Apa Itu SM Rookies Entertainment?

Oke, pertama-tama, ini bukan manajemen baru yang dibuat SM Entertainment untuk SM Rookies. Mentang-mentang Super Junior udah punya label sendiri, terus SM Rookies mau dibikinin juga label baru buat debut mereka? Nggak. Mau dapet modal dari mana. Super Junior aja banting tulang dulu sepuluh tahun baru dapet manajemen sendiri. Bagaimana ELF, senang? Kalo gue sih sebenarnya nggak suka kalo SM ini bikin anak-anak label gitu. Jengah liatnya. Satu manajemen aja melelahkan, gimana kalo banyak.

Oke, tapi kita nggak akan membahas soal perusahaan Lee Soo Man itu di postingan kali ini. Karena, siapa peduli? Toh kita juga nggak dapet uang dari mereka. Kecuali ya emang kita produsen baju-baju KW super (nggak junior) yang kemudian menghasilkan uang. Ya kalo cuma sekedar anak-anak manis yang kerjaannya ngetik dan spazzing doang, kan justru uang kita yang diporotin selama ini. #tjurhat

Kemaren secara nggak sengaja (atau emang nggak ada kerjaan sebenarnya) gue buka folder spam di email gue. Dan kebetulan email itu adalah alamat surat elektronik yang gue gunakan untuk login SMTOWN Nation buat dapetin Passport SMTOWN yang nggak pernah gue klaim dan nggak pernah gue ambil sampai sekarang itu. Di sana ada pemberitahuan kalau beberapa server akan mengalami perubahan bla-bla bla.

Gue nggak baca secara mendetail, tapi di sana dijelaskan juga dalam bentuk tabel kalau beberapa server dari situs-situs di bawah domain SMTOWN akan mengalami maintenance selama beberapa waktu. Nah bersamaan dengan pengumuman itu gue ngeliat ada satu situs yang kayaknya asing banget: smrookiesent.com.
*
*
Sebelumnya SM memang udah meluncurkan situs smrookies.com yang isinya update soal kegiatan para trainee yang sudah diperkenalkan sejak tahun 2013 itu. Tapi pada akhirnya gue rasa situs ini jadi jarang dibuka mengingat lebih mudah orang-orang mengakses di YouTube, Facebook dan Twitter. Jadilah itu situs cuma sebagai situs rangkuman kalo misalnya lo males backtrack di medsos, lo tinggal buka aja situsnya.

It's pretty fun tho. Because buat kalian yang enggak tahu SM Rookies sama sekali, situs itu sudah menjelaskan secara singkat soal latar belakang para member SM Rookies (termasuk Red Velvet yang jadi proyek debut Rookies yang pertama--COMING SOON 2016 THE BOYS WILL DEBUT AS WELL!!) dan juga biodata mereka. Terakhir gue cek, profil dari para Rookies cewek yang baru diperkenalkan beberapa bulan yang lalu juga sudah ada. Termasuk foto-foto update dari SM ROOKIES Show.
*
*
Oke, lanjut lagi ke situs smrookiesent.com yang baru saja diluncurkan ini.

Jangan bingung kenapa SM bikin smrookies.com kemudian meluncurkan lagi smrookiesent.com. Karena tujuan penggunaannya berbeda. smrookies.com adalah situ yang berisi profil dari para trainee SM Entertainment yang sekarang sudah mulai dinarsisin sama mereka. Nggak ada lagi yang namanya "because I'm a trainee so I should hide myself before I debut". Ya sih, nggak semua trainee yang dipamerkan. Pastinya yang sudah level oke banget dan punya muka yang udah oke banget. Tapi at least SM membuat kita (sebagai penikmat) merasa lebih dekat dan dirangkul ke bagian lain dari manajemen ini. Nggak cuma artis yang udah debut aja.

