Di Balik 'Glory Day Fighting!' Project


Dulu, pas awal-awal EXO debut, gue pernah bilang ke diri gue sendiri, kayak semacam "sumpah seorang fanboy alay" gitu kalau gue nggak akan bias sama siapapun di EXO. Mungkin saat itu gue terlalu terlena dengan slogan 'We Are One' yang selama ini mereka bangga-banggakan. "Nggak boleh bias dong! Harus dukung EXO secara tim dong!" Padahal mah... yaelah bro... we are out one by one...

(putar 'Promise (EXO 2014)', lalu bernyanyi dalam kesenduan sambil memandangi foto Kris, Tao dan Luhan yang diterangi cahaya lilin)


Seiring waktu berlalu, "sumpah seorang fanboy alay" itupun hancur karena pada akhirnya, gue dituntut untuk mengikuti hukum alam di fandom KPop ini: memilih bias. Salahkan tim marketing SM Entertainment karena harus membuat cover album per-member itu dan tidak mencetak satupun cover album grup. Buat orang yang sudah memutuskan untuk tidak punya bias otomatis nggak punya pilihan.

Akhirnya gue pun menentukan pilihan.

Perjalanan bias gue di EXO cukup rumit. Lucunya, semua dimulai dengan Tao. Sebelum negara api menyerang, harus gue akui dulu gue pernah bias Tao. Sebelum kemudian gue sadar bahwa mungkin hari itu gue terlalu banyak mengkonsumsi mecin dari nasi goreng depan kosan lama gue di Depok. Setelah Tao, Sehun sempat masuk list. Tapi setelah 'What Is Love' keluar, Baekhyun seolah menginjak-injak semuanya sampai benyek.

'History' menyusul dirilis dan saat itu pertanyaan gue cuma satu, "Sebenarnya siapa sih orang yang mukanya berubah-ubah di setiap frame ini?!"
Di masa-masa gue masih nontonin MV sampai puluhan kali demi untuk review, gue memperhatikan ada keanehan di wajah orang ini. Di bagian awal MV mukanya kalem tertekan, di tengah-tengah MV tiba-tiba keriput dan kayak kakek-kakek kebanyakan masalah hidup, di bagian akhir mukanya jadi beda lagi walaupun masih tetap merasa tertekan dan terlihat canggung.

Di showcase pertama EXO, muka orang ini beda lagi bentukannya. Antara ketawa sama nangis nggak ada bedanya. Ekspresinya awkward banget! Kalau mingkem beda. Kalau nyengir beda. Tapi lebih bagus dia mingkem daripada nyengir. Jadi mending mingkem aja terus. Segala caci maki pun mengalir buat orang ini. Apalagi setelah adegan nangis di TV pas nerima piala pertama yang aneh banget itu.  Belum lagi ekspresi mukanya yang terlihat seperti sedang menahan sakit perut ketika nyanyi 'Baby Don't Cry'.

Semakin lama semakin banyak pula caci maki buat dia. Tapi lama-lama kok ya dinikmati juga dan pada akhirnya secara tidak diduga-duga diapun merangkak ke posisi teratas daftar bias. Kacau sih, Kim Junmyeon ini emang.

Karena mas-mas yang punya nama panggung Suho ini dinilai sangat cheesy oleh beberapa orang teman gue, diapun akhirnya jadi korban bully di peer group gue. Kalau dulu-dulu, gue mungkin akan menanggapi mereka yang ngejek Suho dengan, "Ya emang gitu orangnya, gimana dong?" seolah-olah gue sama Suho udah temenan sejak masih zygot. Tapi sekarang kalau ada yang ngejek Suho, gue merasa punya kewajiban untuk membelanya dengan sepenuh hati.

"Nggak usah sok-sok ngatain Suho deh, mending ruqyah aja bias lo tuh, supaya nggak sering dikuntit sasaeng," kata gue kepada salah seorang fans Chanyeol.

