Spazzing 'Lucky One'

Gue nggak tahu harus bilang apa ketika ternyata, imajinasi gue tentang MV 'Lucky One' sama seriusnya dengan hasil akhir video terbaru EXO itu. Bener-bener sama sekali nggak menyangka kalau akhirnya, EXO dibuatin lagi satu video klip yang agak bikin mikir. OH THANK GOD!!! MV-nya nggak sekedar gitu-gitu aja. THANK GOD!!! Setidaknya ada video yang punya kasta setara dengan 'Love Me Right'. THANK GOD!!! SM mau berbaik hati membuatkan EXO video yang lebih layak. Ya abis, masa million seller idol MV-nya kandang ayam doang kan ya ngehek.

Dan harus gue bilang kalau MV 'Lucky One' ini cukup mengacak-acak emosi.

Tentu gue akan mengawali tulisan kali ini dengan curhat. You know me so well lah kalau kata boyband Indonesia anget-anget tahi ayam yang sekarang udah nggak tahu nasibnya kek mana.

Di hari perilisan 'EX'ACT' gue berasa lagi capek banget. Gila sih, menyelesaikan review teaser foto dan teaser video selama dua hari ternyata bikin tepar juga. Badan sih enggak, tapi otak iya keder. Ditambah lagi urusan kerjaan. Belum lagi harus menyesuaikan waktu untuk tidur, bangun dan masak buat sahur. Wah, kacau sih, sepanjang hari itu gue uring-uringan banget karena kurang tidur.

Biasanya kalau nggak puasa, kopi adalah sahabat terbaik kalo udah kayak gini. Selain KPop, kopi adalah obat terbaik buat bikin kalem hati dan pikiran sejenak. Belakangan gue nyium aroma kopi aja udah bisa bikin rileks. Tapi karena lagi puasa, yah, nggak bisa deh tuh yang namanya ngendus-ngendus kopi ataupun minum kopi ketika kepala lagi puyeng. Yah, emang cobaannya kali ya. Makanya di hari itu, sehabis kerjaan kelar, gue langsung balik kosan dan milih buat tidur. Karena kepala rasanya kayak lagi disentil-sentil Hagrid.

Ngerti gak sih, rasanya kayak gimana?

Tapi gue sadar kalau gue nggak boleh bablas. Makanya malam itu gue nyetel alarm persis jam 22:00 WIB--jam perilisan MV. Biasanya sih, gue kalo udah kayak gini bangunnya pasti setengah jam sebelum alarm bunyi. Kayak udah sugesti gitu. Dan sebelum tidur malam itu gue juga udah kepikiran sih bakalan bangun setengah sepuluh walaupun alarm-nya baru jam sepuluh. Dan bener aja. Setengah jam sebelum alarm bunyi, gue terbangun.

Setelah goler-goleran selama lima sampai sepuluh menit dan badan udah keringetan parah karena kipas angin gue rusak, gue akhirnya bangun. Yang pertama gue lakukan adalah buka laptop, dilanjutkan dengan cuci muka, nyuci beras buat makan sahur nanti, masukin ke rice cooker (jadi nanti tinggal pencet tombol cook aja) terus ngeliat jam dinding dan menjerit: "EH UDAH KELUAR MV-NYA YA?!"

Tangan masih agak basah bekas nyuci beras tapi cuek aja dan langsung beralih ke depan laptop lagi. Buka YouTube SMTOWN dan paaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaas banget itu kayak baru di-publish beberapa detik yang lalu. Di bawah satu menit seinget gue. Wah gila sih, malam itu perasaan kok deg-degan banget. Kayak lagi nunggu pengumuman kelulusan SNMPTN (yang gue sendiri cuma sok tahu aja gimana nervous-nya karena gue nggak pernah ikutan SNMPTN atau tes masuk kuliah sama sekali).

Sebagai pecinta IDM, gue langsung download MV-nya. Maaf-maaf ni, bukan nggak mau nambah view, tapi ini masalah kuota internet. Jadi harus dihemat-hemat. Karena paket pocong Smartfren baru dimulai jam 1 malam dan itu baru jam 10 (dan masih paket reguler) jadi musti setop streaming dan download aja sekalian.

Kalo bukan EXO sih bodo amat. INI URUSAN FANDOM! URUSAN PRIDE!

#berlebihan #nofuture

(Dan demi kebutuhan spazzing juga perlu download sih. Gak bisa kalo screencaps di YouTube tuh.)

Dan duduklah gue di atas kasur lapis dua yang barusan abis gue kentutin dan baunya lumayan mengganggu. Setelah membuka pintu kamar supaya bau kentutnya keluar dan angin segar masuk supaya adem juga karena kipas angin gue rusak (dibahas terus), gue pun memberanikan diri untuk memutar video klipnya.

Play.


Sumpah demi Tuhan, gue berusaha banget buat kalem dan nggak berisik. At least menjauhkan jari-jemari gue dari laptop dan Twitter untuk empat menit saja fokus nonton video itu. Tapi ternyata nggak bisa. SAMA SEKALI NGGAK BISA. Baru beberapa detik aja rasanya udah pengen teriak kenceng-kenceng sampai diusir dari kosan dan di-blacklist sama masyarakat sekitar.

