Girls' Generation World Tour ~Girls & Peace~ in Jakarta [PART 2--END]

*
Waktu ngeliat kondisi festival Pink A dan Pink B dari atas sore ini, gue bersyukur nggak jadi beli tiket Pink. Kayaknya gue nggak bakalan sanggup berhadapan dengan para SONE yang ada di bawah sana. Pink A dari kejauhan bener-bener keliatan padet banget sementara di Pink B juga padat di bagian depan tapi bagian belakang masih ada space kosong buat duduk-duduk nongkrong sambil ngopi-ngopi.

Peraturan pertama kalau mau nonton di festival selain kondisi harus fit adalah memang datang sepagi mungkin. Kalo misalnya ada tiket fast track, mending ngutang buat beli tiket fast track deh. Apalagi kalo konsernya kayak SNSD kemaren. Atau konser grup yang memang fandomnya besar banget. Kalo nggak gitu, siap-siap jadi bandeng presto di antara para fanboy.

Gue sendiri waktu ngeliat langsung shock banget. Mungkin karena konser SNSD kelas festivalnya cuma dibagi dua, jadi penumpukkannya berasa banget. Kalo pas Super Show 4 kan dibagi ke dalam box-box tuh, nah jadi kuotanya emang udah pasti segitu jumlah orangnya. Nggak berasa penuhnya. Jujur gue sendiri nonton di Box C masih bisa tuker posisi pas EXO-M perform sama temen gue. Masih bisa yang bernapas lah istilahnya. Walaupun di belakang gue cewek-cewek pada nyuruduk kayak banteng teriak teriak "MAJU! GESER MAJU!"

Orang kalo udah gila emang nggak bisa diapa-apain lagi. Badan gue udah nempel sama pagar waktu itu tetep aja disuruh maju. Kenapa nggak sekalian aja mereka suruh gue duduk di pangkuan bapak security.

Gue agak nggak memperhatikan kelas Yellow A dan Green A tapi Yellow C, Purple dan Green C sampai Premium Red dan Red semuanya penuh padat. Makanya pas lampu mulai dimatikan dan teriakan riuh penonton yang tidak sabar mulai kedengeran, suasananya jadi kayak begini..... :")
*
*
Di Pink B memang terlihat bolong-bolong tapi namanya juga kamera gue nggak bagus-bagus banget ya sebenarnya ini lebih indah dilihat mata. Yang paling nggak terduga-duga setelah lampu dimatikan adalah ketika narator/translator ngomong, "Sebelum konser dimulai marilah kita menyanyikan lagu Indonesia Raya. Para penonton dimohon untuk berdiri,"

Wah....

Takjub gue. Ini pertama kalinya gue nonton konser yang sebelum mulainya harus nyanyi lagu kebangsaan dulu. Wah wah wah.... Untung aja gue masih hapal Indonesia Raya walaupun suara gue nggak sebagus pas gue SD. Nggak bisa nyampe nada tinggi pas bagian "Indonesia Raya Merdeka Merdeka!"

Suasananya saat itu buat gue sendiri sangat mengharukan. Sama persis ketika gue melihat Infinite nyanyi lagu 'Paradise' sama 'Before The Dawn' dua minggu sebelumnya. Bener-bener bikin merinding. Konser ini membuat kita sadar bahwa secinta apapun kita sama artis dari negara orang, kita nggak bisa lupa sama jati diri bangsa sendiri. Kasarnya, masa lo hapal lagu 'Gee' yang jadi lagu wajib setiap konser SNSD tapi nggak hapal lagu kebangsaan negara lo sendiri?

Bacot lagi.

Saat itu gue menyanyikan Indonesia Raya dengan sepenuh hati. Sikap sempurna. Tangan kanan di dada kiri. Dada kiri diri sendiri bukan dada orang yang pasti. Rasanya upacara bendera di SMA lagi. Bedanya, hari itu gue nggak pake topi abu-abu tapi pake topi ijo lumut dengan lidah topi di bawa ke belakang. Kesannya kayak lagi upacara bendera tapi benderanya gambarnya Baekhyun.

