Selebrasi dan Kongratulasi! Secuil Soal Baekhyun & Taeyeon

Setelah lebih dari dua minggu, gue pikir kabar ini akan dilupakan banyak orang. Tapi ternyata nggak. Ini terlalu sakit untuk beberapa orang dan terlalu membahagiakan untuk orang-orang yang lainnya. Jadinya nggak bisa dilupakan begitu saja.

Kamis (19/6/2014) itu seharusnya jadi hari yang nggak istimewa. Hari lain yang biasa aja di kantor terlebih karena hari itu gue masuk pagi (kalau gue masuk pagi, gue bisa jalan dari kosan jam 6 dan sampai kantor sebelum jam 7 walaupun sering juga sih terlambat). Ngantuk selalu jadi masalah gue di pagi hari. Terlebih rasa enggan untuk meninggalkan kasur itu membuncah sesaat sebelum kaki melangkah ke kamar mandi. Everyone's problem.

Nggak ada yang istimewa karena pagi itu mata gue bener-bener nggak bisa tertolong lagi. Malamnya gue begadang nonton 'How To Train Your Dragon 2' sama Ajie, Afif, Dito dan mbak Septi. Belum lagi masalah MEIS yang cukup bikin kerjaan gue jadi bertambah dua kali lipat setidaknya satu hari sebelumnya.

Yah. Kamis pagi seharusnya jadi Kamis yang biasa. Kalau saja nggak ada artikel menarik yang datang dari Baekhyun dan Taeyeon.

Tarik napas dulu. Hembuskan.

Lalu tertawa.

"Is this even real?"

*
Pertanyaan itu yang pertama kali muncul di kepala gue. Bagaimana mungkin bisa kejadiannya begini? Bagaimana ceritanya OTP gue di SNSD dan EXO bisa digosipin jadian? Bagaimana mungkin delusi gue selama ini bisa jadi nyata? Semesta nggak mungkin semendukung ini. Dunia nggak mungkin sebersahabat ini. Alam nggak mungkin sebaik ini sama gue yang berlumur dosa.

Gue menahan diri untuk tidak tertawa berlebihan sampai nepok-nepok tangan kenceng-kenceng kayak Chanyeol. Atau sampai gelindingian kayak Jessica & Krystal. Benar-benar menahan diri untuk tidak tertawa lebay. Seperti yang gue bilang tadi, nggak mungkin dunia sebaik ini sama gue. Nggak mungkin mimpi yang selama ini hanyalah sekedar delusi jadi kenyataan semudah itu.

Sampailah gue pada titik dimana gue merasa berita ini terdengar terlalu....... aneh.

Ekspresi gue ketika berita itu muncul nggak seperti ketika membaca laporan Kris mau keluar dari EXO. Kalau pas Kris, gue mungkin bisa yang menanggapi itu hanya sekedar bercanda baru kemudian percaya. Tapi Baekhyun dan Taeyeon ini.... Haruskah gue percaya?

HARUSKAH?

Gue mengikat tubuh gue dengan tambang kasatmata supaya nggak terlalu yang heboh-heboh banget walaupun gue sempat nulis beberapa tweet soal itu. Gue nggak mau yang terlalu berharap banyak karena balik lagi dunia akan jadi terlalu indah kalau ini jadi kenyataan. Tapi nggak perlu berlama-lama, hari itu ternyata dikonfirmasi juga. Ternyata beneran kata SM. Ternyata resmi pacaran menurut SM. Ternyata hari itu dunia memang terlalu indah. Buat gue.

Sejujurnya, siapapun artis Korea yang diberitakan atau dirumorkan pacaran gue sih masa bodo. Jelas, kalo kita nggak bias semua akan jadi masa bodo. Masuk kuping kiri keluar kuping kanan. Mau bias sudah jelas-jelas salah juga tetep aja masa bodo. Namanya juga bias.

Tapi ini Baekhyun dan Taeyeon! OTP gue dari sejak..... entahlah gue nggak inget sejak kapan.

(Kayaknya) jauh sebelum orang-orang menyadari adanya kesamaan di postingan Instagram dan lain-lainnya itu gue rasa gue sudah nge-ship dua orang ini. Sejak orang-orang masih heboh sama BaekYeol (dan sekarang BaekYeol udah nggak lagi eksis) gue malah heboh sama Baekhyun-Taeyeon (dan IU).

Setidaknya saat itu kenapa gue nge-ship mereka karena secara pribadi gue melihat ada kemiripan di wajah keduanya. Oh ya, nggak bisa bohong kalau mereka berdua memang mukanya mirip. Lah, SM kan artis-artisnya Semuanya Mirip. SM Entertainment, Semua Mirip Entertainment.

