Your BOSS is Here, People! [NCT U BOSS Music Video Review]


Pas MV BOSS dirilis, gue kebetulan sedang ada kerjaan di Bandung. Gue jadi nggak merasakan hype dan ikutan seru-seruan nonton MV di jam-jam perilisannya dan spazzing di Twitter seperti halnya warganet kebanyakan. Memang sih kebiasaan spazzing ini sudah lama menghilang sejak kesibukan real life sangat menyita waktu. Tapi yang jelas ada banyak sekali mention masuk ke Twitter gue dan bilang satu hal yang sama tentang WinWin.

“WinWin nggak dapet part nyanyi sama sekali!”

“Masa WinWin cuma muncul tiga detik doang!”

Oke. Enggak heran sama sekali sebenarnya. Sama sekali nggak terkejut juga. Bukan hal yang baru kan? Perdebatan soal ini tuh sudah lama banget terjadi di antara fans WinWin dengan manajemen SM Entertainment tersayang. Walaupun gue sendiri nggak pernah terlalu serius ke topik itu sih. Cuma sekedar ngeluh-ngeluh di luar aja. Nggak sampai ribut sama sesama fans WinWin lalu berencana buat nge-sue manajemen dan bikin petisi. Gue nggak punya waktu seluang itu buat urusan dunia kayak gini. Mending ikut promo KASKUS Kreator.

Karena balik lagi ke basic soal Kpop yang adalah nggak cuma sekedar entertainment tapi juga bisnis. Jadi gue hanya menikmati ini sebagai hiburan dan nggak mau buang-buang waktu ngurusin sisi bisnisnya. Soalnya kalau udah ngomongin bisnis, pasti deh bakalan bersinggungan dengan hal-hal yang lebih kompleks seperti politik. Nggak cuma politik di dunia hiburan aja tapi juga politik antara dua negara. Ya Korea. Ya China. Gue sendiri cukup santai kok kalau misalnya memang benar WinWin debut di NCT 127 cuma supaya NCT punya member China dulu walaupun dia belum siap-siap banget. Nggak masalah. WinWin debut cuma buat “pancingan” politik buat dua negara juga nggak masalah. Toh sekarang udah ada Lucas juga kan yang melengkapi. Dalam waktu dekat akan ada Kun. Mereka-mereka yang dari China ini harusnya berterima kasih dong ke WinWin sebagai pionir di NCT. Kalaupun nanti WinWin nggak lagi di NCT (which is possible karena NCT adalah grup yang open dengan member yang keluar dan masuk) yaudah nggak masalah juga. Udah kebal.

Nah jadilah pas MV baru rilis, gue tuh kemakan omongan anak-anak di Twitter banget. Gue buka MV BOSS lewat Jeno (nama handphone gue) dan nonton cuma untuk memastikan kalau anak-anak nggak berlebihan. Kalau mereka benar soal WinWin yang nggak punya part sama sekali di lagu ini. Soal dia yang screentime-nya bahkan kalah sama dinding, lantai, tangga dan sepatu Taeyong. Spontan sih emosi gue membuncah dan langsung deh Twitter gue banjiri dengan sumpah serapah. Gue membuktikan sendiri kalau part dia memang setidaksignifikan itu kalau dibandingkan sama yang lain.

Tarik nafas.

Hembuskan.

YA TRUS NGAPAIN MASUKIN WINWIN KE NCT U KALAU DIA DIKASIH NYANYI AJA ENGGAK?! MASA SUNBAENIM KALAH SAMA NEWBIE KAYAK LUCAS DAN JUNGWOO YANG BARU MASUK GRUP?! JADI WINWIN TUH SEBENARNYA APA? PEMANIS BUATAN? TUKANG DANCE? MEMBER POLITIK? KAMBING CONGEK?!

Oke ini sudah terlalu emosional. 


Pas menulis posting-an ini di McDonald’s Kemang (menikmati malam minggu gue sendirian seperti biasa) gue baru menyaksikan MV BOSS dengan serius. Saksama. Teliti. Dengan tidak memikirkan soal screentime atau part nyanyi WinWin. Agak kasihan sebenarnya sama orang yang duduk di sebelah kiri dan kanan gue, juga sama mereka yang duduk di depan gue. Karena ketika gue sedang asyik menyaksikan MV dan mendengarkan lagu BOSS, gue senyum-senyum sendiri. Badan gue gerak-gerak sendiri kayak lagi nonton dangdut. Cukup mengganggu sih. Tapi gue nggak bisa menyembunyikan excitement waktu nonton MV ini untuk “pertama kalinya”. WAH GILA SIH?! Feel-nya kok bisa sama persis kayak pas gue nonton MV Chewing Gum untuk pertama kalinya? Padahal dari segi konsep dan penampilan udah 100% beda banget.