Dan ketika VTR konser diputar.......

"ANJIR ANJIR MULAI MULAI!"

"KYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA"

Di bawah suara teriakan udah heboh banget. Ibarat Bison dikejar Macan Tutul. Semuanya heboh ngeliat SNSD lagi gelantungan di atas pohon di VTR awal. Ada yang tiduran di atas kelopak bunga. Ada yang duduk di tangkai pohon tapi pake gaun. Gue bingung manjat pohonnya gimana. Ada yang lari-lari pake rok sempit. Pokoknya macem-macem. Yang jelas gambar VTR-nya itu bening banget. 

Waktu lagu 'Hoot' mulai kedengeran dan di layar LED muncul para member pake baju pink, suasana jadi semakin menggila. Kurang lebih yang nonton hari itu adalah sekitar 8500 orang ya. Itu semua pada teriak ngeliat layar. Gue nggak kebayang yang nonton Metallica di GBK waktu itu gimana gemuruhnya.

Idealnya sih ini kalo di Seoul pake hologram gitu. Tapi karena gue di Yellow, bagian layar tengah panggung kehalang sama set panggungnya jadi nggak bisa gue pastikan itu hologram atau LED. Tapi kayaknya sih LED karena kalo hologram pastinya posisinya agak ke depan dikit kayak yang di YouTube. Hehehe

Sementara orang pada heboh sama LED, pandangan kita yang di Yellow B tertuju ke tengah panggung. Ke panggung hidrolik yang lift-nya turun.

"ITU ITU! MEREKA DI BOLONGAN PANGGUNG MAU NAIK! ITU DI LOBANG DI LOBANG! AAAAAAAAKKKKKK!!!!" gue teriak padahal nggak jelas itu SNSD atau bukan. Tapi pas mereka semua sudah berdiri di panggung hidrolik dan mulai naik, lampu langsung menyorot ke mereka dan.

"YA ALLAH YA ALLAH YAAA ALLAAAAAHHH AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAK!" tidak ada lagi harga diri tersisa. Semuanya habis sudah malam itu. Padahal itu baru lagu pertama dan belum kelar lagu pertama. Masih ada sekitar 24 lagu lagi. Bagaimana hidup ini bisa damai?
*
*
Itu caps dari fancam gue. Pas mereka muncul di tengah panggung itu kembang apinya meledak CEDAR CEDAR CEDOR! Semuanya pada heboh terlebih beberapa fangirls disekitar gue. Semuanya pada teriak histeris setiap kali ada pergerakan.

Loh itu kan lagi dance berarti gerak terus berarti teriak terus dong?

Iya. Faktanya demikian.

Sayangnya gue nggak terlalu banyak ngambil fancam karena yang pertama gue sebenarnya niat pengen menikmati konsernya. Yang kedua, kayaknya lebih seru kalo foto-foto gitu sekalian belajar foto ala ala masternim Korea gitu kan. Jadi yaudah, fancam gue yang paling panjang cuma 'Hoot' doang yang lainnya seadanya. Ada yang bahkan cuma 40 detik doang dan itu kameranya bahkan lagi nyari fokus. Maklum kamera murah.

Setelah 'Hoot' mereka nyanyi lagu kedua 'Animal' sama lagu ketika 'Talk Talk'. Karena gue nggak tahu dua lagu itu jadi yaudah sepanjang lagu gue cuma nontonin. Foto. Nontonin. Foto. Baru pas 'The Boys' gue heboh lagi.

Dulu waktu kuliah gue sempat nonton fancam SNSD lagi perform di acara apa gitu peluncuran produk fashion dan perform-nya 'The Boys' juga. Waktu bagian setelah "I can tell you looking at me I know what you see, any closer and you feel the heat," kan teriak "GG!" gitu, dan di fancam itu bener-bener yang gue pas nonton di perpustakaan UI, "Sumpah.... ini mah.... demo 1998 kalah..."

