SHINee's Dream Girl: 'The Misconceptions of You' Review [PART 1]

SHINee's Back Again!

Rasanya baru kemaren gue me-review mini album Sherlock (silahkan baca ini, ini dan ini) dan sekarang mereka udah kembali lagi dengan satu full album di 2013 ini. Wah wah wah... Sudah menunggu lama? Ya. Mungkin bisa dibilang sudah agak lama, setahunan juga lah bisa dibilang. Tapi penantian untuk SHINee jadi nggak berasa karena mereka sudah mulai ekspansi ke Jepang juga dan promosi di Jepang bisa dibilang lumayan banyak juga. Karena nggak benar-benar menghilang dari peredaran, comeback Korea ini jadi nggak berasa lama. Beda sama EXO yang bener-bener whoaaaa hilang beneran. 
*
*
Setelah Girls' Generation comeback di awal tahun ini dan kemudian hanya bertahan empat minggu promosi di acara musik di Korea dan kabur ke Jepang kembali mengingatkan gue pada comeback SHINee tahun lalu dengan Sherlock yang juga nggak begitu lama karena EXO debut dan SM akhirnya mengirim SHINee ke Jepang. Awal tahun ini mungkin memang SM bisa dikatakan kejar-kejaran untuk comeback artis-artis mereka. Mungkin itulah kenapa Girls' Generation kemaren comeback persis di minggu pertama 2013, supaya antrian yang sudah menunggu di belakang nggak tambah molor lagi comebacknya. Denger-denger kabar abis SHINee comeback ini, f(x) akan menyusul. Dan kalau memang polanya seperti itu, berarti setelah f(x), EXO mungkin juga akan comeback. Kayaknya sih. Walaupun ini agak berbeda dengan tahun lalu yang mana urutannya kan SHINee-EXO-f(x), tapi semoga setelah f(x) beneran EXO.

Gue pribadi sih sebenarnya siapapun yang comeback duluan gak apa-apa karena masih SMTOWN juga dan gue suka semua artis SMTOWN. Kalaupun misalnya nanti setelah f(x) yang comeback justru BoA atau bahkan SJ seperti halnya tahun lalu juga gapapa sih. Tapi... kayaknya gue kok punya firasat SJ nggak comeback dengan album Korea sih tahun ini. Nggak tahu kenapa. Tapi kalaupun bener SJ nggak comeback, means, EXO akan punya banyak waktu di akhir tahun buat promosi. Kayaknya. Kayaknya. Nggak tahu juga. Kita lihat saja nanti.

Nah ngomong-ngomong soal SHINee dulu nih, di Februari ini, full album mereka dirilis dalam dua bagian. Bagian pertama diberi judul 'Chapter 1. Dream Girl - The Misconceptions of You' sementara bagian kedua akan dirilis pada bulan April nanti dengan judul 'Chapter 2. Dream Girl - The Misconceptions of Me'. Tidak usah pusing dengan strategi marketing yang satu ini karena ini hanyalah sebutan lain untuk 'repackaged album' yang selalu dilakukan pada album-album yang sebelumnya. Hanya saja kalau di album yang sebelumnya mungkin repackaged-nya dibuat seolah-olah berbeda dengan album utama (contoh: Lucifer sama Hello kan konsepnya beda tuh, yang satu garang-illuminati, yang satu unyu-unyu-anak-kontrakan gitu) sedangkan untuk album Dream Girl ini, mungkin akan dibuat berkaitan. Pendapat gue sih, karena judul besarnya masih 'Dream Girl' dan hanya mengganti kata 'You' menjadi kata 'Me' setelah kata 'Misconceptions' jadi yah... masih dalam satu payung yang sama-lah. Konsepnya mungkin akan tidak terlalu jauh.

Karena Chapter 2 akan dirilis bulan April, besar kemungkinan akan ada comeback stage dengan title song dari album di Chapter dua. Sebenarnya gue agak males sih ini mengira-ngira lagi ya tapi entah kenapa gue yakin promosi SHINee dengan Dream Girl ini akan berjalan selama 4 minggu seperti halnya GG kemarin, dan setelah 4 minggu itu (kalau bener) f(x) akan comeback dan promo juga selama 4 minggu. Setelah kelar f(x) 4 minggu promo, SHINee akan kembali mempromosikan Chapter 2. Nah, kalo misalnya promo Chapter 2 ini 4 minggu juga berarti EXO baru dapet giliran comeback bulan Mei. HAHAHAHAHA Ya sih ini gue cuma mengkhayal aja. 

