aespa #1 Winter


Jadi, sebentar... ini namanya Winter? 

Pertanyaan yang sama langsung muncul di kepala gue ketika akun aespa di sosmed rilis teaser foto member yang pertama. Hashtag Winter dalam dua bahasa, Inggris dan Korea. Tapi, apakah ini beneran namanya atau hashtag itu adalah konsep doang dari membernya? 

So I did a little research dan ada banyak orang baik di internet yang menggelontorkan segudang informasi. Meski tidak bisa dipercaya 100% tapi sejauh ini, karena SM sangat merahasiakan segala sesuatu soal aespa, kita bisa saja percaya. 

Sepanjang hari setelah SM Entertainment ngeluarin teaser logo dan intro video buat aespa, keyword ini langsung jadi trending di Google. Nggak nyangka sih gue, antusiasme orang-orang sebesar ini ke SM new girlgroup. Lalu spekulasi soal jumlah member dari grup ini pun bergulir juga di media sosial. Kalau yang baca portal K-Pop kayak AllKpop dan Koreaboo mungkin tahu deh kalau ada rumor yang menyebutkan jumlah member aespa ini ada 11 orang. Tapi setelah teaser Winter ini keluar mungkin juga akhirnya artikel lain, dari entah portal berita yang mana gue lupa, tebakannya benar. Member-nya ada 4. 

Kalau Winter sudah keluar, berarti tinggal nunggu tiga member yang lain yang akan dirilis teaser fotonya dalam konsep musim: Spring, Summer, Autumn. 

Teori ini make more sense kalau aespa ini berasal dari bumi. Tapi kalau ngeliat dari teaser foto Winter yang sudah dirilis, kayaknya mereka nggak berasal dari bumi. Dan kalau merujuk ke video intro yang sudah dirilis (yang logonya jelek banget itu) juga nggak terasa ini makhluk bumi. Atau... mereka sebenarnya ada di bumi tapi astral gitu? Di dimensi yang berbeda? Di sebuah dunia yang kita sama sekali nggak pernah lihat dan tahu tapi sebenarnya dekat dengan kita? 

Kayak gedung kosong di ujung jalan deket rumah lo yang selama ini nggak pernah tahu ada apa di dalamnya dan kemudian muncul rumor-rumor soal hantu dan makhluk halus di dalamnya. Atau semisal sebidang tanah berumput liar yang tiba-tiba tumbuh bunga dan di persegi kecil itu ada dunia lain dari makhluk-makhluk kecil yang lo mungkin nggak bisa lihat dengan mata telanjang tapi selama ini hidup di situ. Atau... selama ini sebenarnya dia adalah makhluk penghuni akuarium yang belum lama ini dibuat Johnny sama Taeyong... 


Teaser Winter untuk aespa ini memberikan kesan itu ke gue. 

Yang pasti dia nggak berasal dari dimensi manusia yang kita tinggali ini sih. Karena dalam teaser fotonya keliatan dia kayak ada di sebuah dunia yang berbeda dengan langit malam yang penuh bintang dan bercahaya, dan dia berada di antara tanaman-tanaman yang terlihat magis. 

Ketika SM Entertainment bilang kalau konsep mereka adalah ‘avatar’, yang ada di bayangan gue adalah avatar yang kita pake di media sosial. Semacem ava K-Pop yang lo pada pake. Jujur gue kira konsepnya bakalan teknologi-futuristik-neo-culture-technology kinda vibe gitu. Tapi ternyata avatar yang dimaksud literally avatar kayak di dunia Avatar-nya James Cameron. Ini si Winter udah kayak bangsa Na’vi tapi bedanya warna kulitnya nggak biru aja. 