Dan hari itu....

Gue mendengarnya langsung....................................................................

Separo merinding separo heboh. Tapi gue juga ikut teriak pas itu. Gue juga jadi bagian dari fanchant itu. Gue ngerasa bangga melebihi kebanggaan gue lulus tanpa skripsi. Apalagi waktu bagian "Jigeum-eun Sonyuhshidae~~~~~ etc etc," itu. Rasanya lantai tempat gue duduk itu goyang-goyang. Rasanya kayak mau rubuh itu MEIS. Fanboys-nya juara banget.

Penampilan 'The Boys' yang kemaren mereka tampilin lumayan spektakuler gitu. Jadi di panggung ada kayak semacem pagar kawat gitu terus mereka pada nyayat-nyayat itu kawat pake pisau gede. Awalnya gue wah banget kok mereka bisa motong kawat pake piso, tapi pas gue perhatiin ternyata emang kawatnya udah bolong duluan trus yang disayat yang bagian bolongnya. HAHAHAHA yakali mereka sayat ditempat. PR banget.

Mereka mulai ngomong perkenalan setelah 'The Boys' dan seharusnya ada project Hyoyeon disitu. Tapi sayang sungguh sayang, sebelum semuanya memperkenalkan diri, narator/translator-nya ngomong "Yang mau project nanti aja ya," sedih nggak sih. Ngeselin nggak sih. Padahal itu tuh rencananya pada mau nyanyiin selamat ulang tahun buat Hyoyeon gitu. Malah batal. Ini yang bikin konser ini jadi kurang berkesan. Project-nya jadi pada gagal begitu padahal udah pada prepare banget :(

Ditambah lagi, masalah mulai terlihat ketika para member ngomong pake mikrofon mereka. Beberapa suaranya nggak keluar. Beberapa kali feedback nging nging nging gitu dan nggak nyaman. Gue lupa pas lagu apa, Hyoyeon keluar panggung karena ngerasa mikrofon dan monitor di telinganya bermasalah.

Itu masih di awal konser loh. Bisa banget kan bikin artis-artisnya bete karena mereka baru mau mulai tapi malah ada masalah di audio. Gue sih nggak tahu detailnya kayak gimana apakah mereka bawa peralatan audio sendiri dari Korea atau gimana. Tapi serius, hari itu, menurut gue sebagai penonton, sound-nya failed banget.

But anyway, gue bisa denger mereka pada ngomong memperkenalkan diri satu-satu walaupun nggak fokus ke semua mereka ngomong apa. Gue lebih fokus ke kamera gue dan foto-foto HAHAHAHHA tapi gue denger Seohyun ngomong "Aku mencintai kalian!" dan Sunny ngomong sesuatu yang intinya, "Apakah kalian sudah lama menunggu?"
*
Tiffany juga teriak "INDONESIA ARE YOU READY?!" semacem itu sebelum akhirnya lanjut ke lagu berikutnya: 'Say Yes'. Disini mereka banyak pake properti dan banyak interaksi sama penonton. Tiffany sendiri gue perhatiin (karena gue banyak liat dia dan seringan motret dia), banyak interaksi sama penonton dan nggak berenti-berentinya senyum ke arah penonton. Gimana nggak lemes.

Pokoknya yang ada di daerah B, itu sering banget di dadahin Tiffany. Jessica juga sering ke arah situ. Yoona juga. Seohyun juga. Sementara sisanya ke arah yang lain. Gue sendiri banyakan dapet motret Jessica sama Tiffany. Ultimate bias gue sendiri jarang kepotret. Tapi yah namanya kalo konser sih untung-untungan. Yang ada yang dijepret. Kita kan bukan masternim per-member.

