Semua yang Kamu Perlu Tahu Soal Game SM Rookies Entertainment!

Kalau gue nggak salah inget, sekitar November 2015 kemaren, SM Entertainment udah ngumumin kalau mereka akan fokus buat pengembangan game yang terinspirasi dari bagaimana sebuah boyband terbentuk. Mulai dari merekrut trainee, ngejalanin training, sampai akhirnya muncul produk boyband-nya. Untuk itu, SM pun lalu meluncurkan SM Rookies Entertainment. Mereka nyebutnya game Social Producing, yang kemudian mereka klaim sebagai yang pertama di dunia.

Secara singkat gue jelaskan ulang, game ini adalah menciptakan sebuah boyband. Tapi untuk itu, kita harus menjalani semua proses yang gue tulis di atas: recruiting, training, kemudian producing. Tagline-nya 'A Star Made By Me', jadi literally memang game ini akan membuat kita merasakan seperti apa jadi Lee Soo Man. Detail lebih jelas untuk latar belakang game bisa dibaca di sini: Apa Itu SM Rookies Entertainment?


Nah, yang belum gue jelasin di situ adalah bagaimana hubungan game SM Rookies Entertainment ini dengan NCT (New Culture Technology), boyband baru SM Entertainment yang akan debut di tahun 2016. Secara sederhana gue menyimpulkan bahwa konsep NCT ini:

1. Punya 40 trainee yang akan dijadikan member beberapa boyband,
2. Beberapa boyband ini akan debut di beberapa region yang berbeda yaitu di Korea, Jepang, Tiongkok, Amerika Latin dan *DRUM ROLL PLEASE* ASIA TENGGARA!
3. Boyband-boyband ini akan dibentuk dengan jumlah member yang tidak fix. Artinya, akan ada member yang ditambahkan, akan ada member yang dioper ke sub-unit lain.

Contoh sederhana: Jaehyun, Doyoung, Taeyong, Hansol, Johnny (misalnya) debut sebagai sub-unit pertama di Korea dan Jepang. Kemudian mereka aktif di sana. Lalu, sub-unit kedua debut di Tiongkok. Ternyata di Tiongkok banyak yang suka sama Jaehyun. Jaehyun bisa aja dioper juga ke sub-unit Tiongkok.

Contoh kedua: Ten misalnya akan didebutkan di Korea juga sama lima orang yang namanya udah gue sebutin di atas. Kemudian SM mengumumkan sub-unit ketiga NCT yang akan aktif promosi di Thailand. Bisa aja Ten dioper ke sub-unit ketiga karena dia dari Thailand supaya menarik fans lokal lebih banyak.

Kira-kira kayak gitu. Jadi bukan boyband yang anggotanya 40 orang dan tampil sama-sama 40 orang. Gue juga ragu sih mereka akan bikin big performance kayak gitu. Paling buat di awal aja. FYI akan ada kemungkinan mereka debut dengan lagu yang sama tapi bahasa yang berbeda. Tapi yang ini kita tunggu aja nanti gimana.

Terus hubungannya NCT sama game ini apa? Jadi, kalau menurut gue, game ini bisa dibilang sebagai tempat survey juga buat SM Entertainment. Sebenarnya, formasi seperti apa sih yang paling pengen dilihat sama fans? Siapa aja sih yang harus gue masukkan ke dalam sub-unit A, siapa aja yang harus gue masukkan ke dalam sub-unit B? Jadi SM bener-bener pengen tahu fans tuh maunya apa. Lewat game ini, kita kan bisa bikin grup sesuai kemauan kita tuh (sebagai goal akhirnya). Nah dari situlah SM akan menilai.

Analisa gue sih. Bisa aja nggak bener. Hahahaha

Selain juga memang SM Rookies Entertainment ini mengajak kita untuk lebih intens dan dekat lagi dengan para member SM Rookies sebelum mereka debut dan dipisah-pisah sebagai sub-unit. Intinya supaya kita tetap put our eyes close to them dan menjaga "keintiman" dengan masing-masing member (KARENA KAN BANYAK BANGET NIIIIII MEMBERNYA).

Ya kurang lebih demikian.

Terus gimana cara mainnya? Skrol terooosss!