Well, balik lagi ke SHINee.

Seperti halnya comeback sebelumnya dan comeback-comeback artis lainnya, mereka juga merilis beberapa teaser foto. Kali ini sih teaser fotonya nggak terlalu kontroversial kayak pas Sherlock. Yang ini sih biasa aja nggak pake topless-topless gitu. Tapi kalo diperhatikan, semua foto teasernya itu bertema 'misconceptions of you' loh sebenarnya. Nggak percaya?

*
Misconceptions of You yang pertama ada di teaser foto Taemin diatas. You disini merujuk kepada tangga lipat yang didudukin Taemin. Kenapa jadi misconception? Soalnya itu tangga, bukan kursi. Taemin ngapain duduk-duduk di tangga lipet yang seharusnya digunakan buat ngambil sesuatu di tempat tinggi, atau buat nge-cat dinding bagian atas sebuah dinding atau juga buat hal-hal lain seperti misalnya mengganti bola lampu. Intinya, tangga lipet itu bukanlah tempat duduk seperti halnya kursi/bangku ataupun tangga seperti yang menghubungkan lantai 1 dan lantai 2 sebuah rumah misalnya. So, telah terjadi salah paham di kepala Taemin terhadap sebuah tangga lipat.

Misconceptions yang kedua adalah Teaser foto Taemin yang ini:
*
*
Kenapa ini jadi misconception lagi di kepala Taemin? Yang pertama, meja bukanlah tempat berdiri, meja itu buat meletakkan makanan kalo lagi makan, buat meletakkan buku kalo lagi belajar, dan buat melipat lengan dan tidur berbantal lengan ketika mengantuk. Tidak sopan kalau berdiri diatas meja. Jadi ini Taemin misconception lagi. Yang kedua, itu Kuda, bukan anjing. Orang kalo pelihara kuda mana pernah bawa kuda masuk rumah. Bisa-bisa hancur segala rupa benda di rumah di seruduk-seruduk kuda. Yah, kecuali itu tempat fotonya bukan rumah tapi kandang kuda sih nggak apa apa.

Yang ketiga, kuda itu makan rumput, bukan makan busa-busa-kapas-kapuk putih-putih kayak gitu. Seret banget itu di tenggorokan kalo dimakan. Kalaupun busa-busa-kapas-kapuk putih-putih itu ditujukan untuk tempat tidur si kuda, bahaya juga. Serat-seratnya bisa masuk ke hidung trus kuda-nya jadi susah napas. Misconception yang keempat adalah tali yang dipegang Taemin itu. Kenapa talinya harus melewati selangkangan? Coba bayangin kalau tiba-tiba kuda itu kaget gegara sesuatu trus dia lari-lari heboh sementara Taemin tetap memegang erat tali itu, apa yang menurut kalian akan terjadi pada Taemin? Kemungkinan sih selain Taemin dibawa lari dalam posisi mengenaskan, selangkangannya bisa iritasi kegores dan cedera paha akut.

Jadi foto kedua Taemin diatas adalah misconception of Meja dan Kuda.

Kita ke foto teaser Minho:
*
 *
Teaser foto Minho diatas adalah misconception of penggunaan bedak. Coba liat itu bedaknya kenapa tebel gitu? Mau niru kabuki apa gimana Minho-ssi saya pusing. Atau jangan-jangan itu dia nggak pake bedak. Dia salah paham/misconception antara tepung terigu sama bedak jadi tepung terigu dipake buat muka. Makanya jadi kayak topeng. Kalo diliat-liat, lokasi foto Taemin yang bareng Minho diatas sebenarnya kan sama ya. Jadi kalau kita gabungkan kedua gambar tersebut:
*
*
Dapat ditarik kesimpulan bahwa alasan kenapa Minho menggenggam sebanyak itu busa-busa-kapas-kapuk putih-putih itu trus liat ke arah kiri (kamera) adalah karena dia ingin memberi makan kuda tersebut. Jadi intinya, Minho dan Taemin sama-sama salah paham soal makanan kuda. Yah. Couple ini memang kompak. Tapi sayang kuda gak makan gituan.