00:00 - 00:02 - "Loh... Ini kenapa kayak lagunya Taemin yang 'Danger'? Eh enggak. Ini mah SHINee. DREAM GIRL! HAH. BENTAR BARU JUGA DUA DETIK SOK-SOK NGE-JUDGE!"
00:03 - 00:07: "HAHAHAHAHAHAHHA KYUNGSU HAHAHAHAHAHA KENAPA MUKANYA DATAR BEGITU HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAHAH oh ini yang kemaren kata gue abis disuntik mandul terus dikasih parasetamol dosis raksasa ya sampe nggak bisa ngapa-ngapain gitu anaknya?!"
00:07 - 00:13 "Wah gila sih D.O nggak kedip-kedip. Apa nggak pedes itu mata."
00:14: "Eh akhirnya kedip HAHAHAHAHHA"
00:15 - 00:17: "EH HAHAHAHAHA ITU LO KENAPA HAHAHAHAHAHAHAHA ABIS DISUNTIK MANDUL TERUS KENAPA JADI BEGITU?!?!?!? HAHAHAHAHAHHA Sebentar dulu ini sebenarnya efek suntikannya bikin jadi terlihat seperti sakaw, sawan, ayan, atau itu dia lagi melakukan salah satu koreografi dance-nya sih sambil tiduran apa gimana? Kenapa jadi kayak sedang nge-dance begitu?!?!"

"EH KENAPA TIBA-TIBA BISA PINDAH KASUR GITU KYUNGSU?!"
00:19 - 00:22: "KIM JONGIN!!! Loh sekarang jadi vokalis bro!? Kirain masih jadi Barongsai."

"KAISOO DI VERSE PERTAMA LAGUNYA FTW!! SM SANGAT MENDUKUNG DELU KAMI YA ALLAH!! LANCARKANLAH BISNIS MEREKA!!!"
00:22: "LOH KAI PINDAH POSISI JUGA APA APAAN?!"
00:24 - 00:25: "WA'ALAIKUMSALAM, DIA-YANG-DISEBUT-PASANGANNYA-PARK-CHANYEOL-PADAHAL-MAH-YA-SETTINGAN-AJA #EH #GABOLEHNYINYIRPUASA #OKELA"
00:26: "OH, jadi yang pertama kali disuntik mandul Baekhyun?! Jadi tadi Kai sama Kyungsoo bergejolak di atas ranjang itu tuh cuma sekedar ekspresi ketidakinginan disuntik? Ini kenapa Baekhyun kayaknya anteng-anteng aja?!"
00:30: "Bah! Setelah disuntik malah makin mengkilat kulitnya. Oh mungkin ini suntik mandul sekalian suntik porselen."


00:32 - 00:34: "Lah, kirain ini cewek-cewek satu orang doang meranin suster terus mukanya dikopi jadi banyak dengan efek komputer. Ternyata orangnya beda-beda toh! Ekspresinya bisa sama gitu ya?"

"Omong-omong, si cewek-cewek ini nggak ada keliatan berbahaya sedikitpun. Yang dibawa aja papan ujian, bukan senapan angin. Patahin heels-nya juga jatoh itu mah!"

00:37: "MASYA ALLAH KIM JONGDAE MUKANYA PUCET BANGET KEKURANGAN CAIRAN YA AKIBAT KEBANYAKAN BERDAKWAH SELAMA BULAN ROMADON."

00:39: "Bentar dulu. Kenapa dia mendadak ngeliat ke kiri dan ke kanan gitu. Apa itu ada maksudnya? Apakah dia sedang memastikan bahwa penglihatannya tidak terganggu akibat suntikan mandul ini? Tapi belom disuntik kan? Orang gak ada adegan disuntik. Atau dia sedang mempelajari sekitar demi usaha kabur?"
00:42 - 00:44: "YA ALLAH YANG MAHA PENGASIH LAGI MAHA PENYAYANG. JIDATNYA SUHO MENGKILAT SEKALI APAKAH INI YANG DISEBUT LAPANGAN GOLF DI SURGA."

00:44 lebih dikit menuju 00:45: "JANGAN BILANG MAU NGELIRIK KE KAMERA."
pas 00:45: "CACING PITA MUNTABER! SENPAYYYY NOTICED MEEE OMG WHAT IS LIFE."

00:50 - 00:53: "KIM MINSEOK HAHAHAHA KUMISNYA HAHAHAHAHAHAHAHAAHAHAH"

00:54: "Oh oke, abis disuntik mereka diakuariumin. Eh, bentar deh, sebenarnya mereka disuntik gak sih? Apa cuma Baekhyun doang yang disuntik? Kayaknya sih mereka nggak disuntik. Trus ini kenapa jadi dimasukin akuarium gitu?"
01:04: "Oh... Chanyeol. Katanya mengalami kebotakan dini ya. Selamat ya."
01:10: "HAHAHAHAHHA SEHUN PAKE SOK-SOK GERAKIN KEPALA SAMBIL NYANYI BERASA MAIN VOKAL HAHAHAHA EFEK SUNTIKAN YA HAHAHAHAHAHA"

"Kayak yang bisa nyanyi aja!"


01:12 - 01:26: "Oh, jadi Chen, D.O, Suho sama Xiumin awalnya di satu ruangan. Terus di sebelumnya kan Xiumin sama Suho dipindah ke akuarium. Berarti sisa Chen sama D.O. Coba liat nanti apa yang terjadi. Beda lagi nggak formasinya di adegan yang lain."
01:27: "WAH CEO ZHANG YIXING ASSALAMU---"
01:28: "EEH JANGAN PINGSAN DULU BELOM KELAR SALAMNYA!"
01:29: "Kyungsu apa nggak capek melotot terus."
01:33: "Lah! Tadi pingsan kenapa sekarang melek lagi!"
01:36: "OOOO!!!! Muncul ini rembulan-rembulan yang dahulu kala kayaknya nggak pernah absen!"

"Oh ini tuh mau negasin yang narasi opening EXO'luXion ya? Yang far apa dark side of the moon? Iya? Mantan pemukiman para alien?"