Yah, itulah enaknya memang kalo di festival. Bisa diliat langsung dan ngeliat langsung momen dikedipin, ditunjuk, diketawain, dipantatin, dijongkokin, semuanya. Penantian dari subuh dan desek-desekan disitu pokoknya terbayar banget. Asalkan energi tidak habis dan tidak pingsan aja pokoknya, festival itu jadi surga. Walaupun pasti bau keringet tak bisa dihindari.

***

VTR-VTR yang ditampilkan di konser tuh jauh lebih mewah dan lebih niat daripada MV ya. Makanya harga tiket konser mahal. Sementara MV kan nontonnya gratisan. Hahahaha.... Gue sempat mikir waktu nonton VTR, kenapa MV SM nggak dibuat sebagus VTR-nya biar ada kesan mewah. Nggak melulu orang nganggep SM itu miskin karena nggak pernah bikin MV yang bagus. Galaxy Supernova aja cuma modal LED doang terus udahan. Nggak ada istimewa-istimewanya.

Tadi kan kita udah bahas sound, nah ngomong-ngomong soal VTR, video ini kan diputar sebagai jeda antara penampilan di Act 1 ke Act 2 dan seterusnya. Mereka juga pasti butuh minum, benerin mikrofon, ganti baju dan sebagainya. Beneran make-up juga kali dll dll. Tapi, sayangnya, pas konser itu, ada kalanya pergantian Act itu jedanya lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa banget. Sampe kita sendiri yang nonton kayak jadi krik krik gitu nunggunya. Padahal di ending VTR udah "KYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!" tapi nggak disambut secara kontinyu dengan penampilan SNSD-nya. Harusnya "KYAAAAAA! AAAAAAAAAAAAAAAAAAKKK!" jadi "KYAA!" --------- "AAAAK!"

Abaikan saja bagian itu.

Waktu Mr. Taxi, di Yellow B gue nggak bisa liat dengan jelas karena kehalang set panggung. Yang jelas mereka mengawali penampilan itu di panggung utama dengan baju ijo stabilo-hitam. Trus abis itu mereka lanjut lagu 'T.O.P' bawa-bawa tongkat panjang bercahaya gitu. Seru banget berasa lagi nonton Tao martial arts. Disitu mereka nyebar lagi ke seluruh penjuru panggung dan berkumpul di tengah buat nyanyi 'Flower Power'.
*
*
Lagu 'Paparazzi', 'Run Devil Run', sama lagu 'Reflection' dinyanyiin kembali di panggung utama. Di penampilan ini mereka tampil pake set ada kotak-kotak-nya gitu. Jadi masing-masing member masuk ke dalam satu kotak dan mereka dance solo di sana nggak pake formasi-formasi.

Nah, buat yang kasus begini, di Yellow B juga jadi nggak keliatan. Terhalang sama kotak-kotaknya. Jadi nggak bisa liat langsung mereka kayak gimana disitu ngapain aja di dalam kotak. Cuma bisa liat di layar. Tapi ini pasti keren banget karena liat fotonya di Facebook SMTOWN aja udah keren gitu. Gue sayangnya cuma bisa liat di layar kecil di lantai 2 dan yah harus puas sampai situ saja :")
*
*
Sebelum nyanyi lagu 'Promise' sama 'Baby Baby' versi ballad, VTR-nya sedih gitu. Tentang guru sekolah dasar yang meninggal terus murid-muridnya dateng buat melayat sambil mengingat jasa-jasa dan kejadian-kejadian yang dulu pernah dilakukan oleh guru itu. Seohyun jadi peran utama disitu dan secara aneh suasananya jadi berubah mellow galau banget :") Untung gue laki-laki sejati. Gue pantang nangis cuma liat gituan. HAH!

