aespa #2 Karina



Waktu foto Winter dirilis, banyak yang langsung bilang kalau wajah Winter mirip Taeyeon. Walaupun tetap dalam pandangan gue Winter mirip banget sama Nikita Willy. Beberapa temen gue juga tidak setuju dengan pendapat bahwa Winter mirip Taeyeon meski nggak bisa dipungkiri banget sih kalau SM Entertainment memang selalu bisa aja nemu orang-orang yang punya kemiripan wajah satu sama lain. Sampai akhirnya teaser Karina dirilis, pendapat orang-orang kemudian berubah lagi. 

“Nah ini, baru mirip Taeyeon!” 

Sebagai orang yang beberapa tahun terakhir cukup intens bersama Taeyeon (WKWKWKWKWKWKW maksudnya intens ngeliatin Instagram-nya saja), gue tadinya enggak melihat kemiripan sama sekali antara Karina dan Taeyeon. Meski sekali lagi pada dasarnya semua artis SM itu pasti ada kemiripan satu sama lain (mau cowok sama cowok atau cewek sama cewek atau cowok sama cewek; seperti Baekhyun mirip Taeyeon misalnya muahahahahahahahahhaha), tapi gue nggak melihat ada kesan Taeyeon dalam wajah Karina (atau Winter bahkan setelah Karina diperkenalkan). Beda banget sama waktu Seulgi diperkenalkan dulu. Entah kenapa kalau Seulgi kesannya kayak udah plek ketiplek Taeyeon banget dalam pikiran gue. 

Hari ini tiba-tiba satu penampilan Taeyeon di sebuah acara penghargaan tahunan nyanyi lagu Spark muncul di rekomendasi YouTube gue dan gue tonton video itu karena belum pernah gue lihat sebelumnya. Di situlah gue kemudian baru menyadari bahwa, oke, Karina memang memberikan kesan mirip Taeyeon. 

Tapi, hanya di penampilan itu aja. Karena kostum dan dandanan Taeyeon di situ dibuat agak-agak mirip dengan Karina di teaser foto. Tentu warnanya nggak ungu-ungu gitu, kulit Taeyeon juga nggak akan terlihat semulus dan se-Final Fantasy Karina di teaser foto. Tapi kesan strong, independent, dan it girl-nya okelah masih masuk. 

Sayangnya hype perilisan teaser Karina nggak segede Winter. Mungkin ada dua alasan kenapa ini bisa terjadi. 

Yang pertama, Winter diperkenalkan berbarengan dengan aespa diperkenalkan. Jadi orang-orang yang sudah lama mengantisipasi soal SM New Girlgroup ini langsung kepo sama Winter. Sekaligus juga Winter jadi member pertama yang dimunculkan mengingat nama-nama yang sebelumnya sudah diperkenalkan di SM Rookies sebagian besar udah berguguran. Cukup beban juga sih ini di Winter gue pikir karena ekspektasi orang bener-bener langsung tinggu gitu. Dan ya, sekaligus mengkonfirmasi blogpost yang pertama juga, member pertama aespa yang diperkenalkan waktu itu namanya beneran Winter dan dia sudah jadi trainee sekitar 3 tahun? Kalau nggak salah inget. Gue baca press release yang dibuat artikel jadi ini sih udah fix. 

Peresmian nama Winter itu sekaligus menghapus teori konsep musim yang sebelumnya muncul juga. Buat yang belum tahu, ada yang bilang aespa ini debutnya akan pake konsep musim makanya member pertamanya Winter. Jujur sih gue sebelumnya cukup merasa ini menarik walaupun tidak terlalu revolusioner. Tapi setelah Karina diperkenalkan, teori ini lantas langsung tidak terbukti dan cukup lega juga pada akhirnya. 

Yang kedua kenapa Karina kemaren rasanya tidak terlalu hype kemungkinan karena isu yang belakangan beredar soal dia. Buat yang belum tahu, Karina ini adalah nama panggung dari Yoo Ji Min. Dia adalah trainee SM yang katanya obrolan chat-nya pernah ke-leak dan dia menjelek-jelekkan beberapa senior di industri musik. Walaupun kemudian ini tidak terbukti dan SM langsung bertindak. Beberapa sumber yang gue baca, ini juga salah satu aksi dari hater buat menjatuhkan Yoo Ji Min dan proyek SM yang baru ini. 

