C-CLOWN: "Far Away" MV Review Saya! [PART 1]

Kalau ada boygrup rookie lain diluar SM Entertainment yang gue ikutin perkembangannya (walaupun mungkin nggak intens), yang gue suka dengerin lagu-lagunya, yang suka gue kumpulin performance setiap minggu-nya, itu cuma 2: NU'EST dan C-CLOWN. Tapi kali ini gue pengen bahas C-Clown yang emang lagi comeback di akhir tahun ini :) Kalau diinget-inget, kenal sama boygrup ini juga gue nggak sengaja dikarenakan waktu itu pengen bisa jadi freelancer di salah stau majalah nasional yang bahas asia-asia trus disuruh nulis profile satu artis atau grup yang belum banyak orang tau, nah kebetulan aja waktu itu C-Clown baru debut jadi yaudah gue coba buat ngulik C-Clown ini (baca disini).

Gue sebenarnya bukan tipe orang yang suka nyari-nyari sesuatu yang baru buat disukain. Misalnya kalo gue udah suka makan gado-gado di Kantin Psikologi UI, bisa jamin setiap kali  kesana yang akan gue pesen pasti gado gado (SUMPAH LO HARUS COBA ENAK BANGET GADO-GADONYA). Sama kayak boygrup atau girlgrup, sekali dari SM gue akan selalu suka apapun bentuknya. Yang lain ya tergantung mood aja, karena gue kenal Suzy gue dengerin Miss A, karena pernah ngerjain project cover Lonely 2NE1, gue dengerin 2NE1. Yang sebenarnya pada dasarnya grup lain itu nggak pernah diniatin buat didengerin. Nah beda sama NU'EST dan C-CLOWN. Dua grup ini emang dari awal debut udah diniatin banget buat disukain. Jadi ya beginilah akhirnya :D
*
*

C-CLOWN NEW MINI-ALBUM IN GENERAL


Nggak nyesel sih sebenarnya suka sama C-Clown, kenapa? Ada banyak alasan, misalnya yang pertama dari faktor style musik dan lagu. Diantara semua grup rookie yang menjual dubstep, C-Clown hadir dengan sebuah konsep yang beda. Musiknya asik buat dance tapi nggak selalu dance itu harus dubstep. Yang kedua, lagu-lagunya ringan mulai dari lirik sampai musiknya. Easy listening banget. Tapi tipe easy listening-nya C-Clown sama EXO itu beda. Misalnya, kalo MAMA itu easy listening karena bisa jadi konsep orkestra dan orkestra itu membungkus lagu berat itu (MAMA itu lagu berat sumpah liriknya bikin mikir) jadi enak buat didengerin, nah kalo C-Clown ini easy listening-nya karena musiknya nggak gedubrak sana gedubrak sini. Tipe-tipe musik ringan, tipe-tipe lagu Peterpan di album Bintang Di Surga, atau salah satu lagu mereka yang Menghapus Jejakmu. Se-ringan itu. Faktor lain adalah liriknya yang sebenarnya cheesy, tapi justru karena cheesy membuat lagunya dan feel-nya jadi deket sama yang denger.

Kalo dari segi vokal sih sebenarnya biasa aja. Main vokal mereka (Kangjun, Ray, Siwoo) menurut gue pribadi belum punya karakter yang khas, masih diatas rata-rata tapi gue nggak bilang suara mereka jelek loh ya, bagus kok. Tapi ya masih setipe aja mereka bertiga itu :) Justru malah Maru yang vokalnya jadi lebih berkarakter. Nah yang lain yang gue suka adalah rap-nya. Gimana ya jelasinnya, rap-nya  nggak ribet dan masih dalam tahap bisa dinyanyiin. Mungkin ini yang jadi salah satu kelebihannya. Paling nggak fans nggak dibuat susah nyanyi lagunya. Gue lebih prefer kalo T.K yang ngerap sebenarnya nggak tau kenapa tapi asik aja. Rome is not bad, tapi gue lebih suka T.K kalo ngerap. Nah jadi kalo disimpulkan bisa jadi berapa point-tuh? Hehehh (1) No Dubstep, (2) Easy Listening, (3) Lirik Cheesy Menyenangkan, (4) Rap oke. Nah jadi empat poin inilah yang bisa dibilang bikin gue jadi tambah demen dengerin mereka.