Meski disebut Winter, tapi teasernya sama sekali nggak memberikan kesan musim dingin itu sih. Karena di bayangan gue musim dingin selalu identik dengan salju, gunung es, Elsa, atau mungkin Olaf (DUH GUYS NONTON DEH FILM PENDEK OLAF YANG BARU DI DISNEY+ LUCU BANGET UGHHHHH). Tapi mungkin ini Winter versi dunia mereka dan dia adalah avatar dari si Winter itu. Semacam perwakilan dari musim itu di dunia aespa ini. Agak sedikit aneh sih menyebut ini Winter karena kelihatannya malah kayak sedang musim semi. 


Visually, gue suka banget sama dunia yang sedang coba diperkenalkan oleh SM Entertainment lewat teaser Winter-nya aespa ini. Sedikit mengingatkan gue sama teaser Red Velvet di era Happiness yang bunga-bunga itu. Tapi bedanya ini lebih ada nuansa alternate universe, out of this world, dan in another galaxy gitu. Semacem ada yang bisikin “a new world, shall open up!” kalau kata intro monolog MV MAMA-nya EXO (DAN LO NGERASA NGGAK SIH KALO INTRO MV MAMA ITU PADA AKHIRNYA JADI SEBUAH UNIVERSE DARI SM YANG PENGEMBANGANNYA BISA JADI BANYAK BANGET BAHKAN SAMPE aespa GINI? KAYAK WOW EXO PAVED THE WAY) (abis nulis tiga kata terakhir gue mual). Tapi kalau mau dipikir-pikir, aespa ini bisa jadi sebenarnya tetanggaan sama EXO Planet. 

Karena sekarang gue lagi ketagihan banget main Genshin Impact, gue merasa Winter ini kayak karakter yang keluar langsung dari game itu. Gue belum punya semua karakter sih dan ada banyak karakter juga yang gue belum miliki. Tapi konsep ‘avatar’ dan juga visual yang dihadirkan di teaser Winter ini semakin memberi kesan kalau mereka kayak karakter game itu banget deh buat gue. Nggak heran kalau di teaser berikutnya ternyata orang-orang ini, member aespa ini, punya kekuatan magis juga. Kayaknya itu kuku panjangnya menyimpan kekuatan misteri ribuan tahun cahaya. 

Gue suka banget visual yang ditampilkan di universe baru aespa ini karena terasa fresh untuk SM Entertainment. Kesannya mungkin kayak sesuatu yang akan lo lihat dari WJSN (Cosmic Girls) atau Dreamcatcher, atau LOONA gitu. Gue nggak bisa bilang ini konsep yang terasa otentik punya SM tapi mungkin SM bisa dibilang melihat apa yang sudah ada di pasaran kemudian mereka menirunya sedikit lalu memodifikasinya dengan budget yang mereka miliki. Dan melihat teaser Winter dari aespa ini, budget-nya kayaknya jauh lebih besar daripada Red Velvet. Semua visual MV-nya juga jauh lebih bagus dari Happiness-nya RV dulu (walaupun gue suka banget sih visualnya Happiness karena pas aja dan cocok sama rambut warna-warni mereka dulu). 

Eh, mbak Winter rambutnya juga ombre biru tuh. Lho kok ini jadi niru-niru konsep RV gini. LHO GIMANA INI APAKAH SEBENARNYA TEORI KONSPIRASI ITU BENAR ADANYA?!

#EA #EA #EA

#AE #AE #AESPA

(YA SEULGI JUGA RAMBUTNYA NYONTEK KRYSTAL ERA NU ABO GAUSAH BCT U @RONZZY)

Satu hal yang perlu digarisbawahi juga adalah nama aespa itu sendiri. 


Pas awal lihat logo dan baca namanya, asli, yang kebayang sama sekali nggak kayak si Winter yang ada di foto teaser ini. Yang kebayang adalah dunia kayak Black Mirror, konsep mature kayak Like A Cat-nya AOA, dan tampilannya kayak MV Tempo-nya EXO. Nggak nyangka kalau ternyata aespa yang dikeluarin adalah aespa yang kayak gini yang mirip-mirip visual MV barunya TWICE yang I Can’t Stop Me pas adegan menari di dalam kelopak bunga. 