Pas mereka perform 'Promise', mereka pake gaun putih terus duduk di panggung utama. Lagi-lagi. Ketika itu yang keliatan juga cuma beberapa member yang duduk di sebelah kanan (dari arah penonton). Sementara yang sebelah kiri (dari arah penonton) hanya bisa dilihat oleh penonton yang ada di kiri tentunya.

Entah cuma gue doang yang perhatiin atau gimana, Jessica sempat kayak ngapus air mata gitu. Apakah itu sebenarnya air mata atau cuma kelilipan eyeliner, tidak ada yang bisa memastikan. Karena ekspresi Jessica antara sedih sama bete mukanya sama aja. Di sepanjang konser, cuma lagu ini yang ballad dan yang bikin suasana jadi agak sendu. Sementara lagu-lagu lainnya kan ceria-ceria semua. Lumayan buat nurunin tensi lah.
*
*
Act 5 adalah bagian yang paling gue suka. Mereka tampil nyanyi lagu 'I Am A Diamond', 'Express 999', 'Genie' sama mashed-up 'The Great Escape/Can't Take My Eyes Off You'. Waktu 'Express 999', karena gue suka lagu-lagu di album 'I Got A Boy' gue paling heboh sampe yang nggak bisa berenti teriak. Nggak bisa berenti nyanyi.

Waktu lagu 'Genie', pas Tiffany teriak "INDONESA PUT IT BACK ON!" itu failed banget karena gue hampir nggak bisa mendengarkan suara apapun padahal itu klimaks-nya disitu. PLIS YA ITU NGGAK BISA DIULANG YA TAPI KENAPA HARUS BERMASALAH SOUND-NYA!!!! T____T Gue yakin itu mikrofon emang bermasalah. Soalnya gue tuh duduk di samping sebuah loudspeaker persis dan itu nggak kedengeran apa-apa. Gue bingung aja kenapa sound-nya jadi jelek, padahal menurut temen gue pas SJ baik-baik aja.

Jangan bandingin sama Infinite. Sound SNSD kalah jauh sama Infinite. Sumpah deh. Ini nyebelin banget :( Nggak heran kalo misalnya beberapa mereka jadi bete gegara itu. Mana mereka dateng malem, konser sore, pulang malem lagi. Kesannya kayak bener-bener cuma numpang lewat doang gitu kan kesel juga. HAHAHAHHA aduh momen-nya ilang.... Padahal mood-nya udah dapet banget.......

Pas perform lagu 'The Great Escape/Can't Take My Eyes Off You', fanservis totaaaaaaaaal banget. Sampe gemeteran yang di atas karena nggak bisa dapet fanservice sebanyak yang dibawah U,U Tapi Seohyun sempat dateng ke kanan panggung dan ngelambai-lambai ke Yellow B sih. Sempat bikin heartsign juga tapi sayangnya gue nggak sempat motret karena sibuk teriak. Ngeliat Seohyun depan mata gitu. Jarak pandang 1,5 meter ada lah. Duh. Sayang bibirnya udah bekas orang.
*
*
Pas lagu 'My J', seperti yang kita sama-sama tahu mereka duduk di atas kue raksasa. Kuenya bisa maju. Bisa mundur. Hahahaha pake remote kontrol kayaknya itu digerakinnya. Abis itu mereka mulai nyebar lagi ke seluruh bagian panggung dan lanjut nyanyi 'Kissing You/Way To Go'. Waktu perform 'Gee', gue bersyukur koreografinya mereka ubah. Jadi ngadep depannya nggak terus-terusan ke arah FoH, tapi kadang ke kiri, kadang ke kanan. Gilir-giliran lah jadi semua kebagian jadi depan. Ngeliatnya juga seru.

Oh iya, hari itu yang lain nggak terlalu banyak ngomong sebenarnya. Bahkan Tiffany. Yang banyak ngomong tuh Sooyoung, Yoona sama Seohyun kalo gue nggak salah. Sunny juga ada beberapa kali tapi yang lain kayak "Yaudahlah ya," sedih lah ah. Atau mungkin ini gue nggak begitu konsen atau gimana gue juga nggak yakin.

