Ketika Saya Menonton Super Show 4 Indonesia [PART 4--END]

Pertunjukkan terus berlangsung. Keringat sudah membasahi berapa lusin baju yang mereka pakai. Keranjang cucian di belakang panggung mungkin sudah penuh. Setiap kali ada adegan air mancur dan lampu dimatikan lalu kru-kru mulai mengepel lantai panggung gue jadi berpikir, "Kalau aja gue bisa berkesempatan yang ngepel panggung itu, pasti gue akan sangat senang sekali bahkan walaupun hanya jadi tukang pel..."
Mbak-mbak yang ada di belakang gue mulai rese. Setiap kali gue mencoba untuk mengangkat fanboard Siwon-Agnez Oles 8 Kali gue, dia selalu minta gue buat nurunin fanboard itu dengan berbagai macam cara. Mulai dari nyolek, sampai gebugin punggung. Orang emang kalau lagi nggak kesampaian niatnya suka kesetanan. Bahkan di sebuah kesempatan, mbak-mbak sialan itu ngedorong gue sampai nempel ke pager. Rusuk gue keteken. Gue berusaha buat melawan tekanan ke belakang eh dia malah bilang, "Apaan sih! Sempit tau!" -__- Setan bener emang ini cewek ya. Dia pikir gue nggak sesek napas apa keteken di depan begini karena dia? Ini rusuk gue udah remuk begooo... Sebagai balasan atas kekejaman wanita itu, gue nggak peduli apakah dia bisa ngeliat panggung atau nggak, gue angkat aja itu tinggi-tinggi fanboard gue. Biar lo tau rasa aja mbak.

Di hampir semua lagu, gue bisa menikmati setiap penampilan Super Junior terlebih lagi mereka yang melintas di section gue. Setelah Donghae mengambil fanboard gue, Kyuhyun dan Ryeowook nggak henti-hentinya melintas disitu. Yang gue heran adalah, kenapa Siwon nggak pernah sama sekali lewat situ ya? Entah apakah dia udah tahu gue bakalan narik kakinya atau gimana, tapi sama sekali selama 4 jam konser, dia lewat situ bisa diitung cuma 3 atau 4 kali. Waktu dia sedang ada di tengah panggung, gue mencoba untuk menarik perhatiannya dengan berteriak namanya dan mengangkat fanboard SiwoNez itu. Dia sih kayaknya ngeliat tapi pura-pura nggak ngeliat gitu. Dasar sok jual mahal. Dan FYI aja ya ini kawan-kawan, di satu lagu entah apa gue lupa, SIWON NGUAP NGANTUK DONG DI ATAS PANGGUNG DAN MUKANYA SONGONG BANGET KETANGKEP KAMERA DAN MUNCUL DI LAYAR BESAR!!! CuksTAO lo selain sombong juga nggak pernah tidur ya Won... (?)

Sampai akhirnya di sepertiga akhir pertunjukkan, Siwon dan beberapa member yang gue lupa persisnya siapa, lewat di depan gue dan itulah kesempatan gue buat berteriak sambil angkat fanboard lagi...

"SIWON! SIWON! WOY CHOI SIWON! JABLAY!! LIAT SINI LO JABLAY WOOY!!!" Kepala gue goyangin biar bandonya bisa gerak-gerak, trus fanboard-nya gue angkat. DAN YES! Tuhan mendengarkan doa gue. Siwon ngelirik ke fanboard dengan muka malu-malu-kucing-napsuan gitu, senyum sok-sok cool, mengacungkan jempolnya sambil ngangguk-ngangguk dan kemudian berlalu dari pandangan.

"Udah? Gitu doang Won? Udah? BASI! BASI BANGET LO BASI! MALU DONG SAMA DONGHAE!"

Yah... cukup dia tahu kalau gue SiwoNez shipper, sudahlah... Gue juga cukup tahu, dua orang idola gue di Super Junior ini ternyata sombong-sombong -__- Ada moment lain dimana Donghae berdiri di depan gue dan dia sama sekali nggak ada interaksi tapi cuma senyum-senyum kaku kayak Ariel Peterpan. cuksTAO dua orang ini sombong, akhirnya gue memutuskan untuk cari inceran lain aja: EXO-M!

