C-Clown: 'Shaking Heart' MV Review Saya!

여러분~ 오랜만이다 요즘 뭐해?  갑자기 여러분들 너무 보고 싶네~! :3

Apa kabar semuanya? Semoga semua dalam keadaan baik-baik saja dan selalu dalam lindungan Tuhan YME. Amin Amin Amin. Udah hampir seminggu sejak dirilis (UDAH LEBIH YA SEKARANG ADUH INI DRAFT UDAH BERAPA MINGGU MENGENDAP), baru sekarang nih gue bisa nulis review C-Clown dengan mini album terbaru mereka 'Shaking Heart'! YAY! YAY! YAY!
*
*

Sejak diberitakan akan comeback, wah gue ngerasa seneng banget karena dari awal debut udah ngikutin C-Clown dan sekarang mereka udah comeback lagi aja (padahal kalo nggak salah Far Away Young Love juga baru kemaren kemaren kan comeback-nya) tapi tetap excited! Teaser foto yang keluar-pun sebenarnya udah bikin penasaran karena yang pertama kali gue lihat adalah teaser yang mereka pake baju kaos oblong tipis trus agak-agak basah kayak gembel kena ujan asam gitu. Wah kesannya kok kayak geng Jacob Black. Ini jangan-jangan selama ini yang mau rilis lagu Wolf itu sebenarnya bukan EXO tapi C-Clown. Gitu kan gue mikirnya. Trus ngayal-ngayal juga bakalan kayak gimana lagu baru mereka. Yang jelas sih kalau gue sendiri yakin lagu-lagu C-Clown akan bagus-bagus. Soalnya dua mini album udah terbukti semua lagunya bagus-bagus. Belakangan ini gue lagi seneng dengerin lagi lagu-lagu di Album SOLO dan FAR AWAY. Nggak satupun gagal membuat telinga ini bergoyang-goyang.

Pertama tahu C-Clown bakalan comeback sih dari twitpic akun official mereka di twitter. Mereka ngupload gambar ini:
*
*
Awalnya gue mikir kalau judul lagu yang ada di gambar itu adalah judul lagu baru yang akan jadi title track di comeback C-Clown kali ini. Tapi nggak berapa lama setelah itu gambar keluar, sebuah MV C-Clown nyanyi featuring senior mereka di Yedang--ALi--keluar dan lagunya ternyata lagu itu. Oooooh.... kemudian gue mikir apakah kemaren gue salah tanggap ya? Sebenarnya C-Clown nggak comeback tapi cuma proyek sampingan aja. Eh tapi ternyata dikonfirmasi ulang kalo C-Clown bakalan comeback tanggal 18 April di Mnet! Countdown. Well well well.... Bisa liat Kangjun dan Ray dan Rome dan Siwoo dan TK dan Maru lagi dan barulah teaser video mereka dirilis.

Perasaan gue pas pertama kali nonton video teaser 'Shaking Heart' persis sama ketika gue nonton teaser 'Far Away' karena treatment Yedang ke dua teaser ini hampir sama. Masih inget kan teaser 'Far Away' yang ada cuplikan potongan MV terus di akhir teaser ada suara Kangjun nyanyi part reff dari lagunya? Nah di teaser 'Shaking Heart' kemaren juga persis sama kayak gitu. Di depan dipasang instrumental lagunya trus di ending ada suara Kangjun-nya. Feelnya persis sama. Penasarannya juga persis sama. Tapi yang membuat teaser kali ini lebih oke adalah suara Hyeri (Girls Day) yang liriknya gue tulis di bagian atas postingan ini (dengan mengganti kata ROME menjadi YEOREOBUN ... ㅋㅋㅋ) Entah kenapa ya menarik gitu loh. Padahal cuma teaser doang.

