Minggu Malam (Sendiri) di Dongdaemun Design Plaza

Posting-an ini adalah bagian keempat dari 'Finally, Seoul!', catatan perjalanan pertama saya ke Seoul, Korea Selatan, setelah selama bertahun-tahun hanya jadi khayalan babu. Sebelum melanjutkan baca bagian ini, silakan baca cerita sebelumnya di sini.

Oke, pertama-tama maafkan daku karena sudah sekip nulis cerita perjalanan ke Seoul ini akibat ngalay di Singapore dua (apa tiga?) minggu yang lalu (baca selengkapnya di sini). Padahal plot dari posting-an ini sudah kepikiran bahkan sebelum menginjakkan kaki di Singapore Indoor Stadium. Tapi baru bisa nulis sekarang.

Cut the crap. Let's continue the story!

Sekitar tiga jam muter-muter di MBC World ternyata menyenangkan juga. Yes of course, karena gue nggak perlu bayar KRW 18,000 buat merasakan semua atraksi yang ada di sana. Semuanya gratis! Karena bagian dari pekerjaan. Woohoo!!! That's why gue menunggu-nunggu saat untuk dikirim ke Korea buat liputan. Banyak penghematan yang bisa dilakukan. He he he...

Walaupun ada bagian-bagian yang gue nggak terlalu nikmatin di MBC World, tapi overall lokasi ini menyenangkan kok. Intinya sih cuma tempat buat foto-foto sama check in di Path (dan diteruskan ke Swarm, Facebook, Twitter, dan semua media sosial lain yang eksis di dunia ini). Alhamdulillah hari itu gue nggak dapet WiFi terus jadi cuma bisa check in sekali di Path. Itupun udah bangga banget baca tulisan 'From Seoul' di bawah posting-annya.

Keluar dari gedung MBC World, gue menyempatkan diri berdiri di tengah-tengah DMC lagi buat melihat sekeliling. Merasakan dinginnya udara sore itu dan berharap bisa ke sini lagi kapan-kapan. Setiap sudutnya gue liatin untuk terakhir kali sebelum bener-bener beranjak pergi. Masih kagum sama bagaimana Korea mengubah tempat penampungan sampah ini jadi lokasi yang bener-bener oke.

Gue sama mbak Swita jalan duluan ke bus yang masih nunggu di antara gedung SBS dan CJ E&M Center. Sementara yang lain masih di belakang, foto-foto di sekitar DMC. Sama patung biru yang lagi ngaca itu. Gue pas baru dateng udah ngalay duluan di situ, jadi sekarang sudah lelah. Kepala gue agak pening karena liat VR cowok-cowok pake celana dalem doang. Tapi berangsur-angsur membaik karena akhirnya adem pas keluar.

Sebenarnya gue berencana untuk cabs ke tujuan selanjutnya yang ada di itinerary gue. Tapi karena nggak enak sama yang punya hajat, akhirnya gue memutuskan untuk balik ke hotel dulu. Ya sekalian sholat ashar dan sholat maghrib. Nanti abis maghrib deh baru jalan-jalan lagi. Sebelum naik ke bus, gue sempat narsis dulu di seberang CJ E&M Center. Kapan-kapan deh masuk ya. Kapan-kapan kalo masuk, ketemu Eric Nam ya. Atau mungkin bisalah ketemu siapapun deh yang penting KPop. Biar badan makin bau KPop aja niii. Nggak masalah.



Setelah para jurnalis berkumpul dan naik bus, kitapun kembali ke hotel.

Pas perjalanan ke hotel itulah para jurnalis tiba-tiba merencanakan untuk pergi makan ramen gitu yang katanya paling pedes di kawasan Jongno. Kayak ada satu kios ramen yang terkenal dan pake level-levelan gitu loh, ala-ala Maicih. Banyak yang keliatannya excited sementara gue masih belum berani buat makan aneh-aneh dulu apalagi kalo sama orang banyak. Takut nggak punya pilihan trus makan babi. Sementara gue anaknya sangat mudah dipengaruhi.
BENTAR BENTAR NGEFANS EXO BENTAR BENTAR NGEFANS VIXX HEMPAS DATANG LAGI HEMPAS DATANG LAGI.

Akhirnya gue memutuskan untuk nggak ikut. Lagipula gue juga sudah punya rencana sendiri yang mau nggak mau memang harus dilakukan. Gue ada plan untuk mengeksplor sebagian kecil dari Seoul malam itu. Dan itu dimulai dari Dongdaemun Design Plaza (DDP). Sebenarnya gue pengen ke Gwanghwamun Square aja, tapi nggak tahu kenapa kayaknya lokasi itu gue rasa akan gue kunjungi di hari ketiga atau keempat, yaudah jadi ke DDP dulu aja. Waktu cek peta sih nggak seberapa jauh dari Euljiro, Jung-gu, lokasi Lotte Hotel Seoul.
"Orang tinggal lurus aja kok kalo naik subway," kata Mely di chat KakaoTalk ketika gue nanya jalan.