Oke kembali ke smrookies.com, kan gunanya sebagai situs showcase dari para member dari SM Rookies. Sementara situs baru yang baru aja diluncurkan ini, smrookiesent.com sedikit berbeda. Situs ini bukan akan berisi informasi terkait dari SM Rookies. Tapi ini adalah sebuah konsep promosi baru dari SM Entertainment buat para SM Rookies Boys jelang hari debut mereka. Konsep seperti apa? Membuat agensi boyband sendiri dengan member boyband suka-suka kalian.

WAIT. WHAT IS THIS.

IS THIS A GAME?


Iya gue juga nggak ngerti ketika gue buka situsnya gue juga bertanya-tanya. Tapi kalau misalnya melihat dari judul situsnya dan juga tampilan muka dari situs ini, gue udah langsung bisa menyimpulkan beberapa hal:

1. SM ingin kita mengenal lebih jauh lagi para SM Rookies Boys, mengingat mereka akan debut tahun depan (2016),

2. SM ingin kita lebih interest dengan produk baru mereka karena SM Rookies sampai saat ini belum punya nama yang besar di Korea sendiri kecuali di kalangan yang memang sudah mendedikasikan hidupnya buat mereka. Ingat, f(x) yang sudah debut lama aja masih ada banyak yang nggak tahu siapa mereka (dari variety show terbaru mereka f(x)=1cm itu keliatan banget LOL), demi untuk bisa lebih meng-engage lebih banyak fans, jadi dibuatlah konsep yang berbeda,

3. SM ingin membuat tren sendiri mengingat banyak orang gandrung dengan game-game semacem reality game kehidupan virtual gitu, jadi mereka ingin kita juga menikmati game ini, lewat karakter-karakter nyata,

4. SM bikin repot banyak orang.


Jadi jawabannya apa?

Iya ini adalah permainan. Jangan diseriusin. Tapi boleh diikutin.

Kalau gue bilang sih, SM sedang mencoba untuk membuat sebuah survey. Mungkin nggak semua dari kalian baca berita di internet soal rencana SM untuk merambah pasar EDM tahun 2016 nanti. SM Rookies bisa jadi salah satu grup yang akan dibentuk SM sebagai grup dengan konsep EDM itu. Tapi konsep EDM yang kayak gimana yang harus mereka tampilkan?
*
*
SM tentu sudah punya gambarannya. Tapi mereka juga pengen tahu, orang-orang mau yang kayak gimana sih? Apa sih yang anak-anak muda ini bayangkan dari sebuah boyband SM Entertainment yang akan debut nanti? Apakah emang EDM ini adalah konsep yang pas dan dalam jangka panjang tren-nya akan tetap seperti itu?

Untuk itulah mereka mengemas sebuah game di mana kita bisa mengubah diri kita jadi sosok produser dari sebuah boyband. Semacem buat survey sekalian. YES! THATS RIGHT! YOU CAN MAKE YOUR OWN EXO BOYBAND YANG ISINYA CUMA BIAS LO DOANG.

Oke jadi ya SM memberikan kita kesempatan untuk merasakan bagaimana jadi Lee Soo Man dan Kim Young Min. Sebenarnya detail untuk game ini sendiri belum dirilis sih. Dan SM sendiri kayaknya belum bilang kalo ini jadi semacem GAME atau permainan gitu. Jadi kalo lo merasa ini tidak penting, silakan berhenti sampai di sini dan mungkin cek artikel lain di blog ini yang lebih menarik. WAKWAKWAKWAKWKA

Kenapa gue kemudian menyimpulkan kalau misalnya ini adalah permainan? Ya dari situsnya juga udah keliatan ada brief sedikit soal smrookiesent.com ini. 

A STAR MADE BY ME - yang kemudian membuatnya jadi lebih personal.

SOCIAL PRODUCING - sebagai produser kan tentunya nggak kerja sendiri. Mungkin nanti akan ada kontak dengan orang lain di game yang sama dan semacemnya.

THE WORLD'S FIRST DIGITAL ENTERTAINMENT - bukan main ya klaim-nya. Tapi kalo SM yang ngomong, tentu nggak sekedar asal bacot kan.

WE ARE LOOKING FOR A PRODUCER
FOR SMROOKIESENTERTAINMENT - AKU! AKU! AKU!