Nah tapi walaupun teasernya udah bisa bikin penasaran, waktu ngeliat MV-nya jujur aja gue agak kecewa. Awalnya gue pikir ini MV bakalan drama version gitu tapi ternyata nggak. Iya sih, sebenarnya kalau misalnya Yedang mau merilis MV drama pasti udah diberitain sejak awal kayak pas Far Away waktu itu. Tapi kali ini nggak ada berita apa-apa jadi mungkin MV-nya jadi ya kayak gitu-gitu aja. Dibandingkan dengan SOLO dan FAR AWAY, MV ini berada di urutan ketiga. SOLO lebih bagus menurut gue. Ya mungkin karena memang itu kan MV debut jadi diusahakan bisa bagus sih. Nah yang juara tetep Far Away karena ada effort gitu loh buat ngasi tontonan ke fans nggak cuma sekedar video cut to cut dance ataupun cut to cut close up. Ini gue lagi nyindir SM jujur aja sih.

Meskipun MV-nya nggak sebagus SOLO dan FAR AWAY, gue suka sama tone warna yang digunakan di MV ini. Terlihat hangat banget. Kalo SOLO kan lebih ke dark-underground-kolong jembatan dan Far Away lebih ke dark-melankolis-mewek nah kalo SHAKING HEART kali ini warnanya enak diliat. Gimana ya penggambarannya hangat-manis-lembut tapi dewasa gitu. Oke mungkin kali ini memang pewarnaannya lebih diperhatikan gitu ya karena kayaknya di dua MV sebelumnya Maru seperti terkesan di diskriminasi karena tone warna kulitnya nggak seperti yang lain. Oke agak rasis tapi bisa jadi bener karena di MV ini, mereka semua keliatan satu warna. (Tidak bermaksud memperpanjang masalah perbedaan warna kulit ya tapi itu poster yang mereka gaya gembel juga terlihat apik dengan tone warna kecokelatan seperti itu. KEREN! Walaupun Kangjun-nya lagi berekspresi entah antara nafsu atau menghina. Mukanya datar sama aja)

Untuk tracklist di album ini memang lebih baik dari album sebelumnya. Lebih baik dari segi jumlah lagu. Di album SOLO dan FAR AWAY YOUNG LOVE, mereka ada 3 lagu full track, di SOLO ada 1 prologue song sementara di FAR AWAY ada versi akustik dari Far Away (nggak ada prologue song). Sisanya adalah instrumental version dari lagu-lagu yang ada di album itu. Nah di album kali ini, ada 4 lagu full yang semuanya berbeda dan 1 prologue song (Intro). Sayang sekali. SAYANG SEKALI KENAPA KETIKA GUE MERASA INSTRUMENTAL SHAKING HEART BAGUS TAPI YEDANG NGGAK MASUKIN VERSI INSTRUMENTALNYA KE ALBUM!!!! Kesel banget. Kemaren gue coba cari di YouTube trus nemu sih, tapi, jadinya malah kayak dangdut karena itu fanmade.

Track pertama di album ini adalah HELL YEAH!! (INTRO) yang berdurasi 1 menit 42 detik. Sebagian besar dari track ini adalah rap yang dilakukan oleh T.K dan ROME. Keseluruhan lirik di track ini lebih kepada penjelasan tentang C-Clown bahwa mereka sudah kembali, bahwa mereka berbeda dari yang lain, bahwa di album ini mereka akan memberikan sesuatu yang bener-bener style mereka banget. Secara singkat sih di track ini mereka pengen memberitahukan eksistensi mereka di dunia per-K-POP-an. Track ini adalah sarana sombong-sombongannya C-Clown.

Ada liriknya Rome di track pertama yang dimasukin ke dalem MV yaitu bagian 'Let me show you the C-CLOWN swag' sebelum akhirnya masuk ke lagu Shaking Heart. Kalau misalnya kalian dengerin satu album full perpindahan track Intro ke track Shaking Heart pasti nggak berasa karena terkesan nyatu lagunya. Menurut gue pantes sih itu potongan lirik dimasukin ke MV yang dijadikan title track, karena balik lagi ke konsep awal C-Clown yang emang beda sama grup rookie lain yang banyakan maen di dubstep, C-Clown lebih menjunjung originalitas dan nggak mau ngikutin trend yang berkembang diluaran (apa katanya album ini style nya Amerika 70-an? Gue belum lahir). Di album ini dan lewat MV ini, mereka menunjukkan SWAG-nya mereka. Memang, agak susah di awal gue rasa makanya pas awal-awal mereka sepi banget emang. Tapi makin kesini orang makin sadar sama musik mereka dan pada akhirnya jatuh cinta. Ya persis itu kayak lirik di track Intro kayak gitu.

