Waktunya Memilih: 'WOLF' atau 'MAMA'?

*
Sudah lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa sejak EXO comeback dan full album pertamanya dirilis dan gue masih tidak punya ide untuk menulis apapun untuk review MV terbaru mereka. Di satu sisi mungkin karena memang agak jenuh tapi di sisi lain mungkin lebih dikarenakan karena MV-nya terlalu biasa. ã…‹ã…‹ã…‹ã…‹ Tapi kalo dipikir-pikir MV biasa inilah yang selalu diberikan SM selama ini. Kita selalu dicekokin MV yang begitu-begitu saja. Yang hanya berubah dari satu set ke set lain dan disuguhi para member yang bergaya di solo shot mereka. Udah gitu doang. SM belum pernah lagi membuat sebuah terobosan yang paling nggak bisa membuat kita sehabis menonton jadi kebayang-bayang atau bahkan berdecak kagum (oke kecuali teaser 2 Wolf).

Kamis minggu lalu gue menghabiskan setengah hari untuk menonton MV-MV drama yang pernah ada. Beberapa diantaranya adalah MV dari Core Contents Media (T-Ara & Speed) dan hanya satu dari SM yang bisa menarik perhatian gue: Before U Go-nya TVXQ. Kenapa sih SM nggak mau bikin MV kayak gitu lagi?

Sebelum akhirnya comeback stage Kamis minggu lalu, SM memberikan sebuah teaser versi drama dari Wolf tapi sampai saat ini belum juga keluar. Sebenarnya sih gue lebih memilih untuk mereview itu saja karena sepertinya akan lebih menarik daripada mengomentari sepatu siapa yang berubah, slayer siapa yang mirip dengan siapa, rambut siapa yang mirip apa ataupun gerakan di menit segini lebih ke kiri sementara di detik setelahnya lebih ke kanan. ã…‹ã…‹ã…‹ã…‹ oke ini tanda-tanda kejenuhan. Butuh refreshing. Tapi gue akan tetap membahas MV di postingan kali ini. Tenang saja. Anyway gue menolak percaya kalau MV itu batal rilis karena siapa? Sasaeng fans? ã…‹ã…‹ã…‹ã…‹
Tiga minggu terakhir di kosan baru gue menghabiskan malam dengan mendengarkan album XOXO dan WAAAAH banyak track di album XOXO ini yang bagus. Nggak deh. Semuanya bagus. Gue nggak tahu sih apakah ini karena bias atau gimana, tapi gue akui ketika mendengarkan lagu-lagu di album ini nggak ada satu lagu yang membuat gue merasa pengen bilang "Anjir ini lagu apa sih next aja next." Hal yang sama juga terjadi pada MoM & MoY-nya SHINee juga IGAB-nya GG. Persis. Semua track bisa dibilang menyenangkan. Makanya gue heran kenapa ketika gue mendengarkan SFS satu album, gue merasa pengen skip semua lagu-lagu highbeat dan hanya mendengarkan ballad-nya saja. Bias sih emang ini. Terlalu sering menistakan SJ gue jadi bete sendiri sama SJ. Hahahaha tolong jangan dicontoh.

12 track di album XOXO sebenarnya sama aja dengan 12 track di album SFS/Mr. Simple kalau boleh jujur. Maksud gue sama, ya isinya random. Gado-gado. Gue ambil contoh Mr. Simple deh ya. Ketika dulu gue mendengarkan album itu, di beberapa lagu gue akan "Oke ini Super Junior." tapi di beberapa lagu lainnya gue akan "Aduh apa sih." dan dibeberapa lagu lain "Hah?" Hahahah. Gue bahkan sangat bisa menikmati banyak track di Bonamana ketimbang Mr. Simple karena tracklist Bonamana lebih terdengar Super Junior dibandingkan Mr. Simple. Terlalu banyak genre yang dimasukkan ke album Mr. Simple sampai-sampai gue sendiri bingung sebenarnya ini SJ atau bukan.

Nah. Persis kasus Mr. Simple itu, album XOXO ini juga sebenarnya berisi banyak genre dan termasuk gado-gado juga. Cuma kasusnya, ini album pertama yang artinya EXO memang masih dalam tahap meraba-raba musik mereka nantinya mau dibawa kemana. Bisa dibilang wajar sih (ini bukan bias serius) sementara Mr. Simple kan album kelima yang artinya seharusnya SJ sudah lebih mantap mengambil warna musik mereka dan tidak lagi gado-gado. Kalau gue bilang tuh, yang paling sukses emang SHINee sih. Silahkan dengarkan album SHINee sejak Juliette sampai Misconceptions of Me. Warna lagunya rata. Nggak ada yang kesannya terlalu "bereksperimen".

Oke kembali ke EXO, bukan tidak suka dengan lagu-lagu di XOXO tapi lebih ke mempertanyakan kemana konsep 'mega' yang ada di MAMA kemaren? Gue mencoba mendengarkan dan menonton MV MAMA dan kemudian mendengarkan dan menonton MV Wolf. Dua lagu itu jelas-jelas berbeda mulai dari genre musik sampai mungkin tingkat kesulitan kita untuk mengerti lagunya sebenarnya tentang apa. Istilahnya, lo kalo mau tau MAMA lo mikir dulu. Bisa jadi lamaaaa banget baru bisa suka. Pergulatan batin dulu. Ini kenapa lagunya kayak gini, kenapa harus ada adegan berkerudung-berkerudung, kenapa nada-nadanya kayak pemujaan setan begini, sesat gak gue kalo dengerin lagu ini dan sebagainya. Tapi secara sadar atau tidak, semua pertanyaan itu kemudian membawa lo pada sebuah kesimpulan bahwa lagu dan MV MAMA itu emang bagus banget dan kemudian lo suka. Sementara Wolf sepertinya tidak butuh waktu lama untuk dimengerti dan disukai. Tidak butuh waktu untuk berpikir. Bisa jadi karena memang lagunya yang chic dan racun di bagian 'geure oolf naega oolf', bagian 'ahwoooo~' ataupun bagian 'a saranghaeyo~' itu. Atau memang karena kita sudah terlalu lama menunggu EXO dan ketika mereka comeback dengan Wolf kita yang 'Ah sudahlah yang penting comeback.'
*
*
Gue nggak mau terlalu membanding-bandingkan XOXO dengan MAMA pada awalnya tapi kemudian ketika gue mendengarkan semua lagu di MAMA dan mendengarkan juga semua lagu di XOXO, otak gue gak bisa dilarang. Otak gue memaksa untuk bilang kalau memang MAMA terkesan lebih WAH daripada XOXO. Apa cuma karena MAMA album debut makanya dibuat WAH? Jadi supaya orang-orang yang belom tahu EXO jadi mau mengenal EXO karena albumnya dibuat WAH? Sementara XOXO adalah imbas dari MAMA yang kalo udah suka MAMA pasti bisa dipastikan akan suka XOXO. Jadi XOXO nggak butuh sesuatu yangWAH untuk menarik perhatian orang-orang. Bisa aja sih. Tapi jujur aja gue kehilangan konsep MEGA-PROJECT itu di title track album XOXO. 

