aespa Girlband Baru SM Entertainment (Secuil Fakta Bodoh)


Gue inget waktu pertama kali SM Entertainment memperkenalkan Red Velvet di 2014 nama grup itu bikin gue bergidik dan mengernyitkan dahi. RED VELVET?!?! WHAT THE FRICKING MOTHER OF GOD!? Tapi setelah mereka debut dan rilis lagu-lagu yang enak di kuping, nggak ada lagi yang mempermasalahkan nama itu. Gue kira masa-masa “surem” (pun intended) SM dengan penamaan grup mereka yang out of the box ini sudah berakhir dan mereka akan memilih untuk menggunakan nama yang lebih catchy gitu. Eh taunya engga juga. HAHAHAHAHAHAHAHAHAHA 

Gue memutuskan buat tidur cepat semalam karena Senin pagi sudah harus kerja lagi. Tapi waktu gue sedang goler-goleran di kasur dengan lampu kamar sudah padam dan hanya ditemani oleh lampu kelap-kelip di depan meja belajar dan cahaya handphone, seperti biasa sebelum tidur nonton video masak-masak dulu di YouTube, dan yah cek notifikasi Instagram, di situlah gue menemukan sebuah komentar dari seorang teman dan dia mention gue. 

Pas gue liat akun dari posting-an yang dia komentari itu, @smtown, dan gue butuh waktu beberapa saat buat sadar kalau itu adalah akun SM Entertainment dan mereka baru aja announce (FINALLY) girlband baru. 

GUE TERIAK KENCENG BANGET. JAM 12 MALAM. DAN BURU-BURU MIKIR HARUS APA NIH GUE?!?!??! 

Biasanya kalau udah kayak gini gue akan buka Twitter dan spazzing. Tapi karena di handphone akun Twitter gue sudah gue logout demi mengurangi kecanduan nge-tweet, jadi malam itu gue nggak spazzing, tapi langsung buka laptop dan rekam podcast. WAKAKAKAKAKAKAKA 

TER-EXTRA BODO AMAT. 


Gue nggak akan mengulangi informasi yang gue kasih di podcast itu di posting-an ini. Jadi sambil baca mungkin bisa lo dengerin juga podcast-nya karena gratis. 

Di posting-an ini gue akan lebih banyak ngebahas soal teaser logo yang sudah dirilis dan beberapa fakta yang sejauh ini kita tahu soal aespa ini. 

1. Member 

Siapa aja membernya? Nggak tahu. Yang pasti di titik ini, semua cewek-cewek SM Rookies sudah nggak di SM lagi. Gue sebenarnya cukup sedih mendengar kenyataan itu bahwa anak-anak yang dulu bareng member NCT di Mickey Mouse Club udah nggak di SM lagi dan itu berarti mereka nggak bakalan debut. Gue inget banget dulu di tahun 2015 pas gue masih jadi penulis konten K-Pop, gue pernah bikin artikel soal SR15G (fyi, SR15G itu maksudnya SR-Sm Rookies, 15-tahun 2015, G-Girls. Ada lagi SR15B, B-Boys). Ko Eun, Hina, dan Herin adalah nama-nama yang sudah dekat di hati sebenarnya. Apalagi Lami. Huhuhu... terakhir kalau nggak salah ada YiYang juga dan sekarang anak-anak ini sudah keluar semua. 

Yang nyebelin sebenarnya adalah kesannya SM tidak berusaha mempertahankan keberlangsungan brand SM Rookies itu. Alias SM Rookies yang diperkenalkan di tahun 2013 itu sebenarnya cuma anget-anget tahi ayam aja. Ya memang sih produknya jelas, NCT sama Red Velvet. Tapi yaudah, sampai di situ aja, tanpa ada follow up lebih lanjut lagi. Padahal sebenarnya kan di era konten YouTube bertebaran kayak gini, menarik banget kalau SM Rookies itu dibuatin konten aja sekalian. Kayak lo bikinin NCT konten-konten yang bertebaran. 

Bayangin, kalau semisal trainee SM dibikinin YouTube buat showcase perkembangan mereka atau sekedar seru-seruan gitu selain menghasilkan uang, fandomnya juga udah kebentuk sejak awal kan. Akgae-nya pun akan banyak (termasuk gue akan jadi calon akgae WKWKWKWKWK). 

Gue sangat menyayangkan sih SM nggak mempertahankan brand SM Rookies itu sampai sekarang. Maksudnya, RV sama NCT kan cukup sukses dan cukup punya impact secara internasional. Setelah sekarang SM Rookies jadi nggak ada lagi keliatan banget kesannya kalo pas masa-masa itu, SM memang cuma nggak mau kalah sama YG dan JYP aja. Karena kalau lo perhatiin, di tahun-tahun SM Rookies diperkenalkan itu, YG sama JYP udah partneran buat bikin acara TV untuk jadi showcase trainee mereka. Kalau nggak salah waktu itu WIN dan di situ trainee yang akhirnya debut bareng GOT7 sama DAY6 sempat muncul dikit-dikit. Sementara SM kan memang dari dulu gapernah mau kalo trainee mereka tampil di TV jadi mereka bikinlah SM Rookies. 

