Sebut Saja 'Monster'


Ada perasaan yang meledak-ledak waktu 'Lucky One' dirilis. Tapi meledak-ledaknya nggak seheboh ketika nonton MV-nya. Setiap detik tuh kayak berharga banget dan pengen banget dikomentarin. Setiap perubahan adegan kayaknya ada aja yang pengen dibahas. Dan ya, semuanya tumpah begitu aja di Twitter dan sudah gue tuliskan juga reaksi per adegannya di posting-an sebelumnya.


Semua ekspektasi gue sama 'Lucky One' tuh kayak kebayar abis gitu loh, di setiap adegan dalam MV-nya. Sesuatu yang memang layak ditunggu setelah setahun. Nggak salah dong kalau kemudian gue juga menaruh harapan yang cukup tinggi buat senjata pamungkasnya: 'Monster'? Karena dari teaser MV-nya sih, videonya bakalan keren dan oke banget. Belum lagi karena efek 'Lucky One' yang udah sebagus itu, otomatis (menurut gue) yang selanjutnya nggak mungkinlah jelek-jelek banget. Ya paling enggak kan harusnya bisa setara. Positif deh, SM bakalan bikin 'Monster' ini rada sedikit di luar dugaan. Just like the 'Lucky One'

Jadi malam itu seperti halnya kebanyakan orang yang nungguin EXO di seluruh dunia ini, wkwkwkwkw, gue juga refresh-refresh itu YouTube SMTOWN berkali-kali setelah 'Lucky One' dirilis. Menunggu-nunggu sambil menebak-nebak dalam kepala seperti apa kelanjutan ceritanya. Apa memang bener berkelanjutan? Bagaimana akhirnya mereka bisa keluar dari maze dan terlibat bentrok antara mahasiswa dan satpol PP begitu? Terus ya penasaran juga ini hubungannya apa antara monster, alien, sama suntik mandul.

Menyimpulkan yang tampak di teaser MV sejauh ini kan mereka semua mendadak punya pengikut (puluhan remaja bak domba-domba tersesat yang sangat disayangkan mau aja diperalat oleh EXO) lalu mereka semua bentrok dengan satpol PP yang (kalau menurut Teori Suntik Mandul) adalah antek-antek pemerintah.

Gak tau deh tuh cerita lengkapnya kayak gimana. Mau bilang gue berharap Teori Suntik Mandul beneran juga kok ya jijik. Tapi pastinya ada dong, alasan kenapa mereka akhirnya berantem sama satpol PP. Apakah mereka bener-bener mau dijadikan senjata rahasia dan memberontak lalu melakukan perlawanan? Atau gimana sih? Wah pokoknya malam itu imajinasi liar udah  entah ke mana. Nyambung-nyambungin MV yang sebelumnya sama MV yang akan dirilis ini.

Ah... tapi ternyata emang manusia tuh nggak boleh berlebihan. Nggak boleh berharap lebih. Nggak boleh berkhayal ketinggian. Karena di atas langit masih ada langit. Di bawah neraka masih ada neraka. Di setiap harapan pasti ada (chance untuk) kecewa. Ah...

Pas akhirnya refresh-an terakhir dan MV-nya muncul di YouTube, lalu gue download, lalu gue tonton dari awal sampai akhir, rasanya kayak.... HAH.... BENTAR.... INI TUH.... SEBENARNYA.... ADA HUBUNGANNYA GAK SIH SAMA YANG TADI GUE TONTON?!



Itu adalah reaksi pertama ketika gue melihat ternyata dua MV ini semacam berdiri sendiri dan nggak ada hubungannya satu sama lain. Di situlah gue merasa sangat kecewa. KECEWA! Harapan gue sudah terbang jauh setinggi langit, kemudian dihempaskan keras ke tanah. Sakitnya Ya Allah... kayak baru abis di chat sama orang yang kita suka tapi abis itu dia cuma minta foto Instagram-nya di LOVE karena dia lagi ikutan kuis banyak-banyakan LOVE.

SIKAMPRET.

LINU. NGILU. MERANA.