Kita skip track kedua (Shaking Heart) karena kita akan bahas ini bersamaan dengan MV-nya.

Nah track ketiga di album ini berjudul GO AWAY (멀리 멀리). Lagu ini bercerita tentang cowok yang minta putus dari ceweknya karena merasa sudah tidak cocok lagi. Sudah tidak sepaham lagi. Sudah tidak satu visi dan misi lagi. 'GUE KELUAR AJA DARI BAND INI!' seperti hal-nya Andhika yang keluar dari Peterpan. Sejujurnya kalau misalnya lagu ini dijadikan title track, nggak akan kalah keren sama Shaking Heart karena emang lagunya bagus dan enak di denger. Walaupun kalau diliat dari arti dan jalan ceritanya nggak jauh beda sih sama Shaking Heart. Tentang patah hati-patah hati juga. Satu lirik yang gue suka dari lagu ini adalah bagian 'As if I’m wearing clothes that don’t fit. It didn’t suit me well.' Perumpamaannya simpel sekali yah :") Walaupun hubungan percintaan tentu tidak sesimpel itu :")

Track keempat berjudul 'IT WAS LIKE THAT THEN' (그땐 그랬지) yang featuring ALi. Lagi-lagi ini adalah lagu patah hati. Kalo lagu sebelumnya menceritakan tentang bagaimana mereka akhirnya putus karena nggak sepaham lagi, kalo ini lebih ke keadaan setelah putus dan penyesalan-penyesalan yang muncul setelah itu. Memori-memori saat mereka pacaran yang berkelebat di benak masing-masing dari keduanya setelah putus. Liriknya sebenarnya sederhana dan lebih kayak bercerita gitu (tentang si cewek yang terlalu menuntut--mungkin--dan tentang si cowok yang belum bisa menunaikan tuntutan itu). Dengerin lagunya sambil baca lirik inggrisnya deh. Duh bagus. Mana gue suka banget sama suaranya ALi di lagu ini. Empuk banget suaranya.

Track kelima dan terakhir berjudul 'SO PRETTY' (너무 예뻐). Tempo lagunya medium dan rhythm-nya seru banget. Definisi seru disini ngejelasinnya gimana sih ya enaknya. Unik aja. Jazzy Jazzy gimana gitu. Lagu ini sendiri bercerita tentang seorang cowok yang sangat mengidolakan seorang cewek dan saking mengidolakannya sampai jatuh cinta. Si cewek ini sendiri (menurut si cowok) pantes buat diidolakan karena dia tuh tipe cewek perfect banget lah menurut si cowok ini. Matanya bersinar-sinar (serem juga sih sebenarnya kalo ada cewek matanya bersinar-sinar, bayangin kalo ada cewek pas melek matanya nyala kayak senter kan horor), tahu bagaimana caranya dandan, pokoknya one in a million gitu. Sampai akhirnya si cowok ini gak bisa confess perasaannya karena minder (menurut gue). Akhirnya si cowok malah berkhayal, kalo misalnya gue pacaran sama lo gue akan begini, gue akan begitu. Gue akan berubah sesuai dengan kemauan lo bla bla bla gitu. Ah gak seru. Harusnya kan jadi diri sendiri aja. Tapi yah, pada akhirnya cuma mengkhayal sih gak ada ending yang pasti di lagu ini.

