Yay! Its f(x)'s 'Pink Tape' Comeback! [PART 2--END]

*
Kalau mau bilang SM itu PHP, gue setuju. Setuju banget. Kita bisa lihat bagaimana SM sangat niat mempersiapkan sebuah video yang mereka sebut dengan 'Art Film' tapi terasa sangat 'kosong' saat merilis video musik. Haruskah kita komplain soal ini lagi dan lagi? Kayaknya setiap kali rilis video musik, bahasan ini terus yang jadi topik utama. 'Bakalan bagus gak?' 'Bakalan out of the box gak?' (dalam hal ini box maksudnya bener-bener box-kotak), 'Bakalan cuma joget-joget depan tembok doang nggak?' Yang gitu-gitu.

Padahal kalau seandainya SM mau aja sedikit berbaik hati..... AHHHHHHH apalah arti fans yang selalu menuntut, membeli CD, menonton konser, heboh di twitter, nonton MV ratusan kali, tapi ujung-ujungnya di next comeback nggak ada yang istimewa dari segi MV dan teknik pengambilan gambar. Cuma bisa nerima, menikmati lagu, dan paha-paha wajah cantik yang bergelimpangan.
*

Entah kenapa gue lebih milih video musiknya mending gak usah dance-dance lagi. Mending potongan-potongan gambar behind-the-scene kayak di 'Art Film' aja. Lebih menarik untuk dilihat menurut gue. Terlebih kalau editingnya semenarik itu duh...

Gue nggak berenti nonton dan dengerin lagu yang jadi backsound di 'Art Film' waktu dirilis pertama kali. Nggak berenti juga geleng-geleng kepala dan mikir, kenapa ada orang, jelas-jelas orang, bukan kambing yang hidup tanpa rumput yang subur, tapi makan kertas.....
*
*
Yang pertama kali kepikiran, nggak adakah benda lain yang layak untuk dimakan? Bukannya di awal-awal ada shot pohon-pohon kan ya daun itu bisa kali dijadiin lalapan. Atau makan apa kek, bayem, sawi, kacang panjang, brokoli kan bisa. Lalapan kan lebih sehat. Lebih gampang dicerna karena banyak serat kan sayur-sayuran. Kalau makan kertas baru di mulut aja udah nggak bisa dikunyah. Pas di telen trus keluar di WC.... kenapa gue jadi ngebayangin printer sih.

 *
Asal liat-liat dulu sebelum makan brokoli pastikan itu brokoli bukan kepala Sehun.
*
*
Mungkin sebenarnya adegan makan kertas ini semacem mau ngasih tahu sesuatu tapi caranya agak salah. Yang jelas, pesan yang ingin disampaikan bukan "Kalau lapar dan tidak ada makanan di rumah, makan saja kertas." Bukan begitu. Mungkin yang ingin disampaikan tuh lebih ke kayak 'kegilaan' ketika jatuh cinta gitu.

Kan biasanya orang kalau lagi jatuh cinta (ahem) (gue gak pernah) (anggep aja ini bukan gue yang nulis) semacem merasakan kegilaan yang teramat sangat gitu. Krystal sendiri sudah bilang di narasi di awal kan, 'Psychologically lunacy'. Nah, adegan makan kertas ini adalah salah satu bentuk kegilaan orang kalau lagi jatuh cinta. Mungkin kalau misalnya kita, kegilaannya adalah dengan senyum-senyum sendiri, dengan misalnya nyanyi-nyanyi lagu cinta setiap saat, atau mengumbar-umbar kemesraan di timeline Twitter sampai-sampai orang yang follow kita akan mikir dan bertanya, "Sejak kapan gue ngefollow akun labil pamer pacar ini sih?". Padahal nama asli akun temennya @TemenRon bukan @LabilPamerPacardiTimeline

Kalau yang kayak gitu-gitu kan jadinya biasa banget. Makanya, sutradaranya pengen menampilkan bentuk kegilaan yang lain yaitu dengan makan kertas. Tapi masih untung sih Krystal makan kertas ya. Masih untung. Kalau misalnya dia pernah denger kata orang tua jaman dulu, "Kalau orang lagi jatuh cinta, tahi kucing jadi rasa cokelat" gue rasa Krystal nggak bakalan makan kertas tapi makan tahi kucing. Kan jorok. Apalagi kalau dia makan kaca. Namanya bukan Krystal Jung tapi Kuda Lumping.

