C-CLOWN: "Far Away" MV Review Saya! [PART 2--END]

I know maybe C-Clown belom seterkenal artis-artis SM dan masih sedikit diantara K-Pop fans di Indonesia yang melirik mereka sebagai alternatif grup untuk disukain. Beberapa dari orang mungkin lebih milih BTOB atau BAP dan beberapa dari mereka juga sempat meminta gue untuk mereview MV dua grup yang gue sebutkan tadi. Tapi yah, yang namanya selera nggak bisa juga dipaksain. Tapi akan ada saat dimana C-Clown juga nanti heboh. Just like EXO ㅋㅋㅋ Pesan gue, mulai sukalah sama C-Clown dari sekarang XD
*
*
Well oke, kemaren kita udah membahas secara umum comeback C-Clown dengan mini album kedua yang berjudul "Young Love", gue juga udah ngasi pandangan gue mengenai konsep MV dan karakter masing-masing peran di MV-nya. Silahkan dibaca disini buat yang belom baca :) Di postingan kedua ini, gue akan lebih fokus membahas masing-masing MV-nya. Masing-masing? Nah ya... Untuk comeback mini album "Young Love" ini, Yedang Entertainment sebagai manajemen C-Clown memutuskan untuk membuat 3 (tiga) video musik dengan versi yang berbeda. Yang pertama adalah MV dengan full drama version, yang kedua MV drama version dengan ke-6 member C-Clown ada disana sebagai pelengkap (atau secara resmi disebut member version MV), dan yang ketiga adalah dance version (resminya set version MV).

Cara promosi yang cukup menarik dari Yedang Entertainment mengingat C-Clown ini adalah boygrup pertama mereka dan yah, kondisinya memang C-Clown comeback nyaris tanpa saingan rookie boygrup di November kemaren. Tentu saja manajemen berharap dengan dirilisnya mini album kedua ini, semakin banyak orang akan menjadi fans C-Clown (yang official fanclubnya adalah CROWNS). Di-aminin aja deh ya. Soalnya emang bagus sih dan istilahnya punya prospek gitu. Gue pribadi menganggap comeback C-Clown ini sebagai ungkapan terima kasih buat para fans yang dalam waktu empat bulan mereka mendapat sambutan yang yaaah bisa dibilang lumayan. Way to go! Gak ada sesuatu yang langsung mencapai puncak, pasti semuanya akan dari bawah dulu. Empat bulan pertama EXO juga gitu kok. Sepi sepi aja belom banyak heboh, sekarang aja sih semua jadi pada gak kekontrol. ㅎㅎㅎ

REVIEW 1: DRAMA VERSION
*

*
(kalo misalnya belom ngerti ceritanya, silahkan baca dulu cerita MV ini versi gue disini)

First of all gue harus bilang gue awalnya agak-agak bete sama keputusan tim produksi untuk menggunakan aspect ratio anamorphic (2.39:1), tapi ternyata seru juga ya nonton MV yang nggak widescreen (16:9) gini? Berasa nonton bioskop. Walaupun pada akhirnya cinema scope-nya memotong porsi badan artisnya sih, cuma yah, ada untungnya juga menurut gue. Salah satunya adalah bahwa cinema scope ini membantu menyembunyikan hal-hal agak gak asik diliat gitu hahahaha kayak misalnya (buat gue) waktu adegan di pantai, kalo kalian liat di teaser, Kangjun sempat agak goyang ketiup angin (entah karena emang dia melangkah mundur atau emang ketiup angin gak ngerti) dan berasa kayak kesandung tanpa sengaja gitu. Nah pas di MV ini karena yang keliatan cuma perut keatas, jadi gak keliatan.

Coba deh liat di teaser pertama banget detik 00:07, mungkin emang itu Kangjun lagi jalan mundur tapi gue tetep aja ngeliatnya kayak dia nggak sengaja gitu mundur akibat ketiup angin (kesannya Kangjun kantong plastik banget ketiup angin). Nah adegan ini juga ada di MV Drama Version menit 02:47 dan memang lebih enak diliat di MV Drama Version-nya. Karena kaki Kangjun ketutup cinema scope jadi nggak keliatan dia kayak ketiup angin. Hehe Preferensi pribadi sih sebenernya mana yang lebih enak Anamorphic atau Widescreen. Tapi menurut gue, Anamorphic lebih ada kesan film aja.
*
*
Di awal MV ada adegan Kangjun nyuapin waffle dan kemudian ngelap bibir Dahee kan? Nah disitu coba perhatiin tangannya sebelum pergantian angle. Di detik 00:19, tangan Kangjun yang membersihkan sisa makanan di mulut Dahee adalah tangan kanan dan setelah angle kamera berubah, berganti jadi tangan kiri. Kemudian tangan kanan-nya juga pindah posisi, awalnya nggak ngerangkul jadi ngerangkul. Padahal masih di detik yang sama.
*
*
Setelah Dahee ngebangunin Kangjun yang sedang tertidur di dalam mobil, dia dan Hyunsang bilang  "가자!" maksudnya ngajak pergi (00:57). Tapi aneh aja, kenapa harus bilang "Kaja!" nya diluar mobil sementara mereka kan bakalan pergi naik mobil. Jadi pas awal gue nonton, gue pikir mereka bilang "Kaja!" itu mau ngajakin Kangjun beli kopi dulu. Eh ternyata bukan. "Kaja!" yang diucapkan di luar itu seakan-akan Kangjun ini ketiduran, trus dua orang itu mau ngajakin pergi keluar mobil (dan gak pake mobil perginya). Kesannya kayak gitu. Eh coba perhatiin ekspresi Kangjun di 01:07 - 01:08, sumpah awkward-nya dapet banget.