Nah dari semua lagu yang ada di album ini, semuanya recommended as always C-Clown nggak akan mengecewakan kalian. Ada lagu yang patah hati, ada lagu yang mengkhayal-khayal, ada lagu yang sombong-sombong. Tapi semuanya enak buat di dengar. Walaupun di beberapa lagu gue kecewa karena terlalu banyak part Kangjun dan Ray. Siwoo sama Maru jadi jarang muncul. Rome sama T.K sendiri selalu ada di hampir semua lagu (hampir semua lagu ada rap-nya) tapi Siwoo sama Maru kayaknya cuma banyak kedengeran di Shaking Heart. Di lagu-lagu yang lain gue masih banyak mendengar suara Kangjun dan Ray. Yah inilah susahnya kalo di satu grup kebanyakan vokal. HAHAHAHAHAH Next album semoga Siwoo sama Maru dapet lebih banyak part. Suara mereka bagus juga soalnya. Maru walaupun cempreng gitu tapi berkarakter.

Nah sekarang kita bahas Shaking Heart ya~ Udah pada liat MV-nya kan? Kalo belom silahkan liat dulu.
*

*
LAGUNYA BAGUS BANGET. Iya beneran bagus. Iramanya enak, musiknya enak, rap-nya enak (belakangan ini gue lagi suka banget rapnya Rome sama T.K). Lagunya sih simpel aja. Bercerita tentang seorang cowok yang menyukai seorang cewek tapi... yah si cewek ini kayak gak tahu diuntung gitu loh (gak tahu diuntung. Bahasanya udah kayak sinetron tersanjung). Jadi sebenarnya si cowok ini udah eneg juga sama si cewek, udah nggak tahen sama kelakuan si cewek. Ya lo pikir aja mana ada cewek hobinya main ayunan malem-malem di kamar tidur pake gaun. Serem juga kali. Ya trus pokoknya kan si cowok udah bete banget tapi setiap kali ketemu sama si cewek, pertahanannya jadi lemah lagi. Ada getaran di hatinya yang membuat dia pengen kembali sama si cewek walaupun sebegitu kampret nya si cewek ini. Seringkali kejadian kayak gitu makanya si cowok jadi ragu sama perasaan benci-nya. Sebenarnya dia beneran benci atau gimana sih. Trus ini cewek sebenarnya masih suka gak sih sama gue atau gimana. Ada bagian di lagu itu yang si cowoknya yang emosi banget, tapi ada bagian juga yang akhirnya dia adem (gara-gara kayak ngerasa kasian gitu sama ceweknya). Cuma di bagian akhir lagu dibikin menggantung. Ceritanya nggak kelar. Pas bagian 'Minjiya eodiya?' trus 'Bentar deh ngapain ini cowok nelpon lo jam segini?' Trus berenti lagunya. Kalo di sinetron adegan ini pasti backsound-nya udah petir-petir trus cut to cut muka melotot Rome-Hyeri-Rome-Hyeri.

Tadi sebelumnya udah gue bilang kan MV-nya nggak begitu bagus dan nggak sebagus dua MV sebelumnya. Kenapa gue bilang begitu? Karena MV-nya kurang menyampaikan lirik lagunya dengan baik. Padahal kalau misalnya MV-nya dibuat drama walaupun nggak versi panjang kayak Far Away pasti jadinya lebih bagus. Kalo aja MV-nya kayak HELLO-nya NU'EST pasti lebih menarik. Atau paling nggak ya bikin beberapa versi kayak Far Away juga gitu. 

Jelas, yang pengen ditunjukkin di MV ini sebenarnya bukan drama-nya tapi lebih ke dance-nya memang karena porsi dance lebih banyak daripada porsi drama yang ada Hyeri-nya. Cuma tetep aja. Nanggung. Nanggung beneran. Karena lagunya bagus, harusnya MV-nya bisa lebih bagus lagi. Kalo perlu sekalian kayak MV-nya BTOB kemaren atau Love Blossom-nya K.Will kemaren. Kece deh.

Berkali-kali gue nonton MV ini, gue jujur aja nggak banyak nemu hal-hal aneh dan trivial. Tapi, bisa kita coba buat cari tentu saja. Yuk mari.

