EXO 2015: EXODUS [Chapter 2] #TAO

*
Gue cukup menikmati setiap jam yang berlalu di hari Kamis kemarin. Mungkin alasan terbesarnya karena gue bisa curi-curi nulis blog di jam kantor. Hehe. Jangan khawatir, pekerjaan gue selesai sesuai target kok sebelum akhirnya gue menghabiskan sekitar empat jam ngetak-ngetik ngarang bebas soal teaser Kai.

Setelah beberapa jam berlalu sejak posting-an pertama naik ke blog, secara mendadak--lagi-lagi di saat gue tidak siap dengan apapun--teaser berikutnya dirilis. Mengejutkannya lagi, yang dirilis adalah Dia-Yang-Namanya-Kalo-Gue-Sebut-Kadang-Gue-Sendiri-Suka-Kesel-Soalnya-Pasti-Keinget-Dia-Lari-Lari-Di-Namsan-Tower-Sambil-Teriak-Teriak-Genit.

KZL.

Sesuai tebakan, tapi tidak sesuai harapan. Padahal sebenarnya teaser kedua itu harusnya kan D.O gitu biar KaiSoo feels-nya berasa. Tapi ya apa daya karena EXO adalah grup yang terdiri dari orang-orang Korea dan Tiongkok, jadi harus adil. Abis member Korea, harus member Tiongkok. Giliran. Biar nggak dibilang rasis.

Kalo dibilang tebakan gue bener sih sebenarnya ya... gimana ya... gue sendiri sebenarnya suka asal ngomong, terus kejadian. Suka nggak sengaja mikir apa, terus kejadian. Kadang-kadang ngeri, kadang-kadang seru juga. Tapi seringkali zonk.

Tapi siapa tahu sebenarnya memang gue ini keturunan peramal kan gitu ya. Siapa tahu kakek buyutnya nenek buyut saudara lain ayah dari neneknya kakek buyut gue dulu bisa ngeramal. Terus bakat itu turun ke gue. Kan kita gak pernah tahu. Susah juga buat nyari tahunya.

Jadi suatu hari gue pernah coba membuktikan kalau tebakan gue terkadang memang bisa tepat.

Gue beli CD 'Overdose' barengan sama Dito. Dia pengen dapet photocard D.O dan gue pengen ngejer Photocard Baekhyun. Gue kalo beli CD selalu K dan M kan dan kalo M gue pasrah aja dapet siapa aja (tapi karena pasrah ini gue selalu dapet Tao. Jodoh emang gue sama bias gue yang satu ini) (PFT BIAS) (PFFFTTTT).

Waktu CD-nya sampe, gue ambil secara random salah satu CD versi K. Dengan harapan kalau gue akan dapat Baekhyun. CD-nya beneran masih di segel. Nah, biasanya gue sial tuh di saat kayak gini. Milih apa-apa biasanya gue dapet apa yang gue nggak pengen. Bener aja, pas gue buka itu isinya photocard D.O.

Gue minta Dito dateng ke kantor buat ambil CD-nya dia karena gue nggak mau membongkar CD orang. Jadi niatnya CD itu biar dibuka sama dia sendiri tapi di depan gue gitu biar gue bisa merasakan eksaytmen(?) saat CD-nya dibuka.

"Buka sekarang di sini, ini isinya photocard Baekhyun soalnya," kata gue. Tahu dari mana? Entah. Asal ngomong aja.

Tapi pas dia buka, beneran Baekhyun.

Gue sendiri tercengang.

Di lain kesempatan gue berseloroh bilang, "Iya sekarang boleh aja gue jomblo, liat aja besok pagi gue pasti dapet pacar," berharap kalau apa yang gue katakan bisa jadi kenyataan seperti halnya apa yang gue tebak-tebak soal photocard Baekhyun.

Tapi ternyata gagal.

