Do We Have to Miss Kris?

Lebih dari satu bulan sudah sejak 15 Mei 2014. Hari yang, yah, bisa jadi hari yang nggak akan gue lupain sepanjang perjalanan gue sebagai fans EXO. Oh iya... tentu saja... Bagaimana mungkin gue bisa lupa hari libur Hari Raya Waisak 2014 itu....

Gue sedang menikmati alam mimpi berenang bersama Hyorin, tidur lelap di kasur tipis kosan gue hari itu ketika hape gue nggak berhenti bergetar di sebelah kepala. Jagat media sosial sedang heboh. Banyak mention masuk ke gue dan nyebut-nyebut sebuah nama. Sebuah kasus.

Seorang artis dari manajemen superbesar di Korea mengajukan gugatan penghentian kontrak ke manajemen. Yang lebih parah dari semua itu, grupnya adalah grup idola gue.
*

Gue jujur aja sih, dulu memang gampang banget dikomporin dan kemakan sama pemberitaan. Tapi setelah bergaul dengan banyak orang dan berbagi cerita, gue jadi lebih selektif harus percaya atau nggak sama sebuah berita. At least, sebelum manajemen mengkonfirmasi langsung berita itu.

Pagi itu gue bangunnya memang agak siang dan tahunya belakangan soal berita itu. Bahkan ketika gue sudah mulai meracau di Twitter, gue masih menganggap berita itu sebagai bahan becandaan.

"AH INI PASTI PENGALIHAN ISU NIH! BOHONG NIH! BIAR KONSER LAKU NIH!" begitu pikir gue. Gue pun hanya tertawa-tawa sepanjang pagi sampai jelang siang melihat semua tweet orang-orang di timeline.

Berbagai spekulasi bermunculan soal ini. Fanbase-fanbase nge-retweet banyak rumor dari fanbase lain. Banyak juga yang mengeluarkan pendapat pribadi mereka soal kasus ini. Tuduhan-tuduhan yang ditujukan ke SM Entertainment pun meluncur cepat, seperti biasa. Isu-isu soal kontrak, perlakuan tidak adil, dan sebagainya akan selalu mengikuti masalah lawsuit artis-artis SM.

Membaca isi timeline, gue masih memilih untuk nggak percaya. Gue masih menganggap semuanya becandaan doang. Sampai siangnya gue mutusin buat ke kantor buat dapet akses internet yang memadai, gue baca satu per satu isi timeline dengan baik. Dan......... semakin bingung.

Tapi di saat yang sama gue juga sedih. Dan marah.

Terlebih, kamis itu, EXO-K ada jadwal perform di 'M! Countdown'. Gue ke kantor buat streaming juga ngeliat mereka tampil. Mereka pun bahkan jadi juara di episode itu. Cuma... pemandangan aneh terlihat ketika Suho menerima piala sendiri.

SENDIRI. Bengong. Nggak bisa ditutupi bagaimana akward-nya kondisi itu. Dia cuma ngasi jempol terus dan terus. Di akhir bahkan dia bilang, "We are one. We are one," Mukanya bener-bener yang sedih yang bingung yang aneh.

Dari situ gue mulai sadar dan mulai yakin bahwa ini adalah masalah serius. Bukan becandaan. Bukan settingan. Ini serius. SESERIUS ITU.
*
*
Mungkin tulisan ini memang agak berlebihan. Tapi saat itu gue bener-bener ngerasa kayak ditonjok di dada sama Iron Man. Sesek banget. Gue seketika membayangkan diri gue ada di kondisi itu. Ditusuk dari belakang....

Ditusuk dari belakang oleh orang yang paling dekat.

Yang paling dekat....

Gue sempat tertidur sebelum EXO-K perform sore itu dan terdiam sesaat setelah acara selesai.

"Kok bisa Kris giniin para member? Kenapa sejahat itu?"

Oh iya.

Saat itu gue berpikir dia adalah orang yang paling jahat. Dia adalah naga tidur yang tiba-tiba bangun dan nyembur semua orang disekitarnya dengan api. Termasuk orang yang selama ini ngerawat dia selama dia tidur.

Gue, walaupun nggak ada hubungan dan urusannya sama EXO ngerasa kesel banget! Ngerasa dia jahat banget.

Pertama, dia sudah merusak kepercayaan gue sebagai fans. Nggak penting memang, tapi gue selama ini udah berusaha jadi fans loyal mereka dan.... ah..... gue jadi inget adegan-adegan di 'Reply 1994' ketika Yoonjin nangis sejadi-jadinya gegara Seo Taiji bubar.

Kurang lebih.

Kedua, dia sudah merusak kepercayaan para member EXO tentu saja. Wajar pada akhirnya jika malam itu satu per satu member meng-unfollow dia di Instagram. Walaupun feeling gue para member sudah tahu dia memang akan keluar, tapi mereka semua pasti juga nggak nyangka kalo timing keluarnya secepat itu dan saat itu.

Tentu semua merasa dikhianati. Sekedar unfollow Instagram mungkin emang nggak penting. Tapi itu salah satu cara mereka menunjukkan kekecewaan mereka. Ya gimana sih rasanya kalau elo mau nikah, terus calon lo kabur begitu aja sementara lo udah sebarin undangan?

Ketiga, entah kenapa gue ngerasa Kris terlalu egois. Dulu waktu Hangeng keluar dari SuJu, gue juga mikir hal yang sama, walaupun kasusnya nggak sama. Kalau cuma masalah betah dan nggak betah, 'Kalo yang lain bisa kenapa lo nggak?' 'Yang lain bisa bertahan kenapa lo nggak?' Apakah setidak berharga itu kebersamaan kalian selama bertahun-tahun di trainee sampai akhirnya debut sebagai grup? Nggak ada banget gitu yang membekas di hati?
*
*
Malam itu gue bener-bener meledak-ledak. Besoknya juga masih. Sampai temen kantor gue pun senewen sendiri gara-gara gue jadi ngumpat-ngumpat nggak jelas.

"YA KALO MAU KELUAR YA UDAH KELUAR AJA TAPI YA MIKIR KEK KALO LO KELUAR SIAPA YANG KEREPOTAN? SIAPA YANG KENA GETAHNYA?!"

Beberapa hari setelah itu, pemberitaan semakin panas. Semakin banyak spekulasi yang muncul mulai dari masalah kesehatan, honor, kesempatan untuk jadi aktor, aktivitas dan sebagainya dan sebagainya.

Tapi gue nggak peduli. Saat itu gue nggak mau tahu. Saat itu yang gue tahu adalah dia cuma orang jahat yang udah bikin gue bete dan kesel. Terlebih dia udah ngerusak slogan EXO sendiri.

"We Are One"? PFFFFTTTTT......

Apa coba yang lebih ngenes dari slogan grup yang dirusak sama member grup itu sendiri?

Di saat yang sama juga gue merasa memang ada oknum lain yang ngomporin Kris untuk keluar dari EXO. Sama seperti Hangeng waktu itu. Dan siapapun dia, dia jahat banget. Semua oknum yang berusaha merusak ketenangan dan keharmonisan hubungan orang lain itu jahat banget.

Beberapa hari setelahnya, gue ketemu sama beberapa temen yang juga suka EXO. Semacem keluarga kecil kita. Semua sama-sama sharing soal kasus ini. Soal Kris.

Soal keinginan dia buat jadi aktor. Soal dia yang dari awal emang nggak pengen jadi boyband tapi lebih pengen jadi aktor. Soal gimana gue dulu ngerasa kris adalah orang yang paling nggak cocok banget di EXO. Soal Kris yang dulu terlihat seperti bule Kanada yang terjebak di antara cowok-cowok ber-eyeliner.

Lalu obrolan kami berujung pada masalah-masalah yang lebih rumit. Masalah politik. Masalah dua perusahaan superbesar di China dan di Korea. Semuanya terdengar seperti kisah-kisah dalam drama Korea.

Simpelnya, dua hal yang bisa gue ngerti dari obrolan sore itu dan gue rasa masuk akal:

1. Kasus Kris bukan cuma karena dia mau keluar. Tapi karena ada dukungan dari oknum yang superbesar, yang berani ngelawan SM. Siapa coba yang berani ngelawan SM kecuali dia punya nyali yang superbesar juga?

2. SM sebelumnya sudah join sama Baidu yang bertujuan untuk mengekspansi pasar di China. EXO-M adalah salah satu senjata SM untuk ekspansi itu. Cara termudah untuk setidaknya menghalaunya adalah dengan menghasut salah satu member EXO-M untuk keluar. Siapa yang paling berpengaruh? LEADER.

Dengan segala keinginannya untuk keluar dari manajemen, tentu saja.
*
*
Iya. Menurut gue itu masuk akal. Atau entah karena gue sudah males untuk mikir lagi apakah itu masuk akal atau tidak. Bisa dibilang kondisinya saat itu gue hanya mengiyakan saja. Bener atau nggak gue nggak mau terlalu ambil pusing.

Terlibat terlalu jauh di dalam fandom itu membuat lo nggak sehat. Mungkin memang membuat lo terlihat keren, tapi lo jadi gampang stres dan nggak sehat. Menurut gue sih. Dan gue menjauhi hal itu.

Beberapa minggu berlalu, muncul lagi kabar kalau dia sudah sedang dalam tahap rekrutmen main film. Oh bagus! Akhirnya tercapai kan keinginannya? Gue ikut seneng.

Beberapa minggu lagi berlalu, gue mulai lupa sama kasus ini. Atau mungkin lebih tepatnya gue udah nggak mau peduli lagi.

Sekesel apapun gue sama Kris, toh nantinya dia juga akan menerima penalti dari semua yang dilakukannya itu. Itu aja udah bikin dia cukup ribet, kenapa kita juga harus ribet dengan kesel sama dia gitu.

Gue ngomong sendiri.

Gue nggak tahu siapa Kris luar dalam. Gue juga nggak bisa bilang gue tahu bagaimana kepribadiannya dan sifatnya. Sekali lagi gue cuma sekedar fans yang tahu oh dia begini dia begitu dan itu dari depan kamera doang. Apapun yang ada di depan kamera nggak ada yang bener. Kris membuktikan itu.

Pengajuan lawsuit Kris ke SM nggak beberapa saat setelah mereka ketawa ketiwi di depan kamera. Nggak beberapa saat setelah mereka seneng-seneng di panggung comeback. Masih juga mau percaya apa yang di depan kamera itu bener?

Gue jadi ketawa sendiri. Sekaligus kagum sih sama dia.
(http://duragonfurai.livejournal.com/11510.html)
*
Bagaimana bisa dia menyimpan begitu banyak rencana di balik senyumannya itu. Di balik hal-hal bego yang dia lakukan di 'Showtime'. Di balik kata-kata lucu yang dia ucapkan. Keren ya dia? Pantes emang jadi aktor kalau kayak gitu kan.