#1 MV ini dibuka dengan Rome yang berdiri di depan kurang lebih 30 lampu sorot.
*
*
Nyesel banget gue liat Mv Gentlemen-nya Psy sebelum liat MV ini, karena hahaha ada lampu-lampu yang kayak gitu juga di MV itu dan waktu liat MV C-Clown gue malah ngebayangin Rome bakalan goyang pinggul ala Abracadabra-nya BEG. Jumlah lampunya hampir sama lagi.
*
*
#2 Adegan di detik 00:16 waktu Ray berbaring di tempat tidur, itu di sebelahnya ada pasmina yang posisinya terbentang ke arah kiri (kita) trus di detik 00:17 posisinya berubah jadi terbentang ke bawah mengikuti arah tangan kanan Ray. Posisi telapak tangan Ray juga berubah.
*
*
#3 Jujur aja ya sebenarnya gue bingung sama fungsi Hyeri di MV ini. Sebenarnya dia itu manusia apa kuntilanak bergaun princess sih? Ada beberapa hal yang gue bingung. Pertama, ngapain dia ada di ayunan malem-malem ngeliatin orang tidur berayun-ayun bahagia sendiri? Kedua, kenapa ada ayunan di kamar cowok. Pusing gak lo sama Ray. Ketiga, suka suka Hyeri aja kadang ada di atas ayunan kadang nggak ada di atas ayunan ketika kamera berubah angle. Keempat, ya semakin curiga sih sebenarnya dia itu hantu gegara poin ketiga dia hilang-muncul-hilang muncul.

Kecuali memang Hyeri ini dari awal adalah hanya bayangan/halusinasi semata. Karena ada di beberapa adegan dia lagi sama Ray trus kamera ngambil gambar dari pantulan cermin, disitu Hyeri-nya malah hilang.

Kuntilanak.

#4 Set scene yang mereka dance di antara bangunan-bangunan kuno di MV ini mirip sama set scene adegan dance-nya SHINee di Sherlock. Mirip aja, nggak sama.
*
*
#5 Detik 00:44, Ray harusnya terbangun dari tidurnya karena ada suara telpon berdering. Tapi Ray sudah bangun duluan bahkan sebelum telepon itu berdering. Terus yang aneh adalah, telepon itu kan harusnya dari Hyeri (Minji--karakter dia di MV ini) tapi jelas-jelas itu Minji lagi ada di ayunan di kamar yang sama dengan Ray. Jadi kenapa dia harus menelpon? Loh Ron, yang ditelpon Minji kan Rome? Bisa jadi kan Ray disini perannya sebagai cowok lain yang jadi ban serep-nya Minji? Oh iya ya gue lupa. Trus kalo emang iya, kenapa pas Rome ditelpon yang kebangun malah Ray? Pusing gak lo.
*

#6 Lihat deh 00:51 - 00:52, sebenarnya ini yang bikin gue bingung sama MV ini. Jadi sebenarnya Hyeri aka Minji disini tuh (oke pertanyaan yang sama lagi) hantu? Kuntilanak? Gue bingung deh, Ray pas kebangun dari tidurnya kan menghadap ke depan kita nih, ke arah Minji yang lagi duduk di ayunan, tapi di detik berikutnya, Ray malah ngadep ke sebelah kanan (kita) dan di ayunan gak ada siapa siapa.