02:04, oke kalo lo perhatiin lo akan ngakak dan kalo lo pernah terlibat dalam sebuah syuting apapun bentuknya lo akan ketawa beneran. HAHAHAHA jadi disitu waktu Dahee sama Hyunsang masuk ke pintu minimarket, di kaca sebelah kanan mereka ada yang bocor! LOL Seorang kru sedang melintas (pake topi hitam) dan di depannya ada Maru sama Siwoo berdiri. YA ALLAH BAGAIMANA BISA! HAHAHAHAHA Kesalahan yang kayaknya emang nggak ada yang perhatiin dan kesannya kayak yaah orang lewat bisalah ya orang baru abis isi bensin. Tapi ya nggak sejelas itu juga kali. Siapa juga bisa liat itu Maru sama Siwoo. ㅋㅋㅋㅋ Kurang teliti bung!
*
*
Masih adegan di minimarket, 02:06 Dahee dan Hyunsang baru masuk ke dalem minimarket dan sebelumnya Kangjun agak ketinggalan di belakang. Kemudian 02:07 adegan masih berlanjut dan disitu keliatan banget kalo mereka berdua emang baru memasuki minimarket, nah berikutnya tiba-tiba Kangjun sudah ada di depan kulkas! Padahal jelas sekali sebelumnya Dahee lewat dan kulkas itu keliatan tapi Kangjun belom ada disana (perhatiin kaleng minuman yang di otakin ijo). Woot Woot! Kangjun bisa teleportasi ternyata. ㅎㅎㅎㅎㅎ Dan setelah Kangjun berdiri di depan kulkas itu, Dahee kembali melewati jalan yang sama ke rak yang (kemungkinan juga) sama. Dan nggak pengen menambah masalah ya, coba perhatiin eyeliner Kangjun sebelum masuk minimarket sama pas di dalem minimarket deh :p
*
*
Next, 02:08 - 02:09 masih di dalem mini market, ketika Kangjun melihat Dahee dan Hyunsang dari depan kulkas, di menit 02:08, posisi Dahee adalah membelakangi Kangjun sementara di detik berikutnya yang membelakangi Kangjun justru Hyunsang bukan Dahee. Dan di detik berikutnya lagi (02:12), posisi kembali Dahee yang membelakangi Kangjun. Dan... hmmm... makanan yang dibawa Dahee di detik 02:09 itu berbeda dengan yang dibawanya di 02:12. Warna bungkusnya berubah dari kuning/oranye ke hijau. Tapi untuk yang ini sih penjelasan masuk akalnya bisa jadi setelah Dahee ngambil makanan yang bungkusnya oranye, dia tuker sama yang ijo. HAHAHAHA
*
*
*
Dan hey! mereka tidak membayar makanan yang mereka beli! ㅋㅋㅋㅋㅋ