Wolf lagunya bagus, lagunya racun, lagunya akan membuat lo bersenandung terus-terusan menyanyikan lagunya, tapi ketika lo mendengarkan MAMA, perasaannya jadi beda. Jadi bias. Jadi lebih keren MAMA kok. Lebih mewah MAMA kok. Lebih racun MAMA kok ternyata. (Ini kasus gue sih). Efek setahun dengan 1 mini album memang kayak gini kali ya? Susah move on.... tapi kalau terus-terusan mengingat masa lalu, kita jadi mengabaikan apa yang ada di depan kita. HAHAHAHA Gue cuma bisa bilang Wolf belum sebegitunya bikin nangis seperti MAMA. Itu aja. (Karena emang lagunya nggak sedih sih Ron, horor gitu mau makan-makan cewek :|)

-----
Ada empat versi Wolf yang bisa dipilih di album XOXO ini kalau misalnya kalian beli atau download Kiss & Hug. Di album Kiss ada 3 versi Wolf yang bisa dinikmati: Versi OT12 Bahasa Korea, Versi OT12 Bahasa Cina dan Versi EXO K. Sementara versi EXO M ada di album Hug berikut dua versi OT12 yang lain.

Seneng banget gue ketika tahu pada akhirnya kita sampai pada momen dimana EXO akan promosi sebagai EXO bukan K atau M. Walaupun sih memang nggak akan sampai habis masa. Sementara aja tapi tetep aja seneng. Mungkin inilah salah satu faktor yang memberikan nilai lebih pada XOXO yaitu title track-nya dipromosikan bersama-sama. Gue cukup puas SM secara tidak langsung menjawab keinginan gue agar K dan M menyanyikan lagu bersama-sama bukan sepotong Korea sepotong Cina seperti halnya MAMA/History. Terlebih lagi ketika MV keluar, WAH HEBOH HAHAHA terlebih ketika Chanyeol muncul dan nyanyi pakai bahasa Mandarin. Sempat hampir jungkir balik juga waktu itu. Akhirnya tiba saat dimana lidah mereka akan bengkok-bengkok.

Kelebihan perform dengan OT12 adalah efek megah yang ditampilkan ketika mereka dance bareng. Tapi kekurangannya jelas tidak semua suara kuat di EXO bisa dieksplor lebih jauh. Huff... Sebenarnya salah banget sih EXO terlalu banyak vokal hahahaha Luhan, Baekhyun, D.O mendapat banyak porsi di Wolf versi Korea. Sementara Suho sendiri yang seharusnya juga vokal (tapi kayaknya memang suara Suho nggak sekuat Luhan) hanya mendapat bagian nyanyi yang memadai. Bahkan di bagian itu suaranyapun harus di autotuned. Chen hanya menyumbangkan bagian high note di Wolf Korea sementara suara kuat lainnya sebut saja Xiumin dan Lay tidak begitu di eksplor. Well, ini memang kelemahan grup dengan banyak member (dan banyak suara kuat). Tapi mereka masih nyanyi di lagu lain sih sebenarnya.

Versi Korea dan versi Mandarinnya sama-sama bagus. Di beberapa bagian mungkin gue agak lebih suka yang Korea tapi ada bagian-bagian yang terdengar lebih enak di versi Mandari. Hari ini nyoba dengerin dua-duanya disaat yang bersamaan (mix headset version itu loh jadi di Kanan versi Korea di kiri versi mandarin) dan hahaha tetep bagian yang paling gue sukain itu pas bagian: 

Neomu areumdawo areumdawo areumdawo (Wolf)
Geudae nae nima nae nima nae nima (Wolf)
Nareul duryeowo duryeowo duryeowo ma!

Udah paling mantep dan fix banget selain 'AWOO' dan 'A saranghaeyo~' yang bikin lagu ini bagus salah satunya part yang itu. Semua part teriak Baekhyun dan Chen gue suka banget dan oh iya satu lagi setiap bagian Kyungsoo setelah reff pertama (kao di MV pas adegan dance dia dikelilingi sama member lain) itu menurut gue juga bagus banget. Nggak cuma suara dia doang sih ada beberapa suara harmonisasi disitu dan bagus. Agak disayangkan Lay cuma dapet satu lirik doang yang nyanyi sendiri. Dan itu suaranya cempreng lucu banget di versi Korea hahahaha

Untuk lirik lagu sendiri sebenernya nggak susah untuk di mengerti. Lagunya sebenarnya tentang cowok yang jatuh cinta sama seorang cewek. Tapi kalo jatuh cinta terus mulus-mulus tanpa drama dan konflik kan jadi nggak seru kan. Makanya disini diceritakan cowoknya adalah seorang (atau seekor) manusia serigala. Kalo misalnya kalian nonton On The Spot mungkin pernah ada fakta-fakta kayak '7 Anak Binatang yang Dibesarkan Binatang Lain'. Nah salah satunya ya ini, EXO, kecuali mereka bukan anak binatang tapi anak manusia.
*
*
Kontras dengan lirik MAMA yang dibuat sangat kritis tentang permasalahan sosial yang terjadi di era digital, lirik WOLF dibuat lebih mainstream dan mudah dimengerti. Apalagi sih yang lebih mainstream dari kisah cinta? Tapi kalau misalnya lo perhatikan liriknya, lirik Korea dan Mandarin-nya sebenarnya ingin menyampaikan maksud yang sama. Walaupun pada akhirnya terbaca berbeda. Oke pertama-tama kita bahas dulu lirik Korea-nya:

I get a feeling all at once, in one bite, I will put you in my mouth like cheese
I’ll smell your scent, enjoy your color and eat you more elegantly than drinking wine
(Dimulai dengan penuh horor, dikisahkan seorang laki-laki misterius yang belakangan diketahui ternyata adalah seorang manusia serigala kelaparan jatuh cinta pada seorang gadis yang di mata laki-laki ini, tak lebih dari selembar keju kraft singles. Setipis itu. Pasti gadis itu adalah Yoona atau Sooyoung. Gadis mana lagi yang badannya setipis keju kraft singles /atau mungkin HVS 70 gram/? Dari kalimatnya bisa diketahui bahwa serigala ini selain keturunan ningrat yang suka makan keju, dia juga hobi minum anggur. Serigala kelas atas. Konglomerat.)

But I have lost strength in my toenail, my appetite is disappearing
Am I sick? Do I have an illness?
 (Meskipun manusia serigala terdengar sangat macho, tapi ternyata makhluk ini lemah juga. Hanya karena wanita berbadan setipis kertas HVS saja, kekuatannya hilang, kukunya melemah, nafsu makannya hilang. Serigala ini curiga dia sedang sakit karena ini pertama kalinya dia merasa seperti ini. Seperti terserang penyakit. Sedih....)