Oh iya, sebelumnya kan kita udah pernah bahas konsep 'Flora dan Fauna' di video 'Electric Shock'. f(x) itu semacem singkatan buat flower(x) ya kayaknya ahahaha gue pernah denger apa baca dimana sih ini gue lupa tapi di dua album terakhir kayaknya konsepnya kembang-kembang terus gitu. Untuk detail 'Flora dan Fauna' apa yang ada di 'Electric Shock' bisa baca-baca lagi review-nya deh. Hehehe Yang jelas salah satunya ada Wolf sama Kaktus. Yang secara aneh muncul juga di konsep XOXO-nya EXO versi gue.
 *
(Anyway itu di kuping Luna yang di gambar paling bawah kiri sama paling atas kiri bunganya beda. FYI aja sih.)
Banyak hal yang digambarkan SM dengan gambar-gambar unik di video ini. Bisa jadi memang semuanya berhubungan dengan cinta. Jadi kayak semacem bahasa visual gitu. Ahahaha aduh sok banget sih gue bahasa visual. Tapi jujur gue suka suka suka suka sama shot-shot yang ada di 'Art Film' ini...... T___T Kenapa sih MV-nya kayak gitu. Kayaknya film pendek anak kuliah film yang gue tonton sekitar 2011 lebih bagus daripada MV itu.

Mau sotoy-sotoy-an, mari kita sama-sama membedah 'Art Film' ini dan mengait-ngaitkannya dengan cinta~ #makanJongin

*
Kata orang cinta itu bagaikan cahaya dalam kegelapan. Ketika Jongin merasa pasrah bahwa tidak akan ada orang yang mencintainya karena selain dia adalah manusia serigala yang suka bangun terlambat dan jarang mandi, Krystal muncul bagaikan cahaya dalam hidupnya. 
Love is Light. Light is Baekhyun. Baekhyun is..................Love?
*
*
Jatuh cinta bisa diibaratkan seperti bunga yang sedang mekar. Orang kalo jatuh cinta pertama kali di usia remaja kan biasanya berbunga-bunga. Kalau berbuah-buah gila aja masak baru jatuh cinta langsung hamil. Bunga yang mekar ini menggambarkan perasaan yang sedang menggebu-gebu. Sedang pengennya dandan kalo cewek, sedang pengennya terlihat keren kalo cowok. Oke ini kebanyakan nonton FTV. 
Love is Blossoming Flower. Bener gak sih Blossoming. Kok kayaknya ini semacem Blossom-nya Power Puff Girl di couple sama Aming.
*
*
Di antara semua shot, setuju gak sih lo sama gue kalau shot ini yang paling menarik? Oke boleh dikutp jadi "menarik". Jatuh cinta itu hak semua orang men, nggak cuma berlawanan jenis, tapi juga sesama jenis. Mungkin itu yang pengen disampaikan SM Entertainment disini? Mengingat fans KPop secara umum memang sangat suka dengan hal-hal seperti ini, jadi, beginilah SM menggambarkannya. (hell, I don't think I'm serious when I wrote that line. Gue nggak pernah mikir juga SM bakalan seserius itu menanggapi couple-couple ini). Ini baru f(x) loh yang ciuman sesama jenis. Itupun ditutupin pake sarung bantal. Kalau tiba-tiba EX-----ah. Tapi Victoria sama Sulli keliatannya enjoy sekali? AHAHAHAHA Yayaya. Kalau semakin dilihat, posisinya sih nggak pas bibir sama bibir. Mungkin agak mencong sedikit.

Love is for everyone. Love is fair. Love is no judging. Cinta itu buta lah intinya ya guys. Tapi biarpun buta tetep bisa cipokan sih itu mereka. #puasa #gak #yaudah
*
*
Ini yang paling merepresentasikan gue banget. Cinta sama benda mati. Karena itu bukan Hiu beneran, gue nggak bisa bilang adegan ini menggambarkan rasa cinta sama binatang. Ya kau bayangkan sajalah ada hiu bisa terbang terus Amber nyium hiu. Abis dicium hilang wajah Amber dimakan hiu. Lagian kalau Amber bisa nyelem juga nggak mungkin nggak ngambang (tak bernyawa).