Maafin.

Gue lupa tepatnya sejak kapan gue mulai bias ke Suho. Tapi yang jelas, cuma karena seonggok daging yang beda usianya cuma beberapa belas hari lebih muda dari gue itu yang bisa membuat gue memutuskan untuk mengecat rambut gue jadi pirang. Dan setelah insiden tidak sengaja di TLP 2014 Jakarta dulu, gue makin bias ke Suho. Terlebih karena belakangan Baekhyun fans-nya banyak banget dan pusing banyak banget juga yang nge-ship dia sama Chanyeol. Padahal gue nge-ship Baekhyun sama Suho.

#EA #CRACK #GAKRESMI #MAKANTANAH

Dan ketika Suho dikabarkan bakalan main film, gue antara yang excited sama bertanya-tanya. "Ini orang bisa akting banget?" Lupa kalau selama ini dia di-training juga jadi aktor, nggak cuma jadi boyband.



Gue sedang duduk menyesap kopi panas dan makan bubur ayam suatu pagi di kantor ketika gue kepikiran untuk bikin proyek dukungan buat film 'Glory Day'. Sebagai film yang jadi debut Suho di layar lebar, tentu saja gue yang berstatus EXO-L tidak pure karena tidak nge-ship ChanBaek ini harus menunjukkan dukungan gue buat bias. Akhirnya itu bubur ayam gue kesampingkan dulu. Itu kopi gue taruh di pojokan meja kerja gue dulu. Kemudian gue fokus ke laptop dan ngetik di WordPad: "GLORY DAY FIGHTING!" project by #KaosKakiBau.

Ini sebenarnya bukan project online pertama yang gue bikin. Waktu boyband HISTORY debut tahun 2013 dulu, gue dan beberapa temen di Twitter juga rame-rame bikin project dukungan buat grup LOEN Entertainment itu. Nggak rugi sama sekali karena project-nya di-notice sama LOEN! Superbahagia!

Proyek kedua gue yang berhasil adalah #THANKYOUCOMPOSER yang waktu itu ditujukan buat para komposer lagu-lagu artis SM Entertainment. Karena kebetulan banyak dari mereka ada di friendlist Facebook gue, jadi akses untuk nunjukkin project-nya ke mereka juga lebih murah. Alhamdulillah lagi mereka menanggapi project-nya dengan sangat positif.

Gue nggak berharap banyak dari project 'GLORY DAY FIGHTING!' ini. Karena belakangan Twitter gue udah sepi banget, nggak kayak dulu-dulu. Maklum, sekarang sering di-bash. Jadi orang-orang juga udah males kayaknya buat ngikutin kicauan nyampah gue di Twitter. Belakangan juga jadi makin sotoy soal segala macam. Banyak yang akhirnya nggak nyaman kali terus di report spam, nggak tahu deh.

Lah malah suuzon.

ASTAGFIRULLAH!!!!!!!!!!!!

Tapi berasa kok. Sekarang Twitter emang sepi. Nggak kayak dulu-dulu. Gue pun merasa kehilangan. Hahahah... tapi yah, project harus tetap berjalan. Apapun yang terjadi. Target gue nggak banyak-banyak banget. 100 aja sebenarnya sudah kebanyakan. Tapi kalaupun yang kirim juga cuma 10 yaudah nggak apa-apa, pikir gue. Walaupun ketika sudah H-14 itu project selesai, yang kirim email baru dikit banget.

Gue agak sedih sebenarnya hahahahah "Masa sih fans Suho pada mager semua gini?!" sampai akhirnya gue inget Pink Red Project pernah nawarin bikin giveaway di bulan Februari dan masih belum dijalani. Akhirnya gue minta mereka buat menyediakan hadiah dan menjadikan giveaway di bulan Maret aja. Sekalian gue mau promosiin LINE@ KaosKakiBau yang beberapa bulan terakhir sedang gue rintis eksistensinya.

