Maafin... Saya Alay di 'THE EXO'luXion' Singapura [PART 4 - Habis]


Hampir semua penampilan bisa gue ingat dengan baik. Walaupun mungkin ada yang nggak ngeh sama detailnya. Ketika mereka ngebawain 'The Star', ada rasa agak-agak baper dikit. Lagu ini adalah favorit gue di album 'MIRACLES IN DECEMBER'. Lagu ini juga mengingatkan gue sama solo stage-nya Luhan di 'The Lost Planet'. Di saat yang sama lagu ini juga membuat gue ingat kalau gue dulu suka sama rap-nya Kris di lagu ini.

GILAAAAAA. DUA HAL TERAKHIR YANG UDAH NGGAK BISA LAGI DINIKMATI SAMPAI KAPANPUN. Tapi ya karena dua member itu udah nggak ada lagi, sembilan member yang lain harus berusaha menutupi kekurangan itu. Dan kekurangan satu orang lagi yang terakhir keluar. Dan menurut gue mereka melakukannya dengan baik. Nah, di sesi penampilan setelah VCR kedua (di urutan 'The Star') sebenarnya yang paling tunggu-tunggu adalah 'Exodus' dan 'Hurt'.

Di album 'EXODUS', selain 'El Dorado' gue juga suka banget sama 'Exodus'. Pas lagunya bocor dulu, gue bahkan lebih suka 'Exodus' duluan ketimbang 'Call Me Baby'. Fix. Ketika mereka bawain lagu ini, hati tuh udah kayak teriak pake toa kenceng banget. Tapi tetep nggak kedengeran karena dalam hati.

Sayangnya posisi performance mereka di dua lagu ini di panggung utama. Soalnya ada panggung tambahan yang dari besi-besi gitu. Ada sih, bagian mereka turun ke panggung utama, tapi ya nggak terlalu deket sampai ke tengah.


Suka banget sama penampilan 'Exodus' karena bagian nyanyi Baekhyun yang di nada-nada tinggi enak banget di kuping. Setiap adlib-nya juga bener-bener bikin happy. Sementara di 'Hurt' fokus gue nggak cuma di nada tinggi, tapi ada bagian-bagian menyanyi member yang kayak harus ada cengkoknya gitu. Tahu sendiri kan lagu ini emang kayak kpop-dut-padang-pasir.

Suka banget cara D.O mengakali beberapa part yang dirasa nggak pas, bagaimana Chen menyanyikan part-nya dengan improvisasi dan membuat lagunya terasa berbeda, bagaimana Lay dan Xiumin dengan gerakan-gerakan dance yang semangat dan bikin nggak berenti pengen teriak. Walaupun jaim. DAN SENENG BANGET PAS BAGIAN "YOU HURTTTTTTT MEEE~~~~" ITU DANCE-NYA KAYAK CACING!


Dan gue suka banget sama dance break-nya.

Di sinilah gue bener-bener mendengar kualitas suara D.O yang asli sama yang di CD tuh kayak sama. PERSIS.

Everything was perfect!

Sampai juga akhirnya VCR yang mereka jadi peri-peri tukang bikin kopi. EXO akhirnya naik panggung dengan topi merah dan baju garis-garis lucu itu. 'Xoxo' akhirnya mereka bawain di panggung utama dan di sekitaran runway. Di lagu ini sih waktunya memang lucu-lucuan. Kayak misalnya pas Sehun mau maksa Chen cium D.O itu.

Banyak juga momen yang mereka bikin sendiri dengan mengeluarkan suara-suara aneh di sela-sela lagu gitu. Karena lagunya juga kan sangat menyenangkan. Baekhyun ikut nge-rap pas bagian Sehun. Malah suara Sehun jadi ketutupan sama suara dia.

Oh iya, pas 'The Lost Planet', lagu ini kan dibawakan pas lucky fans tuh. Jadi inget juga, sesaat sebelum mereka mulai 'Ring Ding Dong', 'Dream Girl', 'Sorry, Sorry' dan 'Genie' itu, adalah momen ketika Suho ngeliat fanboard SURENE yang gue bawa, dan hilang fokus selama beberapa saat.

AH!