 Yeah, he’s in big trouble
Snap out of it, how could your heart be stolen by a human?
She is just one bite
(Teman-teman serigala lapar ini mengingatkannya bahwa dia dalam masalah besar. Jelas masalah. Bagaimana mungkin serigala jatuh cinta pada seonggok keju? EH, salah, seorang manusia? Nggak masuk akal. Begitu pikir teman-temannya. Manusia mah buat dimakan. Bukan untuk dicintai.)
Hey, just bite her, then shake her so she’ll lose her conscious
Hey, do it with a style you’ve never used, get rid of her before that full moon sets
(Kemudian teman-temannya kembali meyakinkannya untuk melupakan perasaannya dan kembali ke kodratnya sebagai karnivora. Teman-temannya meminta laki-laki itu memakan si gadis. Dikocok-kocok sampai pingsan. Dikocok-kocok sampai pingsan tapi harus bergaya. Mungkin seperti bartender. Yang jelas, laki-laki itu harus memusnahkan si gadis sebelum bulan purnama.)
Yes, wolf, I’m a wolf, ah woooo, I love you
I’m a wolf and you’re a beauty
Yes, wolf, I’m a wolf, ah woooo, I love you
I’m a wolf and you’re a beauty
Can’t reject this strong feeling, fall into it, I have let go of myself
I like simple things, the things hidden inside of me have opened its eyes
(Disini laki-laki itu seperti dikecamuk oleh perasaan. Dia menyukai si gadis tapi disaat yang sama dia juga lapar dan makanan paling enak menurutnya saat ini adalah gadis itu. Yah semacem kalo makan lo gue sedih tapi kalo gue gak makan lo gue nyesel. Begajulan lah perasaannya begitu.)
Look at her, she’s fallen into fear, she can’t understand the situation before her eyes
(Disini dikisahkan akhirnya si laki-laki manusia serigala itu berhasil PDKT. Si gadis kraft singles sekarang sudah jatuh dalam perangkap. Walaupun sebenarnya, entah bagaimana, gadis ini tahu bahwa laki-laki ini menyimpan sesuatu. Tentu saja bagaimana mungkin tidak. Dari jauh mungkin laki-laki ini terlihat keren tapi dari dekat ternyata bau duren. Jarang mandi sepertinya. Dari situlah si gadis tahu bahwa laki-laki ini sebenarnya manusia serigala. Manusia mana di 2013 yang jarang mandi? Pikir gadis itu. Kecuali dia binatang liar.)
“Will that dirty wolf guy eat me in the end?”
(Feeling si gadis kuat juga. Entah dari tatapan matanya atau dari liur yang mengalir selalu dari mulut laki-laki itu membuatnya yakin bahwa laki-laki itu lapar.)
That’s not it, I have fallen in love
(Laki-laki itu mencoba ngeles.)
So beautiful, beautiful, beautiful (wolf)
You are mine, mine, mine (wolf)
Don’t be scared, scared, scared of me
I’m a special, special, special (wolf)
A wolf who loves, loves, loves you (wolf)
Who is blinded, blinded, blinded by you (wolf)
(Selain jago ngeles laki-laki itu juga jago gombal. Bingung banget. Dibesarkan serigala aja bisa gombal gimana kalau dibesarkan Deni Cagur dan bergaul dengan anak-anak Pesbukers)
Hey, just bite her, then shake her so she’ll lose her conscious
Hey, do it with a style you’ve never used, get rid of her before that full moon sets

Yes, wolf, I’m a wolf, ah woooo, I love you
I’m a wolf and you’re a beauty
Yes, wolf, I’m a wolf, ah woooo, I love you
I’m a wolf and you’re a beauty
I can’t quit you, I’m in big trouble
I can’t quit you, I’m in big trouble
That yellow moon teases me, telling me I can’t have you
“You’re just a wild beast”
If you’re gonna say then, just go away, if I need to, I’ll change myself
I can’t ever let her go
 (Laki-laki ini benar-benar dalam kondisi yang tidak gampang. Bagaimana dia bisa melupakan gadis itu? Dia terlalu menyukainya. Seperti cheeseburger. Perasaan laki-laki ini terlalu dalam untuk si gadis. Dia bahkan siap berubah demi si gadis. Dia akan rajin mandi.)
Can’t reject this strong feeling, fall into it, I have let go of myself
I like simple things, the things hidden inside of me have opened its eyes
Can’t reject this strong feeling, fall into it, I have let go of myself
I like simple things, the things hidden inside of me have opened its eyes
Yes, wolf, I’m a wolf, ah woooo, I love you
I’m a wolf and you’re a beauty
Yes, wolf, I’m a wolf, ah woooo, I love you
I’m a wolf and you’re a beauty

Alih-alih terbaca seperti kisah cinta, liriknya lebih kepada ungkapan rasa lapar seorang laki-laki yang ingin memakan seorang wanita. Hmmm..... Entah sudah berapa tahun laki-laki ini tidak makan. Semoga Tuhan memberkatinya dengan seonggok daging. Meskipun begitu, tidak diberitakan secara jelas apakah akhirnya wanita tersebut jadi dimakan atau tidak. Kita tunggu laporan selengkapnya. 

Nah, dibandingkan dengan lirik Korea-nya, lirik Mandarin dari WOLF lebih terbaca normal. Layaknya seperti kisah cinta terlarang antara manusia serigala dengan manusia asli. Bukan seperti kisah manusia serigala kelaparan yang ingin memakan manusia asli. Tapi, memang, di beberapa bagian dari lirik Mandarinnya memang terbaca seperti ingin memakan manusia. Tapi nggak separah lirik Korea-nya.

How hard it is to ignore these instincts, I want to swallow the honey-like sweetness that is you
Your aroma, your delicateness, I savor you with the grace of a wine taster

Ah, I am losing the strength in my arms, I’ve lost my appetite
Why am I strange like this, I’m not like myself, is this a sickness (ah what to do)

Hey wake up, stop imagining things, this feeling cannot be love
She’s no more than tonight’s dinner
(bagian ini contohnya)

Hey! Don’t bother me, tell me she’s my prey and not to worry
Hey! It’s a different style, before the full moon rises I have to catch you
(walaupun ini terbaca sepertinya dark-dark gimana gitu, tapi sebenarnya ini lebih sopan sih. Ya ceritanya, si manusia serigala pengen macarin si cewek sebelum bulan purnama--karena dia takut kalau sudah bulan purnama nanti dia berubah jadi serigala. Sementara lirik Korea-nya memang berarti bahwa si cowok harus mengenyahkan si cewek saat bulan purnama. HAHAHAHA)
I’m a wolf, ah woo~ ah I love you! You’re the beauty and I’m the wolf
I’m a wolf, ah woo~ ah I love you! You’re the beauty and I’m the wolf
 
Have I gotten lost in your maze, strugling in this trap will only hurt me more
I look in my heart, seems that my eyes are finally opening

Yeah!
Eyes full of fear, searching everywhere but finding no escape
Thinking that beast will tear me apart
But she doesn’t know that I’ve fallen this deeply

(Disini malah justru gue ngerasa si cowok yang lebih ada perasaan begajulan tentang jati dirinya dan dia takut kalau-kalau kenyataan bahwa dia adalah binatang malah justru membuat si cewek ketakutan. Bukan justru memerangkap si cewek dan apa sih menggoyang-goyangkan sampai pingsan HAHAHAHAHAH)

Only thinking about the perfect you!
Become my love, woo!
I cannot run away from me!
Making me a crazy wolf!
You have trapped the wolf!
I’m a completely blind wolf!


