Semester 7 [PART 10]: Hello/Goodbye?

Tahun 2012 udah resmi berakhir untuk 13 hari 11 jam 08 menit dan beberapa detik saat gue menulis kalimat ini. 2013 datang dengan banyak sekali harapan. Salah satu yang terbesar adalah lulus kuliah dan wisuda. Perjalanan panjang semester 7 ini sebenarnya nggak begitu menarik di beberapa sisi (sebut saja sisi akademik) tapi kemudian menjadi SANGAT ISTIMEWA ketika sudah masuk ke bagian main-main dan bersenang-senang.

Beberapa hal menarik lumayan mewarnai sih di tahun terakhir uliah ini, tapi ada banyak hal juga yang membosankan. Tapi tetap, hal yang membosankan itu bisa sangat menarik untuk ditulis. Mungkin gue memang tidak pernah merasa sebahagia fanboying ketika gue sedang berada di dalam kelas, tapi tidak berarti semua hal yang terjadi di kelas selama semester 7 di Komunikasi UI/IKP ini membuat kesal. Beberapa dari kerja kelompok karena mata kuliah justru jadi menyenangkan.

Ada satu mata kuliah semester ini yang totally boring judulnya 'Distribusi Program TV Melalui Web & Mobile'. To be very honest, gue nggak suka sama kelas ini karena berasa nggak kuliah, tapi berasa dijajah. Parah pokoknya. Tugas kami waktu itu adalah membuat sebuah acara yang ditujukan untuk pemirsa TV online. Acaranya (menurut perjanjian awal) haruslah berawal dari atau paling nggak punya komunitas. Nggak jauh-jauh sih, gue langsung mengajukan ide untuk membuat acara K-Pop ke temen sekelompok gue dan ya akhirnya kita bikin dan terjadilah satu acara semacem On The Spot Trans 7 gitu. Pas UTS di presentasikan, 'BOOORINGGGG' begitu kata dosennya. Yaudah kesel. Padahal di awal-awal konsep sebelum syuting dipuji-puji gitu. Ternyata mulut manis. Tapi ya sebenarnya sesuai sama apa yang pernah dia ajarin sih, 'To keep bullshit' jadi ya gitu deh. Hari ini nilai akhir matkul ini keluar dan gue cuma dapet B- dengan pengorbanan begadang buat ngedit video itu. Gak dihargai banget.
*


Mata kuliah lain judulnya 'Produksi Musik dan Hiburan', secara umum sih mata kuliah ini di akhir semester meminta kami untuk membuat variety show. Nah, yang dimaksud dengan variety show sesuai dengan kuliah ini adalah sebuah acara yang memadukan musik (itu hidangan utamanya) dengan yang lainnya. Bisa kuis, bisa talk show, bisa apa aja. Dan kami memilih stand-up comedy dan musik. Proses syutingnya seru sekaligus deg-degan karena gue disini berperan sebagai PD alias Program Director. Kerjanya di depan banyak layar di control room mencet-mencet tombol kamera mana yang gambarnya harus masuk ke VTR (recorder). Nah kalo misalnya lo nonton Music Bank atau acara musik lain di TV trus agak kesel kenapa gambar bias lo jarang keambil, lo jangan salahin kameramen-nya, tapi salahin PD-nya. Mungkin dia anti sama bias lo. Hahaha Oh iya acara ini judulnya 'Komedi Galau'.

Masih di mata kuliah yang sama kami juga membuat sebuah acara lain yang kami beri nama 'Bener Gak Ya...?'. Acara ini berkonsep hidden cam gitu dan ingin membuktikan anggapan masyarakat awam tentang sesuatu kemudian kami me-reka ulang kejadian dan direkam dengan hidden cam. Misalnya pertanyaan kayak 'Bener gak ya kalo orang cantik itu berkelakuan minus selalu dimaafin?' Misalnya Jessica tiba-tiba kentut bau banget di depan lo trus lo bahagia-bahagia aja gitu, nah itu yang pengen dibuktikan.

Gue paling inget sama proses syuting yang terakhir, di Margo City dan kita bener-bener hidden cam. Sembunyi-sembunyi dari satpam karena kalo ketauan pasti akan diusir dan paling banter kameranya bisa di ambil gitu. Untuk yang syuting di Margo City ini sendiri, gue dan tim (Deasy, Dewi, Nadya) merekrut Gilang sebagai agen dan yang ingin dibuktikan adalah 'Apakah benar orang berpenampilan gembel nggak dilayani dengan baik di pameran barang mewah?' Untungnya Gilang bersedia didandanin gembel dengan celana pendek, baju compang camping dan juga sendal jepit trus nanya nanya ke stand-stand jual rumah mewah sama mobil Ford. Seru!