Mini album pertama mereka "SOLO" berisi track yang semuanya asik buat di dengerin dan di akhir 2012 ini, karena EXO nggak comeback-comeback, Alhamdulillah C-Clown memanfaatkan waktu itu dengan merilis mini album kedua! Judul mini album kali ini "YOUNG LOVE" dengan title track mereka berjudul "멀어질까봐". Waktu pas pertama kali berita comeback mereka di allkpop dirilis, allkpop menulis judul bahasa Inggrisnya "Because You Might Grow Distant". Pertama kali baca itu gue langsung, "DEMI TUHAN APA ITU JUDUL PANJANG BANGET?!" dan gue mencoba untuk meng-google translate "멀어질까봐" dan gue mendapatkan arti bahasa Inggris "Farther for Fear". Gue semakin bingung karena ternyata judul resmi dari Yedang Ent. adalah "FAR AWAY" hahahahah.... cuma setelah gue baca lirik full translation-nya kemudian gue mengerti kenapa lagu ini berjudul "멀어질까봐" yang memang secara tersirat berarti "Karena gue takut lo akan jauh dari gue".

Seperti biasa dong kalo artis kesukaan lo comeback lo akan heboh kan? Ya gue juga heboh waktu tau C-Clown mau comeback lebih lebih setelah tahu kalau di MV mereka Kangjun akan jadi pemeran utama. PEMERAN UTAMA?! Gue langsung bisa nebak itu akan jadi MV dengan konsep drama dan ternyata bener! Yay! Hahahaha Teaser pertama dirilis pada 8 November 2012 dan di teaser itu langsung bisa nebak kira-kira cerita MV-nya bakalan kayak apa. Sayang sekali teasernya gak bisa ke post hahaha jadi silahkan cek disini.

*
Ada Kangjun yang sedang cemburu membara panas seperti api neraka melihat cewek yang disukainya bersama dengan cowok lain. Udah sampe situ aja. Belom ke detail karena detail akan keliatan di MV kan sudah pasti? Tapi di teaser itu ada cuplikan lagu sedikit banget cuma suara Kangjun nyanyiin lirik "멀어질까봐~~~" udah itu aja. Tapi dari situ aja gue langsung bisa memprediksikan bahwa gue akan suka sama lagu ini serius. Gue juga nggak ngerti tapi satu baris lirik itu bener-bener nyantol banget di kuping. Bias? Bisa jadi sih karena itu. Tapi ternyata nggak salah. Setelah MV Drama Version pertama keluar, dengerin lagunya, LANGSUNG JATUH CINTA~ IHIY~~~ Oke ini drama version MV-nya dan gue akan menuliskan MV-nya dalam sebuah narasi versi gue ya :p Silahkan baca disini dulu :D

C-CLOWN "FAR AWAY" MV DRAMA VERSION: MY VERSION EXPLANATION
*


*
Gue selalu suka MV Drama version (sudah berapa kali ini harus gue ulang? HAHAHA) dan konsep MV "Far Away" ini sebenarnya drama biasa, khas film pendek gitu sih kalo menurut gue (pengalaman bikin film pendek gagal) yang jalan ceritanya simpel dan memusat di tokoh utamanya yaitu Kangjun. Seperti yang udah gue katakan di profile C-Clown waktu pertama kali nulis tentang mereka (dan gue seneng banget sekarang hahahaha) bahwa Kangjun adalah member yang tampangnya kayak mas-mas pemain drama. Kalo di drama tuh dia tipe-tipe tersakiti, tipe second-male lead yang selalu ngalah. Kalo udah pada nonton Nice Guy pasti tau dong sama Park Junha? HAHAHAH Nah pas pertama kali liat Kangjun kesan yang diberikan oleh wajah itu adalah kayak gitu. Bahkan gue pernah bilang dulu kalau ada satu member C-Clown yang main drama, pasti itu Kangjun (dan yang kedua Ray). Dan voila! Bener.... Walaupun ini MV mereka bukan drama TV sih :p Cuma tetep aja kan peran utama di MV itu jalan awal untuk peran utama di TV coy.