Yaa... tapi yang namanya orang nggak pernah kan tetep aja pasti ada perasaan parno dan sedikit kebingungan. Mana malam itu gue juga akan mencoba untuk naik subway untuk pertama kalinya. DAN SENDIRIAN! Wah bisa-bisa ni kalo kesasar bakalan ngehek banget. Makanya itu sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (walaupun akan seru sih kalo kesasar juga karena jadi bahan cerita) akhirnya gue menghabiskan sekitar setengah jam setelah solat maghrib buat mempelajari peta subway dan juga arah ke Dongdaemun Design Plaza.

Karena ini pertama kalinya gue akan naik subway di Seoul (dan sendiri) (lalu kemudian keputer lagu 'In The Subway'-nya Akdong Musician di kepala tiba-tiba) gue sangat excited. Akhirnya bisa merasakan bagaimana sih, naik subway di Korea yang katanya kalo ada idol ulang tahun suka ada poster mereka gitu di dalem. Gue juga sering lihat posting-an temen-temen gue yang liburan ke Seoul dan suka posting foto di dalam subway gitu. Nggak pernah nyangka kalo akhirnya bisa merasakannya sendiri.

Like seriously sendiri.

Tapi sebelum subway, gue masih punya PR: beli Olleh WiFi Pre-Paid Card dan isi ulang T-Money.

Buat orang yang tangannya akan gatel-gatel dan merasa hidupnya tidak akan indah lagi tanpa koneksi internet, Olleh WiFi adalah benda yang paling lo butuhin ketika lo jalan-jalan di Seoul. Benda ini keramat dan nggak bisa lo cuekin begitu aja. Apalagi lo tipikal orang yang freak banget sama media sosial kayak gue. Tapi sebenarnya nggak cuma buat eksistensi diri, WiFi akan lo butuhin ketika lo kesasar dan nggak tahu jalan. Ini adalah penyelamat utama tanpa perlu membuka omongan dengan orang yang nggak bisa bahasa Inggris karena lo nggak bisa bahasa Korea.

T-Money pun adalah hal wajib yang dimiliki ketika liburan di Seoul. Karena sistem transportasi Seoul sudah terintegrasi, jadi kartu ini bener-bener multi-fungsi banget. Kasarnya kalau di Jakarta, ini sama kayak Flash BCA gitu kalau misalnya mau naik TransJakarta. Walaupun nggak bisa lo tap di jidat abang-abang MetroMini sih kalo di Jakarta. Kegunaannya pun nggak cuma buat transportasi, tapi juga bisa lo pake buat belanja tergantung saldo yang ada di dalam kartunya. Buat beli kartu T-Money ini juga gampang banget. Tinggal ke Seven Eleven atau G25 atau toko kelontong yang bisa lo temukan di pinggir jalan. Atau juga bisa beli di mesin yang ada di stasiun subway-nya. Karena gue orangnya panikan dan nggak tahu kalao ternyata mendapatkannya sangat mudah, akhirnya gue minjem punya temen gue dari Jakarta dan sampai sana tinggal isi ulang.
"Bilang aja mau 'reload' gitu di Seven Eleven-nya. Ngerti kok mereka," kata Mely ke gue masih lewat chat.

Kamera, coat, sweater, sarung (yang rencananya mau gue pake buat jadi syal), dompet, peta, lap kaca mata, paspor dan sebotol air minum dari hotel sudah masuk ke ransel. Waktunya berangkat!

Tujuan pertama malam itu adalah Myeongdong. Soalnya satu-satunya Seven Eleven yang gue tahu lokasinya ya di situ karena tadi siang udah lewat sana. Males buat nyari yang lain karena gue adalah orang yang males nyari jalan alternatif kalau misalnya masih ngeraba-raba, mending lewat jalan yang biasa aja walaupun lebih lama. Tapi Myeongdong juga nggak jauh dari hotel kok. Yang nyakitin sebenarnya udara dinginnya.

Ngecek aplikasi Weather di ponsel adalah hal sederhana yang paling menyenangkan yang bisa lo lakukan ketika liburan di Seoul pas musim dingin. Ngeliat tulisan satu digit derajat itu bener-bener pengalaman langka. Dan malam itu bener-bener deh dingin banget. Antara 3 sampai 1 derajat gitu. Ya ini sih drastis banget kalo dibandingkan sama Jakarta yang biasanya berkisar 27 sampai 30 derajat.


Keluar dari pintu hotel, gue bengong sebentar ngeliat bagian depan Lotte Hotel Seoul di malam hari. Ternyata indah banget. Pohon-pohon kering yang tadi siang ada di situ sudah berubah jadi pohon-pohon berkilauan karena dikasih lampu. Daerah itu jadi bagus gitu buat foto-foto. Instagram-able banget. Hihihih... Karena gue sedang jalan sendiri, jadi gue nggak mungkin minta fotoin sama bellboy kan, jadi yaudah gue foto pemandangannya aja. The art of traveling alone. Nggak sih. Mager aja.

Hujan rintik-rintik mendadak turun. AIGU... makin dingin aja malam itu. Gue berjalan dengan agak cepat ke arah Myeongdong. Berbekal kosakata bahasa Korea yang sederhana dan dasar banget. Penampilan gue sebenarnya bisa dibilang biasa banget. Apalagi gue pake coat hitem. Bahkan abang-abang delivery aja lebih stylish daripada gue kayaknya. Jarang banget ngeliat orang pake coat hitem di lokasi itu. Kebanyakan warna-warnanya kalem dan pastel gitu. Gila gue mungkin keliatan kayak teroris. Mana itu coat kan kebesaran dan berat banget.