Gue berharap sesuatu yang lebih nendang dari segi visual sebenarnya. Sama seperti judul lagunya yang punya kesan WAH banget gitu. Sesuatu yang monstrous. Yang ajaib! Waktu pertama lihat teaser-nya, gue beneran menyangka kalau mereka memang akan jadi bahan eksperimen yang berubah jadi monster karena suntikan yang juga ada di teaser 'Lucky One'. Potongan video yang di teaser itu sudah sangat meyakinkan banget padahal. Ya istilahnya, klimaks deh di 'Monster'. Ah tapi yang satu ini rupanya nggak sampai membawa gue ke titik memuaskan itu.

Secara lagu dan performance di MV ini memang berasa banget sih EXO-nya. Ada kesan misterius yang kembali muncul setelah kita diajak ngepop banget kemaren di 'Call Me Baby' sama 'Love Me Right'. 'Monster' ini tuh kayak nyomot sisi gelap musik di 'MAMA', perasaan menggebu-gebu di 'Overdose' dan misteriusnya 'Wolf' digabung jadi satu dan dikemas ke dalam bentuk yang lebih kekinian. Ketimbang 'Lucky One' sebenarnya dari segi lagu yang EXO banget malah 'Monster' karena gue masih mendengar nada-nada kayak 'Overdose' di sini. Kalo aja lagu ini dibuat lebih grand lagi kayak musiknya 'El Dorado' pasti lebih oke lagi! Tapi yang ini sebenarnya juga udah bagus banget. Cuma sayangnya, MV-nya kentang nih.

Mungkin perasaan kentang itu muncul karena gue terlalu berharap kebanyakan kali ya. Dan karena gue terlalu fokus ke 'Lucky One' dan mencari-cari kelanjutan ceritanya. Mungkin karena juga terlalu dipikirin. Kalau misalnya malam itu gue nggak nungguin MV-nya nih, terus kebangun pas sahur dan inget kalo EXO rilis MV, terus yang gue klik pertama adalan 'Monster' bukan 'Lucky One', mungkin perasaannya akan beda. Bisa jadi gue akan spazzing 'Monster' dengan lebih banyak ketimbang 'Lucky One' atau mungkin justru sama banyaknya dengan 'Lucky One'. Efek kentangnya mungkin muncul karena gue nonton 'Lucky One' duluan dan udah ngerasa "ini bagus banget!" terus 'Monster' muncul dan kebagusannya cuma sampai di level 4 sementara 'Lucky One' bisa sampai 5.

Rasa asyik yang gue dapatkan ketika menonton 'Lucky One' nggak muncul lagi saat menyaksikan 'Monster'. Walaupun dua MV ini berusaha untuk menggunakan alur yang nggak jauh berbeda. Penuturan ceritanya juga bisa dibilang kurang lebih sama, walaupun 'Lucky One' pake alurnya yang progresif (alur maju) sementara 'Monster' pake alur regresif (alur mundur).

00:40 - Sebelum kita dibawa masuk lebih dalam ke MV, ada shot jam tangan yang bergerak mundur dan piring-piring yang pecah menyatu kembali. Tao nggak ada di sini, tenang aja, ini hanya penggambaran alur dari MV-nya. Ketika MV ini dimulai dan Baekhyun sedang bicara dengan ular itu sebenarnya semua member sudah ditangkap dan masuk ke mobil tahanan. Nah Baekhyun udah mau nyelametin tuh. Tapi sebelum itu kita dijelasin dulu apa yang terjadi sebelum Baekhyun menyelamatkan mereka, dan ya begitulah kemudian flashback ke kejadian sepanjang MV sampai di adegan Baekhyun nyetir mobil.
03:19 - Jam ini kembali muncul tapi sekarang jarumnya berputar lebih cepat dan maju. Menggambarkan flashback udah kelar dan kembali ke present time.
Tapi kok anehnya malah 'Monster' terasa agak melempem, padahal kesempatan ceritanya untuk jadi nendang dan ngasih kejutan tuh ada? KENAPA?!?!


Mungkin juga perasaan melempem itu muncul karena gue ngerasa porsi cerita yang dimunculkan di 'Monster' agak lebih sedikit ketimbang 'Lucky One'. Karena kan di 'Lucky One' sama sekali nggak ada part dance yang akhirnya bikin ceritanya bisa lebih dibeberkan dengan leluasa. Sementara kalau gue lihat di 'Monster' ini yang mau ditampilkan tuh ada dua: koreografi sama cerita. Cuma mungkin porsi cerita lebih sedikit dari porsi koreografinya sehingga ada bagian yang harusnya bisa lebih menjelaskan soal apa sih yang terjadi di MV dengan lebih lengkap malah jadi terburu-buru. Efeknya ya malah jadi kayak "HAH, UDAH NIH GITU DOANG?!"