Ya meski begitu, para pendukung aespa sudah mulai bermunculan. Gue mungkin salah satunya. Ah tapi kalau gue sih ya mau gimana juga akan tetap suka sih sama apa yang dikasih SM. Kan gue #BudakAgensi. 

Penampilan Karina yang gue bilang mirip Taeyeon pas performance Spark di video yang gue tonton adalah yang shot full body ini. 


Kalau dari jauh gini memang mungkin orang-orang akan mudah salah paham. Orang yang suka K-Pop karena SNSD bisa jadi ngira ini jelmaan Jessica atau Taeyeon. Orang yang tahu Red Velvet doang dan nggak pernah lagi lihat idola K-Pop yang lain mungkin akan ngira ini Irene atau Seulgi. Kalau kemarin Winter ngasih kesan yang lebih soft, Karina memberikan kesan yang lebih bold and strong. Ada pesona leader yang entah kenapa langsung muncul aja gitu di kepala gue dan konsep fairy-wonderland-warrior gini beneran cocok banget buat dia. 

Ada kesan intimidatif juga sih pas gue pertama kali liat fotonya. Kayak dipelototin dan kesannya diketusin terus sama Karina. Nggak tahu kenapa foto-foto teaser Karina ini beneran bertolak belakang sama kesan foto teaser Winter yang kalem, adem-ayem, nuansa lebaran gitu. Karina lebih terkesan nyolot tapi anggun gitu gimana sih. Kayak mean girls tapi nggak apa-apa deh mean girls karena lo emang cantik, gue sebagai jamur payung yang tumbuh di halaman belakang sekolah ngalah aja. Shot close-up di foto teaser yang langsung bikin gue salah fokus sama tahi lalatnya. There is something about that mole yang bikin pesona Karina ini langsung meroket jauh tinggi ke angkasa. 


Nah waktu lihat video promosi yang kedua, yang MY KARINA, kesan yang muncul di gue malah beda lagi. Di sini Karina nggak kelihatan terlalu intimidatif, walaupun di beberapa shot ada sih yang dia lagi berpose gitu keliatannya sedikit ketus, kalo bibirnya lagi meruncing gitu agak-agak mirip Sohee Wonder Girls. Tapi jujur aja gue pun masih agak bingung sama konsep dan tujuan video MY KARINA ini. 

Is this supposed to be a video teaser? Atau ini sebenarnya adalah sebuah proyek di dalam proyek aespa ini sendiri? 

Kalau dilihat secara keseluruhan, di dalam video ini Karina sedang mewawancarai avatarnya yang namanya ae-Karina. Sekadar mengingatkan kalau konsep aespa ini memang perpaduan antara avatar + experience. Jadi gue rasa avatar yang dimaksud dalam konsep yang diperkenalkan SM di awal itu adalah karakter animasi yang ditunjukkan dalam video MY KARINA ini. Orang yang asli namanya Karina, avatarnya namanya ae-Karina. Kurang lebih ini konsepnya kayak EXO sama X-EXO gitu kali ya? Bedanya kalo X-EXO adalah versi antagonis dan versi lebih dark kali ini versi hologram, animasi, dan well yeah, avatar. 

Karina sempat nyebut kata Synk sebagai aplikasi bertukar pesan dalam video ini dan itu bikin gue penasaran juga apakah ini sebuah upaya SM buat memasarkan sebuah produk baru atau aplikasi apa gitu? Cuma pas gue search di Google, nggak ada Synk yang berkaitan dengan aplikasi bertukar pesan. Jadi mungkin ini ada produk lain yang placement ke dalam video itu atau gimana. Mungkin produknya belum dirilis atau gimana nggak tahu juga. Tapi kalau liat dari bentukannya mungkin ini semacem asisten pribadi gitu? Kayak sebuah aplikasi yang nantinya akan dirilis yang akan memberikan pengguna keleluasaan buat membuat sebuah karakter sebagai side-kick mereka sebagai asisten pribadi gitu. Semacem Siri tapi gue bisa bikin sendiri karakternya dan bisa gue macem-macemin dalam artian bisa diajak “ketemuan” dan ngobrol gitu. 