Semua orang berhak mengambil keputusan sendiri jika mereka mau bahagia. Kris juga mengambil keputusan ini mungkin supaya dia jadi lebih bahagia. Walaupun kebahagiaannya mungkin akan membuat banyak orang sakit hati. Tapi, kenapa dia harus mikirin banyak orang dan terjebak dalam kepalsuan dan ketidakbahagiaan?

Mau sekesel apapun gue sama dia, dia tetap punya hidup sendiri. Bener kan? Dia nggak selamanya bisa hidup buat memuaskan orang lain. Dan kalau kita hidup cuma buat memuaskan orang lain, pada akhirnya kita nggak punya kehidupan.

Walaupun tujuan jadi idola emang gitu sih. Tapi kalau nggak sejalan sama kemauan dia, kenapa juga dia harus bertahan?

Keluarnya Kris dari EXO pada akhirnya akan membuat EXO jadi lebih kuat dan solid. Tentu, SM akan banyak belajar dari situ. SEHARUSNYA MEMANG BELAJAR DARI SITU. SM harusnya akan lebih berhati-hati lagi dengan 11 member yang tersisa. Dirawat baik-baik. Disayang.

SM juga akan lebih hati-hati lagi sama member asal China, bukan bermaksud gimana-gimana, tapi lebih diperhatian kesejahteraannya supaya nggak ada lagi muncul yang begini-begini. Setidaknya hati-hati dalam hal yang baik, bukan justru membuat peraturan-peraturan yang membawa mudarat buat semuanya.

Keluarnya Kris dari EXO akan membuat EXO lebih kuat dan kuat. Lay sendiri yang bilang kayak gitu ketika konferensi pers konser mereka di Seoul. Kata orang, kita nggak pernah tahu sebatas apa kemampuan kita sebelum kita dikasi cobaan kan? Cobaan terberat buat EXO mungkin adalah yang ini.

Mungkin beberapa dari kalian ngerasa agak aneh jika EXO berdiri dengan 11 member. Iya gue juga. Ya gimana nggak gitu kita selama ini sudah dicekokin (atau lebih tepatnya mencekoki diri sendiri) dengan 12 orang yang selalu dipuja-puja kemudian yang satu hilang tiba-tiba dan meninggalkan luka.

Pada akhirnya kita memang harus terbiasa. Mau ada Kris atau nggak ada Kris, EXO ya tetap EXO. Walaupun slogan 'We Are One' itu jadi terdengar menggelikan, tapi EXO tetap EXO. Mereka akan tetap jadi EXO yang membuat kita semua kenal sama banyak orang dan setidaknya memberikan motivasi untuk melakukan sesuatu.

Mereka tetep EXO yang bikin gue jadi sering nulis review. Jadi lebih kreatif untuk berpikir kalau bikin pertanyaan giveaway. Mereka tetap EXO yang menyita banyak waktu gue untuk spazzing. Mereka tetep EXO yang bikin gue jadi punya banyak ide buat bikin fanfiction.

Mereka tetep EXO yang bikin gue merinding setiap kali dengerin 'MAMA'. Mereka tetap EXO, yang datang dari exoplanet dan punya kekuatan-kekuatan gaib. Mereka tetap EXO si bocah-bocah penjaga pohon kehidupan. Mereka tetap EXO, para kambing gunung lucu kesayangan.

Ada atau nggak ada Kris, EXO tetap EXO. Dan gue tetap jadi fans EXO.

Tapi nggak tahu deh kalau slogannya masih ngena di hati atau nggak. Gue sih sekarang fifty-fifty.

Tergantung kondisi aja.

Karena kasus Kris ini gue jadi males menyelesaikan review 'Overdose' gue. Gue jadi males nulis belakangan. Tapi mau sampai kapan kita terjebak dalam keterpurukan?

Nggak selamanya kita akan ada di bawah. Kita pasti akan naik lagi dan berada di puncak.

Semoga sejak saat ini semuanya jadi lebih baik. Semoga EXO memang lebih baik tanpa Kris dan Kris bisa hidup lebih baik di luar EXO.

So, do we have to miss Kris?

Yes.

We miss Kris. Kita kangen Kris.

We (also) miss Kris. Kita (juga) kehilangan Kris.
*

Share:

90 komentar

  1. Ahhh gua suka exo pas jaman lo heboh teaser kai ka... ampe sekarang.. trus setaun lebih ngebias kris. Sedih bgt tapi ya mu gmn lagi... kita hanyalah fans biasa :')

    ReplyDelete
  2. kak ron gw ngerasa kok sama yang elo rasain...awalnya gw merasa sedih bgt kris keluar dari exo tapi makin kesini mungkin gw termasuk orang yg berada di sisi orang yg kecewa sama kris kak...gara-gara abis baca ini (kesalahan2 nya kris ) : http://cfile10.uf.tistory.com/image/234BF8475375811B052F3F#_=_

    tapi emang bener sih kak, gw udah ngikutin exo dari jaman 2012..gw masih inget pas jaman kris ilang beberapa bulan dan emang rumornya pas itu dia udah keluar...kalo dipikir-pikir lebih realistis lagi, menurut gw tindakan nya dia ga tanggung jawab...udah gitu aja.

    ReplyDelete
  3. 11 12 sama aja bukan? hahaha
    jujur gue suka kris gegara showtime...
    tapi setelah gue suka, yaudah dia keluar aja gitu? bagus...
    biarkan gue menyukai wuyifan dibanding kris, karena sejak exo debut gue gak suka cowo bule itu...
    hahaha #nobash setiap orang punya alasan dan kriteria masing2 kan....

    ReplyDelete
  4. Wow tulisannya ngena banget kak bikin mata berkaca kaca inget kejadian beberapa waktu lalu, bener banget kita rindu juga kehilangan kris :'(

    ReplyDelete
  5. itu tanggal ultah gue kak... Kris almost ruin my day kak.. tapi gue sisihin di ruangan yang lain kemudian membuka di hari lain hahahaah

    ReplyDelete
  6. oh jd kakak blum nyelesain review overdose krn msalah ini
    pdahal review dr kakak yg paling aku tunggu
    tau nih sebel jg ama kris :(
    mana seminggu sblum konser the lost planet dia menghilang
    member exo jg kebingungan kalo leadernya kaga ada
    iya nih SM harus jagain bgt para 11 alien tersisa apa lg member cina
    kita jg gk tau gimana detail nya permasalahan kris
    semoga para member exo diperlakukan dgn adil lah, gak bedain mana org korea atau cina
    ayo kak semangat lanjutin review nya

    ReplyDelete
  7. Ajiibbb... Bang review yg ini mak jleb bgt! dan gue setuju sama pendapat lu ttg ini... :) good luck buat kris buat kk ron juga dah..

    ReplyDelete
  8. yaaaa terimakasih yaaa min sudah membuka pikiran serta hati gue .. sekarang gue udah bisa legaan dikit kalo ternyata semua bukan salah kris :") kalo kris main filim spertinya harus di tonton yaa min .. hihi :)

    ReplyDelete
  9. kaak, lama banget nungguin kakak munculin postingan kek gini u.u
    aku baru tau kalo ada oknum dari luar dan ekspansi SM di China ._. thanks buat infonya ^^
    agak nyesek juga sih kalo ternyata kris di dalemnya agak nggak sebaik yang dikira T.T ngbayangin dia senyam-senyum di depan kamera terus tiba2 ngumumin mau keluar itu... nusuk banget.
    oh ya. exo kan konsepnya kan grup kembar (?) tuh. berarti kan harus sama tuh. exo k 6 member, exo m 6 member. nah kalo yang satu isinya 5 member, dan yg satu 6 member kan agak ngacauin konsep kekembaran mereka tuh ._.

    ReplyDelete
  10. Hwaaa~ yes i miss him! gw setuju sm review lu ttg kris hwaa mak jleb bgt postingannya.. :')
    Goodluck buat kris kedepannya eeh kk ron jugaa hhe 화이딩!

    ReplyDelete
  11. "Apakah setidak berharga itu kebersamaan kalian selama bertahun-tahun di trainee sampai akhirnya debut sebagai grup? Nggak ada banget gitu yang membekas di hati?"

    "Apapun yang ada di depan kamera nggak ada yang bener. Kris membuktikan itu."

    Setuju!! gue juga awalnya mikir gitu kak huftt
    huffttt bgt. mau gimana lagi. hufttt.

    ReplyDelete
  12. ;)
    exo akan tetap menjadi exo,ad atau tidak ada kris.. :)

    ReplyDelete
  13. "Mereka adalah EXO yang ngebuat aku beli album Korea untuk pertama kalinya dan itu udh jd kwajiban buat beli smua album mreka setiap kali rilis mskipun uang pas-pasan"

    "Mereka adalah EXO yg ngebuat aku mutusin untk gak nglanjutin kuliah dulu buat nyari kerja demi nonton konser THE LOST PLANET IN JKT"

    Gilaaa...

    Mau EXO 12 atau ber 11 yg pastinya bklan trs ngedukung mereka ! apapun yg terjadi...
    Kangen Kris... smga dia baik-baik aja dan gak mnyesal atas semua kputusan yg dia ambil, semoga dia bahagia 끝.

    EXO 사랑하자 ! <3<3<3 ~^O^~

    ReplyDelete
  14. Kampretoslah,lama lama makin kayak sinetron perasaan..
    Tsk,baik baik aja lo nggos wereper u ar..Jangan bikin gua berasa rugi nangisin lu berhari-hari..
    구아 캉엔 파케 벙 엣 사마 로 크리스.. (-_-:)

    ReplyDelete
  15. gue juga kesel sm Kris. kl dia emang ga betah dan mau keluar pake cara kibum dong ga ada main hukum tuntutan dll tp bisa lepas dr kegiatan suju secara total. gue tau rasanya ga betah itu gimana gue keluar dr kerjaan gue juga gara2 bos yg kampret atau kerjaan yg bikin capek batin capek badan tapi keluar baik2 bisa kan? pake cara kayak gini bikin image lo malah keliatan "gini bgt sih ini orang" saking keselnya gue sm kris kl ada yg bahasa masalah keluarnya dia gue cuma jawab "ga ada dia ga ngaruh juga EXO. kalo d.o baekhyun chen baru gue bakar kantor SM". Ada isu sakit jantung segala. gue ga ngerti mungkin kris udah bahas baik2 apa gimana SM emang ga mau peduli intinya apapun alasannya tindakan dia pake jalur hukum bikin dia keliatan ga bijak dan makin bikin dia cacat karna dia leader harusnya bisa dewasa kalo ambil sikap

    ReplyDelete
  16. terbangun dari tidur. twitter rame bgt napa sih? bola? eh, bukan. kak ron posting something, about KRIS. langsung JLEBBB aja gt di hati. nekat2in baca. dengan mata kriyip2 dan separuh nyawa. baru kali ini kak ron jadi bijaksana, hahahaha...
    selesai baca. hmmmm YES, WE MISS KRIS >.<
    kembali tidur.

