EXO-CBX?! Fix, Lee Soo Man Kebanyakan Nonton Uttaran!

EXO bikin sub-unit?

Wait.

WHAT?!?!?!

OMG! Sebegitu terasingnya kah gue dari fandom ini sampai-sampai berita besar kayak gini gue nggak tahu? Coba gue inget-inget dulu kapan terakhir gue baca Soompi atau AllKPop.

(berpikir)

31 Juli. LOLS. Itu di hari terakhir gue kerja di detik dan setelah itu gue nggak pernah lagi buka portal berita. Semua hal yang terjadi di dunia KPop gue tahu dari timeline Twitter (yang jarang banget juga gue buka kecuali emang iseng-iseng banget) dan YouTube. Bahkan YouTube aja udah nggak sesering dulu. Waktu gue buat nonton Laura in the Kitchen sudah berkurang nih sekarang. Apalagi buat spazzing EXO?!

Tiba-tiba inget belum nonton 'Scarlet Heart: Ryeo' episode 17 sama 18 ahahahha. Tapi… apa gue pernah ngebayangin EXO bikin sub-unit?

Hmmm… seinget gue dulu gue pernah berandai-andai apakah EXO juga akan mengikuti jejak para seniornya di SM (grup yang member-nya banyak) untuk bikin sub-unit. Yah, walaupun sebenarnya EXO juga debut kan dalam dua sub-unit K dan M, yang walaupun sekarang sudah dihapuskan karena member M udah sisa cuma tiga aja. Timpang. Tapi setelah beranda-andai itu, nggak pernah lagi deh mikirin apakah EXO akan beraktivitas dalam sub-unit.

“Karena gue suka ngeliat mereka ber-12 di panggung!” kata gue kala itu. Yah sayangnya kemudian gugur satu per satu bagaikan pahlawan di medan perang.

Tapi kalaupun misalnya EXO maksa banget bikin sub-unit, gue sih pengennya sub-unit M yang didebutin. Kayak bukti eksistensi mereka gitu loh yang ditinggal tiga member China terus mereka kembali dengan bangga “KITA YANG BERTAHAN.” Harapan itu nyaris jadi nyata. Karena sub-unit pertama EXO memang didominasi member M.

Chen, Baekhyun, Xiumin.

Ngeliat formasinya sih gue nggak ada komplain. Tapi curiga juga. Apa jangan-jangan sebenarnya proyek ini seharusnya jadi comeback-nya EXO-M ya? Tapi kemudian batal.


“Jadi begini pak bos, kami punya niatan untuk bikin comeback EXO-M karena mereka semacam sudah berdebu dan terlupakan. Belakangan orang-orang cuma fokus ke hubungan Kai dan Krystal.” Kata salah satu tim kreatif EXO di tengah rapat bersama Kim Young Min dan Lee Soo Man.

“Kenapa EXO-M? Saya aja lupa ada sub-unit itu,” Kim Young Min menyesap kopinya.

“Supaya kita bisa mengembalikan feel EXO saat debut dulu. Sub-unit ini pasti punya kenangan yang mendalam buat fans EXO sejak dulu. Tiga orang ini semacam orang kuat. Yang bertahan,” lanjut tim kreatif EXO itu.

“Wah tapi saya sih nggak setuju kalo EXO-M comeback. Karena itu akan mengeruk luka lama. Nanti orang-orang malah menghubung-hubungkan comeback ini dengan berita-berita lawsuit. Makin jelek citra EXO-M. Udah bikin sub-unit baru aja,” Kim Young Min menyesap kopinya lagi. “Siapa yang punya ide?”

Semuanya diam. Ada salah satu lagi tim kreatif EXO yang punya ide untuk bikin sub unit Kai-Sehun. Tapi dia kebingungan mau bikin eksekusinya. Mana ada dari mereka yang bisa nyanyi. Ada juga yang berniat pengen bikin konsep debut solo Sehun, tapi takut nanti lagunya cuma ada tiga huruf aja diulang-ulang “E…X…O” sampai gumoh.