Manuver yang cukup ciamik sebenarnya. Tapi sayang nggak tahan lama. 

Sekarang setelah semua member SR15G ini keluar dari SM, kita kembali lagi ke zaman batu. Ke zaman di mana kita sama sekali nggak tahu siapa yang direkrut SM buat jadi trainee mereka. Masa-masa menyenangkan bisa kenal sama trainee dan pre-debut member itu udah nggak ada lagi. DUH BAHAGIANYA ZAMAN-ZAMAN ITU PADAHAL! Sebuah kemunduran sih ya ini kalau gue lihat. Tapi secara bisnis gue nggak tahu. Mungkin pertimbangannya banyak juga kenapa akhirnya mereka memilih untuk nggak lagi menampilkan trainee lewat SM Rookies. 

I do hope SM will reboot that SM Rookies concept with new trainee. Tapi sekarang aespa ini udah siap debut jadi yaudah mungkin for the next boygroup. JUJUR INGIN LIHAT BOYGROUP BARU DI LUAR BRAND NCT. 

Nah, karena SM Rookies udah “mati” dan tidak ada lagi showcase buat trainee SM di platform digital, sekarang member aespa sama sekali nggak ketahuan siapa. Bener-bener dirahasiakan. Kecuali yang kemaren sempat muncul yang namanya Yoo Ji Min itu. 

Long story short, Yoo Ji Min katanya pernah memberikan komentar jelek soal beberapa senior kayak EXO dan NCT (dan sunbaenim satu lagi dah pokoknya enggan gue sebutkan jujur saja HAHAHAHAH HATIQ BUSUK MEMANG TAPI BODO AMAT GAMAU FAKE). Jadilah netizen banyak yang jelek-jelekin dia balik. 

Ini kayaknya SM kecolongan banget sih. Tapi akhirnya SM langsung mengeluarkan pernyataan resmi dan ngebelain Yoo Ji Min lalu bilang kalau mereka akan take legal action buat yang ngejelek-jelekin Yoo Ji Min. 

Lalu gue sebagai netizen yang tidak tahu apa-apa hanya bertanya dalam hati, “Ini SM udah ngebelain trainee sejauh ini kan gamungkin kalo nggak ada apa-apaan. Oh si Yoo Ji Min ini mau debut nih pasti!” 

Dan dari berita soal legal action SM ke netizen yang ngejelekin Yoo Ji Min itulah akhirnya kita semua tahu kalau SM lagi mempersiapkan girlband baru. YA SEBENARNYA SUDAH DIPERSIAPKAN SEJAK LAMA SIH. Maksudnya sudah siap debut. Karena kalo semisal debutnya baru dua tahun lagi, ya bodo amat kayaknya mereka sama kabar miring netizen toh pasti akan ada kemungkinan mereka nggak debut. Tapi ini karena sudah mau debut, sudah tanda tangan kontrak, sudah (mungkin) deal dengan brand dan segala macam, jadi harus dilindungi lah trainee yang bakal jadi idol mereka. 

Lalu selain Yoo Ji Min, siapa membernya? Katanya NingNing (dari SM Rookies) bakalan masuk sini. Tapi ini masih spekulasi juga karena kan NingNing kayaknya masih bertahan dari angkatan SM Rookies yang lain. Lalu ada lagi yang namanya Helen. 

Tapi pada kenyatannya... 

Gak tahu. 

Ya sebenarnya Yoo Ji Min sendiri belum tahu sih akan debut sama aespa atau tidak. HAHAAHAHAHHAHAHAHAHA YA KAN GAK ADA YANG TAHU KECUALI ALLAH SWT DAN LEE SOO MAN YANG MAHA KUASA. 

2. Logo pertama yang dirilis jelek 


Fakta kedua soal aespa adalah: LOGONYA JELEK. 

Maafin. Tapi jujur ketika lihat logonya gue merasa ini kok kayaknya bukan SM yang biasanya. Ketika EXO bisa debut dengan logo hexagon yang kemudian bisa berkembang jadi snowflakes, speedometer, dan dua bendera saling silang, lah ini aespa muncul dengan logo nama grup yang.... jujur... jelek. 

Logonya terasa sangat kaku dan sangat tahun 2000 banget ketika gue baru belajar pake Photoshop dan bikin efek-efek yang tinggal klik dari default library-nya Photoshop. Nggak tahu kenapa ini kesannya benar-benar kaku banget dan nggak girly gitu. Maksudnya ini kan girlband bukan merek sepeda motor atau mobil. 