    ReplyDelete
  17. gue meweeeeekkkk reseeeekkkk huwaaaaaaa ㅠㅁㅠ kak ron nyebelin bgt

    ReplyDelete
  18. Mau curhat juga kak..
    jujur aku awal tau berita itu disms sama tmn sklhku dan dia exofans jga..aku pikir sich "ahh paling rumor lagi..paling biar dongkrak overdose" krn waktu jaman wolf berita si yi pan keluar juga ada dan akhirnya ngilang sendiri..
    dan sehari setelah tmnku sms itu krn aku penasaran aku langsung cari di fb dan yeah..udh pda heboh bahas ini..dan bikin #WeBelieveInYouKris sampe jadi trending topic yang berarti ini udh gak main2 lagi..apalagi yg suho di m countdown sendirian itu..terlepas dari itu skrip ato dari hati dia sendiri kan kita juga gak tau ya..tapi yang jelas itu juga udh jadi tanda..sampe mereka konser yi pan juga gak nongol2..aku berharapnya "ah setidaknya dia bakal ada pas press conference.."aku tny sama tmnku di press conference ada yi pan apa gk dan ternyata dia gak ada!itu posisi aku lagi di grj #oke ini bandel emg main hp pas lagi ibadah -_- # dan pas aku tau itu yang perasaannya pengen mrh2 dan gak bisa nahan buat gk nangis..aku yang bnr2..apalagi selama berita ini heboh aku bnr2 jadi sensitif dan kadang bisa nangis krn hal2 sepele..yahh..aku udh suka kpop dari kls 5 dan mulai mantepin kls 6..dulu aku shawol tapi y multifandom yang pny bias seabrek gtu..tmn sdku sendiri smpe heran aku bsa suka sama org sebyk itu ._.
    awal aku tau exo dikasih tau tmn..waktu itu aku antara kls 7 sama 8 lupa..awalnya kyk gak tertarik gtu smpe akhirnya..skrng bnr2 udh kyk gak bsa diem kalo bhs exo..mereka fandom pertama aku yang bnr2 aku fokusin..dan aku akhirnya bisa lepas dari bias sebarekku itu krn mereka..walaupun pas comeback wolf itu selama 1 thn aku cba cari bb lain biar gk bosen sndiri nunggu mereka comeback..dan waktu liat foto kai yg dikelabang itu udh sumpah serapah krn aku geli dan jga jijik bgt sama rmbtnya..ereureong dgn semua member yang pda ganteng2..M.I.D yg asli keren bgt..Dan overdose yang dtng disaat yg gak tepat krn aku harus nyiapin UN..aku bhkn langsung cari practice vid yg bocor itu biar aku gak kebayang2 sama comeback mereka..mv yg bocor jga aku download..
    tpi pas tau nasib mereka skrng kyk gini..hahhh..kecewa,sedih,marah,bingung..bnr2 jadi satu..gak bisa ninggalin mereka..mereka udh jadi penyemangat aku..motivasi aku biar bisa dpt nilai bgus..krn kalo nilai unku sesuai sama target ortuku aku blh ntn konser mereka..hahhh..cinta itu emang harusnya gak berlebihan..krn sesuatu yg berlebihan itu gak baik..krn kita juga gak tau apa yang kita cintai itu akan selalu happy ending ato gk..tapi aku bnr2 udh pasrah dan mencoba untuk siap dgn exo yg ber11 member..

    Oke ini komen udh kyk rel kereta aja pnjg bener -_- pokoknya apapun hasilnya aku bakal berusaha untuk move on dan siap~!hehe ._.
    Oh ya kak..bca artikel yg salah satu artis China bikin status di weibonya ttg kris gk?itu katanya dia mantan pcr yi pan..dan nama cwek itu adalah Lin Xi Ya!cwek yg prnh ada skandal seks sma si yi pan & jang geun suk!
    jadi apakah itu juga berita busuk belaka atau..tanda bhw kemungkinan sakndal itu bnr?mau bilang heol daebak aja sich kalo dua berita itu beneran ._.
    dan itu maaf aku gak pke kris tpi yipan..udh kebiasaan..hehe V._.V

    ReplyDelete
  19. Sedih sebenernya ada berita Kris mau hengkang dari EXO, Soalnya dia bias pertama pas tau EXO sebelum akhirnya ganti ke Kyungsoo. Anyway, gue sebenernya punya banyak unek-unek tentang kasus Kris ini, cuma ya kayaknya gak enak kalo diceritain lagi. Kalaupun gue ada di posisi member EXO, gue juga pasti marah lah, apalagi dia keluar seminggu sebelum konser dimana semua konsep udah fix dan gara-gara berita ini, konsep hancur semua dan staff-staff dibuat pusing gara-gara ini.
    Sempet kesel juga karena dia egois, kenapa yang lain tahan sementara dia mutusin keluar. Tapi ya udah sekarang realistis ajalah. Toh namanya hidup pasti ada hambatannya. Gue percaya setelah ini EXO bakal jadi grup yang solid, yang sukses kedepannya. Gue gak mau ikutan kebawa arus fans-fans yang delusional kalau Kris nantinya bakal balik ke EXO, kalaupun dia balik, pasti situasinya juga gak bakal baik dan kayaknya emang gak bakal balik juga -___-v
    Kalo kasusnya Hangeng, asal masalahnya juga beda. Hangeng cuma boleh tampil di 2 stasiun TV, kalo Kris gak ada masalah sama itu. Harusnya dia bersyukur ya kan? Tapi yasudahlaaah... Hati orang siapa yang tau.
    Maaf ya kak, ini jadinya kaya sesi curhat lol. Soalnya "gatel" sama masalah ini >w< huhuhu.
    Semoga EXO sukses terus, semoga Kak Ron juga sukses terus!

    Lintang
    mineisdreamers.blogspot.com

    ReplyDelete
  20. do we have miss Kris??? -yes, tapi ga pake banget
    kita juga kangen tulisanmu - karena kasus ini bikin lo males nulis :D
    yg paling bikin kesel tu tentang konsernya, udah deket waktunya persiapan pastinya udah rapi sedemikian rupa eh malah absen satu orang, harus diatur ulang lagi donk...gw jadi staff yg ngurusin itu bheeee...jewer aja si Kris !
    Tapi itu pilihan dia ya biarlah, semoga bahagia, main film, trus promo main-main ke Indonesia ke acara Dahsyat kaya Hangeng dulu :D :D , kira-kira kalo Kris ke Dahsyat lo antusias buat nonton ga kak???? :D

    ReplyDelete
  21. Merasa lebih, lebih, lebih baik saat baca tulisan ini. Terima kasih Kakak. Sebulan kayaknya udh lebih dari cukup buat sedih2an dan terpuruk. Sekarang harus bisa lebih rasional lagi dalam berpikir. We still have 11 members. Kenapa kita gak bertahan buat mereka yang jelas masih butuh support mereka ? :')

    And for Kris......You're forgive but you're not forgotten.

    ReplyDelete
  22. Kak...parah banget...kayaknya terlalu mojokin kris :(

    ReplyDelete
  23. Bukan hanya ssatu bulan , ini rasanya masih nyesek , masih gak bisa terima kenyataan.
    tapi yha ini. setelah baca tulisan nyesek kak ron , mungkin rasanya sedikit baik.
    lalu , tersadar , Kita memang benar* merindukan kris.

    *baru pertama baca blog kak Ron , udah bikin mewek u.u

    ReplyDelete
  24. Kak, mau curhat disini boleh ga?

    Kalau aku, jujur udah mulai denger berita soal Kris ngajuin lawsuit ke SM itu sejak abis kuliah tanggal 13. Ada temen yang juga sama-sama suka EXO bilang, "Eh, Kris keluar dari EXO ya?" Awalnya, karena defence mechanism juga aku berpikiran bahwa dia cuman salah dapet info, maklum kan EXOfans itu jago banget dalam bikin rumor. Tapi kemudian, saat sampe di kosan aku mulai menjelajahi twitter sendiri trus buset bentar2 udah sekian tweet baru dan seterusnya. Lalu berhubung sore itu aku ada rapat divisi buat suatu kepanitiaan, penjelajahan pun mau tak mau dihentikan. Tapi sayangnya, di rapat itu ada temen juga yang suka EXO dan kita pun mulai nge gosip disana. Rapatnya lama banget sampe malam, jam 7an aku udah gatel pengen liat pemberitaan baru dan akhirnya buka hape. Sial banget kan gegara ginian jadi ga konsen rapat. Sebegitu berpengaruhnya EXO di hidup ini. #eaa

    Besoknya berita makin memanas, di kampus beberapa EXOfans mulai menghampiri dan mengemukakan pendapat masing2. Ada juga salah satu temen yang Cassiopeia bilang ikut ngerasa berduka cita meski pun belum tahu pasti berita ini beneran atau engga. Hari-hari pun berlalu dan aku sempat beberapa kali kemakan berita soal EXO yang di-boneka-kan oleh SM supaya nuduh2 Kris yang salah karena ya masih defence mechanism tadi, ga mau nerima kenyataan kalau Kris beneran mau ninggalin EXO, ninggalin EXOfansyorobun. Sampai juga ada orang (entah dia fans atau bukan) yang nganggap Suho bukan leader yang baik karena udah bilang Kris ga bertanggung jawab atau sejenisnya gitu. Serasa pengen bilang gini ke orang itu, "Eh lo ga tau apa-apa jangan sok nuduh2 orang kek gitu deh. EXO udah terpukul gegera ini masih bacot aja." Tapi ya ga jadi.

    Udah tiap malam nangis lah dengan sebab utama yang sama yaitu berita Kris ini. Kenapa nangisnya malem2? Karena ya seharian bareng temen dan aku tipe2 orang yang ga suka nangis di depan orang lain. Banyak yang dipikirin soal berita ini. Memilah berita yang bener dan mana yang alay. Sampai ada yang bilang Baekhyun dipukul atau sejenisnya gitu ga sih? Trus juga Baek yang masih ngefollow Kris trus ada fans yang bilang kalau dia ngelawan SM karena dia itu 'fearless', dsb. Banyak lah pokoknya. Intinya hari-hari itu terasa begitu sulit mana mau ada konser juga kan ya?

    Dan bdw, ini komenan udah panjang bener seharusnya aku tulis dan post di blog juga. Haha tapi males. Intinya sih aku juga sedih atas keluarnya Kris dan juga kesal kenapa Kris keluar. But, i'll always support him lah ya sebagai fans kita cuman bisa lakuin itu. Apapun keputusan dia, semoga tetap sukses lah. Seperti yang lo bilang kak, EXO tetaplah EXO, ada atau tidaknya Kris. Seberapa sedihnya lo, lo tetap harus terima ini. And yes, we miss Kris.