Karena gue nggak pake topi dan nggak pake syal (dan terlalu malu dan males mengalungkan sarung ke leher padahal nggak ada juga yang peduli) jadinya gue cuma pake sarung tangan doang. Ya Allah... LA HAULA WALA QUWATA ILA BILLAH.... dingin banget!!!!!!! Kepala gue rasanya kayak dielus-elus kuntilanak. Kuping gue udah kayak beku kali kalo dipegang kayak keripik singkong tinggal remuk aja karena dingin. Jadilah gue berjalan semakin cepat dan berusaha membenamkan sebagian wajah gue ke dalam kerah coat yang memang agak tinggi tapi sama sekali nggak menghasilkan apa-apa. Tetep aja dingin.

Gue jadi inget pas belum berangkat gue sempat bertanya-tanya seperti apa suhu nol derajat itu. Malam itu bahkan belum sampai nol derajat tapi gue udah bisa menebak bahwa nol derajat akan lebih menyakitkan. Gimana kalo minus coba?
Tips: Kalau ke Korea musim dingin (kalau misalnya belum pernah dan pengalaman pertama), bawa coat yang ringan dan hangat. Sekarang banyak dijual di UNIQLO atau H&M yang teknologi Jepang gitu. Tipis dan ringan tapi hangat. Memang agak mahal. Mbak Swita beli sekitar Rp 1 juta. Kalo lo nggak punya banyak uang kayak gue, silakan pinjem dari yang punya. Wkwkwkwk

Dalam perjalanan ke Myeongdong itu juga gue baru menyadari bahwa apa yang ditampilkan di drama Korea itu memang bener-bener nyata. Orang-orang di Seoul terutama yang jalan-jalan di kawasan Jung-gu ini stylish-stylish banget! Beberapa dari mereka memang keliatan pake baju yang tebel. Tapi ada juga yang pake bajunya biasa aja dan bikin gue bingung sendiri. Apa mereka nggak kedinginan? Sementara gue udah kayak kerikil Ciliwung.



Pas pintu masuk underground Myeongdong keliatan, gue mengembuskan napas lega dan buru-buru masuk demi kehangatan. Gue lewatin lagi itu toko merchandise KPop tapi gue nggak berani nengok takut lama ntar kalo udah masuk. Gue masih inget jalannya dan kelur dari sana, belok kiri, terus sampai di Seven Eleven.

Seven Eleven di Myeongdong ini beda banget sama kebanyakan Seven Eleven yang ada di Jakarta (atau di bagian lain Seoul--tapi karena ini Seven Eleven pertama yang gue kunjungi, jadi gue langsung bandingin sama yang di Jakarta). Kalau di Jakarta, kita bisa bergerak dengan leluasa di dalamnya. Atau bahkan bisa nongkrong di luarnya. Tapi di Myeongdong inituh Seven Eleven-nya sempit banget. Mungkin kayak kosan gue versi lebih banyak barang di dalamnya. Kalau mau jalan di antara rak tuh nggak berani banget tiba-tiba balik badan. Apalagi dalam kondisi sambil bawa ransel. Takut raknya kesenggol terus barang-barangnya jatoh. Kondisinya pas gue dateng (karena memang Myeongdong juga lagi rame) padat banget. Mau buka kulkas aja mesti mundur beberapa langkah dulu.

Walaupun gue biasanya nggak tahu malu, tapi kalo ada dalam kondisi rame dan di luar negeri kayak gitu gue bisa berubah jadi orang yang sangat pemalu. Itulah kenapa gue berdiri lama sekali di sana sambil sok-sokan lihat barang padahal tujuan gue sebenarnya langsung ke kasir dan nanya soal Olleh WiFi dan T-Money. Tapi rasa malu gue mendadak luntur ketika seorang turis Tiongkok muncul dan ngomong sama kasir. Turis ini menyadarkan gue bahwa apapun yang terjadi, ketika lo di negara orang dan jalan-jalan sendiri, nggak ada yang bisa bantuin lo selain diri lo sendiri. HAHAHAHAHA

Jadi si turis Tiongkok ini tuh mau nanya sesuatu ke kasir, entah beli sesuatu atau apa, tapi dia nggak bisa bahasa Korea. Kasirnya juga nggak bisa bahasa Tiongkok, tapi dia bisa bahasa Inggris yang sederhana. Sayangnya si turis nggak bisa bahasa Inggris.

"I don't speak Chinese!" kata kasir itu berkali-kali dengan aksen Korea. Sampai akhirnya turis itu pergi dan mungkin mukanya agak kesal. Ya enaknya di Myeongdong gitu, banyak penjualnya ngerti Inggris walaupun ala-ala.

Sampailah giliran gue.

"Hi, I wanna buy Olleh WiFi," kata gue pake bahasa Inggris. Padahal Mely udah ngajarin bahasa Korea-nya di KaTok tapi tetep aja gue nggak berani ngomong Korea. Takutnya nanti pas dia jawab bahasa Korea, gue malah nggak bisa jawab balik. LOL Jadi mending belagak begok aja deh (lah emang).