BOSS menampilkan NCT yang lebih dewasa dalam penampilan. Kostum yang upgrade dan nggak lagi norak. Lebih garang. Lagunya BAM! BAM! BAM! dari awal sampai akhir kayak dipecut gitu dan memaksa gue mau nggak mau gerak-gerakin kaki atau bahu. Sekali lagi ini bukan lagu dangdut, tapi feel-nya sangat membahagiakan seperti mendengarkan dangdut. SUKA!

Mungkin kenapa gue jadi seneng banget dan senyum-senyum sendiri pas dengerin BOSS adalah karena lagu lewat lagu ini, SM seperti menggabungkan beberapa lagu NCT sebelumnya. Walaupun baru pertama kali mendengarkannya tapi rasanya kayak sudah akrab. Kayak ketika lo lagi random ke toko buku terus ada lagu kpop keputer di speaker mereka dan lo tahu lagunya jadi lo kesenengan sendiri. Feel lagu kesukaan gue, Limitless, sangat terasa di beberapa bagian lagu ini. Lebih spesifik ada di part nyanyi Doyoung dan Jungwoo. Nuansa chill yang dominan di The 7th Sense juga ada di BOSS walaupun sedikit. Beat kenceng dan suara keroyokannya (yang konon katanya di bagian itu WinWin nyanyi juga. Tapi menurut gue ini bullshit. Karena kalo lo nggak dapet part nyanyi sendiri, means lo nggak nyanyi. Maaf-maaf aja) mengingatkan gue ke Fire Truck dan Cherry Bomb. Singkatnya mungkin bisa dibilang BOSS ini kayak rangkuman dari title track NCT yang sudah dirilis sebelumnya. 


2018 ini NCT punya tiga member baru. Yang berarti akan ada perubahan formasi di beberapa sub-unit. Dan soal pemilihan member NCT U sendiri sebenarnya agak tricky. Kalau dilihat dari formasi NCT U tahun 2016 dulu, rasanya nggak ada member yang terkesan nyampah. Semua member dapat part yang rata karena membernya juga nggak terlalu banyak. Jumlah lima member di NCT U tahun 2016 itu ideal banget menurut gue. Dua rapper, dua main vokal, satu sub-vocal/rapper. Makanya gue agak kaget juga waktu line up NCT U 2018 diumumkan dan nggak ada Ten di sana tapi malah ada tiga member baru: WinWin, Jungwoo, Lucas.

Gue nggak tahu apa-apa soal Jungwoo dan Lucas. Mereka bagiannya apa sih? Vokal atau rapper? Gue nggak tahu sampai BOSS dirilis. Tapi yang gue tahu, track record WinWin di lagu-lagu utama NCT sama sekali nggak bagus. Di grup ini, WinWin bukan vokalis. Bisa dibilang dia adalah dancer walaupun nggak bisa juga dibilang lead dancer (silakan cek fancam-fancam NCT dan bandingkan dance dia sama para vokalis, lo akan ngerti wkwkwkw). Sebagai fans, gue yang yaudah aja gitu kalau misalnya dia nggak dapet part nyanyi. Kan dia dancer. Emosi sesaat di Twitter tapi abis itu yaudah. Mending dia fokus aja ke dance daripada kebanting sama member lain. Ya semua proses sih. Kalau mau dimaklumi, dia kan memang training-nya juga singkat.

Yang enggak disangka-sangka ya Jungwoo sama Lucas. Ternyata di debut mereka ini, mereka nggak cuma sekedar masuk grup, pasang tampang, back flip, dan whoop whoop whoop whoop, doang. Mereka dapat part nyanyi yang bisa dibanggakan sebagai seorang fans lah.

Kasihan banget kan WinWin? Padahal dia udah debut dua tahun tapi kalah sama member baru yang baru masuk di 2018.