Kemudian di bawah tulisan itu juga ada video perkenalan, seorang anak SM Rookies (yang mukanya nggak tipikal artis SM banget TAPI TUNGGU SAJA DUA ATAU TIGA TAHUN LAGI PASTI UDAH BEDA MUKANYA) yang berjalan masuk ke sebuah gedung (ARTIUM?) dan dihormati oleh Minho dan Taemin 'SHINee'. Ya posisi dia mungkin sudah sekelas Lee Soo Man, nggak tahu deh.

Video itu semacem gambaran apa dan bagaimana smrookiesent.com ini nantinya. Jadi gue langsung mikir kalo, "OH! Jadi beneran kayak game jadi manajer artis atau produser gitu? SERU!"

Gue suka banget main The Sims. Terakhir main yang kayak gini-gini tuh ya LINE Play. Eh, apa gitu di Windows 10 ada permainan yang Farm Frenzy apa ya. Ya semacem itu. Kalo dipikir-pikir konsepnya sama tapi mungkin ini lebih KITA BANGET.

KITA MAKSUDNYA KPOP.

GAK KITA YA.

YAUDAH GUE BANGET DEH.

ANAK KPOP BANGET.

BAU KPOP.

Huff.

Gue belum tahu akan jadinya kayak gimana karena SM sendiri baru akan mengumumkannya sebelum akhir bulan ini. Tapi lo udah bisa Subscribe via email dan kalo aplikasi mobile-nya udah ada (YES BISA ANDROID DAN iOS LOH!) lo akan dikasih tahu via email. Daftar aja dulu, buat versi trial atau beta kan lumayan. Lo bisa one step ahead dari orang-orang yang nanti belakangan tiba-tiba ngaku kalo mereka udah superior banget ngefans Rookies padahal baru kenal Jaehyun aja kemaren malem.

OHOK.
*
*
Lanjut, situs smrookiesent.com juga berisi LINE UP yang bisa lo pilih jadi member boyband yang lo mau bikin. Nah isinya secara mencurigakan adalah SM Rookies yang cowok doang. Sementara yang cewek-cewek nggak ada. Ya kan kasian. Tapi ya mau gimana. Yang mau debut duluan kan si Rookies cowok, jadi cewek-ceweknya mungkin nanti ada di sesi 'NEW TRAINEE FOR LINE UP' untuk tahap selanjutnya.
*
*
Terdengar menyenangkan?

Buat gue iya.

Kalo misalnya nanti game ini bisa dibikin bebas banget nggak ada kayak batasan-batasan debutnya harus di mana atau promosinya di mana, gue mau bikin grup SM Rookies ini debut di Majalengka dan akan menyasar golongan yang menengah ke bawah yang biasanya suka dangdut. Gue akan stick to EDM concept tapi akan membuatnya lebih koplo agar bisa diterima oleh orang-orang yang biasa nongkrong di Jalur Pantura.

(Terus nggak laku)

(Soalnya SM Rookies-nya cowok semua)

(Gak bisa nyelipin saweran di belahan dada)

(Yah)

Tapi yang membingungkan sih sebenarnya pemilihan membernya. LOLS GUE MAU SEMUA ANAK SM ROOKIES INI DEBUT AJA BARENG-BARENG. Tapi dibedakan yang udah 20 ke atas sama yang masih belasan. Yang masih belasan biar dikasi konsep kayak Coboy Junior gitu lagunya anak-anak remaja baru jatuh cinta kan lucu gemes gimana gitu.

WIll update soon kalau misalnya aplikasi-nya sudah dirilis ya. Sementara ini bisa cek-cek dulu aja smrookiesent.com buat gambaran. Subscribe juga itu buat notifikasi email di bagian bawah, siapa tahu bisa dapet hadiah karena Subscriber beruntung akan mendapatkan Americano (PLEASE SM WHY SIH KOPI).

Bisa aja sih ini salah atau hoax. Jadi tunggu aja pengumuman selanjutnya akan di-update ya!
*

Share:

10 komentar