Step by Step Jadi Member #EXOLOVE

*
Sudah coba daftar jadi member EXO-L secara resmi? Atau masih eror? Nggak usah khawatir. Bukan cuma kamu yang mengalaminya tapi jutaan orang diluaran sana juga mengalami hal serupa. Nggak usah merasa didahului atau gimana-gimana, ini memang lagi euforianya aja tinggi makanya susah diakses situsnya.

Wajar, yang akses kan nggak cuma orang Korea atau Indonesia aja. Tapi ini global fanclub yang artinya temen-temen kita yang ada di alaska mungkin juga sekarang sedang berkutat dengan sambungan internet mereka untuk membuka situs exo-l.smtown.com.

Sibuknya server situs ini membuat hampir semua situs di bawah smtown juga susah di akses. Ketika saya mencoba untuk membuka situs SMTOWN.com pada hari Rabu (6/8/2014) lalu, saya juga mengalami kendala yang sama dengan ketika saya membuka exo-l.smtown.com. Hampir setiap kali saya sudah berhasil masuk, pasti diakhiri dengan logo loading yang nggak berenti tawaf alias muter-muter.

Tapi sebenarnya ini hanya masalah waktu sih. Tipsnya, sediakan internet yang cepat (nggak perlu supercepat, cepat aja udah Alhamdulillah Ya Allah), sediakan banyak waktu, sediakan cemilan dan minuman yang cukup.
*
*
Kalau sudah, ikuti langkah-langkah ini (untuk pendaftaran lewat web-laptop, untuk mobile-apps prinsipnya sebenarnya sama saja):

1. Untuk bergabung jadi member EXO-L atau akan saya sebut EXOLOVE di sepanjang tulisan ini karena EXO-L nyebutnya nggak enak (eksoel, dicoel), yang paling penting dan mendasar adalah kalian harus punya dulu akun SMTOWN. Bagaimana cara bikinnya? Gampang!

Buka situs ini https://membership.smtown.com/ lalu akan muncul tampilan layar seperti di bawah ini:
*

*
Nggak usah terlalu mikirin sama MUSIC NATION SMTOWN atau apapun tulisannya. Yang jelas, ini tujuannya bikin ID SMTOWN aja. Jangan lupa siapkan sebuah email yang mudah dihapal. Kalau bisa yang memang sudah akrab kamu gunakan untuk akun-akun media sosial, jadi nggak akan lupa.

Setelah muncul tampilan tadi, klik SIGN UP yang ada di bagian bawah kanan. Maka akan muncul tampilan seperti ini:
*
*
Isi semua data yang diminta. Nggak masalah apakah kamu mau pakai nama asli atau nama palsu. Saya sendiri untuk akun SMTOWN pake nama Ronzzy Kevin, karena nama asli saya hanya saya gunakan Insya Allah untuk buku nikah dan dokumen kenegaraan lainnya.

Pada saat memasukkan email, silahkan klik CHECK ID untuk memastikan email kalian nggak pernah digunakan. Kalau sudah pernah digunakan nanti akan diminta buat masukin email lain. Kalo belom digunakan, akan muncul tab dialog 'OK AVAILABLE!'

Password HARUS diisi dengan kombinasi huruf dan angka. Misalnya saya pakai password 'kambinggunung1992' yang merujuk pada idola saya Byun Baekhyun. Isi juga bagian Security Answer/Question kalau-kalau kalian nanti lupa email. Catat pertanyaan dan jawabannya buat jaga-jaga. Selalu isi alternate email (email master yang kalian punya) untuk persiapan juga kalau lupa password, karena email yang kalian pakai daftar+password akan diteruskan ke email ini biasanya.

Setelah semua lengkap, pastikan 'Terms and Agreement' sudah dicentang, lalu klik 'OK'.

Kalau kalian berhasil mendaftar, maka akan muncul pemberitahuan bahwa SM sudah mengirimkan email konfirmasi ke email yang kalian gunakan. Silahkan cek email disitu dan ada link di dalamnya yang harus di klik untuk masuk ke akun SMTOWN kalian. Tampilannya kayak gini:
*
*
Saya sendiri mendapatkan email itu tangal 18 Maret 2013. Jadi memang sudah lumayan lama beraktivitas di akun SMTOWN. Sebelumnya males aja karena emang lemot. Nah kalo sudah klik confirm, nanti akan diteruskan ke situs SMTOWN-nya lagi. Biasanya kalo sudah masuk, di bagian atas akan ada tulisan LOGOUT dalam hangul (kalau Bahasa yang kalian pake Bahasa Korea). Kalau masih ada tulisan LOGIN, berarti silahkan login lagi.