Selain itu, yang nggak bisa dilupain adalah waktu UAS dan kita presentasi 2 acara di mata kuliah 'Produksi Musik & Hiburan' ini. Awalnya kita semua bingung mau ngapain karena katanya harus ada konsep. Akhirnya dengan ide iseng gue dan Deasy, kita nyaranin buat dance K-Pop aja. Konsepnya adalah, anak-anak berpakaian rapi yang sedang presentasi, kemudian tiba-tiba menggila ketika mendengar lagu Korea. Dan itulah yang terjadi... Kami memutuskan untuk dance The Boys dan Gangnam Style waktu itu.

Ujian hari Kamis jam 8 sementara kami latihan baru hari Rabu jam 6:30 pagi di Boulevard UI. Disaksikan oleh semua orang yang sedang olahraga pagi hari itu. Gilang membantu dengan rekaman dance solo The Boys-nya dia dan kita latihan mengacu ke video itu. Sementara gue yang mengajari detail ke Nadya Deasy dan Dewi. Jadi The Boys-nya cuma diambil bagian depan awal yang Sunny nungging, trus langsung masuk ke bagian Yuri ngangkang. Dan yeah... ketika perform di depan kelas, ita beneran ngangkang semua...... :") Setelah itu langsung Gangnam Style. Hasilnya, seminggu kedepan paha kanan sakit dan jalan ngangkang keterusan.... Tapi SERU!

--

Awalnya gue sangat takut untuk 'say hello' ke semester 7. Ada banyak hal sih alasannya. Yang pertama karena mungkin mata kuliah belanja yang gue ambil agak nggak meyakinkan. Alasan kedua adalah karena ini semester terakhir dan tidak akan ada semester-semester berikutnya lagi untuk dihabiskan bersama dengan anak-anak IKP. Alasan ketiga.... karena bisa jadi belum siap mental untuk meninggalkan UI dan kembali ke kehidupan yang sebenarnya yaitu dunia keras dan pencarian akan harta dan cinta.

Well, sebenarnya, ketika semester tujuh datang kemaren gue lumayan happy, karena ini adalah semester terakhir gue dan nggak akan lagi ada yang namanya buku buku dan hapalan serta ujian di kelas. Gue mencoba dengan hati suci murni untuk menjalani semester tujuh kemarin tanpa keluhan apapun. Walaupun para akhirnya gagal. Tapi.... ketika semester tujuh ini berakhir, hidup gue semakin jungkir balik. Kepala semakin dipenuhi dengan masa depan masa depan dan masa depan. Apakah saya bisa lulus tepat waktu, apakah setelah lulus saya akan tetap di Jakarta/Depok atau pulang ke Lombok, dan pertanyaan seperti apakah saya siap dengan semua hal yang terjadi setelah kuliah: bekerja, pulang sore pergi pagi, tiada waktu fanboying, tiada libur panjang?

Sebenarnya gue bingung sendiri gue harus kemana. Gue udah berencana untuk pulang bulan April, tapi sekarang kenyataannya gue malah diterima kerja dan akan sangat lucu kalau gue harus berhenti di bulan April sementara bulan April adalah bulan terakhir dalam 3 bulan masa percobaan gue bekerja disana... Lalu apa yang akan terjadi berikutnya?

Bingung...

Tapi, ternyata setelah dipikir-pikir, mengucapkan 'Hello' untuk semester tujuh kemaren ternyata jauh lebih mudah daripada mengucapkan 'Goodbye' dan selamat tinggal sampai jumpa lagi untuk semester ini. Ya... Berat sekali rasanya. Berpisah dengan orang-orang yang selama ini sudah terlalu banyak membantu lo, menginspirasi lo, dan memberikan banyak sekali pinjaman uang dan traktiran makan untuk mengisi perut lo. Gue sedih...

Sehari setelah UAS selesai, Deasy pulang ke Medan karena dia pengen merayakan natal bersama keluarga. Sampai sekarang dia belom pulang dan gue kangen banget pengen kumpul. Nadya dan Dewi pulang ke Bekasi dan Tangerang yang artinya akan mager untuk mereka datang ke Depok cuma buat ketemu sama gue. HAHAHA makanya gue sedih. Dan sekarang gue udah keterima kerja, akan lebih sedikit lagi waktu buat ketemuan kan?