Nah sesuai dengan songfiction yang gue tulis itu (silahkan dibaca dulu), bisa disimpulkan beberapa hal tentang masing-masing karakter yang ada di MV Drama Version "Far Away" ini:

KANGJUN
*
*
Walaupun sebenarnya mungkin konsep sutradara di MV ini Kangjun, Dahee dan Hyunsang adalah tiga orang sahabat yang seumuran, tapi gue justru melihat Kangjun sebagai  maknae disitu. Di antara mereka bertiga, Kangjun banyak memberikan kesan bahwa anak kecil dan butuh kasih sayang dan manja-manja gitu. Di awal MV waktu dia lagi mimpi makan waffle itu udah sangat menjelaskan kejomplangan usia diantara dia dan Dahee, ditambah lagi waktu adegan di dalam mobil pas Dahee ngasi kopi ke dia. Paling kelihatan sih emang dari cara Dahee memperlakukan dia persis kayak noona-noona gitu. Masih adegan di mobil juga, coba deh perhatiin ekspresinya Kangjun disitu lucu banget dan awkward-nya dia disitu keliatannya emang kayak anak kecil yang cemburu gitu loh. Hmmm, nih kalo contoh misalnya awkward tapi dewasa tuh kayak adegan yang di Love Rain misalnya ketika adegan masa lalu itu pas Jang Geun-suk lagi sama Yoona dan si satu lagi temennya itu. Nah itu kan beda banget awkward-nya. Ya walaupun mungkin beda konteks dan beda konsep dan beda jalan cerita. Tapi poin gue disini adalah bahwa Kangjun terlihat tidak seumuran dengan dua lawan mainnya di MV ini. Yang lain di adegan mobil, liat juga cara Hyunsang memperlakukan Kangjun. Gue melihatnya seperti hyong-dongsaeng bukan kayak chingu dan chingu.

Lanjut lagi ke adegan di pom bensin waktu Kangjun keluar dari minimarket (hahahah) dan kemudian dikerjain sama dua orang lainnya, reaksi dia keselnya juga menurut gue agak-agak childish gitu sih :p Okelah lo boleh marah ditinggal sama mobil itu, tapi menurut gue kalo misalnya dia berpikir dewasa, dia nggak akan sampe ngelempar apa itu ke tanah. Lo udah gede, lo bisa naik angkot men, atau paling banter lo cari ojek gitu ngapain ngambek-ngambek. So simple sebenarnya, Kangjun-ah.

Trus banyak adegan juga dimana Kangjun harus menjadi saksi percintaan membara Dahee dan Hyunsang yang menurut gue juga agak-agak aneh. Nih, kalo misalnya status dia bukan anak kecil diantara mereka, dia nggak akan mau ikut kemanapun mereka pergi. Dia akan lebih memilih buat mengambil sikap. Pergi jauh-jauh. Ya ngapain gue berada disamping cewek yang gue suka tapi harus jadi saksi dia lagi mesra-mesraan sama cowok lain? Paling nggak harusnya Kangjun mikir gitu kalo misalnya dia perannya lebih dewasa. Yang salah mungkin sebenarnya bukan karakter Kangjun di MV ini tapi justru bagaimana Kangjun membawakan peran-nya kali ya? Coba perhatiin ekspresi dia setiap kali bete, kayak anak kecil yang nggak dikasi balon.