01:39: "ZHANG YIXING'S EYE!!!!! WAIT THIS SEEMS FAMILIAR OMG THEIR DEBUT TEASER!!!"


01:40: "OOO!! OOO!!! THE SUPERPOWER!!!! OOOOOOOO PARK CHANYEOL!!!!! OOOOOOO!!!!!!!"
01:50: "OOOO!!! ES BATU!!! OOO!! ELSA?!?!? OOO!!!"
01:54: "Yaelah Kai ngapa dah. Tumben gak zleb ilang muncul sana, zleb ilang muncul sini? (ceritanya 'zleb' itu efek pas dia lagi teleport)"
01:59: "ASEK!!! BYUN BAEKHYUN!!!!!! PENGUASA CAHAYA!!! PENERANG SANUBARI (KIM TAEYEON)!!!!"
02:06: "Tuh kan melotot terus Kyungsu itu mata apa nggak berair?"
02:07: "WAH?! Ohhh!! Ohh!!! Siapa tuh yang mecahin kaca?! Kyungsu?! PASTI KYUNGSU! GUE YAKIN PASTI KYUNGSU!! Jadi inget pas di 'MAMA' dia membuat retak aspal jalan raya. Sekarang mecahin kaca. Ini keajaiban alam."

02:08: "Ya itu kenapa Chanyeol, Lay udah berusaha nyelametin matanya tapi Kai malah ngeliatin pecahan kacanya? Tsk! Sehun kenapa so cool kayak lagi pemotretan gadis sampul. Tsk!"

"EH! Sekarang D.O seruangan sama empat orang yang berbeda dari yang tadi! Kemana Chen?! Kemana Suho?! Xiumin?! Apakah mereka ada di belakang kamera (bagian yang nggak ke syut???) Oh jadi itu kenapa tadi kameranya muter-muter one-shot gitu buat ngejelasin kalo sebenarnya ruangannya luas dan mereka ada di satu ruangan?! GITU GAK SIH?!"
02:09: "Alhamdulillah berhasil kabur. Tapi itu jubah plastik dari mana? AJAIB!!"

"Tapi itu plastik kayak familiar sih. ANYING... JANGAN BILANG PLASTIK GORDEN DARI TEASER KAI JAMAN DULU?!?!?!?"

02:10: "Loh, Xiumin juga bisa kabur? Kan yang tadi di dalem ruangan pas kacanya pecah nggak ada Xiumin?! Atau berarti emang bener dia ada di sisi lain ruangan?"

"Berarti nggak di akuarium dong?! Bukannya dia lagi dimasukin ke akuarium?!?!"

"Jadi ini apakah semua kaca yang ada di dalam ruangan rumah sakit entah apa itu pecah karena kyungsu?!"
02:11: "TADI JUGA DI RUANGAN ITU NGGAK ADA BAEKHYUN! KENAPA BAEKHYUN BISA BEBAS!"
02:14: "Di saat semua lari-lari ini kenapa Kyungsu malah nyanyi-nyanyi sendiri. Wah ada yang nggak beres. Kyungsu pasti kamu ya orang jahatnya?!"
02:14: "LOH KENAPA TIBA-TIBA CHANYEOL SAMA BAEKHYUN?!?! TADI KAN DI RUANGAN ITU NGGAK ADA BAEKHYUN! BAEKHYUN KAN SERUANGANNYA SAMA CHEN, SUHO, XIUMIN! Tapi ada D.O sih tadi bareng juga pas awal di ruangan yang sama sama Chen, Suho, Xiumin, Baekhyun. Hmm... apakah sebenarnya ini berarti satu orang punya dua tubuh apa gimana. Maksudnya ini Chanyeol sama Baekhyun setubuh dong. Eh salah ya. #krik"
02:15: "Ini lagi kenapa Chen bisa sama Sehun! Tadi kan yang seruangan sama Sehun bukan Chen!" (dipermasalahkan dong sama sikampret siapa seruangan sama siapa)
02:18: "Ini tuh adegan kayak udah berusaha kabur banget dari orang yang nggak pengen ditemuin pas lagi jalan di mol, terus malah papasan pas lagi di musola."
02:19: "Eh, ngapain tuh Chanyeol sama Baekhyun masuk ruangan bareng. Eh eh eh.... Gelap-gelapan. Eh eh eh... #CHANBAEKFORLIFE #CHANBAEKFTW #CHANBAEKMERDEKA" (Ni manajemen emang pandai buat orang berdelu) (nggak kok) (bukan shipper mereka)
02:23: "THE SUPERPOWER (AGAIN)!!!! But wait, kenapa Chanyeol?! Kan itu lagi gelap kenapa harus api? Kan ada Baekhyun yang bisa ngeluarin cahaya?! INI MAU BIKIN API UNGGUN?! LO KIRA LO LAGI DI DALAM GOA, HAH?!?! LO KIRA KITA LAGI KEMPING, HAH?!?!"
02:27 - 02:29: "Ditatap Sehun langsung pingsan?! Ya wajar sih.... kayaknya cewek-cewek juga kalo ditatap Sehun pingsan. Ya tapi tergantung sih cewek yang mana. Kalo cewek yang nggak selera sama Sehun sih ditatap mah bodo amat, yang ada diludahin karena natap-natap dikirain tukang hipnotis."

"Etapi apakah ini berarti kekuatan Sehun sudah berubah ya? Dia udah nggak lagi penguasa angin? Sekarang dia udah bisa jadi penguasa pikiran dan bikin orang lumpuh layuh?"