    Maap kepanjangan kak -_-v

    ReplyDelete
  25. Sama,, aq jga ngrasa Kris itu jhat bgt
    Knapa dia ga mkiri gmana prasaan member lain klo dia kluar,,
    Dan dia pntar bgt nutupin segla sesuatunya dgn senyumn dan sgla keramaian yg trjadi di backstage,, seolah-olah bsk ga akan terjadi apa-apa,,, bsok akan baik-baik aja karena senyuman dan tingkah lakunya...
    Awalnya aq jga ktawa aja pas tau rumor itu,, pasti cuma isu murahan doank,, pasti cuma ini, cuma itu....
    Tpi pas tau kbnarannya, dada n sesek bgt rasanya,,, EXO,, BB yg skarang jadi andalan gue stelah SHINee ama SJ di SM
    Skarang brnasib g jauh beda dgn SJ yg pernah di tinggalin 1 member dari china,,,
    Padahal aq berharap, hanya SJ yg pernah ngrasain itu,, ga dengan Shinee, GG, F(x) apa Lgi EXO...
    Ksel banget, pasti.
    Tapi ga bisa juga buat benci Kris,, ga bsa jga buat ga suport dia,, ga bsa jga buat ga kangen dia,,
    Pasti, kangen.
    Stiap ngliat mreka berdiri cuma 11 org,, ngerasa kosong aja
    yg biasanya chanyeol rapi barisannya gra-gra ada tiang penjaga di sebelahnya skrang jrang keliatan rapi,, jarak berdiri dia ama sehun lumayan renggang,, sedih aja ngliatnya
    Bias aq, Chanyeol kehilangan slah stu member yg pling dekat sama dia,,
    EXO BB fav aq khilangan slah 1 member yg kocak, g jlas

    Maaf ya om,, jdi curhat disini hehe
    Salam kenal...

    ReplyDelete
  26. gils, ngena banget nih ka di hati :') udah 2 minggu ngga ditangisin, sekarang nangis lagi
    iya, bener, kangen banget
    awalnya juga sempet benci sama kris, gila gue udah ngorbanin banyak banget buat dia, ngefans dari masih trainee, beli semua album, beberapa merch, exo first box demi support mereka, krn gue tau mereka ga bakal bisa makan dan digaji kalo semua itu ga laku haha tapi apa balesannya TT_______TT
    ngga bisa apa dia bertahan (lagi)? terus elo ngapain trainee lama lama di sm kalo ujungnya baru debut 2 taun udah keluar?
    bahkan gue sempet mikir loh ka, se-ngga suka-nya kita sama kerjaan kita, selama kita bisa adaptasi bahkan akrab sama orang-orang di kantor kita, pasti bakal menyenangkan.
    nah loh terus sama sisa 11 orang itu gimana?
    sementara semua berita masih abu abu dan gue tidak mau percaya dengan itu semua, dia juga ngilang tanpa arah, satu bulan lebih.
    thanks loh ka, tulisan lo malah bikin gue jadi tidak menyalahkan kris lagi, ditambah foto-foto muka pucatnya dia di showcase terakhir bikin gue makin yakin kalo masalahnya ga sesimpel yang selama ini di gembor gembor media

    cheers
    @hanafitha

    ReplyDelete
  27. taik banget. udah gitu aja. makasih.

    ReplyDelete
  28. Masih pagi ka, gara liat link ini di fb, gw klik dengan kekepoan yang tinggi.
    Ini masih pagi ka, gw ada uas beberapa jam lagi, belum sarapan pula eh baca beginian.... bias gw salah satunya kris juga... ya bisa tebaklah gimana keadaan gw sekarang setelah membaca ini :))))

    ReplyDelete
  29. "Apakah setidak berharga itu kebersamaan kalian selama bertahun-tahun di trainee sampai akhirnya debut sebagai grup? Nggak ada banget gitu yang membekas di hati?"

    Ada. Pasti ada. Tapi itu ngga cukup kuat buat nahan Kris di EXO.

    ReplyDelete
  30. I do miss him as well as i do miss comment in your blog.

    Pas berita itu keluar, entah gue lagi ada di dunia mana, mungkin (as usual) tenggelam di dunia pekerjaan dan kuliah, tapi begitu masuk twitter demi nyari kedamaian abis ngitungin angka-angka dateline 10-12 digit, langsung nyesel signed in karena masih inget banget timeline gue bergerak hampir 50 tweets/sc. Gue pusing. Udah cuma itu doang yang dirasa waktu itu.

    Sedih? A little bit, bcs likely to say I used to face off these situation bcs JYJ and Hangeng case before. Gue punya temen Kris stan yang sampe ancur-ancuran, nangis-nangis dan kebawa mimpi sampe tahap delusi kalo “Kris tuh bisa mati kalo dia maksa konser karena dia sakit, pada gak ngerti banget sih”. I let her be. She has every rights to be sad like the others. I believe time heal almost everything, and I was right. Toh dia sekarang moved on juga.

    I saw almost everyone started to take a side, changed their user name like OT11 or IbeliveInYouKris (and heck the typo sentence being a worldwide trending for almost a day, what the....). Mountain of rumours spreading out. So many claims that he/she did know the situation and ppl retweeted it and make it looks like fact. Makes everything bigger than the actual condition. So many ppl seems like they know the real situation. Bohong kalo gue gak pengen untuk take a side karena what Wu Yi Fan did is called unprofessional. As an employee, you cant signed a contract but dumped your job only because you tired. Moreover, he's old enough to understand abt that. But once again, who am I? I'm just one of their million fangirls out there who never met them. So many could happened behind the close door, behind their smiling mask, and I do NOT know and own them.

    Marah? My second feelings after confused tbh. You can choose so many times to walk out but you decided to leave exactly a week before group first concert! Leave if you want to leave, be happy, be healthy, find your comfort home, and get your own top! But why need to drag the members into the mud because of you?

    About Sina and Baidu whatsoever competition, I dont wanna waste my time to think about it. One thing that I know, Wu Yi Fan left with a planning. He's not that DUMB to face off the almighty SM Entertainment without a planning or at least someone who's brave enough to get his back. Bullshit if someone said he left w/o think about himself. It's called suicide for god sake and the scorpios like him may be seen as arrogant and stubborn, when in fact they know what they want, when they want, and how they want.

    Ketika SM menggelar press conference abt the situation, gue tambah makin pengen keluar dari segala kerusuhan ini. Gue cuma bisa ketawa ketika jawaban 11 anak-anak itu sounds SOOO~ SM and ppl said it scripted. Funny when you nagging about official statement and they give you what you want but you dont believe it. Take it or leave it, jeez.

    Cuma ada satu hal yang gue pengen nanya ke exo terutama Tao dan Suho, if Leeteuk said they always have an empty seat for Hangeng, why I meet an extremely different situation from the rest of exo? New beginning? Betrayer? I heards the words '11 members' repeatedly, when Super Junior, until know, always says Super Junior consist of 13 members.

    And for Kris, I want to ask only one question, do you miss them?

    Exo slogan is we WERE one (for me). Enough said.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kangen gak ya dia sama membernya???? klo tega ninggalin, klo sudah move on lebih duluan, klo bisa berpura-pura selama ini, tetap kangen gak ya???

      kok bau-baunya kayaknya gak kangen.. yang paling dia kangenin mungkin temannya s kevin itu tp gak membernya...hehheheh

      Delete
  31. EXO tetap EXO :")))))

    ReplyDelete
  32. Gue numpang curhat boleh engga kak? Banyak unek-unek gue yang mau gue share soal kasus yang menimpa bias gue. 
    semua fans pasti sedih, semua fans pasti kecewa, dan semua fans pasti nangis iya kan?. jujur gue kayak lo kak dan temen2 exofans lainnya yang hampir dua minggu hidup ga ada nyawa, engga ada selera buat makan, ngampus bengong, sering nangis ga jelas, di katain lebay sama temen kos2an, bangun pagi-pagi dengan mata yg sembab ga jelas. 15 mei 2014 tanggal paling mengerikan buat sejarah hidup gue di di mana gue jadi kpopers. mereka (EXO OT12) yang sangat berpengaruh bgt di hidup gue, 12 mahluk ganteng-ganteng nista yang akhirnya bikin gue ngefixin buat mendeklarasikan diri gue jadi Exofans karena jujur gue ga ngikutin mereka dr teaser, gue kenal mereka dari MV History dan ini awal mula gue terperangkap dari pesona sang leader M. masih leaderkan? krn gue tau M belom ada yg gantiin kris dan gue tetep bakal menganggap kalo kris itu Leadernya M sampe kapanpun walaupun suatu saat pasti ada yg gantiin -___- pfft. dr awal kenal exo gue langsung ngebias kris, dan entah kenapa sampai hari inipun juga masih sama. Gue kalo udah suka sama orang, jadi ga bisa ganti-ganti gitu kak, kaya yang love first sight gitu dan ini yang bikin gue khawatir nantinya, mungkin kalo gue ga ngebias kris rasa sedih gue ga gini-gini bgt kali ya. Sempet buat mikir leave juga dari exofans, poster di kamar pengen yang dicopotin, album xoxo sama growl yang dulu belinya smpe nabung mati2an sama Album MID yg dpt dari tante Star T_T kayak yang udah engga ada artinya lagi buat gue dan pengen di kasih ke temen aja yg lebih ngebutuhin. Sampai pada akhirnya Overdose gue dateng dan gue gak dapet PC nya kris, rasanya udah mau leave aja dari Exo kayak yg yang menganggap dunia ini ga adil bgt. Tapi ini hanya sekedar pikiran gue aja sih, toh pada akhirnya gue ga jadi leave dan ga akan pernah leave hanya karena kris keluar dari exo. Karena gue sadar mereka lebih membutuhkan support lebih banyak dan tentu saja kris juga butuh hidup yang lebih layak seperti keinginannya. Gue udah rada lega kak, setelah pemberitaan film itu, berarti bentar lagi cita-cita dia selama ini bakalan terwujud dong, bias seneng gue musti seneng. -cont

    ReplyDelete
  33. Tapi akhir-akhir ini gue jadi yang nyesek lagi, usaha gue buat move on dari masalah ini runtuh seketika, ketika ngeliat XOXO last episode di situ jelas banget foto kris disetiap moment bareng exo semuanya di crop, hallo japan sampe nerima penghargaan di MAMA pun di crop. Kayak yang kris dianggep engga pernah ada di exo, kayak yang engga ikut kerja keras di exo. Sampe puncaknya kemarin di di mnet wide, muka kris di BLURR, okelah di crop, tapi ini di BLUR. Kok kayak yang tersangka kasus kriminal bgt, sekeji itu kah kelakuan dia?? Harus banget mukanya diilangin disetiap moment bareng exo. oke kris mungkin orang yang jahat, tapi gue yakin SM lebih kejam dari Kris. Kris cuma berandal kecil yang sekarang lagi bertingkah karena hasutan orang. ini kesannya gue kayak yang ngebela kris banget ya? trus sok tau banget soal SM, tapi bukannya emng begitu? SM itu hanya kerajaan bisniskan, terlepas gue emang suka banget sama artis-artisnya. so, huftttt. ya gue Cuma menyayangkan aja sih, ternyata manajemen artis kebanggaan gue bisa sekejam itu. Tapi terlepas dari itu semua, akhirnya semua orang bebas berspekulasi soal kasus ini, ada yang Cuma pro sama OT11, ada yang Cuma pro sama Kris. Karena sampe sekarang mereka pun masih bungkam dan belom ngasih konfirmasi yang resmi. Gue pengen kris cepet-cepet resmi keluar dari SM, (karena gue tau pada akhirnya dia g bakal balik ke exo). Jadi kalo gue pas spazzingan exo, biar lega gitu engga beban engga ngerasa sedih. Trus gue juga bebas manggil dia wu yifan aktor tampan dari negeri china tanpa ada ada rasa kikuk. So, kalo di tanya “do we have to miss kris?” ya tentu aja kangen, semua orang sekarang mungkin lagi kesel banget sama dia, tapi lambat laun, kita juga bakal ngerti hikmah dari semua ini itu apa, dan alasan dia melakukan ini semua itu apa. Seperti kata lo kak “Semoga EXO memang lebih baik tanpa Kris dan Kris bisa hidup lebih baik di luar EXO”

    sorry ya kak, kalo gue curhatannya kepanjangan. Gue Cuma mau keluarin unek-unek yang selama ini gue pendem, sekalian mumpung lo lagi bahas kasus ini ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sih apa kata lo, walaupun gue ga ngebias kris tp gue ngerti apa yg dirasain sama kris stan kayak lo, terkesan semua emng pada mojokin kris ya walaupun posisi dia emng salah. Tp SM ya engga musti sekejam itu kan ya. Sabar ya kris stan badai pasti berlalau, dan wu yifqn pasti kembali.