Hey! Don’t bother me, tell me she’s my prey and not to worry
Hey! It’s a different style, before the full moon rises I have to catch you
I’m a wolf, ah woo~ ah I love you! You’re the beauty and I’m the wolf
I’m a wolf, ah woo~ ah I love you! You’re the beauty and I’m the wolf


I can’t stand this inner conflict, roaring out loud oh woah
Can’t resist, can’t go back once I’m addicted yeah yeah


This yellow full moon is mocking me, I’m not living as a beast should
Chasing after an unrealistic love
It wants to change me, going crazy up in the night sky
But it cannot stop me, let me love her


Have I gotten lost in your maze, strugling in this trap will only hurt me more
I look in my heart, seems that my eyes are finally opening

Have I gotten lost in your maze, strugling in this trap will only hurt me more
(Hey! Don’t bother me, tell me she’s my prey and not to worry)
I look in my heart
(Hey! It’s a different style)
Seems that my eyes are finally opening

I’m a wolf, ah woo~ ah I love you! You’re the beauty and I’m the wolf
I’m a wolf, ah woo~ ah I love you! You’re the beauty and I’m the wolf

Memang ternyata benar bahwa versi Korea WOLF lebih kepada nafsu makan yang berlebihan sampai manusia juga diembat sementara versi Mandarin WOLF lebih kepada perasaan jatuh cinta. Jadi EXO K = EXO Kanibal? EXO M = EXO Mencintai? Iya bebas aja sih. Tergantung apa kata hati kecil anda.

-------

Oke. Gue tahu kalian sangat menanti-nanti pembahasan ini tetapi sayang sungguh sayang gue harus katakan bahwa video musik WOLF ini terlalu jauh dari biasa jika dibandingkan dengan MAMA. Gue nggak menyebut History karena pada dasarnya History dan Wolf konsepnya sama aja. Dance, ganti background, solo shot, trus udah. Tapi karena Wolf adalah title track dari album XOXO dan MAMA adalah title track dari mini album MAMA, jadi pantas rasanya kalau membandingkan MAMA dengan WOLF ketimbang harus membandingkan WOLF dengan HISTORY (apalagi What is Love--walaupun What Is Love tetep juara sih kalo mau di compare sama WOLF karena shot-nya lebih banyak dan lebih menarik). Siap membandingkan MAMA dan WOLF?

#1 MAMA dimulai dengan sebuah narasi cukup panjang tentang latar belakang kisah EXO dan para membernya. Tentang bagaimana sebuah pohon bisa punya 12 penjaga, dan seterusnya dan seterusnya. Disini kita dibuat untuk mengerti tentang latar belakang EXO sendiri. Tentang konsep bahwa oh mereka sebenarnya adalah para pejuang yang datang dari exoplanet dengan berbagai macam kekuatannya. Kita (termasuk gue) dipaksa untuk menerima itu yang pada akhirnya ketika WOLF keluar, terjadilah kebingungan sosial. Kenapa tiba-tiba jadi begini? Kenapa mereka tiba-tiba kehilangan kekuatan?
*

*

Di review teaser foto sebelumnya bahkan gue pernah bilang bahwa WOLF kemungkinan berkonsep 'jaman sebelum MAMA' dimana mereka masih belum punya kekuatan gitu. Eh ternyata. Nggak juga.

Walaupun di teaser 1 (yang mereka sok sok growling like a wolf padahal ngakak itu loh) SM sudah mencoba menyelipkan unsur MAMA dengan meletakkan symbol/logo masing-masing member, tapi pada akhirnya jadi failed. Agak nggak ngefek.
*
 *
Padahal ya kalo menurut gue, kalau misalnya disambung-sambungin dan MAMA-WOLF itu jadi satu storyline pasti akan jadi sangat bagus. Mungkin di beberapa bagian ada yang berhubungan (ambilah contoh di teaser EXO selama ini selalu ada unsur bulan purnama-gerhana dan WOLF seringkali muncul di kala bulan purnama terlebih lagi kalau kita terpapar film-film barat--kalo dipikir-pikir banyaaaaak banget bulan purnama di teaser debut) atau misalnya treatment-nya gini: "Setelah lama bertualang mencari jati diri, 12 penjaga pohon ini beristirahat di sebuah goa tetapi mereka tidak tahu kalau di dalam goa itu hidup seekor serigala jahanam. Digigitlah mereka dan 12 orang itupun berubah menjadi serigala." kan nyambung.

Oke nggak.
*
*
#2 Dari segi efek, shot dan storyline MAMA lebih juara karena memang konsepnya lebih WAH dibandingkan WOLF yang hanya dance version biasa. Walaupun harus gue akui ada sesuatu yang teatrikal yang berusaha ditampilkan EXO di WOLF melalui dance-nya dan memang aura grupnya semakin keluar setelah mereka muncul di satu MV dengan 12 member, bukan 6 member.

MAMA lebih berani ngasi visual efek yang PLETAK! gitu hahaha gimana sih gue mau pake kata WAH udah dipake dari tadi takut monoton. Pokoknya visual efeknya MAMA lebih-lebih bahkan kalau mau dibandingkan dengan MV-MV SM sebelumnya (kecuali Before U Go dan MV-MV drama Zhang Liyin mungkin masih bisa sebanding, walaupun beda konsep). WOLF hanya berani ngasi efek serigala berubah jadi Suho, Chen, Luhan dan Sehun + cakaran di layar waktu Tao loncat + warna mata yang berubah jadi merah. Sementara MAMA berani ngebuat Kris melayang-mental-menggelinjang di udara berani ngebuat Suho ngeluarin air, berani bikin Chanyeol berapi-api, Xiumin membekukan seluruh ruangan, Kyungsoo menghancurkan lantai lapangan parkir dan merusak mobil orang, Baekhyun ngeluarin cahaya dari tangannya, dan sebagainya.
*
*
#3 Kenapa ya SM nggak memasukan intro WOLF yang ditampilkan di live performance kedalam MV? Atau paling nggak memasukkan adegan cakar-cakaran palsu di teaser pertama ke dalam MV juga lumayan. Jadi nggak yang langsung tiba-tiba ada pohon aja gitu di tengah-tengah ruangan. Kan horor. Dalem rumah kenapa ada pohon gerak-gerak.
*
 *
#4 Kostum di MAMA juga terlihat lebih EXO. Yah. Gimana dong sudah setahun melihat mereka berpakaian seperti itu gimana nggak identik. Tapi di WOLF Alhamdulillahnya, mereka jadi agak lebih perhatian sama kesehatan tubuh bagian bawah karena meninggalkan jins dan membuat leluasa dengan menggunakan celana pendek dan/atau bahkan menggunakan (sesuatu yang terlihat seperti) rok. Leluasa banget tuh pasti. #apanya
*
 *
Memang sih kostum MAMA kelihatannya lebih formal sementara WOLF kayaknya baju main-main banget. Apalagi dengan kaoskaki setinggi lutut gitu. Sebenarnya mereka ini Sailormoon atau apa sih.... Tapi wajar. Balik lagi ke konsep WAH dan lirik lagu yang agak berat di MAMA, wajar kalau misalnya bajunya juga harus rapi dan (terlihat) formal. Sementara WOLF kan lebih santai, kisah cinta anak muda, masa-masa remaja anak sekolahan banget, jadi kalo bajunya pun baju maen-maen juga ya wajar aja. Serigala makan orang gak perlu lah pake-pake blazer atau jas segala. Kaos oblong juga jadi.