Dan kenapa gue bilang alurnya nggak jauh berbeda dengan 'Lucky One' karena:

(1) MV-nya langsung dimulai dengan tanda tanya yang ketika lo mau berusaha menghubung-hubungkan dengan MV sebelumnya dan MV-MV jadul tuh masih nggak nemu di mana benang merahnya.

Siapa Baekhyun? Kenapa dia bisa bareng sama ular? Ada hubungan apa Baekhyun sama si ular? Lalu apa kabar hubungan Baekhyun dengan Taeyeon kalau selama ini dia berhubungan sama ular? Kenapa tiba-tiba ular? Ini EXO kan? Bukan Animal Planet? Lalu kenapa member lain diborgol di dalam mobil? Apa yang terjadi pada mereka? Kenapa mereka udah nggak punya kekuatan lagi?

Pertanyaan terakhir sih yang paling inti.

(2) Diakhiri dengan sesuatu yang nendang tapi kurang maksimal meski ditutup sebuah kejutan dari Baekhyun. Kejutan yang membuat gue sendiri mengeluarkan ekspresi terkejut yang tidak maksimal. HAHAHAHAHHAHA. [Baekhyun di balik kostum satpol PP] versus [EXO masih terjebak di dalem maze] ya lebih shocking yang maze lah! 'Lucky One' tuh endingnya meninggalkan efek traumatis. Sementara 'Monster'... aduh apa ya kata lain dari kentang...??? Hahahaha Ceritanya udah dibeberin dari awal dengan alur mundur itu jadi yaudah gak ada rahasia lagi di dalamnya. Abis sampai situ doang.

Kalau kemaren di teaser video 'Lucky One' gue nyebut-nyebut soal adanya kemungkinan tentang alternate universe yang ternyata enggak, nah mungkin di 'Monster' ini deh kayaknya setting-nya pake alternate universe itu. Soalnya ya EXO-nya nggak punya kekuatan. EXO-nya jadi manusia biasa nih. Gue nggak melihat ada hubungan yang langsung kebaca gitu antara kedua MV ini. Mau 'Monster' duluan atau 'Lucky One' duluan, tetep aja nggak nemu. Karena kalau misalnya mereka ada di universe yang sama, mungkin itu bentrok sama satpol PP nggak akan kejadian deh.

Kalau memang mereka punya kekuatan kan ya itu satpol PP nggak ada apa-apanya lah! Orang Jongin Joget Pantura aja bisa bikin kepala orang meledak. Lay kan bisa memproduksi bunga-bunga mercon dan meledakin semua orang. Chen tinggal nyetrum satu-satu satpol PP-nya. Chanyeol tinggal ngebakar semuanya (termasuk bakar mobil yang di awal ya hmmm). Ya kan kelar urusan. Orang satpol PP-nya cuma modal pentungan, ngapain pake berdarah-darah dan drama. Fix kalo menurut gue 'Monster' ini menawarkan cerita yang berbeda, dari dunia yang berbeda, dengan latar belakang masing-masing karakter juga berbeda.

Ya mungkin ini alternate universe itu?


Tersebutlah sebuah geng yang isinya sembilan orang. Masing-masing dari mereka punya karakter dan kepribadian yang berbeda-beda. Ada yang hobinya ngaji dan dakwah, ada yang hobinya ngasih rolling eyes ke orang, ada yang kaya raya banget sampai-sampai kalau dia mau beli Empire State Building di New York mungkin bisa kali saking uangnya banyak banget (tolong bayarin S2 gue gitu kek ah), ada lagi satu yang jago banget semua genre dance yang ada di dunia ini mulai yang pake koteka sampai yang pake rok tutu, dari yang klasik sampai tarian khas pantai utara. Tapi kesembilan orang ini, tsk, punya hobi yang tidak senonoh!