      Delete
  34. udah ngelupain kasus ini pas baca ginian sedih lagi. bangke banget. makasih kak.

    ReplyDelete
  35. SM harus mencari 1 member pengganti kris :)

    ReplyDelete
  36. Semua kata-kata di postingan kakak yg ini jleb banget lho.. selama ngebaca dalem hati terus ngomong sendiri "iya juga ya, gua juga ngerasa gitu..", semua perasaan gua tersampaikan di postingan blog ini kayaknya..

    Tapi satu aja sih yang aku harepin, semoga gak ada member baru, secara kan ada 12 kekuatan, dan itu udah ciri khas EXO banget, atau mereka mau bikin WOLF part 3 dan bercerita kemana hilangnya 1 makhluk gaibnya?

    Kayaknya keluarnya Kris bakal bikin rempong banget deh buat comeback selanjutnya.. kayaknya ciri khas mereka dengan ide-ide unik semacem 12 kekuatan itu gak bakal dilanjutin ya..

    ReplyDelete
  37. curhat dikit boleh ya kak...
    gue.... sebulan yang lalu nangisin si kris ini nih 2 hari 2 malem.
    serius.
    gara2 pemberitaan ini astaghfirullah. kris emang gak masuk top 4 bias list gue di exo tapi gue sedih sampe segini nya.
    karena gue gak nyangka aja kok kejadian kaya gini bisa terjadi di exo, di grup yang gue suka.
    gue pikir kris masih bisa bertahan.
    ngeliat dia pas comeback wolf,
    di showtime pas eps terakhir kan nyebur ke laut terus teriak "exo saranghaja"
    gue seneng banget krn gue waktu itu mikir "ah ini orang gak bakal ilang lagi deh kaya kemaren" eh gatau nya sekarang....
    ugh rasanya kaya kita lagi sayang2nya sama pacar eh terus dia mutusin kita secara sepihak. sakiiit bgt. galau nya parah.
    mau udah sekesel apapun gue sama kris... ujung2nya gue kangen sama dia :"(

    ReplyDelete
  38. Kak aku nangis sumpah TTATT ini curhatan kakak keren banget bisa pas gitu sama yang aku rasain :")
    okelah apapun itu.. kita semua tetep fans EXO, We are ONE! <3

    ReplyDelete
  39. Ini pas banget kak sama yang aku rasain. Kak ronzzy keren! EXO.... tetap We are ONE!

    ReplyDelete
  40. sebenarnya yang dperjuangkan si kris itu apa seh??? kesehatan? ketenaran? bakatnya atau apa???

    klo d bilang dia tersiksa krn harus menahan diri..sepertinya smua membernya juga tersiksa menahan diri...klo hanya exo K yg d anak emaskan..helloo SM bukan tipe semakin anak emas, semakin d kasih perhatian yg bagus...smakin anak emas artinya semakin KERJA KERAS...

    klo semua protes ttg member yg unfoll dan marah2 d socmed...harusnya brsyukur ga seh?? artinya s kris bagi member sangat BERARTI..tuh efeknya besar bgt kan...klo ga berarti, aiss yg ada mrk diem aja kali...mau dia out atau entah apa...reaksi member datar!!!

    yang paling menyedihkan bukan KRIS, bukan SM...tapi EXO...kris sudah move on jauh jauh-jauh hari....SM??? apa lg, mrk py berjuta trainee yg siap d debutkan...lalu EXO??? mulai dari NOL...dr AWAL...jd bahan becandaan, jadwal kacau, mental membernya, fisik membernya...

    apakah kris tdk memikirkan EXO??? memikirkan...tp dia kuat meninggalkan EXO krn dia yakin exo kuat dia tinggalkan, exo tdk butuh dia lg...pasti membernya KUAT, pasti membernya MEMAAFKAN..tapi kris lupa...luka walaupun sembuh tetap akan meninggalkan bekas....
    yang di tinggalkan lebih sakit daripada yang meninggalkan...kris lupa kata-kata ini.

    ReplyDelete
  41. berasa gak seh sejak awal sebetulnya SM sdh kasih porsi spesial buat kris?? leader..otomatis sorotannya banyak buat kris...

    comeback wolf, growl..partnya kris smakin UTAMA di exo, jadi MC di acara2, ikutan variety show, d showtime paling banyak d shoot, klo cut-ingan acaranya dia d gabungin, durasi kris paling banyak sendiri dr member yang lain....secara gak langsung kris sama SM mmg d jadikan POROS buat exo...

    member...okelah bilang member fake (tp hebat ya mrk bisa fake slm bertahun2 d depan kamera, d backstage...wooow hebat aja...EXO bakat akting smua)....tp klo d liat selintas, sepertinya mrk sdh nyaman sm kris...exo M apa lagi (kecuali xiumin, jarang terlihat brsama kris)...liat lah baekhyun, chanyeol bahkan DO skali pun, wlpun tdk secara terang-terangan, gesture badannya menyatakan nyaman dengan kris...lalu??? masalahnya dimana???

    mimpi kris dan exo yg tidak sama???

    ReplyDelete
  42. Artikel yang sangat mengena dan semoga membuka pikiran orang-orang di luar sana kalau dunia fandom seharusnya ga usah dibawa seserius itu. Very well-written, good job!

    ReplyDelete
  43. gue sedih banget kak ngeliat kris begitu dibenci saat saat ini, gue tau mungkin emang kris salah, egois, irresponsible, atau apapun lah yang orang bilang. hati gue rasanya sesek banget kalo baca komen2an orang, tentang kebencian mereka ke kris, karena itu semua bisa jadi bener adanya, gue makin sedih lagi.
    selama ini gue berusaha buat netral, buat ga benci sama kris, buat menghargai keputusannya, dan ikhlas dengan kepergiannya, tapi sakit banget ngeliat kebencian kebencian itu. sakit dengerin tao nangis di sm building, sakit baca komentar suho yang bilang kris irresponsible. gue berharap, setidaknya mereka ga saling membenci, setidaknya mereka bisa tetep jadi temen, putus tapi no hard feeling. gue berharap, dan gue percaya, setidaknya sama lay, tetep temen kris.

    @qorinnee

    ReplyDelete
  44. sebelum ujian,pensiun jadi Exofansyorobun.Selesai ujian,dapet berita ini.
    yasalam--
    Semoga dua-duanya (Exo dan Kris) bisa sukses masing-masing.
    iya,kangen suaranya yang serak-serak tsunami macam di lagu Two Moons.

    ReplyDelete
  45. gue udah lama banget nunggu komntar lo soal berita ini kak.
    Gue awalnya juga nggak percaya. udah lama nggak nge-net, terkunci dari dunia luar. tiba-tiba terima berita tentang ini.
    NYESEK banget.
    yang lebih nyesek lagi, ada yang pernah nonton EXO SHOWTIME EPISODE 12 nggak? episode terakhir. scene terakhir nya itu dia harus nyebur ke pantai. pas dia lari menuju pantai (dengan gaya sok cool nya) tau soundtracknya apa? "DON'T GO" T_T
    Gue yang baru nonton episode ini setelah keluar berita ini membatin, "kok ini bisa pas banget?". dan di tengah ombak, Kris teriak, "EXO LETS LOVE!"
    HAHA.

    ReplyDelete
  46. kak...luka lama itu kak.. masih gak ilang juga. tapi bener kata lo, kak "Pada akhirnya kita memang harus terbiasa. Mau ada Kris atau nggak ada Kris, EXO ya tetap EXO. Walaupun slogan 'We Are One' itu jadi terdengar menggelikan, tapi EXO tetap EXO. Mereka akan tetap jadi EXO yang membuat kita semua kenal sama banyak orang dan setidaknya memberikan motivasi untuk melakukan sesuatu." makasih kak buat postingannya :')

    ReplyDelete
  47. Sediihh kak..

    kangen sm kelakuan dia di EXO showtime..ga ada yg kaya dia,langka..

    Apapun kris nantinya gw tetep dukung n spazzing dia.

    So,good luck Kris!

    ReplyDelete
  48. Akhirnyaaaaaaaa akhirnya lu ngepost masalah ini juga haha setuju banget sama spekulasi lu yang bilang kalo ada yang ngomporin kris haha keliatan jelas sih wkwkwk

    ReplyDelete
  49. Bener banget, masa pas di trainee bertahun2 apalagi all members kecuali Kai sama Suho yang lebih dulu ditrainee. Masa mereka ga ada kenangan yang berkesan. Sesulit-sulitnya seseorang beradaptasi sama orang baru, 1 tahun itu ideal lah bisa bikin akrab sama orang. Apalagi mereka pasti kan sering ketemu.

    yang jleb nya pas konferensi pers baik pihak Kris maupun SM tutup mulut soal alasan Kris keluar. Jadi bikin penasaran dan bertanya2 sendiri "kenapa sih?"