"Sebentar... apa jangan-jangan tatapan mata Sehun itu berarti sesuatu? Jangan-jangan malah penjahatnya Sehun?!"

02:30: "Wah seneng banget Chen masih punya kekuatannya. Harusnya pas lari-lari lampunya kedap-kedip kamu menstabilkan listriknya dong, supaya nggak nabrak-nabrak pas lari-lariannya!"
02:33: "LAH ITU CEWEK KENAPA BISA DUDUK LAGI KAN TADI UDAH TUMBANG JATOH?!?! WAH SUSTER NGESOT."
02:39: "EH KEPALANYA MELEDAK! Ini perkembangan banget loh ini ada cewek kepalanya meledak di MV EXO. Ada cewek di MV EXO aja udah perkembangan yang sangat indah sekali. Karena biasanya yang ada tuh tiang-tiang sama mobil mahal. Dan sejauh ini cewek di MV EXO yang paling bahagia kayaknya cuma Yoon Sohee. Kasian yang ini kepalanya meledak."
02:43: "Nah ini baru bener nih, Kai sama Lay. Tadi kan emang seruangan."
02:48: "Hayoloh terjebak di antara suster-suster psikopat. Agak susah ya ini mau kabur pake kekuatan juga. Lay kan kekuatannya nggak menyakiti siapapun. EH TAPI KAN KAI BISA TELEPORTASI! HARUSNYA DIA TELEPORTASI DONG ABIS INI BARENG LAY, YA KAN?!"
02:55

"Lah."

"Lah..."

"LAHHHHHHHH KENAPA MALAH JADI JOGET?! LAH... DIA KIRA INI KUIS DANGDUT?!"

"WOYYY!!! LO TUH LAGI DALAM BAHAYA KENAPA MALAH JOGET-JOGET?!?!?"

"Bentar jangan bilang kekuatan lo nggak berfungsi?! Tapi kan tadi yang disuntik cuma Baekhyun! Kalo di dalem ruangan yang sama Chanyeol kekuatannya Baekhyun nggak bisa ya wajar karena udah disuntik. Ini kenapa Kai juga mendadak lumpuh gini?!"

"Etapi kalau dia masih punya kekuatan kan harusnya dia bisa ngilang aja dari tempat itu ya. Berarti emang kekuatan teleportasinya udah ilang kayaknya. Terus diganti oleh Jurus Jongin Joget, begitu?"

"GAJELAS BANGET SIH JONGIN IH!"


03:00: "ZHANG YIXING SELAMA DI CHINA MAKAN APA SIH KENAPA JADI BENING SEPERTI SUMBER MATA AIR ALAMI?!"
03:04: "Nah akhirnya bareng lagi mereka. Nah!"
03:19 - 03:21: "WAH KEKUATAN SUHO! WAH!"

"OOO JADI XIUMIN SAMA SUHO MENGGABUNGKAN KEKUATAN MEREKA?!"

Bentar, ini mereka reuni lagi adegan ngelap kaca di MAMA ya. XIUMIN-SUHO!


03:26: "Itu bunga dapet dari mana coba. Sejak kapan Lay berubah punya kekuatan Park Tarno?"
03:29: "Ini lagi cowok pantura masih aja joget-joget."

"EH LAH TERUS KEPALA CEWEKNYA MELEDAK KARENA JURUS JONGIN JOGET?! Luar biasa! Makin nggak jelas. Apakah cara ini bisa digunakan untuk mengusir begal? Bisakah begal kabur kalau kita joget-joget di depan dia?"
03:30: "Adegan ini mengingatkan kita bahwa dikasi bunga itu tak selamanya indah ya. Hati-hati aja kalo ada yang kasih bunga, siapa tahu di dalemnya ada mercon. Mana ini lagi bulan puasa banyak ranjau petasan."
03:32: "HAH LAH HAHAHAHAHA SIKAMPRET GUE KIRA TADI MAU GABUNGIN KEKUATAN BUAT NGANCURIN DINDING ATAU PINTU INI KENAPA MALAH MINUM. MAKIN NGGAK JELAS. Kecapekan lari? TERUS ITU GELAS DATENG DARI MANA?! Suho kan kekuatannya menciptakan Air bukan menciptakan gelas-gelas kaca! KAMU SUHO APA NIA DANIATY?!?!"
03:31: "Oh tuh akhirnya Kyungsu lari juga. Tapi kenapa larinya super telat banget orang-orang udah pada meledakin kepala suster dia baru lari."
03:34: "Terus dia liat Suho sama Xiumin lagi minum dan dia nggak diajak. Eh tapi tatapannya misterius banget ni emang, cowok yang hobinya melotot ini. Jangan-jangan ada apa-apanya lagi. Gue yakin sih ada apa-apanya."
03:41:
"Wait a minute."

"NO WAY."

"NO WAY SM, YOU CAN'T-----OH M-F*CKING-G."
"MEREKA MASIH DI DALEM MAZE?!?!?!?!? SIKAMPRET!!!!!"
"Lah pantesan dari tadi lokasi larinya di situ lagi di situ lagi. Kayak yang keliatan pintu itu lagi pintu itu lagi. BANGKEEEEEEEE SM SIALAAAAAAAAN BISAAN MEMPERMAINKAN HIDUP INI WAH SIKAMPRET!!!!"
03:50: "WAH KACAU CEWEK-CEWEKNYA TERNYATA MASIH ADA! SURUHAN SIAPA?!?!?! BILANG?!?!? SURUHAN D.O KAN?!??!! BILAAAAANGGG!?!!??! SEBEEEELLLLLL!!!!!!!!!!"
(((MV-nya 4 menit tapi spazzing-nya satu jam sendiri)))

(((tipikal)))

Oke harus gue katakan kalau MV ini sangat diluar dugaan. Gue sebenarnya kemaren mikir kalo SM akan bikin, yah, MV yang tipikal lah kayak yang lain juga. Ada adegan-adegan dramanya, tapi ada juga adegan dance-nya. Kayak 'Love Me Right' gituloh maksud gue. Nggak yang full drama atau full dance (yang ini sih paling jijik--sorry 'Call Me Baby', anda mendapat gelar MV EXO paling jelek sepanjang 4 tahun terakhir setelah 'Overdose' dan 'History'). Untuk yang satu ini, harus bilang kalau gue bener-bener terpesona.