Akhirnya gue memutuskan untuk pacaran sama photocard.
*

*
Kembali ke teaser Dia-Yang-Namanya-Kalo-Gue-Sebut-Kadang-Gue-Sendiri-Suka-Kesel-Soalnya-Pasti-Keinget-Dia-Lari-Lari-Di-Namsan-Tower-Sambil-Teriak-Teriak-Genit, sebenarnya pola perilisannya sedikit terbaca di awal. SM jelas ingin mengulang bagaimana mereka merancang perilisan teaser demi teaser di era 'MAMA' dulu.

Kenapa kemaren gue pilih Tao sebenarnya ada dua alasan. Yang pertama memang setelah teaser Kai dan mas Karambol (kenapa Karambol? Baca di sini) dirilis pas debut 'MAMA' kan langsung teaser superkeren-dan-belom-keliatan-cengengnya Tao tuh. Jadi ya mungkin SM mau mengulang hal yang sama. Alasan yang kedua karena di flashback-nya Kai kan ada Tao-nya juga yang pertama muncul. Kemungkinan memang akan berlanjut ke Tao dan di Barcelona.

Dan bener aja. Tao.

Awalnya memang gue yang,
"Ah, kenapa sih Tao!"

"Ah udahlah gausah heboh. Cuma Tao ini,"

"IH KENAPA SIH TAO KENAPA GAK SUHO?!"

"Ah elah si Cabe Barbados, yang lain kek siapa gitu..."

Tapi setelah gue nonton videonya.

ALLAHU AKBAR YA TUHAN SEMESTA ALAM.

LAH KOK INI VIDEO CABE BARBADOS (KALO NGGAK LAGI DI NAMSAN TOWER) KEREN BANGET.

*masukan foto karikatur manusia sedang berbaring dengan air mata bercucuran*

Sejak menonton video itu sudah dipastikan kalau Tao adalah Cabe Barbados paling keren di seluruh jagad raya. Asal jangan ajak dia ke Namsan Tower aja.
*

*
Tarik nafas dulu. Kemudian hembuskan pelan-pelan.

"Enggak, Ron. Enggak kualat kok,"

Serius enggak.

TAPI SEKALI LAGI DEH YA INI VIDEONYA KEREN. BANGCAT.
*
*

Oke jadi kisah perjalanan pencarian 9 forces yang tersisa berlanjut. Dia akhir video Kai kemarin, ada suara deringan telepon yang mengisyaratkan sebuah panggilan. Mungkin itu telepon dari The Tree of Life buat Kai supaya Kai segera mengumpulkan lagi 9 forces yang lain.

Ngeri gak, pohon kalo udah berada di tingkat kekeramatan tertentu terlebih kalau sudah akut bisa nelepon-nelepon. Besok-besok mereka mungkin punya Twitter terus pake Snapchat juga.

Awalnya mungkin kita sendiri nonton videonya Kai agak kebingungan. Sebenarnya maksud lo begaya di London tuh apa? Tapi di video Tao kemudian kita mendapat sedikit petunjuk maksud dan arah serta kisah dari teaser demi teaser EXO ini.

Sinyal-sinyal dikirimkan ke Kai lewat sebuah komunikasi khusus yang hanya bisa dilakukan oleh 10 forces yang tersisa. Kayak gimana sih, telepati gitu.

"Pokoknya Jongin, setelah lo puas gegayaan di London lo langsung cari yang lain! Bukan! BUKAN KIM KARDASHIAN YANG LO CARI TAPI 12---EH SALAH--9 MEMBER YANG LAIN! IYA itu maksud gue yang punya kekuatan-kekuatan debus, betul, good luck, Nini~"

Kira-kira begitu.

Gue sendiri awalnya mikir oh nanti mungkin Kai akan ke Barcelona dan bertemu dengan anggota 10 forces yang lain. Tapi kalau Kai muncul di teaser member lain, kayaknya alur ceritanya jadi terlalu cepat. Dan for the sake of epicness(?) yaudah dipanjang-panjangin aja teasernya biar banyak.

Bukankah kita suka sama yang banyak-banyak. Asal jangan banyak-banyak lawsuit aja.