Mereka suka banget ikut arisan. Ya kalo arisan gedung bertingkat atau arisan kapal pesiar biasalah. Tapi mereka malah bikin arisan berondong cabe-cabean. Astagfirullah. Di tengah khidmatnya bulan romadon, ada saja yang seperti ini ya. Penyakit di tengah masyarakat banget ini mah. Dan untuk urusan cabe-cabean ini, ada satu yang paling jago di antara mereka. Cowok yang satu ini nggak kalah cabe dari cabe-cabean yang diarisin(?) tapi mau sok-sok belagak nyeremin gitu pake tindikan ceritanya. Padahal nembus kulit juga nggak, orang cuma dijepit doang. Belinya juga di abang-abang depan SD. Keliatannya keren sih, tapi lama-lama kali dijepit ngilu juga. Omong-omong, cowok ini namanya Byun Baekhyun. Jabatan: bandar arisan.


Selama ini Byun Baekhyun selalu dikenal sebagai sosok pria yang baik hati dan ceria. Hampir semua orang yang ketemu sama dia pasti punya kesan yang baik.

"Oh, anak yang suka gelayutan di pundak orang itu kan?" kata salah seorang yang baru mengenal Baekhyun selama empat jam. Orang ini tinggal nggak jauh dari basecamp arisan tempat geng arisan berondong suka kumpul.

Walaupun begitu, Baekhyun juga anaknya tegas. Apalagi kalau sudah masuk ke ranah arisan. Wah, dia bener-bener bisa jadi orang yang paling ditakuti di seluruh dunia. Nggak ada deh yang berani ngelawan dia. Manusia sampai binatang semuanya tunduk sama Baekhyun. Yang paling punya hubungan emosional dengannya saat ini adalah ular. Dulu dia sempat belajar bahasa ular dari salah seorang penyanyi dangdut ekstrem yang pernah ditemuinya di kawasan Pantai Utara Pulau Jawa, Indonesia. Ketika saat itu dia sedang mencari-cari berondong untuk dicabein.

Baekhyun sering banget bolak-balik Korea-Luar Negeri. Makanya dia sering dicurigai sebagai muncikari. Karena suka datang dari luar negeri bersama beberapa orang anak laki-laki. Pernah suatu hari dia diinterogasi petugas bandara selama 12 jam karena masalah ini. Ratusan pertanyaan muncul dari petugas imigrasi bandara soal anak-anak yang dia bawa dari luar negeri itu. Tapi jagonya, Baekhyun ini selalu bisa ngeles. Iya, selain pinter bahasa ular dia juga pinter banget ngeles.

Makanya sejak saat itu, dia pun mencari cara bagaimana caranya supaya dia nggak lagi dipersulit sama petugas. Ya males kali setiap balik dri luar negeri ditanya macem-macem. Politik kotor dan uang pun berbicara.


Baekhyun menjebak seorang pejabat pemerintahan di imigrasi dan kepolisian demi melancarkan proyek cabe-cabeannya itu. Jago bahasa ular, jago ngeles, dia juga licik. Dia berhasil tahu kalau ternyata para pejabat yang akan dia jebak itu ternyata punya rahasia gelap yang kalau ketahuan sama masyarakat pasti image mereka akan hancur dan jabatan mereka terancam. Baekhyun juga punya buktinya. Bukti-bukti inilah yang dia gunakan untuk mengancam mereka.

Ya sebenarnya Baekhyun bisa aja sih dipenjara karena blackmailing. Tapi selama dia punya Suho di sisinya, dunia tidak akan sulit untuk dihadapi. Dengan kekayaan yang dimiliki Suho, dia bisa membuat ketidakadilan yang paling tidak adil di dunia. Yang jelas dengan uang, bisnis arisan berondong ini lancar deh pokoknya. The power of chaebol and Baekhyun. #OTP #BAEKHO #SUBAEK

Nah suatu hari, dua pejabat yang dijebak Baekhyun itu berencana untuk menjebak balik si cowok yang sempat digosipkan pacaran dengan seorang penyanyi cantik itu. Tidak hanya Baekhyun, dua pejabat ini juga akan menjebak delapan orang lain yang ada di geng arisan berondong dicabein.

"Ini bulan ramadan. Kita harus menegakkan amar ma'ruf nahi munkar, hyung!" kata pejabat imigrasi kepada pejabat kepolisian.