'Lucky One' memberikan feel yang kurang lebih sama dengan 'Love Me Right'. Awalnya kirain cuma teaser-nya doang, tapi ternyata MV-nya pun terasa seperti itu. Mungkin ini bias sih ya jatuhnya. Karena gue emang tipikal orang yang lebih menikmati menonton MV yang punya cerita dan kayak gini nih, bikin kita mikir dan ada kesan misteriusnya. Ketimbang cuma MV yang pindah-pindahin kamera, bolak-balikin kamera, muter-muterin kamera, terus isinya cuma dance doang. Makin nggak banget lagi kalo dance-nya ditambah cut-cut lipsync solo. Hihihihi. Gila sih kalo SM masih ngeluarin MV kayak gitu, meanwhile manajemen kecil aja bisa bikin yang lebih bagus.

Tapi bener-bener 'Lucky One' ini oke sih. Nggak bisa bohong. Sederhananya, kalo gue bisa spazzing setiap detik dari MV-nya, bukankah itu salah satu bukti bahwa gue benar-benar terpukau? Hi hi hi... Tapi kalau ditanya apakah rasa penasaran gue terpuaskan, jawabannya iya dan tidak.

Iya, terpuaskan. Karena pada akhirnya gue bisa lihat cerita detailnya nggak cuma lewat teaser doang. Ternyata yang di teaser nggak seperti yang dibayangkan, walaupun masihlah bisa disambung-sambungin sama teori ngaco Suntik Mandul dan Suntik Monster.


Tidak, tidak terpuaskan. KARENA ENDING-NYA NGEHEK BANGET KAYAK GITU GIMANA LO BISA MOVE ON KALO SELAMA INI TERNYATA LO MASIH DI DALEM KERANGKENG KENANGAN KELAM MASA LALU?!?!?!?

Ada banyak adegan yang bikin mengerutkan dahi dan mengernyitkan alis. Kayak kenapa tiba-tiba Kai nge-dance di tengah-tengah kondisi chaos itu, apa faedah dari Xiumin dan Suho yang tiba-tiba berdiri berhadapan dan minum dua gelas air padahal mereka sedang dalam kondisi yang bahaya (ya oke sih gue tahu minum itu tuh penting, tapi apakah Jack dan Rose sempat minum ketika mereka berusaha menyelamatkan diri ketika Titanic tenggelam? Apakah Harry sempat minum ketika dia berhadapan dengan Lord Voldemort di Hutan Terlarang? Apakah Robert Langdon sempat minum ketika dia dan Sophie sedang dikejar-kejar oleh fanatik di 'The Da Vinci Code'? Nanya aja kok @/Suho @/Xiumin @/SMENTERTAINMENT)

Tapi shot terakhir itu sangat nendang parah. Itu tuh plot twist yang sempurna banget. Hanya sedetik, tapi menghubungkan semua hal yang terjadi dari jaman dulu banget pas EXO masih 12, sampai yang sekarang ini. Bener-bener itu pas nontonnya bikin terperosok. Langsung ngumpat kenceng-kenceng dan teriak (di saat yang sama nge-tweet). Lagi-lagi teriak tengah malam di kosan itu sama sekali tidak sehat buat siapapun. Nggak cuma buat tetangga-tetangga gue tapi juga buat eksistensi gue di lingkungan itu. Bisa-bisa abis sahur gue udah dimutilasi atau paling parah disuntik mandul.


MV-nya sendiri kenapa jadi menarik karena ya kita dibiarkan untuk bebas berimajinasi. Tentang apa yang terjadi di situ, apa yang terjadi sebelum itu, dan apa yang akan terjadi sesudah itu. Ada banyak shot-shot yang kalo diliat sekilas kesannya kayak "Oh si ini begini, oh si itu begitu, ya ampun si ini nggak penting banget, astaga itu si rambut merah ngapain deh" semacem itu tapi mungkin punya makna terselubung yang memunculkan detektif-detektif fandom dengan berbagai analisa mereka. Dibilang penting ya bisa jadi, tapi dibilang nggak penting ya bisa iya bisa nggak (APASIHPOINPEMBICARAANNYA). MV ini bener-bener terbuka buat interpretasi macem apapun. Se-absurd apapun. 

Kemungkinan akan adanya hubungannya antara MV ini dengan MV sebelumnya ataupun MV selanjutnya (di 'Monster' atau repackaged) pun terbuka lebar. Tidak ada hubungan juga tetap aja memungkinkan.
(Kita asumsikan di sini kita belum lihat MV Monster sama sekali dan masih bertanya-tanya).
Gue berani sumpah kalau gue sama sekali nggak membaca teori apapun yang beredar di internet sebelum teaser keluar, setelah teaser keluar, sebelum MV keluar dan setelah MV keluar. Kalaupun ada kemiripan antara analisa absurd ini dengan beberapa teori di luaran sana, itu pasti hanyalah kebetulan semata.