Lokasi kemudian beralih ke Barcelona, persis seperti petunjuk yang dilepas Kai di Instagram-nya. Barcelona jam 10:10. Kafe baru buka, eh Tao udah nongkrong cantik aja sambil ngopi dan baca koran. Antara dia emang rajin bangun pagi atau dia yang punya kafe atau parah-parahnya dia tukang bersih-bersih kafenya. Bisa jadi.
*
**
Setelah gonjang-ganjing dunia persilatan dan berbulan-bulan sejak mereka berhasil keluar dari Maze, Tao berusaha untuk meringankan beban pikirannya. Meringankan rasa sakit hatinya karena ditinggal oleh rekan bermanja-manjanya ke Praha. Barcelona dipilih Tao sebagai kota tempat tinggalnya sementara.

Setelah kejadian di dalam Maze, Tao sudah bersumpah kalau dia nggak mau lagi berhubungan sama orang-orang dari masa lalunya. Terlalu dalam luka yang digoreskan mereka. Makanya dia lari ke Barcelona supaya bisa mudah lupa dengan semuanya. Menjalani kehidupan sebagai manusia apa adanya, ditambah lagi rasa sakit hati yang membara, Tao perlahan kehilangan kekuatannya.

Nggak usah heran. Kekuatan Tao memang kadang datang kadang pergi tergantung emosi. Anaknya labil. Kadang manly, kadang jadi Hello Kitty. Di antara 10 forces yang lain, dia adalah yang paling rapuh. Tapi di saat yang sama kekuatannya yang paling kuat. Sosok penting, bisa dikatakan begitu.

Sejak kekuatannya memudar, dia juga hilang kontak dengan 9 forces yang lain. Dia clueless, bagaimana cara mengembalikan kekuatannya. Sejak saat itu, "Mungkin memang sudah waktu jadi manusia normal yang suka lari-lari cantik di Namsan Tower," pikirnya.

Sebenarnya dari awal dia masuk ke kafe itu, Tao sudah dihinggapi perasaan-perasaan tidak tenang. Ketidaktenangannya semakin menjadi-jadi ketika dia membaca berita di koran hari itu.
*
*

"El cometa esta apareciendo en diez ciudades de todo el mundo," Tao membaca dalam hati. Dieja.

"Naga bangsat, ini artinya apa," dia menghujat kemudian diam-diam membuka google translate.

"Komet mendekat di sepuluh kota di seluruh dunia,"

"MAMPUS GAK LO ADA KOMET MAU NABRAK BUMI DI SEPULUH TITIK!"

Kemudian dia melihat foto yang ada di koran itu. Menghitung jumlah komet yang tertangkap kamera. Apa benar sepuluh. Siapa tahu dua belas. Siapa tahu kometnya khilaf. Tapi ternyata benar sepuluh.
*
*
Perasaannya udah makin nggak enak. Entah kenapa dia merasa dalam bahaya. Entah merasa dia merasa semua orang yang ada di sepuluh kota di seluruh dunia ini sedang dalam bahaya. Kalau dia tidak melakukan sesuatu dengan kekuatannya yang superkeren dan bikin gue iri itu, dunia akan hancur.

Sebuah kejadian mistis tiba-tiba membuatnya terkejut. Ala-ala film horor amerika, tiba-tiba saja bohlam di kafe itu meledak. Tapi yang lebih aneh lagi, ketika bohlam meledak tiba-tiba seisi kafe mendadak mematung. Kecuali dia.

OH YES BABY MY POWER IS BACK.

Ternyata salah satu cara untuk membuat kekuatannya kembali adalah ketika dia berada di bawah ancaman atau berada dalam kondisi bahaya. Ya tapi kekuatan boleh kembali, tapi luka dihati siapa yang bisa mengobati.

Setelah ledakan itu dia merasa lebih baik sekarang. Dia merasa kuat lagi. Peduli setan sama cowok Praha yang lagi nge-date sama sutradara. Sekarang yang lebih penting adalah menyelamatkan dunia.