Interpretasi gue sih sebenarnya memang Hyeri disini adalah sosok yang tidak nyata. Jadi tuh semacem halusinasi si Ray. Bisa jadi Ray emang cowok lain itu. Tapi ya bali ke poin sebelumnya, kenapa pas Rome yang di telpon Ray yang bangun. Hahaha
*
*
#7 Di MV ini, Rome dikasi porsi dance lebih banyak dari yang lain mengingat doski adalah bboy sebelum jadi member C-Clown dan disini keliatan banget Yedang pengen mengeksplor lebih jauh Rome dan bboy-nya.
*
#8 Di 01:10, topi yang digunakan Siwoo berbeda dengan topi yang digunakannya di 01:11. Hahahaha dan pas adegan angkat topi itu, Siwoo juga melakukan kesalahan. Dia terlambat mengangkat topi-nya dan posisi topi ketika diangkat juga salah. Di detik berikutnya, topi berubah lagi dan akan berubah terus menerus di sepanjang MV. Gerakan dance ini emang beda sih sama yang sebelum-sebelumnya jadi kalo Siwoo yang mung ini salah, maklumin aja. Jangan dilempar kasian. Mukanya udah sengsara banget :(
*
*
#9 Waktu adegan Hyeri nangis dan meneteskan air mata itu, gue jadi pengen juga bisa nangis kayak gitu, air mata gue cuma setetes trus cuma di sebelah kiri doang dong. Kayaknya seru.
*
 *
#10 Tuh kan sejak awal tuh emang gue ngerasa aneh sama MV ini dan memang benar Hyeri disitu perannya sebagai kuntilanak bergaun princess. Liat adegan 01:56 deh, disitu di lantai kamarnya ada genangan air kan? Pertanyaannya, gimana caranya Hyeri pindah dari ayunan ke kasur tanpa membuat bagian bawah gaunnya basah? Pilihannya ada 2 sih. Karena dia kuntilanak, jadi 1 dia bisa terbang. Pilihan kedua, dia berayun-ayun trus pas udah ayunan ke sekian kali dan deket kasur, doski loncat.
*
*
Ray juga sebenarnya cowok macem apa kamarnya becek kayak gitu. Walaupun sebenarnya kalau gue melihatnya sih itu kamar emang praktis. MCK bisa di satu tempat.

*
#11 Ada beberapa shot ketika Ray sama Hyeri di atas kasur (KOK PORNO KESANNYA) yang kayak di gambar ini:
*
*
Sebenarnya adegan ini menjawab kenapa Hyeri suka hilang muncul hilang muncul. Hyeri itu antara ada dan tiada. Semacem dia pacar gue tapi dia nggak pernah ada di sebelah gue. Ku hidup dengan siapa ku tak tahu kau siapa gitu kalo kata Agnes Monica. Gue sih tidak menemukan cermin itu di sepanjang MV ketika kamar di long-shot, apakah kalian menemukannya?

Oh iya, liat juga adegan sebelumnya, Ray kan menepis (elah bahasa gue kenapa jadi gini sih) atau apa sih kata lainnya memindahkan tangan Hyeri dari pundak dia kan. Nah, bentar, mikir dulu bentar, itu tangan Hyeri di detik sebelumnya (02:25) kan ada di pundak kanannya Ray. Trus kenapa waktu di cermin Ray malah seperti terlihat memindahkan tangan Hyeri dari pundak kirinya ya? Liat tangan Ray di 02:25 kan menyilang di depan dadanya, tapi di detik setelahnya nggak menyilang.

#12 Adegan di 02:30 - 02:33 itu lucu banget menurut gue. Kesannya kayak Hyeri lagi berayun ke depan kemudian nyungsep jatoh trus ketika ayunannya kembali ke posisi semula udah kosong aja. Hahahahaha Kreatif kreatif. Sekali lagi penggambaran bahwa karakter ini hanyalah halusinasi. Ya beneran halusinasi kan ya. Tapi kalo halusinasi kenapa pas adegan ngelepas cincin itu cincinnya beneran ada. Yaudah jangan dipikirin. Pusing.

#13 Yang jelas, ending dari MV dan lagu ini cowoknya bisa move on. Ya gaksih soalnya kan MV-nya di akhiri dengan Ray melepaskan cincin dari jari Hyeri dan Hyeri seperti menjauh dari Ray di akhir MV. Ah... move on move on~~~~

Yah kayaknya emang nggak banyak poin karena ini gue udah lama gue nonton juga susah banget ya nemunya? Apakah karena gue sudah jenuh? JANGAN DONG YA ALLAH JANGAN JENUH DONG SHINEE MASIH ADA NIH SHINEE BELOM.

Kritik dan saran silahkan.

Maaf lama.

Hectic sama kehidupan.

:3


Share:

20 komentar