Kelebihan kostum WOLF dibandingkan MAMA mungkin terletak pada banyaknya member yang mau pamer ketek. Bahkan Baekhyun udah mulai pamer-pamer aurat juga ya? Wah applause!
*
*
#5 Logo-logo member EXO di MAMA beneran nggak ada sama sekali ditunjukkan di WOLF. Mungkin karena emang beda jalan cerita kali ya. Jadi bener-bener nggak disangkut pautkan lagi sama logo-logo itu. Mungkin, alasan kenapa ada beberapa logo yang keliatan di teaser 1 supaya buat penyegar pikiran doang. Supaya inget oh ini loh logo Kai, Luhan, Kris. Tapi kenyataannya di Teaser 1 sama MV Wolf logo-logo yang harusnya ada di tangan/lengan itu nggak ada sama sekali. Selain fakta bahwa outfit di teaser 1 sama di MV juga beda sih, kemungkinan memang itu syutingnya dilakukan di hari yang berbeda juga.
*

*
#6 Seperti yang sudah-sudah, tentu saja tipikal MV dari SM Entertainment adalah '3R' yaitu 'Reuse Reuse dan Reuse'. Beberapa benda yang kita lihat di MV ini bisa jadi juga sama dengan apa yang kita lihat di MV lainnya SM dalam beberapa tahun terakhir. Sebut saja, sarung tangan Kris yang sama dengan sarung tangan D.O di History. Kemudian topi yang digunakan D.O mirip-mirip dengan topi yang digunakan SJ-M di promo Perfection. Dan kita patut menyalahkan Girls' Generation karena merekalah MV ini jadi bertebaran slayer (sejauh ini ada sekitar 17-20 slayer yang berbeda--bahkan Lay aja pake 3 slayer, di kaki, di lengan sama di pinggang. Dan yang paling aduhai menurut gue tuh yang dipake Xiumin yang warnanya merah putih kayak warna sorban. Sumpah....... why...)
*

*
Untuk kemiripan kostum lainnya, sebut saja baju tanpa ketek yang digunakan Baekhyun dalam MV ini terlihat mirip dengan baju yang digunakan Siwon/Eunhyuk dalam MV Opera versi Jepang.
*
 *
'Reuse, Reuse, Reuse'? Kalau dulu di MV MAMA Suho pernah pake kalung yang dari tali jemuran yang juga dipakai di MV Mr. Simple (dan sekarang kayaknya pindah ke kostumnya Kai--ah bukan tali jemuran itu tali pramuka), itu, kenapa.... Sehun di leher bajunya ada selang AC? ã… .ã… 
*

 *
Ngomongin soal pengulangan, kalau diperhatikan langit-langit di set taring serigala di MV ini berlubang, jadi inget langit-langit di MV Mr. Simple yang juga berlubang.
*
*
Mata satu illuminati, don't you think? ã…‹ã…‹ã…‹ã…‹ã…‹ã…‹ã…‹
#7 Kalau di MV MAMA dan History dan bahkan What Is Love, EXO masih yang narsis banget sama logo hexagonal yang jadi kebanggaan bersama milik bangsa itu, di MV ini justru nggak banyak. Mungkin sudah dirasa cukup kali ya awareness orang-orang di 3 MV awal. Satu yang paling mencolok sih di background waktu member pake baju dari jas ujan 10.000-an yang disyut dalam siluet itu. Dan diantara semua shot dalam MV ini gue paling suka shot yang itu walaupun sederhana tapi bagus. Tulisan-tulisan EXO yang lain paling di jaket, di sarung tangan,tapi jumlahnya nggak sebanyak waktu di MAMA yang sampe di celana-celana, bahkan tembok gedung (bingung kan siapa yang nempel logo begituan kecuali berandalan kurang kerjaan yang ke sekolah bawa-bawa pilox). 
*
*
#8 Waktu adegan Tao loncat dan tiba-tiba layar laptop/TV/komputer anda kena cakar, gue cukup yakin tangannya tidak dalam posisi jari-jari yang siap mencakar melainkan terkepal sempurna. Bagaimana anda bisa mencakar dalam posisi tangan terkepal? Kecuali anda Wolverine. Kalo Kai keliatan nyakarnya. Walaupun efeknya telat datengnya, jangan Kai udah jauh ke bawah efeknya baru muncul. Di versi Tao, efeknya ditambah kamera yang gemeteran jadi berasa kayak di tonjok. Pas Kai malah kayak cuma geser dikit doang. Beda sih nonjok sama nampar ya.
*
*
#9 Sebenarnya konsep serigala apa saja sih yang di tampilkan di MV ini? Seberapa banyak unsur serigala yang ada di MV ini? Saya merangkum 14 adegan yang berhubungan dengan serigala.

(1) Suka nyakar-nyakar (itu di lantai ada bekas cakaran lucu deh)
*
 *
(2) Mengaum
*
*
(3) Sesekali loncat-loncat
*
*
(4) Hmm, braided hair-nya Kai boleh lah masuk ala ala suku Indian walaupun gue nggak yakin ada serigala yang dikuncir dan siapa juga yang berani nguncir rambut serigala? Dan emang bisa rambut serigala di kuncir? Ckckck. EXO WOLF, so many questions.

(5) Keluar dari goa

 *
(6) Bermata merah? Oke. Bisa mungkin abis kecolok dahan pohon.
*
*
(7) Taring & Kuku serigala di set stage.

(8) Apa sih istilahnya kalo binatang berbulu kayak kucing abis kesiram air trus ngibas-ngibasin bulu mereka gitu? Nah itulah pas adegan Asereje Tremor.
*
 *
(9) Bayangan serigala yang kerap muncul di background yang ada logo EXO-nya.

(10) Perubahan wujud dari serigala menjadi manusia tapi serigalanya telanjang kok pas jadi manusia udah pake baju aja?

(11) Serigala menggali tanah untuk pup. Eh. Serigala kan sebangsa anjing. Anjing kan kalo pup sembarangan?*
*
*
(12) Keluar dari balik pohon
*
(13) Gue salut aja sama serigala yang punya bakat jadi cheerleader? Itu formasi pohon mengingatkan gue sama cheerleader di SMP gue. Sih. Dan poin ini gak ada hubungannya dengan EXO dan Wolf. Bye.

(14) Garuk-garuk badan karena jarang mandi
*

#10 Dulu sekali, entah kapan, mungkin jaman jahiliyah, pokoknya jaman dulu, ada rumor yang beredar kalau MV EXO terbaru akan disponsori oleh produk kaoskaki. Lihat betapa lebaynya penggunaan kaoskaki di MV ini. Untung gak kaoskakibau. Eh tadi udah pernah dibahas ya Sailormoon? Ah yah... oke. Skip.