Kepalanya sekarang penuh dengan bisikan-bisikan yang memintanya untuk kembali bergabung dengan 9 forces yang lain. Setidaknya mengumpulkan dan mencari mereka yang terpisah. Dengan penuh gaya dan sok-sok serius dia berjalan keluar dari kafe, sementara itu kafe lagi freeze karena kekuatannya. Dia juga memanfaatkan momen berhentinya waktu itu untuk kabur karena uangnya sudah habis dan nggak bisa bayar kopi yang tadi diseruputnya.
*
*
"Ah cuma satu seruput masa bayar penuh. Mending kabur aja mumpung lagi pada mematung," begitu katanya licik dalam hati. Diapun berusaha berlari normal dalam celana ketat kotak-kotak hitam putih itu dan keluar dari kafe. Mengikuti bisikan-bisikan yang ada di kepalanya. Memulai lagi perjalanan penting untuk menyelamatkan dunia.


Konsep 10 forces keluar dari maze dan terpisah itu sebenarnya cuma karangan gue doang. Tapi kalo dipikir-pikir kok ya nyambung juga. Jadi yaudah disambung-sambungin aja. Nah dari video Tao ini gue jadi sedikit ngerti deh soal kisah hidup pasca lawsuit ini.

10 orang yang keluar dari maze itu bebas dari pintu yang berbeda-beda yang kemudian membuat mereka terpisah. Asumsinya maze-nya bener-bener seluas dunia. Semuanya terpisah ada yang keluar di London ada yang keluar di Barcelona.

Di koran yang dibaca Tao, ada komet yang sedang menuju bumi dan akan jatuh di 10 kota yang berbeda di seluruh dunia. Jelas di sini salah satunya Barcelona karena ada Tao di situ. Sementara London mungkin akan jadi tanggung jawab Kai.

Sumpah Kai di sini supersibuk (peduli banget gue sama kesibukannya Kai). Selain nungguin komet di London dia juga harus nyari 9 forces yang lain. Tapi karena dia bisa teleportasi ya gampanglah ya pindah-pindah sesuka hati. Kecuali dia harus naik Kopaja dari London ke Barcelona mungkin bisa makan waktu bertahun-tahun.

10 komet itu nantinya akan jadi tanggung jawab si 10 forces ini. Walaupun bumi bukan planet mereka, tapi mereka sudah menghabiskan waktu-waktu yang indah di bumi. Mereka sudah bertemu dengan fansite-fansite kaya raya yang dengan ikhlas ngasih sepatu mahal, macbook mahal, baju mahal dan semua barang mahal. Mereka nggak mau bumi yang indah dengan para fansite yang murah hati ini hancur.

"Maka mari kita selamatkan bumi demi kelangsungan hidup fancy dengan barang-barang mahal!"

*
Nggak bisa bohong ini video Tao emang keren banget. Gue harus mengakuinya bahwa selain kekuatan Kai (dan Luhan, tapi miane miane nih ya yang keluar gausah banyak-banyak dibahas ajalah), kekuatannya Tao adalah yang paling bermanfaat buat khalayak ramai. Terlebih ketika ada komet yang akan jatuh ke bumi gini.

Sebenarnya Tao sama Kai berdua udah bisa menyelamatkan dunia tanpa harus ada kekuatan air, api, es batu Queen Elsa segala. Ya kan Tao tinggal menghentikan waktu dan menghentikan si komet. Kai tinggal megang kometnya dan berteleportasi ke planet lain.

Masalah kelar. Tapi kalo secepat itu kan jadi nggak seru. YA TEASER SUHO GAK MUNCUL-MUNCUL DONG YA. Jadi yaudah terima aja ceritanya nanti akan diumbar lebih lanjut di teaser selanjutnya.

Teaser Tao ini kualitas 1080p banget bening dan berasa gitu aura mistisnya. Apalagi pas adegan dia jalan keluar kafe dan nabrak pecahan-pecahan bohlam tanpa terluka itu. Beuh... hilang sudah image Namsan Tower-nya.