Instalasi & Registrasi

1. Sebelum main, tentu saja kalian harus Install dulu kan. Buat pengguna Android, silakan download di sini. FYI, nggak seperti SMTOWN Superstar, SM Rookies Entertainment sudah available di seluruh negara yang bisa mengakses Google Play Store. Jadi proses instalasi dan update nanti nggak perlu rebek pake qooApp lagi.

Perlu diperhatikan ponsel Android kalian harus sudah dibekali Android versi 4.2 (Jelly Bean) ke atas (Kit Kat dan Marsmallow bisa juga).

Besar file instalasinya 43 MB. Kalau dengan internet yang mumpuni bisa selesai dalam waktu 2 - 3 menit. Waktu itu gue pake WiFi kantor dan selesai dalam waktu sekitar 5 menit karena internetnya agak gangguan.

Game ini free tapi di dalamnya akan ada pilihan untuk membeli item-item kalau memang dibutuhkan. Sama aja kayak SMTOWN Superstar.

Buat pengguna iPhone/iOS silakan download di sini.



2. Setelah aplikasi terinstal, cus, buka aplikasinya dan kita akan disambut oleh beberapa halaman pembuka. Halaman pembuka ini ngasih informasi dasar sebenarnya game ini tuh maunya apa sih? Geser terus ke kanan kita akan dikasih tahu info soal CASTING, TALKING, TRAINING, lalu PRODUCING. Geser ke kanan lagi akan muncul ARCHIVE, lalu di halaman terakhir adalah MASTER PD.

Di bagian ini, kita dikasih tahu final goal dari aplikasinya. Bahwa kalau kita berhasil jadi PD yang paling berpengaruh atau sukses lah gitu ya, nama kita akan masuk ke album debut NCT dan bisa dapet kesempatan ketemu langsung sama mereka. SOUNDS INTERESTING RIGHT? HAHAHAHA


3. Setelah beberapa halaman itu, akan muncul halaman login/sign up. Kalau kalian sudah punya akun SMTOWN (yang kalian gunakan buat game SMTOWN Superstar atau buat EXO-L International Fanclub) itu bisa digunakan di sini. Kalau kalian lupa ID/Password-nya apa, bisa klik 'FIND ID/PW'. Kalau belum punya akun bisa klik 'REGISTER'. Kalau sudah punya, ya ketik email sama passwordnya terus login. Centang login automatically supaya nant gak repot-repot buat login lagi ke depannya.


4. Setelah berhasil login, akan muncul halaman TERMS OF SERVICE. Sampai sini memang masih pake Bahasa Korea. Cuekin aja. Langsung centang di bagian yang butuh di centang. Abis itu silakan upload foto kalian dan pilih username. Username maksimal 8 huruf dan silakan cek dulu apakah available atau tidak untuk digunakan. After all set, klik DONE.


Nanti akan muncul notifikasi kalau akun SMTOWN kita sudah diverifikasi. Lalu muncul halaman seperti di bawah ini:


5. Setelah itu, akan muncul dialog lain yang menginformasikan kalau kita harus meng-casting seorang (atau lebih) rookie.


Yang penting untuk diingat:

a. Kita dibekali COOKIES (nama lain buat koin untuk bertransaksi) sebanyak 2000 untuk merekrut trainee kita.
b. Satu trainee harganya 1000 COOKIES. Jadi dengan uang itu kita bisa beli dua (tapi gue beli satu dulu buat percobaan waktu itu).

6. Pilih Rookies yang kalian suka. Masing-masing Rookies punya popularitas sendiri-sendiri. Yang perlu diingat adalah bahwa game ini bukan cuma sekedar "OH! INI BIAS GUE! GUE PILIH DIA!" semata. Tapi kalian bener-bener harus memposisikan diri sebagai seorang produser yang akan mendebutkan sebuah boyband.

Jadi, masing-masing member yang kalian rekrut haruslah sesuai dengan visi kalian ke depannya. Itulah kenapa ada informasi lengkap di belakang foto masing-masing Rookies yang isinya:

a. Gender Ratio. Sederhananya bagian ini menjelaskan bahwa member rookies pilihan kalian ini disukai oleh berapa persen COWOK dan berapa persen CEWEK sih?
b. Age Ratio. Sederhananya bagian ini menjelaskan bahwa member rookies pilihan kalian tuh lebih disukai sama orang di range umur berapa sih?