Oke. 2 lagu diantara berapa puluh lagu yang dinyanyikan SJ di konser ini mungkin nggak akan bikin gue puas. Tapi 2 lagu itu benar-benar bikin gue merasa sangat beruntung menjadi salah satu fans EXO sejak awal munculnya Kai di teaser pertama. Ya... It's like a dream comes true gitu loh yah... Nonton SJ hadiahnya EXO. Dan hari itu, ketika EXO-M tampil dengan lagu pertama-nya MAMA, gue buru-buru ngeluarin banner dari dalem tas, dan langsung nyelak di antara Icha dan Riska. Meminta mereka masing-masing membawa ujung banner. Dan itulah saatnya, fanchant gue teriakan walaupun suara gue nggak keluar sama sekali saking riuhnya tempat itu. Disitulah kami bertemu langsung setelah beberapa bulan terakhir hanya menonton video saja. Dan dengan suara seperti kentut semut, gue berteriak: KIM MINSEOK! LUHAN! WUFAN KRIS! ZHANG YIXING! KIM JONGDAE! HUANG ZHITAO! EXO M! MAMA!

This picture IS NOT MINE. Credit goes tho it's owner. I got it from facebook without watermark.

Rasanya air mata ini mau keluar. Kayak abis kelilipan bawang merah. Lebay.

Melihat mereka langsung memang memberikan impresi yang berbeda dengan melihat di video.

Xiumin lebih lucu aslinya, lebih gempal dan lebih bapao. Bahkan dia terlihat jauh lebih muda daripada Tao.

Tao sama sekali nggak keliatan seperti orang bego yang nggak bisa ngomong di depan kamera. Dia nggak keliatan seperti anak kecil yang cengeng. Tao justru keliatan lebih kebapakan daripada Xiumin.

Luhan! Oke, tak ada kata yang bisa menggambarkan orang ini. Kalo ada yang bilang mukanya nggak sesuai sama umurnya, memang bener. Mukanya kayak bayi beneran.

Chen lebih kharismatik kalau melihat aslinya. Mukanya ramah walaupun nggak senyum tapi siapapun akan menilai bahwa dia adalah orang baik.

Lay! Oke gue fix banget ngefans sama Lay sejak SS4INA ini. Lay semakin kesini semakin bisa menunjukkan sisi lebih dari dirinya. Waktu di panggung, perform Lay keliatan paling total daripada yang lain (walaupun yang lain juga total, tapi Lay ada sesuatu yang lebih gitu).

Yang terakhir Kris. Oke, vampir yang satu ini memang bener-bener tinggi (walaupun ternyata dia pake insoles -3- bocoran dari kru SM yang temen gue orang Korea itu. Thanks lagi Icha). Tapi nggak salah kook Kris jadi leader. Nggak salah sama sekali.

Ketika mereka turun dari panggung setelah perform, suasana lumayan sepi, dan disitulah kesempatan buat teriak. Hahaha gue berteriak Luhan beberapa kali, kemudian EXO beberapa kali. Kris beberapa kali tapi justru lupa kalau masih ada Lay, Tao, Chen dan Xiumin. Ckckck....

Lantas, hanya 2 lagu, apakah ada moment ajaib bersama EXO hari itu?

JELAS ADA!

Icha dan Riska sampe nggak berenti-berentinya pengen teriak. Gue pengen ngebor gaya Inul Daratista waktu di sebuah adegan dance MAMA dan HISTORY, ketika ada perubahan formasi, LAY seperti mematung dan terpaku ngeliat ke section tempat gue, Icha dan Riska berdiri sambil membawa banner EXO M berukuran 100 cm x 70 cm ini:


Banner yang sama dengan yang akan gue bagikan untuk Giveaway!
Dua kali perform. Dua kali juga gue memergoki LAY mengeluarkan ekspresi seakan bilang gini, "BUSET DEMI APAPUN ITU ADA BANNER GUE GEDE BANGET!" Pake ekspresi muka D.O --> O_O. Nggak cuma sekali, tapi berkali-kali dia mencoba untuk memastikan. Walaupun mungkin bukan kesempatan mereka untuk berinteraksi lebih jauh dengan fans seperti misalnya menebar senyum atau sebagainya (atau mungkin memang karena nervous) tapi gue yakin banget kalau banner yang dia liat itu, yang gue bawa itu, meninggalkan kesan mendalam. Hahahaha ngarep. Selain Lay, Chen juga beberapa kali melirik kami untuk memastikan apakah itu memang benar-benar banner bergambar mereka. Kris, leader yang kesannya ignorant ini juga ternyata melihat banner kami. Sepersekian detik dia bengong kemudian lanjut dance lagi. Sama kayak Lay. Saking syok-nya dia sampe mematung walaupun tetap berusaha fokus. Nggak bisa dijelaskan bagaimana ekspresi Lay saat itu tapi yang jelas itu momen kocak banget. And now I'm officially LAYNISTA! hahahha