“Baekhyun lagi naik banget ini. Dia harus ada di dalam sub-unit,” kata Kim Young Min lagi. Yang lain mencatat di notes masing-masing. “Tapi sebenarnya comeback EXO-M itu bukan ide buruk sih. Karena Chen dan Xiumin juga memang masih butuh nama di Korea.”

Tim kreatif EXO membatin. Memaki Kim Young Min karena kelabilannya.

“Kalau gitu kita bikin aja sub-unit sisaan EXO-M plus Baekhyun, gimana?” keluar ide baru.

“Nggak setuju saya,” jawab Kim Young Min. Dia menyesap kopinya lagi. Kali ini lebih banyak. “Saya nggak suka grup yang jumlah membernya genap. Buktinya itu EXO debut genap ujung-ujung ganjil juga. CSJH genap bubar juga. TVXQ sih beda kasus. Kalau f(x) yaudahlah ya. Kita harus jaga image anak tirinya. Ide lain?”

Hening sejenak.

“EXO-M tanpa Lay tapi sama Baekhyun gimana? Lay kita debutin solo aja. Karena dia juga punya pasar sendiri di China. Terus belum lama ini juga punya dua lagu solo. Sekalian aja dibikinin album. Nanti kita rilis berdekatan sub-unit baru sama album solo Lay. Walaupun saya yakin sih Lay akan dinomorduakan tapi nggak apa-apalah, dia juga udah punya massa sendiri di China. Gimana pak?”

Senyum merekah di bibir Kim Young Min.

“Gimana, pak direktur?” tanya Young Min kepada Lee Soo Man yang duduk di sebelahnya. “Pak?” Lee Soo Man tidak menjawab. “PAK DIREKTUR?!”

Lee Soo Man terkesiap sampai kaca matanya melorot ke bibir. Sayup-sayup terdengar soundtrack Uttaran dari headset yang tidak dikenakannya di telinga tapi tergeletak di meja dalam posisi tercolok di ponsel.

“Eyagimanaadumaafsayagakkonsen. Jadi, Luhan sama Kris mau balik ke EXO?”

Wah ini orang ngelindurnya parah. Batin salah satu tim kreatif EXO. Kim Young Min kemudian menjelaskan hasil rapat tadi kepada sang founder SM Entertainment.

“Nah itu bagus itu. Saya setuju bikinin Lay album solo aja. Dia gausah dimasukin ke sub-unit. Biarkan dia bersinar sendiri. Terus nama sub-unit barunya apa?” tanya Lee Soo Man.

Suasana hening lagi. Tim kreatif EXO melakukan diskusi kilat.

“Jadi kita sih pengennya nama sub-unitnya diambil dari nama rasi gitu pak. Biar nyambung gitu sama konsep EXO Planet. Berkelas juga dan unik,” kata tim kreatif EXO.

“Wah aku sih takut fanwar sama fans TVXQ,” kata Soo Man.

“Ya kan tapi pak kita gak pake nama Cassiopeia. Pake nama bintang lain. Kayak misalnya EXO-C dari Canopus. EXO-D dari Dorado. EXO-O dari Orion. Atau EXO-P dari Pegasus. Nanti teaser fotonya Baekhyun pake sayap-sayap gitu terbang-terbang di awan. Gimana pak?”

“Ah… saya nggak setuju. Nama-nama itu terkesan murah. Orion tuh kayak nama toko baju. Dorado itu kan udah ada di judul lagu. Canopus? Kamu kira ini Petualangan Sherina! Gimana sih kalian. Saya udah dapat nama dalam sekejap barusan. Ini brilian banget! Nama ini tuh kayaknya yang paling brilian dari semua sub-unit dari SM Entertainment!” kata Lee Soo Man lagi.

Semua mengantisipasi nama ini. Akan sekeren apa? Akan Semenakjubkan apa?

“Oke, jadi apa pak namanya?”

“EXO-CBX.”

Kemudian tim kreatif EXO bunuh diri di meja rapat.
Kim Young Min gelendotan pasrah di dalam dispenser.