Foto selanjutnya adalah teaser foto Minho yang ini:
*
*
Sedang terjadi kesalahpahaman tentang fungsi dasi di kepala Choi Minho. Dia berpikir dasi bisa digunakan juga sebagai alat melempar benda seperti halnya ketapel. Itu gayanya udah kayak anak-anak yang lagi siap-siap nembak pake ketapel. Kemungkinan lainnya kayaknya Minho sedang menyamakan panjang dasinya dengan panjang lengan sebelah kanannya. Agak nggak penting sih ya. Iya emang. Tapi biarin aja.
*
*
Foto Onew yang ini adalah misconception of age. Dia lupa kalau dia adalah member yang paling tua diantara semua member SHINee, kenapa juga itu duduknya harus diatas kuda-kudaan begitu. Padahal tadi di teaser foto sebelumnya ada kuda yang beneran kuda kenapa nggak itu aja yang ditunggangin kenapa harus kuda bohongan yang ini. Selain itu mungkin juga terjadi misconception of body-size karena dengan ukuran tubuh seperti itu, kuda mainan itu tidak akan mampu menopangnya, Jinki-ssi. Please. Inilah kenapa SM tidak memilih kamu jadi pemeran MV BoA kemaren karena kamu begini. Tidak dewasa. Masih main kuda-kudaan.

Foto selanjutnya masih foto Onew dan kali ini temanya misconception of selimut. Onew harusnya tahu, tidak semua kain bisa dijadikan selimut. Benda itu, yang warna warni itu, lebih cocok dijadikan gorden atau paling banter jadi seprei daripada selimut. Ah, by the way ini semacem ngingetin gue sama foto apa itu Baekhyun yang The Face Shop yang dibelakang gorden. BAHAHAHAHA. Baekhyun kan mirip-mirip Song Joongki sementara Song Jongki mirip-mirip Onew, jadi Onew mau gak mau bisa jadi mirip Baekhyun. Jadi kesimpulannya foto Onew yang ini bisa dimiripin sama foto Baekhyun juga. KKKK~
*
*
Yang gue lucu dari semua teaser foto yang dirilis SM adalah foto Onew yang dibelakangnya ada Donald Bebek ini loh XD Entahlah gue nggak ngerti lagi. Gue pernah nonton Onew di acara apa itu dulu Golden Bell ya yang artis-artis Korea banyak duduk lesehan trus dikasi pertanyaan-pertanyaan gitu? Trus di salah satu episodenya gue inget Onew pernah niru-in suara Donald Bebek. Tapi nggak cuma diacara itu sih masih ada juga di acara lainnya. Dan kayaknya image Donald Bebek ini sudah melekat sekali dan akhirnya malah masuk di salah satu teaser foto dia. HAHAHAH Lucu. Yah Onew emang bakat jadi pelawak sih sebenernya.
*
*
Gue yakin itu dia sebenarnya pengen niru 100% gaya Donald Bebek kayak foto yang ada di belakangnya itu, tapi karena mungkin teaser foto kali ini konsepnya agak agak serius bukan lawak, jadi dia nggak bisa mangap monyong selebar Donald. Padahal posisi tangannya udah sama, pake dasi juga walaupun nggak kupu-kupu. 

Dua member yang lainnya sih sebenarnya nggak terlalu ada hal yang misconception seperti tiga member diatas. Misalnya Jonghyun hampir semua fotonya terlihat baik-baik saja dan tidak terlalu ada hal yang lucu ataupun aneh ataupun kontroversial. Tapi kalau menurut gue, yang ini bisa dikatakan misconception of being cool, karena ini keliatannya agak (ahem) alay sih sebenernya. Gue jadi inget obrolan sama beberapa orang yang nimbrung di kamar 701 hotel Twins Plaza waktu beli tiket Super Show 4 INA dan sempat ngebahas Jonghyun yang alay. Ah kangen.
*
*
Dua foto yang lainnya juga biasa aja. Misalnya yang ini, bisa dikatakan ini sebagai misconception of tusuk gigi. Ya itu tusuk giginya sebenarnya keren sih ada banyak cabangnya jadi bisa dipake gilir-giliran kalo yang satu udah busuk di mulut. Boleh juga.
*
*
Teaser foto Key juga sebenarnya nggak begitu ada 'apa-apa'. Yah paling foto yang ini sih yang agak antagonis banget kesannya. Jadi seolah-olah disini Key, dengan tatapan penuh dendam gitu ngeliat seseorang, terus dia ngucapin mantra-mantra dalam kepalanya sementara tangannya megang boneka dengan tali-tali yang menggerakkan anggota tubuh boneka itu. Semacem boneka teluh gitu. Jadi bisa dibilang ini Key lagi merapalkan mantra santet.
*
*
Well, ada hal yang menarik sih disini. Kalau misalnya itu tadi narasi gue diatas dibawa ke dunia nyata, jadi ngepas gitu sama kondisi gue sebagai fans K-Pop yang kesannya kayak gerak geriknya diatur gitu sesuai dengan kemauan perusahaan bernama SM. Wkwkwkw. Beberapa dari kita mungkin juga merasakan hal yang sama ketika kita sudah begitu fanatiknya terhadap sebuah grup, pasti kalo dikasi pancingan sedikit, sebut saja album baru atau konser, kita langsung bereaksi. Entah langsung beli atau mungkin berusaha mendapatkannya dengan cara lain seperti kuis misalnya :p Seperti inikah illuminati bekerja? #EA #TIBATIBAHOROR Tapi sebenarnya sih emang konsep foto Key itu unsur tak terlihatnya adalah yang seperti gue jelaskan barusan. :p Cuekin aja kalo nggak penting.