Makanya gue pikir kekurangan dari NCT U formasi tahun 2018 ini cuma di WinWin. Masalahnya, ada atau nggak ada dia di sub-unit kayak nggak ada bedanya. Satu, dia toh nggak nyanyi juga. Dua, sebenarnya part dance dan formasinya juga nggak akan jelek kalau dilakukan dengan enam member. Ya kan SM juga sudah punya pengalaman dengan formasi dance enam member lewat EXO-K dan almarhum EXO-M dulu. Daripada dia ada di grup tapi cuma jadi admin Instagram doang sih ya... mendingan latihan ajalah! (Ini suara hati seorang fans). But anyway, terlepas dari itu, gue puas dengan pemilihan member-membernya (elus punggung WinWin). At least yang nyampah cuma satu. Walaupun sialnya dia bias gue.

Belum lama ini ada yang bilang, alasan kenapa WinWin nggak dapet banyak part nyanyi karena dia belum fasih bahasa Korea. Menurut gue sih ini bullshit banget.

Nyanyi sama ngomong dalam bahasa asing itu dua hal yang berbeda. Gue yakin hanya dengan beberapa jam latihan, orang pasti akan bisa nyanyi dalam bahasa apapun meski nggak ngerti apa arti dari yang dia nyanyikan dan dia juga baru tahu bahasa asing tersebut. Sesimpel lo sendiri deh ketika pertama kali dengerin kpop dan nyanyiin lagu yang lo dengerin itu. Gue juga pas pertama kali nyanyi Love Like Oxygen nggak tahu arti lagu itu apa. Tapi gue tetap bisa nyanyiin dengan lirik yang gue nemu di Google. Bahkan Xiumin dan Chen yang dulu juga nggak lancar bahasa China tetap bisa nyanyi sealbum dalam bahasa yang bukan bahasa ibu mereka. Kalau cuma buat melafalkan satu atau dua baris lirik sih nggak perlu belajar bertahun-tahun. Apalagi WinWin yang bukan vokalis. Means part nyanyi dia juga nggak akan lebih panjang dari rap-nya Taeyong dan Mark. Satu atau dua line nggak akan bikin lidahnya keseleo. Jadi gue nggak bisa menerima alasan “karena dia masih belum lancar bahasa Korea” itu.

Memangnya lo pikir Sehun selama ini nggak bisa bahasa Korea makanya nggak dapet part nyanyi?

Lagian kenapa WinWin role model-nya harus Sehun sih. Ya kan jadi sama-sama nggak dapet part nyanyi.


Untuk yang satu ini memang harus nunggu. Tapi mau nunggu sampai kapan? Nggak tahu. Mungkin sampai nanti kalau dia sudah resmi debut sama sub-unit China. Baru deh dia lebih berkuasa dan leluasa. Itupun kalau SM mau berbaik hati ngasih dia part nyanyi. Karena balik lagi ke kualitas dan kemampuan vokal dia kan. Nggak ada jaminan juga sub-unit China berarti member China lebih banyak nyanyi. Kasian aja sih gue sama dia yang kali di panggung harus terlihat happy dan bold dan swag, meanwhile sebenarnya dia cuma gerakin badan sama bibir doang.

Lucas bener-bener lucky sih. Walaupun part rap-nya tidak se-massive Taeyong dan Mark tapi paling tidak debutnya sebagai penyanyi ya dia nyanyi. Punya line lebih dari tiga kata. Bukan cuma backflip doang. Atau “Maximum-ero turn it up!” doang. Dan gue seneng akhirnya NCT punya satu vokalis lagi! JUNGWOO!!!!! Paling enggak kalau nanti SM punya niatan buat bikin sub-unit baru yang isinya vokalis semua gitu jadinya bisa sebagus TVXQ/DBSK/THSK pas berlima. Ini sih yang paling gue tunggu-tunggu. Semoga lewat NCT nanti SM nggak cuma fokus buat mengorbitkan mereka sebagai “the king of kpop” atau “the leader of hallyu” dan sebagainya. Tapi fokus bikin grup yang memang bisa dinikmati dan nggak hanya jadi bahan pencitraan negara. Label akan mengikuti tapi kualitas tetap harus juga ada.

One thing I love about BOSS adalah setiap kali Doyoung ada adlib di antara suara Jaehyun/Jungwoo itu. Kayak pas dia nyanyi “geurigo shipeojyeosseo yeah~~~!” di verse kedua. Ah! Ini yang gue suka dari kebanyakan lagu-lagu NCT. Harmonisasi sama adlib vokalisnya tuh enak banget. Kalau lo mendengarkan The 7th Sense lo pasti akan menangkap banyak adlib Doyoung di background yang justru bikin lagunya jadi semakin enak. Itu yang dia lakukan lagi di BOSS.