"Which one? KRW 3,000 for 1 days or KRW 9,000 for 4 days?" katanya. Well, ucapannya cukup dimengerti sih walaupun pake aksen juga.

Gue berdiri lama sekali di situ. Mikir dulu enaknya gue beli yang mana. Karena gue mikir kelamaan jadinya gue bilang nanti aja deh gue belinya. Terus gue isi ulang T-Money aja.

"Maybe later then. I want to reload my T-Money," kata gue lagi sambil nyodorin kartu T-Money-nya.

"How much?"

"KRW 30,000," gue jawab sambil ngasih duitnya ke dia. Nggak berapa lama saldonya udah masuk dan gue kemudian keluar dari situ karena udah banyak orang yang antre.

Pas keluar rasanya mau teriak "YES BERHASIL HORE!" kayak Dora. Tapi karena rame jadi nggak berani. Hujan kayaknya semakin deres. Jadi gue melipir ke pinggir di antara Seven Eleven sama Nature Republic dan berteduh di sana. Satu PR udah selesai, tinggal masalah Olleh WiFi ini doang ni. Ya kenapa gue juga pake lama mikir sih tadi, gue nggak tahu. Mungkin karena deg-degan pertama kali berinteraksi sama orang Korea dan belanja gitu jadi agak malu-malu WKWKWKWKWK


Yang tadi bikin mikir sebenarnya berapa lama gue akan berada di Seoul yang merujuk pada paket yang mana yang harus gue beli. Sebenarnya simpel sih, kalo misalnya gue di Seoul 7 hari, berarti kan tinggal beli paket yang KRW 9,900 buat 4 hari itu. Lagipula 4 hari itu udah full service nggak ada batasan kuota selama berada di kawasan yang terjangkau sinyal Olleh WiFi. Simpel. Kenapa tadi mikirnya malah lama?

Gue akhirnya masuk lagi dan antre lagi. Setelah berhadapan lagi sama kasir yang tadi, dengan lantang gue langsung bilang, "Olleh WiFi, 4 Days," terus ngasih duit KRW 10,000. Dia cuma jawab kalo uangnya nggak bisa di-refund kalo pemakaiannya nggak selama 4 hari. Ya gue ngerti bagian itu. Jadi yaudah, tinggal aplikasi ke hapenya aja. Karena tadi gue lupa minta struk yang pas beli T-Money, gue pun minta ke kasirnya. Untungnya dia masih simpen jadi gue bisa buat laporan ke kantor.

Tips: selama 7 hari di Seoul, idealnya memang butuh 2 kartu Olleh WiFi yang masing-masing buat 4 hari. Memang kalau dihitung-hitung mungkin akan ada momen lo nggak make WiFi-nya ketika di hotel/hostel atau di lokasi yang menyediakan WiFi gratis. Tapi just in case lo butuh, nggak ada salahnya buat beli. Jadi selama 7 hari di Seoul gue menghabiskan 2 kartu Olleh WiFi seharga KRW 9,900 (total KRW 19,800). Sementara buat T-Money, gue deposit KRW 30,000 cuma buat transportasi doang. Dan itu bener-bener pas buat keliling Seoul selama 7 hari di itinerary gue. Gue cuma nambah KRW 5,000 pas pulang ke Jakarta naik kereta ke bandara dari Hongik ke Incheon.

Nah, dua PR udah kelar. Sekarang PR selanjutnya adalah mengaktifkan itu Olleh WiFi. Pesan penting: susah sinyal di Myeongdong! Sebel deh. Katanya Korea Selatan ini internet di mana-mana. Tapi masa di Myeongdong yang eksis banget itu aja si Olleh WiFi ini malah susah banget dapet sinyal! SEBEL!

Sumber: smartblog.olleh.com

Setelah lo beli kartunya, ada bagian abu-abu yang harus digosok di belakang dan nanti dapet pin. Pin ini buat registrasi di awal doang dan nanti (ada pilihan) selama empat hari lo pake nggak perlu lagi registrasi (perintahnya pake English kok so no worry). Nah masalahnya adalah, untuk melakukan registrasi ini, lo harus tersambung ke WiFi-nya Olleh. Nah makanya itu sebel karena nggak ada sinyal sama sekali di Myeongdong.

Agak panik nih. Sementara gue harus ke DDP sebelum makin malam dan hujan semakin deras. Semakin malam berarti semakin dingin. Gila banget deh ini pertama kalinyag ue merasakan hujan sedingin ini. Anginnya bener-bener nusuk sampe ke mata. BUSET.

Berhubung di Myeongdong gue nggak dapet sinyal, setelah berdiri lama di depan Seven Eleven itu akhirnya gue mutusin buat jalan balik ke hotel. Siapa tahu di deket-deket sana dapat sinyal. Isi kepala gue saat itu adalah bagaimana ini Olleh WiFi bisa berfungsi dulu sebelum gue cabs ke DDP. Karena kalo nggak ya gue ribet juga nggak bakalan bisa ngecek jalan dan segala macem walaupun sesimpel itu padahal dari Euljiro 1-ga ke DDP. Eh, taunya pas sampai depan Lotte Department Store, sinyalnya makin nggak ada. SEBEL! PAYAH NIH OLLEH!!! Kesel banget. Beberapa kali mondar-mandir di sana tetep aja nggak dapet sinyal. EMOSI.