Kita akan bahas tracklist di album 'Misconceptions of You' di postingan selanjutnya!


PS: Misconception - Salah Paham, Salah pengertian, Kesalahpahaman .


Share:

22 komentar

  1. Gue tunggu kelanjutan reviewnya kakak~

    BalasHapus
  2. eh dulu pas sekolah aku nya juga niru2 kayak minho,dasi dijadiin katapel~ orz

    BalasHapus
  3. ngakak sumfeh kak,,,,
    Tambahin nih,, itu bang nyunyu g kebagian kapas soal.a teaser dia muncul paling akhir jd kapas.a udh d pake ama jongkey2min *bisa jd kudanya laper nunggu teaser onyu keluar terus dimakanin dech hohoho, #GonjangGanjing

    BalasHapus
  4. ''ketika kita sudah begitu fanatiknya terhadap sebuah grup, pasti kalo dikasi pancingan sedikit, sebut saja album baru atau konser, kita langsung bereaksi.'' dulu gue bereaksi ketika exo rilis album, padahal gue lagi fanatik2nya sama SJ. Tapi untungnya Shinee gak bikin gue bereaksi ;)

    BalasHapus
  5. Ditunggu part 2-nya kak :D

    BalasHapus
  6. bang gue kehabisan bahan bacaan tentang EXO sampe rela-relain baca review lo tentang SHINee (yang sebenernya gue ga tau mereka itu kayak apa) tp bgus kok bang. Lanjutin ke part selanjutnya yaa :3

    BalasHapus
  7. aduh ini kerenn~~ seru seru penjelasan misconception-nya, cuma kenapa nggak dijelasin/dikenalin dulu misconception itu apa ato gimana gt? kan pasti nggak semua orang ngerti sama istilah misconception-nya itu :D

    makasih udah di part-part gini, bisa panjang jadinya, haha.. ditunggu review lagu sama mv-nya x)

    BalasHapus
  8. akhirnya~ bang yusron~~ review lagi. syainibaekh[hyun]
    warnawarni kaya golali
    manis-manis-manis~ itulah rasanya :)

    BalasHapus
  9. Yaaaahhh,,, ga kerasa ketemu review-an SHINee lagi aja! =..='
    EXO mana EXO?? #ngambang seketika
    #KEEP CALM u_u
    Tapi kalo prediksi om Ron comebacknya Mei sih, bagus lah! Daripada gw lg siap2 UN mikirin EXO ya nggak?

    Eh eh, asli gw ngakak koprol pas liat poto nya Onew yg naek kuda2an ituh! xD
    Kesenjangan bgt ama magnae yg punya kuda beneran. Wkkkkkkkk!
    Dan itu ngingetin gw sama UNICORN~~~~~~!!!!!! *backsound: gledek*
    Maksud bgt yah gw ini,, tapi emang gitu sih akhir2 ini kangen berat ama Lay. #curcol mulu! #didepak kuda lumping
    Lagian SM kok jadi demen pake properti kuda2an mulu sih dari kemaren,,?? >:0

    BalasHapus
  10. ngakak sumfeh kak,,,,
    Tambahin nih,, itu bang nyunyu g kebagian kapas soal.a teaser dia muncul paling akhir jd kapas.a udh d pake ama jongkey2min *bisa jd kudanya laper nunggu teaser onyu keluar terus dimakanin dech hohoho, #GonjangGanjing