Jadi ini menggambarkan juga bahwa cinta itu buta.... Ah... Sama benda mati. Gue banget lah pokoknya. Cinta mati sama Ciera (laptop gue) sama Wonnie (Samsung Galaxy Wonder, hape gue). Tanpa mereka, apalah arti aku menunggu bila kamu tak cinta lagi. Itu lagunya Raissa dan nggak nyambung konteksnya.

Once again, Love is Blind.
*
*
Cinta itu mistis. Ketika cinta ditolak kata orang dukun bisa bertindak. Di sini mungkin ingin menggambarkan (atau juga mengajarkan) kalau misalnya cinta kalian ditolak oleh orang yang kalian cintai, kalian bisa mencontoh Victoria. Bakar saja dupa, kemudian jampi-jampi fotonya. Jangan lupa sediakan darah unta, nanah belatung, rambut wewe gombel yang rontok di malam bulan purnama Jumat Kliwon, ditambah ingus tuyul. Dijamin!

Nggak jadi dapet cinta malah dapet bencana.

Tapi tiba-tiba kepikiran sama cara kerja pelet. Kalau pelet bisa pake foto, berarti bisa dong kita pelet bias kita? Segampang itu dong kawin sama bias? Nggak usah selamanya juga nggak apa apa sekedar foto pernikahan. Kawin. Cukup.

Oke. Nanti coba hubungi Ki Mjun Myun yang jago pelet. Atau Ki Mjong Dae. Bisa pilih aja salah satu. Yang satu jago pelet pake air yang satu jago pelet pake petir. Pas di pelet langsung mati kena samber.

But anyway, gue suka adegan waktu Victoria bakar menyan--eh--dupa itu. Unik. Etnik. Cantik. Awalnya gue pikir dia ngerokok loh! Soalnya ada asep-asep gitu dan gue nggak perhatiin scene sebelumnya. Ternyata itu dupa. Aneh juga ngisep dupa. Sampe kiamat nggak bakalan abis-abis. Tapi itu dupa mirip Pocky Stick. Rasa lumpur.

Love is Mystery. Sometimes, Love is the most mystical things in the whole world.
*
*
Ada genre dalam tarian Ballet yang disebut dengan Romantic Ballet. Jadi ada masa-masa dimana Ballet dipengaruhi oleh kisah-kisah romantis dan berpadu dengan seni. Seperti yang gue baca di wikipedia (kalo misalnya males baca), Romantic Ballet adalah pertama kalinya Ballet dibawakan oleh wanita karena dulunya Ballet itu penarinya kebanyakan laki-laki. Kai bisa ballet kan? :3
Shot Krystal menggunakan kostum balerina disini kalau mau sotoy bisa dikait-kaitkan dengan Romantic Ballet. 

Anyway, mengutip dari wikipedia juga, "Many of the works of the Romantic ballet focused on the conflict between man and nature, society and the supernatural, while others focused on bringing the exotic worlds of far off lands and national character into the ballets of the period."
Yang dimerahin.... conflict between man (Kai) and nature (Victoria-Sulli), society (fandom--fanwar), and the supernatural (dupa).

HAHAHAHAHAHAHA NGARANG. BEBAS.

Tapi yang ini.... menurut lo gimana? Klik gambarnya biar diperbesar. Dan baca yang dikotakin merah. HAHAHAHAHA | CULT di review sebelumnya kita artikan sebagai 'fans' 'penggemar' 'pemujaan'. Ada CULT di cover CD, balerina di Art Film. Ternyata ada kisah 'Cult of the ballerina' yang mana menjelaskan bahwa kisah balerina wanita (dalam cult of the ballerina) dulunya didominasi oleh peri, wilis, dan hantu yang jatuh cinta pada manusia biasa. Karena berbeda dunia akhirnya mereka nggak bisa hidup happily ever after.
*
*
Cult - Cover CD - Krystal pake baju balerina - Cult of ballerina. 
Cerita soal balerinanya familiar? Yang bagian 'karena berbeda dunia' maksudnya. Lirik 'Wolf'? HAHAHAHA Krystal mungkin memang berperan jadi peri kali di 'Art Film' ini makanya dia makan kertas. Trus cowoknya Kai dari dunia lain juga dan dia serigala. Tapi manusia serigala termasuk mortal man nggak sih.

Tambah nggak pusing.
Tapi gue nggak terima kalo Krystal sama Kai nggak happily ever after.