Sampai akhirnya gue sadar kenapa gue mau marah-marah dan emosi berlebihan: gue laper.

Ponsel dan kartu WiFi yang baru gue beli itu gue masukin ke kantong dan buru-buru ke street food yang nggak jauh dari situ. Ngeliat Tteokpokki kok kayaknya enak banget sih.... Pengen.... tapi takut itu ada babinya dan segala macam. Mau nanya juga nggak yakin ahjumma-nya bisa bahasa Inggris.

Tips: belajarlah bahasa Korea meskipun sedikit sebelum eksplor Korea supaya nggak cengok.

Gue akhirnya makan yang aman-aman aja. Fish cake kayaknya oke. Duh! Pas megang gelas berisi kuah mecin itu kok enak banget hangat di tangan gitu. Cuek aja sama kaca mata yang sudah berembun, gue makan itu fish cake yang tusuk satenya gede banget. Sampai di lambung rasanya nyaman dan hangat. Karena belom kenyang, karena masih ingin makan nasi, akhirnya gue memutuskan untuk beli kimbab yang sudah dipotong kecil-kecil. Gue nggak tahu deh isinya apakah ada daging atau cuma sayur. Tapi pas gue liat-liat sih sayur doang. Yaudah gue beli.

Kimbab ini ukurannya nggak segede yang di drama-drama. Ditaruh di piring styrofoam terbuka dan kondisinya sebenarnya udah membeku.

"ANJIR INI MAH GUE MAKAN ES BATU!" kata gue dalam hati. Tapi gue makan juga dengan lahap bahkan sampai susah nelen karena seret. Tangan udah kena minyak semua karena kimbab-nya. Mau buka tas jadi takut tasnya belepotan. Tapi ini butuh minum anjir apa gue mangap aja ke langit mumpung masih hujan. Tapi karena takut dikira orang gila akhirnya gue ambil air minum juga di tas.

Pas mau bayar, ternyata harganya cukup mahal juga ya. Kimbab itu harganya KRW 6,000. Sementara kalo kata Mely, normalnya kimbab harganya KRW 3,000. Mungkin karena itu lokasinya di Jung-gu dan dekat Lotte jadi apa-apa mahal ya. Sebel.

Tips: Kalo jalan ke kawasan Jung-gu dan pengen makan street food, mending tahan sampai jauh dari kawasan itu supaya street food-nya dapet yang agak murah. Kalo emang lo pengen perjalanan yang murah sih. Kalo bawa duit banyak ya cus aja. Myeongdong banyak yang murah dan Myeongdong deket dari situ.

Karena nggak mau dikalahkan oleh emosi akibat rasa lapar, yaudah makan dulu yang penting. Abis itu baru deh mikirin bagaimana caranya menyelesaikan masalah WiFi yang nggak mau konek ini. PRINSIP: PANTANG JALAN-JALAN SEBELUM PUNYA WIFI SUPAYA BISA EKSIS!

Tapi bangke bener dah. Olleh WiFi di situ bener-bener nggak dapet sinyal sama sekali. Karena lokasinya di depan Lotte Department Store persis, yang nangkep sinyalnya malah Lotte terus. Mana kenceng lagi. Tapi karena itu Olleh WiFi nggak bisa didaftarkan kalo pake sinyal lain. KAMBING KUDISAN! Ya mau nggak mau tetep usaha nyari Olleh.

Tips: kalo kepepet pas lagi jalan di Myeongdong atau Lotte Hotel Seoul, boleh mampi ke depan Lotte Department Store karena WiFi-nya gratis dan open for public.

Akhirnya nyerah. Yaudah mending ke DDP aja deh Bismillahitawakaltualallahu... Gue kantongin itu hape dan kartu lalu jalan ke pintu masuk stasiun subway Euljiro 1-ga. Nanti-nanti aja deh itu ngurusin WiFi kampret.

PRINSIP: PANTANG JALAN-JALAN SEBELUM PUNYA WIFI SUPAYA BISA EKSIS!

Salah satu iklan di subway. Abang saya terkasih Jo In Sung.
Meniti tangga turun ke stasiun subway gue deg-degan. Ini pertama kalinya soalnya jadi agak-agak alay. Boro-boro mau ngeluarin kamera, mikir sehat aja susah nih di tengah udara dingin yang menusuk. Terus megang hape dengan sarung tangan juga susah banget karena sarung tangan yang gue pake bukan yang bisa nembus ke touchscreen hapenya. Bawaannya parno pengen jatoh aja. Tapi demi keselamatan dan kehangatan gue pake juga itu sarung tangan.

Sampai di underground subway, ada banyak toko makanan dan souvenir di sana. Ada juga toko yang jualan syal sama topi yang mana sangat gue butuhkan. Aduh... dilema. Gue masih keukeuh bakalan pake sarung solat buat syal. Jadi ketika gue lihat ada syal harganya KRW 8,000 yang mana murah karena di Myeongdong harganya KRW 10,000 gue jadi ngiler sendiri. Tapi akhirnya malah nggak jadi gue beli. Terus ada topi-topi penghangat yang lucu yang dulu selalu gue sebut 'Topi Chanyeol' karena pas awal-awal debut EXO Chanyeol tuh suka banget pake topi kayak gitu.