Sampai akhirnya EXO tampil di lagu ini, gue memutuskan untuk mengeluarkan fanboard yang gue bawa. Pertama yang gue keluarin yang SURENE yang lama. Sesekali gue balik ke Lay-Sooman. Abis itu gue ambil SURENE yang 'Dumb Dumb'. Sesekali gue balik ke IU-Baekhyun. Tapi ya gitu, selama mereka cuma melintas doang, ya dicuekin. Entah dilihat atau enggak, tapi hampir pasti setiap Suho lewat gue pasti sodorin itu SURENE. LOL



Feel-nya pas lagi angkat fanboard di depan Suho tuh kayak lagi nawarin katalog apartemen di mall-mall sama orang kaya yang udah nggak butuh apartemen, tapi lagi nyari pulau pribadi, tau gak.

'Xoxo' disusul 'Lucky'. LOH! HAHAHA KOK BISA PAS!

Di 'The Lost Planet', lagu ini kalo nggak salah dibawakan jelang akhir. Dan di lagu ini juga gue dapet momen sama Suho yang dia nunjuk-nunjuk kamera gue itu. Makanya lagu ini berkesan banget. Dan kenapa paaaasssss banget di 'THE EXO'luXion' SM naruh lagunya berurutan. KAMPRET KAN JADI BAPER! BERASA DIBAHAGIAKAN! HAHAHAHHA SEMU!!!!!!! Ah, sayangnya di 'THE EXO'luXion' Suho jarang ada di depan gue sih. Paling sering di kanan dan kadang-kadang ke kiri.


Dan di 'Lucky' ini juga pas mereka ganti-ganti baju di atas panggung itu. Okelah... ini adalah most awkward thing to see. Karena sibuk ganti-ganti baju, mereka nggak terlalu banyak nyanyi di lagu ini. Ya kan nggak cuma soal ganti baju doang. Tapi itu kabel-kabel clip on, earpiece dan microphone juga harus dipasang juga. Kalo nggak salah bajunya juga pake suspender gitu. Jadi ya agak ribet sampai-sampai mereka nggak nyanyi.

(GILA. SEJAK KAPAN GUE BISA MEMBACA PIKIRAN)


Cuma setengah kali mereka nyanyi.


Bagian "UWUK! UWUK!" (yang entah dilakukan Byun Baekhyun atau Chanyeol) seperti tahun 2014 lalu juga kembali terjadi di lagu 'Lucky' ini. Pokoknya kalo Baekhyun seneng, yang nonton juga pasti seneng. HAHAHAHAHAHAHAH Pas bagian "OH MY GOD! REJEKI JOM PAP PAP!" itu Baekhyun menggerakkan bahu dan dadanya dengan bersemangat, terus dia ngelirik ke D.O terus D.O ketawa. WAH! BAHAGIA SEKALI BAEKSOO!!!!!!!!!


Dan sampai lagu ini berakhir, yang muncul di depan gue adalah Chanyeol dan Chanyeol dan Kai dan Sehun dan Chanyeol. Ah........................... WHY. Tapi ada momen sih mereka bersembilan mengelilingi panggung tengah gitu. Jadi satu per satu member bisa lewat di depan lo dan lo akhirnya bisa melihat mereka dengan jelas. Tapi tetep aja... Suho nggak pernah berdiri lama di sana T____T Waktu '3.6.5' D.O berdiri lama banget di panggung tengah sendirian. Bener-bener lamaaaaaaaa banget.

Di jelang akhir lagu, Chen sama Chanyeol muncul bergiliran dan lumayan lama juga. Dan ini berlanjut sampai 'Christmas Day' dan 'First Snow'. Walaupun pas 'Christmas Day' pandangan gue bener-bener terganggu karena security-nya lagi gencar-gencar razia kamera dan di belakang gue, setelah Ment pertama itu si fansite ngumpat-ngumpat terus pake Bahasa Korea. GRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRHHHHH!!!!!!!!!!!!

KESIMPULAN SEMENTARA: Sampai pertengahan konser yang sering ada di tengah adalah Chanyeol, Xiumin, Lay, D.O, Chen (pas 'Miracles In December' dia persis berdiri di depan gue, ya agak ke kiri dikit). Beberapa kali Kai dan Sehun tapi nggak terlalu banyak. Jadi nanti kalo pada mau nonton di Jakarta, silakan deh tuh ngumpul di tengah-tengah.