Di narasi cerita di review sebelumnya gue bilang kalo Kangjun dan Hyunsang tinggal sekamar kan? Nah menurut lo kalo cowok tinggal sekamar itu apakah mereka harus satu kasur?! Pada kenyataannya hanya ada satu kasur di kamar Kangjun & Hyunsang dan bantalnya ada dua. Artinya mereka selama ini tidur bareng (padahal sebenarnya di pojok kanan ada tangga yang artinya bisa jadi satu kasur-nya lagi diatas Ron....)
*
*
Mulai 05:17 sampai adegan terakhir Kangjun keluar dari studio Dahee, baju luaran Dahee menjadi labil. Di 05:17 bahunya nggak kepasang, cut ke adegan berikutnya bahunya kepasang, cut lagi kebuka lagi dan seterusnya.
*
*
Semua pasti bertanya-tanya di adegan puncak ketika Dahee menelpon Kangjun dan kemudian meminta untuk bertemu kan? Kenapa ketika Dahee belom menutup telepon Kangjun (dan posisi telepon masih di telinga Dahee) terdengar nada putus di handphone Kangjun? Itu adalah pertanyaan gue yang pertama. Pertanyaan yang kedua, kenapa Kangjun harus berlari dan tidak menyetir mobil itu untuk menemui Dahee? Bukankah secara logika naik mobil lebih cepat dan lebih tidak melelahkan daripada berlari? Jawabannya bisa jadi karena Kangjun belom punya SIM, itu yang pertama. Yang kedua ya jelas karena dia nggak bisa nyetir. Selama ini dari awal MV kan yang nyetir Hyunsang. Nah loh trus kenapa Kangjun bisa ada di situ sama mobilnya? Masa mobilnya gerak sendiri? Ya itu sih emang mobilnya parkir disitu. Siapa tau emang rumah Kangjun di balik semak-semak itu kan bisa jadi. Nggak lucu. Biarin.

Adegan Kangjun lari-lari ini kemudian diikuti oleh beberapa ledakan di sana sini di pinggir jalan. Kalo dipikir-pikir, aneh juga, siapa sih yang iseng naruh mercon bom molotov kayak gitu? Hahaha..... Tapi seperti biasa, nggak semua bisa dijelaskan dengan visual dan cerita kan, selain itu ada yang namanya simbolisasi. Nah ledakan-ledakan itu merupakan perwakilan dari perasaan Kangjun yang campur aduk. Marah, kesel, cemburu, khawatir, sedih, galau. Beuh, labil-lah pokoknya mah. Jadi meledak-ledak kayak semburan api naga. 

Nah kemudian, mobil jatoh dari langit itu maksudnya apa?! JELAS. Kangjun kan gak bisa nyetir, jadi dia kesel. Mobil rusak itu adalah penggambaran kemarahan Kangjun pada kemampuan menyetirnya. Orang kan biasanya kalo udah kesel sama sesuatu, pasti sebisa mungkin sesuatu itu pengen dimusnahkan. Misalnya, gue dulu pas SMA gak bisa ngerjain soal matematika, buku matematika gue bakar. Nah Kangjun juga sama, dia nggak bisa nyetir, karena dia nggak mungkin bakar mobilnya (atau mungkin juga itu bukan mobilnya) akhirnya dia hanya bisa membayangkan saja dan mobil jatuh dari langit itu mewakili perasaan kesal Kangjun karena nggak bisa nyetir dan harus lari larian. (kalo lo nggak ngerti paragraf ini please abaikan aja gue juga bingung)

Tapi ya, itu mobil juga yang jatoh sudah rusak dari sebelom jatoh. Jadi yah. Gitu deh. 

REVIEW 2: MEMBER VERSION
*

*
Nggak ada perubahan cerita sih di MV Member Version ini, cuma yang beda adalah bahwa ketika si Kangjun, Dahee dan Hyunsang lagi berjalan-jalan, secara misterius ada orang asing yang nyanyi-nyanyi di sekitar mereka dan mereka nggak ada yang sadar kecuali Kangjun. Agak membingungkan, jadi apakah sebenarnya mereka itu arwah arwah gentayangan dan Kangjun adalah cenayang dan semacamnya?

Tapi kalo dari segi pengambilan gambar dan jumlah kesalahanan menurut penglihatan gue nih ya, member version lebih minim kesalahannya. Walaupun tetep ada beberapa bagian yang agak-agak lucu dan ketangkep kamera siih....