(Padahal gasuka Chanyeol tapi yang diinget Chanyeol) (Ehem)

Menggiurkan nih topi-topi centil. Tapi tetep aja gue nggak jadi beli. Fokus ke DDP dulu aja.


Makin deg-degan ketika sudah ada di depan mesin tap buat masuk ke subway station-nya. Karena ini pertama kalinya jadi masih takut kalau-kalau kesasar. Walaupun Euljiro 1-ga sama DDP cuma lurus aja, tetep aja parno. Gue padahal sudah membekali diri gue dengan aplikasi bernama Subway (Jihacheol) yang gue download di Play Store.

Tips: WAJIB DONLOT INI KALO MAU KE SEOUL.

Aplikasi ini bener-bener membantu untuk urusan subway. Update dan nggak bakalan bikin lo kesasar. Tapi mungkin pas ke DDP nggak terlalu berasa. Pas ke Nami baru deh berasa banget. Akan gue ceritakan di bagian lain kisah 'Finally Seoul' ini.


Gue akhirnya tap T-Money gue di mesin dengan perasaan penuh drama. Kemudian nyari-nyari peron harus naik di mana. Parno itu sebenarnya merusak konsentrasi. Jadi sebaiknya percaya diri saja ketika mau bepergian naik subway. Gue memutuskan untuk membuka sarung tangan gue demi megang ponsel supaya nggak jatuh. Grip-nya jadi lebih firm kalo nggak pake sarung tangan. Aplikasi Subway udah kebuka.

Yang gue temukan di pengalaman pertama naik subway adalah, petunjuk jalan dan stasiun apa ke stasiun apa di sana memang tertulis huruf roman-nya. Itu sangat membantu buat yang nggak bisa baca hangul. Gue bisa sih, tapi kalo ditawarkan hangul versus romanization ya mending roman kan. Nah, yang kadang bikin gue bingung di kali pertama ini, next station-nya kadang-kadang nggak tertulis di petunjuk jalan yang ada di atas. Tapi yang ditulis entah stasiun transit atau stasiun akhir. Kalo next station biasanya ada di depan peron.

Makanya pas gue masuk ke Euljiro-1 ga, butuh sekitar lima sampai sepuluh menit buat gue mengerti sama petunjuk jalan ini. Tulisan stasiun tujuan gue [Dongdaemun History & Culture Park] nggak nampak. Tapi yang ada (kalo nggak salah inget) [Wangsimni].

"Eh bentar deh ini bener gak nih lewat DDP nih takut-takut salah nih!" kata gue dalam hati. Gue inget pernah beli buku yang Seoul Travel itu kan dan emang kalo mau ke DDP ini ada stasiun yang langsung keluar langsung DDP. Tapi karena nggak ada di petunjuk jalan gue jadi ada perasaan meragu.

Sialnya perasaan meragunya itu ketika sudah naik subway di Euljiro 1-ga. YA GIMANA SIH RON! KALO RAGU KENAPA NAIK!

Gue panik banget rasanya. Terus gue perhatiin lagi itu aplikasi Subway sedetail mungkin supaya gue nggak salah jalan. Karena gue takut kesasar, gue akhirnya memutuskan untuk turun dua stasiun setelah itu. Persisnya di Euljiro 4-ga. Pas turun udah berapa lama gue baru sadar. BARU BANGET SADAR BAHWA GUE SUDAH MELAKUKAN KEBODOHAN. KENAPA TURUN DI SINI ORANG UDAH TINGGAL SATU STASIUN LAGI SAMPE! ITU ADA TULISANNYA DI PERON KALO NEXT STATION DONGDAEMUN HISTORY & CULTURE PARK.

Superpabo.


Di situlah kemudian gue mengerti bahwa aplikasi Subway ini jauh lebih bisa diandalkan untuk pendatang baru ketimbang petunjuk jalan yang ada di langit-langit stasiun. Selain itu aplikasi ini juga memberikan lo petunjuk bagaimana caranya transit, harus keluar di Exit berapa, lokasi toliet di mana, estimasi biaya, estimasi tiba jam berapa dan jadwal yang di update hampir setiap hari. Bahkan ketika gue buka lagi aplikasi ini pas ngetik posting-an ini, aplikasinya ngasih pemberitahuan soal update jadwal.

Tips: Sebelum berangkat, ada baiknya mengakrabkan diri dengan aplikasi Subway karena akan sangat membantu.

Tips: Satu stasiun subway punya banyak sekali pintu keluar (Exit), dan lokasi tujuan kalian tergantung pada Exit berapa. Kalau salah keluar bisa muter kejauhan. Inget, subway di Seoul nggak kayak Stasiun Manggarai yang cuma punya satu pintu keluar.

Setelah melakukan kebodohan itu gue naik lagi dari Euljiro 4-ga dan turun di Dongdaemun History & Culture Park. YES! AKHIRNYA SAMPAI DONGDAEMUN DESIGN PLAZA! YEHET! Terus ada apa sih di sini?