Penampilan selanjutnya kalo menurut gue adalah highlight dari konser ini. Bisa dibilang, deretan performances setelah 'Miracles In December' (yang katanya Lay nangis ya, karena gantiin Luhan. Ya padahal gue nggak liat karena fokus gue cuma ke Chen yang ada di depan gue aja. Lay sih jauh di sebelah kiri) adalah penampilan terkeren EXO di sepanjang konser ini.

HMMMMM OKE TERKEREN KEDUA SETELAH 'EL DORADO'.

DAN TOLONG SKIP SEMUA BAGIAN CHANYEOL KARENA SANGAT MENDOMINASI HAHAHAHAH LELAH.

(Sorry buat semua fans Chanyeol, sorry banget, tapi daripada fake nih, jujur-jujur aja nih yak kita yak)

Penampilan yang gue maksud adalah 'Beat Burger Remix' - 'Full Moon' - 'Machine' - 'Drop That' - 'Let Out The Beast' - 'Run'.

Subhanallah..... ini EXO berubah jadi geng boyband EDM!

Gue sebenarnya bukan penikmat EDM banget. Tapi kalo yang ngebawainnya EXO, ya gimana dong, udah bias. Harus telen juga mentah-mentah nggak apa-apa deh. Walaupun di 'Drop That' terlalu banyak Chanyeol, tapi deretan penampilan setelah itu bener-bener sangat bikin takjub! Feeling ketika melihat deretan penampilan ini nggak ada di 'The Lost Planet'. Lagu-lagu yang mereka bawakan di-remix semua ala-ala EDM. SERU DAN MENYENANGKAN!

Gue nggak terlalu ngeh sama 'Beat Burger Remix' dan 'Full Moon'. Tapi gue denger 'Full Moon' kayak 'Two Moons', tapi agak beda. Entahlah. Kalo 'Drop That' nggak terlalu suka karena---sigh---tapi!!! TAPIII!!!!! Ada momen pas 'Machine' di mana panggung hidrolik di tengah naik, dan dari atas turun kurungan gitu dan langsung membuat Chanyeol terjebak di dalamnya. YANG TERNYATA KURUNGAN ITU ADALAH MEJA DJ. YO YO YO! (apa sih ron).


Efek lampu dan laser sepanjang penampilan ini bener-bener breathtaking. Bener-bener menyenangkan dan mengundang teriakan banget. SCREAMABLE BANGET. Dan yang paling pecah adalah ketika 'Run', sebelum refrain terakhir, di-remix dan diselipin musik-musik DJ ala metro mini gitu. Panggungnya mulai naik lagi, dan EXO loncat-loncat di sana. WAH KACAU SIH INI BENER-BENER INDAH SEKALI. PENAMPILAN PALING BIKIN JEJERITAN! SEMUANYA BERDIRI DI PANGGUNG TENGAH LAGI PAS LAGU INI.



AAAAAAAAAAAAAAAAARRRRRRRRRRRRRRGGGGGGGGGGGGGGGHHHHHHHHHHHHHH!!!!!! Nggak apa-apa deh, nggak dapet Suho banyak tapi semua member ngumpul di tengah. Ini tuh kayak posisi sarang penyamun. Paling adil di festival.

Di penampilan EDM ini juga ada adegan Lay nge-dance dengan senter laser gitu. Lampu-lampu yang berubah warna menghiasi Singapore Indoor Stadium dan bener-bener bikin panggung 'THE EXO'luXion' tuh kayak INDAH BANGET YA ALLAH!!!!!!!! Apalagi adegan ketika Baekhyun dan D.O naik sling, make jaket yang sudah ada senter lasernya. Pas mereka mulai melayang dan senter laser udah nyala.


"LINTAH KUDISAN!!!!!!!!! NAGINI BISULAAAAAN!!!!!!!!!!"

Makin histeris karena efek lampunya jadi makin keren! MAKIN GAK BISA KONTROL KARENA POSISINYA DI DEPAN MATA BANGET! AAAAAAAAAAAKKKKKK!!!! PECAH KEDUA ABIS 'EL DORADO' POKOKNYAAAAA!!!!!!!!!




VCR lagi. Gue lupa apa. Mungkin VCR yang menjelaskan teori 'EVOLUTION' jadi 'EXOLUXION'. Nggak ngeh. Ini udah mau abis konser dan masih deg-degan karena penampilan yang sebelumnya. Rata-rata durasi VCR mungkin 4 sampai 5 menit. Kalau gue biasanya di bagian ini benerin posisi berdiri, lemesin kaki, istirahatin pikiran sejenak, kalo sempat minum. Ngecek juga apakah tas ada di posisi yang baik dan nggak ada yang hilang. Nggak lama setelah itu mereka naik panggung lagi dan,

"E~ X~ O~~~~~~" mereka bawain 'EXO Dubstep'.

