Jonghyun Solo Debut: Teaser Review

Dua ribu limabelas dan SM membuka tahun ini dengan debut solo Jonghyun 'SHINee'. Oh astagaaaaaa!!!!! Sebuah proyek yang sebenarnya enggak gue harapkan. Walaupun gue termasuk orang yang sangat menikmati karya-karya SHINee sejak debut mereka.

Gue tidak mau menyebut diri gue sebagai Shawol. Tidak. Tidak. Meskipun yang membawa (dan menjerumuskan) gue ke dunia KPop adalah grup ini (TERKUTUK KAU 'LOVE LIKE OXYGEN'!), tapi gue masih jauh dari identitas seorang Shawol. Terkadang malah gue lebih memilih untuk tidak melabeli diri gue dengan identitas fandom apapun (umpetin L-Card).

Menurut gue pribadi, sekali lo udah melabeli diri lo dengan nama fandom maka lo nggak akan bisa keluar. Sebuah ketakutan juga sih dari pribadi gue kalo gue nantinya nggak akan bisa keluar dari fandom itu. KPop itu jeratannya udah ngalahin kecanduan video porno kayaknya ya. Sekali masuk, susah keluar. Kalo udah masuk, pas mau keluar digunjing temen sefandom.

Hahaha
*
*
Debut solo Jonghyun gue rasa lebih masuk akal ketimbang ketika SM mendebutkan Taemin. Kesannya pas Taemin debut itu kayak yang "HAH APA? KOK TIBA-TIBA SI RAMBUT JAMUR YANG DEBUT SOLO?!"

Mungkin selama ini di kepala gue Taemin adalah kutu-dance berambut jamur yang kerempeng dan pake baju kebesaran pas nyanyi 'Replay'. Taemin itu bukan tipikal vokalis. Kalau misalnya di dunia ini hanya ada satu pekerjaan yang bisa dia pilih maka dia akan milih jadi dancer, pikir gue.

Waktu 'ACE' rilis, gue selalu mikir kenapa SM nggak debutin Onew duluan aja sih. Kenapa harus Taemin?! (Maaf, bias).

Walaupun iya, di beberapa album terakhir SHINee memang Taemin berkembang pesat sekali. Memang mungkin dulu dia kalo nyanyi cuma sedikit-sedikit. Tapi di beberapa album terakhir, suaranya udah mulai kebentuk. Ini loh Taemin yang nyanyi. Dia sekarang vokal juga, enggak cuma main dancer.

Gue ngeliat dia udah mulai 'bisa nyanyi' sejak ngegantiin Jonghyun di 'Why So Serious'. Kalo dipikir-pikir gitu kan, kalo salah satu main vokal berhalangan tampil maka seharusnya main vokal lainnya yang menggantikan. Tapi manajemen justru menunjuk main dancer untuk nyanyi. Sebuah tantangan buat Taemin dan dia berhasil melakukannya dengan baik.

Kembali ke Jonghyun!
*

*
Dari semua idol yang debut di bawah SM (dan masih aktif di SM sampai sekarang, untuk lebih spesifik), enggak banyak yang bisa nyanyi sebaik Jonghyun. Salah satu vokalis SM yang juara. Tipe suaranya khas banget dan bisa dibilang jiwanya SHINee banget.

Dengerin lagu-lagu SHINee tanpa suara erangan-kecetit-in-high-note-nya Jonghyun tuh kayak ada yang kurang. Nggak bisa bohong kalo di SHINee dia yang paling menonjol (tapi tetep sih gue lebih suka warna vokal Onew sebenarnya. Aduh maaf, bias). Nggak heran kenapa SM selalu memasukkan Jonghyun ke daftar penyanyi SM The Ballad kan. Walaupun sedih juga, kenapa Onew nggak :"(

Konsep album 'BASE' jika melirik teaser videonya (halah kenapa bahasanya jadi begini), maka rasanya tidak jauh berbeda dari 'ACE' milik Taemin (yah dilanjutin lagi bahasa kakunya). Mungkin emang sengaja kali ya? Supaya serumpun gitu anak-anak SHINee kalo debut, semua punya konsep yang seragam. Kalau sekarang mungkin memang fine-fine aja, tapi kalo nanti Onew yang debut solo terus konsepnya gitu juga, pasti akan membosankan.

Kemiripan nggak cuma dari teaser video aja sih. Penyebutan 'BASE' sama 'ACE' juga kan terdengar mirip. 'Be-is' - 'E-is'. Kalau Minho debut solo nanti judul albumnya apa? 'DRESS'? Lah. Tapi bingung juga sih kalo Minho debut solo. Dari semua member SHINee, yang progress-nya sampai sekarang belum ke tahap nyanyi dengan banyak part kan cuma dia.

Pft.