Dengan dua pertimbangan ini, kalian akan bisa membayangkan, sebenarnya nanti boyband yang akan kalian produksi lewat aplikasi ini bakalan menyasar ke siapa dan di rentang usia berapa. Nah, ini kan baru satu nih, nanti kan kalian akan rekrut banyak rookies, jadi di situ bakalan jadi lebih ribet lagi.

Gue kasih contoh deh...

Gue rencananya mau bikin boyband yang PRIMER-nya menyasar cewek-cewek usia 15 sampai 25 tahun. Nah, SEKUNDER-nya adalah cewek/cowok antara 10 - 14 tahun dan 26 -50 tahun.

Sekarang kita liat Gender dan Age Ratio-nya Doyoung. Sebagai member, dia disukai oleh 20% COWOK di rentang usia 20 sampai 30 tahun, dan 80% CEWEK di rentang usia 10 sampai 30 tahun dan ada juga yang di rentang usia 50 tahun ke atas.

Dari situ bisa dilihat kalau dari boyband yang mau gue bikin, Doyoung udah sesuai dengan target PRIMER gue yang ingin menyasar cewek-cewek usia 15 sampai 25. Sekaligus juga masuk ke target SEKUNDER gue yang ingin menyasar fans cowok/cewek di antara usia 10 - 14 dan 26 - 50 tahun.

Masing-masing rookies punya appeal yang berbeda di Gender dan Age Ratio. Jadi pertimbangan pribadi kalian kayak gimana, silakan diaplikasikan langsung ke game-nya.

Ribet ya? Iya. Kan jadi Lee Soo Man nggak mungkin gampang juga. Ya seribet ini. Ini juga sebagian kecil dari pekerjaan dia.

Setelah kalian menentukan pilihan, klik CASTING. Setelah itu, akan muncul notifikasi kayak gini:


7. Sesudah kalian merekrut Rookies, kalian akan keluar lagi dari halaman yang tadi. Kalian sekarang sudah jadi INTERN PD. Nantinya level ini akan naik dan terus naik sampai MASTER PD. Dan itu progres dari bagaimana kalian menangani trainee kalian. Setelah perekrutan akan muncul tampilan seperti ini:


Dari situ, tinggal drag dan drop ID card PD kalian ke mesin, tunggu beberapa lama sampai garis ungu yang ada di sekitar mesin full (nanti muncul tulisan SCANNING), terus nanti kalian akan disambut dengan teriakan "PD-NIM ANNYEONGHASEYO!" Karena gue pilih Doyoung, jadi yang teriak Doyoung.


8. Oke, sebelum lanjut ke yang lain, gue sarankan kalian untuk mengganti bahasa dulu. Klik BURGER MENU yang ada di kanan atas, nanti akan muncul kayak gini:


Terus klik SETTING, nanti akan muncul berbagai pilihan buat ganti profile PD, buat edit account dan bisa juga pilih mau disapa sama siapa pas mulai tap ID Card. Tapi yang penting, ganti bahasanya jadi ENGLISH dulu.

9. You're done! Sekarang waktunya ke rutinitas!

Menu Dasar dan Sehari-hari

Setelah registrasi selesai dan semua step di atas kalian lakukan, sekarang ya waktunya untuk menjalin hubungan baik dengan trainee kalian. Hubungan baik di sini maksudnya, sebagai PD, kalian harus perhatian sama mereka. Ya mengingatkan mereka untuk makan, istirahat, memberikan semangat, dan yang lainnya. Simpelnya, kalian setiap hari harus mengecek apa yang ada di Burger Menu aja pokoknya.


BADGE
: Isinya pencapaian kalian selama jadi PD. Semacem penghargaan kalau kalian sudah berhasil rekrut 1 trainee, 3 trainee, 5 trainee, atau semua rookies yang available. Termasuk pencapaian kalau kalian sudah berhasil menjalin kedekatan dengan para trainee dengan melakukan TALKING.


ARCHIVE: Isinya semua reward foto yang kalian dapat setelah menyelesaikan satu hari training. Masing-masing reward dari para trainee bisa dilihat di sini. Gue sejauh ini udah punya 3 trainee yaitu Doyoung, Jaeyun dan Ten. Ini contoh archive dari training Doyoung selama jadi rookies gue.