Yah... nggak heran. Karena ini yang bikin konser kan Beat Burger. Tentu saja ada adegan ini. Dan setelah itu mereka nyanyiin 'Growl'. Wah! Udah lama banget nggak dengerin 'Growl'! FACT: UDAH LAMA BANGET NGGAK DENGERIN ALBUM 'XOXO' sejak 'EXODDUS' keluar. Ada banyak banget yang beda. Nggak ada Luhan, nggak ada Kris, nggak ada Tao. Gue bahkan nggak pernah ngeh part-nya siapa diambil sama siapa. Bagian yang harusnya siapa tapi karena formasinya lain jadi dinyanyikan sama siapa. But anyway, penampilan 'Growl' itu jadi obat kanget banget sih buat gue nih.

Tapi feel-nya lagi-lagi MELEDAK ketika mereka nyanyiin 'Love Me Right'.

Ya Allah.

Kalo tadi pas EDM-EDM-an mereka udah loncat-loncat, di sini, pas performance 'Love Me Right', stamina mereka bener-bener kayak udah reload dan FULL DIKELUARIN DI SATU LAGU INI. Kemanapun lo ngeliat, mau itu D.O sekalipun yang mukanya selalu datar, tapi pas 'Love Me Right', semuanya semacem bahagia banget. Mereka tampil ini di panggung tengah dan itu persis di depan gue dan bener-bener energi mereka tuh kayak berasa gitu loh masuk ke gue yang nonton.

Makanya pas udah masuk intro, karena gue suka lagunya, buru-buru gue ngeluarin hape dan ngerekam performance ini. Dan di situ, bersyukur banget gue dapet sinyal internet yang oke, makanya gue pas kelar performance itu gue langsung upload videonya ke Twitter. KARENA SEMUA YANG BELUM PUNYA KESEMPATAN BUAT NONTON HARUS LIAT KALAU EXO PAS PERFORMANCE INI TUH SENENG BANGET!!!!

Baekhyun loncatnya gila-gilaan. Gerakan bahu sampai kepalanya kacau banget!! Setiap kali Kai smirk, mungkin fans yang ada di depannya langsung say goodbye and see you on the other side. Xiumin makin menjadi-jadi, sementara Suho yaudah siapa sih, nggak perhatian banget sama fans yang udah ngarep dari tadi (HAAAAAAAAA) (MAKAN TANAH KUBURAN RONNNNN BIAR GEMUK). Bahkan ketika gue nonton lagi video rekaman gue, feel-nya masih sama. Happy-nya masih sama. Euforia ketika melihat langsung adegan itu tetap terasa.

EXO SARANGHAE NEOMU NEOMU JINJJA JONGMAL DEH!

Klimaksnya adalah di penampilan ini kembang apinya meledak dan bikin budeg langsung. Itu indoor, kembang api suaranya teredam di dalam dan gue berasa banget itu lantai bergetar. ANJIRRRR SEREM AJA KALO KEBAKARAN KAYAK PAS KONSER ERU DI JAKARTA HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAA AH BAHAGIA DEH POKOKNYA! Gue sampai nggak tahu lagi nih mau nulis apa WKWKWKWKWKWKWK



Dah abis ini kelar, terus mereka nyanyi 'Sing For You' sama 'Unfair' untuk pertama kalinya di panggung konser. Untuk pertama kalinya juga gue liat Lay tampil menyanyikan lagu itu karena selama ini kan sibuk syuting terus di Tiongkok. 'Promise' nggak dibawakan, padahal sudah ada project handbanner di lagu itu. Jadinya project-nya malah nggak jalan. Nggak heran banyak yang protes sama promotornya. Dan untuk Encore, mereka nyanyiin lagu 'Angel'.


Kalau sudah berdiri di depan panggung, kadang waktu nggak berasa banget berlalunya. Waktu gue nonton 'Super Show 4', dari opening sampai EXO-M tampil (dan gue teriak-teriak sambil heboh angkat banner 1 meter x 1 meter) dan closing, itu bener-bener nggak berasa. Setiap momen yang terjadi panggung kayak bikin waktu berjalan begitu cepat. Begitu juga dengan ketika gue nonton 'THE EXO'luXion' ini.