Berpegang teguh pada syariat agama, mereka nggak mau masyarakat menjadi rusak iman dan takwanya karena oknum-oknum orang kaya raya yang bisa membeli keadilan dengan uang. Mereka ingin biang arisan berondong ini ditangkap dan dibekuk. Dituntaskan sampai ke akar-akarnya.

Beruntung Baekhyun punya Betty, ular putih polkadot pink peliharaannya yang dia adopsi ketika sedang berenang-berenang lucu bersama Chanyeol (#CHANBAEKFTW) di aliran sungai Pegunungan Alpen. Betty ini bukan ular biasa. Dia bisa dibilang ular ajaib. Dia punya kemampuan menyamar seperti bunglon sehingga orang-orang nggak akan bisa membedakan tubuhnya kalau sudah berkamuflase. Dia juga mempunyai kemampuan menempel di dinding dan langit-langit sehingga bisa merayap melawan gaya gravitasi.


Mendengar kabar dari Betty, Baekhyun pun heboh. Dia buru-buru menelepon Suho dan memberitahukan bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi.

"Keamanan geng kita dan berondong-berondong kita adalah yang utama, hyung! Musuh salah satu di antara kita adalah musuh kita semua!" kata Baekhyun sambil membaca buku curhat. Dia kemudian menyusun rencana bersama anggota geng arisan berondong dicabein. Bagaimana caranya mereka harus bisa menang melawan antek-antek pejabat ini. Bagaimanapun caranya, geng arisan berondong harus tetap survive.

"Pokoknya kita nggak boleh kalah busuk dari pejabat yang buruk." kata Baekhyun di grup chat KakaoTalk kepada pada member arisan berondong. Akhirnya dia menyusun rencana. Begini:

Baekhyun mau pura-pura menyerahkan diri ke pihak berwajib. Dia akan membelot. Ceritanya mau mengkhianati geng arisan berondong. Padahal sebenarnya enggak. Ini hanya akal-akalan saja. Dia akan bilang ke polisi kalau dia mau bertaubat dan keluar dari lingkaran kehidupan nista penuh dosa sebagai pengurus arisan berondong dicabein ini. Lalu setelah itu, dia akan bilang ke polisi: "Aku bisa bantu membekuk mereka.

Ketika rencana itu dia jalankan, polisi awalnya nggak terlalu percaya sama Baekhyun. Tapi setelah dia menjelaskan visi dan misi kehidupannya selama beberapa tahun ke depan, bahwa dia berniat untuk menciptakan kedamaian di dunia dan make a world a better place, polisi pun percaya padanya.


"Yuk pak, mari kita sama-sama menegakkan amar ma'ruf nahi munkar!" begitu katanya lagi.

Tersusunlah sebuah rencana.


Baekhyun memberitahukan kepada polisi di mana geng arisan ini biasanya kumpul-kumpul dan makan bareng. Karena tidak ingin membuat keributan di kampung tempat basecamp mereka, Suho membelikan orang sekampung tiket pesawat ke Eropa (+uang saku!) dan pulangnya baru dua tahun lagi. Jadi pas penggerebekan nggak akan ada yang tahu selain mereka dan para berondong arisan.

Di saat yang sama Baekhyun juga sudah kirim broadcast message ke member geng arisan kalau mereka akan digerebek. Jadi di-setting-lah sebuah adegan makan malam sekaligus pengocokan arisan berondong bulan ini. Sambil deh-degan juga sebenarnya kan itu mereka tahu mereka akan digerebek. Muka-muka mereka jadi pada tegang banget menunggu kedatangan satpol PP menghancurkan makan malam setting-an ini.


"Pokoknya nanti kalo misalnya satpol PP-nya mau nangkep kalian, kalian lawan aja sampe kalian capek," begitu kata Baekhyun. Bossy banget deh pokoknya dia kalau udah gini. Suka nyuruh-nyuruh kalau sudah berurusan soal organisasi arisan ini. Yang lain juga nggak bisa nolak. Apalagi D.O. Dia cuma bisa ngasih tatapan membunuh aja tapi nggak bisa membunuh beneran. Dia terlalu sayang Baekhyun. #OTP #BAEKSOO

Ini semua juga demi kelancaran bisnis arisan dan kemaslahatan para berondong. Demi kehidupan yang layak buat mereka. Mereka juga adalah manusia biasa. Anak-anak muda yang penuh mimpi. Tapi tersesat dan mau aja dikadalin sama Baekhyun.