Awalnya gue pikir EXO akan mengajak kita masuk ke alternate universe. Semacam dunia baru di mana kekuatan-kekuatan mereka sudah nggak lagi ada, sehingga karakter-karakter lama ini punya sesuatu yang baru. Tapi ternyata kita masih berada di dunia yang sama dengan 'EXODUS'. Walaupun pada kenyataannya, ada banyak sekali hal yang terjadi dan kita nggak tahu setelah itu. Banyak sekali hal yang terasa tiba-tiba di 'Lucky One' yang berujung tanda tanya.

Kayak misalnya, Kai kehilangan kekuatan teleportasinya dan berubah jadi Jurus Jongin Joget itu.


Tentu saja fakta ini sangat mengejutkan banyak pihak (halah) termasuk gue sendiri. Tapi kalau dilihat-lihat, memang sudah terlalu lama rasanya Kai nggak pernah lagi pamer-pamer kekuatan di depan umum. Lihat dong di 'MAMA' betapa dia sangat mendominasi, muncul di sana dan di sini. Terakhir ya Pathcode #Kai itu. Setelahnya semua kayaknya sudah lupa kalau dia punya kekuatan. Yang paling diinget paling dia punya pacar. #EA #KAISTALSARANGHAJA

Nah di 'Lucky One' ini semakin jelas terlihat bahwa Kai ternyata memang sudah nggak punya kekuatan teleportasi lagi. Ada sesuatu yang terjadi yang membuat kekuatannya mendadak hilang. Oke, ini memang sangat disayangkan. Tapi demikianlah adanya. Pertanyaan terbesarnya adalah, apa yang terjadi pada Kai? Nggak mungkin dong, memadu kasih sayang dengan seorang Ratu Planet Venus membuat energinya melemah dan pelan-pelan kekuatannya memudar? Masa seloyo itu. Lalu, apakah ini efek dari terlalu lama berendam di kolam bersama anjing laut kemudian kekuatannya luntur dan pindah ke anjing laut itu? Kan nggak mungkin juga.

Memang, teleportasi bukan kekuatan yang paling oke. Bukan yang paling kuat. Bukan juga yang paling dahsyat untuk ukuran pertahanan dari serangan musuh. Sebenarnya kalo dipikir-pikir justru kekuatan ini yang agak pengecut. Keadaan rusuh dikit, kabur. Ribut dikit, ngilang. Chaos dikit, teleport. Walaupun begitu, teleport tentu saja sangat dibutuhkan. Apalagi kalau lagi laper dan Go-Jek yang dipesen nggak dateng-dateng. Tapi meski seru aja kesannya bisa pindah dari satu tempat ke tempat lain dalam sekedipan mata, bukan berarti Kai bisa dibilang jadi sosok tercepat. Dia bukan yang terkuat di geng alien ini. Karena, you know what, yang paling kuat adalah Tao.

Time controller, men! Musuh nyerang, tinggal "Sigani momcwo~~~~~" (baca dengan nada 'Miracle in December', kelar semua urusan. Sayangnya karakter ini harus berakhir tragis di kandang ayam.

(((anak ayam turun sepuluh mati satu tinggal sembilan)))

Lalu kenapa Kai kehilangan kekuatannya? (nanya mulu!? Kita flashback sedikit untuk mencari tahu hal tersebut. Boleh dong, sok-sokan jadi Sherlock Holmes dalam fandom. Sok-sokan berteori?

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut, Kai ternyata kehilangan kekuatannya di 'Love Me Right~romantic universe~'. Kita nggak bisa melihat EXO universe dengan biasa-biasa saja. Timeline di dunia ini bisa saja terbalik atau malah bertabrakan. Jadi '~romantic universe~' itu terjadi lebih dulu ketimbang 'Love Me Right' yang reguler (Korea/China). Hilangnya kekuatan Kai di situ juga sebenarnya beralasan. Sepertinya Kai mencoba untuk mengorbankan kekuatan teleportasinya agar bisa memutarbalikan waktu.

Tao sudah nggak ada, dan di EXO, peran Tao adalah penguasa waktu. Di saat yang sama sebenarnya dia juga yang paling kuat. Yang lain mana ada yang bisa main pedang, tongkat, muter-muter di udara. Mereka terlalu males buat latihan. Cuma Tao yang bisa seperti itu! GILA LO! ALL HAIL Z.TAO!

Di MV 'Love Me Right ~romantic universe~' pada adegan pertama ada mobil yang ditimpa sama balok besi berat lalu ringsek. Tapi di bagian terakhir MV, waktu tiba-tiba saja berjalan mundur dan semua kembali seperti semula (koin-koin yang berjatuhan terbang lagi, kaleng-kaleng juga terbang lagi, piring pecah utuh lagi, semua mundur). Termasuk juga mobil ringsek ini. Nah, Kai tuh seharusnya sudah masuk ke dalam mobil sebelum mobil itu ringsek ketimpa balok berat. Alias dia seharusnya mati di situ. Terus kenapa dia bisa hidup? Dia dikasih kesempatan kedua. Tapi kesempatan kedua ini nggak gratis dong. Enak aja. Pipis aja bayar, apalagi ini masalah hidup dan mati. Kesempatan kedua itupun dia bayar dengan mengorbankan kekuatannya. Siapa yang memberikan kesempatan kedua itu? Obviously: MAMA.