Jelas dong, ada perasaan yang nggak mau ini semua berakhir. Pengennya EXO tampil aja terus sampai akhir tahun. Ya daripada anak orang anfal di atas panggung, mending udahan. Ya yang namanya awal ada akhir, yang namanya comeback ada goodbye, yang pernah ber-12 akan jadi 9. Konser inipun harus berakhir.

Tapi gue merasa ada yang aneh. Ada yang ngeganjal. Ada yang kurang gitu: dari tadi sebenarnya gue nggak pernah ada momen apapun sama salah satu member. SAMA SEKALI NGGAK PERNAH.

"Padahal gue udah bawa fanboard nih. Udah disimpen dari 2014. Udah dibawa ke Merlion. Udah begadang ngerjainnya sampai jam 2 subuh. Udah diisolasi bagus-bagus. Masa iya udah gini doang? Gak seru banget..." kata gue dalam hati.

Kalau ngeliat fans-fans yang ada di kiri dan di kanan panggung kayaknya puas banget bisa ngerekam Suho sama Sehun sama Kai yang jongkok-jongkok di sana terus. Rekamannya jadi keliatan deket banget padahal juga di zoom dan tangan terjulur sepenuhnya (yang berarti tidak sedeket-deket itu banget jaraknya, tidak sedekat hasil rekamannya). Tapi tetep aja iri. Soalnya Suho jongkok di sana sementara di sini enggak.

Takabur.

Akhirnya ketika mereka mulai nyanyi 'Angel' itulah gue kepikiran sesuatu. Kalau mereka nggak ada momen sama gue selama hampir 3 jam gue berdiri di situ, ya gue harus bikin momen sendiri. Paling nggak ini fanboard nggak sia-sia deh.

Cuma ada satu cara: LEMPAR FANBOARD KE ATAS PANGGUNG.

Wah... kacau. Gue sama sekali nggak pernah berani melakukan ini di konser manapun. Soalnya ini bahaya banget. Kalo yang lo lempar boneka ya okelah, nggak sakit kalo kena. Ya ini mau lempar karton yang empat sisinya tajem-tajem. Kalo kena bisa ketusuk kan sakit juga. Gue jadi inget pas kapan konser Super Junior ada yang lempar bando terus kena muka Ryeowook. Ya kan kasian.

"Apa bener, gue harus lempar ini ke panggung..." kata gue dalam hati.

Sekarang masalahnya gini, ketika udah dilempar, apa iya bakalan ada yang ngeliat? Apa iya ada member yang ngambil? Gitu aja sih. Gambling banget. Karena kenyataannya nggak cuma gue doang yang ngelempar benda ke panggung. Ada banyak sekali benda jatoh di panggung hasil lemparan. Nah, perkara di ambil atau nggak itu kan ya Allah SWT yang ngatur.

Tapi emang, nggak ada yang tahu hasilnya gimana sebelum berusaha. Karena, kalo misalnya gue nggak lempar, bakalan sayang banget. Lah terus buat apa bikin fanboard kalo diliat sama yang dikasi fanboard aja enggak? Gue mengumpulkan niat dan keyakinan selama beberapa detik di awal lagu sampai akhirnya gue yakin gue harus lempar itu fanboard.

OKE FIX AKAN GUE LEMPAR!

Baru aja siap-siap ambil ancang-ancang, si Chanyeol muncul di depan gue, nyanyi agak lama. Ya, kalo gue lempar sekarang, terus salah-salah kena dia kan berabe juga. Udah gue lagi nggak suka sama dia, ntar malah dia yang nggak suka sama gue (HAAAAA KHAYALAN BABU HAAAAAAA). Akhirnya yaudah, tunggu sampai dia pergi dulu dari situ dan akhirnya,

WHOOOOSSSSHHHHHHH~~~~~~~~~~~~~~!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Itu fanboard melayang dan mendarat mulus di atas panggung. Tanpa gue sadari, dari awal lagu 'Angel' itu sampai gue melempar itu fanboard, ternyata kerekam di hape gue. GUE AJA LUPA ITU HAPE UDAH KEPENCET RECORD APA BELOM.