Ketika project ini akhirnya berhadiah, mulai ada beberapa yang kirim lagi. Dari 8 jadi 10, dari 10 jadi 15. Ya okelah, lumayan, daripada nggak ada sama sekali? 16 sama gue bisalah itu jadi satu album di Facebook. Tapi apakah nanti tim 'Glory Day'-nya akan notice, enggak tahu deh. Karena jumlah 16 orang itu nggak representatif sama sekali sih, mengingat fans Suho gue yakin banyak banget di Jakarta aja.

Gue udah berasa agak males buat ngelanjutin. Apalagi promosiin. Hilang semangat bisa dikatakan begitu. Tapi beberapa fans Suho termasuk Suho Union INA bantu share project ini dan Alhamdulillah beberapa foto baru dikirim ke email. Mulai banyak juga yang nanya-nanya gimana cara ikutan dan sebagainya.

Beberapa hari menjelang deadline, tiba-tiba gue dihubungi oleh sponsor dan dia mau ngasih tiket SNSD 'Phantasia' Jakarta. Wah gila sih. Gue nggak mungkin nolak. Karena ini kesempatan terakhir gue buat bikin itu project at least bisa lebih dari 50 orang yang ikutan. Akhirnya gue mengambil risiko itu. Gue jadiin tiket SNSD itu reward buat yang ikutan project.

Kenapa gue bilang risiko? Jelas karena pada akhirnya akan ada kemungkinan fokus orang-orang yang ikutan bukan ke project-nya lagi. Tapi ke hadiahnya. Kemudian ketika fokusnya sudah berubah, nanti yang ikutan pasti akan merasa kecewa kalau misalnya nggak dapat hadiah. Padahal kan niat awalnya juga ini project emang nggak berhadiah.

Ah tapi yaudahlah... daripada nggak ada yang ikutan... hajar ajalah. Yang penting banyak dulu deh yang kirim foto. Jadi ketika gue email ke pihak 'Glory Day'-nya, mereka juga merasa bahwa project ini lumayan oke buat di-share karena banyak yang ikutan. Dan begitulah....

Sampai hari deadline, gue seneng banget akhirnya ada lebih dari 75 orang yang ikutan. Satu orang bahkan ada yang kirim dua sampai tiga foto yang bikin gue makin bingung mau posting yang mana, sampai akhirnya gue posting aja semuanya. Ada yang fanboard-nya oke, ada yang fanboard-nya bagus banget. Ada yang keliatan banget usaha buat bikin, ada juga yang kayak gue yang cuma modal photoshop dan fanboard sisaan 'THE EXO'luXion' Jakarta ataupun kertas putih.

Sebenarnya nggak masalah. Karena tujuan utama project ini kan dukungan, bukan ngejer hadiah (walaupun...... yah..... kembali ke paragraf sebelumnya). Yang jadi masalah sekarang adalah, gimana caranya supaya project ini di-notice sama 'Glory Day'.

Jelang libur panjang akhir pekan kemaren, gue akhirnya mem-posting total 80-an foto ke Facebook KaosKakiBau. Link fotonya kemudian gue sebar ke segala penjuru. Mulai dari LINE@ KaosKakiBau, Twitter, Facebook, Instagram (+direct message), sampai spamming di Facebook 'Glory Day'. Bahkan gue sempat email langsung ke Butterfly CJ supaya mereka ngeh kalau fans Indonesia sedang bikin project buat 'Glory Day'.

Gue juga ngajak anak-anak yang ikutan untuk mem-posting foto-foto  mereka ke Instagram dengan me-mention akun-akun aktor, sutradara dan juga akun official 'Glory Day' supaya jadi buzz. Dua hari pertama nggak ada hasil. Gue sendiri khawatir kalau gue nggak akan bisa total untuk mempromosikan project ini sampai di-notice. Karena weekend kemaren gue harus ke Yogyakarta dan Borobudur yang sudah direncanakan sejak Desember. Dan itu akan membuat gue nggak sempat buka laptop sama sekali. Sampai akhirnya gue pasrah. Sesampainya di Borobudur, gue nggak mikirin apapun soal fanboard ini.