Waktu SMTOWN di Jakarta 2012 lalu, gue bawa fanboard Baekhyun dan Taeyeon dan mungkin bisa dibilang sejak saat itu gue mulai memanggil mereka ByunTae. Iya, gue lebih prefer memanggil couple ini ByunTae daripada BaekYeon karena ByunTae punya arti PERVERT dan yah.... lucu aja.
*
*
Gue juga sering nge-buzz di Twitter soal ByunTae dan melihat reaksi banyak orang. Ada yang mendukung ada juga yang menolak. Jelas. Persentase fangirl yang suka idola-nya di pasang-pasangin sama cewek itu kan kecil. Itu udah semacem turun temurun dari jaman SuJu masih eksis sampai sekarang vakum dan mau comeback lagi (perkembangan terakhir ELF gimana? Masih ada yang sewot gak kalo Siwon gue pasangin sama Yoona atau Agnezmo?).

Gue tipikal yang memang suka masang-masangin bias gue yang satu sama bias gue yang lain. Ketika SM nge-buzz EunHae mati-matian gue justru lebih suka liat chemistry WonHae. Karena gue ngefans Siwon dan Donghae di SJ dan suka sama Yoona di SNSD, gue bahkan menjadikan mereka pasangan threesome.

Gue suka Donghae sama Yoona karena kata orang mereka pernah pacaran (yang Wallahualam gue nggak tahu apapun sebenarnya). Gue pasangin Yoona sama Siwon karena lucu aja ngeliat mereka berdua. Terlebih, dua-duanya juga sering dipasangin waktu SNSD dan SJ jadi model SPAO. Seru aja.

Sekarang-sekarang gue ngefans banget sama IU dan suka masang-masangin Baekhyun sama IU walaupun kenyataannya IU sudah sama Eunhyuk (dan gue bukan fans Eunhyuk anyway). Yah.... begitulah. Tapi yang terjadi pada ByunTae sebenarnya bukan karena gue nge-bias Taeyeon.

Bias gue di SNSD itu sebenarnya Yoona. Tapi belakangan Yoona jadi tidak semenarik dulu sampai akhirnya gue kenal Taeyeon dan mulai suka sama dia sejak debut TTS (dan ada Baekhyun di dalamnya) kemudian makin suka sejak 'I Got A Boy'.

Kalau dipikir-pikir, Baekhyun sama Taeyeon memang sudah cukup lama terekspos. Dibandingkan dengan member SNSD yang lain, yang sering banget keliatan sama EXO (sepengelihatan gue) kayaknya sih emang Taeyeon. Mungkin gue salah karena gue nggak selalu update tapi.... gue ngerasa kayak yang.... yah.... begitu.

Nature Republic?

Panggung SMTOWN juga jadi ajang kebersamaan Baekhyun dan Taeyeon. Banyak juga momen-momen lain dimana Baekhyun terlihat nyari-nyari perhatian dari Taeyeon. Itu hanyalah kepingan hal yang bikin gue sebagai shipper makin heboh aja gitu.

Sampai setelah GGTour Jakarta, gue ngepost foto di Instagram dan gue tag ke Taeyeon waktu itu. Kalau yang follow gue udah dari lama mungkin ingat yang ini. Hehe. Waktu itu gue post dengan caption 'Noona-nya Baekhyun' dan Taeyeon secara mengejutkan nge-LIKE foto itu.
*
*
Sebelumnya Taeyeon juga sempat nge-LIKE foto dia yang disebelah-sebelahin sama Baekhyun. Foto orang sih bukan foto gue. Tapi ada banyak foto Baekhyun-Taeyeon yang di-LIKE sama dia. Itu jauh sebelum SM mengkonfirmasi mereka 4 bulan pacaran. Saat itu mungkin orang hanya menilai Taeyeon just doing her job as a sunbae.

Semua yang terjadi di 19 Juni itu terlalu indah untuk seorang shipper. Semuanya membuat ByunTae terasa real walaupun sebenarnya kita sendiri (gue) nggak pernah menyangka kalau ByunTae suatu hari nanti akan jadi real couple seperti sekarang.

Makanya ketika SM konfirmasi hubungan mereka, semuanya jadi aneh. Entahlah... Bukan karena masalah usia, tapi ada yang aneh... Sejak kapan sih SM membolehkan artisnya satu manajemen pacaran?