MAMA gave him that second chance so he can live again. But as am exchange, he must gave up on his power.
Hilangnya kekuatan ini membuat Kai sedikit stres. Pelampiasannya ya marah-marah. Ngamuk-ngamuk. Lempar barang sana sini. Hancurin barang sana sini. Dia belum terbiasa hidup tanpa sesuatu yang sudah lama dia miliki. Hidupnya mendadak jadi beda aja. Itulah alasan kenapa Kai terlihat sangat stres di MV 'Love Me Right'. Lalu banyak benda-benda hancur ada di sekitarnya. Dia terlalu gundah gulana karena kehilangan separuh dirinya.


Itulah kenapa dia lari-lari terus di MV 'Love Me Right'. Itulah kenapa dia bawa-bawa tongkat bisbol dan marah-marah. Itulah kenapa dia mecahin botol-botol kaca. Dia tidak bisa menerima kenyataan bahwa kekuatannya sudah nggak ada lagi.

Di situlah dia kemudian mulai mendapatkan sedikit jalan keluar. MAMA gave him mercy. Kai akhirnya menemukan pelampiasan lain selain ngamuk-ngamuk: menari. Nggak cuma di 'Love Me Right' saja, di 'Sing For You' juga demikian. Dia mulai jago banting-banting barang. Apapun yang bisa dia banting akan dia hancurkan.


Tapi kemudian hanya satu hal yang membuatnya tenang dan kembali kalem: menari. Dia menari sendiri di dalam kamar du 'Love Me Right'. Dia juga menari setelah membanting radio di 'Sing For You'. Dan dia pun menari ketika sedang dalam bahaya di 'Lucky One'.

Jadi kalau ada yang bertanya-tanya kenapa Kai nggak teleport aja keluar maze di 'Lucky One' dan kabur dari kejaran cewek-cewek psycho itu? Ini malah mengeluarkan Jurus Jongin Joget yang nggak jelas banget faedahnya apa itu. Jawabannya ya karena dia sudah nggak bisa berteleportasi lagi. Dia sudah menukar kekuatannya dengan kehidupan baru dan kesempatan kedua.

Moral of the story: Second chance is rare and expensive.

Terus kenapa di 'Overdose' Kai nggak bisa berteleportasi keluar maze? Jawabannya sederhana: karena maze itu membuat kekuatan semua orang hilang. Kan akhirnya keluar dulu dari maze baru nyari kekuatannya lagi di 'EXODUS'.

Ehem.


Pertanyaan selanjutnya, masihkah Sehun menjabat sebagai penguasa angin? Jawabannya iya dan tidak. Iya, dia masih bisa mengontrol angin. Tidak, dia tidak hanya bisa mengontrol angin saja, tapi sekarang dia bisa mengontrol banyak hal, termasuk pikiran manusia.


Kekuatan Sehun sekarang jauh dari sekedar penguasa angin. Ibarat meme di Twitter, tekan enter lalu upgrade. Sehun sekarag lebih oke dari itu.

Ada sesuatu yang terjadi pada Sehun dan kekuatannya pasca 'EXODUS'. Dan itu semua (ternyata) terjadi persis ketika dia mendatangi Bright Horizon Nursery and Pre-School di Annandale St., Edinburgh, Inggris. Ingat benda-benda yang berterbangan di dalam ruangan ketika Sehun masuk? Konon katanya sebelum Sehun tiba di sana, Luhan sempat mampir ke lokasi itu. Dengan kekuatan telekinesisnya, Luhan menerbangkan benda-benda yang ada di sana. Tetapi ternyata hari itu Luhan nggak cuma meninggalkan benda-benda itu dalam kondisi melayang saja, tetapi juga meninggalkan seluruh kekuatannya. Ketika Sehun masuk dan menyentuh salah satu benda yang melayang itu (pesawat mainan dari kayu untuk lebih tepatnya), kekuatan itu masuk ke dalam tubuhnya.


Apakah Sehun sadar itu? Tentu saja tidak. Dia sama sekali tidak menyadari bahwa kekuatan Luhan sekarang sudah dia miliki. Merasuk ke dalam aliran darah dan setiap selnya. Halah. Dia sekarang adalah seseorang dengan kemampuan telekinesis. Bisa menggerakan apapun dengan kekuatan pikiran. Dan nggak cuma menggerakan apapun, tapi dia sekarang juga bisa mengatur dan mengacak-acak juga pikiran orang. Hebatnya lagi, dia bisa membaca masa depan. Walaupun yang ini dia masih ragu. Yang jelas, kekuatan Sehun sudah berkembang ke level yang lebih luar biasa. Ini pasti karena kekuatan cinta HunHan yang abadi meski karam since 2k14.

#apalah #masihdelu #shipperTersakiti

Punya kekuatan yang luar biasa inilah yang kemudian membuat Sehun percaya diri untuk tiduran di rel kereta. Orang biasa mungkin akan menganggap itu hal gila. Tapi karena Sehun punya superpower yang orang lain nggak punya, ya dia nggak perlu khawatir kalau-kalau ada kereta yang lewat dan nabrak dia. Toh dia bisa mengendalikan apapun.



Dia bisa menghindar dengan mudah. Dan di bukti bahwa Sehun sekarang sudah bisa melakukan telekinesis dan membaca masa depan sebenarnya ada di 'Love Me Right ~romantic universe~'.


Selain Kai dan Sehun, kita ada satu orang lagi yang harus diperhatikan dan ini masih soal superpower-nya: Baekhyun.

Kalau diperhatikan di 'Lucky One', di awal MV, orang pertama yang mendapat suntikan dari suster psycho adalah Baekhyun. Nah, tapi Baekhyun masih beruntung nih. Efek suntikannya belum sempurna menjalar ke tubuhnya. Jadi belum efektif. Belum resmi mandul. Karena yang baru masuk cuma sedikit (keburu berhasil kabur), jadi kekuatannya hanya hilang sementara. Makanya ketika dia dan Chanyeol masuk ke ruangan gelap itu, yang mengeluarkan superpower-nya untuk menerangi ruangan buat Baekhyun--si penguasa cahaya--tapi malah Chanyeol.