Ada gak sih yang bertanya-tanya setelah nonton MV ini, kenapa SM Entertainment harus jauh-jauh menerbangkan NCT ke Ukraina buat proses syuting? Atau ada juga yang bertanya-tanya itu mereka syutingnya di bagian mananya Ukraina sih?

Gue rasa jawabannya karena Kpop sudah bukan lagi sekedar produk hiburan. Kpop adalah produk budaya yang sudah jadi aset Korea Selatan buat melakukan banyak sekali hal yang berkaitan dengan diplomasi antar negara. Ketika gue nonton MV-nya dan pertanyaan soal kenapa Ukraina itu muncul, gue langsung googling dan menemukan beberapa artikel yang dibuat belum lama ini. Dua artikel itu masing-masing tentang (1) rencana Ukraina membebaskan visa buat wisatawan Korea Selatan (dan sebaliknya), dan (2) rencana Ukraina buat bekerja sama dengan Korea Selatan di bidang hukum.

Sebagai ilustrasi:

Di ruang rapat Kedutaan Besar Korea Selatan untuk Ukraina.

“Oke sebelum semua diresmikan, sebelum bebas visa, sebelum kerja sama hukum, kita seru-seruan dulu mau gak? Gimana kalau kita promosikan Ukraina lewat Kpop? Belum pernah kan?” kata seorang dari Kementrian Luar Negeri Korea Selatan.

“Wah boleh sih! Denger-denger Kpop juga banyak fans di sini. Tapi harus artis yang besar ya! Jangan yang cemen-cemen,” kata seorang dari Kementrian Luar Negeri Ukraina.

“Oh jelas. Bentar aku kabari lagi ya.”

Di grup WhatsApp. Member: Orang Kementrian Luar Negeri Korea Selatan, JYP, YG, SM.

Orang Kementrian Luar Negeri Korea Selatan is typing...  “Gengs, ada tender nih dari Ukraina. Siapa yang mau coba gambreng!”

JYP is typing... “Twice lagi fokus Jepang. GOT7 mau world tour. Yang lain nggak ada yang ready. Wonder Girls udah bubar. Sunmi udah keluar dari JYP. Suzy kalo sendiri kayaknya nggak cukup. miss A juga sudah bubar. DAY6 mau fokus album baru sama promo sini-sini ajalah yang deket-deket dulu. Skip ya bro.”

YG is typing... “Bigbang udah nggak bisa nih karena udah kebanyakan member yang wamil. Taeyang lagi bulan madu. Daesung? Seungri kebanyakan party sama Raline Shah. 2NE1 bubar. Blackpink aduh belum ada lagu baru yah gimana yah. Skip aja deh bro. SM mungkin mau?”

Orang Kementrian Luar Negeri Korea Selatan is typing... “Gimana, SM? Mau gak?”

SM is typing... “EXO gak bisa ya. Lagi fokus ke event lokal PyeongChang dulu. Lagipula EXO pasarnya nggak ke Eropa dulu untuk saat ini. EXO lagi fokus ke Asia sama Timur Tengah. Biasalah ke padang pasir sama event air mancur. NCT aja ya? Mereka akan besar juga kok karena saat ini mereka lagi digembor-gemborin banget sama manajemen. Kebetulan mereka juga mau comeback akbar 2018. Kita bawa sekampung ke Ukraina deh!”

Orang Kementrian Luar Negeri Korea Selatan is typing... “NCT ya? Kebanyakan membernya. Budget buat ke sana takutnya nggak cukup. Bisa nggak ada yang nggak usah diajak?”

SM is typing... “Bisa diatur.”

Orang Kementrian Luar Negeri Korea Selatan is typing...Oke fix ya NCT. Makasih gengs! Gue kabarin dulu ke pihak Ukraina.”

JYP is typing... “Kenapa gak coba Bangtan Sonyondan, bro?”
YG is typing... “Kenapa gak coba Bangtan Sonyondan, bro?”
SM is typing... “Kenapa gak coba Bangtan Sonyondan, bro?”

JYP is typing... “LHO KOK BARENGAN?! HAHAHAHA”
YG is typing... “LHO KOK BARENGAN?! HAHAHAHA”
SM is typing... “LHO KOK BARENGAN?! HAHAHAHA”

Orang Kementrian Luar Negeri Korea Selatan is typing... “Lagi fokus ke Amerika. Katanya mau jadi juri tamu American Idol. Diem-diem aja ya tapi ini gosip insider. Biar bagi-bagi jatah lah.”