Love is painful. Apalagi kalau cintanya beda dunia. Misal Baekhyun sama Jinny oh Jinny.
*
*
Kalau Love will always makes you sleep(y) gimana.... Kalo lagi sama pacar bawaannya ngantuk gak pengen bobo..........ah gak boleh belom muhrim. Tapi itu Krystal adegan baru bangun kesannya kayak di sebelahnya tapi gak kesorot, Kai lagi tiduran pasrah lelah. Aduh ini apa sih sebenarnya. Maafin.
*
Motivasi SM menggunakan Kai sebagai model di photobook-nya f(x) tuh sebenarnya apa sih. Kalo dipikir-pikir, masih banyak kayaknya member lain yang bisa dipake. Trainee gue yakin juga banyak. Tapi kenapa harus Kai? Kurang terekspos apa laki-laki ini? Dari awal debut men. Dari teaser EXO. Sekarang numpang di album orang. Apa mungkin karena lagunya tentang 'Cinta Pertama' alias '첫 사랑' trus Kai memerankan sang cinta pertama dari para gadis di photobook dengan sebuah alasan tertentu? (dan itu bukan karena sekedar tampang).

Dan video ini diakhiri dengan adegan bahagia di tengah kebun. Yah. Cinta memang selalu bikin bahagia. Kalau lo nggak bahagia ketika lo sedang mencintai seseorang berarti ada yang salah sama orang yang lo cintai. 

Begitulah gue jatuh cinta sama 'Art Film' ini kemudian dijungkirbalikkan rasa cinta itu dengan..... sebuah..... video musik..... yang......... 

Ah sudahlah.....
*

*
I love the song for sure but not the MV. I'm sorry :p Krystal looks awesome though. So does Luna with bindi.

Next Post!


Share:

17 komentar

  1. Baru tahu kalau sehun tuh kembaran brokoli,,kekekeke~
    Hahaha cuma di sini doank nemuin suho ma chen alih profesi jadi tukang santet,,wkwkwkwk~
    Bagus lagunya..tapi emang sayang banget sih mvnya gitu doank...Luna cantik,Vic eomma cantik banget!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! dek Krystal rambutnya abis kena sembur Kris kali ya makanya merah menyala gitu,,hahahaha~
    *ngaco*
    Makasih reviewnya kakak...:)

    BalasHapus
  2. Rum Pum Pum Pum~~~
    EXO di manapun dan kapanpun selalu ada ye. Suka deh. Oh Sehun~
    Still KAISTAL FEELS :)))))))))

    Setuju banget Bang!! ART FILM nya KEREN BANGETTTT suka banget lah pokoknya. Aku lebih suka lagu yg di Art Film malah (Shadow) ketimbang RPPP. :|

    Paragrag terFavorit~
    "Cerita soal balerinanya familiar? Yang bagian 'karena berbeda dunia' maksudnya. Lirik 'Wolf'? HAHAHAHA Krystal mungkin memang berperan jadi peri kali di 'Art Film' ini makanya dia makan kertas. Trus cowoknya Kai dari dunia lain juga dan dia serigala. Tapi manusia serigala termasuk mortal man nggak sih.

    Tambah nggak pusing.
    Tapi gue nggak terima kalo Krystal sama Kai nggak happily ever after."

    @irvaadfa

    BalasHapus
  3. ka setuju ga kalo yang dimakan krystal itu kulit tahu yang direbus? -_- tapi aku setuju Art Film nya emang menarik banget

    BalasHapus
  4. gue seneng banget hari ini! bisa langsung baca part 1 dan 2 dalam hari yang sama :3. thanks banget kak!

    oya, ditunggu part 3 nya! cepetan!! #malaklagi(?)

    BalasHapus
  5. btw, perhatiin ga ron, paha luuna makin kecil. LOL

    BalasHapus
  6. fav line : "Oke. Nanti coba hubungi Ki Mjun Myun yang jago pelet. Atau Ki Mjong Dae. Bisa pilih aja salah satu. Yang satu jago pelet pake air yang satu jago pelet pake petir. Pas di pelet langsung mati kena samber." ki mjun myun apaan? ki mjuong dae sapa lagi? seriusan otak gw tlalu sklak buat nyantol kalo mereka itu suho sama chen.. hahah xD


    udah ah gitu aja. no more coment dah diabisin komennya di prev post. next post ditunggu banget :D and please stop mention kaistal. panas bangetnih gw... :O

    bye!
    -TSA- *TangkringanKepalaChanyeol*

    BalasHapus
  7. Lu enak om suka KaiStal, la gue galau 2 hari!. Eh mending temen gue sampai nangis -_-