Nah, terlepas dari masalah apakah mereka seumuran atau tidak seumuran ini (yang gue bahas panjang lebar padahal sebenarnya yaaah selewat aja), karakter Kangjun di MV ini adalah orang yang seperti itu, yang ikhlas pasrah dan tiada daya upaya kecuali atas pertolongan Tuhan Yang Maha Esa. Kangjun di cerita dalam MV ini bener-bener suka sama Dahee tapi karena Dahee suka-nya sama Hyunsang, dia nggak mungkin dong ngomong langsung sama Dahee. Kenapa?

Pertama, karena kalo dia ngomong, bisa jadi Dahee jadi jaga jarak sama dia karena Dahee ini tipe cewek setia gitu, dia suka sama Hyunsang dan udah satu aja cukup (terbukti di akhir MV dia akhirnya meluk balik Hyunsang kan? Walaupun sebenarnya 11 12 13 14 15 sama bego sih). Makanya di lagu ini ada lirik yang artinya: In case you go far away, in case you might dislike me. I wanted to tell you but my lips. Would not move. Otak kacang gue ini mengartikan ini sebagai sebuah ungkapan ketakutan dari Kangjun gitu, kalo dia mau menyatakan cinta, dia takut malah nanti jadi jauh dari Dahee gitu ya alasannya karena tadi, Dahee sangat menyukai Hyunsang.

Kedua, karena hubungan persahabatan dia sama Hyunsang itu udah erat banget. Nggak mungkin Kangjun tiba-tiba bilang dia suka sama Dahee disaat Dahee sedang berpacaran dengan Hyunsang. Mau diapakan hubungan persahabatan yang selama mereka jalin gitu ceritanya. Walaupun sebenarnya Kangjun tahu, si Hyunsang ini sampah orangnya player, liat aja lirik Do you really like that person? That guy doesn’t know how to love you. I would be a better fit than that guy next to you. Ya Kangjun tahu semua busuk-busuk Hyunsang tapi mereka sahabatan dan ada perasaan di hati Kangjun yang tetep pengen melindungi sahabat dan persahabatannya (makanya karena itulah, ketika Kangjun memergoki Hyunsang selingkuh, dia nggak mau bilang sama Dahee sampai akhirnya Dahee tahu sendiri) tapi di saat bersamaan ketika itu bersinggungan dengan gadis yang dia suka, dia dilema juga.

Nah si Kangjun ini juga adalah tipe orang yang apa ya istilahnya--hmmm--suka menghayal melakukan sesuatu yang ingin dia lakukan tetapi dia nggak bisa. Misalnya kayak waktu dia menghayal dia mukul si Hyunsang, sama dia menghayal kalo misalnya dia ngasih tahu ke Dahee masalah Hyunsang selingkuh, si Hyunsang bakalan marah sama dia dan pergi dari tempat mereka tinggal bareng. Sekali lagi terlihat ketakutan gitu di karakter Kangjun. Dia takut kehilangan sahabatnya juga. Ribet banget hidupnya. Selain suka menghayal dia juga orang yang emang ngalah  banget sama apa yang terjadi di depan matanya. Yang sepele misalnya itu waktu di kerjain di pom bensin, tapi yang serius juga ada ya itu pas adegan terakhir yang dia lari ke kafe. Kenapa dia harus membalikkan badan ketika melihat Dahee sama Hyunsang pelukan? Kan?

Drama.

Di lirik terakhir gue rasa klimaks banget deh: "In case you go far away, I am scared. What if our relationship gets really awkward and we grow far apart?"

Karena itulah Kangjun lebih memilih jadi pengamat orang pacaran aja, toh dia pikir, dengan begitu dia tetep bisa deket sama Dahee walaupun perasaannya tak terungkapkan.