Honestly, gue mau EXO lebih lebih dan lebih. Di akhir konser, EXO naik ke atas panggung lagi dan Kris mengucapkan sepatah dua patah kata tentang konser dan tentang Super Junior (dan fansnya) dalam bahasa Inggris. Sayangnya mereka berdiri di panggung yang paling depan, padahal gue udah niatan buat ngasi banner welcome to Indonesia buat Lay kalau misalnya mereka perpisahannya di tengah-tengah panggung. Yaudah bukan rejekinya Lay dapet banner dari gue. Hahaha... Dan disanalah anak-anak SuJu menyiram EXO dengan air dalam botol. Dan semuanya basah-basahan... Dan drama-pun selesai... Mereka bisa tidur dengan nyaman setelah ini.

Kesan setelah menonton? BAHAGIA. Jelas. Karena semua penantian, antrian, waktu yang terbuang, dan uang yang dikeluarkan untuk hari ini seakan terbayar sudah semuanya. Perjuangannya berasa banget. Mulai dari nabung, antri beli tiket, bikin fanboard, antri ambil tiket, makan sekali sehari, antri masuk venue, dan segalanya. Walaupun pelayanan dari promotor jauh dari memuaskan, tapi gue pribadi mau berterima-masih buat ShowMaxx Ent. Tanpa usaha mereka nggak akan ada konser hari Jumat-Minggu itu. Walaupun banyak yang kecewa karena tiket habis, karena tiket dijual murah, karena pelayanan yang absurd, karena ini karena itu, tapi tetep aja, mereka berhak mendapatkan apresiasi atas kerja keras mereka mendatangkan Super Junior. Terserah lo pada mau bilang apa soal mereka, tapi gue pribadi sangat berterima kasih dan ini sudah gue ulang berkali-kali.

Tim SM dan Dream Maker berusaha membuat dekat SJ dengan Indonesia seperti misalnya menggunakan lagu Indonesia di salah satu performance, menggunakan batik (yang Eunhyuk keliatan kayak bapak guru gitu), dan tentu saja penggunaan bahasa Indonesia yang absurd buat mereka serta bahasa Sunda "Hatur Nuhun".

Banyak teman-teman gue orang Korea di UI yang sangat bersemangat belajar bahasa Indonesia dan dua diantara mereka gue tahu jadi staff SM buat SJ kemaren. Dan waktu SJ ngomong pake bahasa Indonesia, gue seperti sedang mendengar teman-teman orang Korea di UI :) Rasanya deket banget. Dan paling inget itu apa yang dibilang Donghae, "Apa Kaba? Nama saya Donghek."

Yang lain yang mereka ucapkan seperti, "Terima Kasih!" "Apakah menyenangkan?" "Saya cinta Indonesia gadis" juga lumayan okelah. Paling nggak ini menunjukkan ada usaha mereka untuk belajar. Eunhyuk juga sempat baca teks nama-nama artis Indonesia kayak Mike Lewis dan yang lainnya gue agak kurang jelas dengernya.

Dua kejadian berturut-turut itu, fanboard Icha diambil Ryeowook dan gue diambil Donghae, masih di awal-awal konser banget. Jadi emang sempat shock sih. Mengingat ini adalah kali pertama gue nonton konser jadi masih sangat lebay gitu... Dan mungkin karena kali pertama juga ya, entah kenapa pas mereka nyanyi Miracle gue sempet-sempetnya tidur dong sepersekian detik gitu. Ngantuk banget coy... Hahahahah

Walaupun gue sangat menyayangkan karena nggak mengambil satu fotopun ketika konser. Tapi gue punya alasan: Karena gue ingin menikmati konser ini dengan sebaik-baiknya selama 4 jam penuh tanpa ada gangguan dari kamera dan semacamnya. Gue merasa uang 1,7 juta gue akan sia-sia kalau misalnya gue keluar dari gedung itu tanpa perasaan menonton sama sekali karena sibuk merekam dan sebagainya. Oke ini sih gue, mungkin orang-orang punya perasaan yang berbeda.