Tapi anyway, 'ACE'-nya Taemin tiga huruf terus logonya segitiga. Terus 'BASE'-nya Jonghyun empat huruf logonya segi empat. Ya bisalah 'DRESS'-nya Minho segi lima ya soalnya lima huruf. Segi enam sudah buat EXO jadi Onew sama Key nanti segi tujuh sama segi delapan aja. #ngatur
*
*
Kesan misterius di teaser 'BASE' dapet lah. Pertanyaan pertama yang terlintas di kepala gue adalah, kenapa setelah diborgol begitu bajunya masih rapi aja. Kayak semacem nggak ada perlawanan banget gitu at least lecek kek, sobek kek apa kek gitu kan biar lebih dramatis. Itu pasti Jonghyun lagi dateng ke kawinan siapa terus di minumannya dikasi obat tidur ya terus diseret ke ruangan gelap itu, makanya tanpa perlawanan.
*
*
Teaser ini pun terasa kayak 'Danger'-nya Taemin menurut gue. Terlebih logo album Jonghyun dan Taemin juga dibuat dengan konsep sama. Tapi memang misteriusnya dapet. Bikin kita penasaran, siapa yang ngasih Jonghyun obat tidur pas lagi kondangan.

SM memang jagonya bikin teaser agak bagus dan bikin penasaran. Tapi kalo nanti MV-nya sudah dirilis, seringkali zonk. Manajemen ini memang manajemen yang teaser MV-nya paling PHP sedunia pokoknya. Sebagai fans tua, gue selalu menanti-nantikan kapan SM mau bikin MV kayak VIXX gitu. Atay misalnya MV-MV produksinya LOEN. Bagus-bagus dan unik. Ada kesan niat gitu loh.

Seharusnya sih 2015 ini ada perubahan. Soalnya beberapa MV di 2014 kan terasa niatnya yah. Nggak ala-ala.

Sedihnya, Jonghyun keliatan kurus banget di teaser video pertama. Mukanya jadi runcing. Lebih cocok Jonghyun jadi pemain GGS ketimbang Ricky Harun. Jadi nggak mirip Donghae/Amber lagi sekarang. Malah keliatan lebih tua dari seharusnya. Kayak kakek-kakek gitu. Kayaknya sih bukan efek rambut. Mungkin karena efek terlalu keras latihannya.
*
*
*
Kasian. Lelah banget pasti ngebentuk badan yang kemudian ditunjukkan ke teaser video kedua 'Crazy (Guilty Pleasure)'. Memang sih, beberapa tahun terakhir dia suka pamer badannya yang membesar secara drastis dari debutnya dulu (yang menurut gue lebih baik ketimbang badannya yang sekarang. Entah kenapa kalo artis SM berotot lebay itu kayak eksibisionis banget--uhuk Choi Siwon uhuk--dan sedikit menakutkan).

Tapi ya... mungkin itu yang fans mau ya. Biar bisa dijadikan fantasi (apa). Kalo bisa telanjang mungkin ya telanjang.

Teasernya kurang BLING BLING IS JONGHYUN! sih ya kayaknya. Kurang mentereng.

Melihat adanya kemiripan konsep dengan 'Danger' membuat gue berharap lagunya lebih bagus dari 'Danger'. Soalnya gue nggak begitu suka lagu itu. Walaupun pada akhirnya itu jadi Michael Jackson Taemin banget, tapi untuk dijadiin title track menurut gue gak cocok. Bingung juga kenapa itu yang harus dipilih karena di track lain album 'ACE' kan banyak juga yang bagus.

Nah, kalo dari sedikit bocoran di teaser videonya sih lagu 'Crazy (Guilty Pleasure)' terdengar meyakinkan. Hehe. Semacem berusaha untuk men-sugesti diri sendiri supaya suka lagunya.

Etapi emang bener sih. Ada lagu-lagu yang memang sudah ketahuan bagus dari teasernya aja. Ada juga lagu-lagu yang nggak bisa dinilai hanya dari teaser-nya aja. Nah, Jonghyun ini salah satunya gue pikir yang masuk kategori pertama. Semoga aja. Karena ini 2015 ya gue mau berbaik sangka aja kalo title track-nya Jonghyun lebih bagus dari Taemin.
*

*
Gue pribadi pengen SHINee dan semua member yang debut solo nantinya ada satu atau dua lagu yang punya nuansa kayak tracklist di album 'The SHINee World' dan 'Lucifer'. ADUH!!!!!! Dua album itu udah paling juara! SHINee banget!!!

Menurut gue sampai sekarang SHINee sendiri belum bisa mengalahkan kesuksesan tracklist kedua album itu (di hati gue). Walaupun gue suka lagu-lagu di album seri 'Misconceptions', tapi album 1 dan 2-nya SHINee adalah yang terbaik menurut gue.
*
 *
Teaser-teaser foto Jonghyun sih nggak terlalu miskin busana kayak Taemin. Tapi nuansanya ngingetin gue sama teaser-teaser foto pas 'Dream Girl'. Ya gak?

Dan ini juga beberapa shot yang membuat 'Crazy (Guilty Pleasure)' dan 'Danger' terasa sama:
*
Mikrofon-nya

Setengah telanjang-nya

Logo-nya
Bagaimana pendapat kalian soal debut solo Jonghyun? Sebagai netizen yang tentunya lebih update dari gue, boleh banget informasi tambahannya ditulis di bagian komentar loh! Hahaha See you di review MV!


Share:

4 komentar