Gue sering banget denger DDP ini disebut-sebut sama temen gue yang udah pernah ke Korea. Tapi gue nggak kebayang sebenarnya ini tuh apa sih? Pas sampai di sana gue baru tahu kalo ternyata ini semacem kompleks penuh karya seni gitu yang mana sangat tidak gue mengerti karena mungkin sense of art gue nggak terlalu ada di level yang mencukupi atau gimana. Yang gue tahu cuma satu hal: lokasi ini adalah tempat ngalay yang lain yang bisa lo temukan di Seoul.



Berada di DDP tuh kayak sedang ada di planet yang berbeda gitu. Bangunan utamanya berasa kayak lagi di film 'Tomorrow Land'. Walaupun dinginnya kebangetan, tapi gue memanfaatkan momen itu buat memuji lagi orang-orang Korea yang jenius ini. Kalau menurut Wikipedia sih, dulunya ini stadion sepakbola sama bisbol. Ya pantes bentuk bangunannya ala-ala dome gitu. Tapi sekarang fungsinya sudah beralih jadi lokasi pameran seni.

Menilai DDP di kali pertama mengunjunginya sih bagus-bagus aja. Tapi ya bagusnya sebatas yaudah. Nggak terlalu yang bikin berdebar berlebihan atau sampai jaw drop saking bagusnya. Nggak bisa juga lo bilang tempatnya jelek. Hmm.. gimana ya, mungkin komentar terjahat yang bisa lo keluarkan kayak, "Oh yaudah, gitu aja tempat foto-foto alay, terus pacaran. Yaudah."

Ya.

Pacaran.

Malam itu pas gue dateng kenapa sih banyak banget orang pacaran! Kayaknya hampir semua orang datang dengan pasangannya masing-masing. Ya cowok sama cewek, ya cewek sama cewek, ya cowok sama cowok. Semuanya kayaknya bahagia banget. Kayak pas gue lagi jalan sendirian ke salah satu sudut di DDP dan nemu ada dua orang cowok akrab banget lagi foto gilir-giliran. Selfie-selfie bahagia.

"SERU BANGET LOH KALIAN TUH!" hampir gue teriakin. Tapi karena takut diludahin jadi nggak jadi.

Jadilah gue hanya mengarungi lahan seluas 85 ribu meter persegi itu sendirian. Walaupun nggak ke semua bagiannya juga sih. Ke tempat-tempat yang keliatan aja.

Keluar dari stasiun subway, DDP menyambut dengan bangunannya yang berwarna abu-abu dan memberikan kesan futuristik. Ada nuansa silver mengkilat di dinding bangunannya. Sementara bagian lain kayak jembatan gitu-gitu nggak dikasih warna tapi warna asli semen betonnya aja. Harus agak mendaki kalau mau melihat sebagian besar DDP. Ya wajar dong, kan subway adanya di bawah tanah gimana sih Ron.

Ada dua pilihan jalan yang bisa dititi (DJ KALI TITI), ada tangga, ada juga jalanan yang menanjak rata gitu. Gue milih jalan yang rata aja karena naik tangga kesannya melelahkan walaupun sama-sama menanjak juga. Petualangan pun dimulai.


Ada banyak benda-benda seni yang dipajang di berbagai titik. Yang paling sering ada di situs-situs soal DDP sih kayaknya patung polkadot warna-warni yang nggak jauh dari pintu keluar subway. Kalau misalnya sudah sampai di atas, kita bisa melihat gedung-gedung bertingkat di sekitar Dongdaemun yang kalau malem lampunya indah dipandang mata.

Selain gedung utamanya, di sekitar DDP ini ya kayak taman gitu. Ada pohon-pohon meranggas, ada tempat-tempat duduk, ada banyak tempat yang berumput, dan ada juga benda-benda seni yang dipajang kayak misalnya gerbong kereta dan semacamnya. Di salah satu sisi juga ada Curiosity Cabinet yang bentuknya kayak koper besar banget gitu dan emang bikin curious sih. Pas gue deketin ternyata toko (entah apakah toko souvenir atau bukan) tapi sedang tutup.


Ketika gue baru sampe ke DDP, dari kejauhan kedengeran suara orang nyanyi gitu. Gue berusaha mencari sumber suara. Siapa tahu kan lagi ada idol siapa lagi promosi atau showcase gratisan. Ternyata lokasinya di seberang jalan. Menurut informasi dari Zest, di lokasi ini memang sering banget ada grup-grup baru yang showcase gratisan gitu.

Tips: Nggak ada salahnya kalau malem-malem ke DDP dan mampir ke seberang jalan dekat pusat perbelanjaan besar yang ada di sana, suka ada panggung buat grup baru. Siapa tau mereka terkenal abis itu kan jadi ada cerita, "EH GUE LIAT TUH MEREKA PAS MASIH NUGU!" Mayan hiburan gratis juga.

Gue sempat ke seberang jalan dan nontonin sebuah grup yang gue nggak tahu namanya tapi mereka grup ballad terus membernya dua atau tiga orang gitu. Banyak banget orang nontonin di sana tapi nggak ricuh dan rusuh sih. Dan gue cuma betah berdiri selama lima menit sebelum akhirnya menggigil dan memutuskan untuk berjalan lagi ke sekitaran kawasan Dongdaemun. Siapa tahu nemu sesuatu yang lucu-lucu gitu.