Sounds interesting dan futuristik sih. Jadi inget sama bayangan pertama gue soal aespa pas logonya pertama dirilis. Gue pernah bilang ini akan jadi grup yang futuristik gitu meski kemudian kesan itu ketutupan sama teaser foto yang fantasi banget. Animasi ae-Karina yang diperlihatkan di video ini juga bukan tipe animasi yang bagus-bagus banget sih. Walaupun untuk promosi teaser ini terbilang cukup okelah. 

Di awal video itu Karina bener-bener deh keliatan banget ketusnya wkwkwkwkkww jadi takut beneran. Image dia memang dibuat se-strong itu dan itu dapet banget sih. Tapi ke belakang sisi lain dari Karina justru lebih dieksplor. Selain (mungkin) promosi Synk itu, di video MY KARINA ini juga ada promosi yang lain: SuperM dan juga NCT 127. Di satu shot waktu Karina lagi mau dance, dia puter lagunya SuperM yang Infinity. Di adegan karaoke dia lagi nyanyi lagunya NCT 127 yang Kick It. Dan yang paling penting sih sebenarnya nggak lupa SM menyelipkan teaser buat member aespa yang lain yang saat video ini dirilis, belum resmi diperkenalkan teasernya: Ningning dan Giselle. 

Yang menarik adalah satu sosok animasi/avatar yang muncul di video tapi nggak tahu siapa dan bisa jadi misteri untuk saat ini. Karena sosoknya baru muncul sekilas doang dan belum ada teaser fotonya (atau bahkan mungkin nggak akan ada?). Dia adalah Navis. 

Kalau menurut cerita ae-Karina, Navis ini adalah sosok yang memperkenalkan dia sama Karina lewat Synk. 

Oke, di sini imajinasi gue soal Siri dan asisten pribadi itu jadi agak sedikit bergeser. Apa mungkin sebenarnya Synk ini adalah universe-nya justru? Dunia virtual yang mempertemukan avatar dengan si manusia benerannya? Instead of an app atau asisten virtual, Synk ini adalah “dunia” itu? 

Sejauh ini sih cuma bisa nebak kayak gitu doang. Antara yang dua itu. Dan yang pasti, gue masih nunggu kejelasan soal si Navis ini. Di awal mungkin sekarang gue masih membayangkan aespa akan tampil dalam konsep yang kayak separo-separo gitu. Separo manusia, separu avatar. Jadi di setiap live performance mereka nanti mereka nggak cuma akan tampil berempat, tapi berdelapan (karena masing-masing member punya ae mereka sendiri-sendiri) plus Navis, jadi total bersembilan. 

Belakangan kan SM pernah menghadirkan teknologi konser AR/VR gitu sama Beyond LIVE itu. Bisa jadi ke depannya mereka kerja sama buat aespa ini dan menghadirkan performance yang berkonsep AR/VR itu juga ke atas panggung. Wow, that will be awesome dan akan jadi sesuatu yang nggak pernah kita lihat sebelumnya. Kalau di konser Beyond LIVE yang muncul di panggung mungkin mobil, harimau, atau binatang-binatang yang lain, untuk aespa ini konsep menari bersama avatar mereka masing-masing (dan juga Navis) itu bisa diwujudkan. 

Ini baru revolusioner! 

YOKSI SM ENTERTAINMENT! 

#BUDAKAGENSI 


Video MY KARINA yang pasti menampilkan lebih banyak lagi hal yang mungkin terlewat gue tuliskan. Yang pasti, berbagai sisi dari Karina diberitahukan di sini. Mulai dari dia dengan konsep dandanan yang full make up banget sampai konsep yang sehari-hari (yang kelihatan dari slideshow foto-foto Instagram yang ditampilkan di layar). Dan sampai di situ, video ini memang terasa sebagai teaser individual perkenalan member banget. Kecuali bagian-bagian penjelasan ae-Karina di depan dan penjelasan soal Synk sampai Navis. 

Harusnya sih nanti akan ada video MY WINTER, MY NINGNING, dan MY GISELLE gak sih? Soalnya kan ini masing-masing orang diwakilkan oleh satu ae seharusnya kan. Kalau cuma Karina yang dibikinin... ya... udah... wkwkwkwkwkw keliatan banget dari awal ini SM memang sangat-sangat memfavoritkan Karina banget. Ya gapapa juga suka-suka mereka ajalah. 

Nggak sabar nunggu debutnya.



Share:

0 komentar