Lee Yeon Hee pernah bilang ketika dia jadi bintang tamu di satu acara. "Di SM, dulu memang ada peraturan nggak boleh pacaran tapi sekarang udah nggak lagi. Di SM, kita boleh pacaran asal nggak ketahuan,"

Gue juga pernah baca beberapa fans Korea yang menyebutkan bahwa "Artis/trainee SM itu nggak akan punya pilihan lain selain pacaran sama artis/trainee di satu manajemen. Kenapa? Soalnya mereka nggak boleh pacaran (waktu itu). Kalau mereka ketahuan pacaran mereka bakalan dapat--apa istliahnya--hukuman dari manajemen.

Bagaimana cara mereka menyampaikan hasrat mereka untuk berkasih sayang? Ya pacaran dengan orang di satu manajemen. Jelas akan lebih aman karena kalau mereka mau pacaran, mereka tinggal ketemu di gedung punya manajemen atau tempat latihan. Mereka seolah-olah hanyalah teman dekat tapi sebenarnya pacaran. Resiko ketahuannya juga kecil karena ya seolah-olah hanyalah hubungan teman biasa aja,"

Diam sebentar waktu baca itu dan bergumam, bener juga!

Masuk akal kalo waktu jaman trainee ada member SNSD yang pernah pacaran sama member SUJU (misalnya). Masuk akal juga kalau member f(x) ternyata dekat dengan member EXO. Masuk akal juga kalau misalnya Victoria jadian sama Changmin. Semuanya bisa aja terjadi karena siapa sih yang tahu dalem gedung itu ada apa.

Ya gue juga nggak tahu itu bener atau tidak, cuma pendapat K-fans itu masuk akal juga. Semua remaja tentu punya hasrat buat berkasih-sayang (O<--<). Ditambah dengan kondisi trainee/artis-artis SM yang (katanya) udah cantik dari sananya. Ngeliat cewek cantik/cowok ganteng di manajemen mustahil hati mereka gak geter-geter. Orang kita aja ngeliat di laptop gemeteran gimana ketemu langsung.

Tapi sekali lagi ya itu nggak tahu benernya kayak gimana.

Balik lagi ke Taeyeon dan Baekhyun, muncul sebuah pertanyaan besar (yang lagi-lagi sama). BENER GAK SIH INI? BENER GAK SIH SUDAH PACARAN SEJAK FEBRUARI?
*
Acara ini tertanggal pada 9 Maret 2014.
"Mereka awalnya cuma kaka-adik doang terus muncul benih-benih cinta," kata SM. Masuk akal sih. Tapi, yang masih nggak masuk akal itu KOK BISA SM BUKA BUKAAN SOAL PACARAN SATU MANAJEMEN. Itu aja.

Sampai detik gue menulis postingan ini gue masih nggak percaya. Semua mungkin akan langsung kepikiran sama pengalihan isu keluarnya Kris dari EXO, isu SM nggak bayar pajak atau isu-isu lainnya. Gue pun awalnya mikir kayak gitu. Tapi, ah masa iya sih?

Isu keluarnya Kris semakin hari semakin hilang kalau dari sudut pandang gue. Semakin hari semakin orang udah yang nggak peduli lagi sama Kris (masih ada kok yang peduli). Terlebih ketika dia sudah mulai syuting film padahal mediasi antara dia dan SM baru akan dilakukan 8 Juli nanti. Tapi kemudian, Sehun update Instagram ganti username dan bio jadi EXO11 semacem pembuktian kalau sebenarnya kasus Kris ini udah selesai. Kris udah positif keluar dari EXO.

Setidaknya dari sudut pandang member EXO-nya sendiri. Oh dan mereka yang bias ke EXO11.

Lalu kalo dibilang pengalihan isu pajak, beberapa waktu yang lalu SM mengklarifikasi tuduhan itu dengan menunjukkan bukti-bukti yang jelas kalau tuduhan itu salah. Jadi sekarang, isu apa yang harus dialihkan? SMROOKIES yang sampai sekarang COMING SOON terus?

Temen gue pernah bilang, dia punya temen orang asli Korea dan kata temennya itu, di Korea semua berita seputar politik, ekonomi dan kenegaraan kalo udah parah-parah banget, pemerintah biasanya melakukan pengalihan isu dengan membocorkan skandal artis.