Dan untuk memanfaatkan waktu yang sedikit itulah kenapa kemaren, tanggal 12 Januari 2013 gue bersedia diajak pergi ke Cipanas oleh anak-anak HD Crew. Kami berencana menginap di villa milik Anggun sampai tanggal 14 Januari 2013. Sayangnya beberapa dari kami harus bekerja di tanggal itu (termasuk gue, hari pertama!) akhirnya yang Senin harus kerja memutuskan untuk pulang hari Minggu sore.

Di Cipanas, gue berasa deket banget sama masing-masing dari anak-anak itu. Walaupun dalam beberapa hal gue mungkin merasa out of zone, tapi gue akui semalam bersama mereka itu benar-benar merontokkan semua kecanggungan gitu loh. Seneng aja kalo misalnya kumpul sama orang-orang yang punya satu hobi, punya satu kesamaan, punya satu kesukaan: SPAZZING KPOP. Nah kebayanglah kayak gimana kan. Tapi seru. Gue suka.

Walaupun formasinya nggak lengkap hari itu, tapi beberapa orang yang baru gue kenal juga ikut ke Cipanas dan menghabiskan waktu bersama-sama. Yang belom kenal satu sama lain jadi kenalan untuk pertama kali disitu. Yang nggak pernah deket jadi berusaha buat deket. Dan yeah, walaupun gue baru mikirin ide untuk maen Truth or Dare (yang kemudian berubah jadi Truth or Truth) di jalan tol menuju ke lokasi villa, permainan itu toh akhirnya berakhir dengan bahagia dan air mata. Pengen banget tuh gue peluk satu-satu semua anak-anak HD Crew. Hahahaha

Ya gimana ya... Gue jujur aja nih gue nggak pernah punya begitu banyak temen sebelumnya, area pergaulannya sempit banget, trus kalopun ada temen deket ya nggak intim intim banget gitu, kecuali mungkin setelah di UI. Tapi waktu bermalam bersama anak-anak ini, gue berasa kayak keluarga banget. Bener banget tau gak sih semboyan Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika itu. Walaupun kami berasal dari latarbelakang dan mungkin punya kepribadian yang berbeda, tapi kami semua akhirnya bisa menyatu dalam sebuah sesi sharing bareng. Dan game Truth or Truth malam itu diawali dengan air mata dan diakhiri dengan curhatan panjang lebar gue. HAHAHAHA

Lalu kemudian, sejak malam itu, akan semakin sulit buat gue mengucapkan 'Goodbye'. Tidak hanya untuk semester ini saja, tapi untuk semuanya. Hari wisuda semakin dekat walaupun sampai sekarang nilai belum sepenuhnya keluar dan gue belom bisa daftar wisuda sih dan belom resmi juga dapet gelar, tapi ya, waktu itu semakin dekat dan pasti akan datang. Sementara di sisi lain hati ini, pengen rasanya nge-stop dan tetep disini aja, jangan bergerak. Pengen banget rasanya barang satu jam, waktu berhenti dan kita bisa loncat loncatan di kolam renang lagi kayak kemaren.

Huff...

Gue nggak pernah suka persimpangan jalan karena sangat bisa memisahkan dua orang yang berbeda pikiran. Tapi kalo itu yang terbaik, pada akhirnya keduanya harus bisa ikhlas. Dan pada akhirnya, persimpangan jalan yang semoga mengarah ke positif inilah yang harus gue ambil, demi masa depan yang lebih cerah dan menuju puncak gemilang cahaya mengukir cita seindah asa.

Gue masih punya waktu 26 hari sebelum akhirnya toga itu terpasang. Jadi gue masih punya cukup waktu untuk menunda kata selamat tinggal itu keluar dari mulut gue dan menulis END di akhir postingan SEMESTER 7 ini.

Sampai saat itu tiba, please.... tetap ingat ini: walaupun gue bukan temen terbaik lo, tapi gue tetap menganggap lo spesial dan terbaik buat gue.

Agak menyenye sih, tapi, I love you guys.... All of you :)

Biar Tuhan yang menentukan jalan kita. Kalau kita jodoh, pasti ketemu sumur di ladang guys. Asal hati-hati sama sadako.
 *
*

--

Happy birthday Do Kyungsoo, Happy birthday Kim Jongin :)


Share:

9 komentar