Misalnya di 01:53, ketika Dahee dan Hyunsang memasuki minimarket, di depan pintu ada Maru. Trus kan kemudian Maru pindah ke deket kulkas tuh. Nah coba deh perhatiin kaca yang ada poster di depan layar banget, ada bayangan Maru lagi lari pindah tempat. Lucu aja.
*
*
Masih di kaca yang sama, di detik berikutnya gak lama setelah adegan Maru pindah ke kulkas, ada kru lagi lewat bocor keliatan juga disitu. ㅋㅋㅋㅋㅋ
*
*
Lebih kacau lagi gak lama setelah itu HAHAHAHAHA di sebelah kanan Maru gilak Kamera Person BOCORRRRR!!!!! (thanks to @icekrease for mentioning this point :) )
*
*
Sebelumnya di MV Drama Version gue gak perhatiin tapi baru keliatan pas di member version ini, waktu adegan Kangjun naik ke mobil setelah dikerjain itu, di member version menit 02:28, ada orang lewat di sebelah kanan layar (paling kanan).
*
*
Kejadian yang sama juga, gak perhatian di drama version tapi keliatan di member version, setelah Kangjun naik ke mobil dan duduk, mobil siap berangkat kan? Perhatiin di luar jendela sebelah Kangjun, ada mobil lagi ngisi bensin tapi di adegan berikutnya mobilnya ilang (02:30 - 02:31). Padahal itu arah pengambilan gambarnya sama.
*
*
02:33, Kangjun, Dahee dan Hyunsang turun dari mobil, detik berikutnya di dalem mobil tiba-tiba ada Rome. Tapi kemudian Rome ilang lagi ketika adegan turun mobil berlanjut di detik berikutnya kemudian muncul lagi setelah itu.
*
*
Adegan favorit gue di MV Member Version adalah ketika Kangjun bisa menghentikan waktu (03:48). Ihiyyyyyy~~~~ seru banget deeeh itu adegannya ada yang mematung ada yang berjalan-jalan menyanyi dengan bahagianya :D :D Penasaran cara bikin efek yang begini gimana yaaa... Pengen bisa deh. Hahaha cuma yang agak aneh di 04:12 sih, ketika semuanya sudah berhenti bergerak, disitu anting Dahee gemeter kayak abis ketiup angin padahal udah perfect banget figuran di belakangnya juga berhenti bergerak. Dan sekali lagi ada orang bocor di kaca jendela cooy....
*
*
Yang lain kira-kira sama lah sama yang drama version. Eh tapi ada yang sadar gak sih kesannya di member version ini kayak Ray berperan jadi orang yang paling deket sama Kangjun? Coba liat pas pertama kali Ray muncul di pom bensin sama yang terakhir kali di depan cafe. Kesannya Ray memberikan tatapan membunuh bete banget ke si cewek. Hahahaha... Jadi sebenarnya nih, para member disini adalah perwakilan dari perasaan dan isi hati Kangjun gitu. Kayak misalnya waktu Ray muncul di pom bensin itu mewakili perasaan Kangjun sesuai liriknya. Sama juga pas Siwoo menahan Kangjun ketika akan keluar dari minimarket. Jadi intinya mereka nggak real sih.

REVIEW 3: SET VERSION
*

*
MV yang versi ini adalah MV yang biasa, ya seperti kebanyakan grup lain yang bikin MV dance version di studio. Nah gue nemu nih, MV yang polos lebih polos dari SPY. HAHAHAHA Serius ini bahkan lebih polos dari Bonamana men. Cuma ya pada akhirnya termaafkan, karena kan ini MV terakhir dan 2 MV sebelumnya sudah lumayan oke banget, jadi semacem nggak apa-apa gitu kalo MV ini jadi biasa aja. Lagipula pada akhirnya maksud dari dibuatnya MV dance version ini adalah untuk memperlihatkan gerakan dance mereka yang oke banget dengan tap dance itu sih. Nggak perlu menye-menye dengan set yang mewah, mungkin begitu pikiran produsernya. Ya, karena inti dari MV ini adalah dance mereka itu tadi.
*
*
Selain gerakan tap dance, yang jadi icon dari dance lagu "Far Away" ini adalah dance buka buka jas itu. Seru banget bagian pas gerakan setiap reff-nya! Suka deeh~~~ dan seperti biasanya juga kalo MV dance version pastinya akan ada shot member sendiri sendiri, dan nggak ada yang begitu istimewa sih dari itu. Semuanya aman aman aja. Standar-standar aja. Cuma ada satu set yang bikin MV ini jadi jelek yaitu pas set lantai polos dengan lampu-lampu di belakang itu. Serius itu keliatannya kayak MV murahan banget. Maafin :p Gue curiga itu sebenarnya semacem set dadakan pengganti set yang kaca lantai-nya dipecahin Siwoo hahaha (ada di behind the scene pas Siwoo tap dance, kaca lantainya pecah).

And yeah~~ Lagu ini tetep bagus dan tetep gue rekomendasikan buat di dengerin, termasuk lagu-lagu lain yang ada di mini album C-Clown "Young Love" ini yang emang semuanya bagus bagus! Silahkan dipilih: Goodnight, Cold, atau Far Away versi gitar akustik. Nah bener tuh dengerin juga yang versi gitar akustik lebih dapet feel patah hatinya cooy....

Masih ada sekitar dua atau tiga minggu lagi ya buat C-Clown untuk promo lagu ini sampai Goodbye Stage. Yang jelas sih kayaknya mereka akan Goodbye Stage kalo EXO comeback (yang katanya Desember ini walaupun gue belom yakin juga--sebelum kiamat lah pokoknya. EXO kan gitu, pasti comeback tapi kapan-nya kita gak tahu, sam akayak kiamat yang pasti dateng tapi kita nggak tahu kapan).

That's the end of my review guys, I hope you masih enjoy my tulisan ya ! :)

Have a nice Sunday everyone! Love you :) 



Share:

21 komentar