Gue masuk ke sebuah pusat perbelanjaan yang ngejual baju-baju cewek. Pas banget di deket pintu yang dijual beha. Ya awkward. Akhirnya jalan terus tanpa peduli sampai nemu pintu keluar dan nembus lagi ke deket panggung tadi.

Karena gue merasa belum puas mengelilingi kawasan DDP, gue kembali ke DDP tapi kali ini tidak dengan menyebrang jalan melainkan lewat stasiun subway yang ada di dekat panggung itu. Kan nembus tuh ke lokasi Exit yang gue ambil pas gue sampai di DDP. Nah pas gue masuk ke sini, underground mall-nya juga ternyata menawarkan sesuatu yang berbeda lagi. Di DDP beberapa lokasi dibuat kayak galeri untuk seniman gitu. Ada juga tempat-tempat makan yang lucu, tempat nongkrong yang keliatannya gemes aja kalo masuk. Tapi karena jalan-jalan sendiri sudah cukup menyedihkan, gue nggak mau masuk dan makan sendiri.

Nggak kok, jalan-jalan sendiri itu sebenarnya sangat menyenangkan. Mencoba drama aja mumpung lagi di negeri drama.

Keluar dari kawasan underground, gue menjelajah lagi ke bagian lain dan secara tidak sengaja menemukan ladang LED Rose. OMG! Hampir aja gue lupa! Gue sempat baca di brosur yang gue dapet di hotel kalo di DDP lagi ada eksibisi LED Rose ini. Beruntung malam itu gue nggak menyerah hanya karena kesendirian dan hujan.


Dari atas, LED Rose-nya keliatan bagus banget. Unik banget. Ada kesan yang romantis juga. Nggak heran di sepanjang jalan itu ada aja orang pacaran yang peluk-pelukan terus foto. Hmmm... Indah banget sih! Semacem relationship goal banget berdiri di pinggi LED Rose Garden terus selfie. MENYENANGKAN!

Dari semua hal yang gue lihat di DDP malam itu, LED Rose ini adalah yang paling WOW sih. Melihat ribuan mawar palsu yang ditanam di atas lahan terbuka, bercahaya putih dan serasi banget sama warna dinidng DDP, wah.... ingin banget punya yang kayak gini di Jakarta terus warnanya merah putih. Pasti bakalan indah banget! Seoul lagi-lagi sukses memanfaatkan lahan kosong tak terpakainya dan mengubahnya menjadi sesuatu yang bisa menarik perhatian turis.

Someday, gue yakin Bandung akan kayak gini dan gue akan semakin yakin untuk pindah ke Bandung. TUNGGU SAYA KANG EMIL! TUNGGU SAYA ALAY DI BANDUNG!



Setelah puas mengalay sendiri di LED Rose Garden dan menjadi saksi cinta banyak sekali pasangan, gue menyerah pada cuaca dingin itu. Tangan gue udah mati rasa. Kuping gue udah makin kayak keripik casava. Akhirnya gue memutuskan untuk pulang sekitar jam sembilan malam. Nggak boleh malem-malem hari ini karena besok gue masih ada kerjaan buat ketemu sama Song Seung Hun dan Lee Young Ae.

OMG!!! OMG!!!! GUE HARUS TIDUR CEPET MALAM INI!

Bener-bener harus tidur cepet karena besok berangkatnya jam setengah 5 pagi dan gue nggak boleh telat sama sekali. Ketika masuk ke stasiun subway, gue kembali penasaran dengan Olleh WiFi itu. Keinget kalo belom berhasil digunakan.

"Oh, mungkin di sini bisa," kata gue. Dan pas gue cek list WiFi yang ada, BUSET DAH SINYALNYA KOK YA FULL BANGET DI SINI. HEOL. Gue pun berhasil melakukan registrasi dan akhirnya itu Olleh WiFi bisa digunakan. Pas gue turun ke peron, gue menemukan fakta lain bahwa ternyata Olleh WiFi sinyalnya lebih kenceng di subway station ketimbang di luaran sana.

Tips: setelah beli Olleh WiFi, kalau susah nemu WiFi Olleh yang kenceng di pinggiran jalan, silakan ke subway station terdekat karena dijamin sinyal WiFi di sini sangat memadai! Bahkan di dalem kereta sekalipun! LUV BANGET SAMA SEOUL KALO UDAH PUNYA WIFI!!!!!!!!!

Sesampainya gue di Euljiro 1-ga, gue ngeliat lagi itu syal sama topi yang tadi sempat pengen gue beli. Tapi ah... apakah bener-bener gue butuhkan? Sejauh ini masih bisa nahan sih sama udara dinginnya. Masih hari pertama soalnya. Ntar-ntar aja deh belinya. Kata gue dalam hati.

Tips: Kalo ke Seoul di musim dingin dan nggak punya syal sama topi, JANGAN TUNGGU NEXT DAY UNTUK BELI. MENDING LANGSUNG BELI AJA! KARENA LO NGGAK AKAN BISA NEBAK CUACA BESOK KAYAK GIMANA.

Kayak misalnya gue besok-besoknya langsung ketemu salju.

Dan awkward.

Karena kedinginan.

SEBEL!


[jangan lupa juga nih add LINE@ KaosKakiBau buat rame-ramein aja hihihi @ecd6150l (di search pake @ jangan lupa)]

Share:

0 komentar