    Yah emang aneh juga liat mereka bersebelas, jadi mirip kesebelasan sepak bola *lupakan

    kenapa mereka penuh kepura-puraan ya terutama Kris, aduh kalau dia udah ga tahan di EXO setelah MAMA era kenapa ga berhenti aja? Jadinya kan heungggg uhm ah yasudahlah zzzz

    ReplyDelete
  50. Kak , gue udh move on sama Kris tp gue jd ke-inget lg sama Kris gara2 lo T____T malah baca ini sampe denger lagu sedih T_______T tp di cepetin dong kak review overdose nya T_______________T

    ReplyDelete
  51. Soal Kris yang dulu terlihat seperti bule Kanada yang terjebak di antara cowok-cowok ber-eyeliner. buwahahahaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  52. ya kalo ditanya kecewa atau enggak pasti iya . kesel ya banget lah ya , ah tapi fans bisa apasih itukan kehidupan dia semoga exo jadi lebih baik begitu juga dengan kris.
    exo tetep exo 'we are one'



    ....pft

    ReplyDelete
  53. member baru??? Nerima ot11 aja susah apa lagi nambah member??? -_-

    ReplyDelete
  54. Gua tau banget kok gimana rasanya "ngga betah"
    Emang siapa yg bilang kris ikut audisi SM buat jadi penyanyi? Siapa tau dia ikut audisi buat jadi aktor tapi SM malah nyuruh dia debut sebagai boyband. Bisa jadi. Ya jelas lah kris ngga betah. Itu bukan jalannya dia. Bukan tujuan dia. Batin dia pasti tertekan. Selama ini kris udah cukup sabar, tapi sabar juga ada batesnya kan? Walaupin awalnya kecewa tapi sekarang gua malah ngedukung banget keputusan dia buat lepas dari cap/stempel 'boyband' soalnya ngga cocok banget. Malahan gua sering ngehayal mendingan dia kuliah aja yang bener terus jadi businessman jadi CEO cocok banget kan *korban ff*

    ReplyDelete
  55. Gue udah lupa total ttg kris, terus gue udh yang males gitu buat ngespazzing ttg exo tapi gara gara tulisan lo lagi ron, termehek-mehek hati ini rasanya . Kalo dulu mv, performance, atau live concertnya selalu gue download, sekarang kayak yang rasanya " alah malas dah" atau " yaelah konser lagi, konser lagi". Fantaken, preview dll gapernah gue pantengin, semua yg berbau exo gak terlalu super interesting lagi dimata gue. Entahlah ini bukan perkara gue kehilangan kris karena sesungguhnya dia leader yang sedikit underated dan jarang disorot kamera gitu. Lagipula semenjak growl si wu yi fan ini jarang kebagian scene sama nyanyi, entah itu di K maupun di M.
    Ini lebih kayak gue agak janggal sama WE ARE ONE nya exo. Kayak yang, " emang gue mesti percaya sama we are one we are one mulu, yang dicekokin tiap saat tapi ternyata..."
    Dan gue setuju banget sama lo om ron, masa udah di trainee bareng-bareng dia gapunya sesuatu yang membekas gitu, yang bikin dia nahan ? Kesannya dia udah susah-susah daki puncak gunung tapi dia mau turun ke dasar lagi dengan alasan homesick atau semacamnya.
    Gue disini bukan yang nyalahin kris atau exo. Gue cuma sebagai fans yang kecewa ( siapa sih yang gak kecewa ) karena orang yang dulu sempet bikin gue ilfil dengan baju putih + sayapnya jalan mondar mandir di tengah padang ilalang dan rupanya dia bisa terbang walau lebih mirip jadi stuntman di MAMA, cowok yang bikin ilfil sama kegaringan dia yang jarang bikin gue ketawa, cowok yang dulu pernah rebutan poster seohyun di SM Art Exhibition, cowok kembaran arthur stefano malah pergi gitu aja ninggalin tuntutan sama SM. Gak pake perpisahan gitu kek, atau lambai tangan atau apa tiba-tiba diberitain keluar. Cukup tau aja. Ngeselin.
    Bukan 12 tapi 11, sesungguhnya tuhan menyukai yang ganjil-ganjil (?), tapi bener. Kris udah milih jalan yang menurut dia terbaik walau sebenernya gue kurang puas sama latar dia ngajukan tuntutan buat SM. Dengan kehilangan kris gue harap exo lebih solid, nggak ngebiarin kejadian kayak gini keulang lagi.
    So do we have to miss kris ?
    Yes we do
    Tapi susah buat bikin dia balik karena dia udah milih jalannya sendiri.

    ReplyDelete
  56. Btw ak mw numpang ngasi celotehan nih ttg kasus Kris EXO. tp sblmnya tlg dcatat, sy bceloteh disini dg skenario yifan mgajukan gugatan (a.k.a lawsuit) thdp SM (yifan vs SM) yg isi kasarannya adl yifan mundur sbg kris exo. pndpt ini berdasarkan info2 yg beredar di jagat maya (yg g jarang/sering diragukan kevalidanya :P ) dan juga diketik dg ngawur .* Gini2 :
    • Bs dibilang, saya bs memaklumi (mnrtku “maklum” bkonotasi lbh netral, & bukan berarti sy mnolak atau mnerima 100%) utk alesan dibelakang mundurnya yifan sbg kris EXO. Mungkin aj emg dy g cocok sama atmosfer kerja atau jobdesk, ad alesan kesehatan, alesan keluarga (mau nikah mungkin hahahai impossibruh), ada penawaran di luar yg lebih menjamin masa depan/karir bg seorang wu yifan, dan/atau malah krn penawaran materi yg mgiurkan di luar sana (jadi kepikiran OST nya "the apprentice", :P), (–> alesan terakhir memang terlihat kejam dan nyesekin bg temen2, tp hal ini sering bgt/ lumrah terjadi di sehari2, ^ ^V). tp, apapun alesannya semoga aj alesannya logis dan cukup bs diterima publik (publik mana nih?) dan fans.
    • Yang saya krg setuju dr kejadian ini adl timing gugatannya. H-7 TLP men, bayangin aj hecticnya para member EXO lain mnyesuaikan koreo & lagu, mhadapi reaksi fans, tim kreatif juga sama hrus ngotak atik VCR dll, dan juga tim2 lainnya (mungkin tim marketingnya jg). Para fans juga jgn lupa, btapa sakitnya tuh mereka ketika TLP harunya jadi salah satu moment yg indah bsama harus tercederai dg goncangan tsbt (halaaah, bhs nya). wajar aj sih kalo terus rekan2 (sesama member, staff dll) dan fans ngarasa sakit hati. Mungkin buat sedikit refleksi, buat fans2 yg udah bangkotan pasti pernah ngalamin yg kayak gini atau malah yg nglakuin sendiri (hehehe ^ ^ V) di dunia kerja (project team)/kuliah (pas ngerjain tugas kuliah kelompok atau kompetisi beregu).

    ReplyDelete
  57. Gue tau berita kris keluar pas ada acara gathering kak :" yakali gue nangis alay di acara gathering yang harusnya fun fun gitu. Wkwkwk

    ReplyDelete
  58. lanjutan a.k.a celotehan 2
    • Terkait dg adanya gugatan yifan vs SM, menurutku dg adanya gugatan tsbt ke pengadilan seoul berarti mnunjukkan adanya masalah pelik yg bahkan tidak bs diselesaikan secara internal kedua belah pihak. sebelumnya gini, (ak akn sdkt berasumsi kl hubungan antara yifan dan SM adl hub pekerjaan) yifan bekerja sbg kris EXO di SM kan pasti bdasarkan perjanjian (yg kemudian diwujudkan berupa kontrak). Biasanya di kontrak tsbt ad bagian yg mcantumkan ttg pengakhiran perjanjian, konsekuensi2 tkait dg kontraprestasi yg dilakukan ol salah satu/kedua pihak dan juga penyelesaian sengketa. Jadi sepertinya masalah antara yifan dan SM ini mmg tdk terakomodir di kontrak tsbt, hingga pihak yifan pun kmdn mngajukan gugatan. Sepelik apa masalah itu, aku g tahu jadi gak berani ngasi pendapat lebih krn ak jg g tau ap yg sebenernya tjd “di sana”. Oh y, btw cuma mau sedikit nglurusin (kmrn ad info yg ckup mgelitik)& skalian ngasi tambahan “fyi” ttg mngajukan gugatan ke temen2 aj nih, secethek pengetahuanku kl di korsel, masukin gugatan ke pengadilan itu bs dilakukan oleh kuasa hukum dari penggugat (sama kayak di sini juga) jadi penggugat tdk harus dtg scr fisik k pengadilan. Jd sah2 aj yg masukin itu pengacara “X” yg merupakan kuasa hukum yifan mmasukkan gugatan k Pengadilan Seoul saat yifan tdk ad d seoul.
    • Tkait status yifan sbg kris exo, mnurutku selama kasus ini masih bgulir dan belum ad putusan akhir dr pengadilan, (artinya perjanjian/ kontrak antara yifan dan SM dibekukan/ ditangguhkan dulu (tdk bjalan namun jg belum batal)- biasanya sih gt) maka, kris exo bs dianggap masih sbg member tp sdg hiatus dan job2 kris exo di freeze dulu atau bs dibilang status yifan sbg pekerja (as Kris EXO) di SM dibekukan dulu (hal ini bs diliat di web resmi EXO masih ad nama Kris EXO). Kl ttg member EXO yg lain pas TLP presconf mnyiratkan EXO 11 member,wah saya g tahu apakh itu merupakan pernyataan resmi dr SM (selaku pihak yg ng hire yifan) yg kemudian diwakili oleh member EXO atau itu adalah penyataan pribadi member. Terkait dengan penyensoran Kris EXo oleh salah satu media, ak pikir mungkin media tsbt b’anggapan penyensoran mrpkn kebijakan media tsbt mnindaklanjuti adanya kasus tsbt. Kejam sih keliatanyya. Btw jadi penasaran saa kasus2 yg sblmnya?
    • Terkait dg yifan yg skrg nerima job main film, kl mmg di perjanjian yifan & SM tdk mngatur ktentuan tkait hal tsbt sih gpp. Kan bs aj nih, yifan di SM Cuma sbg kris exo yg nge rap, ng host, n modelling. Jd inget ad artis “jean doe” yg kl nyanyi dinaungi managemnt “X” dan kl akting dinaungi “Y”. tp kl tnyta perjanjian Yifan dan Sm jg mngatur ttg kegiatan akting, ya yifan jg bs dianggap kontaraprestasi, kan perjanjiannya masih blaku (walau freeze mode on) dan belum berakhir.Bs2 kris digugat balik lg sama SM (sangat dimungkinakan , walopun nantinya dg alsan mngguat yg lain smcm : profit loss dsb)