In the end, walaupun nggak bisa foto sama EXO, foto sama Super Junior, tapi gue seneng banget. Melalui Super Show 4 INA ini gue bertemu dengan banyak sekali orang-orang yang menyenangkan dan teman-teman baru (701ers sayang gak sempat fotoan kemaren yaaaa T__T). Nggak cuma pas nonton doang, tapi juga mulai dari antri tiket. SS4INA juga mempertemukan gue dengan beberapa teman yang selama hampir dua  tahun cuma kenal dari twitter dan Facebook doang. SS4INA juga yang membuat gue akhirnya mempunyai banyak teman yang suka sama EXO juga :) Berkat bersikeras membawa banner dan membuat fanchant yang padahal waktu di venue, walaupun ada  yang mematikan lightstick, tapi lebih banyak yang menyalakan lampu dan berteriak :) As a fans of EXO gue sangat bangga pada fans SuJu yang kemaren itu. Hebat!

Akhir kata, mungkin saya akan ganti idola aja? Siwon dan Donghae terlalu sombong. Hahahaha

With
With besties yang sudah bersama-sama berjuang sejak antri tiket sampe antri masuk venue :)

@allriseminji @riscarrot
@terrykyu @chirfulness

Brunch sebelum berjuang di dalam venue. Nasi uduk sponsored by @susi_sulist :


After show :) Donghae Cry Baby-nya masih menangis... *BABY DON'T KERAAAAAYY*


Dini hari, beberapa jam sebelum mulai antri, sempat-sempatin foto sebelum tidur di lantai lobby ABC yang dingin membeku...

What a very great experience :) Have a nice day everyone :) Happy Birthday Ron! :)



@ronzzykevin

Related Post : | PART 1 | PART 2 | PART 3 |


one click! Tumblr | Facebook Fanpage | Kompasiana

Share:

23 komentar

  1. standing applause for ronzzykevin.
    perjuangan ente kayak perjuangan orang yg mau ngedapetin beasiswa...
    ~ clap clap clap ~


    @widipriska

    BalasHapus
  2. Beneran gila!!!
    Sayang saya agora!!! hahahaha~ Nggak bakal bisa nonton Kak KAI kalo lagi di Indo...
    Parah~
    Kok udah ending sih?
    *emangnya elo mau ngadain sampe hari senin?!

    Ya udahlah... Selamat ya Kak...

    BalasHapus
  3. mm Siwon donghae ya... haha...
    ok.. thanks tulisannya...
    nunggu kali aja ada part 5... hihi..
    Heppy B day Ron...
    WATB.....
    (kurang 1 menit jam lepi... sampe jam 24.00WIB ^^)

    BalasHapus
  4. ommm aku nonton hari 1 ,,benar kyu itu lebih pure banget ,kebetulan biasku kyu ,,sumpah tambah cinta ..benar om luhan bener2 sweet baby ,,,
    Sebenarnya tujuan awal ngeliat EXO
    pas EXO tampil sempet teriak2in nama LUHAN walaupun pas teriak penonton yang dibelakang pada ngeliatin dengan tatapan ''Woy ini konsernya suju ,ngapain loe teriak2 luhan '' tapi puas bisa teriakin nama luhan dari dia nyanyiin mama'' sama history

    BalasHapus
  5. foto bareeeeeeeeeeeeng 701 di pending sampe another super junior concert in INDONESIA. fixed! ini postingan lawak abis aishhh ternyata gw melewatkan terlalu banyak moment karna selama show mata terlalu bgt ngintilin kyuhyun kemana pun ia pergi.

    what a great moment yaa ron. berjuang ngantri 24jam dan berjamjam lainnya buat bs masuk venue itu sesuatu(:

    baca ini bikin kangen minggu lalu. hr jumat dimana gw nangis di pojokan kamar hanya karna ga bs nonton 1st day show lantaran harus bikin paper buat conf. tp yaa terbayar jg di hr ketiga.

    btw......... gue ga ngerti lagi sama kelakuan lo. penulis novel tp jualan akua hahaaaa d;

    selamat ulangtaun anw
    okeee telat gw tau.. semalem ketiduran hahaa selamat menjadi yang paling tua di antara kita berempat d;
    cepatcepat punya pacar yess *dirajam*