Mungkin tetanggan syutingnya di planet sebelah. 

Dan melihat teaser Winter ini semuanya jadi make sense. Nama aespa itu langsung berubah 180 derajat dari yang sangat maskulin di kepala gue dengan konsep AI futuristik itu jadi sangat feminin dan sangat kupu-kupu banget. Dan salah satu netizen mengklaim bahwa dunia tempat tinggal aespa ini adalah dunia yang muncul di bagian terakhir dari MV Make A Wish-nya NCT. Karena di ending ada kupu-kupu ungu yang muncul lalu pop! menghilang. Well anyway, mungkin kupu-kupu yang sama juga hinggap di tangan Sehun di MV MAMA. Mungkin itu member yang kedua, si Spring. 

Gue salut sih sama SM yang menyelipkan iklan aespa ini di beberapa MV boyband mereka seolah-olah gapapa banget bray kalo misalnya aespa nanti dijodoh-jodohin sama NCT kita seneng-seneng aja kok. Yang mana pada akhirnya itu nggak akan terjadi kecuali semua orang sudah siap dengan peperangan di media sosial. Gue pribadi akan sangat bahagia menjodoh-jodohkan salah satu dari member aespa dengan salah satu dari member NCT. Tapi Winwin tetap sama Yuta tenang aja guys. 

Dan iklan aespa di MV Make A Wish itu cukup smooth kok. Meski membuat orang bertanya-tanya kok dari Dubai tiba-tiba mendadak ke Planet Saturnus gini tampilannya di ending.

Jujur sebenarnya kalau SM menggunakan nama Winter sebagai stage name instead of persona atau identity kayak Hero, Max, Mickey, Xia, U-Know gitu agak terasa awkward. Tapi ya over the time kita akan terbiasa sih memang, cuma, ya.... kagok aja gitu nyebut Winter jadi Winteo. Kayak menurut gue mending lo nyebutnya Gyeoul sekalian yagasih. Jadi cocok tuh dia namanya Gyeoul dan duduknya di taman penuh bunga jadi winter garden. Oke ini maksa dan agak lokal karena yang nggak nonton Hospital Playlist nggak akan ngerti. 


Ada salah satu netizen yang budiman membalas di cuitan akun aespa kalau si Winter ini namanya Kim Minjeong, trainee SM yang sudah menjalani latihan antara tiga sampai lima tahun, dan dia orang Korea. Tapi ya di titik ini, lo ngasih tahu gue nama cewek ini Nikita atau Meychan juga gue akan percaya-percaya aja. Karena kalo SM bisa ngeluarin girlband namanya aespa, apa sih yang nggak mungkin. Tapi memang, jujur, di salah satu foto teasernya yang dia lagi angkat tangan itu dia mirip banget sama Nikita Willy. 

Dari angle berbeda juga sangat miirp Taeyeon dan kesan Taeyeon itu langsung gue tangkap di pandangan pertama. Tapi ya anyway kalau ngomongin soal wajah artis SM yaudahlah dari tahun ke tahun sudah ada ciri khas dan sudah karuan mana orang-orangnya. Dan si mbak Winter ini juga salah satu orang beruntung yang terlahir dengan wajah SM atau wajah yang kalau dikasih make up sedikit jadi masuk kriteria SM. 

I’m excited about what’s gonna come next. 

Di sini mirip banget Nikita Willy.

Kalau pun nanti konsepnya ternyata bukan empat musim gue juga tetap akan excited. Kalau nanti ternyata mbaknya beneran namanya Winter dan member aespa ternyata ada 11, gue juga akan lebih excited. 

Tapi kalau pake konsep musim gitu gue jadi inget Fahrenheit anjir. Idola masa SMA ku.

Update: Nama panggungnya memang Winter. (LHA EMANG IYA)



Share:

0 komentar