    BalasHapus
  11. yey .. akhirnya kakak RON review juga DREAM GIRL .. !! ditunggu review MV-nya .. !!><

    BalasHapus
  12. illuminati.. hahaha ofc

    BalasHapus
  13. misconception2 lucu. itu mungkin yg dipikirin ron. mungkin bagi org lain beda lagi maknanya. tp berhubung otak ron error, makanya jadi seenak udel gini wkwkwkw

    yg lucu sebenernya yg onew. nista banget hahhaa

    setuju ama pemikiranmu ttg iluminati. para remaja dan non remaja (T_T) kayak dicocok idungnya bagai kerbau n nurut aja ama bimbingan mereka. -__-

    dan hebatnya mrk jadi bisa memecah belah umat manusia berdasarkan fandom, antis dll. miris. :(

    BalasHapus
  14. Akhirnya bisa baca review kak Suho tengah malam buta. Jujur, aku ga ngerti arti teasers SHINee waktu mampir ke official SMTOWN, eh skrg baru ngeh. Daebak review oppa, mau jumping ke review slanjutnya ah... cium Ronnzy#

    @Istri Lu Han

    BalasHapus
  15. Mei
    Sumpah klo baca postingan RonnzyKevin ini selalu bikin otak seger.... Aku otaknya tadi habis kepanasan mikiran fanwar antar shipper. moodku balik lagi and ngakak nggak jelas tentang bahasan misconception-nya.... Btw masalah khayalan tentang comeback EXo, sy juga berharap Exo COMEBACK secepatnya....Terus berkarya ya Ron... Salam buat Ustad Bacon *#plak*

    BalasHapus
  16. setujuuuu ama komen2 kak Ron ttg foto Teasernya SHINee... XD
    apalagi yg Taemin bawa kuda.. aku terharuuu kak..
    kak Ron perhatian bgt ternyata ama kudanya.. sampe takut kudanya kenapa2 akibat disedain kapuk segitu banyak ama si Taemin XD

    trus di foto Minho maenin dasi (saya juga awalnya kirain si Minho bawa ketapel), dilanjut sama Jonghyun oppa yg lagi bersihin gigi pake bintang kaca.. tusuk gigi? LOL
    dan komen kakak ttg Onew oppa... neee.. Onew kdg2 terlalu kekanak-kanakan..
    tapi saya dan Onew yg sama2 kaum sagitarius itu emg sifatnya suka bercanda.. :3
    Onew oppa!! dia sepertinya melakukan pemalsuan umur kak.. paling tua.. tapi muka kaya anak2.. but i loves him so much <3 <3

    tapi klo ttg komentar kakak ttg foto Key.. heumm.. jujur.. rada mistis kata2nya kak Ron.. Key illuminati? #gaaak setuju :p
    itu bukan boneka jelangkung, kak.. =,=a

    itu boneka pinokio kak.. #liatin deh idung bonekanya
    klo versiku.. key seperti pengen punya idung mancung kaya pinokio #kapak tujeng #eea

    dan lucifer juga illuminati? #itu kan cuma koreo kakak X<
    klo EXO... wahhh sepertinya EXOTIC pada galau krna comebacknya EXO agak lama ya?
    sabar kak Ron.. mungkin SM emg lagi nyiapin konsep yg cetar buat comebacknya EXO.. ;)

    BalasHapus
  17. ngomong2 nih mas,itu tolong dibenerin. misconception chapter 2 itu emang FULL ALBUM kek yg chapter 1, jadi ada 9 lagu baru, BUKAN REPACKAGED. jadi total kedua part ini ada 18 lagu, maaf nyela, takut salah pengertian soale.

    BalasHapus
  18. hahahaha entah kenapa postingan ini bikin aku terus ketawa...
    sedikit ngobatin kesepian sih, gk sengaja ngesearch di google tau tau keluar hahaha
    sebelumnya aku enggak pernah mampir ke sini ini, tapi kayaknya setelah baca baca review review nya jadi minat langganan nih

    over all, thanks postingnya, cukup berguna

    BalasHapus
  19. Tiap baca review nya kak ron selalu ngakak!! XD XD..
    Anak" kost'an.. -_- hhaaa

    BalasHapus
  20. Waaahhh,, tumben ktmu Blog nya Ronzzy kevin di Google. Bangga, sama2 Lombok. Bahas SHINee pula...

    BalasHapus