Ya tapi tahu apa gue. Siapa tahu mereka adalah girlband yang disponsori oleh Hyundai dan Hyundai mau logonya kayak gini karena uang Hyundai di girlband ini lebih banyak dari uang SM jadi mereka lebih memegang kuasa. Ya gatau juga. 

Tapi yang pasti, logonya sama sekali nggak menarik buat gue. Sama kayak logo pertamanya RV yang ternyata nyontek brand koper itu. Bener-bener menyebalkan. Tanpa mengurangi rasa hormat sama yang bikin logonya.

3. Logonya bentuk kupu-kupu 

aespa ditulis dalam huruf kecil semua. Huruf a dan e yang bersebelahan itu sebenarnya unik kelihatannya karena kayak yingyang gitu konsepnya. Kalau diperhatiin bener-bener ada aura-aura(?) kupu-kupu gitu dari gabungan dua huruf ini. Jadi mungkin di situ bagian yang terkesan girly-nya walaupun secara kasatmata nggak langsung kelihatan dan lo harus mikir dulu. Logo aespa juga dibuat cuma ‘ae’ aja gitu sama SM. 

Lalu sisa hurufnya, ‘spa’ di logo yang sudah dirilis dibuat agak maksa di bagian ‘s’ sama ‘p’-nya agak nyatu gitu sehingga seperti membentu logo hati. Lalu ‘a’ yang terakhir dicuekin aja sendirian karena kayak nempel di ujung aja gitu. Kesannya yang temenan cuma ae sama sp doang. 

Beneran deh tapi ini logonya sekaku itu. Ya tapi gue gatau apa-apa soal perlogoan jadi ini adalah pendapat awam saja. 


4. Ada nama ada makna 

Lo mungkin bertanya-tanya, aespa ini maksudnya apa? 

Ketika pertama kali lihat namanya dan lalu lihat logonya jujur gue kira ini produk baru Vespa. Gue kira Vespa baru ngeluarin produk skuter matik baru. Tapi mengutip beberapa portal berita seperti Kpop Herald, aespa ini ada maknanya. 

Kalau menurut SM Entertainment, makna di balik nama ini adalah Avatar dan Experience. 

Again. Sangat-sangat di luar nalar ya karena gue hanyalah manusia bodoh. Avatar dan Experience ini maksudnya bahwa mereka akan bertemu dengan avatar dan alter ego mereka di atas panggung dan merasakan pengalaman di dunia yang baru. 

Kalau dari deskripsi ini, konsep seperti apa yang menurut lo akan mereka tampilkan? 

Kalau gue kebayangnya mereka akan tampil dengan gaya alien yang bener-bener out of the box banget. Sedikit norak tapi keren. Semacem f(x) pas awal-awal tapi ini mungkin versi lebih... gatau... lebih ekstra. 

Dan ketika gue nulis f(x) di kalimat sebelumnya gue baru sadar betapa catchy-nya nama itu sebagai sebuah nama grup. 

I mean... aespa? Come on. Tapi, again, ini SM. Mereka jagoan untuk urusan bikin sesuatu yang terasa cheesy jadi classy

5. Debut November 

aespa direncanakan debut November. Yang mana sebentar lagi!!! Yang berarti juga kita akan segera dapat detail soal member dan konsep dalam waktu dekat ini. November ada 30 hari sih dan kita belum tahu di hari ke berapa dalam bulan itu SM akan ngedebutin grup ini. Tapi seneng karena diumuminnya mepet-mepet jadi nggak perlu nunggu lama. 

Kekhawatiran gue masih soal konsep sebenarnya. Dua tahun terakhir udah banyak banget grup dengan berbagai konsep dan kayaknya ada juga yang konsepnya berulang. Gue penasaran sih konsep seperti apa yang akan SM bikin lewat aespa ini. Apakah akan cukup menggebrak atau malah jadi biasa aja? Tapi kalau boleh request, gue nggak apa-apa deh mereka debut dengan konsep kayak f(x) di zaman Chu atau Nu ABO. Karena gue suka. 

Meski kalo dari logonya ini mereka kayaknya konsepnya bakalan kayak futuristik, AI, robot, yang nanti di MV-nya mereka akan naik mobil hitam di depan layar LED gitu atau ada adegan naik motor dan mereka pake baju ketat warna item kayak Cat Woman. 

Wallahualam Bissawab.

P.S: Meskipun musik background dari perilisan logonya kayak soundtrack film horor (ASLI!) dan meski tulisan gue di atas kesannya banyak julidnya, tapi nanti kalo aespa udah debut juga gue pasti bucin. Kan gue #BudakAgensi.



Share:

0 komentar