"Terserah deh, mau di-notice atau nggak. Yang penting udah bikin kan nih. Seru-seruan aja kan intinya. Yaudah," kata gue ke diri gue sendiri separo pasrah separo mau nangis karena sudah merasa akan gagal.

Minggu (27/3/2016) gue sedang berada di museum Candi Prambanan sama Ajie dan Dito. Kebetulan sedang hujan jadi kita neduh. Otomatis karena nggak ada kerjaan, buka handphone lah. Terus kemudian gue refresh Instagram dan shock banget.

8 menit yang lalu.

Gue inget banget itu gue liat update-annya pas udah 8 menit setelah itu akun gloryday2016 nge-post.

Foto-foto project kami........

FOTO-FOTO PROJECT KAMI!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Posisi gue duduk sore itu mendadak langsung berdiri dan gue teriak kenceng banget di museum. Untungnya sepi. Tapi tetep aja nggak wajar orang teriak di museum kan. Gue nggak tenang sama sekali. Kepala udah muter-muter. GUE HARUS APA NIH?!?! APA YANG HARUS GUE LAKUKAN?!?!?!?

Yang pertama kali kepikiran adalah screencapture itu posting-an Instagram, terus di-post di Facebook KaosKakiBau dan Twitter gue. PAKE CAPTION HURUF BESAR! Dan setelah beberapa saat barulah gue sadar kalau 'Glory Day' sudah notice project-nya.

SELAMAT BUAT FANS INDONESIA!!!!!!!!!!!!

Nggak cuma di Instagram, akun facebook Butterfly CJ juga nge-share albumnya di Facebook. CJ Entertainment Internasional juga (walaupun gue nggak yakin itu akun official). Salah satu staf CJ E&M juga nge-share lewat akun personal-nya.



Sebelum gue mengakhiri posting-an gue dan mengumumkan pemenang Giveaway LINE@ KaosKakiBau-nya, gue mau minta maaf dulu. Tadi pagi gue sempat jelasin lewat beberapa tweet soal pemilihan pemenang giveaway ini (baca dari kiri ke kanan per kotak kotak):



Kalau mungkin ada yang ngerasa kalau metode pemilihan pemenang gue nggak adil dan nggak menghargai kalian-kalian yang sudah bikin fanboard bagus-bagus. Maaf yang sebesar-besarnya. Harusnya memang gue nggak menjadikan project ini sebagai giveaway sih. Jadi mohon maaf lahir batin.

Gue seharusnya nggak menyia-nyiakan kerja keras kalian yang udah bikin fanboard niat banget dengan mengacak pemenangnya secara random. Tapi gue juga nggak bisa mengabaikan mereka yang udah ikut project ini walaupun cuma dengan kertas putih dan isinya di-photoshop. Jadi dengan memilih via random.com, semua mendapat kesempatan yang sama.

Jadi sekali lagi maafin OTL OTL OTL OTL OTL.

(putar 'Unfair' by EXO)

Cek pemenangnya di album di bawah ini. Foto yang di kolom komentar ada smiley-nya berhak dapat hadiah giveaway merchandise sesuai pilihan. Foto yang di kolom komentar ada logo hati-nya akan dapat tiket SNSD sesuai yang dijanjikan. Selamat buat para pemenang! Selamat buat semua yang ikutan project-nya karena sudah di-notice! Gue jadi nggak enak karena ending-nya jadi kesannya jahat gini.


글로리데이 화이팅 ! 인도네시아 펜들의 프로젴트 버터플라이 프로젝트
Posted by KaosKakiBau on Wednesday, March 23, 2016


Tapi selamat, sekali lagi! Dan maaf, sekali lagi!


Share:

0 komentar