Ada juga momen dimana mereka minta lampu dimatiin buat liat pink ocean dari SONE. Bagian itu juga keren karena "INDONESIA DAEBAK!" langsung terucap dari mereka hahahaha. Iya iya bisa jadi bisa jadi. Daebak juga banyak yang pingsan di gotong keamanan di bagian depan, cuy. Gue dari atas ngitungin berapa yang pingsan, berapa yang digotong, berapa yang merelakan diri keluar dari festival karena nggak tahan. Hahaha apakah anda salah satunya?

Sebelum Encore, itu jeda lumayan lama, ada kali sekitar 5-7 menitan buat mereka ganti baju. Orang udah pada teriak, "Go go soshi go!" berapa kali itu cewek-cewek pada nggak balik ke atas panggung. Udah pada teriak "WE WANT MORE!" berapa kali belom balik juga. Sampe pasrah teriak "ENCORE WOY LAMA BANGET KEMANA LO SEMUA?!" saking lamanya. Di Yellow B juga sempat bertanya-tanya dan emosi. Ini kenapa bisa selama ini sih?

Encore-nya mereka hanya nyanyi 3 dari 5 lagu. 'Love and Girls' sama 'How Great Is Your Love' nggak dinyanyiin. Pas lagu 'Into The New World' entah kenapa gue merinding keinget mereka pas awal debut walaupun gue nggak pernah ngikutin mereka dari awal. Pas 'Twinkle' malah lucu. Mikrofon semua orang kayaknya mati nggak ada kedengeran apa apa dan gue nggak tahu siapa nyanyi bagian yang mana. Sedihlah.

Tapi disitu sih memang untungnya momennya lagi pada lempar-lemparan bola. Jadi whatever orang juga udah nggak konsen sama lagunya tapi sibuk teriak, "LEMPAR GUE! TIFFANY LEMPAR GUE PLIS BANGET LEMPAR GUE AJA!" itu pasti pertama kalinya ada orang minta dilempar.
*
*
Abis itu, loh udah kelar?

HAHAHAHHAA

Konsernya berasa cepet banget. Entah apakah karena emang di tangan gue sudah memegang daftar lagunya jadi gue tahu abis ini apa abis ini apa terus berasanya cepet banget selesainya. Bener-bener aneh hari itu. Kkkk~ Perkara nonton di Yellow B, momennya jadi sedikit. Interaksinya jadi kurang. Tapi tetep seru dan yang pasti nggak capek nonton disitu karena duduk.

Nggak ada performance individu juga membuat konser ini jadinya lempeng-lempeng aja. Kalo misalnya ada special performance gitu pasti jadi lebih meriah. Selain itu, mereka ngomongnya juga nggak banyak. Dari lagu satu lanjut ke lagu lain abis itu lanjut lagi lagu lain. Ngomongnya cuma pas perkenalan, abis Gee, sama menjelang Encore.

Meskipun begitu, penampilan perdana konser tunggal SNSD di Jakarta ini bisa lah kita bilang sukses. Penontonnya bejibun dan itu udah jadi bukti buat SM Entertainment kalo mereka nggak akan rugi buat bawa SNSD ke Jakarta. Hahahahaha

Mungkin postingan ini terkesan nggak hidup. Ya gue juga merasakan hal itu. Belakangan ini emang lagi males banget ngeblog nggak tahu kenapa. Padahal EXO belom kelar review-nya. Tapi semoga dengan gue menyelesaikan postingan SNSD ini, ide-ide gue buat ngeblog kembali lancar. Hehehehe.....

Semoga SNSD dateng lagi ke Jakarta dan semoga setelah TVXQ (EH) EXO beneran dateng. SHINee? Ya abis EXO ya..... HAHAHAHA aduh kasian f(x).