Teaser Kai yang kemaren gambarnya sengaja dibuat jelek banget. Kayak video 3gp jaman-jaman Nokia 6600 gitu. Itu sebenarnya judulnya 'Pathcode #Kai' atau 'Cowok_Lagi_Main_di_Atas_Atap_di_London.3gp'. Mana udah gitu gambarnya item putih kan. Keliatan banget rasisnya. #eh

Kali ini gue sangat terkesan dengan SM karena mereka sangat detail di video ini. Koran itu dibuat dengan sedemikian rupa dan terlihat nyata gitu. Ditambah lagi akting Tao yang di luar dugaan sangat keren banget, meyakinkan kalo sebenarnya dia benar-benar nggak ngerti tulisan yang ada di koran itu sama sekali.

Tapi bukan berarti tidak ada hal-hal yang juga agak membingungkan.

Kenapa waktu bohlam itu meledak, yang sadar dan berlindung cuma Tao? Bukankah waktu berhenti secara tiba-tiba setelah itu meledak kan? Jadi harusnya orang-orang yang ada di kafe itu juga dengar dan merasakan dong sensasi ledakannya.

Nggak mungkin kan mas-mas yang lagi main laptop itu pasrah berewoknya dicukur paksa oleh pecahan bohlam? Nggak mungkin juga kan om-om yang lagi baca buku itu merelakan kepalanya ketancep pecahan beling?

(Esumpah pas ngetik ini gue deja vu dan ngerasa pernah melakukan hal ini sebelumnya)
*
*
Tadinya sih gue juga pengen komentar soal kenapa listrik di kafe itu masih hidup sementara ada ledakan kayak gitu. Nggak korslet apa gimana gitu listriknya? Lampu-lampu yang lain masih nyala soalnya. Tapi kemudian gue inget kamar kosan gue dulu lampunya pernah meledak juga dan tidak ada yang terjadi, jadi yaudah mungkin memang ini keajaiban alam. Aku mempercayainya.


Detail lain yang gue suka adalah ketika pekerja kafe-nya di syuting dan fokus ke jam tangannya yang berhenti. Enggak tahu kenapa tapi pas nonton itu gue yang, "UWOOOOOOOOOOO," Tapi tetep lebih "UWOOOOOOOO," ketika Tao berjalan melewati pecahan-pecahan bohlam yang melayang-layang di udara sih.

Terus.... Apa ada yang perhatiin ini?
*
*
Di meja Tao itu ada Galaxy S6 Edge juga warna putih yang lupa dibawa lari sama Tao.

KESEL GAK LO. YA GUE TAHU LO ORANG KAYA TAPI YAELAH.... NGEHEK BANGET GAK SIH HAPE MAHAL DITINGGAL. TADI NIATNYA MAU NGGAK BAYAR KOPI MALAH NINGGALIN HANDPHONE TERMAHAL DARI SAMSUNG. KAN KZL. JANGAN SOK KAYA DEH ITU BARANG SPONSOR JUGA KAN (ATAU DARI FANSITE KAN) (MALAH NYINYIR)
*
*
Oh iya satu lagi, ada perubahan tiba-tiba di tulisan yang ada di koran yang dibaca Tao itu. Sebelum angka '3380 : ?' muncul, sebelumnya di situ ada kata Asia. Lengkapnya: "Fenomenos extranos descubiertos en Asia" yang artinya "Fenomena aneh ditemukan di Asia". Gue rasa karena nggak mau rasis jadi ini diganti dengan kode-kode yang kemungkinan nanti akan berguna di lain hari.
*


*

Anyway 3380 itu artinya apa sih? Seharian ngubek-ngubek internet, gue hanya mendapatkan fakta bahwa angka ini merupakan kode pos untuk Victoria - Australia - mungkin ada teaser yang nanti lokasinya di Australia.

Sementara itu.... teaser Chanyeol di Arizona....

HOLY CRAP!
*

Share:

27 komentar