JYP is typing... (emoji jempol)
YG is typing... (emoji pakai kutek)
SM is typing... (emoji senyum, emoji pistol)

Di sini lo akan semakin disadarkan bahwa SM bukan perusahaan main-main. Mereka adalah salah satu “kuncian” buat Korea Selatan untuk hal-hal terkait diplomasi dua negara kayak gini. Bahwa iya, jadi salah satu dari tiga manajemen besar di Korea Selatan itu adalah sebuah privilege. Jadi kalau next time ada orang yang ceng-cengin dengan bilang “Halah karena Big 3 aja sih lo makanya begini!” nggak usah marah. Lha memang kenyataannya begitu. Bales pake caranya YG aja. Emoji pakai kutek.

Mungkin memang di MV BOSS nggak ada elemen Ukraina yang benar-benar identik. Tapi bisa jadi di MV selanjutnya nanti muncul. MV BOSS sih nggak ada bedanya sama kebanyakan MV “murah” dari SM. Yang mahal pasti tiket pesawatnya. Konsepnya sama aja cuma main gerakan kamera sama cut to cut dari satu frame ke frame lain. Udah bukan hal yang perlu diperdebatkan lagi. Walaupun teaser Dream Lab. yang mereka buat itu bagus banget, tapi jangan berharap MV-nya juga akan sebagus itu. Pola yang kayak gini sudah kebaca dari zaman-zaman dulu. Nah karena gue nggak punya ekspektasi apapun soal MV ini dari awal jadi nggak ada perasaan kecewa sama sekali. Justru malah sedikit wow sama hasil akhirnya. Fun dan banyak kejutan. Terutama dari member-member baru.