:")

*










KAOSKAKIBAU 14TH GIVEAWAY 12 KPOP CDs FOR YOU! HERE!

Share:

21 komentar

  1. duh suka banget sama jepretannya kak

    BalasHapus
  2. ronzzykevin is back!!! semangat menggelora !membelasutmesra! , akhirnya bahasa kaoskakibau balik lagi ,,
    nice post, nice pict, GREAT watermark!!
    #membelasutmesradidadaoppa

    BalasHapus
  3. "Bener-bener bikin merinding. Konser ini membuat kita sadar bahwa secinta apapun kita sama artis dari negara orang, kita nggak bisa lupa sama jati diri bangsa sendiri. Kasarnya, masa lo hapal lagu 'Gee' yang jadi lagu wajib setiap konser SNSD tapi nggak hapal lagu kebangsaan negara lo sendiri?"

    BalasHapus
  4. #membelasut
    apapun konsernya harus ada EXO EXOannya...
    seru banget konsernya. tapi yah sound jelek yah...
    SMTOWN ditunggu yo hehehehe

    BalasHapus
  5. Huaaah selesai juga bacanya. Aku gak ngeh loh awalnya watermark 'membelasut mesra' itu punya siapa, ternyata -______- hahahahaha.
    Ohya kak, boleh ya diliat postinganku tentang GG Tour Ina kemarin di: http://mineisdreamers.blogspot.com/2013/09/back-to-girls-generation-world-tour.html
    Makasih ka :)

    BalasHapus
  6. ENVY.... T_T lumayan kak ron bisa nonton.. Meskipun agak" memblasut hati dan pikiran karena gak all out -_- #abaikan
    Thanks kak ron udh posting!!^^ meskipun kurang grreegggeettt!! Tapi okelah.. ;)
    Yg IGAB nya gak di bahas kak ron? ._.
    Okedeh cukup sekian terima kasih.. Bye~ *terbang ke singapore**mau nnton GGWT SG* yihaaa...!!

    BalasHapus
  7. Orang kalo udah gila emang nggak bisa diapa-apain lagi. Badan gue udah nempel sama pagar waktu itu tetep aja disuruh maju. Kenapa nggak sekalian aja mereka suruh gue duduk di pangkuan bapak security.

    LMAO mposss!

    postingannya udah kak Ron banget kok, aduh exo jangan cpet2 ke Indonesia, butuh duit dan restu eomma appa~

    #isti Luhan

    BalasHapus
  8. coba ad individual performance, hyo am yuri dance free style yg sexy. #ronmimisan atau Tiffany (bias) nyanyi lgu barat. Yoona nglawak bareng Sooyoung, wkwkwk pasti lbh rame ya,ron. Mrk g byk omong mgkn krn kburu bete m sound systemnya kali, ron. Exo kpn konser tunggal? Kburu bosen fanwomaning mrk ni. #emangudahmulebosen fx jg ksian.tp emg lgu2 mrk krg mantep c. Apalagi yg kmrn tuh rum pumpumpum. -___- kcewa berat. Kl g ad amber mah q g akan nntn tuh. #hanyangebiasAmber :p well, at least km udah berjam2 mantengin paha n ketek mulus tanpa bulu -gak kayak Kai- mereka. ^^v moga pas exo konser q bs nntn, sp tw bs dpt mukjizat liat Udel Luhan scr langsung. Amin. (cocopinky)

    BalasHapus
  9. GUE PINGSAN KAK HAHAHAHHAHA TUHAAAAAN DIGENCET FANBOY MANA BAU KETEK

    Kelewat empat lagu sia sia uang satu juta tujuh ratus lima puluh ribu gue :'')
    Gue juga ngerasa ngga puas banget kak sama konsernya (di luar karena gue pingsan) member2nya pada bete, sound nya jelek, project nya di batalin sama artisnya sendiri-_- mungkin karena ini baru pertama kali ya mereka konser disini-_- sumpah ya fanboy di pink pada ngga tau diri banget, fangirl disebelah gue pada mundur kebelakang semua, pada ngalah sama fanboy. amel carla juga kegencet kak di pnk.. kasian :''')

    ya semoga aja besok mereka mau kesini lagi... semoga....