Baekhyun udah nggak ada di foto ini soalnya dia lagi caper sama satpol PP

Akhirnya tiba waktunya satpol PP datang dan menggerebek mereka. Sempat terjadi perlawanan. Sempat berontak juga. Tapi nggak lama. Perabotan yang ada di atas meja sudah dihancurkan juga sama satpol PP-nya dengan penuh amarah. Dan begitulah, mereka semua tertangkap dan dibawa ke kantor polisi.

Beberapa berondong juga ada yang ikut dibekuk petugas. Sementara beberapa yang lainnya masih aman karena mereka bertugas untuk melakukan rencana pembebasan. Sampai di situ tugas Baekhyun sebagai agen pemerintah bohongan sudah berhasil. Dia juga dipercaya banget sama pejabat-pejabat itu. Padahal mereka nggak tahu aja kalau cowok ini licin kayak belut.




Nggak butuh waktu lama mereka ditahanan. Setelah sempat ganti baju dengan yang lebih kasual dan kekinian walaupun ada bagian yang sobek-sobek nggak apa-apa yang penting keren, mereka siap untuk menunggu rencana selanjutnya dijalankan.

Jadi setelah mereka dimasukan ke dalam sel, para berondong yang tadi nggak tertangkap akan menyelundup menyelamatkan mereka. Mereka juga sudah bagi-bagi tugas. Ada yang tukang bikin pingsan semua pegawai penjara, ada yang tukang jaga pintu keluar, ada yang tukang pantau CCTV juga (yang sebenarnya salah paham sama perintahnya. Dia disuruh mantau CCTV maksudnya nunggu di dalam ruang kontrol, bukan malah manjat tiang CCTV dan jadi CCTV-nya ya tolonglah open your eyes joyongi open your eyes), ada seksi konsumsi, seksi fotografi dan dokumentasi, pokoknya gimana caranya supaya rencana ini berjalan lancar.

Mungkin ini adalah adegan favorit gue nggak tahu kenapa tapi gue ngerasa Chen pengen memberitahukan sesuatu gitu. Kayak, "SAHUR WOY! BURUAN NTAR IMSAK!"
Penjara berhasil dijebol. Mereka sudah siap-siap banget buat kabur. Ah... tapi sial. SIAL BANGET! Ternyata di depan sana sudah ada segerombolan satpol PP yang menghadang mereka. Ya mau nggak mau ini semua member arisan berondong harus face to face dong sama mereka. Lay jadi yang paling depan. Sementara Baekhyun memilih untuk berdiri di belakang aja. Ikut ngomporin.



"APA LO?! APA LO!? BESAR BADAN DOANG LO! BERANI GAK MAJU SINI LO?!" terus dia makin mundur, makin mundur, makin mundur ke belakang. Tapi mundurnya juga beralasan sih.

"Ya supaya gampang kaburnya. Kan nanti aku yang mau nyelametin kalian. Gimana sih?!" katanya waktu rapat sama yang lain sebelum mulai menyerang di luar gedung penjara. Sebenarnya ini cuma akal-akalannya aja karena dia sebenarnya nggak mau babak belur apalagi berurusan sama satpol PP. Tapi karena ini rencana dia, yang lain nggak bisa nolak juga.

02:13 - Dan ya Baekhyun memang berdiri di barisan paling belakang dan dia siap untuk kabur.

02:15 - Dan Sehun ngeliat dia kabur, tapi yaudah, karena dia tahu rencananya jadi ya dia cuma memastikan kalau Baekhyun kabur dengan baik-baik.
Terjadilah bentrokan besar-besaran di luar gedung penjara. Geng berondong dicabein heboh. Nendang sana. Nendang sini. Bakar sana. Bakar sini. Mukul kiri. Mukul kanan. Sementara Baekhyun berusaha mencuri waktu untuk kabur dari sana. Karena sekarang waktunya kembali berperan sebagai agen pemerintah dulu.