PD PAGE: Berisi informasi soal kalian sebagai PD. Mulai dari status kalian apakah INTERN PD atau JUNIOR PD atau MASTER PD, nama kalian, status kayak di LINE gitu, indikator level, ranking kalian di seluruh pemain game ini, jumlah COOKIE, Rookie, Badge, dan berapa kali kalian mendapatkan COOKIE dari jadwal per jam para rookies yang ada di bawah manajemen kalian.

CASTING
: Adalah menu untuk merekrut rookies yang isinya profile rookies seperti yang gue jelaskan di atas (ketika memilih Doyoung)

TALKING
: Nah ini yang gue maksud dengan menjalin kedekatan dengan trainee. Di bagian ini, masing-masing rookies punya 100 pertanyaan yang harus kalian jawab. Dalam sehari kalian hanya bisa menjawab 5 pertanyaan karena kalian diberi modal 5 kunci perhari. Kunci ini bisa kalian beli dengan COOKIES atau dengan Rupiah di store (logo keranjang di bagian bawah Burger Menu). Kunci untuk menjawab pertanyaan TALKING akan diisi ulang setiap jam 10 malam WIB (00:00 KST).


Pertanyaan-pertanyaan di TALKING ini bener-bener random yang gue sendiri heran. Kayak "Lagu apa yang dinyanyikan Doyoung pas SMP?" atau "Binatang kesukaan Doyoung?" dan pertanyaan-pertanyaan lain yang kalo lo nggak tahu banget soal SM Rookies mungkin akan salah terus jawabnya. Hahahah gue juga gitu kok. Salah terus, tapi kalau beruntung ada juga yang benar. Jadi kalau kita jawab benar, kita dapat reward experience yang akan berpengaruh untuk kenaikan level (lihat indikator di bawah tulisan LV.1 INTERN PD warna hijau di Burger Menu, itu akan bertambah dari 0 sampai 100 setiap kali kita berhasil jawab pertanyaan atau berhasil menyelesaikan satu hari training). Kalau salah, yang berkurang cuma kuncinya aja. COOKIES gak akan berkurang. Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini sudah beredar di media sosial. Silakan cari sendiri.


TRAINING: Menu ini yang setiap hari juga harus lo cek. Menu ini isinya kalender harian yang dibagi per jam. Jadi selama sehari itu satu rookies bisa banyak kegiatan. Mulai dari dance lesson, vocal lesson, Chinese lesson, dan sebagainya. Ada juga jam-jam istirahat. Setiap hari training dimulai jam 10 pagi (KST, jadi di WIB jam 8 pagi) dan berakhir jam 8 malam KST (jam 6 sore WIB).
Lo harus cek setiap jam (untuk melihat jadwal perjam, klik TODAY SCHEDULE setelah klik TRAINING di Burger Menu).


Kenapa harus dicek setiap jam?? Karena ada jadwal latihan yang menyediakan 20 COOKIES. Jadi lo bisa nabung buat beli rookies yang lainnya. Misalnya kalau dalam sehari mereka full jadwal dari jam 10 sampai jam 8 malam, bisa ada 2 sampai 3 COOKIES di satu rookies. Berarti kalian bisa nabung 60 COOKIES setiap harinya. Semakin banyak rookies yang kalian punya, semakin produktif juga COOKIES kalian. Tapi pelan-pelan aja dulu.

Jadwal yang sudah dikerjakan akan jadi abu-abu (kayak yang gue screencaps di bawah ini), yang belom akan berwarna ungu. Kalau COOKIES yang sudah diambil akan ada ujung yang kegigit. Kalau belum diambil akan utuh bundar. Tapi COOKIES ini hanya bisa diambil ketika training sedang berlangsung (JADWAL MASIH BERWARNA UNGU). Makanya kita harus cek tiap jam.


Nah, setiap selesai training, kalian akan diminta buat SIGN (tanda tangan--bebas, nggak harus tanda tangan asli juga). Tulisan 'CHECK OUT MY SIGN' di atas akan muncul setelah kalian memberikan tanda tangan untuk latihan rookies kalian per harinya. Kalau sebelum di tanda tangan nanti tulisannya jadi SIGN terus warnanya UNGU bukan ABU-ABU. Kalau diklik, akan muncul tampilan kayak gini:


Kalian bisa tanda tangan bebas, terus nanti klik CONFIRM (di foto di atas udah ke-confirm jadi yang muncul OK, dan tanda tangan sesudah di confirm gak bisa diganti. Tapi bisa di RESIGN sebelum di CONFIRM, artinya kalian bisa hapus kalo tanda tangan kalian jelek dan diganti yang baru, baru CONFIRM). Nah setelah kalian Confirm, kalian akan dapat reward harian kalian sebagai PD yang menunjukkan kalau latihan hari ini sudah selesai.