    -@ainahamami

    BalasHapus
  10. haduh merinding bacanya,, aku apes ni beli tiket pink A, yg awalnya ada di dpan tp proses seleksi alam pun bekerja, aku tergusur kebelakang,, nyerah dehh bertanding dgn para Fanboy yg super ganas.. hhho thanks atas postnya bikin ga bisa move on dari GG, masih kental tergantung di pelupuk mata saat Seo bilang "aku Cinta Kalian"

    BalasHapus
  11. iri deh.. aku gak bisa liat langsung.. bener-bener gak bisa karena banyak faktor dan yang paling utama adalah HEPENG.. nyebelin!!!!

    makasih untuk infonya kak suho.. *aku sangat-amat sangat berharap kalau review EXO-nya cepet di lanjutin..* heheheh..

    FIGHTING!!!

    BalasHapus
  12. masih brasa nyeseknya gegara ga nonton!! huahhh..aku iri padamu kak!!
    thanks bwt postinganya;))

    BalasHapus
  13. Watermark "Membelasut Mesra"nya udah kayak logo fanbase professional kak.. keren post-nya..

    BalasHapus
  14. gak bisa berkata-kata lagi, AKU IRI KAKKKKKKK

    BalasHapus
  15. sedih deh pas konser yang kemaren gak bisa nonton. tapi baca post yang ini jadi sedikit terobati hehe

    btw mampir ya ke blog gue yerifa.blogspot.com

    BalasHapus
  16. LO KESANA PAKAI KAOS EXO KAK??? ASTAFIRULLAH!!! LO NGAK MALU KAK???

    resiko nonton di samping emang gitu sih, banyak ngak ngeliatnya. mau pakai teropong terbaik di dunia pun ngak bisa...miris

    FANBOY BERJAYA, FANGIRL TERANIAYA! yahh gimana lagi ya mereka cewek dan wajar-wajar aja sih kalau 'kebanyakan' fans nya tuh cowok...artinya para cowok itu masih normal

    udah deh kak males ngebacot, dah ye, dah kan? ok sip bye


    -Catherine XI-

    BalasHapus
  17. baru baca postingan kakak....

    gila kak gw di Pink A tepat di deket staff Indosiar dan gk terlalu nyesek
    serunya di sebelah gw fanboy yg lumayan gila manggil2 Yoona ke PinkA hahahahaaa....

    tetep seru walaupun sound ny masih banyak kekurangan
    oh ya pas itu Sunny salah ngucap "menunggu kami" jadi "nenunggu kami" bikin ngakak aja

    gw juga liat stelah perform 'Baby Baby' Sooyoung ngeluarin air mata gtu, terharu kali ya liat gw bertahan HAHAHAHAHAHAHAHA

    BalasHapus
  18. Kak, yg banyak ngomong tuh Sooyoung, Taeyeon, Tiffany, Seohyun tau kak.....

    BalasHapus
  19. Wah! Jadi gagal move on :^)
    Aku aja yg di pink b dgn lightstick bolong2 kegencet sama FANBOY kak!! Sadis mah, butuh perjuangan utk bs nyerobot dn dpt fanservice dr yoona seo dan sooyoung :^)
    Taun depan kalo ada nonton lagi ah~~

    Btw, itu..itu..anu...f(x)... yasudahlah.

    BalasHapus
  20. Siapa bilang postingan ini ngga hidup
    Baca postinga ini bener2 aku merinding deg-degan
    Kapan aku diberi kesempatan nonton langsung GG Worls Tour
    Oh ya, salam kenal kak, sya Iftita amd I'm SONE. (Gaadayangnanya-sorry)

    BalasHapus