    BalasHapus
  6. da sering bc, tp ga pernah ikutan coment.. Same with u, aku jg nonton ga pake acara foto krna ga mau nyia2in duit 1jt bwt sibuk foto sedangkan sujuny sibuk lari2.. yg bgtu kt meleng dikit donghaeny ilang. Tp maaf om, aku beda pendapat nih. Menurut aku eunhyuk itu keren bgt, pgn culik dia malah, and pas pake batik malah mikir, kayany cocok bwt diajak kondangan. Dan yg pas exo bru tau trnyta luhan paling ga kompak.. Sepatuny beda sndri, plg bagus pula. Kaya yg dpake taemin dreplay.. Adidas ya,, tp ga suka rambutny kris trlalu jigrak.... Sukany ma chen ma taopanda.... Bersyukur bgt bs liat mrka walaupun 4jam itu krg lama. And yg pasti jd tambah cinta ma eunhaekyu..

    BalasHapus
  7. kok gua nonton di tv denger nya malah "aph keba, name saya chonghe" ==

    BalasHapus
  8. Akhirnya tamat juga dari sekian perjuangan ya, hihihi. Selamat menikmati waktu istirahat #eh.

    Yah pokoknya kalau konser itu mesti ada perdebatan antara penonton. Nggak sukanya itu, ini tempat saya ya sudah ngapain sana repot. Soalnya kalau konser semua yang teratur kemungkinan besar bisa berubah jadi kacau.

    Astaga Lay mendelik lihat banner EXO-M-nya! Keberuntungan~ :)

    BalasHapus
  9. makasih banget om udah ngasih review konsernya \(^0^)/
    saya yg ga bisa nonton jadi tau ceritanya
    asik ya bisa dapet bonus EXO
    padahal saya pengen liat muka asli mereka
    terutama Chen 'si kharismatik' (lebay -.-)
    Tao 'si jutek' (?)
    Xiumin 'si pipi bakpao'
    dance mereka tetep keren ga kalo live perform?
    sayang ga ada 'si barongsai' :p

    BalasHapus
  10. one thing : in this part potho lo ngga di BLUR hehehehe

    BalasHapus
  11. Ah.... enak banget sih Om Ron, biasa liat ke-'pure'an-nya Kyu T^T
    Gue cuma dikasih pantat doang sama Kyu di Box B,asyeeem. Susah banget nyari Kyu..
    Di Box B malah Donghae lumayan sering nongol, bahkan sampe ngasih tanda tangan di CD Mr.Simple B punya ELF ntah siapa.. trus peluk-pelukkan sama Sungmin di Destiny.. wkwkwk. Donghae ganteng banget Om Ron!!

    Semoga bakal ada SS5 lagi, dan gue berharap ga dikasih pantat Kyu lagi -_-,,hahaha

    P.S: Kris VAMPIRE! Dia bukan MANUSIA! DIA VAMPIRE! KYAAAAAAAAAAA!

    BalasHapus
  12. masa ya, om Ron enak banget bisa liat exo secara live. udah gitu banner nya sempet dilirik Lay juga. envy~ semoga exo ngadain konser di jakarta yah (:o