DAHEE
*
*
Karakter Dahee ini sejujurnya adalah karakter yang menyebalkan, terlebih lagi kalau misalnya lo adalah bias Kangjun ketika nonton MVnya dan lebih memilih memihak Kangjun pada akhirnya. Dahee ini bisa dibilang setia, iya. Bego juga iya. Tipikal sih. Sering banget pasti ada karakter cewek yang rada-rada dibutakan oleh cinta kayak gini. Hahahaha... Kalau gue pikir sih sebenarnya Dahee ini nggak pernah suka sama Kangjun. Sejak awal cinta Kangjun memang bertepuk sebelah tangan doang (hadooh bahasa macam ini sejak kapan gue pake). Walaupun di beberapa kesempatan di MV Dahee sempat yang kayak ngeliat ke arah Kangjun ketika dia sedang bersama Hyunsang, sebenarnya itu bukan sebuah tatapan ingin bersama Kangjun tapi lebih kepada "Lo gak apa-apa kan sendirian disitu? Gue nggak enak nih." kayak gitu loh. Ya pokoknya gimana sih seorang noona memperlakukan adiknya lah. Nah Dahee ini sayangnya kayak gitu ke Kangjun.

Oleh karena itulah, Dahee mempertemukan dia dengan seorang cewek. Mungkin Dahee berpikir kalau misalnya si Kangjun punya cewek, dia bisa merasakan apa yang dia rasakan dengan Hyunsang. Gitu... jadi mereka bisa double date gitu.

Cuma karena lagu ini dari sisi Kangjun, tentu saja Kangjun bisa jadi egois. Makanya di lagunya dia selalu membanding-bandingkan dirinya sama Hyunsang. Selalu bilang dia lebih baik, dia akan bisa membuat Dahee bahagia, bahwa Dahee tidak bahagia dengan Hyunsang dan hanya akan bahagia kalo sama dia aja, dan lalalalala itu (walaupun sebenarnya memang benar seperti itu kenyataannya karena sebagai penonton kita bisa menilai mana yang baik mana yang jahat kan dari dua pemeran cowoknya).

Nah kalo begitu kesimpulannya adalah bahwa Dahee ini adalah gadis yang dibutakan oleh cinta beneran. HA! Tapi dia nggak salah, jelas karena itu pilihan dia. Ketika dia sakit pada akhirnya, itu pilihan dia. (Cuma ya tetep bego-lah, sebagai penonton awam lo pasti kesel kan kenapa cewek ini masih aja mau sama cowok brengsek? HAHAHAHAHAH Sinetron)

HYUNSANG
*
*
He is totally a jerk. Kangjun tahu, bahkan semua orang tahu. Di liriknya juga dijelasin anyone can see that guy is a bad boy who will make you struggle. Gue suka bagaimana kemudian sutradara dan editor menjelaskan hubungan pertemanan Kangjun & Hyunsang hanya dari beberapa shot dan scene yang simpel kayak misalnya waktu Kangjun mengkhayal pas dia dateng ke rumah si Dahee. Ada adegan dimana Kangjun & Hyunsang berantem trus Hyunsang pergi dari sebuah kamar sambil bawa koper. Walaupun adegannya singkat, tapi lumayan tuh bisa ngasi tau ke penonton bahwa Hyunsang & Kangjun ini hubungannya sangat dekat, kalo gak dekat mereka gak mungkin tinggal sekamar kan? Begitu.

Yah mau komentar masalah umur lagi jadinya hahahaha iya, jadi Hyunsang terlihat seperti hyong buat Kangjun. Selain karena persahabatan, bisa jadi juga (menurut gue) kenapa Kangjun nggak pernah berani ngelawan karena Hyunsang lebih tua dan dia hormat sama orang yang lebih tua.


***


To be continued~~~~ (karena gue pikir ini sudah terlalu panjang dan beberapa dari kalian gak suka baca yang panjang-panjang walaupun pasti suka sama yang panjang-panjang--umur panjang misalnya--jadi gue bagi jadi 2 part aja. Di part selanjutnya akan membahas masing-masing MV "Far Away" ada 3 MV :) )


Share:

21 komentar