Membocorkan dalam hal ini bisa dua sih, bisa bener emang dibocorin atau seolah-olah dibocorin padahal sebenarnya bohong (settingan).
*
*
Contoh gampangnya itu kasus Park Bom yang penyelundupan obat. Udah dari 2010 dan kembali dibahas sekarang. Katanya ketika berita Bom keluar, kasus Sewol (gue gak tahu persisnya gimana pokoknya teknis banget dan berhubungan sama penyalahgunaan sesuatu yang membuat kapal itu tenggelam gitu--koreksi gue kalo gue salah) lagi mau dibawa ke majelis nasional. Makanya orang menilai kasus Bom buat pengalihan isu ini.

Kata temen gue juga, waktu Yoona-Seunggi itu konfirmasi pacaran pas Januari, di Korea katanya ada orang yang bakar diri gitu karena masalah politik. Untuk menutupi kasus itu, akhirnya dibocorinlah itu pacaran Yoona-Seunggi.

Karena gue nggak pernah update berita pemerintahan negeri sendiri apalagi negeri Korea, gue nggak bisa menilai apakah memang Baekhyun-Taeyeon ini salah satu bentuk pengalihan isu kenegaraan atau tidak.

Pertanyaan yang lain, kenapa harus Taeyeon dan Baekhyun?

Tentu saja gue nggak bisa menjawab pertanyaan itu dengan benar dan tepat, alasannya apa. Hahaa semua orang juga pasti bertanya-tanya. Tapi, kalau menurut pemilihan siapa yang pacaran dengan siapa itu ya harus yang impact-nya jelas. Harus ada hal yang selalu hangat dibicarakan (terbukti dalam dua minggu terakhir ini jadi topik yang mengalihkan perhatian banyak orang. PENGALIHAN ISU SUKSES!).

SM nggak mungkin bikin sebuah pengalihan isu dengan mengkonfirmasi artis mereka yang nggak terlalu berpengaruh ke masyarakat. Misalnya, Kim Min Jong jadian sama aktris X. Atau misalnya Moon Ga Young/Yoon Sohee tiba-tiba nikah muda dan berhijab. Siapa peduli. Moon Ga Young dan Yoon Sohee cantik sih emang gue ngefans, tapi dibandingkan SNSD jelas lebih berpengaruh SNSD. Kim Min Jong terkenal banget tapi apakah fans-nya yang sekarang sudah ibu-ibu dan bapak-bapak masih rempong ngurusin kehidupan artis idolanya?

Kita ambil contoh ketika Shindong baru-baru ini jalan sama seorang model dan katanya mereka pacaran. Abis berita itu keluar, apakah ada kelanjutannya? Apakah ada masalah berentet yang muncul di belakangnya? Apakah ada adegan minta maaf di bandara karena merasa telah mengecewakan fans? Kalo ada kasi tau biar gue update.

Impact hubungan pacaran Baekhyun dan Taeyeon ini bisa dibilang lebih super dari Shindong Super Junior. SNSD itu fandomnya besar banget di Korea. EXO, entahlah tapi mungkin sudah mulai banyak juga (katanya kan EXO di Korea gak populer banget). Dua nama yang sekarang jadi sumber uang paling besarnya SM itu tentu punya impact yang sangat besar.

SM tentu mau ketika mereka merilis berita pacaran artisnya, reaksi orang nggak cuma sekedar, "Oh jadian, yaudah selamat ya!". SM mau lebih dari itu. Salah satunya adalah kenaikan harga saham mereka. Welldone! Baekhyun dan Taeyeon setidaknya menyelamatkan perusahaan! Dan ketika lo menyebut 'menyelamatkan perusahaan (SM Entertainment)', kebayang dong harusnya siapa saja yang ada di bawahnya? Ya artis, trainee, staff, tukang bersih-bersih, manajer dan semua pegawainya.

Bukankah impact yang diberikan Baekhyun dan Taeyeon ini sangat keren sekali? Ya termasuk juga menghancurkan hati fans. Itu juga keren.
*

SM juga bisa jadi mau membuat pencitraan berbeda soal perusahaannya. Mau menimbulkan kesan bahwa 'SM itu sekarang boleh loh, pacaran sama satu manajemen,'. SM mungkin mau mengubah pendapat publik bahwa manajemen mereka itu strict dan sebagainya. Cara paling gampang dan paling dipercaya ya itu, menggunakan artisnya sebagai bumbu-bumbu penyedap.

Walaupun mungkin banyak yang akhirnya malah menyerang SM karena ini. Hahahaha tapi yaudah, seperti apa yang ditulis Zhang Yi Xing di Weibo-nya, "Saya memilih untuk percaya pada perusahaan," Kalau artisnya aja percaya, kenapa kita harus ragu. Mereka bertahan disitu aja udah patut diacungi jempol banget. Terlepas dari mereka harus bayar utang segala macam. Kalo ditinggalin cuma karena sekedar skandal pacaran, kan kasian. Tambah lama dong bayar utangnya ntar kalo fans-nya makin dikit.