Reward-nya berupa experience (untuk kepentingan penambahan level) dan juga COOKIES. Per training kalian dapat 100 COOKIES. Makanya semakin banyak punya rookies, makin banyak COOKIES yang kalian dapatkan per hari buat transaksi ke depannya. Selain itu, kalian juga akan dapat reward foto eksklusif yang nantinya akan otomatis ke ARCHIVE yang sudah kita bahas di atas.

Oh iya, di bagian TRAINING juga ada kolom komentar. Setiap hari kalo bisa kalian tulis aja komentar buat rookies kalian. Kata-kata penyemangat gitu. Untuk semakin mempererat hubungan antara kalian. Di bagian komentar ini kalian juga bisa baca langsung komentar harian dari si rookies yang bersangkutan. Misalnya hari ini gue meninggalkan pesan untuk Jaehyun setelah latihannya selesai:


PRODUCING: Menu ini hanya bisa kalian akses setelah kalian jadi PD MASTER. Jadi ya, silakan rekrut sebanyak-banyaknya rookies, naikin level, dan nanti kita akan bahas ini setelah gue juga bisa mengaksesnya hahahahaha.

Tulisan ini akan gue update setiap kali ada hal yang baru yang belum gue tulis. Sampai di sini, kalau ada pertanyaan silakan tulis aja di kolom komentar, gue akan bersedia menjawabnya sesuai pengalaman gue.

+++

UPDATE

Sabtu, 6 Februari 2016

(1) Setelah sekitar 10 hari main, gue baru tahu kalau sebagai PD, kita akan dapat gaji di setiap akhir pekan. Awalnya gue pikir apa yang tertulis di CALENDER (Klik BURGER MENU - POJOK KANAN ATAS ADA CALENDER) itu cuma jadwal buat Rookies-nya doang. Ada logo kecil-kecil di setiap tanggal penting kan. Pas gue klik (i) yang ada di sebelah tulisan TODAY, di situ muncul keterangan buat logo-logonya. Di situlah gue pertama kali menemukan WEEKLY PAYDAY dan mikir, "Wah ini trainee digaji juga ya?" Ternyata itu gaji buat PD.

Gue baru dapet pertama kali Jumat (5/2) malam. Minggu lalu mungkin gue dapet tapi gue sekip jadi nggak sadar. Seperti halnya KEYS untuk TALKING, update GAJI PD dilakukan jam 22:00 WIB (00:00 KST). Setiap minggu kita akan dikasih 1000 Cookies. MENYENANGKAN!


(2) Setelah gue main, gue baru tahu kalau penjelasan soal AGE dan SEX RATIO di atas belum terlalu penting dalam proses perekrutan. Karena pada akhirnya kita memang harus merekrut semua Rookies dulu sebelum bisa melakukan PRODUCING. AGE dan SEX RATIO ini penting ketika proses PRODUCING yang mana gue juga masih berusaha untuk sampai di level itu hahahahaha. Semangat!

UPDATE

(Agak telat sih ini sebenarnya)

(1) Sekarang sudah ada Kun sama WinWin

(2) Udah jarang banget gue mainnya karena agak sibuk. Tapi sekarang jadi makin rutin ada proposal gitu karena mungkin NCT udah mau debut. Jadi digeber banget buat menjalin kedekatan sama fans.

(3) Gue sudah masuk jadi Senior PD. Harusnya kalau gue rajin udah bisa masuk Master PD bentar lagi. Tapi.... WKWKWKWKWKWKWKWKW LUPA TERUS

Next update ditunggu aja.

Buat yang mau berbagi jawaban dari TALKING juga boleh di kolom komentar ya! Have fun guys!
*

[jangan lupa juga nih add LINE@ KaosKakiBau buat rame-ramein aja hihihi @ecd6150l (di search pake @ jangan lupa)]

Share:

0 komentar