"Yaudah pokoknya kalian lawan aja terus mereka lagi sampe kalian capek terus ditangkep lagi. Nanti aku selametin. Udah tenang aja, nanti abis itu kita puas-puasin deh mabok Marjan sama KukuBima. Gue yang traktir!" katanya juga saat rapat sebelum bentrokan terjadi.

Benar saja. Kecapekan bikin onar, energi sembilan member geng berondong terkuras habis-habisan. Dengan begitu mudah buat satpol PP untuk bisa menangkap mereka untuk kedua kalinya. Ketika semua sudah dibekuk dan diborgol, sebuah mobil tahanan pun tiba di lokasi kejadian. Mereka akan dibawa pergi ke sel tahanan tingkat provinsi karena yang tingkat kecamatan sudah rusak sama mereka. Mereka semua dimasukin ke dalam mobil dan dibawa pergi dari sana.







Diselamatkan.

Karena ternyata yang datang menyetir dan menyelamatkan mereka adalah Byun Baekhyun.


Tentu saja semua yang lo baca di atas bukan jalan cerita yang sebenarnya. Gue juga nggak tahu kenapa itu semua bisa muncul dan panjang lebar begitu. Jadi inget pas ngarang bebas waktu review 'EXODUS' jadinya. Tapi ya emang di MV ini, Baekhyun keliatan banget jadi pemimpinnya. Padahal awalnya gue kirain D.O kalau misalnya 'Lucky One' sama 'Monster' ini nyambung. Dan yes, gue sih merasa Baekhyun di MV ini (di cerita versi aslinya) ya kayak semacem double agent gitu. Di satu sisi dia kayak pengen menjerumuskan orang-orang ini tapi di sisi lain sebenarnya dia yang menyelamatkan.

Waktu MV-nya keluar, gue sempat nge-tweet kalau Baekhyun di sini berperan sebagai traitor. Tapi bukan traitor dari sisi EXO-nya, traitor dari sisi yang satunya. Siapa kek, pemerintah kek, pejabat imigrasi kek, petugas kepolisian kek, satpol PP kek atau apalah. Yang jelas, dalam cerita ini Baekhyun kayak semacem punya akses (entah apapun itu) yang membuat posisinya selalu aman.

Alhamdulillah inilah efek dari pesugihan ular putih polkadot pink bernama Betty itu. HAHAHAHAHHA YA ALLAH. Gue sendiri nggak habis pikir kenapa dari semua binatang yang ada di dunia ini, KENAPA UJUG-UJUG ULAR?!?!?! Dan yang ngehek-nya lagi di beberapa review terakhir dan beberapa posting-an gue di blog ini gue sering banget nulis dan nyebut-nyebut Nagini dan #MeliukSepertiNagini.

Apakah SM ngebaca review gue juga? HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA

Sebelum cerita absurd yang nggak penting banget buat dibaca di atas, gue sempat menyinggung soal 'Monster' yang ceritanya agak kentang dan nggak terlalu menimbulkan efek stres berlebihan. Walaupun pada kenyataannya gue benci banget sama 'Lucky One' karena ceritanya oke tapi endingnya gantung, tapi ketika dikasih cerita yang langsung kelar kayak gini kebenciannya makin bertumpuk ganda. "KENAPA KENTANG?!?!?!?!"

Manusia memang nggak ada puas-puasnya.

Walaupun ada kesan yang lebih dewasa dari penggambaran ceritanya, tapi ending 'Monster' ini berasa krik krik sama kayak ending 'Wolf' drama version. Yang ujug-ujug hanya karena setetes air mata bisa melunturkan bleaching rambut Luhan. Itu air mata apa tinner sebenarnya.



Tidak ada hal-hal seperti teka-teki/rahasia yang terlalu ditutupi secara rapat yang disajikan di 'Monster' ini. Soalnya in the end, semuanya terselesaikan dengan baik dan sangat jelas. Dari awal sudah diperlihatkan bahwa ini cowok yang namanya Baekhyun adalah sosok penting di MV ini. Dan di akhir ditunjukkan juga kalau dia adalah penyelamat umat dari amar ma'ruf nahi munkar. Dan sampai di situ, seperti kisah-kisah dongeng Disney: happily ever after. Dan seperti film-film superhero Marvel: siapa yang peduli pada mereka yang mati karena bentrokan dan kehancuran akibat pertempuran?