#11 Formasi pohon di awal MV ternyata menginspirasi set builder untuk membuat ornamen serupa dengan formasi tersebut.
*
*
Dalam bayangan gue sebenarnya ketika mendengar kata Wolf, itu MV-nya bakalan lebih dark, bloody, somekind of Hyde-nya VIXX atau mungkin Mine-nya Jaejoong padahal kalo diliat dari lirik kan udah yang makan-makan orang gitu. Tapi apalah daya, kita bisa berharap lebih tapi SM tetap punya kuasa. Hahahaha. Kalau misalnya lebih banyak dana mengucur di MV, promosi lain mungkin akan jadi pas-pasan dan nggak berasa hebohnya. Gue penasaran harga school bus EXO itu beserta dengan sewa trayek perjalanan di Seoul berapaan kontraknya sama pemerintah setempat. Kalo misalnya dana itu dibuat jadi MV mungkin nanti nontonnya nggak bisa kedip saking bagusnya (mungkin).

Meskipun demikian, melalui WOLF ini EXO bisa mendapatkan banyak sekali penghargaan seperti juga dengan MAMA. Walaupun mungkin MAMA butuh waktu yang lumayan lama untuk memperoleh satu award karena emang baru debut kan. Tapi prestasi WOLF (dengan mengesampingkan MV-nya) dari perolehan penjualan, download, streaming dan semuanya itu sangat fantastis! Billboard World Chart, iTunes chart di beberapa negara, Gaon Chart, kemarin menang Music Bank, dan jelas akan ada lebih banyak lagi penghargaan yang menyusul.

Music Video memang penting dan bisa dikatakan wajib adanya hanya saja sekali lagi harapan yang terlalu besar juga nggak baik, terlebih ini SM Entertainment. HAHAHAHAHAHA Let it be and keep dreaming.

Gue tahu ini sebenarnya mungkin sudah basi dan sudah dibahas oleh blogger lain tapi.... Tapi ini versi gue beginilah kira-kira. Gue sebenarnya lebih ngeliat perbedaan bagaimana SM membuat MAMA begitu WOW dan membuat WOLF begitu standar. Dan ini pendapat gue soal itu. 

Kesimpulannya gue lebih suka sama MV MAMA dengan segala keistimewaan yang sudah banyak gue ungkapkan diatas.

Have a nice day!!!


Credits: www.languagebymusic.com, korean44.blogspot.com

Share:

54 komentar

  1. xiumin berkalung sorban XD

    BalasHapus
  2. lhaaaa udah?? gitu doang kak -___- zzzzzzz
    *cerewet, dibacok kak ron*
    sebenernya nggak nunggu review mv ini sih. habis nya apaan yang mau diriviuww??? mv polos begini pula -_____- mending nunggu mv drama vers aja yang entah kapan bakal rilis :D
    eeer komen apa yaaaa. bngung kak mo komen apa lagiii
    udah ah gitu aja. oke bay

    BalasHapus
  3. Drama version mungkin akan kejawab semua pertanyaan lo kak,, tp gra2 wolf biasku berubah dari baekhyun ke chanyeol hahaha:)
    kalo mv drama version yg hot d awal 2013 menurut gue oneshot nya b.a.p....
    terlepas dari lo suka apa nggak sama bap, kyaknya mv oneshot bisa dilirik sebentar mungkin..
    walaupun ak gak bgitu suka bap tp mvnya emang keren lho kak:XD

    BalasHapus
  4. aku sih setuju juga sama kak ron.. ngirain mv nya bakal wow,eh ternyata biasa aja.sangat sangat biasa.PHP. -_-

    tapi menurutku ada hubungan logo-logo MAMA sama WOLF kak.. tapi gatau juga sih, MV drama nya entah kapan keluar-_- kalo dibatalin sih mungkin enggak perilisan mv drama nya.. biaya bikin drama nya kan besar, dan kita semua tau kalo SM itu super hemat .

    kita tunggu aja drama keluar kak suho, dan buktikan:1)MV nya wow! 2)WOLF ada hubungan sama MAMA!!! -ε-

    BalasHapus
  5. Waaah, udah lamaaaaaaaaa juga nunggu postingan ini. Belum dibaca sih, yang penting komen dulu ;D

    BalasHapus
  6. Semoga hubungan exoplanet dan wolf dijelaskan nanti di mv drama version(EH EMANG ADA?!) mau durasi 15 menit juga gpp. tapi jujur deh,jujur banget asli. saya udah lupa akan exoplanet dan lambang2'a itu,saya sekarang yg bener2 udah liat exo sebagai remaja biasa yg entah saat siang nyamar sbg pelajar trus saat malam berubah jadi wolf.berarti apakah wolf ini berhasil???!(dalam diri saya aja mungkin) #kangenMAMA
    bahagianya joonmyeon sekarang bisa lebih keliatan sama kayak magnae(suka pake topi diputer gtu),aihhh

    BalasHapus
  7. setuju bangeeetttt!
    WOLF gak ada apa apanya dibanding MAMA -_-

    BalasHapus
  8. Ayo kaaaak bikin petisi biar drama versionnya cepet dirilis... *ngawur*
    Desperate cuma liat yang dance version doank... x3

    BalasHapus
  9. Seharuanya wolf jadi ost filmny song jung ki yg werewolf boy ato dramanya lee seung gi "gu family book"
    cucok gimana gitu ...
    #ngarep

    BalasHapus
  10. aku setuju sama kak Ron, pas liat MV Wolf yang sudah bikin galau sepanjang 1 semester gue cengo.
    Kalau dibandingin MAMA emang kebanting mampus dari segala hal.
    Reviewnya KOCAK NGAKAK MELEDAK, as usual :D
    apalagi pas bagian translate lagu WOLF itu loh kak ^^

    BalasHapus
  11. gila kak lucu amat sih... ngakak
    apalagi pas yang bahas tentang lirik ngebayanginya jadi cekikikan sendiri.... bayangin aja kalo yang jadi wolfnya baekhyun dan yang jadi beautynya chanyeol kan mirip tuh tipis kayak kertas lap umbel:p truss baekhyun gigit gigit chanyeol kan truss dia jadiin deh tulangnya buat gelang kalung sama rambutnya buat wig sama alis palsu (ihh parah ya imajinasinya sadis bgt)...

    pokoknya ron-hyung hebat... semangat ya buat review yg lain....
    ahh udahh ahh... >hamha hyung~ :-)

    BalasHapus
  12. Hahaha DONE :D
    Ditunggu review selanjutnya kak, semoga yg drama versionnya cepet release dan cepet di review juga
    Thank's for your review, it's so 'WAH' HAHAHA :D

    BalasHapus
  13. Aku jadi kangen MAMA'!!! *mewek #dipelukluhan,suho,andkai *apaan,sih? Tapi, gomawo buat reviewnya ya, Kak! Ngakak abis, deh!

    BalasHapus
  14. menurut gue sih, di album XOXO EXO ngeslow banget.... jadi beda dong ama MAMA..