Kalau sudah masuk, yak! Kalian sudah punya ID SMTOWN.

Tapi, kalau misalnya ketika kalian klik 'OK' (sebelum berhasil menerima email konfirmasi maksud gue) dan muncul tampilan seperti ini:
*
*
Silahkan ulangi proses isi form dari awal sampai berhasil ke halaman yang memberitahukan kalau email konfirmasi sudah dikirim ke email kalian.

Nah, setelah punya SMTOWN ID, kalian sudah bisa mengakses semua situs dibawah SMTOWN. Iya f(x), iya SNSD, iya SJ dan semuanya. Termasuk EXOLOVE.

Kenapa saya menyarankan kalian untuk bikin akun SMTOWN dulu? Karena sampai saat ini situs SMTOWN aja masih nge-down, apalagi kalian mau registrasi lewat exo-l.smtown.com tanpa punya ID. Prosesnya akan jadi 2 kali lebih menyebalkan.

Dan, ID SMTOWN ini sangat memudahkan kalian untuk mendaftar di EXOLOVE.

2. Klik Login di halaman depan exo-l.smtown.com, lalu akan muncul tampilan seperti ini:
*
*
Nah, tadi kan kalian sudah punya akun SMTOWN kan ya, yaudah itu tinggal masukin email-nya aja kesitu plus password-nya. Tentu saja. Kalau misalnya nih kalian keukeuh mau register via exo-l.smtown.com. Tapi ya berantem sama jutaan yorobun lain diluar sana. Silahkaaan.

Kalo misalnya gak punya akun SMTOWN, klik JOIN MEMBERSHIP dan akan muncul tampilan kayak gini:
*
*
Isi form-nya, ikuti langkah-langkahnya, tunggu email konfirmasinya :) Nah cobaan dimulai disitu deh tuh.

3. Udah kan? Masukin email dan password, terus klik LOGIN? Nanti akan muncul lagi halaman kayak gini:
*
*
4. Nah, di bagian ini kan sebenarnya sudah tinggal tahap akhir. Tapi karena traffic yang menyebalkan, jadi ketika kalian menekan tombol START itu akan LAMAAAAAA banget responnya. Gue menghabiskan sekitar dua jam cuma buat bisa beneran ke-START. Kadang, kalo dipencet juga nggak respon. Jadi, relakan mouse kalian mengklik se-barbar mungkin. Karena itu juga yang gue lakukan sampai akhirnya VOILA! Terdaftar juga!

5. Kalau sudah berhasil masuk dan ter-LOGIN, nanti di halaman utamanya di bagian kanan atas bakalan ada tulisan: L-CARD | MY PAGE | LOGOUT | CUMMUNITY | ENGLISH

Fungsinya?

L-CARD: untuk melihat kartu anggota kalian. Ini sebagai bukti bahwa kalian sudah resmi jadi bagian dari EXOLOVE. Kartu ini bisa diunduh ke format pdf dan bisa di print sesuka hati. Gratis kok. Bentuknya kayak gini:
*
*
Kalo klik PRINT, nanti muncul tab printer yang kalian gunakan. Nah karena kemaren gue iseng nge-klik padahal gue gak pernah konek printer ke laptop gue, yang muncul adalah pilihan print ke pdf. Jadi file itu bisa jadi file pdf gitu. Yaudah nanti print bentuk kartu anggota aja biar lucuk. Nggak juga gapapa.

MYPAGE: ini idealnya kalian ngedit profil kayak di FB gitu. Ya identitas diri kalian lah begitu. Tapi sampai gue menulis artikel ini, setiap kali gue mencoba untuk masuk ke halaman itu selalu error.

LOGOUT: untuk keluar dari situs. Ya sama kayak keluar dari Twitter dsb lah ya. Tapi kalo laptop sendiri sebenarnya gaperlu LOGOUT. Kecuali kalo di warnet. Cuma, sistemnya kalo SMTOWN sih kalo udah close tab dan gak aktif beberapa jam, ke logout sendiri.