Dan ketika itu fanboard sudah mendarat di panggung, gue baru sadar kalo ternyata Baekhyun tuh lagi ada di kiri panggung. Dan nggak beberapa lama setelah itu, dia kembali ke tengah panggung. Sehun nyamperin dia dan ngasih beberapa handbanner warna kuning. Baekhyun terima itu handbanner dan nggak beberapa lama setelah itu, dia liat sesuatu.

YA ALLAH.

YA ALLAH YA TUHAN. YA RABBAL ALAMIN.

Baekhyun membungkuk dan mengambil sesuatu di lantai.

YA ALLAH GUE GEMETERAN.

Gue hapal banget titik itu. Persis di tempat fanboard gue jatuh tadi. Dan bener aja pas Baekhyun bangkit dari posisi bungkuk itu.

ALLAHU AKBAR!

Kaki gue rasanya gemeteran. Mau teriak tapi nggak berani teriak. Yang teriak malah yang di belakang kenceng banget "YA!! BYUN BAEKHYUN!!!" apa gitu gue sampai nggak konsen. Tapi ya. YA! BAEKHYUN NGAMBIL FANBOARD ITU!!!!! DIA AMBIL FANBOARD ITU DAN MENJATUHKAN HANDBANNER YANG DIA AMBIL DARI SEHUN TADI TERUS DIA JALAN-JALAN KE TENGAH PANGGUNG SAMBIL NARUH FANBOARD ITU DI DEPAN MUKA DIA.

JACKPOT! Udah. Hidup gue berakhir sampai di sini.

Thank you PerfectBaek!
Ketika gue nonton lagi rekamannya, gue baru sadar ternyata gue teriak "Thats mine! Thats mine!" karena fans dari Jepang yang ada di sebelah kanan gue kayak histeris gitu juga pas itu fanboard diambil sama Baekhyun. Jadi gue ngerasa kayak kita sedang berada di topik yang sama jadi gue langsung aja ngakuin itu punya gue.

"Whoa!" kata dia.

"THATS MINE! THATS MINE!"

"YEA YEA! (I SAW YOU LEMPAR IT TO PANGGUNG YOU LITTLE IDIOT!)"

Dan setelah itu hanyalah teriakan-teriakan bahagia dalam hati sampai mereka kembali ke belakang panggung menghilang di balik layar.




Masih tetep ngerasa amazed sama kejadian ini, enggak tahu kenapa. Dari sekian banyak benda yang dilempar ke panggung, kenapa fanboard itu? Alhamdulillah. Rejeki emang nggak kemana!

Gue jadi deja vu lagi. Karena di 2012, hal yang kurang lebih sama terjadi juga sama gue. Tapi waktu itu pelakunya Donghae. Pas konser 'Super Show 4' gue bawa fanboard Lee Soo Man (karena tentu saja dia adalah orang penting dalam karier Super Junior) dan di belakang foto Soo Man itu ada foto Shindong (karena gue yakin, nggak akan ada yang bawa fanboard buat Shindong). Walaupun gue menyasar Leeteuk dan Shindong dengan fanboard itu, tapi yang ngeh duluan malah Donghae.

YA. LEE DONG HAE JONGKOK DI DEPAN GUE, NGULURIN TANGANNYA, MINTA ITU FANBOARD DARI GUE LANGSUNG, DAN YA UDAH GUE KASI AJA.

Dia bawa ke atas panggung dan......... PECAH!!!! (Selengkapnya)


Photo by Qudsi.


(Juga di konser yang sama temen gue, namanya Icha, gue bikin fanboard IU-Eunhyuk. PERSIS KAYAK IU-BAEKHYUN ini. Badan IU gue tempelin muka Eunhyuk. Abis itu, yang notice duluan Ryeowook. Ryeowook minta ke temen gue dengan jongkok di depan panggung. Temen gue kasi dan dia kasi liat ke Eunhyuk. Ya si Kunyuk malu-malu lah terus ketawa. Terus fanboard itu dibalikin lagi ke temen gue sama Ryeowook)

(Lihat kan siapa faktor X-nya)

(IU JJANG!!!!!!!!!!!!)

Photo by IUMushiMushi
Kalau pas 'The Lost Planet' gue bilang kalau konser itu adalah KONSER TERBAIK YANG PERNAH GUE DATENGIN, maka gue juga harus lagi-lagi bilang kalo 'THE EXO'luXion' ADALAH KONSER TERBAIK YANG PERNAH GUE DATENGIN. Semuanya sangat istimewa. Terlebih karena memang para member sedang dalam mood yang sangat bagus sekali.