Apakah Baekhyun akan mendapatkan kekuatannya kembali? Jawabannya iya. Bagaimana? Jangan lupa kita masih punya Lay, si pemilik healing power. Adegan di bawah ini bisa dibilang gambaran bahwa Lay akan menyembuhkan Baekhyun (dan mungkin yang lain yang berada di bawah pengaruh suntikan). Gue juga mengira Xiumin jadi korban suntikan ini karena Xiumin ada di vision-nya Lay. Xiumin juga disembuhkan sama Lay.



Terus bagaimana dengan Chanyeol? Kalo yang kena suntik cuma Baekhyun, kenapa Chanyeol juga ada di vision-nya Lay?

Kekuatannya Chanyeol tuh sekarang lagi membuncah banget. Itu alasan kenapa di sini rambutnya warna merah dan sekarang mengalami kebotakan dini. Jadi kayak dia sendiri sudah dalam kondisi emosional yang nggak stabil dan susah untuk mengontrol kekuatannya sendiri. Jadi maksud dari vision-nya Lay ke Chanyeol itu bukan karena Lay menyembuhkan Chanyeol dari kekuatannya yang hilang tapi menjelaskan bahwa dia sedang dalam kondisi on fire.


#NGARANGBEBAS #SERAHLORON

Trus Kai? Kenapa Lay nggak bisa nyembuhin Kai? Karena Kai berurusan langsung dengan MAMA. Penguasa dunia. Gak ada yang bisa melawan penguasa dunia. Kai sudah melakukan tawar-menawar yang terlalu sakral. So even Lay can't heal him. Dari 'Love Me Right' sampe 'Lucky One' Lay sama Kai ada di tempat yang sama, dan bareng terus. Lay tuh nggak bisa jauh-jauh dari Kai sebab Kai sedang sangat lemah karena kekuatannya punah (dan bahwa dia baru hidup lagi dari kematian).Itu menjelaskan adegan ini:


Yang lain tetap dengan kekuatan yang mereka miliki masing-masing. Chen masih punya kekuatan thunder dengan tenaga listriknya. Terbukti bahwa dia bisa melumpuhkan salah satu cewek psycho ketika sedang kabur dengan Sehun. Tapi Sehun-lah sebenarnya yang pertama kali membuat si cewek lumpuh. Tapi Sehun nggak menyangka kalau ternyata dia bisa melakukan itu. Makanya dia bengong agak lama sebelum kabur.

Suho dan Xiumin masih kompak dengan air dan es-nya. Lumayan, penyegar dahaga kala tersesat dalam labirin penuh nostalgia. D.O juga sebenarnya masih punya kekuatan "penghancur" itu. Salah satu buktinya adalah dia bisa membuat kaca-kaca yang ada di ruang perawatan hancur, sehingga dia dan yang lain bisa kabur.

Salah satu kelebihan dari superpower-nya D.O bukan cuma karena dia kuat dan bisa menghancurkan apa saja, bahkan menggetarkan bumi. Kelebihan dari superpower D.O juga adalah kekuatan dalam sel-nya untuk memperbaiki diri sendiri. Sebenarnya mau disuntik apapun, entah suntik mandul atau suntik monster, nggak akan berfungsi ke D.O. Nah, yang masih jadi misteri adalah, kenapa ketika yang lain lari-lari dan mencoba menyelamatkan diri dia malah kalem dan biasa aja?

Apa bener D.O adalah dalang dari semuanya? Apa bener, dia adalah orang jahatnya?

Dia membiarkan 8 orang lain kabur dari ruang perawatan karena dia tahu mereka nggak akan bisa kabur jauh-jauh. Lah orang masih di dalem maze juga. Dia tahu apa yang akan terjadi karena dia yang merencanakannya. Adegan di awal MV yang dia digeret masuk ke ruangan dan diikat terus sawan hip-hop itu juga sebenarnya sudah diatur. Supaya kesannya yang lain percaya dan rencananya berjalan lancar.

(((WANJERRRR SINETRON BANGET INI EXO APA CINTA FITRI SEASON 8)))

Kalau merujuk ke vision-nya Lay, ada shot planet Bumi kan di situ? Nah itu tuh sebenarnya clue buat D.O gitu. Bahwa 'dunia' tempat mereka sekarang ini tuh sedang dikuasai oleh D.O. Kalau mau melihat kembali ke 'EXODUS', Pathcode D.O dirilis terakhir dan adegan terakhir dari video itu adalah dia sedang memainkan beberapa bola besi kan? Ya sama. Ini juga gitu. Dia sedang mempermainkan semuanya.



Nah, pertanyaan selanjutnya, apakah dia benar-benar orang jahat? Atau dia memainkan peran ganda? Sosok bermuka dua yang jadi agen rahasia pemerintah tapi di saat yang sama juga berpihak pada para alien. Masih ada rahasia besar kenapa akhirnya dia harus berpihak dulu ke sisi jahat. Dan sayangnya, jawaban itu nggak ada di 'Monster'.

Hi hi hi... Mungkin di repackaged (kalau ada).

Follow Me/KaosKakiBau in everywhere:
Twitter: ronzzykevin
Facebook: fb.com/kaoskakibau
Instagram: ronzstagram
Steller: ronzzykevin
Snapchat: snapronzzy
Line@: @kaoskakibau (di search pake @ jangan lupa)

Share:

0 komentar