Jujur gue sendiri kaget gak kaget sih sama member yang debut sub-unit. Karena gue tahu Baekhyun pasti akan masuk karena di antara semuanya, dia yang paling cabe. Paling cabe berarti paling diterima oleh masyarakat. Bodo amat dia punya sejarah percintaan yang rumit dengan IU—eh salah maaf delu—maksudnya Taeyeon—hehehe—tapi dia toh tetap yang paling banyak fans. Nggak mengikutsertakan Baekhyun dalam sub-unit berarti kehilangan 50% pendapatan dari album dan merchandise. Mana mau SM rugi.


Baek-baek itu siku Xiumin di titit Baekhyun nanti kamu mandul kasian Taeyeon gabisa punya anak.
Chen adalah yang paling berhak untuk masuk ke sub-unit. Karena D.O tentu saja nggak bisa. Sudah sibuk dia nih sekarang sama urusan akting dan film. Mana sempat dia rekaman. Dia lebih memilih untuk mandi bareng Jo Jung Suk ketimbang debut sub-unit. Mungkin memang menurut D.O ini sangat menyenangkan (AHAHAHAHAHAHAHAHAHA GOSOK TEROS HYUNG PUNGGUNGNYA SAMPE RUSUK BERDARAH) daripada harus YE4L—YA ELAH LO LAGI LO LAGI—sama Baekhyun dan Chen. Dan kenapa Chen harus masuk sub-unit? Ya karena udah capek-capek foto sama mantan pacarnya bocor dan ke-blow up media dan media sosial ya masa nggak dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Semuanya bisa diatur shay.



Lalu kenapa Xiumin?

Oke, kalo lo tanya gue sih gue lebih memilih Suho. Jelas. Bias. Dan kapan lagi Suho sama Baekhyun bisa bermesraan di dalam sub-unit. Sebagai shipper delu “pasangan” nggak resmi ini tentu saja ada harapan terselip supaya Suho aja yang masuk sub-unit. Ya tapi apalah Suho. Cuma selembar kertas saham yang suaranya juga nggak bagus-bagus banget. Xiumin udah menang loh, audisi masuk SM bertahun-tahun yang lalu. Berilah dia kesempatan untuk bersinar. Dia udah capek ngurusin badan, bikin otot, jadi badut dan segala macam, masa iya dia mau terus-terusan berdiri di belakang bayang-bayang pentolan-pentolan EXO.

“Xiumin aja udah. Suho tuh udahlah mending suruh aja dia jadi admin fanpage EXO. Posting satu foto sehari setiap hari supaya dia ada kerjaan.”

Rapat ternyata masih berlanjut.



Untuk konsep lagunya sendiri gue sih seneng kalo akhirnya SM sekarang sudah give up menjejalkan EDM ke album utama artis-artisnya. Gue seneng EDM-nya sekarang fokus ke Station aja. Karena emang sebaiknya demikian. Banting setir terlalu jauh juga nggak bagus. Bahagia rasanya EXO CBX yang namanya tetap saja terdengar sangat aneh (antara bahasa SMS dari CEBOX, COBEX atau CABEX) (ngomong-ngomong ini kalo di Korea nyebutnya jadi ChenBaekXi) akan melanjutkan konsep retro dari Red Velvet dan SHINee.

Ya. Kebiasaan SM. Satu gaya itu semua gaya itu.

Satu EDM semua EDM. Sekarang satu pake style retro 70-an, semua ngekor.

Tapi nggak apa-apa. Untung sayang. Untung bias. Untung ini EXO. Dan gue pun harus siap-siap menabung lagi buat beli albumnya. JANGAN BILANG AKAN ADA VERSI CHINA-NYA JUGA?!?! BANGKE BANGET EMANG SM ENTERTAINMENT PENGERUK TABUNGAN CICILAN RUMAH. 

TERTAHIK.

