pas malam bulan purnama itu malem Jumat Kliwon dan pas banget hari Kamis (malem Jumat) adalah harinya Mnet Countdown yang pas banget buat comeback.

Kembali ke prediksi 31 Maret 2013 tadi, gue jadi penasaran. Tanggal ini siapa tahu aja kalo di konversi ke kalender jadi menarik gitu. Gue sih ngarepnya ngepas sama bulan purnama. Eh tapi ternyata nggak, berdasarkan situs konversi yang gue temukan di Google, 31 Maret 2013 jatuh pada 19 Jumadil Awal 1434. Means, purnama yang biasanya jatuh tanggal 14/15 kalender bulan sudah lewat 5/4 hari. Purnamanya udah basi.

Gue nggak mau kecewa, gue coba lagi ngecek di kalender konversi itu dan gue memasukkan tanggal debut EXO yaitu 8 April 2012 dan keluarlah tanggal 16 Jumadil Awal 1433. Wah, berarti ini adalah bulan yang sama dong dengan debut-nya EXO tahun lalu menurut penanggalan kalender bulan? Sama-sama Jumadil Awal. Artinya bakalan ada kabar bagus dong?! IYA GAK SIH.

Gue mikir gitu....

Kalau tanggal 31 Maret 2013 aja udah tanggal 19 Jumadil Awal 1434, berarti mundur 3 hari tepatnya 16 Jumadil Awal 1434 adalah persis satu tahun EXO debut menurut penanggalan kalender bulan. NAH LOH NYAMBUNG NIH. Di MV MAMA kan ada tuh kayak semacem penggambaran tata surya (bulan, matahari, bintang, planet), lagu mereka ada yang judulnya Two Moons, bahkan leaked song mereka aja judulnya Wolf yang mana serigala biasanya digambarkan dramatis selalu keliaran ketika bulan purnama, belum lagi leaked song kedua yang judulnya 365 yang jelas-jelas adalah jumlah hari dalam setahun (bukan kalender bulan sih kalender matahari, tapi tetep matahari dan bulan kan bagian dari tata surya) yang kurang lebih menggambarkan jumlah hari penantian para fans gitu dalam setahun. Masuk akal banget kan kalo misalnya EXO akan comeback tanggal 16 Jumadil Awal 1434 atau 28 Maret 2013? Soalnya, 28 Maret 2013 itu jatuhnya hari Kamis trus hari Kamis itu ada Mnet Countdown.....

Ya.

Begitulah. Gue merasa seperti ahli nujum. Bentar lagi gue alih profesi jadi asisten Ki Joko Bodo. Walaupun beliau bukan ahli nujum. Bahkan sebelumnya gue nggak pernah memprediksi kapan puasa kapan lebaran, tapi sekarang..... hanya karena 12 alien nista ini gue mulai ngebaca-baca kalender bulan. Pusing banget. Jempol gue. Kalau Lee Sooman baca ini tulisan gue, dia mungkin sedang ketawa guling-guling sekarang. Bahkan saking gelinya mungkin dia loncat dari puncak gedung SM.

Susah memang memprediksi comeback EXO ini. Satu, karena gue memang bukan Ki Joko Bodo, Ki Kusumo, Ki Kiamalia atau Ki Mkibum. Dua, karena kita nggak bisa nebak maunya Lee Sooman apa. Banyak rumor yang beredar di luaran, banyak orang dalem yang ngebocorin hint dan sebagainya, tapi kalo Lee Sooman sudah berkehendak, maka kacaulah semua urusan. Lee Sooman ini semacem ketua illuminati banget pengambil keputusan gitu. Buset.