    BalasHapus
  13. om~ nih gue lagi @dongghae861015 ^^
    gue mau coment apa yak? pokok.nya SS4INA kemaren kalo menurut gue yg paling dapet FEEL.nya itu Day 3..kenapa?
    soal.ny itu pertama kalinya gue nnton :3 *yaiyalah* udah gitu karena itu ending dari SS4INA,jadi kesannya mendalem...trus Siwon buka baju pas Sorry2 :O...Eunhyuk buja baju juga pas basah2an...dan Donghae buka baju juga walo cuma setengah *dan itu gue GAK puas!!* -___- seharus.ny DOnghae buka baju juga :O
    ..trus pas EXO M perform..omaigat!! keluarga baru SM muncul juga akhirnya!! walo banyak yg gak suka..smoga mreka mulai bisa menerima kenyataan kalo mereka itu SM Family *bunga mana bunga*
    mereka pas perform MAMA itu gue langsung merindong disco :O ikutan fanchant *seperti janji gue sama lo waktu itu* gue nepatin janji ^^ gak cuma lo yg fanchant :D walo gue dilirik sinis sama fans SJ lainnya..pikir gue *bomat lah~ yg penting bisa lihat LUHAN*
    selain gue yg fanchant ada sepupu gue @puri_anggita juga yg dia itu Kris biased...teriak.ny paling kenceng :O
    kalo DONGHAE yg berkesan sama gue pas bilang "apa cukup menyenangkan?" dengan nada suara DANGDUT bgt itu sumfeehh -,- dan gue cuma ngakak XD
    pas Kris ngomong pake B.Ing itu gue gak denger sama sekali..suasana riuh bgt dan gue cuma bisa liat mreka mangap2 doang -,- entah ngomong apa
    dan gue beli 1 dapet 2...goda kakak dapet adik (?) *maksudnya fi?? (_ _")
    hhahaha~ niat nnton SJ bonus EXO M dan itu WOW bgt...coba ada SHINee juga ato sama SNSD,F(x),sama TVXQ,dll pasti lebih seru :D *itu mah SM Town fi~*
    pulang konser gue gak bisa tidur...yg terngiang2 di pikiran gue entah kenapa malah lagu Ryeowook solo..sama adegan Sungmin solo yg mau ciuman XD
    walo bias gue DONGHAE..tapi gue gak punya kesan mendalam sama dia :( malah yg dalem bgt itu Yesung :')
    bener kalo lu bilang DONGHAE itu sombong *bru ini gue jelekin suami (?)* dia emng jrng interaksi sama fans *itu pengamatan gue dari JAUH* *JAUH* kenapa diulang? *JAUH!!! karena gue liat mereka kayak liat upil jalan2 -,- kecil sangat...1,4 juta cuma liat org segede UPIL kesana-kemari (_ _")
    gpp lah dapet upil..yg penting kepuasannya (y)
    walo udah seMINGGU berlalu..bagi gue kayak baru kemarin aja gue nnton :D liat LUHAN yg terNYATA gak mirip temen SMP gue -,- *dari awal lihat Luhan gue slalu bialng kalo dia mirip temen SMP* lihat gantengnya DONGHAE dari layar Besar -,- liat ABS Siwon walo cuma sebentar :D tapi itu puaaassss bgt!!
    sorry om kalo komen gue yg ini kebanyakan..gue cuma mau berbagi ^^

    BalasHapus
  14. waaaaaaaa aku terharu oppa :') pengen juga ketemu exoooooooo...huhuhuhuhuhhu...
    perjalanan yang mengasikan,menantang dan rada bikin jengkel,wkwkwkwkwk
    pokoknya aku pengen ketemu EXOOOOOOOO *koar ga jelas kayak orang stress*
    EXOOOOOOO we are one We are Exo fans XD

    dioles dioles air di termos, ada ditermos

    *sorry ga ngomen suju,coz yang celoehin mereka banyak BGT,dan aku bete* *dijewer sj oppadeul* XD

    BalasHapus
  15. Chukkae om.. akhirnya ketemu sama Exo juga...
    yang bawa banner EXO om doang ya?

    Pengen liat muka cengonya LAY....

    OM POQOKNYA BENERAN DAH KALO ADA EXO KONSER FIX KUDU BARENG OM.........

    BalasHapus
  16. AnonYmous Siwonnest..13 Mei 2012 pukul 16.13

    Salam kenal Choi Ron Hae.. Hwaaaa gw msh nyesek ga bs nonton SS4, padahal pengen bgt liat Oppadeul terutama Siwon.. Sayang ya Siwon jarang wara-wiri di tempat lo jd kesannya lo dicampakkan.hehe.. Btw Siwon itu ga sombong coz banyak fakta yg nunjukkin kl dy tuch baeknya ga ketulungan, ampe pernah nyelamatin fans gt. #belain suami gw.hehe.. Over all, gw sk blog ini, ngakak kalo baca comment2 lo.. Oh ya lo ngingetin ma tmn SMP gw, jd penasaran ma novel lo. :D

    BalasHapus
  17. wah keren postingan lo ttg SS4.. Gw gak sengaja searching Opera Instrumental akhirnya terbawa ke sini gara2 Om Google. Tapi gw senang baca pengalaman lo dari part 1-4 ( ahh lo kek upload video di Youtube aja..). Gw gak niat nonton tapi akhirnya nyesel juga pas tau liputan2 dan pembicaraan org2 ttg SS4 di Jakarta yg keren ini. Apalagi ada tawaran beli 1 gratis 1 dari Bank M dan BBM teman yg bilang,"Wooyy kenapa gak bilang, ID Press gw kelebihan satu.." Dodols banget kan.. Karena gw yakin bisa setangguh kalian ngantri dari kapan tahu, makan gak teratur dan saya yakin juga banyak ngelewatin jam sholat dan mandi.. Btw, ide lo untuk buat fan board Lee Soo-man itu asik banget. Pasti gerombolan cewek-cewek yg neriakin lo pas awal-awal juga akhirnya nyesel juga.. Jarang-jarang ada yg buat fanboard bapak Lee plus Shindong pula.. Jangan2 Fanboard lo skrg sdh ada di kamar Shindong..