    Menurut gue sih ya rambut si Krys ama foto teasernya lebih cetar daripada MV, heboh

    BalasHapus
  8. Wah, bener Kak! Gue juga suka banget sama Art Filmnya. Waktu SM rilis Art Filmnya gue pikir bakal sekeren itu juga MV nya. Dan setelah rilis, MV nya terlihat standard di bandingin sama Art Filmnya. Sedih ye liat perusahaan sebesar SM bikin MV nya cuma begitu.

    BalasHapus
  9. Kak ron lucu bgt cihh anaknya sapa cihh
    (˘⌣˘)ε˘`) #khilaf

    BalasHapus
  10. gue jadi pen coba urusan pelet peletan ntu bang, ._.a jiakaka

    BalasHapus
  11. Halo Kak...

    Mau ngomentarin yang part-1 nih~ Hehehe.
    Kalo menurutku "Romance" sama "Cult" yang dicentang itu maksudnya kayak jenis film. Romance kan emang tema percintaan, kalo cult di sini kayak jenis film yang tidak terlalu menarik perhatian publik luas, namun bisa menarik perhatian sekelompok orang yang fanatik (kan serupa sama f(x) tuh gak semenarik SNSD untuk perhatian publik tapi bisa bikin f(ans) fanatik) dan para f(ans)nya itu yang sangat berjasa bikin f(x) tetep eksis bahkan makin besar, apalagi bentuk VHS pada albumnya bener-bener merujuk ke film-film klasik sama seperti film cult yang mayoritas film klasik. Jadi menurutku cult di sini bukan ke pemujaan gitu, melainkan ke jenis film. Ditambah lagi sama konsep Pink Tape serta Art Film-nya yang bener-bener klasik, indie, plus unik yang makin bikin Pink Tape ini bener-bener bergenre cult. Kak Ron bener juga sih yang artinya fans atau pemujaan. Cuma saya pengen ngasihtau aja kalau cult juga berarti genre film. :)

    Cuma mau ngasih pendapat aja sih Kak, tapi ngapa keliatannya serius amat yak. Maap ya. Hikshiks. Terus kalo ada salah dibilang aja, cuma iseng kok Kak. Wkwkwk.

    Btw, makin suka tulisannya Kak Ron. Sukses selalu dan thanks. :D

    BalasHapus
  12. as usual, NGAKAK wkwk,
    eh ka, gue nyoba sok-sok an ngereview MV Growl nih, tapi malah garing jadinya :/
    http://bab0namja.blogspot.com/2013/08/exo-meraung-mesra.html
    mohon petunjuk Kak Ron-sunbaenim :D

    BalasHapus
  13. ah sama bang! KECEWA BERAT sama MV nya. cuma dance" gitu doang ah --" paan pdhl teaser photo nya udah ada KAI. gua kira jg bakal ada KAI di MV seenggaknya 2 detik gitu kek --" issshhh
    gitu aja deh. as always menghibur, wkwk

    keep FIGHTING '-')9

    BalasHapus
  14. Kak bisa ga bahas kenapa f(x)ga sesukses grup SM yang lain padahal talent nya member f(x) ga kalah sama member grup SM yang lain

    BalasHapus
  15. ganyangka anak depok UI pula :v wkkw gue ngakak tiap baca postingan lo. daebak /?

    BalasHapus
  16. hmm.. keren2 gue suka^^ itu vic umma keliatan masih muda atuhh.. kalo lunanya keren.. dicatok / direbonding / semacamnya lah.. mungkin biar mirip kaya bulu keteknya dia /tunjuk baekhyun/ *plakkk *ngaco trus ambernya matanya warna ijo coklat gitu, mungin dia hobi makan rambutnya sehun (brokoli) ato Makan itu /tunjuk tahi kucing/ *ngaco trus sullinya sexy bokkzz /ngiler/ pas adegan goyang pinggul haha krystalnya mungkin bosen rambut warna item, trus stock semir habis, jd darah unta deh di pake... hhahah^^~

    BalasHapus
  17. katanya yang dimakan krystal itu mawar bukan kerta -,-

    BalasHapus