Memprediksi EXO comeback tidaklah semudah melihat kapan puasa dan kapan lebaran. Kalau ada yang menggunakan perhitungan hisab dan yang lain menggunakan cara hilal, comeback EXO nggak bisa diprediksi dengan dua cara itu. Coba aja liat perhitungan hisab yang gue bikin, nggak ada yang lolos dan berhasil. Nomornya nggak ada yang keluar. Gagal menang togel. (Tapi yang terakhir sih gatau ya yang 28 Maret). Kalaupun mau dilihat dari munculnya Hilal di ufuk langit, agak susah juga. Men, EXO itu hidup di dunia yang bulannya ada 2. Jadi lo juga kalo mau prediksi comeback-nya harus nyari dua hilal ini. Ribet kan? Makanya nggak ada yang mau pake cara hilal. EXO Planet dimana aja nggak ada yang tau. Grup ini emang absurd.

Tapi gue suka.

Yang jelas, EXO akan comeback, kapan? Nggak tau. Bisa jadi tanggal-tanggal yang gue tulis diatas tembus. Bisa jadi juga nggak. Kalau kata Rangga di pusinya pas Ending AADC: ‘Aku akan kembali pada satu purnama, untuk mempertanyakan kembali cintanya...’ jadi kita tunggu saja EXO mengaum di bulan purnama berikutnya. Bersama Rangga.

~

Anyway, ngomong-ngomong soal Kalender Bulan, Korea Selatan kan masih tuh menggunakan kalender bulan. Nah ini gue mau kasi tau tanggal lahir anak-anak EXO menurut kalender bulan, dan nama mereka kalau-kalau nanti mereka debut di Jazirah Arab atau mereka nanti gabung sama Nasida Ria, grup Qasidah.

  • Suho--Kim Joonmyun, 22 Mei 1991/8 Zulqaidah 1411 (Rabu Kliwon) | Zulfikri |
  • Baekhyun--Byun Baekhyun, 6 Mei 1992/4 Zulqaidah 1412 (Rabu Kliwon) | Zulfikar | Pantesan Baekhyun sama Suho tuh serasi banget soalnya sama-sama lahir Rabu Kliwon. Zulfikar ini juga judul lagunya Rhoma Irama. Liriknya tuh kayak, ‘Zulfikar~ aya ya ya ya~ Zulfikar yaaaa yaaa yaaaaaaa’ gitu terus sampe kiamat.
  • Chanyeol--Park Chanyeol, 27 November 1992/1 Jumadil Akhir 1412 (Jumat Kliwon) | Jubair | Chanyeol lahir Jumat Kliwon, makanya giginya besar-besar. Kayak genderuwo. Apa Wewe Gombel ya? Aduh gak gaul sama setan. Gak nyambung, biarin aja.
  • D.O--Do Kyungsoo, 12 Januari 1993/18 Rajab 1413 (Selasa Legi) | Rafiq |
  • Kai--Kim Jongin, 14 Januari 1994/1 Sya’ban 1414 (Jumat Pon) | Syarif | Nama ini kesannya alim ulama gitu ya. Padahal.... kelakuan....
  • Sehun--Oh Sehun, 12 April 1994/1 Zulqaidah 1414 (Selasa Legi) | Zulian |
  • Xiumin--Kim Minseok, 26 Maret 1990/28 Sya'ban 1410 (Senin Pon) | Syakir |
  • Luhan--Xi Luhan, 20 April 1990/24 Ramadhan 1410 (Jumat Pon) | Ramdhani |
  • Kris--Wu Yifan, 6 November 1990/17 Rabiul Akhir 1410 (Selasa Pon) | Rabbani |
  • Lay--Zhang Yixing, 7 Oktober 1991/28 Rabiul Awal 1412 (Senin Pon) | Rafaat |
  • Chen--Kim Jongdae, 21 September 1992/23 Rabiul Awal 1413 (Senin Pon) | Raffa |
  • Tao--Huang Zitao, 2 Mei 1993/10 Zulqaidah 1413 (Minggu Legi) | Zulkifli | Panggil saja Kipli. Kalo lagi mabok, ganti nama jadi Koplo.



    PS: Hari-hari di tanggal kalender bulan diatas bisa -1 atau +1 dari yang tertulis.

Share:

62 komentar