Konsernya berjalan dengan nyaman kecuali bagian diumpat fanbase. Antrean oke, petugas pemeriksa tas nggak berlebihan, security baik hati di dalam tapi ketatnya minta ampun. Jangan harap bisa motret karena si fansite yang di belakang gue itu (sempat sih dia motret) sempat ketangkep juga dan dikasih tiga atau empat kali warning gitu. Tapi ya namanya fansite udah pengalaman, tetep aja mereka bisa dapet gambar.


Singapore Indoor Stadium mengingatkan gue pada MEIS banget. Di mana lo nggak perlu susah-susah cari makan dan kelaperan. Karena deket sama Mall. Menyenangkan deh tempat konsernya. Asyik banget. Sayang aja MEIS harus ditutup dan ICE jauh dari mana-mana (ditambah kalo konser di sana suka ujan, kalo nggak panasnya kayak neraka jahanam). Kalo misalnya di MEIS kan toko-toko di dalem, kita gak perlu repot-repot keluar. AH KANGEN MEIS! BENCI ICE!

Gara-gara konser ini juga gue akhirnya mengambil risiko untuk pergi ke Singapura dan melakukan perjalanan sendiri (walaupun nggak sepenuhnya sendirian). Tapi gue yang pesen pesawat sendiri dan pesen hostel sendiri. Karena sudah pernah tinggal di hostel di Bandung dan Seoul sebelumnya, jadi udah ngerasa pengalaman dan nggak kagok ketika masuk hostel di Singapura. Walaupun memang suasananya sangat berbeda.


Memang, kalau untuk nonton konser di luar negeri biayanya nggak akan semurah nonton di negara sendiri. Itulah kenapa gue nggak pernah berani mengeluarkan biaya banyak untuk konser. Akumulasi tiket+pesawat+hostel+uang makan itu bikin nangis. Tapi ya, kalau memang uangnya ada dan sudah diniatin, kalian memang perlu mencobanya. Pengalaman itu mahal. Kalian akan punya cerita yang menyenangkan untuk dibagi ke orang-orang yang kalian sayangi.

(Gue akan menceritakan ini ke ponakan gue, namanya Nada umur 6 tahun dan Salman umur baru beberapa bulan saja, dan ngajarin mereka soal EXO!)

Kalau misalnya tulisan gue ini membuat kalian merasa "Apaan sih ini orang pamer banget!", gue mau minta maaf. Tulisan-tulisan ini dibuat bukan karena mau pamer. Tapi karena memang suka nyeritain pengalaman sendiri dan berbagi sama orang. Gue berharap ada hal yang bisa lo dapat dari tulisan gue. Positif atau negatif yang penting ada hasilnya. Maaf banget kalau misalnya yang bias Chanyeol merasa tersinggung karena beberapa kalimat.

Gue juga mau minta maaf atas curhatan soal fansite di atas. Tapi karena ini blog gue ya gue bebas mau ngomong apa.


Sekaligus mau berterima kasih buat kakak-kakak baik hati yang gue temui di Berastagi yang malah ngasih gue tiket nonton gratis 'THE EXO'luXion' di Singapura. Mau bilang makasih juga buat Sammy, Marcel dan Bunga (baru kenalan dan langsung hebohhhhhhhh). Kalau nggak ada temen-temen gila ini mungkin gue akan cengok aja di sana.

Ini kenapa jadinya malah kayak bagian thanks to album sih. Ah!


Dan buat fansite dan fans yang sudah motret adegan Baekhyun bawa fanboard gue, GUE CIYUM SATU SATU! MAKASIH! Buat yang udah bikin fanart juga makasih (LAH KENAPA SIH RON KAYAKNYA LO SOK PENTING BANGET).

Buat kalian pembaca setia blog ini, semoga kalian kaya raya dan tetap bahagia.

Last but not least, thank you Byun Baekhyun.

Photo by Shadowz B

SEE YOU ON 'THE EXO'LUXION' JAKARTA!
(kalau ada uang)

[jangan lupa juga nih add LINE@ KaosKakiBau buat rame-ramein aja hihihi @ecd6150l (di search pake @ jangan lupa)]

Share:

0 komentar