    ReplyDelete
  59. lanjutan a.k.a celotehan 3
    • Nah, kl tnyata bsk gugat yifan kalah, kayaknya peluang yifan lanjut sbg kris exo jg kayaknya kecil, kalopun tetep lanjut juga ehmmm bakalan awkward bgt atmosfer kerjanya. Gimana gak awkward kl km uda pernah mengecewakan oleh rekan kerjamu ( member yg lain keliatan kecewa bgt sama yifan pas TLP prescon). Mungkin, kl secara pertemanan, pasti ad yg kmdn bs mmaafkan dan mlanjutkan pertemanan sperti dulu, tp bekas kekecewaan itu pasti akan ttp ad.
    • Utk SM, waduh broh, kayaknya ini perusahaan musti belajar terus mperbaiki diri dari segala sektor kalo memang mau tetep jadi eksis. (kehabisan kata2 ak buat yg satu ini)
    • Terakhir semoga kasus ini berakhir dg hasil yg terbaik bagi masing pihak. Amin
    P.S.: Tolong anggap saja ketikan diatas semacam selingan yg TDK PERLU ditanggapi/dbaca dg SERIUS.^ ^
    Saran saya buat sesama fans adl tetap mnikmati hiburan2 yg disajikan oleh mereka (mau EXO kek, mau individual kek, yg penting kl emg mhibur ya dinikmati aj). Smg kita semua bs belajar dr kejadian ini.
    maaf kl ketikan diatas krg pas di hati/ tlalu formal/ribet/sok-sokan/tllalu panjang/”g bgt” dsb.Buat Kak Ron, komen ak G usah di approve jg gpp (malah it lbh baik, biar g malu2in bg bangsa anonymous), krn ak cuma mau curcol doang sm Kak Ron. hehehe
    Makasi bgt bwt Kak Ron yg udah kadi pemantik sesi curhat atas “prahara” Kris EXO kali ini. Good luck 4 ur real life “Kak Ron” :D

    ReplyDelete
  60. Awalnya sih aku marah sama kris tapi buat apa sih marah? benci? itu semua ngga bakal ngebuat semuanya baik baik aja kaya dulu
    intinya aku respect sm keputusan kris buat keluar terus kadang aku sebel aja sih baca komenan fans kalau di foto foto exo akhir-akhir ini kris selalu di crop atau di video video exo krisnya di cut bahkan di blur, ya itu semua kan kebutuhan broadcast, posisi kris untuk saat ini bukan lg dihandle sama SM tapi sm pengacaranya jadi ya wajar aja sih, mungkin juga pihak dari krisnya sendiri minta buat SM ngga menggunakan semua yang berhubungan dengan dia buat kepentingan iklan. Hal ini jelas ngga ada hubungannya sama seolah-olah existencenya kris selama ini ngga dianggap sama member member exo yg lainnya

    ReplyDelete
  61. yah gagal move on lagi gegara plog post kakak ini -______-

    ReplyDelete
  62. duhhh, padahal dari 2 minggu kemarin aku udh lupain soal ini -.-..karena kak ron jadi keinget lagi, oh kriss!

    emng bener sih kak aku jga semper anger pas nih berita real adanya *halah*, dulu sebelum wolf era jga begitu kris tiba-2 menghilang layaknya diisep pake penghisep debu dengan rumor 'bakal ninggalin exo'.
    bener kata temen ku yg jga exofans biarin kris keluar. toh kalau itu keputusan kris kita /hanya/ sebagai fans bisa apa? toh kalau exo sebelas juga mereka tetep EXO yang cuman ditinggal satu helai(?) personilnya -___-

    Do we have to miss kris dragon ? yes -ajah- ;_;
    walaupun ada rasa painful nyangkut(?) :'))

    ReplyDelete
  63. Disaat semua orang benci, ngehina & jijik sama wuyifan. Ko akhir2 ini gua malah lebih sayang sama dia ya daripada exo? Kenapa ya? Gua juga ngga tau.. padahal sebelumnya di exo gua ngga ngebiasin siapa2.
    Dia emang ngelakuin banyak kesalahan besar tapi yg namanya manusia egois untuk kebahagiaan diri sendiri sekali2 juga perlu kan? Semua orang juga pernah ngalamin & ngelakin itu. Jangan munafik :)
    Wuyifan punya alasan tersendiri yang bahkan dia sendiri sulit buat ngejelasinnya, sampe ngelakuin hal yg luar biasa kaya gini.
    Gua juga pernah ngerasain di posisi itu. Bukan gua aja tapi kita semua pernah ngalamin. Ngga betah di suatu tempat/situasi sampe rasanya mau nangis kesel sedih marah tapi bingung mesti gimana. Sampe rasanya mau mati.
    Gua sih sedih aja sama haters, emang mereka bukan manusia? Ngga pernah ngerasain situasi kaya gitu? Mereka hidup dimana sih? Apa mereka raja/ratu yg kehidupannya selalu bahagia dan benar. Bahkan yg gua tau raja/ratu juga hidupnya banyak masalah tuh..
    Maaf ya gua numpang curhat. Udah gitu kepanjangan pula. Maaff peace!!

    ReplyDelete
  64. KALO BUAT GUE. KRIS adalah tipe orang yang BERPERASAAN banget. OK lo mungkin lihat KRIS terlihat ramah-bijaksana-keren- dan kadang terlihta culun juga di depan kamera dengan semua member. Tapi gue punya feeling kalo KRIS itu mudah sakit hati ketika semua member EXO membully KRIS karna KRIS itu keren tapi dork juga. Itu semua gue lihat di EXO SHOWTIME dimana semua tingkah laku KRIS aslinya terlihat. Kayak KRIS merasa dibully seperti cuma modal tampang tapi aslinya BEGO dan CULUN GAK BISA APA APA. Inget ga? EXO SHOWTIME12 pas SUHO cerita soal dia yg ga pernah digubris terus bahas leader exo k exo m, trus KRIS bilang?? I WAS A LEADER???. Dan gatau kenapa kayaknya antara KRIS dan SUHO seperti ada saling ketidak sukaan. Dan kalian udah nonton ini? coba cek di youtube! (http://www.youtube.com/watch?v=Z99aidc0yRI) coba cek di menit akhir ekspresi KRIS yang marah dimana si TAO bilang "Makanya Kalo Bertindak Itu Pake Otak" Dan KRIS marah banget kayak gimana sih lo dibilang BEGO/BODOH/GOBLOK?? DAN KRIS INI TIPE ORANG YANG SADAR AKAN DIRINYA DAN DIA GA PERNAH BULLY ORANG KARNA DIA SADAR DIA BUKAN MANUSIA SEMPURNA. TAPI KENAPA LO PARA MEMBER SUKA BULLY KRIS BERLEBIHAN??? Yah gini kalo orang udah terlalu sabar trus marah dan sakit hati. Yah emang kita ga pernah tau internal di EXO sesungguhnya. Dan menurut gue KRIS jadi seperti "Helooo gue ini keren-wajah bule dapetlah-bisa 4 bahasa-jago main basket-tinggi-putih-keren-jago akting. Ngapain gue harus pertahanin bareng 11 cowok aneh bereyeliner-yang suka aegyo-dan yg suka membully gue?? Yang ada malah gue jadi tertular". Dan yah lo tau akhrinya KRIS memutuskan keluar. Gue ga pernah benci KRIS. Di mata gue itu keputusan terbaik buat dia. Dan KRIS punya kehidupannya sendiri. Malah gue jadi kasihan sama KRIS kalo cuma gara2 keluar dari EXO dia dibenci.

    ReplyDelete
  65. Aduhhh....
    Emang sih awal denger kabar ini gue berusaha gak percaya.
    Tapi lama kelamaan, emang kayaknya ini bener.
    Dan gue sempet nangis berhari hari gara gara itu.
    Tapi gue sadar, kalo gue nangis terus. Emang Kris bahagia? Emang itu bisa buat Kris balik ke EXO lagi?
    Yah,, akhirnya gue mencoba buat gak peduliin kasus ini.
    Tapi, setelah gue baca ini.
    Rasanya ada kekecewaan yang balik lagi dihati gue.
    Dan akhirnya, Gue cuma bisa do'ain yang terbaik aja buat EXO, buat Kris, dan semua orang yang udah dukung EXO.
    Dan kalo emang ada oknum yang hasut Kris dalam kasus ini, Gue berharap dia sadar dan bisa kembali ke jalan yang benar. Jadi orang bener lagi.
    Amin...

    ReplyDelete
  66. Kayaknya emang bagus juga si Galaxy keluar, akhirnya ada jalan biar gak terlalu fokus sama 12 orang--orang cantik ini. Tapi.... rasanya bakalan beda pas nanti (kalo) liat fashion dia di airport T.Tl lagi sebagai Yi Fan... :'(

    ReplyDelete
  67. kris itu ternyata hanya manusia

    ReplyDelete
  68. kalo menurut gw sih, masih belom bisa bilang Kris keluar dari EXO. Management-nya aja belom ngemeng apa-apa soal itu wkwk :|

    ReplyDelete
  69. Nyesekk gue bacanya T.T
    Tapi gue tetep di EXO !

    ReplyDelete
  70. awal2nya emg kecewa sama kris, kenapa harus keluar dengan cara kaya gitu kenapa pake pengadilan segala, ga bisa ya keluar dgn cara baik2 tp itu kemaren, maklum masih menggebu2 emosinya, skrg mencoba nerima kenyataan kalo kris milih buat ninggalin exo dan exo sekarang cmn ber-11
    iya kris emg egois ninggalin exo, tp kita juga sama egoisnya kalo cmn mentingin kebahagiaan kita doang kan jadi kalo yg terbaik buat kris itu keluar dari exo yaudah pasrah aja

    ReplyDelete
  71. Ada batu di balik udang. Menurut gue sih pasti ada alasan tersendiri dari kris. Walau gue bukan bias nya kris. Tapi ya, gue yakin manusia itu ada batas pertahanan. Betul kata lo ka ron dia emang gak bisa selama nya jadi penghibur buat fans nya di exo. Mungkin sekarang dia cuma keluar. Coba kalo dia meninggal? Ya ga mungkin kali kita tetep bilang kris egois. Kali dari diri gue ya ... gue ga setuku sama pendapat lo ka. Gue rasa dia ga bisa di bilang egois. Justru kita yang egois. Karena kita memaksakan kehendak kita untuk kris selalu ada buat kita. Tapi kita aja ga bisa bantu kris nya. Tentng slogan, kita semua fans nya aja emang one ka. Kita bakal tetep satu. Exo beserta seluruh fans nya itu ya family. Jadi ... kita sebagai fans yang baik teteo harus mendukung dong. Kalau di judge begini yang keteken bukan kris doang tapi seluruh member exo dan fans juga ikutan thx ... @rowskyer

    ReplyDelete
  72. "Apapun yang ada di depan kamera nggak ada yang bener."

    Dulu, duluuuu banget SHINee Jonghyun pernah bilang di sebuah reality show, "Jangan percaya semua yang kalian lihat dan dengar di TV." trus dia disikut abis-abisan sama member SHINee yang lain.
    Trus lagi, sejelek-jeleknya akting seorang idol, mereka waktu trainee tetap pernah dapat kelas akting, jadi yah... walaupun jelek, tetep bisa akting lah ^^

    ReplyDelete
  73. ah gue nggak tahu bakal gimana setelah ini. masih jadi bagian dari EXOfansyorobun atau nggak.
    Karena Kris yang membuat gue suka sama EXO. Bukan EXO yang mebuat gue suka sama Kris.

    ReplyDelete
  74. kak bahas comeback'x f(x) dh mndingan..