Ayo kita hom-pim-pah dulu sebelum mulai. Cang kacang panjang yang panjang jadi.
Nggak usah sengak anjir, member baru juga!
Di sini lo akan sadar kalau screentime sepatu Taeyong lebih banyak dari screentime WinWin.
SM nggak puas menjadikan Taeyong sebagai rapper dan leader tapi sekarang dia SM pun bikin dia jadi bisa lihat tuyul dengan mencukur sedikit alisnya.
Itu member baru di belakang bisa biasa aja gak mukanya gausah kayak baru pertama kali punya MV gitu dong!
Taeyong mencoba untuk menjadi low-key lewat tulisan di bajunya. I'm not a rapper. Lalu kamu apa? Tukang cendol?
WASPADALAH! JANGAN SUKA NCT U! MEREKA ILLUMINATI DAN PENYEMBAH MATAHARI! KAFIR FIRAUN! Gak deng. Becanda.
Ingin belajar ilmu meringankan tubuh dan melayang dari Mark Lee.
Product placement. iPhone X. iPhone termahal abad ini.
Sebelum berangkat magang, foto dulu depan Rusunawa Jakarta. Terima kasih Pak Ahok!
Salah satu shot favorit gue. Simply aestethic. Gue kalo ada pintu yang banyak "cantelan" (apa sih namanya) gitu juga pasti akan foto sih. Mayan buat Instagram.
Konon katanya kunci/cantelan yang ada di pintu itu ada 18. Mengisyaratkan jumlah member NCT 2018 ini. Tapi kalau diperhatikan ada dua yang nggak dalam posisi mengunci pintu. Apakah itu berarti dalam waktu dekat akan ada satu yang keluar dari salah satu sub-unit? Atau apakah itu berarti ada yang keluar dari sub-unit yang lama dan pindah ke sub-unit baru? Atau ini adalah isyarat bahwa sebenarnya 18 ini juga belum fix. Akan ada yang masuk dan keluar lagi? Wallahualam.
Ini juga bagus shot-nya. Itu tapi dia naiknya gimana. Turunnya gimana. Apakah menempel di dinding seperti cicak.
Kalau 18 cantelan/kunci mengisyaratkan jumlah member, lalu 2 ketukan pintu mungkin bisa berarti 2 main unit.
Di sini aku mulai bingung apakah ini Jungwoo, Taemin, Taeyong, atau siapa.
Jarang-jarang nih, SM nyombong syuting MV-nya pake drone. Menjawab pertanyaan di atas tadi, buat yang belum tahu ini mereka syutingnya di ibukota Ukraina, Kiev. Lokasi persisnya adalah Vernadsky National Library of Ukraine. Tadinya gue pikir kayak "Hah apaan deh syuting di Ukraine tapi nggak ada kesan Ukraine-nya. Kayak di studio di Seoul aja!" tapi pas gue search ternyata lokasi ini terbilang ikonik. Sedikit fakta soal perpustakaan ini: (1) Tahun ini usianya 99 tahun; (2) Ada sekitar 15 juta koleksi yang ada di dalamnya; (3) Dirikan tahun 1918 oleh Hetman Pavlo Skoropadskyi; (4) Beberapa koleksi yang terkenal di perpustakaan ini adalah Orsha Gospel, Peresopnytske Gospel dan Petro Mohyla’s Trebnik.
Mural yang ada di perpustakaan ini bisa dibilang salah satu yang terkenal di Kiev. Beberapa penyanyi pernah syuting juga di lokasi yang sama.
Lokasi yang Instagram-able ini juga adalah salah satu spot yang populer di Kiev. Namanya Abandoned Bus Depot. Sederhananya adalah kuburan bus. Jangan berkecil hati karena kita di Indonesia pun punya lho! Di Universitas Indonesia Depok misalnya ada yang namanya Kuburan Bikun. Selain aestethic, Kuburan Bikun juga berhantu. Jadi next time kalau NCT mau syuting sekaligus wisata misteri bisa mampir ke situ. Selain Kuburan Bikun, di Manggarai juga ada Kuburan Gerbong Kereta. Itu juga nggak kalah estetik. Kalau mau lebih extra lagi ke Pelabuhan Sunda Kelapa aja. Ada banyak kontainer warna-warni yang nggak kalah Instagram-able.
Wah mesin cuci! Kamu plagiat Winner sama Bangtan Sonyondan ya!
Kini sudah tambah tinggi, kakinya nggak bisa cukup lagi dilurusin ke pintu. Dulu masih bisa.
YOU DO! YOU WANT! UH!
Ini keren sih. Apakah Lucas adalah Boss dari mereka yang punya kekuatan telekinetik? Mistis ya kamu Lucas.
Sepulang magang bersama teman-teman Rusunawa.
Selama beberapa detik aku terkejut karena mengira ini Suho menggunakan kostum performance Overdose. DANG IT, JUNGWOO!
I LOVE THIS VOCALISTS COMBO!!!!!!!!
Gue biasanya nggak pernah suka part rap di lagu Kpop manapun tapi di part ini terutama gue sangat senang karena semua terlihat seperti bersenang-senang.
Akhirnya setelah 2 menit 47 detik dia muncul di tengah formasi juga. *emoji pakai kutek*
KAN SUDAH AKU BILANG LUCAS, JANGAN SOK ASIK! KAMU BUKAN PARK CHANYEOL!
Alasan lain kenapa BOSS jadi lagu yang gampang gue terima mungkin karena mereka menempatkan beat drop-nya di bagian akhir lagu. Jadi nggak terkesan mendadak dan "merusak" lagu di tengah-tengah gitu. Part ini juga paling gue suka sih di MV-nya.
Ditutup dengan title BOSS yang punya typography mirip sama ODD-nya SHINee.
"Neomu areumdawn dawn dawn dawn vyu~"
Overall, MV ini punya feel mirip sama Limitless. Dari segi cerita dan konsep lo bisa tonton langsung video behind the scene-nya di YouTube SM karena di situ sudah dijelasin panjang lebar sama member. Gue nggak sabar untuk menunggu MV selanjutnya dari rangkaian comeback NCT 2018 ini. Karena sekarang SM sedang serius-seriusnya nih sama NCT. Bakalan jadi the next EXO dan akan jadi the next air mancur chingu sepertinya. Gue sih nggak berharap banyak sama lagu dan MV TxT, tapi semoga tetap enak di kuping.

Sebagai penutup, gue persembahkan video teaser telanjang dada mereka, dengan kearifan lokal.


 
Follow Me/KaosKakiBau in everywhere!
Watch my #vlog on YouTube: KaosKakiBauTV (#vron #vlognyaron)
Twitter: ronzzykevin
Facebook: fb.com/kaoskakibau
Instagram: ronzstagram / KaosKakiBauDotCom / roningrayscale
LIVE SETIAP SENIN JAM 8 MALAM 'GLOOMY MONDAY!'
Instagram lain: kaoskakibaudotcom
Line@: @kaoskakibau (di search pake @ jangan lupa)

Share:

0 komentar