    BalasHapus
  15. Tadi tadi gue masuk anggota Pramuka aja kalo tau Kai juga anggota Pramuka :(

    BalasHapus
  16. setuju pake banget pangkat sepuluh kalo pada bilang mv dance vers itu = biasa aja. iya om gw setuju banget. kirain emang bakalan waw, gw malah berharap juga kalo exo gak cuma comeback dengan konsep jejoget atopun akting singkat. gw ngarep banget om sooman gak pelit ngeluarin budgetnya buat bikinin movie buat comeback mereka. yah secara kata juga mega project. yah gak? tapi buat WOLF gw suka. gw cinta meskipun diaawal gw gak tau ini lagu apa. dan gw lebih pilih MAMA. MAMA itu EXO banget. WOLF? iya EXO juga. orang yang nyanyiin exo yah pasti EXO juga ---abaikan---

    oh yah om, blakangan ini gw gaalu ranjau gegara susah banget buka kaoskakibau.com *Lahini?* gw cuman muter2 gimana bisa buka blog ini. emang kenapa ya om? masa pc gw yang masalah. gw udah coba di beberapa warnet juga susah :(

    udah gitu aja uneg2 gw. Why So Serious? gak ajdi yah di review? sedih gw. kecewa gw. bunuh baekhyun ajalah #Plakk ^^V Peace :D



    udah si gitu aja jejak dari gw. *JUJUR : gw belum baca postingan ini pas kasih komen ^^V *
    bye!

    -TSA_TopiChanyeol-

    BalasHapus
  17. Pertama kali gue liat MV Wolf, gue langsung mikir style custum nya itu Naruto bgt. dari mulai kerah tinggi yg dipake baekhyun n suho, kostum bulu bulu yg dipake luhan, sampe yg kata lo selang AC itu gue udah sering liat di film kartun Naruto *kebetulan gue penggemar berat naruto, jadi gue tau bgt. Hehe. Mungkin karena line storynya film kartun Naruto itu nyeritain tentang naruto si anak setengah manusia serigala. jadi mungkin kostumnya terinspirasi dari naruto kali yaa haha. *kok gue malah bahas naruto yaa ckckck*

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue yang bukan penggemar Naruto aja mikir gitu pas pertama liat tu MV.. (pernah liat Naruto pas lewat depan tipi doang yg lagi ditonton adek gue) haha *PLEK*
      gue mikirnya apa ini kostum-kostumnya emang lagi pada ngetren ngikutin macam anime or jenisnya. ROFL banget pas ngapture gambarnya Baekhyun dance dan kerah bajunya nutupin 50% mukanya xD

      Hapus
  18. Apa dikorea sono srigala lg ngetren ya?
    Ad filmny..drmanya..eh idolnya jg..
    Mulai pas maen film jd srigala yg blepotan cemong2..trs maen drama jadi bsa pinter marn bela diri.akhirnya jd srigala yg bisa nyanyi plua pnter ngedance (tambah jualan slayer lg)...
    #mbayangin??
    XDXDXD

    BalasHapus
  19. LOL ngakak max di bagian yg ngebandingin keju kr*ft s*ngles #gabolehsebutmerk dengan si cewek di lagu itu dan exo kanibal dan exo mencintai wkwkwk
    soal storyline antara mama dan wolf emang beda banget tuh, kalo dinyambungin juga gimana ya? dari alien ke serigala kelaperan.. jangankan om soman, gue aja bingung hehe
    eniweei diambil aja kelebihan mv wolf daripada mama ini, kalo menurut gue sih dancenya lebih teatrikal dan ada mv drama versionnya lagi (amiiiin)

    BalasHapus
  20. Ngakak and thank's =))

    BalasHapus
  21. Aaaaah bahagia gue pas pembukaannya langsung bisa gue si do-bi hihihi dan dari semua lagunya juga suaranya lebih merata sih pembagiannya *sumpah ini sok tau bgt* bhahaha

    BalasHapus
  22. Bhahaha buat ngakak lu bang :D aaah liat mv nya berasa liat surga *lebay sumpah* secara pembukanya bias gue gituu aaaaak Yeol menyemenye gue :3 tapi emang sih kalah gitu kalo ama mama pffff lanjut bang lanjuuuuuuut

    BalasHapus
  23. akhirnya ada postingan juga...seenggaknya bikin hati seneng gara2 kakak nistain para belatung hahaha.... dan ternyata ada juga yang sependapat kalau tu kaos kaki tinggi amat mungkin kalo lu kak bilang kayak sailormoon kalau gw lebih melihat mereka kayak mau main sepak bola hhehehee.....
    Adeh tu kan mulai kecanduan virus nistain para bocah belatung.... hahaha next brother

    BalasHapus
  24. Kakak benar, mv wolf kalah dbanding mama, karena lebih terlalu biasa. Tapi mereka lebih terlihat ganteng di mv wolf. Hehe. Kakak g niat review mv henry?

    BalasHapus
  25. asereje tremor.... /ngakak guling2/

    BalasHapus
  26. O em ge.... itu baekhyun ada bulu k****nya!!!
    (> <) #pingsan.
    hehe, halo kakak, baru sekali ini ngoment, but in one word, it is...
    amazing!
    Fantastis!
    bombastis!
    Menggelegar!
    keren banget deh pokoknya... makasih ya udah di posting, u really made my day,
    ( ^ ^)V

    BalasHapus
    Balasan
    1. perhatian amat.... dicat gak bulu k***knya?? hahaha

      Hapus
  27. Hahaha Xiumin berikat kepala sorban... Kalo serigala dikuncir ala Jaden Smith gitu, berarti serigala style-nya keren banget yah hahaha... Segitu tipisnya-kah badan Sooyoung sama Yoona sampe dibilang kertas HVS 70 gram? Ntar nge-review yang drama version yah (kalo udah ada hehehe)

    BalasHapus
  28. Mending SM si ka dibanding yang lain.
    aku suka EXO malah waktu liat MV Wolf ini, ringan n gak terlalu menjurus ke suatu golongan. MV MAMA t serem menurutku jadi ngeri nontonnya.

    BalasHapus
  29. bawel yang nulis!!! ceriwis weeee :p

    BalasHapus
  30. akhirnya di review juga hahaha. lama banget padahal penasaran sama reviewnya om ron. soalya secara pribadi sih. agak kecewa sama wolf. pas denger bocoran lagu wolf sebelum mereka debut itu, aku sangat berharap exo gak comeback pake wolf. gak banget soalnya (menurutku)
    dan, aku juga lebih suka MAMA. tapi yaudah lah, yang penting comeback.
    makasih reviewnya, semoga bosennya ilang :)

    BalasHapus
  31. aigooo kak roonnn~~~
    ini serigala kenapa jadi ada keju keju? kekekekeyy~
    kalo drama ver udah keluar, pokoknya kak ron harus review!! hahahahahahahahahhahaha

    BalasHapus
  32. kadang ngakak, kadang bingung juga sambil baca review ini xD
    tapi baju yang dipake baekhyun sama yang dipake eunhyuk itu beda kok (sepertinya... aku lihat sih beda)
    latar MVnya jangan2 sama dengan latar MV Mr.Simple(?) cuma ada perubahan2 gitu