Feel ketika menyaksikan ending 'Monster' dan 'Lucky One' kontras banget. Yang satu bikin "WANJERRR INI TERNYATA MASIH DI DALEM MAZE?!? TERUS GIMANA ABIS INI?!?! KENAPA ITU CEWEK-CEWEK MASIH BISA MANTAU DARI LAYAR!?!? SIAPA DI BALIK SEMUA INI?!?!" sementara yang satu, yaudah ketika Baekhyun menyelamatkan mereka, semuanya kelar udah.

That's it. Kentang. Gue melihatnya seperti itu.

Kenapa kemudian gue menyimpulkan 'Lucky One' nggak nyambung ke 'Monster' mungkin karena di 'Monster' mereka sama sekali nggak menunjukkan kalau mereka punya kekuatan. Kecuali kekuatan bahasa ular. Ya mungkin nanti akan lebih jelas dan ada titik terang di MV repackaged (mungkin). Tapi karena ini sudah sangat kecewa rasanya, jadi mari kita turunkan ekspektasi serendah-rendahnya dan terima saja apa adanya. Kita lihat saja nanti.


Secara keseluruhan gue merasa 'Monster' ini masih 'Overdose' banget. Kayak misalnya ada beberapa koreografi yang terasa agak mirip. Misalnya waktu bertumpu pada paha dua member itu keinget sama formasi awal 'Overdose' pas bagian "Come in~". Dan ketika EXO membentuk koreografi huruf E-X-O di MV ini yang kebayang di gue malah part 'Overdose' yang "O~ she wants me~" yang lompat tali. Padahal ya jauh banget ya? Adegan koreografi pertama di intro tapi mirip adegan awal di 'Call Me Baby' yang di atas mobil. Agak kaget juga karena Chanyeol pas dance banyak banget di depan. HAHAHAHAHHA

Dan enggak tahu kenapa ya, gue tuh karena suka banget sama 'Love Me Right' akhirnya terus-terusan membanding-mandingkan lagu ini dengan lagu itu.

Gue suka sih dua-duanya. Tapi gue lebih suka bagaimana aransemen 'Love Me Right' yang menyelipkan part Chanyeol dan Sehun di antara bait-bait vokal. Rap-nya nggak ditaroh di jelang akhir lagu seperti lagu-lagu EXO kebanyakan. Ya sebut deh apa aja title track mereka, terus dengerin part rap-nya pasti ada di belakang-belakang. 'Love Me Right' kayaknya yang paling beda.

Dari dulu gue selalu ngerasa aneh sama part rap di lagu KPop tuh. Apalagi SNSD sama EXO deh. Sebenarnya rap-nya juga nggak yang gimana-gimana banget, tapi tetep aja diselipin. Padahal sebenarnya tanpa rap juga kan bagus-bagus aja. 'Gee', 'Genie', 'Hoot', 'Into The New World', nggak rap-nya masih oke aja dikuping. Padahal SNSD punya rapper bernama Hyoyeon.

Belakangan gue ngerasa rap-nya Chanyeol jauh lebih baik daripada jaman-jaman dulu. Di beberapa lagu gue suka deh rap-nya dia. Salah satunya di 'Lightsaber' (dan kayaknya ini satu-satunya lagu EXO yang dia nge-rap dan paling bagus sih). Tapi gue bisa maklum kenapa akhirnya EXO masih tetap mempertahankan lirik-lirik rap di lagu mereka. Karena kalau dihapus, terus Sehun mau ngapain dong? #berlariberuraiairmata


Akhirul qalam, ternyata di MV 'Monster' ini EXO bukan berubah menjadi monster atau Frankenstein seperti imajinasi sebelumnya. Tapi hanyalah segerombolan anak muda yang digerebek pas lagi sahur on the road. Tapi karena mereka berbuat anarkis ya maka sebut saja mereka monster.


Follow Me/KaosKakiBau in everywhere:
Twitter: ronzzykevin
Facebook: fb.com/kaoskakibau
Instagram: ronzstagram
Steller: ronzzykevin
Snapchat: snapronzzy
Line@: @kaoskakibau (di search pake @ jangan lupa)

Share:

0 komentar