Tapi ya karena semuanya berpusat pada pencitraan perusahaan ini juga sih yang bikin gue nggak terlalu percaya sama kebenaran mereka pacaran. Hahahaha tapi kalaupun benar, malah justru lebih bagus.

(Bener kok! Mereka pacaran kok! Kan ada foto-foto Disptach!)

(HAHAHAHAHA)

Buat gue pribadi foto-foto yang dirilis Dispatch itu nggak terlalu punya banyak arti. Cuma sekedar bukti kalau "Ini loh Baekhyun-Taeyeon nggak cuma sekedar gosip tapi mereka kencan," walaupun keliatan banget (kan sotoy lagi) itu fotonya settingan sebenarnya.

Di jaman no pic = hoax gini, kalo nggak ada foto nggak akan keren. Itu juga udah dibuat se-natural mungkin sih. Walaupun, tetep aja bego. Mana ada orang pacaran diam-diam tapi naik mobil yang atapnya terbuka. Heol.

Terlepas dari bener atau tidaknya mereka pacaran, gue sih seneng-seneng aja ngeliat Baekhyun sama Taeyeon. Menurut gue nggak ada yang harus dipermasalahkan dari hubungan mereka. Mereka juga sama-sama manusia yang butuh cinta.

Taeyeon nggak mungkin jadi perawan tua sementara Tiffany asik ongkang-ongkang kaki udah punya Nichkhun. Sementara Baekhyun butuh sekedar kasih sayang karena Kris sudah pergi meninggalkan dirinya untuk selama-lamanya. Duh Bangke Couple kesayangan hahahaha

Tentu masing-masing orang akan menyikapi hubungan Baekhyun dan Taeyeon dengan berbagai reaksi. Tapi kalau sampai menyakiti diri sendiri dan membahayakan nyawa itu sih menurut gue sebuah hal yang sia-sia semata.

Contohlah Polar Light, sosok yang bisa dibilang udah semacem dewa-nya fans Baekhyun gitu. Sebagai seorang fans yang sudah sebegitu banyaknya memberikan jiwa raga harta bendanya sama Baekhyun, dia tetep mendukung pria ber-eyeliner itu dengan sepenuh hati.

Sekarang, buat yang nggak pernah memberikan pengorbanan sebesar Polar Light mau ngambek berlebihan sama Baekhyun, benci berlebihan sama Baekhyun, itu semacem yang.... errrrrr.... Coba tanya diri sendiri (saya). Gue pernah melakukan pengorbanan apa buat dia? Apakah gue pernah berdarah-darah ngejer dia dari negara satu ke negara lain cuma sekedar buat dapet foto? Apakah gue pernah sampai yang tertekan cuma karena gue nggak bisa lagi foto dia? Kalo nggak, yaudah nggak ada alasan untuk jadi benci sama Baekhyun cuma karena dia pacaran.

Akhir kata, marilah kita melakukan selebrasi dan mengkongratulasi(?)kan hubungan dua insan yang dimabuk cinta ini. Apalah salahnya mereka jatuh cinta? Kalau keluar perusahaan lalu main film dan akhirnya digosipkan pacaran dengan sutradara filmnya aja boleh, masa jatuh cinta nggak boleh? Dimana letak keadilan bagi insan yang dimabuk asmara?

Patut juga dirayakan kenyataan bahwa SM (katanya) mau ngerubah sistem hubungan kasih-sayang antara artis-artisnya. Kedepannya mungkin kita bisa menyaksikan member EXO lain berkasih sayang dengan member f(x). Gue sih ngarepnya Kai-Krystal sama Suho-Luna.

Akhir kata lagi, delusi itu bisa jadi nyata guys. Baekhyun-Taeyeon buktinya. Baekhyun sebelum masuk SM pastilah pernah berdelusi pacaran sama Taeyeon karena dia ngefans Taeyeon. Akhirnya beneran (menurut pengakuan SM) pacaran juga.

Akhir kata lagi, gue menulis postingan ini sekedar berbagi bagaimana pendapat gue BUKAN NGAJAKIN LO HARUS NGE-SHIP BAEKHYUN-TAEYEON ATAU PERCAYA INI SETTINGAN. Ah, nanti kayak kasus Kris lagi gue dikira ngajak jadi anti-Kris.

Yehet!

Share:

41 komentar