    BalasHapus
  33. Gue tertarik sama lirik lagunya yang makan-makan cewek itu, menurut gue malah srigala itu cuma perumpamaan seorang playboy dan makan cewek itu maksudnya cuma buat main-main aja tapi ternyata jatuh cinta beneran. Coba review lagu yang lain dong Ron,#request, termasuk 'Heart Attack', ada lagu judulnya serangan jantung

    BalasHapus
  34. MV yang terlalu datar emang setelah MV MAMA yang mahadahsyat. Tapi kalau hal "kadar kegantengan" mereka emang lebih ganteng di Wolf

    BalasHapus
  35. kurang ngakak sih saya?.. 8eh, emang lelucon?...
    Kak Suho kurang SEMANGAAAtTTTTT. T.T

    BalasHapus
  36. om beneran cuma gitu aja? biasanya aku sampai ngakak lo, ngak kayak yg ini cuma senyum -_-
    iya sih sampai sekarang MV Wolf DraVer lom rilis, sampai bosen nge-cek Yutup.

    scandal-nya si Kai lebih wow daripada MV-nya om, beneran ._.v

    BalasHapus
  37. Dari musik dan koreografi, 1000x lebih suka MAMA!
    Uhwhwhwhwhadhsdfdgfdjjgdsjasdhkl WOLF INI APA-APAAN SIH??? *garuk lantai #tijeltijeltijel

    BalasHapus
  38. Oiya, background-nya serem banget ngomong-ngomong. =..=

    BalasHapus
  39. aku suka bgt sama review-an nya kak ron..dae to the bak(DAEBAK)!!
    aku setuju loh sama review-review-an nya..
    sumpah..ngakak!! pas bgian kak ron ngejelasin bgian lirik..xDD
    aku juga setuju klo mv MAMA lebih wahh!! ktimbang mv WOLF yg bgitu-2 ajh*plakk#begitu-2ajhsihdidownload-_-*bwaanbiasmungkin*nyengirsingaxD

    BalasHapus
  40. bagian favorit sama kak..

    BalasHapus
  41. Mungkin ngasih MV standar itu udah jadi kepribadiannya SM. Jadi, yah udah ga bisa diubah lagi gitu kepribadiannya. hahahah.
    Tapi, semoga aja SM ngerilis yang Drama versionnya. Gue berharap banget...

    BalasHapus
  42. GUE CUMA MAU BILANG KALO MAMA MENANG LAWAN SERIGALA

    TUH BUKTINYA SERIGALA TERBIRIT-BIRIT LIAT KEHEBOHAN DAN KEGANASAN MAMA/?

    [MAAF GUE CAPS DIKIT SOALNYA KEYBOARD LAGI ERROR SETELAH KERUSUHAN MAMA SAMA SERIGALA BULUK]

    GOOD JOB KAK SUHO d('-')b

    BalasHapus
  43. ok kak ron...gue udah sering banget baca postingan kak ron tapi baru kali ini ngomen nya hahahaha

    kalo menurut gue wolf sama MAMA emang beda jauh banget,, dari konsep aja udah beda jauh (menurut gue ya kak)

    untung nya bias gue ga berubah di sini teteup Byun Baekhyun oppa wkwkwk (ga penting banget)

    kak sarang gue sih ya bahas juga lagu-lagu yang lain kayak black pearl/peter pan gtu... supaya lebih greget(?)

    drama version kapan rilisnya coba?? udah putus harapan nunggunya... tapi ya semoga rilis cepet-cepet. pokoknya kalo drama ver udah rilis mesti,wajib,kudu di review kak (maksa) #plakkk

    oh iya gue denger exo bakal ngerilis mv ke2 pake track baby don't cry tapi kagak tau fakta/hoax atau sebagainya lah... sering-sering review ya kak.

    HWAITING!! '-')9

    BalasHapus
  44. jinjja...... She's just one bite....
    ahaha... kacang kali... sekali gigit. tapi kalo kacang sekali caplok dink. hehe... speechless banget liat itu MV, kirain bakal we o we.. ternyata.... itu si barongsai kemaren dandannya di salon samping rumah... #ngimpi

    BalasHapus
  45. Kalo menurut aku sih, itu setnya selain mirip mr.simple juga mirip mirotic loh... mirip pake banget lagi....

    BalasHapus
  46. ngakak pas bagian selang ac.. xD
    dooh...
    gara2 exo k sama exo m bersatu, gw malah jadi bingung memilih bias antara Kris sama Chanyeol.. >_<
    2 bias boleh ga yaa?? berasa maruk gw..

    eh kak, review MV'nya Henry yang Trap dong.. :D

    -nilsm-

    BalasHapus
  47. kak,sebetulnya mata merah itu pake lensa
    tapi aku setuju,pas lliat mv china-nya lidahnya chanyeol gitu jadi belok2,lucu juga versi china-nya,HAHAHA
    juga pas bagian 3R(reuse,reuse,reuse) SM itu gak modal ato gimana ya?{tambahan reuse:baju sehun yg di history yg tanpa lengan,sam kayak baju eunhyuk yg di SFS} Banyak bacot ya?okeh mau cabut dulu,mau ketemu EXO #mimpi

    BalasHapus
  48. ngakak pas bagian asereje tremor, sma anggota pramuka wkwk XD

    BalasHapus
  49. Tolong review yang lagu di album XOXO yg lain dong hehe ^^

    BalasHapus
  50. Bahahah xD iya sih kak, WOLF kalo dibandingin sama MAMA kesannya lebih biasa gitu, MAMA lebih WAH. Padahal nunggu comebacknya lama, tapi mv nya biasa :| jangan" comeback lama itu buat syuting mv WOLF Drama ver. nya #eh
    Anyway kak, itu topi bulunya D.O juga mirip topi yang dipake member SNSD di MV Hoot deh kalo gak salah :/

    BalasHapus
  51. Itu kan dramanya Wolf + Growl liat aja lirik growl:
    Yo okay
    In case you don’t know, I’m warning you (listen well),
    you’re in danger right now (so dangerous)
    Stop provoking me (stop),
    I don’t even know what I’ll do

    Nah ada hubungannya khan?

    Don't forget to visist http://thelostplanet.wikia.com/wiki/EXO_Wiki

    BalasHapus
  52. It has been 2 years ago, i dont know the author still connected with this article or not,but.....
    I was in my store that day, when i read all of this,
    lah aku kayak orang gila, kepingkal-pingkal baca semuanya, aku suka EXO juga, udah illfeel sama SUJU. dan gak nyangka bakal selucu ini. Aku sih maklum aja, mereka kalo bikin suka campur-campur gak jelas, itu bukan faktor utama yang menarik minat orang terhadap kpop, g penting bisa nyanyi atau gak, toh kayaknya kalo mereka bikin video sekeren itu tanpa audio pun orang udah pada ngiler, silau sama muka dan pakaian mereka.
    Tapi kebetulan aku orang yang ribet soal MV Kpop, banyak syarat kalo mw lulus download ala aku. Hahaha but this is kpop world anything can be.

    BalasHapus