    ReplyDelete
  75. gua denger kris hengkang dari exo karna honor yang dikit tapi job nya seabrek-abrek, manusia itu kan beda-beda tingkat kesabarannya, mungkin kris udah gasabar lagi sama tingkah SM tapi member exo yang lain masih nyaman, manusia kan beda beda. emang kris salah karna udah buat slogan exo " we are one" jadi aneh, emang kris kelihatan egois tapikan dia punya hak untuk bahagia di kehidupan dia sendiri, disini bukan kris doang yang salah, SM juga salah, sebagai fans kita kan cuma bisa mendukung kris aja, ini sih menurut opini di pandangan gua aja

    ReplyDelete
  76. kak ronie
    bahas comebacknya f(x) doong...

    ReplyDelete
  77. soal berita itu, aku yang pertama kali beritahu kamu, masih ingat kan???????

    ReplyDelete
  78. akhirnya gue berani baca. yang bikin gue kecewa adalah dia keluar setelah overdose. yang bikin gue teriak "ganteng' meskipun kaya org mau mancing

    ReplyDelete
  79. Awalnya pas tau rumor Kris sakit itu tuh serada percaya pas ada gambar laporannya, apalagi ditambah bio ignya "darkness in my eyes but lights up in the sky". Dalam hati saya apa ini org punya penyakit parah amatnya segitunya/? jd saya pikir apapun keputusan yang dia buat nanti saya relakan

    TAPI... pas tau dia main film yang bakal tayang tanggal 14 feb 2015, saya KESEL. MERASA TERTIPU, tapi ya saya pikir dia nggak blak2an juga sih ngomong klo dia sakit myocarditis. saya eneg, gedeg sama dia. pikiran saya itu selalu ngebandingin dia sama f(x) terlebihnya. dia merasa diabaikan sama SM karena SM selalu menolak tawaran akting untuk Kris jd Kris keluar (kata artikel yang keluar waktu awal2 ada berita kris ngegugat SM, dan saya lagi inget ama percaya dengan artikel itu ya karena suasananya mendukung ya garagara Kris main film ternyata). "kenapa sih Kris keluar?" "Emang semenderita apa sih dia?" "Lebih menderita dia apa f(x) sih?" "Dia kan salah satu member boyband yang lagi jaya2nya dan salah satu LEADER lagi, knp keluar? f(x) aja kalem aja tuh nggak tenar2 amat" "Apa dia ini udh lama ngerencanain buat keluar apa dipaksa seseorang sih baru2 ini?" itu semua pernyataan yang keluar dari pemikiran saya

    dan saya pun nonton lagi momen2 EXO. ngeliat Kris sebegitu bahagianya kayaknya nggak mungkin dia ngerencanainnya udh lama. sedidepan depannya kamera pun org pasti nggak selalu akting. pasti ada salah satu waktu menunjukkan oh itu dia. dan itu membuat saya bingung. tp ada lagi pemikiran saya klo ini mungkin emang kemauan Kris karena mungkin Kris udh gedeg kali ya tawaran akting buat dia ditolak mulu, segedeg gedeg nya org pasti dia klo lagi di bawah emosi itu bakalan lebih milih hal lain yg jelas dia inginkan dan ternyata yg dia inginkan ada di depan mata, peduli sama momen momen bersama member EXO lainnya? ah klo dari saya nonton acara yg ada exonya juga, kayaknya kris nggak terlalu yahhh nggak terlalu care ya. care sih tp ya nggak sampe banget banget walaupun mungkin dia sedih juga klo nonton HappyCamp yg baru baru ini ada EXOnya. saya aja mikir sekolah rasanya pengen kabur klo ada kesempatan buat kabur sejauh2nya (lebay), saya kagak mikirin tuh gimana temen saya, keluarga saya, bahkan bagaimana yang udh ngelewatin masa2 yg skrg menurut saya sulit klo saya mikirin susahnya sekolah dan ada kesempatan buat kabur (sayangnya kesempatan itu nggak ada). ya mungkin samalah sama Kris, klo kalian suruh dia mikir yang lain itu juga sama aja kayak dia, ya namanya lagi dalam bawaan emosional ya kagak mikirin sama kayak saya tadi kagak mikirin gmn org2 yang udh ngelewatin hal yang bagi saya sulit. ya klo dipikir2 sih mau ini kemauan Kris atau ada 'seseorang'/'sesuatu' yang mempengaruhinya ya itulah jalan Kris. saya sih masih gedeg ya sama dia, tapi saya coba buat menerima. dan pastinya saya bakal support EXO! ohya, masalah saya kabur itu..... sebenernya saya masih mikir di waktu saya emosional juga walaupun saya lebih ke pihak keinginan, keluarga saya ajak bareng kabur dan sya kabur sambil sekolah. keinginan saya kan kabur... jd saya pikir, saya menggabungkan antara keinginan dan kewajiban, dan masalah mikirin temen, saya pikir setelah saya kabur, saya akan bertemu dengan teman2 saya lagi wk. jd saya berharap banget Kris juga berpikiran seperti itu. main film tp juga masih jd artis SM, setelah ke unknown an dia dimana, dia bisa balik ke EXO wkwkwk. just opini wkwkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  80. kalo gue yang jelas tetep percaya sama tao dan yixing kak....liat tuh di weibo/ social media mereka...apalagi yg postingan weibo dari lay beberapa waktu yg lalu yang isinya kaya surat wasiat gitu, panjang bgt.lol kita ga pernah tau apa yg sebenarnya terjadi di dalam SM, berita-berita yg berkembang di internet mah cuma rumor dan perkiraan orang-orang doang kan?



    trus gw jg pernah baca ttg artikel sutradara xu jinglei yg rumornya pacaran sama kris...cb buka deh di koreanindo, disistu ditulis kl jinglei sudah tertarik sama kris bahkan sejak dia masih di exo (maksud nya bukan tertarik cinta ya) dan ia yang membantu kris keluar dari exo..jangan2 yang ngebantu kris keluar adalah jinglei itu sendiri....?who knows....

    trus ttg masalah adanya seseorang / perusahaan yg ga suka sama Exo dan kehadiran SM di Cina...itu mungkin sekali kak...soal nya aku pernah baca artikel yg bahas itu...masih inget kan SM pas kerjasama sama baidu Cina buat melebarkan pasar nya lebih serius lagi di Cina?nah itu ada saingan nya baidu yang ga suka sama Baidu...gw masih inget loh, 1-2 hari setelah berita nya kris keluar itu kan kayak ada kepanikan dan keributan diantara fans kan...trus di weibo muncul banyak bgt rumor-rumor ttg exo yg ga jelas dan dari akun2 fansite exo yg ada di weibo juga di hack sama orang yg ga dikenal...dari beberapa akun yg terverified sama weibo juga ngeluarin rumor palsu ttg exo..sampe dari beberapa akun yg 'senpai' kaya namja1to4 itu jg minta dukungan fans internasional buat bantu bersihin nama baik exo di situs cina dengan cara masukin keyword kata-kata pencarian exo yang baik...misal kaya 'exo lay angel' ....... dan.....di website resminya exo pas malem2 sekitar jam 1 juga dihack sama seseorang kak...ini aneh bgt...disaat kondisi terjadi keributan dan kepanikan kaya gitu, ada orang yg sepertinya emang mau nambah runyam. gw yakin kalo ini semua mah udah direncanain matang-matang kak...ga mungkin seseorang bisa keluar dan melawan SM yang sebesar itu tanpa dukungan dari 'sesuatu yang besar' pula.....


    kl masalah rumor kris yang ga dapet job akting, itu masalah waktu doang...masih inget lay pas di happy camp dia keliatan bgt kecewa n sedih...menurut gue itu ga dibuat-buat...dia juga bilang kalo kris itu harusnya nahan dikit aja , pasti semuanya akan tetap baik-baik..gue SM stan. gue tau tipikal nya SM. mereka kalo ngasih kesempatan kerja sama artis nya (job pribadi) selalu bergilir. misal nih kaya SHINee...dulu pas awal-awal yang dipromosiin dan banyak job pribadi itu si minho sama onew..tapi sejak tahun 2013 si taemin mulai dipromosiin dan dikasih job pribadi...kl sekarang taun 2014 gantian key sama jonghyun....intinya semua cuma masalah waktu, andai aja kris mau sedikit sabar pasti dikasih ijin buat main film kok...pasti. kalo sekarang kan exo masih tergolong rookie dan mereka masih membangun image dan banyak kerja tim, jadi yang sekarang dipromosikan ya si luhan sama kai (karena mereka berdua menurut gue image dan visual nya exo).


    trus tentang rumor yang katanya digaji paling minim....mungkin bisa dijelaskan dengan cara gini...tiap trainer dari SM kan mereka dilatih sama orang-orang yang profesional dan mahal buat persiapan debut..trus ada juga biaya hidup, makan, asrama, dll...ntar mereka utang sama SM kan buat bayar itu semua..apalagi buat trainer yang jauh dari korea kaya china line...bayangin aja berapa banyak utang yang harus dibayar buat melunasi itu semua...apalagi kris yang masa trainingnya 4 tahun...itu termasuk lama loh...kl SM mungkin gaji exo ntar dibagi 12 orang, masih dikurangin sama buat bayar utang, dan dikurangin lagi untuk ambil laba dari exo...minim bgt ya gajinya anak exo, miris...


    untuk masalah kris yang bakal balik lagi dari exo, gue kok ngerasa geli ya...ga mungkin deh dia bakal balik lagi...ke korea aja dia ga mau...sidang mediasi aja dia juga ga mau ketemu sama SM, pokoknya ntar diwakilkan terus sama lawyernya gitu....

    udah gitu aja kak, sekian..

    ReplyDelete
    Replies
    1. +1 Gant!
      Fans cerdas bingitz ente, Gan!
      Ane suka!

      *kasi cendolnya*

      Delete
  81. Abis shubuh buka TL isinya punya Kak Ron...dan...itu menyangkut
    Kris...entah harus comment kayak gimana?hari ini bad mood banget...jadi
    aku buka lagi blog ini...mengenang "masa bahagia itu".

    Nyampe kapan ya aku bisa adem...

    Hah!Nan molla.... :,(

    ReplyDelete
  82. sebenarnya ini udh di code sama SM nya sendiri kalo menurut gue. masih inget drama Wolf g ? yg awalnya kris pergi dengan raut muka kyk setengah hati gitu. trus lu liat deh episode2 berikutnya. kyk ada hubungannya sama exo di dunia nyata. ntah ini sebagai setingan atau kebetulan. tp aneh aja. semenjak ada berita kyk gini. ini kyk ada isyarat bahwa drama wolf itu ada hubungannya sama tindakan EXO baik kris abis itu Luhan terus Tao.

    *Maaf ya min kalo omonganku menyinggung. tp ini hasil dr pemikiranku

    ReplyDelete
  83. Question : siapa KRIS?
    Answer : bule Kanada yang terjebak diantara cowok-cowok ber-eyeliner
    Audiens: hahahahahaha

    ReplyDelete