    Oiya, soal WonHae.. gosok 8 kali, pindah hati ke Kyuhyun laahh... hahahahaha

    BalasHapus
  18. Mampir ke blog ini gara2 dikasi tau temen ada blog fanboy dan langsung baca postingan SS4INA ini.
    Ternyata lo yang bawa fanboard Sooman. Gokil!! Gw wondering dari awal baca update TL fanbase pas jaman SS4INA Day 3 dulu yang bilang kalo ada yg bawa fanboard beliau. Nggak nyangka ada yang kepikiran buat bikin dan bawa banner itu. Keren deh lo :)

    Btw, Kyu emang pure, that's why di poster I AM dia dapet tagline "PURE". Salam Sparkyu ;p

    BalasHapus
  19. ahhhh gilak gua ngefans banget sama lo bang *O* saban hari gua nungguin riview terbaru lo! daebak lah! salam dari gue exotict :p

    BalasHapus
  20. tba2 mampir kblog ini, gara2 lgi nyari daftar dokter gigi PKM UI..ehh,,trus ngliat ad judul postingan ttg SS4INA..as an ELF,I decided to read it..

    Cma mw kasih pendapat bwt kalimat terakhir "Akhir kata, mungkin saya akan ganti idola aja? Siwon dan Donghae terlalu sombong. Hahahaha" kyny kurang tepat..Krn pas gw ntn hari ke1&2,mreka sangat interaktif dg penonton,n full fansecrvice..,yaa,,mngkin hari ke3 ud pada cape kali y..

    Kl mw kasih pendapat justru EXO yg sangat-sangat sombong..Gw antisny EXO dan itu terjadi krn ksombonganny mreka dulu..Tau kan,,pas mreka masih trainee,salah1 member EXO(gtw namny spa) ad yd pernah nulis diminyhompiny kl dia kesel krna ga bsa debut gara2 DBSK,SJ,Shinee belum ad yg BUBAR..n sejak saat itu gw bertekad akan mengantisin EXO,,haha..Gmn ga minta diantisin cba,mreka masih trainee tpi kelakuanny gbsa djaga..Bhkan skrg mreka nompang pamor am SJ,yg pada awalny mreka harapkan bubar...ckckckck...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wew, kayak paling tau aja semua muanya...
      Emang tau darimana? tunjukin darimana info tsb didapet. Jangan jangan cuman asumsi pribadi. ckckckck...

      Trus kalo udah jadi antisnya EXO kenapa gitu? Bangga?
      Emang dapet apa kalo jadi antisnya Exo?
      Dapet piagam? Dapet mobil? Dapet beasiswa?

      Trus dapet apa kalo udah jadi ELF?
      dijadiin istri sama salah satu diantara mreka gitu?

      Tau ga Komen lo diketawain loh sama ELF EXOTIC yang baca komen lo... hohohoho. Jadilah fans yang bijaksana.
      Kalo Suka ambil, gasuka tinggalin. Simpel kan?

      Hapus
    2. buat uname forever13 fyi aja yah, RUMOR yang katanya ada member exo yg nulis di minihomepage mereka soal debut mereka setau aku itu JUST RUMOR buatan antis EXO, bisa di cek deh di blog youngkika.wordpress.com yg judulnya "kulit kacang" aku udh prnah baca tuh, smpetnya aku kira exo bneran nulis gtu ternyata itu hanya bohong. Yah logika aja yah mereka calon artis mana mungkin brani nulis aneh" sblm debut.
      Ah yah aku juga suka SJ loh EXO apalagi.yeaaaah cinta damai. Bkan mau aneh" cuma mau ngasi tau aja RUMOR yang mengada ada itu kkkkkk
      #peacelovegaul

      Hapus
  21. kereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeennnnnnnnnnnnnnn..

    BalasHapus