COMMUNITY: isinya FANBOARD EXO, FROM STAR (surat yang ditulis EXO), STAFF DIARY sama NOTICE. Sama kayak kalo lo buka exo-k.smtown.com, ada juga bagian ini.

ENGLISH: indikator bahasa yang sedang lo gunakan. Kalo yang nampak ENGLISH berarti lagi pake bahasa Inggris. Nggak bisa milih bahasa Sunda atau bahasa Kalbu karena enggak ada.

Oh iya, selama ini akan banyak error yang terjadi karena gagal login. Akan muncul juga notifikasi kayak gini kalo error:
*
*
6. Lalu? Sebenarnya setelah kalian berhasil dapat L-CARD, kalian sudah selesai mendaftar dan resmi jadi EXOLOVE YOROBUN. Tapi, selama Agustus SM ngadain sayembara (YANG MEMBUAT SEMUA ORANG MENGAKSES SITUS ITU SAMPAI AKHIRNYA OVERLOAD DAN ERROR TERUS) yang berhadiah macem-macem.

Ada Voice Note, Signed CD, Gold Card sama Lucky Box. Ini semuanya diundi untuk kalian yang menjawab pertanyaan yang ada di halaman utama dengan benar. Jadi kalo kalian daftar di bulan ini, kalian bisa dapet hadiah kalo beruntung. Tapi aksesnya jadi mampus mampusan. Kalo kalian daftar bulan depan, kalian gak dapet hadiah tapi daftarnya gampang.
*
*
Buat dapet hadiah kan harus jawab pertanyaan, nah pertanyaan ini hanya bisa diakses kalau kalian sudah LOGIN dan terdaftar sebagai member. Ada 11 pertanyaan berbeda di setiap planet yang bergambarkan logo para member. Pertanyaannya sebenarnya nggak susah dan semuanya pasti jawabannya ada hubungannya sama member yang lo pilih.
*
*
Nggak ada keharusan lo harus menjawab pertanyaan itu. Nggak harus jawab 11 juga. Pilih sesuai bias juga gak masalah. Tapi kalau mau jawab 11 juga sebenarnya nggak ada yang ngelarang.

Hanya saja, respon ketika kalian membuka pertanyaannya dan menjawab pertanyaannya membutuhkan waktu yang relatif cukup lama. Kadang juga error dan muncul tulisan 'YOU ARE OFFLINE' gitu. Pokoknya bisa terjadi error kapan saja dan di bagian mana saja.

Beruntung, gue sudah menjawab semua pertanyaannya dengan benar dan gue akan bocorkan ke kalian apa saja yang ditanyakan oleh masing-masing planet. Masing-masing punya hadiah yang beda-beda. Misalnya, ketika gue jawab pertanyaan di Baekhyun Planet, gue dapet Voice Mail. Tapi nggak langsung dapet, diundi sih. Gatau kapan. Suka-suka SM aja.
*










*
Kris nggak ada pertanyaannya mungkin gak sempat setor karena masih di Praha. Wakakakaka Nah kalau udah begitu, yaudah, kalian udah jadi member EXOLOVE. Nantikan saja program-program yang akan diluncurkan SM selanjutnya lewat situs itu. Yang jelas, sepanjang Agustus, situsnya akan selalu lemot.

Kuncinya supaya bisa masuk adalah sebenarnya sabar dan coba terus. Nggak usah buru-buru karena nggak ada yang lebih keren masuk duluan atau belakangan. Ini hanya sekedar status official atau tidak saja. Dan itu nggak berarti banyak kalo lo nggak pernah melakukan hal penting buat EXO seperti beli CD misalnya.

Buat apa koar-koar jadi official member EXOLOVE kalo gak pernah beli CD original mereka? Gabung fanclub gratisan nggak membantu mereka untuk dapet makanan. Jadi gausah sombong kalo udah berhasil daftar.

#ngomongsendirilohiniguebenerandeh

Selamat mencoba! Selamat tinggal EXOFANSYOROBUN! Selamat datang EXOLOVE!

Semoga berhasil yang mencoba daftar :)


Share:

192 komentar