Gue suka banget sama konsep puzzle yang SM pake untuk perilisan teaser-teaser foto CBX (anjir masih nggak nyaman nulisnya karena kebayang cebok beneran) ini. Situs exo-cbx.smtown.com juga jadi semakin berwarna. Tiga warna yang mewakilkan masing-masing member sub-unitnya bikin makin menarik. Jadi inget waktu nebak-nebak kode pas EXODUS (Baca review semua teaser EXODUS di sini). Tapi yang ini nggak pake mikir. Simpel tapi menarik. Bahkan temen sekantor gue berniat untuk membuat cara promosi yang sama untuk film selanjutnya nanti.

Kalau bisa.


Jujur sih gue sempat ketinggalan sama berita-berita debut sub-unit ini. Jadi ngecek situsnya juga udah pas teaser grup yang pertama keluar. Yang rambut Baekhyun dibuat bertanduk mirip-mirip belahan jiwanya di ‘Why’ itu. Anggap aja Wendy nggak pernah ada di dunia ini ya karena dunia hanya milik Baekhyun.

Jadi gue ketinggalan banyak hal termasuk logo EXO baru yang sekarang jadi punya warna nggak cuma hitam dan putih itu. Masing-masing warna ini merepresentasikan masing-masing member. Enggak tahu pastinya gimana tapi kalau mau ditebak dari warna rambut ya berarti Merah = Baekhyun, Hijau = Xiumin dan Biru = Chen.

Foto Baekhyun yang rambut bertanduk itu juga lucu banget sik. Karena ada minions dari masing-masing member yang walaupun photoshop-nya kasar tapi termaafkanlah karena lucu. Dengan gaya retro dengan warna-warna norak dan mencolok seperti ini mau nggak mau membuat gue teringat pada teaser foto TaeTiSeo di 2012 (Baca review-nya di sini). Yang Baekhyun juga jadi model MV-nya sepercik.

 
Personally I love Xiumin’s hair because I have the same hair color with him in the teaser. LOL tapi overall gue tetap bias Baekhyun. Posting-an ini dibuat ketika teaser foto individual Chen dirilis dan puzzle hitam-putih Baekhyun ada di halaman depan exo-cbx.smtown.com. Jadi gue nggak banyak membahas soal itu sampai videonya keluar nanti. Walaupun yah biasanya sik video sama foto kemungkinan nyambungnya sedikit. Tapi untuk yang ini sepertinya sih ada kemungkinan baju di video sama baju di foto akan sama.

Ya kita lihat saja nanti.

Jadi gimana menurut lo soal sub-unit ini? Komposisi membernya udah pas belom? Atau lo punya bayangan sub-unit lain di EXO selain Kai dan Sehun seperti imajinasi gue? 


Tulis pendapat lo di kolom komentar. Siapa tahu nanti bisa jadi bahan vlog.

Albumnya akan dirilis 31 Oktober bertepatan dengan Halloween. Gue berharap banyak—seperti biasa—untuk MV-nya. Tapi… kalau SHINee aja se-flat itu, yaudah, ikhlasin aja.

(BY THE WAY SHINee FLAT JUGA SESUAI KONSEP YA)

(GAUSAH BANYAK NUNTUT DEH LO! LO BUKAN SHAWOL JUGA!)

(E JANGAN LUPA NONTON SWC V JKT GENGS BELI YUUU TIKETNYA TENGS!)

Anyway, #HappyNationalBloggerDay! Selamat #HariBloggerNasional!

Aku ingin mengucapkan terima kasih banyak untuk kalian semua pembaca setia kaoskakibau.com sejak awal populernya blog ini di kalangan kpoppers sampai sekarang udah nggak populer lagi karena udah banyak blog lain yang gaya bahasanya sama. Kusayang kalian karena Allah.


cek bit.ly/FinallySeoul untuk kelanjutan cerita di Seoul ya! I love you!

Follow Me/KaosKakiBau in everywhere!
Watch my #vlog on YouTube: KaosKakiBauTV (#vron #vlognyaron)
Twitter: ronzzykevin
Facebook: fb.com/kaoskakibau
Instagram: ronzstagram - kaoskakibaudotcom
Steller: ronzzykevin
Snapchat: snapronzzy
Line@: @kaoskakibau (di search pake @ jangan lupa)


Share:

0 komentar